Spanduk CorelDRAW X4

of 5 /5
1. Pengenalan CorelDRAW X4 A. Pengertian CorelDRAW X4 adalah sebuah program aplikasi komputer grafis berbasis vektor. CorelDRAW X4 merupakan lanjutan aplikasi dari versi sebelumnya. B. Area Kerja CorelDRAW X4 2. Pembuatan Spanduk A. Macam-macam spanduk a. Spanduk Kegiatan adalah spanduk yang digunakan untuk menunjang suatu kegiatan. Misalnya kegiatan seminar, workshop dan lain sebagainya. b. Spanduk pengumuman/baliho adalah spanduk yang diperuntukkan mengumumkan sesuatu hal atau berupa iklan. B. Elemen penting spanduk a. Meliputi 5W +1 H b. Eye catching(fokus penglihatan) pada nama kegiatan dan tema 3. Pembuatan spanduk dengan menggunakan CorelDRAW X4 1. Klik START 2. Pilih CorelDRAW Graphic Suite X4 dan klik CorelDRAW X4 3. Tentukan ukuran spanduk. Misalnya 3 x 1 dengan cara pilih custom, width 3 dan heigh 1 dan units meters. 4. Setelah itu klik ikon (Rectangle Tool) di toolbox dan blok hingga seluruh area kerja. Standard Menu Bar Property Bar Status Bar Area Kerja Toolbox

Embed Size (px)

Transcript of Spanduk CorelDRAW X4

1. Pengenalan CorelDRAW X4 A. Pengertian CorelDRAW X4 adalah sebuah program aplikasi komputer grafis berbasis vektor. CorelDRAW X4 merupakan lanjutan aplikasi dari versi sebelumnya. B. Area Kerja CorelDRAW X4

Property Bar

Standard

Menu Bar

Toolbox

Status Bar

Area Kerja

2. Pembuatan Spanduk A. Macam-macam spanduk a. Spanduk Kegiatan adalah spanduk yang digunakan untuk menunjang suatu kegiatan. Misalnya kegiatan seminar, workshop dan lain sebagainya. b. Spanduk pengumuman/baliho adalah spanduk yang diperuntukkan mengumumkan sesuatu hal atau berupa iklan. B. Elemen penting spanduk a. Meliputi 5W +1 H b. Eye catching(fokus penglihatan) pada nama kegiatan dan tema 3. Pembuatan spanduk dengan menggunakan CorelDRAW X4 1. Klik START 2. Pilih CorelDRAW Graphic Suite X4 dan klik CorelDRAW X4 3. Tentukan ukuran spanduk. Misalnya 3 x 1 dengan cara pilih custom, width 3 dan heigh 1 dan units meters.

4. Setelah itu klik ikon

(Rectangle Tool) di toolbox dan blok hingga seluruh area kerja.

5. Setelah itu klik Tool Fill dan Pilih Fountain Fill, selanjutnya tentukan Type : Linear, Color Blend : Custom, dan pilih warna bagian kedua sisi Moon Green dan tengah Green.

Fill

6. Langkah selanjutnya membuat background dengan cara klik menu Text dan pilih Insert Symbol Character, Font : Wingdings.

7. Klik salah satu bentuk, contoh bentuk , lalu klik dan Insert. Putar hingga membentuk sudut 314,5 dan lalu copy paste objek tersebut dan selanjutnya Mirror Horizontally serta Mirror Vertically.

8. Klik toolbox dan klik di bagian seperti dalam gambar, lalu ketik Pelatihan CorelDRAW X4 dengan font Arial Rounded, ukuran 288 pt.

9. Kliklah pada tulisan tersebut, klik Copy di Standart tool dan paste di sebelahnya dan geser ke bawah lalu ganti tulisan tersebut dengan Untuk Spanduk dan Pamflet dengan cara mengklik dua kali cepat pada tulisan tersebut.

10. Klik icon Import di Standart Tool dan cari file import file.cdr di My Document. Dan klik Import lalu ubah ukurannya supaya pas dengan spanduknya.

11.

Lakukanlah seperti no. 8 dengan cara mengcopy paste objek dan gantilah tulisannya menjadi Narasumber : Nurfaudin Sidik dengan font Eras Demi dengan warna Biru, Right Alignment.

12.

Setelah itu klik rectangle tool dan bikin kotak seperti dalam gambar, dengan masing-masing sudut 45 derajat berwarna putih dan outline hitam. Letakkan di bawah logo KISMIS.

13. Terakhir copy paste tulisan Untuk Spanduk dan Pamflet dan ganti seperti langkah sebelumnya dengan kata Wisma Immawati, 2 Januari 2011. Letakkan di tengah kotak tersebut di atas.