The Story Behind The Walt Disney Company

of 33 /33

Embed Size (px)

Transcript of The Story Behind The Walt Disney Company

  • MendengarkataDisney,pastilahpikiranAndaakantertujupada tokohDonalBebek,MickeydanMiniTikus,sertataman impianDisneyland.Dengangambarnya yanglucudanceritayanglucupula,DonalBebekdanMickeyMousetelahmendunia.Bahkan,boneka,aksesoris,hinggagambar tokohDisneyiniselalularismanisdipasaran.Bahkan,bisajadiAndaadalahsalahsatupenggemarnya.

    DonalBebek,MickeyMouse,dankawan-kawansebenarnyamerupakan garapanperusahaan terkenal,apalagikalaubukanWaltDisney.Perusahaan inimemangperusahaan yangsangatmenduniadandikenalhampirseluruhpenduduk diduniakarenakeberhasilannyadalamindustrifilmanimasi. Selainitu,jugamenciptakantokohDonalBebekyanglangsung disukaibukanhanyaolehanak-anak,melainkanjugamasyarakatdunia.

    BerbicaramengenaiDisney,takbisalepasdaripembicaraanmengenai sejarahnyayangpanjang.Mulaidarifilmanimasiawalyangdiciptakanhinggasepertisekarangini.Lalusebenarnyasepertiapakahperjuangan perusahaanperfilman ini?Sepertiapakahawaldidirikannya?Danbagaimana hinggabisasesuksesini?Nah, semuajawabanbisaAnda temukandalamsekilas pengenalan tentangTheWaltDisneyCompany ini.

  • The Walt Disney Company memang merupakan perusahaan hiburan danmedia terbesar di dunia saat ini. Berpusat di Burbank, California, The WaltDisney Company ini didirikan pertama kali oleh Disney bersaudarayaitu Walter Elias Disney dan Roy Oliver Disney pada 1923. Namaperusahaan yang terkenal hingga saat ini masih mempertahankan nama sejakawal kemunculannya.

    Kecintaan Walter Elias Disney terhadap seni sudah terlihat sejak remaja.Pada tahun 1919, Walt bekerja sebagai pelukis karikatur politik danstrip komik. Awal karirnya dalam seni dimulai ketika ia bertemu dengankartunis Ubbe Iwerks. Mereka membuat sebuah perusahaandengan nama Iwerks-Disney Commercial Artist. Namun, perusahaanini hanya seumur jagung karena Disney mencari uang di Kansas City AdCompany.

    Saat berada di Kansas City Ad Company, Walt memperoleh pengalamanmenjadi animator. Dengan dorongan dalam dirinya, kemudian iamemutuskan untuk membuat perusahaan sendiri. Awal bisnisnya,Waltbekerja dengan Fred Harman danmenyiarkan kartun berjudul Laugh-O-Grams.

    Kartun tersebut menjadi sangat terkenal di Kansas City.Bahkan, Walt mampu membeli studio sendiri. Ia marekrut beberapaanimator, tetapi bisnis Walt tidak bertahan lama karena masalah gaji pekerjayang tinggi dan masalah hutang. Hal tersebut tidak membuat Walt patahsemangat. Ia dan saudaranya, Roy mengumpulkan uang dan mendirikan studiokartun Hollywood.

  • Studio awal yang dibuat Disney bersaudara bernama DisneyBrothers Studio. Di tempat itulah, Walt bertemu dengan Lillian Boundsyang merupakan pelukis animasi di studionya. Mereka berduapun akhirnyamenikah. Bisnis tersebut tidak berjalan mulus. Disney bersaudarakehilangan banyak karyawan dan mulai bekerja sendiri. Saatitulah, Disney perlu mengembangkan tokoh baru. Dibantu denganIwerks, ia menciptakan karakterMickey Mouse.

    Penciptaan tokoh kartun Donal Bebek, Mickey dan MiniMouse, serta Gufi di tahun 1928 langsung meroketkan namaperusahaan Disney ini hingga dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan,kepopuleran tokoh-tokoh ini tak lekang dimakan waktu. Hingga saat ini,masih banyak penggemar Donal Bebek, Mickey Mouse, dan Mini Mouse,meski banyak bermunculan kartun lain.

    Pada tahun 1932, Mickey Mouse menjadi kartun populer yangbersaing dengan Betty Boop karya Max Fleischer. Selain MickeyMouse, Walt juga menciptakan The Three Little Pigs yang meroket di tahun1933. Kepopuleran Mickey Mouse disusul oleh Donal Duck yangkarakternya disukai oleh penikmat film dunia.

  • Tak Hanya Film KartunTahun 1934 merupakan tahun perjuangan bagi Walt. Ia

    merencanakan sebuah film fitur yang diadaptasi dari dongeng SnowWhite. Hal tersebut membuatnya ditertawakan oleh sebagian pihak yangmenganggap bahwa rencana tersebut akan menghancurkan PerusahaanDisney. Meski demikian, Walt tetapmaju tanpa ragu sedikitpun.

    Proyek film berjudul Snow White and The Seven Dwarfsmemakan waktu hingga dua setengah tahun, mulai 1934hingga 1937. Bahkan, Walt sampai kehabisan uang danmeminjam uang di Bank Of Amerika. Usaha ini membuahkan hasilyang menakjubkan. Film Snow White and The Seven Dwarfs mendapattepuk tangan penonton di awal penayangannya. Bahkan, film ini jugamenjadi film animasi dan Technicolor pertama buatanAmerika Serikat. Keuntungan yang didapat mencapai 8 jutadolar di awal penayangannya.

    Kesuksesan tersebut membuat Disney bersaudara tak berhentiberkreasi. Mereka menciptakan film-film berikutnya dengan judulFantasia, Bambi,Pinocchio. The Walt Disney Company menjadiperusahaan yang membangun zaman keemasan animasi di Amerika.Konsep genre fantasi tetap dipertahankan sebagai suatu daya tariktersendiri. Masa ini juga menjadi awal penggarapan film Peter Pan danAlice inWonderland.

  • DisneylandTaman tema dan resort dibangun di sebagai taman

    bermain di beberapa negara seperti di DisneylandHongkong, Disneyland Jepang, di Anaheim, California,Paris, dan Florida. Taman yang megah dan konsep fantasiyang luar biasa menjadikan tempat bermain ini berbedadari yang lain.

    IdepembuatantamanbermainDisneylandinimunculketikaDisneybersaudaramembawaanak-anakmerekamelihatsirkus.Merekaberkeinginanuntukmembuattamanbermainbagikeluargayangpermanendantidakberpindah-pindahsepertisirkuspadasaatini.Dimasaitu,tamanseperticita-citamerekaitubelumpernahada.

    RancanganDisneylandpertamakalidirancangdiChicago.Untukmenyelesaikanproyekini,merekamembutuhkanwaktulimatahun denganbantuaninsinyur.Disneylandawaldibukapadatanggal17Juli1955danmenjaditamanbermainuntukanakyangsangatmenarik. Impiankecilitukiniberubahmenjadikenyataanyangmenakjubkan.Orang-orangdariseluruhduniabermimpiuntukpergikesana.Bahkan,DisneyLandmenjadiikonpariwisatabaginegarayangmemilikinya.

  • TV DisneylandSelain membangun Disneyland, Disney bersaudara juga mulai merambah di duniahiburan lain. Pada tahun 1950, mereka merilis acara TV spesial pertamayang bertajuk One Hour in Wonderland. Tahun 1955, mereka jugamembuat acara televisi harian pertama yang bernama Mickey MouseClub. Acara ini disiarkan hingga tahun 90-an.

    Di tahun 1961, acara TV Disneyland lebih dikenal dengan namaWalt Disney Presents. Selain itu, tampilannyapun berubah dari hitamputih menjadi berwarna.Keberhasilan mutlak didapat Walt pada tahun 1960 saatWalt Disney Productions menjadi produsen utama hiburan dunia. Perjuangannyabertahun-tahun dan jatuh bangun yang dilaluinya membuahkan hasil memuaskan.

    Namun, pada tahun 1966 Walt menghembuskan nafasterakhir karena mengidap tumor di paru-parunya. Dengandemikian, usahanya tersebut diteruskanoleh saudaranya.Hingga saat ini, berbagai film berkonsep animasi dan fantasi telah diciptakanperusahaan Walt Disney. Krativitas yang luar biasa, cerita yang menarik, sertapenggarapan yang canggih membuat film-film karya perusahaan ini melekat di hatimasyarakat dunia. Bahkan, sudah berpuluh-puluh penghargaan Academy Awards yangdiraih.

  • A magical trip back in time and still enjoying Disney of today!!!A tribute to Walt's greatest dream come true!!!

  • Faktor Resiko Yang TerkaitDengan Investasi IT

  • 1.BUSINESSRISK

    Ekspansi dari teknologi inovatif yangberkembang pesat membuat DisneyCompanyharus semakinmengembangkanteknologi yangdimilikinya agartetap dapat bersaing secara global.Dampak dari pengembangan teknologi ini,sepertipengembangan teknologi perfilman yangdigunakan,teknologi dalam DisneyPark.Pengembangan-pengembanganteknologi tersebut memiliki dampak tersendiri bagi DisneyCompanyberupa perubahan strategi bisnis :

    Paststrategies:tobringDisneysgreatstorytellingtolifewithimmersiveexperiencesneverbeforeimagined(Iger,R.,2012AnnualReportandShareholderLetter,p.1).

    Presentstrategies:createhigh-qualitycontentforfamilies,makingthatcontentmoreengagingandaccessiblethroughtheinnovativeuseoftechnology,andgrowingourbrandsandbusinessesinmarketsaroundtheworld(Iger,2012,p.1).

    Futurestrategies:toremainreadytoadapttothechangingconsumerwantsandneeds(WaltDisneyCompanyAnnualReportandShareholderLetter,2012).

    Perubahan strategi bisnis ini bertujuan agarDisneyCompanydapat bersaing dipasar globalmengingatmunculnyasejumlah perusahaan animatormaupun channeltelevisi baru yangmenjadi pesaing berat,sepertiDreamWorksdan FOXSports.

  • 2.FINANCIALRISK

    Teknologi yangdigunakan dalam perusahaan,contohnya ERP(EnterpriseResourcePlanning)memiliki pengaruhdalammengcover datacleansing,winningend-userbuyindan ownershipsebuah perusahaan raksasa yangmemiliki banyak anak perusahaan yangtersebar diberbagai belahan dunia seperti DisneyCompany.Menanamkan investasi ITberupa ERPmembutuhkan dana yangbesar.Untungnya DisneyCompanymenggunakaninvestasi ITnya ini untuk meraih keuntungan besar dalam proyek yangditangani

    "OurchieffinancialofficersaidtheprojecthasthesameeffectonthebottomlineashavingaLionKing[Disney'smostsuccessfulfilm]everyyear,TomStauffer,vice-presidentofDisney'sProjectTomorrowland

  • 3.DATASECURITYRISK

    DisneyCompanymempunyai databaseinformasi yangdiperlukan untuk mengembangkan bisnisnya,meliputi datarahasia,hak milik,maupun datapribadi pelanggan dan karyawandalam bentuk digital.Disneytelah membuat danmengembangkan sistem teknologi untuk menghindari kemungkinan datahilang.Namun seiring dengan semakinberkembangnya teknologi,pengembangan sistem keamanan ini punmemerlukan tenaga dan biaya yanglebihmahal dan itu sangat diperlukan.Jika tidak dilakukan investasi keamanan ITmaka bisa jadi membuat DisneyCompanyterkena additional cost,kehilangan kesempatan untuk memenangkan proyek dan rusaknya reputasiakibat tersebarluasnya dataperusahaan.

  • Penilaian Investasi ITDilihat Dari Faktor Resiko

  • Melihat dari misi perusahaan ini yaitu Menjadisalahsatuprodusendanpenyediahiburandaninformasiterkemukadidunia.Menggunakanportofolio merkkamiuntukmembedakankonten, layanan,danprodukkonsumen kami,kamiberusahamengembangkan pengalamanhiburanyangpalingkreatif,inovatif,danmenguntungkan sertaproduk-produk yangterkaitdidunia.

    Disinidigarisbawahipenyediahiburandaninformasi.Perusahaanini mengumpulkan informasi customer-nyadari transaksi produk, pendaftaran diri melalui online, berpartisipasi dalam forumpublik atau kegiatan laindisitusdan aplikasi,berinteraksi melalui survei pelanggan. Informasi pelanggan tersebut akan dikumpulkan tercakup dalamkebijakan mengenai hak pribadi.Pengumpulan informasi ini menggunakan teknologi seperti cookies,FlashcookiesdanWebbeacons, termasuk sewaktu anda mengunjungi situs dan aplikasi kamiataumenggunakan aplikasi kamipada situs atau platformpihak ketiga.

    Sasarandarihiburandaninformasinyainiadalahseluruhkelompok usia,tetapiDisneysekarangdiambangdatarantinggidipasardomestik,danolehkarenanyamulaimemperluaspasarkonsumenmerekauntukkonsumeninternasional lintasbudayajuga.Karenadi dunia,baru-baruiniterjadinya kemerosotanekonomi, khususnya diAmerika Serikat,maka lajupertumbuhan WDCterhadapindustriASdiproyeksikanpadakenaikan0%.Inimenyajikanpeluangbesaruntuk fokususahadiluarnegeri.

  • Akibatnya,yangawalnyaWDChanya berfokus kepada pasarberbahasaInggrisdanSpanyol saja,hingga saatinitelah dirilis filmbahasalokalditerjemahkandibuatuntukChinadanIndia.Dimasadepan,produksi filmlokalakandiproduksi secaralokaldiCina,IndiadanRusia.Namun,bahkandenganpasarglobaldalamfokus,adatantangankedepanuntukWDCdalammeluncurkanprodukkreatifdankarakterkeluarnegeri.Kegiatan-kegiatanpemasaranmemerlukan terjemahantepatwaktudanberbagaitingkatadaptasikepasarditargetkanasing.

    WaltDisneymendesaindanmemantausetiapperkembangan teknologi untukmenunjang kegiatanoperasinya.Kemampuan teknikindustryWaltDisneysamakualitasnyadengankemampuan teknikperusahaan jasalainnyadidunia.SisteminformasimerupakanhalyangsangatvitalpentingdanrumitbagiWDW.DengandemikiandiperlukanjaringanuntukpertukaraninformasidisemualinikegiatanWDW. Strategiinformasi yangditerapkanWDWyaituselalumenyediakaninformasiyangsangatbermanfaatbagipengunjungnya.

    WaltDisneyberanggapandenganfasilitasyangmenyenangkandannyamansertamampumemberikankenangan tersendiri(kenangan indah),pengunjung bersediamembayarmahaluntukmendapatkanfasilitashiburandenganpelayananyangmemuaskandanterbaik,inibisaterjadijikastrategipersonaliaWDWmemilikikaryawanyangterampil,ramah,sukamembantudankompetendalampekerjaannya.Jadipadaprinsipnyakonsumen/pengunjungtidak mencarihiburandenganhargayanglebihrendahmelainkanmaumembayarlebihmahaluntukmendapatkankualitasdankepuasanhiburan.

  • Disneys Marketing StrategiesDaristrategimarketingthewaltdisneycompanyini,mereka menggabungkan teknologiuntuk

    membidikpasaranak-anak. Misalnya,disneymenawarkandiskon ditwitterdangamedifacebookdenganmenggunakanikonandalannya sepertimickeymousedanspider-man.Berikut

    adalahthebestofdisneysmarketingandpromotionstrategies:

  • MarketSegmentationDisneymembidik segmentasigeografis,demografisdanpsikografis.Dengankatalain,iamentargetkanmulti-segmen. Meskitampakmya sepertiDisney metargetkananak-anaksaja, tetapitargetpasarDisneyadalahseluruhkeluarga.WaltDisneypernahberkata,Bisniskita akanmatijikakitahanya mentargetkan anak-anak.Karenaorangdewasahanyalah kidsgrownup, TargetmarketdariDisneyadalahkeluarga denganpendapatanmenengahkeatasyanginginmenikmatirekreasimereka.

    TargetMarketDisneysangatmemahamiakantargetpasarnya.Perusahaanmenggunakanpengetahuanyangmendalamtentangtargetpasaruntukmenjualsemuajenisprodukdanjasa.Disneymelayanisegmendarianak-anak,remajasampaidengandewasa. Disneysanggupmenciptakanprodukdanjasayangtepatuntuktargetmarketnya.

  • StrategiProdukStrategiprodukDisneyinididasarkanpadacustemorsatisfaction/kepuasaan pelanggan.Baikdalam tamanhiburanataufilm,Disneymencobauntukmelayanianak-anakdansetiaporang. DanDisney berusahauntukterusmeningkatkanprodukdanpelayanannya/servis. Misalnya Disneyterusmengupdatedanmemodernisasikanproduknya untukmenyenangkanpelanggantetapnya, sambilmenarikpelangganyangbaru. Disneyjugaterusmenciptakanproduk-produkbaru.Sebagaicontoh, Disneymeluncurkanaplikasibukuanak-anakuntukiOSdanAndroidmarket.

    Strategi InovasiSebagaibagiandaristrategipemasaranmaka Disneyterusmengadakan inovasiuntuktetap bertahansebagaiyangpertamadalam persaingandalambisnishiburan. MenuruteMarketer,padatahun2011,86persenpenggunainternetdiASakanmen-downloadkontenvideo.Dengankemajuanteknologiyangpesat,makaStrategiDisneyadalahmembidik anak-anaksecaralangsungmelalui cerita tokoh-tokohWaltDisneydenganmenggunakanbeberapateknologi.

  • Strategi PromosiDanPemasaranDisneyfokuskepadastrategi untuk membangunsebuahkomunitasyangloyal,penggemar

    setia. Disney menggunakanstrategipromosimelaluimediasosial. MenurutseorangpejabatDisney,SosialmediamemungkinkanAndaterhubungdenganpelangganunik. Disneymenggunakan mediasosialdengannamaLivingDisney. DiFacebook Disneymemilikilebihdari300.000 penggemar,Dan29.000followers diTwitterdan8,8juta pemirsadi YouTube hanyadalamkurunwaktudibawahduatahun.Selainmediasosial, Disneymembuat iklandimediakonvensionaljugasepertikoran,majalah,dll. JadiDisneymelakukan promosibaiksecaraonlinemaupunoffline. SelainituDisneymenggunakandirectmaildalammelakukan promosipenjualannya.

    DisneymemilikichannelTV ABC,DisneyChannel,danESPN. Ini merupakan satustrategiperusahaandalam memasarkanmereknya. Pendekatanyangtepat telahdilakukanDisneyuntuk iklantelevisi, iklanradio, mediacetak,iklan secaraonline dan mobile,dalam mempromosikandiskon danpaket-paketlainnya. Untukmenjangkaupasar remaja,Disneymeluncurkanadvergaming, dengan menempatkanpesaniklandigameonlinedanvideo.Tujuannyaadalahuntukmeraihanak-anaksecaralangsungdanmendorongorangtuamerekauntukmengunjungi Disneyland.

  • Strategi EkspansiDisneyselaluberusahauntuk mengeksplorasidanmemperluaspasarnya. Misalnya, Disneymengembangkantamanhiburandikota-kotabesardiduniaini diluarAmerika, sepertiHongKong,ParisdanTokyo. StrategiekspansiDisneytidakhanyaterbataspadaekspansipadawilayah baru,tetapijugamencakupprodukdanlayananbaru.Misalnya,denganakuisisiDisneyMarvelEntertainment,raksasaanimasimemperolehhakdarisekitar5.000karakterfantasi,termasukSpider-Man,X-Men,IronMandanIncredibleHulk.AkuisisiinimemperluaslisensiDisneydanbisnismerchandise. Disneyadalahmasteruntukmembangunsinergiantaraperusahaan,sepertitamanhiburan,film,merchandise,yangmenghasilkanprofityangbesar.

  • Pengukuran Tingkat KedewasaanProses-Proses IT

    Dalam pengembanganmetode evaluasi perusahaan agarpengevaluasianmudah dilakukan baikdari level non-existent (0)maupun optimised (5).Selain itu juga,untukpengidentifikasian hal-hal

    yangakan dijadikanprioritas untukpeningkatan kinerja systemperusahaan.Sehingga,perusahaan ini melakukansurveyinternaluntuk setiap faktor-faktornya.Dengan bobot yangdiambil berdasarkan banyaknyapertanyaandari setiap prosestersebut.Dengan peringkat

    kedewasaan tertentu,dan skor bobot adalah hasil perkalian dari bobot dan peringkatnya itu.

  • INTERNALFACTOREVALUATIONMATRIX

    Faktor-faktor InternalUtama Bobot Peringkat Skor Bobot

    Kekuatan

    Pendekatan yang berfokus kepada target utama perusahaan. 0.14 4 0.56

    Portofolio yang terdiversifikasi pada berbagai macam jenis dalam berbagai bidang bisnis 0.1 4 0.4

    Disney memiliki banyak saluran televisi yang dapat digunakan untuk promosi 0.07 3 0.21

    Merk yang sudah dikenal oleh masyarakat 0.11 3 0.33

    Inovasi yang tidak henti-hentinya dalammemproduksi berbagai film dan produk 0.09 3 0.27

    Penjualan berbagai produk Disney berversi di pasaran 0.08 2 0.16

    Kelemahan

    Terjadinya ROI dalam pengoperasianWalt Disney Studio 0.1 2 0.2

    Kontrol yang kurang memadai dalam unit bisnis strategik 0.12 3 0.36

    Strategi pertumbuhan untuk Disney Theme Park yang dipandang rumit 0.06 2 0.12

    Biaya research and development yang tinggi 0.13 2 0.26

    TOTAL 1 2.87

  • COMPETITIVEPROFILEMATRIX

    Walt Disney TimeWarner CBS

    Faktor-faktor Keberhasilan Penting Bobot Peringkat Skor Bobot Peringkat Skor Bobot Peringkat Skor Bobot

    Iklan 0.20 3 0.60 3 0.60 2 0.40

    Kualitas Produk 0.15 4 0.60 2 0.30 2 0.30

    Daya Saing Harga 0.12 2 0.24 2 0.24 1 0.12

    Manajemen 0.10 2 0.20 3 0.30 3 0.30

    Posisi Keuangan 0.10 2 0.20 4 0.40 3 0.30

    Loyalitas Konsumen 0.10 3 0.30 2 0.20 2 0.20

    Ekspansi Global 0.11 4 0.44 1 0.11 1 0.11

    Pangsa Pasar 0.12 3 0.36 3 0.36 1 0.12

    TOTAL 1.00 2.94 2.51 1.85

  • EXTERNALFACTOREVALUATIONMATRIX

    Faktor-faktor Eksternal Utama

    Peluang Bobot Peringkat Skor Bobot

    Segmen pasar baru 0.08 4 0.32

    Kemudahan untuk memasuki pasar global 0.1 2 0.2

    Berbagai atraksi baru di Disneyland, DisneySea, maupun Walt Disney Theme Park 0.05 3 0.15

    Pasar Holywood yang terbuka untuk berbagai genre film 0.1 3 0.3

    Adanya saluranmedia yang baru 0.1 4 0.4

    Peningkatan penggunaan internet di dunia, pemasaranmelalui website 0.04 2 0.08

    Manajemen persediaan 0.03 3 0.09

    Pengembangan berbagai versi dari produk perusahaan 0.04 3 0.32

  • EXTERNALFACTOREVALUATIONMATRIX

    Ancaman Bobot Peringkat Skor Bobot

    Pesaing memproduksi berbagai film yang tidak kalah berkualitas 0.1 3 0.3

    Kesulitan dalammempertahankan diferensiasi produk perusahaan 0.05 3 0.15

    Resesi ekonomi 0.06 2 0.12

    Maraknya kasus pembajakan film dan lagu 0.08 3 0.24

    Kesulitan dalammempertahankan citra merk produk perusahaan karena banyaknya pesaing 0.1 3 0.3

    Adanya perbedaan kultural dalam pasar global yang menghambat pemasaran film perusahaan 0.04 2 0.08

    Adanya konten dalam film atau produk yang tidak sesuai dengan target pasar utama perusahaan,

    yaitu anak-anak

    0.03 1 0.03

    TOTAL 1 2.88

  • ConclusionSEGI PENGOLAHAN IT

  • StudioEntertainment(Hiburanstudio)PenerapanITpadaperusahaanDisneyberupapenggunaanCGI(ComputerGeneratedImagery)dalampembuatanfilmmereka.Rekayasadigital(CGI)padapertengahandekade90-anakhirnyamulaimengambil-alihteknikanimasikonvensionaldenganpencapaiangrafisyangsangatmengagumkan.TeknologiCGImulaimendominasipasarfilm-filmanimasiyangdiproduksipadadekadeinihinggamendatang.

    ParksandResorts(Tamantema dan resort)PadatamanpermainanDisney,terdapatteknologiyangdisebutphotoboothdengankemampuanmengenaliwajah.Denganteknologiaugmentedreality,pengunjungbisamengubah-ubahbentukwajahnyamenggunakangrafis3Dyangdigabungkandengantangkapangambardaridunianyata.

  • MediaNetworks(Jaringanmedia)DisneytelahmembuatsatuaplikasiuntukpenggunaiPhonedaniPadyangberfungsiuntukmempersilakanpenggunaduaperangkattersebutmengaksesprogramyangditayangkanDisneysecaralangsung. Selamainiprogram-programyangditayangkanDisneydapatditontondenganmenggunakanTVkabel.Namun,untukmenjaringbanyakpenggemarbrandmereka,DisneytelahmeluncurkantigaaplikasiuntukperangkatiOS. Aplikasi-aplikasitersebutantaralainWaltDisneyChannel,WatchDisneyXDdanWatchDisneyJunior.Ketigaaplikasitersebutdapatdiaksesdandinikmatisecaragratisdanditayangkansecaralivestreaming.

  • ConsumerProducts(Produkkonsumen)WaltDisneymelakukanstrategidalammenarikpelanggan,memperbaikikekurangandenganmentransfersumberdaya,mengembangkanusahadenganmelihatpeluangdanmenciptakaninovasibarudalamduniahiburan.Contoh:DisneylandParkProfile,DisneylandParis,HongkongDisneyland.

    Daripemaparandiatas,dapatdiambilsatugarisbesarbahwaDisneyberhasilmelakukanpengolahanITgunamemenuhikebutuhandanmencapaitujuanorganisasi.TujuanyangingindicapaiadalahMenjadisalahsatuprodusendanpenyediahiburandaninformasiterkemukadidunia.Menggunakanportofoliomerkkamiuntukmembedakankonten,layanan,danprodukkonsumen,mengembangkanpengalamanhiburanyangpalingkreatif,inovatif,danmenguntungkansertaproduk-produkyangterkaitdidunia.

  • SegiPenanggulanganResikoITTheWaltDisneyCompanytelahberhasilmenerapkanteknologiyangbekembangsekarangkedalamprosesbisnismereka.Merekaberhasilmenangulangiresikoyangtimbulakibatpenerapanteknologiini.Penanggulanganresikotersebutberupapenyesuaianstrategibisnis,penerapanIntegratedInformationSystem,danpembuatandatasecuritysystemuntukmelindungisemuadata-datayangdimiliki.

    PerubahanstrategibisnisbertujuanagarDisneyCompanydapatbersaingdipasarglobalmengingatmunculnyasejumlahperusahaananimatormaupunchanneltelevisi baruyangmenjadipesaingberat,sepertiDreamWorksdanFOXSports.

    PenerapanIntegratedInformationSystembertujuanuntukmenanggulangiadditionalcostyangmungkintimbuldaripenerapansystemini.Teknologiyangdigunakandalamperusahaanini,ERP(EnterpriseResourcePlanning),memilikipengaruhdalammengcoverdatacleansing(adalahprosesmendeteksidanmemperbaiki(ataumenghapus)catatankorupatautidakakuratdarisatusetcatatan,tabel,ataudatabase),danownershipsebuahperusahaanraksasayangmemilikibanyakanakperusahaanyangtersebardiberbagaibelahandunia

    DisneyCompanymempunyaidatabase informasiyangdiperlukanuntukmengembangkanbisnisnya,meliputidatarahasia,hakmilik,maupundatapribadipelanggandankaryawandalambentukdigital.Disneytelahmembuatdanmengembangkansistemteknologiuntukmenghindarikemungkinandatahilang.

  • Kontribusi ITTerhadap PerusahaanTeknologi yangdipakai Disneymeberikan kontribusi yangsangat signifikan.Halini dibuktikan denganperaihan 27pengharagaan bergengsi dari berbagai asosiasi perfileman.

    Kontribusi laindari dunia filmadalah pada tamanbermain Disneyatau Disneyland.Disneyberhasilmenciptakan inovasi berupa robothumanoiduntukberinteraksidenganpengunjungdanmembuatatraksididalamtamanhiburan.Dalamtahappengembanganawalini,Disneyberhasilmembuatrobottersebutbisabermainsalinglempar- tangkapdenganpengunjung.

    RobotinimenggunakankameraeksternalASUSXtionProLiveuntukmendeteksidimanalokasibolayangdilemparkan,sertaKalmanFilteruntukmemprediksitujuanboladanjugatimingyangtepatuntukmelemparkannyakembalikepengunjung.Jikarobotiniberhasilmenangkapbolayangdilemparolehpengunjung,makarobotinibisamelemparkanbolahingga2.5meterjaraknyakearahpengunjung.Sebaliknya,jikarobotgagaluntukmenangkapbola,makadiaakanmengeluarkanberbagaimacamekspresikekesalan.

  • Terimakasih