Tempo 21-27 April 2014

download Tempo 21-27 April 2014

of 124

Transcript of Tempo 21-27 April 2014

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    1/124

    00008

    9 770126 427302

    RP 35.000WWW.TEMPO.COMAJALAH BERITA MINGGUANISSN: 0126 - 4273

    21-27 APRIL 2014

    WAKILSEHIDUPSEMATI

    BAHAYA INVESTASILIGWINA HANANTO

    AWASPREDATORSEKS ANAK

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    2/124

    CHEVROLET CAPTIVA. Elegantly professional yet astonishingly recreationa

    2.4l Gasoline Ecotec 171 Ps/225 Nm, 4x2 2.0l Turbodiesel Vcdi 163 Ps/360 Nm, 4x2Stay In The Lead With 6-speed Gm Tiptronic Transmission 7-seater True Comfor

    3D Sound System By Arkamys Electronic Parking Brake ABS/EBD-4 Channe

    MIXING BUSINESS AND PLEASURE.

    Spesifikasi dan warna dapat berbeda di setiap Negara

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    3/124

    www.bankmandiri.co.id

    mandiri e-money adalah kartu atau gelangmultifungsi yang diterbitkan oleh Bank Mandirisebagai pengganti uang tunai untuk transaksipembayaran di merchantyang telah bekerja sama.

    Dengan menggunakan mandiri e-money, transaksiAnda akan lebih mudah dan praktis. mandirie-moneyterdiri dari kartu e-money, e-Toll Card, IndomaretCard, GazCard dan gelang e-money.

    Anda bisa menikmati praktisnya membayar denganmandiri e-money di berbagai media transportasi,seperti pembayaran di tol (Jabodetabek, Medan,Palikanci, Semarang, Surabaya dan Bali) dan tiket bus(Transjakarta, Trans Solo dan Trans Jogja). Selain itu,mandiri e-money juga bisa digunakan untukmembayar parkir di Secure Parking dan QualityParking (selected area), bayar BBM di SPBU Pertamina,

    belanja di toko retail (Indomaret, Alfamart, Alfamidi,Lawson, 7-Eleven, Superindo, Circle-K, FamilyMart,Hypermart dan toko retail lainnya yang akandikembangkan di kemudian hari), Restoran (Solaria,Excelso dan Es Teler 77) serta tempat rekreasi(Waterboom Cikarang, Amazone, dan Wonders WaterWorld Medan).

    Di pertengahan tahun 2014 ini, Anda bisa menikmatikemudahan pembayaran dengan mandirie-money dibeberapa tempat baru, yaitu Tol Cikampek sampaidengan Bandung, Jagorawi sampai dengan Bogor/Ciawi

    dan Tol Cinere - Jagorawi, pembayaran di KeretaCommuter Jabodetabek (KCJ) dan juga pembayaran diHolland Bakery.

    Anda dapat membeli kartu mandirie-money denganharga kartu perdana seharga Rp 20.000,- (saldo Rp 0,- )di Cabang Bank Mandiri atau di merchant-merchantyang telah bekerja sama seperti, Indomaret, Alfamart,Alfamidi, Lawson, 7-Eleven, Superindo, Circle-K,FamilyMart, Hypermart dan Halte Transjakarta.

    Jika saldo mandirie-money habis, Anda dapat melakuisi ulang dengan menggunakan kartu mandiri deataupun secara tunai di Indomaret, Alfamart, AlfamLawson dan Cabang Bank Mandiri. Anda juga damengisi ulang mandiri e-money menggunamandiri debit dan kartu debit bank lain berlogo A

    Bersama di mandiriatm yang berlogo .

    mandiri e-money tidak mempunyai nilai minimuntuk isi ulang. Untuk nilai maksimum saldo mande-money adalah Rp 1 juta.

    Tunggu apalagi, segera dapatkan mandiri e-monuntuk kemudahan bertransaksi di mana pun Anberada.

    Untuk informasi lebih lanjut tentang layanmandirie-money, hubungi mandiricall 14000.

    e-money, mandiri saja.

    gaya hidup mandiri

    INFORIA

    praktis bertransaksi di mana saja denganmandiri e-mone

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    4/124

    4 | |27 APRIL 2014

    Kulit muka: Kendra Paramita

    4308/21-27 APRIL 2014

    EkonomiMomen 89

    Gaya HidupKesehatan 72Olahraga 70

    IntermezoSelingan 50

    Internasional

    Internasional 100Momen 106

    OpiniBahasa 58Catatan Pinggir 114Kolom98Opini29

    PolitikRingkasan 26

    PreludeAlbum 10Angka 12Etalase 17Inovasi 14Kartun 20Seribu Kata 22

    Surat 6Tempo Doeloe 16

    SainsAgama 68

    SeniSeni 60Sinema 66

    TokohTokoh 112Wawancara 108

    LAPORAN UTAMA32

    DAFTARISI

    BURSA JODOH JOKOWISEJUMLAH nama calon wakil presiden untuk Joko Widodo berseliweran. Saling betotkepentingan berkelindan dengan strategi menaikkan elektabilitas Gubernur Jakartaitu, yang gembos setelah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tak mendapatsuara cukup di parlemen. Semuanya tergantung Megawati Soekarnoputri.

    EKONOMI 84

    TERJERUMUSINVESTASIBODONGPERENCANA keuangan

    terkenal bukan jaminanuang yang kita tanam bisaaman, alih-alih beranak-pinak menghasilkan. Seorangartis diduga ditipu perencanainvestasi terkenal yangmenjadi duta Otoritas JasaKeuangan. Pemilik uang takterlindungi secara hukum.

    HUKUM80

    PREDATORDI SEKITAR KITA

    NASIONAL48

    TERKENAL TAPI TAKTERPILIHPARA politikus beken yang wira-wiridi televisi dan muncul saban hari dimedia cetak gagal kembali ke Senayankarena tak cukup suara dalam pemilihanlegislatif. Dalam sistem pemilihanterbuka, hanya calon legislator yangbekerja keras berkampanye yang bakalterpilih, atau mereka dihukum oleh ulahkorup selama menjadi anggota DewanPerwakilan Rakyat.

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    5/124

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    6/124

    6 | | 27 APRIL 2014

    bertanggung jawab atas akibat semburan liar di sumur Ban-jar Panji-1, yang mengakibatkan terendamnya daerah di seki-tar sumur itu.

    Pemerintah sepertinya mengkategorikan semburan liar itumerupakan bencana alam sehingga pemerintah harus ikutmengganti kerugian yang dialami penduduk di sekitar sem-buran. Keputusan pemerintah didasarkan pada pendapat paraahli geologi bahwa semburan itu diakibatkan oleh adanya re-takan-retakan bawah tanah yang terganggu gempa bumi di se-kitar Yoyakarta dua hari sebelum terjadinya semburan liar.

    Sebenarnya itu bukanlah bencana alam, melainkan murnikelalaian manusia yang telah dilakukan Lapindo, khususnya

    personel yang berada di bagian pengeboran, bukan disebab-kan oleh gempa bumi yang terjadi dua hari sebelumnya di se-kitar Yoyakarta. Kemustahilan ini diperkuat bahwa jarak an-tara Yoya dan Sidoarjo sangat jauh. Dan, kalau memang gem-pa bumi penyebabnya, pasti juga akan mengganggu sumur-su-mur di sekitar Banjar Panji-1 ini.

    Saya pernah mengikuti pertemuan dengan personel Lapin-do dan beberapa konsultan untuk membicarakan cara meng-atasi semburan liar tersebut. Dalam pertemuan itu dibicara-kan pula kronologi kejadian semburan liar, sebagai berikut:1. Well kickterjadi setelah pengeboran mencapai ormasi Ku-

    jung, yang memang menjadi target sumur ini.2. Pipa selubung yang berukuran 9 5/8 inci memang akan di-

    pasang setelah pengeboran mencapai puncak ormasi Ku-

    jung, tapi ternyata terjadi well kick(masuknya gas ke lubangsumur yang seharusnya bisa dikontrol agar tidak menjadisemburan liar).

    3. Pengontrolan well kick ini terhambat oleh pipa pengebo-ran yang terjepit di dalam lubang sumur, sehingga pipa ti-dak bisa dinaik-turunkan dan karena itu gas penyebabwellkickini bertambah banyak, sementara tekanan gas cukupbesar.

    4. Karena terjadi well kickdengan tekanan gas yang cukup be-sar, ditambah masalah pipa kejepit, ormasi yang cukuppanjang (cukup dalam) dan belum terpasang pipa selubungitu tidak kuat menahan tekanan gas, sehingga gas mulaimencari jalan keluar ke permukaan.

    5. Pada saat gelembung gas muncul di permukaan, diputus-

    kanrig dibongkar dan dipindahkan ke tempat aman.6. Setelah itu, Lapindo mendatangkan unit rig yang kecil,yang disebut snubbing unit, untuk melakukan survei de-ngan menurunkan alat melalui wire line. Hasilnya, pipabuntu sehingga survei lanjutan dibatalkan dan unit ini di-bongkar, lalu dipindahkan.

    7. Gelembung gas tadi akhirnya diikuti oleh semburan liarlumpur sampai sekarang.

    Dalam pertemuan itu dibicarakan juga cara penanggulang-an semburan liar ini, tapi rupanya penanggulangan dihadap-kan pada:a. Perlu tiga riguntuk membuat sumur reliefuntuk memom-

    pakan lumpur ke lubang sumur Banjar Panji-1.

    SURAT

    Klarikasi PT Effata Fajar AnugerahSEHUBUNGAN dengan pemberitaan di majalah Tempoedi-

    si 39 Februari 2014, kami ingin memberi klarikasi atas pemu-atan berita di halaman 8687 berjudul Obat Haram di GudangRahasia.

    Pada alinea ke-24 (atau alinea kedua dari akhir berita), Tem-

    pomenyebutkan ada beberapa (menyebut lima perusahaan)distributor armasi atau pedagang besar armasi (PBF) yangterlibat (tidak mencantumkan kata diduga terlibat, sebagaietika untuk asas praduga tak bersalah).

    Ternyata bukan lima perusahaan yang disebut, melainkantiga, yang salah satunya adalah perusahaan kami, yakni PT E-ata Fajar Anugerah (Surabaya), dan disebut perusahaan lain,yakni Cibadak Agung Perkasa (Bandung).

    Setahu kami, tidak ada nama Cibadak Agung Perkasa (Ban-dung) sebagai salah satu PBF di Indonesia, sehingga kami raguterhadap isi berita pada alinea tersebut. WartawanTempoyangmenyebutkan nama perusahaan kami, sampai berita diturun-kan, juga tidak melakukan klarikasi. Maka kami merasa ke-beratan karena ada ketidakberimbangan pemberitaan dan de-

    ngan demikian ada kaidah jurnalistik yang tidak dipenuhi war-tawan (cover both sides).

    Perlu diketahui, sejak Desember 2012, perusahaan kami su-dah tidak mendistribusikan produk (obat) dari PT HimajayaRaya, yang menurut berita Tempo digerebek kepolisian Ban-dung pada Januari 2014. Artinya, sejak Desember 2012, kamisudah tidak memiliki hubungan usaha atau bisnis dengan PTHimajaya Raya.

    Bahwa dalam berita acara pemeriksaan yang kami konr-masikan di kepolisian dan di Balai Pengawas Obat dan Makan-an, tidak disebutkan sama sekali PT Effata Fajar Anugerah.Maka penyebutan perusahaan kami dalam pemberitaan terse-but kami pertanyakan dan kami sinyalir ada pihak-pihak ter-tentu yang dengan sengaja hendak menjatuhkan nama baik

    perusahaan kami. Santoso0811372112

    PT Effata Fajar Anugerah

    Jawaban:Terima kasih atas penjelasannya. Informasi yang kami tulis

    berdasarkan wawancara dengan Badan Pengawas Obat dan Ma-kanan.

    Soal Lumpur LapindoSOAL lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur, yang mele-

    tup pada 2006, sepertinya ada kerancuan siapa yang paling

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    7/124

    PT PERUSAHAAN GAS NEGARA PERSERO, TBK

    I N F O R I A L

    Panas terik tak menyurutkansemangat Slamet, 47 tahun,untuk menarik bajaj biru-nya yang menggunakanbahan bakar gas (BBG) .

    Setiap hari di depan Stasiun Kereta ApiManggarai, Jakarta Pusat, ia menanti

    para calon penumpang untuk diantardengan kendaraan roda tiga itu. Slametmenggunakan bajaj BBG setelah 15tahun sebelumnya ia menjadi supir bajajberbahan bakar bensin.

    Slamet banting setir ke bajaj BBGkarena sang bos tempat ia menyewabajaj melego semua bajaj oranyeyang berbahan bakar bensin. Sayangikutinbos saja. Awalnya kaget jugakarena harga sewanya lebih mahal,tutur Slamet. Namun belakangan iamerasakan pendapatannya bertambahdengan menggunakan bajaj gas.

    Untuk operasional penggunaan bajaj,per hari Slamet harus membayar Rp105 ribu sebagai uang setoran kepadapemilik bajaj. Biaya lainnya adalahpengisian gas sekitar Rp 11 ribu pertabung. Satu hari bisa isi dua kali,ujarnya. Sementara untuk perawatanmesin menjadi tanggungan pemilik.

    Dengan modal sekitar Rp 130ribu per hari itu, Slamet mengakuselalu bisa membawa uang lebihuntuk menghidupi 5 anaknya. YaAlhamdulillah, pakai bajaj gas ini

    memang lebih menguntungkandibanding bajaj yang lama, tutur priakelahiran Tegal itu. Sehari untungbersih yang bisa dibawa pulang sekitarRp 200 ribu, ujarnya menambahkan.

    Nasib Slamet memang lebih baikdibanding Makmur rekannya yang masih

    memakai bajaj oranye berbahan bakarbensin. Ia harus merogoh kocek sekitarRp 65 ribu untuk membeli bensinpremium setiap harinya. Ditambah lagiharus menyediakan oli campur sehargaRp 25 ribu, karena bajaj oranye masihmenggunakan mesin 2 tak.

    Menurut Makmur, sejak adanyabajaj gas banyak penumpang engganlagi diantar dengan bajaj oranye yangbising dan banyak polusi. Makmur punberharap pemerintah segera melakukanpelarangan operasi bagi bajaj oranye.Dan bisa mendorong pemakaian

    BBG bagi semua bajaj. Tapi tempatmengisinya harus diperbanyak agargampang isi gasnya, biar supir bajaj jugalebih sejahtera, kata Makmur.

    Harapan Makmur ini sebenarnyasejalan dengan program PemerintahProvinsi DKI Jakarta yang mengarahkanmoda tranportasi umum di Ibu Kota bisamemakai bahan bakar ramah lingkunganseperti gas. Saat ini selain bajaj, beberapamoda transportasi di Jakarta memangsudah menggunakan BBG seperti busTransJakarta.

    Saat ini infrastruktur pengisian gasini (SPBG), Jakarta memang masihminim. Untuk keperluan pengisianbus TransJakarta misalnya, baru adasekitar tujuh SPBG. Sementara di Jakarta

    perlu 22 SPBG. Agar bisa memenuhikebutuhan infrastruktur SPBG itu,pemerintah DKI Jakarta bekerja samadengan PT Perusahaan Gas Negara Tbk(PGN).

    SPBG milik PGN yang ada saat iniantara lain di Pondok Ungu, Bekasi,Jawa Barat. Selain itu juga adaMobileRefuelling Unit(MRU) PGN di kawasanMonas, Jakarta. Tahun ini, PGNmenganggarkan dana Rp 260 miliaruntuk membangun 16 SPBG danMobileRefueling Unit (SPBG berjalan). Darijumlah itu sebanyak 8 di antaranyadibangun di Jakarta. Sisanya di JawaBarat, Jawa Timur dan Riau.

    Direktur Utama PGN HendiPrio Santoso menyatakan bahwapembangunan SPBG dan MRU itumerupakan salah satu upaya untukmempercepat konversi BBM ke BBGdi sektor transportasi. Sebagaimanadiketahui selama ini pemerintah harusmenganggarkan duit subsidi BBMlebih dari Rp 200 triliun untuk BBMtransportasi itu. Perluasan pemakaianBBG untuk sektor transportasi akanmengurangi beban subsidi BBM,katanya. Selain itu BBG juga ramah

    lingkungan.

    MENERUSKAN ENERGI BAIKUNTUK TRANSPORTASI

    PGN SAYANG IBU

    PGN adalah BUMN gas yangmemiliki jaringan pipa gas bumiterpanjang di Indonesia. Didirikanoleh pemerintah Republik Indonesiapada 1965, PGN saat ini memilikidanmengoperasikan pipa gasbumi lebih dari 6.000 kilometeryang terbentang di Sumatera danJawa. PGNmenyalurkan gas bumi

    ke berbagai sektormulai dariindustri, UKM, rumah tangga dantransportasi. Pelanggan terbesarPGN adalah rumah tangga. Untukmeningkatkan penyaluran gasbagi rumah tangga, tahun ini PGNmeluncurkan Gerakan PGN SayangIbu,menambah 2 juta sambunganbaru bagi rumah tangga. GerakanPGN Sayang Ibu dimulai tahun inidan berkelanjutan di tahun-tahunselanjutnya.

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    8/124

    8 | | 27 APRIL 2014

    RALAT:

    Tempo

    - Kami mohon maaf atas kekeliruan ini. Redaksi

    SURAT

    NASIONAL & HUKUMREDAKTUR PELAKSANA Budi Setyarso REDAKTUR UTAMA Elik Susanto, L.R. Baskoro, Yosep SuprayogiREDAKTURAnton Aprianto, Bagja Hidayat, Eri Nirwan Ritonga, Jajang Jamaludin, Jobpie Sugiharto,Maria Rita Ida Hasugian, Steanus Teguh Edi Pramono, Widiarsi Agustina STAF REDAKSI Ahmad Nurhasim,Anton Septian, Anton William, Bobby Chandra, Leo Wisnu Susapto, Yuliawati REPORTERAryani K ristanti(nonakti), Bernadette Christina, Bunga Manggiasih (nonakti), Febriyan, Febriana Firdaus, FranciscoRosarians Enga Geken, I Wayan Agus Purnomo, Indra Wijaya, Ira Guslina Sua, Kartika Candra Dwi Susanti(nonakti), Muhamad Rizki, Nur Alyah B.T. Tarkhadi, Prihandoko, Rusman Paraqbueq, Subkhan, Sundari,Tri Suharman

    EKONOMI & ME DIAREDAKTUR PELAKSANAM. Tauqurohman REDAKTUR UTAMASetri Yasra REDAKTURAli Nur Yasin,Dewi Rina Cahyani, Muhammad Na, Retno Sulistyowati, Y. Tomi Aryanto STAF REDAKSIAbdul Malik,

    Fery Firmansyah, Rachma Tri Widuri, RR Ariyani Yakti Widyastuti, Setiawan AdiwijayaREPORTERAkbar Tri Kurniawan, Amandra Mustika Megarani, Ananda Wardhiati Theresia, Ananda WidhiaPutri, Angga Sukma Wijaya, Ayu Prima Sandi, Gustidha Budiartie, Maria Yuniar Ardhati, Martha RuthThertina, Muhammad Iqbal Muhtarom, Pingit Aria Mutiara Fajrin, Raka Usnah, Ririn Agustia

    INTERNASIONAL & N USAREDAKTUR PELAKSANA Purwanto Setiadi REDAKTUR UTAMAYudono Yanuar REDAKTURAbdul Manan,Dwi Arjanto, Dwi Wiyana, Mustaa Ismail, Raju Febrian, Sapto Yunus STAF REDAKSI Eko Ari Wibowo,Harun Mahbub, Hayati Maulana Nur (nonakti), Istiqomatul Hayati, Natalia Santi, Sita PlanasariJAWA TIMUR, BALIAgus Supriyanto (Koordinator Liputan), Endri Kurniawati, Jalil Hakim, Zed AbidinJAWA TENGAH Sunudyantoro (Koordinator Liputan), L.N. Idayanie, R. FadjriJAWA BARAT, BANTENEni Saeni (Koordinator Liputan). SULAWESI SELATANGrace Samantha Gandhi(Koordinator Liputan), Kodrat Setiawan, Cornilla Desyana

    METRO & PRELUDEREDAKTUR PELAKSANA Bina Bektiati REDAKTURJuli Hantoro, Purwanto, Rini Kustiani, Yandi Royandi,Zacharias Wuragil STAF REDAKSIAliya Fathiyah, Evieta Fajar Pusporini, Hadriani Pudjiarti, Martha Warta Silaban,M.C. Nieke Indrietta Baiduri, Nur Haryanto, Suseno REPORTERAditya Budiman, Amirullah, AnggritaDesyani Cahyaningtyas, Baiq Atmi Sani Pertiwi, Choirul Aminudin, Fiona Putri Hasyim, Jayadi Supriadin,Munawwaroh, Sutji Decilya, Arialia Suryanis, Dimas Indra Buana Siregar, Istman Musaharun Pramadiba,Mohammad Andi Perdana, Rina Widiastuti (nonakti), Satwika Gemala Movementi, Syailendra Persada

    INVEST IGASIREDAKTUR PELAKSANAWahyu Dhyatmika REDAKTURPhilipus Parera, Sukma Loppies,Yandhrie Arvian (nonakti) STAF REDAKSI Agoeng Wijaya, Agung Sedayu, Budi Riza, Mustaa Silalahi,Sandy Indra Pratama

    GAYA HIDUP & KORAN TEMPO MINGG UREDAKTUR PELAKSANA S. Qaris Tajudin REDAKTUR UTAMANugroho Dewanto REDAKTURAhmad Tauk(nonakti), Kurniawan, Purwani Diyah Prabandari STAF REDAKSI Cheta Nilawati Prasetyaningrum, Heru

    Triyono, Sorta Marthalena Tobing REPORTERIsma Savitri, Ismi Wahid Rohmataniah Maulid (nonakti),Mitra Tarigan, Retno Endah Dianing Sari, Riky Ferdianto

    SENI & INTERMEZOREDAKTUR PELAKSANA Seno Joko Suyono REDAKTURDodi Hidayat, Nurdin Kalim, Nunuy NurhayatiSTAF REDAKSI Dian Yuliastuti REPORTERAnanda Wardhana Badudu, Ratnaning Asih

    SA INS, SPORT , & KOLOMREDAKTUR PELAKSANA Yos Rizal Suriaji REDAKTUR UTAMAIdrus F. Shahab, Tulus WijanarkoREDAKTURTB. Firman D. Atmakusumah, Clara Maria Tjandra Dewi H., Hari Prasetyo, Iran Budiman,Nurdin Saleh STAF REDAKSI Agus Baharudin, Ali Anwar, Angelus Tito Sianipar (nonakti), Dwi RiyantoAgustiar, Gabriel Titiyoga, Kelik M. Nugroho, Untung Widyanto, M. Reza Maulana REPORTERAgita,Arie Firdaus, Erwin Prima Putra Z., Gabriel Titiyoga, Gadi Kurniawan Makitan, Mahardika Satria Hadi, Rosalina

    TEMPO ENGLISHEDITOR SENIOR Richard Bennet EDITORLucas Edward (Tempo Weekly), Mahinda Arky asa (Tempo.co)

    STAF REDAKSI Sadika Hamid, Syari Fani KOORDINATOR PRODUKSIDewi PustasariTEMPO TVMANAJER PEMBERITAANNur Hidayat PRODUSER EKSEKUTIFDiah Ayu Candra NingrumPRODUSERAdek Media

    KREATIF, FOTO, BAHASAREDAKTUR KREATIF Gilang Rahadian REDAKTUR DESAINEko Punto Pambudi, Fitra Moerat RamadhanSitompul, Yuyun Nurrachman DESAINER SENIOREhwan Kurniawan, Imam Yunianto, Kendra H. ParamitaDESAINERAji Yuliarto, Ary Setiawan Harahap, Deisy Rikayanti Sastroadmodjo, Djunaedi,Edward Ricardo Sianturi, Fransisca Hana, Gatot Pandego, Munzir Fadly, Rizal Zuladli, RobbyPENATA LETAKAchmad Budy, Ahmad Fatoni, Agus Darmawan Setiadi, Agus Kurnianto, Arie Mudi Handoko,Imam Riyadi Untung, Kuswoyo, Mistono, Rudy Asrori, Tri Watno Widodo, Wahyu Risyanto

    REDAKTUR FOTO Rully Kesuma (Koordinator), Ijar Karim, Mahanizar Djohan PERISET FOTOAyu Ambong,Fardi Bestari, Gunawan Wicaksono, Jati Mahatmaji, Latiah Z. Nahdi, Nita Dian Aanti, Ratih Purnama Ningsih,Tomy Satria, Wahyu Setiawan FOTOGRAFERAditia Noviansyah, Amston Probel, Subekti

    REDAKTUR BAHASA Uu Suhardi (Koordinator), Hasto Pratikto, Sapto NugrohoSTAF SENIOR Iyan Bastian STAFEdy Sembodo, Fadjriah Nurdiarsih, Hadi Prayuda, Heru Yulistiyan, MichaelTimur Kharisma, Mochamad Murdwinanto, Rasdi Darma, Sekar Septiandari, Suhud Sudarjo

    PUSAT DATA DAN ANALISA TEMPOKOORDINATORPriatna, Ade Subrata RISETNgarto Februana STAF RISETIndra Mutiara

    REDAKTUR SENIOR Amarzan Loebis, Bambang Harymurti, Diah Purnomowati, Edi Rustiadi M., Fikri Juri,Goenawan Mohamad, Leila S. Chudori, Putu Setia, S. Malela Mahargasarie, Toriq Hadad

    KEPALA PEMBERITAAN KORPORATToriq HadadKEPALA DESAIN KORPORAT S. Malela MahargasarieBIRO EKSEKUTIF DAN PENDIDIKAN

    M. Tauqurohman (Kepala), Yos Rizal Suriaji

    PEMIMPIN REDAKSI/PENANGGUNG JAWAB Ari ZulkiiREDAKTUR EKSEKUTIFHermien Y. Kleden

    KELOMPOK TEMPO MEDIA

    DEWAN EKSEKUTIFGendur Sudarsono (Ketua), Ari Zulkii, Daru Priyambodo, Wahyu Muryadi, Yuli Ismartono, Burhan Sholikin, M. Tauqurohman, Hermien Y. Kleden

    IKLAN Gabriel Sugrahetty (Wakil Direktur), Adelisnasari, Tito Prabowo, Dani Kristanto, Lina Sujud, M. AgungDjahuri S., Melly Rasyid, M. Dody Waspodo, Nurulita Pasaribu, Sulis Prasetyo, Tanty Hendriyanti

    PENGEMBANGAN DAN KOMUNIKASI PEMASARAN Meiky Soyansyah (Kepala) PROMOSIRachadian NashidikRISET PEMASARANAi Mulyani K.BUSINESS DEVELOPMENTSiti Rhanty Widiastuti

    KREATIF PEMASARAN Prasidono Listiaji (Kepala) TIM PENULISS. Dian Andryanto, Hotma Siregar, Mira Larasati,Nugroho Adhi, Riwan Hendri, Susandijani, V. Nara Patrianila DESAIN KREATIF PEMASARAN Kemas M. Ridwan(Koordinator), Andi Faisal, Andi Suprianto, Arcaya Manikotama, Danny Rizal Darmawan, Jemmi Ismoko, JunaediAbdillah, Juned Aryo Sembada, Rachman Hakim, Setiyono FOTOGRAFI & RISET FOTOLourentius E.P. TRAFFICAbdul Djalal, Muhammad Assad Islamie

    SIRKULASI DAN DISTRIBUSI Windalaksana (Kepala), Erina AndriyaniSIRKULASI Shal Andri (Kepala Unit), Boy Hariyadi, Iman Sukarnadi, Indra Setiawan, Ivan B. Putra, YeriPERWAKILAN DAERAHJAWA TIMURR. Adi Budikriswanto (Kepala) Solex Kurniawan, DI YOGYAKARTA-JAWATENGAHAqshol Amri (Kepala) DISTRIBUSIIsmet Tamara (Kepala Unit) LAYANAN PELANGGANBerkah Demiat(Kepala)

    ALAMAT DIVISI SIRKULASI DAN DIVISI KOMUNIKASI PEMASARAN Gedung Matahari, Jalan Palmerah Utara IINo. 201 AA, Jakarta B arat 11480 Telp. 62215360409. Faks. 622153661253

    ALAMAT IKLAN Gedung Cahaya Palmerah Jalan Palmerah Utara III No. 9, Jakarta Barat 11480Telp. 622153660242. Faks. 622153660248

    PT TEMPO INT I MEDIA TBK

    DIREKTUR UTAMA Bambang Harymurti DIREKTUR Herry Hernawan, Toriq Hadad SEKRETARIAT KORPORAT Diah Purnomowati (Kepala)

    ALAMAT REDAKSI Kebayoran Centre Blok A11A15Jalan Kebayoran Baru, Mayestik, Jakarta 12240,

    Telp. 0217255624, 3916160 Faks. 7255645/50 E-mail [email protected]

    PENERBITPT TEMPO INTI MEDIA Tbk, BNI Cabang Kramat, Jakarta,

    A.C. 017.000.280.765.001

    ALAMAT PERUSAHAANJalan Palmerah Barat No. 8, Jakarta 12210,

    Telp. 0215360409, Faks. 5439569, http://korporat.tempo.co

    ISSN01264273 SIU PP No. 354/SK/MENPEN/SIUPP/1998. PENCETAKPT TEMPRINT, Jakarta.

    b. Kesulitan menempatkan tiga buah rig ini karena pada akhir-nya akan terendam juga.

    c. Kesulitan mendatangkan pompa lumpur untuk menginjek-sikan lumpur pemati sumur yang jumlahnya banyak, yangbisa mengimbangi volume lumpur yang menyembur.

    d. Demikian juga bahan material lumpur untuk injeksi yang

    memerlukan tidak sedikit bahan materialnya.e. Sumur Banjar Panji-1 adalah sumur vertikal tidak meng-

    arah sehingga tidak tahu ke arah mana nantinya sumur re-lief diarahkan karena tidak dilakukan pengukuran arahdan inklinasi sumur Banjar Panji-1.

    Dengan kendala ini akhirnya diputuskan untuk dibiarkansumur menyembur dengan harapan akan mati sendirinyasama seperti sumur-sumur lain yang mengalami semburanliar. Nyatanya, di luar perkiraan, semburan tidak mati sampaisekarang. Mungkin sumber lumpur yang menyembur ini beru-pa mud volcanoyang sama kejadiannya dengan semburan mud

    volcanodi negara lain.Jadi sebenarnya penyebab masalah ini bukan dari alam, me-

    lainkan dari kelalaian manusia. Dan pemerintah tidak sepan-tasnya ikut menanggung biaya ganti rugi kepada rakyat yangterkena musibah lumpur ini.

    Anwas [email protected]

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    9/124

    Dibandingkan dengan pesawat sejenis di rute yang sa

    Nikmati penerbangan teristimewa bersamsalah satu maskapai peraih penghargaan terbanyak di dun

    Satu-satunya Penerbangan Non-sto

    dari Jakarta ke AmsterdamFirst Classmulai

    USD 6,650

    Business Classmulai

    USD 3,248

    Economy Clamulai

    USD 1,14

    x

    x

    x

    Penerbangan non-stop

    Akses langsung ke lorong dari kursi Business Class

    Tidak ada kursi tengah di Business Class

    109Jumlah kursi per baris di Economy Class

    Garuda IndonesiaKeunggulan Layanan Maskapai Lainny

    Penerbangan non-stop mulai 30 Mei 20Harga net (pp). Periode pembelian dan penerbangan Business Cla

    Economy Class sampai dengan 31 Maret 2Periode pembelian First Class sampai dengan 30 Juni 20

    dan periode penerbangan 30 Mei - 30 Juni 20Syarat dan ketentuan berl

    *Sumber : PaxIS 20

    Reservasi melalui Call Centre 24 jam kami di +62 (21) 2351 99atau 0 804 1 807 807, kantor penjualan Garuda Indoneagen perjalanan atau kunjungi www.garuda-indonesia.c

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    10/124

    ALBUMALBUM

    MENINGGAL

    HaryadiGURU besar Fakultas Teknologi Pertanian Uni-

    versitas Gadjah Mada ini meninggal pada usia 63tahun, 8 April lalu. Haryadi mengembuskan na-

    pas terakhir dalam perawatan di Rumah Sakit Soeharso, Su-rakarta. Semasa hidupnya, Haryadi banyak melakukan pe-nelitian tentang pengolahan pangan. Dia yang menemukanalat pengering tepung kasava sehingga mampu meningkat-kan nilai jual produk pertanian yang satu itu. Haryadi me-ninggalkan seorang istri dan tiga anak.

    Partai boleh kalah, tapi pesawat tetap biru.

    Ada yang ingin menjebak saya. Ini sudah jelas adayang ingin menjebak saya.

    10 | | 27 APRIL 2014

    RAPATUMUMPEMEGANGSAHAM

    Tempo IntimediaPT Tempo Intimedia Tbk (TMPO) memasang target kenaikan

    laba bersih menjadi Rp 14,4 miliar pada tahun ini, atau naik 100persen dari tahun lalu. Target itu diungkap dalam rapat umum

    pemegang saham pada Selasa pekan lalu. Angka-angka itu di-

    rumuskan dengan memperhitungkan penundaan kontrak ik-

    lan akibat laporan-laporan investigati Temposeperti yang per-

    nah terjadi tahun lalu. Kami hanya berharap rupiah tak sebu-

    ruk tahun lalu, selain pendapatan iklan kami dari outletdigital

    terus tumbuh, kata Direktur Utama Tempo Intimedia Bambang

    Harymurti.

    PENGHARGAAN

    Tri Rismaharini

    PENGHARGAAN kembali menghampiri Kota Surabaya di ba-wah kepemimpinan Wali Kota Tri Rismaharini. Kali ini Socrates

    Award 2014 yang diterima dari Europe Business Assembly (EBA).

    Penghargaan itu diberikan di London, Inggris, pada Rabu malam

    pekan lalu.

    Pembangunan Kota Surabaya dianggap paling mengesankan

    untuk kategori City o the Future (Kota Masa Depan). Beberapa

    indikatornya adalah intensitas banjir berkurang, kualitas udara

    membaik, sosial-pendidikan lebih baik, dan penanganan masa-

    lah sosial dilakukan secara manusiawi. Selain menerima peng-

    hargaan, Risma didaulat menyampaikan paparan tentang Kota

    Surabaya secara lengkap.

    KADER Partai Demokrat Ruhut Sitompulmengaitkan perolehan suara partainyadalam pemilihan legislatif Rabu dua pekanlalu dengan pesawat kepresidenan yang

    baru dibeli dari Amerika Serikat. Pesawatjenis Boeing 737-800 itu sudah datang danmemamerkan desain warna biru langit yangdominan.

    GUBERNUR DKI Jakarta yang juga calonPresiden RI dari Partai Demokrasi IndonesiaPerjuangan, Joko Widodo, menanggapinamanya yang muncul dua kali dalam naskahsoal ujian nasional tingkat SMA. Dia menilaiada pihak tertentu yang hendak membangunpersepsi negatif setelah PDIP berhasil menang

    dalam pemilihan legislatif versi hitung cepat.

    PENGUKUHAN

    Sofyan Iskandar dan Kawan-kawanUNIVERSITAS Pendidikan Indonesia kampus Purwakarta,

    Jawa Barat, memiliki empat guru besar baru. Mereka yang diku-kuhkan pada 10 April lalu adalah Dr Soyan Iskandar, yang men-jadi guru besar dalam bidang ilmu teknologi pendidikan; Proe-sor Munir dalam bidang ilmu teknologi inormasi dan komunika-si; Proesor Asep Kadarohman dalam ilmu kimia organik; sertaProesor Didi Sukyadi dalam bidang ilmu linguistik.

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    11/124

    Internet Banking BCA : www.KlikBCA.com Corporate Website : www.BCA.co.id .com/GoodLifeBCA dan follow @GoodLifeBCA

    ATM STAR memudahkan

    nasabah melakukan berbagai

    transaksi mulai dari penarikan

    tunai, penyetoran tunai, dan

    transaksi nontunai di satu mesin.

    Transaksi perbankan mengguna-

    kan anjungan tunai mandiri (ATM)

    akan semakin mudah jika nasa-

    bah bisa melakukan semua hal di

    satu mesin. Untuk itulah PT Bank

    Central Asia Tbk menghadirkan ATM recycle

    yang bernama ATM Setor Tunai (STAR). ATM

    ini memungkinkan nasabah mela-

    kukan berbagai transaksi tanpa ha-

    rus berpindah dari satu mesin ke

    mesin ATM lainnya.

    ATM STAR merupakan ATM mul-

    tur yang menggabungkan semua

    fungsi ATM yang ada di ATM mul-

    fungsi (tarik tunai dan transaksi nontunai), ATM

    Non-Tunai, dan ATM Setoran Tunai. Nasabah

    dapat melakukan penarikan dan penyetoran

    tunai serta berbagai transaksi nontunai seper

    transfer, pembelian, dan pembayaran di mesin

    ATM yang sama. Uang yang disetorkan nasa-

    bah akan kembali ditarik oleh nasabah.

    Keuntungan yang diberikan antara lain nasa-

    bah akan merasa lebih nyaman dan praks

    karena dak perlu berpindah dari satu

    mesin ke mesin ATM lainnya untuk me-

    lakukan transaksi yang berbeda. Ini juga

    akan mengurangi antrean pada satu me-

    sin ATM dimana sering kali ditemukan

    antrian menumpuk pada pilihan pecahan

    uang tertentu.

    Bagaimana menggunakan ATM ini? ATM

    STAR memiliki cara kerja yang hampir samadengan jenis ATM lainnya. Namun, ada menu

    spesial diawal yang akan mengarahkan nasa-

    bah kepada transaksi yang di inginkan, yaitu

    pilihan transaksi setoran tunai atau penari-

    kan tunai/transaksi lainnya. Selanjutnya

    nasabah akan melihat menu-menu seper

    yang sudah biasa dilihat di ATM Setoran Tunai

    dan ATM Mulfungsi, sehingga

    nasabah dak perlu banyak pe-

    nyesuaian dalam bertransaksi di

    ATM STAR ini. Khusus pada pilih-

    an transaksi penarikan tunai, ATM

    STAR ini menyediakan menu spe-

    sial dimana nasabah dapat memi-

    lih pecahan yang di inginkan, yaitu

    Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu, atau mencam-

    pur keduanya dalam satu kali penarikan.

    ATM STAR pertama kali diluncurkan pada

    Agustus 2013 di dua lokasi, yaitu Wisma Asia

    BCA Slipi dan Menara BCA, Jl. MH Thamrin,

    Jakarta. Kini, ATM ini tersedia di 20 lokasi

    lainnya di Jabodetabek, antara lain My BCA

    EBC Gandaria City, KCU Blok A Cipete, KCU

    Serpong, KCU Alam Sutera, KCU Tangerang,

    KCU Daan Mogot, KCU Puri Indah, KCU Ma-traman, KCU Kelapa Gading, KCU Rawama-

    ngun, KCU Asemka, KCU Gajah Mada, KCU

    Pluit Selatan, KCU Taman Duta Mas, KCU

    Sudirman, KCU Pasar Baru, KCU Kalimalang,

    KCU Juanda Bekasi, KCU Margonda, dan KCU

    Wisma Pondok Indah.

    Teknologi ATM recycle sudah diperkenalkan

    sejak lama di dunia. Di Asia, negara pertama

    yang menggunakannya adalah Jepang pada

    1985. Setelah itu, ATM ini hadir di berbagai

    negara lainnya, seper Korea, Cina, Taiwan,

    Thailand, dan Malaysia.

    Di Indonesia, Bank BCA merupakan bank

    pertama yang menghadirkan ATM recycle

    bagi nasabahnya. Sampai dengan akhir ta-

    hun ini, Bank BCA berencana menambah

    ATM STAR hingga 100 unit agar semakin ba-

    nyak nasabah yang menikma kemudahan-

    nya. Saat ini Bank BCA memiliki 14 ribu ATM

    yang tersebar di seluruh Indonesia.

    BCA Senanasa di Sisi Anda.

    EDISI21APRIL

    2014

    Inovasi Terbaru

    dari BCA :

    Setor dan

    Tarik Tunai dari

    ATM STAR

    Di Indonesia, BCA merupakan bank pertama yang menghadirkan ATM recycle bagi

    nasabahnya. Sampai akhir tahun ini, Bank BCA berencana menambah ATM STAR hingga 100unit agar semakin banyak nasabah yang menikma kemudahannya.

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    12/124

    ANGKA

    12 | | 27 APRIL 2014

    230KECAMATAN TIDAK MEMILIKI SMPJAUHNYASEKOLAH KAMI

    Masihada9,46 jutapelajar yang harus berjalan lebih dari 6 kilometeruntuk mencapai gedung sekolah menengah pertama.

    19.052 JUTADESA TANPA FASILITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

    16,64 JUTAPENDUDUK TAK MEMILIKI AKSES KE PAUD

    M U T U pendidikan semestinya bukan melulu urusan kurikulum dan ujian nasional. Fasilitas belajar juga penting.

    Tapi itulah masalahnya. Menurut data sensus infrastruktur Potensi Desa yang terakhir pada 2011, ternyata masih ada

    cukup banyak pelajar di pedesaan negeri ini yang tak punya akses ke sarana dan prasarana belajar yang memadai.

    SUMATERA

    7.337SULAWESI

    4.701

    KALIMANTAN4.0107.796 (36%)SMP TANPA LABORATORIUM 21.653 (13%)

    SEKOLAH NEGERI TANPA LISTRIK

    FASILITAS LAIN MASIH BANYAK YANG BELUM MEMADAI

    DAERAH DENGAN FASILITAS PENDIDIKAN TERBAIK

    DKI JAKARTA

    DI YOGYAKARTA

    JAWA TENGAH

    JAWA TIMUR

    BALI

    PAPUA

    MALUKU

    MALUKU UTARA

    PAPUA BARAT

    NUSA TENGGARA TIMUR

    SUMBER: SENSUS INFRASTRUKTUR POTENSIDESA 2011 TIM NA SIONAL PERCEPATANPENANGGULANGAN KEMISKINAN,WWW.PNPM-SUPPORT.ORG/PUBLICATION

    DAERAH DENGAN FASILITAS PENDIDIKAN TERBURUK

    30.207(18%)

    SEKOLAH NEGERITANPA AIR DI KAKUS

    MURID

    SMP3.355

    SD25.896

    SMA642

    SMK314

    Dibutuhkan32.586 guruberijazah S-1untuk memenuhi standar dua guru S-1 di semua sekolah dasar:

    PAPUA

    6,4%

    SUMATERA UTARA

    11,1%

    KALIMANTAN BARAT

    10,4%

    NUSA TENGGARA TIMUR

    9,6%

    MALUKU

    7,5%

    Dibutuhkan26.086 guru

    berijazah S-1 untukmencapai target 70%

    guru S-1 di semua SMP:

    SUMATERA UTARA 2.180

    ACEH 2.094

    JAWA BARAT 2.012

    KALIMANTAN BARAT 1.832

    NUSA TENGGARA TIMUR 1.739

    MALUKU 1.713

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    13/124

    Jakarta

    PlatinumHealth Services

    Tel: (62) 21 9334 3783

    Email: [email protected]

    Medan

    Mr. Ferry Soemardi

    Mobile: +62 811 632 789

    Email: [email protected]

    [email protected]

    Semarang

    AJ Healthcare Consulting

    Tel: (62-24) 351 3004, (62-24) 7058 0594

    Mobile: +62 852 9124 2036, +62 817 6390 430Email: [email protected]

    www.ajbih.com

    Surabaya

    Ms. Lynda Noto

    Tel/Fax: (62-31) 753 2802

    Mobile: +62 852 3145 7333

    Email: [email protected]

    Jangan biarkan ketakutan akan operasi menghalangi

    Anda untuk menikmati hidup yang lebih baik

    Banyak orangmenunda perawatan pinggul atau lutut yang telah usang karena takut akan prosespemulihan yang berkepanjangan. Para spesialis ortopedi kami telahmenemukan solusinya di DorrInstitute of Arthritis di Kalifornia, dimana kebanyakan pasien dapat beridiri dan berjalan kembalidalamwaktu kurang dari sehari setelah operasi. Setahun yang lalu, kami membawa teknologi danteknik ini kembali ke Asia.

    Sekarang, ahli-ahli bedah di Bumrungradmenjalankan bedah lutut dan pingguldengan dibantu oleh model computer 3D dan tangan robot. Manfaatnya luarbiasa. Torehan lebih kecil, sendi lebih selaras, pemulihan lebih cepat dan tidakmenyakitkan, komplikasi pun lebih sedikit.

    Jadi, jangan menunda kembalinya keaktifan Anda. Berkonsultasilah kepadapara spesialis penggantian sendi di Bumrungrad untukmengetahui lebih lanjut.

    Untuk informasi lebih lanjut, dan untuk penjadwalan evaluasi dengan spesialissendi kami,mohon hubungi kantor rujukan Bumrungrad di Indonesia*pada alamatdi bawah ini:

    Gambar komputer 3D sendi yang usangmembantu ahli bedah merencanakan operasi.

    Tangan robot MAKO membantu ahli bedahmempersiapkan sendi yang usang dan dengantepat melaraskan komponen-komponen baru.

    Latihan pemulihan yang telah dikembangkanmengurangi rasa sakit dan mempercepatkembalinya gerakan normal.

    *Badan Independen yang bekerja sama dengan Bumrungrad International

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    14/124

    INOVASI

    LATIHAN menembak tanpa pe-luru sungguhan mungkin dirasakurang gereget untuk kaliber pra-jurit proesional. Tapi berapa ba-

    nyak pelurusekalipun peluru hampaharus dihamburkan untuk mengasah ke-mampuan menembak?

    Kebutuhan Inilah yang melatarbelakangiriset bareng Tentara Nasional Indonesiadan Universitas Surya, Tangerang, Banten.Keduanya mengembangkan prototipe se-napan serbu beramunisi laser untuk asili-tas latihan. Jadi bisa lebih irit sehingga la-

    tihan menembak untuk prajurit bisa dilaku-kan sesering mungkin, kata Kepala Sta TNIAngkatan Darat Jenderal Budiman.

    Senapan ini dipamerkan Budiman de-ngan bangga di markasnya, Senin dua pe-kan lalu. Diklaim bukan cuma mengejaririt, senapan-senapan serbu replika dariSS1 dan SS2 buatan Pindad serta M4 asalAmerika Serikat itu juga canggih karena te-lah ditanamkan data perilaku senapan ser-bu aslinya.

    Hasilnya, bukan cuma ukuran, berat se-napan hingga presisi laser yang disembur-

    TENTARA TERAMPIL CARA IRIT

    kan pun mampu mengikuti trayektori pe-luru asli dari senapan sungguhan. Papansasarannya juga bukan papan sembarang-an karena terkoneksi ke komputer. Nan-ti bisa ketahuan presisi atau tidaknya tem-bakan seorang prajurit, ujar Budiman.

    Direktur Center or Innovative LearningUniversitas Surya, Syailendra Harahap,menjelaskan, riset senapan laser ini su-dah dilakukan sejak enam bulan lalu. Ka-rena replika, senapan dirancang tak bisadigunakan untuk menembakkan amunisi.Gantinya adalah pemancar sinar laser dan

    otak berupa beberapa cip mikro.Cara kerjanya: senapan ditembakkan kesasaran berupa papan berukuran 1 x 1 me-ter yang sudah dipasangi sensor kamerayang bisa menangkap tembakan sinar la-ser. Jika mengenai papan, hasil tembakanakan muncul di layar komputer.

    Syailendra mengatakan senapan inimengadopsi model yang dibuat di Amerika.Namun, dia memastikan, tim juga membuatpengembangan pada kemampuan senapandan papan penerima sinar laser. Misalnya,sebelum memasang sinar laser, tim riset le-

    bih dulu mengukur dan memperhitungkankemampuan tembak dari ketiga jenis sena-pan asli dengan peluru sungguhan.

    Proses senapan menembakkan pelu-ru dan tingkat presisi senjata tersebut se-luruhnya direkam dan datanya dimasuk-kan ke tiap replika. Jadi setiap senapan itupunya karakter masing-masing, kata Sya-

    ilendra. Dia menambahkan, Riset jugakami lakukan pada lasernya sehingga, ke-tika tiga senapan ditembakkan sekaligus,bisa dibedakan satu per satu hasilnya.

    Saat dipamerkan, senapan laser diakuibelum sempurna dan harus disempurna-kan sebelum bisa digunakan. Ihwal nilaipengembangan itu, baik Budiman maupunSyailendra menolak menjelaskan. Tapi,yang jelas, senapan serbu laser ini adalahbagian dari 15 produk riset TNI AngkatanDarat-Universitas Surya beranggaran totalRp 31 miliar.

    Senapan laser hasil riset TNI AngkatanDarat dan Universitas Surya saatpameran hasil riset dan teknologi diMarkas Besar TNI AD.

    14 | | 27 APRIL 2014

    INOVASI

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    15/124

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    16/124

    TEMPODOELOE

    16 | | 27 APRIL 2014

    Artikel lengkap terdapat dalam Tempoedisi13 Februari 1988. Dapatkan arsip digitalnyadi:store.tempo.co/majalah/detail/MC201212120028/apa-salahmu-dewi-cipluk-dewi-cipluk-bayiataubit.ly/1lbzQDA

    13FEBRUARI1988

    DULU setiap war-ga negara berhakmencalonkan dirisebagai presiden

    melalui Majelis Permusyawa-ratan Rakyat. Salah seorangdi antara yang mengambil ke-sempatan itu adalah Rusma-nia, 57 tahun, dari Bandung.Pada 24 Oktober 1986, ia me-layangkan surat kepada presi-den, wakil presiden, dan Ke-

    tua DPR/MPR, yang antaralain menyatakan: ... apabi-la Bapak Soeharto menghen-daki masa pensiun, kami ber-sedia diberi pelimpahan ke-presidenan tersebut melaluiMPR.

    Setahun kemudian, seka-li lagi ia menulis surat, ditu-jukan kepada rakyat Indone-sia, para wakil rakyat di DPR/MPR, Badan Koordinasi Inte-lijen Negara, dan ABRI. Tapitawaran Rusmania yang ke-

    dua itu menurun. Kalau bu-kan presiden, wakil presiden

    ya bolehlah. Bilamana MPRRI menghendaki saya seba-gai Wakil Presiden RepublikIndonesia, keputusan demi-kian itu saya junjung tinggi,tulisnya.

    Siapa Rusmania? Ia meng-aku keturunan Pangeran Di-ponegoro dari pihak ayah, se-dangkan dari pihak ibu ketu-runan Sunan Muriasalah se-orang dari Wali Songo. Lalu ia

    mengangkat diri sebagai Pa-ngeran Diponegoro VI. Ayahlima anak yang berpenampil-an kalem ini mengaku lulus-an sebuah akademi di Yoyapada 1955 dan bekerja di se-buah perusahaan kontraktordi Jakarta.

    Saya mencalonkan diri se-kadar melaksanakan ama-nat Pangeran Diponegoro, le-luhur saya, katanya di ru-mahnya di Jalan Supratman,Bandung. Lalu lelaki kelahir-

    an Kudus, Jawa Tengah, itubercerita. Suatu malam, Ap-

    imena pada 2 Februari 1966

    dan dipertemukan denganBung Karno.Ia juga mengaku sem-

    pat diangkat sebagai mente-ri negara. Bahkan kemudi-an Bung Karno menjanjikanakan mengangkatnya seba-gai Waperdam III mengganti-kan Chaerul Saleh pada 15 Ma-ret 1966. Tapi ia urung dilan-tik, keburu lahir Supersemarpada 11 Maret 1966. Benar-ti-daknya, wallahualam, mes-ki dalam catatan sejarah RItidak pernah terdengar adamenteri negara yang berna-ma Rusmania.

    Pencalonan diri Rusmaniaitu sempat membikin KetuaMPR/DPR Kharis Suhud ter-pingkal-pingkal. Meski begi-tu, ia menganggap hal itu per-lu ditampung. Lho, kan ke-wajiban majelis untuk me-nampung segala macam? Gol-tidaknya nanti, itu soal lain.Lagi pula, itu juga hak dia,kan? Tapi dia itu orang benerapa ndak, ya? Ha-ha-ha, ka-

    tanya lagi, sembari terbahak-bahak.

    Dalam sejarah Orde Baru,ada tiga orang yang berusahamencalonkan diri sebagai ke-pala negara. Pada 1976, mun-cul Sawito Kartowibowomengaku sebagai Ratu Adillalu melancarkan perebutankekuasaan secara spiritual.Dua tahun kemudian tampilDarius Marpaung, bekas ang-gota DPRGR dan MPRS dan to-koh Kesatuan Aksi Buruh In-

    donesia pada 1966. Dan kinigiliran Rusmania.

    Yang menarik, semuanyaberlatar belakang mistik. Sa-wito, sang Ratu Adil, merasamendapat wangsit. Bagai-mana dengan Marpaung? Be-kas pemimpin Kesatuan Pe-gawai Kristen Republik Indo-nesia itu hanya melaksana-kan apa yang muncul dalamdoa.

    ril 1982, ia seperti diba-

    ngunkan leluhurnya,diperintahkan keluardari rumah. Ketika itusaya sadar, jadi bukanmimpi, tuturnya.

    Seperti ada yangmembimbing, ia men-dongak ke langit, danmatanya terasa pedih,terkena debu. Ia masukrumah dan termenung.Ketika itulah, kata dia,Pangeran Diponegoromuncul lagi dan mem-beri amanat, Bangkitdan majulah. Perbaikinasib rakyat, jadilah

    pemimpin bangsa melanjut-kan kepemimpinan dan ke-berhasilan Presiden Soekar-no dan Presiden Soeharto.Ketika ia terbangun keesokanharinya, ternyata Gunung Ga-lunggung meletus, dan abu-nya mengenai mata....

    Rusmania, yang di masa re-volusi sik mengangkat sen-jata di daerah Pati, sempatmenyandang pangkat letnan

    dua. Dia salah seorang yangmenjawab tantangan BungKarno pada 1966. Ketika itu,Bung Karno menantang sia-pa yang sanggup menurun-kan harga akan diangkat jadimenteri. Waktu itu yang men-jawab secara terbuka adalahHadely Hasibuan. Tapi Rus-mania mengaku ia juga meng-ajukan diri, bahkan sempatdipanggil Waperdam II Le-

    PENCALONAN SANG PANGERAN

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    17/124

    ETALASE

    TAK

    SEKADARTERANG

    SENTER merupakan alternatif modernbagi lampu. Di kota-kota besar, alat initetap dibutuhkan meski penerangandari lampu mencukupi. Alat ini biasanya

    menjadi tumpuan dalam kondisi darurat di luargedung, seperti gempa dan banjir, atau di dalamgedung saat arus listrik padam. Senter jugamenjadi andalan untuk kegiatan di luar ruang,

    seperti berkemah atau mendaki gunung. Bisadipesan melalui toko onlineAmazon.com, berikutini enam senter canggih dan unik.

    Ansmann Future 3D PlusSENTER ini bisa bertahan 40 jam, sesuai dengan masa pakaibaterai, dan sinarnya menjangkau 800 meter. Tingkat kecerahannyamencapai 160 lumen. Garansi untuk senter ini tiga tahun.

    HargaUS$ 44

    Ansmann Agent 4SENTER ini biasanya digunakan polisi Eropa.Selain tahan air dan debu, senter dengan lampuLED ini mempunyai kekuatan cahaya yang mampumenjangkau jarak 700 meter. Seri Agent memangdiciptakan untuk profesi khusus. Jatuh dari ketinggiantiga meter pun tidak jadi masalah. Menggunakanbaterai isi ulang, senter ini bergaransi lima tahun.

    HargaUS$ 90

    Surefire T1A TitanHANYA 83 milimeter, ukuran senter ini tak lebihpanjang daripada telapak tangan orang dewasa.Namun tingkat kecerahan cahayanya mencapai100 lumen. Tahan air dan bahannya terbuat darialuminium untuk pesawat ruang angkasa sehinggakekerasannya mendekati berlian. Sangat idealuntuk mendaki gunung dan berkemah.

    HargaUS$ 199

    HargaUS$ 54

    LED Lenser Aviator TorchINILAH senter favorit para pilot. Perusahaan

    Jerman telah mematenkan sistem reektor padasenter ini, yang menggunakan semacam pompacahaya. Dengan sistem ini, senter mampumenghasilkan sinar lebih luas dan terang.

    HargaUS$ 65

    27 APRIL 2014 | | 17

    5.11 Atac A1SENTER bikinan perusahaanAmerika ini dibuat sesuaidengan kebutuhan penegakhukum, militer, dan pemadamkebakaran. Senter ini memilikitiga mode cahaya: tinggi,rendah, dan menyebar.

    LED Lenser P7INILAH senter yang disebut-sebut senter terbaikdi kelasnya. Tahan air, tahan benturan, tak terlalubesar, dan cahayanya kuat. Senter dengan lampuLED ini salah satu yang paling populer di pasar.Cocok digunakan dalam kegiatan alam, sepertiberkemah, berburu, dan mendaki gunung.

    HargaUS$ 75

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    18/124

    D

    ua dari 100 ribu pendudukdi setiap negara menderitatumor otak. Secara seder-hana tumor otak adalah per-

    tumbuhan abnormal sel-seldalam tengkorak. Dunia medis mengenaldua jenis tumor berdasarkan asalnya:primer dan sekunder. Tumor otak primerbersumber dari dalam otak. Tumor otaksekunder atau metastasis tumbuh darisel-sel kanker yang menyebar dari kankerprimer di organ lain (misalnya paru-paru,payudara atau usus besar). Tumor otakprimer dan sekunder dapat menyebabkankematian jika pertumbuhannya tak ter-

    kendali.Dalam sebagian besar kasus, penyebab

    tumor otak tidak diketahui. Tidak adabukti yang menyebutkan cedera, paparanbahan kimia, infeksi virus, pemakaian pon-sel, faktor lingkungan atau stres mentaldapat menyebabkan tumor otak. Namunada beberapa gejala umum yang patutdiwaspadai seperti sakit kepala berulang,mual dan muntah, kejang, dan rasa kantukyang bertambah. Ada juga gejala terlo-kalisasi meliputi mati rasa di lengan ataukaki, kesulitan bicara dan pendengaran,konsentrasi penglihatan yang memburuk,

    hilang ingatan, dan perubahan perilakuyang signifikan.

    Untuk mendiagnosis penyakit tumorotak diperlukan pemeriksaan fisik, klinis,dan neurologis yang komprehensif. Hasildiagnosis menjadi landasan bagi ahli be-dah syaraf untuk merencanakan tindakanoperasi.

    Mengobati tumor otak dan jaringanabnormal (lesi) sekarang semakin mudahdengan penggunaan Gamma Knife. Pasien

    tak harus menjalani pembedahan otak se-cara terbuka dan bisa mengikuti prosedurini sebatas rawat jalan.

    Operasi Gamma Knife yang dipelopori

    Profesor Lars Leksell digunakan massaldi AS sejak era 1980-an. Prosedur medisini memiliki track record keilmuan yangmengesankan. Misalnya saja lebih dari700 ribu kasus pembedahan Gamma Knifedi seluruh dunia dan sekitar 70 ribu pasienmenjalani operasi Gamma Knife setiaptahun.

    Di Asia, Rumah Sakit Gleneagles KualaLumpur salah satu yang bisa membantumenangani kasus-kasus tumor otak begituGamma Knife generasi ketiga yang ter-komputerisasi digunakan pada Juni 2014.Keunggulan mesin ini adalah pencitraandiagnostik yang advance dan perantilunak treatment planning 3D. Kumpulanradiasi sinar gamma secara tepat dikirimpada titik yang fokus dan tunggal untukmembuang sel-sel yang sakit sementarasel-sel sehat terhindar dari penyinaran.

    Dengan Gamma Knife, perawatan mi-nus perdarahan, tidak terasa sakit, dantidak menyebabkan kerontokan rambutkecuali kasus-kasus yang langka. Pasienbisa kembali bekerja sehari pascaoperasiminus efek samping. Pasien asing bisakembali pulang dua hari setelah pembeda-

    han tanpa harus dirawat.Pengobatan Gamma Knife juga bisamenjadi opsi terbaik bagi pasien yangberisiko mengalami komplikasi, pasienyang berisiko tinggi terhadap anestesiatau penderita yang lokasi tumornyasusah diakses.

    Dalam satu dosis pengobatan, pasienharus mengenakan kerangka kepala (headframe) ringan untuk menjalani scanningdan imaging (kombinasi CT scan dan MRI).Begitu semua data terkumpul (jenis danukuran tumor serta lokasi dan jarak daristruktur penting di otak), pasien dalam

    kondisi sadar akan menjalani PerfexionGamma Knife selama 20 menit hinggasatu jam. Keseluruhan prosedur berlang-sung setengah hari, atau hanya 2-3 jam.Selama operasi berlangsung, pasien tidakmerasakan radiasi. Rasa sedikit tidak nya-man timbul dari anestesi lokal.

    Teknologi kedokteran yang makin majumemungkinkan ahli medis mengobati sa-lah satu penyakit yang mematikan ini.

    HS

    D I P R O D U K S I O L E H T I M I N F O T E M P O

    Opsi operasi bagi pasientumor otak bertambah.

    Penggunaan sinar gamma

    bisa membantu secara

    tepat menyingkirkan sel-

    sel sakit.

    Terapi TerkiniTumor Otak

    INFOTEMPO

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    19/124

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    20/124

    KARTUN

    INDIKATOR

    20 | | 27 APRIL 2014

    Ikuti juga pollingIndikator di www.yahoo.co.id.

    INDIKATOR PEKAN INI

    Apakah Anda setuju pembentukan lagi poros

    tengah dalam pemilu presiden tahun ini?

    TOTAL: 593 = 100%

    PADA dasarnya ada tiga alasan mengapa pemilih

    masuk golongan putih atawa golput. Pertama, fak-

    tor administratif, seperti tak terdaftar di tempat pe-

    mungutan suara. Kedua, persoalan individu, semisal

    sakit, tak bisa meninggalkan pekerjaan, dan kenda-

    la geogras. Ketiga, alasan politis, yakni sengaja me-

    lepas tanggung jawab atau hak sebagai pemilih.

    Mencermati dua kali pemilu pasca-reformasi,

    jumlah kelompok ini terus meningkat dan melam-

    paui perolehan suara partai pemenang. Pada Pe-

    milu 1999, persentase golput hanya 10,21 persen.

    Angka golput naik menjadi 23,34 persen dalam Pe-milu 2004, padahal partai pemenang pemilu keti-

    ka itu, Golkar, hanya meraup suara 21,58 persen.

    Angka golput naik lagi dalam pemilu legislatif 2009

    menjadi 29,01 persen, sedangkan perolehan sua-

    ra partai pemenang, yakni Partai Demokrat, hanya

    20,85 persen.

    Berapa besar angka golput pada pemilu tahun

    ini? Peneliti Lingkaran Survei Indonesia, Rully Ak-

    bar, memperkirakan jumlahnya lebih tinggi ketim-

    bang pemilu sebelumnya. Kami memprediksi ang-

    ka golput kali ini mencapai 34,02 persen, kata Rul-

    ly. Padahal PDI Perjuangan, yang menurut hitung

    cepat menjadi juara pemilu kali ini, hanya memper-

    oleh 19,72 persen suara.

    Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahu-

    an Indonesia, Indria Samego, mengatakan jumlah

    orang yang tak memakai hak pilihnya dalam pemi-

    lu legislatif tahun ini cukup tinggi. Alasannya, publik

    tak percaya kepada partai politik. Partai lebih me-

    mihak orang yang punya uang, artis, dan olahraga-

    wan, kata Indria. Padahal kualitas mereka dalam

    politik juga patut dipertanyakan.

    Dalam setiap pemilu, kampanye anti-golput sela-

    lu digaungkan, dari sosialisasi melalui sejumlah to-

    koh dan artis sampai pencerahan via jejaring sosi-al. Politikus Partai Golkar, Agun Gunandjar Sudarsa,

    bahkan meminta polisi menangkap mereka yang

    mengajak golput. Golput itu dipidanakan saja,

    tangkap dan penjarakan, katanya. Namun, kenya-

    taannya, kampanye dan ancaman ini tak membikin

    jumlah kelompok golput surut.

    Jajak pendapat yang dilakukan Tempomenun-

    jukkan masyarakat masih percaya angka golput

    pada pemilu legislatif tahun ini meningkat. Seba-

    nyak 390 dari 593 responden atau 65,8 persen ya-

    kin jumlah golput bertambah. Adapun 176 respon-

    den (29,7 persen) tak yakin angka golput tahun ini

    lebih banyak ketimbang pemilu sebelumnya.

    Golput Juara Bertahan

    Ya390

    (65,7%)

    Tidak176

    (29,7%)

    Tidak tahu27(4,6%)

    Apakah Anda yakin jumlah golput pada

    pemilu legislatif kali ini bertambah?

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    21/124

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    22/124

    SERIBUKATA

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    23/124

    JALAN SALIB. Seorang aktormemerankan Yesus Kristus padaperayaan Pekan Suci Ortodoksdi Bukares, Selasa pekan lalu.Mayoritas Kristen Ortodoks Rumaniamerayakan Paskah pada 20 April lalubersama umat Katolik.

    REUTERS/BOGDAN CRISTEL

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    24/124

    SERIBUKATA

    DOA PINGGIR JALAN. Sejumlah kendaraanmelintas di depan mural di Tanjung Barat, JakartaSelatan, Minggu pekan lalu. Mural tersebutdibuat untuk menyambut ujian nasional, yangdilaksanakan pada 14 April lalu.

    TEMPO/DIAN TRIYULI HANDOKO

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    25/124

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    26/124

    RINGKASAN

    26 | | 27 APRIL 2014

    BEDA PENDAPAT, PENGURUS PPP DIPECAT

    S

    URYADHARMAAli memecat enam pengurus Partai

    Persatuan Pembangunan yang ikut mengajukan mosi

    tak percaya lantaran Ketua Umum PPP itu menghadirikampanye Partai Gerakan Indonesia Raya pada Maret

    lalu.

    Mereka yang dipecat adalah Wakil Ketua Umum dan Ketua Badan

    Pemenangan Pemilu Suharso Monoara, Ketua Pengurus Jawa Barat

    Rahmat Yasin, Ketua Jawa Timur Musyaffa Noer, Ketua Sulawesi Sela-

    tan Amir Uskara, Ketua Sumatera Utara Fadli Nurizal, dan Sekretaris

    Kalimantan Tengah Awaluddin.

    Surat pemecatan sudah ditandatangani oleh Ketua Umum dan

    Wakil Sekjen, kata Wakil Sekretaris Jenderal Syaiullah Tamli-

    ha, Rabu pekan lalu. Menurut dia, gerakan menjatuhkan Menteri

    Agama itu dianggap merusak partai. Kedatangan Suryadharma ke

    kampanye Gerindra itu, menurut Syaiullah, merupakan bentuk

    komunikasi politik.

    Gerakan pendongkelan Suryadharma itu didukung 26 pengurus

    provinsi. Sesuai dengan hasil Musyawarah Kerja Nasional 2013, Pra-

    bowo Subianto, calon presiden dari Gerindra, tak masuk datar tu-

    juh tokoh yang akan disokong PPP. Justru nama Suryadharma dan

    calon presiden dari PDI Perjuangan, Joko Widodo, yang masuk.

    Tapi Suryadharma malah menempel Prabowo. Itu sangat me-

    rendahkan martabat partai, ujar Rahmat Yasin. Suharso menye-

    but keputusan pemecatan oleh Suryadharma itu sepihak karena

    tidak melalui rapat pengurus harian. Wakil Ketua Umum Emron

    Pangkapi menilai pemecatan itu tak sah.

    1980. Perebutan kursi Ketua Komisi VII Dewan PerwakilanRakyat antara unsur NU dan Parmusi.

    1982.Ketua Umum H J. Naro mencoret banyak kaderNU dari kepengurusan tanpa setahu Presiden PPP IdhamChalid dan pengurus lain.

    1983.Idham, dari NU, membentuk pengurus tandingan.

    1984

    - Kelompok Soedardji, kader Parmusi, mengajukanperubahan lambang dari Kabah menjadi bintang, PPPmenerima asas tunggal Pancasila. Naro menolak denganalasan itu keputusan muktamar.

    - NU keluar dari PPP, kembali ke Khittah 1926 sesuaidengan hasil Muktamar 1984 di Situbondo, Jawa Timur.Gerakan ini menggembosi PPP.

    1986.Naro menyusun daftar calon sementara untukPemilu 1987 dengan menggeser kelompok Soedardji.Soedardji membuat daftar tandingan, tapi ditolak MenteriDalam Negeri.

    1987.PPP kehilangan 33 kursi dalam Pemilu 1987.

    1998. PPP gembos lagi karena sebagian besar nahdliyinkeluar untuk mendirikan Partai Kebangkitan Bangsa.

    1999.Hamzah Haz, kader NU, terpilih menjadi KetuaUmum PPP melalui Muktamar IV pada 1999. Diamenggantikan Buya Ismail Hasan Metareum. Hamzahmenekuk calon dari kubu Parmusi, A.M. Saefuddin.

    27 Januari 2002.Kelompok KH Zainuddin Mz.mendeklarasikan Partai Bintang Reformasi. KubuZainuddin menilai penundaan muktamar dari 2003menjadi 2004 adalah cara Hamzah, kala itu WakilPresiden Indonesia, mempertahankan posisinyamenjelang Pemilu 2004.

    2005.Dimotori unsur Parmusi, digelar Silaturahmi

    Nasional di Jakarta pada 25-27 Februari 2005. KelompokBachtiar Chamsyah ingin muktamar dipercepat. Salahsatu alasannya, perolehan suara PPP pada Pemilu 1999dan 2004 terus merosot. Ditolak Hamzah Haz.

    April 2014.Sebanyak 26 pengurus provinsi dan sejumlahpetinggi memberikan mosi tak percaya kepada KetuaUmum Suryadharma Ali karena kehadirannya dalamkampanye Partai Gerindra. Suryadharma menjawabdengan memecat enam motor gerakan pendongkelan.

    SUMBER DIOLAH TEMPO

    Konflik Bersejarah Partai KabahPERSETERUAN bukan barang baru di Partai PersatuanPembangunan. Sejak berdiri pada 5 Januari 1973, PPP

    jatuh-bangun akibat gesekan kepentingan elitenya.

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    27/124

    27 APRIL 2014 | | 27

    ANAK-ANAK ATUT DIUSUT KPK

    KOMISI Pemberantasan Korupsi menyelidiki dugaan pencucian uang oleh Gubernur

    Banten Atut Chosiyah. Tersangka kasus suap kepada mantan Ketua Mahkamah Konstitu-

    si Akil Mochtar dan kasus korupsi itu diduga mengalihkan harta hasil kejahatan kepada ke-

    dua anaknya, Andika Hazrumy dan Andiara Aprilia.

    Harta itu berupa 26 mobil mewah, antara lain merek Maserati, Toyota Vellre, dan Mit-

    subishi Pajero. Andika mempunyai 15 mobil mewah, sedangkan sisanya milik Andiara.

    Kasus ini sedang dalam penyelidikan, kata juru bicara KPK, Johan Budi Sapto Prabowo,

    Kamis pekan lalu. Mobil-mobil akan disita jika Andika dan Andiara menjadi tersangka.

    Andika, kelahiran 1985, adalah anggota Dewan Perwakilan Daerah 20092014, sedang-

    kan adiknya calon anggota legislati dari Partai Golkar dalam Pemilihan Umum 2014. Me-

    nurut Johan, KPK juga menelusuri aset lain berupa tanah dan hotel.

    TIGA TAHUNBUAT EMIR

    MAJELIS hakim Pengadilan Tindak Pi-

    dana Korupsi memvonis politikus Partai

    Demokrasi Indonesia Perjuangan, Ize-

    drik Emir Moeis, tiga tahun penjara dan

    denda Rp 150 juta subsider tiga bulan ku-

    rungan, Senin pekan lalu.

    Hukuman ini lebih ringan dibanding tuntutan jaksa penuntut umum Komisi Pemberan-tasan Korupsi, yakni empat tahun enam bulan penjara dan denda Rp 200 juta subsider

    lima bulan kurungan.

    Sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat periode 19992004 dan 20042009, Emir

    terbukti menerima uang US$ 357 ribu dari PT Alstom Power Amerika dan PT Marubeni Je-

    pang, yang masuk konsorsium Alstom, terkait dengan pembangunan proyek Pembangkit

    Listrik Tenaga Uap Tarahan, Lampung.

    Atas perbuatan itu, Emir dinyatakan melanggar delik dakwaan alternati kedua, yaitu

    Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Ko-

    rupsi sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001. Hal yang mem-

    beratkan Emir adalah ia selaku anggota DPR dinilai tidak mendukung pemerintah yang te-

    ngah giat-giatnya melakukan pemberantasan korupsi.

    MEMINTA MAAF,PANGLIMA TNIDIKRITIK

    GURU besar hukum internasional Uni-

    versitas Indonesia, Hikmahanto Juwa-

    na, mengkritik pernyataan maaf Pang-

    lima TNI Jenderal Moeldoko kepada pe-

    merintah Singapura atas penamaan ka-

    pal perang RI Usman-Harun. Perminta-

    an maaf itu disiarkan televisi Singapura,

    NewsAsia.

    Panglima TNI harus mengklarifikasi-

    nya, kata Hikmahanto, Kamis pekan la-

    lu. Tapi Moeldoko membantah minta ma-

    af. Ia menjelaskan, kata maaf tersebut

    adalah ungkapan sikap Indonesia yang

    tak akan mengubah nama kapal. Takada itu mohon maaf, ucap Moeldoko.

    Singapura memprotes karena kapal

    yang dibeli dari Inggris tersebut diberi

    nama dua prajurit Marinir TNI Angkatan

    Laut, Usman Haji Mohamed Ali dan Ha-

    run Said. Keduanya dihukum mati peng-

    adilan Singapura karena mengebom

    MacDonald House di Orchard Road, Si-

    ngapura, pada 10 Maret 1965. Mereka

    digantung pada 17 Oktober 1968. Se-

    rangan Usman dan Harun dilakukan da-

    lam masa konfrontasi Indonesia dengan

    Malaysia.

    (

    ),

    (

    ,

    )

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    28/124

    Dapatkan diskon hingga 20% dengan

    berlangganan TEMPOSekarang!

    LANGGANAN MAJALAH TEMPO

    SEKARANG DAN NIKMATI HADIAHNYA

    Harga Cover : Rp 35.000,-

    1 tahun : RP 1.450.000,-

    6 bulan : Rp 775.000,-

    Recurring : Rp 120.000,-

    HADIAH LANGSUNG

    1 tahun : Edisi Web + AHA! Aku Tahu 1 tahun

    atau Koran Tempo 6 bulan

    6 bulan : Edisi Web + AHA! AKu Tahu 6 bulan

    atau Koran Tempo 3 bulan

    Recurring : Edisi Web + AHA! Aku Tahu

    Untuk informasi & aplikasi berlangganan:

    Customer Service TEMPO

    Jl.Palmerah Utara II No.201 AA, Jakarta Barat 11480

    Telp. 021-5360409Ext. 9- Fax: 021-53661253- Pin BB: 293627AF / 24E3EB9D, WA: 0812-12220501 / 0812-12220502 / 0812-84133343

    Twitter: @cstempodotco- Email: [email protected] TEMPO Store : http://store.tempo.co/

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    29/124

    GAGASAN calon presiden

    Partai Demokrasi Indonesia

    Perjuangan, Joko Widodo,

    membentuk koalisi kerja pa-

    tut didukung. Selama sepu-

    luh tahun terakhir, kita menyaksikan pe-

    merintah Susilo Bambang Yudhoyono sela-

    lu sibuk melayani urusan jatah-menjatah

    partai koalisi. Jangankan membangun kabi-net kerja, pemerintah perkumpulan par-

    tai itu gagal membangun kabinet eekti,

    apalagi kabinet yang berorientasi semata-

    mata pada rakyat.

    Joko Widodo, yang biasa dipanggil Joko-

    wi, tidak akan begitu mudah mewujudkan

    cita-citanya. Meraih 19 persen suara pemilu

    legislatienam persen di bawah batas mi-

    nimal untuk mencalonkan presidenPDI

    Perjuangan masih harus berkutat menca-

    ri tiket pencalonan presiden. Saat ini baru

    Partai Nasional Demokratdengan suara

    enam persenyang datang menjanjikan berkoalisi. Kalau PDI Per-

    juangan-NasDem tetap berjalan seiring sampai pemilihan presi-den, tiket pencalonan presiden boleh dibilang aman.

    Seandainya koalisi dua partai berbaju nasionalis ini memenangi

    kursi presiden, tentu keduanya masih perlu berpikir memenangi

    program pemerintahan di parlemen yang mayoritas dikuasai se-

    teru politik. Kekuatan mayoritas parlemen di luar PDI Perjuang-

    an-NasDem itu barangkali hanya bisa dijinakkan apabila koalisi

    meraih kemenangan mutlak dalam pemilihan presiden. Seandai-

    nya program pemerintahan yang prorakyat terganjal parlemen,

    pendukung koalisi akan bergerak menekan parlemen. Demokra-

    si tidak mengharamkan unjuk rasa sepanjang tidak melanggar hu-

    kum, meskipun suasana politik akan ingar-bingar. Jangan-jangan

    tekad membangun koalisi kerja yang berorientasi pada rakyat me-

    mang mesti dicapai dengan suasana politik sedikit gaduh.Masih terbuka kesempatan Jokowi menjual gagasan koalisi kerja

    ini kepada partai lain. Partai yang memiliki kader proesional pasti

    akan tertarik bergabung. Bersama Partai NasDem, PDI Perjuangan

    sebenarnya bisa melaju menuju pemilihan presiden. Tapi dalam

    politik segala hal bisa terjadi, termasuk kemungkinan hengkang-

    nya partai baru itu menjelang hari pendataran.

    Dengan niat membangun koalisi kerja, yang kelak diteruskan

    dengan kabinet kerja, kriteria calon wakil presiden PDI Perjuang-

    an pun mesti selaras dengan cita-cita itu. Sang wakil diharapkan

    bisa menutupi kelemahan Jokowi, yang bukan si sempurna ser-

    ba bisa. Ia sukses memimpin Kota Solo. Ia juga memupuk popula-

    ritas ketika memimpin Jakarta, salah satu-

    nya dengan aksi blusukan. Ia pekerja, man

    of action, tapi tak andal mendiskusikan ga-

    gasan.

    Jokowi berasal dari dunia usaha: tajam

    melihat peluang, cepat mengambil kepu-

    tusan, dan piawai meyakinkan orang. Ia

    menguasai ekonomi mikro, tapi lemah

    dalam hal makro. Sejauh ini, ia tidak aktimembicarakan isu-isu internasional. Lan-

    tas siapa calon wakil presiden yang mampu

    mengimbangi kekurangan ini?

    Justru inilah tantangan berat calon pre-

    siden PDI Perjuangan itu. Dari sejumlah

    nama kandidat wakil presiden, belum ada

    yang bisa sekaligus mengatasi dua perso-

    alan yang dihadapi Jokowi: mencari ca-

    lon wakil presiden yang sanggup memasti-

    kan elektabilitas dan menjadi pendamping

    yang tidak bikin repot di belakang hari.

    Survei internal PDI Perjuangan memang

    menyebutkan bekas wakil presiden Jusu Kalla paling mampu

    memperkuat elektabilitas Jokowi. Ia dipercaya masih kuat penga-ruhnya untuk menarik suara Beringin, terutama di Indonesia ti-

    mur. Kalla juga mengerti urusan ekonomi, seperti yang ia tunjuk-

    kan dalam pemerintahan pertama Yudhoyono. Kedekatan Kal-

    la dengan kelompok Islam dipercaya bakal memperkuat Jokowi,

    yang berlatar belakang nasionalis. Di sisi lain, Kalla dikenal tak se-

    lalu ketat memisahkan kepentingan pribadi dan pemerintahan. Ia

    juga bukan tipe pemimpin pemikir. Dalam hal yang terakhir, Joko-

    wi dan Kalla tak saling mengisi.

    Selain Kalla, saat ini yang terlihat sudah merapat ke kandang

    Banteng adalah Partai Kebangkitan Bangsa dengan calon presi-

    den Muhaimin Iskandar atau Mahud Md. Partai Amanat Nasional

    dengan Hatta Rajasa sebagai calon presiden tampaknya lebih me-

    milih berlabuh di markas Partai Gerindra. Dua calon wapres itupun punya plus-minus. Berdasarkan survei, nama-nama ini masih

    di bawah elektabilitas Jokowi-Kalla.

    PDI Perjuangan dan kandidat presidennya harus pandai-pan-

    dai meniti buih. Tekad membentuk pemerintah yang tak bagi-bagi

    kursi harus dipadukan dengan kelihaian memainkan strategi rang-

    kul dan tolak. Semangat mencari wakil presiden untuk memasti-

    kan kemenangan dalam pemilu presiden tak mesti dibarengi de-

    ngan melonggarkan kriteria yang memudahkan masuknya kandi-

    dat dengan rekam jejak buruk. Bila gagasan koalisi kerja ini laku

    dijual, bukan tak mungkin muncul lebih banyak alternati calon

    wakil presiden bagi PDI Perjuangan. BERITA TERKAIT DI HALAMAN 32

    Opini

    MENITI BUIH MENCARI PENDAMPING

    27 APRIL 2014 | | 29

    TEMPO, 21-27 APRIL 2014

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    30/124

    Opini

    DENGAN alasan apa pun, kejahatan terhadap anak tak

    pernah bisa ditenggang, apalagi diabaikan. Jika keja-

    hatan itu mengambil bentuk perundungan seksual, de-

    rajat kebejatannya mencapai batas maksimal. Dan bila

    perundungan seksual itu terjadi di lingkungan sekolah, lembaga

    yang mendapat kepercayaan mendidik dan membina anak, urus-

    annya sungguh-sungguh krusial dan menuntut solusi tuntas.

    Kita memang sedang berbicara tentang aib yang meruak sebuah

    sekolah internasional yang selama ini dianggap terbaik di antara

    111 sekolah sejenis yang beroperasi di Indonesia. Sudah sejak tiga

    pekan lalu sekolah mahal itu jadi bahan perbincangan, terutama

    oleh para orang tua yang anaknya masih menempuh pendidikanawal.

    Di sekolah yang disesumbarkan memiliki sistem pengamanan

    paling ketat itulah seorang anak didik berusia lima tahun dianiaya

    dan dicabuli oleh lebih dari dua penjaga kebersihan. Kejadian itu

    lebih dari sekali, mengambil tempat di jamban sekolah, dan pada

    jam sekolah. Artinya, sekolah sama sekali tidak punya alasan un-

    tuk lepas tangan dan tidak ikut bertanggung jawab atas perbuat-

    an biadab tersebut.

    Ada dua hal yang patut disyukuri dari peristiwa ini. Pertama, ke-

    sanggupan sang anak menceritakan kembali pengalaman trauma-

    tisnya sekaligus mengenali para penganiaya dan pelecehnya. Ke-

    dua, keberanian dan kelugasan orang tua korban membawa kasus

    ini ke ranah publik. Menurut sejumlah survei, banyak kasus seru-

    pa tenggelam karena keluarga, dengan alasan malu, tak bersediamembongkarnya. Akibatnya, para pelaku bebas berkeliaran dan

    mengulangi perbuatannya.

    Sampai saat ini angka kekerasan terhadap anak di Indonesia ma-

    sih bertengger di level atas. Sejak awal tahun sampai saat ini, mi-

    salnya, Komisi Nasional Perlindungan Anak menerima 239 lapor-

    an kekerasan terhadap anak, 52 persen di antaranya merupakan

    kasus perundungan seksual. Sepanjang April hingga pekan keti-

    ga, kepolisian mencatat tujuh laporan orang tua mengenai perun-

    dungan seksual yang menimpa anaknya di sekolah. Angka sebe-

    narnya diperkirakan jauh lebih besar karena sebagian orang tua ti-

    dak berani melapor.

    Skandal perundungan seksual terhadap anak TK ini harus diu-

    rus dengan cara yang sungguh-sungguh dan bertanggung jawab.

    Para pelaku harus dihukum dengan ancaman hukuman maksimal

    karena kejahatan mereka berakibat pada masa depan korban. Se-kolah tidak cukup sekadar menyampaikan rasa prihatin dan me-

    nempuh jalan damai dengan keluarga korban.

    Kepala sekolah memang telah berjanji bekerja sama dengan Ke-

    menterian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kepolisian Republik

    Indonesia untuk mencari solusi. Solusi terbaik adalah membawa

    skandal ini ke ranah hukum. Sekolah itu bisa dijerat pasal berlapis

    dengan menggunakan Undang-Undang Perlindungan Anak, Un-

    dang-Undang Hukum Pidana, dan Undang-Undang Hukum Perda-

    ta sekaligus. Di bawah Undang-Undang Perlindungan Anak saja an-

    caman hukumannya 15 tahun dan denda maksimal Rp 300 juta.

    Kementerian Pendidikan juga tak bisa tinggal diam karena ke-

    menterian inilah yang menerbitkan izin sekolah internasional.

    Menteri Mohammad Nuh tidak perlu sungkan menjatuhkan sank-

    si maksimal, sampai pencabutan izin, bila sekolah itu terbukti abaidan lalai melindungi anak didiknya.

    BERITA TERKAIT DI HALAMAN 78

    IDEALNYA, suatu kompetisi terbuka dan melalui proses

    panjang bisa melahirkan pemenang berkualitas. Namun gam-

    baran ideal ini tidak maujud dalam pelaksanaan pemilihan

    umum legislati untuk memilih 560 anggota Dewan Perwakil-

    an Rakyat periode 20142019, yang digelar pada 9 April lalu.

    Kendati masih dalam proses perhitungan suara sementara oleh

    Komisi Pemilihan Umum, tanda-tanda bahwa para legislator in-

    kumben masih akan tetap berkantor di Senayan semakin kuat. Me-

    nempati nomor urut atas, umumnya mereka meraih suara terba-

    nyak di daerah pemilihan masing-masing. Sebaliknya, dari sejum-

    lah nama yang diusung oleh beberapa lembaga swadaya masyara-

    kat sebagai politikus putih, hanya segelintir yang diperkirakan

    melenggang.

    Ikhtiar majalah ini dengan menyeleksi 6.000 calon anggota le-

    gislati, yang kemudian mengerucut menjadi 11 calon legislator pi-

    lihan Tempo, hanya berhasil mengegolkan dua andalan yang lo-

    los ke gedung Dewan Perwakilan Rakyat. Kembalinya muka-muka

    lama tentu mengganjal harapan publik bahwa akan terjadi perba-

    ikan di lembaga legislati mendatang. Selain tidak menunjukkan

    prestasi ketika menjabat, tak sedikit dari mereka yang tersangkut

    perkara korupsi. Beberapa di antaranya sudah bolak-balik diperik-

    sa Komisi Pemberantasan Korupsi.

    HUKUM SETIMPAL SEKOLAH ABAIPelecehan anak terbongkar di sekolah internasional.Jangan sebatas menghukum pelaku.

    PRODUK GAGAL PEMILU LEGISLATIFAnggota Dewan Perwakilan Rakyat terpilih diperkirakan didominasimuka lama. Politikus putih terganjal minimnya sosialisasi.

    30 | | 27 APRIL 2014

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    31/124

    Jika diungkai, minimnya barisan orang baik yang terpilih men-

    jadi anggota DPR merupakan buah kesalahan partai politik peser-

    ta pemilu. Mereka menggelar karpet merah bagi orang-orang lama

    untuk kembali menjabat. Tak peduli politikus itu berkinerja ala ka-

    darnya dan tersangkut masalah hukum. Kalaupun ada beberapa

    calon yang berkualitas, mereka kurang dijual ke masyarakat.Komisi Pemilihan Umum juga memiliki andil besar menepis pe-

    luang perbaikan kualitas anggota DPR. Komisi ini mengabaikan ke-

    giatan sosialisasi bagi calon legislator. Semestinya, dengan ang-

    garan raksasaRp 16 triliun untuk seluruh tahapan pemilutugas

    menjalankan program sosialisasi bisa lebih dioptimalkan. Minim-

    nya kampanye juga ditandai oleh tingginya angka golongan pu-

    tih, yang mencapai 34 persen, paling tinggi sepanjang sejarah pe-

    milu.

    Kendati sulit berharap para legislator baru itu membawa per-

    ubahan terhadap lembaga DPR mendatang, tetap tidak ada kata

    terlambat bagi partai politik melakukan perubahan sistem rekrut-

    men calon anggota legislati dalam pemilu berikutnya. Partai po-

    litik mesti melakukan seleksi internal secara ketat sebelum me-

    nentukan kandidat yang akan diusung. Harus tidak ada lagi rumus

    bahwa pengurus pusat pasti mendapat nomor urut jadi di setiap

    daerah pemilihan.

    Mekanisme pemilihan awal di setiap daerah pemilihan bisa

    menjadi alternati. Prosesnya dimulai dengan menggelar pemu-ngutan suara atau menggunakan lembaga survei untuk mengukur

    tingkat pengenalan publik setempat terhadap setiap kandidat. De-

    ngan cara ini, diharapkan pada saat pencoblosan masyarakat be-

    nar-benar tahu siapa kandidat yang patut dipilih.

    Komisi Pemilihan Umum semestinya lebih mengoptimalkan

    program sosialisasi setiap calon legislator. Pengalaman buruk dari

    pemilu-pemilu sebelumnya bisa dijadikan pelajaran penting. Tan-

    pa itu, hajatan demokrasi lima tahunan ini hanya akan menjadi

    urusan bisnis sesaat. Politikus yang ingin terpilih tinggal menye-

    bar uang di daerah pemilihannya, setelah itu urusan selesai sam-

    pai pemilu berikutnya.

    BERITA TERKAIT DI HALAMAN 48

    T

    AK ada investasi yang tak berisiko. Makin besar tingkat

    pengembalian (return), semakin tinggi risikonya, dan de-

    mikian pula sebaliknya. Begitulah hukum besi yang ber-

    laku dalam dunia investasi. Siapa pun yang masuk ke da-lamnya harus siap merugi, sebagaimana mereka berharap bisa

    bersukacita ketika menangguk untung.

    Presenter Anugrah Firdaus atawa Ferdi Hasan semestinya tahu

    persis hal itu karena dia bukan investor pemula. Sungguh menga-

    getkan ketika dia melaporkan perencana keuangannya, Liwina

    Hananto, ke polisi dengan tuduhan penipuan. Ferdi menuding Lig-

    wina mengarahkannya ke investasi bodongyang mengakibatkan

    dia menanggung kerugian hingga Rp 12 miliar.

    Dalam kasus itu terlihat bahwa Ferdi secara sukarela mengin-

    vestasikan uangnya ke sejumlah instrumen yang berisiko tinggi.

    Ia bahkan memasukkan kembali hasil investasinya yang besar ke

    berbagai instrumen itu, dan bukan menikmatinya. Ferdi semesti-

    nya tahu persis bahwa kerugian, kecil ataupun besar, merupakanbagian yang tak terpisahkan dari investasi. Lagi pula, dia yang me-

    megang kendali sepenuhnya. Ia yang memutuskan untuk berin-

    vestasi di instrumen yang disarankan Liwina. Karena itu, sung-

    guh aneh jika kemudian Ferdi menyalahkan Liwina atas kerugian

    yang merundungnya.

    Jika harus ditimbang, dalam kesalahan investasi ini kontribu-

    si Ferdi jauh lebih besar ketimbang Liwina. Walaupun demiki-

    an, Liwina tak sepenuhnya bebas dari kesalahan. Ia keliru ketika

    memberikan saran tentang sebuah instrumen investasi yang beri-

    siko tinggi. Sudah menjadi kewajiban seorang penasihat keuangan

    mengecek kelayakan instrumen investasi yang akan disarankan-

    nya kepada klien. Asumsinya jelas: mereka datang ke penasihat ka-

    rena dia dianggap lebih tahu.

    Dalam praktek investasi, penasihat keuangan wajib memberi-

    kan penjelasan seterang-terangnya kepada klien tentang potensikeuntungan dan risiko pada sebuah instrumen investasi. Penasi-

    hat keuangan pun harus tahu persis tujuan investasi klien dan tipe

    mereka dalam berinvestasi, karena hal itu akan menentukan pilih-

    an investasinya.

    Para pemilik uang juga harus diajari mengenali cara berinvestasi

    karena saat ini instrumen investasi sangat banyak. Dari yang kon-

    vensional yang memberikan returnrendah, seperti di perbankan,

    pasar uang, pasar modal, dan sektor riil, sampai yang punya risiko

    tinggi, seperti index trading. Namun ase ini acap dilewati karena

    investor maunya untung besar dalam tempo singkat.

    Dalam kasus Ferdi, Liwina patut diduga juga telah menyalah-

    gunakan posisinya sebagai penasihat keuangan sekaligus account

    executiveatau agen penjualan perusahaan investasi. Sebagai agenganda, Chie Executive Offi cer PT Quantum Magna Financial ini

    bisa meraih dua pendapatan, yakni uang jasa dari klien danfeedari

    perusahaan investasi. Jika terbukti benar, berarti ada conict of in-

    terest pada diri Liwina.

    Melihat banyaknya kasus seperti yang dialami Ferdi, Otori-

    tas Jasa Keuangan seharusnya membentuk satuan khusus untuk

    mengatur praktek jasa penasihat keuangan. Di banyak negara,

    jasa ini diatur dengan ketatsalah satunya oleh otoritas lembaga

    keuangan. Mereka harus memiliki diploma tertentu dan izin ber-

    praktek. Dengan cara itu, otoritas bisa meminimalisasi kasus Ferdi

    versus Liwina. BERITA TERKAIT DI HALAMAN 84

    27 APRIL 2014 | | 31

    HUKUM BESI INVESTASI

    Penasihat keuangan Ligwina Hananto dilaporkan ke polisiatas dugaan penipuan. Semua investasi berisiko.

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    32/124

    32 | | 27 APRIL 2014

    NAMA kongsi politik itu telah disiap-

    kan: Amanat Perjuangan Bangsa. Me-

    nurut rencana, anggotanya Partai De-

    mokrasi Indonesia Perjuangan, Partai

    Amanat Nasional, plus Partai Kebang-

    kitan Bangsa. Petinggi ketiga partai te-

    lah bertemu, konsep kerja sama pun te-

    lah disepakati. Ketiga partai juga sudah merestui pasangan

    Gubernur Joko Widodo dan Hatta Rajasa, Ketua Umum PAN.

    Menurut sejumlah politikus, Jokowi setidaknya sudah se-

    puluh kali bertemu dengan Hatta. Pengurus pusat PDI Perju-

    angan, dipimpin Ketua Puan Maharani dan Sekretaris Jende-

    ral Tjahjo Kumolo, juga secara resmi bertandang ke rumah

    Hatta di Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, pekan sebelum pe-milihan umum legislati 9 April lalu. Perjamuan elite kedua

    partai berlangsung selepas magrib hingga pukul 22.00. De-

    tail rencana koalisi sudah dibicarakan, kata seorang peser-

    ta pertemuan kepada Tempo, Kamis pekan lalu. Petinggi par-

    tai Banteng kemudian juga menemui elite PKB.

    Hasil pemilihan legislati ternyata membuyarkan rencana

    pernikahan politik itu. Suara PDIP, meski memenangi pemu-

    ngutan suara, ternyata jauh di bawah prediksi berbagai lem-

    baga survei. Sebaliknya, dukungan untuk PKB berlipat ganda.

    Suara PAN pun meningkat cukup signikan. Begitu juga per-

    olehan suara partai lain, seperti Partai Gerindra dan Partai Na-

    sional Demokrat, partai baru yang diperkirakan memperoleh

    6,9 persen suara. Posisi tawar tiap partai berubah total.

    Inisiati menggalang koalisi diambil Jokowi segera sete-

    lah hasil hitung cepat diumumkan. Ditemani Tjahjo Kumolo,

    pria 52 tahun ini bertamu ke kantor Ketua Umum Partai Nas-

    Dem Surya Paloh pada Sabtu dua pekan lalu. Menurut Rio

    Capella, sekretaris jenderal partai itu, yang mendampingi

    Surya, Jokowi mengajak partainya bekerja sama memper-

    kuat sistem presidensial yang tidak bergantung pada koalisi

    di Dewan Perwakilan Rakyat. Sembari mengatakan setuju,

    kata Rio, Surya menjawab bersemangat, Saya dukung pe-

    nuh pencalonan Anda.

    Tuan rumah lalu menyebutkan nama yang bisa dipertim-

    bangkan Jokowi menjadi calon wakilnya. Mereka adalah man-tan wakil presiden Jusu Kalla, bekas Gubernur Papua Barna-

    bas Suebu, dan eks Kepala Sta TNI Angkatan Laut Laksamana

    Purnawirawan Tedjo Edhy Purdijatno. Itu hanya usul. Kami

    akan ikut keputusan Jokowi, kata Rio Capella.

    Kedua partaigabungan suara mereka diperkirakan 25,8

    persen, cukup untuk memperoleh tiket pencalonanme-

    nyatakan sepakat bergabung. Belum ada pembahasan pem-

    bagian jatah kursi di kabinet. Target sekarang menang dulu.

    Soal bagi kekuasaan itu alamiah, ujar Rio. Setelah satu jam,

    Jokowi pamit untuk menemui petinggi PKB.

    Di markas PKB, Kalibata, Jakarta Selatan, Jokowi disambut

    LAPORANUTAMA

    KEPUTUSAN PDIP SOAL CALON WAKIL PRESIDEN JOKOWI DITUNGGU PARTAI-PARTAI LAIN.PINTU PENCALONAN TAK TUNGGAL. NAMA JUSUF KALLA DIANGGAP TERKUAT.

    KUTAK-KATIK

    CALONPENDAMPING

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    33/124

    27 APRIL 2014 | | 33

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    34/124

    34 | | 27 APRIL 2014

    Ketua Umum Muhaimin Iskandar, Sekre-

    taris Jenderal Imam Nachrowi, dan Ketua

    Fraksi Marwan Jaar. Dengan suara sembi-lan persen, PKB diharapkan mau bergabung

    untuk memperkukuh posisi pencalonan Jo-

    kowi. Menurut Marwan, pertemuan belum

    membicarakan soal koalisi.

    Marwan menggambarkan, pembicaraan

    kedua pihak sangat santai. Pertemuan satu

    setengah jam di ruang Avatar itu diawali sa-

    lat magrib berjemaah, lalu makan malam

    dengan suguhan nasi kebuli. Tapi, kata Wa-

    kil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Eri-

    ko Sotarduga, usul calon wakil presiden

    membuat kelanjutan hubungan kedua par-

    tai belum diputuskan.

    PKB mengajukan Muhaimin sebagai ca-lon wakil Jokowi. Menurut Ketua PKB Hel-

    my Faishal, Jusu Kalla, mantan Ketua Mah-

    kamah Konstitusi Mahud Md., dan biduan

    dangdut Rhoma Irama juga disodorkan. Na-

    mun peserta pertemuan lainnya menyebut-

    kan PKB mematok Muhaimin plus sejumlah

    kursi menteri sebagai syarat koalisi.

    Tak hanya kepada Jokowi, PKB belakang-

    an menyodorkan syarat yang sama keti-

    ka bertemu dengan Prabowo Subianto, ca-

    lon presiden dari Partai Gerakan Indone-

    sia Raya. Terserah mereka memilih siapa

    sebagai calon wakil presiden, ujar Helmy

    Faishal. PKB, kata dia, akan memutuskandukungan kepada calon presiden yang setu-

    ju dengan skema pembagian kekuasaan itu.

    Saari Jokowi pada hari selanjutnya dila-

    kukan dengan menemui Ketua Umum Par-

    tai Golkar Aburizal Bakrie. Mengumpulkan

    14,3 persen suara, Aburizal menyatakan te-

    tap hendak maju sebagai calon presiden.

    Untuk itu, kata dia, koalisi kedua partai ha-

    nya bisa dilakukan di Senayan. Ia juga me-

    ngatakan Jokowi meminta izin menggan-

    deng Jusu Kalla sebagai calon wakilnya.

    Konerensi pers setelah pertemuan Jo-

    kowi dan Aburizal itu mengejutkan pendu-

    kung Hatta. Karena itu, menurut tiga nara-sumber dari kelompok yang berbeda, me-

    reka menyarankan Hatta menolak keti-

    ka Jokowi meminta waktu bertemu dalam

    rangkaian saari politiknya. Kami sudah

    memegang komitmen dengan Puan, per-

    wakilan resmi PDIP, ujar politikus PAN

    memberi alasan.

    Sebagai gantinya, kubu Hatta meminta

    waktu bertemu dengan Ketua Umum PDIP

    Megawati Soekarnoputri. Kelanjutan koali-

    si akan ditentukan setelah pertemuan ini.

    Hingga Kamis pekan lalu, ketika Megawati

    terbang ke Bali untuk berlibur, permintaan

    bertemu ini belum terlaksana. SedangkanPAN juga mulai membuka pembicaraan

    dengan Gerindraantara lain melalui per-

    temuan Ketua PAN Zulkii Hasan dan Wa-

    kil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Kami

    menyiapkan Amanat Indonesia Raya,

    kata politikus PAN. Meski gabungan suara

    mereka hanya 19,3 persen, politikus kedua

    partai optimistis kursi mereka mencapai

    20 persensyarat pencalonan presiden.

    Koalisi PDIP dengan partai lain nyaris ter-

    tutup. Megawati telah mencoret kemungkin-

    an bergabung dengan Partai Demokrat, Ge-

    rindra, dan Partai Keadilan Sejahtera. Soal

    ini, Wakil Sekretaris Jenderal Hasto Kristi-yanto mengatakan bosnya tak pernah me-

    nyebutkan secara spesik partai yang tidak

    mungkin diajak berkoalisi. Ia berujar, PKS

    dan Gerindra yang justru sejak awal menya-

    takan tak ingin bergabung.

    Kepada Tempo, Jokowi menyatakan ingin

    berkoalisi tanpa dibebani syarat pembagi-

    an jatah kursi menteri. Karena itu, jika ga-

    gal mengajak partai-partai lain, ia meng-

    aku tidak ada masalah bila hanya didukung

    PDIP dan NasDem. Soal calon wakil presi-

    Gambarpasangancalon presidendan wakilpresiden dismartphonedi Jakarta.

    LAPORANUTAMA

  • 7/22/2019 Tempo 21-27 April 2014

    35/124

    27 APRIL 2014 | | 35

    den, ia mengatakan, Semua masih diper-

    hitungkan.

    PINTU pencalonan wakil presiden bagi

    Jokowi sesungguhnya tidak tunggal. Sejakawal, timsering disebut sebagai Tim Se-

    belasyang menyiapkan aneka konsep

    pembangunan bagi mantan Wali Kota Solo,

    Jawa Tengah, itu juga menyusun 19 kriteria

    kandidat RI2. Menurut anggota tim, ke-

    lompok akademikus dan aktivis yang di-

    pimpin mantan pengajar Universitas Indo-

    nesia, Andi Widjajanto, ini memasukkan

    tokoh-tokoh ke kriteria itu, lalu memberi-

    nya skor.

    Skor tertinggi umumnya diperoleh tokoh

    proesional. Mereka yang masuk sepuluh

    besar antara lain Ketua Komisi Pemberan-

    tasan Korupsi Abraham Samad, MahudMd., dan Gubernur Bank Indonesia Agus

    Martowardojo. Ada pula Ketua Unit Kerja

    Presiden Bidang Pengawasan dan Pengen-

    dalian Pembangunan Kuntoro Mangkusu-

    broto dan mantan Gubernur Bank Indone-

    sia Darmin Nasution.

    Jalan lain pencalonan adalah melalui ja-

    jak pendapat. Survei mengukur popula-

    ritas dilakukan Populi Center selama Feb-

    ruari-Maret lalu. Jusu Kalla, 72 tahun, me-

    nempati posisi teratas untuk jalur ini. Po-

    pularitasnya mengungguli Wakil Guber-

    nur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, WaliKota Surabaya Tri Rismaharini, dan Abra-

    ham Samad.

    Pintu terakhir adalah melalui PDIP, ter-

    utama keluarga Megawati. Sejak awal, man-

    tan Kepala Sta TNI Angkatan Darat Jenderal

    Purnawirawan Ryamizard Ryacudu muncul

    sebagai calon kuat. Ia memiliki kedekatan

    khusus dengan keluarga Megawati, karena

    ayahnya merupakan panglima daerah mi-

    liter kepercayaan Sukarno. Ia hampir pasti

    dipasangkan dengan Jokowi jika perolehan

    suara PDIP sesuai dengan target, yaitu 27,02

    persen. Pesaingnya hanya Puan Mahara-

    ni, ujar seorang politikus.Hasto mengatakan PDIP tidak memper-

    timbangkan militer atau sipil dan Jawa atau

    luar Jawa untuk menentukan calon wakil

    presiden Jokowi. Dengan target bisa me-

    nang satu putaran, kata dia, aktor popula-

    ritas calon wakil presiden menjadi krusial.

    Sekretaris Jenderal Tjahjo Kumolo juga me-

    nyatakan usia calon tak lagi menjadi bahan

    pertimbangan.

    Peluang Jusu Kalla, yang menjadi wakil

    presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada

    20042009, pun di atas angin dengan per-

    syaratan itu. Menurut survei Populi Cen-

    ter, yang disewa PDIP, elektabilitas duet Jo-

    kowi-Jusu Kalla stabil pada kisaran 46 per-

    sen. Lembaga ini membuat simulasi empat

    pasangan, yaitu Jokowi-Jusu Kalla, Jokowi-Basuki Tjahaja Purnama, Jokowi-Abraham

    Samad, dan Jokowi-Panglima TNI Jenderal

    Moeldoko.

    Jusu Kalla juga ditopang sejumlah spon-

    sor, antara lain pengusaha Sofan Wanan-

    di dan Jakob Oetama, juga para akademi-

    kus dari Centre or Strategic and Interna-

    tional Studieslembaga pemikir yang ber-

    pengaruh dan punya jaringan internasio-

    nal kuat. Menurut kelompok pendukung

    Puan, beberapa menteri Kabinet Indonesia

    Bersatu II pun telah menyorongkan pemi-

    lik kelompok usaha Bukaka dan Grup Kalla

    ini kepada Jokowi.

    Dengan beberapa pintu pencalonan ini,

    sepanjang pekan lalu kemungkinan pa-

    sangan Jokowi yang beredar di elite PDIP

    berayun cepat. Pada Rabu pagi pekan lalu,misalnya, Hatta, Kalla, dan Ryamizard

    berada d