Sulsel Sebagai Potensi Destinasi MICE

download Sulsel Sebagai Potensi Destinasi MICE

of 13

  • date post

    31-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    269
  • download

    1

Embed Size (px)

description

Disampaikan pada seminar MICE prodi MKP tahun 2012

Transcript of Sulsel Sebagai Potensi Destinasi MICE

KESIAPAN INDUSTRI DALAM PENGEMBANGAN KEGIATAN MICE DI SULAWESI

SULAWESI SELATAN sebagai POTENSI DESTINASI MICEolehNico B. Pasaka, MMC1APA KEUNGGULAN SULSEL - MAKASSARsebagaiDESTINASI MICE1. Posisi Makassar sebagai kota destinasi MICE sejak thn. 2006 sebagai urutan ke 6-7 Nasional dan dalam 4 tahun terakhir telah menempat Makassar sebagai urutan ke-4 Nasional.2. Dalam Posisi Geographis Makassar yang sangat strategis berada ditengah.3. Infra struktur yang mendudkung baik, udara, laut, sarana & prasarana yang ada.4. Harga yang reasonable.5. Obyek wisata yang beraneka ragam.6. SDM yang memadai dan cukup tersedia dalam skala tertentu.7. Komunikasi yang sudah mendukung dengan baik.8. MICE equipments yang sudah cukup dan lengkap.9. Venue yang memadai dengan daya tampung yang besar untuk event Nasional dan Internasional. KARAKTERISTIK WISATA MICE1. Peluang kunjungan pesert berulang (repeater)2. Tidak dipengaruhi Sesonality, bisa mmemanfaatkan Low season. 3. Expenditure relative lebih tinggi dibandingkan dengan wisatawan biasa (regular tourist). 4. Multiplier effects lebih tinggi, dampak negative lebih kecil.5. 30% peserta mengikut sertakan spouse. 6. Memasyarakatkan kegiatan-kegiatan INCCA/AKKINDO.7. Membuka munculnya bisines baru bagi tuan rumah. 8. Membantu Daerah dalam peningkatan pemasukan PAD.9. Pengembangan obyek dan atraksi wisata lokal.10. Wahana promosi yang effective (effective membentuk citra). 3FASILITAS & PELAYANAN DI BIDANG MICE1. Izin Usaha Pelaksanaan MICE yakni PCO & PEO.2. Menciptakan event yang dapat ditawarkan.3. Menyediakan dan atau menyewa tempat (venue) untuk melaksanakan kegiatan MICE.4. Mengikuti Tender (Biding) dalam pelaksanaan kegiatan MICE sebagai PCO & PEO.5. Mempunyai batasan tugas2 dalam pelaksanaan MICE sebagai Organizer.6. Dapat bersaing dengan Perusahaan Asing lainnya dalam segala event dalam dan luar negeri.7. Dapat menjalin kerjasama dengan semua mitra usaha kepariwisataan dalam pelaksanaan kegiatan kongres dan konvensi.8. Mencanangkan 12 - 14 DTW MICE di Indonesia berdasarkan sarana dan Prasarana yang tersedia sebagai penunjang MICE yang profesional.

4KEUNGGULAN & TUJUAN CONVENE IN INDONESIA1. Melibatkan banyak komponen Industri Pariwisata yg sangat luas yakni : Akomodasi, Transportasi, Komunikasi, Profesi, Konsumsi, Souvenier, Bank, Hiburan, Gedung Pertemuan (lokasi/venue), Tour Operator, Guide ODTW etc. 2. Dilaksanakan oleh Perusahaan2 atau Corporate Companies.3. Nilai pengeluaran (expenditure) rata-rata wisata Konvensi dan Pameran adalah 7 - 10 kali lipat dibandingkan dengan wisatawan biasa (regular).4. Mengembalikan roda perekonomian melalui Pariwisata yang selama ini mengalami keterpurukan yang disebabkan oleh krisis multi dimensi.5. Mengembalikan Citra Pariwisata Indonesia secara keseluruhan.6. Meningkatkan Pendapatan Devisa Negara dan PAD Daerah.7. Merubah status suatu Daerah Tujuan Wisata (DTW).8. Membina dan mengembalikan kepercayaan investor asing dan membangkitkan kembali perusahaan menengah dan kecil untuk menunjang perekonomian Nasional.9. Lama tinggal (length of stay) relative lebih panjang/lama

5DIMANA POSISI SULAWESIDALAM PENGEMBANGAN WISATA MICEWisata MICE dalam perkebangannya telah menempatkan Makassar dan Manado dalam peta DTW MICE Indonesia sejak 2006.Dalam Program DPP INCCA telah ditetapkan 14 DTW MICE di Indonesia sbb. :

01. JAKARTA 06. MANADO 11. BUKITTINGGI 02. BALI 07. YOGYAKARTA 12. BATAM 03. BANDUNG 08. MEDAN 13. BALIKPAPAN 04. MAKASSAR 09. MEDAN 14. MATARAM05. SURABAYA 10. SOLO

Untuk pengembangan Wisata MICE yang menunjang Kepariwisataan yang bersaing dengan Negara2 tetangga, maka perlu kita sepakati agar Pemerintah dapat mencanangkan 2014 sebagai Tahun Kunjungan MICE Indonesia (Visit Indonesia MICE 2014).

Untuk penetapan DTW MICE harus mempunyai Target yang dapat menjadi pedoman dalam Pengembangan dan Pembangunan Wisata MICE Indonesia.

6INTERAKSI ANTARA PCO & PEO

7PELUANG INDONESIA SEBAGAIMAJOR MICE DESTINATIONKecenderungan pergeseran arus dan volume wisman ke kawasan ASPEC Paradigma baru Indonesia sebagai New Democratic Country.Tersedia destinasi pilihan (primary & secondary cities).Tersedia aneka ragam atraksi (produk).SDM yang profesional melalui usaha PCO dan PEO yang sudah ada di Indonesia (80 perusahaan).Adanya MICE Association (INCCA, INEXCON, ICCA).Fasilitas dan Sarana MICE yang memadai.Dapat bersaing dalam harga.

KENDALA PENGEMBANGAN MICELetak geografis relative jauh dari pasar utama long haul seperti Eropa dan Amerika.Image (citra) akan kondisi keamanan belum pulih.Transformasi dari Sentralisasi ke Desentralisasi.Dukungan aksesibilitas (penerbangan) masih terbatas.Kegiatan Promosi kurang intensif.Kurang gigih melakukan Bidding diberbagai kesempatan.Persaingan yang ketat dengan Negara2 tetangga.Fasilitas, sarana dan peralatan MICE belum merata disetiap destinasi MICE (DTW MICE).

9ARAH KEBIJAKAN PEMERINTAHPengembangan Industri MICE secara terpadu dgn mengedepankan peran swasta dgn memperhatikan aspek lingkungan.Mendorong Industri MICE mampu meningkatkan perolehan devisa bagi Negara dan PAD bagi Daerah.Menjadikan Indsutri MICE sebagai tools dalam memantapkan citra, sebagai destinasi yang Aman, Nyaman dan Menarik di Luar Negeri.Memberdayakan MICE agar mampu memberikan dampak ganda kepada tuan rumah (daerah) yang meningkat Expenditures dan lama tinggal (Length of stays) peserta.Menggalakkan program perjalanan Incentive sebagai segmen yang potensial.Meningkatkan promosi MICE dipasar-pasar utama dan potensial secara selektif berdasarkan skala prioritas.Meningkatkan kemampuan dan profesionalisme SDM dibidang MICE.Keberanian Pemerintah untuk mencanangkan TAHUN MICE INDONESIA 2011 (VISIT INDONESIA MICE 2014) sebagai langkah kesinambungan Visit Indonesia Year 2008 dan Wonderful Indonesia.1012 KEYS TO EFFECTIVE PROFESSIONAL SERVICES MARKETINGKEY 01 : QUALITY IS KINGKEY 02 : BUILDING THE MARKETING ORGANIZATION.KEY 03 : KNOWLEDGE IS POWER.KEY 04 : CHARTING THE COURSE.KEY 05 : THE FIRM CANT BE ALL THING TO ALL PEOPLE.KEY 06 : MAKING AN OFFER CLIENTS CANT REFUSE.KEY 07 : PRICING FOR SUCCESS.KEY 08 : ACCESSIBILITY, ACCESIBILITY, ASSESSIBILITY.KEY 09 : YOU CANNOT COMMUNICATE.KEY 10 : RIDING THE E. TRAIN.KEY 11 : BUILDING MEANINGFUL RELATIONSHIP.KAY 12 : THE FUTURE IS NOW.

11BUSINESSPROMISE ONLY WHAT YOU CAN DELIVER AND DELIVER MORE THEN YOU PROMISED

12

&

TERIMA KASIHTHANK YOU