Template PKM GT 2013 Unand

of 23 /23
USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA AL-HELS ( ALARMED HELM SECURITY ) BIDANG KEGIATAN: PKM-GAGASAN ILMIAH Diusulkan oleh: Mohammad Andreanov 1311512039 Angkatan 2013 Muhammad Azmi Riyan 1311511029 Angkatan 2013 Onny Octaviani Artha 1311511007 Angkatan 2013 Surya Dwi Putra 1311511025 Angkatan 2013 Welly Sri Gustina 1311511013 Angkatan 2013

Embed Size (px)

description

no comment

Transcript of Template PKM GT 2013 Unand

USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

AL-HELS ( ALARMED HELM SECURITY )BIDANG KEGIATAN:

PKM-GAGASAN ILMIAHDiusulkan oleh:

Mohammad Andreanov 1311512039

Angkatan 2013Muhammad Azmi Riyan1311511029

Angkatan 2013Onny Octaviani Artha

1311511007

Angkatan 2013Surya Dwi Putra

1311511025

Angkatan 2013

Welly Sri Gustina

1311511013

Angkatan 2013 UNIVERSITAS ANDALASPADANG2013Pengesahan PKM Gagasan Tertulis1Judul Kegiatan:AL-HELS ( ALARM HELM

SECURITY )

2Bidang Kegiatan:PKM-GT

3Ketua Pelaksana Kegiatan

a. Nama Lengkap:Mohammad Andreanov

b. NIM:13115112039

c. Jurusan:Sistem Komputer

d. Universitas:Universitas Andalas

e. Alamat Rumah dan No Tel./HP:Kampung Duri, Limau Manis

f. Alamat email:[email protected]

4Anggota pelaksana Kegiatan /Penulis:4 orang

5Dosen pendamping

Nama Lengkap dan Gelar:Derisma, M.T.

NIDN:9910006297

Alamat Rumah dan No. Tel/HP:Komplek perumahan Palm Raya Blok C6 Durian tarung Padang,

HP: 085274323236

6Biaya kegiatan total:

a. Dikti:

b. Sumber lain:

7Jangka waktu pelaksanaan:1 Bulan

Padang, 20 Oktober 2013Menyetujui,

Wakil Dekan IIIDr. Tesri Maideliza, M.Sc

NIP. 196405071991031002Ketua Pelaksana Kegiatan

Mohammad AndreanovNIM. 1311512039

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan

Prof. Dr. Novesar Jamarun, MSNIP. 196205061988111001Dosen Pendamping

Derisma, M.T.

NIP. 198204192010122001

Daftar Isi

hal

Halaman Pengesahan 1

Daftar Isi 2

Ringkasan 3

Bagian Inti

1. Pendahuluan 4

2. Gagasan 8

3. Kesimpulan10

4. Daftar Pustaka 11

Lampiran-Lampiran

Lampiran 1. Biodata Ketua dan Anggota12

Lampiran 3. Susunan Organisasi Tim Peneliti dan Pembagian Tugas16

Lampiran 4. Surat Pernyataan Ketua Peneliti16

RINGKASAN

Di zaman era globalisasi sekarang ini perkembangan teknologi tampak maju pesat. Hal ini terbukti pada dunia elektronika yang makin menyebar luas disebabkan pada dunia pendidikan yang sudah mulai mengupas dan melakukan berbagai macam pengujian, sehingga hal tersebut dapat menjadi acuan berkembanganya dunia elektronika. Setiap orang sering merasa khawatir karena makin banyaknya tindak kejahatan yang terjadi dimana-mana, oleh karena itu dalam hal keamanan, mereka sering menggunakan alarm untuk menghindari dari suatu kejadian yang tidak diinginkan. Dengan dasar itulah Penulis mencoba memberi gagasan dan tips-tips menarik tentang Upaya Pengamanan Helm dengan Sensor Alarm dan Pengguna dalam Memilih Helm Yang Baik dan Aman.

Tujuan dari Penulisan ini adalah upaya membuat suatu rancangan alat Alat pengaman helm Menggunakan dengan sensor alarm meng dengan menghasilkan output berupa suara (buzzer) dengan jarak maksimal kurang lebih 1 meter, yang dapat dimanfaatkan sebagai sistem keamanan dengan harga relatif murah. Manfaat dari penulisan ini adalah dapat memberi keamanan helm bagi pengguna kendaraan bermotor. Metode penelitian dan pengumpulan data yang ditempuh oleh penulis dalam menyusun Penulisan Ilmiah ini meliputi dua cara yaitu Studi Pustaka Riset kepustakaan dimana pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mempelajari buku-buku referensi yang berkenaan dengan Penulisan Ilmiah ini serta data dari perkuliahan selama penulis kuliah dan pencarian data-data dari Internet.Studi Lapangan Metode yang dilakukan dengan membuat alat tersebut dan melakukan pengujian alat untuk mendapatkan data-data yang diperlukan.

Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa telah banyaknya kejadian-kejadian yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat tentang pencurian-pencurian helm dan kurang hati-hatinya masyarakat dalam memilih helm, sehingga akibat kecelakaan kecil kendaraan motor saja dapat menimbulkan luka parah pada pengendara motor karena helm yang di pakai tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), begitupun dengan pencurian helm yang sering terjadi dalam masyarakat, seperti di Kampus, pasar, mall, dan tempat umum lainnya. BAGIAN INTI1. Pendahuluan1.1 LATAR BELAKANG

Di zaman era globalisasi sekarang ini perkembangan teknologi tampak maju pesat. Hal ini terbukti pada dunia elektronika yang makin menyebar luas disebabkan pada dunia pendidikan yang sudah mulai mengupas dan melakukan berbagai macam pengujian, sehingga hal tersebut dapat menjadi acuan berkembanganya dunia elektronika. Pada umumnya suatu alat elektronika memiliki potensi yang lebih luas karena hampir semua orang membutuhkannya, contoh kecil untuk keperluan rumah tangga, dikantor dan di lingkungan sekelilingnya. Rangkaian elektronika mempunyai dua jenis dan tipe yaitu analog dan digital, dimana pada tipe analog masih sangat kurang teknologi yang digunakan, karena kurang efisien dan praktis dalam penggunaannya ketimbang dengan tipe digital, selain itu pula yang berjenis digital lebih banyak dijual, bahkan harganya lebih murah. Setiap orang sering merasa khawatir karena makin banyaknya tindak kejahatan yang terjadi dimana-mana, oleh karena itu dalam hal keamanan, mereka sering menggunakan alarm untuk menghindari dari suatu kejadian yang tidak diinginkan. Dengan dasar itulah Penulis mencoba memberi gagasan dan tips-tips menarik tentang Upaya Pengamanan Helm dengan Sensor Alarm dan Pengguna dalam Memilih Helm Yang Baik dan Aman, dimana dalam mengaplikasikan alat ini menggunakan komponen-komponen yang dikenal / sering digunakan antara lain Tranduser ultrasonic, pemancar, dan penerima. Alat ini bisa dipasang di depan pagar atau di depan pintu rumah dengan posisi tersembunyi agar tidak mudah diketahui orang lain. Dalam kasus ini ,penggunaan alarm digunakan pada sebuah helm. Alat ini juga bisa digunakan dalam sistem otomatisasi dengan menggunakan motor DC yang dihubungkan sehingga helm lebih aman, yang dapat digunakan dalam aplikasi sistem keamanan yang lebih canggih yang dihubungkan dengan software di mobile atau komputer dengan komponen yang lebih banyak juga, dan masih banyak juga fungsinya sesuai dengan kebutuhan.

Selain menggunakan alarm untuk pengamanan helm, kami juga memberikan suatu gagasan tentang memilih bagaimana helm yang baik dan aman bagi pengendara sepeda motor, agar pengguna mengendarai sepeda motor lebih aman dan relaks dalam berkendara.

1.2 Masalah dan Pembatasan Masalah

Karena luasnya permasalahan yang dapat dibahas, maka dalam Penulisan Ilmiah ini, Penulis membatasi pokok masalah hanya pada cara kerja dan analisa rangkaian berdasarkan blok dan secara mendetail serta perancangan alat yang memanfaatkan gelombang ultrasonic dimana gelombang ultrasonic tersebut di ubah menjadi suatu besaran listrik yang dapat mengaktifkan dan membunyikan alarm yang hanya terdiri dari sebuah buzzer dengan tegangan arus searah 12 Volt sebagai output. Catu daya yang digunakan dengan tegangan arus searah 12 Volt dengan menggunakan miniatur ruangan sebagai sarana simulasi dengan ukuran 25 x 20 cm yang berjarak 1 meter dari pintu untuk alarm sebagai perangkat keamanan yang dioperasikan pada sebuah pintu rumah.

1.3 Tujuan dan Manfaat Penulisan

Tujuan dari Penulisan ini adalah upaya membuat suatu rancangan alat Alat pengaman helm Menggunakan dengan sensor alarm meng dengan menghasilkan output berupa suara (buzzer) dengan jarak maksimal kurang lebih 1 meter, yang dapat dimanfaatkan sebagai sistem keamanan dengan harga relatif murah.

Manfaat dari penulisan ini adalah dapat memberi keamanan helm bagi pengguna kendaraan bermotor.

1.4 Metode Penelitian

Metode penelitian dan pengumpulan data yang ditempuh oleh penulis dalam menyusun Penulisan Ilmiah ini meliputi dua cara yaitu :

a. Studi Pustaka

Riset kepustakaan dimana pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mempelajari buku-buku referensi yang berkenaan dengan Penulisan Ilmiah ini serta data dari perkuliahan selama penulis kuliah dan pencarian data-data dari Internet.

b. Studi Lapangan

Metode yang dilakukan dengan membuat alat tersebut dan melakukan pengujian alat untuk mendapatkan data-data yang diperlukan.

2. GagasanHelm menjadi salah satu syarat bagi pengendara sepeda motor agar nyaman dalam perjalanan. Baik nyaman dari bahaya yang ada maupun untuk mentaati peraturan lalulintas yang berlaku.

Alarm secara umum dapat didefinisikan sebagai bunyi peringatan atau pemberitahuan. Dalam istilah jaringan, alarm dapat juga didefinisikan sebagai pesan berisi pemberitahuan ketika terjadi penurunan atau kegagalan dalam penyampaian sinyal komunikasi data ataupun ada peralatan yang mengalami kerusakan (penurunan kinerja). Pesan ini digunakan untuk memperingatkan operator atau administrator mengenai adanya masalah (bahaya) pada jaringan. Alarm memberikan tanda bahaya berupa sinyal, bunyi, ataupun sinar.

Fungsi alarm memberitahukan apabila terjadi bahaya dan kerusakan ataupun kejadian yang tidak diharapkan pada jaringan melalui sinyal sehingga memberikan peringatan secara jelas agar dapat diantisipasi.Cara kerja alarm Cara kerja alarm salah satunya adalah dengan sensor sentuh. rangkaian sensor , di sebut sensor karenakan rangkaian tersebut dapat merasakan / menerima suatu perubahan di lingkungan mencakup beberapa aspek tertentu .Misalnya rangkaian sensor cahaya ,rangkaian ini dapat mendeteksi perubahan intensitas cahaya dan Rangakaian sensor infra merah bisamendeteksi adanya sinar infra merah.Tubuh manusia dapat mempengaruhi kinerja dari rangkaian elektronika, hal ini karena tubuh manusia memiliki ion-ion yang bermuatan listrik walaupun sangat kecilsekali.3. KesimpulanBerdasarkan gagasan yang telah kami buat ,yaitu tentang Upaya Pengamanan Helm dengan Sensor Alarm dan Pengguna dalam Memilih Helm Yang Baik dan Aman dapat kita simpulkan bahwa telah banyaknya kejadian-kejadian yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat tentang pencurian-pencurian helm dan kurang hati-hatinya masyarakat dalam memilih helm, sehingga akibat kecelakaan kecil kendaraan motor saja dapat menimbulkan luka parah pada pengendara motor karena helm yang di pakai tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), begitupun dengan pencurian helm yang sering terjadi dalam masyarakat, seperti di Kampus, pasar, mall, dan tempat umum lainnya. Maka dari itu kami memberikan solusi dan upaya-upaya yang telah kami jelaskan pada landasan teori.Saran

Sesuai dengan gagasan-gagasan yang telah kami jelaskan, kami menyarankan kepada pembaca :

Sebelum membeli helm, baiknya bertanyalah kepada yang lebih tau bagaimana helm yang baik dan aman ,serta memilih-milih saat sebelum membeli helm.

Berhati-hati meletakkan helm saat memarkirkan motor.

Apabila memungkinkan, bawalah helm kedalam kantor.

Untuk pengamanan helm dengan sensor alarm, agar selalu mengecek keadaan alarm, apakah berfungsi atau tidak.

Daftar PustakaDirektorat Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.2013.Program Kreativitas Mahasiswa.Jakarta: Dikti.Arthur Beiser. 1999.Konsep Fisika Modern. Terjemahan DR. The Houw Liong.

Jakarta: Erlangga.

Sears, Zemansky. 1971. Fisika untuk Universitas. Jakarta: Penerbit Binacipta.

Sumardjati, Prih. 2008. Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik. Jakarta : DepdiknasTipler, Paul A. 2001.

Lampiran 1. Biodata Ketua dan Anggota A. Identitas Diri

1Nama Lengkap Mohammad Andreanov

2Jenis Kelamin Laki Laki

3Program Studi Sistem Komputer

4NIM1311512039

5Tempat dan Tanggal LahirPadang, 24 November 1995

6E-mail [email protected]

7Nomor Telepon / HP085271623352

B. Riwayat Pendidikan

SDSMPSMA

Nama Instansi SD 005 pekanbaruSMP 13 PekanBaruSMA Handayani

Jurusan --IPA

Tahun Masuk - Lulus2001-20072007-20102010-2013

C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)

NoNama Pertemuan Ilmiah / SeminarJudul Artikel IlmiahWaktu dan

Tempat

1

2

3

D. Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir (dari pemerintah, asosiasi atau institusi lainnya)NoJenis PenghargaanInstitusi Pemberi PenghargaanTahun

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM Gagasan TertulisPadang, 20 Oktober 2013Pengusul,

Mohammad AndreanovNIM. 1311512039

A. Identitas Diri

1Nama Lengkap Muhammad Azmi Riyan

2Jenis Kelamin Laki Laki

3Program Studi Sistem Komputer

4NIM1311511029

5Tempat dan Tanggal LahirPesisir Selatan, 24 September 1994

6E-mail [email protected]

7Nomor Telepon / HP08994666431

B. Riwayat Pendidikan

SDSMPSMA

Nama Instansi SDN 07 Pasar SalidoMTSN SalidoSMAN 2 Painan

Jurusan --IPA

Tahun Masuk - Lulus2001-20072007-20102010-2013

C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)

NoNama Pertemuan Ilmiah / SeminarJudul Artikel IlmiahWaktu dan

Tempat

1

2

3

D. Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir (dari pemerintah, asosiasi atau institusi lainnya)NoJenis PenghargaanInstitusi Pemberi PenghargaanTahun

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM Gagasan TertulisPadang, 20 Oktober 2013

Pengusul,

Tanda tangan

Muhammad Azmi RiyanNIM. 1311511029

A. Identitas Diri

1Nama Lengkap Onny Octaviani Artha

2Jenis Kelamin Perempuan

3Program Studi Sistem Komputer

4NIM1311511007

5Tempat dan Tanggal LahirPayakumbuh, 12 Oktober 1994

6E-mail [email protected]

7Nomor Telepon / HP089651143877

B. Riwayat Pendidikan

SDSMPSMA

Nama Instansi SDN 01 Jopang Mangganti MTSN Padang JapangSMAN 1 Suliki

Jurusan --IPA

Tahun Masuk - Lulus2001-20072007-20102010-2013

C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)

NoNama Pertemuan Ilmiah / SeminarJudul Artikel IlmiahWaktu dan

Tempat

1

2

3

D. Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir (dari pemerintah, asosiasi atau institusi lainnya)NoJenis PenghargaanInstitusi Pemberi PenghargaanTahun

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM Gagasan TertulisPadang, 20 Oktober 2013

Pengusul,

Tanda tangan

Onny Octaviani Artha

NIM. 1311511007

A. Identitas Diri

1Nama Lengkap Surya Dwi Putra

2Jenis Kelamin Laki Laki

3Program Studi Sistem Komputer

4NIM1311511025

5Tempat dan Tanggal LahirPayakumbuh, 24 Juli 1995

6E-mail [email protected]

7Nomor Telepon / HP085263941890

B. Riwayat Pendidikan

SDSMPSMA

Nama Instansi SD PIUSSMPN 1 PayakumbuhSMAN 1 Payakumbuh

Jurusan --IPA

Tahun Masuk - Lulus2001-20072007-20102010-2013

C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)

NoNama Pertemuan Ilmiah / SeminarJudul Artikel IlmiahWaktu dan

Tempat

1

2

3

D. Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir (dari pemerintah, asosiasi atau institusi lainnya)NoJenis PenghargaanInstitusi Pemberi PenghargaanTahun

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM Gagasan TertulisPadang, 20 Oktober 2013

Pengusul,

Tanda tangan

Surya Dwi Putra

NIM. 1311511025A. Identitas Diri

1Nama Lengkap Welly Sri Gustina

2Jenis Kelamin Perempuan

3Program Studi Sistem Komputer

4NIM1311511013

5Tempat dan Tanggal LahirTarantang, 02 Agustus 1995

6E-mail [email protected]

7Nomor Telepon / HP085278282924

B. Riwayat Pendidikan

SDSMPSMA

Nama Instansi SDN 02 Solok Bio-BioMTSN PayakumbuhSMAN 3 Payakumbuh

Jurusan --IPA

Tahun Masuk - Lulus2001-20072007-20102010-2013

C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)

NoNama Pertemuan Ilmiah / SeminarJudul Artikel IlmiahWaktu dan

Tempat

1

2

3

D. Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir (dari pemerintah, asosiasi atau institusi lainnya)NoJenis PenghargaanInstitusi Pemberi PenghargaanTahun

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM Gagasan TertulisPadang, 20 Oktober 2013

Pengusul,

Tanda tangan

Welly Sri Gustina

NIM. 1311511013

Lampiran 3. Susunan Organisasi Tim Peneliti dan Pembagian Tugas

NoNama / NIMProgram

StudiBidang

Ilmu

Alokasi

Waktu

(jam/minggu)Uraian Tugas

1Mohammad Andreanov1311512039Sistem Komputer_

2Muhammad Azmi Riyan

1311511029Sistem Komputer_

3Onny Octaviani Artha

1311511007Sistem Komputer_

4Surya Dwi Putra

1311511025Sistem Komputer_

5Welly Sri Gustina

1311511013Sistem Komputer_

Lampiran 4. Surat Pernyataan Ketua Peneliti

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANUNIVERSITAS ANDALASGEDUNG REKTORAT LIMAU MANIS PADANG - 25163

Telp/PABX : 71181,71175,71086,71087,71699 Fax.71085

http : www.unand.ac.id e-mail : [email protected]

SURAT PERNYATAAN KETUA PENELITI/PELAKSANA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama:Mohammad Andreanov

NIM:1311512039

Program Studi:Sistem Komputer

Fakultas:Teknologi Informasi

Dengan ini menyatakan bahwa usulan PKM Gagasan Tertulis saya dengan judul :AL-HELS ( ALARM HELM

SECURITY )

yang diusulkan untuk tahun anggaran 2014 bersifat original dan belum pernah dibiayai oleh lembaga atau sumber dana lain.

Bilamana di kemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikan seluruh biaya penelitian yang sudah diterima ke kas negara.

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenar-benarnya.

Mengetahui

Pembantu Rektor /Ketua

Bidang Kemahasiswaan

Cap dan Tandatangan

Prof. Dr. Novesar Jamarun, MS

NIP. 196205061988111001Yang Menyatakan

Materai Rp 6.000

Tandatangan

Mohammad AndreanovNIM. 1311512039