TRANSMISI & MEDIA TRANSMISI - · PDF filefrekuensi tinggi tersebut, maka sistem transmisi...

Click here to load reader

  • date post

    06-Mar-2019
  • Category

    Documents

  • view

    257
  • download

    3

Embed Size (px)

Transcript of TRANSMISI & MEDIA TRANSMISI - · PDF filefrekuensi tinggi tersebut, maka sistem transmisi...

Pengertian Media TransmisiJenis-jenis Media Transmisi

Tipe-Tipe Transmisi

TRANSMISI & MEDIA TRANSMISI

Dosen Pengampu :MuhammadRiza Hilmi,ST.Email:[email protected]

PengertianMedia Transmisi

Media Transmisi

media yang menghubungkan antarapengirim dan penerima informasi (data).

Media Transmisi Cont.

Digunakan pada beberapa peralatanelektronika untuk menghubungkan antarapengirim dan penerima supaya dapatmelakukan pertukaran data.

Beberapa alat elektronika, seperti telepon, komputer, televisi, dan radio membutuhkanmedia transmisi untuk dapat menerima data.Setiap peralatan elektronika memiliki media transmisi yang berbeda-beda dalam pengirimandatanya.

Karakteristik Media Transmisi

Karakteristik media transmisi ini bergantungpada:

Jenis alat elektronikaData yang digunakan oleh alat elektronikatersebutTingkat keefektifan dalam pengiriman dataUkuran data yang dikirimkan

Jenis-JenisMedia Transmisi

Jenis Media Transmisi

Guided Transmission MediaTwisted Pair CableCoaxial CableFiber Optic

Unguided Transmission MediaGelombang mikroSatelitInframerah

Guided Transmission Media

Guided transmission media atau media transmisi terpandu merupakan jaringanyang menggunakan sistem kabel.media yang mentransmisikangelombang elektromagnetik (data) dengan menggunakan konduktor fisikseperti serat optic atau kabel.

Guided Transmission Media Cont.

Twisted Pair Cableatau kabel pasangan berpilin terdiri dari duabuah konduktor yang digabungkan dengantujuan untuk mengurangi atau meniadakaninterferensi elektromagnetik dari luar sepertiradiasi elektromagnetik dan crosstalk yang terjadi di antara kabel yang berdekatan.Media ini terdiri dari 2 buah kawat tembagayang diisolasi dengan ketebalan umumnya 1 mm dan dililit bersama membentuk heliks.

Guided Transmission Media Cont.

Twisted Pair Cable Cont.dapat digunakan pada jarak beberapakilometer tanpa memerlukan penguatan,

Untuk jarak yang lebih jauh dibutuhkan repeater.tidak dapat digunakan untuk kecepatantinggi.

Kecepatan yang bisa dicapai adalah 1200 baud sampai 9600 baud.

Ada 2 macam kabel twisted pair:UTPSTP

Guided Transmission Media Cont.

Twisted Pair Cable Cont.UTP (Unshielded Twisted Pair)

berisi empat pasang kabel yang tiap pasangnyadipilin (twisted). tidak dilengkapi dengan pelindung (unshilded). mudah dipasang, ukurannya kecil, dan harganyalebih murah dibandingkan jenis media lainnya. Kabel UTP sangat rentan dengan efek interferensielektris yang berasal dari media di sekelilingnya.

Guided Transmission Media Cont.

Twisted Pair Cable Cont.STP (Shielded Twisted Pair)

berisi empat pasang kabel yang tiap pasangnyadipilin (twisted). dilengkapi dengan pelindung (shilded). Kabel STP lebih besar ukurannya dan harganyalebih mahal dibandingkan kabel UTP.

Guided Transmission Media Cont.

Coaxial Cablejenis kabel yang menggunakan dua buahkonduktor. digunakan untuk mentransmisikan sinyalfrekuensi tinggi mulai 300 kHz keatas.

Karena kemampuannya dalam menyalurkanfrekuensi tinggi tersebut, maka sistem transmisidengan menggunakan kabel koaksial memilikikapasitas kanal yang cukup besar.

Ada beberapa jenis kabel koaksial, yaituthick coaxial cable (diameter besar) thin coaxial cable (diameter lebih kecil).

Guided Transmission Media Cont.

Coaxial Cable Cont.Keunggulan:

dapat digunakan untuk menyalurkan informasisampai dengan 900 kanal telepon,dapat ditanam di dalam tanah sehingga biayaperawatan lebih rendah,karena menggunakan penutup isolasi maka kecilkemungkinan terjadi interferensi dengan sistem lain.

Kelemahanmempunyai redaman yang relatif besar sehinggauntuk hubungan jarak jauh harus dipasang repeater, jika kabel dipasang diatas tanah, rawan terhadapgangguan fisik yang dapat berakibat putusnyahubungan.

Guided Transmission Media Cont.

Fiber Opticsaluran transmisi yang terbuat dari kacaatau plastik yang digunakan untukmentransmisikan sinyal cahaya dari suatutempat ke tempat lain.Keuntungan:

bentuknya lebih ramping, kapasitas transmisi yang lebih besar, sedikit sinyal yang hilang, data diubah menjadi sinyal cahaya sehinggalebih cepat, tenaga yang dibutuhkan sedikit, tidak mudah terbakar.

Guided Transmission Media Cont.

Fiber Optic Cont.Kelemahan:

biaya yang mahal untuk peralatannya, memerlukan konversi data listrik ke cahayadan sebaliknya yang rumit, memerlukan peralatan khusus dalamprosedur pemakaian dan pemasangannya, perbaikan yang kompleks membutuhkantenaga yang ahli di bidang ini.

Unguided Transmission Media

Unguided transmission media atau media transmisi tidak terpandu merupakanjaringan yang menggunakan sistemgelombang.media yang mentransmisikan gelombangelektromagnetik (data) tanpamenggunakan konduktor fisik.

Unguided Transmission Media Cont.

Gelombang MikroGelombang mikro (microwave) merupakanbentuk gelombang radio yang beroperasi padafrekuensi tinggi (dalam satuan gigahertz), yang meliputi kawasan UHF, SHF dan EHF. Gelombang mikro banyak digunakan padasistem jaringan MAN, warnet dan penyedialayanan internet (ISP).

Unguided Transmission Media Cont.

Gelombang Mikro Cont.antenna pengirim menfokuskan sinar pendekagar mencapai transmisi garis pandang menujuantenna penerima.biasanya ditempatkan pada ketinggian tertentudiatas tanah untuk memperluas jarak antarantenna.Untuk mencapai transmisi jarak jauh, diperlukanbeberap menara relay gelombang mikro, danpenghubung gelombang mikro titik-ke-titikdipasang pada jarak tertentu.

Unguided Transmission Media Cont.

Gelombang Mikro Cont.

Unguided Transmission Media Cont.

Satelitmedia transmisi yang fungsi utamanyamenerima sinyal dari stasiun bumi danmeneruskannya ke stasiun bumi lain.Dipergunkan untuk menghubungkandua atau lebih transmitter/receiver gelombang mikro pada bumi, yang dikenal sebagai station bumi atauground station.Satelit menerima transmisi diatas satuBand frekuensi, dan mengulang sinyal-sinyal, lalu mentramisikannya kefrekuensi yang lain.

Unguided Transmission Media Cont.

Satelit Cont.

Unguided Transmission Media Cont.

Satelit Cont.Range frekuensi optimal yang digunakan adalah:1 - 10 GHz

Dibawah 1 GHz akanterpengaruh dari alam danman-made sourcesDi atas 10 GHz akan teredamatmosfir

Band (GHz) Name Uplink Download Use4/6 C 5.9 - 6.4 3.7 - 4.2 commercial7/8 X 7.9 - 8.4 7.9 - 8.4 military

11/14 Ku 14.0 - 14.5 11.7 - 12.2 commercial20/30 Ka 27.5 - 30.5 17.7 - 21.2 military20/44 Q 43.4 - 45.5 20.2 - 21.3 military

Band (GHz) Name Uplink Download Use4/6 C 5.9 - 6.4 3.7 - 4.2 commercial7/8 X 7.9 - 8.4 7.9 - 8.4 military

11/14 Ku 14.0 - 14.5 11.7 - 12.2 commercial20/30 Ka 27.5 - 30.5 17.7 - 21.2 military20/44 Q 43.4 - 45.5 20.2 - 21.3 military

Unguided Transmission Media Cont.

Satelit Cont.

Unguided Transmission Media Cont.

Infra Merah (InfraRed)sebuah radiasi gelombang elektromagnetisdengan panjang gelombang lebih panjang darigelombang merah, namun lebih pendek darigelombang radio, yakni 0,7 mikro m sampaidengan 1 milimeter.

Ketika dua buah device dengan interkoneksi, akanterjadi pengenalan secara anonim kedua device, kemudian kedua device tersebut meyetujui untukmemberi nama sementara sehingga protokol infrared mengenali kedua belah pihak dan melakukan transfer data/untuk sekedar mempertahankan koneksi hinggaperintah terakhir dijalankan.

Unguided Transmission Media Cont.

Bluetooth Bluetooth bekerja dengan menggunakan signal radio pada frekuensi 2,4 Ghz yang sama denganWiFi, untuk menghindari interpretensi makaBluetooth bekerja dengan cara spread spectrum frequency hopping (SSFH).Pada saat perangkat Bluetooth akan terkoneksimaka perangkat harus melakukan hopping sequence agar dapat saling mengenali.Cakupan Bluetooth bisa mencapai 10 meter dantidak terhalang flesibelitas media.

Unguided Transmission Media Cont.

WifiWi-Fi (Wireless Fidelity) adalah koneksi tanpa kabelseperti handphone dengan mempergunakanteknologi radio sehingga pemakainya dapatmentransfer data dengan cepat dan aman.Wi-Fi tidak hanya dapat digunakan untukmengakses internet, Wi-Fi juga dapat digunakanuntuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan.

Tipe TipeTransmisi

Tipe Transmisi

Ada 2 tipe transmisi:Transmisi AnalogTransmisi Digital

Transmisi Analog

suatu kegiatan mengirim informasi melaluimedia transmisi fisik dalam bentuk gelombang(berubah secara kontinyu)Data ditransmisikan melalui gelombangpembawa, yaitu gelombang sederhana yang hanya bertujuan untuk mengangkut data dengan modifikasi salah satu karakteristiknya(amplitudo, frekuensi atau fasa). Oleh karena itu, transmisi analog juga seringdisebut carrier wave modulation transmission.

Transmisi Digital

Transmisi digital adalah pengiriman informasimelalui media komunikasi fisik dalam bentuksinyal digital. informasi tersebut harus dikodekan terlebihdahulu dalam bentuk sinyal (fungsi encoding)merepresentasikan dua kondisi yaitu 0 atau1 (binary)

Transmisi Analog dan Digital

Analog Digital1. Rentan terhadap Noise2. Signal yang diterima diproses

dengan diulang dandiamplifikasi.

3. Mudah terjadi crosstalk4. Bentuk sinyal kontinyu.5. Kualitas signal diukur dalam

satuan S/N (Signal To Noise Ratio)

1. Tahan terhadap Noise2. Proses regenerasi dilakukan

bagi signal yang diterima.3. Bebas cross talk4. Bentuk signal diskrit

(discrete)5. Kualitas signal diukur dalam

BER (Bit Error Rate)