Tugas TI Rangkuman

download Tugas TI Rangkuman

of 26

  • date post

    14-Jun-2015
  • Category

    Documents

  • view

    660
  • download

    7

Embed Size (px)

description

ni upload pertama q......thanks....

Transcript of Tugas TI Rangkuman

RESUME DAN MENJAWAB SOAL PTIBAB IV : DASAR - DASAR JARINGAN DAN TELEKOMUNIKASI BAB V : DASAR DASAR INTERNET BAB VI : PANDANGAN TEKNIS ATAS ANLISIS DAN DESAIN SISTEM

Kelompok 1 TI B sore : Abdul Syakur (09043142) Abdul Kodir Jailani (09043160) Anisa Eka Wulandari (09043113) Vinanda Yuliani (09043075) Arief Rachman (09043076)

UNIVERSITAS BHAYANGKARA SURABAYA

Tugas PTI Resume Kelompok 1

1

BAB IV Dasar-dasar Jaringan dan TelekomunikasiPT4.I Sistem TelekomunikasiSistem Telekomunikasi adalah gabungan dari peranti keras dan peranti lunak yang mentransmisikan informasi (teks, data, grafik, dan suara) dari suatu lokasi ke lokasi lainnya. Sistem ini mentransmisikan informasi ini dalam dua sinyal dasar, yaitu analog dan digital.

Sinyal analog adalah gelombang berkelanjutan yang mentransmisikan informasi dengan mengubah amplitudo dan frekuensi geombang tersebut. Sinyal digital adalah getaran diskrit, yang datar atau naik, dan yang menunjukkan informasi dalam bentuk biner.

Komponen-komponen utama dari sistem telekomunikasi adalah sebagai berikut :

Peranti keras. Semua jenis komputer (contohnya, PC, server mainframe) dan prosesor komunikasi (seperti modem atau komputer kecil yang dikhususkan untuk komunikasi saja).

Media komunikasi. Media fisik di mana sinyal elektronik ditransmisikan, termasuk media nirkabel (digunakan dengansatelit serta telepon seluler). Jaringan komuniasi. Link antarkomputer dan peralatan komunikasi. Peranti lunak komunikasi. peranti lunak yang mengendalikan sistem

telekomunikasi serta layanan komunikasi data. Penyedia komunikasi data. Utilitas perintah atau perusahaan swasta yang menyediakan layanan komunikasi data. Protokol komunikasi. berbagai aturan untuk mentransmisikan informasi si lintas sistem. Aplikasi komunikasi. pertukaran data elektronik (EDI), telekonferensi, konferensi video, e-mail, faksimile, transfer dana elektronik, dan lain-lainya. Prosesor Komunikasi adalah peranti keras yang mendukung transmisi dan penerimaan data di lintas sistem telekomunikasi. Peralatan ini meliputi modem, multiplexer, dan prosesor front-end.

Modem. Adalah peralatan yang mengonversi berbagai sinyal dari analog ke digital dan sebaliknya. Dalam sistem telepon AS (disebut POTS, atau Plain Old Telephone Service), konversi dari digital ke analog disebut modulasi, dan kebalikannya adalah demodulasi. Peralatan yang melakukan kedua proses ini disebut sebagai Modem, sebuah gabungan dari kata modulasi/demodulasi (modulate/demodulate). Seperti juga perlengkapan komunikasi pada umumnya, kecepatan transmisi modem diukur dengan bit per detik (bit per second - bps). Kecepatan modem bervariasi hingga 56.000 bps.

Tugas PTI Resume Kelompok 1

2

Multiplexer. Adalah peralatan elektronik yang memungkinkan sebuah saluran komunikasi membawa transmisi data secara bersamaan dari banyak sumber. Penggunaan multiplexer menghasilkan penggunaan yang lebih efisien atas berbagai saluran ini dengan menyatukan berbagai transmisi dari berbagai komputer (contohnya, PC) di satu titik saluran, denga sebuah unit yang hampir sama yang akan memisahkan transmisi tersebut di titik penerimaan (contohnya, mainframe).

Prosesor Front-End. Adalah komputer sekunder kecil, yang diperuntukkan hanya untuk komunikasi dan yang mengelola semua routing komunikasi dengan berbagai peralatan periferal.

Saluran dan Media Komunikasi Adalah jalur untuk mengomunikasikan data dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Saluran komunikasi, dalam dua jenis media, ditunjukkan di bawah ini. MEDIA KABEL, menggunakan sambungan atau kabel fisik untuk mentransmisikan data. Yang jenisnya sbb:

Kabel ganda ulir (twistead-pair wire), adalah bentuk komunikasi melalui kabel yang paling umum; kabel ini digunakan untuk hampir semua kabel telepon. Kabel ini ralatif murah, banyak tersedia dan mudah dip roses.akan tetapi kabel ini relative lambat untuk mentransmisikan data, mudah terganggu sumber listrik lainnya, dan mudah di sadap.

Kabel koaksial, adalah kabel tembaga yang diisolasi; digunakan untuk membawa lalul lintas data berkecepatan tinggi dan sinyal televisi. Kabel ini lebih tidak mudah terganggu oleh gangguan listrik, membawa lebih banyak data, akan tetapi lebih mahal dan lebih sulit diproses daripada kabel ganda ulir.

Kabel serat optik, adalah ribuan filamen serat kaca yang tipis, dikelilingi oleh pelapis logam, yang mentransmisikan informasi melalui berkas cahaya yang di hasilkan oleh laser. Serat optik mencapai tingkat transmisi data hingga enam triliun bit (terabit) per detik dan secara teoritis mampu membawa hingga 25 terabit per detik, relative murah, sulit disadap. Akan tetapi sulit untuk di proses (sulit untuk dipotong), terjadi atenuasi (pengurangan kekuatan sinyal).

MEDIA BROADCAST, adalah media nirkabel (tanpa kabel), pengiriman satu arah yang tidak memerlukan respon balik dari penerimanya. Yang jenisnya sbb:

Gelombang mikro. Adalah saluran komunikasi yang menggunakan menara untuk mengirim sinyal nirkabel; digunakan untuk komunikasi volume tinggi, jarak jauh, dan poin ke poin. Keuntungan, bandwith tinggi, relatif murah. Dan kerugiannya, jalur harus lurus, rentan terhadap gangguan lingkungan.

Satelit. Adalah saluran komunikasi yang menggunakan satelit yang mengorbit, untuk mengirim transmisi digitaldari poin ke poin. Keuntungannya, bandwith tinggi, area cakupan luas. Akan tetapi kerugiannya adalah, mahal, harus memiliki jalur lurus, sinyal mengalami penundaan sirkulasi, harus menggunakan enskripsi untuk

Tugas PTI Resume Kelompok 1

3

keamanan, terdapat tiga jenis orbit dimana satelit di posisikan. Yaitu, GEO, MEO, dan LEO.

Radio. Adalah saluran komunikasi yang menggunakan frekuensi gelombang radio untuk mengirim data secara langsung antara pengirim dengan penerima melalui jarak pendek. Keuntungannya, bandwith tinggi, nirkabel, sinyal tembus dinding, murah dan mudah diinstalisasi, dan kerugiannya, menimbulkan masalah gangguan listrik, mudah di mata matai.

Radio seluler. Adalah penggunaan transmisi radio antarseluler dalam berbagai area layanan geografis dan kantor penerus telepon mobile, yang memungkinkan layanan telepon nirkabel. Keuntungannya, bandwith rendah hingga menengah, sinyal tembus dinding. Kerugiannya, butuh menara, dapat di mata matai.

Infra merah. Adalah cahaya merah yang umunya tidak dapat dilihat oleh mata manusia, dapat di modulasi atau di bentuk menjadi sinyal untuk menyampaikan informasi. Keuntungannya, bandwith rendah hingga menengah. Keruginnya, jalur harus lurus, hanya untuk jarak pendek.

PT4.2 LAYANAN JARINGAN Jaringan komputer adalah sistem yang menghubungkan media komunikasi, peranti keras, dan peranti lunak yang dibutuhkan oleh dua atau lebih sistem dan/atau peralatan. Jaringan menyediakan sejumlah layanan yang di desain untuk memungkinkan transmisi data yang cepat, akurat, dan bervolume tinggi melalui jenis apa pun. Yang mana jenisnya sbb:

Saluran switched, adalah saluran telepon tempat transmisi data dapat di teruskan atau digantikan ke tujuannya. Saluran terdedikasi, adalah saluran telepon yang menyediakan koneksi konstan antara dua peralatan dan tidak membutuhkan switch atau dial.

Integrated Services Digital Network, adalah teknologi berkecepatan tinggi yang memungkinkan pengguna mentransfer suara, video, gambar, dan data secara bersamaan, melalui, saluran telepon yang talah ada.

Digital Subscriber Line, adalah teknologi transmisi data digital berkecepatan tinggi yang menggunakan saluran telepon analog yang sudah ada. Modem Kabel, adalah modem yang beroprasi melalui kabel koaksial dan menawarkan akses berkecepatan tinggi ke internet atau internet perusahaan. Packet Switching, adalah teknologi transmisi data yang memecah berbagai blok teks menjadi bundle data kecil dan tetap (paket) yang dikirim secara terpisah melalui jaringan.

Frame Relay, adalah teknologi transmisi data yang lebih cepat dan lebih murah dari pada packet switching.

Tugas PTI Resume Kelompok 1

4

Fiber Distributed Data Interface, adalah standar transmisi data yang didasarkan pada kecepatan dan kapasitas tinggi serat optik. Asynchronous Transfer Mode, adalah teknologi transmisi data yang menggunakan packet switching dan memungkinkan permintaan bandwith yang hampir tidak terbatas.

Teknologi Switched-Hub, adalah teknologi transmisi data yang memperkuat beberapa local area network dengan menambahkan kemampuan paket switching seperti ATM.

Syncrhronous Optical Network, adalah standar antar muka untuk mengirim sinyal digital melalui saluran serta optik; memungkinkan integrasi transmisi dari beberapa vendor.

Sistem T-Carrier, adalah system transmisi digital yang menentukan berbagai sirkuit yang beroprasi di berbagai tingkat yang berbeda, yang kesemuanya adalah kelipatan dari dasar 64 Kbps yang digunakan untuk mengirim sebuah panggilan suara.

PT4.3 PROTOKOL JARINGAN Protokol, adalah serangkain aturan dan prosedur yang megatur transmisi melintasi jaringan. Yang fungsinya adalah sebagai akses saluran dan pencegah tabrakan. Macammacam protokol jaringan adalah sbb:

Ethernet, protocol jaringan yang paling umum, ethernet gigabit protokol jaringan yang paling umum, banyak di temukan di perusahaan besar dan transmisinya berkecepatan tinggi.

TCP/IP (transmission control protocol/internet protokol), adalah protokol transfer file yang dapat mengirimkan file informasi berukuran besar melintasi jaringan yang kadang kurang andal dengan jaminan bahwa data tersebut akan masukdalam bentuk tidak rusak.

Protocol

open

system

interconnection

dari

internasional

standards

organizations, model OSI yang paling banyak dikenal dalam ISO memiliki 7 lapisan : Lapisan 1: Lapisan fisik (physical layer), menentukan mekanisme untuk berkom