Tryout SMA B. Indonesia

download Tryout SMA B. Indonesia

of 16

  • date post

    20-Feb-2016
  • Category

    Documents

  • view

    302
  • download

    10

Embed Size (px)

description

trry out untuk sma bahasa indonesia

Transcript of Tryout SMA B. Indonesia

  • Petunjuk umum

    1. Periksalah Naskah Soal yang Anda terima sebelum mengerjakan soal yang meliputi: a. Kelengkapan jumlah halaman dan urutannya. b. Kelengkapan dan urutan nomor soal.2. Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal, nomor soal yang tidak lengkap atau tidak

    urut, serta LJUN yang rusak atau robek untuk mendapat gantinya.3. Hitamkan bulatan di depan Nama Mata Ujian pada LJUN.4. Isilah pada LJUN Anda dengan: a. Nama Peserta pada kotak yang disediakan, lalu hitamkan bulatan di bawahnya sesuai dengan huruf di

    atasnya. b. Nomor Paket Soal, Nomor Peserta, dan Tanggal Lahir pada kolom yang disediakan, lalu hitamkan

    bulatan di bawahnya sesuai huruf/angka di atasnya. c. Nama Sekolah, Tanggal Ujian, dan bubuhkan Tanda Tangan Anda pada kotak yang disediakan.5. Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan Naskah Soal tersebut.6. Jumlah soal sebanyak 50 butir, pada setiap butir soal terdapat 5 (lima) pilihan jawaban.7. Mintalah kertas buram kepada pengawas ujian jika diperlukan.8. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, HP, tabel matematika, atau alat bantu hitung lainnya.9. Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.10. Lembar soal boleh dicorat-coret, sedangkan LJUN tidak boleh dicorat-coret.

    Hak cipta 2014 Penerbit Erlangga

    Nama Penulis: Tim Editor

    Dilarang keras mengutip, menjiplak, atau memfotokopi sebagian atau seluruh isi buku ini serta memperjualbelikannya tanpa izin dari Penerbit Erlangga.

    Hak CiPta dilindungi oleH undang-undang

    UJIAN NASIONAL SMA/MATahun Pelajaran 2014/2015

    Bidang Studi: BahaSa IndoneSIa

    try out

  • Try Out Ujian Nasional SMA/MA Tahun Pelajaran 2014/20152

    Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2.

    Konsumsi bahan bakar minyak di negeri ini meningkat setiap tahun. Data PT Pertamina (Persero) menunjukkan bahwa rata-rata pertumbuhan konsumsi premium sekitar 10,8 persen, sementara pertumbuhan konsumsi solar 7,3 persen. Maka, kuota BBM subsidi selalu jebol. Menaikkan harga BBM subsidi diyakini dapat mengurangi konsumsi BBM. Akan tetapi, urusan BBM ini bukan sekadar harga jualnya, volume juga harus dikendalikan.

    1. Ide pokok paragraf tersebut adalah . . . . A. pertumbuhan konsumsi premium B. peningkatan konsumsi bahan bakar C. pertumbuhan konsumsi solar D. kuota subsidi bahan bakar E. pengendalian volume premium

    2. Kalimat pertanyaan sesuai dengan paragraf tersebut adalah . . . A. Mengapa bahan bakar minyak selalu meningkat setiap tahun? B. Siapa yang bertanggung jawab terhadap kenaikan bahan bakar? C. Kapan konsumsi bahan bakar minyak meningkat? D. Di mana terjadi kelangkaan bahan bakar minyak? E. Mengapa kuota BBM subsidi selalu jebol?

    Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4.

    (1) Hubungan dagang dan investasi antara Indonesia dan negara-negara Latin masih kecil. (2) Diduga, hal ini dipicu oleh adanya sejumlah persoalan perdagangan antara negara-negara Amerika Latin dan Tiongkok. (3) Poros dagang Indonesia-Amerika Latin layak diperkuat. (4) Di samping itu, Indonesia harus mencari pasar baru tanpa meninggalkan pasar tradisionalnya. (5) Tiongkok merupakan tujuan utama bagi komoditas ekspor Indonesia.

    3. Kalimat utama pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor . . . . A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

    4. Kalimat fakta pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor . . . . A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

    5. Cermati paragraf berikut.

    (1) Wilayah barat daya Tiongkok mengalami musibah tanah longsor. (2) Laporan yang ditulis dalam situs pemerintah lokal menyebutkan tanah longsor itu telah mengubur setidaknya enam belas rumah di Desa Gaopo, Provinsi Yunnan. (3) Satu dari enam belas rumah tersebut mengubur hidup-hidup satu keluarga yang sedang berkumpul di rumah. (4) Musibah tanah longsor di desa tersebut membawa ratusan ribu meter kubik lumpur. (5) Hal itu tentu membuat tim SAR kesulitan untuk melakukan evakuasi korban.

    Arti istilah yang bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah . . . . A. kegiatan penduduk untuk menghindari daerah berbahaya B. aktivitas penduduk untuk menghindari kecelakaan C. pemindahan penduduk ke daerah yang masih kosong D. pemindahan penduduk dari daerah berbahaya E. pemindahan tempat tinggal penduduk untuk selamanya

  • 3Bahasa Indonesia

    6. Cermati paragraf berikut.

    (1) Kita menjelma menjadi mesin dari sebuah siklus, tidak lagi punya kepekaan untuk melihat hal-hal di luar diri kita sendiri. (2) Kita hanya peduli pada diri atau golongan sendiri. (3) Kita menjadi makhluk yang berkelompok berdasarkan kepentingan, bukan berdasarkan kebersamaan. (4) Contoh dapat kita lihat di perumahan elite, rumah yang satu dengan rumah yang lain dibatasi tembok tinggi, dipagar tanpa celah, dan ditutup pintu rapat. (5) Jadi, tanpa disadari, mereka memiliki keinginan keras berlomba-lomba meningkatkan perekonomian dari tahun ke tahun.

    Kalimat yang tidak padu dalam paragraf tersebut ditunjukkan nomor . . . . A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5)

    7. Cermati paragraf berikut.

    Manusia dalam kehidupannya butuh kebebasan dan kemerdekaan. Manusia bila disakiti tentu akan marah. Kemarahan manusia dilampiaskan melalui perkataan, anggota tubuh yang dimiliki, seperti memukul dengan tangan dan bisa saja dengan senjata. Demikian juga hewan jika disakiti atau diganggu, hewan akan melampiaskan kemarahan melalui anggota tubuh yang dimiliki, seperti ular dengan mengeluarkan bisa, landak dengan bulu-bulu berduri, kucing dengan cakarnya.

    Kalimat yang tepat sebagai simpulan paragraf tersebut adalah . . . A. Manusia dan hewan sama-sama membutuhkan kebebasan atau kemerdekaan. B. Maka, manusia dan hewan sama-sama memiliki sifat marah. C. Oleh karena itu, kehidupan manusia sama dengan kehidupan hewan. D. Jadi, manusia dan hewan sama-sama akan marah bila diganggu. E. Manusia dan hewan sama-sama memiliki anggota tubuh untuk menyakiti.

    8. Cermati paragraf berikut.

    Upaya-upaya pemerintah melestarikan budaya tradisional perlu dilakukan di tengah serbuan budaya modern dari luar. Hal ini perlu, karena kurang ketertarikannya masyarakat Indonesia terutama generasi muda untuk melestarikan. Selain itu, seiring dengan perkembangan zaman modern, produk budaya bukanlah milik kolektif seperti ketika masa agraris, melainkan milik individualis atau sekelompok etnis. Segala produk budaya, baik kesenian kontemporer maupun tradisional, diberi cap milik individu atau sekelompok masyarakat, bahkan sebuah bangsa. Nah, ketika masyarakat kita lalai memberi cap tersebut pada produk budaya sendiri, terjadilah pencurian budaya oleh bangsa lain yang kemudian diklaim sebagai produk budaya bangsa tersebut.

    Tujuan penulis menyampaikan informasi dalam paragraf tersebut adalah . . . A. Mengimbau pemerintah dan generasi muda kita untuk melestarikan budaya tradisional. B. Menginformasikan betapa pentingnya generasi muda mengetahui budaya tradisional. C. Menggambarkan bahwa budaya tradisional tersebut tidak kalah indahnya dengan modern. D. Melarang generasi muda mempelajari kesenian dari luar dalam bentuk apa pun. E. Menjelaskan tugas-tugas pemerintah dan generasi muda dalam lingkup budaya kita.

  • Try Out Ujian Nasional SMA/MA Tahun Pelajaran 2014/20154

    Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10.

    Banyak kalangan yang menggunakan media sosial dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya mahasiswa dan pelajar, bahkan para pemimpin pun banyak yang melakukan sosialisasi visi dan misinya melalui media sosial. Mereka menganggap bahwa sosialisasi melalui jaringan ini lebih efektif dan efisien. Komunikasi yang terbangun terasa lebih akrab dan memunculkan solidaritas yang tinggi. Pada tahun 2013, diperkirakan sekitar 80 juta penduduk Indonesia tersambung dengan internet. Sebanyak 6070% di antaranya menggunakan media sosial, seperti Facebook, Twitter, Youtube, dan Path. Hal yang perlu diperhatikan oleh para pengguna jaringan media sosial adalah kesantunan berbahasa sebagai sarana komunikasi di samping mementingkan faktor komunikatif. Para pengguna media sosial harus pandai memilih kata yang tepat, komunikatif, dan tetap santun.

    9. Opini penulis dalam teks tersebut adalah . . . A. Pengguna media sosial harus memerhatikan kesantunan dalam berbahasa. B. Berbagai kalangan banyak yang menggunakan jaringan media sosial. C. Sosialisasi melalui jaringan media sosial lebih efektif dan efesien. D. Komunikasi melalui jaringan media sosial lebih terasa akrab. E. Jaringan internet telah tersebar ke berbagai kalangan masyarakat.

    10. Pihak yang dituju dalam kutipan tersebut adalah . . . .

    A. para pemimpin B. masyarakat C. pengguna media sosial D. pemerintah E. mahasiswa dan pelajar

    Perhatikan grafik di bawah ini untuk menjawab pertanyaan nomor 11 dan 12.

    Grafik Kemiskinan di DKI Jakarta, 20032013

    3,42

    2,94 2,77

    3,16

    4,074,06

    3,80

    3,23 3,12

    3,63 3,62 3,543,183,61

    4,57 4,484,29

    3,62 3,493,75 3,69

    3,55

    5

    4,5

    4

    3,5

    3

    2,5

    2

    1,5

    1

    0,5

    0 2003 2004 2005 2006 2007 2008 2009 2010 2011 2012 2013

    Persen Penduduk Miskin (%) Penduduk Miskin (ratus 000)

  • 5Bahasa Indonesia

    11. Pernyataan yang sesuai dengan isi grafik tersebut adalah . . . A. Jumlah penduduk miskin di DKI Jakarta tahun 2004 lebih tinggi dibanding tahun 2009. B. Persentase penduduk miskin di DKI Jakarta tahun 2010 lebih rendah dibanding tahun 2005. C. Jumlah penduduk miskin di DKI Jakarta tahun 2011 sama banyak dengan tahun 2012. D. Tahun 2008, jumlah penduduk DKI Jakarta paling tinggi selama kurun waktu 10 tahun. E. Persentase penduduk miskin tahun 2013 di DKI Jakarta mengalami kenaikan tajam.

    12. Simpulan isi tabel tersebut adalah