Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

26
TRIBUN SUMSEL/ANDI AGUS T Seorang anak berjalan di jalan yang terendam membawa sebuah peralatan dapur untuk mengungsi, Jumat (1/3). Sejak beberapa minggu terakhir, kawasan Desa Sungai Rambutan Kec Indralaya Utara Ogan Ilir mengalami kebanjiran. Edhie Baskoro ANTARA SRIPO/ZAINI Isnirihadhi bersama istri. SRIPO/STS SRIPO/STS

description

Sriwijaya Post Edisi Cetak

Transcript of Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

Page 1: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

TRIBUN SUMSEL/ANDI AGUS T

Seorang anak berjalan di jalan yang terendam membawa sebuah peralatan dapur untuk mengungsi, Jumat(1/3). Sejak beberapa minggu terakhir, kawasan Desa Sungai Rambutan Kec Indralaya Utara Ogan Ilir mengalami kebanjiran.

Edhie BaskoroANTARA

SRIPO/ZAINI

Isnirihadhi bersama istri.

SRIPO/STS

SRIPO/STS

Page 2: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

2 SRIWIJAYA POSTSabtu, 2 Maret 2013

SALAM SRIWIJAYA

POJOK

DIREKTUR UTAMA: Herman Darmo, DIREKTUR: Ir HM Soleh Thamrin, Bambang Hartono. PEMIMPIN UMUM: Ir HM Soleh Thamrin. .PEMIMPIN REDAKSI/PENANGGUNGJAWAB: Hadi Prayogo, REDAKTUR PELAKSANA: L Weny Ramdiastuti. MANAJER PRODUKSI:Theresia Juita. REDAKTUR EKSEKUTIF: Sutrisman Dinah. KOORDINATOR LIPUTAN: Wiedarto. SEKRETARIS REDAKSI: H. SalmanRasyidin. STAF REDAKSI: Aminudin, Subardi, Azwir, Hanafijal, Rustam Imron, Ray Happyeni, Sudarwan, Zainal Piliang, Harina Asiana,

Syahrul Hidayat, Leni Juita, Muhammad Husin, Abdul Hafiz, Tarso, Lisma Noviani, Sugeng Haryadi, Ardani Zuhri, Zaini,Vanda Rosetiati, Saftarina, Aang Hamdani, Hendra Kusuma, Ahmad Farozi, Saifudin Zuhri. (Ilustrator: AntoniAgustino) PERWAKILAN JAKARTA: Febby Mahendra Putra (Kepala Biro), Domuara Ambarita (Wakabiro), Budi Prasetyo, Antonius Bramantoro, Jonson Simanjuntak, Murjani, Choirul Arifin, Hendra Gunawan, Ismanto, RachmatHidayat, Sugiyarto, Yuli Sulistiyawan, Zulfikar W Eda

PEMIMPIN PERUSAHAAN: Bambang Hartono MANAJER IKLAN: MF Ririn Kusumawardani MANAJER SIRKULASI : Zulkarnain Tarmizi ALAMAT REDAKSI/IKLAN/SIRKULASI: Jl Jenderal Basuki Rahmat No 1608 B-D,Telp (0711) 310088 (6 saluran), Fax (0711) 312888. PERWAKILAN JAKARTA: Jalan Palmerah Selatan 12 Jakarta 10270, Telp. (021) 5483863, 5495359, 5494999, 5301991, Fax (021) 5495360 IKLAN: Gedung Persda Lt 1Jl Palmerah Selatan No. 1-4 Jakarta 10270 Telp (021) 548 3008, 548 0888, 549 0666 Ext 7635 s/d 7638 Fax (021) 5369 6583 E-mail: [email protected] LANGGANAN: Rp 50.000 sebulan (pembayaran di muka), luar kota plus ongkos kirim. Terbit tujuh kali seminggu. Pembayaran iklan langsung ke Bank: Bank Central Asia Palembang Rek No. 021-309665-3, Bank Permata,Palembang, Rek. No. 0400027048, BNI 46, Rek. No. 0051447426, atau langsung ke Kantor Pusat Jl Jenderal Basuki Rahmat No 1608 B-D Palembang, Telp Iklan (0711)-311888, Fax Iklan (0711) 310391.

HARIAN UMUM

SRIWIJAYA POSTPenerbit: PT Sriwijaya Perdana SIUPP: No 233/SK/Menpen/

SIUPP/A.7/1987 tanggal 22 Juni 1987 Jo.196/Ditjen

WARTAWAN SRIWIJAYA POST SELALU DIBEKALI TANDA PENGENAL DAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA/MEMINTA APA PUN DARI NARA SUMBER

MINGGU3 FEBRUARI 2013

20 RABIUL AKHIR 1434 H

SUBUH : 04 .53 WIB

ZUHUR : .... 12.16WIBASHAR : ....15.26 WIBMAGHRIB : .... 18.21WIBISYA` : .... 19.30WIB

SABTU

2 MARETI 2013

19 RABIUL AKHIR 1434 H

W a w a nDableakc

U n t u karah Musi II,kembalikanfungsi lahan

rawa sebagaimana mesti-nya. Tapi kalau untuk seki-tar Kota Palembang, sudahpasti jangan buang sampahsembarangan. Selain itu,coba dibuat kolam-kolampenampungan air lebih ba-nyak lagi.

AwanSetiaBarca

M o s o kmw ikut2 ja-karta ke-b-anjiran. Ma-

kanya kurangi penebanganliar dan juga kurangi pem-bangunan2 gedung istanaatau apa lah namanya.

A n d r aMilito

Kalau me-nurut sayaini sama aja

dengan abrasi. Apakah se-belumnya sudah terjadi se-perti ini? Klau belum, mung-kin ada kemungkinanterkikisnya permukaan ta-nah di sisi Sungai Musi, ka-rena tersapu arus sungai ter-sebut.

H e n g k yF e r n a n d oHose

Musibah.Ini adalah

peringgatan agar kita sela-

Kasus korupsi Anas menjadi gonjang-ganjingPartai DemokratBursa pengganti pun juga banyak!

Cuaca ekstrem memicu naiknya permukaan Su-ngai MusiYang ekstrem sering bikin masalah...

Polres Prabumulih tangkap penyebar selebarangelapKalau disebar bukan gelap lagi!

Di Mana Pemerintah SaatWarga Kebanjiran?

DUA pekan terakhir, banjir akibat luapan Sungai Musimelanda sejumlah pemukiman warga Palembang. Dibeberapa tempat, ketinggian air mencapai 60 centi-meter lebih. Meski tidak menimbulkan korban,genangan air yang juga sering disebut “banjir rob” inicukup merepotkan warga. Bahkan ada beberapa se-kolah yang terpaksa meliburkan siswa-siswanya. Ba-gaimana menurut facebookers?

lu menjaga dan meles-tarikan alam.

MiryantiPoetri

K a l o gmasyrakatnyamw brkrjasama, mgkin

bnjir bisa dihindari.

Rio Fai-t h f u l m a nMortally

Ini airpasang 5 ta-

hun sekali. Seperti aku ma-sih SMA dulu, sekolah akubanjir besak, sampe dilibur-kan berapa hari.

A w o n gBrizuela

Apa akibatdari meluapnya Sungai

Musi sehingga bisa menye-babkan banjir yang jarangsekali menimpa kota kitatercinta ini? Dimana peme-rintah kita ? Apakah mere-ka msh sibuk utk kepen-tingan dirinya sendiri utkmempersiapkan pemilunanti ? Saya turut berduka,semoga banjir ini cepat redadan warga tak perlu lg me-ngungsi di tempat keluarganya. Aamiin.

T e r u c iChapter Pa-lembang

Kepada pi-hak yang

terkait, seperti Badan Pe-nanggulangan Bencana, Di-

nas Sosial, dan Pemkot Pa-lembang, agar segera mem-berikan prioritas bantuankepada para warga yang ru-mahnya tergenang banjirrob. Untuk antisipasi aruslalulintas disepanjang banjirmohon jajaran terkait darisatlantas dan dinas perhu-bungan menempatkan parapetugasnya agar tidak ter-jadi kemacetan parah.

I k h s a nBudag-pa-lembang

M a n opemkotnyo

ini, men kampanye cakpakam galo. Skrg katekringgak. Nak diliput medianian baru galak ngoyoknyingok lokasi banjir.

N a u f a lMuhammadShahab

Banjir inikrena bulan

14 ditmbah matahari deketalias srjajar dengan kha-lutistiwa, shingga gra-vitasiada yg condong ke bulandan matahari. Akibatnya,terjadilah bnjir rob parahdan juga cuaca panas hari2sepekan ini di Sumsel, Beng-

kulu, Riau, Jambi, Lam-pung, Babel dan Kaliman-tan Barat.

Eric BarJarak anta-

ra bibir su-ngai sm ru-mah pendu-

duk hrs di lebarkan. Bilaperlu dibuat taman spy adalahan peresapan air. Trusdibuat aliran lagi spymngalir kmbali ke sungaimusi jika air pasang. De-ngan begitu, Sungai Musijuga kelihatan lebih indah.

Adi PutraDi tempat

aku, Jln Si-l a b e r a n t i ,Plaju ngapo

dak sorot2 banjernyo.Payoooo pemerentah Pe-lembang mano tang-gapanyo ngatasi banjerni?Jangan perot bae di besak’i( korupsi). Mendaktukrok(di dalemi sungai musitu, kalu be ngurangi banjer.

I w a nBaim

Pembang-unan ruko ti-dak tdk

membuat saluran pem-buangan, cuma mengandal-kan saluran yg sdh ada.Anak2 sungai sdh padadangkal dan perhatian pe-merintah klo sdh banjirbaru di tanggulangi.

Itulah kinerja pemerin-tah.

SRIPO/SYAHRUL

AIR ROB — Air pasang atau sering disebut air rob Sungai Musi sejak beberapa hari ini meluaphingga menggenangi sejumlah kawasan Seberang Ulu. Gambar diambil beberapa waktu lalu.

UJIAN NASIONAL (UN) selalu menuai pro dan kontra. Peratur-an pemerintah (PP) yang selalu berubah bahkan bisa dihitungsetiap tahun. Terhadap pelaksanaan UN membuat masyarakatmenjadi cemas. Terutama orangtua yang anak-anaknya akanmenghadapi UN. Kejadian beberapa tahun lalu di mana hampirseluruh sekolah di Indonesia mengalami drop dengan jumlah sis-wa yang tidak lulus UN. Padahal mereka notabene adalah siswa-siswi yang cukup mampu bahkan tak sedikit yang merupakansiswa berprestasi dan juara kelas. Lalu kenapa hal ini bisa terjadidan kenapa harus terjadi. Kenapa pula harus berulang-ulang?Siapa yang patut disalahkan?

Kebijakan pemerintah seyogianya pasti bertujuan baik. Tanpaberburuk sangka bahwa pemerintah melalui tangan parapejabatnya pasti membuat rencana dan gagasan yang terbaik.Tujuannya adalah mencari hasil yang maksimal dengan pening-katan kualitas lulusan yang pada akhirnya adalah pencetakansumber daya manusia (SDM) Indonesia yang cerdas, pintar, jujurdan berlebel sempurna.

Seperti yang dilakukan untuk pelaksanaan UN tahun ini. Bah-wa pemerintah melalui kebijakan Menteri Pendidikan Nasionalmenetapkan adanya perubahan pada peraturan pelaksanaan UN.Setelah menetapkan sistem 5 paket, kini pemerintah menerap-kan sistem 20 paket. Lagi-lagi tujuannya baik dengan harapanbahwa hasil yang didapat adalah benar-benar kerja keras siswa.Tak ada contek menyontek karena tak ada kesempatan secuilpun.

Bahwa pelaksanaan UN adalah sebuah harga mati. Bahwa UNbukan hanya menyangkut siswa saja tapi sudah menjadi tang-gungjawab semuanya. Orangtua, pihak sekolah (dalam hal iniseluruh komponen mulai dari kepala sekolah, guru dan namasekolah secara keseluruhan) pun terlibat. Bayangkan jika dalamsatu sekolah hampir seluruh siswanya tak lulus UN, itu pastimenjadi momok menyedihkan bagi pihak sekolah dan terkhususorangtua dan siswa.

Pesan Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) KotaPalembang agar siswa jangan cemas menghadapi UN tapi haruspersiapkan secara maksimal dengan belajar sungguh-sungguh.Pesan ini baik agar siswa selain tidak cemas juga bisa memper-siapkan diri. Namun akankah seluruh siswa bisa bersikap bijakseperti ini? Mudah-mudahan saja. Namun sebaliknya, jika pundengan adanya perubahan pelaksanaan teknis UN ini membuatmasyarakat menjadi cemas dan bingung seperti yang diutarakanDiah, siswa SMA kelas 3 di kota Palembang. “Jujur saya sangattakut dan cemas kalau tidak lulus UN. Apalagi pihak sekolah mulaisaat ini selalu warning kami untuk siap, siap dan siap... yah...malah bikin saya jadi stres,” kata Diah saat dimintai komentarnya,Jumat (1/3).

Kekhawatiran Diah diaminkan beberapa rekannya. Menurutmereka, justru pihak sekolah yang terlihat cemas dengan pelak-sanaan UN. Pihak sekolah seolah tak memberikan ruang bagisiswa kelas tiga untuk tidak memanfaatkan waktu. Pelaksanaantry out yang awalnya hanya per tiga bulan sekali, sekarang sudahdiperbanyak. Bukan lagi per bulan tapi sudah dua kali dalam satubulan. Selain melaksanakan try out, pihak sekolah juga melaksa-nakan les tambahan di sekolah.

Gambaran apa yang dikatakan Diah ini merupakan suatu keja-dian di mana pihak sekolah pun merasakan apa yang dikhawatir-kan siswa-siswanya. Semoga... apa yang diharapkan pemerintahbisa sejalan dengan kejadian di lapangan. Semoga perubahankebijakan pelaksanaan UN tak menjadi hal yang membingungkansiswa terlebih para orangtua. Semoga....

Perubahan UN SemogaBukan Bumerang

Page 3: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

SRIWIJAYA POSTSabtu, 2 Maret 2013 3

PALEMBANG,SRIPO —Kenaikan harga susu for-mula untuk anak diatas satutahun tidak berlaku diHypermart. Setidaknya se-lama tiga hari terhitung se-jak Jumat(1/2), diberikanpotongan harga hingga 20persen untuk berbagai jenissusu dan produk bayi dananak-anak lainnya.

Program dikemas dalamBaby dan Kids Fair selama

Ayo Beli Susu Formulal Baby dan Kids Fair Hypermart

SRIPO/SYAHRUL

SEORANG karyawan HYpermart PSX menyusun susu kaleng, di stan Baby and Kids Fair.

satu bulan atau hingga akhirMaret, mendatang. Namunkhusus untuk potonganharga susu hanya berlakutiga hari saja. “Ini yang pa-ling istimewa, karena me-mang untuk susu termasukproduk yang permintaanyatinggi, makanya kita beri-kan potongan,” kata Mana-ger Opening HypermartPalembang Indah Mall,Nyimas Fazariani kepada

Sripo, Jumat (1/3).Produk yang didiskon di-

antaranya Procal Gold de-ngan diskon 10 persen,Enfagrowth, Dancow, susubendera dan SGM. Bahkansusu ultra Indomilk cair di-berikan diskon hingga 40persen. Namun memangkonsumen harus beli mini-mal dua produk. “Tapi ka-lau untuk jenis lainnya,diskonya langsung tanpa

SRIPO/SYAHRUL

UNTUK TERSAYANG — Program diskon untuk yang tersayang pelanggan Hypermart. Diskonsampai dengan 70 persen untuk pembelian kedua, 50 persen produk elektronik, beli dua gratissatu, dan kredit bunga 0 persen dengan kartu bii, CIMBNIAGA, BNI, mandiri, dan BCA.

syarat,” katanya. Untukprogram ini, managemenlangsung memajang pro-duk susu di nbagian palingdepan. Diatas susu itudipajang kertas ukuran be-sar yang ditulis besarandiskon produknya.

“ M a c a m - m a c a mdiskonnya, ada yang cuma10 persen, paling besar bisa40 persen, stok juga ba-nyak,” kata Riri, sapaan

SRIPO/SYAHRUL

UNTUK TERSAYANG — Program diskon untuk yang tersayangpelanggan Hypermart. Diskon sampai dengan 70 persen untukpembelian kedua, 50 persen produk elektronik, beli dua gratissatu, dan kredit bunga 0 persen dengan kartu bii, CIMBNIAGA,BNI, mandiri, dan BCA.

SRIPO/SYAHRUL

DISKON 30 persen untuk All Baby Stroller dan play pen diHypermart PS X.

akrabnya. Perhari untuksusu bisa terjual lebih dari200an karton. Isi masing-masing karton bervariasi,tergantung ukuran be-ratnya. Jika susu berukur-an 800 ml, maka isinya ber-kisar enam hingga 10 kalengperkarton. Ukuran 400gram alias bentuk kotakberisi 24 unit perkarton.“Kalau permintaan susu diPalembang ini termasuktinggi. Bahkan bisa dibilangpaling tinggi diantara pro-duk lainnya. Makanya un-tuk stok kita siapkan duakali lipat dari normal,” uraiRiri yang enggan metrincimerek susu yang palingdisukai saat ini. “Yang jelassusu bubuklah paling ba-nyak permintaanya, diban-dingkan yang bentuk cairatau kental,” katanya lagi.

Program Baby and kidsFair juga memberikan po-

tongan harga untuk produkperlengkapan bayi dananak lainnya, seperti pam-pers Huggies yang didiskon30 persen, dari harganormalnya Rp 94.925. “JadiHuggies cuma Rp 66.445saja,” katanya. Janganlewatkan pula potonganharga untuk pembelianBaby Stroller dan Playpendengan potongan 30 per-sen. Diskon akan ditambahjika konsumen menunjuk-kan kartu hicard, be-sarannya bervariasi, mulaidari lima hingga 10 persen.Bisa dibilang, program inijarang dilakukan dan inimasuk tahun ketiga pelak-sanaannya di Palembang.“Tapi khusus yang diHypermart PIM saja, kalauyang PSX baru kali ini,” katadia. Potogan juga berlakuuntuk prodik shampo danperlengkapan mandi anak,

pakaian bayi dan anak hing-ga produk perlengkapan,seperti bedak dan parfum.

Tak hanya potongandiskon, bagi konsumenyang belanja minimal Rp800 ribu langsung menda-patkan hadiah minyak go-reng dan satu kardus mieinstans. Khusus yangbelanja minimal Rp 300 ribuhanya mendapatkan mi-nyak goreng Filma. Namun,konsumen harus belanjasemua produk Baby andKids Fair terlebih dahuludan tidak berlaku ke-lipatannya. Konsumen wa-jib menyetorkan strukbelanja ke ruang informasi.Struk belanja inilah yangakan digunting petugasdibagian informasi, laluditukar dengan hadiahlangsungnya. “Jadi nikmatidiskon sekaligus ha-di-ahnya,” katanya. (why)

Page 4: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

4 SRIWIJAYA POSTSabtu, 2 Maret 2013

Siapkan Sejuta Warna Cat

500 Item Diskon

● Sistem Mix KomputerisasiPALEMBANG,SRIPO —Fungsi cat tak hanya ber-fungsi mempercantik rua-ngan. Tapi cat juga mampumemberikan suasana ber-beda sesuai yang diingin-kan. Pada sisi lain konsu-men juga seringkali tidakpuas dengan warna dasaryang monoton saja. Men-jawab itu semua, CV Ba-ngun Warna Sejahtera me-nyiapkan satu juta jeniswarna cat. Dan istimewa-nya, konsumen dapatmengkombinasikan catyang diinginkan, dengankomputerisasi cat akandimix (dicampur) dengansempurna.

Dari warna dasar cat,langsung diolah menggu-nakan satu mesin khususyang terhubung secarakomputerisasi. Mesin terse-but mampu membuat war-na sesuai dengan keingin-an pemesan atau konsu-men. “Kalau selama iniwarna cat kebanyakanwarna-warna dominan pa-

brikan, seperti hijau muda,hijau tua atau biru langit.Kalau pakai mesin mix ,warna-warna tersebut bisadipadukan untuk melahir-kan warna-warna ba-ru,”-kata Owner CV BangunWarna Sejahtera, CristRaymond kepada Sripo diruang kerjanya, Jumat (22/2). Raymond menyebutsistem kerja mesin mix cat,juga simpel. Konsumentinggal memilih warna apayang diinginkan, misal ku-ning kecoklatan atau ku-ning muda melalui daftarkode cat. Daftar kode

inilah, kata dia, selanjut-nya dimasukkan dalamkomputer. Sebelumnya,petugas harus menyiapkanwarna dasar cat. Cat war-na asli ini akan diletakkandi sisi depan mesin. Begituenter ditekan, mesin lang-sung melakukan mix seca-ra komputerisasi. setelahmix, baru ke proses selan-jutnya pengguncanganatau pecampuran dengan

mesin campur. “Nanti catyang sudah dimix tadi,dicampur dan diguncang-kan di mesin campur satu-nya, langsung selesai,” ka-tanya. Proses pencam-puran, diakui Raymond se-bentar. Paling lama limamenit sehingga konsumentak perlu menunggu lama.Segala proses tersebut jugalangsung dilakukan dide-pan konsumen sendiri.“Sebelum dicampur kon-sumen akan diberikancontoh warna cat yang su-dah jadi , apakah sesuai de-ngan pesanan atau tidak .jika seusai baru dilakukanpencampuran pemerata-an,” kata dia. Prosesdimesin ini mampu mela-hirkan warna-warna catbaru, bahkan jika dihitungbisa capai satu juta warna.Ini bisa memberikan pilih-an warna yang lebih ba-nyak untuk konsume. be-berapa konsumen, bahkansering meminta warna-warna khusus yang tidak

SRIPO /DEWI HANDAYANI

KUNCI—Pegawai menunjukkan contoh kunci-kunci dan perlengkapan catyang ditawarkan CV Bangun Warna Sejahtera, Jumat (22/2).

TAK hanya menghadirkancat, CV Bangun WarnaSejahtera juga menyedia-kan kebutuhan bangunanlainnya, seperti granit, kun-ci-kuci modern, alat-alatsanitary seperti kran, was-tefel dan closet duduk. Ba-rang yang ditawarkan le-bih kepada modern build-ing atau perlengkapan ba-ngunan yang moderen de-ngan standar pelayanannyaman. “Artinya toko

kita tak seperti toko ba-ngunan lain, karena disinilebih bersih, tidak adadebu. Konsumen juga me-rasa lebih nyaman disini,”katanya. Uniknya lagi,konsumen yang bertran-sak-si akan mendapatkanhadiah berupa potonganharga diskon 10 hingga 50persen. Ini berlaku untukproduk tertentu. Ada seki-tar 500 produk yang ikutprogram diskon. Lalu ba-gaimana mengikuti pro-gram. Menurutnya sangatmudah, konsumen tinggalbelanja minimal Rp 100ribu. Lalu bisa memilih po-tongan harga diskon pro-duk. Program ini juga ber-laku kelipatan. Jika belanjaRp 500 ribu untuk satu kalitransaksi, maka berhak

membeli lima item produkdiskon. “Item produk ini kitaatr dalam list khusus, sepertijika dia belanja Rp 100 ribumaka bisa membeli cat yangkita diskon 17 persen. Atauproduk lainnya. Makanyarugi kalau tidka dimanfaat-kan,” kata dia. Namun jikakonsumen tidak maumenukar hadiah, bisa jugadengan melakukanpenempelan stiker. Masing-masing stiker bisa menda-patkan hadiah langsung be-rupa merchandise menarik,seperti mug dan hadiah lain-nya.

Program ini diakui men-dapat apresiasi tinggi. Ter-bukti sejak berjalan bebe-rapa bulan lalu, mampumendongkrak transaksihingga 50 persen. Bahkan

Raymond mengaku siapmemperpanjang prog-ram agar konsumen le-bih puas belanja. Tak ha-nya potongan harga,bagi konsumen yangmemiliki kartu kreditbisa juga bertransaksi.Bahkan bisa ikut prog-ram cicilan dari bankmandiri dengan bunganol persen, mulai tiga,enam hingga 12 bulan.“Makanya rugi jika tidakdimanfaatkan maksi-mal,” katanya. Selaindiskon, pihaknya jugamemilik data base kon-sumen atau PrivilegedCustomer(PC). Ketikakonsumen sudah ber-transaksi, pasti akan ma-suk dalam grup PC. “Mi-salnya konsumen pe-ngen beli cat, tapi lupakode warnanya, mudahsaja.(dewi handayani)

pasaran. Hasilnya juga le-bih elegen dan ekslusif.“Istilahnya kita bisa layaniyang mau pesan-pesanwarna cat,” kata dia. Pi-

KONTAK INFORMASI

CV Bangun Warna SejahteraJalan R Soekamto No 2335DE Palembang (se-berang SPBU PTC Mall)Telp 0711 7300424,7092470 Fax 0711 377950SMS Service 08995965224 pin BB 22314480email : [email protected]

SRIPO/DEWI HANDAYANI

MESIN MIX—Karyawati CV Bangun Warna Sejahtera menunjukkan cara penggunaan mesin MIX cat, Jumat (22/2).

haknya pun menyiapkandua mesin mix langsungditoko dengan cat Duluxmaupun propan. Dalamwaktu dekat juga akan di-

tambah cat Mowi Lex. Un-tuk harga, mulai dari Rp300an ribu hingga Rp 700ribu untuk ukuran 2,5 literdan Rp 900 hingga Rp 2

jutaan ukuran 900 liter. Ke-banyakan memang konsu-men yang pesan adalahpribadi, perumahan danmall-mall besar. (why)

Page 5: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

5SRIWIJAYA POSTSabtu, 2 Maret 2013

Tokoh masyarakat diKm 7,5 secara langsungmenyampaikan aspirasiwarga langsung ke WakilWalikota Palembang HRomi Herton SH, MH padasaat menghadiri pertemuanAlmumi dan renovasi mas-jid di Jln Kol H Barlian.Tidak banyak yang di-inginkan, mereka hanyaminta Pemkot Palembangmembangun JPO untukanak-anak mereka yangbelajar di SDN 149 Pa-lembang. Pasalnya, su-dah banyak siswa SDdan warga sekitar me-ninggal karena ditabrakkendaraan ketika melintasdan menyeberang di ka-wasan itu.

“Kami setiap pagi selaluw a s - w a s , b e g i t u

Minta JPO Saja Sulit Bukan Main

juga saat mereka pulangsekolah,” kata Hasbi, salahsatu wali murid.

Jika mencermati pen-dapat Dhimas Bagus Pu-tranto, alumni Jurusan Ar-sitektur Fakultas TeknikUniversitas Diponegoromenyebutkan, JPO sebagaialat penyeberangan meru-pakan salah satu kebutu-han manusia dalam menye-

berang jalur

lalu lintas karena akhir-akhir ini banyak terjadikecelakaan yang menimpapara penyeberang jalan.Hal ini disebabkan alurpenyeberang jalan danpengendara kendaraanmenjadi satu serta tidakterpisah secara fisik. Meskitelah ada fasilitas /zebra.

“Pada ruas jalan yangmempunyai arus lalu lintasdan arus pejalan kaki yangtinggi, serta arus kendara-an memiliki kecepatantinggi, sudah layak diba-ngunkan JPO,” katanya.

Disamping itu, ketentuanlain sebagai syarat diba-ngunkan JPO, bila fasilitaspenyeberangan denganm e n g g u n a k a n / z e b r acrossdan Pelikan cross su-dah mengganggu lalu lin-tas yang ada. Selain itu, pa-da ruas jalan dimana freku-ensi terjadinya kecelakaanyang melibatkan pejalankaki cukup tinggi.

Jika mengacu tiga per-syaratan itu, maka Jl Ba-suki Rahmat, Jl R Sukamto(simpang Patal) sudahbanyak layak karena aruskendaraan padat dan la-junya cepat.

Lantas, tanggapan Pem-kot Palembang, dalam halini instansi teknisnya

Dinas PU dan

Pengelolaan Sumber DayaPerairan (PSDA) Kota Pa-lembang? Menurut Ir Dar-ma Budhi MT sekalu kepalaSKPD ini, mempersilahkanmasyarakat mengusulkan

p e m b a n g u n a nj e m b a t a n

penyebra-n g a n .

DHIMAS BAGUS PUTRANTOAlumni Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Alat Penyeberangan

Muhammad Husin, Dewi

TERNYATA tidak sesederhana seperti yangdibayangkan. Aspirasi rakyat yang mintadibangunkan Jembatan Penyeberangan Orang(JPO) agar anaknya bisa pergi ke sekolahdengan selamat, sepertinya begitu rumit. Wargadiminta harus paham dulu di jalan mana merekamelintasi. Jika Jalan nasional mintanya kePresiden, Jika jalan provinsi minta ke gubernurdan jalan kota/kabupaten, mintanya ke Bupati/walikota. Apa memang seperti itu prosedurnya?Jika itu mekanismenya, maka anak-anak danpenguna jalan selalu dibayangi dengankecelakaan dan kematian.

Dan harus dilihat dulu lo-kasi pembangunan dikelolasiapa, yakni negara atau pu-sat, provinsi dan kota/ka-bupaten. Jika itu masuk ja-lan pusat, berarti tang-gungjawabnya langsungoleh negara melalui BalaiBesar Jalan. Namun jika ja-lan itu berada di jalur lintasprovinsi, berarti pembina-annya masuk ke provinsi,melalui dinas PU ProvinsiSumsel. “Masyarakat bisasaja mengusulkan pemba-ngunan jembatan, tapiharus dilihat dulu lokasinyadimana. Kalau itu jalan ne-gara, berarti usulan lang-sung ditujukan ke BalaiKonservsi Jalan dan Perhu-bungan,” kata Darma Bu-dhi.

Khusus jalan kota, kataBudi, mengacu Surat Kepu-tusan (SK) diatur dalamPerwali No 9 tahun 2006tentang status ruas jalansebagai jalan kota. Dise-

butkan Palembang terdiridari 656 ruas jalan yangmembentang sepanjang747,922 kilometer. Kese-muanya ini bisa juga dilihatdari ruas peta jalan. “Maka-nya masyarakat harus tahudulu, kriteria jalan itu pe-ngawasanya kemana. Ka-lau memang masuk wila-yah kota, usulan pemba-ngunan bisa diteruskan kekita,” kata Budhi.

Dengan penjelasan ini,masyarakat dibuat pusingdan kok saling lempartanggungjawab. “Kami iniwarga Palembang, mintajembatan penyeberangansaja sulit. Rakyat tidak tahusoal status jalan, terpentingada jembatan penyebera-ngan,” kata Lukman Hadi(55), warga Km 7,5 lainnya.

Ir Aidil Fikri MT, KepalaSatuan Non Vetikal (SNVT)Jalan dan Jembatan Metro-plis Kota Palembang saatdihubungi tidak berada di

kantornya. Bahkan saat viaPonsel pun tidak angkat,begitu saat dikirim pesansingkat, tidak juga dibalas.

Namun beberapa staf diinstansi ini menyebukan,kewenangan SNVT untukkelompok pembanguanjembatan besar, seperti Di-pilkasi jembatan Musi 2dan Kerasan bukan JPO.“Kalau JPO, sepertinyatugasnya Walikota untukmembangunnya,” ujarmereka.

Pengamatan sripo, bebe-rapa lokasi yang dibangunJPO terbesar di Jl JendSudirman (Masjid Agung),JPO Pupuk Sriwijaya, JPOMaraton, JPO Aprotik Ro-ra, Pasar Cinde Mandiri,JPO BNI Syariah Cinde, JPORSMH, Km 3,5 (SMA Meto-dis), JPO Pahlawan, depanJl Balayudha, Jl Ahmad Yani(Plaju), Jl R Sukamto (JPOPTC), JPO Puntu Kayu Ba-layudha.

ARUS lalu lintas di berbagai ruas jalan diPalembang sudah terlihat padat. Belum lagi

beberapa median jalan ditutup dengan pagar dantanaman. Kondisi ini menyulitkan penguna jalan.seperti di Km 7,5, orang tua khawatir melepas

anaknya sekolah ke SDN 149 karena derasnya aruslalu lintas berkecepatan tinggi. Kecelakaan punsering terjadi, sementara untuk minta Jembatan

Penyeberangan Orang (JPO) begitu rumitnya. Apakomentar sahabat facebooker dengan masalah ini?

Eric BarItu berarti kota palembang smakin lama smakinpadat,tgs pmerintah hrs melebarkanjalan,&membuat rambu2 khusus buat pjalankaki,agar slamat & tdk mnganggu lalu lintas..

Anwar Ladasusuln.buat walikota.sbnrnya plg.blm

trlalu.mact.cuma jaln d plg kcil2.yg jaln bsarcm 1.dr jakabrg smpe km 9.

Andri Eko Permadiitu mslah yg sma yg ada di stiap daerah...ya intiny sarana & prasarana transportasidiperbaikilah...

Wong Kumbangdak bso bekomentar mang, usul2 rakyatni

sering dak di denger oleh pemerintah, cumaiyo2 bae tpi dak di turuti

Asbi Oding C’berGood ... Mantappp

Rudy Sanjaya Putra BEPercuma di bangun bukti nyo msh dilanggarjugo, nyebrang sembarangan. Ketabraknyalahin orang

Heri SusantoKalo dibiarkan plmbg bakalan makin macet,

pembtasan pmbelian kendaraan ataupenambahan ruas jalan menjadi opsi.

Kendaraan umum seperti transmusi punkurang memadai. Armada yg kurang, dan

kterlmbtan membuat harus menunggu lama. Ayo2 manaPalembang kota BARI?

#wujudkanlahBayu Nurcahyosalah nian itu tu.ngapolah nag ditutup galo?kto tu lah yg susah.nag belok jauh nian.

Muhammad NuhDk ktek kpacak an

Budi Santosokalau memang begitu, kan adaAPBD, gunain buat infrastrukturnya, buat tuhjembatan, kan itu gunanya APBD, kalodipendem aja, ga akan ada gunanya, utamakankepentingan rakyat,

Novri BabonKlo buat jembatan saro nian nak ? Acc...tpi klo

buat pijat refleksi cepat ? Acc wong mang..

Dewi Rahmi Zulkifli Talbarlinya...masak kalau mau mutar dari depan BKP terlalujauh harus mutar di km 8, putaran sampe 2 km, itubukan solusi utk menghilangkan kemacetan, carisolusi yg lain kemacetan terjadi 2 kali dalam seharipagi dan sore pas org pulang kantor

JEMBATAN Penyebera-ngan Orang (JPO) sebagaialat penyeberangan meru-pakan salah satu kebutu-han manusia dalam menye-berang jalur lalu lintaskarena akhir-akhir ini ba-nyak terjadi kecelakaanyang menimpa para penye-berang jalan. Hal ini dise-babkan alur penyeberangjalan dan pengendara ken-daraan menjadi satu sertatidak terpisah secara fisik.Meski telah ada fasilitas /zebra, tetapi alur penyebe-rang jalan dan pengendarakendaraan tetap tidak ter-pisah secara fisik sehinggamasih ada kemungkinanterjadinya kecelakaan.

Secara pengertian, Jem-batan adalah bangunan pe-lengkap jalan yang ber-fungsi melewatkan lalu lin-tas yang terputus pada ke-dua ujung jalan akibat ada-nya hambatan berupa su-ngai, saluran, kanal, selat,lembah serta jalan dan jalankereta api yang menyilang.

Sedangkan Jembatan Pe-nyeberangan Orang (JPO)adalah jembatan yang le-taknya bersilangan denganjalan raya atau jalur keretaapi, letaknya berada di ataskedua objek tersebut, danhanya diperuntukkan bagipejalan kaki yang melintas(menyeberang) jalan rayaatau jalur kereta api.

Jembatan Penyebera-ngan Orang juga dapat diar-tikan sebagai fasilitas peja-lan kaki untuk menyebe-rang jalan yang ramai danlebar, menyeberang jalantol, atau jalur kereta api de-ngan menggunakan jem-batan tersebut, sehinggaalur sirkulasi orang dan lalulintas kendaraan dipisah se-cara fisik dan kemungkinan

terjadi kecelakaan dapatdikurangi.

Jembatan penyebera-ngan juga digunakan untukmenuju tempat pember-hentian bus, seperti bus-way karena posisinya yanglebih tinggi dari tanah,untuk memberikan akseskepada penderita cacatyang menggunakan kursiroda, di dekat tangga jem-batan terdapat ramp de-ngan kelandaian tertentuLangkah lain yang juga di-lakukan untuk memberi-kan kemudahan akses bagipenderita cacat adalah de-ngan menggunakan tang-ga berjalan ataupun de-ngan menggunakan lift.

Pembangunan jembatanpenyeberangan disarankanmemenuhi ketentuan bilafasilitas penyeberangan de-ngan menggunakan/zebra

cross dan Pelikan Cross su-dah mengganggu lalu lintasyang ada. Pada ruas jalandimana frekuensi terjadinyakecelakaan yang melibatkanpejalan kaki cukup tinggi.Dan ruas jalan yang mem-punyai arus lalu lintas danarus pejalan kaki yang tinggi,serta arus kendaraan memi-liki kecepatan tinggi.

Dasar perencanaan Pe-rencanaan teknik jembatanpenyeberangan untuk pe-jalan kaki di perkotaan ha-rus dilakukan berdasarkanketentuan yang berlakuserta mempertimbangkanfaktor-faktor, yakni jem-batan penyeberangan un-tuk pejalan kaki yang diba-ngun melintas di atas jalanraya atau jalur kereta, danmemenuhi tuntutan este-tika dan keserasian denganlingkungan dan sekitarnya.

SRIPO/SYAHRUL

KEBINGUNGAN – Dua warga KM 7 menyusuri median jalan karena kebingungan mencari tempat menyeberang di Jl Kol Barlilan,depan Kantor DPD Demokrat KM 7, Jumat (1/3).

SRIPO/SYAHRUL

BERLARI – Tingginya kecepatan dan jumlah kendaraan yanglewat di Jln Basuki Rahmat warga terpakas menyeberang ekstrahati-hati. Warga sekitar mengharapkan dibangunnya jembatanpenyeberangan. Gambar diambil Jumat (1/3).

Sering Dak di Denger

Page 6: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

Smart StudentSRIWIJAYA POSTSabtu, 2 Maret 20136

TRIBUN adalah kelompok penerbit surat kabar regional dengan skala nasional terbesar yang tersebar di seluruh di Indonesia. Membuka peluang untuk

bergabung bersama kami sebagai :

Departemen HRD TRIBUN SUMSEL

Jl. Alamsyah Ratu Prawira Negara No. 120 Kel. bukit Lama Kec. Ilir Barat Palembang

Email: [email protected]

Lamaran diterima paling lambat 1 Minggu setelah iklan terbit

Kirim / Antar langsung lamaran lengkap

(CV, Pas Foto 4x6 2 lembar, Fotokopi KTP dan

nomor telpon yang dapat dihubungi, ke:

Kualifikasi:

) S1 semua jurusan

) Pengalaman 1 Tahun sebagai tenaga Pemasaran

) Memiliki SIM A/C

MARKETING

Kualifikasi:

Lulusan STM jurusan Teknik Listrik/Mesin

Memiliki pengalaman min. 1 tahun di bidang

Mekanikal Elektrikal/Mesin

Laki-laki usia maksimal 26 tahun

Min. menguasai sistem kelistrikan, AC, Genset,

Forklif/Mesin dasar

Bersedia bekerja dengan sistem shift

Tidak buta warna

Untuk penempatan di Palembang

) )

) )

) ) )

GA ATTENDANCE

PALEMBANG, SRIPO – Teknikpengarsiran Lembar JawabKomputer (LJK) untuk UjianNasional ternyata tak harus hi-tam. Justru jika terlalu hitam bisamenghambat pembacaan mesinOptical Mark Reader (OMR). Un-tuk pengarsiran ini siswa banyakterjebak.

Hal ini diungkapkan KepalaUPTD Ilir Timur I Disdikpora Ko-ta Palembang, H Bahrin SPDMM didampingi Kepala SekolahSD Methodist 2 Palembang, An-dar Rusnawan Spd, Jumat (1/3).Menurutnya, justru ketika siswamengarsir bulatan dengan sa-ngat hitam berpotensi me-nimbulkan cekung-an-cekungan di per-mukaan kertas. Ce-kungan inilah yangakan menghambatpembacaan mesinOMR.

“Kami sudah me-ngetes beberapa kali,ternyata memang be-nar. Ketika mesin itu ja-lan. Pas ada LJK yangmelekung langsung stopdan berhenti,” katanya,usai kegiatan Try OutAkbar di Sekolah Meth-odist 2, kemarin.

Cara ini, bisa saja mempenga-ruhi hasil ujian siswa. Jika hanyasebatas ujicoba atau persiapanUN saja, tidak masalah. “Justrumasalahnya, ketika siswa me-ngarsir hitam di LJK UN, siswasendiri yang merugi,” katanya.

Mesin OMR atau pembaca LJKdi sistem UN hampir mirip de-ngan mesin OMR yang sudahada. Makanya secara umum, ki-nerjanya pasti mirip.

Lalu apa yang harus dilaku-kan. Yang penting, lanjut dia,

Arsir LJK takHarus Hitam

cukup melakukan arsir tipis tapiarsiranya tidak keluar dari bula-tan. “Pensilnya juga harus ba-gus,” katanya.

Senada diungkapkan KepalaSekolah Dasar Methodist 2,justru kalau hanya memilihhitam saja, penulisan denganspidol pada LJK saja sudah bisa,mesin OMR tetap bisa memba-ca, namun mengapa ini tidak di-anjurkan. “Karena kalau pakaispidol kan tidak bisa hapus.Mungkin itu yang membuat pe-merintah mengharuskan siswamenggunakan pensil,” kata dia.

Lalu pada UN, mendatangkhusus SD, tidak berlaku sistemarsir di LJK, tapi sistem silang.Format isian LJK pun menggu-nakan bentuk kotak yang lebar-nya lebih luas dibandingkan LJKSMP yang bulat dengan sistemarsir.

“Kalau SD, resiko pembacaanLJK lebih minim, karena sistemsilang di kotak yang lebih luas,kalau SMP yang arsir,”kataAndar.

Pengetahuan siswa SD diakuisaat ini sudah meningkat, karenamasing-masing sekolah juga su-dah menyiapkan sistem pe-latihan penggunaan LJK melaluikegiatan Try Out (TO).

Sementara kegiatan TO, di-

ikuti 1.305 siswa SD yang dilak-sanakan, Jumat (1/3) dan seba-nyak 1.383 siswa SMP hari ini,Sabtu (2/3). Siswa berasal darisemua sekolah di kecamatan IlirTimur II dan kegiatan seperti inirutin dilakukan tiap tahun.“Kebetulan tahun ini, kepalasekolah Methodist 2 yangditunjuk sebagai ketua panita,,”katanya.

Kegiatan dilangsungkan dihalaman Sekolah Methodist 2.Tujuan lebih kepada mem-persiapkan siswa agar lebihsiap menghadapi UN, Meiuntuk SD dan April untuk SMP.“Tujuannya agar mereka lebihsiap saja menghadapi UN,”katadia. (Why)

Kuliah dan WirausahaRENCANA pemerintah

meningkatkan persentasewirausaha hingga di atas duapersen bisa saja terwujud tahunini melalui penerapan kurikulumbaru 2013. Generasi mudadidorong mengubah paradigmauntuk mulai berwirausaha sejakdini.

Dunia wirausaha sebenarnyatak asing bagi Siti Aisyah,perempuan kelahiranPalembang, 20 November1993 silam. Mahasiswi Semes-ter IV Fakultas Hukum Unsri inimengaku pernah menjajakibisnis jual pulsa, dan bukukomik.

“Awalnya cuma hobi sepertibaca komik, ternyata ada temayang mau beli. Sayapun sempat jadidistributorbeberapa bukukomik. Kalau jualpulsa cukuplumayan untuktambah uangjajan,” katanya

kepada Sripo, Kamis (28/2)kemarin.

Bungsu dari tiga bersaudarabuah hati pasangan M Ujang-Mulyati ini menilai,pengembangan jiwa wirausahaharus dilakukan sejak dini.Menurutnya tak sulitmenumbuhkan semangat itu,hanya perlu sedikit motif untukmemulainya.

“Tergantung dari orangnyamau atau tidak memunculkansebuah motivasi. Bagusnyasejak sekolah jadi ketika sudahtamat kuliah tak lagi berpikir kerjaharus jadi PNS. Toh sudahpernah menjadi wirausahamuda,” ujarnya.

Pecinta novel SherlockHolmes karya Sir Arthur ConanDoyle ini pun mengungkapkankeinginannya membukasebuah gerai pakaian. Dirinyatengah mencari kucuran danauntuk modal tambahan danmenggarap izin usahanyasebelum tamat kuliah.

“Inginya buka butik.Stepnya mencari jaringanatau teman yang punyapemikiran sama agarmudah koordinasi. Kalaumodal bisa dikumpulkanbersama-samasemacam sokongan.Kan lumayan uangnyauntuk tambahan uangjajan,” jelasnya.

Meski berkeinginanmenggapai cita-cita jadiwirausaha mudah tapitamatan SDN 21Palembang, SMPN 17Palembang dan SMAN 1Palembang inimengungkap tak inginmelupakan tujuan lainhidupnya menjadiseorang notaris.

“Kemungkin lanjut S2notaris atau magisterhukum karena selain jadipengusaha juga ingin jadinotaris,” tukas Siti yangmasih terdaftar di BadanEksekutif Mahasiswa(BEM) Fakultas Hukum

Unsri ini. (Mg5)Siti Aisyah

SRIPO/ZAINI

SRIPO/SYAHRUL

Sejumlah siswa kelas VI SD mengikuti try out akbar yang digelar di YayasanMethodist 2 Palembang, Jalan Kol Atmo Palembang, Jumat (1/3). Try out inidiikuti 1.350 siswa se Kecamatan IT I Palembang.

lllllDilaunching Hari IniDilaunching Hari IniDilaunching Hari IniDilaunching Hari IniDilaunching Hari IniRestoran SQ Dempo mengemas menubaru yang diyakini mampu membang-kitkan selera makan. Menu tersebutadalah gurami sambal Teri (Sate), ayamrica-rica dan gurami jimbaran. ketiga me-nu tersebut dibuat serba pedas.

“Mengapa kami pilih yang pedas,karena bisa membangkitkan seleramakan. Orang kita juga banyak yangsuka,”kata owner SQ Restoran Dempo,Andrianto Pandra beberapa waktu lalu.Masing-masing menu, menurutnya pu-nya ciri khas khusus. Tak hanya me-ngandalkan rasa pedas saja, namun ra-gam bumbu yang dibenamkan dalamikan maupun ayam juga sangat banyak.Racikan bumbu-bumbu tersebut diang-gapnya sangat berbeda dibandingkanrestoran lain. “Kekhasanya juga terletakpada bumbu. Orang makan ikan disini,tapi serapan bumbu di dalamnya sangatbanyak. Coba saja, kreasi lebih dari 10bumbu masak yang tradisional diham-

parkan pada tubuh-tubuh ikan,” katanya.Tiga menu baru itu siap diluncurkan, sab-tu (2/3) hari ini.

Pihaknya sangat optimis, tiga menubaru ini mampu mendongkrat kunjungandiatas 80an persen. Pihaknya juga sudahmenyiapkan stok ikan gurami dalamjumlah banyak . Jika selama ini stok ikanGurami hanya lima hingga tujuh kilogram,maka akan dinaikkan menjadi 10 hingga15 kilogram perhari dengan rata-rata ikanperbulan diatas 150 kilogram perbulan.Model penjualan dihitung berdasarkanberat ikan per-onsnya. Satu ons dibanderolRp 9000. “Kalau yang kita jual disini,khusus Gurami minimal tujuh ons hingga1,1 kilogram perekor,” katanya.

Sebelumnya, Andri mengakui jugamenyiapkan menu ikan Gurami, namunhanya sebatas Gurami Asam Manis. Diaingin memperkaya rasa ikan guramisehingga pengunjung yang datang tidakmerasa bosan dengan menu yang sama.

“Paling tidak ada Variasinya,” katanya.Untuk konsumen, yang menikmati menudi restoran yang terletak di jalan demposamping Restoran Selatan Indah inikebanyakan kalangan menengah keatas.Mereka datang tidak sendiri, banyak yangmengajak keluarga, terutama malam hari.“Makanya kami siapkan porsi yang lebihbesar,” katanya. (why/adv)

Sensasi Nikmatnya Gurami Sate

FOTO-FOTO: SRIPO/SYAHRUL

Suasana di Rumah Makan SQ Dempo, Kamis (28/2).

KONTAK INFORMASIRumah Makan SQ

Jalan Dempo No 410/C,Simpang empatLampu Merah

Telepon 0711 368977Palembang

Page 7: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

MenghapusKutukanBernabeu

Air Sungai keLaut Tertahan

Tanda Kasihuntuk Istri

No Way KawinCerai

Hattrick BalasDendam

Ubah Strategi

IbasKumpulkan

PentolanDaerah

SRIPO/SYAHRUL

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin foto bersama artis pendukung dan sutradara pada acara Meet and GreetRecto Verso Cinta Yang Tak Terucap di Hotel Aryaduta Palembang, Jumat (1/3).

Page 8: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

H Marzuki AlieSRIPO/STS

H Marzuki Alie

DEADLINEJELANG

Vaksin RV3 Cegah KematianAkibat Diare

• Hasil Penelitian RI-Australia• Hasil Penelitian RI-Australia• Hasil Penelitian RI-Australia• Hasil Penelitian RI-Australia• Hasil Penelitian RI-AustraliaJAKARTA, SRIPO – Sebuahvaksin baru yang memilikipotensi untuk menyelamat-kan nyawa ribuan bayimenyoroti kerjasama pe-nelitian Indonesia-Austra-lia yang inovatif. Kandidatvaksin rotavirus oral, RV3,yang akan diluncurkanpada Sabtu 2 Maret olehMenteri Kesehatan RI DrNafsiah Mboi, bertujuanuntuk mengurangi berba-gai penyakit dan kematianakibat penyakit diare.

Rotavirus "gastro" adalahpenyakit diare yang me-ngancam jiwa yang meng-akibatkan kematian lebihdari setengah juta anak dibawah usia lima tahun diseluruh dunia setiap tahun.Di Indonesia, diare meru-pakan penyebab utama

kematian pada anak balita,dan rotavirus telah ditemu-kan menjadi penyebab 35-84 persen diare pada anakbalita yang dirawat di ru-mah sakit yang terkenaGastroenteritis.

Tujuannya adalah bahwaRV3 akan menjadi vaksinyang efektif dan terjang-kau, dirancang untuk dibe-rikan secara oral kepada ba-yi baru lahir untuk mem-berikan perlindungan se-dini mungkin.

"Perkenankan saya me-ngucapkan selamat kepadapara peneliti dari MurdochChildren Research Institute(MCRI) Australia dan Uni-versitas Gadjah Mada Yog-yakarta dalam pendekatanpertama dunia untuk me-ngurangi penyakit dan

kematian di kalangan anak-anak yang rentan," ujar DrDavid Engel, Wakil DutaBesar di Kedutaan BesarAustralia Jakarta, Jumat (1/3).

"Penelitian ini menunjuk-kan manfaat positif dari ko-laborasi antara para ilmu-wan kelas dunia di Austra-lia dengan mitra kerja me-reka di Indonesia," kata DrEngel. Penelitian ini dida-sarkan pada kerjasamayang sudah mapan antaraUGM dengan Grup Rotavi-rus di MCRI/Royal Chil-drens Hospital dan Univer-sity of Melbourne yang di-mulai sejak hampir 40 ta-hun lalu yang melibatkanpertukaran akademisi, pe-nelitian dan pelatihan.

Sebuah proses alih pe-

ngetahuan dan benih vak-sin telah dikirim ke Bio-farma, sebuah perusahaanfarmasi milik negara Indo-nesia.Vaksin ini akan dide-dikasikan untuk bayi yangbaru lahir di Indonesia dannegara-negara berkem-bang lainnya, di mana ke-matian bayi masih nomorsatu, dibandingkan denganpenyebab lain. Selain itu,penyakit diare merupakanpenyebab tertinggi kema-tian anak di negara-negaraberkembang selain infeksiparu-paru (pneumonia).

(Kompas.com)

8 SRIWIJAYA POSTSabtu, 2 Maret 2013

Etnis Rohingya Terdampar di AcehBANDAACEH, SRIPO -Rombongan imigran ilegaletnis Rohingya kembaliterdampar di perairanAceh dan diselamatkanwarga. Sepekan lalu, 121warga etnis Rohingya ter-dampar di perairan AcehUtara. Pada Kamis (28/2)malam, 63 imigran ditemu-kan di perairan Idi, Kabu-paten Aceh Timur.

Kapolres Aceh TimurAKBP Muhajir, menga-takan, 63 imigran etnis Ro-hingya tersebut terdiri dari14 anak di bawah umur 7tahun, 9 remaja, 10 perem-puan dewasa, dan 30 laki-laki.

Kapolres Muhajir menje-laskan, para warga etnisRohingya ini ditemukanoleh seorang nelayan AcehTimur, Kamis sore, sekitar100 mil dari kawasan pantaiAceh Timur. Nelayan itubernama Jamaluddin (35)

bersama teman-temannyayang saat itu sedang meng-gunakan kapal KM Fachriuntuk berlayar mencariikan.

"Jadi, para nelayan inimenemukan sebuah boattanpa mesin terapung-apung dan setelah dide-kati, ternyata ada banyakorang di dalamnya, dankemudian mereka mena-rik kapal ini ke Kuala Idi,"jelas Muhajir kepadaKompas.com via sambu-ngan telepon dari BandaAceh, Jumat (1/3).

Saat ditemukan, sebutMuhajir, para imigran ter-lihat dalam kondisi lemasdan mengalami dehidrasi.Saat ini, para imigran ini di-tampung di kantor UPTDperikanan dan kelautanAceh Timur, yang berlokasidi Kota Langsa.

"Kami sedang berkoor-dinasi dengan pihak Imi-

grasi dan pemerintah da-erah setempat untuk pena-nganan dan pertolonganpertama, baik untuk medismaupun kebutuhan pa-ngan," ujar Kapolres Muha-jir.

Warga etnis Rohingyayang terdampar di Acehmerupakan peristiwa yangkelima dalam lima tahunterakhir ini. Pada Januari2009 lalu, 197 etnis Rohing-ya terdampar di perairanSabang, lalu pada tahunyang sama, 127 lainnya te-rempas di perairan Idi Ra-yeuk, Aceh Timur.

Selanjutnya pada 1 Feb-ruari 2012, sebanyak 54warga Rohingya terdam-par di perairan KruengGeukuh, Kecamatan De-wantara, Aceh Utara, danpada 26 Februari 2013, se-banyak 121 warga Rohing-ya terdampar di Aceh Uta-ra.(kompas.com)

Siap Pimpin DemokratJAKARTA, SRIPO – WakilKetua Dewan PembinaPartai Demokrat MarzukiAlie mengatakan siap me-mimpin dan maju menjadiketua umum (Ketum) par-tainya jika memang dihen-daki kader Partai Demo-krat. Jabatan ketua umumPartai Demokrat masih ko-song setelah Anas Urba-ningrum menyatakan ber-henti dari jabatan itu setelahditetapkan sebagai ter-sangka oleh Komisi Pem-berantasan Korupsi (KPK)dalam perkara dugaan pe-nerimaan gratifikasi terkaitproyek Hambalang.

"Saya ini orangnya selalumelaksanakan kewajiban.Kalau ada niat kader, harusdihargai. Jadi ketua umumatau tidak, nanti akan adadi kongres," kata Marzuki

di Gedung DPR, Jakarta,Kamis (28/2). Namun, diamengatakan, peluang ka-der lain juga masih samabesarnya untuk mengisikursi jabatan itu.

Marzuki berharap, per-soalan jabatan ketua umumini tidak menyebabkanperpecahan di partainya.Kader Partai Demokrat,kata dia, telah cukup de-wasa memilih ketua umumyang baik.

"Pilihlah yang terbaik.Jangan lagi ada kompetisidan saatnya kami bersatu.Jangan berpikir untuk ke-pentingan diri kami.Jadi, pikirkany a n gmemim-p i nD e m o -k r a t , "

tuturnya.Menurut Marzuki, jaba-

tan ketua umum partainyajuga tak mungkin diisi kan-didat dari luar. Partai, katadia, harus dijalankan olehorang yang mengetahuidan merasakan denyut na-di partai.

(kompas.com)

Bobol ATM untuk Hidupi7 Anak dari 3 Istri

JAKARTA, SRIPO - RH (44),anggota komplotan pem-bobol ATM di minimarketsecara terbuka mencerita-kan aksi kejahatan yangdia lakukan bersama ke-empat temannya. Kepadawartawan. Dia mengakuhanya menjalankan aksiberdasarkan perintah dariAG, otak kelompok pelakutersebut. Hasil dari kejaha-tannya, untuk menghidupitujuh anaknya dari ketigaistrinya.

"Saya biasa tunggu pang-gilan saja baru ikut denganmobil Avanza," kata RH,Jumat (1/3) di MapoldaMetro Jaya.

Dia mengatakan bahwa

dia dan keempat temannyatersebut biasa melakukanpengintaian selama sekitartiga hingga empat bulan se-belum melakukan aksinya.Namun RH mengaku tidakmengetahui secara persisrincian yang dibuat danhanya mengikuti instruksiyang diberikan. Dalam tiapaksi perampokan, RH ber-tugas membuka pintu kacamembuka gembok rollingdoor dengan mengguna-kan kunci L dan membukapintu kaca menggunakanlinggis.

Kelompok itu lalu mem-bobol mesin ATM danmembawanya mengguna-kan troli. Pria penganggu-

ran ini juga secara terang-terangan mengaku mela-kukan kejahatan tersebutdemi menghidupi tujuh or-ang anak yang didapatkandari hasil pernikahan de-ngan tiga orang istri, jugauntuk orangtuanya.

"Keluarga saya jugamungkin sudah tahu sayabegini (merampok), tapimereka diam saja," kata RH.

RH diringkus tanggal 18Januari 2013 di Bintara, Be-kasi Barat oleh penyidikSubdirektorat Resmob Pol-da Metro Jaya setelah ter-bukti terlibat dalam pem-bobolan ATM di minimar-ket di empat lokasi berbe-da.(kompas.com)

● Sepekan Ratusan Imigran Diselamatkan● Ditemukan Nelayan di Perairan Idi

ANTARA/RAHMAD/ED/PD/13.

BANTUAN ICRC – Sejumlah suku Rohinya meneladahkan tangan saat tibanya bantuan Komite Internasional Palang Merah (ICRC)di lokasi karentina, bekas gedung Imigrasi Puenteut, Lhokseumawe, Provinsi Aceh. Jumat (1/3).

Page 9: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

SRIWIJAYA POSTSABTU, 2 MARET 2013

HALAMAN 9

Cowok SmartMeyakinkan

IHADAPKAN padapilihan pria matangdan berkecukupan

atau pria smart tapi biasasaja? Lisa Anjayasasi,sekretaris PT Vafare ArteDiamonds, langsungmengacungkan duajarinya. Gadis berkulitputih ini justru lebih sukapilihan kedua. Baginyapria smart adalahpenopang utama.Dengan kepintaran yangdimiliki bisa terusberkembang dan akanmembuat hidup jadi lebihbaik.

“Namanya rezeki pastiada yang mengatur.Apalagi kalau diaorangnya pintar, otaknyacerdas, pasti bisamemanfaatkan momendalam hidupnya. Diapastinya akan sangatbertanggungjawab untukhidupnya maupunpasangannya,” ucapgadis kelahiran Jakartayang akrab disapa Ucha

Arie Jaya WisataHi lajang kito . aq arie umur 22 thnmau cari tmen cwe.. khususnyadidaerah palembang ... hbungi aja aqdi 081958642290

Rully Agus TianLajng kito apo kabar ,qu rullyagustian , to sripo terbit kan

semua fto propil anggotalajng kito jang ampek

terlewt, aq sllu mmbaca.Ripo tentang lajang kito tpi dk pernh niand fto

propil anggta lajng ki terbit ,terbit kan lah

Firman CrushAssallmuaalikumm...selamet mlem nama aku firmanaku lagi nyari ce atw tmen jja nie kloada yg mau kenalan dulu juga gppkoq numz hp kalian terbuka d hp aku

niee numz aku 087897445952miss call n smz jja y jangan ragu- ragu....hehehehehehetrma ksh!

Robert Hanya Aplikasiuntuk temen cwek

081927664819 (no misscall)just sms/tlpn bae sdikit kato

“menjadi tua itu pasti, tapimenjadi dewasa itu pilihan”

: )dewasa lah soal hubungan yg serius..

Gunawan KurniawanKawan aku lg cari jodoh hub no dibw in085764915176yg serius dan siap nika

ChieckhAeCieeCeuwexzmuetz

Shangadtzhy lajang kito.

gw cikha.,mw nyari tmen sxguz pcr yg bso ngertiin akk

nrimo apo ado’x..hub:087813061915

Susi SusantiHay all gw mw cari temencowok n cewek kusus nya

daerah palembang ini la, klaucowok mw jadi pacar yg

serius n klau cewek gw jadiinteman dekat..klau ada yg

minat hub.081995936401Gw tinggal di KENTEN asli gw LINGGAU

Oke gw tnggu nya.!!!!

Sulisma Chayank?~089627244808~085357733966~089688211534

bg yg mo cr cwo/cwehubngn ja no yg i2

lajang!

Maulana YusufSetiaku

hy ljang kito ,,,q mwcri tmn cwek lw bsa

jd pcr aq. ygjujur,trima aq APA

ADANYA,setiahub:085266829148

Heri AnsyahLajang kito, saya lagimencari temen cewekusia 17-20 th yg bisamenerima apa ada nyakalau ada yg berminatbisa hub di no ini:

081995156774

Lisa Anjayasasi

yang diwawancarai Sripodi sela-sela meet andgreat film Recto Verso diKafe Hotel AryadutaPalembang, Jumat (1/3).

Menurutnya, akan sia-sia jika calonpasangannya kelakadalah orang kaya namunbiasa saja. Justrukekayaan yang dia milikitidak akan bisa dikem-bangkan. Pastinya nihorang, kata dia, belummandiri danmenggantungkan hidupdari orangtua. “Ini yangkurang saya sukai,” ucapUcha dengan nada serius.Gadis berambut panjangini secara gamblangmengakui, kini memangdia sedang dekat denganpria. Pria ini disebutnyasangat spesial. Meskihubungannya baruseumur jagung, tapi diamemgaku seriusmenjalaninya.

“Tapi kalau ditanya tar-get menikah, paling dua

atau tiga tahun lagi,”katanya. Usia 25 tahun,menurutnya masa yangsangat matang untukmemulai hubungan kearah yang lebih serius.Dia tidak ingin ikut trensaat ini yang lebih sukamenikah muda. “Kalauikuti tren nikah muda,tidaklah. Bagi sayakematangan usia untukmenikah itu umur 25tahun, persiapan jugabisa lebih matang,” ucapUcha sambil tersenyum.

Wanita yang sehari-harimenetap di Bandung inijustru menganggap diusia matang, wanitacenderung lebih siapmenghadapi danmenyikapi semuapersoalan rumah tangga.“Kalau matang, cenderungbisa matang juga berpikir,apa yang akan diajalankan. Namun positifdan negatifnya pasti ada,”pungkasnya.

(Dewi handayani)

D

Bujang Linggau Cari PacarKRU Lajang Kito membuka kesempatan bagi yang inginmenemukan calon pasangan hidup atau sekedar teman.Silahkan kirim biodata lengkap melalui [email protected] atau facebook Lajang Kito.

Page 10: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

10 SRIWIJAYA POSTSabtu, 2 Maret 2013

PALEMBANG, SRIPO --Se-banyak 17 Kepala sekolahMadrasah Aliyah Negeri(MAN) se Sumsel, Jumat(1/3) menandatangani pa-kta integritas anti korupsiyang digagas Kepala Kan-wil Kementerian AgamaSumsel Drs H Najib Khai-tami MM. Upaya bagiandari komitmen kementeri-an untuk menciptakanaparatur yang bersih.

Selain jabatan KepsekMAN, ikut juga pejabat es-elon IV di lingkungan Ke-menag Sumsel yangmenandatangani fakta in-tegritas tersebut.

Kakanwil KemenagSumsel, Najib Khaitami,mengatakan ada tujuh poinyang harus dperhatikanpara pejabat eselon dilingkungan Kemenag Sum-

sel dalam melaksanakantugasnya sebagai aparaturnegara di Kantor Keme-nag tersebut.

“Salah satu poin pentingyang harus diperhatikanadalah yang berkaitan den-gan koruspi,” ujarnyaKhaitami, usai menyerah-kan satu per satu berkaskepada para Kepsek yangsudah menandatanganifakta integritas tersebut.

Najib menganjurkan ke-pada pejabat eselon III danIV yang menerima tujuhpoin fakta integritas terse-but agar benar-benarmemperhatikan apa yangsudah ditandatanganitersebut. “Sebaiknya buatbingkai dan digantung diruang kerja, jadi selalu in-gat apa yang sudah disep-akati,” paparnya.

Najib Khaitami mene-gaskan jika semua aturanteknis dan pelaksanaansudah dilaksanakan den-gan baik dan benar makaseorang pejabat tidak per-lu takut.

Kasubag Humas Keme-nag Sumsel H SaefudinSAg, menambahkan peja-bat Kemenag yang menan-datangani pakta integritastersebut berjumlah 49 or-ang terdiri dari dua jabataneselon III, setingkat Kepalabagian atau kepala bidang,30 orang pejabat eselon IVterdiri dari 17 orang jaba-tan Kepsek MAN dan sisan-ya jabatan Kasubag danKasi di lingkungan Keme-nag Sumsel. (trs)

PALEM-B A N G ,SRIPO --U n t u kmengata-si perma-s a l a h a ns a m p a h

di kawasan rumah susun(rusun) yang mencapai de-lapan ton per hari, PemkotPalembang melalui DinasKebersihan Kota (DKK)akan membentuk kelom-pok pemilahan dan pe-ngomposan sampah. Tahapawal, kelompok di bentukdalam setiap blok rusun.

Kepala DKK Palembang,Kms Abu Bakar, Jumat (1/3) mengatakan, volumesampah di komplek rumahsusun cenderung sulit di-kendalikan. Ini bisa dimak-

PALEMBANG, SRIPO --Badan Meteo-rologi, Klimatologi, dan Geofisika(BMKG) Sumsel memprakirakan KotaPalembang, Sabtu (2/3) hujan ringansetelah dua hari sebelumnya cukup cer-ah dengan suhu udara meningkat hing-ga 34,2 derajat Celcius.

Berdasarakan pantauan melaluisatelit, hari ini Ibu Kota Provinsi Sum-sel itu berpotensi hujan ringan dengansuhu udara berkisar 24-33 derajat Cel-cius, kelembaban udara berkisar 62-97persen, kecepatan angin sekitar 30 ki-lometer per jam dan arah angin menu-ju barat laut.

Kepala Seksi Observasi dan Informa-si Stasiun Klimatologi Kenten BMKGSumsel Indra Purnama di Palembang,Jumat (1/3) mengatakan, Suhu udaradi Kota Palembang dan beberapa dae-rah di sekitarnya sejak dua hari tera-khir, katanya, terasa lebih panas darisebelumnya karena posisi matahari

Najib GagasGerakan

Anti Korupsi

SRIPO/TARSO

TANDA TANGAN –– Sejumlah pejabat di lingkungan Kanwil Kemenag Sumsel tanda tangan pakta integritas sebagai bentukgerakan moral dan aksi anti korupsi.

Bantuan MesinPencacah

KEPALA Bidang PerumahanDinas PU Cipta Karya danPerumahan Kota PalembangYulisnada menambahkan,bantuan mesin pencacah danmotor sampah diberikan kepadakelompok di rusunawaKasnariansyah, PerumahanAthung Cahaya Abadi (MataMerah) dan perumahan PNSPemkot (Gandus).

Menurutnya, warga yangtinggal disana cukup padat.Seperti di RusunawaKasnariansyah ada 100 KK,Perumahan Athung CahayaAbadi Mata Merah ada 1.000 unitrumah dan perumahan PNSPemkot Gandus ada sekitar 500unit rumah.

“Alatnya sudah kita berikankepada kelompok ini, sekarangtinggal menunggu launching,”jelasnya. (asa)

Suhu Kota Palembang 34 Derajatmendekati garis khatulistiwa.

“Selain Palembang, delapan kota lain-nya juga berpotensi hujan ringan,” ka-tanya.

Delapan kota itu, Baturaja, KayuAgung, Muara Enim, Lahat, Martapu-ra, Muaradua, Tebingtinggi, dan Prabu-mulih. Delapan kota yang berpotensihujan ringan itu diprakirakan memili-ki suhu udara berkisar 24-33 derajatCelcius, kelembaban udara berkisar 59-96 persen, kecepatan angin berkisar 25-30 kilometer per jam dengan arah an-gin menuju barat laut.

Dijelaskan, ondisi cuaca Kota Palem-bang dan wilayah Sumsel lainnya saatini didominasi hujan dengan intensitasrngan, empat kota berpotensi hujansedang, dan dua kota lainnya diprakira-kan berawan. Empat kota yang berpo-tensi diguyur hujan dengan intensitassedang, yakni Sekayu, Pangkalanbalai,Indralaya, dan Pagaralam. (Mg19/ant)

lumi karena kompleknyasempit, sementara jumlahpenghuninya banyak. Me-nurutnya, rusun jauh berbe-da dengan komplek peru-mahan pada umumnya. Jikadalam satu kepala keluarga(KK) memiliki 5 anggotakeluarga, bisa menghasilkan3-5 kilogram sampah perhari. Seperti rumah susun dikawasan PIM (PalembangIndah Mall). “Di sana ada 54blok, dan masing-masingblok ada 50 KK. Itu artinyasampah yang dihasilkanmencapai 8,1 ton per hari. Iniyang mesti kita pikirkan carapengelolaannya,” jelasnya.

Karena itu, DKK akanmembentuk kelompok pe-milahan dan pengomposansampah di kawasan pemu-kiman rusun. “Pembentu-

kan kelompok ini akan kitalakukan secara bertahap.Dengan harapan, masyara-kat bisa memahami carapengolahan sampah danmenyadari kebersihan ling-kungan,” ujar Abu usaimenghadiri Sosialisasi Per-pres No 125 Tahun 2012 ten-tang Koordinasi Penataandan Pemberdayaan PKL diMenara Peninsula, Jakarta.

Lebih lanjut dijelaskan,saat ini DKK sudah mem-buat program tempat pen-golahan sampah terpadu(TPST). Dalam program ini,beberapa rumah susun se-wa (rusunawa) dibantu me-sin pencacah sampah dan 1unit motor sampah. “Ban-tuan ini dari KementerianPU Cipta Karya dan Peru-mahan,” ucapnya. (asa)

Sampah Rusun Capai 8 Ton Sehari

SRIPO/STSAbubakar

Page 11: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

MENJADIKAN Alquransebagai pedoman untukmewujudkan MusirawasDarussalam merupakantema yang diusung dalamMusabaqoh Tilawatil Qur-an (MTQ) tingkat Kabu-paten Musirawas Tahun2013 ini. Acara yang digelardi Mesjid Almuhajirin DesaSumbermakmur Kecama-

tan Nibung itu ber-langsung meriah,

dan dibuka lang-sung oleh

B u p a t i

Musirawas H RidwanMukti.

Kegiatan pembukaandiawali dengan persem-bahan tarian Gending Sri-wijaya. Setelah itu, tiga or-ang anak-anak yang masihbalita juga menyampaikantausyiah singkat, serta doaagar H Ridwan Mukti ber-hasil menuju Sumsel Satudan penampilan group re-bana anak-anak pesantrendi Desa Srijaya Makmur Ke-camatan Nibung dalam tigabahasa yakni Bahasa Arab,Inggris dan Indonesia.

Acara ini juga mengha-dirkan Abdullah Fikri, Qorijuara satu MTQ Internasio-nal di Thailand yang didau-lat sebagai pelantun ayatsuci Al Quran. Acara kemu-dian dilanjutkan denganpengibaran bendera MTQ

dan menyanyikan laguMars MTQ.

Dalam laporan yang di-sampaikan oleh Ketua Pa-nitia Pelaksana Edi Iswantomenyebutkan, ada bebera-pa cabang yang dilomba-kan dalam MTQ tersebut,antara lain tilawah, canet,dan qiroat sabÆah, hifzil,tafsir, syarhil, dan fahmilquran.

Kegiatan MTQ tersebutdiikuti oleh 620 orang dari21 kafilah Kecamatan diMusi Rawas termasuk offi-cial. “Melalui MTQ ke-41kita budayakan masyara-kat gemar mengaji menujukabupaten Musirawas Da-russalam yang berakhlakmulia, sehat, cerdas, majudan sejahtera, sesuai de-ngan subtema acara kitakali ini. Acara ini juga ber-

tujuan mencari bakat qoridan qoriÆah yang nanti-nya dapat mengharumkannama Musirawas,” papar-nya.

Bupati Musirawas H Rid-wan Mukti dalam sam-butannya mengatakan,tema dan subtema sejalandengan tujuan Mura Darus-salam yang bersumber dariAl Quran dan Hadist. AlQuran mengandung pe-san-pesan positif yangterkandung didalamnyayang dapat membawa mas-yarakat menuju Darus-salam.

“Dalam kesempatan inisaya mengingatkan agarkegiatan ini dapat menjadikarakter daerah yang ung-gul. Dimana setiap individumasyarakat dapat menga-malkan ajaran Al Quran se-

Jadikan Alquran PedomanWujudkan Musirawas Darussalam

● Pembukaan MTQ ke-41 Meriah hingga dapat memper-cepat Mura Darussalam,”harap bupati.

Pembukaan MTQ inisecara resmi ditandaidengan pemukulan be-dug oleh Bupati Musira-was H Ridwan Mukti di-ikuti dengan penyerahanbantuan mobil ambulan-ce kepada Desa SumberMakmur oleh Ketua TPPKK Mura Hj Lily Mar-tiani Maddari Ridwan.Hadir dalam acara terse-but antara lain, Misbac-hul Arifin Ketua FKUBMura, Pencipta dan Pe-ngagas program MuraDarussalam H SutanSyahrir, Ketua Koordina-tor percepatan Mura Da-russalam Prof FachruroziSyarkowi, Ketua BazdaMura HA Dahlan. (ADV)

H Ridwan MuktiH Ridwan MuktiH Ridwan MuktiH Ridwan MuktiH Ridwan Mukti

Bupati Musirawas, H Ridwan Mukti secara simbolismemasangkan baju hakim kepada juri MTQ.

Penyerahan piala bergilir dari Camat Nibung Tarmizi kepada BupatiMura, selanjutnya diserahkan kepada panitia MTQ.

Bupati Musirawas, H Ridwan Mukti menyerahkan piala bergilir MTQtingkat Kabubapaten Musirawas kepada panitia.

Bupati Musirawas, H Ridwan Mukti dan isteri disambut sekapursirih.

H Ridwan MuktiH Ridwan MuktiH Ridwan MuktiH Ridwan MuktiH Ridwan Mukti

Page 12: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

12 SRIWIJAYA POST

Sabtu, 2 Maret 2013 13SRIWIJAYA POST

Sabtu, 2 Maret 2013

SRIPO/EVAN HENDRAPATAH LEHER —Salah seorang petani menunjukkan padi garapannya yang terkena penyakit patah leher. Petani terpaksa membuang padi ini karena khawatir merembetlebih luas lagi.

NPWP Luar Rugikan BanyuasinBANYUASIN — Pesatnya perekonomian KecamatanTalang Kelapa, tidak serta merta memberikan keuntunganbagi Kabupaten Banyuasin. Karena, Nomor Pokok WajibPajak (NPWP) perusahaan, ternyata tidak berasal dariKabupaten Banyuasin. Kepala Dinas Pendapatan Pengelo-laan Keuangan dan Asset Daerah (DPPKAD) KabupatenBanyuasin, Affendi AK mengaku, banyak pelaku usahayang membuka usaha jenis pabrik dan perkebunan,ternyata tidak mengantongi NPWP Banyuasin. “Ya,banyak sekali NPWP di luar Banyuasin, terutama diKecamatan Talang Kelapa. Kondisi ini merugikan Banyu-asin, karena NPWP dari Palembang, sehingga yangdiuntungkan Kota Palembang,” kata Affendi kepadaSripo, Jumat (1/3/2013) Dikatakan, jika NPWP tersebutberasal dari Kabupaten Banyuasin, maka transfer bagihasil pajak dari pemerintah pusat, akan masuk lebih besarke Banyuasin. “Kalau NPWP-nya Palembang, bagihasilnya ke Palembang,” jelasnya. (udn)

TNI DimintaJaga Netralitas

Muncul PenyakitPatah Leher

MARTAPURA, SRIPO - Peta-ni padi sawah di wilayahBungamayang, KabupatenOKU Timur kembali gelisah,menyusul munculnya pe-nyakit patah leher atau yangdikenal petani dengan sebut-an blass leher. Puluhan hek-tare (Ha) lahan persawahanpetani mengalami penyakitblass leher yang menyebab-kan tanaman padi mati aki-bat tangkai buah yang pa-tah.

Hamdi (45) petani asal Ke-camatan Bungamayang me-

ngatakan, penyakit patah le-her itu mulai muncul sejaksatu pekan terakhir. Tanam-an yang sudah mulai menge-luarkan buah itu perlahanlayu, karena buah yang su-dah keluar langsung mati,dan sebagian berjatuhan di-sebabkan patah leher.

“Kami tidak mengetahuipenyebabnya. Petani sudahmelakukan berbagai upayauntuk melakukan pencegah-an dengan menggunakanberbagai macam obat, na-mun belum mampu menga-

tasi penyakit ini,” kata Hamdisaat ditemui di sawahnya,Jumat (1/3/2013).

Menurutnya, bukan hanyatanaman padi garapannyasaja yang mengalami patahleher, tapi puluhan hektarelahan sawah lainnya jugamengalami hal sama. Rata-rata dia, penyakit patah le-her menyerang padi beru-mur di atas 60 hari.

“Kalau belum mengeluar-kan buah, biasanya penyakitini belum muncul. Sebagianbesar yang terserang penya-

kit ini adalah padi yang ber-umur di atas 60 hari. Di sinihampir semua tanaman pe-tani sudah berumur di atas60 hari. Jadi hampir seluruhpetani mengalami halserupa,” jelasnya.

Koordinator PengamatHama dan Penyakit (PHP)Balai Perlindungan TanamanSumatera Selatan (Sumsel),Nurhadi SP mengatakan,munculnya penyakit patahleher itu disebabkan penga-ruh faktor lingkungan dancuaca.

Hujan terus menerus yangturun di malam hari, kataNurhadi, bisa menyebabkankelembaban udara yangberlebih, sehingga menim-bulkan jamur atau cendawan

pada tanaman padi. Dam-paknya muncul penyakityang mematahkan leher padiberbuah.

Menurutnya, penyakit ter-sebut tidak hanya menye-rang tanaman padi di wila-yah Bungamayang, namunhampir merata di seluruhkecamatan dalam Kabupa-ten OKU Timur. Berdasarkanpengamatan di lapanganhampir setiap kecamatanterkena penyakit jenis ini.“Penyakit patah leher inimulai menyerang sejak per-tengahan Februari lalu, ke-mungkinan disebabkan per-ubahan cuaca dan hujanyang turun terus meneruspada malam hari,” urainya.

(mg3)

●●●●● Serang Padi Umur 60 Hari Serang Padi Umur 60 Hari Serang Padi Umur 60 Hari Serang Padi Umur 60 Hari Serang Padi Umur 60 Hari●●●●● Mencapai Ratusan HektareMencapai Ratusan HektareMencapai Ratusan HektareMencapai Ratusan HektareMencapai Ratusan Hektare

21 Polisi OKUDirehabilitasi

17 Ibu Melahirkan Meninggal● ● ● ● ● 57 Bayi Tidak Tertolong

Datangkan TigaDatangkan TigaDatangkan TigaDatangkan TigaDatangkan TigaDokter SpesialisDokter SpesialisDokter SpesialisDokter SpesialisDokter Spesialis

BATURAJA, SRIPO - Anggo-ta TNI di jajaran Korem044/Garuda Dempo diingat-kan agar tetap solid sertakompak keluar dankedalam. Selain harus pro-fesional, anggota TNI dimin-ta menjaga nama baik kesa-tuan, juga menjaga hubung-an baik serta dekat denganrakyat.

“Sebagai ayah saya harusmelihat anak-anak, melihathasil kerjanya, kalau belumbaik diperbaiki, kalau sudahbagus dipertahankan, danbila perlu ditingkatkan lagi,”tegas Komandan Korem(Danrem) 044/Gapo, Kolo-nel Inf Sudirman saat mela-kukan kunjungan kerja keKodim 0403/OKU di KotaBaturaja, Jumat (1/3/2013).

Danrem mengakui, sejauhini wilayah teritorial Sumseltetap kondusif, terutamamenjelang Pilkada di bebe-rapa kabupaten/kota. “Sayaamati kondisi tetap kondu-sif,” jelas Danrem serayamenambahkan, rakyatSumsel umumnya tetap me-

melihara persatuan dan ke-satuan meskipun pilihan ber-beda. Dalam Pilkada ini, TNIharus netral dan harus dekatdengan rakyat.

Danrem 044/Gapo me-nambahkan, kunjungan ker-ja ke Kabupaten OKU inimerupakan kegiatan rutin.Kehadirannya ke kodim-ko-dim di Sumsel bertujuanmemberi motivasi supayaprogram-program kegiatanTahun 2013 benar-benar ter-capai sesuai target.

Sementara itu Dandim0403/OKU, Letkol Inf Ima-nulhak SSos mengatakan,Kabupaten OKU merupa-kan kabupaten terakhir daritujuh Kodim di Sumsel yangdikunjungi Danrem. KunkerDanrem ini didampingi Ke-tua Persit Korem 044/GapoNy Lusi Sulisvianti. Ikut ser-ta dalam rombongan Dan-rem antara lain Kasi IntelKorem 044/Gapo Letkol InfEdwin Hunawan SH, KasiPers Mayor Inf Ony Kris-tyantoro, Pasi Ops MayorKav Roni Tobagu. (eni)

SRIPO/LENI JUWITAKUNKER — Danrem 044/Gapo, Kolonel Inf Sudirman didampingi Dandim 0403/OKU Letkol InfImanulhak SSos, saat kunjungan kerja ke Makodim OKU di Baturaja, Jumat (1/3/2013).

●●●●● Pada Pelaksanaan Pilkada Pada Pelaksanaan Pilkada Pada Pelaksanaan Pilkada Pada Pelaksanaan Pilkada Pada Pelaksanaan Pilkada

KAYUAGUNG, SRIPO -Sepanjang Tahun 2012 se-dikitnya terdata 17 ibu diKabupaten Ogan Kome-ring Ilir (OKI) meninggalsaat melahirkan. Kurunwaktu yang sama terdata57 bayi tidak tertolonglagi. Dengan demikian,angka kematian ibu dananak di Kabupaten OKIrelatif cukup tinggi. Se-dangkan kasus lainnyayakni kematian neonatalatau kematian pasca mela-hirkan juga cukup tinggimencapai 48 kasus.

“Angka kematian ibudan anak ini menurun jika

dibandingkan Tahun 2011yang tercatat untuk kematianbayi 97 kasus dan kematian ibu97 kasus,” jelas Kepala DinasKesehatan Kabupaten OKI, drH Mgs M Hakim MKes, Jum-at (1/3/2013).

Disebutkan, angka kema-tian bayi dan ibu ini sejakTahun 2007 sudah bisa dite-kan, tetapi terbilang fluktua-tif. “Jika dilihat data Tahun2007, angka kematian ibuyang melahirkan dan nifas 17orang, kemudian Tahun 2008sebanyak 17, Tahun 2009 me-nurun menjadi 7 orang, dan2010 sebanyak 11 orang, ke-mudian Tahun 2011 naik

menjadi 14 orang, dan Tahun2012 kembali naik menjadi 17kasus,” jelas Hakim.

Kematian bayi lahir ini,menurut dr Hakim, banyakfaktor penyebabnya, sepertisesak nafas, tingkat keta-ha-nan tubuh bayi yang baru di-lahirkan sangat rendah,kemudian beberapa faktorlain seperti minimnya asupangizi ibu ketika hamil, danadanya kelainan yang dide-rita ibu pada saat hamil.“Kami menduga selain kare-na faktor asupan gizi ibu ke-tika hamil, juga ada faktorlain yang ikut berperan pen-ting,” urainya.

Setiap kematian bayi lahir,jelas dr Hakim, selalu diawa-

li dengan berat badan lahirrendah (BBLR) atau kurangdari 2,5 kilogram, sehinggapenanganan yang dilakukantim medis sering kali tidakmembuahkan hasil. Selainkarena mengalami BBLR,bayi rata-rata juga disertaidengan penyakit penyerta(kelainan), seperti sesaknafas dan jantung.

“Guna meminimalkanangka kematian bayi lahir diwilayah OKI, Dinas Kesehat-an meningkatkan pelayananmedis di setiap puskesmasserta mengefektifkan po-syandu dalam memantauperkembangan ibu hamil,termasuk asupan gizinya.Selain itu juga dibagikan susu

untuk manambah asupangizi ibu hamil, agar risikokematian bayi dapat dite-kan dengan semaksimalmungkin,” jelasnya.

Sekretaris Daerah (Sek-da) Kabupaten OKI, HRuslan Bahri menambah-kan, angka kematian bayilahir itu bisa ditekan seca-ra bersamaan dengan me-nekan angka kematian ibuhamil dan melahirkan.

“Kita terus berupayamenekan angka kematianibu hamil dan melahirkandengan program-prog-ram GSI (Gerakan SayangIbu) yang disinkronisasidengan Dinkes,” jelasnya.

(std)

BATURAJA, SRIPO - Seba-nyak 21 personil Polres OKUkini tengah menjalani prosesrehabilitasi di Sekolah PolisiNegara (SPN) Polda Sumseldi Betung. Personil yang u-mumnya berpangkat briga-dir ini digembleng baik fisikmaupun mental selama satubulan.

“Hasil tes urine gelom-bang pertama ada 20 perso-nil yang terindikasi narkoba.Setelah itu tes urine susulanada 1 personil yang te-rindi-kasi narkoba,” kata KapolresOKU Ogan Komering Ulu(OKU), AKBP Azis Saputra.

Karena itu terhitung 27Febaruari 2013, Polres OKU

membuka layanan- call cen-ter guna menampung- selu-ruh informasi dari masyara-kat seputar peredaran nar-koba, sehingga bisa ditekanseminimal mungkin,” kata-nya.

Masyarakat bisa menyam-paikan informasi kepada po-lisi apabila mengetahui adaaktivitas mencurigakan de-ngan menghubungi call cen-ter 0877-97045112, ataukirim email ke [email protected]. Bisa jugalewat facebook “bentengmasadepan oku” atau twit-ter @bentengoku_yes. La-yanan ini dapat diakses sela-ma 24 jam non stop. (eni)

Verifikasi Bandara SilampariMUSIRAWAS — Kepala DinasPerhubungan Komunikasi danInformatika Musirawas, AriNarsa JS mengatakan, meskisaat ini pembangunan perpan-jangan landasan pacu BandaraSilampari sudah selesai, pihak-nya belum melakukan uji cobapenerbangan untuk pesawatjenis Boeing 737 seri 500kapasitas penumpang 130orang. Karena, untuk uji cobapenerbangan itu masih me-nunggu hasil tim verifikasiKementerian Perhubungan(Kemenhub) yang akan melaku-kan kelaikan bandara. “Timverifikasi dari Kemenhub sudah

beberapakali datang ke Bandara Silampari untuk melaku-kan penilaian kelaikan operasional bandara. Tim ini terdiridari beberapa bagian, seperti misalnya tim verifikasiuntuk keselamatan, kemudian tim verifikasi untukpenilaian navigasi, mereka terpisah dan tidak bersamaan,”papar Ari seraya menambahkan, pihaknya menunggujawaban dari tiga operator telepon soal tower yangdidirikan di jalur lintasan penerbangan. (zie)

Butuh Ratusan RelawanButuh Ratusan RelawanButuh Ratusan RelawanButuh Ratusan RelawanButuh Ratusan RelawanTTTTTanam anam anam anam anam Bibit BungaBibit BungaBibit BungaBibit BungaBibit Bunga

PAGARALAM, SRIPO - Pemkot Pagaralam berencanamerekrut ratusan relawan untuk melakukan penanamanribuan bibit bunga. Rencananya bibit bunga akan ditanamdi sejumlah ruas jalan protokol seperti di median jalandalam Kota Pagaralam. Program ini juga untuk mewujud-kan keindahan Kota Pagaralam yang berjuluk “KotaBunga”. Rencananya, Pemkot memalui Badan Perencana-an Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Pagaralam akanmerektur relawan pada Maret ini, mulai dari pelajar,mahasiswa, dosen, guru, pramuka dan sejumlah komuni-tas pecinta lingkungan.“Rekrut relawan ini dilakukan untuk mendukung kegiat-an tanam ribuat bibit bunga. Kegiatan ini juga bekerjasa-ma dengan pihak Badan Pengkajian dan PenerapanTeknologi (BPPT) selaku mitra menyiapkan ribuan bibitbunga yang akan ditanam,” jelas Kepala Bappeda KotaPagaralam, Zulkifli.Beberapa taman dimedian jalan yang ada di Kota Pagar-alam banyak yang belum ditanami bunga. Seperti yangterlihat dikawasan Alun-alun kota, jalan gunung menujukompleks perkantoran Gunung Gare ataupun medianjalan menuju kawasan air terjun Cughup Embun atauCughup Mangkok. (mg16)

TEBINGTINGGI, SRIPO -Masyarakat KabupatenEmpatlawang tidak perlujauh lagi untuk berobat.Jika selama ini harusdirujuk ke rumah sakitkabupaten tetangga, kiniRSUD Empatlawang telahditambah dengan tigadokter spesialis.“Alhamdulillah RSUDEmpatlawang telahmemiliki tiga dokterspesialis, kandungan(kebidanan), anak danbedah. Kehadiran dokterspesialis ini berTujuanuntuk memberikanpelayanan prima kepadamasyarakat, pasien bisa

mendapatkan pelayanan diRSUD Empatlawang tanpaharus dirujuk ke daerahlain seperti selama ini,”jelas Bupati Empatlawang,H Budi Antoni Aljufri(HBA), Jumat (1/3/2013).Disebutkan, karena tenagamedis (dokter spesialis) inimerupakan tenaga medisdari RSUD Lahat, makajadwalnya belum full diEmpatlawang, melainkanpada hari-hari sebagaimanadijadwalkan.“Dokter spesialis kandung-an jadwalnya Jumat danSabtu, dokter spesialis anakhari Kamis dan Jumat, dandokter bedah hari Sabtu.Masyarakat bisa meman-faatkan layanan dokterspesialis ini gratis denganmembawa rujukan daripuskesmas danmenyertakan foto copyKTP dan KK,” jelas HBA.Kepala Dinas Kesehatan(Dinkes) KabupatenEmpatlawang, Khairullahmenambahkan, pihaknyaterus memaksimalkanpemerataan pelayanankesehatan di kecamatan-kecamatan, dengandibangunnya puskesmasbaru, terutamas untukkecamatan hasil pemekar-an. (st2)

SRIPO/ZIEAri Narsa JS

H Budi Antoni Aljufri

Page 13: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

14 SRIWIJAYA POSTSabtu, 2 Maret 2013

PALEMBANG, SRIPO – Ba-kal calon Gubenur dan wa-kil Gubenur Sumsel perio-de 2013-2018, Herman De-ru-Maphilinda (DerMa),hari ini akan mendeklarasi-kan diri mereka untuk ma-ju pada Pemilihan Gubenurdan Wakil Gubernur Sum-sel, 6 Juni mendatang. Aca-ra akan dilaksanakan di ge-dung PSCC Palembang.

Diperkiran deklarasi pa-sangan ini akan dihadiri se-kitar 10 ribu massa simpati-san dan kader 23 Parpol ba-ik yang ada perwakilan diparlemen maupun non par-lemen. “Deklarasi ini men-jawab keraguan pendukungdan simpatisan kepada kitatentang kendaraan yangakan digunakan sebagaisyarat cagub dan cawagub,dengan pembuktian 23 Par-pol pendukung yang sudahfix mendukungan kami,”kata Herman Deru.

Bupati Ogan KomeringUlu Timur (OKUT) ini men-gungkapkan jika deklarasin-ya nanti juga akan dihadiri

MUARAENIM, SRIPO – Ri-buan masyarakat Kecama-tan Lawang Kidul meng-hadiri kegiatan kampanyeakbar pasangan SyahrilDjemalip-Muhammad GiriRamanda NK (SG Master/SGM), Jumat (1/3). Dalamkampanye akbar terakhirtersebut, pasangan dengannomor urut empat inimenghadirkan artis Ibuko-ta Ridho Rhoma dan Sonet2 Band, dilapangan eksBank Mandiri Tanjungenim,Muaraenim, Jumat (29/2).

Dalam kampanye akbarini, juga dihadiri anggotaDPR RI dari PDIP Nazaru-din Kiemas yang merupa-kan ayah dari CawabupMuaraenim Giri RamandaNK, Sekjen Dewan Perwak-ilan Daerah (DPD) PDIPSumsel MA Gantada, anggo-ta DPRD Kabupaten Muara-enim dari PDIP dan semualapisan masyarakat teruta-ma para kaum hawa. Dalamkamapnye tersebut, RidhoRhoma yang merupakananak Raja Dangdut RhomaIrama, langsung menyanyi-kan lagu-lagu hitsnya seper-ti Kerinduan, Menunggu,Cuma Kamu, Kata Pujang-ga, Dawai Asmara, Menung-gu, Pesona, let have fun to-gether, My Hani di film Sa-jadah Ka’bah dan lain-lain,sehingga membuat pengge-marnya puas.

“Aku senang nian pacaksalaman dengan Ridho. Diotu itu idola aku nian danganteng nian. Tangannyohalus nian,” ucap salah se-orang remaja putri sambilmengeluskan tangannyake pipinya bekas salamandengan Ridho Irama den-

Ridho Rhoma BikinPara Wanita Histeris● Hibur Ribuan Pendukung SGM● Caknur Datangkan Tiga Macan

gan wajah sumringah.Menurut Sekretaris PDIP

Muaraenim Hamdani, SE,tim SGM sengaja mengha-dirkan Ridho bersama So-net 2 Band untuk meng-hibur masyarakat Kabu-paten Muaraenim, khusus-nya Tanjungenim. SekjenDPD Sumsel MA Gantadamengatakan, pasanganSGM adalah sosok calonpemimpin yang akanmembawa pembaruan.Untuk itu, PDIP ProvinsiSumsel, mengintruksikankepada seluruh, kader, pe-

ngurus struktural dan selu-ruh masyarakat Kabupat-en Muaraenim, untuk dap-at memilih pasangan no-mor empat yakni SGM.

Trio MacanSementara itu di tempat

berbeda, kampanye tera-khir pasangan incumbent IrH Muzakir SSr dan H Nu-rul Aman, SH (CAKNUR)dipusatkan di LapanganGOR Pancasila Kota Mua-raenim. Dalam kegiatantersebut juga dihadiri lang-sung tokoh-tokoh politikpartai pendukung pasan-

gan CAKNUR, seperti Ket-ua DPD Golkar Sumsel IrAlex Noerdin, Ketua DPWPPP Sumsel KH Ibnu HajarDewantara MSi, KetuaDPC Partai Demokrat Ka-bupaten Muaraenim Ir Ah-mad Yani, Ketua DPD PANMuaraenim Ganef AsmaraNL dan dua mantan BupatiMuaraenim Nang Ali Soli-chin dan Sofyan Effendi. Se-laint iu juga, massa Caknurjuga dihibur oleh Ustad Ce-pot, artis ibukota Jakarta Ti-ga Macan, Wulan KDI danrekan. (ari)

DerMa Panaskan Mesin Politik● Gelar Deklarasi di PSCC

PALEMBANG, SRIPO – Tim Relawan Nu-santara Provinsi Sumsel menilai, pener-tiban alat peraga (baleho/spanduk) sosia-lisasi kandidat bakal calon gubernur-wa-kil gubernur yang dilakukan pihak ber-wenang di Kota Palembang, masih ter-kesan tebang pilih. Ketua Relawan Nu-santara Sumsel, Imran Chaniago berha-rap, penertiban penegakan PeraturanWalikota (Perwali) No 9/2009, harus dila-kukan secara adil.

“Jangan tebang pilih, Kami, minta di-perlakukan adil,” kata Imran di sela-selapenyerahan bantuan 1 ton beras bagi kor-ban banjir di Tegal Binangun, Plaju, Jumat(1/3). Menurutnya Tim Relawan Nu-santara, sebagai bagian dari tim pemena-ngan, kandidat calon gubernur incumben,Alex Noerdin, akan terus memantau pel-aksanaan penertiban baleho/spandukkandidat calon gubernur-wakil gubernurSumsel, khususnya yang dilakukan pihakberwenang di wilayah Kota Palembang.

“Kami mengimbau timses bakal calonuntuk sama-sama membaca, memaha-mi dan mematuhi isi dari Perwali No-mor 9/1999 tersebut,” kata Shinta.

Shinta menilai, tudingan pihaknya te-lah melakukan penertiban baleho secara

Iklan Kedinasan Boleh Terpasang

Ketua Umum Partai Persatu-an Pembangunan (PPP),sekaligus Menteri Agama,Syurya Darma Ali (SDA).“Pak Surya Darma Ali dijad-walkan hadir,” paparnya.Lebih lanjut, konsolidasi danpersiapan meraih simpatimassa terus dilakukan agarbisa meraih kemenangan,dengan cara menyapamasyarakat secara langsung.

Semengara Ketua Panita

Deklarasi dan KoordinatorKoalisi Partai Sahabat Deru,Suparman Roman men-yampaikan, di antara 18 par-pol pendukung, PKB, Ha-nura, Gerindra dan PPRN.“Kehadiran para petinggiparpol pendukung dan pen-gusung sebagai bentuk ko-mitmen perjuangan meng-hantarkan Herman Deru-Maphilinda. Para pimpinanparpol sudah membulattekad berjuang bersama-sama membuat SumselUnggul. Tapi yang belummengkonfirmasi kehadiranadalah pak Prabowo dan pakMuhaimin,” ucapnya.

Dijelaskan bila acara keg-iatan deklarasi akan dibalutdengan pagelaran seni per-tunjukkan tari dan musik tr-adisional. Artis ibukota CiciParamida dijawalkan hadirmengibur dan mendukungpelaksanaan kegiatan dek-larasi. Setelahnya pertunjuk-kan teaterikal yang me-nampilkan gambaran ten-tang masa keemasan Kera-jaan Sriwijaya, PalembangDarussalam dan kondisiSumsel terkini. (mg5/ts)

tebang pilih, adalah kurang tepat. Sebabmenurut Shinta, dalam Perwali Nomor9/1999 juga mengatur mengenai kebe-radaan baleho kedinasan, yang menda-patkan pengecualian izin.

Artinya, imbuh Shinta, baleho ber-gambar Walikota dan Wakil Walikota Pa-lembang, yang menggunakan pakaiandinas resmi Walikota dan Wakil Waliko-ta dan dalam rangka kedinasan, merupa-kan pengecualian dan bukan dikategori-kan atribut publikasi politik.

“Disini butuh pemahaman dari masing-masing pihak. Padahal Perwali Nomor 9/1999 sudah kerap kali kami sosialisasikan,juga sebelum melakukan penertiban,Pemkot Palembang mesti memberitahu-kan kepada pihak-pihak bersangkutan,”beber Shinta lagi.

Terpisah Kepala Satpol PP Kota Palem-bang, Aris Saputra mengklaim, pihaknyamelakukan penertiban (pencopotan) ter-hadap alat sosialisasi milik balon yang ter-pasang di wilayah Kota Palembang, se-suai aturan yang ada, yaitu Perwali Nor9/2009 tentang aturan pemasangan atributpublikasi politik. Aris membantah penert-iban baliho oleh Satpol PP Kota Palem-bang, dilakukan secara tebang pilih. (arf)

SRIPO/ARDANI

RIDHO Rhoma goyang massa kandidat Cabup & Cawabup Muaraenim Syahril Djemalip - GiriRamanda Kiemas (SGM), pada putaran terakhir kampanye Akbar SGM, di Lapangan eks MandiriTanjungenim, Jumat (29/2).

Herman Deru SRIPO/STS

Page 14: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

SRIWIJAYA POSTSabtu, 2 Maret 2013 15

PALEMBANG, SRIPO – Dis-tribusi buku kurikulum 2013ditargetkan April ini sudahdisebarkan seluruh Indone-sia. Saat ini masih tahap fi-nalisasi Kementrian Pendid-ikan dan Kebudayaan (Ke-mendikbud). Memasuki ta-hap sosialisasi, guru sudahmemiliki buku panduan.

Hal ini dikatakan WakilMenteri (Wamen) DikbudProf Wiendu Nuryanti, keti-ka menghadiri acara pembu-kaan Musyawarah Masional(Munas) Jaringan Sekolah Is-lam Terpadu (JSIT) Indonesiadi Dining Hall wisma atlet Pa-lembang, yang juga dihadiriGubernur Sumsel Ir H AlexNoerdin SH, Jumat (1/3).

“April nanti siap disalur-kan ke seluruh sekolah.Pada waktu sesi pelatihan,guru sudah bisa meng-gunakan buku kurikulum.”ujar Windue.

Dikatakannya, konsepbuku kurikulum 2013 meng-

Seberang Ulu

Distribusi BukuKurikulum 2013 Tuntas April

gunakan buku baru dengankonsep yang berbeda. Kon-sep yang dipakai mencer-mati, pendekatan, penge-

tahuan, peradaban dan ke-budayaan. Buku-buku ku-rikulum 2013 berbeda den-gan tahun sebelumnya. Se-

lain itu tampilan buku jauhlebih menarik dengan meng-gunakan visual yang lebihberwarna, konsep multikul-

sekali itulah jambret. Itupun aku sendirian yang me-lakukannnya. Barang jam-bretnya sudah kujual danduitnya sudah habis,” ujar

DikepungPetugas

BambangMenyerah

dari halaman 16

mereka, AKBP M Parmin.“Kami menilai, bukti-

bukti yang kami serahkantersebut tidak sesuai den-gan hukum yang berlaku,”kata Mualimin. Seharusnya,lanjut Mualimin, jika Anwartertangkap tangan melaku-kan tindak pidana berupa

Anwar-PoldaSerahkan Alat

Bukti dari halaman 16

saksi barang haram yakniSabu-Sabu. Setelah itu, pe-tugas langsung melakukanpenggrebekan dan berhasil

PasutriTertangkap

Narkoba dari halaman 16

tersebut. Tak menutup ke-mungkinan, jumlah tersang-ka bisa bertambah. Bahkan,sang Kepala Dinas pun bolehjadi tak luput ikut terlibat ka-

Pejabat PUSumsel Tersangka

Korupsi dari halaman 16

sus ini. “Penyidikan akan te-rus berlanjut. Kedua oknumyang sudah jadi tersangkabelum dilimpahkan ke tahapdua, semuanya masih statuspenyidikan,” kata Asep.

Dana negara yang didu-ga digelapkan oleh oknumPU CK dan CV AS, sebagairekanan proyek pemban-gunan, adalah dana pemba-ngunan Jl Mayor Zen Kali-doni Palembang. Pemba-ngunan jalan itu menggu-

nakan anggaran negara ta-hun 2011 senilai Rp 700 jutauntuk pembangunan jalansepanjang 800 meter.

Namun, pada praktekn-ya, jalan yang dibangunhingga tahap penyelesa-ian hanyalah sepanjang700 meter, dimana yang100 meter sisanya tidakdilanjutkan pembangu-nannya. Negara pun men-derita kerugian senilai Rp200 juta. (cw6)

mengamankan pasutri ber-sama dua wanita lainnyayang sedang berada di da-lam rumah.

Selain itu juga petugasberhasil menganakan ba-rang bukti tujuh paket sabu-sabu seharga Rp 200 ribu,enam paket sabu-sabu se-harga Rp 350 ribu dan limapaket shabu-shabu sehargaRp 700 ribu yang telah dike-mas. Kemudian seperang-

kat alat hisap dan bong, HPdan uang sebesar Rp 3,5juta.

Kapolres MuaraenimAKBP Muhammad Aris di-dampingi Kastreskrim IptuTony Priyanto, bahwa pi-haknya telah mengaman-kan empat tersangka beri-kut barang buktinya. Saatini, masih dalam pengem-bangan untuk mengungkapjaringannya. (ari)

pengrusakan pagar, pihakPolda Sumsel tidak seharus-nya mengeluarkan suratpenangkapan atau pun su-rat penahanan. Apalagi, su-rat-surat itu diterbitkan satuhari setelah Anwar danDedek ditahan. “Itu tidaksesuai dengan pasal 17 danpasal 18 ayat 1 dan 2 KU-HAP,” kata Mualimin.

Sementara dari pihakPolda Sumsel, juga tetapberpendapat apa yangmereka lakukan sudah se-suai hukum yang berlaku.Anwar sudah terbuktimelakukan pengrusakan

dan penghasutan. Unardimasih belum memutuskanterkait alat-alat bukti yangdiserahkan pemohon mau-pun termohon. Unardimengaku masih harusmempelajari bukti-buktitersebut dan akan ia putus-kan pada sidang lanjutanRabu (6/3) depan.

Diuangkapkan Mualimin,bersama Dedek Chaniago,Anwar saat ini sudah bera-da di Rutan Pakjo Palem-bang. Keduanya juga di-agendakan menjalani sidangperdana di PN Palembang,Senin (4/3) nanti terkait tin-

dak pidana yang dilakukankeduanya. Konflik antaraAnwar, selaku Ketua WalhiSumsel, dengan Polda Sum-sel bermula saat Anwarmendampingi ratusan pet-ani menggelar orasi di hala-man Polda Sumsel. Di ten-gah orasi, kondisi memanaskarena petani memaksamasuk halaman Polda Sum-sel dengan merusak pagar.Anwar diduga salah satuoknum yangf merusak pa-gar. Ia sendiri sempat di-pukul pihak kepolisian sebe-lum akhirnya ditangkaphingga saat ini. (Cw6)

Bambang yang mengakukesehariannya bekerja se-bagai buruh bangunan.

Terakhir Bambang me-lancarkan aksinya di kawa-san Jl A Yani KelurahanTangga Takat KecamatanSU II Palembang, Senin (14/1) pukul 16.00. Ketika itutersangka Bambang men-jambret Betti (29), ibu ru-mah tangga. Tersangka de-ngan sangat cekatan me-rampas gelang emas milikBetti yang seharga Rp 3,3 ju-ta. Padahal gelang emas

yang dirampas masih dike-nakan korban Betti di tan-gan kirinya.

“Motor korban itu akupepet, terus gelangnya akutarik paksa. Aku jambretkarena kebutuhan. Waktuitu aku jambret samo Juli-anto dan duit hasilnya adaRp 2 juta yang dibagi dua,”ujar Bambang yang menga-ku pernah di penjara ataskasus pencurian pad tahun2001.

Kapolsek SU II KompolSuparlan didampingi Kan-

it Reskrim Ipda Bunyaminmengatakan, tersangkamemang spesialis pelakuaksi jambret. Saat ini ter-sangka masih menjalanipemeriksaan petugas pe-nyidik guna dilakukan pe-ngembangan lebih lan-jut.”Dari pelaku diaman-kan juga satu unit sepedamotor Yamaha Vixion pin-jaman yang digunakan da-lam aksinya. Tersangkamasih diperiksa terakit ka-sus-kasu jambret sebelum-nya,” ujarnya. (mg19)

PALEMBANG, SRIPO –Merasa jati dirinya sebagaipenipu sudah diketahuikaryawan KFC SukaramiPalembang, Kamis (28/2)sore, Musa Anwar (29)mencoba menakuit-nakutiwarga yang mengejarnyadengan mengancam akanmenodongkan senpi. Na-mun, warga yang menge-jar tak percaya begitu sajadan terus mengejar Musahingga akhirnya dia babakbelur diamuk massa.

Musa bisa sedikit merasaberuntung karena ada petu-gas Polsekta Sukarami Pale-mbang yang datang ke loka-si. Petugas lalu menghenti-kan amukan massa danmembawa Musa ke Polsek-ta Sukarami Palembangdengan wajah babak belur.

Diakui Musa, dirinyanekat mencoba menipu

Mau Menipu KFCMusa Babak Belur

karyawan KFC SukaramiPalembang karena sedangtidak punya uang. Terlebih,warga Jl Mayor Zein Lo-rong Iskandar KelurahanSei Selincah Kalidoni Palem-bang itu sdang tidak punyapekerjaan. “Niat untukmelakukan penipuan inimuncul spontan. Jujur, barukali ini saya melakukan-nya,” kilahnya, Jumat (1/3).

Aksi penipuan yang di-jalani Musa bermula saat iamenemui karyawan KFCSukarami yang sedang tu-gas. Mengaku disuruh sese-orang petinggi KFC, Musameminta uang Rp 1 jutakepada karyawan itu. Uangitu nantinya akan di-gunakan untuk membeliayam potong yang akandipasok ke KFC Sukarami.

Usaha Musa hampir sajaberhasil. Karyawan perca-

ya dan menyerahkan uangRp 1 juta kepada Musa. Mu-sa lalu berniat pergi men-inggalkan halaman KFCSukarami Palembang. “Na-mun, ada pegawai yangcuriga dan meneriakki sayapenipu. Takut dihajar mas-sa, saya mencoba mengan-cam dengan senpi, padahalsaya tidak punya senpi,”kata Musa.

Kapolsekta Sukarami, Ko-mpol Imam Tarmudi, mela-lui Kanit Reskrim, Iptu Dav-id Sidiq, membenarkan pe-nangkapan itu. Pelaku saat inisudah diamankan di Mapol-sekta Sukarami Palembang.“Sementara tersangka kitajerat tersangka dengan Pasal362 KUHP tentang penipu-an. Kami masih akan menye-lidiki apa dia karyawan KFCSukarami atau bukan,” kataDavid. (cw6)

PALEMBANG, SRIPO –Maksud hati ingin ke pasar16 Ilir Palembang membelipakaian untuk dijual kemba-li di tokonya di Desa Betung,Banyuasin, Hidayat (55),malah mengalami apes.Uang Rp 25 juta yang diabawa malah dirampas duapelaku yang menggunakanmobil Avanza warna silver.

Ironisnya lagi, aksi yangterjadi Kamis (28/2) pukul10.30 itu berlangsung tak jauhdari Mapolda Sumsel, tepat-nya di depan kawasan SDMuhammadiyah, Km 4,5Palembang. Mulanya Hidayatmengambil uang di ATMbank kawasan Km-12 Palem-bang. Lalu dia pun naik buskota menuju simpang Polda.

Tiba di kawasan depan Bal-ayuda Km-4,5, Hidayat turunbus kota untuk ganti mobil.Namun begitu turun, tiba-tibadia dorong dua orang takdikenal hingga terjungkap ke

Pelaku Menggunakan Avanza

Turun Bus Rp 25 Juta Dirampasaspal. Tak hanya mendorong,pelaku langsung merampaskantong plastik berisi uangRp 25 juta. “Saat aku turundari bus kota di kawasan JlSudirman, tiba-tiba duet akudirampas dua orang,” be-bernya saat melapor SpKTMapolda Sumsel, kemarin.

Tragisnya lagi, pelaku pe-rampokan tega menjung-kalkan tubuh Hidayat hinggatubuh pria setengah abad leb-ih itu terjerembab ke aspal.Saat itulah pelaku merampaskantong kresek hitam daritangannya. “Aku idak tahunian sama pelaku. Saat aku

jatuh ke aspal, kedua orang itumerampas uang aku, mereka

lari menggunakan mobil avan-za silver,” jelas korban.

Dia memprediksi, para pel-aku telah mengikutinya sejakawal. Pasalnya, pelaku tahubetul kalau kantong plastikhitam tersebut berisi uang.“Saya serahkan sepenuhnyapada petugas, saya harap pel-aku bisa ditangkap dan uangsaya kembali,” harapnya.

Kabid Humas Polda Kom-bespol R Djarod Padakovamembenarkan adanya lapo-ran itu. “Laporanya sudahditerima petugas, sekarangmasih dalam penyelidikan,”tukasnya. (mg2)

ak basa basi langsung me-ngeroyok dan memukulkedua korban denganmembabi buta. Karena ti-dak siap dan kalah jumlah,kedua korban hanya pasrahdan menjadi bulan-bulanan

Dua TaukeKaret Babak

Belur dari halaman 16

para pelaku hingga nyaristewas. Setelah kedua kor-ban terkapar, pelaku men-gambil uang sebesar Rp 70juta, dari tangan Kenedi.Sedangkan uang sebesar Rp10 juta berhasil selamat,sebab pelaku tidak meng-geledahnya.

Setelah berhasil me-ngambil uang tersebut, pa-ra pelaku langsung melari-kan diri ke dalam hutan. Set-elah pelaku menghilang,korban dengan sisa tenagapulang ke desa. Dan oleh

warga kedua korban diba-wa ke RS Prabumulih.

Kapolres MuaraenimAKBP Muhammad Aris di-dampingi Kapolsek LembakAKP Syaefullah, membe-narkan adanya kejadiantersebut. Saat ini, keduakorban menjalani perawa-tan di RS Prabumulih. Ke-mudian untuk barang buk-ti sudah diamankan yakniempat potong kayu, sajamdan sajam dua unit motorVega dan Jupiter, celana danbaju. (ari)

Djarod Padakova DOK.SRIPO

PALEMBANG, SRIPO – Ra-tusan Baliho, reklame danumbul-umbul calon Waliko-ta dan Wakil Walikota yangakan berlaga April menda-tang, secara paksa dicopotPanitia Pengawas Pemilu(Panwaslu). Sebagai bentukantisipasi bentrok, penco-potan ini dikawasal personilTNI/Polri dan Pol-PP.

Paling tidak, 150 personiltadi malam hingga pukul23.00, Jumat (1/3) penertibanmasih berlangsung. Tim diba-gi dua kelompok. Tim pern-ertipan ini dibagi menjadi duatim, tim pertam menyisirmulai dari BKB ( BentengKuno Besak) mengarah kekawasan bukit, kemudian kekawasan Poligon, lalu ke

PALEMBANG, SRIPO – Pascadiberlakukannya keringananpajak bagi kendaraan yangakan mutasi ke Sumsel, penda-patan pajak terjadi peningka-tan. Kini kebijakan GubernurSumsel Ir H Alex Noerdin SHini berhasil menghimpundana hingga akhir 2012 lalusebesar Rp 4,6 miliar.

Kepala Dinas PendapatanDaerah Sumsel Eppy Mirzakepada wartawan di Palem-bang, Jumat, mengatakan,pendapatan pajak kendaraanyang pindah dari provinsilain ke Sumsel itu, berasal dari3.142 unit kendaraan.

“Memang nilai pajak mu-tasi kendaraan ke plat no-mor polisi BG, atau masukke Sumsel, sangat besar da-

tur dan keberagamannya.Seperti yang telah diket-

ahui sebelumnya, pada ta-hap awal penerapan kuri-kulum 2013 ini akan di im-plementasikan kepada sis-wa SD kelas 1 dan IV, padasiswa SMP kelas VII dansiswa SMA kelas X.

“Memang dalam penera-pannya tidak bisa langsungsemua siswa dalam semuajenjang pendidikan, tapi se-cara bertahap hingga pada2015 mendatanf semua dap-at terselesaikan,” bebernya.

Khusus SumselPada wilayah di Sumsel,

Windue menjelaskan, padajenjang SD akan dilaksana-kan kurikulum tahun 2013untuk kelas 1 dan kelas 4yang mencakup 30 persenatau sekitar 44,6 ribu siswadari 149,7 ribu siswa yangada. Juga mengenai angga-ran untuk penggandaandan pendistribusian bukupeserta didik, buku pegan-

gan bagi guru dan doku-men kurikulum akan dise-diakan melalui DIPA ke-mentrian pendidikan dankebudayaan tahun 2013.

Pada intinya setiap daerahmasing-masing diimplemen-tasikan sebanyak 30 persen.Sementara pada jenjang SMP,yaitu pada VI dan SMA/SMKpada kelas X yang mencak-up semua sekolah. Anggaranuntuk penggandaan danpendistribusiannya jugaakan disediakan melalui duasumber yaitu DIPA kemen-trian dan kebudayaan tahun2013 serta dana dari alokasikhusus (DAK) bidang pen-didikan 2013.

Sementara pada kegiatanMunas JSIT Indonesia yangketiga, diikuti sedikitnya 1.765sekolah Islam di Indonesia.Ketua JSIT wilayah ProvinsiSumatera Selatan (Sumsel)Dakir Sokariyo mengatakan,ribuan sekolah itu diwakilkanoleh 1.013 orang dari dalam

negeri dan 25 orang dari Pa-kistan, Malaysia, Turki, Sin-gapura dan Thailand. Sumseldiwakili 63 sekolah dalamagenda tiga tahun sekali yangmemilih ketua umum danrevisi beberapa aturan dasardan aturan rumah tangga(AD/ART) JSIT. Acara yangberlangsung tanggal 28-3Maret 2013 bertema ‘Dedika-si Untuk Indonesia MelaluiPendidikan Bermutu dan Re-ligius’ juga membedah kuri-kulum 2013.

Rangkaian acara jugadigelar lomba untuk siswadan guru tingkat Sumseldan nasional, robotica, ha-falan Al Quran, menggam-bar dan mewarnai meng-gunakan tehnologi kom-puter tingkat SMP dan SMA.

“Ada juga kegiatan sosialdonor darah, penanamanpohon di wilayah JSC danjalan santai. Ada pula kon-ser amal oleh Sulis danOpik,” ujarnya. (mg19)

Pendapatan Pajak Mutasi Capai Rp 4,6 Mlam meningkatkan penda-patan daerah,” ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknyaterus memaksimalkan pen-dapatan dari pajak kendaraanbermotor pindah tersebut.

Menurut dia, banyaknyakendaraan pindah ke Sum-sel tersebut antara lain adan-ya program pemutihan ataupembebasan pajak kendara-an yang menunggak. Dis-penda memberikan kemu-dahan kepada pemilik ken-daraan dalam membayarpajak guna meningkatkanpendapatan daerah.

Dia mengatakan, sepan-jang 2012 realisasi pembayaranpajak kendaraan bermotordan biaya balik nama menca-pai Rp 1,8 triliun atau lebih be-

Panwaslu Copoti Baliho Calonarah Soekarno Hatta danmasuk kawasan bandara.Operasi dilanjutkan ke jl KolBurlian, Basuki rahmat, PatalPursi, Perintis Kemerdekaan,Veteran dan Jendral Sudir-man. Sedang Tim II menyisirkawasan Kecamatan SU I danSU II (seberang Ulu I dan Se-berang ULu II), kawasan Pla-ju dan Kertapati.

Kasat Pol-PP PalembangAris Saputra mengatakan,penertiban sudah berapa kalidilaksankan, yakni terhitungOktober 2012 lalu, dimana pi-haknya sudah menertipkanbaliho, reklame dan umbul-umbul terkait dengan pelak-sanaan pemilihan kepaladaerah calon walikota, calonwakil kota, calon gubenur dan

calon wakil gubernur.“Penertiban dilakukan

sesuai dengan ketentuanPerwali tentang pemasan-

sar dari target yang ditetapkanRp 1,7 triliun. Untuk tahun initarget penerimaan dari pajakkendaraan bermotor ditetap-kan sebesar Rp 2,2 triliun.

Dalam mencapai target ter-sebut pihaknya telah menyi-apkan lima unit pelaksana tek-nis daerah atau kantor pelay-anan pajak di beberapa wila-yah di Sumsel. Hal itu tidak lainuntuk mengingkatkan pelay-anan kepada masyarakat danmengefektifkan penyerapanpajak kendaraan bermotor.

Unit pelayanan pembaya-ran pajak itu yakni di Pale-mbang, Ogan Komering UluTimur, Ogan Komering Ilir,Bayung Lincir, Musi BanyuAsin yang diharapkan 2013ini semuanya berfugsi. (trs)

gan atribut publikasi organ-isasi sosial, politik, dan or-ganisasi kemasyarakatan,”katanya. (mg2)

SRIPO/ZAINI

DIBONGKAR – Petugas Panwaslu dibantu Pol PP Palembang mem-bongkar baleho-poster di kawasan Seberang Ulu, Jumat (1/3).

SRIPO/ZAINI

DIBUKA – Gubernur Sumsel H Alex Noerdin pukul bedug membuka Munas 3 JSIT-Indonesia diDinning Hall Wisma Atlet Jakabaring Sport City, Jumat (1/3).

Page 15: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

CRIME STORYSRIWIJAYA POSTSabtu, 2 Maret 201316

SRIPO/ARDANI

TAMPAK empat tersangka sahbu-sahbu yakni Ade Irawan dan Siska Handayani (29), Ermawati(33) dan Fitriana (33) setelah ditangkap polisi, Kamis (28/2) malam.

MUARAENIM, SRIPO –Dua tauke karet, Kenedi(48) dan Abun (45), wargaDesa Lubuk Enau Kecama-tan Lembak, Muaraenim,nyaris tewas dihajar empatperampok. Meski selamat,namun uang hasil penjua-lan karet sebesar Rp 70 jutadibawa lari. Kejadian naasitu di kebun karet di wila-

Dua Tauke Karet Babak Belur● Rp 70 Juta Dirampok

yah Desa Lubuk Enau, Ka-mis (28/2) pukul 18.00.

Kejadian berawal ketikakedua korban yang sehari-harinya sebagai pengepulkaret (tauke), seperti biasamengambil uang hasil pen-jualan getah karet dari ru-mah Ismail, warga setem-pat dengan mengendaraisepeda motor. Kenedi

MUARAENIM, SRIPO –Suami istri (Pasutri), AdeIrawan alias Dede (24)warga Kol Atmo Lr Bu-kit Asam Palembang danpasangannya Siska Han-dayani (29), tertangkapmenyimpan sabu-Sabu.Selain itu juga berhasildiamankan dua teman-nya yakni Ermawati (33)warga komplek OPI Jaka-baring Palembang danFitriana (33) warga DesaKerinjing KabupatenOgan Ilir. Mereka di-tangkap di Kampung VIIKelurahan Muaraenim,Kamis (28/2) malam.

Dari informasi di lapan-gan, terungkapnya pe-ngedar sabu-sabu terse-but berawal dari adanyalaporan dari masyarakatyang curiga dengan ra-mainya aktifitas di rumahyang ditempati oleh Pa-sutri tersebut. Setelah di-lakukan pengintaian,akhirnya diketahui bah-wa di rumah tersebutsering melakukan tran-

PasutriTertangkap

Narkoba

PALEMBANG, SRIPO –Tersangka tindak pidanakorupsi (tipikor) senilai Rp200 juta di tubuh PU CiptaKarya (CK) Sumsel kemu-ngkinan besar bertambah.Setelah sebelumnya Direk-tur CV Agro Sintesa (AS),M Triyanto, resmi ditetap-kan sebagai tersangka olehKejaksaan Negeri (Kejari)Palembang, kini giliran Pe-jabat Pelaksana Teknis Ke-giatan (PPTK) PU CK yangjadi tersangka.

“Dari penyidikan yangsudah kami lakukan, ADselaku PPTK PU CK resmijadi tersangka. AD bertu-gas sebagai pengawas pro-yek pembangunan jalan diPonpes Hoiriah KalidoniPalembang,” kata KepalaKejaksaan Negeri Palem-bang, Nanang SH, melaluiKasi Intel Kejari Palembang,Asep SH, Jumat (1/3).

Pejabat PU SumselTersangka Korupsi

Dilanjutkan Asep, pihakn-ya saat ini sudah memintaiketerangan beberapa saksiyang dianggap mengetahuiproyek pembangunan jalan

membawa uang sebesarRp 70 juta dan termannyaAbun membawa Rp 10 juta,sehingga total Rp 80 juta.Ketika sedang melintas dikebun karet Desa LubukEnau, tiba-tiba kedua kor-ban dihadang empat pel-aku dengan menggunakankayu bulat dan sajam.

Para pelaku tanpa bany-

ke halaman 15

SRIPO/WELLY HADINATA

INTOGERASI – Bambang (30) tersangka kasus penjambretanyang diintogerasi petugas ketika gelar perkara di Polsek SU IIPalembang, Jumat (1/3).

Dikepung Petugas Bambang MenyerahPALEMBANG, SRIPO – Se-dang asyik bersantai, Bam-bang Hermanto (30), spe-sialis pelaku kasus jambret,akhirnya berhasil dibekukpetugas. Tersangka dicidukdi rumah kawasan Jl KilangMinyak Sungai Rebo Mari-nan, Kabupaten Banyuasin,Jumat (1/3).

Ketika dikepung petu-gas, Bambang yang sudahberulang kali melancarkanaksi jambretnya di wilayahhukum Polresta Palem-bang, menyerah tanpa ada-nya perlawanan. Petugasjuga mengamankan satuunit sepedam motor Yama-ha Vixion warna merah no-pol BG2382JF yang biasa di-gunakan dalam aksi jam-bret.

“Sumpah Pak, aku baru

PALEMBANG, SRIPO –Malu tak mampu menafka-hi keluarganya, GS aliasYanto (45) warga Jl PuncakSekuning 26 Ilir Palem-bang, terjerumus memakainarkoba jenis sabu. Dia ke-dapatan membawa sabusaat digeldeah petugas, dandigiring ke Polda Sumsel,Kamis (28/2) pukul 17.00.

Panangkapan inipun ber-awal dari hasil laporan war-ga karena tersangka Yantosering bertransaksi narkoba.Mendapati laporan tersebutdipimpin langsung oleh KanitI Subdit I Mariyanto dan ang-gotanya langsung melaku-kan penyelidikan terhadaptersangka. Saat tersangka se-dang berada di kawasan JlPuncak Sekuning, tepatnyadi rumah makan istrinya,petugaspun langsung mela-kukan pengeledahan.

Saat digeledah petugasdari tangannya ditemukanbarang bukti satu paketpahe (paket hemat) shabu

Malu dengan Istri, Yanto Nyabu

SRIPO/MG2

DITANGKAP – Dua pemuja sabu GS dan EF ditangkap jajaranDit Res Narkoba Polda Sumsel, Jumat (1/3).

ke halaman 15

ke halaman 15

seharga 400 ribu, yang di-genggamnya di tangan ka-nannya. Didapati sabu ter-sangka tidak bisa mengelaklagi dan langsung digiring keMapolda. Diakui tersangka,dirinya baru tiga bulan inimengunakan sabu, gara-gara stres tak bisa mem-bahagia istri dan anaknyalagi. “Aku idak biso cari duitlagi pak, jadi gara-gara stresidak punya gawean lagi, akuterjerumus pakai sabu,” un-

PALEMBANG, SRIPO –Sidang praperadilan yangdiajukan pihak Anwar Sad-dad terhadap KapoldaSumsel, kembali digelar, Ju-mat (1/3) di PN Palem-bang. Dalam sidang kali ini,baik pihak Anwar sebagaipemohon dan pihak PoldaSumsel sebagai termohon,menyerahkan beberapaberkas sebagai alat bukti.

Pada sidang kali ini, pihakAnwar yang diwakilkanMualimin, SH selaku pen-gacara, menyerahkan be-berapa berkas kepada ma-jelis hakim yang diketuaiUnardi SH. Adapun alat-alatbukti yang diserahkan ad-alah surat perintah pen-angkapan, surat pemberitahuan penahanan, surat perin-tah penahanan, berita acara pemeriksaan, dan berita ac-ara pemeriksaan lanjutan. Bukti yang sama juga diberi-kan oleh pihak Polda Sumsel melalui penasehat hukum

Anwar-PoldaSerahkan Alat Bukti

ke halaman 15

gkap bapak tiga anak ini.Di tempat berbeda, Kanit

II Subdit II Kompol M Isa danjajaran juga berhasil menga-mankan Tersangka EF aliasEko (25) wargaLr KarangKuang Laut KeL 10 ilir Kec ITII. Tersangka EF tertangkapkarena ada SMS yang masukke Mapaldo Sumsel. Menda-pati laporan anggota DItresNarkoba Polda Sumsel Punlangsung menyelidiki gerak-gerik EF. (mg2) ke halaman 15

Nanang GT SRIPO/STSIrjen Pol Iskandar HasanKapolda Sumsel

Page 16: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

DEMI sang generasi baru (forthe new generation), begitukampanye manajemenSriwijaya FC dalam prosesrekrutmen pemain SriwijayaFC U-21. Pihak manajemen,sangat serius menggarap SFCmuda ini, demi memunculkanpemain-pemain potensialSumsel di kancah nasional.

Mereka diharapkan bisabersaing di level tertinggi

Liga Indonesia. Jugadiharapkan bisa

membela

Laskar WongKito di masa-masa

mendatang. Optimisme pihakSFC begitu membumbungapalagi melihat 900 pelamarbaik dari dalam luar Sumsel.Target tinggi pun dicanangkanmanajemen agar SFC bisamerengkuh gelar ISL U-21.

“Seperti kata pak GubernurSumsel H Alex Noerdin,apapun sudah kita raih, kecualigelar ISL U-21. Sembari terusmembenahi tim senior. Kitajuga serius menggarap SFCU-21 musim ini dan dengantarget mendapatkan gelar ISLU-21,” jelas DirekturKeuangan PT SOM, Augie

Bunyamin, Jumat (1/3).Menurut dia, niat Gubernur

selaku dewan pembina SFC inisangat serius, dia berharap adapemain baru nanti yang bisabersaing, juga persiapan jangkapanjang, agar pemain U-21 ini,suatu saat naik menggantikanpemain senior di SFC.”Beliauakan datang langsung padapembukaan seleksi pada 7Maret nanti di Jakabaring,”jelas Augie.

Ditambahkan Sektretaris PTSOM, Faisal Mursyid, dariproses pendaftaran yangdimulai sejak 18-25 Pebruari

lalu, didapat 800 orangpeserta. Dari

jumlah inisetiap perserta harus bersaingmemperebutkan jatah lebihkurang 20 pemain inti, yangakan disiapkan merumput diISL U-21 pada 27 April nanti.

“Kita ada juga tiga pemain

SFC U-21 musim lalu, RiskyDwi Ramadhan, Tri Goentoro,dan Avif, dipastikan langsungbisa bergabung karenaperformanya masih sangatbaik. Jadi total ada 23 orangyang akan disiapkanmenghadapi kompetisi ISL U-21 musim ini,” katanya.

Pembukaan seleksi dimulaipukul 08.00 dan akan dibukalangsung Pembina SriwijayaFC, H Alex Noerdin. Selainmenginformasikan kepada me-dia, juga memberitahukanpengumuman ini kepadaseluruh peserta seleksi lewatShort Message Service(SMS)”Bagi peserta telahmendaftarkan nanti kita kirimSMS pemberitahuan waktuseleksi,” jelasnya.

Jika SFC U-21 digarapkandengan serius, bisa menjadiajang pembuktian bagi RizkyDwi Ramadhan yang sudahlama magang di SFC senior.Dia diharapkan bisa memimpinSFC U-21 untuk merengkuhgelar juara ISL U-21. (cw2)

KESERIUSAN manajemen Sriwijaya FC dalammenyiapkan skuad U-21 mendapatkan tanggapan seriuspula dari beberapa pelatih lokal, bahkan pelatih asingselevel Carlos de Melo pun mengajukan lamaran.

“Ada lima pelatih yang mengajukan lamaran,termasuk pelatih asing Carlos de Melo, mereka sudahmengajukan daftar riwayat hidup dan juga programuntuk pembinaan U-21,” jelas Direktur Keuangan AugieBunyamin, Jumat (1/3).

Cukup menarik melihat melihat nama Carlos de Melosebagai pelamar, mengingat pria asal Brasil ini, memangmengenal sepakbola Indonesia. Dia pernah memperkuatPersebaya dan PSM Makasar. Bahkan, pria yang kenaldengan tandangan bebasnya ini, pernah melatih PSMIPL.

Jika benar Carlos diterima menjadi pelatih, maka SFCU-21 membuat sejarah, dengan menggunakan pelatihasing berlisensi A AFC menjadi pelatih tim kepala untuktim junior.

“Tetapi yang menentukan nanti adalah hasil seleksiyang dilakukan Direktur Teknik, Hendri Zainudinbersama jajaran manajemen, bisa jadi kita lebihmengutamakan pelatih lokal, tetapi kita lihat nanti.Dalam satu dua hari ini akan segera ditetapkan,” jelasAugie. (ndr/cw2)

Carlos de MeloAjukan Lamaran

PembukaanSeleksi 7 Maret

Tempat:Stadion

Gelora SriwijayaJakabaring

Waktu:

08.00 sampai selesai

Peserta:

900 pemain

Lama seleksi:

Satu Minggu

Rizky

Dwi

Ramad

hanS

RIP

O/S

YA

HR

UL

Sriwijaya United Buka PendaftaranSELAIN membuka pendaftaran dan seleksi Sriwijaya FC U-21,

PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) juga menggelar seleksiuntuk klub futsal profesional Sriwijaya United. Pembukaan

sudah dimulai dan peserta bisa mendaftar ke Sekretariat SFCdi Palembang Square (PS). Seleksi dilangsungkan juga pada 7

Maret nanti.”Makanya bagi yang berminat segera mandaftar,kita utamakan pemain dari Sumsel untuk 20 pemain mengisiskuad utama Sriwijaya United,” jelas Direktur Keuangan PT

SOM, Augie Bunyamin.(cw2/ndr)SRIPO/SYAHRUL

Augie Bunyamin

SABTU, 2 MARET 2013 | MENSANA IN CORPORESANO | HALAMAN 28

Aguero Belum MenyerahSTRIKER Manchester City, Sergio Aguerobelum menyerah untuk memburu gelar Liga

Primer bersama timnya. Seperti diketahui, Citykini tertinggal 12 poin dari pimpinan sementara,

Manchester United. “Dapatkah kita meraih gelarjuara? Saya masih mempercayainya. Kami tak

boleh menyerah, meski itu sulit,” ujar priaberusia 24 tahun itu. (tribunnews)

MANCHESTER, SRIPO – Bek muda Manchester City,Courtney Meppen-Walter, harus mendekam di penjaraselama 16 bulan, setelah terbukti bersalah saat

kecelakaan lalu lintas yangmenewaskan dua orangbersaudara di Bury NewRoad, Manchester, pada1 September 2012.

Meppen-Walterdidakwa lalai saatmengemudikanmobil Mercedesmiliknya dengan

kecepatan 90 kilometer per jamketika menabrak Nissan Micrahingga terpental ke pinggir jalan.Dua bersaudara, Kulwant Singh(32) dan Ravel Kaur (37), yangberada di kursi depan Nissantersebut tewas seketika.

Selain dua bersaudara itu, duaremaja berusia 16 dan 17 tahun,yang duduk di kursi bagianbelakang mobil Nissan itu, jugamengalami luka serius. Saat ini,kedua remaja yang merupakanputra dari Ravel Kaur tersebutdikabarkan masih dalam tahappemulihan. Meppen-Walterbergabung dengan tim yuniorThe Citizen pada Juli 2010. Pemainberusia 18 tahun tersebutmerupakan andalan tim nasionalInggris U-18 dan pernah didapuksebagai kapten skuad tersebut. (asa/kc)

Bek Manchester CityDipenjara 16 Bulan

LONDON, SRIPO – BekArsenal Bacary Sagnadipastikan absen saatpertandingan derby Lon-don Utara melawanTottenham Hotspur padaMinggu (3/3). Demikianhalnya dengangelandang Abou Diaby,peluang ditampilkan 50-50.

“Abou mengalamimasalah pada betisnya,hanya persoalan kecilsaja. Dia akan menjalani

Derby London, Arsenal Tanpa Sagnates dankemudiankami akanmelihatapakah kamibisamenurunkandia atau tidak,”ujar manajerArsene Wengersaat konferensipers pada Kamis(28/2).

Sementara rekan Diaby,pemain Prancis Sagna

masihmengalamicederlutut dantigaUtamaInggrispada

akhirpekan lalu

yangdimenangi

Arsenal tatkalamenaklukkan

Aston Villa. “Dia masih

belum siap untukpertandingan padaMinggu nanti. Waktunyaterlalu singkat baginya,”kata Wenger.

Arsenal berada padaposisi kelima dalamklasemen Liga UtamaInggris denganmengantongi 47 poin,berselisih dua poin dibawah Chelsea sertaterpaut empat poin dariSpurs yang bercokol diposisi ketiga. (asa/kc)

Jose MourinhoJadi Nama JalanLISABON, SRIPO –Sebagai penghormatanatas prestasi olahraga yang diraih JoseMourinho, kota kecil Setubal mengabadikannamanya menjadi nama sebuah jalan.Jalan Jose Mourinho itu diresmikanpada Kamis (28/2) di balaikota. Mourinhomemang lahir di Setubal pada 26 Januari1963. Ia dinilai sebagai pelatih asal Portu-gal paling sukses.

Pelatih Real Madrid ini sudahmemenangi gelar liga diempat negara berbeda. Selainmembawa FC Porto juara LigaPortugal, dia juga suksesmembawa Chelsea menjuarai Pre-mier League, Inter Milan menjuaraiSerie-A, dan Real Madrid menjuaraiLiga BBVA. Dia juga sudah menjuarai duaLiga Champions bersama Porto dan Inter.

Sebab itu, pemerintah Setubal mengatakan,pemberian nama Jose Mourinho di salah satu jalankota itu karena Mourinho meraih prestasi luar biasa dibidang olahraga. “Dia, dengan segala kejujuran, adalahsalah satu pelatih di dunia dengan kualifikasi dan prestisetertinggi,” demikian pernyataan pemerintah daerah Setubal.

Jalan mana yang akan diberi nama Jose Mourinhomemang belum ditentukan. Namun, dewan daerah Setubalsudah setuju bahwa Jose Mourinho akan menjadi salah satunama jalan di kota tersebut. Setubal terletak di sebelahtenggara Lisabon. Ini merupakan bekas kota industri dankini menjadi daerah paling miskin di Portugal denganjumlah angka pengangguran paling tinggi. (asa/kc)

Bacary Sagna IST

IST

IST

Jose Mourinho

Co

urt

ney

Mep

pen

-Wal

ter

IST

Sergio Aguero

MU-Madrid Bakal SajikanSepakbola Murni

MADRID, SRIPO –Gelandang Real Madrid,Xabi Alonso, menilaipertarungan timnyamelawan ManchesterUnited di Old Traffordpada leg kedua babak 16besar Liga Championsnanti sebagai laga spesialdan menunjukkan sepak

bola murni. Laga iniakan digelar pada Selasaatau Rabu (6/3) dini hariWIB. Kedua timsebelumnya hanyabermain imbang 1-1pada leg pertama yangdimainkan di SantiagoBernabeu.

“Dari sudut pandang

suporter, pertarunganini murni sepak bolaterkait sejarah darikedua tim. UntukCristiano Ronaldo yangpernah mengenakanseragam kebesaran MUdalam beberapa tahun,laga ini lebih darispesial. Hal ini berlaku

buatku juga,” jelasAlonso yang pernahbermain di PremierLeague dengan seragamLiverpool.

Maka dari itu, Alonsosangat mengenalkekuatan Setan Merahsaat masih membelaLiverpool pada 2004-

2009. “Ketika akubermain untukLiverpool, pertandinganmelawan United sangatsengit dan pentingkarena persainganantara dua klub. Kamisadar semenjak RealMadrid terakhirmemenangi Liga Cham-

pions, memenangikompetisi ini tidakmudah karena kamiberhadapan dengan timterbaik di Eropa,” ulasgelandang asal Spanyolitu.

Sebelum melawan MU,Madrid akan melakonilaga El Clasico melawan

Barcelona, Sabtu (2/3)nanti. El Real bakal tampilpenuh percaya diri seusaisukses mempermalukanBarca 3-1 di leg keduasemifinal Copa del Rey.Berkat kemenangan itu,Madrid akan bertemuAtletico Madrid di partaifinal. (asa/kc)

IST

Page 17: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

SRIWIJAYA POST

Sabtu, 2 Maret 2013 27

Jl. Jend. Basuki Rahmat 1608 B-DPalembang Telp.310088, 311888

Fax.(0711)310391

SRIWIJAYA POST

SRIWIJAYA POST � Sabtu, 2 Maret 2013 � Halaman 18

Page 18: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

PALEMBANG, SRIPO –Persatuan Sepakbola Selu-ruh Indonesia (PSSI) Sum-sel akan menggelar Kom-petisi Sepakbola Manches-ter United Primer Cup un-tuk U-15, di stadion BumiSriwijaya FC pada 10 dan12 Maret mendatang.

Ketua Panitia Pelaksana,Rusdi Alam mengatakan,panitia akan mengundangklub perwakilan dari 15kabupaten/kota PengcabPSSI se-Sumsel, ditambahsatu dari PSSI Sumsel. Jaditotalnya ada 16 klub yangkemungkinan ikut sertajika setiap klub ini mem-bawa rekomendasi dariPengcab PSSI masing-

SRIWIJAYA POST

Sabtu, 2 Maret 201319

PSSI Cari 16 Tim MU JuniorlKompetisi MU Primer

masing.“Kita baru bisa terima

klub untuk menjadi peser-ta jika memenuhi semuapersyaratan yang kita ten-tukan. Mereka ini akan di-bagi kedalam empat grupdengan format turnamensetengah kompetisi,” ujar-nya, Kamis (28/2).

Dikatakan, peserta yangmendaftar harus berusiadi bawah 15 tahun ataumaksimal kelahiran 1 Ja-nuari 1998. Panitia akanmemperketat pendaftarankarena even ini, mencariklub terbaik untuk mewa-kili Sumsel ke babak Wila-yah se-Sumatera pada ak-hir Maret mendatang,hingga berlanjut ke ting-kat Nasional.

“Setelah juara nasionalbaru setelah itu dikirim ketingkat Asean dan bahkanbisa memiliki peluang un-tuk pergi ke Inggris,”ucapnya.

Lebih lanjut Rusdi Alammengatakan, para pesertayang berminat untukmendaftar bisa langusung

menghubungi atau men-datangi kantor PSSI Sum-sel di Stadion Bumi Sriwi-jaya. Pendaftaran tidakakan dipungut biaya dansudah bisa dilakukan mu-lai Jumat (1/3) hingga 6Maret mendatang.

Sekretaris PSSI SumselAugie Bunyamin menam-bahkan turnamen ini dige-lar dalam rangka pembi-bitan pemain muda. Pi-haknya menyakini deng-an persiapan yang cukupmatang turnament ini,akan berlangsung dengansukses dan lancar, sehing-ga tujuan akhir untukmendapatkan klub an-dalan bisa tercapai.(cw2)

SRIPO/STS

Rusdi Alam.

SOLO, SRIPO – Tim VoliPutri ManokwariValeria Papua harustunduk ditangan GresikPetorkimia dalamlanjutan Seri III BSIProliga di GOR SritexSolo, Jumat (1/3/2013),dengan skor 0-3 (14-25,26-28, 22-25). Hasil inimenjadi rekor burukbagi tim asuhan EkoWaluyo di lawatan Solo.

Sebab, GunartiIndahyani dkk belumsekalipun terkalahkandi dua Seri sebelumnya.Namun, pada lawatanSeri III Solo ini, GresikPetrokimia berhasil

Empat Kabupaten/Kota BersainglTuan Rumah Porprov 2013PALEMBANG, SRIPO – Total sudah ada empat daerahkabupaten/kota di Sumsel yang menyatakan diri siapsebagai tuan rumah pada ajang Pekan OlahragaProvinsi (Porprov) 2015 mendatang.

Ketua Bidang Organisasi KONI Sumsel, MYIshak Hasan mengatakan, ke empat daerah ter-sebut yakni, Lubuklinggau dan Prabumulih telahmenyatakan, siap dengan surat tertulis, serta un-tuk OKI dan Musi Banyuasin baru secara lisan,untuk menjadi tuan rumah pada Porprov 2015nanti.

“Sudah ada empat daerah dari 15 kabupaten/kota di Sumatera Selatan telah menyatakan, siapuntuk menjadi tuan rumah. Penentuan tuan rumahini memang harus dari sekarang, agar mereka sudah bisabersiap, seperti dengan menyusun anggaran maupun per-siapan venue pertandingan,” katanya, Kamis (28/2).

Kemudian, dia melanjutkan jika ke semua daerah telahmengirimkan pernyataan siap secara tertulis, maka baruakan dikirim tim peninjau, untuk melihat daerah mana yangsiap, baik dari sisi akomodasi, maupun fasil i tasolahraga.”Penentuan daerah mana yang akan menjadi tuanrumah, semuanya tergantung dari hasil tinjauan nanti,”

ujarnya.Menurutnya, kendala kabupaten/kota untuk

menjadi tuan rumah turnamen multi event empattahunan tersebut selama ini karena pelaksanaanharus terpusat di satu wilayah. Sementara, biayauntuk menyiapkan venue memang tidak sedikitdan tidak semua daerah mampu.

“Untuk itu, kita berencana mengajukan saranagar pelaksanaan Porprov dapat digelar di dua

kabupaten/kota yang lokasinya berdekatan,seperti Muba dan Banyuasin atau OKI dan OI,”ucapnya.

Dalam waktu dekat, lanjut Ishak, dalam rapatkerja daerah tahun ini, pihaknya akan

mengusulkan agar pelaksanaan Porprov boleh digelar didua daerah. Tujuannya tidak lain agar tuan rumah tidakterlalu berat saat menjadi tuan rumah pesta olahraga tingkatprovinsi ini. Selain itu, akan dibahas pula rencana agarPorprov ini bisa digelar setiap dua tahun sekali, atau malahtetap digelar empat tahun sekali.”Kita mengusulkan agarPorprov ini untuk digelar dua tahun sekali supaya jarak waktudalam sistem pembibitan dan menyiapkan atlet pelapis tetapberkesinambungan,” jelasnya.(cw2)

Petrokimia Libas Valeriamembalikkan keadaandengan merebut tiga setsekaligus.

Adapun jalannyapertandinganberlangsung ketat. Padaset pertama Gresik yangdikomandoi NoviaAdriyanti dkk bermaindengan spirit tinggi.Mereka langsungtancap gas mengempuranak-anak Valeria,sehingga pada setpertama Valeriadikalahkan 25-24.

Begitu pada set keduadan ketiga, permainanGresik Petrokimia

begitu rapat, beberapakali smash dari parapemain Veleria berhasildiblok. Kejar-mengejarpoin terjadi di babakkedua dan terjadi deuce.Namun permainan apikGresik Petrokimi suksesmelakukan smas keraslewat permainan duapemain asingnyamembuat merekakembali unggul. Dua setini pun suksesdimenangkanPetrokimia dengan skor28-26, dan 25-22.

Pelatih Gresik,

Sudarto mengaku puasdengan performa anakasuhnya, namun tetapsaja beberapa evaluasiakan dilakukannyauntuk memperbaikipermain timmenghadapi lagaselanjutnya.

“Dari hasilsebelumnya kami terusmelakukan evaluasi,hasil ini patut kamisyukuri dan pemainsudah bekerja kerasuntuk meraih hasilterbaik hari ini,” jelasSudarto.

(ndr/cw2/volimania)

Open Spike Gersik Petrokimi Novi Andriyanto saat melakukan smash

Page 19: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

25SRIWIJAYA POST

Sabtu, 2 Maret 2013

Benahi Lini Pertahanan

De’trySilalahi Emangperlu evaluasidri setiappertandinganagr dpt jd lebihsolit buatpertandinganberikutnyaterutama linipertahanah ygjd sorotan

Ewin DewaJika kita maensepertimelawan gresiktdi..aku yakinmenghadapipersib nantiSFC akankesulitanmenangmenghadapipersibnanti..SFC Kebobolan 3 gol tdi..

BayoeKelanazz linibelakang blmkompak..dakkatek ygmimpin di linibelakang..playmakerbaru katekkabar y??apomasih naknunggu erick??

KENDATI menang 4-3 atas Gresik United dalamlanjutan ISL 2013 di Stadion Petrokimia Gresik,

pelatih dan manajemen Sriwijaya FC tetapmelakukan evaluasi, untuk memperbaiki

penampilan Sriwijaya FC di laga berikutnya.Terutama saat menghadapi Persib Bandung di

Jakabaring 9 Maret mendatang. Evaluasi memangperlu dilakukan karena Persib akan datang dengan

skuad sumpurna pasca bergabungnya Sergio vanDijk. Apa komentar Fbers?

Robbie‘Hidayat’Pratama linipertahananharus dperbaiki..

BangHermanto JrSemoga kitobantai jugopersib #slamtrio kwek2tantan,hilton,foday.kitotunjukiwong 3 ygblari kepersibtuh.mugopeculkakinyo...amiin

EkaNoviansyahWaspada ajadi linibelakang,soalnyabrapapertandinganini bnyakkebobolan.

Yohan TokLini belakangpertahanan Sfcharus diperketat lagikrn seringkedodoran.

DraniusPrayogisemangat mangkas.....buathilton/tantansamo fodaymakin kompak

Aan Andriantingkatkanterusssssssss

MapendosApa pun hasilnyo,,menang/kalah,sriwijayatetap di hatimasarakatsumsel,,,maafmin saya tdkbisa kmntarbnyak,mslaliniblakang,karnapelati dn menejemen lbi tau apakekurang SFC,,jdi kita sbgaypencinta sfc jga sportipitas,dn trusberdoa agar sfc bsa merebut gelarjuara,di putaran ke 2, slm hangatdri bumi sedulang setudung.

DenidDlasminotesIndedarcKuinos dodokbgus maennyevaluasipertahanan

pkekserangan sayapsprti tadi

jangan trlalukendor

Fadlan ArizalMemperbaikilini belakang ygkrg baik,malahan sngtburuk linidepan sudahokkk, posisitantan ck tdi bebiar dy leluasngegoalke pakkas

AgenkBerharapAmnesiatolong donkfandi mochtarmainin darimenit awalà à

Abdul

Rahm

anS

RIP

O/Z

AIN

I

PA L EMBANGPA L EMBANGPA L EMBANGPA L EMBANGPA L EMBANG

ALAT UKUR TANAH

Rental,Jual Beli Theodolite,Wp,Ts,Service &

Kalibrasi.Hub:0813-6912088810131439B

AHLI SEDOT WC

CV.MULTI KARYA “VACUM” Tnk Besar,Harga

Murah.Hub:0812-7873371/0711-700111910131245B

Sedot Wc Mampet,Tngki Bsr,Bs Mlm Hri.

Hub:817743 / 081271780097 / 582020210131857B

RAJA MAMPET,Atasi Wc/Saluran air

Trsumbat Tnp dibongkar,Hub:8630571 /

08137805358710132045B

SERVICE AC

SINAR TEKNIK.Service Ac,Kulkas,Mesin

Cuci,Brgaransi,Hub:0711-710786 / 0813-

7363788510132118B

AC Milan Cuci,Perbaikan,Bongkar Pasang,

AC,dll,Bergaransi,Hub:0812-7441444710132403B

SERVICE ELEKTRONIK

Ahli Spesialis Tv,Kulkas & M.Cuci Rusak.

Hub:AYOUNG:8340105/081368839949 Lsg

Dtg Prbaiki.Grnsi10131567B

Ahli Spesialis Service,Tv,M.Cuci,Kulkas

Rusak, Hub:APAU 7069694/0811781295 Lsg

Dtg prbaiki,Grnsi.10132479B

Ahli Service Kulkas Tertusuk & Kerusakan

Lain,Hub:TEKNIK 90,9 ilir.0711-36722510131432B

DOKTER KULKAS.Spsialis Prbaikan Klkas,

dlm/Luar Negri/Grnsi,Hub: 08127865778/

425466210132116B

Service Tv Bergaransi,Segera Datang.Hub:

AHOK 7010976 / 0812-783927210132458B

Ahli Service Tv,M.Cuci,Kulkas Rusak,Hub:

7059100/081368918732(AGUAN)Lsg Dtg

Perbaiki.Grnsi10132482B

KOMPUTER

Service laptop(Baterai/Keyboard/Lcd)Murah.

Hub:359859/7355379/0819-9494340810131964B

BEST DATA.Cpu P4 3.0 ghz/512/40/mm dual

core,Hub:0711-7376347 / 0812781251010131461B

VIDEO SHOOTING

SUKSES JAYA ABADI “Photovideo”

Pernikahan Event,dll.Hub:082176453044/

08127181868610132183B

SERVICE MEUBLE

Trima Prbaikan Sofa,K.Tamu,K.Kntr, K.Jati,

Spgbed, Plitur.ATENG:085380019585/0819-

5814050410131748B

ARSITEK

ARCH Studio,Mnerima Jasa Pemb.Maket,

Brosur,Gmbr 3D,Hub:085764340467 /

08239143383810131795B

Menerima Jasa Borongan Pembangunan Rmh

& Ruko,Desain Minimalis,H.2,5Jt/Mtr.Hub:

08217991299610132471B

WWW.RDVARSITEK.COM Terima Pek.

Bangunan Interior & Eksterior.0817538810 /

0711-327285610132453B

BIRO JASA

J.Pengurusan pt,Cv,Yysan,Situ,Siup,

Tdp,Npwp,Sbu,Ska, Paspor,dll.0812-

25296001/08217999090710131273B

Pengurusan:PT,CV,SITU,NPWP,SIUP,TDP,

PKP,IUJK, SBU.Perum Griya Cipta Permai

Blok E 07,Jl.Pesantren Tl.Jambe Plg.0823-

7422722710131574B

BENGKEL LAS

Bengkel Las Berlian Trm Trls,Pgr,Canopy,

Almunium Composiv,Roling Door.0813-

6774221610132056B

“SEMOGA SUKSES” Trm Psnn Tralis,Pgr

Canopy,dll,Murah,Berkualitas,Hub:0812-

7148371310132243B

KURSUS

Kursus Mengemudi Mobil Matic,dg Baik &

Benar,Nyaman & Aman.Hub:08127161400510132212B

LES PRIVATE

Bimbel & Privat ALFATTAH,Mipa&B.Inggris,

SD&SMP,Jl.P.Kmerdekaan No.899,Tlp: 0853-

80002907 / 0819482372910132216B

Gemilang Private sjk ’93,Dtg Krmh,

MIPA, B.Ing.Mlks,Tk,Sd,Smp, Sma,

Pglmn.700551710132478B

RENTAL

RENTAL DAFFA.Avanza,Xenia,Innova.Hrian/

Blanan.Hrg Murah.Hub:082178757676/

777007010130254B

C7 Rent Car,Aplhard,LC Dbl Cabin,

Avanza,Xenia,Kuda,Innova,Hrg bersaing,

Dlm/Luar Kota,Bs dg Sopir.Hub:0811710863410131313B

Mobil Pengantin Mercy”07"08,1Jt(+ hiasan

bunga),Hub:08137779499910131582B

AGHA RENT,Sewa Mbl Innova,Triton,

Xenia,dll.1Hr=24 Jam Mrh,Hub:08136764675410132177B

TNT Rent/Avanza,Xenia,Mlai 250an,

Terios,Innova, APV,Fortuner,Hub: 0813-

73704994/0711-7785511/08962704985710132484B

RENTAL KARTINI.Innova,APV,L200,

Fortuner, Luxio,Hub:0711-710339/0711-

719337/08218455335610132485B

CSA RENTAL.Avanza,Xenia,Livina. Hubungi:

08117826515110131758B

DIVA RENT CAR.Innova,Avnz,Xenia,

Terios,Yaris,Honda,Kjg,Hrn/Bln.Hub:

08532577850510132091B

DAFFA Rent a car,Mywkn Minibus,Sedan

Truck,PU,Dlm/Luar Kota.08127112002 /

31125910132473B

ADIFAYU Trans Premium:Mnyewakan

Innova,Avanza,Civic,Jazz,Freed,Triton,Ford

Rangers.5449000/0812717200010132475B

Aditya Rent a car.Innova,Avanza, L300,

D.Cabin, Vios,Civic,Freed,0812-71879999/

41679410132477B

SUMUR BOR

Ahlinya Sumur Bor & Dijamin Anda Tidak

Kecewa.Hub:0711-357445 / 0812739378810132009B

BUNGA

Diva Florist Sewa Papan Bunga & Jasa Kurir

Dlm Kota PLG.085266699060/7873335510131280B

DICARI

Dibeli Botol Aqua,Alfa,dan Sejenisnya.Hrg

Rp.150,-/biji.Hub:08136656145510131820B

DANA TUNAI

Dana Cpt Jaminan BPKB,Hub:Kevin 0823-

76988808,Julio 082376988688,Andre

085369339966,Rosa 08536933669610132548B

DIJUAL CEPAT

Koleksi Antik,Ut Wrtwn,Ktr Media,Cmera,

Vdeo Cmra Yashica,Sequll,Canon,0812-

7161400510132214B

menjual pereabot Rumah tangga (Pindah

Rumah) Hub.081933320702/08137779547710131508B

5 Unit Rumah Baru,Type 60,Minimalis Dp

25Jt,Dkt Jl.Bandara,Kenten,Sukawinatan,

Sukarami,Hub:08238003949910132282B

PELUANG USAHA

Dicari Pengepul/Supplier Karet Alam,Hub:

RUDI 0852-3080993310131797B

PELAMINAN

SEKAR MELATI.Menyewakan Pelaminan Lkp

3Jt,Catering 15rb Perporsi,Hub:0813-

73937166/872828010132468B

KESEHATAN

Pijat Urut Tradisional Pria/Wanita Lulur,

Khusus Pnggln.Call Mb Diana 08520893552910132201B

Therapy Urat syaraf,pegel,capek,Mslh

Kejantanan,Jual Madu,dll.Didi 08520816946010131364B

Massage Therapy,Reflexy dgn Tenaga Pria &

Wanita Profesional,Call ARY 08536682811010131499B

DAIHATSU

Dijual Daihatsu Xenia Li’05 Silver/Bg/Kondisi

Istmwa.0821-7882171810132445B

Baru.Astra Daihatsu R.Stock Angs 2Jtan /

Kredit 6Th,Abunawar 0812788475910131346B

Dealer Resmi DAIHATSU.Terios,Xenia,Grand

Max Dp 20%.Hub:Yanto 08127770939710132535B

HONDA

All New Civic 1.8 MT’11 Akhr,Htm,Mls,Tgn

1,Spt Baru,Pakai Sndr.0852-6757201010132202B

Honda Revo Fit “11 Aher,Spt baru,tgn 1, Hrg

7,8 Jt Nego Hub.08127851592/795799110132372B

ISUZU

Panther Grand Royal’96 Mulus,Lengkap,Hrg

57 Jt Nego,Hub:0812789124910132382B

Panther Touring Turbo “10 Silver,Tgn 1,Pjk

Pjg, Lkp Kond. 95% Hrg 225 Jt Nego

Hub.08218246177410132183B

SUZUKI

Suzuki Eskudo’95 Ungu Met,Ori,SP,Hub:

0813-6461731310132515B

Suzuki Vitara”93 Full Variasi,Lkp,Khusus

Pemakai,Hub:0711-915279910132520B

TOYOTA

Toyota Grand New Fortuner Type G

Lux(Bnsin)”12, Htm Met,BG,GPS,Dvd,TV,

2HR Monitor,Hrg 385Jt.Hub:081174174010131855B

HardTop Dsl Asli BJ 40’82 Br bgn,Mrh,Mls,Ban

33 bru,Istimewa,S.Pkai.08526757201010132204B

Kjg Astra Super’91 Long,Lkp,AC Double,Hrg

47 Jt Nego,Hub:0711-327795610132504B

Tyt Crown RS “90 Classic matic slvr met,

mls, Ori,mwh,msn bgs,AC Dbl,TR,VR,PW,

PS,EM,Rmt,ada kulkas/Cool Box elktrik seat

Pjk pjg 39 jt nego Bs TT Tlp,0816355183 /

0711606212310132404B

Kijang Super G’95,Ac,Tape,Velg Racing,

P.S,Pjk Pjg Nego.081373861282/41397310132436B

Kijang Kapsul LSX Solar’97 Mls,AC,PS,

PW,Hub:0813-7773710610132528B

MOBIL DIJUAL

Truck Cold Dsl PS120 Th95,96,97, Kond.

Trwt,Bak Pendek Besi,Plat BG,Hub:0813-

6961388810132245B

Ford Everest XLT”2008 Hitam,4x2 TDCi

Istimewa,Hub:08788882689910132325B

MOBIL DIJUAL

T.Rush G Th’2008 Htm,BG,Lkp,Mls,Hrg

158Jt.Hub:0816355069 / 0711-81638110132406B

Ford Telstar 2000CC Sep’98,Kond.Baik,AC

Dg,Ban Bgs,Tape,Jok Klt,45 Jt.08527346959010132407B

Dijual Toyota Avanza G VVTI’07 Silver/Bg/

Pjk Pjg Kondisi Istmwa.0823-8730988010132443B

BMW 318i Th”98,Cat Asli,Interior Ori,Rapi,

Velg 5 Ori,Lkp,Mls,H.68Jt,Mio Soul’2010

8,5Jt.Hub:085788434378 / 0711-428718710132512B

Innova’04 G,Bsn,BG,Hijau Met,Hrg 131Jt,Pjk

Pjg,Hub:085368798346 / 08536797665910132518B

Dijual Kuda Super Exceed’01 Bsn,Hrg 65Jt.

Hub:0711-776672210132519B

Cpt 36 Jt Timor SOHC “97,BG Asli,Tgn1,

Biru, Orsl Pakjo Hub.0821-15759000BB.

2346000E10132550B

Avanza G 08 Hitam Bg/Kijang Lgx’03 1800

Hitam Bg.0812-2597778810131216B

APV SGX’08 110Jt.Kjg SGX’02 105Jt.

.Terano SGX 70Jt. .Grand Max MB’08 80Jt.

Esc udo’96 66Jt.Honda Maestro’90 38Jt.

Timor’00 25Jt.PERKASA MOBILINDO

: 0711- 7390448 / 08218152947310131580B

Jimny Th’95 Lkp,PS,VR,Rmt,Dvd,BG,Hr

48,5Jt.Hub:0812713813110132287B

CRV a/t’07 Hitam,BG,Jazz,iDsi Facelift’06,

Silver,BG,Xenia,Xi Th’08 Htm,B.Grand Livina

XV’08 Hitam,BG.Avanza G’08 Hitam, BG.

Innova G Bsn’07 Hitam,B.Innova G Bsn’05

Htm,B.Innova G B Bensin’04 Silver B.Kijang

Krista Dsl’00 Biru,BG.ARTHA MOBILINDO.

0711-312150/ 0815-3283000810132463B

Soluna’02,Warna Orange Mls,Pw,Lcd,

Pmkai,hrg Nego,Hub:0811-78787310132498B

Dijual Cpt H.Genio’92 Pth Mls,Bg,Msn Krg

Hls,Bdy Klg,Ps,Pw,Vr,Dvd Usb Ac Dgn Pjk

Pjg S.Pakai.08199515561110132550B

OVER KREDIT

Kjg Kapsul LSX Dsl,Kembali Dp 30Jt,Bs TT

Motor,Hub:082175752789 / 0711-300722310132510B

Xenia Xi’11 Grey Full Variasi,Balik Dp 55 Jt

Nego,Hub:08127300773 / 0711-731000310132517B

Mobil Carry Pick up “05 Hrg 31 jt angs 1 jt/

bln sisa 27 bln hub.08217572081910131364B

OVER KREDIT

Panther”95 Dp 13 Jt,Angs Jln ke 11,Hubungi:

08136883033310132324B

MOTOR DIJUAL

Suzuki FU 150 SCD Th’12,Hrg 13,3Jt Nego.

Mio Th’12 Pth,Hrg 9,2Jt Nego.Hub: 0853-

8050520010132523B

KONVEKSI

JUN KONVEKSI,Sblon,Kmja, Jkt,Brdr,Komp,

Jkt Trg.Jl.May.Sabara Sekip.08192776048010131179B

CV.MAILPRO:Trm Order ut Pilkada:Kaos(Mlai

6rb),Rompi(Mlai 30rb),Bendera-Jl.Srijaya

Negara 195 Bkt Bsr.08127866540/701624510131785B

LOWONGAN KERJA

Dcr Ut Dapur&Pelayan,Min SMA.Utk

Blackstone Grill&Coffee,Jl.Let.Arozak. Hub:

562663910131325B

Dibutuhkan Cmo Extra Cash,Sms Finace

Hubungi:0813-7313354910131550B

Lembaga Simpan Pinjam Mikro Mbthkn: Ac-

count Officer(AO),Syrt:Tmtn SMA(Pria/

Wnt)Usia Max 35Th,Mmpu Mngoperasionalkn

Kmptr,Lmrn ditjkn:SWAMITRA,Ruko Baru

Blok U No.12,Jl.Kampar Giri Psr prumnas

Sako Kntn,utk Penempatan Area Kertapati &

Kenten.10132388B

Dbthkn Security & Teknisi Lstrk Pnglmn/Pria/

Antr CV & Interview Lsg Di Gdg.Wnt Rajawali/

Hri Selasa 5 Maret 2013/Jam 13.00- 16.00 Wib10132439B

PT.Unique Plg,dbthkn Sgr Marketing,

Syrt:Brpnmpln Mnrik,Pria/Wnt,Memiliki

Pnglmn Di Bdg Furniture,Pny Kndran Sndr &

Sim C Lmrn d/a Ke Jl.Pangeran Ayin No.69

Telp.0711-81025710132441B

Penjual Kellg Roti Prdk SARI ROTI u/

AreaKm5&Plaju.Pghsln Diats 3Jtan/

Bln.530048910132456B

Dbthkn ADM Wnt,Single,SMA/D1,Hub: LP.ETT

Plaju,0811715101 / 541337 Tdk Melalui SMS.10132500B

Dibthkn Sgr 2 Org,Tk Gunting Rmbt(Pria),

Brpglmn,Hub:Pangkas Pak Haji 0711-870298910132507B

Dicari tukang Las dan kenek untuk trali

Hub.0711531329810131364B

Simply Fresh Laundry Kencana Damai,Bth

Kary/ti,Min.Sma(Bw Lmrn,Cv&Ktp)0812-

713683110131371B

Bth Teknisi AC Ruangn,Syrt:Jjr,Loyal,diutmkn

u/prbaikn.081278116868,Fas:Gj,Ins,UM(Lr

Kta dsdiakn Tp tgl)10131899B

Dibutuhkan Bag.Dapur & Waitres Min

SMA,Pengalaman,Dtg Lsg:RM.ANGEL

Dempo Dlm Blkg Selatan Indah.Tlp:0711-

36328210132405B

Dbthkn Karywn Lulus STM & Pny SIM C+Motor

Lmrn Atr Lsg Ke Toko MUSI Jl.Srijaya Negara

No.222B10132452B

KEHILANGAN

Dbthkn:Marketing u/PT.JNE Logistik,Syrt:

1)Pria/Wanita Max 30Th,2)Memiliki Ijazah

Min D3 Smua Jurusan,3)Memiliki Sim

C,Memiliki Pengalaman di Field yg sama

Minimal 1Thn, Lamaran kirim ke email:

[email protected], Hub:0813-2618872110131985B

1 Bh BPKB asli mbl sdn Honda Civic SB 4

1488 cc “86 NOPOL BG 574 Ab Noka.SB4-

54862365 Nosin.EW2-1435525 No.BPKB :

6913192F a.n Drs.sanwani 08538000517410132072B

PENGUMUMAN

Dicari Mobil Truk PS 120 Kuning Th’2006 BG

8297 D,Bagi yg Mnemukan,akan Mndpt

Imbalan Rp.2Jt,Hub:081271797699/0813-

77887661/08136752430010131994B

KOST

Kost Bunga,Jl.Srijaya No.882 Musium

Baladewa Dpn Ktr SKB.0711-417027/0852-

1500554010131586B

Menerima Kost Putri,Lokasi Gg Jama-Jama

Plaju,Hub:081273798464 / 08789750007510132377B

Kost,ac,non,p. luas.t lp.0711-311632

jl.Enggano 1 no.1 Puncak Sekuning plg10132495B

D’PARAGON Jaringan kost excklsv fslts ala

htel 2 lok strgs mlai 150rb/hr-2Jt/bl.R

SV:081328885511,8016777 www.dparagon.com10131386B

FAMILY KOST Harian/Bulanan.Jl.Jendral

Sudirman.Hubungi:0711-35341810131508B

Kost AL-SUTARI,Fasilitas Lengkap AC/Non

AC,Samp.Griya Agung,Hub:08127849888910131868B

KOST

Kost2an Karyawan/i,Talang Semut,1 menit dr

kambang iwak,Parkiran Luas,Fas Lkp,AC/Non

AC,TV LED,K.Mndi,Lmari,Springbed,

Bulanan.Hub:081273371555 / 08526727729910132249B

RUKO DIJUAL

1Ruko 3Lt Full Jl.Kol.H.Burlian Km7 1Ruko3Lt

Full Jl.Skip Ujung/Psr Leka 08576483333310132368B

9Ruko Baru 2.5Lt Skip Bendung 3 Ruko Baru

2Lt Komp.Citra Grand City Leka 0857-

6483333310132370B

3Ruko 2,5Lt Jl.Cut Nyak Din BB 4 Ruko 2,5Lt

Jl.Pck Sekuning Luar Leka 08538348333310132374B

RUMAH DIJUAL

Tp70,3Kt,1Km,Fas:Pam,Pln,Listrk,Shm,

Lok.Kenten Sako Village Blok F No.7 Peminat

Hub:089613441369 (Sms) / 0711-59498010131381B

Tp Rumah Cantik Lb/Lt:80/121 Komp.Graha

Raflesia Kenten Blok K No.5 Dpn Indogrosir

Lingkungan Aman,Tenang,Ekslusif,Security

24Jam Hub:Handoko 0811-71877710131726B

Rmh Siap Huni,Minimalis,Jl.Soekarno

Hatta,LB/LT.200/300,Hub:08217773589310132224B

Rumah,LT/LB.480/240,SHM,5KT,2KM,Jl.Batu

Nilam 56 (Cempaka) 26 Ilir Plg.Hub.Sas,

Hp:081269672538 / Tanpa Perantara.10132241B

4Kt,3km,Lt144,Pdam,Shm,Komp.Kenten

Indah Blok F No.24 Kenten City.0811-710055510132447B

Rmh LT.360/LB.200,Sukarame Indah

Km.9,3KT,2KM,Hub:082181859577 /

08217964329910132457B

LT.212m² ,SHM,4KT,2KM,RK,RM,Dpr,Grsi, Bs

2 Mbl,Jl.Semangka 4,Dpn PDAM Jl. Rambu-

tan, Hub:082177821982 / 085267516880 (TP)10132502B

Pusri Borang,2KT,1KM,LT.150m²,LB.80m

,Renovasi,Jl.Gelatik B6 No.15 Plg.Hrg 240Jt

Nego,TP.Hp:085664710638 TP10132506B

Type 54/144 Blk Istana Gubernur Family

4B2,Nego.Hub:081278190111 / 08153234588810131522B

LT.540m²,LB.120m ,SHM,Th’97,Hrg 750Jt

Nego,Jl.Md Api Kel.Srijaya Km5,Hub:0711-

411752 / 08136874035610131900B

Komp. Villa Kebun Bunga LT.174,LB.110,T.

54, ada gas alam,grsi,tlp,Pdam NEGO

Hp.0812737990910132183B

Rumah Siap Huni Minimalis Jl.Mcn Kumbang

Lb/Lt:60/120,2Kt,2Km.Hub:0812-7118892010131614B

RS 45/120 Dkt K.Bupati OI,100 Jt Nego,Hp

: 081274828836 / 08127866642210132072B

RS.36/80 Di Blkg ITC OI,65Jt Nego.Hp:0812-

78666422 / 08127482883610132076B

T48 Minimalis/Lt 140m² ,Pam/PLN,Grasi/Pgr

Kllg/Trali/AC 1Pk/S.Huni,170Jt Ng.0821-

8234560210132083B

T.36 Dkt Jl.Kol.H.Burlian Kel.Sukarame &

T.105 Tlg Ratu Km.5,082178395434 / 32235110132093B

Rmh Baru,2Lt,T.104 di Pinggir Jl.Tlg Ratu

Km.5,Hub:082178395434 / 32235110132232B

Di Komp.Pusri Sako,Jl.Lada II,LT.225m²,

LB.70m ,SHM,PLN,Pam,H.Nego,Berminat

Hubungi:0812783119410132322B

1Rmh Baru 2Lt Type 128/158m Jl.Kbn Sirih

Satelit(Jm Kenten) 3 Kt/Ac 4 Km/Shower/

Dapur/Shm/Grasi Siap Huni.Leka 0857-

6483333310132362B

3 Rmh Baru Type 80/128 Komp.PIR Jl.S.

Bangun II Km7 Masuk 21m,Blkg Alfa Mart 3Kt/

2Km/Pln/Shm Leka 0857648333310132363B

1Rmh Type 120 Hook/294m,3Kt/2Km.

Jl.Celentang 1 Rmh Type 45/201m 2Kt/1Km

Hook Komp.Kenten Village Leka 0857-

6483333310132365B

2Rmh Type 36/Bata Komp.Griya ALmenia

Jl.Tjg Api-Api 2Kt,1Km,Shm Leka 0853-

8348333310132367B

1Rmh Type 50/117m Komp.Bkt Asri Jl.Pdam

Lrg Mandi Api 2Kt/1Km Pam,Pln,Shm Leka

08576483333310132372B

Rmh T.36 260m²,90Jt & T.80 H.130Jt & Tnh

300m di Kenten,H.50Jt Nego.08217808407310132526B

DIJUAL

Brangkas Uk.Besar T:170,L:70,Berat:1,5Ton,

Hrg 12Jt.Hub:0711-7368202 / 08535711877510131480B

Dijual Perlengkapan Butik + isinya,Harga 9 Jt

Nego,Hub:08576880054710132404B

KIOS di Talang Jambe Ls 4x5,5m,

Jl.Pesantren Sultan Mahmud Badarudin,Hub:

Eka 08536600446110132530B

TANAH DIJUAL

Dijual Cepat,Tanah Utk Ruko/Kost Town

House Ukrn 13,5x34.Dwikora Pinggir Jl.Raya,

Hub:081278796999 TP.10132340B

TANAH DIJUAL

Tanah Luas 1000m Jl.Celentang/Pn 9 Tanah

Luas 4700m Jl.Celentang Leka 0857-

6483333310132376B

DISEWAKAN

Rumah di Jl.Shudak (Kampus)Gang Mawar

III No.22 Rt33.Hub:321836/0812787613910132454B

Disewakan Los 3 Pintu,Psr Padang

Selasa,Lok.Di DPN(Parkiran),Hub: 0812-

73371555 / 08526727729910132251B

Telah dibuka Gedung Serbaguna GRAHA

MASTURAH,Untuk Pernikahan,Rapat,

dll.Hub: 0711-5309942 / 530994310132422B

Tenda,Kursi,Catering,Pelaminan,dll.

Hub:0711-7018544 / 0711-41032510132455B

CATERING

Catering Payung Mas,Hrg 16rb,Mrh & Service

Lkp,Bns eskrim,Hub:081367543912 / 0711-

41009410132218B

NASSYA Catering 8-10,Lkp 16-18,spsl bns

eskrim & tenda VIP,mlyni ctrg kntr 8352782/

08136723717910131462B

Amanah Catering,u/Rspsi,Aqiqah,Ns Ktk,

Tumpeng,Ns Mnyk,Eskrim,Mnywkn Al

Ctrg,dll.0711-779705510131679B

BATUBATA

Batu Bata Kwalitas Baik,Cetak Press 400

Terima Tmpt.Hub:0711-3264400/0711-

707285210131539B

Page 20: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013
Page 21: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

SIAPA sangkabanyak perusa-haan kelas duniadi Amerika Seri-kat mempercayaiweb hosting-nyadi Wowrack, peru-sahaan hosting kar-ya anak bangsa?Ya, Edward Osckardan Jimmy Pandra,dua anak muda inisukses membangun perusahaan internet hosting di AS. Lihatlah diwebsite www.wowrack.com, perusahaan besar kelas dunia sepertiMicrosoft, Amazon, EMC, McAfee, Starbucks, Boeing dan Kaskustelah menjadi klien mereka.

Edward Oskar, salah satu founder Wowrack yang merupakan lulusanSeattle Pacific University ini mengakui apa yang mereka raih saat initidaklah mudah. Sebelas tahun silam saat perusahaan mereka didirikanbanyak yang mencibirnya, karena mustahil mendirikan perusahaan in-ternet hosting di saat kondisi AS sedang mengalami dotcom crashyang mengakibatkan banyak perusahaan teknologi baik besar maupunkecil, gulung tikar. “Banyak orang menganggap kami gila karena memulaibisnis internet hosting,” ucap Erward, Founder dan Owner Wow Techno-logies, Inc.

Perlahan namun pasti, bisnis yang mereka jalani tidak sia-sia. Awal-nya bermula di apartemen kecil berukuran 60 meter persegi, kini pe-rusahaan mereka berkembang hingga memiliki base di sebuah komplekbisnis di kawasan Seattle, Washington DC. Namun, diakui Erward,sukses yang diraihnya dalam mengembangkan Wowrack ini tidak diraihsecara gampang. Mereka harus mengencangkan ikat pinggang supayabisnisnya tidak kolaps. Bahkan, mereka tidak mengambil gaji dan dividenselama empat tahun. Selain itu, salah satu strategi yang dikembangkanErward dan Jimmy untuk memasarkan jasanya tersebut adalah denganikut aktif di Startup Weekend, ajang meet up bagi para pengusahapemula di Seattle. Di acara itu, Wowrack memberikan hosting murah,bahkan gratis, kepada start-up yang kebanyakan masih berkantongcekak. (adh)

22 SRIWIJAYA POST

Sabtu, 2 Maret 2013 23SRIWIJAYA POST

Sabtu, 2 Maret 2013

@LimassripoLimass Sripo

LEMBARAN INSPIRASI MAHASISWA SUMATERA SELATAN

Limassripo email: [email protected]

n Adi Kurniawan Bima (Universitas Bina Darma)

n Agus Munir (Universitas Sriwijaya)

n M. Fadhil Dzulfikar (Universitas Sriwijaya)

n Dwi Riyanto (Poltekkes Palembang)

n Putri Saadatul Rashidah

(Institut Agama Islam Negeri Raden Fatah)

n Joni Irwanto (Universitas Taman Siswa)

n Arta Kusuma Ningtyas (Universitas Sriwijaya)

n M. Noble Hidayatullah

(Politeknik Negeri Sriwijaya)

n Igun Bagus Saputra (Universitas Muhammadiyah)

n Rahmaniar Agustin (STMIK MDP)

Celana Skinny

Maunya Tampil Oke...

MODER-NISASImemang

menjadialasanmunculnyainovasi.Dalamberbagai

aspek kehidupan.Tak kecuali dengan duniafesyen. Selalu up to datedan mengikuti tren adalahhal yang paling pentingbagi penampilan pararemaja. Hal ini selarasdengan gencarnya anak-anak muda yang kinigemar menggunakanpakaian atau celanabermodel skinny. SepertiRyan Try Putra ma-hasiswa yang mengakumerasa lebih percaya diri

ketika bepergian me-makai pakaian ataupuncelana skinny. “Aku lebihmilih pake yang skinny,soalnya lebih goodlooking. Apalagi buatanak muda seusia aku”ujar Ryan.

Disinggung mengenaidampak dari celanaskinny, Ryan juga pernahmemikirkan aspekkesehatannya. “Pernahdengar masalah celanaketat itu bisa menimbul-kan kanker, terutamabuat cewek” lanjut Ryan.

Berbeda dengan Ryan,Novita Kurnia Sari,mahasiswi Indo GlobalMandiri ini mngaku tidakbegitu suka dengan celanaketat “Aku nggak suka,soalnya risih kalo pake

yang ketat-ketat gitu”tutur Tata, sapaanakrabnya.

Tak dapat dipungkiri,maraknya penggunaancelana skinny atau ketatternyata menimbulkanberbagai spekulasi baikpositif maupun negatif di

tengah masyarakat. Mulaidari yang merasa lebihpede, kurang enakdipandang , menyumbatperedaran darah sampaimenjadi salah satu pemicukanker kulit.

Ditelusuri mengenaidampak-dampak tersebut,

Fitriyah salah satu dokteryang bekerja di RS. SitiKhadijah memaparkansekilas mengenai haltersebut. “memang adakemungkinan mengguna-kan pakaian yang terlaluketat dapat memicukanker kulit atau kanker

melanoma” tutur dr.Fitriyah.

Lebih lanjut dokterumum ini menje-

laskan mengenaikanker kulit jenisMelanoma.

Fitriyah menjelaskan,bahwa pada dasarnyamelanoma adalah kankeryang ditimbulkan akibatpaparan sinar mataharikarena proses apoptosisdengan pembelahan seltidak seimbang. “ kalodari segi patofisiolginyamasih kecil kemungkinanterjadi kanker.”ujarnya.

Maka, ketika seseorangmenggunakan celana ataupakaian skinny. Perlin-dungan untuk lapisankulitnya dari paparansinar matahari berkurang,

yang lama kelamaan akanmemicu timbulnya kankermelanoma yang berasaldari melanosit bagian darikulit.

Bukan hanya itu, masihada kemungkinan lainyang bisa ditimbulkan.“kemungkinan besar bisaberasal dengan timbulnyajamur karena faktorkelembaban dan faktorkesuburan” jawabFitriyah ketika disinggungmengenai dampaklainnya.

Kelembaban suhu udaradi dalam tubuh danmenurunnya kesuburandapat terjadi karenasecara otomatis hal iniakan memengaruhi kadarPH dalam tubuh manusiaitu sendiri. (art)

Laput

24

KABAR gembira bagi pecinta olahraga futsal. Beralamat di Jalan Dr MIsa, kini ada tempat nongkrong asyik buat Limasscious yang hobi denganolahraga futsal. Nama arena ini adalah Dunia Futsal. Dunia Futsal me-nyediakan dua lapangan ukuran sedang dengan rumput yang masih anyardengan warna inovasi baru, yakni perpaduan dua warna rumput yangberbeda. Membuat kita seolah berada di San Siro, kediaman klub besarEropa AC Milan. Selain menawarkan lapangan futsal dengan inovasirumput yang fresh, di sini Limasscious juga bisa menikmati segarnya tehtarik dengan harga istimewa dan murah, mulai dari Rp 3000 sampai Rp6000 . Nggak bikin kantong bolong tentunya. Buka mulai pukul 07.00 WIBpagi sampai dengan 23.00 WIB. Harga promosi mulai dari Rp 100 ribuhingga Rp 200 ribu untuk jam malam. Gimana Limasscious, pengencoba? Yuk, main! Salam olahraga! (jdr)

Sicilia Dwicitra UtamiMahasiswiFKIP BahasaInggrisUniversitasSriwijaya

SAYA sih kalomake celana ya pilih jangan yangterlalu ketat, habis nggak nyamanjuga make yang ketat-ketat. Kalotemen make celana kelewat ketatsih biasanya saya bilang ke diakalo itu nggak bagus untukkesehatan. Selebihnya sih kalomau gaya kayaknya pikirkenyamanan juga kali ya, nggakasal make. (mu2)

Good NewsGood NewsGood NewsGood NewsGood News

WowrackPerusahaan Anak Bangsayang Mendunia

Check InFutsal Nyambi Nyeruput Teh Tarik

FaktorKenyamanan

Kata Mereka

Jimmi PratamaMahasiswaAdm NegaraSTIA SatyaNegara

SEBAIKNYAperludisosialisasikanlagi mengenaidampak yang

ditimbulkan, karena cukupberbahaya untuk masyarakat luas.Semoga masyarakat luas bisamemahaminya. (abi)

Ulum SugestiMahasiswiIAIN RadenFatah

KALO aku sihdemi gayagak apa-apa.

Lagian nggak sering-sering jugamakenya. Palingan kalo akumakenya aku ganti-ganti kadangjeans kadang sepan dasarapalagi celana atau jeging harigini lucu-lucu, bisa disuaindengan gaya. Yah itung-itungdemi mendukung penampilan,apa sih yang nggak. (mu2)

DukungPenampilan

Dampak yangDitimbulkan

Ketat... Nggak MasalahCELANA ketat? Bagi

Micky, cowok kelahiran11 September 1977 bukanmasalah. Sepanjangdalam pemakaiandirasakan nyaman danpas di tubuh.

Aktif sebagai basisband Tipe X, Micky rajinnge-gym buat menjagastamina agar tetap fittiap kali manggung.Sebagai entertainer,menjaga penampilansangat penting buatMicky. "Penampilan

BIODATA:

Nama : Micky X

TTL : Jakarta, 11 September1977

Hobi : Traveling

Moto : Nasib kita yangtentukan selain Tuhan yangberkuasa

Aktivitas : Basis Band Tipe X

penting dong biar enakdiliat, selain nge-gymlatihan terus danmemperdalam skillsupaya lebih percayadiri saat perform,”ujarnya.

Soal urusan makanartis yang satu inimengaku nggak pemilih,apa aja menu yangdisajikan dilahapnya.Bergabung sejak 1995,awal Tipe X dibentuk

pehobi travelingini mengaku gak

masalah pakeskinny jeans.“Skinny jeans gak

masalah ya selagi yangmakenya nyaman danmerasa cocok. Kalo soalkesuburan masih banyakkok nutrisi buatmengatasi masalahkesuburan,” kata Mickysaat dimintai komentartentang celana skinny.

Selain aktif ngeband,cowok berbadan kekarini juga pernahmembuka usahaelektronik di Jakarta.

“Paling kalo senggangbuka usaha elektronik,nyambi aja sih,”ujarnya.(rto)

PPPPPoooootrettrettrettrettret

TWITTER@WOWRACK

SRIPO/ARTA

Mahasiswa yangm e n g g u n a k a ncelana skinny.

ISTIST

IST

IST

IST

SRIPO/ARTA

Mahasiswa yangm e n g g u n a k a ncelana skinny.

SRIPO/ARTA

Mahasiswa yang meng-gunakan celana skinny.

Page 22: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013
Page 23: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

25SRIWIJAYA POST

Sabtu, 2 Maret 2013

Benahi Lini Pertahanan

De’trySilalahi Emangperlu evaluasidri setiappertandinganagr dpt jd lebihsolit buatpertandinganberikutnyaterutama linipertahanah ygjd sorotan

Ewin DewaJika kita maensepertimelawan gresiktdi..aku yakinmenghadapipersib nantiSFC akankesulitanmenangmenghadapipersibnanti..SFC Kebobolan 3 gol tdi..

BayoeKelanazz linibelakang blmkompak..dakkatek ygmimpin di linibelakang..playmakerbaru katekkabar y??apomasih naknunggu erick??

KENDATI menang 4-3 atas Gresik United dalamlanjutan ISL 2013 di Stadion Petrokimia Gresik,

pelatih dan manajemen Sriwijaya FC tetapmelakukan evaluasi, untuk memperbaiki

penampilan Sriwijaya FC di laga berikutnya.Terutama saat menghadapi Persib Bandung di

Jakabaring 9 Maret mendatang. Evaluasi memangperlu dilakukan karena Persib akan datang dengan

skuad sumpurna pasca bergabungnya Sergio vanDijk. Apa komentar Fbers?

Robbie‘Hidayat’Pratama linipertahananharus dperbaiki..

BangHermanto JrSemoga kitobantai jugopersib #slamtrio kwek2tantan,hilton,foday.kitotunjukiwong 3 ygblari kepersibtuh.mugopeculkakinyo...amiin

EkaNoviansyahWaspada ajadi linibelakang,soalnyabrapapertandinganini bnyakkebobolan.

Yohan TokLini belakangpertahanan Sfcharus diperketat lagikrn seringkedodoran.

DraniusPrayogisemangat mangkas.....buathilton/tantansamo fodaymakin kompak

Aan Andriantingkatkanterusssssssss

MapendosApa pun hasilnyo,,menang/kalah,sriwijayatetap di hatimasarakatsumsel,,,maafmin saya tdkbisa kmntarbnyak,mslaliniblakang,karnapelati dn menejemen lbi tau apakekurang SFC,,jdi kita sbgaypencinta sfc jga sportipitas,dn trusberdoa agar sfc bsa merebut gelarjuara,di putaran ke 2, slm hangatdri bumi sedulang setudung.

DenidDlasminotesIndedarcKuinos dodokbgus maennyevaluasipertahanan

pkekserangan sayapsprti tadi

jangan trlalukendor

Fadlan ArizalMemperbaikilini belakang ygkrg baik,malahan sngtburuk linidepan sudahokkk, posisitantan ck tdi bebiar dy leluasngegoalke pakkas

AgenkBerharapAmnesiatolong donkfandi mochtarmainin darimenit awalà à

Abdul

Rahm

anS

RIP

O/Z

AIN

I

PA L EMBANGPA L EMBANGPA L EMBANGPA L EMBANGPA L EMBANG

ALAT UKUR TANAH

Rental,Jual Beli Theodolite,Wp,Ts,Service &

Kalibrasi.Hub:0813-6912088810131439B

AHLI SEDOT WC

CV.MULTI KARYA “VACUM” Tnk Besar,Harga

Murah.Hub:0812-7873371/0711-700111910131245B

Sedot Wc Mampet,Tngki Bsr,Bs Mlm Hri.

Hub:817743 / 081271780097 / 582020210131857B

RAJA MAMPET,Atasi Wc/Saluran air

Trsumbat Tnp dibongkar,Hub:8630571 /

08137805358710132045B

SERVICE AC

SINAR TEKNIK.Service Ac,Kulkas,Mesin

Cuci,Brgaransi,Hub:0711-710786 / 0813-

7363788510132118B

AC Milan Cuci,Perbaikan,Bongkar Pasang,

AC,dll,Bergaransi,Hub:0812-7441444710132403B

SERVICE ELEKTRONIK

Ahli Spesialis Tv,Kulkas & M.Cuci Rusak.

Hub:AYOUNG:8340105/081368839949 Lsg

Dtg Prbaiki.Grnsi10131567B

Ahli Spesialis Service,Tv,M.Cuci,Kulkas

Rusak, Hub:APAU 7069694/0811781295 Lsg

Dtg prbaiki,Grnsi.10132479B

Ahli Service Kulkas Tertusuk & Kerusakan

Lain,Hub:TEKNIK 90,9 ilir.0711-36722510131432B

DOKTER KULKAS.Spsialis Prbaikan Klkas,

dlm/Luar Negri/Grnsi,Hub: 08127865778/

425466210132116B

Service Tv Bergaransi,Segera Datang.Hub:

AHOK 7010976 / 0812-783927210132458B

Ahli Service Tv,M.Cuci,Kulkas Rusak,Hub:

7059100/081368918732(AGUAN)Lsg Dtg

Perbaiki.Grnsi10132482B

KOMPUTER

Service laptop(Baterai/Keyboard/Lcd)Murah.

Hub:359859/7355379/0819-9494340810131964B

BEST DATA.Cpu P4 3.0 ghz/512/40/mm dual

core,Hub:0711-7376347 / 0812781251010131461B

VIDEO SHOOTING

SUKSES JAYA ABADI “Photovideo”

Pernikahan Event,dll.Hub:082176453044/

08127181868610132183B

SERVICE MEUBLE

Trima Prbaikan Sofa,K.Tamu,K.Kntr, K.Jati,

Spgbed, Plitur.ATENG:085380019585/0819-

5814050410131748B

ARSITEK

ARCH Studio,Mnerima Jasa Pemb.Maket,

Brosur,Gmbr 3D,Hub:085764340467 /

08239143383810131795B

Menerima Jasa Borongan Pembangunan Rmh

& Ruko,Desain Minimalis,H.2,5Jt/Mtr.Hub:

08217991299610132471B

WWW.RDVARSITEK.COM Terima Pek.

Bangunan Interior & Eksterior.0817538810 /

0711-327285610132453B

BIRO JASA

J.Pengurusan pt,Cv,Yysan,Situ,Siup,

Tdp,Npwp,Sbu,Ska, Paspor,dll.0812-

25296001/08217999090710131273B

Pengurusan:PT,CV,SITU,NPWP,SIUP,TDP,

PKP,IUJK, SBU.Perum Griya Cipta Permai

Blok E 07,Jl.Pesantren Tl.Jambe Plg.0823-

7422722710131574B

BENGKEL LAS

Bengkel Las Berlian Trm Trls,Pgr,Canopy,

Almunium Composiv,Roling Door.0813-

6774221610132056B

“SEMOGA SUKSES” Trm Psnn Tralis,Pgr

Canopy,dll,Murah,Berkualitas,Hub:0812-

7148371310132243B

KURSUS

Kursus Mengemudi Mobil Matic,dg Baik &

Benar,Nyaman & Aman.Hub:08127161400510132212B

LES PRIVATE

Bimbel & Privat ALFATTAH,Mipa&B.Inggris,

SD&SMP,Jl.P.Kmerdekaan No.899,Tlp: 0853-

80002907 / 0819482372910132216B

Gemilang Private sjk ’93,Dtg Krmh,

MIPA, B.Ing.Mlks,Tk,Sd,Smp, Sma,

Pglmn.700551710132478B

RENTAL

RENTAL DAFFA.Avanza,Xenia,Innova.Hrian/

Blanan.Hrg Murah.Hub:082178757676/

777007010130254B

C7 Rent Car,Aplhard,LC Dbl Cabin,

Avanza,Xenia,Kuda,Innova,Hrg bersaing,

Dlm/Luar Kota,Bs dg Sopir.Hub:0811710863410131313B

Mobil Pengantin Mercy”07"08,1Jt(+ hiasan

bunga),Hub:08137779499910131582B

AGHA RENT,Sewa Mbl Innova,Triton,

Xenia,dll.1Hr=24 Jam Mrh,Hub:08136764675410132177B

TNT Rent/Avanza,Xenia,Mlai 250an,

Terios,Innova, APV,Fortuner,Hub: 0813-

73704994/0711-7785511/08962704985710132484B

RENTAL KARTINI.Innova,APV,L200,

Fortuner, Luxio,Hub:0711-710339/0711-

719337/08218455335610132485B

CSA RENTAL.Avanza,Xenia,Livina. Hubungi:

08117826515110131758B

DIVA RENT CAR.Innova,Avnz,Xenia,

Terios,Yaris,Honda,Kjg,Hrn/Bln.Hub:

08532577850510132091B

DAFFA Rent a car,Mywkn Minibus,Sedan

Truck,PU,Dlm/Luar Kota.08127112002 /

31125910132473B

ADIFAYU Trans Premium:Mnyewakan

Innova,Avanza,Civic,Jazz,Freed,Triton,Ford

Rangers.5449000/0812717200010132475B

Aditya Rent a car.Innova,Avanza, L300,

D.Cabin, Vios,Civic,Freed,0812-71879999/

41679410132477B

SUMUR BOR

Ahlinya Sumur Bor & Dijamin Anda Tidak

Kecewa.Hub:0711-357445 / 0812739378810132009B

BUNGA

Diva Florist Sewa Papan Bunga & Jasa Kurir

Dlm Kota PLG.085266699060/7873335510131280B

DICARI

Dibeli Botol Aqua,Alfa,dan Sejenisnya.Hrg

Rp.150,-/biji.Hub:08136656145510131820B

DANA TUNAI

Dana Cpt Jaminan BPKB,Hub:Kevin 0823-

76988808,Julio 082376988688,Andre

085369339966,Rosa 08536933669610132548B

DIJUAL CEPAT

Koleksi Antik,Ut Wrtwn,Ktr Media,Cmera,

Vdeo Cmra Yashica,Sequll,Canon,0812-

7161400510132214B

menjual pereabot Rumah tangga (Pindah

Rumah) Hub.081933320702/08137779547710131508B

5 Unit Rumah Baru,Type 60,Minimalis Dp

25Jt,Dkt Jl.Bandara,Kenten,Sukawinatan,

Sukarami,Hub:08238003949910132282B

PELUANG USAHA

Dicari Pengepul/Supplier Karet Alam,Hub:

RUDI 0852-3080993310131797B

PELAMINAN

SEKAR MELATI.Menyewakan Pelaminan Lkp

3Jt,Catering 15rb Perporsi,Hub:0813-

73937166/872828010132468B

KESEHATAN

Pijat Urut Tradisional Pria/Wanita Lulur,

Khusus Pnggln.Call Mb Diana 08520893552910132201B

Therapy Urat syaraf,pegel,capek,Mslh

Kejantanan,Jual Madu,dll.Didi 08520816946010131364B

Massage Therapy,Reflexy dgn Tenaga Pria &

Wanita Profesional,Call ARY 08536682811010131499B

DAIHATSU

Dijual Daihatsu Xenia Li’05 Silver/Bg/Kondisi

Istmwa.0821-7882171810132445B

Baru.Astra Daihatsu R.Stock Angs 2Jtan /

Kredit 6Th,Abunawar 0812788475910131346B

Dealer Resmi DAIHATSU.Terios,Xenia,Grand

Max Dp 20%.Hub:Yanto 08127770939710132535B

HONDA

All New Civic 1.8 MT’11 Akhr,Htm,Mls,Tgn

1,Spt Baru,Pakai Sndr.0852-6757201010132202B

Honda Revo Fit “11 Aher,Spt baru,tgn 1, Hrg

7,8 Jt Nego Hub.08127851592/795799110132372B

ISUZU

Panther Grand Royal’96 Mulus,Lengkap,Hrg

57 Jt Nego,Hub:0812789124910132382B

Panther Touring Turbo “10 Silver,Tgn 1,Pjk

Pjg, Lkp Kond. 95% Hrg 225 Jt Nego

Hub.08218246177410132183B

SUZUKI

Suzuki Eskudo’95 Ungu Met,Ori,SP,Hub:

0813-6461731310132515B

Suzuki Vitara”93 Full Variasi,Lkp,Khusus

Pemakai,Hub:0711-915279910132520B

TOYOTA

Toyota Grand New Fortuner Type G

Lux(Bnsin)”12, Htm Met,BG,GPS,Dvd,TV,

2HR Monitor,Hrg 385Jt.Hub:081174174010131855B

HardTop Dsl Asli BJ 40’82 Br bgn,Mrh,Mls,Ban

33 bru,Istimewa,S.Pkai.08526757201010132204B

Kjg Astra Super’91 Long,Lkp,AC Double,Hrg

47 Jt Nego,Hub:0711-327795610132504B

Tyt Crown RS “90 Classic matic slvr met,

mls, Ori,mwh,msn bgs,AC Dbl,TR,VR,PW,

PS,EM,Rmt,ada kulkas/Cool Box elktrik seat

Pjk pjg 39 jt nego Bs TT Tlp,0816355183 /

0711606212310132404B

Kijang Super G’95,Ac,Tape,Velg Racing,

P.S,Pjk Pjg Nego.081373861282/41397310132436B

Kijang Kapsul LSX Solar’97 Mls,AC,PS,

PW,Hub:0813-7773710610132528B

MOBIL DIJUAL

Truck Cold Dsl PS120 Th95,96,97, Kond.

Trwt,Bak Pendek Besi,Plat BG,Hub:0813-

6961388810132245B

Ford Everest XLT”2008 Hitam,4x2 TDCi

Istimewa,Hub:08788882689910132325B

MOBIL DIJUAL

T.Rush G Th’2008 Htm,BG,Lkp,Mls,Hrg

158Jt.Hub:0816355069 / 0711-81638110132406B

Ford Telstar 2000CC Sep’98,Kond.Baik,AC

Dg,Ban Bgs,Tape,Jok Klt,45 Jt.08527346959010132407B

Dijual Toyota Avanza G VVTI’07 Silver/Bg/

Pjk Pjg Kondisi Istmwa.0823-8730988010132443B

BMW 318i Th”98,Cat Asli,Interior Ori,Rapi,

Velg 5 Ori,Lkp,Mls,H.68Jt,Mio Soul’2010

8,5Jt.Hub:085788434378 / 0711-428718710132512B

Innova’04 G,Bsn,BG,Hijau Met,Hrg 131Jt,Pjk

Pjg,Hub:085368798346 / 08536797665910132518B

Dijual Kuda Super Exceed’01 Bsn,Hrg 65Jt.

Hub:0711-776672210132519B

Cpt 36 Jt Timor SOHC “97,BG Asli,Tgn1,

Biru, Orsl Pakjo Hub.0821-15759000BB.

2346000E10132550B

Avanza G 08 Hitam Bg/Kijang Lgx’03 1800

Hitam Bg.0812-2597778810131216B

APV SGX’08 110Jt.Kjg SGX’02 105Jt.

.Terano SGX 70Jt. .Grand Max MB’08 80Jt.

Esc udo’96 66Jt.Honda Maestro’90 38Jt.

Timor’00 25Jt.PERKASA MOBILINDO

: 0711- 7390448 / 08218152947310131580B

Jimny Th’95 Lkp,PS,VR,Rmt,Dvd,BG,Hr

48,5Jt.Hub:0812713813110132287B

CRV a/t’07 Hitam,BG,Jazz,iDsi Facelift’06,

Silver,BG,Xenia,Xi Th’08 Htm,B.Grand Livina

XV’08 Hitam,BG.Avanza G’08 Hitam, BG.

Innova G Bsn’07 Hitam,B.Innova G Bsn’05

Htm,B.Innova G B Bensin’04 Silver B.Kijang

Krista Dsl’00 Biru,BG.ARTHA MOBILINDO.

0711-312150/ 0815-3283000810132463B

Soluna’02,Warna Orange Mls,Pw,Lcd,

Pmkai,hrg Nego,Hub:0811-78787310132498B

Dijual Cpt H.Genio’92 Pth Mls,Bg,Msn Krg

Hls,Bdy Klg,Ps,Pw,Vr,Dvd Usb Ac Dgn Pjk

Pjg S.Pakai.08199515561110132550B

OVER KREDIT

Kjg Kapsul LSX Dsl,Kembali Dp 30Jt,Bs TT

Motor,Hub:082175752789 / 0711-300722310132510B

Xenia Xi’11 Grey Full Variasi,Balik Dp 55 Jt

Nego,Hub:08127300773 / 0711-731000310132517B

Mobil Carry Pick up “05 Hrg 31 jt angs 1 jt/

bln sisa 27 bln hub.08217572081910131364B

OVER KREDIT

Panther”95 Dp 13 Jt,Angs Jln ke 11,Hubungi:

08136883033310132324B

MOTOR DIJUAL

Suzuki FU 150 SCD Th’12,Hrg 13,3Jt Nego.

Mio Th’12 Pth,Hrg 9,2Jt Nego.Hub: 0853-

8050520010132523B

KONVEKSI

JUN KONVEKSI,Sblon,Kmja, Jkt,Brdr,Komp,

Jkt Trg.Jl.May.Sabara Sekip.08192776048010131179B

CV.MAILPRO:Trm Order ut Pilkada:Kaos(Mlai

6rb),Rompi(Mlai 30rb),Bendera-Jl.Srijaya

Negara 195 Bkt Bsr.08127866540/701624510131785B

LOWONGAN KERJA

Dcr Ut Dapur&Pelayan,Min SMA.Utk

Blackstone Grill&Coffee,Jl.Let.Arozak. Hub:

562663910131325B

Dibutuhkan Cmo Extra Cash,Sms Finace

Hubungi:0813-7313354910131550B

Lembaga Simpan Pinjam Mikro Mbthkn: Ac-

count Officer(AO),Syrt:Tmtn SMA(Pria/

Wnt)Usia Max 35Th,Mmpu Mngoperasionalkn

Kmptr,Lmrn ditjkn:SWAMITRA,Ruko Baru

Blok U No.12,Jl.Kampar Giri Psr prumnas

Sako Kntn,utk Penempatan Area Kertapati &

Kenten.10132388B

Dbthkn Security & Teknisi Lstrk Pnglmn/Pria/

Antr CV & Interview Lsg Di Gdg.Wnt Rajawali/

Hri Selasa 5 Maret 2013/Jam 13.00- 16.00 Wib10132439B

PT.Unique Plg,dbthkn Sgr Marketing,

Syrt:Brpnmpln Mnrik,Pria/Wnt,Memiliki

Pnglmn Di Bdg Furniture,Pny Kndran Sndr &

Sim C Lmrn d/a Ke Jl.Pangeran Ayin No.69

Telp.0711-81025710132441B

Penjual Kellg Roti Prdk SARI ROTI u/

AreaKm5&Plaju.Pghsln Diats 3Jtan/

Bln.530048910132456B

Dbthkn ADM Wnt,Single,SMA/D1,Hub: LP.ETT

Plaju,0811715101 / 541337 Tdk Melalui SMS.10132500B

Dibthkn Sgr 2 Org,Tk Gunting Rmbt(Pria),

Brpglmn,Hub:Pangkas Pak Haji 0711-870298910132507B

Dicari tukang Las dan kenek untuk trali

Hub.0711531329810131364B

Simply Fresh Laundry Kencana Damai,Bth

Kary/ti,Min.Sma(Bw Lmrn,Cv&Ktp)0812-

713683110131371B

Bth Teknisi AC Ruangn,Syrt:Jjr,Loyal,diutmkn

u/prbaikn.081278116868,Fas:Gj,Ins,UM(Lr

Kta dsdiakn Tp tgl)10131899B

Dibutuhkan Bag.Dapur & Waitres Min

SMA,Pengalaman,Dtg Lsg:RM.ANGEL

Dempo Dlm Blkg Selatan Indah.Tlp:0711-

36328210132405B

Dbthkn Karywn Lulus STM & Pny SIM C+Motor

Lmrn Atr Lsg Ke Toko MUSI Jl.Srijaya Negara

No.222B10132452B

KEHILANGAN

Dbthkn:Marketing u/PT.JNE Logistik,Syrt:

1)Pria/Wanita Max 30Th,2)Memiliki Ijazah

Min D3 Smua Jurusan,3)Memiliki Sim

C,Memiliki Pengalaman di Field yg sama

Minimal 1Thn, Lamaran kirim ke email:

[email protected], Hub:0813-2618872110131985B

1 Bh BPKB asli mbl sdn Honda Civic SB 4

1488 cc “86 NOPOL BG 574 Ab Noka.SB4-

54862365 Nosin.EW2-1435525 No.BPKB :

6913192F a.n Drs.sanwani 08538000517410132072B

PENGUMUMAN

Dicari Mobil Truk PS 120 Kuning Th’2006 BG

8297 D,Bagi yg Mnemukan,akan Mndpt

Imbalan Rp.2Jt,Hub:081271797699/0813-

77887661/08136752430010131994B

KOST

Kost Bunga,Jl.Srijaya No.882 Musium

Baladewa Dpn Ktr SKB.0711-417027/0852-

1500554010131586B

Menerima Kost Putri,Lokasi Gg Jama-Jama

Plaju,Hub:081273798464 / 08789750007510132377B

Kost,ac,non,p. luas.t lp.0711-311632

jl.Enggano 1 no.1 Puncak Sekuning plg10132495B

D’PARAGON Jaringan kost excklsv fslts ala

htel 2 lok strgs mlai 150rb/hr-2Jt/bl.R

SV:081328885511,8016777 www.dparagon.com10131386B

FAMILY KOST Harian/Bulanan.Jl.Jendral

Sudirman.Hubungi:0711-35341810131508B

Kost AL-SUTARI,Fasilitas Lengkap AC/Non

AC,Samp.Griya Agung,Hub:08127849888910131868B

KOST

Kost2an Karyawan/i,Talang Semut,1 menit dr

kambang iwak,Parkiran Luas,Fas Lkp,AC/Non

AC,TV LED,K.Mndi,Lmari,Springbed,

Bulanan.Hub:081273371555 / 08526727729910132249B

RUKO DIJUAL

1Ruko 3Lt Full Jl.Kol.H.Burlian Km7 1Ruko3Lt

Full Jl.Skip Ujung/Psr Leka 08576483333310132368B

9Ruko Baru 2.5Lt Skip Bendung 3 Ruko Baru

2Lt Komp.Citra Grand City Leka 0857-

6483333310132370B

3Ruko 2,5Lt Jl.Cut Nyak Din BB 4 Ruko 2,5Lt

Jl.Pck Sekuning Luar Leka 08538348333310132374B

RUMAH DIJUAL

Tp70,3Kt,1Km,Fas:Pam,Pln,Listrk,Shm,

Lok.Kenten Sako Village Blok F No.7 Peminat

Hub:089613441369 (Sms) / 0711-59498010131381B

Tp Rumah Cantik Lb/Lt:80/121 Komp.Graha

Raflesia Kenten Blok K No.5 Dpn Indogrosir

Lingkungan Aman,Tenang,Ekslusif,Security

24Jam Hub:Handoko 0811-71877710131726B

Rmh Siap Huni,Minimalis,Jl.Soekarno

Hatta,LB/LT.200/300,Hub:08217773589310132224B

Rumah,LT/LB.480/240,SHM,5KT,2KM,Jl.Batu

Nilam 56 (Cempaka) 26 Ilir Plg.Hub.Sas,

Hp:081269672538 / Tanpa Perantara.10132241B

4Kt,3km,Lt144,Pdam,Shm,Komp.Kenten

Indah Blok F No.24 Kenten City.0811-710055510132447B

Rmh LT.360/LB.200,Sukarame Indah

Km.9,3KT,2KM,Hub:082181859577 /

08217964329910132457B

LT.212m² ,SHM,4KT,2KM,RK,RM,Dpr,Grsi, Bs

2 Mbl,Jl.Semangka 4,Dpn PDAM Jl. Rambu-

tan, Hub:082177821982 / 085267516880 (TP)10132502B

Pusri Borang,2KT,1KM,LT.150m²,LB.80m

,Renovasi,Jl.Gelatik B6 No.15 Plg.Hrg 240Jt

Nego,TP.Hp:085664710638 TP10132506B

Type 54/144 Blk Istana Gubernur Family

4B2,Nego.Hub:081278190111 / 08153234588810131522B

LT.540m²,LB.120m ,SHM,Th’97,Hrg 750Jt

Nego,Jl.Md Api Kel.Srijaya Km5,Hub:0711-

411752 / 08136874035610131900B

Komp. Villa Kebun Bunga LT.174,LB.110,T.

54, ada gas alam,grsi,tlp,Pdam NEGO

Hp.0812737990910132183B

Rumah Siap Huni Minimalis Jl.Mcn Kumbang

Lb/Lt:60/120,2Kt,2Km.Hub:0812-7118892010131614B

RS 45/120 Dkt K.Bupati OI,100 Jt Nego,Hp

: 081274828836 / 08127866642210132072B

RS.36/80 Di Blkg ITC OI,65Jt Nego.Hp:0812-

78666422 / 08127482883610132076B

T48 Minimalis/Lt 140m² ,Pam/PLN,Grasi/Pgr

Kllg/Trali/AC 1Pk/S.Huni,170Jt Ng.0821-

8234560210132083B

T.36 Dkt Jl.Kol.H.Burlian Kel.Sukarame &

T.105 Tlg Ratu Km.5,082178395434 / 32235110132093B

Rmh Baru,2Lt,T.104 di Pinggir Jl.Tlg Ratu

Km.5,Hub:082178395434 / 32235110132232B

Di Komp.Pusri Sako,Jl.Lada II,LT.225m²,

LB.70m ,SHM,PLN,Pam,H.Nego,Berminat

Hubungi:0812783119410132322B

1Rmh Baru 2Lt Type 128/158m Jl.Kbn Sirih

Satelit(Jm Kenten) 3 Kt/Ac 4 Km/Shower/

Dapur/Shm/Grasi Siap Huni.Leka 0857-

6483333310132362B

3 Rmh Baru Type 80/128 Komp.PIR Jl.S.

Bangun II Km7 Masuk 21m,Blkg Alfa Mart 3Kt/

2Km/Pln/Shm Leka 0857648333310132363B

1Rmh Type 120 Hook/294m,3Kt/2Km.

Jl.Celentang 1 Rmh Type 45/201m 2Kt/1Km

Hook Komp.Kenten Village Leka 0857-

6483333310132365B

2Rmh Type 36/Bata Komp.Griya ALmenia

Jl.Tjg Api-Api 2Kt,1Km,Shm Leka 0853-

8348333310132367B

1Rmh Type 50/117m Komp.Bkt Asri Jl.Pdam

Lrg Mandi Api 2Kt/1Km Pam,Pln,Shm Leka

08576483333310132372B

Rmh T.36 260m²,90Jt & T.80 H.130Jt & Tnh

300m di Kenten,H.50Jt Nego.08217808407310132526B

DIJUAL

Brangkas Uk.Besar T:170,L:70,Berat:1,5Ton,

Hrg 12Jt.Hub:0711-7368202 / 08535711877510131480B

Dijual Perlengkapan Butik + isinya,Harga 9 Jt

Nego,Hub:08576880054710132404B

KIOS di Talang Jambe Ls 4x5,5m,

Jl.Pesantren Sultan Mahmud Badarudin,Hub:

Eka 08536600446110132530B

TANAH DIJUAL

Dijual Cepat,Tanah Utk Ruko/Kost Town

House Ukrn 13,5x34.Dwikora Pinggir Jl.Raya,

Hub:081278796999 TP.10132340B

TANAH DIJUAL

Tanah Luas 1000m Jl.Celentang/Pn 9 Tanah

Luas 4700m Jl.Celentang Leka 0857-

6483333310132376B

DISEWAKAN

Rumah di Jl.Shudak (Kampus)Gang Mawar

III No.22 Rt33.Hub:321836/0812787613910132454B

Disewakan Los 3 Pintu,Psr Padang

Selasa,Lok.Di DPN(Parkiran),Hub: 0812-

73371555 / 08526727729910132251B

Telah dibuka Gedung Serbaguna GRAHA

MASTURAH,Untuk Pernikahan,Rapat,

dll.Hub: 0711-5309942 / 530994310132422B

Tenda,Kursi,Catering,Pelaminan,dll.

Hub:0711-7018544 / 0711-41032510132455B

CATERING

Catering Payung Mas,Hrg 16rb,Mrh & Service

Lkp,Bns eskrim,Hub:081367543912 / 0711-

41009410132218B

NASSYA Catering 8-10,Lkp 16-18,spsl bns

eskrim & tenda VIP,mlyni ctrg kntr 8352782/

08136723717910131462B

Amanah Catering,u/Rspsi,Aqiqah,Ns Ktk,

Tumpeng,Ns Mnyk,Eskrim,Mnywkn Al

Ctrg,dll.0711-779705510131679B

BATUBATA

Batu Bata Kwalitas Baik,Cetak Press 400

Terima Tmpt.Hub:0711-3264400/0711-

707285210131539B

Page 24: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

SRIWIJAYA POSTSabtu, 2 Maret 201326

PALEMBANG, SRIPO –Persatuan Sepakbola Selu-ruh Indonesia (PSSI) Sum-sel akan menggelar Kom-petisi Sepakbola Manches-ter United Primer Cup un-tuk U-15, di stadion BumiSriwijaya FC pada 10 dan12 Maret mendatang.

Ketua Panitia Pelaksana,Rusdi Alam mengatakan,panitia akan mengundangklub perwakilan dari 15kabupaten/kota PengcabPSSI se-Sumsel, ditambahsatu dari PSSI Sumsel. Jaditotalnya ada 16 klub yangkemungkinan ikut sertajika setiap klub ini mem-bawa rekomendasi dariPengcab PSSI masing-

SRIWIJAYA POST

Sabtu, 2 Maret 2013

19

PSSI Cari 16 Tim MU JuniorlKompetisi MU Primer

masing.“Kita baru bisa terima

klub untuk menjadi peser-ta jika memenuhi semuapersyaratan yang kita ten-tukan. Mereka ini akan di-bagi kedalam empat grupdengan format turnamensetengah kompetisi,” ujar-nya, Kamis (28/2).

Dikatakan, peserta yangmendaftar harus berusiadi bawah 15 tahun ataumaksimal kelahiran 1 Ja-nuari 1998. Panitia akanmemperketat pendaftarankarena even ini, mencariklub terbaik untuk mewa-kili Sumsel ke babak Wila-yah se-Sumatera pada ak-hir Maret mendatang,hingga berlanjut ke ting-kat Nasional.

“Setelah juara nasionalbaru setelah itu dikirim ketingkat Asean dan bahkanbisa memiliki peluang un-tuk pergi ke Inggris,”ucapnya.

Lebih lanjut Rusdi Alammengatakan, para pesertayang berminat untukmendaftar bisa langusung

menghubungi atau men-datangi kantor PSSI Sum-sel di Stadion Bumi Sriwi-jaya. Pendaftaran tidakakan dipungut biaya dansudah bisa dilakukan mu-lai Jumat (1/3) hingga 6Maret mendatang.

Sekretaris PSSI SumselAugie Bunyamin menam-bahkan turnamen ini dige-lar dalam rangka pembi-bitan pemain muda. Pi-haknya menyakini deng-an persiapan yang cukupmatang turnament ini,akan berlangsung dengansukses dan lancar, sehing-ga tujuan akhir untukmendapatkan klub an-dalan bisa tercapai.(cw2)

SRIPO/STS

Rusdi Alam.

SOLO, SRIPO – Tim VoliPutri ManokwariValeria Papua harustunduk ditangan GresikPetorkimia dalamlanjutan Seri III BSIProliga di GOR SritexSolo, Jumat (1/3/2013),dengan skor 0-3 (14-25,26-28, 22-25). Hasil inimenjadi rekor burukbagi tim asuhan EkoWaluyo di lawatan Solo.

Sebab, GunartiIndahyani dkk belumsekalipun terkalahkandi dua Seri sebelumnya.Namun, pada lawatanSeri III Solo ini, GresikPetrokimia berhasil

Empat Kabupaten/Kota BersainglTuan Rumah Porprov 2013PALEMBANG, SRIPO – Total sudah ada empat daerahkabupaten/kota di Sumsel yang menyatakan diri siapsebagai tuan rumah pada ajang Pekan OlahragaProvinsi (Porprov) 2015 mendatang.

Ketua Bidang Organisasi KONI Sumsel, MYIshak Hasan mengatakan, ke empat daerah ter-sebut yakni, Lubuklinggau dan Prabumulih telahmenyatakan, siap dengan surat tertulis, serta un-tuk OKI dan Musi Banyuasin baru secara lisan,untuk menjadi tuan rumah pada Porprov 2015nanti.

“Sudah ada empat daerah dari 15 kabupaten/kota di Sumatera Selatan telah menyatakan, siapuntuk menjadi tuan rumah. Penentuan tuan rumahini memang harus dari sekarang, agar mereka sudah bisabersiap, seperti dengan menyusun anggaran maupun per-siapan venue pertandingan,” katanya, Kamis (28/2).

Kemudian, dia melanjutkan jika ke semua daerah telahmengirimkan pernyataan siap secara tertulis, maka baruakan dikirim tim peninjau, untuk melihat daerah mana yangsiap, baik dari sisi akomodasi, maupun fasil i tasolahraga.”Penentuan daerah mana yang akan menjadi tuanrumah, semuanya tergantung dari hasil tinjauan nanti,”

ujarnya.Menurutnya, kendala kabupaten/kota untuk

menjadi tuan rumah turnamen multi event empattahunan tersebut selama ini karena pelaksanaanharus terpusat di satu wilayah. Sementara, biayauntuk menyiapkan venue memang tidak sedikitdan tidak semua daerah mampu.

“Untuk itu, kita berencana mengajukan saranagar pelaksanaan Porprov dapat digelar di dua

kabupaten/kota yang lokasinya berdekatan,seperti Muba dan Banyuasin atau OKI dan OI,”ucapnya.

Dalam waktu dekat, lanjut Ishak, dalam rapatkerja daerah tahun ini, pihaknya akan

mengusulkan agar pelaksanaan Porprov boleh digelar didua daerah. Tujuannya tidak lain agar tuan rumah tidakterlalu berat saat menjadi tuan rumah pesta olahraga tingkatprovinsi ini. Selain itu, akan dibahas pula rencana agarPorprov ini bisa digelar setiap dua tahun sekali, atau malahtetap digelar empat tahun sekali.”Kita mengusulkan agarPorprov ini untuk digelar dua tahun sekali supaya jarak waktudalam sistem pembibitan dan menyiapkan atlet pelapis tetapberkesinambungan,” jelasnya.(cw2)

Petrokimia Libas Valeriamembalikkan keadaandengan merebut tiga setsekaligus.

Adapun jalannyapertandinganberlangsung ketat. Padaset pertama Gresik yangdikomandoi NoviaAdriyanti dkk bermaindengan spirit tinggi.Mereka langsungtancap gas mengempuranak-anak Valeria,sehingga pada setpertama Valeriadikalahkan 25-24.

Begitu pada set keduadan ketiga, permainanGresik Petrokimia

begitu rapat, beberapakali smash dari parapemain Veleria berhasildiblok. Kejar-mengejarpoin terjadi di babakkedua dan terjadi deuce.Namun permainan apikGresik Petrokimi suksesmelakukan smas keraslewat permainan duapemain asingnyamembuat merekakembali unggul. Dua setini pun suksesdimenangkanPetrokimia dengan skor28-26, dan 25-22.

Pelatih Gresik,

Sudarto mengaku puasdengan performa anakasuhnya, namun tetapsaja beberapa evaluasiakan dilakukannyauntuk memperbaikipermain timmenghadapi lagaselanjutnya.

“Dari hasilsebelumnya kami terusmelakukan evaluasi,hasil ini patut kamisyukuri dan pemainsudah bekerja kerasuntuk meraih hasilterbaik hari ini,” jelasSudarto.

(ndr/cw2/volimania)

Open Spike Gersik Petrokimi Novi Andriyanto saat melakukan smash

BERTAMBAH lagi pasangan selebriti yang terjun menekuni bisnis sebagai usaha mencari penghasilan tambahan selain profesi mereka sebagai artis. Pasangan Ferry Maryadi dan Deswita Maharani memilih terjun ke bisnis kuliner nasi liwet dalam kemasan. Namanya Liwet Kadoet.

Ditemui di Liwet Kadoet, Puri Denpasar Hotel, Jalan Denpasar Selatan No.1, Kuningan, Jakarta Selatan, Deswita menuturkan, dia dan Ferry sudah sejak tahun lalu menjalankan bisnis nasi liwet mereka, tepatnya sebelum Ramadhan 2012.

Bisnis ini dirintis dengan menjual nasi liwet kemasan kepada kerabat dan sesama artis. "Ide ini tercetus sebelum bulan Ramadhan 2012 pas kita berdua lagi liburan ke Garut. Kita terinspirasi bikin nasi liwet karena kami orang Sunda," tutur Deswita.

Setiap pergi ke lokasi syuting, Deswita kerap membawa nasi liwet buatannya yang kemudian dia

tawarkan kepada kru dan para pemain. "Kita dulu eceran jualnya via BBM dan akhirnya memutuskan buat toko sampai sekarang. Alhamdulillah, pesanan selalu ada dan kita juga

punya pelanggan tetap," cerita Deswita.

Buat Deswita, menanggung rugi dalam berbisnis adalah risiko. "Rugi itu sudah jadi risiko dalam berbisnis. Buat saya, itu lumrah bagian dari berbisnis, kalau untung itu alhamdulillah, kalau rugi ya kita tekan jangan sampai rugi melebar," tegasnya.

Kini, usaha nasi liwet dalam kemasan pasangan ini sudah mulai merambah konsumen di kawasan Jabodetabek. "Setelah kita jual via BBM, dan dijual disekitar Jakarta, akhirnya kita

putuskan untuk punya distributor di Jabodetabek. Kalaupun ada yang ke luar Jawa itu kita pengiriman langsung, bukan ada agen di sana," jelas Deswita. (fin/l6/*)

Bisnis Nasi Liwet di Jabodetabek

SEJAK menikah hampir setahun lalu, pasangan Deswita dan Ferry Maryadi belum kunjung mendapat momongan. Kesibukan merekayang padat baik di pentas seni dan bisnis membuat pasangan ini seperti terlupakan oleh urusan memiliki keluarga kecil di rumah.

Kini, Deswita mulai merasakan perlunya segera punya momongan untuk menambah meriah suasana rumahnya. Bersama Ferry, Deswita kini mulai merencanakan program kehamilan.

Deswita sudah merancang target untuk cepat punya anak. “Saya pengennya satu tahun anak saya ada empat. Alhamdulillah kalau bisa kembar, haha...,” ujarnya saat ditemui di Liwet Kadoet, Puri

Denpasar Hotel, Jalan Denpasar Selatan No.1, Kuningan, Jakarta Selatan.

Deswita bahkan mengaku siap menghentikan aktivitasnya di panggung hiburan buat program punya momongan ini. “Saya nggak masalah kalau berhenti dari kegiatan di dunia hiburan. Kalau saya bekerja itu karena tanggung jawab dan keikhlasan saya. Justru karena saya ada bisnis, jadi jalan untuk kesibukan lain saya, kalau saya hamil takutnya nggak melakukan kesibukan sama sekali juga jenuh,” ujarnya.

Namun Ferry juga berusaha tetap tawakkal karena hak memberi istrinya hamil atau tidak semata di tangan Allah SWT. “Allah yang atur, yang penting coblos terus istri saya!” kata Ferry.

Deswita sendiri sebenarnya cukup

terhibur oleh kehadiran Lea, anak Ferry dengan istri pertamanya yang bernama Risma Nilawaty. “Sebenarnya, kami sudah punya anak, cuma kan semua

tergantung Yang di Atas, kalau kangen kan sudah ada

Lea. Lea juga rewel minta adik cowok, kita usaha saja lah,” kata Deswita.

(okki/nva/l6/fi n)

Pengen Punya Empat Anak

SEJAK memiliki personil baru, Patricia, yang menggantikan Alika yang mundur karena bersolo karier, aktivitas bermusik girlband Princess kini makin berwarna. Meski baru bergabung dengan Princess, dara asal Surabaya, Jawa Timur itu bisa menyatu dengan Elma, Ana, Rachel, dan Danita.

Menurut Elma, kehadiran Patricia semakin memberi warna dalam girlband bentukan Kevin Aprilio itu. Apalagi, Patricia juga dinilai sangat berbeda dengan mantan personel yang telah keluar, Alika. "Seru. Pat itu beda dibanding personel dulu. Princes jadi lebih bisa berwarna aja," ujar Elma di kawasan Senayan, Jakarta Selatan.

"Kita sekarang merasa lengkap, punya teman baru, adik baru karena dulunya Princess berlima, terus kemarin ada yang keluar satu. Sekarang ada lagi nih penggantinya," imbuh Rachel.

Meski begitu, Patricia mengaku masih kerap kesulitan menghapal

koreografi nya saat tampil di panggung. "Aku udah nyambung sama kakak-kakak semua. Ngikuti koreografi agak susah menghapal," ujar Patricia.

Untuk mengatasi kendala tersebut, cewek berparas oriental ini menyempatkan diri bertemu anggota Princess lainnya untuk latihan. "Aku harus sering ketemu dan latihan bareng-bareng sama mereka, apalagi aku sekarang udah stay di Jakarta," tambah cewek yang berasal dari Surabaya ini.

Girlsband besutan Kevin Aprilio itu sempat ditinggal salah satu personelnya, Alika, untuk berkonsentrasi ke pendidikan dan solo karier. Tak berapa lama, posisi Alika digantikan oleh Patricia. "Waktu Alika keluar, kami ada Patricia, jadi kami nggak sempet kosong. Karena konsep awalnya kami berlima," kata Rachel. "Kami udah ke mana-mana, Papua, Solo, Surabaya, Bontang. Patricia sudah memberikan warna baru buat Princess," lanjut Elma. (agustina nr/nva/fi n)

Makin Berwarna Sejak Ganti Personil

FOTO

-FO

TO: T

RIB

UN

JAK

RTA

Kita dulu eceran jualnya via BBM dan akhirnya

memutuskan buat toko sampai

sekarang. Alhamdulillah,

pesanan selalu ada dan kita juga punya

pelanggan tetap

DESWITA MAHARANI

Bom Hadiah COLUMBIA Bisa Dapat RumahBERTEMPAT di Showroom CO-

LUMBIA, Jl Kolonel Atmo PalembangCOLUMBIA Cash and Credit meraya-kan hari jadinya yang ke–31 pada Ju-mat (1/3). Acara tersebut dihadiri ja-jaran staf dan konsumen COLUMBIA.

Dalam perayaan ulang tahunnyaCOLUMBIA memberikan berbagaikejutan untuk memanjakan konsu-men. Bom puluhan hadiah dan pro-mo diberikan kepada konsumen. Di-antaranya, rumah idaman, dua mo-bil Daihatsu Xenia, 20 paket per-jalanan ke luar negeri, 10 motorYamaha, 3 motor Nozomi, sertaberbagai hadiah elektronik lainnya.

Selain hadiah yang diundi setiapperiode, konsumen juga dimanjakandengan hadiah langsung pada saattransaksi di COLUMBIA sesuai den-gan produk yang dibeli dan hadiahlangsung dari pengumpulan poin un-tuk member Columbia Star Club.

“Promo ada banyak, selain hadi-ah-hadiah yang kami berikan untukmemanjakan konsumen, cicilan di CO-

LUMBIA sangat terjangkau sepertiLED TV 22 inch Merek LG angsuranhanya Rp. 180 ribu tanpa DP, sedang-kan untuk ukuran 32 inch cicilan ha-nya Rp. 250 ribu. Konsumen bisa me-milih hadiah berupa DVD Player atauBracket,” terang AS Marpaung BranchManager COLUMBIA Sumsel.

Sebelumnya COLUMBIA juga

memberikan berbagai hadiah, salahsatunya paket umroh gratis. Kegia-tan ini disambut positif oleh kon-sumen, seperti M Ali Natsir wargaPendawa yang memenangkan had-iah umrah. Ali telah berlangganan diCOLUMBIA sejak tahun 1989 lalu.

“Senang sekali dapat hadiah um-rah dari COLUMBIA, saya tidak men-

yangka akan dapat hadiah ini. Sayaberlangganan sejak awal pernikahansaya pada tahun 1989 lalu. Sejauh iniCOLUMBIA pelayanannya memuas-kan. Harganya juga murah,” terang Ali.

Di samping promosi dan bom ha-diah, untuk menjalin kedekatan de-ngan konsumen COLUMBIA rutinmengadakan gathering dengan kon-sumen setiap bulannya.

“Promosi tetap terus dilakukan di

samping itu kami juga rutin mengge-lar gathering untuk siaturahmi dengankonsumen, seperti sekarang ini kamimerayakan ulang tahun bersamakonsumen” ujar AS Marpaung.

Lebih lanjut A.S Marpaung ber-harap diusia yang ke 31 ini CO-LUMBIA mampu menjadi yang no-mor satu dengan terus meningkat-ka kualitas layanan dan harga yangkompetitif. (Adv/cmg2)

FOTO-FOTO: SRIPO/CMG2

Page 25: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

SRIWIJAYA POST

Sabtu, 2 Maret 2013 27

Jl. Jend. Basuki Rahmat 1608 B-DPalembang Telp.310088, 311888

Fax.(0711)310391

SRIWIJAYA POST

SRIWIJAYA POST � Sabtu, 2 Maret 2013 � Halaman 18

Page 26: Sriwijaya Post Edisi Sabtu 2 Maret 2013

DEMI sang generasi baru (forthe new generation), begitukampanye manajemenSriwijaya FC dalam prosesrekrutmen pemain SriwijayaFC U-21. Pihak manajemen,sangat serius menggarap SFCmuda ini, demi memunculkanpemain-pemain potensialSumsel di kancah nasional.

Mereka diharapkan bisabersaing di level tertinggi

Liga Indonesia. Jugadiharapkan bisa

membela

Laskar WongKito di masa-masa

mendatang. Optimisme pihakSFC begitu membumbungapalagi melihat 900 pelamarbaik dari dalam luar Sumsel.Target tinggi pun dicanangkanmanajemen agar SFC bisamerengkuh gelar ISL U-21.

“Seperti kata pak GubernurSumsel H Alex Noerdin,apapun sudah kita raih, kecualigelar ISL U-21. Sembari terusmembenahi tim senior. Kitajuga serius menggarap SFCU-21 musim ini dan dengantarget mendapatkan gelar ISLU-21,” jelas DirekturKeuangan PT SOM, Augie

Bunyamin, Jumat (1/3).Menurut dia, niat Gubernur

selaku dewan pembina SFC inisangat serius, dia berharap adapemain baru nanti yang bisabersaing, juga persiapan jangkapanjang, agar pemain U-21 ini,suatu saat naik menggantikanpemain senior di SFC.”Beliauakan datang langsung padapembukaan seleksi pada 7Maret nanti di Jakabaring,”jelas Augie.

Ditambahkan Sektretaris PTSOM, Faisal Mursyid, dariproses pendaftaran yangdimulai sejak 18-25 Pebruari

lalu, didapat 800 orangpeserta. Dari

jumlah inisetiap perserta harus bersaingmemperebutkan jatah lebihkurang 20 pemain inti, yangakan disiapkan merumput diISL U-21 pada 27 April nanti.

“Kita ada juga tiga pemain

SFC U-21 musim lalu, RiskyDwi Ramadhan, Tri Goentoro,dan Avif, dipastikan langsungbisa bergabung karenaperformanya masih sangatbaik. Jadi total ada 23 orangyang akan disiapkanmenghadapi kompetisi ISL U-21 musim ini,” katanya.

Pembukaan seleksi dimulaipukul 08.00 dan akan dibukalangsung Pembina SriwijayaFC, H Alex Noerdin. Selainmenginformasikan kepada me-dia, juga memberitahukanpengumuman ini kepadaseluruh peserta seleksi lewatShort Message Service(SMS)”Bagi peserta telahmendaftarkan nanti kita kirimSMS pemberitahuan waktuseleksi,” jelasnya.

Jika SFC U-21 digarapkandengan serius, bisa menjadiajang pembuktian bagi RizkyDwi Ramadhan yang sudahlama magang di SFC senior.Dia diharapkan bisa memimpinSFC U-21 untuk merengkuhgelar juara ISL U-21. (cw2)

KESERIUSAN manajemen Sriwijaya FC dalammenyiapkan skuad U-21 mendapatkan tanggapan seriuspula dari beberapa pelatih lokal, bahkan pelatih asingselevel Carlos de Melo pun mengajukan lamaran.

“Ada lima pelatih yang mengajukan lamaran,termasuk pelatih asing Carlos de Melo, mereka sudahmengajukan daftar riwayat hidup dan juga programuntuk pembinaan U-21,” jelas Direktur Keuangan AugieBunyamin, Jumat (1/3).

Cukup menarik melihat melihat nama Carlos de Melosebagai pelamar, mengingat pria asal Brasil ini, memangmengenal sepakbola Indonesia. Dia pernah memperkuatPersebaya dan PSM Makasar. Bahkan, pria yang kenaldengan tandangan bebasnya ini, pernah melatih PSMIPL.

Jika benar Carlos diterima menjadi pelatih, maka SFCU-21 membuat sejarah, dengan menggunakan pelatihasing berlisensi A AFC menjadi pelatih tim kepala untuktim junior.

“Tetapi yang menentukan nanti adalah hasil seleksiyang dilakukan Direktur Teknik, Hendri Zainudinbersama jajaran manajemen, bisa jadi kita lebihmengutamakan pelatih lokal, tetapi kita lihat nanti.Dalam satu dua hari ini akan segera ditetapkan,” jelasAugie. (ndr/cw2)

Carlos de MeloAjukan Lamaran

PembukaanSeleksi 7 Maret

Tempat:Stadion

Gelora SriwijayaJakabaring

Waktu:

08.00 sampai selesai

Peserta:

900 pemain

Lama seleksi:

Satu Minggu

Rizky

Dwi

Ramad

hanS

RIP

O/S

YA

HR

UL

Sriwijaya United Buka PendaftaranSELAIN membuka pendaftaran dan seleksi Sriwijaya FC U-21,

PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) juga menggelar seleksiuntuk klub futsal profesional Sriwijaya United. Pembukaan

sudah dimulai dan peserta bisa mendaftar ke Sekretariat SFCdi Palembang Square (PS). Seleksi dilangsungkan juga pada 7

Maret nanti.”Makanya bagi yang berminat segera mandaftar,kita utamakan pemain dari Sumsel untuk 20 pemain mengisiskuad utama Sriwijaya United,” jelas Direktur Keuangan PT

SOM, Augie Bunyamin.(cw2/ndr)SRIPO/SYAHRUL

Augie Bunyamin

SABTU, 2 MARET 2013 | MENSANA IN CORPORESANO | HALAMAN 28

Aguero Belum MenyerahSTRIKER Manchester City, Sergio Aguerobelum menyerah untuk memburu gelar Liga

Primer bersama timnya. Seperti diketahui, Citykini tertinggal 12 poin dari pimpinan sementara,

Manchester United. “Dapatkah kita meraih gelarjuara? Saya masih mempercayainya. Kami tak

boleh menyerah, meski itu sulit,” ujar priaberusia 24 tahun itu. (tribunnews)

MANCHESTER, SRIPO – Bek muda Manchester City,Courtney Meppen-Walter, harus mendekam di penjaraselama 16 bulan, setelah terbukti bersalah saat

kecelakaan lalu lintas yangmenewaskan dua orangbersaudara di Bury NewRoad, Manchester, pada1 September 2012.

Meppen-Walterdidakwa lalai saatmengemudikanmobil Mercedesmiliknya dengan

kecepatan 90 kilometer per jamketika menabrak Nissan Micrahingga terpental ke pinggir jalan.Dua bersaudara, Kulwant Singh(32) dan Ravel Kaur (37), yangberada di kursi depan Nissantersebut tewas seketika.

Selain dua bersaudara itu, duaremaja berusia 16 dan 17 tahun,yang duduk di kursi bagianbelakang mobil Nissan itu, jugamengalami luka serius. Saat ini,kedua remaja yang merupakanputra dari Ravel Kaur tersebutdikabarkan masih dalam tahappemulihan. Meppen-Walterbergabung dengan tim yuniorThe Citizen pada Juli 2010. Pemainberusia 18 tahun tersebutmerupakan andalan tim nasionalInggris U-18 dan pernah didapuksebagai kapten skuad tersebut. (asa/kc)

Bek Manchester CityDipenjara 16 Bulan

LONDON, SRIPO – BekArsenal Bacary Sagnadipastikan absen saatpertandingan derby Lon-don Utara melawanTottenham Hotspur padaMinggu (3/3). Demikianhalnya dengangelandang Abou Diaby,peluang ditampilkan 50-50.

“Abou mengalamimasalah pada betisnya,hanya persoalan kecilsaja. Dia akan menjalani

Derby London, Arsenal Tanpa Sagnates dankemudiankami akanmelihatapakah kamibisamenurunkandia atau tidak,”ujar manajerArsene Wengersaat konferensipers pada Kamis(28/2).

Sementara rekan Diaby,pemain Prancis Sagna

masihmengalamicederlutut dantigaUtamaInggrispada

akhirpekan lalu

yangdimenangi

Arsenal tatkalamenaklukkan

Aston Villa. “Dia masih

belum siap untukpertandingan padaMinggu nanti. Waktunyaterlalu singkat baginya,”kata Wenger.

Arsenal berada padaposisi kelima dalamklasemen Liga UtamaInggris denganmengantongi 47 poin,berselisih dua poin dibawah Chelsea sertaterpaut empat poin dariSpurs yang bercokol diposisi ketiga. (asa/kc)

Jose MourinhoJadi Nama JalanLISABON, SRIPO –Sebagai penghormatanatas prestasi olahraga yang diraih JoseMourinho, kota kecil Setubal mengabadikannamanya menjadi nama sebuah jalan.Jalan Jose Mourinho itu diresmikanpada Kamis (28/2) di balaikota. Mourinhomemang lahir di Setubal pada 26 Januari1963. Ia dinilai sebagai pelatih asal Portu-gal paling sukses.

Pelatih Real Madrid ini sudahmemenangi gelar liga diempat negara berbeda. Selainmembawa FC Porto juara LigaPortugal, dia juga suksesmembawa Chelsea menjuarai Pre-mier League, Inter Milan menjuaraiSerie-A, dan Real Madrid menjuaraiLiga BBVA. Dia juga sudah menjuarai duaLiga Champions bersama Porto dan Inter.

Sebab itu, pemerintah Setubal mengatakan,pemberian nama Jose Mourinho di salah satu jalankota itu karena Mourinho meraih prestasi luar biasa dibidang olahraga. “Dia, dengan segala kejujuran, adalahsalah satu pelatih di dunia dengan kualifikasi dan prestisetertinggi,” demikian pernyataan pemerintah daerah Setubal.

Jalan mana yang akan diberi nama Jose Mourinhomemang belum ditentukan. Namun, dewan daerah Setubalsudah setuju bahwa Jose Mourinho akan menjadi salah satunama jalan di kota tersebut. Setubal terletak di sebelahtenggara Lisabon. Ini merupakan bekas kota industri dankini menjadi daerah paling miskin di Portugal denganjumlah angka pengangguran paling tinggi. (asa/kc)

Bacary Sagna IST

IST

IST

Jose Mourinho

Co

urt

ney

Mep

pen

-Wal

ter

IST

Sergio Aguero

MU-Madrid Bakal SajikanSepakbola Murni

MADRID, SRIPO –Gelandang Real Madrid,Xabi Alonso, menilaipertarungan timnyamelawan ManchesterUnited di Old Traffordpada leg kedua babak 16besar Liga Championsnanti sebagai laga spesialdan menunjukkan sepak

bola murni. Laga iniakan digelar pada Selasaatau Rabu (6/3) dini hariWIB. Kedua timsebelumnya hanyabermain imbang 1-1pada leg pertama yangdimainkan di SantiagoBernabeu.

“Dari sudut pandang

suporter, pertarunganini murni sepak bolaterkait sejarah darikedua tim. UntukCristiano Ronaldo yangpernah mengenakanseragam kebesaran MUdalam beberapa tahun,laga ini lebih darispesial. Hal ini berlaku

buatku juga,” jelasAlonso yang pernahbermain di PremierLeague dengan seragamLiverpool.

Maka dari itu, Alonsosangat mengenalkekuatan Setan Merahsaat masih membelaLiverpool pada 2004-

2009. “Ketika akubermain untukLiverpool, pertandinganmelawan United sangatsengit dan pentingkarena persainganantara dua klub. Kamisadar semenjak RealMadrid terakhirmemenangi Liga Cham-

pions, memenangikompetisi ini tidakmudah karena kamiberhadapan dengan timterbaik di Eropa,” ulasgelandang asal Spanyolitu.

Sebelum melawan MU,Madrid akan melakonilaga El Clasico melawan

Barcelona, Sabtu (2/3)nanti. El Real bakal tampilpenuh percaya diri seusaisukses mempermalukanBarca 3-1 di leg keduasemifinal Copa del Rey.Berkat kemenangan itu,Madrid akan bertemuAtletico Madrid di partaifinal. (asa/kc)

IST