Tugas ppt hiperaktif mata kuliah kesukaran belajar

download Tugas ppt hiperaktif mata kuliah kesukaran belajar

If you can't read please download the document

  • date post

    19-Jul-2015
  • Category

    Education

  • view

    132
  • download

    3

Embed Size (px)

Transcript of Tugas ppt hiperaktif mata kuliah kesukaran belajar

TUGAS KESUKARAN BELAJAR

TUGAS KESUKARAN BELAJARKLOMPOK HIPERAKTIFDISUSUN OLEH: 1. ANNA LENIY MARLINA 13.21.014P2. SUZY AMBARSARI 13.21.012P3. ZURYANI 12.21.019DOSEN PEMBIMBING: Drs. ROMLI MANARUS.SU Kons.

HIPERAKTIFApa sebenarnya yang disebut hiperaktif itu?Gangguan hiperaktif sesungguhnya sudah dikenal sejak sekitar tahun 1900 ditengah dunia medis. Pada perkembangan selanjutnya mulai muncul istilah ADHD ( Attention Deficit/ Hyperactivity Disorder )

Untuk dapat disebut memiliki gangguan hiperaktif, harus ada 3 gejala utama yang nampak pada prilaku seorang anak yaitu :

inatensi hiperaktif impulsif

INATENSIPemusatan perhatian yang kurang dapat dilihat dari kegagalan seorang anak dalam memberikan perhatian secara utuh terhadap sesuatu.Anak tidak mampu mempertahankan konsentrasinya terhadap sesuatu, sehingga mudah sekali beralih perhatian dari satu hal kehal yang lain.

HIPERAKTIF Gejala hiperaktif dapat dilihat dari perilaku anak yang tidak bisa diam. Duduk dengan tenang merupakan sesuatu yang sulit dilakukan Ia akan bangkit dan berlari lari, berjalan kesana kemari, bahkan memanjat manjat.Disamping itu ia banyak bicara, dan menimbulkan suara berisik.

IMPULSIF Gejala impulsif ditandai dengan kesulitan anak untuk menunda respon. Ada semacam dorongan untuk mengatakan / melakukan sesuatu yang tidak terkendali. Dorongan mendesak untuk dilakukan dengan segera dan tanpa pertimbangan.

Contoh nyata dari gejala impulsif : Perilaku tidak sabar Anak tidak akan sabar untuk menunggu orang menyelesaikan pembicaraan. Anak akan menyela pembicaraan atau buru buru menjawab sebelum pertanyaan selesai diajukan. Anak juga tidak bisa untuk menunggu giliran seperti antri misalnyo. Sisi lain dari impulsivitas adalah anak berpotensi tinggi untuk melakukan aktivitas yang membahayakan, baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

NEXTSelain ketiga gejala tersebut, untuk dapat diberikan Diagnosis hiperaktif masih ada beberapa syarat lain. Gangguan diatas sudah menetap minimal 6 bulan, dan terjadi sebelum anak berusia 7 tahun. Gejala gejala tersebut muncul setidaknya dalam 2 situasi, misalnya dirumah dan sekolah. Problem problem yang biasa dialami oleh anak hiperaktif : Problem disekolah Problem dirumah Problem berbicara Problem fisik

Faktor - Faktor Penyebab Hiperaktif pada anak : Faktor NeurologikFaktor Toksik Faktor GenetikFaktor Psikososial dan Lingkungan

Cara orang tua untuk mendidik dan membimbing anak anak yang tergolong hiperaktif :Orang tua perlu menambah pengetahuan tentang gangguan hiperaktifitasKenali kelebihan dan bakat anakMembantu anak dalam bersosialisasi Menggunakan teknik teknik pengelolaan perilaku, seperti menggunakan penguat positif (misalnya memberikan pujian bila anak makan dengan tertib , memberikan disiplin yang konsisten, dan selalu memonitor perilaku anak.) Next.Memberikan ruang gerak yang cukup bagi aktivitas anak untuk menyalurkan kelebihan energinyaMenerima keterbatasan anakMembangkitkan percaya diri pada anakDan bekerja sama dengan guru disekolah agar guru memahami kondisi anak yang sebenarnyaDisamping itu anak anak bisa juga melakukan pengelolaan perilakunya sendiri dengan bimbingan orang tua. Contoh :Memberikan contoh yang baik pada anak, bila suatu saat anak melanggarnya, orangtua mengingatkan anak tentang contoh yang pernah diberikan orangtua sebelumnya.Ciri ciri anak hiperaktif Lingkar hitam dibawah mataMengalami gangguan kesehatan Anak tidak bisa tenang

Cara mengatasi anak hiperaktif :

Mengarahkan mental anak Jangan melakukan tindakan kekerasanBerikan sugesti positif

Anak hiperaktif perlu diberi obat untuk membatu mereka agar lebih tenang ketingkat energi yang diterima secara sosial.Bagi yang tidak ingin menggunakan obat obatan atau suplemen, berikut ada cara alami baik fisik maupun psikologis.Untuk menangani energi dan menenangkan anak hiperaktif : Bantu anak hiperaktif mengatur napasnya ketika anak ingin menenangkan diri, terutama jika anak merasa marah atau prustasiHilangkan stress pada anak hiperaktif dengan membiarkan anak mandi busa atau air garam hangatBeri stimulasi fisik pada anak hiperaktif dengan memberinya pijatan lembut.

Next.Taruh perlengkapan aktivitas atau mainan yang dapat membuat anak tenangAtur suasana ruangan dengan menjaga pencahayaan yang redup atau menyetel musik relaksasi ketika anak hiperaktif butuh ketenanganLakukan aktivitas secara rutin setiap harinyaHindarkan anak dari minuman dingin, gula, pewarna makanan dan bahan pengawet pada makanan.Sediakan waktu untuk menampung energi ekstra, seperti lari berkeliling dan berolahraga.

TERAPI UNTUK ANAK ADHDTerapi Perilaku (Behavior Therapy) Terapi kognitif (Cognitif Therapy ) Terapi membaca ( Literary Therapy)Terapi Bicara Terapi Perilaku membantu anak untuk lebih bisa mengontrol perilaku dan mengendalikan tindakan merekaTerapi Kognitif untuk membantu seseorang mengendalikan pikiran dan emosi yang akan mewujudkan pada perilaku yang lebih positif Terapi Membaca menggunakan buku, artikel, dan bahan bacaan untuk membaca pasien mengetasi gejala ADHD. Untuk membantu pasien memfokuskan seluruh energi pada kegiatan tertentu dalam waktu lama Sambungan..4) Terapi Bicara Orang tua didorong untuk selalu berkomunikasi dengan anak serta membicarakan apa yang dirasakan anak. Terapi bicara dapat disembuhkan jika anggota keluarga menunjukkan dukungan, cinta dan perhatian dengan memberikan waktu untuk mendengarkan anak.

TERIMA KASIH