Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013

28

description

Sriwijaya Post Edisi Cetak

Transcript of Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013

Page 1: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013
Page 2: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013

2 SRIWIJAYA POSTJumat, 15 Februari 2013

SALAM SRIWIJAYA

POJOK

SABTU16 FEBRUARI 2013

5 RABIUL AKHIR 1434 H

SUBUH : 04 .52 WIB

ZUHUR : ... 12.17 WIBASHAR : ....15.35 WIBMAGHRIB : ....18.24WIBISYA` : .... 19.34WIB

JUMAT

15 FEBRUARI 2013

4 RABIUL AKHIR 1434 H

DIREKTUR UTAMA: Herman Darmo, DIREKTUR: Ir HM Soleh Thamrin, Bambang Hartono. PEMIMPIN UMUM: Ir HM Soleh Thamrin. .PEMIMPIN REDAKSI/PENANGGUNGJAWAB: Hadi Prayogo, REDAKTUR PELAKSANA: L Weny Ramdiastuti. MANAJER PRODUKSI:Theresia Juita. REDAKTUR EKSEKUTIF: Sutrisman Dinah. KOORDINATOR LIPUTAN: Wiedarto. SEKRETARIS REDAKSI: H. SalmanRasyidin. STAF REDAKSI: Aminudin, Subardi, Azwir, Hanafijal, Rustam Imron, Ray Happyeni, Sudarwan, Zainal Piliang, Harina Asiana,

Syahrul Hidayat, Leni Juita, Muhammad Husin, Abdul Hafiz, Tarso, Lisma Noviani, Sugeng Haryadi, Ardani Zuhri, Zaini,Vanda Rosetiati, Saftarina, Aang Hamdani, Hendra Kusuma, Ahmad Farozi, Saifudin Zuhri. (Ilustrator: AntoniAgustino) PERWAKILAN JAKARTA: Febby Mahendra Putra (Kepala Biro), Domuara Ambarita (Wakabiro), Budi Prasetyo, Antonius Bramantoro, Jonson Simanjuntak, Murjani, Choirul Arifin, Hendra Gunawan, Ismanto, RachmatHidayat, Sugiyarto, Yuli Sulistiyawan, Zulfikar W Eda

PEMIMPIN PERUSAHAAN: Bambang Hartono MANAJER IKLAN: MF Ririn Kusumawardani MANAJER SIRKULASI : Zulkarnain Tarmizi ALAMAT REDAKSI/IKLAN/SIRKULASI: Jl Jenderal Basuki Rahmat No 1608 B-D,Telp (0711) 310088 (6 saluran), Fax (0711) 312888. PERWAKILAN JAKARTA: Jalan Palmerah Selatan 12 Jakarta 10270, Telp. (021) 5483863, 5495359, 5494999, 5301991, Fax (021) 5495360 IKLAN: Gedung Persda Lt 1Jl Palmerah Selatan No. 1-4 Jakarta 10270 Telp (021) 548 3008, 548 0888, 549 0666 Ext 7635 s/d 7638 Fax (021) 5369 6583 E-mail: [email protected] LANGGANAN: Rp 50.000 sebulan (pembayaran di muka), luar kota plus ongkos kirim. Terbit tujuh kali seminggu. Pembayaran iklan langsung ke Bank: Bank Central Asia Palembang Rek No. 021-309665-3, Bank Permata,Palembang, Rek. No. 0400027048, BNI 46, Rek. No. 0051447426, atau langsung ke Kantor Pusat Jl Jenderal Basuki Rahmat No 1608 B-D Palembang, Telp Iklan (0711)-311888, Fax Iklan (0711) 310391.

HARIAN UMUM

SRIWIJAYA POSTPenerbit: PT Sriwijaya Perdana SIUPP: No 233/SK/Menpen/

SIUPP/A.7/1987 tanggal 22 Juni 1987 Jo.196/Ditjen

WARTAWAN SRIWIJAYA POST SELALU DIBEKALI TANDA PENGENAL DAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA/MEMINTA APA PUN DARI NARA SUMBER

MESKI pelaksanaan Ujian Nasional (UN) bagi peserta didikdari tingkat SD hingga SLTA baru akan dimulai pelaksanaanyapertengahan April nanti --dua bulan lagi, Kepala Disdikpora KotaPalembang Riza Fahlevi melalui Kasi Kurikulum dan SistemPengujian M Nursyamsu Alamsyah mengingatkan agar pesertaUN betul-betul siap mental.

Seperti diketahui pemerintah akan menerapkan 20 paket soaldalam satu ruangan saat pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun2013. Meski perubahan ini cukup mengejutkan, karena sebelum-nya hanya dengan 5 paket soal, sejumlah menyatakan siap. Per-ubahan itu bagi sejumlah sekolah di Palembang mengaku siapmenghadapi pola baru yang dianggap efektif menekan tingkatkecurangan.

Kesiapan mental yang dimaksud disini karena pola UN tahunajaran 2012/2013 ini berbeda dari sebelumnya. Perbedaan yangdimaksud karena untuk satu kelas peserta --masksimal 20perserta, akan ada 20 paket materi UN untuk satu mata pelajar-an.

Artinya, untuk 20 peserta UN dalam satu kelas, akan ada pula20 soal yang satu sama lain berbeda. Sebelumnya, pernah dite-rapkan untuk satu kelas dengan 20m peserta, ada empat ataulima peket soal yang berbeda. Untuk satu macam paket UN akanada empat atau lima siswa yang sama namun posisi duduknyatidak berdekatan atau diacak.

Langkah Kemendiknas memberlakukan sistem UN 20m paketuntuk menghindari para peserta untuk tidak saling bertanya ataumencontek punya temannya meski peserta tidak saling kenalatau beda jurusan dalam satu kelas.

Langkah yang dilakukan pihak sekolah dengan mengintensifkanbimbingan belajar hingga tiga kali dalam sepekan di lingkungansekolah dalam konteks pendalaman dan pemahaman atas materiyang telah selesai diajarkan di kelas.

Bahkan bagi siswa tertentu pihak sekolah menyediakan ruangkonsultasi akademik siswa yang daya serapnya belum maksi-mal, dengan guru materi tertentu minimal 60 menit usai pulangsekolah. Kemudian berkoordinasi dengan orangtua siswa mem-bahas prestasi belajar sehingga saat mengikuti UN perserta didikbetul-betul siap mental.

Yang menjadi persoalan, setiap pelaksanaan UN, meski sudahditegaskan agar peserta UN betul-betul siap dan mereka punmenyatakan siap, namun dikarenakan ada “keinginan politis” agarDiknas daerah tertentu bisa meluluskan 100 persen dengan nilairata-rata tinggi, maka SMS jawaban UN pun beredar begitu cepat.Peredaran SMS itu pun meski dibantah, begitu lengkap untukmasing paket sehingga peserta UN tinggal memilih paket manayang bersangkutan dijati atau kebagian.

Meski --ibarat gas yang tidak terlihat tetapi berbau, praktikpengaturan pun terlaksana dengan baik sangat baik oleh TIMkecil yang bertugas memperbaiki kalau ada peserta UN yangtidak mendapatkan kunci jawaban.

Artinya selagi ada “beban politis” dalam pelaksaan UN, adasaja lankah-langlah yang bisa dilakukan untuk mendongkrat jum-lah kelulusan dan nilai rata-rata tertinggi sehinga --andaikan ber-hasil, kepada daerah tertebut akan dapat nama baik dengan pre-dikat berhasil 100 persen nilai tertinggi. Jadi antara siap mentaldengan rajin belajar menghadapi UN sama saja dengan yangsehari-harinya lebih banyak bermain. Inilah dunia pendidikan kitamempersiapkan Manusia Indonesia Yang Bertakwa.

Siap Mental Hadapi UN

TERIMA kasih atas lapor-an yang Saudara sampai-kan dan itu sebagai buktiSaudara peduli denganlingkungan dan kami akankirim petugas ke lokasi.Mungkin untuk masyara-kat lainnya, kami mintaagar begitu lampu tersebuttidak menyala segeralahlaporkan. Jangan menung-gu lama agar bisa segerakami perbaiki. Bisa mela-lui SMS atau telepon. (fiz)

Andi Wijaya Busro SHMH

Kepala Dinas PJPPPalembang

Dua Tahun LampuJalan tidak Menyala

YTH Bapak Andi Busroh.Saya mohon bantuan Bapakuntuk memperbaiki lampujalan yang ada di jalanMayor Zurbi Bustan, tepatdi depan lorong Kombat Rt53 Rw 04 kelurahan Su-kajaya. Kondisi lampu yang

kami maksud sudah 2 tahuntidak menyala. Kami seba-gai warga mohon sangatlampu tsb. bisa menyalakembali. Atas bantuan danperhatiannya kami ucapkanterima kasih

081273194567

JAWAB

Kirim Petugaske Lokasi

DOK SRIPO

Sriwijaya Post/Zaini

TERGENANG — Sebuah sepeda motor melintas di depan jalan stadion Gelora Sriwijaya Jakaba-ring yang tergenang air hujan, kurang baiknya sistem drainase menyebabkan air hujan lambatkering, foto diambil tanggal 6/2.

Eddie Baskoro mundur dari keanggotaan DPRRIDulu SBY mundur jadi menteri!

Rhoma Irama: Pemimpin harus mencontoh NabiMuhammadSetidaknya tidak bohongi rakyat

Banjir di OKU-Timur meluas ke lima kecamatanIni bukan komoditas politik...

Page 3: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013

SRIWIJAYA POSTJumat, 15 Februari 2013 3

Berbagi Cinta Bersama Hondal Gelar Touring Bersama Komunitas Honda

SRIPO/SYAHRUL

BAGI BUNGA — Anggota Satlantas Polresta Palembang bersama HONDA Astra Motor Palem-bang, membagikan bunga kepada pengendara bermotor di kawasan Kambang Iwak Palembang,Kamis (14/2/2013). Pembagian bunga dan helm dalam rangka memeriahkan hari valentin.

PALEMBANG,SRIPO — Ma-sih dalam momentum Valen-tine, Honda menggelar se-rangkaian acara yang meli-batkan komunitas motorHonda, berupa pemberian100 bunga dan 100 coklat ke-pada pengguna jalan di ka-wasan seputaran KambangIwak,Kamis (14/2).

Selain pembagian bungadan coklat, Tim Safty Ri-ding Astra International-Honda Motor Sumsel be-kerjasama dengan Sat-lan-tas juga melakukan edukasikeselamatan kepada kon-sumen yang hadir.

Selanjutnya menggelartouring sekaligus sosialisa-si safety riding yang ber-te-makan “Berbagi Cinta Ber-sama Honda”. Rute touringmeliputi jalan Jend. Sudir-man, Air Mancur, dan fin-ish di Kambang Iwak.

Costumer Care AnalisTim Safety Riding Astra In-ternational-Honda Motor

Sumsel Rita Kusuma me-ngatakan acara ini merupa-kan agenda tahunan yangdiberikan bagi para konsu-men Honda.

“Disini kami ingin meng-ajak konsumen dan komu-nitas untuk mencintai diri-nya sendiri dengan caraber-kendara secara aman dija-lan,”pungkasnya.

Menurut Rita, kegiatansafety riding rutin dilakukanHonda untuk mengurangiangka kecelakaan dijalananyang mayoritas dialami olehpengendara motor. Lanjutnyasaat ini terdapat 22 komuni-tas motor Honda di Sum-sel.Dengan menjadi anggotakomunitas ini banyak keun-tungan yang didapatkan.

“Keuntungan bagi anggo-ta komunitas yang terdaftarmendaptkan diskon saatmelakukan servis berkala disetiap showroom resmiHonda,” katanya.

Sementara itu,PIC Cos-

tumer Relationship Manage-ment M.Farhan mengatakankegiatan rutin ini menun-jukan kepedulian honda ter-hadap para konsumennya.“Kami tidak hanya melepaskonsumen tapi juga menja-dikan mereka sebagaimitra,” pungkasnya.

“Mendukung sekali ke-giatan ini, kita selalu mela-kukan edukasi kepada pe-ngendara untuk lebih amandalam berkendaraan. Saatini tingkat kecelakaanlalulintas sangat tinggi danfaktor utamanya adalahhuman eror, dari si pengen-dara itu sendiri. Oleh kare-na itu perlu dilakukanedukasi lebih men-dalam,”ujar Bripka Mutashor kepa-da Sripo saat mengawal ke-giatan touring dan pemba-gian bunga bagi pengenda-ra di seputaran KI Kamis(14/2) kemarin.

Sementara itu M. Isnaini,safety riding promotion

Honda, menegaskan bahwaperlu dilakukan edukasibagi para pengendara mo-tor. “Temanya Berbagi CintaBersama Honda, jadi sesuaitema kita membangun ke-sadaran pada pengendaraagar mengutamakan ke-selamatan dalam berken-dara. Sebelum mencintaiorang lain kita tentunyamencintai diri sendiri de-ngan menjaga ke-selamat-an sendiri dalam ber-ken-dara,” ujarnya.

Usai touring, para pesertadan konsumen selanjutnyamengikuti gathering di PSResto Palembang Square. Diacara tersebut para konsu-men di jamu Honda denganberbagai games dan do-orprize yang menarik. “Se-nang sekali ya dapat kupongathering dari Honda, jadibisa sekalian valentine di sini.Saya sudah dua tahun mema-kai motor Honda type CS-1,”ujar Yuli (25).(cmg2/TS/rha)

JAKARTA,SRIPO — Opera-tor seluler Indosat siap men-jual ponsel pintar BlackBerryZ10 pada Maret 2013. Ini me-rupakan produk unggulanyang menggunakan sistemoperasi BlackBerry 10 dariperusahaan BlackBerry yangdulu bernama Reseacrh InMotion (RIM).

“Kami akan memasarkanBlackBerry Z10 pada akhirMaret,” kata Adrian Pra-santo, Division Head PublicRelations Indosat dalam aca-ra Indosat Ready Super Ex-perience BlackBerry Z10 diJakarta, Kamis (14/2).

Dalam penjualan Black-Berry Z10 nanti, Indosatakan menyediakan paketbundel layanan seluler. Soalharga, Adrian belum bisamemastikan ponsel tersebutakan dibanderol berapa.

Indosat memprediksiBlackBerry Z10 di Indonesia

Indosat Siap JualBlackBerry Z10

lllll Akhir Maret 2013 Akhir Maret 2013 Akhir Maret 2013 Akhir Maret 2013 Akhir Maret 2013

bisa laris seperti di Inggris,negara pertama di duniayang telah memasarkanBlackBerry Z10.

Indosat telah melakukanuji coba BlackBerry 10. Sis-tem operasi ini tak lagi mem-butuhkan layanan Black-Berry Internet Service (BIS)seperti yang diperlukanponsel BlackBerry lawasyang bersistem operasi ver-si 7 atau di bawahnya.

Untuk menggunakan se-gala layanan yang menggu-nakan jaringan internet, ter-masuk email, BBM, ber-selancar internet, sampaijejaring sosial, penggunaBlackBerry 10 hanya perluberlangganan layanan datadari operator. Dengan ini,sistem berlangganan dataBlackBerry 1 sama sepertiiPhone, Android, WindowsPhone dan ponsel la-innya.(KC)

Sony mengklaim, X-peria Z, produk smar-tphone Android terbarumereka, mampu mena-han air dan juga debu.Demi membuktikan ke-

ma-mpu-an ter-s e b u t ,S o n ybaru sajamerilis tigabuah videoyang mem-perlihatkan“penyiksaan”yang dialamip e r a n g k a tini.

Pada videopertama dankedua, terlihatXperia Zdisiram oleh anggur (wine)dan juga air selama bebera-pa detik. Hasilnya, perang-kat ini tetap mampu berja-lan secara baik, bahkan da-pat digunakan untuk mene-rima panggilan suara.

Tantangan yang ada divideo ke-tiga terlihat sedi-kit lebih berat. Xperia Zdihujani dengan berbagaimaterial berbahan kaca,mirip dengan batu-batukerikil. Setelah beberapadetik menerima hanta-man material tersebut,smartphone ini tetap terli-hat mulus, tidak adagoresan sedikit pun.

Xperia Z sendiri diper-kenalkan untuk pertamakalinya di ajang Con-

Xperia Z PonselAndroid Tahan Air

sumer Electronic Showpada awal Januari 2013.Perangkat yang satu inidiperkuat dengan pro-sesor Qualcomm Snap-dragon S4 Pro kecepatan

1 , 5 G H z ,RAM 2GB,dan unitpemroses-an grafisAdreno 320.Semua itub e r j a l a ndengan sis-tem opera-si Android4.1 (JellyBean).

Memorii n t e r n a lyang ter-sedia diXperia Zsebesar16 GBd a nbatera ib e r k a -pasi tas

2.330 mAh untukmenopang daya hidupponsel ini. Kamera depan-nya bersensor 2,2 MP dankamera belakang 13,1 MPdengan lampu kilat LED.

Layarnya seluas 5 inciberkualitas full-HD be-resolusi tinggi, yaitu 1.920x 1.080 piksel. Untukmembuat layar lebihcemerlang, Sony menam-bah teknologi layar itu de-ngan Mobile Bravia En-gine 2. Ini merupakan tek-nologi yang biasa di-sematkan Sony pada tele-visi layar datar seri Bravia.Berikut video pengujianSony Xperia Z yang diam-bil dari situs Phone Arena,Kamis (14/2).(KC)

Page 4: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013

4 SRIWIJAYA POSTJumat, 15 Februari 2013

PALEMBANG,SRIPO –Bank Sumsel Babel se-panjang 2013 lebih fokuspada pengembangan tek-nologi atau Elektronik Ban-king (E-banking), baik padaATM maupun ElektronicData Capture (EDC).

Pengelola PemasaranBank Sumsel Babel, SyafranDahlan mengatakan lang-kah ini dilakukan untukmemperluas layanan kepa-da nasabah, khususnya na-sabah yang loyal. “Kalau ta-hun 2012 lalu, kita lebih fo-kus pada Pesirah, tahun inibergeser. Semua nasabahyang kita gaet, tentu harusdiberikan maksimal,”katadia disela-sela kegiatanedukasi perbankan dihada-pan 930 pelajar SMA Mu-hammadiyah 1 Palembangdi kantor BSB Jakabaring,Kamis (14/2).

Saat ini, lanjut dia, total

BSB Fokus Pengembangan Teknologi● Sepanjang Tahun 2013

nasabah BSB capai 800 or-ang dengan sebaran ATMhampir 181 unit. ATM ini,kata dia, saat ini sudah bisamelayani semua transaksi,baik itu pengambilan tunai,transfer, pembayaran reke-ning listrik, pulsa, teleponhingga PDAM Palembang.Bahkan kini Bank SumselBabel, juga bisa melayanitransaksi hingga ke luarnegeri atau visa.

“Semua layanan ini su-dah bisa dipakai di semuamesin ATM ini. Saat ini kitasedang mengembangkanteknologi yang lebih barulagi,”kata Syafran. Namundia masih enggan merinciteknologi yang dimaksud.“Nanti kalau semuanyuasiap, pasti kita informasi-kan,”katanya. Dia menye-but layanan ini, kata dia, di-tambah lagi dengan seba-ran 400an unit mesin EDC.

Masing-masing tersebarpada ratusan merchant.“Kebanyakan EDC ini yangdebet,”katanya. Diakui,respon nasabah terhadappenggunaan teknologiyang ada dalam ATM mau-pun EDC juga sudah tinggi.Ini salah satu faktor, me-ngapa Bank Sumsel Babel,berupaya terus melakukanpeningkatan teknologi.

Sementara untuk kegia-tan edukasi siswa, tak ha-nya dipusatkan pada pem-binaan E-Banking saja, na-mun dilakukan pula, non-ton bareng Habibie Ainun.Kegiatan digelar dalam tigatahap, yakni 14,18 dan 21februari, mendatang. Edu-kasi juga diisi dalam bentukgames dan permainan me-narik. “Karena bersamaandengan Valentine, kita jugabagi-bagikan coklat disini,”katanya. (Why)

SRIPO/IGUN

Salah satu karyawan Orlando memperlihatkan beberapa produkyang di pajang.

PALEMBANG,SRIPO –Pemenuhan kebutuhanakan furniture dan barang-barang kebutuhan rumahtangga akan semakin mu-dah diwujudkan. Setidak-nya dengan hadirnya Or-lando Cash & Credit di Pa-lembang, Perusahaan yangbergerak di bidang jasapenjualan barang-barangelektronik dan furnituredengan cash maupun creditini telah mulai beroperasidengan ditandai acaraGrand Opening Minggu(10/2).

“Orlando cash & creditmerupakan perusahaannasional dan palembangmerupakan cabang ke-6,”ungkap Aan Setiawan ST,selaku direktur bisnis Or-lando cash & Credit. Aanpun menyampaikan bebe-rapa promo yang dita-warkan Orlando Cash &Credit, mulai dari gratissatu kali angsuran, Beli satudapat dua, untuk setiappembelian televisi akanmendapatkan kamera po-ket panasonic, dan obralbantal Dakron dengan har-ga Rp 20.000 selama grandopening.

Orlando Cash & Credityang beralamat di JalanMayor Salim Batubara No1 Sekip, juga memberikan

Orlando Cash & CreditMudahkan Konsumen

kemudahan pada kosu-men yang akan membeliproduk dengan pembaya-ran kredit. Hanya menun-jukkan KTP dan KartuKeluarga, pembeli bisalangsung membawa pu-lang barang yang diingin-kan dengan mengikuti pro-sedur yang ada.

Menurut Aan, Orlandotelah bekerjasama dengan12 brand produk dan bebe-rapa di antara nya meru-pakan produk lokal indo-nesia seperti YUKI, yang

memproduksi barang-ba-rang furniture seperti sofa,tempat tidur dan lain-lain.

“Dengan harga yang ter-jangkau, produk yang ber-kualitas dan prosedur pem-bayaran kredit yang tidakberbelit-belit karena targetpasar kita adalah masyara-kat menengah ke bawah,”tutur Aan seraya meng-ungkapkan Ke depan Or-lando Cash & Credit akanmembuka beberapa geraiyang akan tersebar di kotaPalembang.(cmg1)

JAKARTA,SRIPO – Setelahmeraih apresiasi sebagai TheWorlds Best Regional Airlines2012 dari Skytrax, London,dan The Best InternationalAirline dari Roy Morgan,Australia , Garuda Indonesiabelum lama ini kembalimeraih penghargaan TheBest Airline dalam pelaksa-naan penerbangan haji.

Penghargaan diberikanoleh Direktorat Jenderal Pe-nerbangan Sipil Arab Saudi(General Authority of CivilAviation/GACA) dan KingAbdul Aziz InternationalAirport, Jeddah, atas kiner-ja Garuda Indonesia yangbaik selama pelaksanaanpenerbangan haji tahun2012.

Penghargaan tersebut di-sampaikan oleh Direktur

Jenderal King Ab-dulaziz Interna-

tional AirportH.E. Abdulha-

meed H. Abala-ry kepada Ge-

neral Man-

ager Garuda IndonesiaArab Saudi Fikdanel Taufik.Demikian diinformasikanjuru bicara Garuda Indone-sia, Pujobroto, Kamis (14/2) di Jakarta.

Penghargaan diberikanberdasarkan penilaian GA-CA terhadap tiga aspek,yaitu perencanaan pener-bangan haji, operasionaldan pelayanan (service),dan tingkat ketepatan pe-nerbangan (On-Time Per-formance/ OTP) .

Garuda Indonesia dinilaimemiliki tingkat ketepatanpenerbangan (On-Time Per-formance) paling tepat wak-tu, baik dalam fase kedata-ngan (arrival) maupun kebe-rangkatan (departure), sertaterbaik dalam sistem/prose-dur penanganan penum-pang pada saat kedatanganmaupun keberangkatan.

Selain itu, Garuda Indo-nesia juga dinilai memilikiperencanaan operasionalyang baik karena dapatmemanfaatkan utilisasi slot

atau schedule penerbanganhaji hingga 100 persen(maksimal), meskipun ja-maah haji yang dilayanimencapai 295 kloter.

Sebelumnya, selama tigatahun berturut-turut, padapelaksanaan penerbanganhaji 1430 H/ 2009 hingga1432 H/ 2011 lalu, GarudaIndonesia juga mempero-leh apresiasi dari GACAArab Saudi untuk kategoriExcellent Service and Coop-eration .

Garuda juga memperolehpredikat Long Life Achieve-ment untuk Sertifikasi ISO9001-2008 untuk pelayananhaji selama 10 tahunberturut-turut, dan ber-dasarkan hasil riset ke-puasan pelanggan ( custo-mer satisfaction) yang dilak-sanakan oleh lembagaindependen pada periodeoperasional haji 2012, Garu-da Indonesia meraih per-sentase tingkat kepuasanpelanggan di atas 80 persen.

Garuda merupakan mas-

Garuda Indonesia Maskapai Haji Terbaikkapai yang mengangkutjamaah haji dengan jumlahterbesar, yaitu sebanyak112,473 orang yang terga-bung dalam sekitar 295 ke-lompok terbang (kloter)dari 10 embarkasi.

Untuk mengoptimalkanlayanannya, Garuda Indone-sia mengoperasikan seba-nyak 15 pesawat dalam pe-laksanaan penerbangan haji,yang terdiri dari satu pesa-wat B 767-300 ER berkapa-sitas 325 seat, tiga pesawatB-747-400 kapasitas 455 seat,dan sebelas pesawat A330dengan kapasitas 325 seat,360 seat, dan 375 seat.

Pesawatpesawat terse-but rata rata berusia mudadan bahkan ada pesawatyang di produksi pada ta-hun 2010. Proses tenderpesawat tersebut dilaksa-nakan secara terbuka dantransparan, dan diumum-kan di media cetak nasionaldan internasional.

Sepanjang musim hajitahun 1433 H/2012, Garu-da Indonesia telah menye-lesaikan penerbangan hajidengan tingkat ketepatanpenerbangan (On-TimePerformance) secara kese-luruhan sebesar 85 persen.Hal ini berarti terjadi pe-ningkatan ketepatan pe-nerbangan dibandingkanpelaksanaan penerbanganhaji tahun 2011, yaitu sebe-sar 83,3 persen .(KC)

SRIPO/SYAHRUL

EDUKASI – Pengelola Pemasaran Bank SumselBabel, Syafran Dahlan memaparkan produk pengembangan layanan teknologiperbankan berupa E-Banking, di hadapan 930 pelajar SMA Muhammadiyah 1 Palembang di kantor BSB Jakabaring, Kamis (14/2).

KC

Page 5: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013

5 SRIWIJAYA POSTJumat, 15 Februari 2013

Promo Sepanjang Tahun Istana Bangunan●●●●● Edisi ValentinePALEMBANG, SRIPO – Meng-ambil moment hari Valentine,Kamis (14/2) Istana Bangunanmenggelar aksi bagi-bagi coklatkepada konsumen yang mela-kukan pembelian minimal 1 jutarupiah. Promo ini berlaku sam-pai Sabtu (16/2) nanti.Tidakhanya itu, untuk item-item ter-tentu Istana Bangunan jugamemberikan berbagai hadiahmenarik tanpa diundi.

“Promo ini tanpa diundi ya,jadi semua konsumen bisa men-dapatkan hadiah. Misalnya un-tuk pembelian cat JOTUN se-banyak 2 pail akan mendapat-kan hadiah Samsung Keystone2, Paket liburan ke Bandunguntuk pembelian Granit danmasih banyak lagi,” ujar AnitaSupervisor Istana Bangunan,Kamis (14/2).

Hadiah menarik lainnya jugadiberikan Istana Bangunan.Promo coklat Valentine berlakuhingga tanggal 16 Pebruari 2013,namun untuk promo diskon danhadiah langsung masih akanberlangsung hingga tanggal 28Pebruari mendatang.

Selain coklat dan pemberian

hadiah langsung, Istana Ba-ngunan juga memberikan dis-kon spesial hingga 45 persen un-tuk pengguna kartu kredit Man-diri dan BNI 46, diskon langsunghingga 20 persen, dan masih ba-nyak lagi promo menarik lain-nya.

“Sebenarnya promo yang ka-mi berikan masih akan terusberlangsung hingga akhir tahun2013 nanti. Namun promonyaakan bervariasi tiap bulan, untuksaat ini promo terkait Imlek danValentine,” lanjut Anita.

“Bagus sekali ya promoseperti ini, jadi konsumen jugabisa dapat hadiah. Saya sudahlama langganan di IstanaBangunan, harganya lebihmurah jika dibandingkan deng-an yg lain. Selain itu servicenyajuga memuaskan dan produk-nya lengkap. Kalo boleh saranIstana Bangunan buka cabangjuga dong di daerah ilir,” ujarHeri (48) warga Suka Bangun,salah satu konsumen IstanaBangunan.

Di acara promosi tersebutIstana Bangunan juga memper-kenalkan produk baru Fluid-

master dan konsultasi warna catbangunan. Juga menyediakanspare part kloset. Jadi di sini tidakhanya menyediakan bahanbangunan dan kebutuhan ba-ngunan saja tapi juga pelengkap,seperti spare part toilet. “Kamijuga meyediakan jasa konsultasiuntuk warna bangunan denganbantuan visualisasi komputer,”ujar Anita disela-sela promo Val-entine.

Selain kegiatan promo, IstanaBangunan juga akan melakukanbakti sosial dngan melakukanaksi donor darah pada Minggu(24/2) mendatang. Untuk acaraini Istana Bangunan kembalimembagi-bagikan hadiah bagipara pendonor, seperti LCD,Handphone, dan beberapahadiah menarik lainnya. “Jadiselain beramal para pendonorjuga bisa dapet hadiah.Pendaftaran untuk pendonorsudah di buka. Bagi yangberminat langsung sajamendaftar di 0711- 510 590 atau0711- 518 315 juga bisa datanglangsung ke Istana Bangunan dijalan A. Yani samping SPBU,”tegas Anita.(cmg2)

cmg2

Konsumen Istana Bangunan menerima hadiah khusus.

Promo Sepanjang Tahun Istana Bangunan●●●●● Edisi Valentine

Page 6: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013
Page 7: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013
Page 8: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013

ALON GubernurSumsel 2013-2018, Ir H EddySantana Putra

(ESP), semakin mantapmelangkah menujukursi Sumsel satu. Inidilihat dari respon tinggiwarga Sumsel yangterus memadati tiapkegiatan yangdigelarnya. Salahsatunya dalamrangkaian TausiyahAkbar di halamanBenteng Kuto Besak,Kamis (14/2) kemarin.Tak tanggung-tanggung, sang rajadangdut, artis sekaliguspendakwah, H RhomaIrama dia gandenguntuk memberikansesuatu yang bedakepada masyarakat.

“Siapa sih yang tidakkenal dengan bang haji.Dia khusus datang kesini untuk mendukungkita, mendukung saya.Dia juga akanmemberikan tausiyahkepada kita semua agarkita tetap mengingatAllah,” ucap Eddy dihadapan ribuan massayang terus bertepuktangan.

Suasana pun meriah,karena Eddymemperkenalkanlangsung bakal calonpendampingnya,Wiwiek Tatung. DuetEddy-Wiwietdiharapkan mampumemberikan formulasiyang beda untukpembangunan Sumselke depan. Wiwiet yangkelahiran Lahatdiharapkan mampumemberikansumbangsih tinggi

ESP Gandeng Rhoma Irama● Tausyiah Akbar di Halaman BKB

terhadap kemakmuranSumsel ke depan.

“Saya ingin selalumengajak masyarakatuntuk mendekatkan dirikepada Allah, itusebabnya setiapkesempatan kunjunganke daerah saya mengajakserta sejumlahpenceramah kondang.Seperti hari ini H RhomaIrama menjadi membagipengalaman hidup darisegi agama,” ungkapcalon gubernur Sumselterpopuler ini.

ESP menambahkan,kesetiaan dirinya kepadamasyarakat tidak akantergadaikan. Itusebabnya, dirinyameminta doa restumasyarakat banyak untukmencalonkan diri menjadiGubernur Sumsel. “Sayacinta masyarakat, itusebabnya saya tidak akanmeninggalkan untukmaju di tempat lain. Bagisaya susah dan senangharus bersama-samarakyat. Saya akanberkerja sama denganmasyarakat untukmengangkat harkatmasyarakat rakyat, susahdan senang menangistetawa saya akan bersamarakyat, saya akanberkerja kerasmewujudkan infrastrukurdi Sumatera Selatan,” ujarpria yang suksesmenghadirkan sistem airbersih di Palembang.

Sebelumnya, Eddy jugamenghadirkan sejumlahpenceramah kondangseperti Ustad Alhabsydan Mama Dedeh.Dirinya juga selalumemberikan kesempatanumroh gratis. Hadir pada

kegiatan tersebut, CalonWalikota Palembang, HRomi Herton, CalonWakil Gubernur Sumsel,Anisja Djuita Supriyantoatau Wiwiet Tatung,

SRIPO/ZAINI

DISAMBUT HANGAT – Walikota Palembang yang juga Bakal Calon Gubernur Sumsel H Eddy Santana Putra (ESP) (baju merah) disambut hangat ribuan wargadan simpatisan pada acara tausiyah akbar bersama Bang H Rhoma Irama, ESP dan RH, di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembantg, Kamis (14/2).

HADIR – Bang Haji Rhoma Irama (kedua dari kiri) disambut Walikota Palembang yang jugaBakal Calon Gubernur Sumsel H Eddy Santana Putra (ESP) (kiri) didampingi Wakil WalikotaPalembang yang juga bakal calon Walikota Palembang Romi Herton (RH) (kedua dari kanan)dan bakal calon wakil gubernur Sumsel Wiwiet Tantung hadir pada acara tausiyah akbar bersamaBang H Rhoma Irama, ESP dan RH di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembantg, Kamis(14/2).

HADIR – Walikota Palembang yang juga Bakal Calon Gubernur SumselH Eddy Santana Putra (ESP) didampingi Wakil Walikota Palembang yangjuga bakal calon Walikota Palembang Romi Herton (RH) bakal calon wakilgubernur Sumsel Wiwiet Tantung, Bunda Eva, Hj Masyitoh Romi Hertonserta sejumlah pengurus pengajian se Kota Palembang hadir pada acaratausiyah akbar bersama Bang H Rhoma Irama, ESP dan RH di pelataranBenteng Kuto Besak (BKB) Palembantg, Kamis (14/2).

DISAMBUT IBU PENGAJIAN – Bakal calon wakil gubernur Sumsel WiwietTatung (kerudung batik hitam) disambut ibu-ibu pengajian, pada acaratausiyah akbar bersama Bang H Rhoma Irama, ESP dan RH di pelataranBenteng Kuto Besak (BKB) Palembantg, Kamis (14/2).

Ketua Yayasan BundaEva, Hj Eva Santana danlainnya.

Sementara H RhomaIrama merasa tersanjung.Dia mengaku bangga

berada di markas PDIPerjuangan. Diamerupakan pengagumMegawati Soekarno Putri.“Saya sangat banggadisini, berada di antara

orang-orang pilihanmarkasnya bantengmerah. Siapa sih yangtidak kenal ibu Mega, diapanutan saya. Mudah-mudahan Sumsel ke

depan lebih maju lagi ditangan bapak Eddy,”katanya yang langsungdisambut tepuh riuhmassa, berseragam merahdan putih. (adv/why)

CCCCC

BERIKAN TAUSIYAH – Raja dangdut Bang Haji Rhoma Irama memberikan tausiyah di hadapan ribuan ibu pengajian majelistaklim dari 14 kecamatan se Kota Palembang pada acara Tausiyah Akbar bersama Eddy Santana Putra (ESP) dan Romi Herton(RH) di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Kamis (14/2)

BERI SAMBUTAN – Walikota Palembang yang juga Bakal Calon GubernurSumsel H Eddy Santana Putra (ESP) didampingi Wakil Walikota Palembangyang juga bakal calon Walikota Palembang Romi Herton (RH) memberisambutan pada acara tausiyah akbar bersama Bang H Rhoma Irama, dipelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Kamis (14/2).

DIPADATI WARGA – Ribuan ibu-ibu pengajian majelis taklim dan wargaPalembang memadati tenda acara tausiyah akbar bersama Bang H RhomaIrama, ESP dan RH, di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembantg,Kamis (14/2).

DISAMBUT HANGAT – Bunda Eva Ajeng juga ketua yayasan bunda Evadisambut hangat Ibu-ibu pengajian dan majelis taklim se Kota Palembang,pada acara tausiyah akbar bersama Bang H Rhoma Irama, ESP dan RH dipelataran Benteng Kuto Besak (BKB) ,Kamis (14/2).

Bunda Eva (tengah) calon wakil gubernur Sumsel Wiwiet Tatung (kiri)dan Hj Masyitoh Romi Herton.

Page 9: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013

9 SRIWIJAYA POST Jumat, 15 Februari 2013

“VALENTINE DAY” seperti-nya tidak asing lagi di telingakita sehingga banyak yangberangapan bahwa valentineday itu diartikan sebagai harikasih sayang. Sekarang yangmenjadi pertanyaan kita, apa-kah hari kasih sayang itu ha-nya tanggal 14 Februari saja?

Lantas hari-hari selanjutnyaadalah hari di mana manusiatidak ada rasa kasih sayang.Untuk lebih jelasnya sekarangkita tinjau bagaimana menurutpandangan islam.

“Dan jika kamu menuruti ke-banyakan orang-orang di mu-ka bumi ini, niscaya merekaakan menyesatkanmu dari ja-lan Allah, mereka tidak lain ha-nyalah mengikuti prasangkabelaka, dan mereka tidak lainadalah berdusta (terhadap Al-lah).” (QS Al-An’am 116)

Hari kasih sayang yang di-rayakan oleh orang-orangBarat pada tahun-tahun ter-akhir disebut sebagai “val-ent ine day” sudah amatpopuler dan merebak di pe-losok Indonesia, tidak terke-cuali di kota Palembang inidan lebih-lebih lagi saat me-njelang bulan Februari da-tang. Para pemuda dan pe-mudi sangat antusias me-nyambut datangnya bulanFebruari yang melebihi di ka-la menyambut datangnyabulan Ramadhan --dimana-mana banyak kita jumpai ik-lan-iklan, simbol-simbol yangt idak is lami hanya untukmengekspos (mempromosi)valentine day.

Banyaknya hiburan dan di-

skotik-diskotik/klub malam, ho-tel-hotel, bahkan organisasikelompok kecil yang menawar-kan acara untuk merayakanvalentine day dengan dukung-an (pengaruh) media massa,seperti surat kabar, radio dantelevisi, sebagian besar bah-kan orang Islam turut andil me-rayakannya. Tidak sedikit diantaranya berangapan valen-tine day adalah hari raya danironisnya lagi valentine day inibanyak dirayakan oleh ma-syarakat Islam.

Sebelum kita melangkahlebih jauh marilah kita tinjausejarah valentine day. Sung-guh ironis dan sangat menye-dihkan bila kita sendiri “terjun”dalam perayaan itu tanpamengetahui sejarah valentineday itu sendiri. Valentine se-benarnya adalah seorangmartyr (dalam islam disebut“syuhada”) yang karena kesa-lahan dan bersifat “dermawan”maka dia diberi gelar “SAINTatau SANTO”.

Pada tanggal 14 Februari 270M. ST Valentine dibunuh kare-na pertentangannya denganpengusaha Romawi yang kalaitu dipimpin atau dikuasai olehRaja Claudius II (268-270M).Untuk mengagungkannya (STValentine) yang diangap se-bagai simbol ketabahan, ke-beranian dan kepasrahanmenghadapi cobaan hidup,para pengikutnya memperingati kematian S Valentinesebagai upacara keagamaan,meski kemu dian sejak abad 16Masehi upacara keagamaantersebut mulai berang sur-angsur hilang dan berubahmenjadi perayaan bukan ke-agamaan.

Hari Valentine kemudiandihubungkan dengan pestajamuan kasih sayang bangsaRomawi kuno yang disebut“superkalis” yang jatuh padatanggal 15 Februari. Setelahorang-orang Romawi itu masukagama nasrani (kristiani), pesta“supercalis” kemudian dikaitkandengan upacara kematian STValentine.

Penerimaan upacara kema-tian ST Valentine sebagai hari“kasih sayang” juga dikaitkandengan kepercayaan orangEropa bahwa waktu “kasih sa-yang” itu mulai bersemi “bagaiburung jantan dan betina” padatanggal 14 Februari. Dalam ba-hasa Perancis Nurmadia, padaabad pertengahan terdapatkata “Galentine” yang berarti“Galant”atau “cinta”. “Persa-maan bunyi antara Galentine

dan Valentine yang menye-babkan orang berfikir bahwasebaiknya pemuda dalammencari pasangan hidupnyapada tanggal 14 Februari.

Peradaban sekarang orangmemahami valentine lewatgreetus card, pesta persau-daraan, tukar kado, memberihadiah, kartu undangan dansebagainya tanpa ingin me-ngetahui latar belakang sejarahlebih dari 1700 tahun yang lalu.

Dari sini dapat diambil ke-simpulan bahwa moment hariValentine ini hanyalah untukmeruntuhkan kepercayaanatau animisme belaka yang be-rusaha merusak aqidah muslimdan muslimah sekaligus mem-perkenalkan gaya hidup baratdengan bertopeng percintaan,perjodohan dan kasih sayang.

Sebagai seorang muslim se-pertinya kita bertanya pada dirikita sendiri, apakah kita akanmencontohi begitu saja sesuatuyang jelas bukan bersumberdari Islam?

Mari kita renungkan firmanAllah berikut ini: “Dan janganlahkamu mengikuti apa yang ka-mu tidak mempunyai penge-

tahuan tentangnya. Sesunguh-nya pendengaran, pengli-hatan, dan hati semuanya ituakan dimintai pertanggung ja-wabnya.” (QS Al-Isra’ 36).

Dalam Islam kata “tahu” ber-arti mampu mengindera(mengetahui) dengan seluruhpanca indra yang dikuasai olehhati. Dalam firman Allah yanglain dikatakan “Orang-orangYahudi dan Nasrani tidak akansenang kepada kamu hingakamu mengikuti agamamereka”.

Katakanlah “sesunguhnyapetunjuk Allah itulah petunjuk,(yang sebenarnya)”. “Dansesunguhnya jika kamu meng-ikuti kemauan mereka setelahpengetahuan datang kapada-mu, maka Allah tidak lagi men-jadi pelindung dan penolongbagimu.” (QS Al-Baqarah 120).(sumber tanbihul-qhafiluntripod.com)

Walaupun kita tidak mampumengajak orang lain meng-hindari valen tine setidaknyadari dalam diri kita sendiri yangmuslim dan muslimah tidakterpancing dengan “ValentineDay”. Hari kasih sayang tidak

berarti hanya tanggal 14 Fe-bruari saja, toh kasih sayangselalu ada kapan saja. Diaharus tetap tumbuh di dalamhati dan qolbu kita sebagai or-ang muslim.

Tujuan menciptakan kasihsayang di persada ini baik,tetapi bukan semenit untuksehari dan sehari untuk se-tahun. Dan bukan pula berartikita harus berkiblat kepada va-lentine seolah-olah meninggi-kan ajaran lain di atas Islam.

Islam diturunkan kepadaumat-Nya dengan memerin-tahkan umat-Nya untuk berka-sih sayang dan menjalinkanpersaudaraan yang abadi dibawah naungan Allah YangMaha Pengasih dan Penya-yang.

Valentine Day itu diadakanhanya untuk berfoya-foyadan berhura-hura. Perhatikanfirman Allah SWT berikut ini:“Sesungguhnya pemborosanitu adalah saudara-saudarasyaitan dan syaitan itu adalahsangat ingkar kepada tuhan-nya.” (QS Al-Isra’ 27).

Kemudian surat Al-AnfalAyat 63 yang berbunyi: “Wa-

“Valentine Day” dari Sisi Islam

sa di Indosiar tentang pembatalwudhu karena bersentuhan denganwanita yang bukan mahrom.Jawabannya; “Menurut Hanafibersentuhan yang ada sirr(syahwat) membatalkan wudhu,menurut Maliki dan Ahmad binHambali bersetubuh yangmembatalkan wudhu, Syafi’ ibersentuhan kulit laki-laki danperempuan bukan mahrom yangtidak pakai alas membatalkanwudhu”. Kata Nara sumber tsb.“Ketika di Mekkah boleh pindah kemazhab Maliki dan Ahmad binHambali.” Mohon penjelasan Buya!

08576929XXXX

JAWABAN BUYA:Wa’alaikumsalam Wr WbPara Ulama Fiqh; Imam Hanafi,

Imam Maliki, Imam Syafi’i danImam Ahmad bin Hambali berbedapendapat dalam memahami Alquransurah Al-Ma’idah ayat 6 :...AULAAMASTUMUN NISAA’. Danan-Nisaa’: 43.

Untuk lebih jelas Buya kutip darikitab Al fiqhul Islam wa adillatuhu,Wahbah Zuhaili Vol.I.hlm.356-358 :“Maksud LAAMASTUM tsb me-nurut (a) Ulama madzhab Hanafi

laupun kamu membelanjakansemua (kekayaan) yang be-rada di bumi, niscaya kamutidak dapat mempersatukanhati mereka, akan tetapi Al-lah telah mempersatukan hatimereka, sesungguhnya Dia(Allah) Maha Perkasa lagiMaha Bijaksana.”

Lihatlah di sekeliling kitamasih banyak yang membu-tuhkan uluran tangan dan rasakasih dari kita. Apabila itudilakukan hanya di tanggal 14Februari saja betapa kerdil-nya kita sebagai manusiayang beradab dan beragama.Kita mengetahui maraknya dikota-kota besar yang mempe-ringati hari valentine membuatorang-orang lupa kepadayang menciptakan rasa kasihsayang i tu sendir i , yangmenerbitkan cinta pada hatikita masing-masing.

Kasih sayang adalah kata-kata yang mempesona yanghinga sekarang belum adayang mampu mendefinisi-kannya. Meskipun demikian,setiap insan yang memiliki hatidan fikiran yang normal me-ngetahui apa itu kasih sayang

Tentang Wudhu■■■■■ dari halaman 1

adalah wudhu’ menjadi batal akibatbersentuhan dengan perempuanwaktu berjimak (bersetubuh), yaitubertemunya dua kemaluan (laki-lakidan perempuan) tanpa alas pakaianyang menghalang kehangatan.(Hanafi memahami AULAA-MASTUMUNNISA’ DENGANMAKNA MAJAZ ARTINYA BER-SETUBUH) (bersentuhan saja tidakmembatalkan wudhu)

(b) Ulama madzhab Maliki bahwawudhu bisa batal dengan sentuhanantara orang yang berwudhu denganorang lain yang pada adatnyamenimbulkan nikmat pada diri or-ang yang menyentuh (sentuhanyang diiringi syahwat/libido), baik itulaki-laki ataupun perempuan.Walaupun orang yang disentuh itubelum baligh, baik sentuhan ituberlaku dengan istrinya, denganperempuan lain, atau denganmahramnya. Sentuhan pada kukudan rambut, ataupun sentuhan yangberalaskan seperti kain, baik kainyang dijadikan alas itu tipis yangdapat menyebabkan penyentuhmerasakan kelembutan badan ataukain itu tebal, juga dianggap sebagaisentuhan juga. Hukum sentuhan iniberlaku juga antara laki-laki denganlaki-laki ataupun perempuan denganperempuan. Sentuhan dengan nafsudapat membatalkan wudhu. Begitujuga kecupan dengan mulut.

(c) Ulama madzhab Hambali;bahwa menurut pendapat yangmasyhur di kalangan mereka, wudhuakan menjadi batal dengan me-nyentuh kulit perempuan dengannafsu dan tanpa alas/penghalang,dengan syarat jika memang kebia-saan orang yang disentuh itu dapatmenimbulkan syahwat-asalkan diabukan anak-anak dan meskipun or-ang yang disentuh itu sudah mati,tua, mahramnya, atau anak-anakperempuan yang berumur tujuhtahun ke atas. Hukum ini berlakutanpa ada perbedaan di antaraperempuan yang disentuh, baik diaitu ajnabi (orang lain). Mahram,perempuan tua, atau anak-anak.

Kesimpulan dari ketiga madzhabini berpendapat bahwa wudhu’ tidakbatal yang disebabkan adanyasentuhan di antara laki-laki denganperempuan, mereka berhujjah sbb:

i) ... aulaamastumunnisaa - ...atau kamu telah menyentuhperempuan...” (an-NisaaÆ:43) dan

ii) Hadits riwayat Aisyah bahwaNabi Muhammad Saw pernahmengecup salah seorang istrinya,kemudian rasul terus menunaikansalat tanpa berwudhu.(Riwayat AbuDawud, an-Nasa’i, Ahmad, dan at-Tirmidzi. Hadits ini mursal, dianggabdha’if oleh al-Bukhari. Ibnu Hazmmengatakan bahwa hadits ini tidakbetul sama sekali (Nailul Authar,

dan bagaimana rasanya.Maha suci zat yang telahmenciptakan rasa kasihsayang dan cinta kasih. Kalauseperti itu mengapa kita tidakmenyadari bahwa hari kasihsayang tidak hanya dalamsatu hari atau satu tahun satukali.

Sesuai dengan ajaran Islamyang disyariatkan berkasihsayang kepada sesama mus-lim, namun semuanya beradadalam batas-batas dan ke-tentuan Allah. Betapa banyakkita dapatkan para pemuda/pemudi dari kalangan kaummuslimin yang masih bodohtentang permasalahan ini.Lebih parah lagi ada seba-gian orang yang tak mau pe-duli dan hanya menuruti hawanafsunya saja.

Marilah kita isi hari-hari kitadengan terus memupuk rasakasih sayang sesama muslim.Saling membantu dan mem-beri , pedul i dengan l ing-kungan sekitar. Tinggalkanajaran-ajaran yang masuk kedalam hati kita yang kita sen-diri tidak pernah mengetahuiasal muasalnya.

Jilid I, hlm 195).iii) Hadits riwayat Aisyah juga;

Ketika Rasulullah hendak me-nunaikan salat, saya pernah dudukdi hadapannya seperti Jenazah,hingga apabila hendak witir Rasulmenyentuh saya dengan kaki-nya.(HR.an-NasaÆi, Ibnu Hajarmengatakan bahwa isnadnya shahih(Nailul Authar, Jilid I, hlm 196)

iv) Hadits riwayat Aisyah: Padasuatu malam, saya mendapatiRasulullah Saw tidak ada di ataskasur. Lalu saya mencarinya dansaya memegang telapak kakinyadengan tangan saya pada waktubeliau berada dalam masjid...(HR.Muslim, at-Tirmizi, dan al-Baihaqi. At-Tirmizi menganggaphadits ini shahih. (Ibid).

(d) Ulama madzhab Syafi’imengatakan bahwa wudhu tetapbatal disebabkan adanya sentuhanantara seorang laki-laki denganperempuan ajnabi yang bukanmahram, walaupun dia telah mati.

Bersentuhan tanpa alas/peng-halang dapat membatalkan wudhuorang yang menyentuh dan jugawudhu orang yang disentuh, walau-pun salah seorang dari mereka ada-lah orang tua yang pikun atau orangtua yang lemah dan meskipun tanpaniat. Namun wudhu tidak bataldengan menyentuh rambut, gigi, dankuku. Wudhu juga tidak batal jika

menyentuhnya dengan menggu-nakan alas.

Dalil mereka adalah :i) Surah an-NisaaÆ: 43

AULAAMASTUMUNNISAA’ “...atau kamu telah menyentuh pe-rempuan...” adalah arti sebenarnya(makna haqiqi) dari segi bahasa darikata MULAMASAH jelas menun-jukkan pengertian sentuhan semata-mata, bukan jimak (bersetubuh).

ii) Adapun hadits riwayat Aisyahyang berkaitan dengan kecupanmulut adalah sebuah hadits yangdhaif dan mursal.

iii) Hadits lain yang diriwayatkanoleh Aisyah menceritakan perbuatanyang menyentuh kaki Rasul (jugadhaif).

Ananda, bagi seorang yangsudah memahami alur pemikiranmadzhab, setelah meyakiniakurasinya lalu mengikuti madzhabtertentu (Syafi’i) secara konsistendipedomaninya, walaupun ketikaberada di Mekkah pada saatmelaksanakan Thawwaf, tanpaharus berpindah ke madzhab lainpundalam pendapat Wahbah Zuhaili(yang bermazhab Syafi’i) bahwatidak batal wudhu jika bersentuhansecara tiba-tiba atau yang tidakdisertai nafsu. (Wahbah Zuhaili, AlFiqhul Islam wadil latuhu,Vol.I.hlm.360 ). Demikian jawabanBuya.

Hikmawati SpdPendidik di SD

Muhammadiyah 6Palembang

Page 10: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013

10 SRIWIJAYA POSTJumat, 15 Februari 2013

86.675 W86.675 W86.675 W86.675 W86.675 Warararararga Belumga Belumga Belumga Belumga BelumRekam e-KPTRekam e-KPTRekam e-KPTRekam e-KPTRekam e-KPT

BANYUASIN — Sedikitnya86.657 wajib kartu tandapenduduk (KTP) di KabupatenBanyuasin, hingga kini belummelakukan perekaman dataKartu Tanda Penduduk Elektro-nik (e-KTP). “Warga yang belummelakukan perekaman data e-KTP itu tersebar di 19 kecamat-an,” kata Kepala Dinas Kepen-dudukan dan Catatan Sipil(Disdukcapil) KabupatenBanyuasin, Drs H Hasan MasriMM menjawab Sripo, Kamis(14/2). Disebutkan, Banyuasinmemiliki 523.292 wajib KTP,namun sejak diluncurkan hingga11 Februari 2013 baru sebanyak

436.635 wajib KTP yang melakukan perekaman data.“Kecamatan Talang Kelapa merupakan kecamatanterbanyak yang wajib KTP-nya belum melakukanperekaman data e-KT. Ada 16.000 wajib KTP yangbelum melakukan scanning sidik jari hingga input datalainnya dari 79.059 wajib KTP yang ada di kecamatanini,” kata Hasan Masri. Posisi kedua Kecamatan RantauBayur, 10.789 wajib KTP belum melakukan perekamandata dari total 32.060 wajib KTP. (udn)

268 Honor268 Honor268 Honor268 Honor268 Honorer Ter Ter Ter Ter Tunggu NIPunggu NIPunggu NIPunggu NIPunggu NIPTEBINGTINGGI —Sebanyak 268 honorer dari 270honorer Kategori 1 (K1) dinyatakan lolos verifikasi dandipastikan mendapat Nomor Induk Pegawai (NIP) dariKementerian PAN dan Reformasi Birokrasi. “Sementaradua honor lainnya tidak bisa menjadi CPNS, karenameninggal dunia dan satu lagi pindah tugas ke daerahlain,” kata Kepala BKD Kabupaten Empatlawang,Januarsyah Hambali, Kamis (14/2). Diakuinya, menurutBKN memang ada permasalahan tapi tidak terlaluprinsif, sehingga belum ada pemberitahuan tentangtingkat kesalahan. “Informasinya terakhir Maret NIPuntuk 268 honorer K-1 akan keluar,” katanya. Sementa-ra delapan honorer K1 yang tidak terima karenainformasi yang tidak akurat, Januarsyah menegaskantetap diupayakan dalam dalam proses. “Sekarang sudahdiproses, dan berpotensi untuk lolos asalkan semuaberkasnya lengkap,” katanya sembari menabahkanhonorer K2 tetap mengikuti tes tertulis dengan formasiyang diusulkan 568 orang. (st2)

Dayung RebutkanDayung RebutkanDayung RebutkanDayung RebutkanDayung RebutkanRp 60 JutaRp 60 JutaRp 60 JutaRp 60 JutaRp 60 JutaMUARAENIM — Sebanyak 26 peserta mengikuti lombadayung tradisional se-Kabupaten Muaraenim di SungaiEnim, Kamis (14/2)/ Total hadiah yang diperbutkan Rp60 juta. Ketua Persatuan Olahraga Dayung SeluruhIndonesia (PODSI) Kabupaten Muaraenim Robert Pmengatakan, kegiatan ini selain agenda kerja PODSIMuaraenim juga sebagai sarana pencarian bibit atletdayung. Pihaknya juga akan memanfaatkan saranayang ada seperti kolam retensi depan GOR untukkegiatan dayung. Ketua Pelaksana, Irfan Firmansyahmenambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk sosialisasiolaharga dayung tradisional di kalangan masyarakat.“Mungkin, selama ini olahraga dayung kurang populer.Sehingga, melalui perlombaan ini dayung tradisionalsemakin diminati,” ujarnya. Lomba ini dengan tigakategori, 10 pendayung putra diikuti empat regu,kategori lima pendayung putra 12 peserta, dan kategorilima pendayung putri dengan 10 peserta. (ari)

SRIPO/UDN

Hasan Masri

Talut Bukit Sulap AmbrolLUBUKLINGGAU, SRIPO -Talut di pelataran parkirbakal lokasi wisata di kakiBukit Sulap, Jalan Benga-wan Solo, Kelurahan Ulak-surung, Lubuklinggau Bar-at II, tiba-tiba ambrol. Didu-ga, talut yang baru diba-ngun itu tidak kuat mena-han terjangan air hujan da-lam beberapa hari terakhir.

“Ambrolnya talut ini su-dah sejak beberapa harilalu, saat hujan deras. Un-tunglah saat kejadian tidakada orang, karena biasa-nya di tempat itu banyakanak-anak bermain kalausore hari,” ujar Tambi (55),warga setempat saat dite-mui Sripo, Kamis (14/2).

Dikatakan, meskipuncurah hujan cukup tinggi,namun jika bangunan taluttersebut kuat, maka tidak

akan sampai ambrol. Na-mun karena warga setem-pat menduga bahwa pe-ngerjaan talut yang baruselesai dilaksanakan padaakhir Desember 2012 laluitu tidak sesuai, maka saatterjadi hujan talut tersebutambrol. “Tak hanya yangini saja, dibeberapa bagianjuga sudah terlihat banyakyang retak. Itu dibagianyang atas sebelumnya jugaroboh, tapi diperbaiki lagi.Yang dipinggir jalan ituretaknya sudah cukup be-sar, bisa-bisa ambrukjuga,” katanya.

Terkait ambrolnya taluttersebut, Pejabat Pelaksa-na Teknis Kegiatan (PPTK)pada Dinas PekerjaanUmum (DPU) Kota Lubuk-linggau, M Imron Harna-wansyah saat dihubungi

Sripo, Kamis (14/2) meng-aku sudah mengetahui pe-ristiwa itu.

Menurutnya, pihak dinassudah melayangkan suratkepada kontraktor pelak-sana proyek senilai sekitarRp 3 miliar itu agar dilaku-kan perbaikan. “Proyektersebut selesai akhir De-sember 2012, dan masa pe-meliharaan sampai denganJuni 2013. Artinya, saat inimasih dalam tahap peme-liharaan. Kontraktor su-dah kita surati dan mere-ka bersedia memerbaikitalut tersebut. Tapi per-baikan menunggu kondisicuaca agak bagus, karenasekarang hujan terus,” u-jarnya, sembari menye-butkan, ambrolnya taluttersebut masuk kategoribencana alam. (zie)

●●●●● Baru Selesai Dikerjakan Baru Selesai Dikerjakan Baru Selesai Dikerjakan Baru Selesai Dikerjakan Baru Selesai Dikerjakan●●●●● Diduga Akibat Air Hujan Diduga Akibat Air Hujan Diduga Akibat Air Hujan Diduga Akibat Air Hujan Diduga Akibat Air Hujan

Setangkai Bunga dari Polantas

Kami Tiba-Tiba Dipecat●●●●● 17 Satpam PT SMS Mengadu 17 Satpam PT SMS Mengadu 17 Satpam PT SMS Mengadu 17 Satpam PT SMS Mengadu 17 Satpam PT SMS Mengadu

Jalur Pagaralam-Lahat Longsor●●●●● Ada Lima Titik Longsor Ada Lima Titik Longsor Ada Lima Titik Longsor Ada Lima Titik Longsor Ada Lima Titik Longsor

Jangan Anggap Sepele●●●●● Soal Ibu-Ibu Demo Kafe Soal Ibu-Ibu Demo Kafe Soal Ibu-Ibu Demo Kafe Soal Ibu-Ibu Demo Kafe Soal Ibu-Ibu Demo Kafe

Usaha Air MinumUsaha Air MinumUsaha Air MinumUsaha Air MinumUsaha Air MinumDiduga Hindari PajakDiduga Hindari PajakDiduga Hindari PajakDiduga Hindari PajakDiduga Hindari Pajak

OPERASI Simpatikyang digelar SatuanLalulintas (Satlantas)Polres OKU Timur,Kamis (14/2) bertepatandengan “Hari Valen-tine” cukup menarikperhatian warga. Selainmemberikan himbauandan peringatan kepadapengendara, personilSatlantas di kawasanTugu Tani juga membe-rikan setangkai bungadan stiker himbauankepada pengendarayang melintas, agarmentaati peraturanberlalulintas.

“Sebenarnya inimerupakan Operasi

Simpatik yang rutindigelar guna mensosialisa-sikan peraturan lalu lintaskepada masyarakat,” kataKapolres OKU Timurmelalui Kasat Lantas AKPM Yakin didampingi KanitPatroli Iptu IndrajayaSaputra.

Pembagian bungakepada pengendara kataAKP M Yakin, tidak lainsekedar pendekatankepada masyarakat danbukan karena bertepatandengan yang menurutkalangan muda merupa-kan hari valentine.

“Bunga hanya sebagaisimbol bahwa polisi jugamembutuhkan masyara-

kat. Kedekatan antaramasyarakat dan polisisangat diperlukan untukmenjaga ketertiban lalulintas, dan meminimalisirterjadinya kecelakaan dijalan raya,” katanya.

Anwar (25), salahseorang pengendaramengatakan, sah-sah sajapolisi mencari simpatimasyarakat dan mengim-bau untuk tertibberlalulintas denganberbagai cara. “Dengancara-cara seperti inidiharapkan masyarakatlebih memahami danakhirnya mentaatiperaturan lalulintas,”katanya. (mg3)

LAHAT,SRIPO -AnggotaDewanPerwakilanRakyat(DPRD)KabupatenLahat menga-ku kecewadenganlambannyatindakanintansi terkaitdalammeresponaspirasi wargatentangaktivitas kafeatau warungremang-remang(Warem).Sehingga ibu rumah tangga (IRT) nekatmenyerbu warem di pinggir Jalinsum,karena kesal tidak ada tindakan tegasoleh instansi terkait. Jika dibiarkan,kondisi ini berpotensi menyebabkantindakan anarkis.

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Lahat,Wahid Purwanto mengungkapkankekecewaannya terhadap kinerjaPemkab Lahat dalam menanganimasalah sosial itu. Terutama satuanpolisi pamong praja (Sat Pol PP), yangseharusnya cepat tanggap dan langsungmelakukan tindakan tegas. Sehinggawarga Desa Gunung Kembang tidaksampai mendatangi warem yangberpotensi terjadinya tindakan anarkis.

Menurutnya kemarahan wargaterutama ibu rumah tangga (IRT), bukantanpa alasan. Sebab jika warungremang-remang itu menyediakan

PAGARALAM, SRIPO -Hujan deras yang terusmenerus mengguyur wila-yah Kota Pagaralam dansekitarnya, membuat se-jumlah titik tebing yang ber-ada di kawasan jalan lintasLiku Indikat dan LematangIndah, yang menghubung-kan Kota Pagaralam-Kabu-paten Lahat, mengalamilongsor.

Pantauan di lapangan,Kamis (14/2), sedikitnyaada lima titik longsor di se-panjang jalur Pagaralam-Lahat. Bahkan beberapatitik longsor sudah menu-tupi badan jalan. Kondisi inisempat membuat jalurmenjadi macet, dan ber-po-tensi menyebabkan kecela-kaan terutama bila melintasmalam hari.

Dari lima titik longos

yang ditemukan, di antara-nya tiga titik terdapat dikawasan objek wisata Le-matang Indah, dan dua titikdi kawasan Liku Endikat.Kondisi ini cukup memba-hayakan pengendara, kare-na material longsoran beru-pa batu cadas besar yang bi-sa menghancurkan kenda-raan jika tertimpa.

Plt Kepala Dinas Pekerja-an umum (PU) Kota Pagar-alam, H Yunali mengatakan,pihaknya sudah melakukanpembersihan lokasi longsoryang berupa batu cadasmaupun tanah yang menu-tupi badan jalan. Pihaknyamenerjunkan alat berat un-tuk pembersihan, sementa-ra untuk pohon-pohonyang tumbang langsung di-potongan.

Yunali mengingatkan

para pengguna jalan lebihberhati-hati saat melintas dikawasan Liku Endikat danLematang Indah. Dua ka-wasan ini merupakan dae-rah rawan longsor teruta-

ma di saat musim hujan.“Saat hujan deras usahakantidak dulu melintas di ka-wasan Liku Endikat dan Le-matang Indah,” katanya.

(mg16)

SRIPO/WAWAN SEFTIAWAN

LONGSOR —Jalan raya Pagaralam-Lahat kini mengalami long-sor di sejumlah titik. Tanah longsor yang menimbun badan jalanitu berpotensi menyebabkan kecelakaan.

LAHAT, SRIPO - 17 orang tenaga keaman-an (Sekuriti) yang bekerja di PT Sinar MasSejahtera (PT SMS), tiba-tiba dipecat olehmanagemen perusahaan perkebunan diKecamatan Kikim Tengah itu. PemutusanHubungan Kerja (PHK) itu tanpa alasanyang jelas. Karena itulah sekuriti yang diPHK ini mendatangi kantor Dinas TenagaKerja dan Transmigrasi (Disna-kertrans)Kabupaten Lahat, Kamis (14/2).

Junaidi (38) salah seorang sekuriti yang di-pecat mengatakan, mereka sudah cukup lamabekerja di PT SMS. Namun beberapa bulanlalu terjadi take over perusahaan, yang me-nyebabkan adanya pergantian managemen.Meski sempat dirumahkan sebentar, namunmereka kemudian dipekerjakan kembali.Sehingga masih mendapat gaji, sertatunjangan yang rutin diberikan.

Hanya saja, baru bekerja satu setengahbulan, tiba-tiba saja managemen perusa-haan melakukan PHK. Mereka pun terke-jut, karena selama ini sama sekali tidakmelakukan kesalahan. Anehnya dalam su-rat yang diberikan kepada karyawan yang

FOTO/IST

BUNGA — Salah seorang personil Satlantas Polres OKUTimur memberikan bunga kepada pengendara yang melintasdi kawasan Jalan Tugu Tani Martapura.

SRIPO/AHMAD FAROZI

AMBROL — Talut pelataran parkir bakal lokasi wisata di kaki Bukit Sulap, Jalan Bengawan Solo, Kelurahan Ulaksurung, Lubukling-gau Barat II, ambrol digerus air hujan.

wanita penghibur, serta minuman keras,maka akan berdampak negatif padakehidupan masyarakat di sekitarnya.“Seharusnya Sat Pol PP responsifterhadap aspirasi warga yang menghen-daki warem itu ditutup dan bangunanyadibongkar. Masalah ini jangandisepelekan,” katanya.

Kasat Pol PP Pemkab Lahat, A Arismenjelaskan, pihaknya terus memantauaksi warga Gunung Kembang beberapaminggu terakhir. Terkait penolakankeberadaan warung remang-remang,yang beroperasi di kawasan desa. Secarategas dalam waktu dekat akan dilakukanpenertiban, namun dia tetap akanmelewati prosedur yang berlaku agartidak menyalahi aturan. “Warem ituberoperasi secara ilegal, karena tidakmengantongi izin resmi dari dinasterkait,” katanya. (mg10)

Flu Burung Muncul LagiFlu Burung Muncul LagiFlu Burung Muncul LagiFlu Burung Muncul LagiFlu Burung Muncul LagiTEBINGTINGGI, SRIPO -Warga terutama pemilikternak unggas peliharaan dibeberapa kawasan dalamKabupaten Empatlawangmulai cemas dengan wabahflu burung. Menyusul, be-berapa hari terakhir ini se-jumlah ayam peliharaanwarga mati mendadak. Se-perti di wilayah KecamatanTebingtinggi, yakni Tan-jungkupang dan Terusan.

“Belum lama ini ayamjago bangkok peliharansaya mati mendadak. Pada-hal tidak ada tanda-tandaayam bangkok itu sakit,”ungkap Heri, warga Talang-

banyu Kelurahan Tanjung-kupang Kecamatan Tebing-tinggi, Kabupaten Empat-lawang, Kamis (14/2).

Dia merasa terkejut, kare-na matinya ayam ini secaramendadak, apalagi sebelum-nya ayam terlihat dalamkondisi segar. Biasanya, pe-nyakit yang menyerangayam tidak menyebabkanayam sampai mati dalamwaktu cepat.

Kepala Dinas Pertanian, Pe-ternakan, Perikanan danKetahanan Pangan Kabupa-ten Empatlawang, Rudiantomengatakan, pihaknya sege-ra mengecek ke lapangan. (st2)

BANYUASIN, SRIPO - Produksi air minum kemasan “Oasis”di Kelurahan Sukomoro, Kecamatan Talang Kelapa, Kabu-paten Banyuasin, kini dalam pengawasan petugas DinasKoperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag)setempat. Pasalnya, usaha air minum yang mulai berproduksiAgustus 2012 itu diduga menghindari pajak daerah Kabupa-ten Banyuasin, dengan mengganti label kemasan produksidari Bogor dengan merk yang sama “Oasis”.

Kepala Diskoperindag Kabupaten Banyuasin, Hj AnnaSuzana melalui Kabid Perindustrian, Luluk mengatakan,Kamis (14/2) mengatakan, pihaknya menerima laporanada salah satu usaha air minum kemasan di KecamatanTalang Kelapa diduga abal-abal. “Memproduksi airminumnya di Sukomoro Talang Kelapa, tapi labelnyadiproduksi di Bogor. Inilah yang sedang diselidiki tim, usahaini ada indikasi untuk menghindari pajak daerah Kabupa-ten Banyuasin,” katanya.

Dijelaskan, Diskoperindag Banyuasin mengeluarkan re-komendasi izin kepada Badan Pelayanan Terpadu (BPT)untuk setiap badan usaha yang berdiri. Izin tersebut beru-pa Izin Usaha Industri (IUI) dan Tanda Daftar Industri (TDI).

(udn)

di PHK, tidak diberitahu alasan pemecat-an. Sehingga perusahaan dinilai bertindaksemena-mena.

Hal senada diungkapkan Dicky (36). Menu-rutnya, selama bekerja dia tidak pernah bolos,dan selalu mengerjakan perintah atasan. Se-lain itu semua prosedur standar pengamananrutin dilakukan, hingga semua tugas disele-saikan dengan baik. Namun baru menerimagaji satu bulan ditambah tunjangan beras, tiba-tiba datang surat pemecatan. “Kami berharapDisnakertrans Lahat bisa memfasili-tasi, agarsemuanya jelas,” katanya.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Lahat,Ir H Ismail Hanafi melalui Kasi OrganisasiP5, Aris Toteles berjanji pihaknya segeramelakukan pemeriksaan. Selain itu KepalaHRD PT SMS juga akan dipanggil, untukdiminta penjelasannya.

Sementera managemen PT SMS melaluiAsisten Kepala (Askep) Area Sungai Laru,Fadillah Putra mengaku tidak mengerti per-soalan tentang pemberhentian 17 orangsekuriti itu. “Coba konfirmasi ke HRD agarlebih jelas,” saran Fadilah. (mg10)

SRIPO/TOMMY SAHARA

WAREM — Beberapa anak kecil bermain dekat warung remang-remang (Warem)di Desa Gunung Kembang, Kecamatan Merapi Timur.

Page 11: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013

SRIWIJAYA POST

Jumat, 15 Februari 2013 11

Karier MacanMeningkat

dari halaman 1

sehingga tak heran jikashio macan mempunyaibanyak pengikut.

Namun, seperti pepatahtak ada gading yang tak re-tak. Shio macan meski suk-ses dalm pergaulan, namundia juga seringkali meme-nukan musuh dalam seli-mut. Tidak semua peng-ikutnya adalah orang yangsetia dan loyal, selalu adasaja yang muncul sebagaipengkhianat dan menjadibumerang dalam kepe-mimpinan shio macan.

Shio macan juga sangatberani dalam menghadapitantangan dan pertarung-an baru. Mereka sellau siapbergulat menghadapi ke-rasnya kehidupan. Shiomacan selalu kreatif dan pu-nya ide-ide baru untuk me-nerobos kehidupan yangterkesan lamban dan ba-nyak rintangan.

Sifat negatif seorang shiomacan adalah kegemar-an-nya berpetualang. Shio ma-can adalah tipe pembosanyang suka mencari teman

baru. Tak heran jika shiomacan pun tidak bisa ber-tahan lama dalam bergaul.Bahkan ada kecendrunganshio macan suka gonta gan-ti pasangan. Namun, sifatini akan berangsur-angsurhilang seiring dengan usiayang bertumbuh.

Seperti yang dikutip daribuku "Melejitkan Karier danBisnis Berdasarkan Shio",sifat shio macan yang kerasmenjadikannya sosok yangsering kali mendominasipasangannya dalam kehi-dupan berkeluarga. Merekajuga cenrung mendidik a-naknya dengan keras.

Beberapa profesi yangcocok bagi shio macan ada-lah hakim, penegak hu-kum, advokat, pawang,teknisi, ahli sejarah, pilotdan pengawas produksi.

Sedangkan pasanganyang cocok untuk shio ma-can adalah kuda dan anjing.

Hoki di tahun Ular Air,shio macan boleh bernafaslega. Tahun ini ada pening-katan karier asalkan maubekerja keras dan maksimal.Peluang bisnis selalu ter-buka, namun harus diiringidengan keseriusan dan mo-dal. jangan terbersit keingin-an sekadar mencoba-coba.Sementara bagi pekerja,

bersiakplah profesional, ren-dah hati dan mem-perhatikan etika berbisnis.

Untuk kesehatan, seper-ti dikutip dari buku "Predik-si Peruntungan Anda Ta-hun 2013 Ular Air" yang di-tulis Suhu Wong, dian-jur-kan untuk banyak meng-konsumsi buah-buahandan berolahraga

Demi keharmonisan ke-luarga, bersikaplah perha-tian terhadap pasangan. ja-ngan terlalu keras terhadapanak, beri ruang gerakanak untuk bisa mengek-sploitasi diri.4. SHIO KELINCI (1939,1951, 1963, 1975, 1987,1999, 2011)

Sebagaimana halnya ke-linci yang dikenal sebagaihewan cerdas tetapi pema-lu sehingga seringkali me-nyembunyikan potensi di-rinya yang artistik dan da-ya tarik romantiknya. Shiokelinci berprilaku lembut,orang shio kelici pun ada-lah sosok yang berhatilembut, mudah menaruhkasihan dengan orang laindan mudah bergaul. Shiokelinci terbiasa untuk me-nolong siapapun tanpapamrih. Sayangnya, sifatmereka ini seringkali ma-lah dimanfaatkan oleh pi-

hak lain.Shio kelinci terlahir seba-

gai sosok yang memiliki ba-nyak keberuntungan. Selalusaja ada rezeki yang di-peroleh shio kelinci di saat-saat sulit. Baik di bidangmateri maupun dalammenghadapi banyak perma-salahan hidup. Selalu saja adasolusi yang didapat shiokelinci yang juga dikenal se-bagai sosok yang kreatif,mandiri dan tak sukamenyusahkan orang lain.

Kelinci yang pendiamcenderung suka meng-hiuang atau menarik diri ji-ka menghadapi luka bathinmaupun fisik. Namun, jikaluka bathin itu sudah ter-sembuhkan dengan sendi-rinya kelinci akan munculkembali. Kelinci punya ke-mampuan menyembuh-kan luka yang dideritanya.Dia sangatlah hati-hati,konservatif tetapi mena-wan, adil dan setia.

Sayangnya, kelinci jugamerupakan sosok yangmudah tersinggung. Suka-nya menarik diri jika diha-dapi pilihan-pilihan hidupyang sulit.

Partner yang cocok un-tuk shio kelinci adalahkambing, anjing dan babi.

Beberapa profesi yang

cocok untuk shio kelienciadalah pedagang, notaris,apoteker, arsitek, artis, dip-lomat, konsultan kecantik-an, perawat, sekretaris danpenerbit buku.

Tahun Ular Air, shio ke-linci akan menghadapi ba-nyak masalah yang meng-ganggu karier dan bisnis-nya, begitu juga dalam ke-hidupan berkeluarga. Ke-mungkinan shio kelinciakan berpindah kerja atautempat tinggal.

Bila tidak ada aral melin-tang, pebisnis shio kelincibakal ada peluang untukmemperluas divisi bisnis.Bagi pekerja, fokuskan diripada tugas utama, beker-jalah dengan efisein dan pi-lihlah karier sesuai minatdan pendidikan.

Lakukan check up rutin.Hindari banyak pikiran. Ta-hun ini penyakit-penyakitserius yang dialami akansembuh.

Tahun ini juga merupa-kan tahun perhelatan besarbagi kelinci. Namun tetapsabar dan cermat, janganbertindak tergesa-gesa.Utamakan keluarga. Gejo-lak yang timbul dalam ke-hidupan rumah tanggaadalah bumbu kehidupan.Tetaplah berpegang pada

komitmen bersama. Semuaproblem akan bisa disele-saikan dengan pendekatanhati dan komunikasi.5. SHIO NAGA (1940,1952, 1964, 1976, 1988,2000, 2012)

Shio berurut kelima da-lam astrologi China ini ada-lah shio yang didambakanbanyak orangtua agar me-miliki anak yang dilahirkandi bawah shio naga.Shionaga dianggap sangat ber-karakteristik sebagai seo-rang kaisar. Karena nagamempunyai sifat pemim-pin dan patriotik, tegas da-lam mengambil keputusan.

Orang-orang bershio na-ga memiliki kepercayaan di-ri yang kuat, berambisi, danpantang diatur-atur, juga taksuka mengalah. Harga diridan kemauan diri adalahnomor satu baginya. Shionaga cenderung menjadi se-orang pemimpin.

Di balik semua keung-gulan yang dimiliki, shionaga cenderung menjadipribadi yang cepat marahdan ceplas ceplos. Juga cen-derung bersikap sewe-nang-wenang, ceroboh,terburu-buru dalam meng-ambil keputusan, borosdan kurang peka menciumniat jahat seseorang.

Profesi yang cocok bagishio naga adalah pemim-pin perusahaan, pengusa-ha, direktur, astrolog, danpengusaha tambang.

Partner yang sesuai de-ngannya adalah ayam, ti-kus dan monyet.

Di tahun Ular Air, nasibbaik naga terus berlanjut.Segala urusan berjalan lan-car. Tahun ini bisa dibilangadalah tahun cemerlang.

Namun, tetap disarankanuntuk berhati-hati dalammenerima tawaran kerja-sama yang menggiurkan.Jangan melupakan untukmemperhatikan pemberda-yaan dan penghargaan ke-pada bawahan. Tahun inijuga sebaiknya terus me-ngembangkan keterampilanbagi shio naga yang menja-di pekerja. Tahun ini jenjangkarier berjalan stabil.

Shio naga dianjurkan un-tuk menghindari makananberlemak dan menjauhi al-kohol.

Dlalam menjalin asmara,janganlah mengobral janji.Pahami karakter pribadipasangan. Keluarga mem-butuhkan perhatian, keha-diran dan rekreasi bersamauntuk membangun kehar-monisan keluarga.

(tre/berbagai sumber)

untuk mengundurkan diridari DPR RI.

Yudhoyono mengata-kan, Ibas berkonsultasi de-ngan dia, Ani Yudhoyono,dan Agus Harimurti Yu-dhoyono sebelum meng-ambil keputusan untukmundur dari DPR RI.

"Kami dengan jernih te-nang, serta rasional memba-has apa yang dihadapi olehkeluarga saya, bukan hanyaIbas sebetulnya, dan secarabulat kami pikirkan dan ha-rus dilakukan adalah peng-uduran diri Ibas dari DPR RIdan ini inisiatif dan pemikir-an yang berangkat dari Ibassendiri," katanya.

Menurut dia, keluargasebetulnya tidak mudah se-tuju dengan rencana peng-unduran diri Ibas tersebut.

"Mengapa, karena sebagaiayah saya tahu pada pemilu2009 yang lalu Ibas ber-minggu-minggu menda-tangi daerah pemilihannya,dari kecamatan ke keca-matan, dari desa ke desa,mulai dari kabupaten Nga-wi, Magetan, Ponorogo, Pa-

citan dan Trenggalek," ka-tanya.

Yudhoyono, yang men-jabat sebagai Presiden se-jak tahun 2004, mengata-kan, putranya "telah berke-ringat" untuk menjadi ang-gota DPR RI.

Namun, lanjut dia, selu-ruh keluarga kemudian se-pakat bulat mendukungkeputusan Ibas untuk me-ngundurkan diri dari DPRRI. Ia berharap, masyara-kat memahami alasan pe-ngunduran diri Ibas.

"Semoga rakyat Indone-sia yang mendengarkanpenjelasan dari Edhie Bas-koro Yudhoyono tadi, di-tambah komentar saya,yang baru saja saya sam-paikan bisa sungguh me-ngerti duduk persoalan dansekaligus mengapa Ibasmengundurkan diri dariDPR RI untuk berkonsen-trasi mengemban tugas-nya yang lain," katanya.

Beri TeladanAnggota Dewan Pembi-

na Syarif Hasan mengata-kan, Edhie Baskoro Yudho-yono (Ibas) telah memberi-kan contoh keberanian un-tuk bertanggung jawabatas tindakannya.

Hal ini dikatakannya diJakarta, kemarin, menang-gapi pengunduran putraPresiden tersebut sebagaianggota Dewan Perwakil-an Rakyat karena insidenabsen rapat paripurna di

lembaga legislatif tersebut."Sehingga saya juga beri

apresiasi dan penghargaanterhadap Ibas sebagai sese-orang yang masih mudausia, dia menunjukan bah-wa ini contohnya, kalau adakritikan dari masyarakatdan dianggap itu tidak be-tul, dia mengundurkandiri," ujarnya.

Menurut dia, pemberitaanterkait absensi Ibas tersebutsangat gencar karena ia Put-ra Presiden. Padahal, banyakanggota DPR lainnya yangmelakukan hal itu.

Seperti diberitakan, Sek-retaris Jenderal (Sekjen)Partai Demokrat Edhie Bas-koro Yudhoyono mengun-durkan diri sebagai anggo-ta DPR karena harus meng-hadapi tugas berat penye-lamatan partai.

"Saya pribadi tengah me-nghadapi berbagai persoal-an berat, khususnya ber-kaitan dengan tugas penye-lamatan Partai Demokratyang saat ini elektabilitas-nya sedang merosot," kataIbas pada jumpa pers dikantor Fraksi Partai De-mokrat di Gedung Nusan-tara I, Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan, seba-gai Sekjen partai, dirinyatentu harus ikut bertang-gung jawab dan harus be-kerja keras untuk melaku-kan langkah-langkah pe-nyelamatan Partai Demok-rat tersebut. (Ant)

SBY BanggaIbas

MengundurkanDiri

dari halaman 1

pincang. Buktinya waktuSamma dikeluarkan, kitajadi ragu untuk melakukanserangan karena lini perta-hanan pun harus diperha-tikan," ucap Kas.

Kendati dipastikan tidakdiperkuat oleh Sultan Sam-ma, Kas mengatakan tidakterlalu khawatir karenastok pemain untuk gelan-dang serang masih banyak

dimiliki timnya. Mulai dariM Fakhrudin, Rizky Ram-dani Lestaluhu dan Aliyu-din bisa dioptimalkan men-jadi pengganti Samma. Ha-nya saja belum bisa dipas-tikan siapa yang akan di-percaya, sebab penen-tuan-nya hingga satu hari sebe-lum pertandingan dimulai.

"Kita ingin memainkanpemain yang benar-benarsiap, bukan atas kehendakpribadi saja," katanya.

Dikatakan, pemilihankomposisi pemain ini jelassangat tergantung dari polaatau strategi yang akan di-terapkan. Jika mengusung

pola 4-1-4-1 sepert bebera-pa pertandingan terakhir,maka otomatis SFC akanmemasang Fakhrudin atau-pun Aliyudin yang lebihbernaluri menyerang.

"Kedua pemain ini memi-liki intuisi menyerang lebihbaik dibandingkan pemainlainnya. Apalagi, Aliyudinpun tidak hanya bisa di-tempatkan sebagai strikermurni, tapi juga bisa ber-main di sayap," ucap man-tan punggawa Timnas In-donesia ini.

Namun, Kas mengakubelum memastikan apakahpola ini aka kembali dia te-

Bermain LebihCantik

dari halaman 1

pidana mati se-Indonesiaharus dieksekusi tahunini. Tiga diantara terpida-na mati itu berasal dari Pa-lembang.

“Mereka adalahSuryadi, Jurit, danIbrahim. Kami targetkan,ketiganya dieksekusimati Maret hingga Juni2013,” kata Aji, di ruangkerjanya Kamis (14/2).

Untuk merealisasikanvonis mati itu, pihak Ke-jari Palembang akan se-

gera menjemput ketigaterpidana mati, yang saatini ditahan di LP Nusa-kambangan. Ketiga terpi-dana mati itu direncana-kan akan dieksekusi diPalembang, meski wila-yah hukum tempat dima-na Jurit dan Ibrahimdisidang bukan di Pa-lembang. Sayang, dima-na pastinya ketiga terpi-dana dihukum mati, Ajienggan berkomentar.

“Tempatnya belumtahu akan dieksekusi di-mana. Masih dicari lokasiyang tepat,” kata Aji.

Kepastian akan segeradivonis mati ketiga terpi-dana mati itu, jelas Aji,sudah didapat Kejari Pa-lembang sejak sepekansilam. Saat itu, Kejaksaan

Agung RI memanggil Ke-jari Palembang terkaitproses eksekusi terhadap10 terpidana mati, dima-na tiga diantaranya bera-sal dari Sumsel.

Segala bentuk upayahukum yang dilakukanSuryadi, tambah Aji, se-luruhnya ditolak. Mulaidari Pengadilan Tinggi Pa-lembang, MahkamahAgung, Peninjauan Kem-bali, hingga Grasi di tahun2005 semuanya menguat-kan keputusan PN Pa-lembang, yakni hukum-an mati dan pasal yangdijerat adalah pasal 340tentang pembunuhan be-rencana. Jadi, eksekusimati terhadap Suryadi su-dah tertunda sejak tujuh

PerintahEksekusi

Sudah Keluar dari halaman 1

yang telah diputuskan,ketiganya seharusnya su-dah dari dulu dieksekusimati. Tapi kenyataannyaselalu mundur waktunya,dikarenakan adanyaupaya hukum dari terpi-dana. Padahal upaya hu-kum yang telah dilaku-kan tak mampu lagi, atauistilah mental. Salah satuupaya hukum yang dila-kukan yakni PK (Penin-

jauan Kembali), tapi tetapjuga masih ditolak.

Mengenai pihak kejak-saan yang telah menetap-kan jadwal pelaksanaaneksekusi pada Maret nan-ti, bisa saja ada kendaladari lawyer atupun pihakkeluarganya. Tapi apapun bentuk kendalanyayang bersifat mengham-bat dari pihak terpidana,tetap harus dilaksanakan.Karena pelaksanaan ekse-kusi mati ini adalah kepu-tusan hukum yang sahdan harus tetap di-jalankan. (mg19)

Selalu Molor dari halaman 1

EKSEKUSI mati Ibrahim adalah sanksi atas keterlibatandalam pembunuhan Arpan dan Soleh yang terjadi 13 tahunlalu.

Selain Ibrahim, Jurit yang diketahui sebagai dalang pem-bunuhan juga jadi terpidana mati. Jurit, Ibrahim, Dani (33)dan Pian (30) sama-sama dihukum. Hanya saja Pian danDani sudah bebas.

Sebelumnya, beberapa langkah hukum sudah dilakukankubu Ibrahim, mulai dari banding, kasasi, peninjauan kem-bali (PK), dan yang terakhir dua kali grasi yang ditolak Presi-den RI. Kematian Ibrahim tinggal menunggu hari. (cw6)

Dosa Mereka dari halaman 1

tahun silam.“Yang melakukan ek-

sekusi adalah Kejari Pa-lembang. Kami nantinyaakan berkoordinasi de-ngan Polda Sumsel untukmenentukan lokasieksekusi,” kata Aji.

Untuk mengingatkan,Suryadi merupakan pela-ku tunggal pembunuhansatu keluarga di kawasanPusri di tahun 1991. Se-mentara Jurit dan Ibrahimtelah bersama-sama me-lakukan pembunuhanberencana di kawasanSekayu di tahun 2003.Ketiga pelaku pembu-nuhan sadis itu dijeratpasal 340 KUHP tentangpembunuhan berencanadan divonis mati. (cw6)

MARTAPURA, SRIPO —Banjir kiriman dari wilayahOKU Selatan akibat luapanAliran Sungai Komeringterus meluas. Sebelumnya,banjir yang melanda wila-yah Kabupaten OKU Timurhanya terjadi di satu keca-matan dengan tiga desa diwilayah Kecamatan BPBangsaraja.

Derasnya hujan yang tu-run di hulu sungai membuatair terus meluap sehinggamenyebabkan banjir terusmeluas dan menggenangisejumlah desa di Lima Keca-matan masing-masing Keca-matan BP Bangsaraja, Ma-dang Suku II, Madang SukuI, Semendawai Barat, danKecamatan Cempaka.

Belum diketahui jumlahrumah dan kepala keluar-ga yang terkena musibahbanjir kiriman tersebut. Na-mun sejumlah instansilangsung mengirimkan se-jumlah bantuan berupamakanan siap saji dan men-dirikan posko kesehatanuntuk mengantisipasi ada-nya penyakit yang dise-babkan oleh genangan air.

Kepala BPBD KabupatenOKU Timur Darlizal Effendidikonfirmasi Kamis (14/2)mengatakan, banjir yang

rapkan atau tidak. Pasalnyamasih ada waktu dua harilagi untuk melihat perkem-bangan secara keseluruhandari para pemain. Setelahitu, baru bisa ditentukanapakah timnya akan mene-rapkan pola permainanyang lebih agresif dengan4-1-4-1 atau kembali ke po-la lama yakni 4-2-3-1.

"Kalau pola lama itu kitamungkin akan memasangdua gelandang bertahan.Kita lihat saja dulu perkem-bangan dari para pemainini, mana yang terbaik un-tuk tim pasti akan kita te-rapkan," katanya. (cw2)

kian meluas disebabkan aki-bat luapan aliran Sungai Ko-mering diprediksi tidak akanberlangsung lama. Banjir ter-sebut merupakan banjir ki-riman yang akan segera me-nyurut berdasarkan keting-gian debit air di hulu sungai.

“Tiga desa di KecamatanBP Bangsaraja kemarin saatini sudah mengering dan su-dah surut. Air langsungmenyurut. Banjir kirimanhanya bertahan paling lamadelapan jam. Setelah airnyalewat, maka air akan kem-bali normal,” ungkapnya.

Menurut Darlizal, diper-kirakan jumlah desa darilima kecamatan yang ter-kena banjir tersebut sekitar25 desa. Namun dia belummenyebutkan berapa jum-lah rumah yang tergenangkarena saat ini pihaknyamasih melakukan pendata-an lebih lanjut.

“Belum diketahui jum-lahnya. Karena air belummenyurut. Jumlah lahansawah juga belum bisa diprediksi berapa hektare.Namun kemungkinan ban-jir ini tidak akan berlang-sung lama,” ujarnya.

Dikatakan Darlizal, ban-jir yang melanda wilayahbantaran sungai tersebut ti-

dak bisa diprediksi, karenayang namanya banjir ki-riman kejadiannya tidakmenentu dan tergantungdengan ketinggian air dihulu sungai.

“Berdasarkan keterang-an dari petugas pemantauketinggian air di wilayahOKU Selatan, saat ini ke-tinggian air sudah menca-pai 122,60 meter. Namunketinggian air tersebut ke-mungkinan akan menurundan bisa juga bertambahtergantung intensitas hujandi hulu sungai,” jelasnya.

Pemerintah kata dia, seca-ra spontanitas sudah mem-berikan bantuan kepadamasyarakat korban banjirberupa makanan siap sajiseperti air mineral, mie in-stan, sardines serta pendiri-an posko kesehatan untukmengantisipasi adanya pe-nyakit akibat banjir tersebut.

Sementara Yapani, salahwatu warga Cempaka me-ngatakan, banjir yang me-landa wilayah Cempaka saatini belum terlalu besar. Na-mun dampak dari banjiryang terjadi akhir Januari lalumenyebabkan tanamanCabai dan Pepaya miliknyamengalami kegagalanpanen. (mg3)

Banjir Meluas Rendam 25 Desa

SRIPO/EVAN HENDRA

SUNGAI MELUAP — Rumah warga terendam akibat luapan aliran Sungai Komering, banjir kirimandari wilayah OKU Selatan.

2SRIWIJAYA POST

Jumat, 15 Februari 2013

SALAM SRIWIJAYA

POJOK

SABTU16 FEBRUARI 2013

5 RABIUL AKHIR 1434 H

SUBUH : 04 .52 WIB

ZUHUR : ... 12.17 WIBASHAR : ....15.35 WIBMAGHRIB : ....18.24WIBISYA` : .... 19.34WIB

JUMAT

15 FEBRUARI 2013

4 RABIUL AKHIR 1434 H

DIREKTUR UTAMA: Herman Darmo, DIREKTUR: Ir HM Soleh Thamrin, Bambang Hartono. PEMIMPIN UMUM: Ir HM Soleh Thamrin. .PEMIMPIN REDAKSI/PENANGGUNGJAWAB: Hadi Prayogo, REDAKTUR PELAKSANA: L Weny Ramdiastuti. MANAJER PRODUKSI:Theresia Juita. REDAKTUR EKSEKUTIF: Sutrisman Dinah. KOORDINATOR LIPUTAN: Wiedarto. SEKRETARIS REDAKSI: H. SalmanRasyidin. STAF REDAKSI: Aminudin, Subardi, Azwir, Hanafijal, Rustam Imron, Ray Happyeni, Sudarwan, Zainal Piliang, Harina Asiana,

Syahrul Hidayat, Leni Juita, Muhammad Husin, Abdul Hafiz, Tarso, Lisma Noviani, Sugeng Haryadi, Ardani Zuhri, Zaini,Vanda Rosetiati, Saftarina, Aang Hamdani, Hendra Kusuma, Ahmad Farozi, Saifudin Zuhri. (Ilustrator: AntoniAgustino) PERWAKILAN JAKARTA: Febby Mahendra Putra (Kepala Biro), Domuara Ambarita (Wakabiro), Budi Prasetyo, Antonius Bramantoro, Jonson Simanjuntak, Murjani, Choirul Arifin, Hendra Gunawan, Ismanto, RachmatHidayat, Sugiyarto, Yuli Sulistiyawan, Zulfikar W Eda

PEMIMPIN PERUSAHAAN: Bambang Hartono MANAJER IKLAN: MF Ririn Kusumawardani MANAJER SIRKULASI : Zulkarnain Tarmizi ALAMAT REDAKSI/IKLAN/SIRKULASI: Jl Jenderal Basuki Rahmat No 1608 B-D,Telp (0711) 310088 (6 saluran), Fax (0711) 312888. PERWAKILAN JAKARTA: Jalan Palmerah Selatan 12 Jakarta 10270, Telp. (021) 5483863, 5495359, 5494999, 5301991, Fax (021) 5495360 IKLAN: Gedung Persda Lt 1Jl Palmerah Selatan No. 1-4 Jakarta 10270 Telp (021) 548 3008, 548 0888, 549 0666 Ext 7635 s/d 7638 Fax (021) 5369 6583 E-mail: [email protected] LANGGANAN: Rp 50.000 sebulan (pembayaran di muka), luar kota plus ongkos kirim. Terbit tujuh kali seminggu. Pembayaran iklan langsung ke Bank: Bank Central Asia Palembang Rek No. 021-309665-3, Bank Permata,Palembang, Rek. No. 0400027048, BNI 46, Rek. No. 0051447426, atau langsung ke Kantor Pusat Jl Jenderal Basuki Rahmat No 1608 B-D Palembang, Telp Iklan (0711)-311888, Fax Iklan (0711) 310391.

HARIAN UMUM

SRIWIJAYA POSTPenerbit: PT Sriwijaya Perdana SIUPP: No 233/SK/Menpen/

SIUPP/A.7/1987 tanggal 22 Juni 1987 Jo.196/Ditjen

WARTAWAN SRIWIJAYA POST SELALU DIBEKALI TANDA PENGENAL DAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA/MEMINTA APA PUN DARI NARA SUMBER

MESKI pelaksanaan Ujian Nasional (UN) bagi peserta didikdari tingkat SD hingga SLTA baru akan dimulai pelaksanaanyapertengahan April nanti --dua bulan lagi, Kepala Disdikpora KotaPalembang Riza Fahlevi melalui Kasi Kurikulum dan SistemPengujian M Nursyamsu Alamsyah mengingatkan agar pesertaUN betul-betul siap mental.

Seperti diketahui pemerintah akan menerapkan 20 paket soaldalam satu ruangan saat pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun2013. Meski perubahan ini cukup mengejutkan, karena sebelum-nya hanya dengan 5 paket soal, sejumlah menyatakan siap. Per-ubahan itu bagi sejumlah sekolah di Palembang mengaku siapmenghadapi pola baru yang dianggap efektif menekan tingkatkecurangan.

Kesiapan mental yang dimaksud disini karena pola UN tahunajaran 2012/2013 ini berbeda dari sebelumnya. Perbedaan yangdimaksud karena untuk satu kelas peserta --masksimal 20perserta, akan ada 20 paket materi UN untuk satu mata pelajar-an.

Artinya, untuk 20 peserta UN dalam satu kelas, akan ada pula20 soal yang satu sama lain berbeda. Sebelumnya, pernah dite-rapkan untuk satu kelas dengan 20m peserta, ada empat ataulima peket soal yang berbeda. Untuk satu macam paket UN akanada empat atau lima siswa yang sama namun posisi duduknyatidak berdekatan atau diacak.

Langkah Kemendiknas memberlakukan sistem UN 20m paketuntuk menghindari para peserta untuk tidak saling bertanya ataumencontek punya temannya meski peserta tidak saling kenalatau beda jurusan dalam satu kelas.

Langkah yang dilakukan pihak sekolah dengan mengintensifkanbimbingan belajar hingga tiga kali dalam sepekan di lingkungansekolah dalam konteks pendalaman dan pemahaman atas materiyang telah selesai diajarkan di kelas.

Bahkan bagi siswa tertentu pihak sekolah menyediakan ruangkonsultasi akademik siswa yang daya serapnya belum maksi-mal, dengan guru materi tertentu minimal 60 menit usai pulangsekolah. Kemudian berkoordinasi dengan orangtua siswa mem-bahas prestasi belajar sehingga saat mengikuti UN perserta didikbetul-betul siap mental.

Yang menjadi persoalan, setiap pelaksanaan UN, meski sudahditegaskan agar peserta UN betul-betul siap dan mereka punmenyatakan siap, namun dikarenakan ada “keinginan politis” agarDiknas daerah tertentu bisa meluluskan 100 persen dengan nilairata-rata tinggi, maka SMS jawaban UN pun beredar begitu cepat.Peredaran SMS itu pun meski dibantah, begitu lengkap untukmasing paket sehingga peserta UN tinggal memilih paket manayang bersangkutan dijati atau kebagian.

Meski --ibarat gas yang tidak terlihat tetapi berbau, praktikpengaturan pun terlaksana dengan baik sangat baik oleh TIMkecil yang bertugas memperbaiki kalau ada peserta UN yangtidak mendapatkan kunci jawaban.

Artinya selagi ada “beban politis” dalam pelaksaan UN, adasaja lankah-langlah yang bisa dilakukan untuk mendongkrat jum-lah kelulusan dan nilai rata-rata tertinggi sehinga --andaikan ber-hasil, kepada daerah tertebut akan dapat nama baik dengan pre-dikat berhasil 100 persen nilai tertinggi. Jadi antara siap mentaldengan rajin belajar menghadapi UN sama saja dengan yangsehari-harinya lebih banyak bermain. Inilah dunia pendidikan kitamempersiapkan Manusia Indonesia Yang Bertakwa.

Siap Mental Hadapi UN

TERIMA kasih atas lapor-an yang Saudara sampai-kan dan itu sebagai buktiSaudara peduli denganlingkungan dan kami akankirim petugas ke lokasi.Mungkin untuk masyara-kat lainnya, kami mintaagar begitu lampu tersebuttidak menyala segeralahlaporkan. Jangan menung-gu lama agar bisa segerakami perbaiki. Bisa mela-lui SMS atau telepon. (fiz)

Andi Wijaya Busro SHMH

Kepala Dinas PJPPPalembang

Dua Tahun LampuJalan tidak Menyala

YTH Bapak Andi Busroh.Saya mohon bantuan Bapakuntuk memperbaiki lampujalan yang ada di jalanMayor Zurbi Bustan, tepatdi depan lorong Kombat Rt53 Rw 04 kelurahan Su-kajaya. Kondisi lampu yang

kami maksud sudah 2 tahuntidak menyala. Kami seba-gai warga mohon sangatlampu tsb. bisa menyalakembali. Atas bantuan danperhatiannya kami ucapkanterima kasih

081273194567

JAWAB

Kirim Petugaske Lokasi

DOK SRIPO

Sriwijaya Post/Zaini

TERGENANG — Sebuah sepeda motor melintas di depan jalan stadion Gelora Sriwijaya Jakaba-ring yang tergenang air hujan, kurang baiknya sistem drainase menyebabkan air hujan lambatkering, foto diambil tanggal 6/2.

Eddie Baskoro mundur dari keanggotaan DPRRIDulu SBY mundur jadi menteri!

Rhoma Irama: Pemimpin harus mencontoh NabiMuhammadSetidaknya tidak bohongi rakyat

Banjir di OKU-Timur meluas ke lima kecamatanIni bukan komoditas politik...

Page 12: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013

12 SRIWIJAYA POSTJumat, 15 Februari 2013

Gaga Operasi Pinggul

Diguyur Hujan, Jalinbar Terendam

Djoko Beli Rumah Seharga Rp 5,5 M●●●●● Kedua Rumah Kuno di Yogyakarta tak Pernah Ditinggali●●●●● KPK Segel Rumah Mewah di Solo

PRINGSEWU, SRIPO -Hujan kembali menggu-yur Kabupaten Pringse-wu, Kamis (14/2) pukul16.00 WIB, Pekon Wates,Kecamatan GadingrejoKabupaten Pringsewukebanjiran lagi. Air punmenggenangi Jalan LintasBarat di Pekon Wates ter-sebut. Akibatnya arus lalulintas di ruas Jalinbar itupadat merayap.

"Baru selesai hari ini

bersih-bersih rumah karenakebanjiran kemarin, seka-rang banjir lagi," tukas,Rajiman.

Menurutnya, air tersebutkiriman dari bukit-bukit wi-layah tersebut, bukit Tam-bahrejo, Bayas dan Tam-bahsari.

"Gara-gara gunung digun-duli itu, diambili batu-batu-nya. Jadi air langsung turunsemua," katanya. Makanya,lanjut dia, airnya merah.

"Tapi lama-lama nantiputih, itu enggak tahu airdari mana," katanya.

Banjir juga terjadi di wi-layah Gedongtataan, Ka-bupaten Pesawaran. Te-patnya di Jalinbar depanPolsek Gedongtataan.Kanitreskrim Polsek Ge-dongtataan IPDA Ham-dani mengatakan, saat iniarus lalu lintas di ruas ja-lan tersebut padat mera-yap.(TL)

LADY GAGA membatalkan tur sisauntuk konsernya "Born This Way Ball"karena harus menjalani operasipinggul, demikian promotor konserLive Nation seperti dikutip Reuters.

Penyanyi berusia 26 tahun ini terkenaradang sendi, sementara operator kon-sernya menyebut cedera Gaga ternyatalebih serius ketimbang yang disadarinya.

"Setelah serangkaian tes tambahan pagiini untuk mengkaji tingkat cederanya, di-tentukan bahwa Lady Gaga memiliki labralair mata pada pinggul kanannya," tulis LiveNation.

"Dia akan memerlukan pem-bedah-an untuk memulihkan masalah itu. Sa-yangnya, itu akan memaksa dia mem-

YOGYAKARTA, SRIPO —Dalam waktu hampir ber-samaan, sekitar tahun 2010lalu mantan Kepala Korlan-tas Inspektur Jenderal Djo-ko Susilo membeli dua ru-mah kuno seharga Rp 5,5miliar di dalam kompleksjeron beteng, Jalan Lange-nastran Kidul dan JalanPatehan Lor, Alun-alun Se-latan, Yogyakarta.

Sementararumah mewahmilik tersangka kasus duga-an tindak pidana korupsidan tindak pidana pencuci-an uang (TPPU) proyeksimulator ujian surat izinmengemudi (SIM) Ins-pek-tur Jenderal Polisi DjokoSusilo, Kamis (14/2) jugadisita KPK. Sebelumnya ru-mah Djoko lain di Solo jugadisegel KPK Rabu (13/2)malam.

Setengah tahun lalu, pe-tinggi Polri ini kembalimembeli sebidang tanahtepat di samping rumahnyadi Patehan Lor seharga Rp350 juta. Namun, setelah di-bayar lunas, rumah-rumahtersebut justru tak pernahditinggali dan ditinggalkanbegitu saja.

Rumah Djoko di JalanPatehan Lor No 36 A, Yog-yakarta, merupakan rumahkuno bekas perajin batikSastrosengojo yang diba-ngun tahun 1921.

Di depan rumah tersebutmasih terdapat sumur sertabekas kolam pencuci kainbatik. Dalam kartu reke-ning listrik rumah tersebuttercatat nama Dr Ir ArionoAbdulka.

Menurut Yatno (62), war-ga setempat, dari pemilikpertama, rumah tersebutkemudian dibeli Ariono se-belum akhirnya dibeli lagioleh Djoko Susilo sehargaRp 3,5 miliar.

Rumah ini tergolong me-wah pada zamannya. Dipintu gerbang terdapat atapdengan ukir-ukiran bertu-liskan tahun 1921 serta tu-lisan tahun renovasi 1988.

Kemudian bangunan uta-ma berbentuk limasan de-ngan kayu gebyok tua dibagian depan. Sementaraitu, di sisi kanan dan kirinyaterdapat pintu lain.

Masih terlihat pula duaalat pendingin (AC) di ba-gian kanan bangunan.

Adapun halaman rumah inisangat luas, tetapi ditum-buhi rumput-rumput liarserta penuh dengan dedau-nan kering.

Tepat di sisi kanan rumahterdapat gang sempit yangmenghubungkan ke sebi-dang tanah dan rumah kecildi belakang. Tak puas de-ngan rumah besar tersebut,Djoko juga membeli tanahbeserta rumah kecil ini sehar-ga Rp 350 juta yang dulu mi-lik Heru, warga Patehan Lor.

Sementara itu, rumahpertama Djoko di Jalan La-ngenastran Kidul No 7 jugatergolong rumah kuno.Masyarakat setempat me-nyebut rumah tersebutDalem Supraban karenadahulu rumah di kompleksjeron beteng Keraton Yog-yakarta tersebut milik Su-geng Suprobo, salah seo-rang kerabat keraton ketu-runan Sultan HamengkuBuwono VII.

Kondisi rumah besar diatas lahan seluas 600 Meterpersegi tersebut kotor takterurus. Temboknya mulaiberlumut dan halamannyaditumbuhi rumput-rumput

liar."Dulu rumah ini dikon-

trak Yayasan Longstay In-donesia-Jepang. Kemudian,tahun 2010 dibeli Pak Djokosebesar Rp 2 miliar dandiatasnamakan putrinya,bernama Poppy," kata AangWinang Suryosumarto (63),pengurus Yayasan Longs-tay Indonesia-Jepang, Ka-mis (14/2) di Yogyakarta.

DisegelKPK kembali menyegel

salah satu rumah InspekturJenderal Polisi Djoko Susilodi Jalan Perintis Kemerde-kaan Nomor 70, Sondakan,Laweyan, Solo, Kamis (14/2). Sebelumnya, KPK puntelah menyegel salah saturumah di Jalan Samra-tula-ngi, Gremet, Solo, pada Ra-bu malam kemarin.

Berdasarkan informasiyang dihimpun Kompas.-com, rumah seluas 5.000 Me-ter persegi tersebut sekitarpukul 9.30 WIB dipasangipita segel yang me-nandakan ba-ngunan ter-sebut disitaoleh KPK.

S e g e l

KPK yang terpa-sang dipintu gerbang utamasetinggi lima meter tersebutbertuliskan, "BerdasarkanSurat Perintah PenyitaanNomor: Sprin.Sita_01/01/01/2013, tanggal 09 Januari2013 dan Surat Perintah Pe-nyitaan: Sprin.Sita, tanggal31 Januari 2013, Tanah danBangunan ini TELAH DISI-TA dalam Perkara TindakPidana Pencucian Uang De-ngan Tersangka DjokoSusilo, ttd Penyidik KPK".

Petugas KPK sempat ka-get saat mendapati bebera-pa wartawan sudah me-nunggu di depan pintu ger-bang rumah itu. Beberapasaat kemudian, dua mobildari petugas KPK keluardari dalam rumah dan lang-sung melaju ke arah utarademi menghindar dari ke-jaran wartawan.

Suharto, Ketua RT1 Sondakan, me-ngaku men-

DPR Tunggu Calon Ketua BI● ● ● ● ● Jabatan DarJabatan DarJabatan DarJabatan DarJabatan Darmin Nasution Berakhir 22 Meimin Nasution Berakhir 22 Meimin Nasution Berakhir 22 Meimin Nasution Berakhir 22 Meimin Nasution Berakhir 22 Meibatalkan turnya sampai dia pulih

lagi," tambah Live Nation.Selama dua tahun Gaga terus

manggung dengan berkeliling kesejumlah negara di enam benua.

Selasa (12/2) lalu, dia menangguh-kan empat pertunjukan dengan me-ngatakan terkena sinovitis yang mem-buatnya sempat tidak bisa berjalan.Sinovitis adalah radang sendi yang ka-dang diikuti radang, terkilir, atau cedera.

Menurut laman dia, penyanyi ituakan manggung pada 20 pertunjuk-an di Amerika Serikat. Live Nationmengatakan, pemegang tiket bisamenukarkan lagi tiketnya mulai Ka-mis ini.(ant/rtr)

JAKARTA, SRIPO - DewanPerwakilan Rakyat masihmenunggu nama calon Gu-bernur Bank Indonesiapengganti Darmin Nasuti-on yang masa jabatannyaakan berakhir 22 Mei, kataKetua Komisi XI DPR RIHarry Azhar Azis.

"Karena itu kami memin-ta Presiden untuk segeramengirimkan nama calonGubernur Bank Indonesia(BI) pengganti DarminNasution yang akan habismasa jabatannya karenatinggal delapan hari lagibatas waktu pengirimannama calonnya," kata HarryAzhar Azis saat ditemui diGedung DPR RI, Jakarta,Kamis (14/2).

Menurut anggota KomisiXI DPR RI dari Fraksi PartaiGolkar tersebut, batas wak-tu pengiriman surat namacalon Gubernur BI jatuh pada22 Februari. Nantinya sete-lah presiden mengirimkansurat yang berisi maksimaltiga nama calon, hal ini akandibahas di Paripurna.

"Kemudian dibawa keBadan Musyawarah. Darisitu, barulah hak memutus-kan ada di Komisi XI. Pro-ses dan prosedurnya seper-ti itu," kata dia.

Selain Darmin Nasution,lanjutnya, DPR juga akanmenentukan pengganti Bu-di Mulya yang kosong. Su-dah ada dua calon penggan-tinya, yakni Perry Wardjiyodan Hendar.

"Kami akan pilih salah satudi antara mereka," kata dia.

Ia mengatakan, DPR akanmenentukan penggantiBudi Mulya pada 11 Maretmendatang. Caranya, de-ngan melakukan musyawa-

rah apakah bisa terjadi mu-fakat, atau voting.

Menurut dia, berdasarkanUndang-Undang BI Pasal 37ayat 1, syarat Dewan Guber-nur BI itu terdiri dari Guber-nur, Deputi Gubernur Se-nior, dan minimal empatDeputi Gubernur. Sedang-kan, saat ini hanya terdapatseorang Gubernur dan tigaDeputi Gubernur.

"Sehingga bila ada pihakyang menggugat ke Mah-kamah Agung (MA), kepu-tusan mereka yang seka-rang ini tidak sah karenaPeraturan Bank Indonesia(PBI) hanya bisa dibatalkanoleh MA. Jadi jangan main-main," ujarnya.

Sebelumnya, pengamatekonomi Mirza Adityaswa-ra menilai Gubernur BankIndonesia Darmin Nasutionyang akan berakhir masajabatannya 22 Mei berpe-luang kembali memimpinBI kedua kalinya karena di-pandang berbagai kala-ngan telah bekerja bagusdan masih diperlukan me-

ningkatkan perekonomianIndonesia

"Pak Darmin adalah figuryang tegas dan disiplin ter-utama dalam menjaga pe-ngawasan perbankan dansistem pembayaran. PakDarmin juga Gubernur BIyang menaruh perhatianbesar terhadap peran banksentral dalam membuat In-donesia menjadi negaramaju," kata pengamat eko-nomi Mirza Adityaswarasaat dihubungi di Jakarta,Rabu (13/2).

Menurut Mirza, Darminyang menjabat GubernurBank Indonesia (BI) meng-gantikan Boediono itu telahbanyak mengeluarkan ke-bijakan yang sangat men-dukung program pemba-ngunan ekonomi nasionaltermasuk terhadap sektorUKM.

"Pak Darmin sangat me-naruh perhatian ke sektorusaha kecil. Ini berbeda de-ngan pimpinan bank sentrallain yang sangat fokus padamoneter saja," katanya.(ant)

jadi saksi penye-gelan yang di-lakukan olehKPK. "Sayadiajak pe-tugas KPKu n t u km e n j a d isaksi pe-nyegelanr u m a hD j o k oSus i lo , "katanyabebera-pa saatsetelahk e l u a rdari ru-mah itu.(kompas.-com)

Djoko Susilo

IST

IST

IST

Harry Azhar Azis

TL

Page 13: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013

PALEMBANG, SRIPO ––Guna memudahkan ibuyang melahirkan, klinik ra-wat inap dan rumah bersa-lin PKU MuhammadiyahPlaju, Palembang, menye-diakan layanan jemput me-lahirkan secara gratis. Jasayang diberikan itu, samahalnya dengan pelayananmobil ambulance yang da-pat dipanggil setiap saat.

Direktur klinik rawatinap dan rumah bersalinPKU Muhammadiyah Pla-ju, dr Agus Marsyal, me-nyebut alasan pelayanan

itu untuk memudahkanproses persalinan dan demikeselamatan. Pelayananjemput itu akan mencakupwilayah Kota Palembang.“Ini bukan ditunjuk dari Di-nas Kesehatan, tapi inisiatifdari klinik kami. Jika me-mang ada bantuan dariDinkes seperti mobil, ya ka-mi terima,” ujarnya, Kamis(14/2).

Agus menjelaskan pro-gram itu segera direalisasi-kan pada pertengahan ta-hun 2013. N a -mun ia

belum bisa menyebut ke-pastian bulan berapa, kare-na masih ada beberapa halyang harus dibenahi. Untukpelayanan itu, pihaknya te-lah memiliki satu unit mo-bil ambulance.

PKU Muhammadiyahmenargetkan agar dapatmenangani 60 ibu melahir-kan setiap bulannya. Sejauhini, kata Agus, jumlah yangmelahirkan di kliniknya, ra-ta-rata 20 orang per bulan.

Gratis Layanan Jemput Melahirkan

CITYPALEMBANGCMYK

HALAMAN 13 SRIWIJAYA POSTJUMAT, 15 FEBRUARI 2013

PALEMBANG, SRIPO ––Hujan yang terus menggu-yur, membuat warga di Ke-lurahan Plaju Darat meng-gunakan air pompa yangbercampur lumpur. Walau-pun telah ada program pe-masangan jaringan air ber-sih bersubsidi dari PDAMTirta Musi, namun hinggakini warga di Tegal Binang-un harus membeli air ber-sih setiap harinya.

Rokiah (56), selalu mem-beli dua jerigen air bersihdari tetangga sekitar, yangtelah memiliki jaringanPDAM. Untunglah, hargaair per jerikennya tidak be-gitu mahal. “Air dari pom-pa biasanya saya pakai un-

EBANYAKANtenaga kerja asalIndonesia yang

berangkat ke luar negeri,tidak memilikiketerampilan, terutamauntuk pekerjaan sektor in-formal seperti asistenrumah tangga. Kendala lainyang sering dihadapi,dikarenakan banyak yangtidak memahami bahasa dankebudayaan negaratersebut. Sehingga takjarang para TKW (tenagakerja wanita) mendapatperlakuan tak manusiawidari para majikan.

Kondisi itu menjadiperhatian serius darakelahiran Jakarta 19 Mei1978 ini. Wanita bernamalengkap Dewi Wisesa iniberpendapat sebelummenjadi TKW harusmembekali diridengan keahlian sertaketerampilan.Apalagi untukbekerja di luar negeriyang bahasanya jauhberbeda dengan Indonesia.

“Saya sangat mengertibagaimana perasaan mereka

PALEMBANG, SRIPO ––Penumpang angkutan buskota yang melintasi jalananprotokol mendadak kaget.Satu per satu penumpangyang merasa dicurigakan,tak luput dari pemeriksaanpetugas. Razia digelar jajar-an petugas Polresta Palem-bang dalam Giat Cipta Kon-disi di kawasan Jl JendralSudirman, depan eks BankSuma, Palembang, Kamis(14/2).

Dari pantaun Sripo, setiapbus kota yang melintasi kearah Jembatan Ampera, di-berhentikan petugas untukdilakukan pemeriksaan.Giat Cipta Kondisi yang di-pimpin Kasat SabharaKompol Tatang Duka Dire-

ja, bertujuan mengantisipa-si terjadinya tindakan kri-minal. Dalam giatnya, Pol-resta Palembang mener-junkan puluhan personil-

nya dari satuan Sabhara,Sat Lantas, Sat Intel dan SatReskrim.

Sebelumnya merazia pe-numpang bus kota, petugasterlebih dulu mengitari pu-sat-pusat keramaian di ka-wasan Pasar Cinde, Pasar

16 Ilir, seputaran MasjidAgung dan beberapa titikpusat keramaian di kawas-an Palembang SeberangUlu. Dari hasil razia terha-dap penumpang bus kota,

hui sejakawal Ja-n u a r i2 0 1 3 ,MenteriB U M Nmelaku-k a npengka-jian atur-an pe-nyalurand a n aCSR semua perusahaanBUMN. Selama ini dinilai,alokasi yang diberikan per-usahaan BUMN masih be-lum tepat sasaran. Keba-nyakan bantuan yang dibe-rikan lebih bersifat sosialmurni. Padahal sesuai atur-an, CSR diharapkan mam-pu mendorong ke arah pe-ningkatan atau pengemba-ngan satu instansi atau or-ang-orang yang dibantu.Belum ada pengkotakanaturan, mana yang masukprogram CSR dan pro-gram Bina Lingkungan.

“Karena kebijakan inilah,maka kami masih menung-gu aturan baru itu, karenamasih digodok,” kata Surya.

Warga Masih Beli Air Bersih● Harapkan Pemasangan Air PDAM

tuk MCK, tapi kalau untukmasak beli, biasanya Rp1.000 per jeriken,” ujar wa-nita yang tinggal di JalanTegal Binangun LorongRambutan No 211 RT02/04.

Ia mengaku sekitar De-sember 2012 lalu, ada daripetugas PDAM yang men-janjikan untuk pemasang-an dengan subsidi. Namun,hingga saat ini ia dan be-berapa warga di sekitar-nya belum menikmatifasilitas tersebut. Ro-kiah menyebut, dilingkungannya sajaada 10 orang yang

CSR BUMN takTepat Sasaran

● Sedang Dikaji Ulang

Para Penumpang Bus Kota Kaget● Petugas Razia Angkutan Umum

BekaliKeterampilan

DiriPALEMBANG,SRIPO —

Program bantuan so-sial atau CoorperateSocial Responsibility(CSR) sejumlah peru-sahaan BUMN, terma-suk di Sumsel, dinilaibanyak tak tepat sasar-

an. Karena itu, Kemen-terian BUMN sedang

mengkaji ulang program-program tersebut, danhingga sekarang aturan ba-ru itu belum terbit.

“Kita masih menunggu,karena pengkajian di ting-kat menteri belum selesai,”kata Deputy Regional Ma-nager Kanwil II Bank Man-diri, Ratmoko Hadi didam-pingi Bisnis DevelopmentManager Bank Mandiri,Surya Pamilsus di sela-selakegiatan Wirausaha MudaMandiri di BLPT Palem-bang, Kamis (14/2).

Dia mengatakan, kondisiini sama seperti yang diala-mi perusahaan BUMN lain-nya. Meski sudah masukbulan kedua tahun 2013,namun aturannya belum fi-nal. Kondisi ini berdampakpada tersendatnya penya-luran BUMN ke sejumlahmasyarakat. Seperti diketa-

ARTIS sekaligus sangraja dangdut, H

Rhoma Irama ternyatapunya pendapat laintentang poligami. Halyang disebutnya palingdibenci kaum Hawa.Menurutnya, selagi istritidak protes, tidak adamasalah.

“Selama Rika Rahimtidak protes, mengapa

saya haruspusing mikirinomongan or-ang,” ucap priayang akrab disapabang haji, saatbertausyiah dihadapan ratusan kaumibu di halaman Benteng

Asal Istri tak Protes

Bersambungke hal 14

Bersambungke hal 14

Bersambung ke hal 14

Bersambungke hal 14

Bersambung ke hal 14 Bersambung ke hal 14

SRIPO/ZAINI

BERIKAN TAUSIYAH –– Raja dangdut Bang Haji Rhoma Irama (baju putih) memberikan tausiyah dihadapan ribuan ibu pengajian majelis taklim dari 14 kecamatan se Kota Palembang, Kamis (14/2).

SRIPO/SYAHRUL

RAZIA –– Petugas Polresta Palembang memeriksa barang bawaan penumpang bus kota pada razia yangdigelar di Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (14/2).

K

SRIPO/STS

SURYA

DewiWisesa

DewiWisesa

AGUS MARSYAL

Page 14: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013

SRIWIJAYA POST

Jumat, 15 Februari 2013 19

ngan tampilan wajah diri-nya. Sempat membuatnyabingung, karena akun face-book pribadinya bisa dije-bol orang lain yang samasekali tidak dikenalnya, de-ngan menggunakan namasamaran Nindi Silvia.

Dan yang membuatnyamalu, ternyata foto tersebutbukan hanya ada di akunfacebooknya, tetapi telah di-kirim ke hampir seluruh te-man facebook, termasukakun facebook guru-guru-nya. Bahkan bukan hanya sa-tu foto saja, tetapi tidak lamakemudian kembali timbul

Siswi KagetFotonya Jadi

Bugil dari halaman 20

sudah diketahui identitas-nya. “Untuk korban tewas,belum diketahui apa penye-babnya, sebab masih me-nunggu hasil visum dari ru-mah sakit Pertamina Prabu-mulih,” ujar Jhon.

Ketika dikonfirmasi keKepala Pos Unit PengaduanPelayanan Polisi Militer(UP3M) Muaraenim LettuAbdul Wahab, tidak menam-pik jika ada kejadian terse-but. Tetapi ia tidak tahu kro-nologisnya dan di mana yangbersangkutan. Mungkin di-amankan di POM Prabumu-lih. “Untuk lebih jelasnya ta-nya saja langsung ke Ka-pengdam. Sebab kami tidakberwenang berbicara,” tegasWahab yang baru sekitar duaminggu menjabat ini. (ari)

KomplotanMaling Besi

Tewas Ditembak dari halaman 20

belakang RS Sobirin mo-bilnya kita cegat. Dia turundan berontak. Kami jelaskanbahwa kami polisi,” ujarnya.

Di saat bersitegang itulah,mengira petugas lengah,tersangka membuang bung-kus rokok dari dalam saku

OknumPengacara

Bawa Narkoba dari halaman 20

foto-foto bugil lainnya.Akibat kejadian tersebut, atassaran teman dan gurunya,akhirnya ia melapor kePolres Muaraenim. “Kita su-dah minta si penyebar untukmenghapus foto tersebut,namun ternyata malah iamenampilkan foto-foto bugillainnya,” ujar temannya satusekolahnya yang enggan di-sebutkan namanya.

Kapolres MuaraenimAKBP Drs Muhamad Arismelalui Kasatreskrim AKPJhon Latudara didampingi Ka-subaghumas Aiptu Yarmi,membenarkan adanya la-poran tersebut sesuai denganLP - B/122/II/2013/Res Mua-raenim. Saat ini pihaknya se-dang melakukan penyeli-dikan. Karena ini sifatnya jeja-ring sosial yang menggu-nakan Teknologi Internet (TI),mungkin akan dikenakanancaman cyber crime. (ari)

celananya. Namun petugasyang sudah memerhatikangerak geraknya tak terkecohdan berhasil mengambilbungkus rokok yang dibu-ang tersebut. “Dalam bung-kus rokok itulah kita temu-kan barang bukti diduganarkoba. Tersangka kemudi-an kita bawa ke Mapolres un-tuk menjalani pemeriksaan”katanya.

Sementara, kuasa hukumtersangka yang juga rekanseprofesinya, Taufan Rasyidmengatakan, pada prin-sipnya pihaknya tetap me-

Mesuji OKI macet. Melihatkemacetan itu, disebabkansebuah motor, lalu pengen-dara lainnya yang diketahuibernama Macan sempatmenegur pemilik motor un-tuk segera menyingkirkanmotor ke tepi jalan. Namun,pemilik motor tak meneri-ma teguran tersebut.

“Awalnya disebabkanoleh kendaraaan yang me-

WargaPematang

Nyaris Bentrok dari halaman 20

ngakibatkan macet. Adaorang asli warga PematangPanggang yang diketahuibernama Macan menegurpemilik motor yang menye-babkan macetd. Tetapi pe-milik motor tidak menerimasehinga si Macan memanasmengeluarkan senjata apidan ditembakan ke atas.Dari itulah terjadi keributan,sehingga menimbulkanbentrok antar keluarga se-sama warga,” kata seorangwarga di Pasar Gaja yangtak mau disebutkan nama-nya.

“Kami mendengar adabeberapa kali suara temba-kan, tapi kami tidak tahuapakah tembakan itu di-

arahkan ke masing-masingkelompok atau tembakanke udara, karena saat adasuara tembakan warga ba-nyak yang lari menyelamat-kan diri,” ujarnya.

Kapolres OKI AKBP AgusF didampingi Kabag OPSKompol Taswin membe-narkan adanya peristiwa se-dikit memanas. Namun lan-jutnya, hingga sore kemarinsituasi sudah kondusif danaman. “Benar ada, tapi se-karang kedua belah pihaksudah saling memaafkankarena hanya salah komu-nikasi,” katanya.

Namun itu, pihak kepoli-sian tetap menurunkan 70personel untuk mengantisi-

pasi jangan sampai terjadikeributan susulan. “Kita ki-rim 50 personel dari Polresdan 20 personel dari PolsekMesuji OKI,” tutur Taswinpada wartawan.

Memang warga disanamenurutnya mudah terpro-vokasi dan sangat rawan ter-jadi bentrokan, makanya se-belum terjadi pihaknya me-ngantisipasi. DitambahkanKasat Reskrim AKP H Su-rachman SH, untuk mencip-takan kedua belah pihakberdamai aparat Kepolisiandari Polsek Mesuji bersamakades dan tokoh masyara-kat, sudah meredam emosikedua belah pihak agar tidakmeneruskan keributan. (std)

2), korban yang masih dudukdi kelas 4 SD ini mengakusering dianiaya oleh temansekelasnya (DK), karenasering dimintai uang. Sehing-ga pelaku tidak segan-seganmemukul, menendang danmenusuk korban pakai pena.

Akibat penganiayaan itukorban sempat tiga hari dira-wat di Puskesmas setempat,bahkan sempat mendapatperawatan di RS RK CharitasBelitang. Kondisi korbansempat membaik dan diper-bolehkan pulang, tetapi

belakangan korban mulaimengeluh sakit dan tidaksadarkan diri, bernafas harusdibantu dengan tabung oksi-gen. Sehingga dirujuk oleh RSCharitas Belitang ke rumahsakit di Palembang.

Untuk bertahan hidup,anak tunggal pasangan AliTukimin dan Tri Sularni inidibantu dengan tabung ok-sigen dalam perjalanan ke-rumah sakit Palembang.Korban sempat kehabisanoksigen, sehingga sekitarpukul 05.30 mampir ke Ru-mah Sakit Umum Daerah(RSUD) Kayuagung untukmendapat tambahan.

Menurut keteranganorangtua korban, Ali Tuki-min, beberapa hari terakhirsebelum masuk rumah sakitdia mengeluh sakit, menga-ku sering dianiaya oleh te-

man satu bangkunya (DK).“Sudah dua bulan katanyasering dianiaya di sekolah,temannya itu katanya se-ring minta uang tapi tidakdikasih oleh anak saya. Saatitulah anak saya dipukuldan ditusuk dengan pena,”cerita orangtua korban.

Dijelaskan Ali, dari le-ngan, paha, kepala hinggaperut selain terdapat lebam,juga terdapat pintik-bintikbekas tutukan pena. “Kare-na kondisi anak saya sudahparah, saya belum sempatmelapor ke polisi, saya ma-sih fokus untuk merawatanak saya dulu, sebelumnyasudah 4 hari dirawat di beli-tang, 3 hari di Puskesmasdan satu hari di RS Charitasbelitang,” sebut Ali.

Ditambahkan Tri Sularni,ibu korban, selama ini anak-

nya sangat pintar di sekolah,sering mendapat juara I. “Inianak tunggal kami, saya tidaktahu apakah anak saya inimasih bisa bertahan hidup,karena sudah tidak sadarkandiri lagi, bahkan untuk ber-nafas harus dibantu dengantabung oksigen,” jelasnya.

Dokter di UGD RSUD Ka-yuagung, dr Hj Linda me-ngatakan, dari tubuh kor-ban terdapat luka lebam, dipaha, dada dan kepala bela-kang. Selain itu, di lenganperut dan muka banyakterdapat bintikan bekas tu-sukan pena, bisa jadi itu in-feksi, yang membuat kon-disi korban parah. “Di be-berapa bagian tubuhnya, dikepala bagian belakangbenjol, saat ini pasien sudahdi bawa ke RS Charitas Pa-lembang,” tandasnya. (std)

Bocah SekaratDianiaya

Teman SD dari halaman 20

yang diketuai Ade Koma-rudin menunda sidang atasterdakwa Ir Syamsir Djalib(62), masih dengan agendaketerangan Eddy Yusuf.

Sebelum sidang ditunda,sidang masih tetap dilang-sungkan. Adapun saksiyang dipanggil adalah limapengelola rumah makan di-saat dana itu dicairkan ter-dakwa yang menjabat se-bagai Sekretaris Daerah

OKU tahun 2008.Sebelum mendengarkan

keterangan saksi, Syamsir su-dah terlebih dahulu dijeratbeberapa pasal tipikor olehjaksa. Pasal-pasal tersebutadalah pasal 2 ayat 1, ayat 3,ayat 9 dan ayat 18 UU No 31tahun 1999 yang dirubah de-ngan UU No 20 tahun 2001tentang tindak pidana ko-rupsi. Selain itu, yang ber-sangkutan juga dikenakanpasal 9 jo pasal 18 UU No 31tahun 1999 yang diubah de-ngan UU No 20 tahun 2001.

Terungkap di persida-ngan, perbuatan terdakwadilakukan pada tahun 2008dengan menggunakan da-na untuk belanja sosial dariAPBD Kabupaten OKU se-

besar Rp 11,42 miliar danyang sudah dicairkan seba-nyak Rp 3 miliar lebih. Pa-da saat itu, terdakwa ditun-juk sebagai pejabat peng-guna anggaran. Dan yangbersangkutan mengeluar-kan surat perintah untukmembayar (SPM), dimanapengeluaran surat tersebuttidak diketahui oleh pimpi-nan terdakwa.

Sedangkan kerugian ne-gara yang ditimbulkan dariperbuatan terdakwa men-capai Rp 3,005 miliar yangdilakukan bersama Sugeng,SSos (berkas terpisah, red)yang menjabat sebagaipelaksana tugas (Plt) KabagP e r l e n g k a p a n - U m u mSekda OKU. (cw6)

Tiga KaliWagub Mangkir

Sidang dari halaman 20

ngedepankan azaz pradugatidak bersalah. Karena itu,sebelum ada pembuktiandan keputusan hukum yangtetap, maka belum bisadipastikan apakah seseorangitu bersalah atau tidak. “Kitaikuti saja proses hukumnya,kita lihat perkembangannyaseperti apa,” kata Taufan saatdibincangi Sripo di MapolresLubuklinggau, Kamis (14/2). (zie)

lamin hancur. Sementarayang satunya, Samsudin(46), sempat dirawat di Ru-ang Emergency RSMH Pa-lembang. Namun, ia me-nyusul rekannya meskisempat mendapat perawa-tan. Ia tewas dengan lukabentur di kepala, dan tanganserta kaki kanannya patah.

Menurut seorang saksimata bernama Dedi, kejadi-an bermula saat motor yang

ditumpangi kedua korbanmelaju kencang dari arahsimpang Fatal menuju arahJl Bambang Utoyo. Saat me-lintasi di tanjakan, motormengambil jalur tengah. Si-alnya, dari arah depan me-laju mobil mitsubsihi EPOwarna biru yang juga mela-ju tak kalah kencangnya.Akhirnya, kedua kendara-an beradu kambing. Keras-nya tabrakan membuatmotor yang ditumpangi ke-dua korban mendarat di ba-gian atap mobil.

“Korban yang tewas ka-kinya sempat terlindas mo-bil. Sementara yang satunyatidak terlindas namun ter-bang terpental cukup jauh,”kata Dedi. Kerasnya tabra-

kan dapat dilihat dari kon-disi kedua kendaraan. Mo-tor Honda Fit X yang diken-darai Iwan ringsek parah dibagian stang dan roda de-pan hanya tinggal setengah.Sedangkan mobil ringsek dibagian mesin, hingga bagi-an kap terbuka.

Sesat usai tabrakan, sopirsempat mencoba kabur de-ngan memacu gas mobil-nya. Namun, berhasil dihen-tikan oleh seorang pengo-jek. Ironisnya, pengojek ini-lah yang akhirnya mem-bantu pelarian si sopir, disaatsi sopir merasa tak yakin bi-sa kabur dengan mobilnya.Hingga sore kemarin belumdiketahui siapa nama sopirtruk tersebut. (cw6)

PengendaraMotor Terbang

Lalu Tewas dari halaman 20

oleh oknum tidak bertang-gung jawab melalui transaksielektronik, yang mana diak-ses melalui situs Youtobe.“Dengan sengaja video danfoto-foto istri Eddy, EvaAjeng, yang dulu model dise-barkan ke Youtobe dan dalamwaktu bersamaan ada demoyang digelar oleh ibu-ibudengan mengatasnamakangerakan perempuan diMapolda Sumsel,” katanya.

Menurut Nazori, ada ok-

Eddy Merasa Namanya Dicemar� Lapor ke Mapolda

SRIPO/mg2

UNJUK– Kuasa hukum Eddy Santana Putra saat melaporkan kasus pencemaran nama baik diMapolda Sumsel, menunjuk bukti-bukti terkait kasus ini, Kamis (14/2).

PALEMBANG, SRIPO –Kuasa hukum H Eddy San-tana Putra, Nazori Do’akAchmad mendatangi SPKTMapolda Sumsel, Kamis(14/2) pukul 11.00. Dia me-laporkan kasus pencemarannama baik terhadap kli-ennya tersebut, yang jugaWalikota Palembang.

Saat diwawancarai di SPKTMapolda Sumsel, Nazorimengatakan, perbuatan tidakmenyenangkan ini dilakukan

num tertentu menyebarkanselebaran foto-foto PakEddy Santana dan istrinyaEva. Ini sudah perbuatan sa-lah, sudah pencemaran na-ma baik. “Jadi kami tidak se-nang dan melaporkan ini kepolisi,” bebernya.

Selain itu, Eddy juga mela-porkan, saat demo yang di-gelar pada 7 Februari lalu, adaoknum yang sengaja me-ngumpulkan ibu-ibu, laludisuruh berdemo di Mapol-

da Sumsel. “Kami hari inimembawa barang buktinya,saat ibu-ibu demo kemarinsatu persatu orang diberikanselebaran, yang mana seleba-ran itu merusak nama pakEddy dan Eva. Selain itu ibu-ibu itu juga diberikan CD Evadan amplok yang berisi uang40 ribu. Nah ini sudah me-nyalahi aturan yang ada,” te-gasnya lagi.

Tak hanya itu saja, sam-bung Nazori, pihaknya jugamelaporkan oknum yang ti-dak bertanggung membikinfacebook dengan mengatas-kan nama Eva Ajeng. Bahkandi dalam facebook ini banyakfoto-foto Eva saat menjadimodel dewasa. Sementaraitu saat ditanya siapa yangdilaporkan, Nazori menja-wab, dirinya tidak mau me-nyebutkan. “Biar pak polisiyang langsung melakukanpenyelidikan terkait kasuspencemaran nama baik ini,yang jelas kami sudah mela-porkan kasus ini ke pihakberwajid,” katanya.

Kabid Humas Polda Sum-sel AKBP Djarod Padakovamengatakan, laporan sudahkami terima. “Terkait kasuspencemaran nama baik ini,kita akan lakukan penyeli-dikan dan soal bukti buktiyang ada nantinya kita akanlangsung pengembangan,”tegas Djarod. (mg2)

14 SRIWIJAYA POST

Jumat, 15 Februari 2013

Warga MasihBeli Air Bersih

� dari halaman 13

akan memasang, namunkarena belum ada pemasa-ngan, mereka terpaksa ha-nya terus menunggu.

Humas PDAM Tirta MusiPalembang, Rosiana mem-benarkan adanya pemasa-ngan bersubsidi tersebut. Iamenilai kemungkinan be-lum adanya pemasangan didaerah tersebut, dikarena-

kan belum ada jaringan. Iamengatakan pemasangandengan harga murah itu ti-dak hanya untuk di per-kampungan masyarakat,tetapi juga di komplek pe-rumahan. Namun untukkawasan komplek, hanyauntuk rumah tipe rumah 36.

“Program ini dilakukanNovember lalu sampai Fe-bruari. Hingga saat ini jum-lah pemasangnya 3.761,”ujar Rosiana. Dengan sub-sidi dari pemerintah kota,maka biaya pemasanganmenjadi relatif rendah, di-mana biaya normal Rp

1.100.000, dengan subsidimaka warga cukup mem-bayar Rp 750.000.

Karena animo pemasa-ngan jaringan cukup tinggi,membuat pihak PDAMmemperpanjangnya hing-ga 12 Maret 2013. Rosianamenerangkan, jumlah pe-masang tertinggi ada di ka-wasan Seberang Ulu II danSeberang Ulu I, sertaAlang-alang Lebar. “Jikamasih ada antusias yangtinggi dari masyarakat, ke-mungkinan ada penam-bahan waktu kembali,” ka-tanya. (cw7)

Kuto Besak (BKB), Kamis(14/2). Mengenakanpakaian serba putihlengkap dengan syal wolyang melingkar di leher,Rhoma sangatbersemangatmengungkapkan itu. Diaserius sambil menatapwajah para ibu yangtampak melototkepadanya.

“Mengapa, ibu-ibumarah. Mau jadi istrisolehahkan? pekik Rhomayang langsung disambutpekikan para ibu-ibu yanghadir dalam Tausyiahakbar yang digelarYayasan Bunda Evabersama Eddy Santana

Putra.Pria yang juga bersiap

maju dalam bursa calonPresiden RI ini meng-ungkap, poligami menu-rutnya syah dan sesuaisyariat yang diajarkanislam. “Asal poligamidilakukan dengan adil.Tak ada protes dari istritua atau yang terdahulu,”kata dia. Makna adil,menurut Rhoma, tidakmenyakiti yang lain. Tidakada yang terluka dantetap menyayangi satusama lain. “Ini prinsippoligami yang betul,”ucap Rhoma serius.

Dia sadar, image ma-syarakat yang menghan-tamnya dengan sebutanbanyak istri. NamunRhoma tidak peduli.Baginya justru denganmemperistri lebih darisatu wanita, bisa mening-katkan derajat para ibu.

“Kalau beristri dua, ber-arti ada dua wanita yangkita angkat drajatnya ketempat yang lebih tinggi,”ucap Rhoma.

Rhomamengungkapkan itusambil mendendangkanlagu-lagu yang pernahdipopulerkannya. Bahkandia mengajak langsungwarga untuk bernyanyibersama. “Sekian lama,aku menunggu. Untukkehadiran mu. Bukankahdulu, engkauberjanji,”urai Rhomatanpa musik. Tangan kiridia angkat ke atas, lalutangan kanannyamemegang mikropon.Penonton pun ikutberdendang. “Yang jelas,saya bangga berada diPalembang,” kata priayang dikenal dengankalimat “terlalu...”.

(Dewi Handayani)

Asal Istri takProtes� dari halaman 13

petugas terpaksa menga-mankan sebanyak tujuhorang.

Satu dari yang diaman-kan, kedapatan membawasajam pisau yakni atas na-ma Sapik (18). Sedangkanyang lainnya yakni dua or-

ang yang diduga sebagaipemalak dan empat orangtak memiliki identitas. Se-mentara giat di kawasan pa-sar Plaju, petugas menda-patkan tujuh jeriken minum-an keras (miras) jenis tuak.

Kapolresta PalembangKombes Pol SabaruddinGinting melalui Kasat Sa-bhara Kompol T Duka Di-reja mengatakan, giat ope-rasi Cipta Kondisi untukmengatasi adanya aksi pre-manisme yang meresahkan

masyarakat. Polresta Pa-lembang menyebar seba-nyak 200 personil untuk me-lakukan pengamanan seba-gai upaya penekanan terja-dinya krimilitas. Giat Ope-rasi Cipta Kondisi, dilaksa-nakan selama 20 hari dimu-lai 9 hingga 29 Februari.

“Selama 20 hari giat ope-rasi, ditargetkan adanyaperubahan yang signifikandi wilayah hukum PolrestaPalembang dan jajaran Pol-sek,” ujarnya. (mg19)

Para PenumpangBus Kota Kaget

� dari halaman 13

Ia berharap dengan adanyajasa menjemput ini, dapatmenjaring lebih banyak la-gi. Hal ini, sambungnya,untuk ikut menyukseskanJampersal (Jaminan Persa-linan) yang berjalan sejakAgustus 2012 lalu.

Agus menguraikan jum-lah wanita melahirkanyang menggunakan Jam-persal, periode Agustushingga Desember 2012, ter-dapat 91 orang. Hanya saja,prosedur yang berlaku diklinik itu tidak sama de-

Gratis LayananJemput

Melahirkan� dari halaman 13

yang mendapat penyik-saan itu. Kemungkinanfaktor penyebabnya itukarena ketidaktahuan sipekerja itu sendiri,”terang staf PT ChonocoPhilip saat berada di BalaiLatihan Kerja Industri(BLKI) Sumsel, Palem-bang, beberapa hari lalu,dalam rangka penyerahanCSR perusahaan milikperusahaan Amerikatersebut.

Lulusan Komunikasi

Universitas Kansas, Ame-rika Serikat ini mengata-kan, bekal yang dibu-tuhkan itu dapat diasahmelalui pusat keterampil-an. Berbagai tempat keah-lian dapat didatangi, baikitu gratis milik peme-rintah maupun harusmengeluarkan biaya.Semua itu, kata penyukamenu tekwan ini, dapatmeminimalisasi kejadianpenyiksaan TKW.

Penghobi fotografi inijuga melihat, penangananyang dilakukanpemerintah masihkurang, ikut memberikanandil terhadap kondisiketenagakerjaan Indone-sia. Hal itu, kata Dewi,dengan memperbanyaklapangan pekerjaan dalam

negeri, serta memberikanupah yang layak. Meskibegitu, ia menilaipemerintah sedangmencoba memperbaikisistem pengupahan itu,juga perluasanpenempatan kerja.

Gadis berpostur 165centimeter ini, melihatkondisi pencari kerja keluar negeri umumnyayang tidak memilikipendidikan lebih ataumungkin hanya dapatmembaca. “Boleh sajamau kerja ke luar negeri.Tetapi pemikiran saya,lebih baik mencaripenghasilan di negerisendiri, dengan terusmengasah kretifitas danketerampilan,” ucapnyatersenyum. (tiara)

BekaliKeterampilan

Diri� dari halaman 13

Bank Mandiri, sebagai salahsatu perusahaan BUMNbelum bisa melakukan alo-kasi untuk dana CSR, apa-kah nanti ada perubahanatau tidak. “Ini yang kamitidak tahu, kategorinya ju-ga bagaimana, penerapandan teknisnya di lapangan

juga belum jelas,” urai Surya.Apapun keputusan Ke-

menterian, lanjut dia, pihak-nya siap menjalankan. Ma-kanya, hingga saat ini bankMandiri, sebagai salah satuperusahaan BUMN belumbisa mengalokasikan dana,serta peruntukkannya se-perti apa pada tahun 2013.“Kita juga masih menung-gu. Saat ini baru sebatasevaluasi saja,” kata dia. Un-tuk program CSR, Suryamenyebut kebanyakanmasih menyelesaikan pro-gram-program tahun 2012,lalu yang belum diselesai-

kan. “Seperti kegiatan semi-nar wirausaha muda man-diri, ini adalah rentetanprogram wirausaha mudatahun lalu,” katanya.

Sepanjang 2012, BankMandiri telah menyalurkanprogram CSR senilai Rp 3,5miliar. Ini dilakukan untukmendanai program kema-hasiswaan untuk berenter-preneurship.

Sementara menyikapiitu, Kepala PerwakilanBank Indonesia WilayahVII, Sutikno mengatakanevaluasi terhadap satu stan-dar pengelolaan CSR wa-

jar-wajar saja. “Karena me-mang patokannya harus je-las dulu, siapa yang diban-tu. Apa tujuan dari mem-bantu itu. Yang terpentingjangan asal membantu, tapiperlu ke arah pengembang-an. Ini yang penting,” katadia. Di BI sendiri, lanjut dia,juga menerapkan fungsipengawasan untuk danaCSR sejumlah bank, baikitu bank BUMN, swastamaupun bank pemerintah.“Aturan pengawasan tetapkita berlakukan. Selama inisemuanya berjalan stan-dar,” kata dia. (Why)

CSR BUMNtak TepatSasaran

� dari halaman 13

ngan rumah sakit, yanglangsung menggunakankartu Jamkesmas. “Karenaini klinik, jadi ibu-ibu yangmau melahirkan harus me-lampirkan rekomendasidari lurah serta Puskesmasinduk,” terangnya. (cw7)

PALEMBANG, SRIPO ––Sejumlah pedagang di Pa-sar 16 Ilir Palembang me-nyambut baik, insruksi Wa-kil Walikota Palembang HRomi Herton, untuk men-stop pembangunan 33 kiosdi depan Pasar 16 Ilir. Per-mintaan penghentian itusaat Wakil Walikota meng-gelar inspeksi mendadak,dua hari lalu.

Menurutnya, pemba-ngunan kios ini belum adaIzin Mendirikan Bangunan

(IMB) dari dinas terkait, se-hingga untuk sementarawaktu pekerjaannya distopdulu. Dari pantauan Sripo,Kamis (14/2) pembangun-an tersebut sudah tidak di-kerjakan lagi, terlihat bebe-rapa tiang cor berdiri. Dari33 kios, ada yang sudah di-pasang dinding tembok ba-tu bata.

Sejumlah pedagang kepa-da Sripo mengatakan me-nyambut baik penghentianpembangunan kios terse-

but, karena kalau kios itudibangun maka Pasar 16 Ilirakan semakin semrawut,juga menutup poros masukke pasar terbesar di Sumselitu. “Belumlah selesai kiosdibangun, sudah semra-wut, apa lagi kalau sudahdibangun, maka Pasar 16Ilir akan semakin sumpek.Padahal Walikota telah ber-upaya agar Pasar 16 ini in-dah tertib dan rapi,” ujarAjang.

Hal yang sama juga di-

ungkap pedagang lainnya.Sejumlah pedagang di Pa-sar 16 Ilir meminta Waliko-ta tidak mengizinkan pem-bangunan kios tersebut.Menurut pedagang, bebe-rapa tahun lalu di lokasi itupernah dibangun kios, tapitidak diizinkan walikota.“Nah.. kok sekarang diba-ngun lagi,” celoteh seorangpedagang sambil meman-dang kios yang yang distoppembangunanya tersebut.

(fil)

PENYETOPAN PEMBANGUNAN KIOS PASAR 16

Para Pedagang Sambut Baik

SRIPO/ZAINAL PILIANG

PASAR 16 Ilir terlihat semrawut dan depan tiang bangunan kios yang distop pembangunanya.

Page 15: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013

SRIWIJAYA POSTJumat, 15 Februari 201315

PEMILIHAN Wali-kota Palembang akandigelar beberapa harilai. Warga pun tengahmenimbang siapaorang yang tepat untukmemimpin kota yangdengan ikon JembatanAmpera ini, takterkecuali AnggiHadriyanti.

Perempuan berkulitkuning langsat kela-hiran Palembangtanggal 30 Agustus1992 ini, mengungkap-kan bila Pemilukadatahun 2013 adalah kalipertama baginya. Deg-degan diakuinya sudahmulai terasa jelangpencoblosan.

“Pastinya tak mau jadigolongan putih, karenasuara saya adalahbentuk partisipasimembangun KotaPalembang. Jadipastinya sayamenggunakansuara sebaikmungkinuntuk limatahunselanjutnya,”kata bungsudari tigabersaudarapasanganHerman-

PALEMBANG, SRIPO –DPD PDI Perjuangan Sum-sel menggelar fit and pro-per test terhadap empat ca-lon kepala daerah dan wa-kilnya yang akan diusungdari partai berlambangbanteng moncong putih ini,pada Pilkada 6 Juni men-datang.

Fit and proper test ber-langsung selama dua hari,kRabu hingga Kamis, 13-14Februari di Hotel RoyalAsia Palembang. Diikutibaik dari internal maupuneksternal partai, yang seba-gian dari partai Golkar, se-perti Syaifudin Aswari danBudi Antoni.

Menurut Wakil KetuaPDI Perjuangan Sumsel,Fahlevi Maizano didampi-ngi Wakil Sekretaris DPDPDI Perjuangan Sumsel,Usman Effendi mengata-kan, fit and proper test inidilakukan selama dua haridengan pembagian wila-yah di hari pertama ma-sing-masing untuk kabu-paten Lahat dan Banyuasin.

Di hari kedua Kamis (14/2) giliran Kabupaten EmpatLawang dan Ogan Kome-ring Ilir (OKI). Fit and pro-per tes ini merupakan pen-jaringan yang dilakukanpartai untuk mengetahuikomitmen dari para calon.Baik komitmen terhadappartai maupun terhadapmasyarakat. Hasil penjari-ngan ini selanjutnya akandikirim ke DPP dan pusatyang menentukan siapayang akan diusung partai.

Ditambahkan Boy, sapa-an akrab Fahlevi, fit andproper test ini merupakanbentuk keseriusan dari PDIPerjuangan untuk me-ngetahui calon yang di-usung.

Baik mengetahui di bi-dang financial dari mana sa-ja, dari pribadi atau kori-dor keuangan dari pihaklain, sebab pendanaan danlogistik menentukan dalammelakukan pendekatandengan masyarakat. Inimerupakan salah satu ben-tuk kesiapan dari para ca-lon. Soal koalisi katanya,

PDI-P Saring Cabup

Pro RakyatBerjiwa Muda

PDI Perjuangan merupa-kan partai yang fluralis dansangat welcome untuk be-kerjasama dengan partailainnya.

Kalau masalah sosok, iamengungkapkan, PDI Per-juangan mengutamakansosok yang membangundengan konsep pro rakyatdan berjiwa muda. “PDIperjuangan tidak memba-tasi hanya internal saja yangboleh mengikuti penja-ringan, tapi semua masya-rakat mempunyai hakyang sama untuk bisa di-usung PDIP,” terangnya.

Di hari pertama tersebut,Rabu (13/2) beberapa calonyang mengikuti fit and pro-per test di antaranya Asko-lani, Parigan, Hendri Zai-

nuddin dan Sukardi SP ma-sing-masing calon BupatiBanyuasin. Lalu AbdulGhofar Pasolong, RadenIkhsan Zahir, Hermaini Fir-man dan M Hadi Solekansebagai calon wakil bupatiBanyuasin.

Sementara dari Kabupa-ten Lahat masing masingSyaifudin Aswari Riva’iyang merupakan kaderGolkar dan Bupati Lahat,Bursah Zarnubi sebagai ca-lon bupati Lahat. Untuk po-sisi wakil bupati Lahat ma-sing-masing, Sumiati Ka-mal, Kerliansyah, DediCandera dan Ujang Fahri-zal Saira.

Di hari ke dua Kamis,(14/2), giliran KabupatenEmpat Lawang dan OKI,

Ogah Golputsyah-Nyimas Yennikepada Sripo, Kamis (14/2).

Tapi Anggi, sapaanakrab, tak mau salahpilih. Diam-diam maha-siswi Jurusan BahasaInggris PariwisataPoliteknik NegeriSriwijaya ini mengikutiperkembangan kabarkandidat yang mucul dimedia, terutama yangberkaitan denganprogram kerja bilaterpilih nanti.

Tercatat sebagai gurudi salah satu tamankanak-kanak di Palem-bang yang hobi bernya-nyi, tata rias dan novelFairies, Anggi mengan-tongi beberapa kriteria

calon pemimpinPalembang yang iaanggap dapatmenyelesaikan masalahperkotaan secaraperlahan, seperti banjir,macet, polusi,penanganan sampah,dan keluhan jalanrusak.

“Pemimpin yangbaik dan benar adalahdengan memberikansebuah bukti. Tak perlubanyak-banyak janji,meski hanya satu ataudua hal, tapi bila ituterbukti maka bisamudah dipercaya,” ujarperempuan penyukawarna putih dan merahdi Komunitas RebellionKanco.

Ia mengakui takmudah bagi seorangpemimpin kota besarsemacam Palembangmenyelesaikan tiappermasalahanperkotaan. Salahsatunya banjir yangdiakui Anggi cukupmenyebalkan dirinyasekeluarga. “Banjirjuga disebabkan karenamasyarakat yangbuang sampahsembarangan, pluskolam-kolam retensiyang banyak dangkal.Soal lingkungan adalahmasalah bersama,maka pemimpin harusbisa mengajak

masyarakatnyasadar dan

bergerakmencegahtimbulnya banjirlagi,” paparnya.

Lantas,pemilik tinggi

badan 160sentimeter dan

berat 49 kilogramini berharap

pemimpinnyapilihannya tepat.Sebagai pemilihpemula, iamengungkapkanakan merasasenang bilapemimpinnyatersebut dapatberlaku adil kepadarakyatnya.“Memang sulit tapipemimpin harusberlaku adil.Karena dipanggilpemimpin maka iawajib memberikanhal yang samasesuai porsi yangsama pula kepadasiapa pun, tanpamemandanggolongan ataukelompok,”tukasnya. (Mg5)

PALEMBANG, SRIPO – Kelurag besarmasyarakat asal Musi Banyasin (Ikatan Ke-luarga Besar Musi Banyuasin-IKA Muba) is-tiqomah mendukung niat baik H Romi Hertondan Harnojoyo maju dalam pemilihan Wali-kota Palembang periode 2013-2018 pada7 April mendatang.

Ketua IKA MUBA Sumsel, Sunardi Ach-mad mengatakan, pihaknya sepakat untukmemberikan sumbangsih kepada duet RH,karena adanya hubungan semosional selamaini. “Secara aklamasi dan bulat IKA Mubamendukung pasangan ini, karena kami menilaipak Romi sudah sangat dekat dengan ma-syarakat Muba.

Kami istiqomah,” jelasnya usai silaturahmipengurus IKA-Muba bersama Romi Hertondi Sekretariat IKA-Muba, Jl Demang Lebar

PALEMBANG, SRIPO –Hingga hari terakhir kemarinpengambilan fomulir pendaf-taran calon Gubernur (Ca-gub) dan calon Wakil Guber-nur (Cawagub) Sumsel dariPDI Perjuangan, terdapat 3Cagub dan 5 Cawagubyang telah mengambil fomulirdi sekretariat DPD PDI-P, Ja-lan Basuki Rahmat, Palem-bang.

Ketiga cagub tersebut yaituKetua DPD PDI-P Sumselyang juga Walikota Palem-bang, Eddy Santana Putra.Kemudian Bupati Musirawas(Mura) yang juga fungsionarisDPP Golkar Drs RidwanMukti (RM), serta BupatiOgan Komering Ulu Timur (OKUT) yang jugaketua ormas NasDem Sumsel, Herman De-ru.

Sedangkan untuk wakilnya, ikut meramaikanbursa Cawagub Sumsel dari PDI Per-juangan, terdapat lima nama di antaranya, Wi-wit Tatung, Ridwan Efendy, Drs H Saha-ruddin, Elizabeth, dan Mapilinda Syarial Oes-man. Pada hari terakhir pendaftaran, Kamis(14/2), hanya satu Cawagub, yaitu istri man-tan Gubernur Sumsel H Syahrial Oesman,Mapilinda. Namun yang mengambil fomulir

Maphilinda Ramaikan Cawagub PDI-P

Sunardi: IKA Muba IstiqomahDaun, Rabu (13/2) sore.

Ditambahkan Sunardi, sebagai Ketua IKAMUBA, dirinya menghimbau kepada masya-rakat asal asal Muba yang berdomisili danmemiliki hak pilih di Palembang, agar meng-gunakan hati nurani, mana yang terbaik danyang kurang baik. “Pada umumnya wargaMuba sudah pintar dalam memilih kepaladaerah, karena situasi sekarang ini berbeda,sebab masyarakat tahu mana calon pemim-pin yang sudah berbuat,” ungkapnya.

Sementara itu, Romi Herton mengatakansaat ini dirinya bukan mempersoalkan masa-lah dukungan saja. Namun betapa penting-nya untuk menjaga Palembang ini. “Maka de-ngan momen pertemuan ini saya inginkanIka Muba ini bisa bersama saya membangunkota Palembang,” terangnya. (ts)

pendaftaran diwakilkan kuasa-nya.

Partai berlambang bantengmoncong putih itu sendiri telahmenjadwalkan pengembalianfomulir calon Gubernur hinggatanggal 15, mulai pukul 10.00s/d 22.00 di Sekretariat DPDPDI Perjuangan Sumsel. Se-mentara Ketua Panita Pen-daftaran, Fahlevi Maizano,didampingi Wakil SekretarisDPD PDI Perjuangan Sum-sel, Usman Effendi menga-takan, minat orang melaluiPDI-P cukup banyak. Selan-jutnya, nama-nama tersebutakan mengikuti tes adminis-trasi dan kelengkapan. Bagicalon yang memenuhi per-

syaratan akan menjalankan test fit and propertest, sebelum diusulkan ke DPP untukdilakukan fit and proper test ulang. Kemudiandipilih dan diputuskan sebagai calon gubernurdan wakil gubernur Sumsel dari PDIPerjuangan.

“Sebelum pembukaan pendaftaran olehKPU, pasangan calon tersebut sudah bisadiumumkan. Akan tetapi kita belum bisa me-mastikan sepaket atau tidak nantinya, tetapibiasanya satu paket dan semua keputusanfinalnya ada di pusat,” pungkasnya. (ts)

masing-masing Budi An-toni Aljufri sebagai calonBupati Empat Lawang yangjuga kader Golkar dan bu-pati Empat Lawang, kemu-dian Syahril calon wakil Bu-pati. Sementara dari Kabu-paten OKI, ada Yusuf Mekkiyang akan mengkuti fit andproper test.

Calon Bupati Lahat yangmerupakan calon incum-ben Syaifudin Aswari Riva’imengikuti fit and propertest oleh Dewan PimpinanDaerah Partai DemokrasiIndonesia Perjuangan(DPD PDIP) Sumsel, untukmendapatkan dukungan.Hal itu disampaikan Aswa-ri, disela-sela melakukantest Fit and proper test, Ra-bu (13/2). (ts)

SRIPO/ZAINI

Mapilinda Syarial Oesman

An

gg

i H

adri

yan

ti

SRIPO/MG5

Page 16: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013

16 SRIWIJAYA POSTJumat, 15 Februari 2013

sripo/hafiz

SUWARNO mengalirkan genangan air agar tidak merusak tanamancabai lain yang telah ditanam pasca hujan, Rabu (13/2).

Lahan Cabai Rawan BanjirPALEMBANG, SRIPO – Makin tingginya curah hujan akhir-akhir inicukup membuat petani cabai di kawasan Sako Baru ketar-ketir.Pasalnya, ratusan meter lahan yang disiapkan kini terbengkalailataran digenangi air hujan.Suwarno, salah satu petani di kawasan Sako Baru, Kamis (14/2)mengaku lahan tanaman cabai yang disiapkan seluas 500 meterpersegi. Dari luas tersebut, 50 persen lahannya masih terendamair hujan sehingga tidak bisa digunakan. Makanyak, setiap pascahujan, Suwarno terpaksa mengalirkan genangan air agar tidakmerusak tanaman cabai lain yang telah ditanam.“Untuk saat ini saya hanya memperoleh setengah kwintal cabaisetiap panen karena lahannya terbatas. Padahal harga cabai dipasaran sedang bagus sekitar Rp 15 ribu per kilogram,” ungkapnya.Menurutnya, dua bulan ke depan barulah seluruh lahan baru dapatdigunakan untuk menanam cabai karena curah hujan semakinmenurunnya curah hujan. (fiz)

PALEMBANG, SRIPO –Warga Palembang kinitidak sulit lagi membayarpajak kendaraan bermotoratau roda dua, cukup dimobil layanan Samsat ke-liling, semua beres dan ce-pat selesai. Kendati barusatu unit, mobil ini mela-yani warga di empat lokasiberbeda.

Kepala Layanan SamsatKeliling Iptu Redy kepadasripo, Kamis (13/2) menga-takan, armada layananSamsat Keliling salah satudari kebijakan pimpinanuntuk memberikan kemu-dahan kepada wajib pajakyang akan membayar pa-jak tahunan Tanda NomorKenderaan bermotor (TN-KB), khususnya roda dua.

“Kami berusaha mende-katkan diri ke masyarakatkarena mungkin saja adayang tidak bisa ke KantorSamsat, jadi kami siapkandi mobil layanan keliling,”katanya.

Selain mengutamankanpelayanan, proses pemba-yaran pajak di Samsatkeliling ini pun praktisdan cepat hingga mem-bantu wajib pajak yangmemiliki rutinitas yangpadat. rute mobil samsatkel i l ing ini di mas j id

Layani Empat Titik Pembayaran PajakAgung, taman kolam re-tensi simpang Polda, As-rama haji, dan simpang JlCelentang, Kalidono. Un-tuk sementara satu ming-gu ini bertahan di kolamretensi . “Ganset mobilsedang rusak jadi semen-tara mobil keliling berlo-kasi di taman simpang Pol-da karena menggunakanlistrik,” jelas Redy, serayamenambahkan pelayan-nya disiapkan setiap Seninhingga Sabtu dari pukul8.30 sampai pukul 13.30.Namun di hari Sabtu pala-yanan Samsat keliling ha-nya sampai pukul 12.00.

Lani (45), salah satu war-ga Kertapati kepada sripomenuturkan mampir satuminggu ini dirinya inginmembayar pajak motor dikawasan Hotel Novotel,mobil samsat ini tidak adadi tempatnya. “Aku sudahTiga kali cari mobil samsatini, tetapi mobilnya selalutidak ada,” ungkapnya.

Mengetahui pindah lo-kasi mangkal, Leni punbergerak ke Taman RetensiPolda dan ia merasa ter-bantu karena kesibukan-nya sehari hari sehinggaterkadang tidak memilikiwaktu ketika akan mem-bayar pajak kendaraannya

Penerbangan SMB II Bertambah Masih 32 FlightPALEMBANG, SRIPO – Bandara International SMB II Palembangbakal tambah ramai dengan adanya rencana bertambahnya jadwalterbang (flight) dari berbagai maskapai yang beroperasi.Penambahan itu berasal dari Garuda, Citilink dan Air Asia.“Garuda Indonesia tambah flight Palembang-Medan. Begitu jugaCitilink flight rutenya Palembang-Medan. Bahkan Air Asia bakalada ke Padang dan Surabaya. Belum lagi Indonesia Air sehinggasemakin ramai jumlah penerbangan di SMB II ini,” ungkap Opera-tion Services Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Palembang,Agus Maulana Suparman, Kamis (14/2).Menurut Agus, penambahan flight dari berbagai maskapai inisemuanya sudah mengantongi izin slot time. “Sudah kita siapkanslot timenya. Barangkali ada yang belum beroperasi itu karenamenunggu kesiapan pesawatnya secara operasional dari airline.Pada prinsipnya Angkasa Pura sudah oke,” jelas mantan KadivOperasi PTAP2 Pangkalpinang.Dikatakan, PTAP2 Palembang masih terus menawarkan kepadapara airline untuk menambah flightnya sehubungan dengan op-eration hour Bandara International SMB II hingga pukul 00.00.“Saat ini ada 32 flight beroperasi setiap harinya di SMB II. Kitamenawarkan ke airline untuk menambah flight dan masihmemungkinkan jalur-jalur baru,” ujarnya.Audrey P, Communications Manager Air Asia Indonesia yangdikonfirmasi masih belum memastikan penambahan rutepenerbangan dari Palembang.“Kita belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut. Nanti kitakabari,” kata Audrey.Di Palembang sendiri santer kabar Air Asia akan membuka rutePalembang-Medan yang kemungkinan mulai 15 Februari. (fiz)

Hanya Berbekal Rp 1.500DENGAN motor

Yamaha Excellentbutut produksi

tahun 1983, SukoAndhinata mengelilingiIndonesia. Bermacam

stiker terpasang rapat dibadan motornya yangberwarna hitam. Sebuahbox berukuran kecil dibagian depannya dan dualampion menggantung di

belakang bersebelahandengan dua bendera hitam.

Pria berusia 56 tahun initerobsesi inginmemecahkan rekor tidakhanya di Indonesia, tetapijuga dunia. Sejak enambulan lalu, warga asal Pati,Jawa Tengah bertekadmemenuhi impianberpetualang kelilingIndonesia. Keluarga yangdicintainya ia tinggalkan.Hebatnya lagi, ia hanyabermodal Rp 1500 untukberkeliling nusantara. Meskibegitu, ia tidak berkecil hatidan tetap melanjutkantekadnya menjelajahiIndonesia.

“Uang sebesar itu sayapakai beli minyak, tapi itumasih dapat tambahan dariteman selama diperjalanan,”ujarnya ketika mengunjungikantor Sripo, Kamis (14/2).

Ayah dari 6 orang anak inisejak pergi tak membawaperbekalan seperti pakaianmaupun makanan. Duabuah tas yang ada dimotornya, bukanlahpersiapan yang ia bawa,melainkan pemberian daridealer motor. Tas itu,

diisinya dengan beberapahelai pakaian pemberiandari perusahaan, sertasouvenir dari berbagaipihak pemerintah maupunswasta.

Pria lulusan SMASemarang ini mencintaipetualangan sejak remaja,sekitar tahun 1970an.Perjalanan pertamanya,dimulai dengan mengelilingipulau Jawa. Tak puasdengan itu, ia kembalimenyusuri Madura-Bali. Darisanalah, ia bertekad untukmewujudkan mimpi untukdapat berkeliling Indonesia.

“Target saya bulan Junisudah mengibarkanbendera di Merauke,”katanya.

Pria yang pernah menjaditour guide selama 15 tahunini, telah memegang prinsip4-I saat memulailangkahnya, 4-I yang iamaksud berarti pergi siapmatI, hilang tak dicarI, gagalberarti matI, berhasil takdipujI. Dengan falsafahitulah, ia bertekad akanmenaklukkan Indonesia jugaAsia. Ia mengatakan tidakada tujuan yang begitu

besar, ia hanya inginmelihat keindahan alamserta mencari kedamaiandisetiap daerah yangdidatangi.

Suami dari SriKusumawati iniberencana akanmeneruskanperjalanannya, jika telahberhasil mengibarkansang saka merah putih diujung Timur Indonesia.Negara tujuan yang ingindikunjunginya, negerimatahari terbit Jepang.Alasannya, karenaJepang merupakannegara pembuat motoryang dikendarainya,Yamaha.

Dengan senyumoptimis ia mengatakaningin melebihi rekor dariseluruh peserta touringyang pernah diciptakan.“Kalau ada yangmencetak tiga tahun,saya akan buat 4 tahundan seterusnya. Namunsemuanya tergantungyang di atas apakahumur saya akanpanjang,” terang Sukomantap. (tiara)

ke Kantor Samsat.“Saya baru tahu dari te-

man kalau Mobil Samsatkeliling ini ada Taman Re-tensi Simpang Polda, yangsaya tahu sebelumnya ber-lokasi di depan PTC,” kata-nya.

Sementara warga lain-nya, seperti Andres (32),warga Jalan Demang Le-bardaun menambahkan,biasanya ia membayarpajak di Kamis. Namunemenjak mengetahui dilokasi ini ada samsat keli-

ling ia pun mendatanginyadan ikut membayar pajakkendaraanya. “Lokasinyastrategis, kebenaran dekatdengan rumah. Jadi tidakperlu jauh-jauh lagi mem-bayar pajak kendaraansepeda motor,” katanya.

(mg2)

Sripo/Zaini

Suko Andhinata

Foto: IST

Page 17: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013

LurahInventarisasiLahan WargaPALEMBANG, SRIPO —Kelurahan Silaberanti,Kecamatan Seberang Ulu(SU) II melakukan inven-tarisasi lahan yang dimili-ki warga. Hal itu dilaku-kan untuk mencegahsengketa lahan baik antarwarga maupun warga de-ngan badan usaha terten-tu.

Lurah Silaberanti NaroAswari, Kamis (14/2)mengatakan, inventari-sir kepemilikan lahanwarga dianggap langkahpenting dalam upayapendataan. “Inventarisirlahan warga penting di-lakukan karena bisa me-ngetahui status kepemi-likan lahan dan mence-gah terjadinya konflikpertanahan,” katanya.

Dikatakan Naro, hing-ga akhir tahun 2012, sudahada puluhan lahan yangbersengketa. Adapunsengketa yang terjadi bisaantar sesama masyakarat,bisa juga antar masyarkatdengan pihak PemprovSumsel. Untuk sengketaantar masyarakat, setidak-nya sudah ada tiga kasusyang masuk dalam catat-an kelurahan. (cw6)

17SRIWIJAYA POSTJumat, 15 Februari 2013

Srimaya Diterima Wakil Ketua DPRD

Motor Bonceng TigaDibolehkan

● Alasan demi KemanusiaanPALEMBANG, SRIPO --Bagisebagian masyarakat, sepe-da motor merupakan jenisangkutan yang efisien. Selaincepat, juga bebas macet ka-rena bisa melintas di jalanyang sempit. Satuan Lantas(lalu Lintas) Polresta Palem-bang membolehkan sepedamotor untuk berboncengtiga orang. Lebih dari itu, di-larang.

Kasatlantas Polresta Pa-lembang Kompol I GustiMaychandra Lesmana, Ka-mis (14/2) mengatakan, fak-ta di lapangan cukup banyakmasyarakat sengaja berbon-cengan tiga orang. Tetapiumumnya, ini dilakukansaat orang tua mengantaranaknya sekolah.

“Secara hukum, hal itumelanggar aturan dan diti-lang. Mengingat sebagai o-rang tua yang ingin anaknyaaman, dan mereka meng-antar langsung, makadimemaklumi,” katanya.

Kendati tidak ditilang se-bagai suatu pelanggaran,Maychandra mengakujajarannta akan tetap mem-berikan peringatan persua-sif, sekaligus mengimbauagar orang tua juga me-lengkapi anaknya de-ngan helm pengaman. Halitu untuk menghindari ke-jadian yang tidak diingin-kan ketika di jalan.

Saat ini, Satlantas terusmelakukan sosialisasi kepa-da pengendara motor dan

masih memberikan tegur-an bagi yang melanggar,namun setelah sosialisasi,petugas di lapangan tidaksegan menindak setiap

bentuk baik dalam berlalulintas maupun pelanggarandalam bentuk ketidakleng-kapan sepeda motor, seper-ti helm dan Surat Tanda

Nomor Kendaraan (STNK)dan Surat Izin Mengemudi(SIM).

“Saat ini kita memintamereka untuk safety ri-

ding. Nanti akan diberla-kukan tindakan, terlebih iniuntuk pengendara yang le-bih dari tiga orang dengananaknya,” jelasnya. (cw7)

SRIPO/WELLY HADINATA

PERTEMUAN —Srimaya (berkerudung merah) yang didamping kerabtany sesuai pertemuantertutup dengan anggota dewan di ruang rapat Komisi I DPRD Kota Palembang, Kamis (14/2).

PALEMBANG, SRIPO ---Srimaya Haryanti, istri per-tama Eddy Santana Putra,kembali mendatangi Kan-tor DPRD Kota Palembangdi Jl Gub H Bastari Palem-bang, Kamis (14/2). Kali inikedatangan Srimaya untukkeduanya kalinya dalamdua hari berturut-turut, di-terima langsung Wakil Ke-tua DPRD Kota PalembangH Suhaely Ibrahim.

Srimaya yang tampakmengenakan kerudungmerah, didampingi kerabat

keluarga dan kuasa hu-kumnya. Dalam pertemu-annya dengan anggota de-wan, pertemuan berlang-sung tertutup di ruang Ko-misi I dan berlangsunghampir dua jam. Seusai me-lakukan pertemuan, Srima-ya masih tampak kecewa.Dalam pertemuan tertu-tup, Srimaya mengakuibercerita dengan mencu-rahkan hatinya kepadaanggota dewan perihal ru-mah tangganya.

“Saya merasa saat ini saya

masih sah sebagai istri bapak(Eddy Santana Putra). Kare-na proses perceraian kami,masih dalam proses dan kinikasasi di Mahkamah Agungyang belum ada keputusan,”ujar Srimaya.

Srimaya menuturkan,curhatan yang disampai-kannya kepada anggotadewan, yakni perihal me-ngenai kondisi psikis diri-nya dan kedua anaknyayang sangat terganggu.“Baleho dan spanduk ba-pak bersama wanita lain

yang tampil di jalanan,membuat kami sekeluargaterganggu. Karena prosescerai kami belum putus.Kalau baleho bapak sendi-rian, saya tidak memper-masalahkannya,” ujarSrimaya yang juga menge-nakan baju dan celana ber-warna merah dibalut de-ngan blazer bermotif batik.

Meskipun sudah berte-mu dengan perwakilanDPRD Kota Palembang,Srimaya masih merasakecewa. Lantaran suratyang diajukannya perihalrumah tangganya, belumditanggapi. “Sudah tiga ta-hun surat saya ajukan, ma-sih juga belum ada ta-ngap,” ungkap Srimaya.

Sementara itu Wakil Ke-tua DPRD Kota PalembangH Suhaely Ibrahim menga-takan, Srimaya menangbercerita kondisi dirinyayang merasa tergangguatas baleho dan spanduk(Eddy Santana Putra bersa-ma Eva Ajeng) yang seringtampil di depan umum.“Mengenai baleho yang di-maksud, memang seharus-nya tidak boleh. Kedepan-nya nanti akan ditindaklan-juti, tapi tidak sampaimembentuk Pansus kare-na jabatan walikota akanhabis,” ujarnya. (mg19)

Permintaan Paspor225 BukuJAKABARING --Permohonan pembuatan paspor barudan perpanjangan terus meningkat sejak awalFebruari 2013, jika dibandingkan dengan Januari.Peningkatan permohonan pembuatan paspor tersebutkarena pada Februari banyak warga akan melakukanperjalanan ibadah umroh ke tanah suci Mekkah.

Kepala Seksi Informasi dan Sarana KomunikasiKeimigrasian (Fosarkim) Kantor Imigrasi Kelas Isetempat Toto Suyanto di Palembang, Kamis (14/2)mengatakan, selain dipengaruhi banyaknya masyara-kat muslim yang akan beribadah umroh, peningkatanpermohonan paspor sekarang ini juga disebabkanadanya puluhan berkas yang masuk sebelumnya,namun belum bisa diproses karena adanya gangguanteknis pada sistem data yang terkoneksi dengankantor pusat di Jakarta.

Menurutnya, masyarakat yang mengajukanpermohonan permbuatan paspor berdasarkan datayang tercatat di loket pelayanan penerimaan berkasbeberapa hari terakhir berkisar 200 hingga 225 orangper hari, padahal bulan sebelumnya rata-rata 150orang per hari.

“Jumlah permohonan pembuatan paspor baru danperpanjangan, berdasarkan pengalaman tahun-tahunsebelumnya akan terus meningkat hingga satu bulanke depan,” katanya.

Dijelaskannya, untuk memberikan pelayananterbaik kepada masyarakat yang akan mengurusdokumen keimigrasiannya itu, pihaknya menerapkankebijakan penentuan nomor antrean khusus bagipemohon perorangan dan rombongan atau diurusmelalui biro jasa.

Bagi pemohon perorangan ditetapkan nomorantrean dari angka 1-75 sedangkan bagi pemohonyang mengajukan berkas secara rombongan ataudiurus oleh petugas biro jasa diberikan nomorantrean 75 ke atas.

Selain menerapkan kebijakan nomor antreankhusus, pihaknya juga berupaya mengoptimalkanpetugas loket pelayanan yang mulai bekerja pukul08.00-14.00 WIB, sehingga setiap berkas permohonanbisa diselesaikan dengan cepat atau sesuai denganstandar ISO yang ditetapkan maksimal empat harikerja, kata pejabat Kantor Imigrasi Palembang itu(ant)

Lena Bergelut dengan UlarPALEMBANG — Dalam Rangka Imlek dan HariValentine Day, Management PSX Mall berkerjasamadengan Kirana Entertaiment Palembang sejak 9-16Februari 2013, mendatang menggelar berbagai acara,lomba Fashion Show Busana Oriental, Barongsay,Copslai Competion dan menampilan akraksi,baronsai, opera mandarin, Oriental Percusi By Rejungpesirah da Snake Dancer Tari Ular di Atrium PSX MallJalan Angkatan 45 Palembang.

Rabu (13/2) lalu menampikan Puwacaraka Perfor-mance dan Snake Dancer Tari Ular, berlangsungmeriah disaksikan ratusan pengunjung. Snake DancerTari Ular yang dibawakan tiga penari cewek Lela, Ria,Ayu dan penari cowok. Lela sipenari ular denganiringan musik meliuk-liukan tubuhnya bersama ulardan berhasil memukau penonton.

Rizky Maylan Sar S.PSi, pimpinan KitanaEntertaiment mengatakan acara tersebut bertujuanuntuk memanjakan pengunjung PSX Mall danmemeriahkan hari imlek plus hari Valentine Day.Sedangkan acara lomba Fashion Show BusanaOriental anak anak dan remaja diadakan Sabtu (16/02) mendatang.

Bagi yang ingin ikut lomba, ungkap Kiki bisamendaftar. Kategori lomba Anak-Anak Usia 4-13tahun dan Remaja usia 14-26 tahun. Pada acarapuncaknya ditampilkan atraksi opera mandarin danromantic perkusi from Jakarta. (fil)

SRIPO/ZAINAL

PENARI —Lela (kanan) menari dengan ularnya saat tampil dipanggung di PSX Mall Palembang.

SRIWIJAYA POST/ZAINI

BONCENG BERTIGA — Pengendara sepeda motor berbonceng tiga melintas didepan stadion gelora jakabaring , (foto diambiltanggal 6/2/2013).

Page 18: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013

Smart StudentSRIWIJAYA POSTJumat, 15 Februari 201318

Pelaksanaan UN 2013* SMA/SMK/MA : Tanggal 15 April-18 April 2013.Ujian susulan tanggal 22 April-25 April.* SMP/MTs: Tanggal 22 April-25 April. Ujian susulantanggal 29 April-2 Mei.* SD/MI: Tanggal 6 Mei-8 Mei. Ujian susulan tanggal13 Mei-15 Mei.* Mata Pelajaran S MA/SMK/MA; SMP/MTsBahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IlmuPengetahuan Alam (IPA).*Mata Pelajaran SD/MI:Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.

PALEMBANG, SRIPO – Global English LanguangeCentre Palembang menggelar perayaan memperingatiValentine’s Day, Kamis (14/2). Kegiatan unik pun digelarmulai dari Catwalk Couple, State of Love, MaddingCompetition, Catching Eels, Ballon Dance, Band Com-petition dan Global Idol yang menyedot siswa hinggasekitar 200 orang.

Pemilik Global English Languange Centre Palem-bang Kurniawansyah melalui Operational Manager Tau-fik menyampaikan, kegiatan kemarin juga bertepatandengan hari lahir Global English Languange Centrecabang Demang Lebar Daun keenam.

“14 februari 2007 lalu, Global diresmikan GubernurSumsel saat itu dijabat Syahrial Oesman, kebetulanbertepatan valentine day jadi kita gabungkan sebagaiwujud kreatifitas siswa dalam berbahasa inggris,” ung-kapnya (14/2). Perayaan dirampungkan dalam balutanedukasi dan menyenangkan sehingga dapat menarikpartisipasi aktif untuk berkompetisi dengan fun danhappy. Konsep acara dibuat dengan suasana santaisesuai dengan konsep pendidikan dan pengajaran di

PALEMBANG,SRIPO –Kepala Sekolah SekolahLuar Biasa (SLB) Sema-rang, Ciptono mengharap-kan para lulusan SMA/SMKagar tidak bercita-cita menjadiPegawai Negeri Sipil(PNS). Kesempatannya ke-cil dengan ladang yang terusmenyempit.

“Jadi PNS itu bukanlah se-gala-galanya. Yah, kalau na-sibnya mujur. Kalau tidak, ja-ngan ambil pusing,” kata priayang juga finalis WirausahaMuda Mandiri 2013 saatacara Mandiri Wirausaha Mu-da di BLPT Palembang, Ka-mis (14/2) kemarin.

Kegiatan itu diselenggara-kan Bank Mandiri Kantor Wi-layah II dalam program man-diri Goes to SMK. Ciptonobukan mengdiskreditkan po-sisi PNS karena peluangnyamemang sangat kecil. Jikasemuanya pelajar bercita-cita yang sama, tentu dayasaing akan tinggi sementarakuotanya sangat terbatas.

“Kalau hanya berpikirmenjadi PNS, daya pikir kitasangat sempit,” katanyayang didaulat sebagai moti-vator. Dia mencontohkan, se-perti yang dilakukan di SLBtempatnya. Semua siswa,meski terlahir cacat namunsudah dididik menjadi enter-preneurship. “Seperti pem-belian pulsa saja, semua sis-wa kita sudah diajarkan ba-gaimana mengelola bisnispenjualan pulsa di sekolah.Siswa isi pulsa ke sekolah,kalu uangnya diambil dariSPP, dimana keuntungannyadibagi bersama. Ini contohkecilnya saja,” katanya.

Makanya, lanjut dia, mulai-lah semuanya dengan wirau-saha. Apalagi SMK, ilmunyasudah terbentuk. “Mulai se-karang, berpikirlah menjadipewirausaha. Bagaimanamembuat bisnis kecil men-

Kurikulum 2013Diusulkan TundaKurikulum 2013Diusulkan TundalDesakan Komisi X DPR RI

menyampaikan pelajaranatau kurang mahir meng-gunakan Bahasa Indone-sia sebagai bahasa peng-antar,” jelasnya.

Waktu penundaan me-nurut mantan artis yangmemiliki nama panggungMiing ini tergantung padapercepatan persiapan paraguru. Ia menyarankanagar pemerintah mengge-lar pelatihan bagi para gu-ru.

“Kami sepakat tidak da-lam menolak dari sisikonten kurikulum baru,tapi perlu dikaji apa yangpersoalan guru di lapang-an,” katanya. (Mg5/trs)

DediGumelar

SRIPO/SYAHRUL

HARI VALENTIN – Siswa Global English Language Center tampilpada Catwalk Couple Valentine's Day Competition, Kamis (14/2/2013). Valentine's Day Competition terdiri dari Global Idol,Stating of Love, Balloon Dance, Band Competition, Eel Catching,Walll Magazine Competition.

Catwalk Couple hingga Global IdolGlobal berbasis English Conversation.

“Ini juga untuk menerapkan pembelajaran bahas Ing-gris dalam mengungkapkan cinta, bukan hanya kepadapasangan tapi juga sesama teman,” kata dia.

Ratusan siswa baik peserta maupun penonton mema-dati amphitheater dan caf Global sebagai lokasi kegiatansejak mulai acara pada pukul 10.00 -18.00 WIB, lantunanmusik pun menambah suasana lebih meriah layaknyapesta kebun. Taufik mengungkapkan bila pihaknyaberharap kegiatan dapat meningkatkan apresiasi dankemampuan siswa dalam mengembangkan kemampuanskil percakapan sehari-hari. Pembelajaran bahasa Inggrisdipraktekkan tidak hanya di dalam kelas. Pembiaran ber-bicara bahasa internasional di luar ruangan diianggap le-bih mudah dan menyenangkan bagi siswa. Hal ini menjadipoin penting yang dilakukan Global.

“Makanya kadang kami gelar berbagai aktivitas diluar seperti debat tentang Valentine, topik seperti ituakan membuat diskusi lebih hangat. Begitu juga diskusisebuah film, maka Global menyediakan ruangan cine-ma bawah tanah,” terangnya. (Mg5)

SRIPO/SYAHRUL

ENTREPRENEUR – Motivator entrepreneur, Ciptono, guru SLBSemarang, tampil berbagi ilmu pada acara pertemuan WirausahaMuda Bank Mandiri Goes to SMK di BLPT Palembang, JalanBasuki Rahmat, Kamis (14/2/2013). Acara yang digelar BankMandiri ini dihadiri ratusan siswa SMK se Kota Palembang.

IST

PALEMBANG, SRIPO – Ha-ri pertama pendaftaranSMA kategori unggulan diPalembang, disambut antu-sias siswa-siswi SMP/MTS.SMA unggulan di wilayahPalembang terdapat bebe-rapa sekolah, seperti SMAN3, SMAN 1, SMAN 6 danSMAN 17.

Dari pantauan Sripo, Ka-mis (14/2), suasana pen-daftaran sekolah di SMANegeri 3 Palembang mem-bludak. Siswa-siswi SMPsecara bergantian antrimendaftar sekolah. Meski-pun antri, ratusan siswaSMP/MTS yang berasal da-ri berbagai sekolah tampaktertib mendaftar. Pada pen-daftarnnya, siswa diwajib-kan mendaftar sendiriyang tidak boleh diwakil-kan oleh siapa pun.

“Nilai rapot sesuai deng-an syarat, jadi harus cepatdaftar biar tidak ketingga-lan. Saya sudah siap untuktes masuk ke SMA Negeri3 Palembang, nilai saya81,54,” ujar Nurul Pratiwi,salah satu siswi dari SMPNegeri 4 Palembang, ketikaantri berbaris di ruanganpendaftaran.

SMA Negeri 3 Palem-bang merupakan SMA ung-gulan yang favorit bagi sis-wa SMP/MTS. SMAN 3merupakan sekolah yangdinilai trend dan gaul. “Sa-ya pilih SMA Negeri 3 ka-rena lokasinya strategis danbanyak teman-teman juga

Agenda:

SRIPO/WELLY

ANTRI DAFTAR – Siswi SMP yang antri mendaftar ke SMAunggulan di SMA Negeri 3 Palembang Jl Jendral Sudirman KM3,5 Palembang, Kamis (14/2).

Hari Pertama SMAN 3Palembang Diserbu

daftar ke SMA Ngeri 3,”tambah Nurul.

Sementara Kepala Seko-lah (Kepsek) SMA Negeri 3Palembang Drs H I GedeMendera MT mengatakan,masa pendaftaran siswabaru dibuka dari 14-21Febuari. Dalam seleksi pe-nerimaan siswa baru, adabeberapa tahapan seleksi.“Pertama seleksi admi-nistrasi dan dilanjutkan testertulis. Jika lulus ter tertu-lis, baru akan dilanjutkantes wawancara. Direncana-kan tahun ini, kita akan me-nerima 288 siswa untuksembilan kelas,” ujarnya.

Animo SiswaDikatakan I Gede, animo

siswa SMP/MTS semakintahun meningkat untukmendaftar ke SMAN 3. Se-jak dua tahun berturut-tu-rut, SMAN 3 menjadi salahsatu SMA unggulan di Pa-lembang. Jika ada siswaSMP yang sudah mendaf-tar di SMAN 3, maka tidakbisa lagi mendaftar keSMAN unggulan lainnyakarena jadwal tes tertulis-nya serentak bagi semuaSMA unggulan.

Diharapkan kepada siswaSMP yang sudah mendaf-tarkan dirinya, agar belajardengan serius untuk bisa lu-lus. “Kedepannya SMAN 3Palembang, siswa yang lu-lus akan diberikan pendidi-kan karakter melalui kegia-tan ekstrakulikuler,” kata-nya. (mg19)

Jangan Bercita-cita Jadi PNS

jadi besar. Pikirkan dulu yangsimpel,” katanya.

Muda MandiriSementara program Wi-

rausaha Muda Mandiri yangmerupakan Program Kemi-traan dan Bina LingkunganBank Mandiri rutin tiap tahun.

Kegiatan tersebut mene-lan alokasi dana sebesar Rp253 juta, yang merupakanalokasi dana di tahun lalu.

Deputy Regional Man-ager Bank Mandiri Kanwil IIPalembang, Ratmoko Hadimengatakan pihaknya meng-gunakan alokasi dana CSRtahun 2012, lalu.

“Memilih SMK, karena se-kolah tersebut merupakansekolah yang menuju ke-mandirian, dan sudah dijejalidengan berbagai keteram-pilan, pendidikan, dan seba-gainya,” ujar dia.

Dijelaskan, programWMM kali ini merupakanbentuk kepedulian bankmandiri sekaligus dukunganuntuk menumbuhkan sema-

ngat kewirausahaan di ka-langan mahasiswa dan pe-lajar yang dimulai pada 2007lalu. Pencarian bibit WMMdilakukan melalui pelaksa-naan modul kewirausahaan diPTN dan PTS, pemberianbeasiswa wirausaha, pelak-sanaan workshop danpenganugrahan.

“Sementara untuk pembi-naan berwirausaha dilakukanmelalui pendidikan berwirau-saha, pendamping berwi-rausaha dan promosi,” ung-kapnya.

Menurutnya program ter-sebut juga diyakini mampumengubah cara pandangmahasiswa tentang wirau-saha, memilih sektor UMKMsebagai sektor dalam me-ningkatkan kualitas dan kuan-titas usaha kecil.

“Kami juga mengelar Man-diri Young TechnopreneurAward untuk mendorong ge-nerasi muda dalam mencip-takan karya-karya teknologiterbarunya,” tuturnya. (Why)

PALEMBANG, SRIPO –Rencana KementerianPendidikan dan Ke-budayaan (Kemendik-bud) menjalankan kuri-kulum baru di Juli 2013mendapat penolakanKomisi X DPR RI. Lanta-ran masih minimnyapersiapan di sejumlahdaerah di Indonesia,maka anggota DPR RIminta rencana tersebutditunda.

Anggota Komisi XDPR RI, Dedi Gumelarmengakui kalau persia-pan untuk penerapankurikulum baru belum100 persen, khususnyabagi pelaksana di daerahmengingat hampir se-mua sekolah tengah di-sibukkan dengan persia-pan menyambut UjianNasional (UN) Aprilmendatang.

“Belum semua daerahdi Sumsel menggelar so-sialisasi, padahal kuriku-lum dijadwalkan Juli. Inikan karena sekolah disi-bukkan dengan persia-pan UN,” kata Dedi, usaidengar pendapat di AulaBina Praja PemprovSumsel, Kamis (14/2).

Rendahnya kualitasSumber Daya Manusia(SDM) seperti guru jugamenjadi penyebab me-ngapa Komisi X menga-takan kurikulum belum

bisa diterapkan. Untukitu, pemerintah diharus-kan memiliki waktu pan-jang mempersiapkan guruuntuk mengajar dengankurikulum baru.

Dikatakan, sebanyak 2,7juta guru belum dididikdan dilatih dengan kuri-kulum baru. Guru dimintamengerti hal yang tematikdan integratik di kuriku-lum baru ini, sedangkankenyataannya tidak. Da-lam KTSP tahun 2006 laluada ilmu komputer yangsampai sekarang pun adasekolah masih terkendalaSDM. “Masalah satu belumdiatasi, kini sudah bergan-ti lagi kurikulum baru,” se-butnya.

Belum TerdidikJika 2,7 juta guru belum

terdidik dan terlatih de-ngan kurikulum baru. Dansekitar 800 guru yang me-ngajar Bahasa Indonesiahanya 30 persen diantara-nya dianggap cakap dimata pelajaran tersebut.Dengan fakta itu, Dedimengkhawatirkan j ikakurikulum baru tetap di-laksanakan sesuai jadwalmaka banyak siswa yangmenjadi korban.

“Kalau nilai Matematikasiswa 6, maka jangan sa-lahkan murid, tapi janganjuga jadikan guru kam-bing hitam karena guru di-anggap kurang mampu

Page 19: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013

SRIWIJAYA POSTJumat, 15 Februari 2013 19

ngan tampilan wajah diri-nya. Sempat membuatnyabingung, karena akun face-book pribadinya bisa dije-bol orang lain yang samasekali tidak dikenalnya, de-ngan menggunakan namasamaran Nindi Silvia.

Dan yang membuatnyamalu, ternyata foto tersebutbukan hanya ada di akunfacebooknya, tetapi telah di-kirim ke hampir seluruh te-man facebook, termasukakun facebook guru-guru-nya. Bahkan bukan hanya sa-tu foto saja, tetapi tidak lamakemudian kembali timbul

Siswi KagetFotonya Jadi

Bugil dari halaman 20

sudah diketahui identitas-nya. “Untuk korban tewas,belum diketahui apa penye-babnya, sebab masih me-nunggu hasil visum dari ru-mah sakit Pertamina Prabu-mulih,” ujar Jhon.

Ketika dikonfirmasi keKepala Pos Unit PengaduanPelayanan Polisi Militer(UP3M) Muaraenim LettuAbdul Wahab, tidak menam-pik jika ada kejadian terse-but. Tetapi ia tidak tahu kro-nologisnya dan di mana yangbersangkutan. Mungkin di-amankan di POM Prabumu-lih. “Untuk lebih jelasnya ta-nya saja langsung ke Ka-pengdam. Sebab kami tidakberwenang berbicara,” tegasWahab yang baru sekitar duaminggu menjabat ini. (ari)

KomplotanMaling Besi

Tewas Ditembak dari halaman 20

belakang RS Sobirin mo-bilnya kita cegat. Dia turundan berontak. Kami jelaskanbahwa kami polisi,” ujarnya.

Di saat bersitegang itulah,mengira petugas lengah,tersangka membuang bung-kus rokok dari dalam saku

OknumPengacara

Bawa Narkoba dari halaman 20

foto-foto bugil lainnya.Akibat kejadian tersebut, atassaran teman dan gurunya,akhirnya ia melapor kePolres Muaraenim. “Kita su-dah minta si penyebar untukmenghapus foto tersebut,namun ternyata malah iamenampilkan foto-foto bugillainnya,” ujar temannya satusekolahnya yang enggan di-sebutkan namanya.

Kapolres MuaraenimAKBP Drs Muhamad Arismelalui Kasatreskrim AKPJhon Latudara didampingi Ka-subaghumas Aiptu Yarmi,membenarkan adanya la-poran tersebut sesuai denganLP - B/122/II/2013/Res Mua-raenim. Saat ini pihaknya se-dang melakukan penyeli-dikan. Karena ini sifatnya jeja-ring sosial yang menggu-nakan Teknologi Internet (TI),mungkin akan dikenakanancaman cyber crime. (ari)

celananya. Namun petugasyang sudah memerhatikangerak geraknya tak terkecohdan berhasil mengambilbungkus rokok yang dibu-ang tersebut. “Dalam bung-kus rokok itulah kita temu-kan barang bukti diduganarkoba. Tersangka kemudi-an kita bawa ke Mapolres un-tuk menjalani pemeriksaan”katanya.

Sementara, kuasa hukumtersangka yang juga rekanseprofesinya, Taufan Rasyidmengatakan, pada prin-sipnya pihaknya tetap me-

Mesuji OKI macet. Melihatkemacetan itu, disebabkansebuah motor, lalu pengen-dara lainnya yang diketahuibernama Macan sempatmenegur pemilik motor un-tuk segera menyingkirkanmotor ke tepi jalan. Namun,pemilik motor tak meneri-ma teguran tersebut.

“Awalnya disebabkanoleh kendaraaan yang me-

WargaPematang

Nyaris Bentrok dari halaman 20

ngakibatkan macet. Adaorang asli warga PematangPanggang yang diketahuibernama Macan menegurpemilik motor yang menye-babkan macetd. Tetapi pe-milik motor tidak menerimasehinga si Macan memanasmengeluarkan senjata apidan ditembakan ke atas.Dari itulah terjadi keributan,sehingga menimbulkanbentrok antar keluarga se-sama warga,” kata seorangwarga di Pasar Gaja yangtak mau disebutkan nama-nya.

“Kami mendengar adabeberapa kali suara temba-kan, tapi kami tidak tahuapakah tembakan itu di-

arahkan ke masing-masingkelompok atau tembakanke udara, karena saat adasuara tembakan warga ba-nyak yang lari menyelamat-kan diri,” ujarnya.

Kapolres OKI AKBP AgusF didampingi Kabag OPSKompol Taswin membe-narkan adanya peristiwa se-dikit memanas. Namun lan-jutnya, hingga sore kemarinsituasi sudah kondusif danaman. “Benar ada, tapi se-karang kedua belah pihaksudah saling memaafkankarena hanya salah komu-nikasi,” katanya.

Namun itu, pihak kepoli-sian tetap menurunkan 70personel untuk mengantisi-

pasi jangan sampai terjadikeributan susulan. “Kita ki-rim 50 personel dari Polresdan 20 personel dari PolsekMesuji OKI,” tutur Taswinpada wartawan.

Memang warga disanamenurutnya mudah terpro-vokasi dan sangat rawan ter-jadi bentrokan, makanya se-belum terjadi pihaknya me-ngantisipasi. DitambahkanKasat Reskrim AKP H Su-rachman SH, untuk mencip-takan kedua belah pihakberdamai aparat Kepolisiandari Polsek Mesuji bersamakades dan tokoh masyara-kat, sudah meredam emosikedua belah pihak agar tidakmeneruskan keributan. (std)

2), korban yang masih dudukdi kelas 4 SD ini mengakusering dianiaya oleh temansekelasnya (DK), karenasering dimintai uang. Sehing-ga pelaku tidak segan-seganmemukul, menendang danmenusuk korban pakai pena.

Akibat penganiayaan itukorban sempat tiga hari dira-wat di Puskesmas setempat,bahkan sempat mendapatperawatan di RS RK CharitasBelitang. Kondisi korbansempat membaik dan diper-bolehkan pulang, tetapi

belakangan korban mulaimengeluh sakit dan tidaksadarkan diri, bernafas harusdibantu dengan tabung oksi-gen. Sehingga dirujuk oleh RSCharitas Belitang ke rumahsakit di Palembang.

Untuk bertahan hidup,anak tunggal pasangan AliTukimin dan Tri Sularni inidibantu dengan tabung ok-sigen dalam perjalanan ke-rumah sakit Palembang.Korban sempat kehabisanoksigen, sehingga sekitarpukul 05.30 mampir ke Ru-mah Sakit Umum Daerah(RSUD) Kayuagung untukmendapat tambahan.

Menurut keteranganorangtua korban, Ali Tuki-min, beberapa hari terakhirsebelum masuk rumah sakitdia mengeluh sakit, menga-ku sering dianiaya oleh te-

man satu bangkunya (DK).“Sudah dua bulan katanyasering dianiaya di sekolah,temannya itu katanya se-ring minta uang tapi tidakdikasih oleh anak saya. Saatitulah anak saya dipukuldan ditusuk dengan pena,”cerita orangtua korban.

Dijelaskan Ali, dari le-ngan, paha, kepala hinggaperut selain terdapat lebam,juga terdapat pintik-bintikbekas tutukan pena. “Kare-na kondisi anak saya sudahparah, saya belum sempatmelapor ke polisi, saya ma-sih fokus untuk merawatanak saya dulu, sebelumnyasudah 4 hari dirawat di beli-tang, 3 hari di Puskesmasdan satu hari di RS Charitasbelitang,” sebut Ali.

Ditambahkan Tri Sularni,ibu korban, selama ini anak-

nya sangat pintar di sekolah,sering mendapat juara I. “Inianak tunggal kami, saya tidaktahu apakah anak saya inimasih bisa bertahan hidup,karena sudah tidak sadarkandiri lagi, bahkan untuk ber-nafas harus dibantu dengantabung oksigen,” jelasnya.

Dokter di UGD RSUD Ka-yuagung, dr Hj Linda me-ngatakan, dari tubuh kor-ban terdapat luka lebam, dipaha, dada dan kepala bela-kang. Selain itu, di lenganperut dan muka banyakterdapat bintikan bekas tu-sukan pena, bisa jadi itu in-feksi, yang membuat kon-disi korban parah. “Di be-berapa bagian tubuhnya, dikepala bagian belakangbenjol, saat ini pasien sudahdi bawa ke RS Charitas Pa-lembang,” tandasnya. (std)

Bocah SekaratDianiaya

Teman SD dari halaman 20

yang diketuai Ade Koma-rudin menunda sidang atasterdakwa Ir Syamsir Djalib(62), masih dengan agendaketerangan Eddy Yusuf.

Sebelum sidang ditunda,sidang masih tetap dilang-sungkan. Adapun saksiyang dipanggil adalah limapengelola rumah makan di-saat dana itu dicairkan ter-dakwa yang menjabat se-bagai Sekretaris Daerah

OKU tahun 2008.Sebelum mendengarkan

keterangan saksi, Syamsir su-dah terlebih dahulu dijeratbeberapa pasal tipikor olehjaksa. Pasal-pasal tersebutadalah pasal 2 ayat 1, ayat 3,ayat 9 dan ayat 18 UU No 31tahun 1999 yang dirubah de-ngan UU No 20 tahun 2001tentang tindak pidana ko-rupsi. Selain itu, yang ber-sangkutan juga dikenakanpasal 9 jo pasal 18 UU No 31tahun 1999 yang diubah de-ngan UU No 20 tahun 2001.

Terungkap di persida-ngan, perbuatan terdakwadilakukan pada tahun 2008dengan menggunakan da-na untuk belanja sosial dariAPBD Kabupaten OKU se-

besar Rp 11,42 miliar danyang sudah dicairkan seba-nyak Rp 3 miliar lebih. Pa-da saat itu, terdakwa ditun-juk sebagai pejabat peng-guna anggaran. Dan yangbersangkutan mengeluar-kan surat perintah untukmembayar (SPM), dimanapengeluaran surat tersebuttidak diketahui oleh pimpi-nan terdakwa.

Sedangkan kerugian ne-gara yang ditimbulkan dariperbuatan terdakwa men-capai Rp 3,005 miliar yangdilakukan bersama Sugeng,SSos (berkas terpisah, red)yang menjabat sebagaipelaksana tugas (Plt) KabagP e r l e n g k a p a n - U m u mSekda OKU. (cw6)

Tiga KaliWagub Mangkir

Sidang dari halaman 20

ngedepankan azaz pradugatidak bersalah. Karena itu,sebelum ada pembuktiandan keputusan hukum yangtetap, maka belum bisadipastikan apakah seseorangitu bersalah atau tidak. “Kitaikuti saja proses hukumnya,kita lihat perkembangannyaseperti apa,” kata Taufan saatdibincangi Sripo di MapolresLubuklinggau, Kamis (14/2). (zie)

lamin hancur. Sementarayang satunya, Samsudin(46), sempat dirawat di Ru-ang Emergency RSMH Pa-lembang. Namun, ia me-nyusul rekannya meskisempat mendapat perawa-tan. Ia tewas dengan lukabentur di kepala, dan tanganserta kaki kanannya patah.

Menurut seorang saksimata bernama Dedi, kejadi-an bermula saat motor yang

ditumpangi kedua korbanmelaju kencang dari arahsimpang Fatal menuju arahJl Bambang Utoyo. Saat me-lintasi di tanjakan, motormengambil jalur tengah. Si-alnya, dari arah depan me-laju mobil mitsubsihi EPOwarna biru yang juga mela-ju tak kalah kencangnya.Akhirnya, kedua kendara-an beradu kambing. Keras-nya tabrakan membuatmotor yang ditumpangi ke-dua korban mendarat di ba-gian atap mobil.

“Korban yang tewas ka-kinya sempat terlindas mo-bil. Sementara yang satunyatidak terlindas namun ter-bang terpental cukup jauh,”kata Dedi. Kerasnya tabra-

kan dapat dilihat dari kon-disi kedua kendaraan. Mo-tor Honda Fit X yang diken-darai Iwan ringsek parah dibagian stang dan roda de-pan hanya tinggal setengah.Sedangkan mobil ringsek dibagian mesin, hingga bagi-an kap terbuka.

Sesat usai tabrakan, sopirsempat mencoba kabur de-ngan memacu gas mobil-nya. Namun, berhasil dihen-tikan oleh seorang pengo-jek. Ironisnya, pengojek ini-lah yang akhirnya mem-bantu pelarian si sopir, disaatsi sopir merasa tak yakin bi-sa kabur dengan mobilnya.Hingga sore kemarin belumdiketahui siapa nama sopirtruk tersebut. (cw6)

PengendaraMotor Terbang

Lalu Tewas dari halaman 20

oleh oknum tidak bertang-gung jawab melalui transaksielektronik, yang mana diak-ses melalui situs Youtobe.“Dengan sengaja video danfoto-foto istri Eddy, EvaAjeng, yang dulu model dise-barkan ke Youtobe dan dalamwaktu bersamaan ada demoyang digelar oleh ibu-ibudengan mengatasnamakangerakan perempuan diMapolda Sumsel,” katanya.

Menurut Nazori, ada ok-

Eddy Merasa Namanya Dicemar● Lapor ke Mapolda

SRIPO/mg2

UNJUK– Kuasa hukum Eddy Santana Putra saat melaporkan kasus pencemaran nama baik diMapolda Sumsel, menunjuk bukti-bukti terkait kasus ini, Kamis (14/2).

PALEMBANG, SRIPO –Kuasa hukum H Eddy San-tana Putra, Nazori Do’akAchmad mendatangi SPKTMapolda Sumsel, Kamis(14/2) pukul 11.00. Dia me-laporkan kasus pencemarannama baik terhadap kli-ennya tersebut, yang jugaWalikota Palembang.

Saat diwawancarai di SPKTMapolda Sumsel, Nazorimengatakan, perbuatan tidakmenyenangkan ini dilakukan

num tertentu menyebarkanselebaran foto-foto PakEddy Santana dan istrinyaEva. Ini sudah perbuatan sa-lah, sudah pencemaran na-ma baik. “Jadi kami tidak se-nang dan melaporkan ini kepolisi,” bebernya.

Selain itu, Eddy juga mela-porkan, saat demo yang di-gelar pada 7 Februari lalu, adaoknum yang sengaja me-ngumpulkan ibu-ibu, laludisuruh berdemo di Mapol-

da Sumsel. “Kami hari inimembawa barang buktinya,saat ibu-ibu demo kemarinsatu persatu orang diberikanselebaran, yang mana seleba-ran itu merusak nama pakEddy dan Eva. Selain itu ibu-ibu itu juga diberikan CD Evadan amplok yang berisi uang40 ribu. Nah ini sudah me-nyalahi aturan yang ada,” te-gasnya lagi.

Tak hanya itu saja, sam-bung Nazori, pihaknya jugamelaporkan oknum yang ti-dak bertanggung membikinfacebook dengan mengatas-kan nama Eva Ajeng. Bahkandi dalam facebook ini banyakfoto-foto Eva saat menjadimodel dewasa. Sementaraitu saat ditanya siapa yangdilaporkan, Nazori menja-wab, dirinya tidak mau me-nyebutkan. “Biar pak polisiyang langsung melakukanpenyelidikan terkait kasuspencemaran nama baik ini,yang jelas kami sudah mela-porkan kasus ini ke pihakberwajid,” katanya.

Kabid Humas Polda Sum-sel AKBP Djarod Padakovamengatakan, laporan sudahkami terima. “Terkait kasuspencemaran nama baik ini,kita akan lakukan penyeli-dikan dan soal bukti buktiyang ada nantinya kita akanlangsung pengembangan,”tegas Djarod. (mg2)

Page 20: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013

CRIME STORYSRIWIJAYA POSTJumat, 15 Februari 201320

Komplotan Maling Besi Tewas Ditembak ● 1 Tewas, 1 Luka Ringan, 2 Kabur

PALEMBANG, SRIPO – Si-dang lanjutan korupsi danaBansos Kabupaten OKU ta-hun 2008, dengan kerugiannegara berkisar Rp 3,005miliar, Kamis (14/2) kem-bali mengagendakan EddyYusuf untuk menjadi saksidi Pengadilan Negeri (PN)

Tiga Kali Wagub Mangkir SidangTipikor Klas IA Palembang.Namun untuk ketiga kali-nya, mantan Bupati OKUitu mangkir tanpa alasanyang jelas.

Dikatakan jaksa, Muham-mad Eddy, SH dan Suharto,SH, pihaknya sudah me-lakukan pemanggilan ber-

ulang-ulang kepada orangnomor dua di Sumsel ter-sebut. Namun, tanpa alasanyang jelas, pihak yangdipanggil tetap tidak datangbegitu sidang digelar. Inimembuat majelis hakim

MUARAENIM, SRIPO – Tohiman(40) tewas setelah diduga terkenatembakan di pantat kanannya.Sedangkan temannya Sabeni (40)hanya menderita luka memar. Na-mun dua temannya Syarik danDedi, berhasil kabur. Keempat pe-laku pencurian pipa besi Pertami-na ini, semuanya warga Desa Gu-nung Raja, Kecamatan RambangDangku. Mereka dibekuk di lokasikejadian, Pertamina Gunung Raja,Rabu (13/2) sore.

Dari informasi yang berhasil di-himpun, kejadian berawal ketikakomplotan pencuri besi milik Per-tamina tersebut kepergok petu-gas security dan anggota TNIyang sedang melakukan patrolirutin. Diduga ketika akan ditang-kap komplotan tersebut mela-wan dan akan kabur, sehinggaakhirnya terjadilah penembakanyang mengenai salah seorang pe-laku hingga tewas.

Sedangkan satu orang berhasil

diamankan security Pertaminadan diserahkan ke Polres Muara-enim. Kemudian dua orang lagi

berhasil melarikan diri. TersangkaSabeni, membenarkan kalau di-rinya melakukan pencurian de-

ngan tiga rekan lainnya. Salah satutemannya, tewas tertembak dipantat oleh petugas diduga ada-lah oknum TNI.

Sedangkan dua temannya yanglain berhasil kabur. Dikatakannya,kalau temannya yang tewas sem-pat dilarikan ke rumah sakit diPrabumulih. Dia juga mengalamimemar di bagian hidung karenaterkena pukulan saat di lokasi ke-jadian. “Saya memang dua kalimencuri besi. Bahkan saya sem-pat di penjara pada tahun 2007 da-lam kasus yang sama,” ujarnya.

Kapolres Muaraenim AKBPMuhammad Aris melalui Kasat-reskrim AKP Jhoni Louis Latuda-ra didampingi Kasubag HumasAiptu Yarmi, saat ini, pihaknya te-lah mengamankan satu tersang-ka dan barang bukti 10 batang pi-pa besi ukuran dua meter denganketebalan empat inci. Selain itu ju-ga ada satu pelaku yang tewas.Dua pelaku lainnya yang kabur

SRIPO/ARDANI

PIPA BESI – Tampak sebanyak 10 potong besi milik Pertamina diamankan diMapolres Muaraenim, Kamis (14/2).

ke halaman 19

ke halaman 19

ke halaman 19

SRIPO\/MAT BODOK

BERSIAP – Sebanyak 50 personel dari Polres OKI saat melakukan apel untuk bersiap akan diberangkatkan ke Desa Pematang Panggang untuk mengamankan lokasi keributan.

Warga Pematang Nyaris BentrokWarga Pematang Nyaris Bentrok

KAYUAGUNG, SRIPO – Warga Kecamatan Me-suji Desa Surya Adi Kabupaten Ogan KomeringIlir (OKI) nyaris terjadi bentrok, Kamis (14/2).Apalagi, lokasi bentrokan itu persisnya di PasarGajah Blok D, tempatnya bentrok antara ke-lompok persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT)dengan pemuda Pematang Panggang, Juni 2012lalu.

Bentrok kali ini yang terjadi antara dua ke-lompok keluarga warga Desa Pematang Pang-

gang. Bahkan sempat terjadi beberapa kali suaratembakan senjata api (senpi), saat terjadi keri-butan antara kedua kelompok tersebut. Melihatsituasi ini, polisi Mapolsek Mesuji turun tangan.Tidak hanya itu, personel di Mapolres OKI jugadikerahkan untuk pengamanan di wilayah PasarGajah Blok D Desa Suryadi tersebut.

Dari informasi didapat, hingga sekarang be-lum ada korban jiwa. Tetapi, antara kedua ke-lompok sudah sama-sama siap dengan berbagai

persiapan. Mereka berkumpul satu dengan yanglainnya. Mereka, tampak sudah siap saling se-rang. Mengenai, awal peristiwa itu terjadi hinggakini masih simpang siur dan belum dapat di-simpulkan.

Ada yang mengatakan terjadi keributan itu,lantaran ada sebuah motor yang macet, sehinggamengakibatkan Jalan Lintas Timur (Jalintim)

ke halaman 19

Bocah SekaratDianiaya Teman SD

SRIPO/MAT BODOK

DIRUJUK – Bocah SD bernama Aldo dalam kondisi sekarat lantarandianiaya teman sekolahnya. Korban didampingi kedua orang tuanyahendak di rujuk ke RS Charitas Palembang dari RSUD Kayuagung.

KAYUAGUNG, SRIPO –Sungguh miris dialami bocahSD bernama Ado Maulana(10), warga Desa Ulak Ken-tar, Belitang Mulia, Kabupa-ten Ogan Komering Ulu(OKUT) Timur. Dia sekarat se-

telah dianiaya oleh teman se-kelasnya bernama DK (10).Korban mengalami luka le-bam dan tusukan pena.

Informasinya, Kamis (14/

ke halaman 19

ke halaman 19

LUBUKLINGGAU, SRIPO – Tom (48),warga Jalan H Mahmud RT 9 No 618Kelurahan Bandungujung Lubukling-gau Barat I, ditangkap jajaran Satnar-koba Polres Lubuklinggau, Kamis (14/2). Selain mengamankan tersangkayang berprofesi pengacara, petugas ju-ga mengamankan barang bukti satu pa-ket diduga sabu, 4 butir pil ekstasi war-na biru, dan satu bungkus ganja.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Chaidir

Oknum Pengacara Bawa Narkobamelalui Kasatnarkoba AKP Herman me-ngatakan, tersangka ditangkap berda-sarkan informasi dari masyarakat bah-wa yang bersangkutan membawa nar-koba. “Pagi tadi sekitar pukul 07.00 kamidapat info bahwa tersangka membawanarkoba. Anggota kita kumpulkan dandibagi dua tim untuk membuntuti ter-sangka. Saat tiba di Jalan Kesehatan,

ke halaman 19

SRIPO/REFLY

RINGSEK – Kondisi mobil Mitsubishi EPO yang ringsek parahusai beradu kambing dengan motor Honda Supra Fit X Kamis(14/2) dini hari.

Pengendara Motor Terbang Lalu Tewas● Satu Tewas di TKP, Satu di RS● Sopir Mobil Melarikan DiriPALEMBANG, SRIPO – Kaliini kecelakaan maut terjadidi tengah Kota Palembang,antara motor Honda Fit Xdengan mobil MitsubsihiEPO BG 1321 QV. Kejadiannaas itu di Jl AKBP CekAgus, tepatnya di depanSPBU Coco lapangan golf,Palembang, Kamis (13/2)dini hari. Akibatnya, dua priayang naik motor tewas de-ngan kondisi mengenaskan.

Sementara si sopir mobillangsung melarikan diriusai peristiwa tersebut. Mu-lanya, ia sempat dihentikanoleh seorang penarik mo-

tor ojek. Namun begituperhatian warga sedangtertuju kepada keadaan ke-dua korban, si sopir malahmelarikan diri dengan me-nyewa jasa tukang ojek ter-sebut. Si sopir yang didugakerja di salah satu dealermobil ini rela meninggal-kan mobil beserta isinya.

Sementara kedua priayang naik motor, salah sa-tunya tewas di lokasi keja-dian, Iwan Rozali (39), de-ngan kaki kanan nyarislepas dari tubuh dan alat ke-

SRIPO/ARDANI

TAMPAK EL ditemani staf pengajar melapor ke MapolresMuaraenim, gara-gara akun facebooknya dibajak oleh Hacker,Kamis (13/2).

Siswi Kaget Fotonya Jadi Bugil● Facebook Dijebol

MUARAENIM, SRIPO – EL(16), salah seorang siswiSMA swasta di Kota Mua-raenim, benar-benar dibuat

malu dan kaget. Sebab face-book miliknya diacak-acakoleh orang tidak dikenal,yang menampilkan foto

bugil dengan menggantibagian kepala dengan fotodirinya.

“Ini sudah berlangsungsekitar dua minggu. Tentumalulah, sebab banyakyang mengira itu foto be-naran dan disebarkan keseluruh teman-teman face-book,” ujar EL yang didam-pingi teman dan gurunya,di Mapolres Muaraenim,Kamis (14/2).

Dari informasi yang di-himpun, kejadian yang cu-kup membuat heboh seko-lah tersebut, berawal seki-tar dua minggu yang laluEL kaget ketika membukaakun facebooknya, ternya-ta foto dirinya telah beru-bah, dimana foto bugil de-

Page 21: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013

JUMAT, 15 FEBRUARI 2013 | MENSANA IN CORPORESANO | HALAMAN 28

Negosiasikan Kontrak BaruAGEN Stephan El Shaarawy, Roberto La Florio,diberitakan Football Italia tengah menegosiasikan

kontrak baru kliennya itu dengan AC Milan. Keduapihak disebut akan menyepakati kontrak baru yang

berlaku hingga Juni 2018. Milan disebut akanmeningkatkan nilai gaji El Shaarawy menyusul gol-

golnya pada musim ini. Selama Serie-A 2012-2013,sejauh ini, El Shaarawy telah bermain 24 kali dan

mencetak 15 gol serta 3 assist. (asa/kc)

MADRID, SRIPO –Sempat tertinggal, RealMadrid bisa memaksakanhasil imbang 1-1 kepadaManchester United (MU)berkat gol CristianoRonaldo pada leg pertama16 besar Liga Championsdi Santiago Bernabeu,Kamis (14/2) dini hari WIB.Bagi MU, satu gol itubernilai positif mengingatmasih ada leg kedua yangakan digelar di OldTrafford pada 5 Maret 2013.

MU unggul lebih dulumelalui Danny Welbeckpada menit ke-19. Daritengah kotak penalti, iamenyundul bola hasiltendangan sudut WayneRooney ke sudut kiribawah gawang DiegoLopez. Madridmenyamakan kedudukan

Banyak Peluang Terbuangmelalui Cristiano Ronaldopada menit ke-29. Sebuahumpan silang dari AngelDi Maria di sektor kiripertahanan MU disundulRonaldo ke sudut kiribawah gawang De Gea.

Madrid mengambilinisiatif menyerang danmampu menekan MU.Namun, mereka kesulitanmenuntaskan serangandengan eksekusiberbahaya. Pada menitkedua dan keenam,misalnya Sami Khediramelepaskan tembakanyang meleset dan FabioCoentrao melihat bolahasil sundulannya ditepisDavid De Gea.

Di tengah tekananMadrid, MU melancarkansejumlah serangan balik.Usaha tersebut banyak

patah di tengah jalan.Rooney mencobamemecah kebuntuandengan melepaskantembakan jarak jauh padamenit ke-13, yang bisadiamankan Diego Lopezsetelah mengenaiWelbeck. Semenit setelahtembakan Mesut Oezildiblok Phil Jones, MUmelancarkan seranganyang berujung tendangansudut dan mendapatkanhasil maksimal berkatsundulan Welbeck.

Madrid bereaksi cepatterhadap gol itu denganmengalirkan seranganyang berakhir dengantembakan Angel Di Mariapada menit ke-23. Namun,De Gea lagi-lagi mampumenepisnya. Madrid terusmempertahankan

tekanannya hinggaakhirnya mendapatkangol dari Ronaldo padamenit ke-29. Ronaldo takmerayakan gol sepertibiasa. Ia hanyamengangkat tangan kearah suporter Madriddengan ekspresi wajar.

Setelah gol Ronaldo,pertandingan tampaksemakin terbuka. Keduakubu melancarkanserangan yang berpotensimembuahkan gol. Padamenit ke-34, misalnya, VanPersie melepaskan umpansilang, yang gagaldijangkau Welbeck. Semenitkemudian, memanfaatkantembakan Shinji Kagawayang terblok, Rooneymenembakkan bola yangmeleset ke sisi kanangawang.

Menjelang menit ke-40,Madrid meningkatkanagresivitasnya. Nyaristanpa terancam, Madridbisa mempertahankantekanan, tetapi gagalmenambah gol hinggapeluit tanda turun minumberbunyi. MU mengambilinisiatif menyerang dibabak kedua. Seranganmereka beberapa kalikandas, sampai akhirnyaPhil Jones menyundulbola, yang melesat ke atasgawang pada menit ke-47.Madrid kembali bereaksidengan melancarkanserangan yang berujungtembakan Ronaldopada menit ke-47, yangbisa dijinakkan De Gea.

Kedua kubukemudian bertukarserangan, tetapi tak

ada gol tambahan hinggapeluit panjang berbunyi.Sepanjang laga, menurutcatatan UEFA, Madridmenguasai bola sebanyak55 persen dan melepaskan14 tembakan akurat dari28 usaha, sementara MUmenciptakan sembilanpeluang emas dari 13percobaan. Hasil legpertama ini disikapiPelatih Real Madrid, JoseMourinho denganoptimisme tinggi.

“Peluangkami

cukup banyak untukmencetak lebih dari satugol. Kami mendominasipertandingan. Kami pastibisa mencetak gol di OldTrafford,” kata Mourinho.

Terlepas dari optimismeMou, hasil imbang diSantiago Bernabeu,berpotensi menjadipemantik malapetakauntuk El Real. Sebaliknya,hasil seri itu berpotensimembawa suka cita bagiManchester United.Berdasar catatan OptaSports, Real Madrid kerapdilanda bencana setelahmeraih hasil imbang padaleg pertama. Dari 12skenario hasil imbangyang diraih, pasukan ibukota Spanyol tersingkir

sebanyak 11 kali. (asa/kc)

DUBAI, SRIPO – AnaIvanovic berhasilmelenggang mulus kebabak ketiga setelahlawannya di babak kedua,Simona Halep, mundur diset kedua Qatar Terbuka.Set pertama pertandinganyang berlangsung di Inter-national Tennis and SquashComplex menjadi milikIvanovic dengan skor 6-3.

Di lain pihak, VictoriaAzarenka membuka asauntuk dapatmempertahankan gelarjuara. Berstatus juarabertahan turnamen QatarTotal Open 2013, diamengawali langkahnyadengan mulus usaimenumbangkan RominaOprandi sehingga berhaklolos ke babak ketiga.Azaranke mengalahkanOprandi dua set langsung,6-2, 6-2, denganpertarungan yangberlangsung selama satujam 12 menit. Di babakberikutnya, Azarenka akanmenghadapi tantangandari Christina McHale,yang mengalahkan LucieSafarova di babak kedua.

Sementara Serena Will-iams langsung tampiltrengginas setelah pulihdari cedera pergelangan

Ivanovic Melenggang

kaki dan punggung. Dibabak kedua, Selasa (12/2),Serena meremukkan DariaGavrilova dari Rusiadengan skor 6-2 dan 6-1 diKompleks TenisInternasional Khalifa, Doha.

Seakan tak ada jejakrasa sakit akibat cederapada ajang AustraliaTerbuka, bulan lalu,Serena kembali tampildengan servis-serviskeras. Gavrilova yangmerupakan petenis daribabak kualifikasi harusberusaha keras

mengembalikan bolaservis itu. Bola-bolatanggung hasilpengembalian Gavrilovalangsung dipukul Serenake sudut yangberlawanan dengan posisipetenis Rusia itu.Berulang kali petenisranking 160 dunia itudibuat pontang pantingdengan penempatanakurat Serena.

Di set pertama, Serenalangsung unggul 4-2 danmenyudahi set itu denganskor 6-2. Di set kedua,Serena melaju cepat danunggul dengan 5-0 lalumemenangi laga denganskor 6-1 dan melenggangke babak ketiga. “Sayagembira dengankemenangan ini. Sayamendapat plester yangkuat di bagian tubuh yangcedera sehingga semuaterasa baik-baik saja.Semoga saya dapatkembali ke tingkatpermainan saya,” katapetenis ranking dua duniaitu. Serena mengaku, jikaplester itu tidak lepas, diatidak merasa sakit. Secarafisik, Serena merasa lebihbaik dan berharap dapatterus main bagus sampaifinal. (asa/kc/tribunnews)

“Saya gembiradengan

kemenangan ini.Saya mendapat

plester yang kuatdi bagian tubuh

yang cedera,sehingga semuaterasa baik-baik

saja. ,”

Serena Williams

Sevilla Belum Bayar Gaji PemainSEVILLA, SRIPO – Sevillamengakui belum membayar gaji11 pemain dan akan mencicil 3juta euro (sekitar Rp 35 miliar),sementara total utangnyamencapai 42 juta euro (sekitar Rp500 miliar). Hal itu terpaksadiakui oleh Presiden Sevilla JoseMaria del Nido. Beberapa pemainharus menunggu klub kawasanAndalusia itu melunasi apa yangtelah menjadi hak penggawanya.

“Saya bertemudengan 11 pemain yangpembayaran gajinyatertunda. Nilainyamencapai 42 juta euro,tetapi baru akandibayarkan 3 juta euro,”papar Del Nido. Hebatnya,sang presiden optimistisklubnya akan terhindar darisanksi skors UEFA. “Bahayahukuman dari kompetisi Eropa nol

persen,” tandasnya.Fakta itu terungkap

hanya beberapa bulansetelah klub Liga BBVA

lainnya, Malaga, dikenaisanksi skors setahun dari

kompetisi Eropa, setelahgagal membayarkan gaji

para penggawa, termasukstaf pelatihnya. Sanksi skors

Malaga bakal berlaku mulaimusim depan. (asa/kc)

DONETSK, SRIPO –Borussia Dortmund suksesmenahan tuan rumahShakhtar Donetsk 2-2 padaleg pertama 16 besar LigaChampions di StadionDonbass Arena, Kamis (14/2) dini hari WIB. Dortmundmemiliki rekor bagussebagai satu-satunya wakilJerman yang sanggupmenang di kandangS h a k h t a r dalamempatpertandingan.Selain itu, DieSchwazgelbentak pernahterkalahkan ketikaberhadapan dengan timUkraina. Dalam enampartai, Dortmund merauplima kemenangan.

Armada Mircea Lucescumendulang gol padamenit ke-31. Sepakanbebas kaki kanan kaptenDarijo Srna membuat Ro-man Weidenfeller taklukdan klub Ukraina itu pununggul 1-0. Empat menitjelang turun minum,Dortmund sanggupmembalas. Melaluiumpan tarik Goetze,Lewandowski membayarkegagalannya pada awalparuh pertama. StrikerPolandia sebenarnyagagal pada kesempatanpertama, namun bola liar

Tradisi Apik Die SchwazgelbenJerman, Mats Hummels,dan menyodorkan umpankepada Mkhitaryan.Sepakanya menjanjikan,namun Felipe Santanamenjadi martir Dortmunddengan mengeblok bola.

Pada menit ke-62, Dou-glas Costa dimasukkanLucescu untukmenggantikan gelandangserang Taison. Hasilnyalumayan manjur. Enammenit kemudian, bolapanjang ke pertahanan

Dortmund membuatHummels keteteran.Costa sanggupmenguasai bola

dengan brilian. Meskidibayangi Marcelo

Schmelzer, ia berhasilmenyepak keras bola kepojok gawang, danmembuat Weidenfellertak bisa berbuat apa-apa.Shakhtar pun unggul 2-1.

Upaya pasukan JuergenKlopp baru maksimalsaat waktu normaltinggal 3 menit. Umpanlambung nan matangdari Schmelzermemudahkan Hummelsmenanduk bola,sekaligus membuatPyatov terpedaya.

Hasil imbang 2-2ternyata bertahan hinggawasit Webb meniupkanpeluit panjang. (asa/kc)

ISTAna Ivanovic

ISTEl Shaarawy

gagal diamankanFernandinho dan DmytroChyrgynskiy. Tanpaampun, Lewandowskimenceploskan bolasekaligus menundukkanPyatov.

Saat babak pertamadiakhiri Webb, Dortmund

memiliki tujuh sepakan kegawang, dengan lima diantaranya disia-siakanBlaszczykowski.

Tujuh menit seusai jeda,Shakhtar mendapatkanpeluang melalui LuizAdriano. Ia mampu berkelitdari bek internasional

Borussia Dortmund

IST

Real Madrid vs Manchester UnitedIST

Ana Ivanovic

Page 22: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013
Page 23: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013

Jumat, 15 Februari 2013 Halaman 23 | SRIWIJAYA POST

PALEMBANG, SRIPO –Manajemen Sriwijaya FCsepertinya ragu untukmelepas pemain bernamalengkap Eric Weeks Lewis.Meski hingga saat ini Ericbelum juga tibadi Palembang,namunkehadirannyaselalu dinantipihakmanajemenmaupun pelatihLaskar WongKito.

Entah seberapaistimewanyapemain asalLiberia ini bagiSFC. Tapi yang pasti, diapemain yang selaluditunggu, meskisebelumnya manajemenSFC pernah mengatakanakan mendepak Eric, jikatak kunjungmenyelesaikan Kartu IjinTinggal Sementara (Kitas)hingga 7 Feberuari lalu.“Kita tunggu Eric inikarena perkembangansejuah ini cukup baik dandipastikan segerabergabung dengan tim.Saat ini Eric sudah tiba diMalaysia pukul satu siang

tadi (kemarin, red),” ujarManajer SFC, Robert Heri.

Dikatakan, saat ini Ericsedang bersama agennya,Eko Soebekti mengurusKitas di Kedutaan Besar

(Kedubes) Indo-nesia di Malay-sia. Paling cepatbutuh waktusatu hari untukmenyelesaikanKitas ini danbaru setelah itubisa memasukikawasan Indo-nesia.

“Kita masihtunggu urusanKitas-nya di Ma-

laysia. Kita akan teruspantau perkembanganya,jika dapat diselesaikan diMalaysia tentu kita akantunggu dia sebab kita jugamasih sangat butuhtenaga Eric,” ungkapKomisaris PT Bukit Asam(BA) ini.

Direktur Keuangan SFC,Augie Bunyamin yangdihubungi terpisahmengungkapkan dia siapmenjemput Eric di Malay-sia, jika kepastian Eric untukberangkat ke Palembangsudah jelas. (cw2)

SFC NgototPertahankan Eric

BANDUNG,SRIPO - BekPelita Bandung Raya(PBR), Nova Ariantomenargetkan timnya bisameraih poin saatbertandang melawanSriwijaya FC di StadionGelora Sriwijaya JakabaringPalembang, Minggu (17/2).

“Yang pasti setelahmengalahkan Persijakemarin, tim lebih percayadiri. Di Palembang,harapannya bisa menang.Kalau tidak, dapat poin,”ujar Nova di Mess PBR diPusdik Ajen Lembang,Kabupaten Bandung Barat,Kamis (14/2).

Melawan Sriwijaya FC,dirinya akan melawanmantan timnya, karenamusim lalu bermain diSriwijaya FC dan membawaLaskar Wong Kito menjadijuara Liga Super Indonesia.

“Saya tetap profesional

saja. Selain itu,Sriwijaya

tidak

sekuatkemarin.Materipemain dangaya permainannya sudahberbeda. Tapi tetap sajaharus waspada, terutamaHilton Moriera. Apalagi,mereka bermain di hadapanpendukungnya,” ujar Nova.

PBR membawa 18pemain ke Palembang.Mereka akan dijadwalkantiba di Bumi Sriwijaya siangini, Jumat (15/2). Parapemain yang dibawaadalah Edi Kurnia, TemaMursadat, Mijo Dadic,Nova Arianto, Angki,Syaifudin, Munadi, DaneMilovanovic, Rizky Pellu.Kemudian Dolly Gultom, MArsyad, Nemanja Obric,Eka Ramdani, Asep

Mulyana, Gaston Castano,Adi Sulistia, GugumGumilar serta RendiSaputra.

Dua pemain andalan PBRdi posisi gelandang sempatsakit beberapa hari lalu.Kondisi kedua pemain inimulai membaik dan bakaldibawa ke Palembanguntuk memperkuatPBR.Kedua pemain iniadalah Eka Ramdani danDane Milovanovic. Saatlatihan di Lapangan PusdikAjen, Lembang kemarin,Dane ikut gim internalselama dua babak.Sementara Eka berlatihterpisah. Pelatih PBR SimonMcMenemy menuturkanDane kini kondisi sudahpulih. “Dia baik-baik saja,”katanya. Sementara Eka,menurutnya baru mulaiberlatih lagi. “Dia barusembuh,” ucap pelatih asalInggris ini. (asa/tribunnews)

Tak SehebatMusim Lalu

SRIPO/SYAHRUL

Eric Weeks Lewis

Tak SehebatMusim Lalu

Nova AriantoNova AriantoIST

Page 24: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013
Page 25: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013

SRIWIJAYA POST

Jumat, 15 Januari 201324

PA L EMBANGPA L EMBANGPA L EMBANGPA L EMBANGPA L EMBANG

ALAT UKUR TANAH

Rental,Jual Beli Thedolite,Wp,Ts, Ser-

vice & Kalibrasi.Hub:0813-6912088810131438B

AHLI SEDOT WC

Sedot Wc Mampet Tgki Bsr Bs Mlm Hri.

HUb:817743/081271780097/582020210130506B

RAJA MAMPET Atasi Wc/Saluran Air

Tsmbat Tnp Di Bongkar.Hub:8630571/

08137805358710130659B

CV.MULTI KARYA “VACUM” Tnk Besar,

Harga Murah.Hub:0812-7873371/0711-

700111910131244B

SERVICE AC

PERDANA SERVICE Ac.Mrh,Brgrnsi,Jual

Beli,Ac Br&Bks,Cci,Prbikn.8880345/

08217992549710131208B

SINAR TEKNIK.Service Ac,Kulkas,Mesin

Cuci,Bergaransi,Hub.0711-710786/

08137363788510130662B

CV.PSM Service Ac,Kulkas,M.Cuci,

Bngkar Pasng AC,Bergrnsi.0813-6891822910131058B

AC Milan Cuci Perbaikan Bongkar

Pasang Ac,dll.Bergaransi.Hub:0812-

7441444710131099B

CV.DITA Teknik Jual & Rental Ac, Prbaikan &

Perawatan Ac,Bergarnsi. 0812-7171119710131183B

SERVICE ELEKTRONIK

Ahli Service Tv,M.Cuci,Kulkas Rusak,

Hub: 7059100/081368918732 (AGUAN)

Lsg Dtg Perbaiki.Grnsi10131127B

Service Tv Bergaransi,Segera Datang.

Hub: Ahok 7010976 /0812783927210131157B

Ahli Spesialis Tv,Kulkas & M.Cuci

Rusak.Hub:AYOUNG:8340105/0813-

68839949 Lsg Dtg Prbaiki.Grnsi10131565B

Ahli Spesialis Service,Tv,M.cuci,Kulkas

Rsak.Hub:APAU 7069694/0811781295

Lsg Dtg Prbaki.Grnsi10131124B

M.Cuci,Kulkas,W.Hiter,Ac,Tv,dll.Hub:Amin

082180975485 Garnsi,Srvice di Tempat10131129B

Ahli Service Kulkas Tertusuk & Kerusakan

Lain,Hub:TEKNIK 90,9 ilir.0711-36722510131431B

KOMPUTER

BEST DATA Cpu P4 3.0 ghz/512/40/mm

dual core,Hub:0711-7376347 / 0812-

781251010131425B

SERVICE MEUBLE

Trima Prbaikan Sofa,K.Tamu,K.Kntr, K.Jati,

Spgbed,Plitur.ATENG 0853-80019585/

08195814050410131747B

ANGKUTAN

Menerima Jasa Angktn Barg Pindhn

Sumatera-Jawa Dgn Armada Truk

510010/08132010849910130681B

ARSITEK

ARCH Studio,Mnerima Jasa Pemb.

Maket,Brosur,Gmbr 3D,Hub:0857-

64340467 / 08239143383810131794B

Bangun Rumah Lux,Genteng Kramik,

Atap Rangka baja,Closet Toto,Br/

Renov. 08218141362910130805B

Bangun Rumah Hemat,Mulai 1,6Jt/m2,

Minimalis/Meditran Bru/Renov. 0812-

7117023910130807B

BUNGA

DIVA FLORIST Sewa Papan Bunga Dan

Jasa Kurir Dlm Kota Plg.Hub:0852-

66699060/787335510130917B

BIRO JASA

J.Pengurusan Pt,Cv,Yysan,Situ, Siup,

Tdp, Iujk,Npwp,Sbu, Ska,Paspor,dll.

081225296001/08217999090710130918B

Pengurusan:PT,CV,SITU,NPWP,SIUP,

TDP,P KP,IUJK,SBU.Perum Griya Cipta

Permai Blok E 07,Jl.Pesantren Tl.Jambe

Plg.0823-7422722710131573B

BENGKEL LAS

Bengkel Las Berlian Trm Trlis,Pgr,

Canopy, Almunium Composiv,Roling

Door.08136774221610130550B

LES PRIVATE

BINTANG PRIVATE:Guru Dtg Ke Rmh,SD,

SMP,SMA,Smua Pljrn,Mengaji,Kmptr &

Design Grafis.Hub:0823-80869093/

0877-9542805310130790B

Menerima Privat Mathematics A-Level Utk

Siap Kuliah LN Hub:0812-784035610131615B

Gemilang Private Sjk’93,Dtg Krmh,MIPA,

B.Ing,Mlks, Tk,Sd,Smp,Sma,Pnglmn.

700551710131095B

RENTAL

RENTAL DAFFA.Avanza,Xenia, Innova.

Hrian/Blanan.Hrg Murah.Hub:0821-

78757676/777007010130253B

ANTARA RENTAL Avanza,Xenia, Innova,

Hrian/Blanan Mulai 200Rb.0813-

4418439510130673B

AGHA RENT,Sewa Mbl Innova,Triton,

Xenia, dll.1Hr=24Jam Mrh.Hub:0813-

6764675410130842B

RENTAL

RAFIT RENTAL.Hr/Bln,Mrh,Terios,All

New Xenia,Luxio.Pu.082176048629/

08195853779910131055B

TNT Rental/Avanza,Xenia,Mlai 250an,

Terios, Innova,APv,Fortuner.Hub: 0813-

73704994/0711-7785511/0896-2704985710131125B

RENTAL KARTINI.Innova,Apv,L200,

Fortuner,Luxio.Hub:0711-710339/

0711-719337/0821-8455335610131126B

C7 Rent Car,Alphard,LC,Dbl Cabin, Avanza,

Xenia,Kuda,Innova,Hrg Bersaing, Dlm/Luar

Kota,bs dg sopir.Hub: 0811-710863410131312B

Mobil Pengantin Mercy”07"08,1Jt(+

Hiasan bunga),Hub:0813-7779499910131581B

ADIFAYU Trans Premium:Menyewakan

Innova,Avanza,Civic,Jazz,Freed,Triton,Ford

Rangers.5449000/0812717200010131088B

Aditya Rent a Car,Innova,Avanza,L300,

D.Cab in ,V ios ,C iv ic ,Freed.0812-

71879999/41679410131090B

DAFFA Rent a Car,Mnywkan Minibus,

sedan Truck,Pu,Dlm/Luar.Kota.0812-

7112002/31125910131092B

CSA RENTAL.Avanza,Xenia,Livina.

Hubungi:08117826515110131757B

DICARI

Dibeli Botol Aqua,Alfa,dan Sejenisnya,

Hrg Rp.150,-/biji.Hub:08136656145510131819B

DIJUAL CEPAT

Town House 2Lt,T90,3Kt,2Km, Dilemabang,

Bs Barter Dg Rmh/Mbl,Tnh,Kpr, Cash.

737600210131189B

Kijang Kapsul LSX Diesel Thn 2000,

Harga 105Jt Nego.Hub:08217575278910131777B

SUMUR BOR

Ahlinya Sumur Bor & Dijamin Anda Tidak

Kecewa.Hubung i :0711-357445/0812-

739378810130562B

BABBY SITTER

Anda Butuh Baby Sitter berpengalaman,

Hub:085367032100 / 08538271559510131813B

PELUANG USAHA

Dicari Pengepul/Supplier Karet Alam.

Hubungi:RUDI 0852-3080993310131796B

PELAMINAN

SEKAR MELATI,Menyewakan Pelaminan

Lkp 3Jt Catering 15rb Perporsi,Hub:

081373937166/872828010131091B

KESEHATAN

Pijat Urut Tradisional Pria/Wanita Lulur

,Khusus Pnggln.Call Mb Diana 0852-

0893552910130561B

KLINIK Perawatan Luka:Kencing Manis,

Borok/Bernanah,Setelah Operasi, Kel-

oid, Tenaga Dokter 0878-6873084110131191B

Pijat Urut Tradisional & Lulur Khusus

Panggilan.hubungi: Mb Liss 0821-

2340040710130653B

MEDDIA HERBAL:Insya Allah Sembuh

Semua Penyakit Berat (Stadium 4)Sdg,

Ringan & Sehat.Hub:0813-68850522/

0816-3236200610130656B

Therapy Urat syaraf,pegel,capek,mslh

kejantanan,jual madu,dll.Didi 0852-

0816946010131363B

Massage Therapy,Reflexy dgn Tenaga

Pria & Wanita Profesional,Call ARY

0853-6682811010131497B

Ayoe Beauty Spa,Pkt Promo,Lulur,Spa,

Steam,Facial,Creambath Rp.100rb,

Jl.Inspektur Marzuki No.41 dkt SMA 11

Pakjo.Hub:081369398806 / 0711-

910496910131835B

DAIHATSU

Baru.Astra Daihatsu R.Stock,Angs 2Jtan

/ Kredit 6Thn.Abunawar 0812788475910131343B

HONDA

CR - V “08 MT,BG,Hitam met ,Ass 220 jt nego

Hub.081368850522 / 08217839543410131164B

MITSUBISHI

Kuda Gls Dsl Merah’00,Ac,Pw, Ps,

Remote,Vr,Br,Mls.Siap Pakai.Hub:0819-

5837196810130967B

NISSAN

Tukar + Mbl All Merk Dengan Mbl Baru

Nissan.Hub:AFRI 0813-7365665410130851B

livina X gera “08 hitam kebiruan nego

Hub.08127837777810130842B

Nissan G Livina,Tdp 40Jtan/Angs.Hmt

2.777.000/bln Hub.Daley Momon Nissan

085380001718/08153252983910130874B

Nissan March Dp 35Jtan / Angs.Ringan

2.777.000/Bln.Hub:Ryan Pagaralam

081367181999/08237721000910130888B

SUZUKI

APV GL’08,Hrg 99 Jt.Dp 15Jt,Angs 3,5Jt

3Th.Hub:08237793325010131650B

TOYOTA

Dijual Cpt Innova “04 G bsn,BG

H.132 j t nego Hub.085368798346/

0853-6797665910131784B

MOBIL DIJUAL

Honda CRV 2.0 AT’2007,Abu Muda Met,

Hrg 218 Jt Nego.Hub:0813-67915768

/ 08136718787110131725B

BU Kjang Super G’94,Pjk Br Byr,Bg

Plg,Br,Vr,Ps,Cd,Ac Dgn,Body Klg Mls Rph

Luar DlmMsn Ok,Sp,Hrg 63Jt Nego.

0812-78033338 BTT10131735B

Daihatsu Charade”93 Siap pakai,Hrg

30Jt Bisa Nego,No SMS,Hub:0813-

7359268510131759B

Terios TS Extra Des.2008 Ex Dokter,KM

60.000,Hitam,Tanpa Perantara,Hp:

0852-6702124210131762B

Hyundai Atoz G Th’2002 Manual BG,

Coklat Met,TP,65Jt.0711-7909517 /

08136777794910131763B

Xenia LI’06(F600RV)Silver,Dvd/TV,AC,

Ban Ok,Mulus,Siap pakai,Interior Rapi,

Hrg 94,5Jt Nego,Hub:0711-783970810131764B

Balik Dp54 Inova”04 sisa 27x4,7Jt.

Avnza Th’4,6’7’8’11,Dp18 Xenia Xi 8’11

Dp 18,Hp:08136700688910131778B

T.Innova G’05 Diesel,Mls,H.165Jt,Timor

DOHC’01,Mls,H.40Jt,Avanza G’10,Ori,

H.138Jt.Taft GT’88 Mls,H.58Jt,Hub:

ARJUNA MOTOR,Jl.Plg-Betung,Hub:

0711-775905210131805B

BMW 318i Th’98 Orisinil semua,Cat

Masih Asli,Hub:0711-4287187 / 0857-

8843437810131806B

Fortuner’08 Dsl,All New Innova Dsl’12,

Avanza’07-12 Dp 25Jt,Yaris’09,CRV

’03&04 Dp 20Jt,Livina X-Gear Dp 15Jt,

Isuzu’10 120 PS.Hub:0813-7350575710131808B

APV Maven GLX’05/06 PS/PW.BG Pjk

Baru,An.Pembeli/AC/Ors/Bth Uang 69Jt/

08526772345510131832B

Zebra PU Th’2004,Rp.24Jt,Pajak,KIR,

Izin Usaha Hidup,Hubungi: 0812-

783081010131786B

KONVEKSI

KONVEKSI KR Km14 Plg,Seragam

sekolah (Kaos Bj.Muslim,Batik)Kmj Krj,

Almamater,Siap Datang Ke Almt.Hub:

0812-7342199910131164B

JUN KONVEKSI.Sblon,Kmeja, Jket,Brdr,

Komp Jkt Trg.Jl.May Sabara(Sekip).

08192776048010131178B

CV.MAILPRO:Trm Order utk Pilkada:

Kaos(Mlai 6rb,Rompi(Mlai 30rb),

Bendera- Jl.Srijaya Negara 195 Bkt

Bsr.08127866540/701624510131784B

LOWONGAN KERJA

P’kmbgn Moz5 Salon Muslimah Yg Pesat

Bth Bny:Terapist,Kasir,Cab.Ps-Ptc

S y r t : M u s l i m a h , S m p / S m a , T d k

Kul,Single,Siap Training,Pnglmn Tdk

Dprlkn,Antr Lsg K Mall Ps Ruko R-

17.9340345/934070910131167B

Dbthkn (1)Pengawas Lapangan (2)D3/

S1 Sipil/Arsitek (1),D3/S1 Akuntansi,

Brpnglmn diBidngny Lmrn Antr Lsg Ke

Htl Grand Malaka,Jl.Malaka 2 No.5 Kntn

Plg.821781/838382410131323B

Dcr utk Dapur & Pelayan,Min SMA.Utk

Blackstone Grill&Coffee,Jl.Let.Arozak,

562663910131324B

Dbthkn Cmo Extra Cash ,Sms

Finance.Hubungi:0813-7313354910131549B

Dbthkn Pria/Wanita Utk Pramuniaga

Mini Market PD.Serasi Way Hitam

Hub:0711-328584310131721B

Dbthkn Sgr 1 org Ksr(W)20s/d26th,Rjn,

Jjr,supel,SMA u/Area Bukit,Hub:

Pangkas Pak Haji 8702989 / 0877-

9474547410131774B

KEHILANGAN

1BPKB Asli Daihatsu/Terios F700RG TX

MT Mob.Pen/Minibus B 1843 MY Tahun

2008 Warna Hitam Metalik,Noka:

MHKG2CJ2J8 K016899,Nosin:

DBA6595, STNK An.PADLAN.10131804B

KOST

MY HOME.Trma Kost Hrn,Mggn,Bln,Fas.

Ac,Tv,Led,Spgbed,Lmr Cc+Gosok.

0823-74739000 Jl.Letda A.Rozak10130676B

Kost Bunga,Bulanan/Harian,Telp:0711-

417027 / 08138000597410131585B

NUGRAHA Kost,Exclusive Khusus

karyawan/tiDekat PS.Hub:0877-

95458866/35932910130486B

D’PARAGON Jaringan Kost Exclsv Fslts

Ala Hotel 2 Lok Strtgs Mulai 150rb/hr-Jt/

Bl RSV:081328885511/8016777

www.dparagon.com10131341B

FAMILY KOST Harian/Bulanan. Jl.Jendral

Sudirman.Hubungi:0711-35341810131507B

RUMAH DIJUAL

Rmh T48,2Kt,1Km,dikbn Bunga,Bs Bar-

ter Dg Rmh/Mbl,Tnh Kpr,Cash.709988810131190B

Rs T 36/80 Dkt Kntr Bupati OI 65Jt Nego.

Hub:081278666422 / 08238049990710131376B

Tp 70,3Kt,1Km,Fas:Pam,Pln, Listrk,Shm,

Kenten Sako Village Blok F No.7

Peminat Hub: 089613441369 (Sms) /

0711-59498010131380B

Lt615m2 Bangunan 170m (Shm),4Kt,

Ruang Tamu,R.Makn,Grsi,Dpur.

Jl.Tombak/Bambu Runcing No.730/38

Rt.008 Rw.003 Sekip Ujung Hub:0812-

80974460 / 0812813437510131716B

Type 45 SHM,Lokasi Strategis,Jl.K.

Bunga Km 9 Plg,Hrg Nego,Hp:0821-

8206399910131807B

Komp.Vila Kebun Bunga,LT.174,Ada

Gas alam,Tlp,Pdam,Garasi,Hrg Nego,

Hp: 08218183795010131822B

Rmh 7x10 LT.12x23 km.9 70m dr jl

skrno hatta simp 4 cck u/ usaha 180jt

081273992399/778070410130643B

perum top rss type 36 LT.72iik m ,blok

D6 no.15 dkt psr induk jbring plg 135

jt nego Hub.08217572081910131215B

Type 54/144 Blk Istana Gubernur Fam-

ily 4 B2,Nego.Hub:081278190111 /

08153234588810131521B

Tal.Keramat Dkt SDN 24 Lb8x7m

Lt287m,Shm,Imb,Pln.Hubungi:0813-

77709492 (TP)10130654B

Rmh 2Lt,3Kt,2Km.Perumnas Sako,Blkg

Ruko Pggr Jl.Simp.Bombat Hrg 500Jt

Dp Bs DiciclHub:0852-6701714010130811B

Rmh Siap Huni,Minimalis,Jl.Mcn Kumbang,

LB/LT.60/120,2KT,3KM,Hub: 0812-

7118892010131613B

Dijual Cepat Rumah Uk.9x12,Shm,

Rp.120Jt Nego.Azhar Kenten Laut

Hub:0853-8345455810131849B

DIJUAL

Dijual Perlengkapan Butik Lengkap+

Isinya Baju,Tas,Sepatu,dll.Hrg 10Jt.

08789753688510131583B

Batu Bata Press Kualitas Baik Antar Ke

Tempat Rp.400 Hub:085381715169/

547495910131652B

Tnh 125m²,Strtgs,SHM,di Kenten 70Jt

Nego & Rmh 8x34m ,90Jt Nego,Hub:

08536774300910131814B

Brangkas merk Ford,T:170,L:70,Berat

1,5ton,Hrg 12Jt,Hub:0711-7368202/

0853-5711877510131479B

TANAH DIJUAL

Lok.Pnggr Jln Lintas Plg Betung Dpn

RSUD Kel.Seterio LT.1.4686m2,Shm,An.

Pmlk,08117403823 TP10130493B

Lt 15x40m2 Ada Bangunan 3 Pnt,Bntk

Toko,Shm.Jl.Kebon Bunga NO.318 Lbh

Krg 300m Dr H.Burlian Hub:0812-813437510131717B

LT.2Ha,SHM,Pinggir Jln PLG-

Prabumulih Km.42 Desa Paya

Kabung,Hp:08137300550010131783B

DISEWAKAN

Tenda,Kursi,Catering,Pelaminan,dll.

Hub:0711-7018544 / 0711-41032510131040B

Segera Dibuka Gedung Serbaguna

Graha Masturah Utk Pernikahan,dll. Harga

Sewa Rp.13.800.000 Hub:0711-530994210131123B

CATERING

NASSYA CATERING 8-10 Lkp 16-18

Spsl, Bns Es Krim & Tnda VIP Mlyn Ctrg

Kntr.8352782 /0813-6723717910131337B

Amanah Catering,u/Rspsi,Aqiqah,Ns

Ktk,Tumpeng,Ns Mnyk,Mnywkn Alt

Ctrg,dll.0711-779705510131678B

BATUBATA

Batubata Kwalitas Baik,Antar Ke tempat.

Hubungi:0711-700205210131603B

Batu Bata Kwalitas Baik,Cetak Press 400

Terima Tmpt Hub:0711-3264400/0711-707285210131537B

MOBIL DIJUAL

jimny Gx’95 Hrga 46Jt Hubungi:0812-

78344796 / 0852-6807871010130490B

CRV a/t’07 Hitam,Bg,Jazz idsi Facelift

’06Silver,BG,Xenia xi Th’08 Hitam

B.Grand Livina Xv’08 Hitam,BG,Avanza

G’08 Hitam,BG,Innova G Bnsn’07

Htm,B.Innova G Bns’05 Hitam B.Innova

G Bensin’04 Silver B.Kijang Krista Dsl’00

Biru,BG.ARTHA MOBILINDO.0711-

312150 / 0815-3283000810131043B

Panther Hi-Grade’99,Hi Sporty’97 ABu-

Abu Met,Kjg Lgx 1.8’99 Bensin,Panther

LV’03 Biru,Kjg Pu’04 Diesel Hitam,

Jazz’06 Vtec,Szk Jimny GX’97 Hitam.

carry Futura Pu’09 Biru,Panther Hi-

Grade 2,3 Mrh’96,Mitsb.L300 Pu’2011

Hitam, carry Futura 1.5’08 Hitam,

KjgKrista’00 Dsl,Silver Panther New Hi-

Grade’99 Coklat Muda.Hubungi: KHARISMA

MOTOR 0711-7920456 / 0711-708176110131187B

Jazz RS MT’08 Mrh/LGX 1,8’02 Htm,BG/

Soluna GLi’2000 Biru.Hub:0812-2597778810131215B

APV SGX’08.110Jt,Kjg SGX’02 105Jt.

Xenia Li’07 103Jt.Terano SGX 70Jt.Hyn

Accend’99 bkn ex taxi 40Jt.Grand Max

MB’08 80Jt.Escudo’96 66Jt.Honda Mae-

stro’90 38Jt.Timor’00 25Jt.Corolla

GL’84 29Jt. PERKASA MOBILINDO:

0711-7390448 / 08218152947310131577B

Kijang LSX D,DB,97,Hrg 85Jt Nego,

Jarang Pakai,Hub:0711-8673633 ,

0813-7367029610131812B

OVER KREDIT

Xenia Sporty”12 Blk Dp 35Jt Nego,sdh

10x sisa 38(x4,1),Merah Marun,Hub:

0811-71687110131773B

Over Kredit Rumah di Komplek Wisata

Danau Tanah Mas Km14,Hub:0813-6707640710131823B

Dijual mbl Carry PU jumbo “05 Balik

DP 32 jt msh 28 bln angs 1 jt/ bln

Hp.082175720819 pemakai10131604B

MOTOR DIJUAL

Dijual Suzuki Fu 150 Scd Th 12 Hrga

13,5Jt Nego.Mio Pth Th 2012 Hrg 9,2Jt

Nego.Hub:0853-8050520010131661B

Mtr Honda Supra Fit”2005 Ckrm 3,8Jt

Nego, Siap pakai,Hub:08526748510110131831B

PT.BFI FINANCE(0711-372580), Penawaran

atas Unit:Yamaha Mio Soul’2010

(BG5811Q & BG6877RL),Yamaha Mio

SOul’09(BG2885AU),Yamaha Mio

CW’2009(BG2880RL),Yamaha Vega

R’2005(BG4381AU),Yamaha Vega

ZR’2010(BG5096RE),Yamaha New Ju-

piter Z CW’2009(BG2186AQ)10131845B

KONVEKSI

CV.Mailpro.Kaos,Jkt,Trg,Tpi,Kmj,K.Bskt,

b.kk,Sbln, Brdr.Jl.Srijaya Ngr Smp.Tmn

Bkt Bsr.7016245/0812786654010131045B

LOWONGAN KERJA

Dibthkn:Pramuniaga,Ksr,Gudang,Kord,

Syrt:Pend.Min SMA/K Sdrjt,Lmrn lgsg

ke MM.KHARISMA,Jl.Kol.H.Burlian

Km 6,5 Puntikayu,Tlp: 0711-42196410131775B

Dbthkn sg r dea le r /agen un t

mmasrkn alat alat rmh tngga,pnghsln

mnguntungkn hub.PT.DIMARCO. 372839

/ 0853-8399385610131604B

Dibutuhkan Sgr:Sopir (Dtg Lsg Ke

Depan Amik Bina Sriwijaya Kertapati)

0711-51388810130878B

Simply Fresh Laundry Kencana Damai,

Bth Kary/ti Min.Sma(Bw Lmrn,CV&Ktp)

0812713683110131370B

Dibutuhkan Karyawan,Min SLTA,

Memiliki Sim C.Lamaran Antar Langsung

Ke PT.PRING PRIMA,Cab.Indralaya di

depan Unsri Indralaya10131604B

Dbthkn koki/waiters 17-25th SMA/K u/

Restoran Jepang,Gj 1,2Jt.087897377766

/08127864948710131609B

PT.TROPIKA MAS Mbthkn:MD &

Motoris,Syrt:Punya Motor,SLTA,

Pengalaman tdk diutamakan,Antar

langsung Jl.Pangeran Ayin Lrg.Damai

56/01 Kenten Laut,Jam 8-10/Telp: 73155510131729B

Dbthkn Terapis Refleksi Ce/Co,Pnglmn/

Tdk,Min.Smp,Max 35Th Pnghsln

Bsr,Lmrn Antr Lsg Ke Ruko Ps Mall

R.035.380135/08576471222710131731B

Dbthkn Sgr:GRO(Guest Relation

Officer),Syrt:Wanita,Min SLTA,Cantik&

Menarik,ramah,energik,Usia Max

25th.Lmrn Antr lsg:Hotel Classic,

Komp.Ruko Rajawali,Jl.Rajawali No.07

PLG,Dgn Bpk Iyan/Emran.10131782B

Dibutuhkan Koki Pindang Pegagan &

Pempek Palembang.Hubungi: 0852-

6701714010131810B

Dicari Sopir Luar Kota,berpengalaman,

Lamaran Lngsg Diantar ke TOKO JAS-

MINE, Jl.Kol Atmo No.4B,Tlp:0711-

700110310131811B

Perusahaan Kosmetik Sdg Berkembang

Berskala Nasional Mmbthkn Tng Sales-

man & Driver Utk L.Kota Area Lampung

Min.Pend.SMA Sim A/B1 Lmrn d/a Lsg Ke

Perum.Pusri Sukamaju Jl.Kampar Blok

N 6 Tlp.0711-825383 KENTEN10131846B

KEHILANGAN

1BPKB Asli Motor Honda,Nopol:BG-

2398 OM,Nosin:JBE2E-1048294,

Noka: MH1JB E211BK046486,No.

BPKB:I-02770427 An.Edi Susanto.10131513B

1BPKB Mtr Honda,Nopol:BG-6036-

ON,Nosin:JF02F-1079475,Noka:

MHIJF0219B K079226,No.BPKB:1-

02773303,An.ROHMAN10131514B

1BPKB Mtr Honda,Nopol BG-6348-

OJ,Nosin:JBC1E-2302743,Noka:

MH1JBC 122BK312385,No.BPKB:I-

01635250,An.Muhammad Taslim.10131515B

SRIWIJAYA POSTJumat, 15 Februari 2013

Page 26: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013

Jumat, 15 Februari 2013 Halaman 23 | SRIWIJAYA POST

PALEMBANG, SRIPO –Manajemen Sriwijaya FCsepertinya ragu untukmelepas pemain bernamalengkap Eric Weeks Lewis.Meski hingga saat ini Ericbelum juga tibadi Palembang,namunkehadirannyaselalu dinantipihakmanajemenmaupun pelatihLaskar WongKito.

Entah seberapaistimewanyapemain asalLiberia ini bagiSFC. Tapi yang pasti, diapemain yang selaluditunggu, meskisebelumnya manajemenSFC pernah mengatakanakan mendepak Eric, jikatak kunjungmenyelesaikan Kartu IjinTinggal Sementara (Kitas)hingga 7 Feberuari lalu.“Kita tunggu Eric inikarena perkembangansejuah ini cukup baik dandipastikan segerabergabung dengan tim.Saat ini Eric sudah tiba diMalaysia pukul satu siang

tadi (kemarin, red),” ujarManajer SFC, Robert Heri.

Dikatakan, saat ini Ericsedang bersama agennya,Eko Soebekti mengurusKitas di Kedutaan Besar

(Kedubes) Indo-nesia di Malay-sia. Paling cepatbutuh waktusatu hari untukmenyelesaikanKitas ini danbaru setelah itubisa memasukikawasan Indo-nesia.

“Kita masihtunggu urusanKitas-nya di Ma-

laysia. Kita akan teruspantau perkembanganya,jika dapat diselesaikan diMalaysia tentu kita akantunggu dia sebab kita jugamasih sangat butuhtenaga Eric,” ungkapKomisaris PT Bukit Asam(BA) ini.

Direktur Keuangan SFC,Augie Bunyamin yangdihubungi terpisahmengungkapkan dia siapmenjemput Eric di Malay-sia, jika kepastian Eric untukberangkat ke Palembangsudah jelas. (cw2)

SFC NgototPertahankan Eric

BANDUNG,SRIPO - BekPelita Bandung Raya(PBR), Nova Ariantomenargetkan timnya bisameraih poin saatbertandang melawanSriwijaya FC di StadionGelora Sriwijaya JakabaringPalembang, Minggu (17/2).

“Yang pasti setelahmengalahkan Persijakemarin, tim lebih percayadiri. Di Palembang,harapannya bisa menang.Kalau tidak, dapat poin,”ujar Nova di Mess PBR diPusdik Ajen Lembang,Kabupaten Bandung Barat,Kamis (14/2).

Melawan Sriwijaya FC,dirinya akan melawanmantan timnya, karenamusim lalu bermain diSriwijaya FC dan membawaLaskar Wong Kito menjadijuara Liga Super Indonesia.

“Saya tetap profesional

saja. Selain itu,Sriwijaya

tidak

sekuatkemarin.Materipemain dangaya permainannya sudahberbeda. Tapi tetap sajaharus waspada, terutamaHilton Moriera. Apalagi,mereka bermain di hadapanpendukungnya,” ujar Nova.

PBR membawa 18pemain ke Palembang.Mereka akan dijadwalkantiba di Bumi Sriwijaya siangini, Jumat (15/2). Parapemain yang dibawaadalah Edi Kurnia, TemaMursadat, Mijo Dadic,Nova Arianto, Angki,Syaifudin, Munadi, DaneMilovanovic, Rizky Pellu.Kemudian Dolly Gultom, MArsyad, Nemanja Obric,Eka Ramdani, Asep

Mulyana, Gaston Castano,Adi Sulistia, GugumGumilar serta RendiSaputra.

Dua pemain andalan PBRdi posisi gelandang sempatsakit beberapa hari lalu.Kondisi kedua pemain inimulai membaik dan bakaldibawa ke Palembanguntuk memperkuatPBR.Kedua pemain iniadalah Eka Ramdani danDane Milovanovic. Saatlatihan di Lapangan PusdikAjen, Lembang kemarin,Dane ikut gim internalselama dua babak.Sementara Eka berlatihterpisah. Pelatih PBR SimonMcMenemy menuturkanDane kini kondisi sudahpulih. “Dia baik-baik saja,”katanya. Sementara Eka,menurutnya baru mulaiberlatih lagi. “Dia barusembuh,” ucap pelatih asalInggris ini. (asa/tribunnews)

Tak SehebatMusim Lalu

SRIPO/SYAHRUL

Eric Weeks Lewis

Tak SehebatMusim Lalu

Nova AriantoNova AriantoIST

Page 27: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013
Page 28: Sriwijaya Post Edisi Jumat 15 Februari 2013

JUMAT, 15 FEBRUARI 2013 | MENSANA IN CORPORESANO | HALAMAN 28

Negosiasikan Kontrak BaruAGEN Stephan El Shaarawy, Roberto La Florio,diberitakan Football Italia tengah menegosiasikan

kontrak baru kliennya itu dengan AC Milan. Keduapihak disebut akan menyepakati kontrak baru yang

berlaku hingga Juni 2018. Milan disebut akanmeningkatkan nilai gaji El Shaarawy menyusul gol-

golnya pada musim ini. Selama Serie-A 2012-2013,sejauh ini, El Shaarawy telah bermain 24 kali dan

mencetak 15 gol serta 3 assist. (asa/kc)

MADRID, SRIPO –Sempat tertinggal, RealMadrid bisa memaksakanhasil imbang 1-1 kepadaManchester United (MU)berkat gol CristianoRonaldo pada leg pertama16 besar Liga Championsdi Santiago Bernabeu,Kamis (14/2) dini hari WIB.Bagi MU, satu gol itubernilai positif mengingatmasih ada leg kedua yangakan digelar di OldTrafford pada 5 Maret 2013.

MU unggul lebih dulumelalui Danny Welbeckpada menit ke-19. Daritengah kotak penalti, iamenyundul bola hasiltendangan sudut WayneRooney ke sudut kiribawah gawang DiegoLopez. Madridmenyamakan kedudukan

Banyak Peluang Terbuangmelalui Cristiano Ronaldopada menit ke-29. Sebuahumpan silang dari AngelDi Maria di sektor kiripertahanan MU disundulRonaldo ke sudut kiribawah gawang De Gea.

Madrid mengambilinisiatif menyerang danmampu menekan MU.Namun, mereka kesulitanmenuntaskan serangandengan eksekusiberbahaya. Pada menitkedua dan keenam,misalnya Sami Khediramelepaskan tembakanyang meleset dan FabioCoentrao melihat bolahasil sundulannya ditepisDavid De Gea.

Di tengah tekananMadrid, MU melancarkansejumlah serangan balik.Usaha tersebut banyak

patah di tengah jalan.Rooney mencobamemecah kebuntuandengan melepaskantembakan jarak jauh padamenit ke-13, yang bisadiamankan Diego Lopezsetelah mengenaiWelbeck. Semenit setelahtembakan Mesut Oezildiblok Phil Jones, MUmelancarkan seranganyang berujung tendangansudut dan mendapatkanhasil maksimal berkatsundulan Welbeck.

Madrid bereaksi cepatterhadap gol itu denganmengalirkan seranganyang berakhir dengantembakan Angel Di Mariapada menit ke-23. Namun,De Gea lagi-lagi mampumenepisnya. Madrid terusmempertahankan

tekanannya hinggaakhirnya mendapatkangol dari Ronaldo padamenit ke-29. Ronaldo takmerayakan gol sepertibiasa. Ia hanyamengangkat tangan kearah suporter Madriddengan ekspresi wajar.

Setelah gol Ronaldo,pertandingan tampaksemakin terbuka. Keduakubu melancarkanserangan yang berpotensimembuahkan gol. Padamenit ke-34, misalnya, VanPersie melepaskan umpansilang, yang gagaldijangkau Welbeck. Semenitkemudian, memanfaatkantembakan Shinji Kagawayang terblok, Rooneymenembakkan bola yangmeleset ke sisi kanangawang.

Menjelang menit ke-40,Madrid meningkatkanagresivitasnya. Nyaristanpa terancam, Madridbisa mempertahankantekanan, tetapi gagalmenambah gol hinggapeluit tanda turun minumberbunyi. MU mengambilinisiatif menyerang dibabak kedua. Seranganmereka beberapa kalikandas, sampai akhirnyaPhil Jones menyundulbola, yang melesat ke atasgawang pada menit ke-47.Madrid kembali bereaksidengan melancarkanserangan yang berujungtembakan Ronaldopada menit ke-47, yangbisa dijinakkan De Gea.

Kedua kubukemudian bertukarserangan, tetapi tak

ada gol tambahan hinggapeluit panjang berbunyi.Sepanjang laga, menurutcatatan UEFA, Madridmenguasai bola sebanyak55 persen dan melepaskan14 tembakan akurat dari28 usaha, sementara MUmenciptakan sembilanpeluang emas dari 13percobaan. Hasil legpertama ini disikapiPelatih Real Madrid, JoseMourinho denganoptimisme tinggi.

“Peluangkami

cukup banyak untukmencetak lebih dari satugol. Kami mendominasipertandingan. Kami pastibisa mencetak gol di OldTrafford,” kata Mourinho.

Terlepas dari optimismeMou, hasil imbang diSantiago Bernabeu,berpotensi menjadipemantik malapetakauntuk El Real. Sebaliknya,hasil seri itu berpotensimembawa suka cita bagiManchester United.Berdasar catatan OptaSports, Real Madrid kerapdilanda bencana setelahmeraih hasil imbang padaleg pertama. Dari 12skenario hasil imbangyang diraih, pasukan ibukota Spanyol tersingkir

sebanyak 11 kali. (asa/kc)

DUBAI, SRIPO – AnaIvanovic berhasilmelenggang mulus kebabak ketiga setelahlawannya di babak kedua,Simona Halep, mundur diset kedua Qatar Terbuka.Set pertama pertandinganyang berlangsung di Inter-national Tennis and SquashComplex menjadi milikIvanovic dengan skor 6-3.

Di lain pihak, VictoriaAzarenka membuka asauntuk dapatmempertahankan gelarjuara. Berstatus juarabertahan turnamen QatarTotal Open 2013, diamengawali langkahnyadengan mulus usaimenumbangkan RominaOprandi sehingga berhaklolos ke babak ketiga.Azaranke mengalahkanOprandi dua set langsung,6-2, 6-2, denganpertarungan yangberlangsung selama satujam 12 menit. Di babakberikutnya, Azarenka akanmenghadapi tantangandari Christina McHale,yang mengalahkan LucieSafarova di babak kedua.

Sementara Serena Will-iams langsung tampiltrengginas setelah pulihdari cedera pergelangan

Ivanovic Melenggang

kaki dan punggung. Dibabak kedua, Selasa (12/2),Serena meremukkan DariaGavrilova dari Rusiadengan skor 6-2 dan 6-1 diKompleks TenisInternasional Khalifa, Doha.

Seakan tak ada jejakrasa sakit akibat cederapada ajang AustraliaTerbuka, bulan lalu,Serena kembali tampildengan servis-serviskeras. Gavrilova yangmerupakan petenis daribabak kualifikasi harusberusaha keras

mengembalikan bolaservis itu. Bola-bolatanggung hasilpengembalian Gavrilovalangsung dipukul Serenake sudut yangberlawanan dengan posisipetenis Rusia itu.Berulang kali petenisranking 160 dunia itudibuat pontang pantingdengan penempatanakurat Serena.

Di set pertama, Serenalangsung unggul 4-2 danmenyudahi set itu denganskor 6-2. Di set kedua,Serena melaju cepat danunggul dengan 5-0 lalumemenangi laga denganskor 6-1 dan melenggangke babak ketiga. “Sayagembira dengankemenangan ini. Sayamendapat plester yangkuat di bagian tubuh yangcedera sehingga semuaterasa baik-baik saja.Semoga saya dapatkembali ke tingkatpermainan saya,” katapetenis ranking dua duniaitu. Serena mengaku, jikaplester itu tidak lepas, diatidak merasa sakit. Secarafisik, Serena merasa lebihbaik dan berharap dapatterus main bagus sampaifinal. (asa/kc/tribunnews)

“Saya gembiradengan

kemenangan ini.Saya mendapat

plester yang kuatdi bagian tubuh

yang cedera,sehingga semuaterasa baik-baik

saja. ,”

Serena Williams

Sevilla Belum Bayar Gaji PemainSEVILLA, SRIPO – Sevillamengakui belum membayar gaji11 pemain dan akan mencicil 3juta euro (sekitar Rp 35 miliar),sementara total utangnyamencapai 42 juta euro (sekitar Rp500 miliar). Hal itu terpaksadiakui oleh Presiden Sevilla JoseMaria del Nido. Beberapa pemainharus menunggu klub kawasanAndalusia itu melunasi apa yangtelah menjadi hak penggawanya.

“Saya bertemudengan 11 pemain yangpembayaran gajinyatertunda. Nilainyamencapai 42 juta euro,tetapi baru akandibayarkan 3 juta euro,”papar Del Nido. Hebatnya,sang presiden optimistisklubnya akan terhindar darisanksi skors UEFA. “Bahayahukuman dari kompetisi Eropa nol

persen,” tandasnya.Fakta itu terungkap

hanya beberapa bulansetelah klub Liga BBVA

lainnya, Malaga, dikenaisanksi skors setahun dari

kompetisi Eropa, setelahgagal membayarkan gaji

para penggawa, termasukstaf pelatihnya. Sanksi skors

Malaga bakal berlaku mulaimusim depan. (asa/kc)

DONETSK, SRIPO –Borussia Dortmund suksesmenahan tuan rumahShakhtar Donetsk 2-2 padaleg pertama 16 besar LigaChampions di StadionDonbass Arena, Kamis (14/2) dini hari WIB. Dortmundmemiliki rekor bagussebagai satu-satunya wakilJerman yang sanggupmenang di kandangS h a k h t a r dalamempatpertandingan.Selain itu, DieSchwazgelbentak pernahterkalahkan ketikaberhadapan dengan timUkraina. Dalam enampartai, Dortmund merauplima kemenangan.

Armada Mircea Lucescumendulang gol padamenit ke-31. Sepakanbebas kaki kanan kaptenDarijo Srna membuat Ro-man Weidenfeller taklukdan klub Ukraina itu pununggul 1-0. Empat menitjelang turun minum,Dortmund sanggupmembalas. Melaluiumpan tarik Goetze,Lewandowski membayarkegagalannya pada awalparuh pertama. StrikerPolandia sebenarnyagagal pada kesempatanpertama, namun bola liar

Tradisi Apik Die SchwazgelbenJerman, Mats Hummels,dan menyodorkan umpankepada Mkhitaryan.Sepakanya menjanjikan,namun Felipe Santanamenjadi martir Dortmunddengan mengeblok bola.

Pada menit ke-62, Dou-glas Costa dimasukkanLucescu untukmenggantikan gelandangserang Taison. Hasilnyalumayan manjur. Enammenit kemudian, bolapanjang ke pertahanan

Dortmund membuatHummels keteteran.Costa sanggupmenguasai bola

dengan brilian. Meskidibayangi Marcelo

Schmelzer, ia berhasilmenyepak keras bola kepojok gawang, danmembuat Weidenfellertak bisa berbuat apa-apa.Shakhtar pun unggul 2-1.

Upaya pasukan JuergenKlopp baru maksimalsaat waktu normaltinggal 3 menit. Umpanlambung nan matangdari Schmelzermemudahkan Hummelsmenanduk bola,sekaligus membuatPyatov terpedaya.

Hasil imbang 2-2ternyata bertahan hinggawasit Webb meniupkanpeluit panjang. (asa/kc)

ISTAna Ivanovic

ISTEl Shaarawy

gagal diamankanFernandinho dan DmytroChyrgynskiy. Tanpaampun, Lewandowskimenceploskan bolasekaligus menundukkanPyatov.

Saat babak pertamadiakhiri Webb, Dortmund

memiliki tujuh sepakan kegawang, dengan lima diantaranya disia-siakanBlaszczykowski.

Tujuh menit seusai jeda,Shakhtar mendapatkanpeluang melalui LuizAdriano. Ia mampu berkelitdari bek internasional

Borussia Dortmund

IST

Real Madrid vs Manchester UnitedIST

Ana Ivanovic