Teknik publikasi buku digital

download Teknik publikasi buku digital

of 12

  • date post

    21-Jan-2018
  • Category

    Education

  • view

    164
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Teknik publikasi buku digital

  1. 1. KELOMPOK16 NAMA KELOMPOK : 1. ERLINA RAHAYU L. (07) 2. FEBERTHA RISQI E.A(14) KELAS : X AKL-2
  2. 2. TEKNIK PUBLIKASI BUKU DIGITAL
  3. 3. 1.MEMPERSIAPKAN BUKU YANG AKAN DIPUBLIKASIKAN Ketahui apakah Anda harus menyiapkan naskah atau proposal.Penulis fiksi harus mempersiapkan naskah lengkap, sedangkan penulis non-fiksi harus menulis proposal buku yang meyakinkan.
  4. 4. 2.MEREVISI BUKU YANG AKAN DIPUBLIKASIKAN Revisi Buku Anda.Merevisi buku bahkan lebih sulit daripada menyelesaikannya. Setelah menulis draf lengkap buku Anda, baik novel sejarah maupun thriller, Anda harus merevisinya sehingga novel tersebut berada dalam kondisi terbaik sebelum Anda bawa ke agen atau penerbit.
  5. 5. Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan saat merevisi buku: 1. Pastikan buku Anda tampak semenarik mungkin. 2. Singkirkan setiap kata yang bertele- tele atau berlebihan. 3. Pastikan maksud Anda jelas.Anda harus mencapai tujuan dan mengomunikasikan pesan Anda di akhir buku. 4. Pastikan pikiran Anda sejelas mungkin.
  6. 6. 5. Merevisi buku Anda berdasarkan tanggapan yang diterima. Luangkan waktu untuk menyerap tanggapan yang Anda terima, dan kemudian mulai bekerja. 6. Terakhir, salin dan edit buku Anda.Pastikan naskah Anda bebas dari kesalahan tata bahasa dan tanda baca. Kesalahan ini akan membuat hasil karya Anda tampak tidak profesional dan akan membuat pembaca Anda tidak menghargai kerja keras Anda.
  7. 7. 3.Bekerjalah dengan editor/penerbit Anda akan bekerja sama dengan penerbit dan akan terus merevisi buku tersebut dengan editor di sana. Anda akan bekerja sampai tulisan ini benar, dan kemudian aspek lain dari penerbitan akan diputuskan, seperti kapan dan bagaimana buku itu akan dirilis, dan seperti apa sampul bukunya.
  8. 8. 4.lakukan riset pasar Setelah merasa siap untuk membawa buku Anda kepada agen, melakukan riset pasar perlu dilakukan untuk menemukan bidang Anda. Cari buku di bidang atau aliran Anda atau untuk melihat di mana Anda merasa cocok, dan seberapa baik buku-buku tersebut terjual dan siapa nama-nama besar di bidang Anda. Jika buku Anda tidak cocok dalam satu aliran, teliti beberapa jenis buku yang mirip seperti buku Anda.
  9. 9. 5.tulis surat permintaan Surat tersebut adalah kesempatan Anda untuk memperkenalkan diri kepada agen, untuk membuat agen ketagihan terhadap buku Anda, dan untuk memberi sinopsis singkat dari buku tersebut.
  10. 10. Surat permintaan harus mengikuti format berikut : Paragraf satu : "uraian" tentang buku Anda. Kalimat tersebut harus spesifik, asli mungkin Paragraf dua :sinopsis buku Anda Paragraf tiga : informasi singkat tentang diri anda Paragraf empat :berikan informasi kontak anda. Berterima kasihlah kepada agen tersebut karena telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan hasil karya Anda
  11. 11. 6.Bawa buku Anda ke pasarSetelah Anda telahmenyiapkan paket untuk buku Anda dan buku telah selesai di revisi,buku Anda siap diterbitkan.
  12. 12. 7. Pasarkan buku Anda Setelah mengetahui bahwa buku Anda yang akan dipublikasikan telah tenggelam, Anda perlu bekerja keras memasarkan buku Anda, baik melalui jurnalis, website, Facebook Anda, pembacaan informal, dan dari mulut ke mulut. Lakukan apa yang harus dilakukan untuk mempromosikan buku Anda di luar sana sehingga penjualan Anda tinggi saat buku terpublikasi.