Teori Atom Rutherford Dan Spektrum Garis

download Teori Atom Rutherford Dan Spektrum Garis

of 24

  • date post

    08-Feb-2016
  • Category

    Documents

  • view

    130
  • download

    18

Embed Size (px)

Transcript of Teori Atom Rutherford Dan Spektrum Garis

6.4 SPEKTRUM GARIS

Sifat Dasar AtomModel Atom ThomsonInti Atom RutherfordKelompok 5

Esti Nur UbaeniRichard Anugrah TigorRisa Purwaningsih

Mata Kuliah Fisika Modern Program Studi Kimia, Jurusan KimiaFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan - UNJ1. Sifat-Sifat Dasar atomAtom sangatlah kecilSemua atom stabilSemua atom mengandung elektron bermuatan negatif, namun netralAtom memancarkan dan menyerap radiasi elektromagnetik2. Model Atom ThompsonModel atom Thompson dikenal dengan model atom roti kismisGambar Analogi:

Z sebagai sebuah elektron tersebar dalam sebuah bola bermuatan positif Ze berjari-jari R. Setiap permukaan bola berjari-jari r mengandung fraksi muatan sebanding dengan r3/R3 .

Fraksi muatan dalam bola qdalam = Ze = Ze

Menurut hukum Gauss, medan elektrik (E) dapat dihitung dengan E.dS = qdalam

Karena bola bersifat simetri, maka medan elektrik berada pada seluruh permukaan bolaE = = kr

E =

Maka, gaya elektrik sebesarF=

Elektron-elektrondalam atom Thompson akan bergetar sekitar kedudukan setimbangnya, makaV = k: tetapan

Kegagalan mencolok model Thompson muncul dari partikel (proyektil) bermuatan atom. Karena gaya elektrik tadi maka lintasan mengalami gaya pembelokkan, gaya gaya tersebut adalah:Gaya tolak yang ditimbulkan muatan positif atomGaya tarik oleh elektron-elektron yang bermuatan negatif

Gambar analogi:

Maka sudut belok yang memberikan sebagian momentum dalam arah y py = fy dtfy = F cos

Maka F = = zkrWaktu yang digunakan proyektil untuk melewati atom adalahT dimana T= waktu totalb= parameter impakR= jari-jari bola

by xrGambar analogi:

py Maka =

Sudut hambur maks bagi satu tumbukan adalah maks =

Sudut hambur rata-rata adalah avg =

bbR

Contoh soalDengan menggunakan model atom Thompson dengan R= 0,1 nm (jari-jari khas atom), hitunglah sudut belok rata-rata per tumbukan apabila berkas partikel alfa bereergi 5MeV (z=2) dihamburkan dari atom emas (Z=79) !Pemecahan soal zkR2 = z ( ) R2 dengan = 1.44 eV nmmv2= 2K =10 MeVMakaavg =

Gambar analogi:

Analisis terhadap berbagai percobaan hamburan diatas mendorong Rutherford utuk mengusulkan bahwa massa dan muatan positif atom tidaklah tersebar secara merata dalam seluruh volume atom, tetapi terbatas hanya dalam suatu daerah yang sangat kecil dengan diameter sebesar 10-14 pada pusat atom.

3. Inti Atom RutherfordMuatan dan massa atom terpusatkan pada pusatnya, dalam suatu daerah yang disebut inti (nucleus).bbbrKajian hamburan Rutherford

Kajian hamburan Rutherford

6.4 SPEKTRUM GARISRadiasi elektromagnetik dari berbagai atom dapat dikelompokan ke dalam spektrum kontinu dan spektrum diskret atau garis.Spektrum KontinuAdalah spektrum yang terdiri atas cahaya dengan semua panjang gelombang.Spektrum matahari merupakan spektrum kontinu artinya mengandung semua panjang gelombang secara bersinambungan.

Spektrum garis atau diskret atau diskontinuHanya terdiri atas garis garis-garis cahaya monokromatik dengan panjang gelombang tertentu. Panjang gelombang cahaya yang terdapat dalam spektrum merupakan karakteristik dari unsur yang menghasilkan spektrum tersebut.Dihasilkan oleh unsur yang tereksitasi.Cahaya putih Tersusun atas bermacam spektrum warnaJika dilewatkan prisma, akan terdispersi menjadi spektrum warna penyusunnya.Saat atom tereksitasi kembali ke keadaan dasar memancarkan energi dalam bentuk radiasi EMSpektrum atom hydrogenGas hidrogen yang ditempatkan di tabung lucutan gas dan diberi beda potensial akan menghasilkan cahaya merah kebiru-biruan yang dapat dianalisis dengan sebuah spektrograf. Batas panjang gelombang berkisar 410,2 nm 656,3 nm (Deret Balmer).

Pada tahun 1884, J.J. Balmer, seorang guru matematika Swiss, menemukan bahwa panjang gelombang spektrum garis pancar hidrogen dalam daerah tampak dapat dicocokan dengan rumus :

Keterangan : : satuan dalam nmn : bilangan bulat mulai dari 3

Semua kelompok garis spektrum dalam spektrum hidrogen dapat dicocokan dengan :

limit : panjang gel deret batasn : n0 + 1Lyman: n0=1Balmer: n0=2Paschen: n0=3Brackett: n0=4Pfund: n0=5

SoalBatas deret dari Paschen (n0 = 3) adalah 820,1 nm. Tentukan ketiga panjang gelombang terpanjang dari deret Paschen ini.

Pemecahan:

Ketiga transisi ini berada dalam rentang inframerah spektrum elektromagnetik.