Tugas 2 TI

download Tugas 2 TI

of 18

  • date post

    14-Aug-2015
  • Category

    Technology

  • view

    31
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of Tugas 2 TI

  1. 1. 202.155.0.15202.155.0.10202.155.4.32
  2. 2. Komputer-komputer yang banyak itu akandihubungkan dengan suatu alamat. Tadinya alamat tersebut masih berupa angka-angkaseperti diatas. Karena kemudian alamat internet semakin banyak,dan amat sulit bagi seorang manusia biasa untukmengingat susunan angka-angka tersebut makamuncullah DNS (Domain Name Server). Dengan DNS alamat-alamat berbentuk susunanangka tersebut (alamat IP Internet Protocol)kemudian diterjemahkan menjadi berbentuk katayang lebih mudah diingat oleh manu sia, sepertigoogle.com, yahoo.com, telkom.co.id, atauinternetclub.or.id
  3. 3. perangkat keras yang digunakan untuk memintalayanan dan menerima dari server dalam suatujaringan. Lalu di terusin ke suatu modem lal di kirim melaluweb server yang masih kecil lalu terhubung keinternet Lalu ada sebuah telpon jaringanya melewatipemancar sinyal lalu di terusin ke internet Dari kedua kejadian itu data yang di internet lalu disambungkan ke web server yang lebih inti lalu diterusin ke database server dan data itu bisa di bukaoleh semuanya
  4. 4. Pertama dari workstation sambung ke modem lalu ke GatewayInternet lalu ke internet Internet langsung ke web server lalu data di kirim ke DataBaseserver dari web server di dapatkan Halaman yang di Request diproses di file PHP di internet.Outputnya adalah fileHTML,CSS,javaScript,Gambar dan multimedia lainya Dari outputnya kembali ke data base server lalu di kembalikan kepada user kembali ke Gateway Internet berupa halaman web dikirim ke user yang berisi data:-HTML, XML-CSS-JavaScript-Gambar-Multimedia
  5. 5. Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang menghubungkan duanode (komputer / device / virtual machine) atau lebih menggunakanmedia komunikasi berupa kabel (wire) atau tanpa kabel (wireless)sebagai perantara serta membutuhkan protokol-protokol komunikasiuntuk bisa saling berbagi sumber daya seperti software atau datamaupun perangkat keras seperti printer dan media penyimpanan.Jaringan komputer memungkinkan kita bekerja bersama-sama untukmeningkatkan penggunaan sumber daya yang ada dalam sebuahperusahaan / organisasi, komunikasi dan arus informasi semakincepat serta melindungi aset-aset penting perusahaan /organisasiyang semestinya diakses oleh pihak yang berwenang di dalamnya.
  6. 6. Pengertian jaringan disini dapat diartikan sebagai suatusistem yang terkordinir dan saling berhubungan yangterdiri atas beberapa terminal ataupun PC ataupun mini-komputerdan mainframe yang bekerja sendiri-sendiritetapi dapat saling bertukar data ataupun salingmemanfaatkan segala sumber daya yang tersedia. CPUyang ada dipusat disebut sebagai server ataupun hostkomputer, dan terminal yang ada juga disebut sebagainode ataupun simpul. Jaringan yang ada juga merupakangabungan dari unsur hardware dan software sesuaidengan persyaratan yang dibutuhkan. Tetapi denganbertukar informasi melewati server atau terminal rawandengan pencurian data yang bisa mengakibatkan kerugianatau apapun.
  7. 7. Dari jaringan lokal melewati firewall lalu adabeberapa server-server dan workstation jugamenghubungkan ke Router sebelum di hubungkanke modem user harus melakukan pendaftaran ISPuntuk dial Up misalnya Indosat,telkom,Dll. Lalu dihubungkan ke modem menyambung melalui LeasedLine lalu di hubungkan ke jaringan telpon. Ada personal komputer yang menyambung kemodem lalu di lanjutkan dengan ke jarngan telpon.Di sambungkan ke internet servis provider.
  8. 8. Selain akses internet melalui modem, dapat pulamemanfaatkan teknologi ISDN(IntegratedSystemDigital Network) dan Satelit. Teknologi inimasih tergolong mahal untuk digunakan olehperorangan. ISDN adalah jaringan digital yangmemberikan berbagai macam pelayanan jasatelekomunikasi yang berlaku di seluruh dunia,dan merupakan tansisi sistem telepon analogke sistem digital.
  9. 9. Pemakai(clients)melakukanbrowsingInternet(WWW)WWW serversPembuat web sitemenulis HTML Web siteberupa fileHTML
  10. 10. Sebuah komputer pengguna (Client Computer) yang hendak dihubungkan ke jaringanInternet, pada awalnya harus terhubung ke sebuah Server. Sebuah server akan mengatur akses dan mengirimkan data-data dari dan kedalam Internetyang diminta oleh beberapa client, sehingga komputer client dapat mengakses berbagaifasilitas yang terdapat di Internet seperti web, chat, email, dan lain sebagainya. Ketika seseorang mengirimkan data lewat Internet, katakanlah bahwa user-A dan user-B,merupakan masing-masing pengguna jaringan Internet. User-A menggunakan layananInternet dengan browser. Pada saat menjalankan browser, user-A hanya berkomunikasisecara langsung dengan lapisan aplikasi. Tindakannya disampaikan melalui lapisan aplikasipada lapisan TCP. Lapisan TCP berkomunikasi dengan lapisan IP, kemudian lapisan IPberhubungan ke perangkat keras. Bersamaan dengan berjalannya semua itu, masing-masingprotokol dengan sistemnya mengatur agar tiap lapisannya berfungsi dengan cara yang tepat.Untuk kemudian data atau permintaan dari user-A dikirim ke user-B, melalui jalur kerangkaInternet. Pada saat user-A mengirimkan data berupa teks ke user-B, TCP/IP mulai bekerja. TCPmembagi teks tersebut menjadi paket-paket data kecil, menambahkan beberapa informasi(dapat dianggap sebagai pengiriman barang), sehingga komputer user-B sebagai penerimamemastikan bahwa paket yang diterimanya tidak mengalami kerusakan sepanjang pengirimandan menyusun kembali paket-pakettersebut menjadi susunan teks seperti aslinya. Bayangkan betapa luar biasanya Internetbekerja, bahwa semua proses rumit tersebut dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik. Dankita hanya menikmati hasilnya tanpa perlu lagi memikirkan prosesnya.