Tes Akhir Semester 090609

download Tes Akhir Semester 090609

of 2

description

Tes Akhir Semester Ekonomi Transportasi

Transcript of Tes Akhir Semester 090609

ANALISIS TENTANG PASAR UANG

Program Pasca Sarjana

Teknik Sipil (Transportasi) Ekonomi Transportasi

Universitas Udayana

TEST AKHIR SEMESTER GENAP 2008/2009Mata kuliah : Ekonomi Transportasi (SI-7141)

Hari/tanggal: Selasa, 09 Juni 2009Waktu ujian : 120 menit

Dosen: Suweda, MPhil. MIHT. IAP.Sifat ujian : Tutup buku (kecuali tabel-tabel diskounting)

A. Dalam analisis finansial, suatu proyek ternyata tidak layak.

1. Bolehkah proyek tersebut dilaksanakan? Jelaskan!

2. Agar investor tertarik, sebutkan cara-cara pemerintah yang mungkin dilakukan agar investasi menjadi layak bagi investor!

3. Sebaliknya bila layak secara ekonomi/finansial, haruskah dilaksanakan?

B. Pertimbangkan 3 alternatif investasi berikut ini,

(i) Pemasangan sistem komputer pada pintu tol, sehingga tenaga yang dibutuhkan jauh berkurang;(ii) Pembelian sebuah bus pariwisata Mercedes Benz; dan

(iii) Pembangunan suatu jalur jalan arteri dengan HRS.

Pertanyaan:

1. Bagaimana dasar pertimbangan anda untuk memprediksi Umur Rencana (UR) dari masing-masing jenis investasi tersebut?

2. Jelaskan cara anda memprediksi besaran salvage value pada akhir UR dari masing-masing proyek tersebut!3. Berilah komentar pada analisis sensitivitas dari NPV alternatif proyek tsb.!C. Direncanakan pembangunan 2 lajur jembatan untuk melengkapi 2 lajur jembatan yang sudah ada (existing bridge). Total biaya investasi awal direncanakan Rp.75M pada harga 2009. Biaya-biaya operasi dan pemeliharaan tahunan (diluar biaya pemungutan tol) adalah tetap Rp.2.35M untuk jembatan existing dan Rp.1.40M untuk jembatan baru. Khusus, biaya pemungutan tol besarnya tetap Rp.0,62M pertahun (dengan 30 orang staf). Dengan pembukaan jembatan baru akan segera dibutuhkan 24 orang staf lagi dan flow diperkirakan bertambah dari 1460 kend./jam/arah menjadi 3200 kend./jam/arah. Pertumbuhan lalu lintas diasumsikan 4% per tahun.Pertanyaan-pertanyaan:

1. Gambarkan diagram cash-flow untuk tanpa (without) dan dengan (with) jembatan baru. Tunjukkan berbagai item pengeluaran dan pendapatan yang dapat diperkirakan terjadi pada proyek tersebut!

2. Berapa pendapatan tol tahunan minimal yang dibutuhkan untuk pengembalian investasi dalam 10 tahun dengan diskount rate 8% per tahun.3. Berapa biaya maksimum instalasi alat baru pada pintu tol sehingga tidak dibutuhkan tambahan staf lagi pada saat pembukaan 2 lajur jembatan baru, apabila instalator menginginkan keuntungan 10% dari modal yang ditanamkan?

4. Pertimbangkan tarif tol yang ingin anda sarankan untuk tahun pertama beroperasinya jalan tol tersebut! Bagaimana kecenderungan besarnya tariff tol untuk tahun-tahun berikutnya, Jelaskan!

PAGE 1