Tugas PPkn 1

download Tugas PPkn 1

of 22

  • date post

    16-Sep-2015
  • Category

    Documents

  • view

    348
  • download

    0

Embed Size (px)

description

hdxh

Transcript of Tugas PPkn 1

1. Jelaskan Pancasila dasar Negara kita !2. Mengenai Sila I untuk mendapatkan pengertian yang mantap, perlu di kembalikan kepada teori terjadinya dan pelaksanaan agama oleh manusia. Teori tersebut terdiri dari 2 ajaran yaitu

3. Jelaskan sebagai warga Negara yang Pancasilais, kita menganut teori wahyu karena teori wahyu!4. Jika Sila IV kita teliti dengan maka jelaslah bagi kita dalam kegiatan kehidupan bermasyarakat dan berNegara kita menganut apa?5. Pendidikan Pancasila adalah pendidikan nilai nilai yang bertujuan membentuk sikap positif manusia sesuai dengan nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila. Nilai termasuk pengertian filsafat. Jelaskan arti Menilai!6. Perkataan moral dari bahas latin Mos, artinya kesusilaan, tabiat dan kelakuan dalam bahasa Indonesia moral diterjemaahkan dengan apa?7. Suatu cabang filsafat yang menyelidiki masalah yang berhubungan dengan moral adalah filsafat moral yang disebut?8. Norma Menuntun kita dalam berbuat, yang mempunyai sanksi kalau terjadi pelanggaran hingga mengharuskan kita berbuat sesuatu keharusan tersebut secara ringkas norma dapat di sebutkan!9. Jelaskan norma hukum lebih terjamin pelaksanaannya karena?10. Metode pendekatan untuk Pancasila dari tiga aspek utama (sejarah, hukum ketatanegaraan dan filsafat ) sangat penting terutama karena?

11. Dasar Negara kita Pancasila dirumuskan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945 di Jakarta.Jelaskan!12. Pancasila juga merupakan kepribadian Bangsa. Yang di maksud dengan kepribadian bangsa adalah?13. Pancasila juga di katakan sebagai perjanjian luhur dan tujuan yang hendak di capai hal itu di sebabkan 2 faktor sebutkan!14. Dalam pasang surut sejarah pertumbuhan bangsa kita terdapat usaha legal untuk mengganti dasar Negara Pancasila. Kegiatan / usaha tersebut terjadi dalam sidang siding apakah?15. Dalam Negara kita tidak boleh hidup paham atau Organisasi komunis. Sikap kita demikian berdasarkan apa?

16. Melakukan pembangunan bangsa yang di lakukan secara bertahap dewasa ini memerlukan pembaruan. Pembaharuan yang di maksud adalah?17. Dalam zaman kemajuan seperti sekarang, maka membangun masyarakat modern berarti harus membuka diri dalam usaha meletakan dasar dasar masyarakat modern kita pun membutuhkan bantuan luar negeri menghadapi kenyataan demikian, sikap kita sebaiknya adalah?18. Sehubungan penanaman nilai nilai kepribadian bangsa, maka pergantian generasai yang segera akan terjadi ini harus ditangani dengan bijaksana dan sungguh sungguh. Dikatakan demikian karena?19. Dimensi penting lainya yang mendorong perlunya Pancasila adalah?20. Di masa lampau bangsa kita telah memberi segala pengorbanan untuk mempertahankan Pancasila, dan di masa yang akan datang kita di panggil oleh sejarah untuk besatu padu mengamalkan Pancasila, jelaslah bahwa Pancasila yang akan menuntun tingkah laku sangat kita butuhkan dikatakan demikian karena?21. Seluruh lapisan masyarakat seluruh lapisan masyarakat, tokoh tokoh dan pemuka masyarakat terutama dunia perguruan tinggi dan ilmu pengetahuan di himbau dan diajak untuk memikirkan secara bersama sama bagaimana cara yang tepat jelas dalam bahasa yang sederhana agar kita dapat menghayati dan mengamalkan Pancasila yang di beri nama Eka Prasetia Pancakarsa. Apabla kita telah mufakat menghayati dan mengamalkan Pancasila nanti, seyogianya hal tersebut di kukuhkan bersama menjadi ketetapan DPR. Pendapat tersebut dikemukakan oleh?22. Dalam kehidupan terdapat beberapa pandangan pokok mengenai hubungan manusia dalam masyarakat, pandangan pencasila tentang hal ini adalah?23. Dalam mempertahankan kehidupan serta mengupayakan kehidupan yang baik manusia harus hidup bermasyarakat dalam kehidupan bermasyarakat tersebut perlu di jaga keserasian hubungan antara manusia dan ketertiban masyarakat itu sendiri untuk itu perlu sikap / perbuatan.Jelaskan!

24. Faktor kepemimpinan dalam pelaksanaan Pancasila menduduki tempat yang sangat strategis dan menentukan dalam masyarakat Indonesia, karena itu pemimpin harus bagaimana?25. Pembinaan insan Pancasila perlu di usahakan. Usaha tersebut terutama menyangkut segala bidang.Dalam upaya pendidikan untuk pelaksanaan Pancasila perlu diaktifkan bagaimana caranya&jelaskan!26. Konvesi yang merupakan aturan aturan dasar tidak tertulis yang timbul dan terpelihara dalam praktek penyelengara Negara sifatnya bagaimana?27. Biasanya masalah pembagian kekuasaan dalam Negara selalu di hubungkan dengan ajaran Trias Politica yang merupakan penangkal atas terpusatnya kekuasaan Negara dalam satu tangan.ajaran Trias politica tersebut dikemukakan oleh siapa?28. Dalam kehidupan berNegara orang teikat atau tertentu posisinya ada hak dan ada pula kewajibannya. Kehidupan bernegara menimbulkan hak dan kewajiban apa?29. Hak hak asasi manusia yaitu hak yang di bawa manusia sejak lahir sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa tidak boleh dikurangi atau ditiadakan maksudnya?30. Untuk dapat mewujudkan dan menjamin hak hak warga Negara, tentu Negara harus berada dalam keadaam mampu adan pelaksanaannya persoalan mampu atau tiadaknya Negara,adalah urusan Negara itu sendiri bagi warga Negara sebagai pemilik hak asasi tidak wajib untuk menunjang Negara.Jelaskan!31. Antara Hak dan kewajiban warga Negara terdapat hubungan ketergantungan dapat tidaknya atau mampu tidaknya negaa mewujudkan dan menjamin hak warganya sangat berhubungan dan ergantung bagaimana peran serta warganya menunaikan kewajiban kewajiban?32. Dalam masyarakat sederhana yang penduduknya relatif sedikit dan hidup dalam suasana kekeluargaan masalah hak asasi biasanya tidak di persoalkan.Jelaskan! 33. Hak asasi manusia berasal dari barat hal ini dapat di buktikan dengan adanya magna charta, Droit del homme et du citoyen, universal declaration of human right dan lain lain.Jelaskan!34. Yang di maksud dengan kewajiban asasi adalah kewajiban tiap pribadi untuk berbuat agar eksistensi Negara / masyarakat dapat dipertahankan dan Negara / masyarakat mempunyai kemampuan untuk mewujudkan dan menjamin hak asasi warganya.Jelaskan!35. Hak asasi untuk mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintah di sebut personal right,Jelaskan!36. Dalam Negara liberal terdapat kebebasan individu tanpa batas segala sesuatunya acuanya adalah kepentingan individu. Demikian pula dalam Negara totaliter,Jelaskan!37. Dalam Negara kita yang berdasarkan Pancasila ini antara hak dan kewajiban terhadap hubungan timbal balik yang seimbang.Jelaskan!

38. Hak hidup manusia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa mutlak harus di tegakan, karena ini adalah hak asasi adalah?39. Kita memandang manusia dalam tiga posisi yaitu?40. Hakikat Tujuan Nasional adalah sama dengan tujuam pembangunan adalah?

41. Bahwa hakikat manusia adalah untuk pembangunan, bukan sebaliknya pembangnan untuk manusia.Jelaskan!42. Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 merupakan tujuan akhir (ultimate goal)dari pertuangan Nasional bangsa Indonesia.Jelaskan!43. Kebahagiaan hidup manusia akan tercapai bila manusia mampu mencitakan suasana yang serasi, selaras dan seimbang dalam segala aspek kehidupan.Jelaskan!44. Jika pembangunan mampu menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi dan disertai dengan asas pemerataan yang nyata maka akan tercapai stabilitas Nasional yang mantap.Jelaskan!45. Masyarakat adil dan makmur adalah masyarakat yang setiap anggotanya terdapat kesamaan dalam kemakmuran karena keadilan adalah sama dengan persamaan.Jelaskan!46. Berhasil atau tidaknya pelaksanaan pembangunan terletak pada watak corak, mentalitas dan kepribadian manusia pelaksnaannya ( filsafat administrasi).Jelaskan!47. Pembangunan manusia Indonesia seutuhnya adalah manusia yang berkecukupan sandang pangan dan papan ( perumahan).Jelaskan!48. Pembangunan akan menghasilkan masyarakat yang maju seperti masyarakat bangsa eropa dan amerika.Jelaskan!49. Pembangunan Nasional yang mempunyai sasaran pada segala bidang kehidupan pada hakikatnya bertujuan menghasikan manusia manusia yang Pancasilais.Jelaskan!50. Sasaran atas manfaat dari pembangunan Nasional adalah?51. Stabilitas Nasional akan tercapai bila apa? 52. Sasaran terakhir pembangunan jangka panjang adalah?53. Pengertian konsep pendapatan Nasional dalam ekonomi adalah?54. Pola dasar pembanguan Nasional mengandung pengertian apa? 55. Tujuan setiap tahap pembangunan adalah? 56. Sasaran pembangunan jangka panjang adalah?57. Pelaksanaan pembangunan Nasional harus berjalan bersama dengan apa?

58. Pengambilan dan penggunaan sumber alam harus dilakukan secara rasional agar tidak mengakibatkan apa? 59. Modal dasar pembangunan Nasional apa?60. Yang termasuk faktor dominan modal pembangunan Nasional apa?61. Jelaskan mengenai wawasan nusantara?62. Tujuan setiap tahap pembangunan adalah?63. Sejalan dengan prioritas pada pembangunan bidang ekonomi maka ditingkatkan pula pembangunan pada bidang apa?64. Kebijaksanaan pembangunan berlandaskan Trilogi Pembangunan apa?

65. Tujuan pembangunan bidang transmigrasi adalah?66. Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila bertujuan apa?67. Kekuatan manusia pada hakikatnya terletak pada kekuatan atau kemampuan apa?68. Pengakuan yang tulus dari para pendiri negara tentang kemerdekaan yang telah Indonesia peroleh tidak semata-mata hasil perjuangan bangsa Indonesia sendiri. Hal ini tercermin dalam Pembukaan UUD 1945 yakni?69. Makna Pancasila sebagai dasar Negara telah bergeser pada masa pemerintahan Orde Baru,yakni?70. Pancasila itu dalam dirinya sendiri merupakan kesatuan yang majemuk tunggal , dalam arti ini Pancasila memenuhi salah satu syarat ilmiah yakni?

71. Yang termasuk nilai kerohanian menurut Notonegoro adalah nilai apa?

72. Nilai-nilai Pancasila yang bersifat abstrak dan normatif yaitu?

73. Bahwa nilai-nilai Pancasila menjadi cita-cita normative penyelenggaraan Negara, di mana visi atau arah penyelenggaraan berbangsa dan bernegara diarahkan pada terwujudnya nilai-nilai Pancasila. Hal ini merupakan makna Pancas