Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009

24

Click here to load reader

description

Sriwijaya Post Edisi Cetak

Transcript of Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009

Page 1: Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009

Struktur BaruJemaah Islamiyah

Umar Patek Dulmatin Noordin M Top

Tedy alias Renoalias Mubarok

Nurhasbi alis Nur Said

Arif

Zulkarnaen

Sumber : Gerakan Umat Islam Indonesia (GUII)

Arif disebut sebagai tangan kanan Noordin yang baru.Dia bertugas merekrut anggota baru. Sedangkan Tedy

yang semula tangan kanan Noordin, kini bertugasmelatih anggota membuat bom.

Diduga pelakupengebom bunuh diridi Hotel JW Marriott,Mega Kuningan, Jakarta,Jumat (17/7).

GRAFIS:SRIPO/SYAF, FOTO:IST

SRIWIJAYA POSTSpirit Baru Wong Kito ECERAN Rp 2.000

TERBIT 24 HALAMANSENIN 20 JULI 2009

Pengebom Asal Temanggung

ke halaman 11

SMB IIMakinKetat

Taktik BrilianDIREKTUR PT Holcim MFazri Yulianto mempunyaikesan tersendiri mengenaisosok Timothy.

“Timothy orang yang hu-manis. Kepergiaan beliaumeniggalkan kesan menda-lam,” kata Fazri.

Fazri menyatakan, priayang disapa dengan sebut-an Tim ini dikenal sosokyang disiplin terhadap sum-ber daya manusia di PTHolcim.

“Pak Tim yang memba-ngun SDM Holcim yang pe-

TTTTTimothy Mackayimothy Mackayimothy Mackayimothy Mackayimothy Mackay, Korban Bom (2-Habis), Korban Bom (2-Habis), Korban Bom (2-Habis), Korban Bom (2-Habis), Korban Bom (2-Habis)

Sempat Pimpin Rapatnuh inovatif terhadap kar-yawan,” jelasnya.

Fazri menambahkan, Timsempat melakukan rapatbersama-sama dengan pim-pinan PT Holcim sebelumledakan bom mengoyak tu-buhnya.

“Beliau semalam sempatrapat bersama kami,” ujarFazri yang enggan menye-but lokasi rapat berlang-sung.

Fazri mengatakan, rapatterakhir bersama Timothydi akhir hayatnya berkena-

an dengan masalah pe-ngembangan SDM di PTHolcim.

“Rapat tentang pengem-bangan SDM,” terangnya.

Sementara sopir almar-hum, Fathul, mengaku ka-get saat mendengar suaraledakan di kawasan MegaKuningan, Jakarta, Jumat(17/7) pagi. Ia langsung ber-lari menuju sumber suara.Fathul semakin cemas saatmengetahui ledakan berasal

ke halaman 11

PALEMBANG, SRIPO— Lama memendamrindu, Aprianti (30) ak-hirnya bersua denganRafa di sal anak RSMHPalembang. Satu mo-men mengharukan pa-da pertemuan pertamasejak ia melahirkan bayikembar siam di RS Ar-bain Muaraenim 21 harilalu.

Aprianti tiba di RS-MH, Sabtu (18/7) pukul20.00 dan langsungminta izin dokter jagamasuk ke ruang perawatan. Ia mendapati Rafa tergoleklemah dengan selang infus yang melekat di tubuh.Mengusap pelan kepala Rafa yang banyak bekas luka tu-

Ibunda RafaJumpa Bayinya

■■■■■ Kondisi Mengkhawatirkan Kondisi Mengkhawatirkan Kondisi Mengkhawatirkan Kondisi Mengkhawatirkan Kondisi Mengkhawatirkan

ke halaman 11

PALEMBANG, SRIPO — Sehari sete-lah teror bom di Bandara Sultan Mah-mud Badaruddin (SMB) II Palembang,pengamanan bandara makin diper-ketat, (19/7). Tidak satu pun mobilmaupun kendaraan bermotor yang lu-put dari mirror detector petugas kea-manan. Bahkan barang-barang yangdibawa pengunjung maupun calon pe-numpang dicek dengan metal detector.

“Pemeriksaan dilakukan sejak pagihingga malam. Bahkan kalau biasanyasatu regu dibagi dua shift mulai hari inisatu regu yang berjumlah 13 orang be-kerja dari pagi hingga malam,” kata HHerman, supervisor security Bandara

ke halaman 11

JAKARTA, SRIPO — Jati diripengebom bunuh diri di Hotel JWMarriott, Mega Kuningan, Jakar-ta, dapat diketahui. Pria terse-but bernama Nur Said (35), asalTemanggung, Jawa Tengah, te-man seangkatan Asmar LatinSani, pengebom JW Marriottpada 5 Agustus 2003 lalu.

Identitas pelaku diungkapkanpertama kali oleh Kadiv HumasMabes Polri Irjen Pol Nanan Soe-karna yang menyebutkan polisi dapat me-ngidentifikasi pengebom bunuh diri di Ho-tel JW Marriott. Namun ia hanya menye-but orang itu bernisial N.

“Satu di antara pengebom bunuh diri da-pat diidentifikasi. Saya tidak dapat meng-ungkapkan nama lengkapnya. Inisialnnya,N,” ujar Nanan, di Jakarta, Minggu (19/7).

Nama lengkap pengebom muncul dariketerangan Ketua Umum Gerakan UmatIslam Indonesia (GUII) Habib Abdurrah-man Assegaf. Ia bahkan mengetahuialamat lengkap orangtua Nur Said di Te-

■ Kawan Pelaku Ledakan Marriott I ■ Keluarga Nur Said Belum Percayamanggung dan tanggal lahir sang penge-

bom.“Ia (Nur Said) adalah lulus-

an Pondok PesantrenNgruki 1995, seangkatandengan pengebom Mar-riott sebelumnya, AsmarLatin Sani. Nur punya cita-

cita yang sama, yaitu inginmati syahid.” ujar Abdurrah-

man Assegaf, saat ditemui di ke-diamannya, kawasan Pamulang, Ta-

ngerang Selatan, Minggu.Ditambahkan, data yang diperoleh

intelijen GUII sudah diserahkan kepa-da polisi.

“Kalau kita lihat foto potongan ke-pala yang ditemukan di lokasi le-dakan, sangat mirip dengan NurSaid,” katanya.

Menurutnya, Nur Said memilikihubungan dengan sejumlah pe-laku pengeboman antara lain

KETUA Gerakan Umat Islam Indonesia(GUII) Habib Abdurrahman Assegafkembali menarik perhatian publik. Halitu terkait pernyataannnya tentang pe-ristiwa pengboman di Hotel JW Marriottdan Hotel Ritz-Carlton Jumat (17/7)lalu, yang mengenali detail pelaku bom.

Siapa sebenarnya Habib Abdurrah-man Assegaf? Sebelum mendirikanGUII, Habib Abdurrahman Assegaf ter-masuk anggota Ihwanul Muslimin. Diaterlibat dalam organisasi tersebut sejakdekade tahun 1990-an. Namun seiringperubahan yang terjadi di tubuh Ihwa-nul Muslimin, Abdurrahman memilih

Habib Abdurrahman

Ungkap Bom Marriott II

Habib Abdurrahman Assegaf

D E N G A Nk e s a b a r a nyang tinggidan emositidak ter-pancing, Va-lentino Ros-si berhasilmemenang-kan Moto-GP Jerman,M i n g g u(19/7). Sela-ma menem-puh 30 lap diS a c h s e n -ring, peba-lap Fiat Ya-maha itum e n c a t a twaktu ter-baiknya to-tal 41 menit 21,769 detik.

Dengan tambahan 25angka di balapan seri ke-sembilan ini, posisi the Doc-tor di tangga teratas klase-

SRIPO/SYAHRUL HIDAYAT

DITINGKATKAN — Pasca teror bom dari penelepon gelap sehari sebelumnya, kea-manan di Bandara International SMB II Palembang, ditingkatkan, Minggu (19/7). Petu-gas memeriksa secara ketat setiap kendaraan yang akan masuk ke bandara menggu-nakan mirror detector.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

JENAZAH TIMOTHY — Jenazah Presiden Direktur PT Holcim Indonesia, Timothy D MacKay asalSelandia Baru, salah satu korban ledakan bom di Hotel JW Marriott, Jakarta, dikeluarkan dari rumahduka RS Dharmais, Jakarta Barat, Minggu (19/7). Jenazah Timothy dipulangkan ke Selandia Barumelalui Bandara Soekarno Hatta.

ke halaman 11

men sementara semakinkuat. Ia kini memimpin de-ngan 176 angka.

Valentino Rossi A P

JAKARTA, SRIPO — Panitia turMU di Jakarta meminta fansbersabar dalam menunggu pe-ngembalian uang tiket yang telahmereka bayarkan. Ketua LOCAgum Gumelar menegaskan pi-haknya tidak akan lari dari tang-gung jawab.

“Kami takkan melepas tang-gung jawab. Tapi tolong menger-ti, pengembalian uang tiket itu tidak bisasekejap, dalam waktu seketika, karena ke-rugian yang kami alami teramat besar.”

Agum mengatakan itu saat tampil seba-gai bintang tamu dalam sebuah acara talkshow yang disiarkan langsung oleh stasiuntvOne, Minggu (19/7) malam.

Pihak penyelenggara merugi 30-50 mi-liar rupiah gara-gara Manchester Unitedtidak jadi berkunjung ke Jakarta dan ber-tanding melawan Indonesia All Star pada20 Juli, menyusul pengeboman Hotel JW

Marriott dan Ritz Carlton hari Ju-mat pagi.

“Saya mohon kesabaran mere-ka yang sudah mengeluarkanuang untuk membeli tiket. Kitaakan kembalikan,” sambungAgum yang baru kembali dariKuala Lumpur untuk bertemu de-ngan bernegosiasi dengan pihakMU, yang saat ini sedang berada

di Malaysia.“Kalaupun, katakanlah, saya harus men-

jual aset saya pribadi, itu juga memerlukanwaktu. Yang jelas, saya bertanggung jawabdan takkan lari dari tanggung jawab,” tam-bah mantan komandan Kopassus, mente-ri, dan pernah mencalonkan diri sebagaiwakil presiden itu.

Lain Waktu akan DatangRencana besar kedatangan Manchester

Uang Tiket MU Pasti Kembali■■■■■ Bila Perlu Agum Jual Aset Pribadi Bila Perlu Agum Jual Aset Pribadi Bila Perlu Agum Jual Aset Pribadi Bila Perlu Agum Jual Aset Pribadi Bila Perlu Agum Jual Aset Pribadi

ke halaman 11

ke halaman 11

Noordin M Top PimpinKelompok Sempalan

JAKARTA, SRIPO — Ja-ringan teroris interna-sional Jamaah Isla-miyah (JI) mengala-mi perpecahan in-ternal. Noordin MTop yang didugamenjadi dalang dibalik ledakan bomdi JW Marriott danRitz Carlton me-mimpin kelompok sempalan yang ti-

dak tunduk pada JI induk.“Penting untuk dibedakan antara

Noordin dan JI. Dia memang anggotaJI, tapi selama lima tahun belakangan ini

sudah menjadi ketua kelompok sempalan,di mana ada beberapa anggota JI tapi me-reka tidak tunduk kepada JI sebagai organi-sasi,” kata Direktur International CrisisGroup (ICG) Sidney Jones, Minggu (19/7).

Selain kelompok Noordin, sebagian ke-lompok sempalan lain bergabung denganJamaah Ansharut Tauhid (JAT) pimpinanPengasuh Ponpes Ngruki Abu Bakar Ba’a-syir yang merupakan sempalan MajelisMujahidin Indonesia (MMI). Namun adapula sebagian lain yang tidak setuju de-ngan JAT, ada yang disingkirkan karenadiduga kurang bersih, dan ada yang su-dah tidak aktif lagi.

Sidney memperkirakan, pelaku penge-boman kali ini terkait dengan jaringanNoordin M Top. Tokoh utama paling dibu-ru itu masih sangat berbahaya karena te-rus merekrut orang-orang untuk menjadipelaku aksi pengeboman.

“Kita mencatat bahwa Noordin masihberbahaya karena kelihatannya masihaktif merekrut orang untuk operasi penge-

ke halaman 11

Sidney JonesA P

SRIPO/SYAHRUL HIDAYAT

Aprianti (tengah) bersama suamidan putrinya, Minggu (19/7).

PN/YOGI

Page 2: Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009

SRIWIJAYA POSTSenin 20 Juli 2009 11

Ibunda RafaJumpa Bayinya

dari halaman 1

Sempat PimpinRapat

dari halaman 1

dari Hotel JW Marriott, se-bab, bosnya, Presdir PTHolcim Tbk Timothy Mac-kay, sepengetahuannya se-dang rapat di hotel tersebut.

“Saya parkir mobil di la-pangan. Agak jauh dari ho-tel. Bapak di hotel sejak se-malam karena ada rapat.Dia sempat pulang. Tapi Ju-mat pagi ke situ lagi,” ujarFathul, sopir pribadi Ma-ckay.

Di antara kepulan asap,Fathul kemudian berusahamencari Mackay. Saat itukondisi hotel masih sepi darikerumunan orang yangingin mengetahui ledakan.Beruntung Fathul bisa me-ngenali sang bos yang me-ngalami luka cukup parah.

“Bapak cuma keluar de-ngan celana panjang yangterpotong jadi mirip celanapendek. Bajunya sudahnggak ada. Bapak juga hanyapakai sebelah sepatu, yaitusepatu sebelah kanan. Sayanggak tahu mengapa bisasampai begitu,” katanya.

Menurut Fathur kondisiMackay sangat parah.

“Darah di mana-mana.Yang paling parah mungkindi wajah. Itu (wajah) han-cur,” tambah pria yangmenjadi sopir pribadi Ma-ckay sejak 2004.

Jam TanganFathul mengenali McKay

dari jam tangan yang dike-nakannya. Bentuk fisik, se-perti kepala yang hampirbotak, menjadi ciri lain. Ialangsung merangkul Ma-ckay saat mendapatinya dipelataran depan Hotel JWMarriott.

“Saya lihat ada gambarbapak di televisi. Dia tam-pak sedang memegang ke-palanya. Setelah saya rang-kul, Bapak duduk. Lalu sayatinggal sebentar untuk am-bil mobil,” jelas Fathul.

Selanjutnya tanpa pikirpanjang Fathul segeramemboyong ke Mackay keRumah Sakit Medistra Ja-karta. Namun nyawa bapakdua anak ini tidak dapat di-selamatkan ketika meneri-ma pertolongan medis di RSMedistra.

“Selang beberapa jam ba-ru banyak yang berdatang-an ke RS. Terutama karya-wan Holcim. Kami semuasedih,” kata Fathul.

Kesedihan sangat dalamditunjukkan Lupi, sekreta-ris Mackay, yang ikut me-

ngawal jenazah dari RS Me-distra ke RS Polri. dr Soe-kanto. Air mata seakan takberhenti mengalir. Sayang,Lupi enggan berbagi kese-dihan.

Budi Priawan, Humas PTHolcim Indonesia Tbk, me-ngatakan Mackay adalah so-sok pimpinan yang sederhanadan ramah. Dia selalumenyapa karyawan saat ber-papasan. Perilaku itu dilakukanMackay terhadap karyawandari level apa pun.

“Mulai dari OB (office boy)sampai pimpinan lain,” ujarBudi di tempat yang sama.Ditambahkan Budi, jenazahMackay yang disemayam-kan di rumah duka RS Dhar-mais, Jalan Letjen S Parman,Jakarta, selanjutnya akan di-makamkan di Selandia Ba-ru.

Minggu (19/7) pukul11.00 Timothy akhirnya me-nuju ke pembaringan tera-khir di Selandia Baru. Pele-pasan berlangsung dari ru-mah duka RS Dharmais. Ti-mothy yang terbujur kakudi peti mati berkaranganbunga meninggalkan ru-mah duka dengan iringanisak tangis beberapa karya-wan pabrik semen, PT Hol-cim Indonesia Tbk.

(Persda Network/mun/ade)

sukan jarum, dan men-ciumnya penuh kasih.

“Senang dan lega rasa-nya, tapi tak tega melihat-nya lama-lama,” katanya.

Tak terlukiskan perasaanAprianti melihat Rafa ber-gerak-gerak menyambutkehadirannya. Ini wajar ka-rena ia tak sempat melihathal serupa itu pada Rafi,kembaran Rafa yang me-ninggal, Kamis malam lalu.

“Saya tanya dokter apaboleh berikan ASI ternyatabelum boleh. Mungkin nan-ti kalau kondisinya sudahstabil,” ujarnya, Minggu(19/7).

Aprianti datang ke Palem-bang bersama ibunya, Ma-riam (50) berserta dua anak-nya, Limas (11) dan Chyntia(8). Kedatangannya sekali-gus juga melepas kangenpada suaminya, Edi Irawan(30), yang menunggu Rafa-Rafi sejak awal.

“Luka bekas operasi cesarkemarin masih perih sedi-kit tapi tak apalah,” ujar Ap-rianti.

Ia menuturkan sempattak tahu Rafa dan Rafi diba-wa ke Palembang. Selamapuasa lima hari pasca-

operasi, ibunya mengata-kan bayinya dirawat di RSArbain di ruang terpisah.Aprianti sempat minta su-paya ibunya menggantikanEdi menjaga anaknya, tapiditolak dengan halus.

“Baru setelah saya bolehmakan, ibu menjelaskan ke-adaan sesungguhnya. Sayakaget karena tak sempatmelihatnya, sedih kemarinRafi pulang sudah mening-gal,” katanya.

Belum ada penjelasan res-mi dari tim dokter RSMHPalembang mengenai kon-disi Rafa sepeninggal Rafi.Dokter menyebut kondisi-nya pasang surut, kadangbaik kadang buruk. Berda-sarkan penuturan Edi, Rafamengalami penurunankondisi kesehatan yang cu-kup mengkhawatirkan tigahari ini.

Asupan susu buat Rafa di-hentikan sejak kemarin ma-lam karena ia menolak.Kondisi ini pernah dialamiRafi. Rafa yang sebelumnyatak diberi bantuan trombo-sit sebagaimana Rafi, seka-rang cukup bergantung pa-da keping darah merah itu.

Sudah dua kantong trom-bosit dan satu kantong seldarah merah diberikan ke-pada Rafa. Dan, rencananyasemalam Rafa kembali dibe-ri sekantong trombosityang berfungsi mengang-kut sari makanan dan oksi-

gen ke sel-sel tubuh.“Melihat kondisinya me-

mang mirip Rafi, sulit bert-ahan. Kami tak putus asa,terus berusaha dan ber-doa,” kata Edi.

Keluarga sederhana yangtabah dan penuh humor,begitu kesan yang merekatunjukkan selama menung-gu di koridor ruang pera-watan RSMH Palembangkemarin siang. Keluargabesar dari Alang-alang Le-bar juga datang. Edi seseka-li menggoda Aprianti de-ngan menyebut suka meli-rik perawat.

Ini bukan kali pertama Edidan Aprianti diuji dengankesehatan anak. Putra su-lungnya, Limas, pernah kenaamenia (kurang darah) sejakumur setahun dan mestiperiksa dua minggu sekali.Sekali konsultasi ke dokterbayar Rp 150 ribu.

“Karena sudah langgan-an berobat turun jadi Rp 75ribu. Ini kami jalani sampaiLimas masuk TK. Tak tahubagaimana, anemia itu hi-lang sendiri,” kata Aprianti.

Aprianti terhitung malamitu menemani Edi menung-gu Rafa di RSMH Palem-bang, sedangkan Limas danChyntia pulang ke tempatsaudaranya Edi. Mereka be-lum memutuskan sampaikapan Aprianti dan dua a-naknya tinggal di Palem-bang. (ahf)

SMB II Palembang, kepadaSripo, Minggu (19/7) sore disela-sela pemeriksaan ken-daraan yang hendak masukke bandara.

Menurutnya, memangbaru kali ini pemeriksaansebelum masuk pintu parkirbandara dilakukan. Satu re-gu jaga dibagi dua, sebagi-an ada yang berjaga-jaga diterminal baik kedatanganmaupun keberangkatan.Sedangkan lainnya berjagadan melakukan pemeriksa-an terhadap kendaraanyang hendak melalui pintuparkir masuk bandara.

“Biasanya kan dua shiftmasuk pukul 06.00 dan pu-lang pukul 14.00. Atau ma-suk pukul 13.00 pulang pu-kul 21.00. Mulai sekarangselama seminggu ke depanakan diubah. Seluruh secu-

rity masuk pukul 06.00 danpulang pukul 21.00,” kata-nya.

Ditambahkan Herman,hanya waktu istirahat sajayang diatur antara securityyang satu dengan yang lain-nya. Ada waktu untuk ma-kan siang dan menunaikansalat. Selain itu, masing-ma-sing di-rolling jika sudah be-kerja dua jam memeriksakendaraan.

Herman juga bersyukurhingga sore kemarin, Ming-gu (19/7) belum ditemukanpengunjung atau barangyang mencurigakan. Sehing-ga keamanan bandara masihtetap kondusif. Kemacetankendaraan yang menumpukakibat pemeriksaan secaradetil pun sudah tidak sepertihari sebelumnya. Hanya adakemacetan kendaraan se-panjang 300 meter selamasatu jam antara pukul 09.00hingga pukul 10.00.

Hal itu karena memangjadwal penerbangan yangpadat dan banyaknya ken-daraan pengunjung atau

calon penumpang yangmelintas. Namun, tidak adalagi calon penumpang yangsampai harus berjalan kakiseperti yang terjadi, Sabtu(18/7).

DitelusuriDirektur Reserse Krimi-

nal (Dirreskrim), KombesPol Artsianto Darmawansaat dihubungi Sripo mela-lui ponsel mengatakan bah-wa pihaknya terus menin-daklanjuti isu teror bomSMB II.

“Kita melakukan penye-lidikan terkait dengan o-rang yang melakukan terorbom di bandara kemarin,”kata Artsianto.

Menurutnya, pihak kepo-lisian Polda Sumsel telahmelakukan pengecekanterhadap sejumlah nomorkode yang kemungkinanbesar digunakan oleh sipenelpon yang mengakubernama Munawarmandan mengatakan bahwaada paket berisi bom diKargo Bandara SMB II ter-sebut.

“Pelaku jika tertangkapmaka akan disangkakandengan pasal terkait terortetapi akan diperiksa lebihdalam alasan dia melaku-kan hal itu,”imbuhnya.

BerkabutSementara itu, Minggu

(19/7) kemarin BandaraSMB II Palembang juga me-ngalami kabut. Sehinggasatu penerbangan dari Ja-karta sempat tertunda. Satujadwal penerbangan yangtertunda tersebut adalahpesawat milik Sriwijaya Air.Adapun, jadwal penerbang-an sempat tertunda selamalebih kurang satu jam.

Distrik Manajer SriwijayaAir Palembang, Handoyomengatakan bahwa jika adakabut memang sudah sewa-jarnya pesawat mengalamidelay. “Kalau kabut dan pe-sawat tidak bisa mendaratmemang seperti yang sayatahu seperti itu,” kataHandoyo yang belum bisamemberikan penjelasan se-cara detil tentang hal terse-but. (cw6)

SMB II MakinKetat

dari halaman 1

Sholahudiddin Al Ayyubi(sudah tertangkap diWonosobo), Indrawan aliasTony Logan (tertangkap se-telah kasus bom Bali I),Bahrudin Soleh alias AbdulHadi (tewas di TKPWonosobo), Tohir alias Mas-rizal (tertangkap kasus bomJW Marriott I), dan Idris aliasGembrot (tertangkap kasusbom JW Marriot I).

“Di buku alumni angkat-an 1994/1995, Nur Saidsempat menuliskan pesandan kesan yang menyata-kan dalam pemantauannyamasih mencari cita-citanyamati syahid,” kata HabibAbdurrahman.

GUII memastikan identi-tas Nur Said setelah mela-kukan penelusuran mulaidari tingkat RT hingga Ke-camatan di Temanggung.

Kelompok NoordinSementara itu, keluarga

Nur Said sudah mengakuifoto potongan kepala yangditunjukkan anggota GUIIadalah Nur Said. Begitu pulaketua RT setempat yang

sempat didatangi Nur Saidketika hendak membuatKTP.

“Keluarganya mengakuikalau dia adalah alumnusNgruki,” kata Habib Ab-durrahman. Nur Said sem-pat pulang ke Temanggungsekitar dua bulan lalu.

“Namun keluarganyamengaku Nur Said sudahlama tidak pulang,” ujarnya.

Diungkapkan, intelijenGUII mengindentifikasi NurSaid direkrut Tedy alias Re-no alias Mubarok yang pu-nya hubungan dekat denganNoordin M Top. Menu-rutnya, Nur Said yang me-nggunakan nama Nurhasbicheck-in ke Marriott dan me-nyewa Kamar 1808 pada 15Juli. Ia membayar tunai se-wa kamas hotel selama tigahari sebesar 1.400 dolar AS.

Nur Said dilaporkanmempunyai seorang istri,Ida Parwati, yang dinikahidi Klaten, Jawa Tengah, pa-da 2003. Menurut HabibAbdurrahman, Nur Sahidmasuk dalam KelompokBanten bersama Imam Sa-mudra (tewas dihukum ma-ti di Nusakambangan).

Ketika check-in di HotelJW Marriott, Nur Sahid me-nggunakan KTP palsu atasnama Nurhasbi beralamat

di RT 10, RW 07, KelurahanPondok Pinang, KebayoranLama, Jakarta Selatan. KTPtersebut dipastikan palsukarena Ketua RW 7, Kelu-rahan Pondok Pinang, Na-sir menyatakan di RW ter-sebut tidak ada RT 10.

“Di sini RT hanya sampaiRT 08,” katanya.

MenghilangMuhammad Nasir (60),

ayah Nur Said, mengatakantidak yakin anaknya terlibataksi terorisme tersebut.

“Saya harap itu bukananak saya, saya harapkan itukabar keliru,” katanya da-lam Bahasa Jawa, didampi-ngi seorang di antara enamanaknya, Safrudin (31), diTemanggung, Minggu.

Ia mengatakan, Nur yangmerupakan anak ketiga da-ri enam anak bersaudara, la-hir 24 Juli 1974. Sejak 2001,Nur bersama istri dan ke-dua anaknya tidak pulangke rumah.

Nur menikahi istrinya pa-da 1999. Setelah pernikah-an itu, kata Nasir, Nur ting-gal di rumah mertuanya diKlaten, Jateng. “Sebelum2001, sering pulang ke ru-mah, apalagi saat Lebaran.Tetapi setelah itu kami tidaktahu,” katanya.

Pihak keluarga beberapa

waktu lalu pernah mencarikeberadaan Nur Said terma-suk menemui pihak besandi Klaten. Pihak keluarga diKlaten, katanya, juga tidakmengetahui keberadaanNur Sahid, istri, dan duaanaknya setelah 2001.

“Kami mendapat kabarkalau Nur menjadi tukangduplikat kunci di Semarang.Kami mencarinya tetapi ti-dak menemukan. KeluargaKlaten juga mengatakanmereka tidak pernah pu-lang,” katanya.

Nasir mengaku, padaSabtu (18/7) tengah malamdidatangi dua polisi setem-pat yang didampingi Kepa-la Dusun Katekan, Desa Ka-tekan, Kukuh Riyanto, danseorang tokoh masyarakatsetempat, Subawandi.

“Mereka menanyakandata keluarga di sini, tetapitidak ada pemberitahuanresmi dari aparat kalau anakkami terlibat. Saya yakin ti-dak terlibat,” katanya.

Ia mengharapkan Nur se-gera mengontak pihak ke-luarga di Temanggung.“Empat anak saya tinggal diTemanggung, yang satu(Safrudin) di Kendal, danpaling jauh (Klaten) yaituNur,” katanya. (Persda Net-work/mun/cr2)

Pengebom AsalTemanggung

dari halaman 1

keluar pada tahun 2004.“Karena sudah banyak

dipolitisir. Terkait kepen-tingan si A, si B, atau si C.Jadi akhirnya saya memilihkeluar,” ungkap Abdurrah-man saat ditemui di ke-diamannya, Jalan Abima-nyu, Blok C, Kompleks Wi-tana Harja, Pamulang, Ta-ngerang Selatan, Minggu(19/7).

Berselang setahun, Ab-durrahman kemudianmembentuk GUII. Dalamaktivitasnya, GUII banyakmelakukan aktivitasnya didaerah Pamulang hinggaBogor, Jawa Barat. Selakuketua GUII, Abdurrahmanmengharuskan anggotanyauntuk membela kepenting-an umat Islam. Abdurrah-man sempat terkenal lewataktivitasnya menggalangaksi massa menentang alir-an Ahmadiyah, dan LiaEden. Abdurrahman menje-

laskan GUII merupakantempatnya mencari amalibadah.

Di luar kegiatan di GUII,dia seorang pebisnis yangterlibat dalam PT IndikaEnergy Tbk. Perusahaanyang berkantor di Jalan Ga-tot Subroto itu memiliki bi-dang bisnis batubara danmangan.

“Tambang-tambang ka-mi ada di Aceh, NTB, danKaltim. Batubara dan ma-ngan itu kami ekspor keChina,” katanya.

Lebih lanjut, Abdurrah-man mengaku membagiwaktunya antara bekerjadan berdakwah. Selamaempat hari, mulai Seninhingga Kamis, ayah empatanak itu fokus pada pekerja-an. Lalu tiga hari sisanya,Jumat hingga Minggu, sua-mi Hj Nur Elisa itu mencu-rahkan perhatiannya ber-dakwah. Lalu waktu untukkeluarga?

“Keluarga sih ngerti aja.Kalau ayahnya di rumah,ya itu waktu untuk keluar-ga,” ujar Abdurrahman.

Pebisnis SuksesMengamati kediaman-

nya, Abdurrahman bisa di-katakan sebagai pebisnisyang sukses. Rumah yangberada di bagian ujung Ja-lan Abimanyu, Blok C,Kompleks Witana Harja,Pamulang, Tangerang Sela-tan, itu terlihat cukup me-wah. Rumah berlantai duaitu dikelilingi pagar warnakuning. Gerbang kayumenjadi pintu masuk utamake rumah. Ada juga pintulain yang biasa digunakanuntuk jalan masuk kenda-raan roda empat.

Melongok ke pekarang-nya, Persda mendapati duaunit mobil jenis sedan yangditutupi dengan pembung-kus mobil warna silver. Selainitu ada juga dua unit mobillain, yaitu Jeep Nissan Teranodan minivan VW, terparkirmasing-masing di dalam pe-karangan dan luar pagar.

Saat memasuki ruang ta-mu, kediaman Abdurrah-man tampak dihiasi denganpernak-pernik suvenir dantanda mata. Selain hiasankapal layar mini, ada jugakoleksi pistol kuno yang di-bingkai kotak kaca. Dianta-ra tanda mata yang terda-

pat di ruang tamu Abdur-rahman yaitu tanda matadari Kapolda Jawa Tengah.Ada juga tanda mata dariUniversitas Islam Negeri(UIN) yang memberikankenang-kenangan saat Ab-durrahman menjadi pembi-cara di sebuah diskusi

Disinggung keberanian-nya untuk mengungkapidentitas pelaku pembom-an, Abdurrahman menga-ku tidak takut jika seandai-nya nanti dia menjadi tar-get aksi kejahatan kelom-pok tertentu. Menurutnyayang menentukan hidupdan mati seseorang adalahAllah. Dan Abdurrahmansepenuhnya menyerahkanhidupnya kepada Allah.

“Dulu pernah saya hanyabersama enam anggota. Se-dangkan yang kita hadapijumlahnya ratusan. Tapi al-hamdulillah, karena dilin-dungi Allah, kita bisa keluardengan selamat. Jadi saya ti-dak takut. Karena hidupmati itu kan di tangan Al-lah. Kalau Allah bilang be-lum, ya mau gimana pun yatetap belum,” tandasnya.

(Persda Network/mun)

Ungkap BomMarriott II

dari halaman 1

Tempat kedua direbut re-kan setimnya, Jorge Loren-zo. Dengan tenaga YamahaM1 yang lebih besar ketim-bang tunggangan Rossi,pebalap Spanyol ini terusmembayang ketat, bahkanmerepotkan Rossi jelang lapterakhir.

Sementara posisi ketigadiduduki Dani Pedrosa. Iaberhasil menyalip pebalapDucati, Casey Stoner yangsedikit mendapat masalahdengan ban belakangnya,sehingga bagian belakangDucati Desmosedici GP9tampak liar.

Di bawah cuaca yangcerah, Valentino Rossi kem-bali menunjukkan kelasnya.Sadar Yamaha miliknya ka-lah tenaga dari Lorenzo dan

Stoner, Rossi mengeluarkanjurus khasnya dengan me-nurunkan kaki di tikunganpertama.

Meski sempat disalipStoner di lap ke-6, The Doc-tor terus menjaga jarak de-ngan pebalap Australia ter-sebut. Sebetulnya, ia bisa me-nyalip, namun karena pe-makaian ban kompon keras-keras untuk depan dan bela-kang, maka ia sedikit meng-hemat (sementara Stonerdan Lorenzo pakai komponekstra keras dan keras untukdepan dan belakang).

Sadar rekannya mulaimenekan, ia pun terpaksamenyalip Stoner di lap ke-

Taktik Brilian dari halaman 1

United di Jakarta tahun inibuyar gara-gara insidenbom di dua hotel di Jakarta.Namun klub raksasa Ing-gris itu menyatakan akanmenyambangi Indonesia dilain waktu.

Demikian antara lain yangdijelaskan ketua panitia tur

MU di Jakarta, Agum Gu-melar, setelah dirinya kembalidari Kuala Lumpur untukmenemui pihak “Setan Me-rah”, terkait pembatalan duelmereka melawan IndonesiaAll Star di Stadion GeloraBung Karno pada 20 Juli.

“Tadi pagi saya sarapan de-ngan (ketua eksekutif) DavidGill, Sir Alex Ferguson, dansemua pemain, dan sayajelaskan bagaimana persiap-an panitia untuk menyambutmereka di Jakarta,” tuturAgum dalam acara talk show

di stasiun tvOne, semalam.“Saya menangis melihat

pertandingan mereka diMalaysia. Saya katakan pa-da mereka, Jakarta akan le-bih dari sini,” sambungnya,merujuk pada perbanding-an penonton Malaysia yang“hanya” sekitar 50 ribu, se-dangkan fans di Indonesiabisa lebih dari 70 ribu.

Ditambahkan Agum, wa-laupun dirinya sudah beru-saha meminta MU tetap da-tang ke Jakarta, paling tidakperwakilan mereka me-

Uang Tiket MUPasti Kembali

dari halaman 1

JAKARTA, SRIPO — Polisitelah menangkap 15 orangyang diduga melakukan pe-rampokan Rp 15 miliar mi-lik BNI. Dari 15 orang ter-sebut, beberapa orang di an-taranya memiliki ikatan ke-luarga.

Saat dikonfirmasi, KadivHumas Polda Metro JayaKombes Pol Chryshnandamengatakan, pihaknya ma-sih mendalami keterlibatanmereka dalam kasus terse-but.

“15 orang yang didugaitu sudah diamankan untukdidalami keterlibatannya,”ujarnya saat dihubungi de-tikcom, Minggu (19/7).

Menurut informasi darisumber di Polda Metro Jayayang enggan disebut nama-nya, penangkapan berawaldari ditangkapnya seorangyang diduga pelaku berini-sial AN di Lebak, Banten.AN adalah teman dekat Ab-

dul Mubalik, sopir mobil PTCisco pembawa uang Rp 15miliar.

Mubalik sendiri ditang-kap di Bandung, Jawa Baratpada Kamis 16 Juli malamlalu. Sedangkan beberapapelaku yang memiliki hu-bungan kekeluargaan ma-sih didalami perannya ma-sing-masing.

15 orang yang ditangkapini sudah termasuk tigayang ditangkap sebelum-nya. Namun sumber terse-but tidak mengatakan ka-pan 12 orang yang didugapelaku ini ditangkap.

Salah seorang yang ditang-kap, ternyata adalah seorangperempuan berinisal EHA.“Dia yang ngasih mobil un-tuk operasional pelaku. EHAditangkap di Cilincing, Jakar-ta Utara,” kata sumber ter-sebut menambahkan.

Sementara, beberapa o-rang yang diduga juga ter-

libat dalam kasus ini dansudah ditangkap ada yangberprofesi sebagai dukundan pengajar.

Masih UtuhPelaku perampokan Rp

15 miliar milik BNI ternya-ta tidak menggunakan uanghasil rampokannya. Ter-bukti, uang yang dirampokdi Tol Bandara saat diang-kut oleh mobil PT Cisco ituhampir utuh.

“Hampir semuanya ma-sih ada,” ujar sumber di Pol-da Metro Jaya yang enggandisebutkan namanya, Ming-gu (19/7) malam.

Sopir beserta mobil ikutdibawa kabur oleh peram-pok. Belakangan, sopir, Ab-dul Mubalik ternyata terli-bat dalam perampokan ini.

“Ada juga keterlibatanorang dalam. Yaitu petugaskeamanan dan orang dansopir si AM,” kata sumberitu. (Dtc)

Perampok Rp 15 M Ditangkap■■■■■ Uang yang Dirampok Masih Utuh Uang yang Dirampok Masih Utuh Uang yang Dirampok Masih Utuh Uang yang Dirampok Masih Utuh Uang yang Dirampok Masih Utuh

nyempatkan diri mengin-jakkan kakinya di tanah airbarang sebentar, namunjuara Eropa tiga kali itu te-tap tak bisa.

“Mereka bilang, keinginanuntuk ke Indonesia terlalukuat. Mereka dengat fans MUdi Indonesia jumlahnya pa-ling besar. Tapi dengan ke-jadian ini mereka sangat me-nyesal sekali.... Mereka me-ngatakan akan datang dimasa yang akan datang,”ungkap mantan ketua umumPSSI dan KONI Pusat itu. (Dts)

boman melalui temannya diCilacap,” kata Sidney.

Terkait Jaringan CilacapKelompok Noordin M

Top menjadi sorotan utamaterkait peledakan bom diHotel JW Marriott dan Ho-tel Ritz Carlton, Mega Ku-ningan, Jakarta, Jumat (17/7). Material bom di kedua

hotel itu identik dengan te-muan bahan peledak yangditemukan Tim Densus 88Antiteror di bekas kolammilik Ustad Baridin aliasBahrudin Latiff di DusunMlela Desa Pasuruhan, RT18, RW 6, Kecamatan Bina-ngun, Cilacap, Selasa (14/7).

Bahan peledak di Cilacapitu dipastikan untuk mene-ror sejumlah obyek vital diCilacap, Jawa Tengah, seper-ti Pertamina UP IV, PLTUKarangkandri, dan pabriksemen PT Holcim Indonesia.Tak pelak, setelah terjadi pe-ngeboman di dua hotel diJakata, pengamanan ketatdilakukan di sejumlah obyekvital di Cilacap.

Jajaran Polres Cilacap danPolwil Banyumas melakukanpenjagaan di setiap sudutobyek vital tersebut dan diseluruh penjuru Kota Cilacap.Di kompleks pabrik semen PTHolcim Indonesia Tbk,Cilacap Plant, misalnya, terli-hat pengamanan super ketat.

Kepala Kepolisian Wilayah(Polwil) Banyumas, Komisa-ris Besar Polisi MuhammadGhufron mengatakan, siagasatu telah diberlakukan sejakPemilihan Presiden 2009, te-tapi sejak adanya ledakan ter-sebut pengamanan semakindiperketat.

Menurut informasi yangdikumpulkan, ada dua versipenemuan bahan bom di be-

kas kolam milik Ustad Ba-ridin. Versi pertama, Densus88 dapat menangkap UstadBaridin. Dari orang tersebutpetugas berhasil mengorekketerangan di rumahnya ter-simpan bom rakitan untukmeledakkan sebuah obyekvital di Cilacap.

Versi kedua, Baridin lolosdari penangkapan, sedangterungkapnya bahan bom dibelakang rumah pengasuhPondok Pesantren Al Muad-dib itu berkat keteranganSaiful Jahuri alias SaefudinZuhri yang l ditangkap Den-sus 88 di rumahnya, DesaDanasri Lor, KecamatanNusawungu, Minggu (21/6).(Persda Network/pras/Dtc)

Noordin M TopPimpin

KelompokSempalan

dari halaman 1

HASIL LOMBA1. Valentino Rossi Yamaha 41m21.769s2. Jorge Lorenzo Yamaha + 0.099s3. Dani Pedrosa Honda + 2.899s4. Casey Stoner Ducati + 10.226s5. Alex de Angelis Gresini Honda + 21.522s

16. Sejak itu ia bersaing ke-tat dengan rekan setimnya.Bahkan saat lomba tinggal6 lap, beberapa kali Lorenzohampir mengambil posisi-nya. Dan baru di lap ke-25berhasil dilibasnya.

Menjelang dua lap tera-khir, Lorenzo sempat kem-bali merepotkan Rossi. Na-mun dengan teknik tinggi,Rossi yang sudah mengam-bil alih pimpinan, tidak mem-buka ruang di tikungan per-tama. Pada lap terakhir, ia se-ngaja melakukan manuveragak sedikit ke dalam agarLorenzo tidak berani me-nyalip dari luar.

(Kompas.com)

Page 3: Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009

2 SRIWIJAYA POST Senin, 20 Juli 2009

JAKARTA, SRIPO — Ho-tel JW Marriott sudah duakali diguncang bom. Le-dakan pertama, 5 Agus-tus 2003, pengebommenggunakan bom mo-bil, dan menewaskan 12orang. Kemudian enamtahun kemudian, Jumat(17/7), bom kembali me-luluhlantakkan Marriottdan menewaskan sembi-lan orang, termasuk duaorang pelaku bom bunuhdiri.

Kali ini, Marriott yang lo-kasinya berjarak hanya ku-

rang dari 50 Meter denganHotel Ritz-Carlton dibomdalam waktu hampir ber-samaan.

Menurut Ketua UmumAsosiasi Manajer SecurityIndonesia (AMSI) AbdulAzil Said, penyebab teru-langnya ledakan bom diHotel JW Marriott dan Ritz-Carlton tidak terlepas daripengelola hotel yang ma-sih menginginkan tenagapengamanan bertarif mu-rah. Tenaga pengamananyang murah, berbuntut pa-da kualitas pengamananyang dihasilkan pun ren-dah.

“Di Indonesia securitymall dan hotel itu securityyang bayarannya murah.Mau Ritz dan Marriott, itupasti murah. Ini dugaan sa-ya kenapa di Marriott sam-pai dua kali (ledakan),” ujarAbdul Azis Said saat dihu-bungi di Jakarta, Minggu(19/7).

Menurut Abdul Azis, bis-

nis tenaga pengamananbertarif murah, hanya sebe-sar Rp 1,5 juta per orangper bulan. Dana tersebutsudah termasuk pendapat-an yang diserahkan ke per-usahaan. Sementara tenagapengamanan yang ekslusif,dibutuhkan dana di atas Rp3 juta.

Sementara itu, mantananggota Al Jama’ah AlIslamiyah (JI), Nasir Abbasmengatakan bom yangmeluluhlantakkan dua ho-tel mewah di Mega Ku-ningan Jakarta, Jumat (17/7), yakni Hotel JW Marriottdan Hotel Ritz-Carton mi-rip dengan bom-bom bu-atan teroris asal Malaysia,Noordin M Top.

“Melihat spesifikasi bom-nya, ini mirip bom-bom bu-atan Noordin M Top yangmeledak sebelumnya,” ujarNasir Abbas saat dihubu-ngi Persda Network, Ming-gu (19/7).

Nasir menerangkan,

MUNCUL temuan baruterkait pengeboman diHotel JW Marriott danHotel Ritz Carlton, MegaKuningan, Jakarta. Polisidikabarkan menemukansebuah laptop misteriusyang diduga milikpengebom, di sebuahruang Hotel Ritz Carlton.

Laptop berukuran 14 X13 inci tersebut berisi datadan sejumlah sandi-sandikhusus yang kemungkin-an dipakai kawananpengebom untuk salingberkomunikasi. Dengantemuan itu munculdugaan kuat kawananpengebom bukan hanyamenginap di kamar 1808Hotel JW Marriott, tetapijuga di Hotel Ritz Carlton.

“Laptop itu ditemukanpetugas di sebuahruangan Hotel RitzCarlton sekitar pukul12.50,” kata KepalaBidang Humas PoldaMetro Jaya, Kombes PolChryshnanda DwiLaksana di Jakarta, Sabtu(18/7).

Pengebom di RestoranAirlangga, Hotel RitzCartlon, seperti tertang-kap kamera CCTV,membawa tas laptop ditangan kanan dan taspunggung. Pria yang

mengenakan jaket hitamtanpa topi, melenggangke Restoran Airlanggabeberapa detik sebelumterjadi ledakan.

Namun informasi yangdilansir kantor beritaAntara an dikutip websitejaringan berita CNN, edisiMinggu (19/7) tersebutdibantah Kepala DivisiHumas Mabes PolriInspektur Jenderal PolisiNana Soekarna.

Menurutnya informasiyang kurang akurat dapatmengganggu penyidikanpolisi. Ditambahkansemestinya hasil penyidik-an tidak boleh diketahui.Alasannya, kawananteroris yang belumtertangkap akan lebihsulit diringkus.

Sedangkan KetuaUmum Gerakan UmatIslam Indonesia (GUII),Habib AbdurrahmanAssegaf, mengatakantidak ada pengebom yangmenginap di Ritz Carlton.Menurutnya, pengebomhanya check in di HotelJW Marriott pada 15 Juli.

“Yang check in cumapelaku di JW Marriottsaja. Untuk yang RitzCarlton, pelaku tidakmenginap di situ. Setelahberhasil masuk, bom

kemudian diledakkan,”ungkap HabibAbdurrahman.

Ia menjelaskan, kawan-an pengebom tidak kenalsatu sama lain sebelum-nya. Teknik itu merupa-kan ciri jaringan terorisNoordin M Top. Alasan-nya agar operasi penge-boman tidak mudahbocor.

Habib Abdurrahmanmenyebutkan jaringanJamaah Islamiyah(JI)terdiri dari beberapakelompok.

“Ada yang menamakandirinya kelompok Cilacap,Palembang, Jawa, dan lainsebagainya,” tegasnya.

Menurut Habib, cukupmudah untuk mendeteksianggota kelompokjaringan JI. Umumnyakelompok itu penganutaliran garis keras yangbersifat eksklusif. GUIIsendirimengkategorikannyasebagai aliran jahat.

GUII mensinyalirbanyak kelompok-kelompok yang terma-suk jaringan JI. Kelom-pok-kelompok ituumumnya menganggappemerintah Indonesiasebagai musuh.

Intelijen GUII menemu-

Satpam tak KenaliMateri Bom

■■■■■■■■■■ Hotel Pelit Keluarkan Biaya Pengamanan

soal nama organisasi yangdigunakan pelaku tidakselalu mengusung AlJama’ah Al Islamiyah. Or-ganisasi apa saja bisa di-buatkan untuk menjalan-kan satu misi tertentu. Diajuga mengomentari soalkebanyakan eksekutorbom yang berlatar be-lakang alumni Pondok Pe-santren Al-Mukmin,Ngruki, Solo, Jawa Te-ngah. “Tidak hanya dariNgruki, pelaku bom lain-nya juga ada,” kata Nasir.

Mengenai pelaku bombunuh diri Nur Sahid, alum-ni Ponpes Ngruki tahun1995, Nasir Abbas menga-ku tidak mengenal yangbersangkutan. Menurutlaki-laki asal Malaysia itutidak pernah mendengarapalagi mengenal Nur Sa-hid.

“Saya tidak pernah de-ngar nama itu. Saya sung-guh tidak tahu,” ujarnya.(Persda Network/ade/amb)

Sandi Khusus di Laptop Misterius

PONDOK Pesantren(Ponpes) Al-Mukmin,Ngruki, Sukoharjomembantah pernahpunya murid bernamaNur Said alias Nur Hasbiseperti disampaikanKetua Umum GerakanUmat Islam Indonesia(GUII) HabibAbdurrahman Assegaf.

Pembantu DirekturPesantren Al-MukminNgruki, Sholeh Ibrahim,mengatakan di daftarinduk murid dan alumnipesantrennya tidak adanama Nur Said asalTemanggung, seperti

yang disebutAbdurrahman Assegaf.

“Di buku induk tidakada tiga nama yangdisebut Abdurrahman itu.Saya mantan kepala KMI(Kuliyatul Mualimin al-Islamiyah, program yangditempuh Asmar diNgruki ), saya ingatteman seangkatan Asmar,tapi tidak ada yangbernama itu (Nur Said), “ujar Sholeh, Minggu (19/7).

Sholeh memaparkanseorang temanseangkatan Asmar LatinSani adalah Abdul Hadi

yang tewas tertembakdalam penyergapan polisidi Wonosobo beberapawaktu lalu. Namun tidakada yang bernamaNurhasbi atau Nuri Hasdimaupun Nur Said.

Sholeh jutsru menye-but AbdurrahmanAssegaf melakukanfitnah karena telahmenyebarkan kabartidak benar. Dia jugamempertanyakan latarbelakang Abdurrahmanserta motivasinyamenyebarkan kabartersebut kepada publik.

“Abdurrahman Assegaf

kan fakta, telah terjadiperubahan strukturorganisasi dalam JI yangdipimpin Zulkarnain.Perubahan tersebutdiketahui menyusulpenangkapan Zuhri,seorang anggota jaringanJI di Cilacap yang me-nyimpan bahan peledak.

“Yang menjadi tangankanan Noordin M Topsekarang bernama Arif.Dia bertugas merekrutanggota yang kemudiandilatih Tedi alias Renoalias Mubarok. TermasukNur Said yang didikanTedi. Dia dilatih membuatbom dan akhirnyamelakukan bom bunuhdiri di Marriott,” tuturHabib.

Ia menyesalkanpernyataan PresidenSusilo BambangYudhoyono (SBY) yangmengaitkan pengebomandengan rangkaian pemilu.

“Siapa pun presidennya,bom itu pasti meledak.Kawanan teroris itu sudahpunya kalender penge-boman. Aksi itu tujuan-nya cuma satu, yaitu inginmenghancurkan NKRIdan membentuk negarabaru, “ kata Habib.(Persda Network/mun/ade)

KOMPAS IMAGES/DHONI SETIAWAN

ABADIKAN KELUARGA — Warga ibukota terus berdatangan melihat lokasi ledakan di Hotel RitzCarlton, Jakarta Selatan, Minggu (19/7). Tidak hanya sekadar menonton, mereka juga mengaba-dikan sanak keluarganya dengan latar belakang lokasi ledakan.

itu siapa, kami tidakkenal. Tiba-tiba diamuncul dengan kepaladiikat-ikat sorban putihlalu ngomong ini itu tanpadasar. Ini jelas fitnahbesar. Apa pula motivasidan kepentingan diamembeberkannya kepadapublik. Kalau memangniatannya baik, silakandatang ke mari,” ujarSholeh.

Sholeh berharapAbdurrahman bersediamencabut pernyataanyang dianggapnyasebagai fitnah tersebut.(dtc)

■■■■■■■■■■ Bom Mirip Buatan Noordin M Top

Tak Tercatat di Ponpes Ngruki

Holcim Segera Cari Pengganti TimothyJAKARTA, SRIPO —Meskipun sedang ber-duka karena telah di-tinggal pemimpinnya,PT Holcim IndonesiaTbk tidak akan goyah.Manajemen pabrik se-men dengan jaringan in-ternasional tersebut se-gera mencari penggantiPresiden Direktur Hol-cim, Timothy DavidMackay.

Timothy salah satukorban tewas penge-boman Hotel JW Marri-ott dan Hotel Rizt-Carl-ton, Jumat pekan lalu.Saat itu, Timothy sedangmengikuti rapat sambilsarapan di JW Marriott.Akibatnya, perusahaanini sementara tidak me-miliki pemimpin.

“Holcim adalah peru-sahaan profesional de-ngan jaringan yang sangat besar. Tentu-nya kalau ada posisi pimpinan yang ko-song akan secepatnya mencari penggantiyang baru,” kata Komisaris Holcim Indo-nesia, Kuntoro Mangkusubroto kepadaPersdaNetwork di Jakarta.

Kuntoro menyatakan, biasanya untukhal yang sangat darurat seperti peristiwakematian Timothy ini, Holcim akan me-ngambil tindakan yang cepat. Menurut-nya, pergantian dilakukan tidak akan le-bih dari sebulan.

“Bisa jadi minggu de-pan Holcim langsungmelakukan pengganti-an,” tandasnya.

Namun demikian,mantan Menteri Per-tambangan dan Energiera Presiden Soehartoini belum tahu cara per-gantiannya dengan pe-nunjukan atau RapatUmum Pemegang Sa-ham Luar Biasa (RUP-SLB). Menurutnya, peru-sahaan akan mengu-mumkannya.

Apakah perusahaanakan mengalami kego-yangan akibat kematianTimothy, Kuntoro me-nyatakan hal itu tidakmungkin terjadi. Sistemmanajemen yang dite-rapkan perusahaan mul-tinasional tersebut telahkokoh sehingga tinggal

dijalankan saja.“Kami sangat kehilangan dengan me-

ninggalnya beliau (Timothy). Tetapi bukanberarti akan mengganggu kinerja Holcim,karena perusahaan ini sangat besar. Bilayang satu tidak ada maka penggantinyasegera datang,” tandasnya.

Seperti diketahui Holcim adalah jaring-an pabrik semen asal Swiss. Perusahaanini telah mengambil alih kepemilikan be-berapa perusahaan semen di Indonesia.

(PersdaNetwork/ewa)

IST

Timothy D MacKay

Page 4: Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009

SRIWIJAYA POSTSenin, 20 Juli 2009 3

BOM di Hotel JWMarriot dan Ritz Carlton,Jumat (16/7), pagimembuat

Teroris Sama dengan Hantu

PALEMBANG, SRIPO — Ti-dak semua kabupaten/ko-ta di Provinsi Sumsel berha-sil dikuasai pasangan Ca-pres-Cawapres SBY-Boedi-ono pada Pilpres 2009. Diempat kabupaten/kota,perolehan suara SBY-Boe-diono pada pilpres lalu da-pat dikalahkan oleh pa-sangan Capres-CawapresMega-Prabowo.

Empat daerah tersebutadalah Kabupaten Muba,Musirawas, Muaraenimdan Kota Prabumulih. DiKabupaten Muba, Mega-Prabowo 158.013 suara se-dangkan SBY-Boediono91.273 suara. Di Musirawas,Mega-Prabowo 170.717 su-ara sedangkan SBY-Boedi-ono 104.314 suara. Di KotaPrabumulih, Mega-Prabo-

wo 40.907 suara sedang-kan SBY-Boediono 35.221suara. Dan di Muaraenim,Mega-Prabowo 215.075suara dan SBY-Boediono124.804 suara.

Meski demikian secaraumum, SBY-Boediono tetapunggul di Provinsi Sumselberdasarkan hasil rekapitu-lasi suara pilpres di tingkatKPU Provinsi Sumsel,Minggu (19/7). PasanganSBY-Boediono meraup 2.-072.451 suara, pasanganMega-Prabowo 1.518.648suara dan pasangan JK-Wi-ranto memperoleh 244.245suara.

“Dari hasil rekap, jumlahsuara pasangan SBY-Boe-diono peringkat pertama,Mega-Prabowo peringkatkedua dan pasangan JK-Wiranto peringkat ketiga,”ujar anggota KPU ProvinsiSumsel Divisi Teknis Penye-lenggaraan Pemilu, AlfianToni setelah selesai rekapi-tulasi ditingkat KPU Pro-vinsi Sumsel.

Namun dalam rekapitu-lasi yang berlangsung dari

pagi hingga petang, saksidari pasangan Mega-Prabo-wo, Nopran Marjani sertaYudha Rinaldi mempersoal-kan masalah jumlah pemi-lih. Dikatakan, jumlah pe-milih Daftar Pemilih Tetap(DPT) Pilpres 2009 di bebe-rapa daerah di Sumselmembingungkan. Hal itukarena masih ada datayang tidak valid.

Saksi dari pasangan JK-Wiranto, Jamratul tidakmenyampaikan keberatanterhadap hasil rekapitulasisuara di KPU Provinsi Sum-sel. Namun Jamratul tetapmengkritik mengenai dataDPT yang digunakan padaPilpres 2009.

Sementara itu rekapitula-si di KPU Provinsi Sumselselesai lebih cepat dari wak-tu yang dijadwalkan, 19-21Juli 2009. Proses berjalanlancar tanpa sanggahanberarti terhadap hasil reka-pitulasi ditingkat KPU ka-bupaten/kota yang dibaca-kan oleh masing-masinganggota KPU kabupaten/kota bersangkutan. (sgn)

SBY-Boediono Disaingi Mega-Prabowo■■■■■■■■■■ Rekap Menuai Kritik Soal DPT

SRIPO/SYAHRUL HIDAYAT

AKSES DATA — Ahmad Yani, saksi pasangan Capres-Cawapres SBY-Boediono yang jugapelanggan Telkomsel Flash, mengakses data jumlah suara pada Rekapitulasi Hasil PenghitunganSuara Pilpres 2009 di KPUD Sumsel, Jakabaring, Palembang, Minggu (19/7). Telkomsel Flashadalah layanan mobile lifestyle yang didukung teknologi HSDPA/3G/GPRS, menghasilkan kece-patan download sampai dengan 7,2 Mbps. Pada rapat pleno terbuka ini, pasangan SBY-Boedionomeraih 2.072.648 suara, Mega-Prabowo (1.518.648), dan JK-Wiranto (244.245).

PALEMBANG,SRIPO —Musibah ledakan bom diJakarta dan isu teror bomdi Bandara Sultan MahmudBadaruddin (SMB) II Palem-bang tidak berpengaruhpada pengunjung hotel diPalembang. Jumlah pe-ngunjung hotel cenderungstabil. Meskipun tampakpengamanan lebih ketat di-lakukan oleh pihak penge-lola hotel.

Seperti diungkapkanoleh Revina Christanti,Public Relation (PR) Mana-ger Hotel Novotel Palem-bang kepada Sripo saat di-hubungi melalui ponsel,Minggu (19/7).

“Tamu hotel stabil tidakada penurunan terkait de-ngan isu tersebut, apalagihotel kita memang lebih ba-nyak tamu domestik diban-dingkan dengan tamuasing. Kalau tamu asing bi-

asanya mereka tidak ting-gal lama di sini paling duatiga hari untuk kepenting-an bisnis, hingga hari inikami belum medapatkanpembatalan pemesanankamar,” kata Revina.

Menurutnya, untuk anti-sipasi hal yang tidak di-nginkan dilakukan pening-katan kewaspadaan yanglebih dari pada hari biasa-nya. Namun, tetap sepertisebelumnya untuk peme-riksaan setiap barang-ba-rang yang dibawa olehtamu hotel sudah merupa-kan prosedur sehari-hari.

“Kita juga mengimbaukepada tamu dan staf pe-gawai hotel untuk bekerja-sama, jika ada orang ataubenda yang tampak men-curigakan segera melapor-kannya ke petugas securitysehingga bisa segera ditin-daklanjuti,” imbuh Revina.

Dikatakannya lagi, bah-wa security hotel pun mela-kukan patroli rutin, baik didalam hotel maupun ditempat parkir. Tidak hanyaitu, mereka juga bekerjasa-ma dengan pihak Kepolisi-an dan ada polisi yang ber-tugas secara tertutup de-ngan pakaian bebas untukmembantu melakukan pe-ngamanan.

Hal yang sama juga di-ungkapkan oleh PrayudiTama, PR Hotel HorisonPalembang.

“Privasi tamu hotel tetapkami jaga, tetapi tetap was-pada akan kemungkinanyang terjadi,” kata Yudi.

Sementara itu, Anita Tri-ani PR Hotel Aryaduta Pa-lembang mengatakan mes-kipun ada isu bom tetapijumlah tamu yang meng-inap tetap stabil. Perban-dingannya adalah tujuhtamu domestik berbandingtiga tamu asing. (cw6)

■■■■■ Pasca Teror Bom SMB IITamu Hotel Cenderung StabilGrup Kartini dari 16 Ulu Jawara Yel Yel Sarimurni

GRAFIS:SRIPO/SYAF

BOEDIONOSBYPRABOWOMEGAWATI WIRANTOJUSUF KALLAKabupaten/Kota

HASIL REKAPITULASI SUARAPILPRES 2009 DI KPU PROVINSI SUMSEL

Jumlah total 1.518.648 2.072.45 244.245

Sumber : Rekap KPU Provinsi Sumsel, Minggu (19/7)

KENDATI teror bom ter-jadi di Jakarta dan informa-si ancaman bom menerpaBandara Sultan MahmudBadaruddin (SMB) II Palem-bang, tidak membuat war-ga kota ini takut berkun-jung ke mal dan tempat ke-ramaian lainnya.

Dewi (32), warga Palem-bang, Minggu (19/7), me-ngaku meskipun ada isubom tetapi dia dan keluar-ganya tetap mengisi waktulibur dengan mengunjungimal setempat. Menurut dia,bom yang meledak di duahotel di Jakarta, dan ancam-an bom yang tidak terbuktidi Bandara SMB II Palem-bang tersebut dianggap se-bagai peringatan saja. “Sayayakin Palembang tidakmenjadi target pengebomanpelaku, sehingga kota ini te-tap damai dan aman,” kata-nya kepada Antara.

Dia menuturkan, kunju-ngan ke mal itu tidak ha-nya untuk berbelanja teta-pi juga dapat menyaksikanberbagai pertunjukan danpenampilan hiburan yangmenarik. Dewi juga meng-aku merasa aman, meng-ingat aparat keamanan diPalembang dan Sumselumumnya akan menjadi le-bih waspada, sehingga ke-

jadian serupa pada dua ho-tel berbintang lima di Ja-karta itu tidak terjadi.

Sebelumnya KapoldaSumsel, Irjen Pol Sisno Adi-winoto, menyatakan pi-haknya telah mengintensif-kan kesiagaan untukmenghadapi aksi teror bomyang berpotensi mengan-cam pula stabilitas keama-nan di Sumsel. (lis/Ant)

GRUP Yel-yel Kartini dari16 Ulu, Palembang berha-sil meraih juara satu kom-petisi Yel-Yel Sarimurniyang digelar dalam acaraSeruni Vaganza Segar Bun-dar Sari Murni Roadshowdi atrium PTC Mall, Ming-gu (19/7)

Acara Seruni roadshowini berlangsung meriah di-hadiri bintang tamu InnekeKoesherawati. Kegiatan iniselain kompetisi Yel-yelSarimurni yang diikuti 30ke grup, juga diramaikanpermainan game yang serudan kompetisi Seru BundarSarimurni yakni adu cepatsedu teh dan kreasi daurulang kemasan dan lombalainnya. Sejumlah pengun-jung acara juga dapat ke-sempatan foto bareng de-ngan artis Inne Koeshera-wati.

Juara Satu Kompetisi Yel-yel Grup Kartini dari 16Ulu, mendapat hadiah uang

tunai Rp 2,5 juta rupiah. Se-dangkan Juara Dua GrupDahsyat Komplek PemdaKM 7 Palembang, menda-pat hadiah Rp 2 jutah danJuara tiga grup The5 dari Jalan Mata-ram Kertapati, me-ndapat hadiah Rp1,5 juta.

Brand ManagerTea Based Bever-ages PT UnileverIndonesia NanangSiswanto kepadawartawan menga-takan kegiatan initelah berlangsungsejak bulan Feb-ruari lalu di enamkota di Sumatera.Palembang meru-pakan kota ke dua,sebelumnya diada-kan di Medan, se-telah ini diadakandi Jambi, Padang,Pekan Baru danLampung. Melalui

kegiatan ini SariMurni kataNanang, ingin mengedu-kasi dan memotivasi kaumperempuan agar dapat me-ningkatkan kualitas hidup-

SRIPO/SYAHRUL HIDAYAT

INNEKE DI PALEMBANG — Peserta lomba dengan mata tertutupmencicipi khas rasa teh Sarimurni disaksikan Inneke Koseherawati (ka-nan) pada acara Seruni Vaganza Segar Bundar Sari Murni Roadshow diAtrium PTC Mall, Minggu (19/7).

Tak Takut ke Mal

nya, berdedikasi terhadapkeluarganya. “Dan beperanpositif serta berkontribusiterhadap komunitasnya,”ujarnya. (fil)

kesedihannya.Mulan tahu persis untuk

masuk kedua hotel itupemeriksaan yangdilakukan petugaskeamanan amat ketat,karena ia seringmanggung di hotelberbintang lima yangterletak di kawasan elitMega Kuningan tersebut.Bukan hanya itu, di maljuga petugas memeriksasemua pengunjung, tetapikenapa di JW Marriot danRitz Carlton bisa lolos.“Seharusnya ini tidakterjadi. Jadi buat apapemeriksaan dilakukan.Saya sangat sedih danprihatin mengapa itu bisaterjadi,” kata Mulan Lirih.

Ia berpendapat, bomMega Kuningan terjadikarena tidak ada yang sukakunjungan dan pertanding-an Manchaster United (MU)ke Indonesia. Orang-oranglengah karena wargaIndonesia terfokus padakedatangan MU, termasukdirinya. Mulan mengung-kap ia bersama teman-teman manajemenRepublik Cinta sudahmembeli tiket dan me-nyiapkan diri untuk nontonpertandingan Indonesia AllStars melawan MU.

Kasus bom membuat-nya menahan diri untuktidak mendatangi tempat-

dunia terbelalak, terma-suk artis cantik Mulan

Jameela. Ketika diwa-wancarai Sripo di

lantai 18 TheAryaduta

Hotel, Sabtu(18/7),PelantunlaguMahlukTuhanPalingSexy inimenutur-

kan

tempat keramaian sepertimal, tempat wisata,kecuali ada pekerjaan. Ialebih memilih di rumahberkumpul bersamakeluarga. Perempuanbertubuh langsing iniberujar teoris itu samadengan hantu yang sulituntuk ditebak. “Saya hariJumat kemarin tidak adaacara manggung. Taktahu kenapa hari Jumatitu saya males pergi danmemilih di rumah saja,”kata Mulan sembarimenambahkan meski adaperistwa Kuningan, takada jadwal manggungyang dibatalkannya.“Tidak ada pembatalanatau pun dibatalkan.Kalau ditanya khawatir.Ya, pasti ada tapi semuadiserahkan kepadaTuhan,” tukas ibu duaanak ini. (sep)

Mulan JameelaSRIWIJAYA POST/SYAHRUL HIDAYAT

Mulan Jameela

Page 5: Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009

4 SRIWIJAYA POSTSenin, 20 Juli 2009

PALEMBANG, SRIPO — Tujuh puluh lima namacalon anggota DPRD Sumsel terpilih dalam Pemi-lu Legislatif 2009, segera diusulkan ke Mendagrimelalui Gubernur Sumsel. Mereka diusulkan un-tuk mendapatkan surat keputusan pengangkatansebagai anggota dewan.

Namun KPU Provinsi Sumsel masih menunggukemungkinan terjadinya perubahan satu orang ca-leg terpilih dari daerah pemilih Sumsel 7 (Mura danLubuklinggau). Perubahan caleg terpilih terjadi kare-na keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang me-ngabulkan gugatan PAN Sumsel atas suaranya padaPemilu Legislatif lalu yang dilaporkan hilang.

Meski jumlahnya tidak terlalu besar, namun sua-ra PAN yang kembali tersebut menggeser pering-kat perolehan suara partai politik di Sumsel 7. Aki-batnya parpol yang semula mendapatkan kursi,terpaksa kehilangan kursi dan berpindah ke PAN.

PALEMBANG, SRIPO — Menjelang usai-nya perhelatan Pilpres 2009, KPU ProvinsiSumsel baru meresmikan Media CentreKPU Provinsi Sumsel. Padahal media cen-tre yang terletak di lantai dasar GedungKPU Provinsi Sumsel di Jakabaring terse-but pembuatannya menelan dana sekitar Rp70 juta.

Ketua KPU Provinsi Sumsel AnisatulMardiah yang ditemui mengatakan, tidakada istilah terlambat. Media centre dibuatbukan hanya untuk tujuan pilpres saja, tetapiuntuk pemilu atau pemilukada ke depan yangakan berlangsung di Sumsel.

“Lebih baik terlambat daripada tidak samasekali,” ujar Anisa usai peresmian pengope-rasian Media Center KPU Provinsi Sumseldi Lantai I Gedung KPU Provinsi Sumsel di

KPU Sumsel Belum Eksekusi Keputusan MKAnggota KPU Provinsi Sumsel Alfian Toni yang

ditemui Minggu (19/7) mengatakan, PAN diperki-rakan mendapatkan kursi keenam dari enam kursiyang diperebutkan dari dapil Sumsel 7 untuk DPRDProvinsi Sumsel.

“Salah satu partai yang telah mendapatkan kur-si terpaksa tergeser karena suara PAN di Sumsel7 bertambah,” ujarnya tanpa bersedia menyebutnama partai yang tergeser.

Menurut Alfian, KPU Provinsi Sumsel tetapakan melaksanakan keputusan MK tersebut. Na-mun proses untuk melakukan perubahan calegterpilih dari Sumsel 7 tersebut akan dikonsultasi-kan ke KPU untuk mendapatkan mekanisme danpetunjuk teknis. “Dari mekanisme yang ada, yangjelas caleg dari PAN yang memperoleh suara ter-banyak yang akan menduduki kursi PAN di Sum-sel 7,” katanya.(sgn)

Diresmikan di Penghujung PilpresJakabaring, Sabtu (18/7).

Dijelaskan, agak terlambatnya pembuat-an media centre tersebut karena terkendalasoal dana. Namun kini hal tersebut sudahbisa diatasi. Disebutkan bahwa kehadiranmedia center adalah untuk merealisasikanjanji menghadirkan media center di KPUProvinsi Sumsel.

Anisa mengatakan informasi pemilumenjadi konsumsi publik. Setiap orang ingindapat mengakses hasil pemilu secara ce-pat dengan tingkat aksesibilitas yang ting-gi. Oleh karena itu agar informasi bisadiakses dibutuhkan sarana pendukung.“Menjawab kebutuhan tersebut, KPU Pro-vinsi Sumsel menghadirkan media centerdengan memanfaatkan teknologi informa-si,” ujarnya.(sgn)

PALEMBANG, SRIPO —Program pemasangan ke-ramik yang diberlakukandi sepanjang Jl Sudirmandan Jl Radial khususnya diteras pertokoan diperlebar.Pemerintah Kota (Pemkot)Palembang melalui keca-matan dan dinas terkaitkembali akan menata JlMerdeka dari JembatanKarang sampai PuskesmasMerdeka.

Rencana penataan ini su-dah dibicarakan di KantorLurah Talangsemut Keca-matan Bukit Kecil Palem-bang, Sabtu (18/7).

Sosialisasi rencana pena-taan ini dihadiri para peda-gang dan pemilik tempatusaha di lokasi yang bakalditata termasuk Ketua RT.

Camat Bukit Kecil AlexFernandinus, mengatakanpenataan yang akan dila-kukan di Jl Merdeka dariJembatan Karang sampaiPuskesmas Merdeka seper-ti rencana penataan di Jl Ra-dial. Pedagang harusmenyamakan tempat usa-hanya seperti memasangkanopi dan keramik. “Se-

PALEMBANG,SRIPO —Meski pengurus YayasanMuhamadiyah sebagai pe-ngelola SD Muhamadiyah 6dan 14 melunak tetapi mere-ka diminta untuk mewujud-kan janji yang telah disepa-kati. Para wali murid tetapakan mengawal perubahanhingga waktu yang ditentu-kan. Jika hanya sebatas janji,bukan tidak mungkin aksiprotes akan melibatkan mas-sa yang lebih besar.

Perwakilan wali murid,Krisna (38) mengatakan itusaat menggelar pertemuanpuluhan wali murid dan de-lapan pengurus PerserikatanCabang Muhamadiyah(PCM) I, Sabtu (19/7) diruang kelas 3C. “Mereka ber-sedia memenuhi janji, Kamiminta tak sebatas pada o-mongan tapi wajib direalisa-sikan. Kita tetap akan kawalperubahan itu,” kata Krisna.

Ibu yang dua anaknya se-kolah di SD Muhamadiyah 6ini menyatakan tiga poin tun-tutan orang tua dipenuhi.Baginya itu adalah bentuktanggung jawab pengurusyang seharusnya dilakukansejak lama. Agar informasitidak simpang siur dalampertemuan juga disepakatipembentukan komite walimurid. Jika ada hal-hal yang

Program Teras KeramikMelebar ke Jl Merdeka

“UNTUK keramikisasi dan pemasangankanopi ini, sifatnya swadana, pemerintahmebangun fasilitasnya dan masyarakat

memasang keramik dan kanopinya”

Alex FernandinusAlex FernandinusAlex FernandinusAlex FernandinusAlex Fernandinus

Camat Bukit Kecil

hingga kawasan tersebutlebih indah dan nyamanbagi para pengunjung,”kata Alex.

Menurutnya, di muara JlMuhajirin Pasar 26 Ilir tidakada drainase lagi sehinggaaliran air sering memban-jiri jalan. “Jadi nanti PUakan membangun draina-senya dan dinas Pertama-nan membangun taman-nya,” jelas Alex.

Selain keramikisasi teraspertokoan, pihak kecama-tan juga akan menata ka-wasan samping dan bela-kang Palembang Indah Mal(PIM). Di lokasi ini, selainditata juga akan dibukauntuk aktivitas jajanankuliner. “Warga pedagangyang memakai teras rumahsusun diminta untuk me-nyeragamkan tempat usa-hanya, agar terlihat rapidan indah,” ungkap Alexseraya mengaku, mulaidari samping PIM sampaijembatan rumah susunjuga akan ditata denganbangunan conblock yangbisa digunakan sebagaiarena joging.

“Untuk keramikisasi danpemasangan kanopi ini,sifatnya swadana, pemerin-tah mebangun fasilitasnyadan masyarakat mema-sang keramik dan kanopi-nya,” tegas Alex.

Ancam BongkarDisinggung rencana pe-

masangan kanopi dan ke-ramikisasi di Jl Radial yangsampai saat ini belum terea-lisasi, Alex menegaskanbahwa pihaknya sudah

melakukan sosialisasi ke-pada para pedagang.

Jika sosialisasi dan him-bauan pemerintah tidak di-gubris bukan tidak mungkinkawasan yang menjadi tem-pat usaha dagang itu akandibongkar pemerintah.

“Lokasi yang mereka pa-kai untuk berdagang ituadalah kawasan hijau batasrumah susun itu hanya te-ras saja, jadi kalau merekatidak menurut kami akan

usulkan untuk dibongkarsaja dan dijadikan jalur hi-jau,” kata Alex.”Kalau maujujur, jika mereka menyewatahan untuk dagang disana,bisa puluhan juta setahun,sekarang pemerintah ha-nya mengajak menata su-paya pakai kanopi dandikeramik itu pun yang lain-nya dibantu pemerintah se-perti membangun drainasedan memasang conblock-nya,” tegas Alex.(trs)

Waspadai Usia 20-an Bisa Terkena RematikBAGI Anda yang masih berusia 20-an jangan terlenadulu tidak akan terkena penyakit rematik. Opini yang

berkembang selama ini rematik hanya menyerang orangyang usianya di atas 50 tahunan tak sepenuhnya benar.

Ternyata, penyakit rematik bisa menye-rang orang yang masih berusia muda ya-itu umur 20 tahunan sampai 30 tahunan.“Rematik memang disebabkan faktor pro-ses penuaan namun saat ini sudah ba-nyak ditemukan bahwa umur 20 sampai

30 tahunan sudah terserang penyakit re-matik,” kata dr Nilawati, dokter perusa-haan PT Dexa Medica beberapa hari lalu.

Menurut dr Nilawati, kekurangan kalsiumdalam tulang tubuh adalah faktor penyebabpenyakit rematik dan tulang keropos te-

rutama dominan terjadi para perempuan.Menurutnya, wanita mulai dari masa ke-hamilan di mana janin dalam kandunganmembutuhkan zat kalsium untuk pem-bentukan tulang sudah mengalami keku-rangan zat kalsium. Selain ibu hamil, ke-kurangan kalsium juga bisa terjadi karenakekurangan konsumsi sayuran dan buah.

Untuk itulah, dr Nilawati menyarankanagar mengkonsumsi suplemen glucosaminyang mengandung chondroitin atau zatkepadatan tulang. “Jadi jangan hanya

mengkonsumsi kalsium saja namun ha-rus dibarengi dengan suplemen yang me-ngandung chondroitin. Seandainya cumakalsium saja tulang luar kelihatan kuattapi bagian dalamnya tidak ada kalsiumdan itu akan cepat keropos,” kata dr Nila-wati.

Adapun gejala awal penyakit rematikdi antaranya pegal linu terutama padaanggota badan seperti tangan, kaki. Ge-jala lanjutan adalah sakit dan terjadi pem-bengkakan pada daerah sendi seperti

lutut, jari-jari tangan, serta beberapa ang-gota badan lainnya.

Untuk menghindari terjadinya penyakitrematik, dr Nilawati menyarankan mela-kukan beberapa upaya (tips) antara laindengan mengkonsumsi minum teh karenamengandung anti oksidan untuk menjagastamina tubuh. Selanjutnya menu makan-an seimbang, menghindari konsumsi lemakdalam bentuk apa pun seperti mentega,minyak dan sebagainya. Konsumsi alkoholjuga harus dihindari (saftarina)

SRIPO/SAF

dr Nilawati

SRIPO/ZAINI

TERDEPAN DALAM KUALITAS — Seorang wartawan foto sebuah media (kiri) mengirim foto-fotofinal Copa Dji Sam Soe 2009 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan,menggunakan laptop dengan memanfaatkan teknologi Telkomsel Flash, Rabu (24/6) malam lalu.Telkomsel Flash merupakan salah satu produk teknologi Telkomsel yang terdepan dalam kualitas.

SD Muhamadiyah DimintaBuktikan Janji

memberatkan terkait kebijak-sanaan yang dibuat yayasanmaka bisa disampaikan me-lalui komite wali murid.“Akan dibentuk Komite WaliMurid. Inilah yang diharap-kan sebagai pengontrol kebi-jakan Yayasan,” kata Krisna.

Sempat TegangSementara saat pertemuan

sempat terjadi keteganganhampir 15 menit. Wali muridmeminta ketua PCM, DrsAmiruddin Aziz memintamaaf atas sikap arogansiyang ditunjukkan selama ini.Ancaman yang dilontarkanseperti “Silahkan saja keluar-kan anak kalian jika tak maumengikuti aturan Kemuha-madiyahan” yang dirasakanmenyinggung perasaan walimurid mengemuka.

Amiruddin akhirnya me-minta maaf dan berharappasca pertemuan kali ini aksiprotes tidak lagi terjadi. “Pro-tes boleh tapi dak usahlahngomong-ngomong keluar.Toh segala sesuatunya bisadibicarakan dengan baik-baik.Saya minta maaf kalau adakata-kata yang menying-gung,” kata Amiruddin. Parawali spontan bertepuk tangan.Pertemuan yang berlansunghampir dua jam diakhiri de-ngan jabat tangan antar pe-ngurus dan wali murid. (sta)

Beberapa Tuntutan yang Disepakati* Program Inclusive Diniyah yang semula waktubelajar hingga pukul 15.30 diperpendek menjadipukul 14.00

* Perbaikan sarana dan prasarana

* Perbaikan WC, pemenuhan kebutuhan air untuksarana MCK dan berwudhu

* Peninjauan ulang harga buku pelajaran

SRIPO/ZAINI

MEDIA CENTER — Wartawan Sripo Soegeng Haryadi(tengah) mendapat kehormatan meresmikan Media Centerdi Gedung KPU Sumsel disaksikan Ketua KPU SumselAnnisatul Mardiah (ketiga dari kanan) dan anggota KPUlainnya, Sabtu (18/7).

Page 6: Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009

SRIWIJAYA POSTSenin, 20 Juli 2009 5

“Gawi paling nyakinkedijingok dengan mato pa-lak,”uji Cekmat.

“Cocok, keluruan la-nang betino,”simbat

Mangujuk. “Ini bukan melurui anak bebek baru netas.” “Laju apodio lagi.” “Anu, uji kabar di sekolaan dak bole bejualan

buku.” “Yang banyak maenan dengan jajanan budak.

Buku jangan-jangan buat mbungkus pajuan tula.” “Itu yang dak pake lagi, diketengke buat

mbungkus.”“Tapi alangke sayang. Sebab uji wong pinter, buku

gudang ilmu. Suda tu madak’i pulo bejual bukan pado

Jingok Dukintempatnyo.”

“Cuma dak usa eran oi. Musim ini galak nian saladuduk sala tempat.”

“Tapi kalu pacak jangan oi, dak lemak didenger.”“Bener, samping itu lokak natangke hal.”“Yola nian. Conto nudukke kuali pucuk tungku,

bukan asal laju.”“Kendaknyo cak itu jugo hal pucuk, jualan buku,

dudukke tibo yang bener.”“Kapan dibener-benerke dewek.”“Yang cak itu jelas ngajak kerok.”“Jangan oi. Lemakla nudukke segalo hal pado

tempatnyo.” “Yang diarepke memang, tapi kenyata-an galak meningke palak.”

“Muda laitu, nandak pening jangan melok mikirkesetiap hal.” “Laju, tekep mato sumpel kuping.” (Kgs Arpan)

PALEMBANG, SRIPO — R Martha Zeint terpilih sebagai Ketua UmumPersatuan Artis Indonesia (PARSI) Sumsel periode 2009-2014, setelahsetelah dilaksanakan pemilihan pengurus baru yang digelar Juni 2009 lalu.Martha didampingi Ir Eddy Ganefo sebagai sekretaris umum.

Ketua Umum Parsi Sumsel R Matha Zeint, Jumat (17/7) mengatakanprogram jangka pendek Parsi Sumsel untuk memeriahkan HUT RI ke-64mengadakan lomba Akting. Ajang sekaligus untuk mencari bibit berbakatuntuk menjadi bintang Sinetron. “Mereka pun dapat kita salurkan agar bisabermain dalam film sinetron di Jakarta bersama artis ibu kota,” ujar Martha.

Selain itu kata Martha, PARSI Sumsel juga akan membuka ActingCaunce ke II, melanjutkan kegiatan serupa yang pernah digelar tahun2006. “Selain itu juga program membuat sinetron pencegahan narkobayang naskahnya ditulis oleh Edwin Fast. Kita berharap dgn adanya kegiat-an itu akan tampil bintang-bintang film dan sinetron di Sumsel,”imbuhnya.(fil)

Lomba Akting dan Bikin Sinetronnnnnn Pengurus Baru PARSI Sumsel

SRIPO/ZAINAL

Ketua Umum Parsi Sumsel Martha Zent (tengah) berfoto bersa-ma dengan pengurus lainnya.

PALEM-B A N G ,SRIPO --Mengata-si krisisair di tu-juh PusatP e m -b a n g k i tL i s t r i kTe n a g aAir (PL-TA) yang

berdampak defisit listrik diempat provinsi (Sumsel,Jambi, Lampung dan Sum-bar) PT PLN bersama Ba-dan Pengkajian dan Pene-rapan Tehnologi (BPPT),membuat hujan buatan dilokasi PLTA. Hujan buatanini menggunakan Teknolo-gi Modifikasi Cuaca (TMC)dengan harapan dapat me-mancing turunnya hujan.

“Untuk tahap awal, hujanbuatan dilakukan di atas Da-nau Singkarak dan Manin-jau Sumatera Barat,” jelasGM PT PLN (Persero) Wi-layah S2JB Ir Amir Rosidi ke-pada Sripo beberapa waktulalu. Setelah menunggusekian lama, curah hujanyang turun tidak sesuai ha-rapan sehingga debit airbaku yang digunakan untukpenggerak mesin generatordi tujuh PLTA tidak dapatberoperasi secara optimal.Akibatnya, daya listrik yangtidak bisa diproduksi sekitar170 MW atau 60 persen daritotal kemampuan yang ada.Kondisi ini diperparah gang-guan di PLTU Tarahan, PLTGBorang, PLTU Bukitasamdan PLTU Keramasan yangada di Palembang sehinggatotal defisit terjadi 130 MW.Dengan kondisi ini, Pe-langgan Cabang Palembang(Palembang, Muba, OI, OKIdan Banyuasin) mendapat

PLN Bikin Hujan Buatann Atasi Defisit Listrik di Tujuh PLTA

jatah padam 60 MW. Dengankonsisi ini, terjadilah pema-daman bergilir. “Semogahujan turun dan waduk bisaterisi air,” katanya.

Pemadaman diMana-mana

Pemadaman bergilir ter-jadi dimana-mana. Dan Pa-ling sering terjadi pada saatmenjelang sore pukul 17.-00. Seperti kemarin, pema-daman bergilir terjadi diKelurahan 7 Ulu. Listrik pa-dam mulai pukul 05.00-

08.00. Seperti yang dialamiHasanah (30) warga LrGading, ia pun mengakukesal dan merasa tergang-gu dengan pemadaman lis-trik.

Menurutnya, pemadam-an yang terjadi tidak me-ngurangi pemakaian kWhlistrik, tetapi justru sebalik-nya tagihan listrik terjadikenaikan karena alat-alatelektronik, seperti lemaries (kulkas) banyak mengu-ras listrik, begitu listrik

kembali nyala.Menyikapi kondisi ini,

Manager PT PLN (Persero)Cabang Palembang Ir Ra-himuddin mengatakan,gangguan terjadi di sisipembangkitan sehinggaPLN Cabang tidak bisaberbuat banyak karenadari dapurnya yang ter-ganggu. “Untuk gangguandi pembangkit, secepatnyaakan diatasi. Tapi kalau kri-sis air di PLTA, tunggu airnaik,” katanya. (sin)

PALEMBANB, SRIPO —Bayi mungil Meriyanti deng-an berat 1,5 kilogram yangkini memasuki hari ke 22 di-rawat di ruang NeonaturIntensive Care Unit (NICU)Instalasi Rawat Anak RS-MH Palembang, kini sudahsiap untuk dilakukan opera-si. Tim dokter yang dilibat-kan tidak begitu banyak,seperti saat melakukanoperasi pemisahan kembarsiam Rafa-Rafi.

Bayi yang lahir 28 Junipukul 06.30 putra dari pa-sangan Meriyanti (18) danSunanto (21) warga DesaSidomulyo KecamatanTungkal Ilir, Banyuasin initidak memiliki dinding pe-rut sehingga organ ususmenyembul keluar (omp-halocele). Bahkan usus yangkeluar sempat membesar.Namun kini, ususnya sudahmulai mengecil. “Untukbayi omphalocele, kita su-dah siapkan tindakan ope-rasi,” kata dr H Bayu Wah-yudi SpOG, MHA, Minggu(19/7).

Menurutnya, kondisi bayiMeriyanti stabil khususnyakeadaan usus sudah mulaimengecil sehingga memung-kinkan untuk dilakukan

Hadapi dengan Senyum

DEMIKIAN dikatakan Drs Asep Haerul Gani,Psi, Humor Theraphis disela-sela WorkshopHumor Theraphy yang digelar School of Life,Sabtu (18/7). Menurut Asep, humor adalah obattermujarab mengobati berbagai penyakit. Humormerupakan peredam stres terbaik yang bertindaksebagai mekanisme pengendalian yang membantumenangani sesuatu yang negatif.

Pada kenyataannya, kebanyakan orangmembalas suatu keadaan dengan keadaan yangsama seperti dimarahi menjadi kesal. Jika rasanegatif itu dibalas sebaliknya yakni rasa senang,maka masalah yang ada menjadi terselesaikan.

Orang yang memiliki rasa humor yang tinggikebanyakan terhindar dari penyakit. Tingginya rasahumor yang ada di dalam diri seseorang mampumenstimulasi sel-sel imun dan adrenalin yangberfungsi mempercepat proses penyembuhan.

“Rasa kesal itu dipicu, begitupun rasa senang.

DENGAN humor yang berisi se-nyum dan tawa, rasa sakit jaditerlupakan. Tertawa juga bisamenjadi daya penguat untuk me-lawan rasa sakit yang diderita.

Kita harus membiasakan diri atau melatihkeadaan itu agar bisa melihat dari seluruh sisimasalah dengan rasa senang,” tambah pengasuhPondok Pesantren Hypnotherapy ini.

Tidak hanya memacu rasa senang, humor jugabisa dilakukan untuk mengkritik. Hasilnya, rasamarah tidak akan terpicu dari pengeritik dan orangyang dikritik.

Survei membuktikan, orang-orang Yahudi yangmenjadi tahanan Nazi mampu bertahan denganmelakukan kritik humor. Mereka menyatakankemarahan dengan cara humor sehingga Nazitidak marah tapi tetap sadar dikritik.

“Sementara di Jepang, senyum mampumeningkatkan penjualan hingga 40 persen. Modal yangsangat murah untuk meraih kesuksesan,” imbuhdosen luar biasa di berbagai universitas negeri ini.

Mereka yang sadar fungsi senyum dan tertawa,lanjut pria yang menjabat HRD Manager PT JawaManis Rafines ini, akan melalui hidup denganbahagia. Asal dilakukan terus menerus, tidak adayang masalah yang sulit untuk dilalui.

“Dunia ini adil sampai anda yang memutuskan.Jika anda memutuskan marah, maka Anda akanmerugi. Hadapi semua masalah dengan senyuman,”terang pria yang selalu menebar senyum dalamsetiap pembicaraannya. (muksin tm)

Bayi Tanpa Dinding Perut Siap Operasiupaya operasi yang dilaku-kan dokter bedah RSMH khu-sus yang ahli dalam soalusus dan hati, yakni Dr drHM Alsen Arlan SpB-KBDdan dr Saruf Singh, SpB.“Upaya penyelamatan terha-dap bayi omphalocele menja-di prioritas kita,” katanya.

Bayi omphalocele, berdasar-kan penuturan Hartoni, kalaucucunya dilahirkan denganbidan desa.

Tanpa tahu sebabnya, bi-

dan membawa bayi ke Pus-kesmas di Sungai Lilin pu-kul 08.30.

Namun, petugas Pukes-mas tidak mampu membe-rikan pertolongan karenakondisi bayi terlihat lemah.Saat itu juga, bayi tersebutdirujuk ke RSMH Palem-bang dan diangkut bukandengan ambulans melainkandengan menyewa mobil ang-kot tanpa dilengkapi inpusdan alat pernasan bayi. (sin)

SRIPO/SYAHRUL

SIAP DIOPERASI — Setelah 22 hari dirawat di NICU RSMHPalembang, bayi Meriyanti, bayi tanpa dinding perut siap dio-perasi.

SRIPO/STS

Amir Rosidi

SRIPO/ZAINI

HUMOR THERAPY — Asep Haerul Gani (kanan) dengan gaya khasnya memberikan humortherapy kepada peserta yang mengikuti fullday workshop di School of Life, Jalan R SoekamtoPalembang, Sabtu (18/7).

Page 7: Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009

KARACHI, SRIPO — Hu-jan musiman yang lebatmeluluhlantakkan KotaMetropolitan Kacarci, Paki-stan Selatan. Akibatnya 26orang tewas dan aliran lis-trik di sebagian besar kotaitu putus, kata walikota-nya, Minggu (19/7).

Hujan itu membanjiri ba-gian-bagian rendah kota

itu, merusak ratusan ru-mah, merobohkan tiang-ti-ang listrik dan mengge-nangi jaringan-jaringan lis-trik. Hampir seluruh kotaitu tidak mendapat pasok-an listrik Sabtu malam, te-tapi aliran listrik secara ber-tahap mulai pulih.

Para korban itu adalahakibat kena sengatan lis-

trik, tenggelam atau ataprumah menempa mereka,kata walikota Karachi Mus-tafa Kamal.

“Kami mencatat ada 26korban tetapi angka ini da-pat bertambah, karena se-karang laporan mulai me-ngalir dari berbagai dae-rah,” kata Kamal kepadaReuters.

Usaha-usaha sedang dila-kukan untuk memulihkanlalulintas dan aliran listrikdan memompa air bah keluar dari jalan-jalan dan ru-mah-rumah, katanya.

Karachi adalah sebuahkota berpenduduk lebih da-ri 16 juta jiwa, menderitaakibat sistem drainase yangketinggalan zaman. (ant/rtr)

MADIUN, SRIPO — Jena-zah Ayu Wulandari (21),korban mutilasi yang dite-mukan di Magetan, Jatimdan Yogyakarta, beberapawaktu lalu, Minggu (19/7),akhirnya dibawa pulang kerumah duka di Desa Ke-puhrejo, Kecamatan Kudu,Jombang.

Ambulans bernopol AE8050 A milik RSUP dr. Sudo-no Madiun yang membawajenazah Ayu terlihat me-ninggalkan instalasi kamarjenazah pada pukul 15.30.

Rombongan yang ikutmengiringi jenazah antaralain, dari pihak keluarga,perwakilan Sekolah TinggiIlmu Kesehatan (STIKES)Insan Cendekia MedikaJombang, teman-teman,perwakilan Polres Magetan,dan Polwil Madiun.

Sebelumnya, pihak kelu-arga yang didampingi olehperwakilan STIKES terlihat

datang ke RSUP dr. SudonoMadiun sekitar pukul 14.15.Setelah mengurusi seluruhberkas administrasi danmenandatangani berkasserah terima, jenazah Ayudapat diambil keluarganya.

Ayah Ayu, Gati, yang ikutdalam rombongan perwa-kilan keluarga terlihat lemas.Hingga kini ia masih belumpercaya jika Ayu telah tiadadalam keadaan tragis. Iameminta kepada polisi un-tuk segera menindak tegaspelaku yang telah mereng-gut nyawa anaknya.

“Saya dan pihak keluargaberharap keadilan untukAyu. Saya ingin pelaku pem-bunuh dan pemutilasi ter-sebut dihukum yang se-berat-beratnya. Kalau bisaya hukuman mati,” katanyadi sela menunggu upacaraserah terima jenazah darirumah sakit ke keluarga.

Humas STIKES Insan

Cendekia Medika Jom-bang, Widi, mengatakan,rencananya, jenazah Ayusetibanya di rumah dukaakan langsung disalatkandan dimakamkan di tempatpemakaman umum (TPU)desa setempat.

“Saat ini seluruh keluargatelah siap menerima keda-tangan jenazah Ayu. Kamidari almamater Ayu akan te-rus memberikan dampingankepada pihak keluarga. Ke-pergian Ayu yang tidak la-zim ini telah membuat ke-luarga Ayu sangat terpukul.Terlebih Ibunda Ayu, Sukini,yang mengalami stres berat,”katanya.

Menurut Widi, kepastianidentitas Ayu berhasil dike-tahui setelah perwakilandari keluarga dan sekolahmendatangi Polres Maget-an dan Polwil Madiun un-tuk memastikan apakahdugaan keluarga jika kor-

ban benar Ayu, terbukti.Sebelumnya, pihak seko-

lah menerima laporan daritempat magang Ayu, RSUDdr. Harjono Ponorogo,yang menyebutkan Ayusudah tidak masuk selamabeberapa hari. Pihak seko-lah pun akhirnya melaku-kan pencarian korban dirumah. Namun di rumah,korban tidak dapat ditemu-kan. Bahkan pihak keluar-ga juga tidak mengetahuidimana keberadaan Ayu.

Seperti diberitakan sebe-lumnya, Ayu Wulandarimenjadi korban pembu-nuhan dengan mutilasi olehteman magangnya sendiri,Gilang Maulana (22) wargaPonorogo. Gilang nekadmenghabisi nyawa Ayu ka-rena korban menolak ber-hubungan intim di kamarhotel nomor 3 di HotelPantes, Sarangan, Magetan,Kamis (9/7). (kcm/ant)

ANTARA/FIKRI ALI

JENASAH MUTILASI — Gati (44, kanan) berdoa bersama di depan peti jenazah anaknya, AyuWulandari (21), di kamar mayat Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) dr Soedono, Madiun, Jatim,Minggu (19/7). Gati bersama kerabat membawa pulang jenazah Ayu Wulandari mahasiswa StikesICMe Jombang yang menjadi korban mutilasi yang dilakukan Gilang Maulana mahasiswa asalPonorogo ke rumah duka Desa Kepuhrejo, Kecamatan Kudu, Jombang, Jatim.

WASHINGTON, SRIPO — Presiden Ame-rika Serikat (AS) Barack Obama me-nelepon Presiden SBY. Obama membica-rakan pengeboman di Hotel JW Marriottdan Ritz Carlton. Obama menyampaikanbela sungkawa sekaligus dukungannyabagi Indonesia dalam perang melawanterorisme.

“Presiden Obama berbicara denganPresiden Indonesia Yudhoyono hari iniuntuk memberi selamat atas ke-terpilihannya kembali sebagai presidendan menyampaikan dukungan dan soli-daritas AS kepada pemerintah dan rak-yat Indonesia menyusul serangan terorisdi Jakarta,” demikian pernyataan Ge-dung Putih seperti dikutip dari AFP, Sab-tu (18/7).

Obama juga memuji Indonesia yangtelah menggelar pemilu dengan suksesdan bisa menjadi teladan bagi negara-negara Islam. Ini membuktikan bahwaIslam, demokrasi, dan keragaman bisahidup berdampingan dan tumbuh ber-sama.

“Presiden juga meneguhkan kembalikerja sama antara AS dengan Indonesia da-lam melawan ekstremisme di Asia Tengga-ra dan seluruh dunia,” lanjut pernyataanGedung Putih.

Ucapan DukaRaja Abdullah bin Abdul Aziz al-Saud

juga turut menyatakan ikut berbelasung-kawa atas jatuhnya korban dalam ledakanbom Marriot dan Ritz Carlton. PenguasaArab Saudi ini mengecam keras aksi tero-risme yang menyerang Indonesia.

Ucapan duka disampaikannya kepadaPresiden SBY melalui jalur diplomatik.Demikian bunyi surat elektronik yangdetikcom terima dari Pensosbud KJRIJeddah , Minggu (19/7).

“Kami sangat mengecam perilaku parateroris, kriminal, berdosa yang telah me-lakukan kerusakan dan mengancam kea-manan. Saya menyampaikan ucapanbelasungkawa sedalam-dalamnya kepa-da Presiden SBY, para keluarga korbandan masyarakat Indonesia,” ujar Raja Ab-dullah.

Kepada pada korban tewas, dia men-doakan agar mendapatkan tempat yanglayak di sisi Allah SWT dan memberi ke-tabahan bagi keluarga yang ditinggal-kan. Sementara bagi korban luka-lukasemoga mendapatkan kesembuhan se-cepatnya.

“Semoga Allah senantiasa melindungirakyat Indonesia dari segala mara baha-ya,” sambungnya. (dtc/afp)

■ Raja Abdullah Kirim Ucapan Duka

Obama Telepon SBY

Jenazah Ayu Dibawa Pulang ke Jombang■■ Tolak Berhubungan Intim Ayu Dimutilasi Teman

JAKARTA, SRIPO — BadanPemeriksa Keuangan (BP-K) belum menerima per-mintaan dari Komisi Pem-berantas Korupsi (KPK)untuk melakukan audit ter-kait dugaan korupsi peng-adaan peralatan TeknologiInformasi (TI) di KPU.

“Belum ada permintaandari KPK (untuk melaku-kan audit),” kata Ketua BP-K, Anwar Nasution, di Ja-karta, Minggu (19/7).

Pernyataan itu disampai-kan Anwar Nasution usai

menjenguk korban ledak-an bom Hotel JW Marriotdan disusul di Ritz-Charl-ton Hotel di Rumah SakitMetropolitan Medical Cen-tre (RS MMC) Jakarta.

Menurut Anwar, pihak-nya akan segera melaku-kan audit mengenai keru-gian negara dalam dugaankorupsi pengadaan peralat-an TI KPU itu jika dimintaKPK.

Apalagi selama ini, BPKdan KPK telah menjalinkerja sama yang sangat ba-

ik dan saling membantudalam proses penyelidikankasus dugaan korupsi.

“Hubungan BPK danKPK bagus sekali.” katamantan Deputi Senior BankIndonesia (BI) tersebut.

Ketika ditanya mengenaikemungkinan inisiatif BPKuntuk mengaudit terlebihdulu kasus itu, Anwar Na-sution menyatakan institu-si yang dipimpinnya selalumenerapkan pola “poshaudit”.

Dengan kata lain, kata

dia, BPK selalu melakukanaudit mengenai kerugiannegara terhadap kasus du-gaan korupsi yang telah di-selidiki.

Jika kasusnya sudah di-selidiki baru BPK melaku-kan audit untuk mengeta-hui dugaan kerugian nega-ra, katanya.

Sebelumnya, KPK mela-kukan penyelidikan terha-dap dugaan korupsi dalampengadaan alat TI KPU, ter-masuk meminta keterangandari KPU di daerah. (Ant)

KPK Belum Minta BPK Audit KPU

Kota Karachi Luluh Lantak

SRIWIJAYA POSTSenin, 20 Juli 20096

Page 8: Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009

Indralaya, Kayuagung, Martapura, Muaradua

7SRIWIJAYA POSTSenin, 20 Juli 2009

SRIPO/HR

TANAM POHON—Bupati OKUT H Herman Deru SH MM menanam pohon penghijauan dalamkegiatan penutupan TMMD Kodim 0403 OKU di Desa Madu Gondo dan Desa Sumber AgungKecamatan Belitang Jaya

Kegiatan TMMDKodim 0403 OKU Ditutup

MARTAPURA, SRIPO -- Ja-jaran Polres OKUT melaku-kan razia terhadap semuaangkutan penumpang danbarang yang melintas disejumlah ruas jalan pintumasuk wilayah KabupatenOKU Timur. Langkah pascaterjadinya aksi pengebom-an Hotel JW Mariot danRitz Cartlon Mega Kuning-an Jakarta Selatan ini, un-tuk mengantisipasi masuk-nya jaringan pelaku aksipengeboman tersebut kedaerah ini.Seperti yang di-lakukan di ruas jalanlintas tengah (Jalinteng)

Sumatera, Sabtu (18/7).Razia dipimpin langsungWakapolres OKU TimurKompol Soeprayitno de-ngan mengerahkan anggo-ta gabungan mulai dariReskrim, Intelkam, Pro-vost, Samapta dan Lantas.

Dalam razia terhadapangkutan yang melintasmulai dari pukul 20.00 hing-ga tengah malam itu petu-gas menyetop satu persatuangkutan yang melintas,begitupun dengan para pe-numpangnya tidak satu-pun identitasnya yang ti-dak diperiksa aparat.

“Kita akan lakukan raziarutin terhadap angkutan

MARTAPURA, SRIPO --Kegiatan TMMD Kodim0403 OKU Tahun 2009yangdilaksanakan di DesaMadu Gondo dan DesaSumber Agung KecamatanBelitang Jaya KabupatenOKUT ditutup secara resmioleh Bupati OKU Timur HHerman Deru SH MM,Sabtu (18/7).

Dalam sambutannya,Herman Deru mengatakanTMMD dilaksanakan bertu-juan untuk meningkatkantaraf hidup kesejahteraanrakyat dengan memba-ngun sejumlah fasilitas infr-astruktur yang dilaksana-kan bekerjasama antara

TNI manunggal denganrakyat.

“Dalam pelaksanaannyamelalui TMMD ini memu-puk kembali semangatke-gotong royongan dan ke-bersamaan antara rakyatdan TNI dalamrangkamempercepat pembangu-nandesa,” ujarnya.

Sementara itu KomandanKodim 0403 OKU, Letkol InfHadi Sunaryo, dalam lapor-annya mengatakan selamaTMMD digelar dari Tanggal8 Juni hingga 18 Juli 2009 inimelibatkan 50 warga darimasing-masing kedua desayang dibantu kekuatan 2 SSTdari Kodim 0403 OKU dan

telah berhasil membangunsejumlah fasilitas fisik dian-taranya pembuatan jalan se-panjang 2 kilometer, pem-buatan jembatan ukuran 7 x6 meter sebanyak 1 unit,pembuatan gorong-gorongukuran 1 x 6 meter sebanyak2 unit dan pasilitasinfratruktur desa lainnya.

“Sedangkan untuk ke-giatan non fisik meliputipenyuluhan UU Nomor 34Tahun 2004 tentang TNI,penyuluhan ketahanan Na-sional dan Wawasan Nu-santara, penyuluhan nar-koba dan punyuluhan bi-dang Kesehatan,” kataDandim.(hr)

Petani Sayur Terancam Gagal PanenINDRALAYA, SRIPO — Petani sayur diDesa Tanjungputus Inderalaya Ogan Ilirterancam gagal panen. Soalnya lahan me-reka mulai kekeringan karena sudah se-bulan lebih tidak turun hujan.

Pantauan Sripo, Minggu (19/7) beragamsayuran yang ditanam oleh petani sepertisayur kisik, timun, kacang, dan beberapajenis lainnya sudah tampak menguningdan sebagian daunnya kriting terancammati akibat kekurangan air. Para petaniberusaha menyiram tanaman mereka de-ngan berbagai cara, ada yang menyiramdengan menngunakan ember, dan seba-gian lagi menggunakan mesin air.

Jenis sayur kisik dan timun yang mulaiberbuah terlihat buahnya mengkeriputdan dipastikan hasilnya tidak akan baguskarena dipengaruhi kurangnya kadar air

KAYUAGUNG, SRIPO --Satuan Polisi Pamong Pra-ja (Sat Pol PP) KabupatenOgan Komering Ilir (OKI),akan segera melakukanpenertiban praktik pelacur-an di sejumlah warungesek-esek di wilayah BumiBende Seguguk. Langkahini sesuai dengan instruksiBupati OKI karena melihatbisnis mesum tersebut me-resahkan masyarakat.

Kepala Pol PP OKI, SofianAhmad, SSos, Minggu (19/7) mengatakan peneritbandilakukan karena warungesek-esek ini sudah semakinmenjamur di wilayah OKIdan para PSK alias pelacuritu sudah tidak segan-seganlagi menunjukkan kebera-

Pol PP OKI SweepingWarung Esek-esek

■■■■■ 5 Pelacur T 5 Pelacur T 5 Pelacur T 5 Pelacur T 5 Pelacur Terinfeksi HIV/AIDSerinfeksi HIV/AIDSerinfeksi HIV/AIDSerinfeksi HIV/AIDSerinfeksi HIV/AIDSdaannya dengan nongkrongdi rumah makan mengena-kan pakaian seksi.

Dikatakan, sweeping di-lakukan karena masalah inisudah meresahkan masya-rakat banyak. Dikatakansweeping dilaksanakan se-suai instruksi Bupati OKI, IrH Ishak Mekki, MM bebe-rapa waktu lalu terkait se-makin bertambahnyakuantitas penderita yangdisinyalir terinfeksi penya-kit HIV/AIDS.

“Penertiban warungesek-esek ini dilakukan se-cara gabungan denganmelibatkan petugas PolresOKI, Kodim 0402/OKI de-ngan sasaran warung esek-esek yang berada di sepan-

jang Jalan Lintas Timur(Jalintim) menuju kawasanHutan Tutupan Desa Mua-ra Burnai II dan LempuingJaya dan sejumlah kafe-kafedi Desa Talang PangeranKecamatan Teluk Gelam,”Tutur Sofian.

Selain itu, pihaknya jugaakan melakukan penyisiranpada sejumlah Rumah Ma-kan sepanjang Jalintim yangdisinyalir sebagai ajang tran-saksi prostitusi. Sofian me-ngakui, keberadaan warungesek-esek dengan menye-diakan PSK jelas melanggarPeraturan Daerah (Perda)Nomor 10/2001 tentang la-rangan pelacuran/tuna su-sila dan mucikari dalam wi-layah OKI.

Terpisah, Anggota Komi-si D DPRD OKI, Masnensaat dikonfirmasi memintakepada pemerintah setem-pat melalui instansi terkaituntuk segera mengambiltindakan tegas dengan me-nutup tempat-tempat yangdijadikan sebagai tempatbertransaksi prostitusi de-ngan menyediakan PSKdan miras.

“Jika masalah seperti initidak disikapi dengancermat, kita mengkhawatir-kan penularan virus HIV/AIDS akan semakin mere-bak ke permukaan,” tuturMasen seraya mengharap-kan lima orang yang ter–infeksi HIV/AIDS itu dapatdikarantina guna menghin-darkan penularan virus ter-hadap orang lain. (std)

Pintu Masuk OKUT Diperketat■ Antisipasi Masuknya Teroris

yang melintasterutama an-tar pulau, baik yang datangdari pulau jawa maupunse-baliknya,” ungkap Soepra-yitno.

Dikatakan, meskipun ke-cil kemungkinan kabupa-ten OKUT akan menjaditempat pelarian jaringanaksi terror, namun pihak-nya tetap akan siaga dalammengantisipasi agar jaring-

an ini tidak masuk keOKUT.

“Masyarakat juga kitahimbau untuk waspadadan memperhatikan ting-kah orang yang mecu-riga-kan, jikapun ada sanak ataukeluarga yang datang ber-ma-lam sebaiknya mela-por pada RT atau RW se-tempat,” tambahnya.

Pantauan dilapangan ke-

SRIPO/HR

RAZIA—Aparat dari Polres OKUT memeriksa semua angkutan yang melintas termasuk awakangkutan. Hal ini untuk mengantisipasi masuknya pelaku aksi teroris ke OKUT.

tika razia digelar, seluruhpengguna jalan distop ang-gota satu persatu mulai daripengendara kendaraan rodadua maupun roda empat,begitupun dengan barangbawaan penumpang semua-nya diperiksa satu-persatutermasuk yang tersimpandibagasi mobil. Dalam raziakali ini aparat tidak mene-mukan barang atau penum-pang angkutan yang men-curigakan. (hr)

di tempat tanaman tersebut.Junaidi (40) petani sayur desa Tanjung

Putus Indralya mengatakan, sayur kisik,timun dan kacang yang ia tanam diperki-rakan akan gagal panen dan hasilnya ti-dak akan maksimal seperti biasanya. Sa-yuran ini biasanya tiga bulan sudah panen,tetapi saat ini yang seharusnya sudah da-pat dipanen buahnya kecil-kecil danbatangnya sebagian terancam mati. “Pa-dahal kita sudah berusaha menyiram sa-yuran ini,” katanya.

Modal yang dikeluarkan untuk kebuansayuran ini menurut Junaidi cukup besar,yaitu Rp 3 juta lebih. Belum terhitungtenaganya yang digunakan saat mengelo-la sayuran tersebut. Apabila gagal panenmenjadi kenyataan ia akan mengalamikerugian sekitar Rp 5 juta.(st1)

Page 9: Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009

16 SRIWIJAYA POST

Senin, 20 Juli 2009

HOTLINE PEMASANGANIKLAN SRIPO : 310088, 311888

SRIWIJAYA POSTSenin, 20 Juli 20098

Page 10: Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009

9SRIWIJAYA POSTSenin, 20 Juli 2009

Musirawas, Banyuasin, Lubuklinggau

SMPN 1 Pulaupinang Kekurangan Kursi

■■■■■ Pekerjaan Jalan dan Penggalian Pipa Pekerjaan Jalan dan Penggalian Pipa Pekerjaan Jalan dan Penggalian Pipa Pekerjaan Jalan dan Penggalian Pipa Pekerjaan Jalan dan Penggalian PipaSEKAYU, SRIPO — Kema-cetan lalu lintas kembali ter-jadi di Jalan Lintas Sumate-ra Palembang-Jambi tepat-nya di Km 111, kelurahanSungai Lilin KabupatenMuba. Antrean panjanghingga mencapai 4 Km iniakibat adanya kegiatan pe-lebaran jalan dan penggan-tian pipa perusahaan mi-nyak.

Informasi dan data yangdihimpun dari sumber di-la-pangan, Minggu (19/7) arustransportasi Palembang-Jambi cenderung mening-kat menjelang akhir pekan.Kepadatan arus transporta-si ini tidak diim-bangi de-ngan ruas jalan yang cende-rung menyempit karena pa-datnya kendaraan daripangkal jembatan Sungaili-lin menuju pasar.

Kondisi diperparah de-ngan pekerjaan pelebaranjalan yang masih dalampengerjaan mencapai 2 Km

Antre Kendaraan4 Km di Sungaililin

disebelah kiri dari arah Pa-lembang menuju Jambi. Se-lain kepadatan arus kenda-raan dan pelebaran jalanyang menggunakan alatberat yang belum diketahuikapan selesainya, kemacet-an semakin diperparah de-ngan penggantian pipa per-usahaan minyak yang ma-sih dalam pengerjaan di se-belah kanan badan jalanmenuju Jambi.

Pengguna jalan selalumengeluh bila memasukikawasan kecamatan SungaiLilin karena kemacetan bisadipastikan terjadi setiap haridari pagi hingga menjelangmalam. Menurut Suryono(37), warga desa Srigunungkecamatan Sungai Lilinyang dihubungi kemarinmeminta kepada pemerin-tah dan pihak terkait untukmencari solusi agar kema-cetan tidak terjadi lagi bilapengguna jalan memasukikecamatan Sungai Lilin.

Selain itu perlu dipikirkankapasitas jembatan sungaililin yang kondisinya sangatmengkhawatirkan bila se-tiap hari dijejali kendaraanroda empat yang macetdiatas jembatan.”Kami kha-watir bila badan jalan tidakditimbun-timbun sangatmembahayakan pemakaijalan. Kalau kemacetanhampir setiap hari kamirasakan terutama sejak adagalian pipa dan pelebaranjalan,” kata Suryono serayamempertanyakan pulaspesipikasi jalan yang pe-ngerjaannya terkesan lam-ban. Hal sama dikatakanAmdal (34) sopir fuso yangmelintas di Jalan Palem-bang-Jambi yang mengakudirugikan karena seringnyaterjadi kemacetan. Menurutpria dua putra ini penger-jaan yang dilakukan sisi ka-nan dan kiri jalan seharus-nya tidak dikerjakan dalamwaktu bersamaan karena

pengendara jalan mengala-mi kesulitan terutama da-lam memarkirkan kenda-raan pada saat berhenti.Amdal mengatakan kenda-raan yang akan berhentiotomatis tertahan di aspalbadan jalan karena untukmenghentikan kendaraanke kiri dan kanan jalan ke-sulitan karena dua pekerja-an galian pipa dan pelebar-an jalan yang belum ditim-bun. “Kalau begitu susahkendaraan yang mau ber-henti tidak ada pilihan lainkecuali berhenti diatas aspalsehingga kemacetan terjadi.Seharusnya tidak seperti iniapalagi pengerajaannya se-panjang jalan,” keluh Am-dal. Kepala dinas Perhubu-ngan Kabupaten Muba Sof-yan Wahidoen, S Sos, MSisebelumnya mengatakanakan mengecek langsungkelapangan dan memintapengguna jalan dan masya-rakat dapat tertib menggu-nakan jalan sehingga tran-sportasi menjadi lancar.

(naf)

LAHAT, SRIPO -- Kondisiruang belajar siswa SMPN1 Pulaupinang terbilangmemprihatinkan. Setidak-nya separuh dari 40 siswakelas VIII A sekolah ini ti-dak bisa duduk karena ti-dak tersedia kursi. Akibat-nya mereka harus berbagisatu tempat duduk berduasaat mengikuti pelajaran.

Wakil kepala sekolahSMPN 1 Pulaupinang bidangkesiswaan, Ahmad Solihinpada wartawan Sabtu (18/7),mengatakan kurangnya kur-si bagi siswa di sekolah itukarena yang lama sudah ba-nyak yang rusak dan pihak

■ Dua Siswa Satu Tempat Duduk■ Mengganggu Proses Belajar

sekolah belum mendapatkanpenggantian. Dikatakan, pi-haknya telah melaporkankondisi kursi dan bangku itudan meminta bantuan pe-nambahan pada pihak DinasPendidikan setempat, namunbelum ada realisasinya.

Dia mengakui keadaanseperti itu sudah berlang-sung sejak awal tahun pela-jaran lalu (2007/2008), kon-disi sebagian kursi danbangku di sekolah tersebutterbilang sudah tua dan se-harusnya diganti denganyang baru. Akan tetapi usul-an pihaknya untuk peng-gantian kursi yang rusak itu

belum ada realisasinya.Sedangkan untuk me-

minta bantuan sumbanganorangtua siswa, diakuiSolihin, pihaknya tidak be-rani melakukan kebijakanseperti itu apalagi pungut-an bagi siswa tidak diperke-nankan sehingga merekaterpaksa menggunakanmeubiler yang masih bisadipergunakan.

Ditambahkan, selain kelasVIII itu ada beberapa kelaslainnya yang kekurangankursi, setiap kelas rata-ratakekurangan kursi antara 2hingga 5 unit. Untuk me-ngatasi kekurangan itu, ter-

kadang setiap akhir tahunpejaran ada bantuan dariorangtua siswa secara suka-rela untuk menyumbangkursi dan ada pula pihak se-kolah berinisiatif membuat-kan kursi darurat sehinggadapat dipergunakan siswa.

Pihak sekolah berharap,instansi terkait bisa mem-perhatikan kekuranganperalatan pendukung pro-ses belajar mengajar di se-kolah itu, seperti bangkudan kursi yang masih keku-rangan sehingga proses be-lajar mengajar di dalam ke-las tidak ada gangguan.

(ase)

Pedagang Bendera Musiman BermunculanBEBERAPA hari bela-kangan, di beberapa ruasjalan di Kota Lubukling-gau mulai mulai banyakditemui bendera merahputih dan umbul-umbuldengan berbagai ukuran,yang dijajakan pedagangmusiman yang kini mulaibermunculan.

Kehadiran penjaja ben-dera dan umbul-umbul inimenyemarakkan suasa-na kota yang sebelumnyasudah dibersihkan darianeka atribut maupunposter para calon presi-den dan wakil presiden,serta bendera parpolpengusungnya yang se-belumnya dipajang dise-pan-jang jalan.

Jika kehadiran benderamaupun atribut parpolserta poster kandidat ca-lon presiden dan wakilpresiden erat kaitannyadengan proses pemilihanumum, maka kehadiranbendera merah putih danumbul-umbul aneka war-na itu, tentu saja berkait-an dengan perayaan ke-merdekaan RI ke 64 yangmakin dekat.

Seperti tahun-tahun se-belumnya, pedagangmusiman yang menjualaneka bendera merah pu-tih dan umbul-umbulmulai bermunculan men-jelang hari perayaan HUTkemerdekaan RI. Peda-gang bendera ini memi-

lih lokasi yang cukup stra-tegis yaitu di pinggir-ping-gir jalan protokol.

Di sepanjang jalan YosSudarso misalnya, setidak-nya ada belasan titik lokasiyang dijadikan oleh parapedagang musiman ini un-tuk menjajakan barang da-gangannya. Sebagian besarpara pedagang bendera inibukan warga lokal, tapi ber-asal dari beberapa kota diJawa Barat, yang sengaja da-tang secara berkelompok,khusus untuk menjajakanbendera.

Asep Hadiyan (21), salahseorang penjual benderayang memilih lokasi di Ja-lan Yos Sudarso, dekat PomBensin Tabajemekeh Lu-buklinggau mengatakan,sebagian besar pedagangbendera yang kini banyakbermunculan di Lubukling-gau berasal dari Jawa Barat.Ia sendiri mengaku berasaldari Kelurahan Ciburial Ke-camatan Leles KabupatenGarut Jawa Barat. Tahun ini,adalah kali kedua ia datangke Lubuklinggau, khususberjualan bendera. Merekabiasanya datang secara ber-kelompok. “Kelompok sa-ya ada delapan orang, se-muanya satu daerah. Sela-ma berjualan disini, kamisewa tempatö katanya.

Selain alasan keuntunganyang menggiurkan, Asep,yang dikampungnya seha-ri-hari bekerja sebagai

penjual tahu keliling itumengatakan, aktifitasmenjual bendera keber-bagai wilayah di Indone-sia sudah menjadi tradisibagi mereka. “Kalau men-jelang musim 17-an, seba-gian besar pemuda dikam-pung kami keluar jualbendera, dan kampungjadi sepi. Maka saya jugaikut-ikutan pergi jual ben-dera, itung-itung selaindapat untung juga bisapiknik melihat-lihat dae-rah lain. Selain di Lubuk-linggau ini, banyak jugakawan-kawan yang kedaerah lain, seperti Me-dan, Lampung, Palem-bang dan kota-lota lain-nya,” katanya.

Ia mengaku baru duahari berjualan di Lubuk-linggau. Menurutnya, saatini pembeli masih sepi.Biasanya, pembeli mulairamai ketika sudah mema-suki bulan Agustus, danpuncaknya sekitar sepe-kan menjelang perayaanHUT kemerdekaan RI.Dijelaskan, satu benderamerah putih ukuran 1 X1,8 M dijual seharga Rp 40ribu, ukuran 1 X 1,5 M di-jual seharga Rp 30 ribu,ukuran 1 X 1,2 M Rp 25ribu dan ukuran palingkecil untuk dipasang mo-bil atau motor berkisar Rp3 ribuan. ôKalau umbul-umbul harganya Rp 20ribuö jelasnya. (zie)

SRIPO/AHMAF FAROZI

JUAL BENDERA—Menjelang perayaan HUT Kemerdekaan RI, pedagang bendera musimanmulai bermunculan. Seperti terlihat, Asep Hadiyan (21), penjual bendera asal Jawa Barattengah menggelar dagangannya di Jalan Yos Sudarso Tabajemekeh Lubuklinggau.

Page 11: Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009

Lahat, Pagaralam, Muaraenim, Empat Lawang

10 SRIWIJAYA POSTSenin, 20 Juli 2009

Yulius Nawawi ArahkanPembangunan Pedesaan

BUPATI OKU Drs Yulius Nawawiakan memfokuskan pembangunan dipedesaan hingga akhir masa jabatan-nya di tahun 2010 mendatang. Untukitu pada tahun anggaran 2009 dan 2010nanti sebagian besar anggaran dialo-kasikan pada pembangunan yangberbasis pedesaan dengan pendekatanekonomi kerakyatan. Hal itu dikata-kan Bupati OKU pada saat pelantikantiga kepala desa yang dipusatkan dihalaman Kantor Kecamatan SosohBuayrayap, Jumat (18/7).

Lebih jauh Yulius Nawawi mengata-kan sektor penunjang harus lebihdahulu dilengkapi dan ditingkatkan,seperti peningkatan infra strukturjalan yang merupakan urat nadiperekonomian pedesaan. Di sampingitu Bupati OKU juga meminta kepadadinas instansi untuk lebih meningkat-kan lagi kinerja dan juga bisa berbuatlebih dan lebih berbuat untuk kemak-muran Kabupaten OKU.

Adapun tiga kades dalam Kecamat-an Sosoh Buayrayap yang dilantikmasing-masing, Asri Hermaidi sebagaiKades Penantian, Agung Suryonosebagai Kades Mekarjaya dan RuskanSPd sebagai Kades Bandar. Pengang-katan dan pelantikan tiga kadestersebut berdasarkan SK Bupati OKUNomor 157 dan 155 dan 208/141/KPTS/XXXV/2009.(ADVERTORIAL)

Bupati OKU dan undangan pada pelantikan Kades Penantian, KadesMekarjaya dan Kades Bandar Kecamatan Sosoh Buayrayap, Jumat (17/7).

Bupati OKU Drs Yulius Nawawi melantik danmengambil sumpah tiga kades dalam KecamatanSosoh Buayrayap

Bupati OKU, Ketua TP PKK, Camat Sosoh Buayrayap berfoto bersamaKades Penantian, Kades Mekarjaya dan Kades Bandar Kecamatan SosohBuayrayap

Drs Yulius Nawawi Hj Rumialis Yulius Dev Anand

PAGARALAM,SRIPO —Mobil truk pengangkut BuahSawit BD 8920 WK yang di-kemudikan oleh Merdiyanto(35), warga dusun Puji MannaKabupaten Bengkulu SelatanProvinsi Bengkulu sekitarpukul 02.00 dini hariterperosok ke dalam jurangsedalam 10 meter di jalanlintas provinsi Palembang-Bengkulu tepatnya di DesaPulau Nanas Kec TanjungSakti Pumi, Minggu (19/7).

Menurut Mardiyanto, pe-ristiwa itu bermula ketikatruck pengangkut sawit se-banyak 8,5 Ton tersebutingin menanjak melewatitanjakan dengan tingkungtajam tiba-tiba mesinnyamati mendadak. Pada saatbersamaan rem tidak ber-fungsi, sehingga truk terse-but mundur kebelakang danlangsung masuk jurangdisebelah kanan. Sedangkansopir truk tersebut yaituMerdiyanto, hanya mengala-mi luka ringan saja. .

“Sebelum truk yang ken-

Warga Masih Butuh MitanEMPATLAWANG — Pengunaan Liquied Petroleum Gas (LPG) yang dica-nangkan pemerintah tampaknya tidak bisa berjalan sepenuhnya oleh ma-syarakat Empatlawang. Masyarakat masih mencari minyak tanah (Mitan)untuk kebutuhan sehari-hari. Sebagian karena memang belum mendapat-kan LPG, sebagian lagi enggan menggunakannya. Warga masih membelimitan, meskipun untuk mendapatkannya cukup susah, dan harganya puncukup mahal, yakni berkisar tujuh sampai delapan ribu rupiah perliternya.“Kalau tidak ada mitan, kami mau masak pakai apa,” ujar Sum,warga Tebingtinggi. Mereka masih memasak dengan menggunakan mitan,karena mereka tidak dapatkan LPG. “Kami berharap pendistribusian mitanjangan di stop, karena kami masih membutuhkannya,” harapnya.Salah se-orang pemilik toko di Tebingtinggi, Yuli mengatakan, sekarang ini untukmemperoleh minyak tanah sudah sulit, ia pun terpaksa memesan jauh-jauhhari, agar nantinya kebagian mitan. ôItupun pesanan tidak bisa banyak,ötambahnya. Ia menjual mitan seharga Rp delapan ribu perliternya, karenaharga dari pertamina telah naik. (st2)

Gedung Ponpes Al-Fattah MemilukanEMPATLAWANG —Gedung Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiah Al-Fattah yangterletak di desa Sungai Lidi, kelurahan Pasar Tebingtinggi kondisinya memilukan, selaintelah banyak yang rusak, prasarana juga masih kurang. Ponpes yang berjumlah tigakelas dengan ukuran satu lokalnya 7x9 meter sudah banyak kerusakan, seperti jende-la, pintu, gedung pun tampak tak laik pakai. Namun, pengurus mereka enggan untukmeminta bantuan dengan orang lain.“Kita kan merupakan jama’ah tabligh yang berprinsiftidak mau meminta bantuan dari orang lain. Tetapi bila diberi bantuan kami akanmenerimanya,” ujar Anang Yusuf, salah satu pengurus.Bila diberi bantuan denganjumlah yang besar, lanjut Anang, mereka akan musyawarahkannya dengan seluruhpengurus. “Daripada nantinya bantuan tersebut tidak bisa digunakan sebagaimanamestinya ataupun mubazir nantinya, lebih baik kami tolak,” tambahnya.Ponpes yangdidirikan tahun 2000 yang lalu merupakan bantuan pada masa gubernur RosihanArsyad. Dengan pembelajaran yang diberikan berupa pembacaan Alquran, Tafsir danDakwah. Sedangkan pelaksanakannya dari siang, yakni baÆdah Dzuhur sampaiBaÆda Asyar. “Pagi nya mereka bisa sekolah sebagaimana siswa-siswa lain di seko-lahnya. Usai itu mereka bisa meneruskan ke Ponpes ini,ö ujarnya. (st2)

PAGARALAM,SRIPO —Pemerintah Kota (Pemkot)Pagaralam menjadikan Du-sun Semidang Alasa Kelu-rahan Jokoh KecamatanDempo Tengah sebagai pu-sat wisata pertanian atauagrowisata. Karena itu po-tensi yang ada di daerah ininantinya akan di kelola se-cara profesional sehinggamampu mengundang wisa-tawan.

Demikian diungkapkanWakil Walikota Pagaralam,dr Hj Ida Fitriati, M Kes,Minggu (19/7). Menurut-nya, banyak potensi yangbisa dikembangkan di dae-rah Kota Pagaralam, kare-na hampir 60 persen lahanyang berada di daerah inimerupakan areal pertanian,

Pagaralam Bangun KawasanAgriwisata Terpadu

■■■■■ Di Dusun Semidang Alasa Di Dusun Semidang Alasa Di Dusun Semidang Alasa Di Dusun Semidang Alasa Di Dusun Semidang Alasanamun butuh pengelolaanyang sunguh-sungguh.

“Ada sekitar 120 ribu pen-duduk Kota Pagaralam de-ngan lima kecamatan dan 35kelurahan, hal ini merupakanpotensi yang cukup besaruntuk menunjang pengem-bangan agrowisata khusus diwilayah Kecamatan DempoTengah,” katanya.

Saat ini ada sekitar 1000hektare lahan warga yangsudah diolah dengan baikdan juga masih dalam ben-tuk lahan tidur untuk me-nunjang pengembanganwisata angrowisata yangdimaksud.

“Di daerah itu kita sudahbangun mega proyek irigasiJemair dengan kemampuandebit air untuk 1000 hekta-

re sawah, sarana jalan aspalhot mex yang sudah men-jangkau semua wilayah didaerah tersebut.

Program ini, menurut dia,dibutuhkan waktu yang cu-kup lama untuk dapatmerealisasikanya dengandana yang juga tidak sedi-kit. “ Potensi ini masih cu-kup banyak sarana pendu-kung yang kita butuhkanagar dapat terwujud, meli-puti Sumber Daya Manusia,kesinambungan pemasaranhasil pertanian dan dukung-an dana bukan hanya dariPemerintah daerah setem-pat tapi termasuk dari Pem-prov Sumsel dan pusat,” ka-ta dia.

Dia mengatakan, tahapawal di daerah tersebut su-

dah mulai dikembangkanperluasan sawah, tahun2008 sekitar 35 hektare danhingga tahun 2010 menca-pai luas 200 hektare.

Sementara itu Kepala Di-nas Pertanian Kota Pagar-alam, Ir H Ridwan Patahan,mengatakan, sudah menja-di program pemerintahmengembangkan daerahberdasarkan potensi ma-sing-masing kecamatan.

“Untuk mendukung pro-gram agrowisata kita akanmembantu peningkatan danpengembangan SDM terma-suk membatu bibit sepertidurian unggul, ikan dan sa-lak pondoh,” kata dia.

Dia berharap, keberhasil-an dalam menjalankan pro-gram ini tidak terlepas de-ngan dukungan penuh se-mua pihak termasuk ang-garan yang tersedia.(her)

Truk PengangkutSawit Masuk Jurang

■■■■■ Di T Di T Di T Di T Di Tanjung Saktianjung Saktianjung Saktianjung Saktianjung Saktidarai melintas ketikunganyang menanjak, saya meng-gunakan gigi dua untuk me-ngendarai mobil, dan pasditanjakan saya langsungmengganti gigi satu. Namunmesin mobil mati dan mun-dur kebelakang langsungterjun bebas ke jurang,” ka-tanya.

Dikatakannya bahwa trukyang dikendarainya tersebutmengangkut TBS sebanyak8,5 ton dari dusun PujiManna Kab Bengkulu Sela-tan Prov Bengkulu dengantujuan Kab Muara Enim.Tapi ditengah jalan truk ma-suk jurang dan TBS nya se-mua berhamburan.

“Saat ini kita sedang me-ngusahakan untuk menaik-kan mobil yang masuk kejurang tersebut ke atas lagi.Sedangkan TBS yang jatuh,sudah diambil dan dimasuk-kan lagi kedalam trukcadanagan,” kata Mardi-yanto seraya mengatakantruk tersebut akan ditarik ke-atas.

Menurutnya kondisi jalanyang banyak tikungan sertakondisi rusak, memang sa-ngat rawan akan kecelakaan.Karena itu dia berharap ke-pada pemerintah setempatuntuk memperlebar jalan danmemperbaiki jalan sehinggatingkat kecelakaan dapat di-kurangi.

“Sekitar sini memang se-ring terjadi kecelakaan, kare-na jalan rusak dan sempit,”katanya.

Smentara itu Martin (35)warga Desa Pulau Nenas,mengatakan, jalan ini sudahsering sekali memakan kor-ban kerena kondisinya rusakparah, sebagian badan jalansudah longsor.

“ Sebagian besar jalan Pa-garalam-Tajung Sakti menga-lami rusak cukup parah, seba-gian badan jalan sudah habistergerus longsor,” ungkap dia.

Menurutnya kalau tidak se-gera dibuat bronjonng ataudinding penyanggah bukantidak mungkin jalan ini akanputus total, sebab hanya ting-gal sedikit saja yang tidaklongsor.(her)

LAHAT, SRIPO -— PemkabLahat berencana memba-ngun taman wisata buah dikawasan Desa Tebingpan-jang,Kecamatan Tanjungte-bat. Rencana itu dikemukakanBupati Lahat H. SyaipudinAswari Riva’i,SE ketika mela-kukan penanaman perdanabibit buah-buahan di kawas-an itu beberapa hari lalu.

Bupati mengemukakan,lahan yang direncanakansebagai taman wisata buah-buahan itu seluas 350 Hayang merupakan tanah mi-lik Pemkab Lahat. Dimananantinya semua jenis buah-

■■■■■ Siapkan Lahat 350 Hektare■■■■■ Menyamai Taman Buah Mekarsari

Lahat Bangun Taman Wisata Buah-buahan

buahan akan ditanam ditempat itu dengan satu jenistanaman seluas 1 Ha seper-ti tanaman mangga seluas1 Ha, tanaman rambutanseluas 1 Ha, dan jenis buahlainnya.

Pembangunan tamanbuah-buahan itu, ungkapAswari, sebagai daya du-kung meningkatkan pariwi-sata Kabupaten Lahat. Apa-lagi lokasi taman berada dipinggir jalan jalur penghu-bung Lahat - Pagaralam.Tempat itu juga direncana-kan menjadi tempat peneli-tian berbagai jenis tanaman

dan menjadi lokasi wisatapercontohan di Sumatera Se-latan layaknya Taman Me-karsari di Jakarta.

Selain taman buah-buah-an, sebagian lokasi tersebutjuga dijadian tempat pe-ngem-bangan ternak seper-ti kambing, sapi, kerbau, danunggas. Fasilitas pendu-kung lainnya juga akan diba-ngun diantaranya sarana be-rolahraga termasuk kolamrenanang dan arena ber-main air atau water boom.

Begitupula dengan tempatmakan dengan membangunrumah makan yang layakdengan sajian makanankhas, serta pondok-pondoktempat penjualan souvenirlayaknya tempat wisatapada umumnya. (ase)

Terancam Gagal PanenEMPATLAWANG —Beberapa petani mulai cemas memasuki musim kemarauini, pasalnya areal persawahan mereka mulai mengering. Sedangkan umurpadi baru berumur satu bulan. Areal persawahan yang luasnya sekitar 5 hek-tare di daerah Sungai Lidi, Tebingtinggi sudah tak di aliri oleh air. Tak banyakyang dapat dilakukan petani, mereka mencoba menanam beberapa jenis ta-naman yang tidak bergantung pada air, yakni menanam jagung, cabe, bahkanada yang menanam padi darat (tadah hujan).“Penghasilan kami dari bertaniinilah, jadi kami harus berusaha bagaimana tanaman kami bisa menghasilkan,”ujar Edy salah seorang petani.Lanjut Edy, sawah yang ia kelola bukan miliknya,ia hanya mengerjakan sawah dengan sistem bagi hasil. “Hasil panen dibagidua, sedangkan biaya pengelolaan dan bibit kami tanggung,” ujar kepala ke-luarga yang telah mempunyai anak delapan orang ini. Lain halnya dengan Not(48) petani di Sungai Lidi, ia menanam padi tadah hujan agar tanaman paditetap bisa dipanen meskipun tidak ada air. “Kami terpaksa menanam satu kalidalam setahun,” tambahnya. Disisi lain menyurutnya air sungai Musi membuatpenghasilan galian C Meningkat. (st2)

sripo/st1

MENYIRAM—seorang petani di Desa Tanjung Putus Indralaya menyiram tanaman kisikyang mulai menguning akibat kurannya curah hujan Minggu (19/7)

Page 12: Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009

Pemabuk Dipukuli BotolPALEMBANG — Lantaran tersinggung, sekelompok pemu-da pimpinan Ya (20) warga Jl Jend A Yani Lr H Umar Kel 9-10 Ulu diduga memukul Rian (19) yang tengah mabuk, Ming-gu (19/7) dini hari. Kerabat Rian, Rusli (37) melaporkan peris-tiwa ini ke Poltabes Palembang mengatakan, malam itu Riandan Endi (20) serta beberapa orang rekannya sedang asyikberkumpul menenggak miras di dekat Dermaga 10 Ulu DaratPalembang. Rian cukup mabuk hingga tak tahu ocehannya.Beberapa meter dari tempat Rian, Ya dan teman-temannyatengah berkumpul. “Entah apa yang dioceh Rian yang mem-buat Ya berang,” kata Rusli menceritakan. Botol miras dihan-tam ke kepala Rian. Tinju dan tendangan membabi buta juga.Yayang tak mampu melawan karena kalah banyak dan se-dang limbung karena pengaruh alkohol. (cr3)

C M Y K

C M Y K

C M Y K

C M Y K

C M Y K

C M Y K

C M Y K

C M Y K

SRIWIJAYA POSTSenin, 20 Juli 2009 12

PALEMBANG, SRIPO — Is-kandar Sebastian (40) ma-sih dirawat intensif di bagi-an bedah RSMH Palem-bang akibat luka tusuk dileher dan dua luka bacokdi jari tangan kiri. KepalaPT Pos Cabang Sungaililin,Muba ini berusaha menye-lamatkan keluarga dan asetperusahaan saat keempatperampok masuk rumah-nya pukul 03.00, Minggu(19/7) dengan cara men-congkel jendela.

Kejadian yang tidak didu-ga ini bermula Minggu dinihari saat Iskandar bersamaistrinya Diana dan dua a-naknya sedang terlelap ti-dur. Tiba-tiba Iskandarsontak terjaga dari tidur-nya lantaran mendengarsesuatu yang jatuh di da-pur. Kontan saja, ia pun per-gi ke belakang. Kaget bu-kan kepalang, ia langsungdisergap kawanan peram-pok bertopeng ala ninja,berjumlah empat orangpelaku. Salah satu peram-

Bocah Lima Tahun HilangPAINEM (5), perem-

puan, hilang sejak hari ka-mis (16/7). Warga Jl Pan-casila RT 05 RW 02 No356 Kecamatan SakoPalembang. Korban hi-lang setelah mengikuti te-tangganya yang sedangMasa Orientasi Sekolah(MOS). Korban berciri-cirikulit hitam manis dan ram-but pendek. Bagi yangmelihat harap menghubu-ngi 0812-7820872. (cr2)

Kepala PT Pos Dibacok Perampok■ 10 Menit Bergulat dengan Pelaku ■ Upaya Pelaku Digagalkan

pok menodongkan pistoldi kepalanya sehingga Is-kandar tidak berkutik.

Mendengar suara berisik,Diana pun curiga, lantas iapun menyusul suaminya kedapur. Tapi belum sempatberbuat sesuatu, satu pela-ku lainnya langsung meno-dongkan pistol di kepalanyasaat keluar dari pintu kamar.Jadilah pasangan suami-istri-nya di bawah todongan sen-jata api pelaku, sedangkandua pelaku lainnya berusa-ha untuk mencari sesuatuyang berharga milik Iskan-dar dan aset perusahaanyang ada di rumahnya danmenyatu dengan kantor PTPos (Annex). Di tengah ke-gentingan itu, salah seoranganak gadis korban, Maya(16) ikut terbangun danmendengar suara laki-lakiyang mengancam orangtuanya dengan nada suaramembentak. Tanpa rasa ta-kut, Maya pun secara diam-diam mengendap dan keluardari kamarnya. Ia langsung

menyerang pelaku yangmenyandera Iskandar danberupaya membuka topengyang menutup wajah pela-ku hingga terbuka.

Saat itulah pelaku lang-sung terkejut dan situasi inidimanfaatkan Iskandar un-tuk melakukan perlawan-an, sedangkan sang istri di-bantu anaknya berteriakmeminta pertolongan war-ga sekitar.

Pelaku pun panik danmencoba kabur tanpamembawa hasil. Salah satupelaku yang berusaha ka-bur berhasil ditangkapkorban, bahkan terjadi per-gulatan seru.

Dibantu perampok lain-nya, korban langsung dise-rang dengan tikaman senja-ta tajam ke leher hingganyaris tembus dan bacokandi jari tangan kanan. Didu-ga korban menggunakantangannya untuk menang-kis serangan pelaku yangberusaha untuk menu-sukan pisau ke tubuhnya.

Kendati luka parah, kor-ban masih sempat menge-jar pelaku ke luar rumahhingga akhirnya robohhingga pelaku berhasil ka-bur dengan menggunakansepeda motor.

“Pelaku menggunakan se-peda motor dan korban di-bawa istrinya ke Puskesmasterdekat,” kata Kepala Kan-tor Wilayah PT Pos III Sum-bagsel, Junaidi SE ketikamembesuk korban di RSMHPalembang pukul 13.00 saatbaru dirujuk ke Palembang.

Menurut Junaidi, kasus pe-rampokan ini sudah dilapor-kan ke Polsek Sungaililin danminta agar pelaku ditangkapkarena ancaman tindak ke-jahatan tidak hanya dialamikaryawannya tetapi jugamasyarakat lainnya khusus-nya di Sungaililin.

Junaidi didampingi Kepa-la Kantor Besar PT Pos Pa-lembang Gustav dan wakil-nya Muchlis mengatakan ha-sil pengecekan di rumah di-nas Sungaililin, tidak ada aset

SRIPO/HUSIN

Korban perampokan Iskandar Sebastian.

PALEMBANG, SRIPO — Duapejambret yang diduga spe-sialisasi mengincar wanitayang hendak kondangan,Aam (25) dan dan M Rafiq(27) tersungkur ke aspal ja-lan di atas Jembatan Ampe-ra, Minggu (19/7) pagi.

Hari Sabtu dan Minggu ada-lah saat yang ditunggu parapelaku jambret kalung emasitu. Pasalnya, banyak pe-rempuan yang keluar menge-nakan perhiasan emas untukpergi ke resepsi pernikahan.

Contohnya yang dialami,Eminy Saniati SH (42) se-orang pengacara, warga LrBakti RT 8 RW 2 Kel 26 IlirKec IB I Palembang Saat me-litas di atas Jembatan Am-pera dengan sepeda motorbersama suaminya menujuke tempat resepsi pernikahankenalannya, kalung emastujuh sukunya dijambret.

Hampir saja dua pelakuyang berboncengan sepedamotor berhasil, jika saja takada bus kota yang berhentidi depannya. “Pilot” jambretyang diketahui bernamaAam (25) menabrak bus kotaitu, sehingga membuat Aam

PALEMBANG, SRIPO —Rianto alias Anto (18) yangsehari-harinya sebagai pe-tani timun tertangkap saatmenjambret Suryana (28)di depan Diskotik DarmaAgung sekitar pukul19.00,” Sabtu (18/7).

Anto ditangkap wargayang mendapatinya terja-tuh usai menjambret hing-ga babak belur mendapatpukulan dari warga yangmarah atas tingkah lakunyatersebut.

Anto tidak sendiri, saksimata mengatakan bahwadia melakuan aksi penjam-bretan itu bersama teman-nya. “Ya saya tidak sendi-rinya, Adung (16), temansaya berhasil kabur,” katapemuda yang tinggal diKelurahan Tanah Mas, Ke-camatan Talangkelapa,Kabupaten Banyuasin, ke-pada wartawan, Minggu(19/7).

Menurutnya, dia terpak-sa melakukan hal itu kare-na timun yang telah dita-

perusahaan yang hilang be-gitu pun harta milik Iskandar.

“Pelaku belum sempatmengambil seseuatu,” Ju-naidi, yang memuji kebera-nian Iskandar yang telah

bekerja selama 20 tahundan berusaha menyelamat-kan aset perusahaan.

Sementara korban sendi-ri masih terbaring lemasdan belum banyak berceri-

ta. Sedangkan Diana yangterlihat masih sok ini jugamemilih diam dan mintawartawan wawancana de-ngan Kakanwil PT Pos IIISumbagsel. (sin)

Pejambret Spesialisasi Kondangan Tersungkur

dan rekannya, M Rafiq (27)tersungkur ke aspal jalan.

Eminy yang kaget men-jerit. Warga yang mende-ngar jeritannya langsungmengepung dua jambretyang tersungkur di aspalitu. Aam berhasil kabur de-ngan memacu sepeda mo-tornya, meninggalkan Ra-fiq yang terpojok tak bisaberlari. Rafiq dibekuk dandiserahkan ke Poltabes Pa-lembang, setelah lebih dulumendapat jotosan dan ten-dangan dari warga.

Eminy dan suaminya al-

hasil batal menghadiri re-sepsi pernikahan. Merekaberdua harus memberikanketerangan ke polisi. “Sua-mi saya luka karena terja-tuh juga dari sepeda motor.Saya tak mau lagi pakai per-hiasan mencolok saat naiksepeda motor,” kata Eminy.

Rafiq mengaku dalam aksipenjambretan dia bertindaksebagai eksekutor. “Aamyang bawa motor karena itumotornya,” jawabnya sambilmemegangi pipinya yangjontor. Rafiq berkelit meren-canakan aksi ini, menurutnyapenjambretan dilakukan tan-pa rencana karena dipaksaAam. Namun, polisi mendugakuat Rafiq dan rekannya ada-lah spesialis penjambretankalung emas. Ruas JembatanAmpera biasa jadi wilayahmereka beraksi.

Kapoltabes Palembangmelalui Kasat ReskrimKompol Kristovo Ariantomengatakan masih menye-lidiki sejumlah kasus yangdiduga dilakukan tersangka.

“Selain itu kita juga tetapmengejar rekannya Aamitu,” katanya. (cr3)

Petani TimunTertangkap Jambret

PALEMBANG, SRIPO — Ji-mi (48) kaget bukan kepa-lang mendapati pintu ru-mahnya terbuka dan dalamkondisi rusak. Isi rumah-nya juga berantakan sertabarang-barang berhargamiliknya yang tersimpan dibeberapa tempat lenyap.

Menurut Jimi, rumahyang berada di Jl Angkatan45 No 4 Kelurahan DemangLebar Daun Kecamatan IlirBarat (IB) I itu sekitar pukul10.00 ditinggal korban da-lam keadaan kosong. Kor-ban keluar rumah untukmemenuhi undangan te-mannya yang menikah.

Sebelum keluar rumah,korban terlebih dahulu me-mastikan seluruh pintu danjendela dalam keadaan ter-kunci. Setelah yakin, ia punberangkat ke lokasi pemi-lik hajat.

Saat berada di tengah-te-ngah acara, korban menga-ku, merasakan sesuatu yangtidak enak dan merasa ingincepat-cepat pulang. Namun,

Maling Kembali JarahRumah Kosong

MARTAPURA — Seorang gadis berinisial EPS (17) warga De-sa Sri Katon Kecamatan Buay Madang Kabupaten OKU Timur,melaporkan kekasihnya SP (19) ke Polres OKU Timur karena tidakmau bertanggungjawab setelah menghamilinya. Berdasarkanpengakuan ESP kepada petugas SPK Polres OKUT, Sabtu (18/7), dirinya hamil setelah melakukan hubungan intim dengan pelakuyang tidak lain adalah pacarnya sendiri. Perbuatan terlarang terse-but menurut pengakuannya terjadi pada bulan April 2008 lalu.Dimana ketika itu SP bertandang kerumahnya di Desa Sri Katonsekitar pukul 21.00, sehabis pertemuan itu SP kembali mengontakdirinya melalui telepon dengan maksud malam itu juga akan kem-bali kerumahnya dan menginap. Kapolres OKU Timur AKBP JohnMangundap melalui Kasat Reskrim AKP Surachman ketika dikon-firmasi membenarkan adanya laporan tersebut. (hr)

Pacar tak Bertanggungjawab Dipolisikan

SRIPO/ZAINI

Surachman Painem IST

namnya mengalami gagalpanen. Sehingga bukan ke-untungan yang diperoleh-nya tetapi rugi besar. Un-tuk menutupi kerugiannyayang hampir jutaan terse-but berakibat menerimatawaran dari temannya, se-bagai penjambret.

Selain itu dia juga me-ngatakan kalau alasannyamenjambret karena butuhuang cepat. Dia beralasankuat bahwa sangat mem-butuhkan uang untukongkos ke Sekayu, MusiBanyuasin.

“Kakak saya meninggaldan saya harus segera keSekayu, tetapi kalau sudahbegini uang tidak dapat, sa-ya bahkan harus meng-inap di penjara,” kata Antoyang tampak bersedih.

Kapolsek Sukarami AKPSugeng Hariyadi melaluiKanit Rekskrim Iptu AgusSulistianto mengatakanbahwa Anto terjatuh sete-lah menarik paksa gelangmilik korban. (cw6)

perasaan tersebut ditahan-nya hingga acara usai.

Selesai mengikuti prosesiacara dan makan siang ber-sama, sekitar pukul 12.30korban pulang ke rumah.Alangkah kagetnya korbansaat mendapati pintu rumahdalam keadaan terbuka.

Saat diperiksa, cat pintuterkelupas hingga membu-at warna kayu pintu terli-hat. Dengan segera korbanmasuk ke dalam rumahdan mendapati isi rumahdalam kondisi berantakan.

Dengan perasaan panikbercampur emosi, korbanmengecek seisi ruangan danmendapati barang-barangberharga lenyap dari tempat-nya disimpan. Para pencuriberhasil menjarah DVD pla-yer, dua kamera digital, han-dycam, jam tangan, antingemas dan uang tunai Rp 5 juta.

“Diduga para maling ma-suk ke rumah sekitar pukul12.00 mengingat saat itukondisi lingkungan dalamkeadaan sepi,” ujarnya. (cr2)

SRIPO/CR3M Rafiq

Page 13: Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009

‘KADO’‘KADO’‘KADO’‘KADO’‘KADO’ bom diterima Fabio Cannavarodua hari lalu dari para para tifosiJuventus. Saat mengikuti sesi latihanresmi pasukan Ciro Ferrara di Pinzolo,Fabio menerima kado bom asap daripara fans. Fabio sendiri sebenarnyaberniat memberikan yang terbaikuntuk Juventus di sisa karir bolaprofesionalnya. Dia berjanji akanmelakukan apapun agar di musimdepan La Vecchia Signora bisamengenyam sukses seperti saatditinggalkannya dulu.

Super BallHalaman 13Senin, 20 Juli 2009

AP PHOTO/ELAINE THOMPSON

DUEL - Gelandang Chelsea, Frank Lampard (kanan), berduel dengan pemain Seattle Sounders, Fredy Montero, pada partai ujicoba di Seatlle, AS, Minggu (19/7). Lampard menyumbang satu gol untuk Chelsea.

2 - CHELSEA2 - CHELSEA2 - CHELSEA2 - CHELSEA2 - CHELSEASEASEASEASEASEATTLE SOUNDERS - 0TTLE SOUNDERS - 0TTLE SOUNDERS - 0TTLE SOUNDERS - 0TTLE SOUNDERS - 0 VS

CHELSEA mulai menebar ancamanpada para pesaingnya di PremierLeague pada musim 2009/2010 yangmulai bergulir Agustus nanti.

Ancaman ini ditunjukkan The Blueskala melakoni laga perdana denganmulus. Frank Lampard dkk menekuktuan rumah Seattle Sounders 2-0 diStadion Qwest Field Seattle, Minggu(19/7) dini hari.

Striker anyar Daniel Sturridgebermain gemilang dalam debutnyasetelah membuka kemenangandengan memanfaatkan umpanterobosan Florent Malouda padamenit ke-12.

Ia juga berperan pada gol kedua dimenit ke-35. Umpan cerdiknya keNicolas Anelka diteruskan striker asalPrancis itu guna diselesaikan FrankLampard, yang sudah menunggu didepan gawang. Dengan sekalisentuhan, Lamps menekuk mantankiper Blackburn Rovers, Kassey Keller.

Momen duel perdana ini pundimanfatkan pelatih anyar Chelsea,Carlo Ancelotti, untuk membutkikanJohn Terry tetap milik Chelseadengan menjadikannya sebagaikapten tim. Akhir-akhir ini Terrydigoyang isu pindah ke ManchesterCity.

“Malam ini berlangsung begitusempurna. Kami sadar permainan inibelum pada puncaknya, banyakpemain yang masih harus salingmengerti pola pergerakan danpermainan baru sesuai skemaku,”ucap Carletto dikutip Seattlepi.

Kemenangan ini menjadi kadospesial Carletto dalam debutnya

bersama Chelsea.Satu hal lain yang membuat

Ancelotti sangat antusias adalah soalatmosfer pertandingan. Goal menyebutStadion Qwest Field memecahkanrekor penonton saat ada lebih dari65.000 orang datang menyaksikanlaga tersebut.

“Atmosfernya sungguh fantastis,sangat menyenangkan bisa bermaindengan fasilitas dan orang-orangseperti ini. Orang sangat antusiasmenyaksikan pertandingan,”ucapnya.

Carletto yakin performa pasukanbarunya bakal semakin baik.Kombinasi pemain baru dan lawassudah berjalan sukses. Prosesadaptasi berjalan mulus. Kondisi iniditambah kebugaran seluruh personilyang secara mengejutkan mampubermain dalam tempo cukup tinggi.

Mantan pelatih AC Milan ini jugasukses menerapkan permainanmenyerang. Dapur serangan di babakpertama sukses berjalan di kakiFlorent Malouda, Lampard, MichaelBallack, dan Deco. Bek sayap AshleyCole dan Jose Bosingwa juga aktifmengancam area pertahanan lawan.

Alur serangan ini sepertimenekankan Carletto bakalmengoptimalkan pemain yangsebenarnya sudah diprediksi bakalhabis seperti Deco dan AndriyShevchenko yang dimainkan babakkedua.

Lini depan The Blues bakal menjadiparade penggempur dahsyat. SelainSheva, di sana sudah ada Anelka,Sturridge, dan muka lama Salomon

Kalou, belum lagi nama Didier Drogba.“Kami masih terus berusaha untuk

beradaptasi dengan formula baru ini.Pelatih sudah bekerja keras membuatskema yang sangat menggairahkan.Kini saatnya kami bisa mengirimpesan bahaya untuk calon lawankami ke depan,” tutur Lampard.

Lamps mengaku iklim di klubnyasangat kondusif meski isu hengkangTerry tetap menjadi perbincangan dikamar ganti dan hotel.

“Kami sudah tak memikirkan itudengan penampilannya di lapangan,apalagi dia jadi kapten kami. Kamitetap akan fokus ke persiapan jelangmusim panjang nan melelahkan,”ujar Lamps.

Permainan Chelsea jugamengundang kekaguman darimantan pemain Premier League,Freddie Ljungberg. Eks gelandangArsenal ini melihat Chelsea baru ditangan Carletto bisa menjadiancaman besar.

“Mereka bermain belum teratur,tapi saya yakin saat musim barudimulai, semuanya bakal tercengangdengan sajian baru mereka. Saya pikirdi London, mereka bakal menjadiyang terbaik dengan mengalahkanArsenal,” ungkap bintang gaek asalSwedia ini.

Berikutnya Chelsea akan tampil diturnamen World Football Challengebersama dua raksasa Italia, InterMilan dan AC Milan, serta tim asalMeksiko, Club America. Di partaipertama, Chelsea bertemu InterMilan, Rabu (22/7) pagi.(PersdaNetwork/bud)

Live on TVChelsea vs Inter MilanChelsea vs Inter MilanChelsea vs Inter MilanChelsea vs Inter MilanChelsea vs Inter Milan

Rabu (22/7)pukul 09.55 WIB

Chelsea vs AC MilanChelsea vs AC MilanChelsea vs AC MilanChelsea vs AC MilanChelsea vs AC MilanSabtu (25/7)

pukul 06.55 WIB

Data PertandinganSEASEASEASEASEATTLE SOUNDERS 0-2TTLE SOUNDERS 0-2TTLE SOUNDERS 0-2TTLE SOUNDERS 0-2TTLE SOUNDERS 0-2

CHELSEACHELSEACHELSEACHELSEACHELSEA

Gol: Gol: Gol: Gol: Gol: Daniel Sturridge 12', Frank

Lampard 35

TTTTTememememempat: pat: pat: pat: pat: Stadion Stadion Qwest Field

Seattle

Susunan PemainSEASEASEASEASEATTLE SOUNDERSTTLE SOUNDERSTTLE SOUNDERSTTLE SOUNDERSTTLE SOUNDERS

(4-3-3): (4-3-3): (4-3-3): (4-3-3): (4-3-3): Kasey Keller (Terry Boss

46'), James Riley (Evan Brown 71'),

Jhon Kennedy Hurtado (Lamar Neagle

71'), Tyrone Marshall, Tyson Wahl

(Zach Scott 46'), Freddie Ljungberg

(Michael Fucito 74'), Osvaldo Alonso

(Nathan Sturgis 46'), Steve Zakuani

(Sanna Nyassi 63'), Fredy Montero

(Roger Levesque 63'), Peter Vagenas

(Stephen King 46'), Nate Jaqua

(Sebastien Le Toux 46').

CHELSEACHELSEACHELSEACHELSEACHELSEA

BABAK I (4-1-4-1): BABAK I (4-1-4-1): BABAK I (4-1-4-1): BABAK I (4-1-4-1): BABAK I (4-1-4-1): Cech,

Bosingwa, Alex, Terry (c), A Cole;

Deco; Ballack, Malouda; Lampard;

Anelka, Sturridge.

BABAK II (4-1-4-1): BABAK II (4-1-4-1): BABAK II (4-1-4-1): BABAK II (4-1-4-1): BABAK II (4-1-4-1): Hilario;

Belletti, Ivanovic, Carvalho,

Hutchinson; Ballack (Mikel 62);

Sinclair, Lampard; Shevchenko;

Pizarro, Di Santo.

MESKI tampil gemilang di lagaperdana, Chelsea masih terus berburupenyerang top. Kabar teranyar, The

Blues secara resmi menawar striker ASRoma, Mirko Vucinic, dengan harga25 juta euro atau lebih dari Rp 360miliar.

Daily Mail dan Il Corriere dello Sportmengungkapkan, Pelatih CarloAncelotti sangat tertarik kepadapemain asal Montenegro tersebut.

Pemilik Chelsea, RomanAbramovich, juga demikian. Iaterkesan kepada Vucinic setelahmencetak gol indah kala AS Romamengalahkan Chelsea 3-1 di LigaChampions.

Roman bahkan sudah menyiapkandana tambahan demi kehadiranpemain yang kabarnya sudahmemperpanjang masa kontrak di ASRoma empat tahun ke depan.

Informasi beredar, sang miliarderturun tangan langsung bersama CEOPeter Kenyon untuk bernegosiasidengan Il Lupi.

Meski berat, kemungkinan besarnyafulus bisa merubah semuanya.Apalagi AS Roma sudah terkenalsebagai klub Italia yang tak hentidilanda krisis finansial.

“Kami sudah megajukan angkaresmi untuk Vucinic. Kami berharapdia bisa bergabung bersama musimini meski tak harus menyusul rekan-rekannya ke AS,” ucap Kenyon.

Selain mengejar Vucinic,manajemen Chelsea jugamemperpanjang kontrak pemain-pemain yang diisukan hengkang.Setelah Florent Malouda dan JohnObi Mikel, Chelsea kini mulai punyatitik terang terkait keberadaan DidierDrogba, Joe Cole, dan AshleyCole.(Persda Network/bud)

Resmi Tawar Vucinic Rp 360 Miliar

GAIRAH GAIRAH GAIRAH GAIRAH GAIRAH striker anyar Chelsea, DanielSturridge, meluap-luap. Keberhasilanmencetak gol perdana di lagadebutnya membuat penyerang muda(19 tahun) ini optimistis menatapmasa depannya.

Meski di lini depan sudah adaNicolas Anelka, Didier Drogba, AndriyShevchenko sampai Salomon Kalou, iapercaya satu tempat reguler di TheBlues bisa menjadi miliknya.

Striker timnas junior Inggris ini punberani menargetkan mencetak 13 goldi musim perdananya. Menurutnya,target itu sudah ia hitung masak-masak, termasuk kemungkinancedera.

“Saya merasakan spirit luar biasayang belum pernah kurasakansebelumnya. Tim ini sungguh lengkap,tim dokter oke, pelatih fisik bagus,pelatih, dan para senior yang brilian.Saya sangat yakin musim pertamakudi sini tak akan mengecewakan,”katanya bersemangat.

Indikator menuju jumlah gol tersebutsudah ia rasakan dengan berkualitastingginya lini tengah timnya. Di sanamemang sudah ada Ballack, Deco,Lampard, Essien, Joe Cole, sampaipemain anyar Yuri Zhirkov.

“Itu semua memang berpotensimenjadi masalah (masuk tim utama),tapi justru sebaliknya yang akanterjadi, saya akan jauh lebih tajam. Golhari ini adalah awal dari semuanya,”tutur Sturridge optimistus.(Persda(Persda(Persda(Persda(PersdaNetwork/bud)Network/bud)Network/bud)Network/bud)Network/bud)

Bintang Baru

Bidik 13 Gol

Data Diri: NAMA LENGKAP: NAMA LENGKAP: NAMA LENGKAP: NAMA LENGKAP: NAMA LENGKAP: Daniel Andre Sturridge

LAHIR: LAHIR: LAHIR: LAHIR: LAHIR: Birmingham, Inggris, 1 Septem-

ber 1989 (19 tahun) TINGGI: TINGGI: TINGGI: TINGGI: TINGGI: 178 cm

POSISI: POSISI: POSISI: POSISI: POSISI: Striker, Winger NO: NO: NO: NO: NO: 23

KLKLKLKLKLUB SEBELUB SEBELUB SEBELUB SEBELUB SEBELUMNYUMNYUMNYUMNYUMNYA: A: A: A: A: Manchester City

(21 main/5 gol)

Lawan EfektifSANGASANGASANGASANGASANGAT T T T T disayangkan kami harusmenderita kekalahan. Padahal kamimemiliki banyak peluang, tapi tak adayang bisa menjebol jala mereka(Chelsea).

Bandingkan dengan mereka yanghanya punya tiga peluang, tapi mampumencetak dua gol. Ini menunjukkanpermainan lawan lebih efektif.

Tentunya ini bisa menjadi bahanevaluasi bagi kami sebagai modaluntuk mengarungi MLS (Liga AmerikaSerikat).(bud)(bud)(bud)(bud)(bud)*) Sigi SchmidSigi SchmidSigi SchmidSigi SchmidSigi Schmid, Pelatih SeattleSounders, dikutip seattlepi

Ulasan Schmid

KonsentrasiDARI DARI DARI DARI DARI pertandingan ini, saya tahu sayamemiliki tim yang sangat baik, pemainprofesional yang bekerja dengansangat-sangat baik dan juga kuat.

Sepanjang waktu para pemain terusberkonsentrasi dan bekerja. Sayamenyukainya. Umumnya dipertandingan pertama akan adabeberapa kesalahan yang dibuat, tapisangat penting untuk terus bekerjakeras dan terus berkembang.

Kami ingin berkembang dan akanberkembang di pertandinganselanjutnya. Sejak pertandinganpertama saya merasa gembira karenatim menunjukkan kualitas yang kamimiliki.(bud)(bud)(bud)(bud)(bud)*) Carlo AncelottiCarlo AncelottiCarlo AncelottiCarlo AncelottiCarlo Ancelotti, Pelatih Chelsea,dikutip chelseafc

Ulasan Ancelotti

AP PHOTO

Mirko Vucinic

SRIWIJAYA POST

Page 14: Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009

soccer hot newssoccer hot news

300 Fans CitySambut Ade

EMMANUEL Adebayorterenyuh. Ia tak menyangkamendapat sambutan spesialdari suporter Manchester City.Sekitar 300 fans City hadir dimarkas klub saat iadiperkenalkan sebagai pemainbaru The Citizens, Minggu(19/7).

“Ini membuat saya merasasangat disambut spesial. Sayatidak sabar segera bermainuntuk fans City danmenunjukkan kepada merekaapa yang saya dapatlakukan,” ungkap Adebayor.

Striker asal Togo ini resmibergabung dengan ManchesterCity dengan jangka waktukontrak selama lima tahunsetelah lolos tes kesehatan.City membeli Ade dari Arsenaldengan harga 25 jutapoundsterling atau sekitar Rp412 miliar.

Adebayor merupakan strikerketiga yang didatangkan ManCity setelah Roque Santa Cruzdan Carlos Tevez. Satu mukabaru lainnya yang direkrutCity musim ini adalahgelandang Timnas Inggris,Gareth Barry, dari Aston Villa.

Kedatangan striker-strikeritu akan mengancamkeberadaan striker “kelas dua”yang kini menghuni City ofManchester Stadium, sepertiValeri Bojinov, Craig Bellamy,

■ Resmi Gabung Manchester City ■ Berjanji Persembahkan Gelar Juara

Benjani Mwaruwari.Klub milik konglomerat asal

Uni Emirat Arab, SheikhMansour bin Zayed AlNahyan, ini menjadi timpaling “gemuk” di posisistriker.

Selain enam nama di atasmasih ada striker mautRobinho serta dua bombermuda Ched Evans dan FelipeCaicedo.

Namun khusus Adebayor,ia sepertinya akan mendapatporsi lebih untuk bermain. Iapun berjanji akan melakukanyang terbaik bersama klub

barunya.“Saya terlahir untuk

bermain sepakbola dan ituadalah yang ingin sayalakukan. Saya datang ke siniuntuk membuat sejarah bagiklub ini dan suporter City,”ujarnya seperti dilansirmcfc.co.uk.

“Kami di sini untuk meraihkemenangan, kami akanmelanjutkan perjuangan klubdan melihat apa yang bisakami lakukan. Saya harusbekerja keras untuk klub inisekarang dan menunjukkanbahwa saya ingin memberikan

sejumlah trofi untuk City,”lanjut bomber 25 tahun itu.

Di City, Adebayor akanmengenakan kostum birumuda ciri khas klub Eastlandsitu dengan nomor 25 sepertinomornya di Arsenal selamatiga musim lalu.

Setelah resmi bergabung,Adebayor akan menyusulskuad Sky Blues lainnya yangtengah melakukan uji coba diAfrika Selatan. City akanmelakoni laga kedua diturnamen Vodacom Challengemelawan Kaizer Chiefs, Selasa(21/7).(Persda Network/ka)

4 Bomber = 1.681 Triliun●●●●● Carlos T Carlos T Carlos T Carlos T Carlos Teeeeevvvvvezezezezez25 juta pounds atau Rp 412 miliar● ● ● ● ● Emmanuel AdebayorEmmanuel AdebayorEmmanuel AdebayorEmmanuel AdebayorEmmanuel Adebayor25 juta pounds atau Rp 412 miliar● ● ● ● ● Roque Santa CruzRoque Santa CruzRoque Santa CruzRoque Santa CruzRoque Santa Cruz18 pounds atau Rp 297 miliar

● ● ● ● ● RobinhoRobinhoRobinhoRobinhoRobinho32,5 juta pounds atau Rp 560 miliar

Penyerang HebatADEBAADEBAADEBAADEBAADEBAYYYYYOR OR OR OR OR adalah salah satupenyerang hebat di Liga Primersejak kedatangannya dariPrancis. Kami senang ia setujubergabung bersama kami.

Bersamaan dua pemainterakhir yang kami datangkania akan menambahkemampuan kami bersaingdengan klub papan atas.

Kedatangannya adalahindikasi yang jelas mengenaikami yang ingin menambahpemain dengan talenta-talentahebat di dunia.

Ia menambah keseimbanganvital dan kekuatan padapenyerangan. Ia memilikisegalanya yang dibutuhkanoleh seorang penyerang kelasatas. Ia serba bisa, kuat, cepat,dan cekatan. (ka)

* * * * * ) Mark HughesMark HughesMark HughesMark HughesMark Hughes, ManajerManchester City, dikutipmcfc.co.uk

Reaksi Hughes

Reaksi Wenger

KehilanganSASASASASAYYYYYA A A A A yakin ia akanmemberikan sesuatu yangspesial untuk Manchester City.Kami akan kehilangan dia.

Kami ingin segalanyaberjalan baik untuknya danberterima kasih atas segalayang telah ia lakukan untukklub. Kami akan merindukanAdebayor.

Tetapi tentu kami ingin fokuspada pemain yang masihbersama kami. Dalam skuad,kami masih memiliki ThomasRosicky yang kini sudah pulihdan Eduardo (da Silva) punakan kembali melakoni latihanpenuh, Senin (20/7) nanti.

Kami memang kehilanganstriker hebat, tapi kami punmendapatkan kembali seoranggelandang berjiwa menyerangdan satu striker. (ka)

*) Ar*) Ar*) Ar*) Ar*) Arsene Wsene Wsene Wsene Wsene Wengerengerengerengerenger,,,,, ManajerArsenal, dikutip sky sports

Debut Pahit

SUSUNAN PEMAIN CITY:SUSUNAN PEMAIN CITY:SUSUNAN PEMAIN CITY:SUSUNAN PEMAIN CITY:SUSUNAN PEMAIN CITY:Taylor; Zabaleta, Ben Haim, Mee, Garrido; Weiss, Ireland (DeJong 70), Johnson (Vidal 46), Petrov; Bojinov (Caicedo 70),Bellamy (Benjani 46). CadanganCadanganCadanganCadanganCadangan: Nielsen, McGivern, Wright-Phillips, Barry

HASIL UJICOBA LAINNYHASIL UJICOBA LAINNYHASIL UJICOBA LAINNYHASIL UJICOBA LAINNYHASIL UJICOBA LAINNYAAAAABarnet 2-2 ArsenalBarnet 2-2 ArsenalBarnet 2-2 ArsenalBarnet 2-2 ArsenalBarnet 2-2 ArsenalGol: Ismail Yakubu 45, Elliot Charles 83; Andrei Arshavin 43,Nacer Barazite 51

MANCHESTER MANCHESTER MANCHESTER MANCHESTER MANCHESTER City yang tengahberupaya menjadi tim papanatas Inggris mengawaliimpiannya dengan catatan pahit.Dalam debutnya musim ini, Citykeok 0-2 dari tim OrlandoPirates pada turnamen VodacomChallenge di Afrika Selatan,Minggu (19/7).

Gol pertama Pirates lahirlewat titik penalti pada menit 41.Penalti diberikan setelahpemain City, Ben Mee,melanggar Frank Oliver di kotakterlarang. Lucas Thwala yangmenjadi eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan ini.

Gawang City yang dijaga StuartTaylor kembali bobol padamenit 55. Tendangan spekulasidari Thwala gagal dihalaudengan sempurna oleh Taylor.Alih-alih menghalau, bola justrumasuk ke dlam gawang sendiri.

Hingga akhir laga City tak bisamencetak gol ke gawang Piratesdan skor 2-0 untuk kemenangantim tuan rumah tetap bertahan.

Jelas ini start yang buruk bagipasukan Mark Hughes. NamunHughes berkilah karena timnyaturun tanpa bintang-bintangbarunya seperti Gareth Barry,Roque Santa Cruz, ataupunCarlos Tevez.

Tiga pemain baru tersebuthanya menjadi penonton.Hughes beralasan masihmemberi kesempatan ketiganyauntuk beradaptasi dalam latihansebelum melakukan debut.

Bintang lain yang absenadalah Robinho. Striker asalBrasil ini masih diberikesempatan berlibur setelahmembela Tim Samba di PialaKonfederasi 2009. (Persda(Persda(Persda(Persda(PersdaNetwork/ka)Network/ka)Network/ka)Network/ka)Network/ka)

Honduras Jumpa AS di SemifinalHONDURAS akan berjumpa juarabertahan Amerika Serikat di semifinalPiala Emas CONCACAF setelah keduanegara itu menundukkan lawan-lawannya di perempatfinal, Minggu (19/7).

Gol emas kemenangan Honduras atasKanada dicetak melalui penaltikontroversial Walter Martinez di menitke-36.

Penalti diberikan setelah wasit menilaibek Kanada, Paul Staltieri, melakukanpelanggaran kepada Martinez.

Di semifinal nanti, tim berjuluk La Bicoloritu akan bertemu dengan Amerika usaimenang tipis 2-1 atas Panama melaluibabak perpanjangan waktu.

Panama sempat unggul lebih dulu dimasa akhir babak pertama melalui golBlas Perez.

Sayang, empat menit babak kedua baruberjalan, Amerika mampu menyamakankedudukan melalui Kyle Beckerman.

Hingga waktu normal selesai dankedudukan tetap imbang 1-1, kedua timmemainkan babak perpanjangan waktu.

Pada menit ke-103, kesalahan fataldilakukan bek Panama, Roman Torres,yang melakukan tekel keras kepadaKenny Cooper.

Tanpa ampun, wasit ArmandoArchundia menunjuk titik putih daneksekusi sempurna dilakukan Cooperuntuk membuat Amerika menang.

Di semifinal nanti tentunya Hondurassangat ingin mengalahkan Amerikakarena sebelumnya pada tahun 1991,kedua tim pernah bertemu di final. Saatitu Honduras kalah melalui babak adupenalti 4-3.

Sedangkan bagi Amerika, merekasangat berambisi untuk melaju ke finalsekaligus membuka peluang untukmencetak hattrick juara setelah dua tahunsebelumnya sukses menjadi kampiun(2005 dan 2007).

Di tahun 2005, Panama merekakalahkan lewat babak adu penati 3-1 dandi tahun 2007, Meksiko merekatundukkan 2-1. (Persda Network/bb)

Data PerempatfinalHasil Minggu (19/7)Hasil Minggu (19/7)Hasil Minggu (19/7)Hasil Minggu (19/7)Hasil Minggu (19/7)Kanada 0-1 Honduras (Walter Martínez-pen 35)AS 2-1 Panama (Kyle Beckerman 48, KennyCooper-pen 103; Blas Perez 45)

Jadwal Senin (20/7)Jadwal Senin (20/7)Jadwal Senin (20/7)Jadwal Senin (20/7)Jadwal Senin (20/7)Guadeloupe vs Kosta RikaMeksiko vs Haiti

WWW.MCFC.COM

PERKENALAN ADEBAYOR - Striker baru Manchester City, Emmanuel Adebayor, diperkenalkan kepadapublik di City of Manchester Stadium, Minggu (19/7).

AP PHOTO/BILL KOSTROUN

TENDANG - Pemain Panama, Gabriel Gomez (kiri), menendang pemain AS, RobbieRogers, saat berusaha menghalau bola pada partai perempatfinal Piala Emas diPhiladelphia, AS, Minggu (19/7).

AP PHOTO/THEMBA HADEBE

PENALTI - Kiper Manchester City, Stuart Taylor (tengah), gagalmenahan tendangan penalti pemain Orlando Pirates, Lucas Thwala(kanan), di Polokwane, Afsel, Minggu (19/7).

SRIWIJAYA POSTSenin, 20 Juli 200914

Page 15: Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009
Page 16: Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009

SRIWIJAYA POSTSenin, 20 Juli 200916

085658741403SFC skuad lama sudah terbukti jadi Double Winner plus Copa teruji.Tinggal penambahan bek, kiper, pemain tengah dan striker. K Gumbs,Charis, Isnan Ali, Tsimi, Ngon A Djam, Zah Rahan mohon dipertahankan.Jangan terlalu banyak dirombak. Merombak besar-besaran SFC, berartiingin menghancurkan SFC pelan-pelan. skuad sekarang sudah oke.

088274046008Ass...Saya sebagai pencinta SFC sangat kecewa atas dikeluarkan-nya Obiora dari klub.

085769019464Kepada PT SOM tolong dong skuad musim depan SFC adalah Ferry,Ak, Warobay, Ambrizal, Charis, Isnan Ali, Maman, Nasuha, Zah,Toni, Budi, Obi, Greg, Terasil Dangda, Tinton, Firman, Erol, Yongky,Slamet dan Rudi Widodo. And Kayamba gak usah lagi karena udahtua. Tapi apapun keputusan dari PT SOM saya terima...semoga mu-sim depan kembali Double Winner.

081995181122Hallo Sripo! Saya ingin mengusulkan untuk menggaet pemain mudaINA seperti: Wanggai, Yongki, Rudi Widodo, dan harus ada pemainasli Palembang yang hebat. Untuk musim depan SFC harus lebihberani man to man dan lebih kompak dalam bermain.

085764330719Wijay tuh icon SFC, tahun depan pasti kembali lagi. Dio tuh cumadisuruh menuntut ilmu di tempat laen dulu. Setuju?

081994949495Saya setuju para pencinta bola SFC di Sumsel untuk mempertahan-kan Obiora daripada Gumbs karena dari pertama SFC menjuaraidouble winner dan menjuarai Copa tahun ini dan Obiora banyak sekalikontribusi gol-gol yang diciptakan oleh team SFC. Bravo SFC.

081311647820Saya Basiran di Bogor, pemain SFC semua bagus, hanya waktu mainkadang-kadang kurang semangat, maju terus Sriwijaya FC.

085268926982SRIPO Yth. Kepada PT SOM tolong rekrut pemain serperti Haryono(Persib), Rudi Widodo (Pelita), M Ilham (Persija), Ismed Sofyan(Persija)

081271799844Sripo Yth. PT SOM, kami selaku penggemar SFC menghimbau kepa-da Bpk. Gubernur Alex Noerdin selaku pembina SFC untuk memberi-kan kesempatan dengan pemain-pemain putra daerah Sumatera Sela-tan untuk membela kabupatennya. Wassalam dari kami.

081373951137Saran saya. TIM INTI SFC 2010. Bek: Ambasa, M Ridwan, Djayusman,Charis. Tengah: Zah, Greg, Hariono, Siswanto. Depan: Kayamba,Therasi L Dangda. From Alwin Riequeme grand FC.

PALEMBANG, SRIPO —Setelah agenda pertanding-an persahabatan lawanManchester United (MU) di-pastikan batal, empat ang-gota tim Indonesia All Star(IAS) yang juga pemain Sri-wijaya FC Charis Yulianto,Isnan Ali, Ferry Rotinsulu,dan Budi Sudarsono sege-ra balik ke Palembang.

“Saat ini tidak ada ren-cana, selain memfokuskanperhatian kepada klub,”ujar Charis Yulianto, Ming-gu (19/7).

Kemungkinan Charisbersama rekan-rekannyaakan tiba di Palembang pa-ling lambat tanggal 1 Agus-tus mendatang. Sebab la-tihan perdana digelar ke-esokan harinya. Apalagisang pelatih Rahmad Dar-mawan juga mengharus-kan para pemain lokal ber-ada di Palembang tepatwaktu.

Meski dipastikan batal,Charis mengatakan timnastetap menggelar latihan ru-tin. Sebab masih ada hara-pan untuk bertanding la-wan tim berjuluk Setan

Segera Balik ke Palembangn Pasca Pengeboman

Merah. Selain itu, latihansatu-satunya cara untukmengobati kekecewaanpasca tragedi bom di HotelRitz Carlton dan JW Mar-riot.

Rekan satu timnya diSFC, Isnan Ali mengung-kapkan, jika pertandinganbenar-benar gagal, makahal pertama yang dilaku-kannya adalah berkum-pul bersama keluarga. Se-telah itu bersiap-siapkembali ke Palembanguntuk berlatih bersamaSFC.

“Saat ini kita masih latih-an terus. Lumayanlah un-tuk mengobati kekecewa-an,” ujar pemain TimnasIsnan Ali, Minggu (19/7).

Hal senada juga diung-kapkan Budi Sudardonoyang berharap pertanding-an lawan MU itu terwujud.Ia mengaku sangat kecewasetelah mendengar pihakMU membatalkan rencanake Indonesia.

“Meski tidak untuk saatini. Suatu saat nanti MUpasti mau bertandingan la-wan kita,” ujarnya. (ndr)

PALEMBANG, SRIPO — Un-tuk mempersiapkan teamPra PON XVIII, PengprovGabsi Sumsel menggelar

SFC Menuju JuaraUNTUK mewujudkan Sriwijaya FC menjadi The Dream Team musim

kompetisi mendatang. Sriwijaya Post mengajak para gibol (penggila bola)di Sumatera Selatan untuk mengirimkan dukungan, saran dan kiritk untukkemajuan SFC. Baik terhadap pemain harapan untuk bergabung dengan

SFC maupun pemain yang pantas dibuang musim depan. Silakannsampaikan melalui SMS ke nomor 0811711088 atau fax no (0711)312888, melalui E-mail [email protected], [email protected] atau

[email protected] juga melalui surat langsung disertai fotodan alamat ke redaksi Sripo di Jln Jend Basuki Rahmat No 1608 B-D.

Komentar saran dan kiritk akan dimuat di harian ini.

PAGARALAM, SRIPO —Kota Pagaralam menjadituan rumah kejuaraan na-sional (Kejurnas) motoprixregion sumatera yang di-ikuti delapan tim, terdiridari Aceh, Medan, Lam-pung, Bengkulu, PekanBaru, Jambi, Padang danSumsel.

Kejuaraan tingkat nasio-nal tersebut akan diselang-garakan pada tanggal 18 -19 Juli 2009, dibuka lang-sung Walikota Pagaralam,Drs H Djazuli Kuris, MM,di Komplek PerkantoranGunung Gare kawasan wi-sata Gunung Dempo KotaPagaralam, Sabtu, (19/7).

Ketua Panitia Pelaksana,Martin Purba, mengatakan,guna suksesnya kegiatantersebut pihaknya bekerja-sama dengan pemerintahKota Pagaralam dan berba-gai sponsor lainya tengahmelakukan berbagai per-

8 Tim Racer Sumatera Berlagannnnn Kejurnas Motoprix Seri 4

siapan seperti menyiapkansirkuit dan membukanpendaftaran peserta yangakan menjajal sirkuit Gu-nung Gare.

Dikatakanya, Kota Paga-ralam dipercaya sebagaituan rumah moto prix na-sional seri 4, karena fasili-tas untuk kegitan ini sudahmendukung dan lokasijuga bukan daerah yang pa-dat arus lalulintasnya.

“Berdasarkan data yangada sejauh ini sudah 25 pe-serta telah mendaftarkandiri diantaranya ProvinsiAceh, Medan, Pekan Baru,Padang, Lampung dan ber-bagai kota besar yang adadi pulau sumatera,” ung-kapnya.

Ketum IMI Sumsel AntoBambang Utoyo didampi-ngi Ketua Harian SyaidinaAli, Kabid OR James Sanger,Kabid Organisasi Hilindiamenanggapi maraknya

akhir-akhir ini ada evenotomotif di beberapa dae-rah di Sumsel. Ia mengi-ngatkan, IMI selaku indukorganisasi otomotif berke-wajiban membina kegiatanyang dilaksanakan klub-klub di daerah.

“IMI sendiri tidak melak-sanakan even, kecuali klub-klub yang terdaftar di IMI.Sesuai pasal 51 ayat 2 UU RINo 3 Tahun 2005 Tentang Sis-tem Keolahragaan Nasionaltelah jelas prosedur penga-juan rekomendasi pelaksa-naannya. Izin tersebut untukeven nasional/internasionaldiajukan enam bulan sebe-lum penyelenggaraan. Se-dangkan even lokal/Kejurda diajukan minimalsatu bulan sebelum kegiat-an,” terang Anto.

Setelah mengantongi reko-mendasi IMI, barulah pihakPolri dan pemerintah daerahsetempat dapat memberikanizin keramaian dan tempatpelaksanaan even.

“Dalam waktu dekat inikita ada even Kejurnas Mo-toprix Regional SumateraSerie 4 Walikota Cup 18-19Juli 2009 di Pagaralam de-ngan hadiah utama dua unitsepeda motor,” tambah Hi-lindia. (her/fiz)

PALEM-B A N G ,S R I P O— Ma-n a j e -men Sri-w i j a y aFC me-n e g a s -kan Ge-r a r dAmbas-sa Guy

segera bergabung bersa-ma Charis dan kawan-kawan. Sebab pemainnaturalisasi berkewargane-garaan Hongkong ini telahmenyepakati nilai kontrakyang diajukan manajemenSFC.

Demikian diungkapkan

Ambasa Makin Dekat SFCKetua Tim Lima, HendriZainudin, Minggu (19/7)kemarin. Menurut dia, TimWong Kito membutuhkantenaga pemain yang mem-perkuat Happy Valley klubLiga Hongkong ini.”Hing-ga saat ini kita terus berko-munikasi Ambassa. Diaakan bergabung bersamaSFC,” ujar Hendri.

Ambassa masuk dalamrencana tim ke depan. Diadigadang-gadang meng-gantikan poisis JaquesTsimi, defender tangguhSFC yang kini hengkang kePersisam Samarinda. Keha-dirannya diharapkan bisamemperkuat lini belakangtim asuhan Rahmad Dar-mawan. Adapun nilai kon-

trak pemain ini diperkira-kan mencapai Rp 900-Rp 1miliar lebih. Jumlah itu ti-dak masalah bagi SFCyang berambisi meraih ba-nyak gelar.

Secara terpisah pelatihRahmad Darmawan jugamengatakan pemain ini su-dah deal soal nilai kontrakuntuk musim kompetisimendatang. Ia memuji ke-mampuan pemain yangpernah memperkuat Per-sija dan Arema malangini.”Saya tahu betul siapadia. Selama memperkuatPersija, dia bermain denganbaik. Di Timnas Hongkongpun dia diandalkan danmenjadi kapten tim,” ujarRahmad. (ndr)

Arif-Wahyu Punggawa Baru SFCPALEMBANG, SRIPO — Setelah mengamankan 15 pemain lama, ma-najemen Sriwijaya FC berhasil merekrut pemain baru Arif Suyono dan AANgurah Wahyu Trisnajaya yang telah resmi menandatangai kontrak untukmusim kompetisi mendatang di Jakarta, Minggu (19/7).

“Arif dan Wahyu resmi bergabung bersama SFC dan sudah tekenkontrak hari ini di Jakarta,” ujar Direktur Teknik PT Sriwijaya OptimisMandiri (SOM) H Hendri Zainudin, Minggu (19/7).

Arif Suyono merupakan salah satu pemain incaran SFC sejak lama. Iamerupakan sayap terbaik di Liga Super saat ini. Kemampuan drible danpenetrasi cukup ampuh. Dia pun memiliki umpan akurat dan mampumencetak gol. Sebelum bermain di Arema, ia bermain di tim PersemaMalang, yang juga salah satu klub yang berdomisili di kota Malang. Iaadalah salah satu pemain timnas sepakbola Indonesia di sektor gelan-dang atau penyerang sayap.

Secara terpisah Arif kemarin malam membenarkan bahwa dia telahmenandatangani kontrak bersama SFC. Dalam waktu dekat atau palinglambat 1 Agustus pemain yang biasa disapa Keceng ini akan tiba diPalembang. “Saya akan pindah ke Palembang dan memboyong keluarga,”ujar Arif. Saat ditanyakan alasannya bergabung bersama SFC, dengantegas suami dari Laily Maziah ini mengatakan bahwa tim ini memilikiambisi dan meraih banyak juara di musim kompetisi mendatang. (ndr)

nnnnn Dibandrol Rp 750 Juta

Siapkan Tim Pra PON XVIIInnnnn Kejurda Brigde Pairs 2009

SRIPO/HAFIZ

LIGA — Beberapa pebrige mengikuti Liga bridge Musi ’88 yangberlangsung di Restoran Kenten Hijau, Minggu (19/7).

Kerjuda Brigde Pairs 200925-28 Juli 2009 di SasanaBridge Musi ’88.

Demikian disampaikan

Ketua Harian PengprovGabsi Sumsel, Herry Zamandan Sekumnya, MohammadMasyaheril, Minggu (19/7)kemarin. Menurutnya, kejur-da ini untuk mempersiapkantim bayangan Pra PON. Parapebridge kota Palembangsendiri telah menggelar evenkecil berupa Liga Bridge Musi’88 setiap pekannya sejak Juli2009.

“Target peserta 40 pasang.Intianya untuk mencari tigapasang terbaik sebagai timbayangan Pra PON,” ujarHerry.

Dalam kejuaraan ini, peng-urus nantinya akan melibat-kan atlet luar Palembang. Se-bab diharapkan para pesertadari daerah dapat berprestasi.

Dalam rangka pembentu-kan tim tersebut, pada 31Juli-2 Agustus pihaknyaakan mengutus 2 tim yakni,1 tim untuk Pra PON dan 1lagi Tim Senior untuk Tim

Mandiri. Khusus untuk TimSenior rencananya akan ber-tanding di kejuaraan Interna-sional Gubernur KepulauanRiau (Kepri) Cup. Kejuaraanini bertaraf internasional yangakan diikuti oleh 6 negarayakni, Malaysia, Singapura,Inggris, Belanda, Hongkong,dan Australia.

“Nantinya tim ini akan se-lalu diikutkan di setiap tur-namen. Dengan seringnyamengikuti turnamen diha-rapkan mereka menjadi timterbaik sehingga saat menje-lang seleksi Pra PON merekabisa lolos,” ujarnya.

Sebab untuk bisa lolos kePON, peserta dari seluruhprovinsi harus masuk 9 Be-sar dulu. Hanya saja untuksementara ini pengurus ma-sih kesulitan mencari atletPutri. Kalau pun ada jum-lahnya sangat terbatas.

“Materi ladies kita masihkurang. Ada bibitnya tetapi

masih duduk di bangkuSMA. Namun kendalanyamereka masih siswa sehinggadibatasi waktu sekolah danorangtua mereka,” ujarnya.

Selain mengikuti kejuara-an di Kepri sebagai uji coba,Gabsi Sumsel menjadikannyasebagai studi banding kare-na telah berencana mengge-lar Gubernur Cup.

“Kita berharap bisa disup-port pak Gubernur Sumsel danpak Walikota November-De-sember 2009,” ujar Herry.

Pada Liga bridge kemarinterjadi juara satu bersamadiraih M Masyaheril/AriefRahman dan pasangan MgsTaufik/Riduan. Ini setelahkedua pasangan menganto-ngi total poin sama-sama 17yang dikumpulkan selamatiga putaran.

“Sedangkan juara ketiga AJatmiko/F Hidayat me-ngumpulkan 16 poin,” jelasMasyaheril. (ndr)

SRIPO/SYAHRUL H

Charis Yulianto (kanan)

SRIPO/SYAHRUL

Hendri Z

Page 17: Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009

DIREKTUR UTAMA: Herman Darmo. DIREKTUR: Ir H M Soleh Thamrin, Soetardjo, Gunawan Wibisono. PEMIMPIN UMUM: Ir H M Soleh Thamrin.WAKIL PEMIMPIN UMUM: Gunawan Wibisono. PEMIMPIN REDAKSI/PENANGGUNGJAWAB: Hadi Prayogo, WAKIL PEMRED: H Hamzah RuslinREDAKTUR PELAKSANA: L Weny Ramdiastuti. MANAGER PRODUKSI: Theresia Juita. REDAKTUR EKSEKUTIF: Sutrisman Dinah. KOORDINATORLIPUTAN: Wiedarto. SEKRETARIS REDAKSI: H. Salman Rasyidin. STAF REDAKSI: Aminudin, Subardi, Azwir, Hanafijal, Rustam Imron, Ray Hap-pyeni, Sudarwan, Zainal Piliang, K Arpan, Harina Asiana, Syahrul Hidayat, Leni Juita, Muhammad Husin, Abdul Hafiz, Tarso, Lisma Noviani, Sugeng

Hariadi, Syamsul Hidayah, Ardani Zuhri, Zaini, Sri Herliana, Andi Syahrial, Ahmad Naafi, I Ketut Swardana, Vanda Rosetiati, Arsep Pajario. Saftarina ,Aang Hamdani, Hendra Kusuma.(Ilustrator: Syafnil Chaniago, Antoni Agustino) PERWAKILANJAKARTA: Febby Mahendra Putra (Kepala Biro), Domuara Ambarita (Wakabiro), Heroe Baskoro, Budi Prasetyo, Antonius Bramantoro, Jonson Simanjuntak, Murjani, Choirul Arifin, Hendra Gunawan, Ismanto, Rachmat Hidayat, Sugiyarto, YuliSulistiyawan, Zulfikar W Eda

PEMIMPIN PERUSAHAAN: Bambang Harto no WAKIL PEMIMPIN PERUSAHAAN: Hurip Yuli Edi MANAJER IKLAN: Hurip Yuli Edi ( ALAMAT REDAKSI/IKLAN/SIRKULASI: Jl Jenderal Basuki Rahmat No 1608 B-D

, Telp (0711) 310088 (6 saluran), Fax (0711) 312888. PERWAKILAN JAKARTA: Jalan Palmerah Selatan 12 Jakarta 10270, Telp (021) 5483863, 5495359, 5494999, 5301991, Fax (021) 5495360 IKLAN: Gedung Persda Lt 1Jl PalmerahSelatan No. 1-4 Jakarta 10270 Telp (021) 548 3008, 548 0888, 549 0666 Ext 7635 s/d 7638 Fax (021) 5369 6583 E-mail: [email protected]

HARGA LANGGANAN: Rp 50.000 sebulan (pembayaran di muka), luar kota plus ongkos kirim. Terbit tujuh kali seminggu. Pembayaran iklan langsung ke Bank: Bank Central Asia Palembang Rek No. 021-309665-3, Bank Permata, Palembang,Rek No. 0400027048, BNI 46, Rek No. 0051447426, atau langsung ke Kantor Pusat Jl Jenderal Basuki Rahmat No 1608 B-D Palembang, Telp Iklan (0711)-311888, Fax Iklan (0711) 310391. PERCETAKAN: NV Rambang(Isi di luar tanggung jawab percetakan)

HARIAN UMUM

SRIWIJAYA POSTPenerbit: PT Sriwijaya Perdana SIUPP: No 233/SK/Menpen/

SIUPP/A.7/1987 tanggal 22 Juni 1987 Jo.196/Ditjen

WARWARWARWARWARTTTTTAAAAAWWWWWAN SRIWIJAAN SRIWIJAAN SRIWIJAAN SRIWIJAAN SRIWIJAYYYYYA POST SELALU DIBEKALI TA POST SELALU DIBEKALI TA POST SELALU DIBEKALI TA POST SELALU DIBEKALI TA POST SELALU DIBEKALI TANDA PENGENAL DAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA/MEMINTANDA PENGENAL DAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA/MEMINTANDA PENGENAL DAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA/MEMINTANDA PENGENAL DAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA/MEMINTANDA PENGENAL DAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA/MEMINTA APA APA APA APA APA PUN DARI NARA SUMBERA PUN DARI NARA SUMBERA PUN DARI NARA SUMBERA PUN DARI NARA SUMBERA PUN DARI NARA SUMBER

SALAM SRIWIJAYA

P

POJOK

Jika Anda ingin menyampaikan keluhan, kritik, dan saran tentang pelayanan publik, silakan mengirimkan SMS ke 0811710188 atau menghubungi Sekre-tariat Redaksi : (0711) 310088 ext. 209, (0711) 313171, Fax: (0711) 312888, atau E-mail: [email protected] Identitas (nomor handphone)akan ditulis lengkap.

Redaksi juga menerima artikel (opini) dan Mimbar Jumat, maksimal 2½ halaman, diketik satu spasi, huruf Times New Roman (size: 12), dilengkapi pas foto 4x6

17SRIWIJAYA POSTSenin, 20 Juli 2009

SENIN20 JULI 2009

27 RAJAB 1430 H

ZUHUR : 12.09 WIBASHAR : 15.30 WIB

SELASA21 JULI 2009

28 RAJAB 1430 H

MAGHRIB : 18.09 WIBISYA` : 19.21 WIB

SUBUH : 04.47 WIB

S A L A T

������� ������

� � � � �

SATU dasawarsa sejak erareformasi bergulir, kebe-basan berpendapat di mukaumum pada tataran nasio-nal tampak menggembira-kan. Namun kondisi ke-merdekaan demikian sa-ngat pantas dipertanyakan.Media lokal mulai memper-sempit ruang bagi kaumyang berbeda pendapat de-ngan raja lokal --cerita lama,demi keberhasilan pem-bangunan kita selalu diha-rapkan jangan mengha-lang-halangi program rajalokal. Dan kita jangan pulalupa bagaimanapun eloknyaprogram raja lokal tersebutbelum tentu menguntung-kan bagi rakyat.

Jujur, saya sampaikan ditataran lokal ini suara rak-yat pedesaan kerapkali jus-tru lebih didengar medianasional. Apakah karena te-linga mereka lebih mende-ngar? Ataukah mereka lebihempati? Yang pasti demi sta-bilitas, media massa harusmendukung! Padahal dalamstabilitas itu jutaan rakyat

telah terpasung, dan mediatutup mata!

Itulah pola Orde Baru danraja kita demikian telahmulai memperlihatkan indi-kasi kearah itu. Rakyatpinggiran kini hanya sosokpendengar, penonton danpembaca media. Tak adalagi ruang kami untuk ber-suara. Ketika wakil rakyat

sudah tak lagi bersuara me-nyambung lidah kami danketika media telah mencariposisi aman dari ocehan pa-nas raja lokal, maka kamitelah kehilangan suara ka-mi.

Curhat SuharjoLahat Sumsel085310137608

Kebebasan dan Raja Kecil

ENGAMANAN tempat-tempat keramaian diPalembang makin diperketat pasca ledakanbom di Hotel JW Marriot dan Ritz Carlton Jum-at (17/7) pagi. Hotel-hotel di Palembang punmengetatkan pengamanan untuk menganti-

sipasi hal-hal yang tak diinginkan.Aksi teroris kini menjadi momok nomor satu yang ditakuti

di seluruh Tanah Air. Betapa tidak, aksi teror yang takberprikemanusiaan ini begitu besar dampaknya secarapsikologis bagi imej Indonesia. Akibat aksi pengebomanyang melanda Hotel JW Marriot dan Hotel Ritz Carlton,imej keamanan di Tanah Air tercoreng. Tentu saja efeknyasangat luas. Event Internasional Asia Tour tim footballManchester United yang seyogyanya dilaksanakan di Sta-dion Bung Karno Jakarta Senin (20/7) hari ini batal dilak-sanakan. MU tentunya tak ingin berspekulasi dengan kea-manan pemain-pemain bintangnya. Apalagi hotel yangdibom yakni Ritz Carlton adalah hotel yang telah dibookinguntuk tempat Tim MU menginap.

Ledakan bom yang menewaskan 9 orang termasuk paraekspatriat dan sekiar 60 an korban cedera, juga membuatnegara-negara asing mempertanyakan keamanan Indo-nesia. Tak heran dengan kejadian ini dikhawatirkan kunju-ngan orang asing ke Indonesia akan berkurang drastis.Dampaknya juga akan terasa secara ekonomi. Bagaima-na para investor akan merasa nyaman berinvestasi bila dinegara tempat ia menanamkan modal para teroris denganleluasa beraksi di pusat ibukota negara.

Aksi teroris juga menjadi pekerjaan rumah bagi aparatkeamanan Polri dan khususnya intelijen Indonesia. Se-berapa eksis dan mumpuni aksi pasukan anti teror Indo-nesia untuk mampu menggagalkan aksi-aksi para teroris?Peristiwa ledakan bom di JW Marriot yang notabene per-nah mengalami kejadian sama di tahun 2003, dan jugaRitz Carlton menunjukkan betapa licin aksi para teroris.

Teroris menohok ke tempat yang paling diyakini kea-manannya oleh para ekspatriat. Kedua hotel yang menja-di favorit warga asing berduit ini ternyata kebobolan jugaoleh para teroris.

Kerugian materiil sudah jelas tak ternilai, namun kerugi-an inmateriil untuk memulihkan citra keamanan Tanah Airjauh lebih besar lagi. Butuh waktu panjang untuk meya-kinkan warga asing untuk tak sungkan datang danberinvestasi ke Indonesia. Butuh banyak argumen danusaha agar kepercayaan warga asing akan keamananIndonesia tumbuh kembali.

Pihak keamanan Polri dan para intelijennya sangat di-harapkan mampu mengidentifikasi dan sekaligus memas-tikan pelaku teror ini. Kepiawaian pihak Polri dan juga paraintelijen untuk mengamankan area publik dari ancamanteror bom sangat berperan. Yang pasti otak pelaku penge-boman ini harus dibekuk. Teroris harus dibabat sampat keakar-akarnya. Karena aksi teror ini tak hanya berdampakpada citra keamanan negara. Aksi teror juga berperan da-lam melemahkan ekonomi negara. Teror membuat inves-tor mandek, teror membuat ekonomi melemah, dan padaakhirnya teror membuat rakyat yang merasakan dampakekonomi yang ditimbulkannya. Siapapun pelakunya, aksiteror adalah perbuatan biadab yang membuat umat men-derita karenanya.

Teroris Momok Nomor Satu

Kekurangan Kursi, Siswa SMPN 1 PulaupinangDuduk Satu Kursi Berdua

Tentu ini tak ada hubungannya dengan sekolah gratis

Atasi Defisit PLN Bikin Hujan BuatanSupaya terang terus... terus terang...

Komentari Bom Kuningan Ferry DiterorTangkis saja agar tak masuk gawang!

KADIKNAS Sumsel Yth,mengapa siswa kelas 3SMP/SMA kalau tidak lulusdapat ujian ulang sepertipaket sedangkan kelas 1 &2 kalau tidak naik dibiar-kan?081532756229

Jawaban :TERIMA asih atas perta-

nyaannya. Perlu kamijelaskan bahwa memangdalam aturan tidak ada uji-

an ulangan bagi siswa yangtidak naik kelas. Tetapi me-mang ada program lain bagisiswa yang tidak lulus ujianakhir, yakni Paket A, B danC. Sedangkan untuk siswayang tidak naik kelas me-mang tidak diatur ada ujianulangan. Demikian penje-lasan yang dapat kami sam-paikan.

Ade KaryanaKadiknas Provinsi Sumsel

Paket, A, B, dan C Bagiyang tidak Naik Kelas

UNTUK mewujudkanSriwijaya FC menjadi “TheDream Team” musim kom-petisi Super League Indone-sia dan Copa Indonesia ta-hun 2009/2010, memang ti-daklah mudah dan ringanseperti membalikkan tela-pak tangan.

Upaya itu butuh kerjakeras, program yang jelasdan kejelian dari Tim Limadalam merekrut dan memi-lih pemainnya. Selain itujuga jelas akan terjadi pem-bengkakan anggaran be-lanja, tapi itu semua saya ki-ra tidak menjadi masalahkarena ini mempertaruhkannama SUMATERA SELA-TAN.

Dengan melihat kondisiyang demikian, tentunya ha-rapan kita dan harapan se-

mua masyarakat SumateraSelatan ingin yang terbaikdemi keharuman nama Su-matera Selatan di kancah o-lahraga nasional dan inter-nasionalà saran saya kepadaRahmad Darmawanà kalaukita memang mau memben-tuk SFC sebagai The DreamTeam jangan tanggung-tang-gung untuk merekrut pe-main yang berkualitas, pro-fesional dan memiliki skill.Harga mahal jangan jadikendala yang penting kitabisa mempertahankan predi-kat team DOUBLE WINNERà.Ingat lebih baik membeli 1pemain tangguh daripadamembeli 4 pemain tapi un-tuk dicadangkanà.

“Jailani Hasan”<[email protected]>

Dukungan SFC

YTH Dinas PeneranganLampu Jalan kota Palem-bang. Lampu jalan kami di30 Ilir Lorong Sawah Rt 07dan 08 A Rw 03 mati sejaktahun 2007. Mohon diper-baiki dan terima kasih.081933355144

JAWABTERIMA kasih atas lapor-

Lampu Jalan MatiSejak 2007

annya, kalaua matinya se-jak tahun 2007 lalu ke-mungkinan hubungannyasudah rusak. Kami akan cekke lapangan untuk melihatlangsung kondisi jaringan-nya. (trs)

Taufik Syakroni SHKepala Dinas Penerangan Ja-lan, Utilitas dan Pertamanan

SESUAI dengan ketentu-an yang ditetapkan Depar-temen Pendidikan Nasionaldan dikuatkan oleh Lemba-ga Penjamin Mutu Pendi-dikan (LPMP) Sumsel, bagiguru yang telah lulus prog-ram sertifikasi, diwajibkanmengajar 24 jam perming-gu. Sebagai konsekwensidari kewajiban terhadapguru yang sudah bersertifi-kasi tersebut, kalau jumlahjamnya tidak tertutup, ma-ka imbasnya tunjangan ser-tifikasi guru terancam ti-dak dibayarkan.

Bagi guru yang sudahlulus sertifikasi dengan be-ban jam pejalaran cukup 24jam, masalah ini tidak ma-salah, namun bagi yangjumlah jam mengajarnya ti-dak cukup, justru ini yangmasalah. Seyogyanya kepa-la sekolah berupaya menca-rikan solusi bagi guru yangjam mengajarnya belumcukup.

Namun faktanya, daripembicaraan dengan se-jumlah guru dan kepala se-kolah swasta, ada sekolahnegeri di Palembang yangkebijakannya membuatpara guru sertifikasi kebi-ngungan --ibaratnya seper-

ti anak ayam kehilangan in-duk. Kebingungan tersebutkarena Sang Kepala Seko-lah justru tidak mempriori-taskan pemenuhan jam pe-lajaran bagi guru yang su-dah sertifikasi dan membi-arkan masalahnya meng-ambang dan bisa berakibattunjangan sertifikasi tidakbisa dicairkan.

Kebijakan kepala seko-lah tersebut entah karenatidak tau, masak bodoh ataukerena Sang Kepala Seko-lah sudah lulus sertifikasitanpa menambah jam tugaskarena jabatannya, sehing-ga tidak peduli dengan stafpengajarnya.

Alasan yang dikemuka-kan Sang Kepala Sekolah,kalau jam pelajaran yangbelum ikut sertifikasidialihkan kepada guruyang sudah ikut --padahalsudah lebih 10 tahun ber-tugas di sekolah itu, makakenaikan pangkatnyaakan terganggu. Anehnya,Sang Kepala Sekolah ma-sih saja memprioritaskandan menampung gurupindahan dan guru yangbaru diangkat sementarajumlah kelas tidak seim-bang.

Akibat kondisi demikian,tidak sedikit guru PNS yanggerilia ke sekolah-sekolahswasta atas inisiatif sendiriuntuk mencari jam tambah-an mengajar.

Kondisi dan fakta demi-kian, sebenarnya justruakan merugikan sekolahdimana guru itu ditugaskankarena konsentrasinya me-ngajar terpecah dengan se-kolah swasta meskipun itudibolehkan oleh aturan.

Kepada kepala DinasDiknas Palembang, kira-nya kasus semacam ini di-lakukan penelitian, sehing-ga ada keharmonisan gurudengan kepala sekolahdan tidak berakibat padaproses belajar mengajardan anak didik tidak ter-abaikan. Merupakan halyang aneh kalau ada kepa-la sekolah tidak memaha-mi kesulitan stafnya danmembiarkannya mencarisolusi sendiri-sendiri diluar tempat guru sertifikasibertugas.

Solehuddin AmranTenaga Pendidik SekolahSwastaWarga Siring AgungPakjo Palembang

Guru SertifikasiKebingungan

Page 18: Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009

18 SRIWIJAYA POSTSenin, 20 Juli 2009

MENUNGGU sebuahkata yang selalu dihindarioleh sebagian orang. Teru-tama bagi jiwa yang penuhdengan aktivitas tinggi.Betapa tidak, dengan me-nunggu seorang dipastikanberbagai rasa akan mera-suk di dada. Kesal lah, jeng-kel lah. Apalagi yang di-tunggu tak datang juga.

Tetapi lain yang dirasa-kan tiga mahasiswa pergu-ruan tinggi swasta di Pa-lembang, Ade, Edo, danYayan. Mereka seakan takmerasakan suntuknya danpanasnya pantat, dudukmenunggu teman merekayang akan tiba di StasiunKA Kertapati Palembang,beberapa waktu lalu.

Sambil memangku note-book, mereka mengaksesinternet menggunakanTelkomsel Flash.

“Aidah, lum dateng jugo yesepur kawan kito ini,” ujarEdo sambil melirik dua te-mannya.

“Iya ya.. untung kito bawalaptop dan Telkomsel Flash,kalu dak katek ini mungkin lalamo aku tinggalke dio tu,”timpal Ade sambil mem-perlihatkan laptopnyayang dilengkapi TelkomselFlash.

“Ya Om. Untung ada Tel-komsel Flash ini, jadi sam-bil menunggu kawan kamidatang, kami bisa inter-netan ria sambil mencaribahan kuliah nanti,” ujar-nya ketika Sripo menanya-kan dengan apa merekamengakses data internet.

Dituturkan Ade penggu-na kartu simPATI ini, per-tama kali mencoba Telkom-sel Flash dia langsung jatuhcinta.

“Aku beli Telkomsel Flashini belum lama. Waktu adaacara Telkomsel Expoint diAtrium Palembang Square.Setelah mendapatkan pen-jelasan dari penjaga konterkeunggulan TelkomselFlash dengan produk lain,serta ditawarkan hargayang terjangkau bagi kan-tong mahasiswa, langsungaku beli, kalu dak salah ku-rang lebih Rp 1,2 juta,” jelaswarga Tanjungenim ini.

Mahasiswa sekarangmemang jauh beda denganmahasiswa tahun 80-an.

Untuk mendapatkan litera-tur bahan mata kuliah me-reka tak perlu lagi berge-rilya ke sejumlah toko bu-ku. Dengan benda yangberatnya tak sampai 5 kgini, segala bahan dari zamanpurba hingga zaman duniamaya dengan mudah dida-patkan.

Hampir setiap mahasis-wa memiliki benda petakberwarna hitam. Tak jarangkita lihat mahasiswa dudukdi bawah rindang pohonkampus mereka, sambilmenunggu pengajar, mere-ka membuka dan mengak-ses internet melalu laptop.Berbagai bentuk dan war-na laptop banyak ditawar-kan di pasar elektronik.

Menyikapi perkembang-an tersebut, Telkomsel de-ngan brilian meluncurkanprogram layanan mobilelifestyle, Telkomsel Flash.

Telkomsel Flash adalahlayanan internet tanpakabel (wireless) yang dise-diakan Telkomsel untuk se-luruh pelanggannya. Peng-guna kartuHalo, simPATI,dan Kartu As dapat meng-gunakan layananTelkomsel Flash ini, karenadidukung dengan teknolo-gi HSDPA/3G/EDGE/GP-RS Telkomsel yang dapatmenghasilkan kecepatandownload sampai dengan7,2 Mbps.

Dikatakan oleh GM Sales& Customer Service Tel-komsel Regional Sumbag-sel, I Ketut Susila Dharma,beberapa waktu lalu saatjumpa pers persiapan Tel-komsel Expoint, TelkomselFlash ini adalah salah satulayanan mobile lifestyle Tel-komsel yang andal. Aksesinternet yang cepat dapatmembantu mahasiswamencari literatur.

Telkomsel Flash membe-rikan berbagai keuntunganbagi pelanggan. TelkomselFlash dapat mudah dikon-trol, memiliki kecepatantinggi, dan jangkauan jari-ngan yang luas.

Dengan pilihan paket un-limited, Anda dapat meng-gunakan internet sepuas-nya tanpa khawatir de-ngan batasan waktu. BagiAnda pengguna kartu pra-bayar (simPATI atau Kartu

As) Anda bisa lebih mudahmengontrol penggunaaninternet dan pengeluaranAnda dengan memilihpaket berbasis waktu (timebased).

Layanan mobile lifestyleTelkomsel tak hanya di si-tu. Sebagai rajanya indus-tri telekomunikasi di Indo-nesia, Telkomsel telah lebihdahulu memasuki era mo-bile lifestyle yang sering di-identikkan dengan gaya hi-dup masyarakat modern.Diawali Layanan 3G, Black-Berry, mobile wallet T-Cash, m-Music, Push Email,mobile banking, dan yangbaru saja diluncurkan per-tama kali di Indonesia iPho-ne 3G menambah kekoko-han Telkomsel dalam me-nyandang service leader te-lekomunikasi.

Untuk mendukung eramobile lifestyle, Telkomselmemiliki jaringan terluasdan berkualitas yang didu-kung 28.000 BTS (BaseTransceiver Station) dan ra-gam teknologi terlengkapmulai GPRS (Global PacketRadio Service), EDGE (En-hanced Data rates for GSMEvolution), 3G WCDMA(Wideband Code DivisionMultiple Access), dan HS-DPA (High Speed Down-link Packet Access).

“Sebagai service leader la-yanan selular di Indonesia,kini Telkomsel dipercayamelayani 75 juta pelanggandan menjadikan Telkomselsebagai operator terbesarnomor 6 di dunia dari sisijumlah pelanggannya,”tambah Sarwoto.

Ini terbukti dengandiraihnya Selular Award2009, “Best of The Best Ser-vice Provider” selaku in-dustri telekomunikasi,khususnya operator danprodusen ponsel atas pres-tasi dan performansi sepan-jang tahun 2008.

Di usia ke 14 tahunTelkomsel makin mengu-kuhkan posisi market leaderdengan layanan mobilelifestyle. Tak hanya lokal,Telkomsel merupakanpenyedia mobile lifestyle ter-baik di kawasan regional.Hal itulah yang ditangkapTelkomsel sebagai mobilelifestyle.(syahrul hidayat)

Telkomsel FlashTeman Sejati Mahasiswa

PALEMBANG, SRIPO —Dari 11 kantor cabangCoca-Cola Bottling Indo-nesia unit area SumateraBagian Selatan (Sumbag-

sel), kontribusi cabang Pa-lembang sebesar 30 persenuntuk penjualan Sprite,disusul Lampung. Dari se-luruh produk minuman ri-

ngan penjualan tertinggiSprite yakni 33 persen, sisa-nya Fanta dan Coca-Cola.

Demikian dikatakan Gen-eral Manager Coca-ColaBottling Indonesia unitSumbagsel, Budi Dar-mawan, Sabtu (18/7). Menu-rutnya, Unit Sumbagselmembawahi empat provin-si, yakni Sumsel, Lampung,Bengkulu, dan Bangka Beli-tung (Babel). Dengan duakantor sentral yang letaknyaada di Palembang dan Lam-pung meliputi 11 kantor ca-bang. “Palembang palingtinggi dalam memberikankontribusi penjualan produkkami. Pertumbuhan pasardalam lima tahun terakhir 5persen,” ungkap Budi.

Budi menjelaskan, secaranasional Fanta masih bera-da di atas dalam penjualan,disusul Sprite dan Coca-Cola. Ada keunikan pen-

jualan aneka soft drink pro-duksi Coca-cola tersebut,karena masing-masing dae-rah memiliki perbedaan,seperti di Palembang per-mintaan paling banyakSprite, sedangkan Lampungpermintaan terbanyak un-tuk Coca-cola dan Fanta.

Coca-Cola Bottling Indo-nesia akan terus berinovasidengan mengeluarkanvarian-varian terbaru baruseperti Sprite vitamin C,begitu pula dengan Fantadan Coca-Cola. Tentu halini dilakukan untuk me-ningkatkan penjualan. Ke-tika ditanya apakan acaraSprite D’Plong Rock ‘n’ Dut2009, salah satu cara untukmendongkrak penjualan.Budi menuturkan even itubertujuan memang untukmempertahankan dan me-ningkatkan brand Spritekepada konsumen. (sep)

PALEMBANG, SRIPO —Mitsubishi Strada Tritonmenguasai pasar pickup 4x4dengan market share 57 per-sen dengan pelanggan per-

usahaan pertambangandan perkebunan. Pasarutama dan terbesar dariMitsubishi Strada Triton adadi Sumatera dan Kaliman-

tan.Strada Triton Office PT

Kramayudha Tiga Berlian(KTB) Doni Maksudi me-ngatakan tingginya per-

mintaan Strada Triton ka-rena kepercayaan masya-rakat terhadap kualitas danperformance produk ini bisadiandalkan. Selain itu,mudahnya dari segi pera-watannya, spare part, danharga jual kembali sangatbagus.

“Hampir di semua dae-rah, kita nomor satu (mar-ket leader) ,” tukas DoniMaksudi, di sela-sela acaraStrata Triton Gathering,Jumat (17/7).

Total penjualan StradaTriton hingga Juli lalu lebihdari 5.000 unit. Sumateramemberikan kontribusiterbesar mencapai 45 per-sen khususnya kota Medandengan market share 90 per-sen dan Sumatera Selatan(Sumsel) di atas 50 persen.Begitu pula dengan Kali-mantan yang menyum-bangkan 30 sampai dengan40 persen. Mitsubishi me-nargetkan tahun ini mam-pu menjual Strata Triton le-bih dari 6.000 unit. (sep)

Strada Triton KuasaiPasar Pickup 4x4

■ Didominasi Perusahaan Tambang

Kontribusi Palembang 30 Persen■ Penjualan Sprite

SRIPO/SYAHRUL

BERFOSE — Budi Darmawan (kiri), General Manager Coca-Cola Bottling Indonesia Unit Sumsel didampingi Ahmad Dhani,Shinta Ekaputri (kanan) Brand Manager Sprite Coca-Cola Indo-nesia, berfose di hadapan wartawan pada jumpa pers SpirteD'Plong Rock'N'Dut 2009, di The Aryaduta Hotel, Sabtu (18/7).

SRIPO/SYAHRUL

HIBUR UNDANGAN — Sara Idol, artis ibu kota menghibur para undangan Strada Triton Gather-ing, di Ballroom The Aryaduta Hotel Palembang, Jumat (17/7) malam. Pada acara ini diperkenalkanproduk-produk terbaru Mitsubishi Strada Triton.

Page 19: Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009

SRIWIJAYA POSTSenin, 20 Juli 2009 19

JAKARTA, SRIPO— Peris-tiwa ledakan dua bom diJakarta, Jumat (17/7) lalutak menunda niat peme-rintah menerbitkan Obliga-si Ritel Indonesia (ORI) Seri006 (ORI006) pada Agustusdepan. Pemerintah telahmenggandeng 20 agenpenjual ORI006 untukmembantu menawarkaninstrumen surat utang pe-merintah yang dijual ece-ran ini.

Direktur Jenderal Penge-lolaan Utang DepartemenKeuangan Rahmat Walu-yanto mengaku optimispeminat ORI006 tetap be-sar kendati beberapa kala-ngan mengkhawatirkan

menurunnya peminat pas-caledakan dua bom yangdisinyalir kuat dilakukanoleh kawanan teroris terse-but.

“Pengalaman sebelum-nya. Dampak kejadianbegini (ledakan bom) tidakberpengaruh. Tahun 2003indeks (Indeks Harga Sa-ham Gabungan di BursaEfek Indonesia) turun sedi-kit kemudian naik lagi.Saya kira investor mema-hami, apa yang terjadi diIndonesia terkait terorismetidak terlalu berdampak.Karena pemerintah selamaini dinilai cukup berhasilmengatasi masalah ini,”kata Rahmat di Jakarta, Ju-

mat (17/7).Rahmat menjelaskan,

iklim investasi di Indonesiamulai membaik, terutamasetelah selesainya prosespemilihan presiden 8 Juli2009 lalu yang berlangsungcukup aman. Kondisi itutercermin dari masih stabil-nya rating utang pemerin-tah di mata beberapa lem-baga pemeringkat interna-sional.

“Japan Rating Agency(lembaga pemeringkatekonomi dari Jepang) su-dah menaikkan rating ob-ligasi kita. Moody’s jugamemperlihatkan positiveoutlook,” kata Rahmat.

ORI006 diterbitkan sete-

lah ORI Seri 001 (ORI001)jatuh tempo pada 9 Agus-tus 2009. Rencananya, peri-ode penawaran 0RI006mulai dibuka awal Agustus.ORI006 merupakan upayapemerintah memperluasbasis investor ritel dalamberinvestasi di instrumenobligasi negara di pasardomestik.

Penerbitan ORI006 tidakakan berbeda dengan pe-nerbitan ORI sebelumnyayang banyak dibeli olehinvestor lokal. Bahkanrencananya, ORI006 iniakan ditawarkan dengan

Saatnya Berburu ORI006■ ■ ■ ■ ■ Mulai Dijual Bulan Depan

Asuhan: BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Kepada pembaca yang ingin menanyakan persoal-an seputar Pasar Modal dipersilakan mengirimkanpertanyaan melalui Fax: 0711-312888 atau sriwija-ya [email protected]

Perlindungan Aset InvestorDengan Hormat,ADA beberapa pertanyaan

yang ingin saya ajukan berkait-an dengan perlindungan aset in-vestor sehubungan dengan ada-nya beberapa kasus yang sem-pat ramai di media massa.

Kalau di perbankan setiap na-sabah bisa mengecek sendirisaldo tabungan melalui ATMatau bisa minta print out bukutabungan, apakah di pasar mo-dal investor bisa melihat setiapsaat saldo kekayaan investorbaik yang berupa portofolio mau-pun yang berbentuk tunai? Ka-lau di perbankan ada lembagapenjaminan yang menjamin uangnasabah, apakah di pasar mo-dal juga ada lembaga sejenisyang menjamin bahwa kekaya-an investor aman? Apakah in-vestor bisa dilindungi jika men-derita kerugian? Terima kasihatas penjelasannya.

[email protected]

Jawab:SEBAGAI calon investor,

Anda memang wajib tahu selukbeluk investasi di bursa efekatau bursa saham. Dengan be-gitu, Anda memulai investasidengan perasaan nyaman danaman, tidak ada keraguan danperasaan was-was. KeinginanAnda untuk bisa mengecek ke-kayaan yang tersimpan di reke-ning efek seperti halnya menge-cek saldo tabungan di ATM kinisudah bisa dilakukan. Pasalnya,kini PT Kustodian Sentral EfekIndonesia (KSEI) telah mene-rapkan apa yang disebut dengankonsep Investor Area. Melaluisistem ini, dengan memanfaat-kan teknologi internet, investorkapan saja dan dimana saja bisamengecek kekayaannya baikyang berupa saham maupuntunai. Dari sana investor bisamencocokkan apakah saldo da-lam rekening efek sama dengancatatan yang dimiliki investor.Jika terdapat ketidaksesuaian,investor langsung bisa melaku-kan konfirmasi atau klarifikasi

ke perusahaan brokernya.Dengan begitu, investor tidak

perlu takut bahwa kekayaanyang dimiliki dan disimpan da-lam rekening efek akan berku-rang atau lenyap. Investor jugatidak perlu kuatir bahwa keka-yaannya bakal diselewengkanoleh perusahaan broker. Dalamsistem yang dikembangkan diInvestor Area, rekening inves-tor terpisah secara tegas denganrekening perusahaan efek tem-pat investor membuka rekening.

Berkaitan dengan pertanya-an tentang jaminan seperti hal-nya di perbankan, sampai kinimemang belum ada mekanismeseperti itu. Namun begitu, kinisudah mulai ada wacana ke arahsana, yakni adanya sebuah lem-baga yang memberikan jaminanatau perlindungan terhadap ke-kayaan investor. Artinya, lem-baga ini akan menjamin bahwakekayaan investor aman dan ti-dak bakal berkurang. Lembagaini tidak melindungi berkurang-nya kekayaan investor akibat tu-runnya harga saham.

Gambarannya begini. Inves-tor X memiliki saham PT ABCsebanyak 100 lot dengan hargapasar Rp 2000 per lembar. Jikadihitung secara nominal, makakekayaan investor X mencapaiadalah 100 lot x Rp 2.000 yakniRp 100 juta. Wacananya, lem-baga tadi akan melindungi jum-lah saham PT ABC yang 100lot tersebut, bukan nilai yangmencapai Rp 100 juta. Sebab,nilai saham di pasar mengalamiperubahan setiap hari. Jika har-ga saham turun maka kekaya-an investor turun, tetapi jika har-ga saham naik kekayaan inves-tor juga naik. Karena alasan itujuga, kerugian investor yang di-akibatkan penurunan harga sa-ham tidak bisa dilindungi. Hal itusepenuhnya merupakan bagianrisiko yang harus dihadapi inves-tor. Karenanya investor harussenantiasa hati-hati dalam me-nentukan portofolio yang menja-di pilihan investasinya. (Tim BEI)

fitur-fitur yang lebih me-narik. Misalnya, denganinsentif tambahan yangm e m p e r d a g a n g k a nORI006.

Penerbitan ORI006 akanmenjadi yang keenamkalinya dilakukan Pemerin-tah Indonesia. Dana hasilpenerbitan ORI006 ini un-tuk menutup beban defisitAPBN. Sebanyak 16 persendari total pembiayaanAPBN pemerintah tahun iniditutup dari penerbitan su-rat utang baru, salah satu-nya ORI006.

(Persda Network/aco)

PENGALAMAN buruk in-vestor yang mengoleksisurat berharga bodong se-perti produk Antabogayang dipasarkan melaluiBank Century Tbk yang he-boh baru-baru ini tak akandijumpai pada ORI006 ini.

Karena instrumen inves-tasi ritel ini diterbitkan olehnegara, nyaris risiko gagalbayar bunga yang diper-janjikan di muka maupungagal bayar pokok obliga-sinya menjadi nol.

Karena itu banyak mana-

Tak Perlu Khawatir Gagal Bayarjer investasi yang mengata-kan bahwa ORI merupakaninstrumen investasi yangaman karena 100 persendijamin oleh undang-un-dang (UU), selain tingkatbunga yang menggiurkandan bersifat tetap alias fixed.Khusus untuk ORI006, pe-merintah memilih me-nyimpan dulu berapa besarsuku bunga yang dita-warkan. Pastinya, jika Andapunya dana lebih dan dalamposisi menganggur, ORI006ini bisa menjadi pilihan in-

vestasi yang menarik. Untukmembelinya, Anda bisamenghubungi agen penjualyang telah ditunjuk peme-rintah. Departemen Ke-uangan telah menunjukbank sebagai agen penjualORI006. Mereka adalah BankMandiri, Bank OCBC NISP,Citibank NA, Bank Bukopin,Standard Chartered Bank,bank BII, Bank Permata,Bank CIMB Niaga, Bank BRI,Bank Mega, Bank Panin,Bank BNI, Bank BCA, danHSBC.(aco)

SEOUL, SRIPO— GeneralManager Garuda Indonesiadi Korea Selatan, RyantoAdi Winarso, Minggu (19/7) di Seoul, mengatakan,bulan Agustus mendatang,pihaknya akan membukapenerbangan langsung keKorea Selatan pulang-per-gi.

Saat ini penerbangan ruteIndonesia-Korea Selatanmasih harus transit di Balibaru kemudian berhenti diJakarta.

“Banyak desakan per-mintaan agar penerbangandibuka secara langsungmelalui pintu Jakarta, agarwisatawan lebih fleksibelmenuju ke kota manasaja,” katanya.

Menurut Ryanto, dengan

sistem transit melalui Balisaja rata-rata load factorpenumpang selalu di atas70 persen.

“Saya yakin dengan pe-nerbangan langsung, loadfactor-nya akan lebih ting-gi. Kami mengusahakanagar rute Korea-Bali tetapdi pertahankan, jadi adadua rute,” katanya.

Penerbangan Korsel-Ja-karta menggunakan pesa-wat jenis Airbus dengankapasitas sekitar 250 kursi.Selain Garuda, Korea Airjuga membuka rute Korsel-Jakarta.

Terkait dengan dampakbom Jakarta, Ryanto me-ngatakan, dalam jangkapendek Garuda pasti akanterkena imbasnya. Namun,

ia yakin hal itu hanya ber-langsung sebentar.

Agustus, Garuda Buka Penerbangan Langsung ke Korsel

“Orang pasti shock untuksementara, tapi setelah itu

akan normal kembali,”ujarnya.(kompas.com)

IST

Pesawat Garuda Indonesia.

Page 20: Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009

20 SRIWIJAYA POST

Senin, 20 Juli 2009

Page 21: Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009

SRIWIJAYA POST21Senin, 20 Juli 2009

PPPPP A L E M BA L E M BA L E M BA L E M BA L E M B A N GA N GA N GA N GA N G

ALAT-ALAT

AHLI GIGI

SINAR MAS Hub:Alexander Jl.JendSudirman Dp.Htl Sintra 0815-3838333/7312333

10067694B

AHLI PARABOLA

Setting Jual Receiver Parabola,Indovision,Antena TV,Mesin CuciHub:446162

10067632B

AHLI PENYEDOTAN WC

Melayani Sedot WC&Tembak ClosetBUNTU Dp.POM Bensin PTC7354496/824192

10067698B

AHLI MEUBLE

Terima Service/Pembuatan SemuaJenis Meuble Hub:7326525

10067883B

ALAT UKUR TANAH

Rental/Jual/Theodolite/Total Station/WP/Service/Kalibrasi/Topografi/081369120888

10067905B

ELEKTRONIK

AC/AMPLIFIER/EQUALIZ

ANUGRAH Srvc AC,Kulkas, M.Cuci,Jual AC Br,Sewa U Ruangan/7728966/085267931233

10067615B

ICON Service Spesialis AC 24Jam,Cuci,BkrPsg,Prbaikan Hub: 7831249/081322505757 Jual AC Baru

10067826B

Doktor Kulkas,Spesialis PerbaikanKulkas Dlm&Luar Negeri Hub:379521/08127865778 Grnsi

10068259B

Willy Service AC Split,Cassete&Central,Jual Beli AC Second/322389/8332725

10068305B

SERVICE ELEKTRONIK

TV Anda Rusak Hub:7010976/08127839272(Ahok)Segera DatangPerbaiki Bergaransi

10067630B

Spesialis TV 14s/d61Inc,MesinCuci Anda Rusak Hub:7069694/0811781295 (Aliong)Segera DatangPerbaiki

10067684B

Siap Dtg Ahli TVCina, Tshiba,Sony,Plytron,dll Hub:Rudy 716206/08127859379 Tk.Mas 8 Ilir Kuto

10067690B

SONY,TOSHIBA,PLYTRON,SHARP,LG,TVCINA,PRYTR 41-61/TITI SER-VICE 361000/08127830808

10067798B

MULTI TEKNIK Service DitmpSpesialis Kulkas&M.Cuci/8486564/081532874442 Grnsi

10067837B

CV.RBA Spesialis Perbaikan AC,Kulkas,Bkr Psg,Cuci 24Jam Hub:8454767/3265792/4287500

10068360B

KOMPUTER

KOMPUTER

CITRA KOMPUTER Menerima Ser-vice Komputer Hub:0812-7341499

10067904B

R.Stok Mrh PI,PIII,PIV,Mon 17,Mli170Rb,Srvc,Tkr Tmbh/717388/7015793

10067907B

PHOTOGRAFY

VIDEO SHOOTING

Rama Shooting 4DVD+Foto Dgtl1,4Jt/Kolase 1,3Jt/Trans 45RbHub:7721376/0811710722

10067513B

Yudi Digital Foto&DVD Shooting1,4Jt,Kolase 1,1Jt Hub:9182713/9175731

10067518B

ZAHRA Studio Vd.Shoting & Foto-grafer Kolase(Pkt Murah) Hub:Matolisi 08127102766/4230660

10067838B

Fanny Shooting DVD+Foto Dgtl,Pglmn & Ada Contoh Hub: 813713/7043262/085268714567

10067903B

Tn’D Foto & Video Shooting Hub:5315974/08117402131

10068021B

Endy Studio Foto & Vd.ShootingBrkwalitas & Terjangkau Hub:08153550339

10068107B

JASA

ARSITEK

Home Design Arsitek&KontraktorHub:ARTA 0711-7875151/0813-77654276

10067695B

BIRO JASA

Urus CV/Akta Klhrn/IMB/TataKota/SITU/SIUP/STNK/BPN Hub:ZahyTk.Buku Anggrek Lt.2 Tlp.7045730/081271006805

10067840B

Jual Beli Tnh Bangunan Urus IMBSHM,CV,PT,SIUP,SITU,NPWP,STNK,DLLAnda Tlp Kami Dtg,Gratis JmptrDokumen/8412005/081273011983

10068268B

BIRO KONSULTAN

Konsultan Kontraktor Bgnan,Renov,Gmbr,Design,Gmbr Krj,IMB Hub:0711-417227

10067906B

DANA TUNAI

Butuh Dana Tunai Hub: Vhina081368652114

00000000B

Kredit Mbl?Anda Pilih Mblnya KamiYg Byr,Anda Bth Dana Tunai(Jaminan BPKB Mbl)Yg Msh KrdtJg Bs,Mbl dr Th.97 Hub:7005577

10067521B

Perlu Dana?U/Mbl,Mdl Usaha,BySekolah,dll,Jaminan BPKB MblHub:7391978/08123079133

10068168B

PRIVATE MANASIK HAJI & UMROH

Bagi Anda Yg Sibuk,Kami SiapMembantu Anda,Langsung PraktikDibimbing Tim Pesantren AuliaCendekia Palembang Hub:H.HendraZainuddin 0811-7100717,Ust.SaifulWardhi 0815-3840962,Drs.H.M Syam-suddin Sadiman 0812-7891645

10067575B

LES PRIVATE

GEMILANG Private Sjk 93 DtgKermh MIPA,B.Ing, Mlks,TK,SD,SMP,SMA,Pglman/7005517

10067801B

RENTAL

RR Rent Car Xenia,Kjg, CRV,Inova,Mrh Bs Dg Sopir Hub:Erwin8407966/081367685606

10068319B

M.Pengantin T.Vios 400Rb (Spr+Bsn+Hias)300Rb/Harian/7790035/087897415885

10067380B

Rental Mbl:Kuda+Sopir 250Rb/HrHarian/Bulanan Hub:7780704/0812-73992399

10067626B

Rental Mbl Kartini Pnthr, Kjg,Innova,APV, Avanza, Xenia, Kuda,Taft,L200,Kjg PU Hub:710339/7071875/7785511

10067683B

DAFFA Rent Car Mnywkn Minibus&Sedan Dlm & Luar Kota Hub:08127112002/311259

10067802B

Rental Mbl Kencana Jaya AbadiSemua Jenis Mbl,Hrg.Mulai 250RbHub:353706/081377659199

10067842B

Innova,APV,Arena,L200,Avanza,Touring, Hiline Harian/Blnan Hub:310253/7351123

10067848B

Chawako Rent Car Jl.Angk 45Lr.Persatuan 3247 Dp.SMA Arinda/085569200171/7002900

10067880B

Xenia,Avanza,Kjg Kapsul, Panther,dll Hub:7077241/7060841

10068000B

DIJUAL CEPAT

Tanah Ls.300M,SHM Lok.SukajadiKm.12 Plg Sampiing SMPN 51 Hrg.90Jt Nego Hub:516419/0815-3557534

10068329B

Tnh 1,4Ha Lok.Jk Baring Bisa Jual/Kav,Hrg.Dijamin Murah Hub: 0812-73882503

10068421B

GYPSUM

CV.BINTANG BERLIAN MgrjknPlafon &Partisi Gypsum Dlm&LuarKota,Hrg Bersaing,Kwalitas TerjaminHub:Jl.Srijaya Negara 143 T.0819-683105/8484844 (Dedek)

10067682B

ASTIN MANDIRI MengerjakanPlafon, Gypsum Dm&Luar Kota,JualLis Profil Gypsum/Sp.RS Bunda Hub:Tama 7353444/081367354444

10067806B

BABY SITTER

Menyediakan Baby Sitter,PRTProfesional Hub:0711-7332944

10068269B

BUNGA

D’Amor Florist Bunga Segar,BungaPapan,Bunga Duka,Ronce Mlti,H.Trjkau,Ada Jasa Atr/7054507/357504/08153839262

10067693B

PELUANG USAHA

Mau Dpt Rtsan,Jt,Mlryn?Ikuti ProgKami(Bkn Undian)TERBUKTI SMSKe:087898227981

10068318B

Dijual Chip Master Kios NusantaraHrg.Voucher Simpati Dg AS=5:4600,1 0 : 9 6 0 0 , 1 5 : 1 4 1 0 0 , 2 0 : 1 9 1 00,50 :47000,100 :91000,Tsed iaAllOperator Hub:081288291117

10068435B

KEPERLUAN

KEPERLUAN PENGANTIN

Pelaminan,Hias Kamar,BajuPengantin, Hrg.1Jt Hub:Ria 821156/0852-67138581

10067691B

PELAMINAN

YAKIN TENDA Menyewakan Tenda,Pelaminan,Orgen Tunggal, Catering,dll Hub:0711-364507/7086113

10067685B

GRIYA PENGANTIN MUNGGAH PAE’SMnywkn Prlkpn Prnkhn Pkt 3,6Jt,Plminan Msjd U Gdg,PkaianPgtin,Srgam Ortu,Mlti Sgr,Rspsi AkdNkh, Tri Tggai,Kreasi,Wdh Atrn/7776123

10067786B

KARYA SAKINAH Pkt Rspsi,PlminanU Gdg,Pkaian Pgtin,Kmr Pgtin,makeUp,Rspsi,Mlti Rspsi,Tr TggaiPlus,Kreasi Mlayu,Prasmanan/5822496/5454333

10067787B

SEKAR MELATI Catering 10-15Rb,Plminan 1,5Jt,PgrAyu&Bgs,ftStdio/9174646/081373937166

10067803B

Disewakan Pelaminan Lengkap DgCatering & Tenda Hubungi:815548/8405941

10068330B

SOUVENIR

Sedia Suvenir Prnkhan, HUT,Antaran,Hias,Bunga Panitia Hub:Ida7919449/372112

10067783B

KECANTIKAN

SALON

Mnrma Kursus Salon 750Rb/Paket,Jual Alat2Salon,Bedak Kryolan, SmbgRmbt Asli 350Rb/Paket, SmotingWrn 250Rb/Paket Hub: 319649

10067799B

SALON GRIYA AYU 825790 KentenHill B1 Lewat Jl.MP Mangkunegara&Jl.Pemiri Rbonding Dg ClemazonPdk 120/Pjg 175 Rb.Smoting SpguMkrz/Orrer/Matrix 150/170/200,RbColor Rbnding+80% Htm>Berkilau+70%>Lembut+Prae Masker15%Bambang 7757187

10068308B

OTOMOTIF

MOBIL DIJUAL

T.Kijang LGX'00 H.Limit 90Jt, Llgdi RRI Plg (seb.Polda) (21/7)) Hub.07119145509,085697501703,081273434377

10000000B

S.Futura MB'04 H.Limit 40Jt, Llg diRRI Plg (seb.Polda) (21/7)) Hub.07119145509,085697501703,081273434377

10000000B

T.Corolla XLI '00 H.Limit 72Jt, Llgdi RRI Plg (seb.Polda) (21/7)) Hub.07119145509,085697501703,081273434377

10000000B

S.Carry PU'07 H.Limit 50Jt, Llg diRRI Plg (seb.Polda) (21/7)) Hub.07119145509,085697501703,081273434377

10000000B

F.Escape'03 H.Limit 115Jt, Llg diRRI Plg (seb.Polda) (21/7)) Hub.07119145509,085697501703,081273434377

10000000B

D.Sirion'08 H.Limit 87Jt, Llg di RRIPlg (seb.Polda) (21/7)) Hub. 0711-9145509,085697501703,081273434377

10000000B

H.Matrix'02 H.Limit 50Jt, Llg di RRIPlg (seb.Polda) (21/7)) Hub.07119145509,085697501703,081273434377

10000000B

M.Kuda'00 H.Limit 68Jt, Llg di RRIPlg (seb.Polda) (21/7)) Hub. 0711-9145509,085697501703,081273434377

10000000B

D.Gran Max'08 H.Limit 35Jt, Llg diRRI Plg (seb.Polda) (21/7)) Hub. 0711-9145509,085697501703,081273434377

10000000B

MOBIL DIJUALMOBIL DIJUALMOBIL DIJUALMOBIL DIJUALMOBIL DIJUAL

Peugeot 406 Th.02 Brg Istmw,H.Nego,Brg Simpanan,Tdk KcewaHub:0811782000/5842810

10067491B

AllNew Tyt Fortuner 100% Baru.Tyt Avanza G VVTi 08 Htm Met,Mls.Innova V Bsn 05 Htm Met,Mls, TV,CD.Tyt Soluna 1.5 GLi 02 Slvr Met, Mls.H.CRV M/T 04 Htm Met,Mls,Spt Br,BG.Jazz IDS-i M/T 04 Slvr Met,Mls, Spt Br.PantherTouring 01 Biru Met,Mls,SptBr. LSX New Mdl 02 Champaigne, Mls,Spt Br.LGX New Mdl Dsl 02 Slvr Met,Mls.ARTHA MOBILINDO T.312150/7034888.

10066375B

Mercedez Benz E-260 ‘03 Elegant FullOption/V20”/Abu2 Muda Met/Istmw/New Fortuner Dsl 100% Baru,Hitam& Silver/Nissan X-Trail XTAT2.5 04 Slvr Met,V-Kool/Honda Od-yssey Absolute 04 Htm/Avanza‘05’09 Spt Baru Hitam/Pnthr Ryl‘97 Hijau Met,BG/Hilux VVTi,PU ‘07Kjg Lgx ’01 Dsl Biru Met/BGKawasaki NinjaRR ‘07 Orange/Brgsimpanan LESTARI MOBILINDO322235/7920456

10000000B

Taft PU’95’96’97’98 ’99’00/L 200 DC’03’04L300PU’04/Futura PU’03’06/KudaGls’01 Solar/Kuda New Grandia’04 So-lar Panther New Hi-Grade’00/EspassPU’05’07/Espass MB’00 /Truk PS120’03/Truk Rhyno 125 HT 2004/KjgPU’06/Feroza Sporty”96/FuturaGRV’03 Dump Truck PS 100 ‘03/Kjg Ssx Bnsn’9, Dump Rino 130HTthn 2007KPJM MOTOR 0711-7044874/717360

10000000B

Kjg LSX-G 1,8’96 Abu2 Met/Ors/BGPanther G Dlux 2.3’96 Hijau Met, MLS, BG/Panther New Royal 2,5’00 Hijau Met/BG/MlsPanther Hi-Sporty 2,5 ’00 Biru Met/BGPanther Sporty’97,Silver Metalik,Mls,BGPnthr G.Royale 2,5’97 Biru Met/Ors/BGColt-T 120 SS’96 RV Biru MetalikKatana GX ‘02 Biru Met Orisinil/BGPanther New Royal 2.5 ‘00 Hijau Met/BGKjg Lsx Up01 Dsl Biru Met/Full Var/Ors/BGKHARISMA MOTOR 7920456/7081761

10000000B

Kijang LX 00 Hrg.79Jt DP.15Jt.Panther LS 05 Hrg.145Jt DP.15Jt.Panther LV 02 Hrg.105Jt DP.15Jt.Kijang LSX-D 00 Hrg.117Jt DP.15Jt.Kijang LGX 99 Hrg.99Jt DP.20Jt.Soluna 00 Hrg.60Jt DP.10Jt.K a t a n a 8 9 H a r g a 3 0 J u t a .Kijang STD 96 Harga 58 Juta.Taft GT 88 Hrg.59Jt DP.10Jt.Harga Nego Hub:081278222999/081377659199

10068089B

DAIHATSU

Taft GTS’92 Bdy Ori/ Variasi Lkp/VR/BR/Msn Ok Hub: 0812-7129550

10067881B

Baru.RdyStok DP.15% Mbl BwPlng(Xenia,Terios,Luxio,MB,PU,Sirion)CallKami Datang!Akbar 0852-67494851/0711-7917835

10067780B

Ready Xenia,Trios,Luxio, Srion,DP10%,Prss Cpt+Bnus,Bnga Rngn/Taufik 0816382963/7027299

10067881B

ASTRA DAIHATSU (READYSTOK)XENIADP10% Bunga 3,55% Krdt 5Th,TERIOS DP15% Bonus Accsoris,LUXIO Subsidi 6Jt CashBack 6JtSubsidi Bunga 6Jt Cukup DP.8Jt,SIRION CashBack 5Jt,GRANMAXMB CashBack 4Jt,GRANMAX PUCashBack 4Jt+Diskon/Variasi,Proses CepatHub: ABUNAWAR7051259/08127884759

10067884B

Terbukti Murahnya Mbl BaruANG!Xenia 100rb/hr,Terios 140Rb/hr(Luxio,Granmax,Sirion)CashBack6Jt+variasi/Wahyudi 0813-67593853/7900166

10067965B

ReadyStok Xenia,Terios,Luxio,Sirion,GranMax,DP TermurahDisc.Brsaing,Bandingkan/AntonAstra 081373180192/7716692

10068167B

SUZUKI

100%Baru APV,PU Carry,SX4Over,Swift,G.Vitara,DP Rgn+Accrs/Andika 7712564/087897296713

10068403B

APV & Carry PickUp DP.0% HanyaBayar Adm+Asuransi Bonus ACCHub:Wendy 08153850393/7025525

10068422B

TOYOTA

Cukup DP15Jtan Max.5Th BawaLsg Avanza Baru Kermh Hub:Ade0711-7048282/081367122828

10068002B

ISUZU

Panther Hi-Grade ‘95, Biru Met,Lkp, S. Pakai Hub: 0711-9200426

00000000B

OVER KREDIT

Panther ‘95 Angs. 25x1,8Jt DP.22Jt Hub: 081278888872

100000000B

MOTOR DIJUALMOTOR DIJUALMOTOR DIJUALMOTOR DIJUALMOTOR DIJUAL

MOTOR DIJUAL

H.Supra Fit X'07-08 H.Mulai 2Jtan,Llg di RRI Plg (seb.Polda) (21/7))Hub.07119145509,085697501703,081273434377

10000000B

H.Revo'07-08 H.Mulai 3Jtan, Llg diRRI Plg (seb.Polda) (21/7)) Hub.07119145509,085697501703,081273434377

10000000B

H.GL Max'05 H.Mulai 4Jtan, Llg diRRI Plg (seb.Polda) (21/7)) Hub.07119145509,085697501703,081273434377

10000000B

H.Supra Fit New'05-07 H.Mulai2,5Jtan, Llg di RRI Plg (seb.Polda)(21/7)) Hub.07119145509, 0856-97501703,081273434377

10000000B

H.Supra Fit S'05-07 H.Mulai 2,5Jtan,Llg di RRI Plg (seb.Polda) (21/7))Hub. 07119145509, 0856-97501703,081273434377

10000000B

H.Supra X 125'06-08 H.Mulai 3,5Jtan,Llg di RRI Plg (seb.Polda) (21/7)) Hub.07119145509, 085697501703, 081273434377

10000000B

H.Tiger'08 H.Mulai 4Jtan, Llg di RRIPlg (seb.Polda) (21/7)) Hub.07119145509,085697501703,081273434377

10000000B

H.Karisma'05 H.Mulai 2Jtan, Llg diRRI Plg (seb.Polda) (21/7)) Hub.07119145509,085697501703,081273434377

10000000B

Y.Vega R'05 H.Mulai 2Jtan, Llg diRRI Plg (seb.Polda) (21/7)) Hub.07119145509,085697501703,081273434377

10000000B

Llg Akbar 200 Mtr+ 15 Mbl BanyakPilihan H.Murah, Llg di RRI Plg (seb.Polda)(21/7)) Hub. 07119145509, 0856-97501703,081273434377

10000000B

PAKAIAN

KONVEKSI

CV.MAILPRO Kaos, Jket,Trning,Topi,Kmj, K.Bskt,B.Kaki,Sblon,Brdr/Jl.Srijaya Negara(Sp.Tmn B.Bsr)7016245/08127866540

10067788B

VANRAY Konveksi Kaos&Kmj,Prmsi, Trning,Jkt+Sblon Ruber,BrdrKomp/Jl.Sudirman 315743

10067800B

PENGUMUMAN

LOWONGAN KERJA

Dibthkn Guru Privat SD,SMP, SMA&Alquran,Min.D3 Hub:08127840870/7074255/08127375454

10068260B

Dibthkan Sopir Merangkap WaitresLaki2 T=165,B=50 PenampilanMenarik,Punya SIM A,Lulusan SMASederajat,Pekerja Keras,DibthkanStaf Produksi Lulusan SMA Sede-rajat,Kirim Lmrn ke:Jl.R SukamtoNo.88 (Dpn PTC) Pempek Selamat

10068279B

Dewita Salon Sekip Membthkn Styl-ish Gunting Rambut Pria/Wnt Hub:0811787922/7788812

10068290B

PROPERTY

KOST

Jl.A Yani Yaktapena II/6 Fas:AC,TV,Gosok,Sarapan Pagi Hub: 510151

10067631B

Family Kost Mnrm Kost Harian/Blnan,AC Jl.Sersan Wahab No.2048T.353418

10067841B

Kost Bersih,Aman,Terjangkau Jl.Bambang Utoyo Lr.Pusaka Dkt. SimpEmpat Lemabang 721104/7771155

10067843B

**Kost Exclusive&Murah**AC/KMDidlm,Cc+Gosok,Free HotspotHub:358988

10068109B

RUMAH DIJUAL

Graha Sako Lestari Jl.Sako Raya(54/125) Hub:813400/7826087

10068108B

Jl.R Sukamto Lr.Masjid Dpn.PTCLB.54M,LT.511M,SHM,Hrg.300JtNego Hub:081373725186/8458462

10068386B

Komp.Kenten Sejahtera LT.216M,LB.126M,4KT,2KM+Prabot Lkp, AC,Tlp,SHM,H.250Jt Nego Hub:0711-7942066/9101154

10068433B

RUMAH DIKONTRAKAN

Komp.BSD B-6,2Lt,PLN, TLP, 3KT,2KM,Air Bersih Hub:08127804502/812124

10067912B

Jl.Tanjung Harapan Perpetak I No.27Rt.25 Kenten 2Lt,4KT,4KM, PLN,PAM,TLP Hub:0812-73942244

10068430B

DIJUAL / DIKONTRAKKAN

Rmh diTmn Raflesia Km.8 Dkt IndomieLT.180,LB.80 Type 80 Hub:0812-78141962

10068232B

RUPA-RUPA

BATU ALAM

Batu Alam CV.Fajar Abadi Jl.DemangLebar Daun No.34 Hub:7046351

10068448B

DIJUAL

1Set Pelaminan Plg,Gebyok Jawa,Pelaminan Kaligrafi Hub:7878823/081373937166

10067877B

Dijual Cpt 1 Set Generator 75KWRRT Hrg.45Jt Nego Hub:430302

10068444B

TANAH DIJUAL

Jl. A. Yani Komp. Bumi PatraSriwijaya D-8 Lt. 150 M Hrg. 160 JtHub. 8337998/0816-762605

00000000B

DiTlg Kerikil 150M Dr Jl.Sukabangun 2 LT.600M,H.Nego Hub:4221010/081918809255

10068282B

Lok.Mandi Aur Sekip Tengah DlmKota LT.277M SHM,H.200Jt Hubungi:0811787922

10068291B

Tanah Kapling L.322M,LB.16M Lok.Prumnas Tlg Kelapa Hrg.45Jt Hub:08127854881

10068445B

DISEWAKAN

Tenda,Kursi,Panggung,dll Hub:SINAR MUTIARA TENDA 7018544/7839996

10067784B

Devinto Tenda Mnywkn Tenda,S.System, Pelaminan,catering,dllHub:412318

10067882B

DEPOT AIR MINUM

Depot Air Minum 16Jt,UV Ozon 1,5Ro Sistem,Lkp,Dinkes,Sedia Galon,Tp Tsu,Cartride,Skt GM PVC, Stnls,Snr Tirta Jl.RE Martadinata 983 T.7770093/081272825300

10067839B

USAHA

CATERING

CATERING PAYUNG MAS H.10, 11Rb(Lkp)16Rb(Spsl)Diatas 800 Porsi BnsEs/Kue,Mnywkan Alt Ctrg/7003735/410094/421052

10067697B

RUANG USAHA

Urus Gdg Walet Smp Bersarang,Grnsi Hub:Ny.Pinah 081373971887/087894907850

10067658B

Rak Supermarket/Siku/Pintu BesiHub:0711-410577/417166

10067876B

Khusus Ayunan & Alat TK Hub:Jl.Radial Dkt Pempek PakRadenTlp.350207/0811784262

10067902B

BATAKO

Batako Conblock Mnrm Pesanan/Sewa Msn Pres Btko/ConblockHub:7305494/7737277

10068104B

BATUBATA

Batubata Kualitas Baik Cetak Tangan370,Pres 370,Trm Tmp Hubungi:720878/7072852

10067633B

Batubata Pres Kwalitas Baik AntarTempat Hub:0711-7002052

10067878B

Batubata Pres Antar Tempat Hub:Koperasi 4 Serangkai Tlp.431316/7758781

10067885B

Page 22: Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009

Ultah Ke-26 Dapat Kado Batik

Bunga Citra LestariTanggal lahir: Jakarta, 22 Maret 1983Suami: Ashraf Sinclair

DiskografiStudio album2006 : Cinta Pertama2008 : Tentang Kamu

Kompilasi2005 : OST Dealova (song: “Saat KauPergi”)2007: The Best of Ari Lasso (song: “Akudan Dirimu”)

Filmografi2006: Cinta Pertama2007: Kangen2008: Ada Kamu, Aku Ada2008: Saus Kacang

PenghargaanApril 2009 100 Perempuan IndonesiaTerinspiratifJuli Penyanyi wanita terbaik AnugerahPlanet Muzik 2009

InginKunjungiNeverlandNIKITA Willy sangatingin bermain keNeverland, tempatyang dibangunMichael Jackson. Iamengaku selama inihanya tahukeberadaan tempatfantastik itu dari mediacetak, dan televisi.“Kebayang seru kalaumisalnya aku pergi kesana. Lebih seru lagikalau ngebayangin akupunya tempat sepertiNeverland ya,” ujarnyaberkhayal.

Bio File

Seleb Flash

GemetarKalahkan IdolaKETIKA namanya disebutsebagai artis wanita terbaik diacara Anugerah Planet Muzik2009 di Jakarta ConventionCentre, Sabtu (18/7) malam,Bunga Citra Lestasi (BCL)tampak sangat terperanjat.

Seolah tak yakin, istri aktorMalaysia, Ashraf Sinclair itubahkan sempat berbisik dulukepada vokalis Nidji, Giring,yang kebetulan duduk disebelahnya. Sekadarmemastikan bahwa memangdirinya yang terpilih sebagaipemenang, menyisihkan parapenyanyi wanita terbaikIndonesia, dan Malaysia.

Saat sudah diyakinkan bahwamemang ia yang terpilih jadipemenang, senyum BCL punlangsung merekah. Toh, iatetap merasa gugup. Terlihat,tangannya sampai gemetar saatmenerima piala.

Maklum saja jika perempuankelahiran 22 Maret 1983 inisangat surprise. Pasalnya, iaharus bertarung dengan paraseniornya seperti Siti Nurhaliza,dan Mulan Jameela. Hebatnyalagi, Siti Nurhaliza adalah salahsatu penyanyi idolanya.

“Aku seperti tidak percayakarena selama ini aku tidak

pernah menyangka bakalmenerima penghargaan luarbiasa ini. Makanya aku deg-degan banget menerima pialaini,” katanya kepada parawartawan yangmengerubunginya.

BCL pun mengaku terusterang, idolanya adalah SitiNurhaliza, yang juga hadirdalam acara tersebut.Dikatakan, ia sangat kagumdengan suara emas istri DatukKhalid Mohammed Jiwatersebut.

“Coba bayangkan, aku inisangat ngefans dengan mbakNurhaliza dan banyak belajardarinya. Ia idolaku di dalam dandi luar panggung. Tapi malamini, dikatakan aku mengalahkandia. Makanya seperti tidakpercaya deh,” tukasnya.

Ditanya apakah penghargaanitu diterima karena kebetulandirinya bersuamikan orangMalaysia, BCL hanyatersenyum. “Saya pikir inihanya berkaitan denganprestasi kita di dalampanggung, dan tak membawakehidupan pribadi,” tegasnya.

Lebih lanjut, bintang filmSaus Kacang itu berharap,penghargaan yang diterimanya

itu bisa menjadi support untukterus berkarya yang lebih baikdan meniti karier dalam duniamusik tanah air.

Apalagi, dirinya sangatbercita-cita untuk bisa goInternasional seperti yangdilakoni sejumlah artis papanatas lainnya seperti Anggun CSasmi.

“Penghargaan ini selainsebagai support juga memilikitanggung jawab moral yangbesar. Makanya, semoga inimenjadi awal dan menjadimodal buat aku untuk terusberkarya dan bernyanyi denganlebih bagus lagi,” tandasnya.

Selain Bunga Citra Lestari,sederet artis juga mendapatkanpenghargaan dalam acaraAnugrah Planet Musik 2009tersebut. Antara lain, Afgansebagai artis laki-laki terbaikdan album terbaik.

Selain itu juga ada band Kotak.Group band anak muda yangdigawangi Tantri sebagai vokalisitu menyabet juara dalamkategori sebagai Duo dankumpulan band barui terbaik.Kemudian band GIGI yangmendapat penghargaan istimewayaitu Anugrah Khas PlanetMusik.(Persda Network/coi)

Batal Simpan Lukisandi Museum MU500 anak asuh penyanyi Dik Doank kecewa klubsepakbola Manchester United gagal bertandangke Indonesia. Padahal mereka sudah menggarapsebuah lukisan yang nantinya akan dipajang dimuseum MU di Inggris.

“Lukisan itu menggambarkan tim Indonesiaversus MU, dibuatnya secara jamaah dan bakalditaruh di museum MU,” ujar Dik Doank saatditemui di Jakarta Convention Center, Senayan,Jakarta Selatan, Sabtu (18/7) malam.

Untuk mengobati kekecewaan anak asuhnyaitu, Dik Doank sudah memersiapkan acarapengganti. Rencananya, ia akanmempertemukan anak asuhnya dengan duapebulutangkis peraih emas Olimpiade. “Sebagaigantinya bakal ada Alan Budikusuma dan SusiSusanti datang ke kandang Doank. Meskipunnggak nyambung tapi lumayanlah menghiburmereka,” jelasnya.Nikita Willy KAPANLAGI

Hindari MakanPedasKOMEDIAN Eko HendroPurnomo alias Eko Patriorupanya punya maag akut.Penyakit ini biasa timbulpada malam hari. Alhasil,Eko yang baru terpilihsebagai anggota DPR RI inipun menghindari makananpedas. “Pokoknya sekaranghindari makanan pedas,dan kopi,” ujarnya. Untukmenjaga kebugarannya Ekomembiasakan diri denganberolahraga seminggu duakali. Dan segelas jus apelbuatan sang istri, Vionasiap mengantarnyatidur.(Persda Network/*)

VOKALIS band Nidji, Giringmerayakan ulang tahunnyapada 14 Juli lalu. Masuk usiake-26, pelantun ‘LaskarPelangi’ itu masih belum maumenikahi kekasihnya, Cynthiayang berstatus janda tersebut.Kenapa?

“Gue masih takut kali, guelihat semakin banyakpasangan yang cerai-cerai,”ujarnya saat ditemui di JakartaConvention Center, Senayan,Jakarta Selatan, Sabtu (18/7/2009) malam.

Ketika ditanya kado apayang diterima dari Cynthia,

Giring pun menjawab denganriang “Gue dikasih baju batikdan CD sama pacar gue,”ucapnya sembari tersenyum.

Namun pemilik namalengkap Giring GanesaDjumaryo itu mengungkapkankado yang paling spesialdatang bukan dari sangkekasih melainkan daripersonel Nidji lainnya. Apa itukadonya? “Mereka nggak nyarivokalis lain, itu kado dari anak-anak Nidji. Spesial bangetdeh,” jelas Giring serayatertawa.

Ditanya lebih jauh soal

hubungannya dengan Cynthia,Giring mengatakan ia sudahmengenalkan sang kekasihkepada orang-tuanya. Danmendapat tanggapan positif.Namun, lanjutnya, merekamemang belum memikirkanmelanjutkan hubungan kejenjang pernikahan.

“Yang jelas, kita masih asyik-asyik aja. Cyntia orangnyaenggak cemburuan apalagidengan gue banyak fans. Guesendiri enggak keberatandengan status yang janda itu,”ujarnya. santai. (PersdaNetwork/dth)

Dik Doank PERSDA NETWORK/ISMANTO Eko Patrio PERSDA NETWORK/ISMANTO

Bunga Citra Lestari

PERSDA NETWORK/YONI

PERSDA NETWORK/M ISMUNADI

Giring NidjiPERSDA NETWORK/ISMANTO

SRIWIJAYA POSTSenin, 20 Juli 200922

Page 23: Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009

23SRIWIJAYA POST

Senin, 20 Juli 2009

MENYEWAKANSCAFFOLDING

JUAL BELI SCAFFOLDONG BARU & BEKAS

ACCESSORIES SCAFFOLDINGHUBUNGI :

Bukit Scaffolding RentalBukit Scaffolding Rental

Telp. (0711) 7087505 - 310092Fax. 0711-321733

Jl. Srijaya Negara No. 76 Rt. 72Bukit Besar Palembang

Page 24: Sriwijaya Post Edisi Senin 20 Juli 2009

24 SRIWIJAYA POSTSenin, 20 Juli 2009

SETELAH melalui pembahasan yang cukup panjang akhirnya anggotaDPRD Kota Pagaralam mengesahkan Laporan Keterangan Pertanggungja-waban (LKPJ) Walikota Pagaralam tahun 2008. Rapat Paripurna yangdipimpin langsung Ketua DPRD H Piterman Maulana, SE didampingiWakil Ketua I Nanto, SE AK, Wakil Ketua II H Suharindi, Spd, MMtersebut, dihadiri Walikota Pagaram Drs H Djazuli Kuris MM, WakilWalikota Pagaralam, Dr Hj Ida Fitriati, M Kes, Kapolres AKBP K A

Soleh, kepala dinas dan unsur muspida lainnya.Ketua DPRD Kota Pagaralam, H Piterman Maulana,

mengatakan, berdasarkan hasil pembahasan fraksi-fraski,Pansus I dan Pansus II akhirnya Rapat Paripurna DPRD KotaPagaralam menerima LKPJ Walikota Pagaralam tahun 2008.

“Selaku mitra pemerintah, DPRD berkewajibanmemberikan kontrol dan masukan agar program pemba-ngunan yang dilakukan eksekutif benar-benar tepatsasaran, khususnya dalam bidang ekonomi kerakyatan,”kata Piterman.

Menurut Piterman meskipun program pemerintah kotapada tahun 2008 lalu sudah berjalan cukup lancar, namun

masih perlu ditingkatkan di masa akan datang. Terutamapeningkatan kinerja aparatur dan program peningkatan SDM.

Sementara itu Walikota Pagaralam, Drs H Djazuli Kuris MM,mengatakan, meskipun sebagian besar program pemerintah padatahun 2008 lalu sudah berjalan dengan baik dan lancar, namunmasih perlu peningkatan di masa mendatang.

“Program pembangunan yang telah dilakukan padaanggaran tahun 2008 lalu sudah dilakukan pemerintah secarabaik dan maksimal, namun tentunya apa yang sudahdilakukan masih belum sepenuhnya mencapai kesempurnaandan masih banyak kekurangan yang perlu dilakukanperbaikan dan penyempurnaan pada tahun mendatang,” kataDjazuli seraya mengatakan tentunya keberhasilan pemerin-tah dalam menjalankan program tidak terlepas dari dukungansemua pihak baik dari legislatif, unsur muspida danmasyarakat Kota Pagaralam itu sendiri. (ADV)

Pengesahan LKPJ Walikota Tahun Anggaran 2008 Berjalan Lancar

Penandatanganan naskah LKPJ.Wako dan Ketua DPRD berjabat tangan.

Jamuan makan usai paripurna lKPJ.Para kepala dinas, yang menghadiri rapat paripurna.Pejabat yang hadir.

Piterman, SE Nanto, SE Ak Burlian Djamal, SH Suharindi, Spd, MM

Drs H Djazuli Kuris MM