Sriwijaya Post Edisi Kamis 08 Oktober 2009

Click here to load reader

  • date post

    23-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    337
  • download

    15

Embed Size (px)

description

Sriwijaya Post Edisi Cetak

Transcript of Sriwijaya Post Edisi Kamis 08 Oktober 2009

  • MU

    NAS

    GOLKAR

    5-8

    OKTOBER

    20

    09

    SRIWIJAYA POSTKAMIS, 8 OKTOBER 2009

    Spirit Baru Wong Kito

    TERBIT 28 HALAMAN

    ECERAN Rp 2.000

    MENYAKSIKAN dan mendengar penderitaan nasib saudara kita diNagari Minang Kabau, kita tentu terketuk untuk membantunya. Un-tuk itu Harian Sriwijaya Post bekerja sama dengan empat lembagaakan menyalurkan bantuan korban gempa itu. Yakni dengan BadanMusyawarah Keluarga Minang (BMKM) Sumsel, Bank Sumsel,BNI Musi, serta pusat perbelanjaan Hypermart Palembang. Se-tiap penyumbang dan jumlahnya akan dimuat di harian ini. WartawanSripo juga akan meliput saat bantuan diserahkan kepada yang ber-hak di lokasi bencana.

    Anda dapat menyalurkan bantuan ke rekening Gempa SumbarBNI-SRIPO di BANK BNI MUSI 3009009004, rekening Bank Sum-sel Peduli Gempa Padang di BANK SUMSEL CABANG KAPT. ARIVAI Giro AC 140.307.0644, atau Dana Kemanusiaan Sripo diBank BCA Palembang 0212254001. Juga bisa menyalurkan ban-tuan Anda ke Posko Bantuan Gempa BMKM di Sekretariat BMKMSumsel (Jl Minangkabau Soekarno-Hatta). Atau ke pusat perbelan-jaan Hypermart di Palembang Indah Mall (Jl Letkol Iskandar)PENYUMBANG DANA KEMANUSIAAN SRIPO via BMKM-SRIPONO NAMA RUPIAHSALDO SELASA (6/10) RP 51.045.700,0072. Ibu-ibu arisan RW 02 Rawajaya Plg Rp 100.000,0073. Alif dan Dinda Rawajaya Plg Rp 50.000,0074. Mashur Saputra Palembang Rp 100.000,0075. Hamba Allah Rp 20.000,0076. Yuliarti Rp 3.000.000,0077. Pedagang Minang Pasar KM 5 Plg Rp 600.000,0078. Ibu-ibu arisan Minang Saiyo Rp 2.500.000,0079. Hj Den Syahril Rp 500.000,0080. Hj Emi Nasirudin ST Basah Rp 200.000,0081. Ikatan Kel Minang Kec Ilir Timur II Rp 1.234.000,0082. Tanpa nama via BCA 6/10 Rp 100.000,0083. HM Rusdi Senen Rp 3.000.000,00

    MunasRibutTerus

    Fadel Temukan Pena PengintaiBerkamera

    PALEMBANG, SRIPO Satu lagi bukti warga Sum-sel khususnya masyarakatMinang perantau begitupeduli dengan korbangempa di Kota Padang, Pa-riaman dan Agam, Suma-tera Barat (Sumbar). 300 Ki-logram (Kg) daging ren-dang basah (cair), Rabu (7/10) dikirim ke lokasi gem-pa bersama 15 ton beras, miinstan, dan alat-alat pertu-kangan dengan total ban-tuan Rp 120 juta lebih.

    Pengiriman bantuanyang diangkut dengan em-pat truk melibatkan 20 o-rang relawan, dilengkapi

    Sumsel Kirim 300 Kg Rendang

    ! ke halaman 11

    PALEMBANG, SRIPO Munas Gol-

    kar VII, Ra-bu (7/10)m a l a mb e r l a n g -sung dalam

    situasi tidakkondusif. Hu-

    jan interupsi berujung kis-ruh mewarnai proses pemi-lihan Ketua Umum Golkarperiode 2009-2014 itu. Bibit-bibit kericuhan dimulaidari Munas hari sebelum-nya.

    Proses pemilihan tahappertama terhenti pukul23.47 karena persoalanmandat ganda di 3 DPD IIbelum selesai. Selain itu,pimpinan sidang, FadelMuhammad menemukanpena berkamera yang me-ngintai contrengan peserta.

    Aksi protes peserta Mu-nas memanas karena man-dat ganda di 3 DPD II, yak-ni Kabupaten KepulauanSeribu, Kabupaten Langkatdan Kabupaten Halmaherabelum mengemuka. Ketua

    Umum DPP Golkar JusufKalla turun tangan. Namuntidak juga menyelesaikanmasalah sehingga pimpin-an sidang menskors Munas10 menit.

    Utusan DPD II Kepulau-an Seribu bersuara kerassehingga memancing hujaninterupsi. Beberapa berte-riak agar ia dikeluarkan.Petugas keamanan berusa-ha mendekatinya, tapi u-

    tusan Kepulauan Seribu itubersikeras punya hak sua-ra.

    Yang punya hak suarajangan dikeluarkan, tidakboleh dikeluarkan, katapeserta lainnya memberidukungan.

    Sementara peserta si-dang yang tidak suka de-ngan utusan tersebut juga

    ! ke halaman 11

    ANTARA/YUSRAN UCANGBEREBUT BOLA Dua pesepakbola Sriwijaya FC, Keith Kayamba Gumbs (kiri) dan Mustofa Aji (tengah) berebut bola di udaradengan seorang pesepakbola Persipura Jayapura, Vicktor Igbonevo (kanan), saat bertanding pada piala Community Shield 2009di Stadion Mattoanging Gelora Andi Mattalatta Makassar, Rabu (7/10) malam.

    JAKARTA, SRIPO Kepa-la Badan Reserse Kriminal(Kabareskrim) Mabes PolriKomjen Susno Duadji sela-mat dari penonaktifan.Susno dinyatakan tidakterbukti bersalah melaku-kan pelanggaran berupapenyalahgunaan kewena-ngan saat menetapkan duaWakil Ketua KPK (non ak-tif) Chandra H Hamzah danBibit Samad Rianto. Susnojuga dinyatakan tidak ter-bukti menerima suap saatmenerbitkan surat klarifi-kasi kepada Bank Centuryatas deposito milik nasabahBank Century Budi Sam-poerna senilai 18 juta dolarAS.

    Dari hasil penyidikan ti-dak ditemukan fakta suapdan penyalahgunaan we-wenang. Dengan demilkiantidak dapat dikatakan Ka-bareskrim Komjen SusnoDuadji melanggar kodeetik, tegas Irwasum PolriKomjen Yusuf Manggaba-

    SusnoSelamat

    rani di Mabes Polri Jakarta,Rabu (7/10), tambahnya.

    Menurut Yusuf, penetap-an tersangka ChandraHamzah dan Bibit SamadRiyanto sebagai tersangkatelah sesuai dengan prose-dur ketentuan yang berla-ku. Serta bebas dari inter-vensi Susno Duadji sebagaiKabareskrim. Itu dimulaidengan adanya testimoniAntasari tertanggal 16 Meidan dilaporkan ke Bares-krim Polri bersama denganJuniver Girsang, penasihathukumnya, 6 Juli 2009, u-jarnya.

    Penyidikan terhadap

    empat unit kendaraan rodaempat operasional dan duasepeda motor. Selain bahanmakanan dan obat-obatan,relawan yang dipimpin HErwin Lismar ini jugamembawa satu truk alatpertukangan yang setiba-nya di lokasi bencana akandibagikan langsung kepa-da korban gempa, denganharapan alat-alat pertu-kangan ini dapat memban-tu penduduk merehabilita-si pemukimannya kembaliatau paling tidak dapat di-gunakan untuk menggali

    ! ke halaman 11

    ! ke halaman 11

    PALEMBANG, SRIPO Persipura Jayapura suksesmembalaskan dendam se-telah mengalahkan Sriwija-ya FC dengan skor 3-1 diStadion Andi Matalatta Ma-kassar, Rabu (7/10) malam.Tim Mutiara Hitam menca-tat sejarah sebagai tim per-tama juara CommunityShield Indonesia.

    Striker Boas Salossamemborong dua gol di me-nit ke-58 dan 84. Satu golPersipura lainnya dicetakYustinus Pae menit ke-66.Sementara SFC hanya ber-

    Dua Gol Boas Benamkan SFC Persipura Juara Community Shield Persipura Juara Community Shield Persipura Juara Community Shield Persipura Juara Community Shield Persipura Juara Community Shield

    hasil mencetak satu gol me-lalui tendangan keras Ka-yamba di menit 73.

    Pelatih SFC, RahmadDarmawan, mengatakan,semalam anak asuhnyabermain cukup bagus.Membuat peluang dan me-nyerang dengan baik. Ha-nya saja, di babak keduapara pemain terutama dilini belakang seperti kehi-langan konsentrasi untukmengantisipasi tekananPersipura.

    Terutama serangan darisayap dan long pasing dari

    tengah. Artinya serangandari lini kedua inilah yangperlu diwaspadai dan men-jadi pekerjaannya ke depan.

    Secara keseluruhan kitamemiliki 9 peluang, tetapihanya tercipta satu gol. Se-mentara tim lawan menda-patkan 8 peluang dan men-ciptakan 3 gol. Saya pikir ki-ta kurang beruntung. Se-lain itu perlu diingat padababak pertama seharusnyaada penalti, saat Poci dido-rong, tetapi tidak diberi-kan, kata RD.

    Menurut RD, ke depan

    beberapa kesalahan dankelemahan terutama di linibelakang akan dibenahi. Dibabak pertama ia mene-rapkan pola 3-5-3 sehinggamencadangkan Arif Suyo-no. Namun di babak keduaia bermain dengan formasi4-3-3 dengan memasukanArif Suyono.Ke depan darihasil pertandingan ini sayasegera melakukan pembe-nahan, karena ada lagayang penting pada pembu-kaan Liga Super lawan PSM

    ! ke halaman 11

    Susno Duadji

    PADANG, SRIPO Peme-rintah Australia memba-ngun instalasi darurat pe-ngolahan air laut menjadiair minum bagi wargaKota Padang pasca gempadi Sumatera Barat (Sum-bar). Instalasi darurat ter-sebut mampu menghasil-kan air minum yang lang-sung dikonsumsi sebanyak400 ribu liter sehari.

    Peralatan pengolahan airlaut yang merupakan ban-tuan dari pemerintah Aus-tralia tersebut dipasang dipantai Ulak Karang SelatanKecamatan Padang Utara,Rabu (7/10). Mesin pengo-lahan air laut menjadi airtawar tersebut langsung di-operasionalkan dan siapdidistribusikan ke wargaKota Padang yang keku-rangan air bersih pascagempa hari Rabu (30/9).

    Proses penyulingan airlaut menjadi air tawar ter-sebut tidak sampai 5 menitdan langsung bisa dimi-num. Mesin pengolahan airminum tersebut diharap-kan bisa membantu dalampenyediaan air bersih bagiwarga Kota Padang dan se-kitarnya.

    Proses penyulingan airlaut tersebut disaksikanlangsung wakil walikotaPadang, Mahyeldi Ansarul-

    Dibangun AustraliaDibangun AustraliaDibangun AustraliaDibangun AustraliaDibangun Australia

    Air Laut Siap Minumuntuk Warga Padang

    AP PHOTO/DITA ALANGKARAANTRE AIR Korban selamat mengantre air bersih di Padang,Sumatera Barat, Rabu (7/10).

    lah. Bahkan Mahyeldi ikutserta langsung meminumair yang telah disaring me-lalui proses penyulingantersebut.

    Pejabat militer AustraliaLetnan Kolonel (letkol)Sweeney yang mengope-rasikan mesin penyaringtersebut mengatakan me- ! ke halaman 11

    SRIPO/SINBERSIHKAN KUALI Juru masak RM Pagi Sore membersih-kan kuali yang dipakai memasak 300 Kg daging rendang untukkorban gempa di Sumatera Barat.

    AYO! Ayo maju. Maju mas Tommy. Kami ingin masTommy menang... Oke...oke...oke...!!!! Demikian syair laguyang dinyanyikan 900 simpatisan Hutomo Mandala Put-ra atau yang akrab disebut Tommy Soeharto, di depansekretariat DPD Partai Golkar Pekanbaru Jalan Datuk SetiaMaharaja, Rabu (7/10).

    Hal ini mereka lakukan sebagai bentuk dukungan moralkepada putra cendana itu yang maju dalam bursa Ketuaumum Partai Golkar. Mereka ingin Tommy memenangkanpertarungan dengan tiga kandidat lainnya. Namun merekatidak akan melakukan aksi protes. Mereka mendukung pe-nuh suksesnya Munas VIII Partai Golkar ini.

    Penanggung jawab rombongan Palembang, Ali Palita ke-pada Tribun Pekanbaru (grup Sripo di Pekanbaru, Red) di

    400-an Wong KitoSimpatisan Tommy

    ! ke halaman 11 Tommy SoehartoTP

    sin ini merupakan bantuandari pemerintah Australiabagi warga pasca bencanagempa. Bantuan ini ben-tuk persahabatan Australiadan Indonesia dan sebagaitanda keprihatinan terha-dap bencana yang melandaSumatera Barat, ujarnya dilokasi, Rabu (7/10).

    Menurut Letkol Swee-ney, pihaknya telah me-nyiapkan dua tanki penam-pung air setelah melaluiproses penyulingan seba-nyak 7.500 liter. Namunmesin pengolah ini bisamenghasilkan air bersih

    ANTARATENANGKAN PESERTA Ketua Umum Partai Golkardemisioner Jusuf Kalla mencoba menenangkan peserta Munasdari Langkat, Sumut, ketika pemilihan ketua umum Partai Golkardi Pekanbaru, Riau, Rabu (7/10) malam.

  • 2 SRIWIJAYA POSTKamis, 8 Oktober 2009PALEMBANG, SRIPO Dodi Reza AlexFoundation & PT Pos Indonesia menyalur-kan bantuan untuk korban kebakaran diSungki, Kertapai Palembang, Rabu (7/10).

    Dalam siaran persnya, Operational Ma-nager Dodi Reza Alex Foundation, Alessan-dro dan Kepala kantor Pos Palembang,Gustap PM Marpaung, penggalangan ter-kumpul uang tunai Rp 600.800. Selain ituada juga berupa dua dus mi instan dan satudus pakaian layak pakai dan tiga karung

    Dodi Alex Salurkan Bantuanberas.

    Penggalangan yang dilakukan 1-6 Okto-ber 2009 ini juga untuk korban gempa Su-matera yang terkumpul Rp 3.218.500 dansatu dus pakaian layak pakai. Ini kami sa-lurkan melalui rekening kepala kantor posPadang sekalu koordinator lapangan PTPos Peduli. Semoga bantuan kecil ini da-pat bermanfaat untuk saudara-saudarakita yang sedang ditimpa bencana, ujarAlessandro. (rel/fiz)

    PALEMBANG, SRIPO Pemerintah KotaPalembang membentuk tim untuk mener-tibkan masyarakat yang melakukan akti-vitas pencarian benda cagar budaya di Su-ngai Musi. Para penyelam tradisional itumesti mendapat izin terlebih dahulu terhi-tung, Kamis (8/10).

    Sekda Kota Palembang, Drs H MarwanHasmen melalui Kabag Humas dan Pro-tokol, Aminoto M Zen BA, mengatakan,keputusan itu diperoleh melalui rapat yang

    Pemkot Larang Penyelam Musimembahas tentang larangan pencarianbenda-benda cagar budaya.

    Meski dengan berbagai alasan sepertimenggali pasir dan mencari besi. Aktivitasitu mengganggu arus transportasi angkut-an sungai di samping membahayakan ma-syarakat, kata Aminoto, Rabu (7/10).

    Menurut dia, tim penertib penyelam tra-disional terdiri dari Asisten I, Danlanal, Air-ud, Dishub, Camat, BLH, dan Sat Pol PP akanmelakukan penyuluhan secara rutin. (ahf)

    PALEMBANG, SRIPO Guna mengatasi banjir, ta-hun ini pemerintah kotamenambah dua kolam re-tensi di belakang Poltabesdan Komplek Kedamaian JlResiden Abdul Rozak. Se-lain itu memperbanyakpompa air di beberapa lo-kasi rawan banjir sepertisimpang Polda dan SekipBendung.

    Kepala Dinas PU BinaMarga Kota Palembang,Kira Tarigan menjelaskan,kolam rentensi Sungai Auryang letaknya dibelakangPoltabes Palembang terse-but saat ini sedang tahappengerjaan dan diperkira-kan tahun depan dapat di-fungsikan. Satu kolam re-tensi yang dipersiapkan la-gi berada di kawasan Kom-plek Perumahan Kedamai-an yang luasnya 2,8 hektar.

    Tim dari ITB dan peme-rintah kota tengah melaku-kan penelitian kelayakandan manfaat rencana reten-si di Kedamaian, kata Ta-rigan, Rabu (7/10).

    Saat ini jumlah baru 19kolam retensi yang ada se-perti di kawasan RSI SitiKhadijah, Simpang Polda,dan kawasan IBA. Peme-rintah juga akan menam-bah 31 kolam retensi lagi

    termasuk retensi sungaiAur dan Kedamaian se-hingga total kolam retensisebanyak 50. Diharapkandengan bertambahnya ko-lam retensi tersebut dapatmengatasi banjir yang se-ring terjadi. Palembang ju-ga mempunyai 19 sistemsungai yang perlu dinor-malisasikan dan dilakukansecara bertahap.

    Selain menambah kolamretensi, pemerintah jugamenambah pompa di bebe-rapa lokasi yang seringbanjir. Diantaranya di Mua-ra Sungai Bendung yangberkapasitas 3x18 meterkubik per detik, serta pom-pa kecil dengan kapasitas600 liter per detik seperti diJalan Kapten A Rivai dan Ja-lan Veteran.

    Sebelum dipasang pom-pa, genangan di Jalan Vet-eran bisa 10 jam, tapi seka-rang hanya 1 jam, turur KTarigan seraya menambah-kan kolam retensi simpangPolda tidak bisa diperluasdan digali kembali, karenaletaknya berdamping ber-dekatan dengan pipa gas.Untuk mengatasi banjir ha-nya bisa dipasang pompayang akan dimasukan da-lam anggaran tahun depan.

    (sep)

    PALEMBANG, SRIPO Tim ekspedisi Sriwijayamulai meneliti situs KotaKapur di Kabupaten Bang-ka, Rabu (7/10). Kawasanini merupakan peninggal-an bersejarah penting seba-gai tempat singgah pasu-kan Kerajaan Sriwijaya se-belum menaklukkan Jawa.

    Eskpedisi Sriwijaya dariKota Kapur mengambil ru-te Selat Bangka-Air Sugih-an-Upang-Palembang. Disekitar Kota Kapur, Kamis(8/10), tim akan menyela-mi Selat Bangka untukmenggali informasi keber-adaan situs atau pun bendapeninggalan Sriwijaya.

    Kepala Badan Arkeologi

    PALEMBANG, SRIPO Penelur bakat-bakat vokalterbaik anak Palembangmemulai lembaran baruuntuk keberhasilan yanglebih sukses lagi.

    Bina Vokalia yang sebe-lumnya bermarkas diKampus Tridinanti, sejakMinggu (4/10) lalu telahmenempati gedung yangbaru di Jl Angkatan 66, No65D.

    Sanggar musik Palem-bang Pimpinan Isnirihadiini telah siap dengan kuri-kulum baru yang bisa di-ikuti tiap hari dari Senin-Minggu mulai pukul 09.00-20.00. Selain itu juga telahdibuka les tambahan untukbelajar alat musik yakni gi-tar klasik dan keyboard.

    Di sanggar kita, selain

    Palembang, Nurhadi Rang-kuti, mengatakan, perjalan-an dari Palembang ke KotaKapur, atau sebaliknya, pa-da masa Sriwijaya melaluijalur sungai, tapi berapa la-ma waktu yang dibutuh-kan untuk menempuh ja-lur tersebut belum dapat di-ketahui.

    Untuk itu kita melaku-kan ujicoba guna mengeta-huinya lewat kegiatan Eks-pedisi Sriwijaya mengguna-kan kapal kayu, katanya.

    Kondisi masa Sriwijayadan masa yang sekarangmemang berbeda, baik alattransportasi yang diguna-kan, jalur yang dilalui, per-sonel yang terlibat dan lain-

    nya. Namun, kata Rangku-ti, paling tidak dari kegiat-an ini dapat diperoleh infor-masi baru.

    Jauh sebelum berdiri-nya Kerajaan Sriwijaya su-dah ada hunian di Kota Ka-

    pur, hal itu dibuktikan de-ngan sejumlah situs sejarahyang ditemukan di kotaitu, ujarnya.

    Menurut dia, Kota Kapurmenjadi daerah yang cu-kup strategis karena memi-liki sumber daya alam ting-gi di antaranya timah.

    Setelah melakukan pene-litian di Kota Kapur, Jumat(9/10), tim bergerak ke AirSugihan, Banyuasin. Duapeneliti Balar Palembangkemarin berangkat ke AirSugihan mempersiapkanlokasi yang akan ditelitiTim Ekspedisi Sriwijayadari Kota Kapur itu.

    Sigit mengatakan, mere-ka sudah berkoordinasi de-ngan aparat Kecamatandan Polsek Air Sugihan me-laporkan kegiatan itu. (ahf)

    Tambah Dua Kolam Retensi Poltabes dan Kompleks Kedamaian

    chlfoto ........jack

    Hari Ini Selami Selat Bangka Ekspedisi Sriwijaya 2009

    mengajarkan orang bisamenyanyi dengan baik ju-ga dibekali dengan penge-tahuan membaca not ang-ka dan not balok yang be-

    nar, kata Dewi Isnirihadiselaku pengajar dan anakpendiri Bina Vokalia.

    Ia menambahkan de-ngan staf pengajar yangberjumlah enam orangsanggar siap menerimamurid baru. Saat ini telahada 100 murid yang belajaryang 70 persennya anak-anak dan sisanya merupa-kan orang remaja dan o-rang dewasa.

    Menginjak usia yang ke-33 tahun Bina Vokalia siapmengorbitkan bakat-ba-kat terpendam anak Pa-lembang. Sebagaimanapencapaian prestasi yangpernah diraih selama ini,seperti Gita Idola CilikRCTI, acara Super Twin In-dosiar, Bintang Radio danlainnya. (mg2)

    Bina Vokalia Palembang Boyongan

    SRIPO/STSDodi Reza Alex

    PALEMBANG, SRIPO Upaya untuk menurunkanangka kemiskinan di Sum-sel, sepertinya tidak bisa di-tawar-tawar lagi. Dimulaidengan program meri-ngankan beban rakyat me-lalui sekolah dan berobatgratis, kini Pemprov meng-alokasikan dana Rp 752 mi-liar membuat 30 programtersebar di 13 SKPD (SatuanKerja Pemerintah Daerah).Ditargetkan angka kemis-kinan dari 18,46 persen di2009 menjadi 16,58 persendi 2010.

    Wakil Gubernur SumselH Eddy Yusuf SH, MM me-ngatakan, laju pertumbuh-

    an ekonomi Sumsel padaTriwulan III 2008 masih 5,23persen (dengan Migas) dan6,10 persen (tanpa Migas).Hal ini menujukan turun-nya jumlah penduduk mis-kin dari 19,5 persen (2007)menjadi 17,73 persen(2008). Perkembangan inisecara otomatis juga menu-runkan angka penganggur-an dari 9,34 persen (2007)menjadi 8.08 persen (2008).Sementara penduduk mis-kin di 2009-2010 diprediksimenjadi 16,58 persen danjumlah pengangguranmenjadi 7,65 persen.

    Kondisi ekonomi diSumsel membaik. Perta-

    ma, Sumsel tidak terpenga-ruhi krisis global, tidak ter-jadi bencana alam dan ke-giatan investasi mengalamipertumbuhan, katanyasaat membuka KoordinasiPenanggulangan Kemis-kinan di Sumsel yang gelarBadan Perencanaan Pemba-ngunan Daerah (Bappeda)Sumsel, Rabu (7/10) di Ha-rison.

    Namun begitu, pendu-duk miskin dimana sajapasti ada, termasuk di nega-ra maju karena sudah men-jadi hukum alam. Selamamasih ada orang kaya, ma-ka disitu pasti ada orangmiskin. Untuk itu, berbagaiprogram dilakukan Pem-prov Sumsel, setidaknyabeban masyarakat sudah

    ringan.Mereka tidak lagi memi-

    kirkan biaya untuk berobatdan memasukan anaknyake sekolah karena semua-nya sudah ditanggung pe-merintah, katanya.

    Namun begitu, programpemberdayaan masyara-kat miskin tetap dilakukanmelalui berbagai programdi 13 SKPD. Ada 30 renca-na program yang tujuan-nya untuk pemberdayaanmasyarakat miskin, kataEddy Yusuf.

    Deputi PenanggulanganKemiskinan pada Kemente-rian Kesejahteraan RakyatRI, Dr Sudjana Ruchiyatmengatakan, penanggula-ngan kemiskinan merupa-kan amanat UUD 1945. (sin)

    30 Program Atasi Kemiskinan Siapkan Dana Rp 752 Miliar

    SRIPO/ZAINIAMBIL KERTAS SUARA Cergayanti (kiri) calon ketua umum Serikat Pekerja PT PupukSriwijaya yang berpasangan dengan Suehardi mengambil kertas suara dalam acara pe-milihan langsung ketua umum dan wakil ketua umum Serikat Pekerja PT Pusri periode2009-2013, Rabu (7/10).

    Nurhadi RangkutiIsnirihadi

    SRIPO/ZAINIKERUK Salah satu alat berat mengeruk lokasi kolam retensi di belakang Poltabes Palembang, Jakabaring, Rabu (7/10).

  • SRIWIJAYA POSTKamis, 8 Oktober 2009 3

    FKIP PGRI Palembang CiptakanGuru Profesional

    Yudisium Ke-38 FKIP Universitas PGRI PalembangFAKULTAS Ke-

    guruan dan IlmuPendidikan seba-gai salah satu fa-kultas di Universi-tas PGRI Palem-bang diarahkan un-tuk menghasilkanalumni yang ber-kualitas dan ber-mutu serta mampumenciptakan guru-guru yang profesio-nal di masa men-datang.

    Untuk merealisasikan hal itu UPGRI Palem-bang terus melakukan pembenahan sarana danprasarana serta meningkatkan kualitas SDM-nya,kata Rektor Universitas PGRI Palembang, DrsH Usman Madjid MM saat acara Yudisium FKIPUniversitas PGRI Palembang di Gedung Serba-guna Jakabaring Palembang, Rabu (7/10).

    Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang, Drs HSyarwani Ahmad, MM mengatakan manajemen FKIPUPGRI Palembang siap membantu mahasiswa me-ngembangkan potensi dalam rangka menuju profesio-nalisme dan siap menjadi tenaga pendidik yang akanmencetak dan menghasilkan guru yang berkualitas.

    Setelah menjadi guru, ada tiga tugas utamayaitu tugas profesi (mendidik, mengajar dan me-latih), tugas kemanusiaan (mampu menjadi orang-tua bagi murid, menjadi model dan idola anak didik)serta tugas kemasyarakatan di mana kalian harusmenjadi warga yang bermoral Pancasila, berakhlakmulia dan bermasyarakat yang harmonis, pesanSyarwani kepada para mahasiswa FKIP UPGRIPalembang yang diyudisium.

    Yudisium ke-38 diikuti 1054 orang yang terdiridari prodi Pendidikan Bahasa Inggris 342 orang,Bahasa dan Sastra Indonesia 131, Matematika189, Fisika 98, Sejarah 30, Ekonomi Akuntansi88, Bimbingan Konseling 105 serta Olahraga 71orang. (saf/Advertorial)

    Dekan FKIP UPGRI Palembang, Drs HSyarwani Ahmad MM didampingi PD II, SjechDullah PD III Sukardi dan Kejur Bahasa danSeni, Dra Hj Yenny Puspita MPd menyala-mi mahasiswa yang diyudisium.

    Wakil Ketua YPLP PT PGRI Palembang (kiri)Ali Latief bersama Rektor UPGRI Palem-bang, Drs H Usman Madjid MM dan Purek IUPGRI Palembang, H Eddy Salam SH MM

    Para mahasiswa yang diyudisium

    Unsur pimpinan Universitas PGRI Palem-bang dan undanganPara mahasiswa FKIP yang diyudisium

    Syarwani Ahmad Sjech Dullah Sukardi

    PARIWARA

    PALEMBANG, SRIPO Sebanyak 10 unit TransMusi sudah datang dan saatini di parkir di halamanKantor Dinas Perhubung-an (Dishub) Kota Palem-bang 35 Ilir. Rencananyabus ini akan beroperasi pa-da awal bulan Desemberuntuk dua koridor Sako-Palembang Indah Mall(PIM) dan Alang-alang Le-bar-Ampera.

    Kepala UPTD AngkutanMassal Dishub Palembang,Syarfuddin menjelaskan, 10unit bus Trans Musi telahditerima Selasa lalu, namunbelum secara resmi. Renca-nanya, Jumat besok ke 10kunci bus baru akan dise-rahterimakan dari pihak PTDeraya Nusantara Indoc

    kepada Dishub. Setelahserah terima. Tim dari Pem-kot akan melakukan peme-riksaan, apakah bus yangsudah datang ini sesuai de-ngan spesifikasi yang di-inginkan dan layak berope-rasi, kata Syarfuddin, Ra-bu (7/10).

    Bus dengan merekHyundai dan diproduksi PTDeraya Nusantara IndocTengarang pada bagian de-pannya bertuliskan Palem-bang Kota International.Sedangkan samping kiridan kanan terdapat tulisanTrans Musi, terpasanggambar Tower Ampera de-ngan motif songket ber-warna hijau, hitam dan pu-tih.

    Bus yang ukurannya se-dikit lebih besar dari padabus kota memiliki 23 tem-pat duduk di sisi kanan dankiri serta belakang. Sedang-kan pintu keluar dan ma-suk terletak di bagian sam-ping kiri.

    Selain tempat duduk, pe-numpang juga dapat ber-diri karena di bagian te-ngahnya terdapat dua tem-pat berpegang yang jum-lah mencapai puluhan.Meski berdiri, dapat dipas-

    tikan penumpang tetapmerasa nyaman, sebab busini dilengkap dengan AirConditioner (AC) serta mu-sik. Penumpang juga tidakakan berdesakan, karenaada petugas atau Pramu-gara yang mengatur setiappenumpang yang masukdan keluar kendaraan.

    Kabid Transportasi Jalandan Rel KA, Agus Supriadimengatakan

    Dishub dengan pihak ke-tiga sedang merancang dan

    merakit 56 halte yang akandipasang di titik-titik yangsudah ditetapkan. Pema-sangan itu sendiri akan di-mulai awal November nantidan tidak memakan waktulama, sebab halte yang di-siapkan tersebut memakaisistem rakit. Sedangkandana yang dibutuhkan un-

    Trans Musi Full AC dan Musik Dioperasikan Awal Desember

    RUTE SAKO-PIM DAN AAL-AMPERA

    Tahap awal 10 bus Trans Musi melayani:Koridor 1: Sako-Basuki Rahmat-Demang Lebar Daun-Srijaya Negara-Diponegoro-PIM kembali ke SakoKoridor 2 : Alang-alang Lebar-Sudirman-Jembatan Am-pera kembali ke Alang-alang Lebar.

    PALEMBANG,SRIPO Tanggapan beragam mun-cul dari sopir bus kotayang trayeknya akan dima-suki Bus Trans Musi, De-sember mendatanga. Dite-mui di Terminal Sako, Rabu(7/10), Meidy (42) sopir buskota jurusan Perumnas-Kertapati, mengaku pesi-mis atas kelangsunganoperasi Bus Transmusi, me-ngingat saat ini sepi pe-numpang.Rasonyo belumlayak, sekarang be sepi,-ungkapnya.

    Ayah tiga anak ini jugakhawatir keberadaan BusTransmusi akan memati-kan penghasilan merekayang kini bertambah sulitkarena mengalami penu-runan penumpang.

    Senada dengan Yakub(62) sopir bus jurusan Bu-kit-Jakabaring, tak inginkehilangan mata pencari-annya atas keberadaan BusTransmusi yang masuk ketrayeknya. Sopir yang te-lah lebih dari tujuh tahunmengoperasikan bus ini

    menilai, tidak adil jika pe-merintah merekrut sopirbaru untuk trayek barudengan meminggirkan so-pir lama dan trayek lama.Kepandaian saya hanyabisa nyopir, keluhnya.

    Bersama anaknya, Ipan(29), warga Lebak Kranji inimengemudikan bus daripagi hingga menjelang ma-lam selama enam hari. Dariusahanya itu dia mengakumengantongi Rp 50.000 -Rp75.000 untuk mencukupi se-luruh kebutuhan harian ke-

    luarganya setelah menyetorRp 187 ribu ke pemilik bus.

    Berbeda dengan Arpan(29) yang pasrah akan na-sibnya jika nanti tak bisalagi menafkahi keluarga-nya dengan menjadi sopirbus. Ayah dua anak ini ha-rus menyetor Rp 220 ribuke pemilik bus setiap hari-nya. Saat ini dia hanya ber-pikir akan mengemudikanjenis angkutan lain bila nan-ti tak bisa lagi mengemudi-kan bus jurusan Bukit-Jaka-baring. (mg3)

    Saya Hanya Bisa NyopirDILAYANI PRAMUGARA

    BAK GUNA memperoleh Sumber Daya Manusia (SDM)untuk supir dan pramugra Trans Musi yang benar-be-nar baik, PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya(SP2J) melakukan penyeleksi ketat. Masa pendaftaranuntuk supir dan pramugara 10 bus Trans Musi bera-khir 6 Oktober kemarin. Tetapi PT SP2J tetap meneri-ma calon pelamar untuk 30 bus berikutnya. Tahapawal sebanyak 20 supir termasuk supir cadangan dan20 pramugara yang akan melayani penumpang sela-ma dalam bus. Kami juga mengerima supir bus kotatetapi melalui seleksi yang sama ketat dengan pelamarbaru, jelas Direktur PT SP2J, Bahder Johan. (sep)

    tuk pemasangan 56 halteberkisar Rp 3,2 miliar lebih,dimana setiap satu halte me-nelan dana Rp 57 juta. (sep)

    PESTA Blogger di Palem-bang akan diisi denganBlogshops (blogging work-shop) untuk para ibu-ibu.Komunitas Blogger WongKito juga akan memberi-kan pelatihan dalam blog-shops. Ibu-ibu dan pesertapemula akan diajari mem-buat blog, kata Seksi Hu-mas Kedutaan Besar AS diIndonesia Dian Agustin.

    Dalam silahturahmi keRedaksi Sripo, Dian Agustinbersama dengan BapakKetua Blogger NasionalEnda Nasution serta NenaBrodjonegoro dari Maver-ick. Kegiatan blogshops di-rencanakan berlangsung diAula Gedung Telkom

    Kandatel Sumbagsel. Su-dah ada lebih dari 40 pe-serta yang akan ikut men-jadi peserta dari blogshopstersebut. Malamnya akandilakukan temu bloggeryang berlangsung di RiversSide Restaurant yang bera-da di tepi Sungai Musi, Pa-lembang.

    Redaktur Pelaksana Sri-wijaya Post Wenny Ramdi-astuti menyambut baikmunculnya kegiatan terse-but. Dijelaskan pula bahwaHarian Sripo selain punyamedia cetak juga punyamedia versi online yaknisripoku.com sebagai mediaonline yang pertama diSumsel.

    Sementara Enda Nasuti-on mengungkapkan bah-wa pengguna internet diIndonesia terbilang relatifsedikit. Dari populasi pen-duduk Indonesia yangmencapai 240 juta orang,baru 13 persen yang me-ngenal internet. Artinyabaru 31 juta orang yangmenggunakan internetatau satu diantara 10 orangadalah pengguna internet,kata Enda.

    Namun menurut Enda,hal itu justru menjadi pelu-

    ang. Ada sembilan orangdiantara 10 orang yangmenjadi potensi untuk di-perkenalkan dengan inter-net serta blog. Hal itu ka-rena untuk membuat blogadalah hal yang mudah.

    Diungkapkan, berda-sarkan data tahun 2007baru ada 300 ribu blogger.Namun dalam tahun se-lanjutnya naik drastis duakali lipat dan diperkirakankini menembus satu jugablogger yang ada di Indo-nesia. (sgn)

    Pestanya Para Blogger di Palembang

    Kesempatan Ibu-ibu dan Pemula Bikin BlogGiliran Kota Palembang menjadi tuan rumah

    Pesta Blogger 2009 setelah beberapa kota diIndonesia menjadi tuan rumah pertemuan komunitasblogger. Pesta akan digelar Kamis (8/10) ini sebelumakhirnya ditutup pada pesta puncak di Kota Jakarta

    nanti.

    ATANG mengem-udikan HondaCRV, AchmadAmin (80) mema-suki halamanSripo, Selasa (6/

    10). Luar biasa, meski sudah lanjutusia, kakek ini masih terlihat bugar.Bayangkanlah sendiri, usia 80 tahunmasih bisa membawa mobil sendiri.

    Saya ingin menyumbang kor-ban gempa di Padang lewan Dom-pet Kemanusiaan Sripo, katanyakepada resepsionis. Tak lama se-telah berhadapan dengan kasir,mantan Kepala Catatan Sipil ta-

    hun 1985 ini langsung mengeluar-kan uang sebesar Rp 5 juta, darikantong pribadinya. Besok sayaakan datang lagi, ujarnya.

    Betul saja, Rabu (7/10) Achmadkembali datang, menambah jumlahsumbangan sebesar Rp 3 juta se-hingga total sumbangan Rp 8 juta.

    Itu dari pribadi saya, kataAchmad yang sempat salah alamat,mendatangi kantor lama Sripo di JlA Rivai. Saya ingatnya Sripo dulu diJl A Rivai, ternyata sudah pindah,katanya sambil tersenyum.

    Keikhlasan pria ini menyumbang-kan sebagian hartanya, karena dia

    merasa sedih melihat gempa yangterjadi di Padang. Kalau lihat diTV, terenyuh rasanya. Terketuk hatisaya untuk menyumbang, meskisaya bukan suka Padang dan takpunya sanak saudara di sana, ujarAchmad mendalam.

    Tak takut hartanya berkurangpak? Dengan besar hati, warga JlMayor Ruslan ini mengatakan jus-tru dengan bersedekah, harta akanberlipat ganda. Kata Rasulullahasal dilakukan ikhlas, hartamu akanbertambah dengan bersedekah.Kalau pelit, rezeki malah berku-rang, katanya. (lisma)

    Terenyuh Korban Gempa

    SRIPO/LISAchmad Amin

    SRIPO/ZAINILENGKAP Kepala UPTD Angkutan Masal Dishub Palem-bang, Syarfuddin, memperlihatkan fasilitas di dalam Bus TransMusi yang diparkir di lapangan parkir Kantor Dishub Palembangdi 35 Ilir Palembang, Rabu (7/10)-- atas. Bus Trans Musi inidilengkapi AC dan musik dengan pintu keluar masuk secara oto-matis.

    COBA LANDASAN Atlet Triathlon dariMataram, Andi Kadri(kiri), mencobalandasan di DanauOPI PalembangtempatdiselenggarakannyaTriathlon Internasio-nal, Rabu (7/10).Menurut atlet triathlonIndonesia ini lokasitrek dan danausudah bagus danmulus. TriathlonInternasional akandigelar pada 10Oktober mendatang.

    SRIPO/SYAHRUL HIDAYAT

    SRIPO/JACKSyarfuddin

    D

    SRIPO/SGNJELASKAN Ketua Blogger Nasional Enda Nasution menje-laskan rencana pestanya pra blogger saat berkunjung ke redaksiSripo, Rabu (7/10).

  • SRIWIJAYA POSTKamis, 8 Oktober 20094

    Bagus galo buat mbantu sesa-mo,uji Mangujuk.

    Memang mecem-mecem bantuan bagikorban gempo di Sum-bar,simbat Cekmat.

    Yang ngulungke dak tebates selawatcitak, ba-han makanan, pakean terus angkutan gratis.

    Cacam, alangke padeknyo oi. Masi kurang, antaro lain bahan buat ngawek

    rompok. Misal pekayuan, semen, besi, seng terusbatu bato.

    Payu kagek dukin banyak rasan. Bukan tapi ngarepke cak itu. Bolela jugo, namun dukinke yang paling perlu

    Angkutan Gratismendesak. Sala sikok conto, masala angkutangtatis.

    Cocok lalitu, tinggal lagi yang suda mulani gawi,disusul yang lain.

    Anu kekatke nyawiske jeramba dari setiapdaera, ke wilaya yang ngalami musiba tadi.

    Laju sepaham, ado yang nyedioke angkutangratis.

    Yola pulo. Bus diteretke, mubil pribadi dicadangkebuat ngumbali keluarga warga diperantauan. Maklumbukan dikit yang saro ngejoke ongkos kesano.

    Muda-mudaan bae, arapan pucuk jadi kenyataan. Pacak laitu asal, yang mampu samo teguga

    mantu. Kapan lagi nak melok nyambang dengan apoyang ado. (Kgs Arpan)

    PALEMBANG, SRIPO Ratusan mahasiswa Fakul-tas Hukum (FH) Universi-tas Muhammdiyah Palem-bang (UMP) Sumatra Sela-tan (Sumsel), Rabu, mela-kukan aksi mogok kuliahguna menuntut akreditasikampus itu berubah ke C.

    Dengan aksi tersebutproses belajar-mengajarmenjadi terhenti, karenamereka mengancam untukmogok kuliah hingga tun-tutan dipenuhi oleh pihakrektorat.

    Setelah menggelar aksimogok kuliah di FH mere-ka langsug menuju ke kan-tor rektorat universitas ter-sebut, dengan harapan pi-hak rektorat dapat meme-nuhi tuntutan mereka yangsekarang ini menjadipersoalaan bagi para maha-siswa.

    Dimas Prastyo, koordi-nator aksi, mengatakan, tu-runnya akreditasi akibatkurangnya perhatian dari

    PALEMBANG, SRIPO Gerbong mutasi di jajaranpejabat Pemprov Sumselmasih bergulir. Rabu (7/10) Direktur RS dr ErnaldiBahar (RS Erba) yang di-jabat dr H Chairil ZamanMKes diserahterimakankepada dr Hj Latifah SpKJyang ditunjuk sebagai pe-laksana tugas (Plt) semen-tara. Serahterima berlang-sung tertutup di ruangkerja Sekdaprov SumselDrs Musyrif Suwardi HN.

    Pejabat yang menyak-sikan acara tersebut, dian-taranya Asisten IV Setda-prov Sumsel H Yusril

    PALEMBANG, SRIPO Dalam lima tahun terakhirakselarasi pembangungankota sangat cepat, begitupula ke depan. Untuk itu di-butuhkan peran serta ma-syarakat dalam pemba-ngunan kota, sehingga Pa-lembang dikenal hingga kemanca negara.

    Demikian disampaikanWalikota Palembang, IrEddy Santana Putra yangjuga Ketua Ikatan Alumni(IKA) Unsri dalam kuliahumum dihadapan undang-an di Gedung Pasca Sarja-na Unsri, Rabu (7/10).

    Hal terpenting, kataEddy adalah menumbuh-kan rasa memiliki banggaakan kota Palembang ser-ta merubah merubahprilaku masyarakat yangmasih kurang peduli akankebersihan, keamanan, dankenyamanan. Pekerjaanini bukan tanggung jawabpemerintah saja, melain-kan tanggung jawab kitasemua sebagai warga, ka-tanya.

    Pembangunan yang pa-ling mencolok dalam limatahun belakangan ini ada-lah pelayanan publik, ter-masuk air bersih yanghingga saat ini telah 83 per-sen warga dapat menik-

    Desak Perbaiki Sistemn Menyebabkan Akreditasi Turunn Ratusan Mahasiswa FH UMP Mogok

    pihak birokrasi kampusdalam menjaga dan me-ningkatkan kualitas penun-jang kuliah bagi mahasis-wa.

    Menurut dia, berubah-nya status akreditasi dikampus itu khususnya FHdipengaruhi merosotnyasistem yang ada di kampustersebut, sebab penilaiandari Badan Akreditasi Na-sional Perguruan Tinggi(BAN PT) tentunya mem-perhatikan kelayakan fasi-litas maupun penunjanglainnya untuk proses bela-jar mengajar di kampus.

    Massa aksi yang berjum-lah ratusan tersebut disam-but baik oleh pihak rekto-rat dengan difasilitasi gunamempertanyakan lang-sung upaya dilakukanRektor UMP menyikapipersoalan dihadapi olehmahasiswa.

    Andi peserta aliansi dariorganisasi Front Mahasis-wa Nasional (FMN) Palem-

    bang mengatakan, buruk-nya citra birokratis di kam-pus itu menunjukkan bah-wa minimnya perhatian di-berikan kepada mahasiswayang menuntut ilmu di uni-versitas tersebut.

    Menrut dia, dengan be-rubahnya status akreditasimenjadi C banyak alumniatau lulusan dari FH yangditolak ketika hendak men-cari kerja di sejumlah kan-tor dinas dan instansi didaerah ini.

    Rektor UMP Drs H MIdris MM menyampaikan,pihaknya telah mengupa-yakan perubahan akredi-tasi di fakultas itu juga ter-hadap fakultas lain yangakreditasinya turun.

    Saat ini kami sedangmenunggu hasil rapatpleno yang akan diseleng-garakan oleh BAN PT per-tengahan November, katadia lagi.

    Menurut dia, pihak rek-torat tidak dapat memak-

    sakan lembaga akreditasitersebut untuk segera me-lakukan perubahan statusakreditasi, karena merekamemiliki agenda kerjayang tidak hanya mengu-rusi UMP saja.

    Namun untuk perubah-an status akreditasi pihak-nya telah diminta BAN PTuntuk mengirimkan suratpemberitahuan ke lemba-ga itu, yang belum dapat di-pastikan berubah ke statusakreditasi yang baru.

    Ia mengharapkan, maha-siswa bersabar dan tetapberkonsentrasi dalam me-nuntut pengetahuan, se-hingga tidak mengganggusistem belajar mengajar.

    Pantauan di lapanganhingga usai pertemuanrektor dengan jajarannyapara mahasiswa masih me-ragukan apa yang telah di-sampaikan oleh pimpinanuniversitas itu, dan mere-ka mulai memboikot untukmogok kuliah. (Ant)

    Latifah Pimpin RS ErbaMalian. Usai serah terimajabatan, Musyrif Suwardimengatakan, masa jabatanPlt Direktur Erlandi Baharsampai pejabat defenitifditunjuk oleh GubernurSumsel. Saat ini masih da-lam persiapan untuk pe-nunjukan pejabat tersebut.Nanti bisa orang baru, ataubisa juga Ibu Latifah yangdipilih untuk menghindarikekosongan, katanya.

    Sedangkan status ChairilZaman, lanjut Musyrif, se-cara tersirat dikatakan bah-wa Mantan Kepala DinasKesehatan Kota Palem-bang dan pernah menjabat

    Kadinkes Sumsel ini, untuksementara non job. Sesuaiketentuan, Pak Chairil Za-man diberi kesempatan satutahun demi kepentinganorganisasi. Ini juga tergan-tung gubernur dan badanpertimbangan jabatan dankepangkatan (Baperjakat)yang akan menilai beliau.Mau ditempatkan kemana,dan tempatnya yang cocokdimana, ujar Musyrif.

    Musyrif menepis ang-gapan bahwa penunjukanLatifah sebagai Plt DirekturRS Ernaldi Bahar terkesanmendadak. Tidak ada itu.Tidak ada yang mendadak

    karena dalam suatu orga-nisasi, mutasi danpromosi adalah hal biasa.Apalagi beliau, memangsudah mendekati masapensiun, katanya.

    Sementara Plt DirekturRS Ernaldi Bahar, Latifah,mengaku siap mengem-ban amanah yang diberi-kan kepadanya, kendatihanya pelaksana tugas se-mentara.

    Saya akan melanjut-kan program lalu yangsudah baik, sedang yangmasih dianggap perluperbaikan akan saya ting-katkan, katanya. (sin)

    AkselarasikanPembangunan Palembangnnnnn Ajak Masyarakat Ikut Berperan Ajak Masyarakat Ikut Berperan Ajak Masyarakat Ikut Berperan Ajak Masyarakat Ikut Berperan Ajak Masyarakat Ikut Berperan

    mati air bersih. Dengandana sendiri, PerusahaanDaerah Air Minum (PDAM)bersama pemerintah terusmengembangkan jaringanair bersih hingga kepeng-giran kota dan kawasan-kawasan yang belum ter-layani.

    Agar jumlah pendudukkota Palembang agar tidakover capacity atau lebih dari2,7 juta yang dapat menim-bulkan persoalan kom-

    pleks, diperlukan tindakannyata dengan mempersiap-kan kota-kota penyanggaseperti Indralaya, Prabu-mulih, dan Pangkalanbalaidengan fasilitas dan aksesjalan yang sama pula.

    Tindakan ini merupa-kan cara menekan tingkaturbanisasi. Kalau pendu-duk Palembang sudah diatas 2,7 juta dapat menim-bulkan kawasan kumuh,jelas Eddy. (sep)

    DIREKTURBARU

    MantanDirektur RS

    ErnaldiBahar, dr

    ChairilZaman (kiri),

    menyalamipengganti-

    nya drLatifah,

    disaksikanSekda

    SumselMusyrif

    Suwardi,usai

    serahterimajabatan,

    Rabu (7/10).HUMAS

    PEMPROVSUMSEL/UNTUNG

    SARWONO

    SRIPO/ZAINIIKA UNSRI Ketua Ikatan Alumni (IKA) Pasca Sarjana Unsri, HEddy Santana Putra (kedua dari kiri) didampingi pengurus IKA UnsriH Romi Herton (kanan) mendapat ucapan selamat selamat dariAlumni Pasca Sarjana Unsri, usai acara pelantikan, Rabu (7/10).

    PALEMBANG, SRIPO Berbarengan dengan pene-rimaan CPNS di lingkung-an Depag, IAIN Raden Fa-tah juga membuka kesem-patan bagi lulusan S1 danS2 untuk berkarir di kam-pus tersebut.

    Panitia Pengadaan CPNSIAIN Raden Fatah, Drs HRuslan Muhayyan dalamrilis mengatakan, ada 14formasi lulusan S2 untuk te-naga dosen dan dua lulus-an S1 untuk tenaga teknisyang dibuka tahun ini. S2yang dibutuhkan antaralain lulusan bahasa Arab,linguistik, komputer, akun-tansi, pendidikan matema-tika dll, kata Ruslan.

    Lamaran dikirim via pos,

    IAIN Terima Lulusan S2-S1nnnnn CPNS Se-Sumsel Per CPNS Se-Sumsel Per CPNS Se-Sumsel Per CPNS Se-Sumsel Per CPNS Se-Sumsel Pertengahan Oktobertengahan Oktobertengahan Oktobertengahan Oktobertengahan Oktober

    hingga 20 Oktober menda-tang dengan alamat BiroKepegawaian AUAK IAINRaden Fatah Jl Prof KHZainal Abidin Fikri 30126Palembang. Melampirkansurat lamaran, fotokopi ija-zah, foto dan fotokopi KTPmasing-masing 2 lembardan map warna kuningkunyit (kulit kambing.

    Pelamar wajib melampir-kan amplop balasan yangtelah ditempel perangkokilat dengan menulis namadan alamat lengkap.

    Pada amplop lamaran di-cantumkan satuan kerjayang dituju dan pekerjaanyang dilamar pada sudutkiri atas.

    Persyaratan selengkap-

    nya bisa dilihat di papanpengumuman di ling-kungan IAIN RF Palem-bang.

    Sementara CPNS di ling-kungan Pemerintah Kab/Kota se-Sumsel akan dila-kukan pertengahan Ok-tober 2009 nanti.

    Sekda Pemprov Sumsel,H Musyrif Suwardi me-ngatakan Oktober ini di-siapkan data definitif for-masi dari masing-masingkabupaten dan kota diSumsel. Kita harapkanpenerimaan PNS itu supa-ya dilakukan secara seren-tak guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.Paling lambat akhir Okto-ber, katanya. (lis/Ant)

  • SRIWIJAYA POSTKamis, 8 Oktober 2009 5

    ETELAH me-ninggalkan ke-polisian, Andyyang sebelum-nya mengalamistres jika berha-

    dapan dengan tragedi ke-manusiaan, menjadi lebihberbahagia. Ia kini bisa ber-santai. Namun kegembira-an itu berusia pendek. An-dy stres saat dia mencobamemulai usaha sendiri se-bagai kurir. Hal itu menye-babkan dia mengalamigangguan jantung yang di-sebut pericarditis (radangkatup jantung). Dokter me-nyarankan dia harus ber-

    henti kerja atau dia akanmati. Seminggu kemudianAndy mengalami hari yangburuk. Ia menderita sakitkepala yang hebat serta pu-sing. Dia berencana ke ru-mah sakit terdekat untukmencari dokter.

    Jo mengatakan, Saya bi-lang kepadanya, saya antardia dengan mobil tapi diaingin berjalan kaki. Sayapikir kepalanya sedang ter-luka dan menurut dia, ber-jalan akan sedikit memban-tu. Dia meminta saya ting-gal di rumah bersamaChloe. Kemudian saya me-nerima pesan yang mem-

    beri tahukan bahwa dia dirumah sakit dan sedangmenunggu seseorang. Na-mun pukul 4 pagi saya ter-bangun oleh telepon darirumah sakit yang menga-takan, para perawat men-dapati Andy berjalan-jalantanpa tahu siapa dirinyadan bagaimana dia sampaidi sana.

    Ketika saya tiba di ru-mah sakit, dia memandangsaya dengan tatapan ko-song, seakan saya orangasing. Dia melakukan halitu setiap kali saya datangmengunjungi selama se-minggu. Saya harus menje-

    laskan, siapa saya dan diatetap tak mengenal saya.Saya sampai lupa berapakali saya mengatakan, sayaistrimu, nama saya Jo.

    Dokter menjelaskan, me-mori Andy terhapus kare-na trauma akibat stres saatdi kepolisian. Kondisi trau-matis yang sama dapat ter-jadi pada tentara bertahun-tahun kemudian setelahmereka kembali ke rumahdari medan perang.

    Foto KeluargaPara spesialis perlahan-la-

    han membantu Andymenggunakan kartu me-mori berupa foto keluarga-

    nya dan mendorong diamenulis buku harian setiaphari untuk membantu ingat-annya. Dalam salah satu tu-lisan pada diarinya ia menu-lis, Hari ini saya bertemuseorang gadis kecil berna-ma Chloe dan mereka bi-lang dia adalah putrikuyang berumur delapan bu-lan. Saya tidak ingat pernahmelihat dia sebelumnya.Dia punya senyum yangmengagumkan dan mem-buat saya begitu bahagia

    Pada hari lain dia menu-lis, Perempuan bernama Joitu datang lagi hari ini. Diasangat cantik dan manis te-

    Cerita Pria Penderita Amnesia Dissosiatif (2-Habis)

    Sakit Kepala Sebelum Lupa Segalanya

    S

    KATHMANDU, SRIPO Tanah longsor yang dipicuhujan deras menewaskansedikitnya 34 orang di se-jumlah tempat di bagianbarat Nepal. Hujan lebat itutelah melumpuhkan ba-nyak kawasan di bagian ba-rat negeri di kaki Himalayaitu dalam empat hari tera-khir ini.

    Seorang pejabat dari Sek-si Manajemen Bencana Ke-menterian Dalam Negerinegara itu, Rabu (7/10),mengatakan, setidaknya 18orang tewas pada Selasasore di daerah Achham,empat orang lain yang me-rupakan anggota satu ke-luarga tewas di desa Tha-pakhana di daerah Parbat,Selasa malam.

    Rabu dini hari, 12 oranglagi terkubur di bawahlongsoran di desa Masta-mandu, di daerah Dadel-dhura. Daerah yang long-sor itu terletak sekitar 775kilometer di barat Kath-mandu.

    tapi saya tidak ingat hal-halyang dia bicarakan.

    Setelah beberapa bulan,memori Andy terentangantara waktu 48 jam, dandia diizinkan pulang ke ru-mah. Namun butuh waktubeberapa bulan bagi pasa-ngan itu untuk merasa nya-man satu sama lain. Diabertanya kepada saya, dimana letak kamar mandidan di mana letak barang-barang di dapur. Seakankami pasangan baru danbutuh waktu bagi Andyuntuk bisa merasa santai disekitar saya.

    Jo melanjutkan, Seka-

    rang, saya tidak ingin ter-pisah darinya lebih dari se-hari. Saya tidak mau dialupa lagi saya dan Chloe,bahkan jika dia tetap seper-ti ini selamanya, saya tetapmencintainya dan setiapkepadanya.

    Andy mengatakan, Sayakira ini seperti ketika orang-tua Anda menjelaskan hal-hal yang Anda tidak ingatdari masa kanak-kanak.Contohnya, saya tahu kamipergi ke pantai minggu lalutetapi saya tidak ingat apayang terjadi.

    (kompas.com/dailymail)

    MelorTopan Melor, Rabu ber-

    gerak mendekati pulau-pu-lau utama Jepang, meng-ancam pusat-pusat industrinegara yang berpendudukpadat itu dengan hujan de-ras dan angin kencang.

    Melor mungkin topanyang paling kuat meng-hantam pulau-pulau utamaJepang dalam lebih dari 10tahun jika menurunkan hu-jan, kata Badan Meteorolo-gi.

    Gambar televisi menun-jukkan gelombang meng-hantam pantai pulau kecilJepang selatan sementaratopan itu bergerak ke ti-mur laut bagian utara me-nuju pulau utama Honshu.

    Topan itu berada 250 Kmselatan Tanegashima, 1.000km barat daya Tokyo dantempat lokasi peluncuranroket, pukul 07.00, kata Ba-dan Meteorologi. Topan ituakan menurunkan hujan diJepang tengah sebelah bar-at Tokyo, Kamis.

    Curah hujan setinggi 400mm diperkirakan akan ter-jadi dalam 24 jam ke depandi wilayah Tokai, yang ter-masuk pusat industri Nago-ya, kata badan itu danmemperingatkan akan adaangin kencang, dan banjirdi seluruh Jepang selatan.

    Perusahaan Toyota Mo-tor Corp mungkin tidakakan membuka pabriknyadi daerah Nagoya, Kamiskarena topan itu.

    Melor, yang sebelumnyaadalah topan super berka-tegori 5, kini kategori 1, ka-ta jejaring yang melacakbadai Tropical Storm Risk.Topan Kategori 1 bisamembawa angin berkece-patan 153 Km per jam.

    Berita-berita televisimemperingatkan kemung-kinan akan terjadi a topanserupa tahun 2004 yangmenewaskan 95 orang,yang menyebabkan tran-spor terhenti dan produksiminyak terganggu.

    (Kc/Ant/Ap/Rtr)

    Puluhan Orang Terkubur Longsor Topan Melor Bergerak ke Jepang

    JAKARTA, SRIPO Presi-den Amerika Serikat Ba-rack Obama tidak jadi ber-kunjung ke Indonesia pada12 November 2009. Obamamemilih datang ke Indone-sia pada tahun 2010. Na-mun mengenai kepastianwaktunya, akan dibicara-kan oleh pemerintah Indo-nesia dan Amerika.

    Kepastian berubahnyajadwal kunjungan Obamake Indonesia, diputuskansaat Obama bertemu deng-an Presiden Susilo Bam-bang Yudhoyono di sela-se-la pertemuan KonferensiTingkat Tinggi (KTT) G-20di Pittsburgh, Ameriksa Se-rikat, beberapa waktu lalu.

    Komitmen awal perjamu-an Obama dan SBY di In-donesia dikemukakan JuruBicara Kepresidenan BidangHubungan InternasionalDino Patti Djalal di Kantor

    Obama ke Indonesia 2010I balik paras-nya yangcantik, MariaOzawa aliasMiyabi (23),bintang film

    panas asal Jepang, me-nyimpan kesedihan.

    Penampilannya sebagaimodel di sebuah situs priadewasa sontak memikatbanyak kaum Adam. Ke-molekan wajah serta tu-buhnya membuatnya iaterkenal di seluruh dunia.

    Namun, hal yang samatidak dirasakan oleh ke-dua orangtua Miyabi. Me-reka kecewa saat secaratak sengaja menemukanfoto panas putrinya di se-

    buah majalah. Sejak itu, o-rangtua dan teman-temanlamanya memutuskan hu-bungan dengannya.

    Hingga kini, sudah em-pat tahun Miyabi berke-cimpung di dunia esek-esek. Namun, hubungandengan orangtua dan ke-rabatnya tak juga mem-baik.

    Pernah suatu kali artiskelahiran 8 Janurari 1986itu datang ke rumah o-rangtuanya dengan mem-bawa 20 buah video yangdibintanginya, denganmaksud untuk meluluh-kan hati mereka. Namun,orangtuanya malah meng-usirnya dengan kasar. (Kc)

    Kesedihan di Balik Kecantikan Miyabi

    D

    Kompas EntertainmentMaria Ozawa

    Presiden, Jakarta, Rabu (7/10). Meski menyepakati 2010sebagai perjamuan pimpin-an Indonesia dan AS, menu-rut Dino, waktu pertemuanbelum bisa diketahui.

    Tanggal akan ditetap-kan bersama oleh keduabelah pihak, ujar Dino.

    Dino mengemukakan,pertemuan itu juga menja-di penanda hubungan Indo-nesia dan Amerika Serikatsemakin mesra. Kunjung-an tersebut sangat pentinguntuk memproyeksikanhubungan bilateral Ameri-ka Serikat-Indonesia yangdewasa ini semakin ber-kembang pesat, urainya.

    (Persda Network/ade)

    APKIRIM BANTUAN Para korban banjir naik perahu di Kurnool, di bagian selatan Andhra Pradesh, Selasa (6/10). Ribuantentara dan relawan menyebar di India Selatan. Mereka mengirimkan bantuan kepada korban di daerah-daerah dilanda banjir.Sedikitnya 250 orang tewas dan jutaan lebih mengungsi dalam bencana banjir yang melanda kawasan tersebut.

    APBarack Obama

  • SRIWIJAYA POSTKamis, 8 Oktober 20096

    JAKARTA, SRIPO Ketua(Nonaktif) Komisi Pembe-rantasan Korupsi (KPK) An-tasari Azhar menjalani si-dang perdana dalam dakwa-an pembunuhan berencanaterhadap Direktur PT PutraRajawali Banjaran (PRB)Nasrudin Zulkarnaen di Pe-ngadilan Negeri (PN) Jakar-ta Selatan, Kamis (8/10).Mantan jaksa itu mengakuakan buka-bukaan menja-wab pertanyaan hakim diruang sidang, temasuk me-beberkan pihak-pihak yangberkonspirasi untuk menje-bloskannya ke penjara.

    Pengakuan Antasari di-sampaikan Habib Abdur-rahman Assegaf yangmenjenguknya di RumahTahanan Narkoba PoldaMetro Jaya, Rabu (7/10).

    Besok di sidang, PakAntasari buka-bukaan ten-tang siapa sesungguhnyayang menceburkan dirinya(dalam kasus pembunuhanNasrudin Zulkarnean),kata Habib Abdurrahman.

    Ketua nonaktif KPK ini,lanjut Habib, akan menge-luarkan mereka yang andildalam penjeblosan Antasaridalam kasus ini. Nama-na-ma ini merekayasa kasusini, kata Antasari seperti di-sampaikan kepada Habib.

    Namun Habib tidak me-nyebutkan siapakah nama-nama yang dimaksud. Ka-tanya, tinggal nanti tunggudi persidangan. Antasari ju-ga tidak habis pikir soalpenjeblosan dirinya dalamkasus ini hanya dengansatu alat bukti. Padahal pe-netapan tersangka diperlu-kan minimal dua alat buktiyang cukup. Keteranganhanya dari satu orang yangmelaporkan kejadian ini,kata Habib Abdurrahman.

    Terkait terjeratnya Anta-sari hanya soal kedudukan-

    nya yang waktu itu menja-bat sebagai Ketua KPK,Antasari merasa dirinya di-jebak dalam kasus ini. Inti-nya ini mewakili KPK, im-buh Habib Abdurrahman.

    Dicopot PermanenSudah jatuh tertimpa

    tangga pula. Perumpaan initepat diarahkan kepadaAntasari. Duduk di bangkupesakitan sebagai terdak-wa, dia juga akan dicopotpermanen dari kursi KetuaKPK. Hal ini dikemukakanJaksa Agung HendarmanSupandji di Kejaksaan

    Agung, Jakarta, Rabu (7/10), Rabu (7/10).

    Hendarman mengatakanakan mengirimkan suratpemberitahuan kepada Pre-siden Susilo Bambang Yu-dhoyono bahwa status An-tasari Azhar sebagai Ketua(nonaktif) KPK telah me-ningkat dari tersangka men-jadi terdakwa. Pemberitahu-an akan dikirimkan Hen-darman, Kamis ini, setelahpembacaan surat dakwaanAntasari di Pengadilan Ne-geri (PN) Jakarta Selatan usai.

    (persda network/sj3/sj1)

    JAKARTA, SRIPO Keluarga besar se-penuh hati mendukung Ketua (Nonak-tif) KPK Antasari Azhar menghadapipersidangan perdana di Pengadilan Ne-geri Jakara Selatan, hari ini, Kamis (8/10). Sembilan orang saudara kandung,kakak dan adiknya sengaja berdatanganke Jakarta untuk memberi dukunganfisik langsung ke ruang sidang yangmendakwa Antasari terlibat dalam pem-bunuhan Direktur PT Putra RajawaliBanjaran, Nasrudin Zulkarnaen.

    Keluarga besar Antasari akan hadirdi ruang utama Oemar Seno Adji, tem-pat Antasari disidangkan. Mereka yanghadir antara lain Alirman Azhar, anak

    pertama, kakak Antasari, Alfan Azhar(anak ketiga), dan Asnawati Azhar (put-ri kelima, adik). Ketiganya langsung da-tang dari Palembang. Ada pun adik An-tasari, Asmulyati Azhar (putri kedela-pan) tinggal di Bekasi, Jawa Barat.

    Selain kakak dan adik, keponakan-kepo-nakan Antasari juga akan datang. Demikianjuga Ida Laksmiwati, dan kedua putri me-reka; Andita Dian Oktora Antasari Putri sertaAjeng Oktariefka Antasari Putri.

    Kami hanya membawa doa. Sebab ke-luarga besar yakin, Pak Antasari tidak bersa-lah. Asal hakim bersikap adil, sesuai aturan,dia tidak bersalah, ujar Asnawati, kemarin.

    (Persda Network/mun/sj2)

    JAKARTA, SRIPO Man-tan Anggota Komisi V DPRRI Abdul Hadi Djamal (AD-H) hanya terdiam sambiltangan kirinya menyanggadagu dan menutupi seba-gian mulutnya. Ia tak me-nyangka Jaksa PenuntutUmum (JPU) KPK menun-tutnya dengan hukuman li-ma tahun penjara dan den-da Rp 200 juta subsiderenam bulan kurungan. Jak-

    sa berkeyakinan, AbdulHadi telah melakukan ko-rupsi dalam proyek danastimulus pada DepartemenPerhubungan.

    Atas tuntutan tersebut,Abdul Hadi akan mengaju-kan pledoi. Insya Allah(ajukan pledoi) yang mu-lia, ujar Abdul Hadi Dja-mal saat ditanya majelis ha-kim di Pengadilan Tipikor,Jakarta, Rabu (7/10).

    Seusai persidangan, Ab-dul Hadi mengatakan bah-wa tuntutan lima tahunpenjara tersebut di luar per-kiraannya. Menurutnya,dakwaan primer pasal 12 aUU Nomor 31 Tahun 1999tentang PemberantasanKorupsi tidak tepat dikena-kan pada dirinya. Kalau-pun dijerat dengan UUPemberantasan Korupsi,Abdul Hadi menilai, yang

    Terkait Korupsi Proyek Dana Stimulus Dephub

    Antasari akanBuka-bukaan Beberkan Orang yang Menjebloskannya ke Penjara Merasa Dijebak Rani

    9 Saudara Datang dari Palembang

    Abdul Hadi Dituntut 5 Tahun

    JAKARTA, SRIPO JaksaAgung Hendarman Supan-dji masih menunggu hasilpenelusuran Jaksa AgungMuda Intelijen (Jamintel) Is-kamto terhadap dugaanpemberian mobil MercedezBenz dari Anggodo Widjojokepada oknum jaksa di Ke-jagung. Diduga, mobil dibe-rikan lantaran jaksa tersebutmemfasilitasi pertemuanantara Anggodo denganKetua KPK Antasari Azhar.

    Saya sudah minta padaJamintel untuk sejauh ma-na isu itu ada alat buktinya.Jamintel sendiri sedangmengumpulkan sampai se-

    jauh mana kebenaran isutersebut, ungkap Hendar-man di Kejagung, Jakarta,Rabu (7/10).

    Hendarman memilih ber-hati-hati menanggapi pe-mberitaan mengenai kela-kuan oknum jajarannya yangmenerima mobil dari Ang-godo tersebut. Itu baru isutoh. Nanti kalau ada alat buk-ti baru saya bicara, ujarnya.

    Alat bukti tersebut, di-tambahkannya berupa in-formasi awal dari kabarpenerimaan mobil terse-but. Siapa yang terima?Darimana? Kapan? Gima-na? Dimana? Itu harus di-

    telusuri dulu, tutupnya.Wakil Jaksa Agung Abdul

    Hakim Ritonga yang nama-nya diisukan menerimamobil tersebut, memban-tah dengan tegas. Tidakada itu, saya tidak terima,tegasnya.

    Sumber Persda Networkmengatakan, mobil sedanMercedes Benz S 300l AT se-harga Rp 1,625 miliar dibe-rikan kepada salah seorangjaksa di Kejagung. Mobilatas nama istri Anggodoyakni Elly Widjojo diberi-kan kepada jaksa padaFebruari 2009.

    (persda network/sj1)

    tepat adalah pasal 11.Nanti saat pembelaan

    saya akan ungkap semua,bahwa dalam kasus ini pe-ranan dari Johny Allen (te-mannya sesama anggotaDPR RI), katanya.

    Jaksa berkesimpulanbahwa Abdul Hadi terbuk-ti secara sah dan meyakin-kan melakukan tindak pi-dana korupsi sebagaimanadiatur dalam pasal 12 a UU

    Nomor 31 Tahun 1999. Yak-ni karena menerima uangdengan total Rp 3 miliar un-tuk memuluskan persetu-juan kucuran dana stimu-lus fiskal bagi proyek peng-adaan dermaga di Indone-sia bagian timur. Uang ter-sebut diterima dalam ber-bagai tahap yakni 80 ribuDolar AS, Rp 32 juta, 70 ribuDolar AS, 90 ribu Dolar ASdan Rp 54,5 juta.

    Menurut jaksa Kadek Wi-radana, Abdul Hadi telah

    melakukan pertemuan de-ngan Hontjo Kurniawanselaku Komisaris PT Kur-nia Jaya Wira Bhakti. Hon-tjo kemudian meminta du-kungan Abdul Hadi agardapat menyetujui usulananggaran program stimu-lus Departemen Perhu-bungan RI tahun 2009.

    Terdakwa telah meneri-ma uang senilai Rp 3 miliardari Hontjo, tegas jaksaKadek.

    (Persdanetwork/nda)

    Hendarman UsutPenerima Mobil Anggodo

    ANTARA/WIDODO S JUSUFTIBA DI JAKARTA Miss Universe 2009 asal Venezuela Stefania Fernandez (kedua darikanan) disambut oleh Puteri Indonesia 2008 Zivanna Letisha Siregar (kanan) dan parafinalis Pemilihan Puteri Indonesia 2009 saat tiba di Jakarta, Rabu (7/10). Miss Universe2009 Stefania Fernandez berkunjung ke Indonesia dalam rangka menghadiri malam GrandFinal Pemilihan Puteri Indonesia 2009 di Teater Tanah Airku, TMII, Jakarta pada 9 Oktobermendatang dan sejumlah agenda lainnya di beberapa kota besar di Indonesia.

    PERSDA NETWORK/HERUDINAbdul Hadi Djamal

  • Lahat, Pagaralam, Muaraenim, Empat Lawang

    7SRIWIJAYA POSTKamis, 8 Oktober 2009

    Terbelit Dua Cek Kosong Anggota DPRD Dilaporkan Menipu Anggota DPRD Dilaporkan Menipu Anggota DPRD Dilaporkan Menipu Anggota DPRD Dilaporkan Menipu Anggota DPRD Dilaporkan Menipu Hanya Dibelikan

    Anak Sapi

    LAHAT, SRIPO --- Proyekpengadaan sapi pada Di-nas Peternakan Lahat ta-hun anggaran 2007 didu-

    ga merugikan negara. Pe-laksana proyek mengada-kan sapi yang usianyamasih muda atau anaksapi. Dari hasil audit BadanPemeriksa Keuangan danPembangunan (BPKP) ca-bang Palembang, padaproyek yang saat ini diu-sut Polres Lahat itu diper-kirakan terdapat kerugiannegara mencapai Rp 734juta.

    Kapolres Lahat AKBPDrs Iwan Yusuf Chairudinmelalui Kasat ReskrimAKP Roman SmaradhanaElhaj didampingi KanitTipikor Ipda HoranPanggabean mengatakandari hasil audit BPKP ter-hadap perkara tersebutpihaknya menetapkan 3tersangka terkait proyekpengadaan sapi jenis

    ongel itu.Ketiga tersangka, yakni

    TUG yang menjabat ben-dahara proyek, AGM pi-hak ketiga pengadaansapi, dan NUR pegawaiDisnak Lahat. DijelaskanHoran, proyek itu seha-rusnya pengadaan sapiongel untuk dikembangbiakkan akan tetapi ke-nyataannya sapinya terla-lu kecil atau masih terbi-lang anak sapi.

    Horan mengemukakan,tidak menutup kemung-kinan pada pengembang-an perkara tersebut, pi-haknya akan memanggildan meminta keteranganbeberapa orang lagi yangterkait proyek itu.

    Pendanaan proyek ter-sebut berasal dari 3 sum-ber, yakni APBD Lahat ta-

    BTPN Rangkul Usaha KecilMUARAENIM Kabar gembira bagi pelaku usaha kecil dan menengah di Muaraenim.Sebab Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Cabang Muaraenim membukaprogram kredit modal kerja bagi mereka. Saat ini sekitar Rp 10 miliar lebih dana yangdicairkan, ujar Branch Manager BTPN Mitra Usaha Rakyat Muaraenim, Rully Suharmi,Rabu (7/10). Menurutnya, saat ini pihaknya memang sebagai salah satu bank alternatifyang membantu pelaku usaha dalam memperoleh permodalan dan masih membidiksektor riil sebagai pangsa pasarnya. Apalagi dari dampak krisis global beberapa waktulalu masih sangat mempengaruhi permodalan pelaku UKM di Indoensia terutama didaerah. Atas latar belakang tersebut BTPN mencoba memberikan alternatif perbankankredit usaha. Pihaknya telah menyiapkan tiga paket khusus mitra usaha, yakni berupaPaketmu bebas tanpa agunan, Paketmu Fleksi dengan jaminan terbatas, dan Paketmumapan dengan jaminan penuh. Sedangkan menurut Area bisnis Leader (ABL) BTPNPrabumulih, Almi Ilyas dalam usaha pengembangan pelayanan BTPN Maraenim bagimasyarakat, pihaknya telah berencana akan membuka empat kantor cabang lainnyayaitu di Gumawang, Martapura, Batumarta, dan Muara Dua. (ari)

    Rakyat Silakan ke FraksiPRABUMULIH Fraksi di DPRD Prabumulih diharapkan berfungsi sebagai mediapenyaluran aspirasi rakyat. Untuk itu, mulai saat ini masyarakat tak perlu sungkan menda-tangi sejumlah fraksi di DPRD Prabumulih.Kita akan serap masalah rakyat, ujar WakilKetua DPRD Prabumulih, H Erwansyah SH, Rabu (7/10). Namun, setiap ruang fraksiyang ada saat ini belum memiliki ruangan khusus untuk menerima pengaduan tersebut.Untuk itu, sebaiknya, sekretariat DPRD segera membangun ruangan pengaduan di tiapfraksi guna menampung aspirasi dari masyarakat.Pengaduan yang datang nantinya akanditerima anggota fraksi yang ada. Masyarakat tinggal memilih salah satu dari enam fraksiyang mereka percayai untuk menerima aspirasi. Nantinya, aspirasi ataupun pengaduanyang masuk akan dibahas dalam rapat fraksi untuk segera dilaporkan ke komisi yangsesuai dengan bidangnya. Jadi warga tidak usah ke komisi, langsung ke fraksi saja,ungkap Erwansyah. Dengan begitu, aspirasi masyarakat yang masuk terkontrol danterserap dengan maksimal. Mengenai lokasi ruangan, sekretariat dapat membangunnyadi dalam ruang fraksi. Ruang pengaduan itu juga bisa berfungsi sebagai ruang rapat fraksiuntuk menentukan komisi yang berhak menyelesaikan aspirasi yang masuk. (cr2)

    untuk lintas----ado foto

    PRABUMULIH, SRIPO -Belum genap 1 bulan dilan-tik, anggota DPRD Prabu-mulih dari Partai AmanatNasional (PAN), TR Huludirundung banyak masalah.Setelah sebelumnya diadu-kan gara-gara menipu de-ngan cek kosong senilai Rp180 juta oleh Ali Akbar, war-ga Komplek Pertamina Pen-dopo, kini ia kembali dipo-lisikan dengan kasus serupa.

    Hulu diadukan oleh Effendi(46) warga Jl Akmal No 173Kelurahan Pasar Baru, Batu-raja Timur. Ia dilaporkan re-kan bisnisnya itu, Rabu (7/10) ke Polres Prabumulih se-telah sebelumnya melaku-kan pembayaran utang de-ngan menggunakan cek ko-song senilai Rp 111 juta.

    Seusai melapor Effendi me-

    Proyek Sapi Disnak Lahat Bermasalah Polisi Tetapkan 3 Tersangka

    hun 2007 sebesar Rp 607juta lebih, APBD Sumselsebesar Rp 46,6 juta lebih,dan juga dari dana alokasikhusus (DAK) non danareboisasi (DR) sebesar Rp79,8 juta lebih untuk peng-adaan sapi dan kambing,sehingga total dana men-capai Rp 1,9 miliar lebih.

    Pengadaan sapi itu dipe-runtukkan untuk pe-ngembangbiakan pada 11kecamatan, akan tetapibanyak yang mati karenadiduga banyak sapi tak se-suai peruntukkannnya.Horan menambahkan,saat ini pihaknya masihdalam tahap penyimpulanberkas perkara dan sege-ra akan dilimpahkan padapihak kejaksaan untuk di-proses hukum lebih lanjut.(ase)

    ngatakan, pada 20 September2008 TR Hulu meminjam uangsebesar Rp 100 juta untuk ke-perluan proyek di PertaminaEPRS. Ia yang mengenal TRHulu dari rekannya, Linus per-caya apa saja yang dijanjikanpelaku. Ia saat itu berjanjimembayar pinjamannya padaakhir tahun 2008. Saat jatuhtempo pembayaran 20 No-vember 2008 pelaku memba-yar utangnya dengan menye-rahkan cek senilai Rp 111 juta,lebih Rp 11 juta dari pinjamansebenarnya.

    Saat hendak dicairkanpada 10 Desember 2008 ter-nyata cek Bank Mandiri itukosong dan tidak bisa dicair-kan. Saat ditanyakan kepa-da pihak bank, TR Hulu ma-suk daftar nasabah yang diblacklist,katanya.

    Tidak terima, Effendi ke-mudian mencari pelaku gunamenanyakan perihal cek ter-sebut. Lama dicari, korbanakhirnya bertemu pelakupada 12 Maret 2009 lalu dikediamannya di Palembang.Hulu yang ditagih akhirnyamembuat surat pernyataanbakal melunasi utangnyapada 20 Maret 2009. Bahkan,dalam surat perjanjian itu,pelaku menjaminkan rumahdan tanah miliknya.

    Namun dia hingga kini takjuga memenuhi janjinya, ma-kanya saya laporkan ke poli-si, imbuh Effendi. KapolresPrabumulih, AKBP ImamSachroni saat dikonfirmasimengatakan pihaknya sudahterima pengaduan tersebut,dan kini tengah memproses-nya. (cr2)

    EMPATLAWANG, SRIPO --- Walau tidak melakukanpencurian langsung, namunaksi Septa Haryanto (20) sa-ngat membahayakan kese-lamatan perjalanan kereta api(KA). Ia bekerja sebagaipenadah besi bantalan rel KAdari sejumlah oknum warga.

    Namun, profesi Septaterpaksa berakhir. Pasal-nya, aparat Polsek Talang-padang, Kabupaten EmpatLawang membekuknya.Kepada petugas, RRabu (7/

    Penadah Rel KA Dibekuk10), Septa mengaku mem-beli barang-barang terse-but dari sejumlah orangyang tak dikenalnya. Beratbesi bantalan itu 700 kilo-gram (Kg), ujarnya. Ia me-ngaku telah tiga kali mem-beli bantalan rel KA. Aki-bat ulahnya tersebut, iapun mendekam di sel ta-hanan Polsek Talangpa-dang. Bersama tersangkajuga diamankan satu unitmobil Carry 15 Nopol BG9583 LQ.

    Kapolsek Talangpadang,Ipda Hidayat Amin, SH me-lalui Kanit Reskrim AiptuHidayat, mengatakan pe-nangkapan salah seorangpenadah besi bantalan relKA tersebut berikut barangbukti (BB) satu buah mobilpengangkut yang berisibesi bantalan rel KA. Pe-nangkapan ini atas infor-masi warga kalau penadahtersebut beberapa kalimembawa bantalan rel KAmelewati wilayahnya.(st2)

    Sripo/cr2H Erwansyah

    dok:sripoIwan Yusuf Chairudin

    Sripo/ariRully Suharmi

  • 8Indralaya, Kayuagung, Martapura, Muaradua

    SRIWIJAYA POSTKamis, 8 Oktober 2009

    Pakai Listrik Sistem CurahMARTAPURA Setelah ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) antaraPemkab OKU Timur dengan PT PLN SWJB di Palembang beberapa waktu lalu, kini SistemCurah Tegangan Menengah (SCTM) sudah dapat dinikmati masyarakat pedesaan, terutamadesa yang selam ini belum menikmati aliran listrik. Kepala Dinas Pertambangan dan Energi(Distamben) Kabupaten OKU Timur, Drs Idhamto Dipl.Ing.MSi, Rabu (7/10) mengatakan,jaringan listrik dengan SCTM itu di antaranya sudah dapat dinikmati oleh 320 warga di DesaBurnai Mulia Kecamatan Semendawai Suku Timur. Pemasangan instalasi jaringan listik inisudah dilakukan sebelum Idul Fitri lalu, sekarang ini sudah dialirkan ke rumah penduduk,ucapnya. Desa yang akan mendapat giliran pemasangan instalasi serupa seperti DesaMargodadi, Cahaya Negeri, Sidorejo, Tri Karya dan beberapa desa lainnya di KecamatanJayapura. Pemasangan jaringan listrik dengan system curah ini, minimal calon pelanggannyaharus mencapai 400 rumah, katanya. (hr)

    Pemalsu Uang Diganjar PenjaraKAYUAGUNG Tiga pemuda, Irsan (25), Dedi Arisandi (25), dan Yayang alias Dujuah (24)ketiganya asal Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang diduga memalsukan uang senilai Rp 1,15 juta, Rabu(7/10) diganjar hukuman penjara selama empat tahun. Majelis hakim yang menydidangkan perka-ra ini di Pengadilan Negeri Kayuagung, Agung Indra, SH, MH (ketua) dan dua hakim anggotaCahyono, SH, MH dan Melissa, SH, MH, dalam amar putusannya mengatakan, terdakwa terbuktimelanggar pasal 244 KUHP Jo pasal 55 (1) KUHP. Atas pelanggaran itu mejelis menjatuhkanhukuman terhadap ketiga terdakwa dengan penjara selama 4 tahun penjara dikurangi masatahanan sementara, kata Agung Indra. Putusan mejelis hakim itu lebih ringan dari tuntutan JaksaPenuntut Umum (JPU), Rini Maria, SH yang sebelumnya menuntut hukuman penjara selama 7tahun. Selain itu tiga terdakwa juga diwajibkan membayar biaya persidangan Rp 1.000, sertabarang bukti yang disita sebelumnya akan kembalikan kepada terdakwa. Vonis yang ditetapkanmajelis hakim ini, diterima oleh ketiga terdakwa. (std)

    Minimal Dukungan 15.000 Jiwa Calon Independen Pilkada OKU Calon Independen Pilkada OKU Calon Independen Pilkada OKU Calon Independen Pilkada OKU Calon Independen Pilkada OKUBATURAJA, SRIPO - Pa-sangan calon perseorangan(independen) yang akanmaju pada Pilkada 2010 diKabupaten OKU harus me-menuhi syarat dukunganminimal 15.000 jiwa atau 5persen dari jumlah pendu-duk OKU, yang tersebar di6 kecamatan atau 50 persendari jumlah kecamatan diOKU.

    Ketua Komisi PemilihanUmum Daerah (KPUD)Kabupaten OKU, Dra UmiRachmawati, MSi yang di-temui Sripo, Rabu (7/10)mengatakan, sudah ada ca-

    lon independen yang da-tang ke KPUD menanyakankemungkinan calonperseorang. Lazimnyayang mencalonkan diri darijalur independen ini bukanorang parpol, kata Umiseraya menyebutkan, sya-rat dukungan dibuat dalambentuk surat dukungan di-sertai fotocopi kartu tandapenduduk (KTP) atau suratketerangan tanda domisilisesuai peraturan perun-dang-undangan.

    Pada tahapan pertama,lanjut Umi, persiapanmembentuk PPS, PPK,

    mutakhir data pilih,juklak/juknis dan persiap-an lainnya. Setelah itu ta-hapan pelaksanaan melaluipengumuman, pendaftar-an calon, penelitian danperbaikan berkas, pene-tapan pasangan calon, danundian nomor urut pa-sangan calon. Setelah ituverifikasi, termasuk masatenang, pemungutan sua-ra dan perhitungan suara.Semua tahapan PeilkadaOKU 2010 akan dimulai se-telah DPRD menyampai-kan kepada KPUD OKUbahwa masa tugas kepala

    daerah telah berakhir,maka KPUD baru mulai ta-hapan proses Pilkada, ka-tanya.

    Menurut Umi, saat iniKPUD masih mempersiap-kan dan koordinasi mem-bahas tahapan Pilkada 2010mendatang. Ada tiga ta-hapan, yakni persiapan,pelaksanaan, dan penyele-saian, kata Umi yang ber-harap, ada lima kabupatendi Sumsel yang akan meng-gelar Pilkada 2010 dan di-harapkan pelaksanaan pe-mungutan suara dapat di-lakukan serentak. Lima ka-bupaten dimaksud adalah,OKU, OKU Selatan, OKU

    TIMUR, Musirawas danOgan Ilir. Bila pemungu-tan suara dilakukanserentak bisa mengantisi-pasi kemungkinan mobili-sasi massa dari kabupatentetangga, jelasnya.

    Camat LubukrajaSementara itu, sejak

    dideklarasikannya pasang-an Bakal Calon Bupati/Wa-kil Bupati (Balonbup/Wabup), Drs HM NasirAgun MBA dan PriyatnoDarmadi, SSos, MSi, petaperpolitikan di OKU mulaiterlihat. Konon, jabatanPriyatno Darmadi sebagaiCamat Lubukraja mulaidigoyang.

    Menanggapi hal ini,Priyatno Darmadi yang di-kabarkan masih kerabatdekat Gubernur Sumsel HAlex Noordin itu mengata-kan, karena jabatan adalahamanah, maka bila sudahwaktunya diambil diapun ikhlas. Tadi adik sayadari Palembang mengantarmobil pribadi, jaga-jaga sajakalau kendaraan dinas(camat) ditarik pemerin-tah, kata Priyatno serayamenyebutkan, dia akanmentaati peraturan setelahresmi mendaftarkan diri keKPUD kelak.

    Namun kabar itu ditepisoleh Sekda OKU, Drs H

    Suprijadi Jasid. Menurut-nya, jabatan CamatLubukraja belum ada ren-cana penggantian. Pakbupati masih memilikikearifan dan kebijaksana-an. Hanya saja, setelah res-mi mendeklarasikanberpasangan dengan HMNasir Agun MBA, artinyadia (Priyatno) menunjukantidak ada loyalitas kepadapimpinan. Sesuai aturandia harus mundur dari ja-batan dan selaku PNS ha-rus izin dengan atasan lang-sung (bupati), kata Sekdaseraya membenarkan biladalam waktu dekat akanada pelantikan pejabat un-

    MARTAPURA, SRIPO - Ru-mah kediaman pasangansuami istri (Pasutri), Ujang(49) dan Siti Suho-misa diDesa Harjowinangun DusunBanjar Negara Kampung IKecamatan Belitang Kabu-paten OKU Timur, Selasa(6/10) sekitar pukul 19.30,dirusak oleh ratusan massa.

    Kaca rumah kediamankorban pecah berantakan,termasuk tiga unit motormilik korban juga dirusakwarga. Bahkan mobil trukyang berada dibagian bela-kang rumah korban, kacadepannya hancur dihantammassa menggunakan kayubalok. Selain itu korban jugakehilangan uang Rp 2,5 jutadan perhiasan emas 10 suku.

    Informasi yang dihim-pun, aksi penyerangan ru-mah korban ini bermula dariurusan bisnis genteng anta-

    INDRALAYA, SRIPO - Kemacetan di poros jalan lintas timur (Jalintim) wilayahKabupaten Ogan Ilir (OI) mencapai hingga tiga kilometer (3 KM). Kemacetan iniakibat truk pecah ban dan tidak bisa bergeser dengan tetap berada di badan jalan.

    Ramainya kendaraan yang melintas dan sempitnya badan Jalintim Palem-bang-Kayuagung (OKI), semakin menambah panjangnya kemacetan. Apalagiporos jalintim di wilayah OI ini termasuk jalur rawan kemacetan. Terbukti, satusaja kendaraan yang berhenti dipinggir jalan beberapa menit, akan membuatjalintim itu seketika macet. Seperti kemacetan yang terjadi Rabu (7/10) pukul10.00 di Jalintim Palembang-Kayuagung tepatnya di kawasan Desa TalangBalai Baru Kecamatan Tanjungraja, Kabupaten Ogan Ilir.

    Penyebab macetnya Jalintim tersebut karena adanya dua truk yangrusak dan pecah ban di pinggir jalan, antara Desa Talang Balai Barudengan Kelurahan Tanjungraja. Kedua truk tersebut sama-sama menga-rah ke Palembang. Jarak antara satu truk dengan truk lainnya yang mogokdan pecah ban sekitar 300 meter, namun kemacetan terjadi hingga 3 KMlebih dari dua arah.

    Kendaraan yang akan melintas baik dari arah Palembang maupun arahTanjungraja harus bersabar antre menunggu giliran untuk maju. SempitnyaJalintim Palembang-Kayuagung yang hanya bisa menampung dua kenda-raan berpapasan membuat panjang antrean kendaraan. Kemacetan dijalan negara tersebut berlangsung hampir satu jam, dan baru berhasildiatasi setelah anggota Sat Lantas Pos Tanjungraja dan Unit LantasPolsek Tanjungraja turun tangan mengatur kendaraan dari dua arah. JalintimPalembang-Kayuagung ini memang rawan macet, khususnya yangmelintasi beberapa desa di Kecamatan Tanjungraja, kata Kapolsek Tan-jungraja, AKP Mohammad Soleh. (st1)

    Rumah dan Tiga Motor Diamuk Massa Motif Soal Bisnis Genteng Motif Soal Bisnis Genteng Motif Soal Bisnis Genteng Motif Soal Bisnis Genteng Motif Soal Bisnis Genteng

    Sripo/hrDIRUSAK MASSA Rumah kediaman Ujang di DesaHarjowinangun Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur,Selasa (6/10) pukul 19.30 dirusak oleh ratusan massa.

    ra anak korban Asep (30)dengan salah seorang war-ga asal Gedung Rejo Keca-matan Belitang. Ketika ituAsep mengambil gentengkepada mitra bisnisnya seni-lai Rp 3 juta rupiah yang baruakan dibayar Asep satu bu-lan ke depan. Belum sampaijatuh tempo, Asep mendata-ngi kediaman mitra bisnis-nya ini dengan tujuan untukmenyicil pembayaran gen-teng yang telah diambilnya.

    Namun niat bak Asep inijustru ditolak, dengan me-minta Asep segera memba-yar lunas semua hutangnya,hingga akhirnya sekitar pu-kul 19.30 rumah Manseha(34) didatangi salah satu darikeluarga rekan bisnis Asepuntuk menagih sisa uangpembayaran. Karena saat ituAsep hanya memiliki uangRp 2,5 juta, maka saat itu di-

    rinya minta tempo waktuuntuk pelunasan sisanya.

    Uang Rp 2,5 juta itupun te-tap ditolak pelaku. Denganperkataan yang mening-gi,pelaku membentak agar saatitu juga Asep melunasi selu-ruh hutangnya. Entah bagai-mana, akhirnya pertikaianpun tak terelakkan, pelakumembanting meja dan sem-pat mengancam korban de-ngan mengeluarkan senjatatajam dari balik bajunya.Pertikaian kecil itu masih da-pat diredam, namun berse-lang beberapa menit kemu-dian pelaku kembali ke ru-mah korban dengan mem-bawa ratusan massa yanglangsung melakukan aksipengrusakan denganbersenjatakan parang, kayubalok dan batu.

    Melihat gelagat yang tidakbaik itu kemudian seisi ru-mah korban langsung sem-bunyi di dalam kamar. Ke-

    sempatan ini digunakanmassa masuk ke rumah kor-ban dan mengobrak-abrikseisi rumah dan merusakmotor dan mobil yang adadi bagian belakang rumahkorban, setelah itu barulahmassa membubarkan diri.

    Kapolres OKU Timur, AKBP

    ML John Mangundap, SH, SIkmelalui Kapolsek BelitangAKP Armil ketika dikonfirma-si membenarkan adanya aksipenyerangan rumah korban.Kita sudah lakukan olah tem-pat kejadian perkara (TKP), danpelakunya segera kita jemput,katanya. (hr)

    Truk Pecah BanJalintim Macet 3 KM

    Sripo/hrIdhamto Dipl.Ing, MSi

  • 9SRIWIJAYA POSTKamis, 8 Oktober 2009Musirawas, Banyuasin, Lubuklinggau

    Infrastruktur Masih PrioritasBANYUASIN Pemkab Banyuasin Tahun 2010 mendatang masih memprioritaskanpembangunan bidang infrastruktur dan pembangunan sektor pertanian. Dua titik fokuspembangunan itu tercermin dalam RAPBD Tahun 2010 yang saat ini dalam tahappenyusunan oleh Bappeda untuk diajukan dan dibahas oleh DPRD Banyuasin. Sekre-taris Daerah (Sekda) Banyuasin, Ir H Parigan, MM kepada Sripo, Rabu (7/10) menga-takan, sekitar 60 persen total APBD Banyuasin akan dilakukan untuk pembenahaninfrastruktur baik itu jalan, jembatan, fasilitas kesehatan maupun pembehanan fasilitaspendidikan termasuk air bersih. Potensi untuk meningkatkan sumber pendapatan aslidaerah (PAD) juga terus digalakan seperti bidang pertambangan dengan harapanpendapatan dari sektor migas mengalami peningkatan. Dari total APBD Banyuasin2009 sebesar Rp 830 miliar, selain dari dana perimbangan pusat, juga berasal dari PADbaik migas maupun non migas, pendapatan dari sektor migas dan non migas, kataParigan seraya masih mereka-reka besarnya kucuran dana dari pemerintah pusat.(udn)

    Suhaimi Jabat Kadis PU BMSEKAYU Dinas PU Bina Marga Kabupaten Muba mulai dipimpin oleh kepaladinas definitif setelah lama vakum. Bupati Muba, H Pahri Azhari resmi melantik Ir HSuhaimi sebagai kepala dinas di ruang rapat Bupati Muba, Rabu (7/10). Kepala BKDdan Diklat Kabupaten Muba, Sohan Madjid mengatakan, sebelumnya Suhaimi men-jabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Kadis PU Bina Marga, dan Kabid PemiliharaanJalan dan Jembatan. Menurutnya, sudah kewajiban dari kepala daerah untuk meng-isi sebuah kekosongan jabatan Kepala SKPD dan bagian. Karena menyangkut prog-ram pembanguan yang ada di Muba, sehingga dibutuhkan orang-orang yang ber-kualitas. Ditambahkan, pejabat yang baru dilantik saat ini merupakan orang-orangyang memang sesuai dengan bidang dan keilmuannya. Selain itu setiap pejabatyang dipilih, telah melalui proses dan evaluasi yang mendalam. Sementara itu BupatiMuba H Pahri Azhari mengatakan, pelantikan pejabat ini adalah salah satu bentukpenyegaran dan mengisi jabatan eselon II/b yang kosong dan dapat secepatnyamelaksanakan pembangunan. (naf)

    dok:sripo

    Pahri Azharidok:sripo

    H Parigan

    Berharap Baju Dinas Dipercepat DPRD Banyuasin Minim Fasilitas

    BANYUASIN, SRIPO - Ken-dati sudah bertugas hampirsatu bulan, namun anggotaDPRD Banyuasin masihmiskin fasilitas. Tidak hanyafasilitas mobil dinas yangbelum dikembalikan olehanggota dewan yang lama,namun sejumlah fasilitasmess dan baju dinas punbelum diterima wakil rak-yat daerah itu.

    Menurut sejumlah ang-gota dewan, fasilitas bajudinas seperti PDH, PSL danPDHL sebanyak empat stelhingga kini belum diterima,padahal keberadaan bajudinas itu seharusnya sudahditerima sebelum anggotadewan dilantik. Kondisi inimenyebabkan pakaiananggota dewan yang satudengan lainnya tidak sera-gam. Kami belum mene-rima satupun baju dinas,

    BANYUASIN, SRIPO - Meski jadwalpenerimaan Calon Pegawai NegeriSipil (CPNS) Kabupaten Banyuasin be-lum jelas, namun Badan Kepegawai-an Daerah (BKD) Kabupaten Banyu-asin memastikan akan segera digelar.

    BKD masih menunggu kepastianformasi dari Provinsi Sumsel. Namundiperkirakan penerimaan CPNS akandibuka pertengahan Oktober ini, kataKepala BKD Banyuasin, Drs SyaifulAnwar kepada Sripo, Rabu (7/10).

    Menurutnya, khusus untuk peneri-maan CPNS untuk formasi honorer,Pemkab Banyuasin telah menyelesai-kannya pada penerimaan CPNS tahun

    Bantuan Logistik dan Relawan

    SRIPO/AHMAD FAROZILEPAS TIM Sektretaris Daerah (Sekda) Musirawas, Senen Singadilaga melepas tim keberang-katan bantuan dari Pemkab Musirawas untuk korban gempa di Sumbar, Selasa (6/10).

    MUSIRAWAS, SRIPO - Se-telah mengirimkan bantuantenaga medis untuk korbangempa di Sumbar bebera-pa hari lalu, Selasa (6/10)Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Musirawas, kem-bali memberangkatkanbantuan logistik dan tena-ga relawan dari Tagana, kelokasi yang tertimpa benca-na gempa bumi. Logistikyang dikirimkan merupa-kan hasil penggalangandana yang dilakukan di pos-ko Tagana Dinsos Musira-was dalam beberapa hariterakhir.

    Kordinator Tagana Musi-rawas yang merupakan KasiPenanggulangan BencanaDinsos setempat, EvanSaipani menjelaskan, bantu-an logistik yang dikirimkanberupa beras 7 ton, minum-an mineral botol 200 dus,SGM 300 Gram 288 dus, SGMI dan II sebanyak 112 pcs,pembalut 20 dus, interbis 200pcs, sabun mandi 10 dus. Se-lain itu, ada juga bantuan be-rupa pakaian layak pakai se-banyak delapan karung,yang disumbangkan olehpegawai dilingkunganPemkab Musirawas.

    Dana yang terkumpulselama beberapa hari tera-khir ini sebanyak Rp 90 juta,dan kita belanjakan logistik.Dana tersebut bersumberdari bantuan Pemkab Mu-sirawas Rp 50 juta, bantuananggota DPRD Rp 20 juta,

    dan sisanya bantuan dariPNS dilingkungan PemkabMusirawas. Logistik yangdikirimkan tersebut sesuaikebutuhan masyarakat diSumbar yang tertimpa ben-cana, karena kita sudahkontak dengan Satkorlak disana, katanya seraya me-nyebutkan, selain mengi-rimkan logistik PemkabMusirawas juga mengirim-kan tenaga relawan Tagana

    sebanyak 10 orang dan satuunit kendaraan Rescue.

    Keberangkatan bantuanlogistik dari Pemkab Musi-rawas ini dilepas oleh Sek-retaris Daerah Drs H SenenSingadilaga, MPd, didampi-ngi Kepala Dinas Sosial HjMaimunah. Saat melepaskeberangkatan di halamanparkir Pemkab Musirawas,Sekda mengatakan, untuktahap pertama ini, bantuan

    Siapkan Penerimaan CPNS

    Sripo/udnSyaiful Anwar

    baik PDH, PDL maupunPDHL, kata Ketua FraksiPDI Perjuangan, ArisaLahari, Rabu (7/10).

    Diakui, anggota DPRD Ba-nyuasin baru menerima satustel jas dari sekretaris dewan(Sekwan) pada saat pelantik-an 11 September lalu, se-dangkan baju dinas lainnyabelum diterima. Tidak ha-nya baju dinas, sejumlah fa-silitas lainnya masih minimmisalnya saja fasilitas pene-rangan, air bersih dan pera-latan tidur yang tidak mema-dai. Bahkan sejumlah anggo-ta dewan ada yang tidurberalas tikar lantaran springbad di mess DPRD belumtersedia, katanya.

    Wakil Ketua DPRD Se-mentara H Askolani, SH,MH mengaku sudah men-degar keluhan anggota de-wan itu. Menurutnya, pi-

    haknya sudah menyampai-kan hal tersebut ke Sekwanuntuk ditindaklanjuti kepa-da pihak eksekutif.

    Sekretaris DPRD (Sek-wan) Banyuasin, Drs Haro-bin Mustofa mengatakan,pihaknya berusaha membe-rikan yang terbaik bagi ang-gota dewan. Misalnya untukair bersih dan alat pene-rangan terus dilakukanpembenahan. Khusus un-tuk fasilitas mess, dia meng-akui banyaknya kekurang-an lantaran fasilitas yangada belum dikembalikanoleh mantan anggota de-wan periode 2004-2009. Be-gitu juga mobil dinas dari 15unit sudah dikembalikan 13unit. Sedangkan untukpembenahan rumah dinaspimpinan dimasukkan da-lam anggaran 2010, kata-nya. (udn)

    akan dikirimkan ke Paria-man, Sumbar. Sementarauntuk bantuan tahap kedua,akan dikirimkan ke Jambi.Untuk yang ke Jambi nan-ti, kita akan prioritaskanbantuan bahan bangunan,karena masyarakat setem-pat tentu saja juga memer-lukan bantuan bahan ba-ngunan, selain logistik be-rupa makanan dan lain-nya, katanya. (zie)

    lalu. Artinya penerimaan CPNS ta-hun ini sepenuhnya akan diterimamelalui jalur umum. Berapa kuota ataujumlah CPNS yang bakal direkrut be-lum dapat dipastikan, kata Syaiful.

    Sementara itu, sejumlah wargaPangkalanbalai sudah mulai menda-tangi kantor BKD, bahkan ada di an-taranya bolak balik ke kantor BKDhanya untuk memastikan jadwal pe-nerimaan CPNS. Sejumlah warga ber-harap BKD Banyuasin dapat mengu-mumkan penerimaan CPNS tersebutdi media massa, sehingga calonpelamar bisa melengkapi persyaratanlebih awal. (udn)

    Lulusan Akper Muba DipesanSRIPO/AHMAD NAAFI

    WISUDA Bupati Muba, H Pahri Azhari menghadiri wisuda Akper Pemkab Muba di GedungDarma Wanita Sekayu, Rabu (7/10).

    SEKAYU, SRIPO - LulusanAkademi Keperawatan(Akper) bertaraf interna-sional di Kabupaten MusiBanyuasin (Muba), dipesanoleh Pemprov Sumsel un-tuk diprioritaskan bekerjadi rumah sakit internasio-nal yang akan segeradidirikan.

    Bupati Muba (Muba), HPahri Azhari yang mengha-

    diri wisuda dan pemagang-an mahasiswa Akper diSekayu, Rabu (7/10) me-ngatakan, lulusan AkperMuba seperti harus lebihdapat meningkatan ke-mampuan dan kualitas diri.Karena kabar baik dariPemprov Sumsel, bahwaAkper Muba menjadi prio-ritas nantinya saat rumahsakit bertaraf internasional

    beroperasi.Pahri mengatakan,

    Pemprov Sumsel berenca-na mendirikan rumah sakitberkelas internasional. Se-hingga nantinya membu-tuhkan tenaga medis yangmemiliki wawasan dan ke-mampuan internasional.Hal tersebut, tentunya ha-nya dimiliki oleh Kabupa-ten Muba saat ini. (naf)

  • 10SRIWIJAYA POSTKamis, 8 Oktober 2009

    Bantuan Dikirim Melalui Udara Disalurkan ke Lima TitikJAKARTA, SRIPO Sete-lah berhari-hari ditunggu-tunggu, pemerintah Suma-tera Barat akhirnya melaku-kan penyaluran bantuan lo-gistik kepada para pe-ngungsi korban gempabumi 7,6 SR di SumateraBarat mulai Rabu (7/10).

    Dalam keterangan tertu-lis Depkominfo di Jakarta,Rabu, ada lima titik yang te-lah dijadwalkan denganmembawa bantuan seberatlebih dari lima ton dalambentuk bahan makanan, pa-kaian dan tenda.

    Lima titik itu adalah wila-yah-wilayah yang memangmasih sulit dan cukup me-makan waktu lama jika di-tempuh melalui jalur darat.Pertimbangan inilah yangdiputuskan untuk mengi-rim bantuan melalui udara.

    Di lokasi pihak TNI danPolri sudah berkoordinasidengan pejabat setempat,sehingga kemungkinanadanya pembagian tidakmerata bisa diatasi, karenasebelumnya pejabat setem-pat terlebih dahulu menda-ta warga yang terkena mu-sibah dan berhak meneri-ma bantuan.

    Gubernur Sumbar Gama-wan Fauzi mengatakan, iaberharap jika cuaca mem-baik, titik yang akan dijang-kau bisa lebih banyak lagi.Kami berharap semuabantuan segera tersalurkandengan baik dan diterimamasyarakat dalam rangkatanggap darurat, katanya.

    Gamawan mengatakan,jajarannya tidak ada sedikitpun niatan untuk menahanatau menghambat pembe-rian bantuan kepada masya-rakat. Kalau di lapangan ter-jadi seperti itu, sepenuhnyakarena belum meratanyapemberian, karena jumlahyang dilayani terlampau be-sar dan banyak. Jadi kamitegaskan tidak ada upayauntuk membeda-bedakan

    kepada masyarakat manabantuan diberikan. Semua-nya diusahakan merata dansecepatnya diberikan, ka-tanya.

    Berkait dengan aktivitasmasyarakat Kota PadangRabu pagi kemarin, terlihatsudah mulai normal. Akti-vitas perdagangan di pasardan beberapa tempat yangbeberapa waktu lalu tutup,pagi tadi sudah memulai ak-tivitasnya. Kantor dan seko-lah juga sudah beraktivitasseperti biasa.

    Gamawan meminta parasekretaris daerah yang dae-rahnya terkena dampak mu-sibah Gempa Bumi, 30 Sep-tember lalu, dapat segeramengambil uang bantuanlauk-pauk yang telah disiap-kan Pemerintah Provinsi.

    Mulai hari ini kami min-ta para Sekda dapat meng-ambil uang bantuan laukpauk buat masyarakat kor-ban gempa. Besarnya Rp5.000 per orang per hari.Hari ini dana bantuan terse-but cair untuk sepuluh ha-ri, kata dia.

    Bantuan uang lauk-pauktersebut harus segera ter-distribusikan dan diterimamasyarakat, karena itu datakorban harus sudah disiap-kan oleh Sekda masing-ma-sing yang akan mengambiluangnya hari ini.

    Rp 17 Miliar LebihHingga Selasa, 6 Oktober

    JAKARTA, SRIPO Gem-pa bumi yang melanda wi-layah Sumatera Barat bu-kan saja menimbulkan ba-nyak korban jiwa dan har-ta benda, juga mengakibat-kan lumpuhnya proses be-lajar-mengajar. Banyak sa-rana dan prasarana pendi-dikan rusak bahkan hancurakibat gempa.

    Demikian penjelasanHanura Rusli, seorang kor-ban gempa di Sumbar,Rabu (7/10). Hanura Ruslisengaja didatangkan dariPadang ke Posko Marga-siswa PMKRI, Jalan Mela-wai Raya 196, Jakarta Sela-tan untuk memberikan pa-paran tentang kerusakansarana dan prasaran pendi-

    dikan akibat guncangangempa.

    Sekolah yang rusak an-tara lain Taman Kanak-Ka-nak Mariana, tiga gedungSD yakni Santa Theresia,Santa Agnes dan SantoFransiskus, kemudian SMPFrater dan SMP Maria, SMADon Bosco dan SekolahTinggi Bahasa Asing (STBAPrayoga). Sarana pendi-dikan tersebut dikelola Ya-yasan Prayoga milik Keus-kup\an Padang.

    Ketua Forum Komuni-kasi Alumni PerhimpunanMahasiswa Katolik Repub-lik Indonesia (ForkomaPMKRI), Hermawi Fransis-kus Taslim, usai memimpinRapat Koordinasi Peduli

    Derita Sumbar dengan a-genda mendengarkan ke-saksian Hanura Rusli terse-but menjelaskan, prosesbelajar mengajar di Padangterganggu serius.

    Kami mendapat datayang valid bahwa di KotaPadang saja ada sejumlahsarana pendidikan, mulaidari tingkat taman kanak-kanak sampai perguruantinggi yang rusak berat,bahkan beberapa di anta-ranya hancur rata dengantanah, kata Hermawi,mantan Wakil Sekjen Par-tai Kebangkitan Bangsa(PKB).

    Proses rekonstruksi danrecovery sarana pendidik-an harus menjadi prioritas

    utama agar peserta didik ti-dak terlalu lama dirumah-kan.

    Untuk mengorganisirbantuan dari berbagai ka-langan, Forkoma PMKRIbersama Solidaritas De-mokrasi Katolik Indonesia(SDKI) telah membuka pu-sat penerimaan bantuan(Posko) yang bekerja 24jam di Gedung MargasiswaV PMKRI, Jalan MelawaiRaya 196, Jakarta Selatan(depan Gereja St. PenginjilBlok B), Telp. 021-726 6318,Email : [email protected] yahoo.com, dan telahmembuka Rekening diBank BCA KCP MenaraMulia A/C No. 255-1212-566 atas nama MM RestuHapsari atau Sandra Na-ngoy.

    (Persda Network/amb)

    Pemulihan Pendidikan Jadi Prioritas PMKRI Buka Posko Penggalangan Bantuan

    Mulai hari ini kami mintapara Sekda mengambil

    uang bantuan lauk pauk buatkorban gempa. Besarnya Rp5.000 per orang per hari. Hariini dana bantuan tersebut cairuntuk sepuluh hariGAMAWAN FAUZIGubernur Sumatera Barat

    ANTARA/MAHA EKA SWASTABANTUAN MAKAN Ratusan warga antre untuk mendapatkan jatah makan siang dan air minum yang disediakan oleh salah satu warga di pusat kota Padang, Rabu (7/10). Keluarga ini sudah seminggu menyediakan makanan.Dalam sehari dapat menghabiskan 3 ribu bungkus nasi.

    ENGAN meng-genggam tikar ditangan kanan dansekarung besar pa-kaian di atas kepa-la, seorang perem-

    puan berjalan perlahan menyusuritimbunan tanah longsor di Desa Lu-buk Laweh, Kabupaten Padang Pa-riaman, Sumatra Barat.

    Tepat pada Rabu (7/10), sepekansetelah bencana gempa bumi de-ngan kekuatan 7,6 SR disertai tanahlongsor menimpa daerah di NagariTandikat itu, di sekeliling perempu-an kurus itu nyaris tak ada lagi yangbersisa, kecuali timbunan tanah ber-warna coklat yang bagaikan ceruklumpur raksasa.

    Perempuan itu mengaku berna-ma Ita, 30 tahun, salah satu korbanyang selamat dari Desa Lubuk La-weh. I