Tugas PPKN

download Tugas PPKN

of 15

  • date post

    12-Apr-2017
  • Category

    Education

  • view

    71
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of Tugas PPKN

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Perjanjian internasionalSMA ALI MAKSUMKELAS XI-IPA

1. AKMAL MALIK NASSERY2. BAGUS HARYONO3. M. NAUFAL JAINI4. LELI NUR HABIBAHANGGOTA KELOMPOK :BAPAK JOKOWI DENGAN PRESIDEN MESIR

PERJANJIAN INTERNASIONALPerjanjian Internasional adalah semua perjanjian yang dibuat oleh negara sebagai salah satu subjek hukum internasional yang diatur oleh hukum internasional dan berisikan ikatan-ikatan yang mempunyai akibat-akibat hukum.

Macam macam perjanjian internasionalBerdasarkan Jumlah Pihak Yang TerlibatBerdasarkan SifatnyaBerdasarkan Isinya

Berdasarkan Jumlah Pihak Yang Terlibat

a) Perjanjian BilaterialPerjanjian internasional merupakan kata sepakat antara dua atau lebih subyek hukum internasional ( Negara, tahta suci, kelompok pembebasan, organisasi internasional ) mengenai suatu obyek tertentu yang dirumuskan secara tertulis dan tunduk pada atau yang diatur oleh hukum internasional.b) Perjanjian MultilateralPerjanjian multilateral berarti perjanjian yang diadakan oleh banyak pihak. Perjanjian ini biasanya tidak hanya mengatur kepentingan pihak-pihak yang terlibat dalam perjanjian.

Berdasarkan SifatnyaBerdasarkan sifatnya, perjanjian internasional dapat dibedakan atas treaty contract dan law making treaty.Treaty contract adalah perjanjian yang dimaksudkan untuk melahirkan akibat-akibat hukum yang hanya mengikat pihak-pihak yang mengadakan perjanjianLaw making treaty adalah perjanjian yang akibat-akibatnya menjadi dasar ketentuan atau kaidah hukum internasional.

Berdasarkan IsinyaSegi politis, seperti Pakta Pertahanan dan Pakta Perdamaian. Contohnya adatah NATO, ANZUS dan SEATO;Segi ekonomi, seperti bantuan ekonomi dan bantuan keuangan. Contohnya adalah Cgi , IMF dan iBRD;Segi hukum, seperti status kewarganegaraan (Indonesia-RRC), ekstradisi, dan sebagainya;Segi batas wilayah seperti laut territorial, batas alam daratan dan sebagainya;Segi kesehatan seperti masalah karantina, penanggulangan wabah penyakit AIDS.

Istilah istilah dalam perjanjian internasionalTraktatKonvensiDeklarasi

Traktat (Traety)Traktat adalah perjanjian internasional yang dilakukan oleh dua negara atau lebih dan bersifat paling formal.Contoh:1. Konferensi Asia Afrika 19552. APEC

Konvensi (Convention)Konvensi adalah perjanjian multilateral yang memberikan kesempatan kepada masyarakat internasional untuk berpartisipasi.

Contoh:1. Konvensi Paris 1910 & 1919 tentang Wilayah Udara2. Konvensi PBB 1982 tentang Hukum Laut3. Konvensi Internasional 1966 tentang Jalur Pelayaran4. Konvensi Wina 1961 tentang Hubungan Diplomatik

Deklarasi (Deklaration)Deklarasi adalah perjanjian yang berisikan ketentuan-ketentuan umum dimana pihak-pihak yang terlibat didalamnya berjanji untuk melakukan kebijaksanaan-kebijaksanaan tertentu.Contoh:1. Deklarasi ASEAN2. Deklarasi Juanda

BERLAKU DAN BERAKHIRNYA PERJANJIAN INTERNASIONAL Mulai berlaku Perjanjian internasional sejak tanggal yang ditentukan atau menurut yang disetujui oleh negara perunding pada saat peristiwa berikut ini.Jika tidak ada ketentuan atau persetujuan, perjanjian mulai berlaku segera setelah persetujuan diikat dan dinyatakan oleh semua negara perunding.Bila persetujuan suatu negara untuk diikat oleh perjanjiantimbul setelah perjanjian itu berlaku, maka perjanjian mulai berlaku bagi negara itu pada tanggal tersebut, kecuali bila perjanjian menentukan lain.Ketentuan-ketentuan perjanjian yang mengatur pengesahan teksnya, pernyataan persetujuan suatu negara untuk diikat oleh suatu perjanjian, cara dan tanggal berlakunya, persyaratan, fungsi-fungsi penyimpanan, dan masalah-masalah lain yang timbul yang perlu sebelum berlakunya perjanjian itu, berlaku sejak saat disetujuinya teks perjanjian itu.

Berakhirnya Perjanjian IntenasionalProf. DR. Mochtar Kusumaatmadja, S.H.,dalam bukuPengantar Hukum Internasionalmengatakan bahwa suatu perjanjian berakhir karena hal-hal berikut ini.Telah tercapai tujuan dari perjanjian internasional itu.Masa beraku perjanjian internasional itu sudah habis.Salah satu pihak peserta perjanjian menghilang atau punahnya objek perjanjian itu.Adanya persetujuan dari peserta-peserta untuk mengakhiri perjanjian itu.Adanya perjanjian baru antara peserta yang kemudian meniadakan perjanjian yang terdahulu.Syarat-syarat tentang pengakhiran perjanjian sesuai dengan ketentuan perjanjian itu sudah dipenuhi.Perjanjian secara sepihak diakhiri oleh salah satu peserta dan pengakhiran itu diterima oleh pihak lain.

SELESAI....