Tugas Aplikasi Komputer Cloud Computing

download Tugas Aplikasi Komputer Cloud Computing

of 13

  • date post

    14-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    12
  • download

    4

Embed Size (px)

description

Tugas Aplikasi Komputer Cloud Computing

Transcript of Tugas Aplikasi Komputer Cloud Computing

CLOUD COMPUTINGTUGAS MATRIKULASI APLIKASI KOMPUTERHAIRUL ANWAR ROHMANIATI YOHANA SETYANINGRUM 47 PB-1DEFINISI CLOUD COMPUTINGCloud computing (Komputasi awan) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan'). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet ("di dalam awan") tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya. Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing "Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain.Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server. Komputasi awan saat ini merupakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iCloudPENGERTIAN CLOUD COMPUTINGCloud Computing merupakan layanan jasa TI yang dilakukan oleh sebuah perusahaan; dimana pengguna layanan tidak perlu menyiapkan perangkat atau infrastruktur sendiri karena sudah disiapkan perusahaan tsb. Cloud merupakan layanan berbasis internet, jadi seluruh kebutuhan pengguna akan dilayani melalui koneksi internet. Kenapa disebut sebagai komputasi awan, karena pengguna menjalankan kebutuhan mereka diluar perusahaan sendiri dan digambarkan seolah-olah disimpan diawan.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan XYZ bisa menggunakan jasa perusahaan BizNet untuk menyediakan beragam layanan cloud, mulai dari aplikasi enterprise, penyimpanan data (database), office, finance, dan lain-lain. Seluruh layanan ini berjalan diatas internet, jadi personel perusahaan XYZ mengaksesnya masing-masing menggunakan koneksi internet.

Cloud Computing sebetulnya sudah kita kenal sejak dulu. Ketika menggunakan webmail seperti Yahoo, Gmail atau Hotmail, sebetulnya kita telah menjalankan fungsi Cloud Computing. Begitupula saat menggunakan Social Media seperti Facebook, Twitter atau Rapidshare. Intinya seluruh data dan aplikasi yang kita butuhkan berjalan ditempat lain melalui koneksi internet.PERBEDAAN LAYANAN CLOUDSaaS (Software as a Service), dimana user dapat memanfaatkan aplikasi tertentu di Cloud yang disediakan oleh cloud provider, umumnya dengan cara berlangganan. Misalnya : software sales di salesforce.com, Yahoo Premium di Yahoo, LotusLive!, Google Docs, FB, Twitter, Microsoft Office 365.Keuntungan dari SaaS ini adalah kita tidak perlu membeli software dan lisensi software lagi. Kita tinggal berlangganan ke cloud provider dan tinggal membayar berdasarkan pemakaian.PaaS (Platform as a Service) adalah layanan yang menyediakan modul siap pakai; yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi, berjalan diatas platform tersebut.Misalnya : Pengembangan game di Facebook, Google Android, GoogleApp Engine, dsb.Keuntungan dari PaaS bagipengembang dapat fokus pada aplikasi yang sedang dikembangkan tanpa harus memikirkan lagi masalah platform, dikarenakan hal tersebut sudah menjadi tanggung jawab cloud provider.IaaS (Infrastructure a Service) adalah layanan yang "menyewakan sumberdaya teknologi informasi dasar, yang meliputi media penyimpanan, processing power, memory, sistem operasi, kapasitas jaringan dll, yang digunakan untuk menjalankan aplikasi.

Public Cloud merupakan layanan yg diperuntukkan secara umum dan biasanya bersifat gratis. Contohnya : Facebook, Yahoo Mail atau DropBox.Private Cloud merupakan layanan yang dioperasikan hanya untuk sebuah organisasi tertentu. Contohnya : Telkom Cloud, BizNet.Hybrid Cloud merupakan komposisi campuran layanan cloud. Entitas tetap berdiri sendiri, tapi dihubungkan oleh teknologi yg memungkinkan portabilitas data & aplikasi antar cloud.

PERBEDAAN FUNGSI CLOUDKELEBIHAN CLOUD COMPUTINGLebih murah, karena kita tidak perlu menyediakan infrastruktur & SDM TI sendiri.Lebih reliabel, karena data dan apikasi kita dijaga oleh layanan tanpa henti 24 jam x 7 hari.Lebih efisien, karena kita bisa memilih layanan yang kita butuhkan dan membayar sesuai dengan biaya layanan itu saja.Lebih kompatibel, karena dapat diakses dimana saja asal ada koneksi internet.Lebih aman, karena seluruh data disimpan dalam sebuah server terpusat yang memiliki fungsi backup.Lebih sederhana, karena kita tidak memerlukan pemahaman sistem TI.

KEKURANGAN CLOUD COMPUTINGMerujuk kepada (Robbins, 2009), resiko yang harus dihadapi user dalam penggunaan Cloud Computing ini antara lain: service level, artinya kemungkinan service performance yang kurang konsisten dari provider. Inkonsistensi cloud provider ini meliputi, data protection dan data recovery.privacy, yang berarti adanya resiko data user akan diakses oleh orang lain karena hosting dilakukan secara bersama-sama, compliance, yang mengacu pada resiko adanya penyimpangan level compliance dari provider terhadap regulasi yang diterapkan oleh user.data ownership mengacu pada resiko kehilangan kepemilikan data begitu data disimpan dalam cloud. data mobility, yang mengacu pada kemungkinan share data antar cloud service dan cara memperoleh kembali data jika suatu saat user melakukan proses terminasi terhadap layanan cloud Computing.GOOGLE DRIVE

GOOGLE DRIVE

GOOGLE DOCS

EMAIL USING DRIVE

GOOGLE DRIVE ON MOBILE PHONE

I-CLOUD