TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK

of 26 /26

Embed Size (px)

Transcript of TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK

Page 1: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK
Page 2: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK

Disusun Oleh :

Evi Kholida Shofia (9)

Nada Nasiroh Munjiyah (16)

Rena Indriana (20)

Richo Hartanto (22)

Sofia Uly Niama (24)

XI IPA 7

Page 3: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK
Page 4: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK

PENGERTIAN SEL EUKARIOTIK

Sel eukariotik merupakan tipe sel yang memiliki sistem endomembran. Pada seleukariotik, inti tampak jelas karena dibatasioleh sistem membran. Bisa juga diartikan sebagai sel yang memiliki membran nukleus sehingga materi nukleus terkumpul dalam membran.

Page 5: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK

TIPE SEL EUKARIOTIK

Organisme yang memiliki tipe sel ini antara lain hewan,tumbuhan dan jamur baik multiseluler maupun yanguniseluler. Pada sel hewan, pada bagian luar sel tidakditemukan adanya dinding sel, sebaliknya pada tumbuhandan jamur ditemukan adanya dinding sel. Walaupundemikian dinding sel tumbuhan dan sel jamur secara kimiawiberbeda penyusunnya. Pada jamur didominasi oleh chitinsedangkan pada tumbuhan selulosa. Pada tumbuhanditemukan adanya organel kloroplas sedangkan pada jamurdan hewan tidak ditemukan. Selain perbedaan tersebut padadasarnya baik sel hewan, tumbuhan, dan jamur memilikistruktur yang serupa.

Page 6: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK

A. MEMBRAN

SEL

G.BADAN MIKRO

E.RIBOSOM

F. BADAN GOLGI

I. NUKLEUS

H. SITOSKELETONSITOSKELETON

J. SILIA DANFLAGELA

C. MITOKONDRIA

B. SITOPLASMA

D. RETIKULUM

ENDOPLASMA

Page 7: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK

MEMBRAN SEL

Membran sel merupakan selaputterluar sel yang berupa bilayer lipiddengan protein integral dan ferifer.Tebal membran sel antara 7,5 - 10nanometer, selektif permeabel.

Fungsi spesifik membran plasmadan berbagai tipe membran didalam selbergantung pada jenis. Fungsi lainmembran sel yaitu untuk pelindung,reseptor dan mengatur keluarmasuknya zat dari dan ke luar seldengan cara difusi, osmosis, difusiberfasilitas, dan transport aktif.

Page 8: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK

SITOPLASMA

Sitoplasma adalah suatu cairan sel dan segalasesuatu yang larut di dalamnya, kecuali nukleus (inti sel)dan organela. Sitoplasma yang berada di dalam inti seldisebut nukleoplasma. Sitoplasma bersifat koloidkompleks, yaitu tidak padat dan tidak cair. Sifat koloidsitoplasma ini dapat berubah-ubah tergantungkandungan air. Jika konsentrasi air tinggi maka koloidakan bersifat encer yang disebut dengan sol, sedangkanjika konsentrasi air rendah maka koloid bersifat padatlembek yang disebut dengan gel.

Page 9: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK

MITOKONDRIA

Mitokondria disebut ‘pembangkittenaga listrik sel. Mitokondria berisisejumlah enzim dan protein yangmembantu proses karbohidrat danlemak yang diperoleh dari makananyang kita makan untuk melepaskanenergi.

Fungsi mitokondria diantaranyaadalah untuk menghasilkan energi,menjaga konsentrasi ion kalsium,membangun bagian tertentu darihormon dan darah, mendetoksifikasiamonia, serta berperan penting dalamproses kematian sel terprogram.

Page 10: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK

STRUKTUR MITOKONDRIA⚝ Membran Luar

Membran luar halus seperti membran dalam dan memiliki fosfolipid hampirdalam jumlah yang sama sebagai protein. Ia memiliki sejumlah besar proteinkhusus yang disebut porins, yang memungkinkan molekul dalam berat 5000dalton atau kurang untuk melewatinya.

⚝ Membran Bagian Dalam

Membran dalam lebih kompleks dalam struktur daripada membran luarkarena mengandung kompleks dari rantai transpor elektron dan komplekssintetase ATP. Ini permeabel hanya untuk oksigen, karbon dioksida dan air. Initerdiri dari sejumlah besar protein yang memainkan peran penting dalammemproduksi ATP, dan juga membantu dalam mengatur transfer metabolitmelintasi membran.

⚝ Matriks

Matriks merupakan campuran kompleks enzim yang penting untuk sintesismolekul ATP, ribosom mitokondria khusus, tRNA dan DNA mitokondria. Selain itu,ia memiliki oksigen, karbon dioksida dan intermediet daur ulang lainnya.Meskipun sebagian besar materi genetik sel yang terkandung dalam inti,mitokondria memiliki DNA sendiri.

Page 11: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK

RETIKULUM ENDOPLASMA (RE)

Retikulum endoplasma merupakanlabirin membran yang banyak, sehinggaretikulum ini meliputi separuh lebih daritotal membran dalam sel-sel eukariotik.Retikulum endoplasma berupa vesikelatau kantung yang dapat berbentukpipih, bundar, atau tubuler dan satusama lain dapat berhubungan.

RE memiliki selapis membran, danmembran tersebut ada yangberhubungan dengan membran inti danmembran plasma sehingga dapatberperan sebagai penghubung antarabagian luar sel dengan bagian dalam sel.

Page 12: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK

TERDAPAT DUA JENIS RETIKULUM ENDOPLASMA (RE) :

RE halus (REH) yakni RE yang tidak dilekati ribosom, yangberfungsi dalam bermacam-macam proses metabolisme,termasuk sintesis lipid, metabolisme karbohidrat, sertamenawarkan obar dan racun. Enzim RE halus penting untuksintesis lipid, termasuk fosfolipid dan steroid.

RE kasar (REK) yakni RE yang dilekati ribosom. RE memilikiperan anabolik dan protektif. Peran anabolik yaknimensintesis kolesterol, hormon steroid, dan asam-asamempedu. Peran katabolik yakni dapat mengubah ataumenetralisir bahan yang bersifat toksik. Mekanisme kerjaantar RE dan organel lain seperti mitokondria dapat salingberhubungan.

Page 13: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK

RIBOSOM

Ribosom merupakan komponenpenting di dalam sel. Ukurannyaberkisar 20-25 nm. Ribosom tersusundari RNA dan protein, terdiri dari subunit besar dan sub unit kecil. Sub unitbesar dan sub unit kecil akanbergabung bila ribosom sedangmenjalankan fungsinya yaitu sintesiprotein.

Page 14: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK

BADAN GOLGI

Struktur Badan Gogi berbentuktumpukan kantong-kantong pipih,(didalamnya terdapat pula yang bundardan tubuler), yang sangat kompleks yangmemiliki dua permukaan yakni permukaanluar berbentuk cembung (forming face)dan permukaan dalam berbentuk cekung(maturing face).

Badan Golgi terdapat di mana-manadalam sel, terdiri dari membran denganketebalan sekitar 6–8nm. Badan Golgiberfungsi menghasilkan lisosom, sekret,dan menyimpan protein serta enzim yangakan disekresikan.

Page 15: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK

BADAN MIKROBadan mikro terbagi menjadi dua bagian yaitu ;

Peroksisom Peroksisom, dapat ditemukan pada sel hewan, tumbuhan tertentu,

dan sel ragi. Organel ini pertama kali ditemukan oleh DE Duve dan kawan-kawannya pada tahun 1965 didalam sel hati. Peroksisom mengandungbeberapa macam enzim oksidasi dan katalasi. Enzim-enzim tersebutberperan dalam pembentukan dan pembongkaran hydrogen peroksida(H2O2). Oleh karena itu, organel ini disebut peroksisom. Peroksisom jugaberfungsi untuk merombak asam lemak yang tersimpan didalam bijimenjadi glukosa untuk proses perkecambahan.

Glioksisom Glioksisom merupakan badan mikro yang hanya ditemukan pada sel

tumbuhan. Diameter glioksisom antara 0,5-1,0 μm. Glioksisom banyakditemukan pada biji-bijian yang merupakan tempat penyimpanan asamlemak pada tumbuhan. Glioksisom berperan dalam perombakan asamlemak yang tersimpan dalam biji menjadi glukosa untuk pembentukanenergy dalam proses berkecambahan.

Page 16: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK

SITOSKELETON

Di dalam sitosol juga ditemukan suatu organel yang disebutsitoskeleton. Sitoskeleton berfungsi untuk menyokong benuk seldan memungkinkan terjadinya gerakan-gerakan organel di dalamsitoplasma.

Sitoskeleton terdiri atas ;

Mikrotubulus tersusun atas molekul protein tubulin. Setiapmikrotubulus tersusun atas 13 protofilamen yang tersusun pararelmengelilingi suatu sumbu. Berdasarkan stabilitasnya di dalam sel,ada dua macam mikrotubulus, yaitu mikrotubulus stabil danmikrotubulus labil.Contoh mikrotubulus stabil adalah mikrotubulus pembentuk siliadan flagella, sedangkan contoh mikrotubulus labil adalahmikrotubulus pembentuk gelendong pembelahan.

Page 17: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK

Mikrofilamen

biasanya banyak tersebar di bawah permukaan membranplasma. Mikrofilamen tersusun atas protein, terutama aktinmiosin. Aktin dan miosin banyak ditemukan terutama pada selotot dengan komposisi miosin lebih sedikit dibandingkan aktin.Kedua jenis protein ini berperan untuk pergerakan, misalnyaberperan dalam terjadinya aliran sitoplasma pada sel tumbuhan(siklosis), dan berperan dalam terjadinya gerak ameboid padaProtozoa. Oleh karena komposisi aktin lebih banyak,mikrofilamen juga disebut mikrofilamen aktin.

Filamen intermediet

berbentuk pembuluh, terdiri atas 4-5 protofilamen yangtersusun melingkar, bersifat liat, stabil, dan tersusun atas proteinfibrosa. Sebagian besar protein intermediet berfungsi untukmenyokong sel dan inti sel. Letak filamen ini biasanya terpusat disekitar inti. Pada sel epitel, filamen intermediet membentukanyaman yang berfungsi untuk menahan tekanan dari luar.

Page 18: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK

NUKLEOUS

Letak inti padasitoplasma biasanya ditengah. Umunya sel mahlukhidup mengandung satu inti, tetapi ada pula yang memiliki inti lebih dari satumisalnya sel otot lurik.

Bagian-bagian inti selyaitu : Membran Inti, Nukleoplasma danKromosom, serta nukleolus.

Page 19: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK

SILIA DAN FLAGELA

Kedua organel ini berfungsi sebagai alat pergerakan sel yang letaknyaberada pada permukaan luar membran sel. Baik silia maupun flagella memilikistruktur yang sama, yaitu memiliki sumbu yang disebut aksonem. Jumlah siliapada umumnya banyak, sedangkan jumlah flagella hannya satu atau dua. Siliadan flagella dibungkus oleh membran.

Page 20: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK

PERBEDAAN

SEL TUMBUHAN DAN SEL

HEWAN

SEL HEWAN SEL TUMBUHAN

Page 21: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK

LISOSOM

Lisosom terdapat pada sel hewan,bentuknya seperti bola, terdiri atasselapis membran, dan diameternyakurang lebih 500 nm. Lisosom berfungsiuntuk mencerna bahan makanan yangmasuk ke dalam sel.

Lisosom mencerna materi yangdimasukkan kedalam sel dan mendaurulang materi dari pembuanganintraseluler. Selama fagositosis selmengurung makanan dalam vakuoladengan membran yang terlepas secarainternal dari membran plasma.

Page 22: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK

SENTRIOL

Sentriol adalah sebuah organel berbentuktabung yang biasa ditemukan Hewan BerselEukariot, meskipun tidak ditemukan ditumbuhan tingkat tinggi dan Jamur. Sentriol inimerupakan perkembangan dari sentrosom, yaitupusat sel, daerah dari sitoplasma yang dekatdengan nukleus.

Sentriol berupa kumpulan mikrotubulusstrukturnya berbentuk bintang yang berperansebagai kutub-kutub pembelahan sel secaramitosis atau meiosis. Mikrotubulus adalahtabung-tabung halus dari protein tubulin,diameternya kurang lebih 25 nm, sedangkanpanjangnya bervariasi.

Page 23: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK

DINDING SEL

Page 24: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK

VAKUOLA

Vakuola merupakan ruang dalamsel yang berisi cairan (cell sap dalambahasa inggris) yang berupa ronggayang diselaputi membrchan(tonoplas). Cairan ini adalah air danberbagai zat yang terlarut didalamnya.

Fungsinya untuk menyimpan zatcadangan makanan, menyimpanpigmen, serta mengatur tirgiditas sel(tekanan osmotik sel).

Page 25: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK

PLASTIDA

Plastida adalah organel sitoplasmayang tersebar pada sel tumbuhan danterlihat jelas di bawah mikroskopsederhana. Plastida sangat bervariasiukuran dan bentuknya, pada sel-seltumbuhan berbunga biasanya berbentukpiringan kecil bikonveks.

Meskipun macam-macam plastidadihubungkan dengan fungsi-fungsi fisiologisyang tetap, namun macam tersebutdiklasifikan berdasarkan warnanya yaitu :leukoplas (tidak berwarna), kloroplas, kromoplas.

Gambar : kloroplas

Page 26: TUGAS BIOLOGI SEL EUKARIOTIK