Suara Merdeka 20 Februari 2014

download Suara Merdeka 20 Februari 2014

of 32

  • date post

    21-Oct-2014
  • Category

    Education

  • view

    7.289
  • download

    43

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Suara Merdeka 20 Februari 2014

1kunjungi kami di : www.suaramerdeka.com m.suaramerdeka.com epaper.suaramerdeka.com

PULAU Karimunjawa mengalami krisis listrik. Halitu menyusul kebijakan penggunaan bahan bakarminyak (BBM) nonsubsidi untuk pembangkit ListrikTenaga Diesel (PLTD) di kepulauan tersebut.

IBU Kota Ukraina kembali membara. Hinggakemarin aparat kepolisian masih terus menghujanipemprotes antipemerintah dengan serangan.

Konsumsi Yogurt Turunkan Risiko Diabetes(Kanal Sehat)

Lodeh Patin Durian, Sensasi Unik Nikmati Buah Durian

(Kanal Kuliner)

INTERNASIONAL

Kiev Kian Membara, 26 Tewas8

NASIONAL

Karimunjawa Krisis Listrik10

KAMIS KLIWON, 20 FEBRUARI 2014 TAHUN 65 NO. 10 TERBIT 32 HALAMAN

MALANG - Lahar dinginerupsi Gunung Kelud yangmenggelontor sejak Selasa(18/2) petang dan malam, telah

meluluhlantakkan sejumlahrumah, persawahan,

dan infrastruktur.Sebanyak 312

warga DusunSelangon, De-sa Pandan-sari, Keca-matan Ngan-tang, Malang,sampai Rabu

(19/2), teriso-lasi.Data yang dihim-

pun Suara Merdeka,kemarin petang menye-

butkan, warga sebanyak itu ter-isolasi karena jembatan yangmenghubungkan dusun itu de-ngan dusun lainnya terputus aki-bat terjangan banjir lahar dingin

Kelud. Mere-ka terisolasi se-jak Selasa ma-lam. Kami cari jaluralternatif untuk mem-berikan bantuan logistikkepada warga yang terje-bak di dusunnya, kata KabidTanggap Darurat BPBD Malang,Bagyo Setyono, kemarin.

312 Warga Terisolasi akibat Lahar Dingin

JAKARTA-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pu-nya tambahan pekerjaan baru lagi. Lembaga antirasuahitu bertanggung jawab untuk mengurus puluhan mobil-mobil mewah yang diduga hasil patgulipat sejumlah ter-sangka korupsi.

Mobil sportseperti Lamborghini, Ferrari, Nissan GTR ataumobil super mewah Bentley dan Rolls Royce, kini menjadihiasan di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).Mobil-mobil tersebut, dan juga belasan mobil mewah lainnyaterparkir rapi di halaman gedung yang beralamat di JalanRasuna Said Kaveling C1 Kuningan Jakarta Selatan itu.

Mobil tersebut merupakan sitaan yang diduga terkaitdengan perkara tindak pidana pencucian uang dengan ter-sangka Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara(LHKPN) milik Wali Kota Tangerang Selatan Airin RachmiDiany, istri Wawan memang tercatat kepemilikan sejumlahmobil mewah.

Rawat Rolls Royce,

Anggarkan Rp 50 Juta

TANGAN Aries Budi Marwantobegitu cekatan untuk membentukabu menjadi sebuah patung. Dosenprogram studi (prodi) Kriya SeniFakultas Seni Rupa dan Desain(FSRD) Institut Seni Indonesia (ISI)Surakarta itu justru bisa meng-hasilkan pelbagai patung dengandebu vulkanik sebagai bahan bakun-

ya. Aries mengemukakan, debu

vulkanik mengandung silika sekitar70 persen. Material silika ini sangatbaik untuk digunakan sebagai bahanutama keramik yang unsurnya terdiriatas bahan silika dan alumina.

Karena tinggi kadar silikanya itupula, debu vulkanik bisa diman-

faatkan untuk bahan baku keramikmaupun digunakan dalam prosesfinishing atau glasir.

Keramik yang dibuat dari debuvulkanis dan lempung hasilnya lebihkuat dan lebih halus. Untuk dijadikanglasir pun, warna yang dihasilkanjuga lebih menawan.

Hebatnya lagi, dari bahan yangdiperolehnya secara cuma-cumadan melimpah ruah, Aries bisamenghasilkan karya seni yang har-ganya cukup mahal.

Patung keramiknya berukuransekitar 30 sentimeter dengan teknikpembuatan paling sederhana dijual-nya seharga Rp 15 juta.

JAKARTA- Tim Pengawas (Timwas) DPR kasusBank Century mengancam akan memanggil paksaBoediono. Sebaliknya pihak istana meradang, upayaitu dinilai sebagai tindakan yang sewenang-wenang.

Polemik tersebut dipicu dengan ketidakhadiranWakil Presiden Boediono yang dipanggil oleh TimwasDPR kasus Bank Century, Rabu (19/2). Untuk kalikeduanya, Boediono yang diperiksa dalam kapasitas-nya sebagai gubernur Bank Indonesia pada 2008,menolak pemanggilan itu.

Timwas Ancam Panggil Paksa Boediono

Rencananya masih ada nama-nama-nama lainnya yang bakalmendaftar sebelum ditutup pada 24Februari 2014 nanti.

Banyak (yang mau daftar). Tapisampai saat ini suratnya belum masuk.Selentingannya sih banyak, kataWakil Ketua Komisi III, Aziz Syam-sudin, di Gedung DPR, Rabu (19/2).

(Ahmad Yani dan Dimyati) bi-cara pada saya, 'Ketua, bagimana ka-lau saya daftar ya? 'Saya bilang, 'Itubagus sepanjang (bisa menjadi)negarawan dan melepaskan atributpartai', kata Aziz menuturkan per-

tanyaan Yani dan Dimyati.Sementara Taslim dan Benny

belum membicarakan soal itu secarakhusus kepada pimpinan Komisi IIIDPR. Menurut Aziz, sebelum merekamenempuh uji kepatutan dan kela-yakan sebagai hakim konstitusi, ma-ka harus mengundurkan diri lebihdulu sebagai anggota DPR. Harusmelepas nomor induk partainya. Iturisiko yang harus ditempuh, ujar dia.

Ketua Fraksi PAN Tjatur SaptoEdy menuturkan, dari partainya sen-diri hingga saat ini belum ada yangmendaftar sebagai kandidat

hakim MK. Dari Fraksi PAN tidakada yang mendaftar, kata KetuaFraksi PAN itu.

Pihak Demokrat membenarkanniatan Benny K Harman untuk men-calonkan diri menjadi hakim konsti-tusi. Hal itu diungkapkan kolegaBenny, Ruhut Sitompul yang menjadiketua kelompok fraksi (kapoksi) diKomisi III. Dia hubungi saya, karenasaya sebagai kapoksi, saya bilang bisasaja, dia bagus, kata Ruhut.

Politikus InginKuasai MK

Jimly Tolak dari Kalangan DewanJAKARTA - Sejumlah politikus Senayan ramai-ramaimendaftar sebagai calon hakim konstitusi. Ada beberapanama yang muncul seperti politikus PPPAhmad Yani danDimyati Natakusumah, Benny K Harman (Demokrat),dan Taslim Chaniago (PAN).

Abu vulkanik akibat erupsi Gunung Kelud membawadampak yang merugikan untuk sektor ekonomi. Namunsiapa sangka, di tangan kreatif abu justru tercipta sebuahkarya seni yang elok dan berharga serta bermanfaat bagilingkungan sekitar.

Warga Manfaatkan Abu Vulkanik Gunung KeludAries Ciptakan Patung dan Keramik

(Bersambung hlm 11 kol 1)

Aries Budi Marwanto SM/d

ok

(Bersambung hlm 11 kol 4)

(Bersambung hlm 11 kol 1)

SM/Antara

CARI DUKUNGAN: Penggagas PansusCentury yang tergabung dalam Tim 9 usaibertemu Adnan Buyung Nasution (dua ka-nan), belum lama ini. Tim 9 mencari dukung-an untuk mendorong agar Wapres Boedionomau hadir dan memberikan keterangan.(30)

LUNCURAN LAHAR : Lahar dingin melewatiJembatan Pondok Agung yang rusak di Siman,Kediri, Jawa Timur, Rabu (19/2). Hujan deras yang mengguyur puncak Gunung Kelud pada Selasa (18/2) sore. (30)

SM/Antara

(Bersambung hlm 11 kol 1)

(Bersambung hlm 11 kol 4)

SM/dok

NASIONAL2KAMIS, 20 FEBRUARI 2014

Telepon Risma, Jokowi Beri Dukungan Moral

SURABAYA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menele-pon Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini untuk memberi dukung-an moral. Dari pembicaraan mereka, Jokowi memastikan Rismatidak akan mundur. Menurutnya, masalah politik yang timbul ituwajar dan pasti ada jalan keluarnya.

Semalam (Selasa malam-Red) saya sudah telepon Bu Risma.Bu Risma itu teman baik saya, kata Jokowi di sela-sela diskusi diUniversitas Paramadina, Jakarta, Rabu (19/2).

Jokowi menganggap tidak ada masalah dengan apa yangdihadapi Risma. Nggak ada masalah. Kalaupun ada, itu kecil danbiasa, ujarnya.

Menurut Jokowi, seorang pejabat publik yang didukung par-pol biasa menghadapi dinamika politik, baik di internal partaiataupun eksternal. Masalah politik biasalah. Setiap problem pastiada jalan keluarnya, ujarnya.

Salah satu penyebab Risma berniat mundur adalah ketidakco-cokan dengan wakilnya, Wisnu Sakti Buana, yang juga ketua DPCPDIP Surabaya. Namun menurut Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo,Risma sudah menerima Wisnu sebagai wakilnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Surabaya M Machmud belummendengar kabar dan tak menerima berkas surat pernyataan peng-unduran diri orang pertama di Surabaya itu. Sampai saat ini tidakada, ujar Machmud.

Hal senada disampaikan Ketua DPD PDIP Jatim Sirmadji.Saya tegaskan, tak benar Risma mundur. PDIPakan menjaganyasampai akhir masa jabatan, tegas Sirmadji. Tak Mau Nyapres

Di sisi lain, Risma mengaku risih kalau ditanya tentangpeluangnya maju ke kancah perpolitikan nasional. Yang diapikirkan sekarang adalah menjalankan tugasnya sebagai walikota dan memikirkan warga Surabaya. Dia tak tertarik memba-has pencapresan.

Seperti ramai diberitakan, Risma dianggap sebagai salah satutokoh yang layak menjadi capres/cawapres dari PDIP selainJokowi. Ndaklah, ndak. Berat lo jadi presiden. Aku nggakmaulah, ucapnya.

Sementara itu, pengamat politik dari FISIP Unair SurabayaHaryadi menyatakan, secara prinsip ketegangan politik antaraRisma dan sejumlah elite PDIPKota Surabaya telah selesai.

Perseteruan dan ketegangan politik itu memuncak ketikaPDIP mengajukan Wisnu Sakti Buana sebagai calon wakil walikota pengganti Bambang DH.Risma sebenarnya tak setujudengan pengajuan Wisnu. Tapi kenyataannya yang diajukan tetapWisnu, katanya.

Untungnya, kata Haryadi, perseteruan politik itu bisadiredam. Secara kelembagaan sudah beres, tapi mungkin se-cara personal ada jarak antara Risma dan sebagian elite PDIPSurabaya, jelasnya.

Kondisi tersebut diduga dimanfaatkan kekuatan politiklain. Parpol lain itu ingin menarik Risma ke pihak mereka danmenjauhkannya dari PDIP. Apalagi, menghadapi ketegangandengan PDIP, Risma bermanuver dengan membangun jejaringpolitik dengan anggota DPRD dari luar partai banteng mon-cong putih.

Iklim politik itu makin ruwet setelah Risma merajuk politikdengan tampil di layar televisi untuk mengungkapkan niatnyamundur. Tapi, kemungkinan mundur itu sangat kecil, mengingatakar persoalannya sudah seles