tentir radiologi ginjal

download tentir radiologi ginjal

of 11

  • date post

    09-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    12
  • download

    3

Embed Size (px)

description

Rangkuman singkat mengenai radiologi sistem perkemihan

Transcript of tentir radiologi ginjal

Kali ini kita akan membahas mengenai gambaran radiologi system traktus urinarius. Sebelum mulai alangkah baiknya kita mulai dengan membaca basmalah..Bismillahirrahmanirrahim.Nah seperti biasa sebelum masuk ke materi radiologi kita harus mengerti anatominya dl ya. Pasti udah pada belajar kan ya waktu sumatif 1 sm ujian praktikum, jadi udh pada ngerti lah ya. Klo lupa liat d tentir anatomi aja. Biar inget liat gambaran umumnya aja ya dibawah ini:

Penting disini untuk melihat posisi arteri, vena, dan ureter terhadap ginjal terutama untuk transplantasi ginjal. Nah ini gambar orang yang transplantasi ginjal

BNOSebenernya BNO itu sama kaya foto polos, tapi bedanya klo BNO itu sebelumnya ada persiapan. Persiapannya itu intinya sih supaya ga ada gas2 dan fecal mass di ususnya jadi jelas fotonya. Indikasi BNO ini klo curiga ada batu, curiga tumor, gross hematuria, dll. Apa sih yang diliat pada BNO ini? Difokusin liat struktur anatominya ya, di liat juga ada batu ga( biasanya gambaran radioopak/putih, tapi ada juga batu yang radiolusen/hitam), terus diliat juga ada massa/tidak.IVPPada IVP ini pasien d suntik dengan kontras yang nantinya akan keluar lewat urin sehinngga urin akan tampak opak. Jadi yang diliat aliran urinnya ya, dibandingin d situ kanan sama kirinya. Klo ada batu d salah satu sisinya jadi kan aliran urinnya kesumbat tuh jadi klo dibandingin aliran urinnya bakal ketinggalan sm yang d sebelahnya. Foto di IVP ini ada waktu2nya:5-10 menit: focus pada ginjal20 menit: focus pada ureter proksimal30 menit: focus pada ureter distal60 menit: focus pada vesica urinariaPost voiding: di liat sisa urinnya, normalnya 30%. Klo >30% berarti ada sumbatan di uretranya.

Untuk lebih jelasnya tentang BNO-IVP ini baca aja d buku KKD ya teman2.Horseshoe Kidney

BPH, pembesaran ini terlihat menekan bagian bawah vesika urinaria

Renogram scanDeteksi besar ginjal dan scar. Klo hitam homogen berarti fungsi sel semua masih baik tapi klo ada putih2 berarti ada nekrosis.

flaccid dilated collecting system on the right but an obstructed left collecting system.

USG

Pada ginjal normal pelvis dan calix tampak hiperekoik(terang) sementara medulla dan cortex tampak hipoekoik (gelap) atau isoekoik. Jika ada Akustik shadow (bayangan hitam seperti meteor) menandakan batu keras.Urin masuk ke vesika urinaria melalui orifisium ureter

USG biasanya dipakai untuk pasien dengan gagal ginjal, untuk membedakan antara hidronefrosis dan penyakit pada parenkim ginjal. Pasien dengan penyakit pada parenkim, memiliki ginjal yang lebih kecil dan parenkim terlihat lebih eko (putih) dari pada liver dengan kedalaman yang sama. Parenkim yg normal sama atau lebih gelap dari liver.

Hidronefrosis

USG vaskuler, Color DopplerNormalnya seperti kipas, seimbang antara pul atas, bawah, kanan, kiri.

CT-Scan tanpa kontrasLebih baik dari CT-Scan dengan kontras pada kasus batu(untuk melihat batu opak, hiperdens), dan tanpa kontras untuk pasien gagal ginjal(karena takut tambah rusak klo pake kontras).

CT-Scan dengan kontrasAda fase2nya:Fase korteks : 1-2 menitFase medular : setengah menit kemudianFase ekskresi : setelah 3 menit/5 menit

Kelemahan dari CT-Scan dengan kontras adalah waktu yang lama, biaya yang besar, dan radiasi yang banyak.RENAL CELL CARSINOMAT1-weighted MR scanT2-weighted MR scan3 dimensi reformat CT UroLebih bagus untuk inform concern karena semakin mudah dan menarik.

UrogramKarsinoma sel transisionalPembesaran prostat dengan kalsifikasi

USG: Liver normal dan parenkim ginjal dengan kista pada bagian upper dan posterior ginjal kanan. Muncul tidak ada ekoik (putih) dalam kista dan meningkatnya tranmisi suara memalui cairan kista yang menghasilkan gambaran hiperekoik (panah)CT: Kista renal biasanya ditemukan dengan CT scan. Terdapat attenuation measurement (unit Hounsfield), rata-rata kurang dari 20 yang menandakan itu kista, jika lebih dari 20, kemungkinan ada proses inflamasi, kista komleks, atau neoplasma.Alhamdulillah selesai juga tentir radiologi ini. Untuk lebih jelasnya baca slide dr. Ayat ya khususnya gambaran radiologi penyakit2nya. Mohon maaf klo tentirnya banyak kekurangan. Kesempurnaan hanya milik Allah dan kekurangan datangnya dari saya.Wassalamualaikum wr. Wb.Semangat sumatif..F.A.H (the doctor_46)