Tor Aspal Jl.lingkar

download Tor Aspal Jl.lingkar

of 26

  • date post

    18-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    21
  • download

    1

Embed Size (px)

description

ayam

Transcript of Tor Aspal Jl.lingkar

  • KERANGKA ACUAN KERJA KONSULTAN SUPERVISI

    KERANGKA ACUAN KERJA (KAK)/ TERM OF REFERENCE (TOR)

    PEKERJAAN SUPERVISI PENGASPALAN JALAN RUAS RADDA BALIASE

    ( JALAN LINGKAR SELATAN IBUKOTA KECAMATAN MASAMBA) TA-2014

    Uraian Pendahuluan

    1. LATAR BELAKANG

    Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden No. 54 Tahun 2010 dilaksanakan melalui tahapan Pemilihan Penyedia Barang dan Jasa yang dilakukan oleh panitia pengadaan, termasuk didalamnya Penyedia Jasa Konsultansi. Terkait dengan Pelaksanaan Jasa Kegiatan Konstruksi dilakukan melalui tahapan Persiapan, Pengawasan, Pelaksanaan dan Pengawasan. Pada tahap Pelaksanaan setiap prosesnya akan memerlukan tindakan pengawasan, sehingga prosesnya dapat berlangsung dengan arah yang benar dan mengurangi adanya deviasi akibat penyimpangan. Secara umum pekerjaan pengawasan pelaksanaan fisik di lapangan ditugaskan kepada Pihak Kedua sebagai Konsultan Pengawas. Konsultan Pengawas akan melakukan pengawasan terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh Pemborong, yang menyangkut aspek mutu, waktu dan biaya. Disamping juga bertanggung jawab atas semua kegiatan teknik yang dikerjakan oleh Kontraktor selama pelaksanaan berlangsung. Konsultan Pengawas melakukan pekerjaan sesuai penugasan Pejabat Pembuat Komitmen. Hasil karya Konsultan Pengawas adalah Pengawasan kelancaran pekerjaan konstruksi yang dilaksanakan oleh Pemborong, yang menyangkut kualitas, kuantitas dan ketepatan waktu pekerjaan, kelancaran penyelesaian Administrasi yang berkaitan dengan pekerjaan, Laporan-laporan pelaksanaan pekerjaan secara periodik, dokumentasi dan Memeriksa gambar perincian (Shop Drawing dan Asbuild Drawing), Bar Chart dan Kurva S serta Net Work Planning serta dokumen lainnya yang dibuat oleh pemborong jika diperlukan. Program kerja, alokasi tenaga dan konsepsi pekerjaan pengawasan. Atas dasar pemikiran tersebut Karangka Acuan Kerja (KAK) atau Term of Reference (TOR) ini, untuk digunakan sebagai Pedoman dan acuan kerja Konsultan Pengawas dalam menyusun pekerjaan Pengawasan.

    Hal. 1 SUPERVISI PENGASPALAN JALAN RUAS RADDA BALIASE

    ( JALAN LINGKAR SELATAN IBUKOTA KECAMATAN MASAMBA) KABUPATEN LUWU UTARA Tahun Anggaran 2014

  • KERANGKA ACUAN KERJA KONSULTAN SUPERVISI

    2. MAKSUD DAN TUJUAN

    Dengan adanya keterbatasan pihak Pelaksana Kegiatan, dalam hal ini Pejabat Pembuat Komitmen yang bersangkutan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, baik terhadap kelancaran pekerjaan maupun hasil pekerjaannya yang harus sesuai dengan ketentuan serta persyaratan persyaratan dalam Dokumen Kontrak, maka untuk itu diperlukan adanya bantuan Jasa Konsultan yang akan bertugas di lokasi Kegiatan. Pekerjaan-pekerjaan yang akan dilaksanakan merupakan upaya mewujudkan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat pengguna jalan. Pembangunan jalan tersebut di atas, merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Luwu Utara dalam menunjang kelancaran arus lalu lintas pada ruas jalan yang bersangkutan. Kegiatan dimaksud, berlokasi pada ruas jalan yang menghubungkan daerah-daerah yang cukup potensial, sehingga diharapkan setelah selesainya pembangunan jalan tersebut, secara tidak langsung dapat mempercepat peningkatan kemajuan pada semua sektor kehidupan masyarakat di daerah yang bersangkutan, sejalan dengan kemajuan / perkembangan ekonomi dan bidang lainnya di Kabupaten Luwu Utara. Memenuhi hal tersebut diatas, Kegiatan Perencanaan dan Pengawasan Teknis Jalan dan Jembatan Kabupaten Luwu Timur akan mengupayakan untuk menyediakan Jasa Konsultan dengan peran sebagai Konsultan Pengawasan Teknis pada kegiatan dimaksud.

    1. Jasa Konsultan yang dimaksud dalam Kerangka Acuan Kerja ini, adalah untuk Pekerjaan Pengawasan Teknis Jalan Beton.

    2. Pelaksana/Konsultan yang diserahi pekerjaan ini wajib menyediakan jasa-jasanya semaksimal mungkin untuk melaksanakan pekerjaan Pengawasan teknis, sehingga diperoleh hasil pekerjaan berupa Laporan Periodik, Dokumentasi, Kontrol Kuantitas, Kualitas dan terlaksanannya pekerjaan sesuai bestek dengan tepat waktu, serta mengusahakan sekecil mungkin adanya kesalahan dalam pekerjaan konstruksi atau Pengawasan tambahan lainnya dikemudian hari.

    3. Sebagai acuan dan informasi bagi konsultan Pengawas yang diundang mengikuti pemilihan jasa Konsultansi dalam rangka

    Hal. 2 SUPERVISI PENGASPALAN JALAN RUAS RADDA BALIASE

    ( JALAN LINGKAR SELATAN IBUKOTA KECAMATAN MASAMBA) KABUPATEN LUWU UTARA Tahun Anggaran 2014

  • KERANGKA ACUAN KERJA KONSULTAN SUPERVISI

    3. SASARAN

    4. LOKASI KEGIATAN

    5. SUMBER PENDANAAN

    6. NAMA PAKET

    menyiapkan kelengkapan administrasi, usulan teknis dan usulan biaya.

    4. Sebagai acuan dalam evaluasi usulan, klarifikasi dan negosiasi dengan calon konsultan terpilih, dasar pembuatan kontrak dan acuan evaluasi hasil pekerjaan konsultan

    Tujuan dari pekerjaan ini adalah manajemen pelaksanaan pekerjaan ("Construction Management"), sehingga pekerjaan dapat dilaksanakan dengan efisien, baik dari segi waktu maupun biaya serta mutu pekerjaan . Sasaran Pengadaan Jasa Konsultan ini yaitu untuk membantu Pelaksana Kegiatan mengamati serta mengawasi pekerjaan dan pengujian serta meneliti setiap bahan yang akan dipakai atau mutu pekerjaan yang dilakukan oleh Kontraktor, sehingga hasil pekerjaan memenuhi persyaratan Kontrak dan dapat diselesaikan tepat Mutu dan tepat waktunya. Untuk efisiensi dan efektifitas penggunaan biaya dan tenaga Konsultan, Pelaksanaan Jasa akan diatur sedemikian rupa sehingga sesuai dengan tahapan atau tingkat kegiatan Kontraktor di lokasi kegiatan.

    Kota Masamba kabupaten Luwu Utara

    No.

    Nama Ruas Jalan

    Panjang/Bentang Km/m

    1.

    PENGASPALAN JALAN RUAS RADDA BALIASE (JALAN LINGKAR SELATAN IBUKOTA KECAMATAN MASAMBA)

    Pekerjaan Pengawasan Teknis ini dibiayai menggunakan Dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Luwu Utara Tahun Anggaran 2014. Pengawasan Teknis SUPERVISI PENGASPALAN JALAN RUAS RADDA BALIASE ( JALAN LINGKAR SELATAN IBUKOTA KECAMATAN MASAMBA)

    Hal. 3 SUPERVISI PENGASPALAN JALAN RUAS RADDA BALIASE

    ( JALAN LINGKAR SELATAN IBUKOTA KECAMATAN MASAMBA) KABUPATEN LUWU UTARA Tahun Anggaran 2014

  • KERANGKA ACUAN KERJA KONSULTAN SUPERVISI

    7. NILAI PAKET / PAGU

    8. NILAI HPS

    9. NAMA DAN ORGANISASI PENGGUNA ANGGARAN ( PA )

    10. REFERENSI

    HUKUM

    11. LINGKUP KEGIATAN

    Rp 240.000.000 (Terbilang; Dua Ratus Empat Puluh Juta Rupiah) Rp 240.000.000 (Terbilang; Dua Ratus Empat Puluh Juta Rupiah) Organisasi pengguna jasa adalah SKPD Dinas Pekerjaan Umum Kab. Luwu Utara.

    Konsultan harus bekerja sama sepenuhnya dengan Kepala Satuan Kerja Sementara/Kuasa Pengguna Anggaran, PPK dan Tim Teknis yang ditunjuk, serta instansi terkait sesuai kebijakan dan ketentuan-ketentuan yang berlaku untuk melaksanakan pekerjaan ini sesuai Kerangka Acuan Kerja (KAK).

    Adapun refesensi hukum dari kegiatan ini meliputi :

    a. Undang-undang No. 38 tahun 2004 Tentang Jalan.

    b. PERPRES No. 70 Tahun 2012.

    c. PERMEN PU No. 07 Tahun 2011

    d. DPA Dinas Pekerjaan Umum Kab. Luwu Utara

    Tahun Anggaran 2014.

    Ruang Lingkup a. Lingkup Kegiatan

    Lingkup Kegiatan ini, adalah : (a) Mengadakan pemeriksaan keadaan kegiatan serta

    mengadakan penilaian atas ketepatan rancangan yang ada untuk disesuaikan dengan keadaan / kebutuhan lapangan yang sebenarnya (rekayasa lapangan)

    (b) Atas dasar data dari (a) diatas, membuat suatu program

    terperinci untuk kepentingan pemeriksaan / pengambilan data lapangan yang masih diperlukan (tambahan) dan

    Hal. 4 SUPERVISI PENGASPALAN JALAN RUAS RADDA BALIASE

    ( JALAN LINGKAR SELATAN IBUKOTA KECAMATAN MASAMBA) KABUPATEN LUWU UTARA Tahun Anggaran 2014

  • KERANGKA ACUAN KERJA KONSULTAN SUPERVISI

    menangani pengawasan pelaksanaannya yang dilakukan oleh Kontraktor.

    (c) Memeriksa gambar hasil perencanaan atau hasil survey ulang Kontraktor dan atas dasar gambar tersebut membuat gambar rencana teknis untuk diserahkan kepada Kontraktor pada waktu yang telah ditetapkan setelah mendapat persetujuan Pelaksana Kegiatan / Pejabat Pembuat Komitmen.

    (d) Memeriksa serta memberikan rekomendasi atas jadwal

    pelaksanaan Kontraktor atau perubahan - perubahannya untuk pelaksanaan kontrak, serta setiap rencana atau program-program serupa yang harus diajukan oleh kontraktor untuk mendapatkan persetujuan dari Pelaksana Kegiatan / Pejabat Pembuat Komitmen.

    (e) Menilai kecukupan pemakaian, antara lain bahan-bahan

    dan tenaga kerja yang disediakan oleh Kontraktor, serta cara kerja Kontraktor sehubungan dengan besarnya tingkat kemajuan yang ditargetkan, dan bila perlu, mengambil tindakan yang tepat untuk meningkatkan laju pekerjaan.

    (f) Melaksanakan pengawasan yang efektif dan terus

    menerus terhadap pekerjaan yang telah disetujui untuk dilaksanakan, serta menjamin bahwa mutu pekerjaan sesuai dengan standar dan spesifikasi yang ditetapkan dalam kontrak.

    (g) Memeriksa serta membuat rekomendasi tertulis terhadap

    semua permintaan / tuntutan Kontraktor untuk mendapatkan perpanjangan waktu, pembayaran tambahan, pekerjaan atau biaya tambahan atau hal-hal lain semacamnya.

    (h) Menghitung kuantitas pekerjaan serta material yang telah

    disetujui dan diterima baik, kemudian memeriksa dan menerangkan dengan sebenarnya mengenai tagihan Kontraktor yang berupa pembayaran bulanan dan pembayaran akhir.

    (i) Melaporkan secara berkala tentang kemajuan pekerjaan,

    cara pelaksanaan kontraktor, mutu pekerjaan serta status

    Hal. 5 SUPERVISI PENGAS