“SUAMI SIAGA” SEBAGAI UPAYA MEMPERCEPAT PERSALINAN

of 36 /36
USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA JUDUL PROGRAM “SUAMI SIAGA” SEBAGAI UPAYA MEMPERCEPAT PERSALINAN BIDANG KEGIATAN : PKM PENGABDIAN MASYARAKAT Diusulkan Oleh: 1 . Nur Sakti Oktavia 206112085 Tahun 2012 2 . Tri Widayati 206112076 Tahun 2012 3 . Niken Ambarwati 206112093 Tahun 2012 4 . Tiani Zikriani 206112087 Tahun 2012 5 . Anisa Nur Kholifah 206113061 Tahun 2013 STIKES AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH CILACAP TAHUN 2013

Embed Size (px)

Transcript of “SUAMI SIAGA” SEBAGAI UPAYA MEMPERCEPAT PERSALINAN

USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWAJUDUL PROGRAMSUAMI SIAGA SEBAGAI UPAYA MEMPERCEPAT PERSALINANBIDANG KEGIATAN :PKM PENGABDIAN MASYARAKATDiusulkan Oleh:1.Nur Sakti Oktavia206112085 Tahun 2012

2.Tri Widayati206112076 Tahun 2012

3.Niken Ambarwati206112093 Tahun 2012

4.Tiani Zikriani206112087 Tahun 2012

5.Anisa Nur Kholifah206113061 Tahun 2013

STIKES AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH CILACAP TAHUN 2013

DAFTAR ISIHALAMAN KULIT MUKA ........................................................................... i HALAMAN PENGESAHAN ......................................................................... ii DAFTAR ISI ................................................................................................... iii RINGKASAN ................................................................................................. iv

A. BAB 1 PENDAHULUAN ........................................................................ 1

1.1 Latar Belakang ....................................................................... 1

1.2 Rumusan Masalah .................................................................. 2

1.3 Potret, Profil dan Kondisi Khalayak ...................................... 2

1.4 Kondisi dan Potensi Wilayah................................................. 3

1.5 Luaran yang Diharapkan........................................................ 4

1.6 Manfaat Kegiatan................................................................... 4

B. BAB. 2 GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN ................ 5

C. BAB. 3 METODE PELAKSANAAN ....................................................... 7

D. BAB. 4 BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN ......................................... 8

4.1 Anggaran Biaya ...................................................................... 8

4.2 Jadwal Kegiatan ...................................................................... 8

DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN

iii

RINGKASANLatar Belakang: suami siaga yaitu kewaspadaan suami untuk menjaga kesehatan dan keselamatan istrinya yang sedang hamil sampai dengan persalinannya. Suami siaga senantiasa siap memberikan yang terbaik untuk istri dan janinnya, sebagai suami siaga harus siap dan ikhlas untuk memeriksakan istrinya, namun ada beberapa kendala yang sering menjadi alasan suami untuk tidak menemani istrinya saat akan memeriksakan kehamilan, salah satu alasannya adalah karena sibuk bekerja. Padahal dengan adanya suami disamping ibu hamil dapat memberikan efek yang positif, sehingga pada saat persalinan ibu mendapatkan support yang besar dari suami, dan dengan adanya pendamping yaitu suami akan mempercepat proses persalinan.

Rumusan masalah: kurangnya kesadaran dan pengetahuan suami tentang pentingnya mendampingi istri yang sedang hamil sampai dengan proses persalinan. Kurangnya pengetahuan suami tentang manfaat kehadirannya pada saat proses persalinan.

Tujuan penelitian:Meningkatkan pengetahuan suami tentang manfaat mendampingi istri pada saat proses persalinan.

Metode :Metode yang dilaksanakan yaitu metode alih teknologi transfer ilmu dan

Partisipasi aktif dari suami ibu hamil.

Kata Kunci:pentingnya pendampingan istri yang sedang hamil, manfaat pendampingan suami pada saat proses persalinan.

iv

SUAMI SIAGA SEBAGAI UPAYA MEMPERCEPAT PERSALINAN BAB 1. PENDAHULUAN1.1 Latar Belakang dan PermasalahanSuami siaga yaitu kewaspadaan suami untuk menjaga kesehatan dan keselamatan istrinya yang sedang hamil sampai dengan persalinannya. Suami siaga senantiasa siap memberikan yang terbaik untuk istri dan janinnya, sebagai suami siaga harus siap dan ikhlas untuk memeriksakan istrinya, namun ada beberapa kendala yang sering menjadi alasan suami untuk tidak menemani istrinya saat akan memeriksakan kehamilan, salah satu alasannya adalah karena sibuk bekerja. Padahal dengan adanya suami disamping ibu hamil dapat memberikan efek yang positif, sehingga pada saat persalinan ibu mendapatkan support yang besar dari suami, dan dengan adanya pendamping yaitu suami akan mempercepat proses persalinan.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa saat ini kesadaran dan pengetahuan masyarakat terutama suami tentang pentingnya pendampingan istri pada saat memeriksakan kehamilan dan proses persalinan masih kurang. Padahal jika suami mau menemani istri pada saat memeriksakan kandungan akan memberikan efek positif bagi perkembangan psikologis ibu yang otomatis akan berdampak pula bagi kesehatan janin.

Dalam persalinan suami juga memiliki peran penting terhadap kelangsungan proses persalinan, ternyata ibu bersalin yang didampingi oleh suami memiliki potensi pengeluaran janin yang lebih cepat dibandingkan dengan ibu bersalin yang hanya ditemani oleh keluarga atau orang tua. Karena dengan adanya suami mereka merasa lebih bersemangat dan lebih nyaman dalam persalinan. Itu semua menyebabkan proses persalinan berlangsung dengan cepat.

Fenomena yang terjadi adalah suami tidak semuanya siap menjadi suami siaga. Pada saat melakukan pemeriksaan kehamilan ke rumah Bidan, suami tidak bisa menemani karena alasan kesibukan,sehingga kebanyakan suami tidak mengetahui asuhan apasaja yang sudah Bidan berikan terhadap ibu hamil. Ketika proses persalinan ada suami yang tidak mau masuk ke ruang bersalin untuk menemani istrinya karena alasan takut atau tidak tega,padahal dari hasil penelitian yang ada membuktikan bahwa proses persalinan yang ditemani suami lebih cepat mengalami kemajuan persalinan dibandingkan dengan ibu bersalin yang tidak ditemani suaminya.

Padahal seharusnya sebagai suami mereka harus siap siaga menemani istri dalam pemeriksaan kehamilan dan proses persalinan. Program suami siaga yang di usulkan oleh pemerintah sekarang sudah mulai luntur.

Fenomenalunturnyaprogrampemerintahtentangsuamisiagadapat dibuktikan dengan hilangnya iklan mengenai suami siaga,sehingga masyarakat tidak tahu tentang apa itu suami siaga dan kenapa suami harus siaga.

1.2 Rumusan Masalaha. Pemahaman yanga kurang pada suami tentang pentingnya pendampingan pada istrinya.

b. Ketidak tahuansuami tentang manfaat pendampingan pada istri yang bersalin. c. Belum tersedianya panduan atau acara untuki menjadi suami siaga.

1.3 Potret, Profil dan Kondisi Khalayak SasaranTritih Kulon merupakan suatu kelurahan di wilayah kecamatan Cilacap Utara yang terletak di sebelah utara kabupaten Cilacap, yang berjarak 35 km, dengan waktu tempuh 45 menit ke arah utara dari pusat pemerintahan. Di Tritih Kulon terdapat 14

RW yang terdiri dari 6 RT (Rukun Tangga) dan 4536 kepala keluarga.

Rt 04 Rw 11 terletak di dekat daerah Wisata Payau yang berjarak 8 km dari kantor kelurahan. Masyarakat di Rw 11 berjumlah sekitar 326 kepala keluarga, yang terdiri dari 6 Rt. Mayoritas masyarakat RT 4 merupakan pendatang baru dari berbagai daerah. Warganya sebagian besar berprofesi sebagai buruh yang mendapat bayaran 1 minggu sekali. Pekerjaan buruh tersebut yang mendorong mereka tidak berada dirumah dari pagi sampai sore hari, yang membuat mereka tidak dapat menemani istrinya dalam pemeriksaan kehamilan.dalam proses persalinan mereka beralasan tidak tega atau takut dalam mendampingi istri.

Dalam proses persalinan istri sangat membutuhkan pendampingan dari suami, menurut penelitian yang telah ada diperoleh informasi bahwa istri yang bersalin dan didampingi oleh suami, mereka merasa lebih nyaman dan lebih bersemangat dalam bersalin yang menimbulkan proses persalinan berjalan dengan cepat yaitu proses masuknya kala II lebih cepat dibandingkan dengan ibu bersalin yang tidak didampingi oleh suami.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Bapak Jasim Sarkoni selaku ketua Rt 04

Rw 11, diperoleh data bahwa masyarakat di Rt 04 Rw 11 70% warganya berprofresi sebagai kuli bangunan, 10% bekerja sebagai nelayan dan yang lain pergi merantau. Ibu- ibu di Rt 04 Rw 11 ini rata-rata berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kesadaran dan pengetahuan suami tentang pentingnya pendampingan saat pemeriksaan kehamilan dan dalam proses persalinan karena alasan kesibukan.

1.4 Kondisi dan Potensi Wilayah.

Kabupaten Cilacap ini termasuk pusat industri di Jawa Tengah bagian selatan. Ada beberapa industri besar disini selain minyak dan semen ada juga industri pangan, industri gula, industri pengolahan ikan tuna (memang kota ini kota bahari), PLTU dan lain lain. Tetapi ekonomi masyarakat Cilacap yang sesungguhnya bukanlah industri, sebagian besar masyarakat bergantung pada pertanian dan sebagian lainnya bergantung pada hasil laut.

Tritih kulon merupakan salah satu kelurahan dari Kecamatan Cilacap Utara dan masuk dalam wilayah kerja Cilacap Utara 2. Mayoritas penduduk dalam hal ini adalah suami mempunyai mata pencaharian sebagai buruh dan nelayan dengan sistem kerja yang tidak terikat. Selain itu mayoritas suami memilik tingkat pendidika dasar sampai menengah. Sehingga secara waktu mereka bisa mendampingi istrinya yang mau bersalin. Selama ini banyak dari suami yang sudah hadir di Rumah sakit pada saat istrinya akan bersalin. Akan tetapi, dengan alasan takut darah, tidak tega melihat istrinya mengejan, dan alasan lain, mereka lebih memilih menunggu di luar ruangan Bersalin. Hal ini tentunya tidak akan berdampak positif bagi lamanya persalinan pada istrinya. Untuk membuat mereka lebih paham dan siap untuk menjadi pendamping persalinan, maka dibutuhkan persiapan secara fisik dan psikologi bagi mereka. Selama ini belum pernah ada sosialisasi tentang suami siaga secara langsung kepada mereka. Mereka hanya melihat sekilas iklan di televisi terkait suami siaga, sehingga mereka tidak betul betul paham tentang apa peran suami ketika menjadi pendamping persalinan.

1.5 Luaran yang DiharapkanBerdasarkan uraian di atas luaran yang akan dicapai antara lain :

a. Pengetahuan dan kesadaran suami tentang pentingnya pendampingan pada istri dari hamil sampai dengan bersalin.

b. Meningkatkan pengetahuan suami tentang manfaat pendampingan.

c.Meningkatnya jumlah suami yang menjadi pendamping persalinan istrinya

1.6 Manfaat KegiatanManfaat dari diadakannya kegiatan pengabdian ini adalah:

a. Menambah pengetahuan masyarakat sekitar tentang pentingnya pendampingan suami dalam persalinan

b. Meningkatkan kesadaran suami untuk menjadi pendamping persalinan c. Mempercepat persalinan pada ibu

d. Memperkecil angka kematian ibu dan bayi dengan cepatnya proses persalinan.

BAB 2GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARANTritih Kulon merupakan sebuah Kelurahan yang ada di Wilayah Cilacap Utara. Tritih Kulon terdiri dari beberapa Rt, salah satunya Rt 04 Rw 11 yang terletak sekitar 8 km dari kantor kelurahan. Rt 04 ini lokasinya berdekatan dengan daerah wisata Hutan Payau yang sudah sejak tahun 1987, tetapi keberadaannya sudah tidak layak lagi karena sudah banyak fasilitas umum yang dijarah oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Rt 04 Rw 11 terdiri dari 54 Kepala Keluarga, 1 KK rata-rata terdiri dari 4 orang. laki- laki berjumlah 90 orang Perempuan 11 orang. Ibu hamil sekitar 3 orang yang masih berumur

21 minggu, dan rata-rata baru pertama memiliki anak. di wilayah Rt 04 ini masih kental dengan suasana guyub dan gotong royong antar warga.

Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan kepada Bapak Jasim Sarkoni selaku ketua Rt 04 Rw 11, diperoleh data bahwa masyarakat di Rt 04 Rw 11 70% warganya berprofresi sebagai kuli bangunan, 10% bekerja sebagai nelayan dan yang lain pergi merantau. Ibu-ibu di Rt 04 Rw 11 ini rata-rata berprofesi sebagai ibu rumah tangga, sedangkan remajanya sebagian besar pergi merantau ke luar daerah. Pekerjaan buruh yang dilakoni oleh sebagian besar warga memerlukan banyak tenaga, mereka mendapatkan uang bayaran yang diberikan setiap 1 minggu sekali.

Tritih kulon merupakan salah satu kelurahan dari Kecamatan Cilacap Utara dan masuk dalam wilayah kerja Cilacap Utara 2. Mayoritas penduduk dalam hal ini adalah suami mempunyai mata pencaharian sebagai buruh dan nelayan dengan sistem kerja yang tidak terikat. Selain itu mayoritas suami memilik tingkat pendidika dasar sampai menengah. Sehingga secara waktu mereka bisa mendampingi istrinya yang mau bersalin. Selama ini banyak dari suami yang sudah hadir di Rumah sakit pada saat istrinya akan bersalin. Akan tetapi, dengan alasan takut darah, tidak tega melihat istrinya mengejan, dan alasan lain, mereka lebih memilih menunggu di luar ruangan Bersalin. Hal ini tentunya tidak akan berdampak positif bagi lamanya persalinan pada istrinya. Untuk membuat mereka lebih paham dan siap untuk menjadi pendamping persalinan, maka dibutuhkan persiapan secara fisik dan psikologi bagi mereka. Selama ini belum pernah ada sosialisasi tentang suami siaga secara langsung kepada mereka. Mereka hanya melihat sekilas iklan di televisi terkait suami siaga, sehingga mereka tidak betul betul paham tentang apa peran suami ketika menjadi pendamping persalinan.

Oleh sebab itu, penulis merasa perlu untuk melakukan penyuluhan dan pengeluarkan buku panduan cara menjadi suami siaga dan manfaat yang didaptkan oleh suami,istri dan keluarga.

BAB 3METODE PELAKSANAANBerdasarkan analisis permasalahan yang melatar belakangi disusunnyausulan proposalini,timpengusulkegiatanpengabdianmasyarakatberkeinginanmembantu meningkatkan pengetahuan para suami tentang pentingnya pendampingan pada istri saat peoses persalinan.

Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah partisipasi aktif dari tokoh masyarakat sekitar untuk mengumpulkan para suami di Tritih Kulon RT 04

RW 11.

Proses pemberian penyuluhan tentang pentingnya pendampingan suami dalam proses persalinan dimulai dengan melakukan kontrak waktu dengan tokoh masyarakat di Tritih Kulon untuk memfasilitasi kegiatan penyuluhan, dilanjutkan dengan menyebar undangan kegiatan penyuluhan, menyiapkan alat, tempat, dan konsumsi kegiatan penyuluhan, serta melakukan kegiatan penyuluhan. Tahap kegiatan penyuluhan adalah melakukan pre test 20 menit, pemberian materi dan demonstrasi 40 menit, post test 20 menit. Sehingga total waktu yang dibutuhkan 80 menit efektif.

Untuk evaluasi kegiatan dilakukan secara bertahap, yang pertama dilakukan evaluasi pada akhir acara penyuluhan, dengan cara melakukan post test yaitu dengan kuesioner untuk mengetahui sejauh mana pemahaman suami tentang pentingnya pendampingan pada ibu dalam proses persalinan. Selanjutnya akan dilakukan evaluasi tentang capaian partisipasi pendampingan suami pada proses persalinan di kelurahan Tritih Kulon. Terakhir dilakukan evaluasi tentang lama persalinan pada ibu dan angka kejadian kematian ibu ataupun bayi di kelurahan Tritih Kulon.

BAB 4BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN4.1.Anggaran BiayaNOJenis pengeluaranJumlah

1Bahan habis pakai2.972.000

2Peralatan penunjang PKM5.413.500

3Perjalanan1.875.000

4Lain lain100.000

TOTAL10.360.500

4.2. Jadwal KegiatanJenisKegiatanBulan

1234

Sosialisasi

Penyuluhan

PembuatanLaporan

Publikasi

DAFTAR PUSTAKAhttp://www.cilacapkab.go.id/v2/index.php?pilih=hal&id=3LAMPIRAN 1 : Identitas Diri1. KetuaA. Identitas Diri1Nama Lengkap (dengan gelar)Nur Sakti Oktavia

2Jenis KelaminPerempuan

3Program StudiD3 Kebidanan

4NIM206112085

5Tempat dan Tanggal LahirBanjarnegara, 01 Oktober 2013

[email protected]

7Nomor Telepon/HP085647629145

B. Riwayat PendidikanSDSMPSMA

Nama InstitusiSD Muhammadiyah

01/04 BanjarnegaraMTS Negeri

1 SemampirMAN 2

Banjarnegara

JurusanIPA

Tahun Masuk-Lulus2000-20062006-20092009-2012

C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)No.Nama Pertemuan Ilmiah/

SeminarJudul Artikel IlmiahWaktu dan

Tempat

1

2

3

D. Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir (dari pemerintah, asosiasi, atau pemerintah lainnya)

No.Jenis PenghargaanInstitusi Pemberi

PenghargaanTahun

1

2

3

1Nama Lengkap (dengan gelar)Tri Widayati

2Jenis KelaminPerempuan

3Program StudiD3 Kebidanan

4NIM206112076

5Tempat dan Tanggal LahirBanjarnegara, 7 Agustus 1993

[email protected]

7Nomor Telepon/HP087715436691

B. Riwayat PendidikanSDSMPSMA

Nama InstitusiSD N 1 LaranganSMP 2

PagentanMAN 2

Banjarnegara

JurusanIPA

Tahun Masuk-Lulus2000-20062006-20092009-2012

C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)No.Nama Pertemuan Ilmiah/

SeminarJudul Artikel IlmiahWaktu dan

Tempat

1

2

3

D.Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir (dari pemerintah, asosiasi, atau pemerintah lainnya

No.Jenis PenghargaanInstitusi Pemberi

PenghargaanTahun

1

2

3

1Nama Lengkap (dengan gelar)Niken Ambarwati

2Jenis KelaminPerempuan

3Program StudiD3 Kebidanan

4NIM206112093

5Tempat dan Tanggal LahirCilacap, 18 Agustus 1994

[email protected]

7Nomor Telepon/HP083863671726

B. Riwayat PendidikanSDSMPSMA

Nama InstitusiSD Jeruklegi 06SMP

NEGERI 3

KawungantenSMK Makmur 1

Cilacap

JurusanSekertaris

Tahun Masuk-Lulus2000-20062006-20092009-2012

C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)No.Nama Pertemuan Ilmiah/

SeminarJudul Artikel IlmiahWaktu dan

Tempat

1

2

3

D. Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir (dari pemerintah, asosiasi, atau pemerintah lainnya

No.Jenis PenghargaanInstitusi Pemberi

PenghargaanTahun

1

2

3

1Nama Lengkap (dengan gelar)Tiani Zikriana

2Jenis KelaminPerempuan

3Program StudiD3 Kebidanan

4NIM206112087

5Tempat dan Tanggal LahirPurbalingga, 23 Januari 1995

6E-mail

7Nomor Telepon/HP085726566957

B.Riwayat PendidikanSDSMPSMA

Nama InstitusiSDNEGERI1

KrangeanSMP

NEGERI5

PurbalinggaSMA NEGERI 1

Bukateja

JurusanIPS

Tahun Masuk-Lulus2000-20062006-20092009-2012

C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)No.Nama Pertemuan Ilmiah/

SeminarJudul Artikel IlmiahWaktu dan

Tempat

1

2

3

D. Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir (dari pemerintah, asosiasi, atau pemerintah lainnya

No.Jenis PenghargaanInstitusi Pemberi

PenghargaanTahun

1

2

3

1Nama Lengkap (dengan gelar)Anisa Nur Kholifah

2Jenis KelaminPerempuan

3Program StudiD3 Kebidanan

4NIM206113061

5Tempat dan Tanggal LahirPurwokerto, 30 April 1995

[email protected]

7Nomor Telepon/HP085747712532

B. Riwayat PendidikanSDSMPSMA

Nama InstitusiSDN Karangtalun

01SMPN 6

CilacapSMAN 3 Cilacap

Jurusan

Tahun Masuk-Lulus2001-20072007-20102010-2013

C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)No.Nama Pertemuan Ilmiah/

SeminarJudul Artikel IlmiahWaktu dan

Tempat

1

2

3

D. Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir (dari pemerintah, asosiasi, atau pemerintah lainnya

No.Jenis PenghargaanInstitusi Pemberi

PenghargaanTahun

1

2

3

Lampiran 2. Justifikasi Anggaran Kegiatan1. Peralatan PenunjangNOJenis BarangBanyakHarga Satuan

(Rp)Jumlah (Rp)

1Spanduk Penyuluhan2 buah200.000400.000

2Leaflet berwarna glossi55 buah2.500125.000

3Sewa Kursi60 buah4.000240.000

4Buku agenda anggota5 buah20.000100.000

5Undangan Peserta50 buah1.00055.000

6Doorprice10 buah50.000500.000

7Sewa Tempat1 gedung1.500.0001.500.000

8Buku tamu2 buah50.000100.000

9Sewa Sound system1 set750.000750.000

Jumlah3.770.000

2. Bahan Habis Pakai

NOJenis BarangBanyakHarga Satuan

(Rp)Jumlah

(Rp)

1Blocknote50 buah2.700135.000

2Bolpoin (Untuk Peserta)6 Pak12.00072.000

3Map Plastic50 Buah3.500210.000

4Botol60 Ml10 Buah10.000100.000

5Pin Penyuluhan50 Buah8.000400.000

6Kenangan untuk tokoh

masyarakat5 bungkus250.0001.250.000

7Stiker penyuluhan60 buah5.500330.000

8Buku Saku untuk Peserta50 unit9500475.000

Jumlah2.

3. PerjalananNoUraianJumlah

OrangJumlah

Ke LokasiHarga

SatuanJumlah

1Ketua11525.000375.000

2Anggota 111525.000375.000

3Anggota 211525.000375.000

4Anggota 311525.000375.000

5Anggota 411525.000375.000

Jumlah1.875.000

4. Lain-lain

NoUraianJumlah

OrangHarga SatuanJumlah

1Uang

Kebersihan250.000100.000

Jumlah100.000

Lampiran 3. Susunan Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian TugasNo.Nama/NIMProgram

StudiBidang

IlmuAlokasi

Waktu

(jam/minggu)Pembagian

Tugas

1Nur Sakti Oktavia /

206112085D3

KebidananKesehatan15/mgMengkoordina

sikan survey, perijinan dengan

institusi terkait

2Tri Widayati /

206112076D3

KebidananKesehatan10/mgMelakukan

pengambilan data ke partisipan dan pengolahan data

3Niken Ambarwati /

206112093D3

KebidananKesehatan10/mgMelakukan

pengambilan data ke partisipan dan pengolahan data

4Tiani Zikriana /

206112087D3

KebidananKesehatan10/mgMelakukan

pengambilan data ke partisipan dan pengolahan data

5Anisa Nur Kholifah /

206113061D3

KebidananKesehatan10/mgMelakukan

pengambilan data ke partisipan dan pengolahan data

Lampiran 6. Denah Detail Letak Lokasi Mitra KerjaPETA WILAYAH

972.000