Soal-soal Ujian Sim

of 68 /68
1 SOAL-SOAL UJIAN SIM I. Ketentuan-ketentuan umum tentang lalu lintas 1. Sebagai pengemudi, Anda diharapkan memahami hal ihwal, maksud, dan tujuan peraturan lalu lintas. Oleh karenanya, setiap pengemudi diwajibkan untuk: a. Mematuhi peraturan perundang-undangan lalu lintas. b. Mempunyai kondisi mental yang baik serta menghargai jiwa orang lain, mempunyai jiwa saling mengalah, memiliki perasaan tanggung jawab dan jangan terlalu percaya terhadap kecakapan mengemudi sebelum banyak pengalaman. c. Semua faktor tersebut pada a dan b di atas. 2. Anda akan termasuk kategori pengemudi yang baik, apabila : a. Mengendarai mobil dengan hati-hati. b. Mengendarai mobil dengan ketrampilan tinggi. c. Dapat mengendalikan diri, tidak cepat naik darah/emosi, mempunyai rasa lapang dada dan kepala dingin dalam segala situasi serta memiliki ketrampilan mengemudi yang tinggi. 3. Bagaimana sikap yang baik bagi setiap pengemudi kendaraan bermotor di jalan ? a. Berjalan selalu berhati-hati dan pelan-pelan. b. Selalu memperhatikan tindakan salah dari pemakai jalan lain. c. Mengutamakan keselamatan lalu lintas dan bukan kepentingan pribadi. 4. Pernyataan di bawah ini mana yang benar ? a. Jalan-jalan dibangun hanya untuk kepentingan kendaraan bermotor. Untuk itu, pengguna lalu lintas lain harus memberi jalan terlebih dahulu. b. Setiap pemakai jalan wajib mematuhi peraturan umum tentang lalu lintas jalan. c. Jalan-jalan juga difungsikan sebagai tempat jualan sehingga kendaraan bermotor harus memberi tempat untuk itu. 5. Apakah kemampuan mengendalikan mobil bagi pengemudi akan berkurang apabila ia minum alkohol dengan dosis tertentu meskipun hanya sedikit? a. Ya, dosis yang diminum sedikit-sedikit dapat memengaruhi kemampuan untuk mengemudi. b. Tidak, karena ia tidak menjadi mabuk. c. Tidak, karena ia sudah biasa minum alkohol. 6. Selain minuman alkohol, apalagi yang memengaruhi kemampuan pengemudi? a. Narkotika dan obat-obatan. b. Suplemen multivitamin. c. Jamu tradisional.

Embed Size (px)

Transcript of Soal-soal Ujian Sim

SOAL-SOAL UJIAN SIMI. Ketentuan-ketentuan umum tentang lalu lintas1. Sebagai pengemudi, Anda diharapkan memahami hal ihwal, maksud, dan tujuan peraturan lalu lintas. Oleh karenanya, setiap pengemudi diwajibkan untuk: a. Mematuhi peraturan perundang-undangan lalu lintas. b. Mempunyai kondisi mental yang baik serta menghargai jiwa orang lain, mempunyai jiwa saling mengalah, memiliki perasaan tanggung jawab dan jangan terlalu percaya terhadap kecakapan mengemudi sebelum banyak pengalaman. c. Semua faktor tersebut pada a dan b di atas. 2. Anda akan termasuk kategori pengemudi yang baik, apabila : a. Mengendarai mobil dengan hati-hati. b. Mengendarai mobil dengan ketrampilan tinggi. c. Dapat mengendalikan diri, tidak cepat naik darah/emosi, mempunyai rasa lapang dada dan kepala dingin dalam segala situasi serta memiliki ketrampilan mengemudi yang tinggi. 3. Bagaimana sikap yang baik bagi setiap pengemudi kendaraan bermotor di jalan ? a. Berjalan selalu berhati-hati dan pelan-pelan. b. Selalu memperhatikan tindakan salah dari pemakai jalan lain. c. Mengutamakan keselamatan lalu lintas dan bukan kepentingan pribadi. 4. Pernyataan di bawah ini mana yang benar ? a. Jalan-jalan dibangun hanya untuk kepentingan kendaraan bermotor. Untuk itu, pengguna lalu lintas lain harus memberi jalan terlebih dahulu. b. Setiap pemakai jalan wajib mematuhi peraturan umum tentang lalu lintas jalan. c. Jalan-jalan juga difungsikan sebagai tempat jualan sehingga kendaraan bermotor harus memberi tempat untuk itu. 5. Apakah kemampuan mengendalikan mobil bagi pengemudi akan berkurang apabila ia minum alkohol dengan dosis tertentu meskipun hanya sedikit? a. Ya, dosis yang diminum sedikit-sedikit dapat memengaruhi kemampuan untuk mengemudi. b. Tidak, karena ia tidak menjadi mabuk. c. Tidak, karena ia sudah biasa minum alkohol. 6. Selain minuman alkohol, apalagi yang memengaruhi kemampuan pengemudi? a. Narkotika dan obat-obatan. b. Suplemen multivitamin. c. Jamu tradisional.

1

7. Seorang pengemudi bis umum yang membawa 60 (enam puluh) pemumpang dari Jakarta ke Semarang kelelahan, kemudian ia meyuruh kondekturnya yang memiliki SIM-B1 membawa bis tersebut, sedangkan pengemudi bis tadi duduk di sebelahnya untuk mengawasi. a. Perbuatan pengemudi tersebut dibenarkan karena alasan terpaksa. b. Perbuatan terpaksa tersebut adalah salah, menurut perundang-undangan lalu lintas. c. Perbuatan pengemudi dapat dibenarkan, bila ia dapat mengawasi dan menguasai kondektur bis tadi. 8. Pemakai jalan yang perlu mendapat perhatian dan kewaspadaan khusus dari seorang pengemudi adalah : a. Truk yang membawa muatan berat. b. Anak-anak yang bermain di jalan. c. Pejalan kaki yang cacat. 9. Bagaimana seharusnya sikap yang terpuji dari setiap pengemudi? a. Sedemikian rupa sehingga mengalah dan berjalan di pinggir jalan. b. Sedemikian rupa sehingga keselamatan dan keamanan lalu lintas selalu diutamakan. c. Memperhatikan kepandaian mengemudi kepada pemakai jalan lain. 10. Sebagai pemilik SIM-A, Anda dapat mengemudikan : a. Mobil pemumpang dan kendaraan beroda dua. b. Mobil beban dan mobil Bis yang beratnya 2000 Kg. c. Mobil beban dan mobil Bis dengan jumlah beratnya yang diperbolehkan kurang dari 2000 Kg, serta mobil penumpang. 11. Dengan memiliki SIM-A, Anda boleh mengemudikan mobil beban apabila : a. Mobil beban itu dapat dimuati barang yang lebih dari 2000 Kg, tetapi dalam keadaan kosong pada waktu akan dikemudikan. b. Mobil beban itu mempunyai jumlah berat yang diperbolehkan kurang dari 2000 Kg. c. Mobil beban itu menarik kereta gandengan dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 1000 Kg. 12. Setelah SIM daluwarsa/habis masa berlakunya, maka agar jangan sampai melanggar ketentuan tentang penggantian SIM, seharusnya Anda : a. Mengajukan permohonan baru setelah 1 bulan daluwarsa. b. Dalam waktu 2 minggu mengajukan permohonan baru dan menyerahkan kembali SIM yang kadaluwarsa. c. Dalam waktu 1 minggu mengajukan permohonan baru. 13. Anda melanggar ketentuan undang-undang lalu lintas apabila : a. Memiliki 2 golongan SIM; yaitu SIM-A dan SIM B-I. b. Memiliki 2 golongan SIM; yaitu SIM-C dan SIM-A. c. Memiliki 2 golongan SIM; yaitu SIM B-II dan SIM-C.

2

14. Sebagai pemilik SIM B-I, Anda boleh mengemudikan : a. Mobil beban dengan kereta gandengan dengan jumlah berat yang diperolehkan lebih dari 1000 Kg. b. Mobil beban dengan kereta gandengan dengan jumlah berat yang diperbolehkan 1000 Kg atau kurang. c. Mobil beban dengan kereta gandengan dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 1000 Kg dalam keadaan kosong. 15. Sebagai pemilik SIM B-I, dapatkah Anda mengemudikan sebuah mobil berbeban lebih dari 2000 Kg dan menarik kereta gandengan dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 1000 Kg, apabila kendaraan dimaksud tidak dimuati barang/kosong pada waktu dijalankan ? a. Diperbolehkan. b. Tidak diperbolehkan. c. Tidak dilarang. 16. Sebagai pemilik SIM-C, Anda dapat mengemudikan : a. Sepeda motor Solo atau sepeda motor dengan kereta samping. b. Hanya sepeda motor tanpa kereta samping yang dapat bergerak dengan kecepatan 35 Km atau lebih. c. Hanya sepeda motor dengan kereta samping. 17. Pengemudi mobil pemumpang umum atau taksi sebelum memperoleh SIM; harus memenuhii persyaratan pokok, antara lain: a. Berusia tidak kurang dari 25 tahun, memiliki kesehatan badan dan rohani yang baik, mental, dan berwatak baik, terampil menjalankan kendaraan dan patuh kepada peraturan lalu lintas. b. Berusia tidak kurang dari 21 tahun, memenuhi persyaratan kesehatan badan dan rohani, memahami dan patuh kepada peraturan lalu lintas, bermental/berwatak yang mencerminkan rasa tanggung jawab atas keselamatan penumpang dan pemakai jalan lain, mengetahui daerah operasi kendaraan, terampil mengemudikan dan mengikuti ujian SIM; oleh Polri. c. Usia boleh kurang dari 21 tahun asalkan memenuhi persyaratan kesehatan badan dan rohani, trampil mengemudi. 18. Dalam buku uji (STUK) sebuah Pick Up pribadi tercantum : - Berat kendaraan : 1400 Kg - Daya angkut pemumpang : 3 Orang : 450 Kg - Daya angkut barang Pengemudi Pick Up tersebut harus memiliki SIM : a. SIM-A. b. SIM B-I. c. Boleh SIM A atau SIM B-I.

3

19. Untuk mengemudikan sebuah mobil Colt L 300 pribadi dengan model mini bis dan terdiri dari 4 baris tempat duduk untuk 10 pemumpang dan 1 pengemudi, maka pengemudinya harus memiliki SIM : a. SIM A. b. SIM B-I. c. Belum dapat ditentukan, melihat jumlah berat yang diperbolehkan dulu dalam buku uji (STUK). 20. Yang dimaksud dengan STNK dan STCK, adalah : a. Surat Nomor Kendaraan dan Surat Coba Kendaraan. b. Surat Tanda Nomor Kendaraan dan Surat Tanda Coba Kendaraan. c. Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor. 21. Dapatkah STNK digunakan oleh orang yang bukan pemilik kendaraan yang bersangkutan ? a. Diperolehkan. b. Tidak diperbolehkan. c. Diperbolehkan asalkan menggunakan kendaraan yang sesuai dengan catatan dalam STNK. 22. STNK, akan tidak sah lagi : a. Apabila kendaraan bermotor itu diubah sedemikian rupa sehingga berlainan dengan catatan yang ada pada STNK, atau sesudah jangka waktu 2 (dua) bulan terhitung dari saat ke daerah kekuasaan lain. b. Sesudah 2 (dua) bulan terhitung dari saat pemilik STNK sudah tidak lagi menjadi pemilik kendaraan itu. c. Dua ketentuan di atas adalah benar. 23. Plat nomor kendaraan bermotor dianggap sah apabila : a. Dibuat oleh masing-masing pemilik kendaraan bermotor, asalkan sesuai dengan persyaratan Undang-undang. b. Diperoleh dari Polisi lalu lintas yang mengeluarkan STNK dan pelat nomor. c. Dibuat sendiri sambil menuggu pelat nomor asli dari Polisi. 24. SIM apa yang Anda perlukan jika hendak mengemudikan sepeda motor 350 CC dengan kereta samping ? a. b. c. SIM A. SIM C. SIM D.

4

25. Pemasangan pelat nomor pada kendaraan bermotor bukan sepeda motor menurut Undang-undang adalah : a. 1 (satu) dibagikan depan sejajar dengan sumbu roda, sedangkan satu lagi di bagian belakang sebelah kanan atau pada tempat yang telah disediakan oleh pabrik kendaraan sedemikian rupa sehingga pelat nomor itu selalu tampak dengan jelas dan isinya terbaca sekalipun pada malam hari. b. Dipasang di atas kap mobil supaya kelihatan lebih jelas. c. Dipasang sedemikian rupa sehingga dapat terbaca maksimal 10 meter. 26. Menurut Undang-Undang, maka penggunaan Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor atas nama dealer/assembler dibatasi sebagai berikut : a. Tidak boleh digunakan dari 7 (tujuh) hari oleh orang yang sama. b. Tidak boleh mengangkut barang atau mengangkut orang dengan imbalan bayaran. c. Kedua ketentuan di atas adalah benar. 27. Daerah dan masa berlakunya Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor (STCK) menurut Undangundang yang berlaku adalah : a. Seluruh Indonesia masa berlaku 1 tahun. b. Seluruh Indonesia dengan masa berlaku selama pemilik/pemegang masih melakukan usahanya didalam daerah dimana STCK itu dikeluarkan. c. Seluruh Indonesia dengan masa berlaku 5 tahun. 28. Perbedaan fungsi antara STNK dan STCK di atas menurut Undang-Undang sebagai berikut : a. STNK berlaku hanya untuk 1 (satu) kendaraan terntentu yang sesuai dengan catatan-catatan yang tercantum di dalam STNK, sedangkan STCK yang dipegang oleh dealer/asembler dapat digunakan secara giliran bagi berbagai kendaraan yang akan dicoba. b. STNK berlaku hanya untuk 1 (satu) kendaraan tertentu yang sesuai dengan catatan-catatan yang tercantum dalam STNK demikian juga STCK. c. STNK dan STCK mempunyai fungsi yang sama dan berlaku untuk 1 tahun. 29. STNK dan pelat nomor yang sah dari luar negeri : a. Tetap berlaku dan dapat digunakan di negeri kita. b. Dapat digunakan di negara kita, asal sudah lapor pada POLRI. c. Tidak berlaku di negara kita, kecuali STNK dan pelat nomor internasional. 30. STNK selalu terkait dengan : a. Kendaraan bermotor, orang tertentu dan daerah di mana kendaraan itu menetap. b. Seorang dan kendaraan bermotor. c. Orang tertentu dan daerah di mana kendaraan itu menetap. 31. Pelat Nomor harus dipasang pada setiap kendaraan bermotor yang berada di jalan umum. Ketentuan ini berlaku juga bagi : a. Kendaraan yang sedang ditarik karena mogok rusak dan sebagainya di jalan umum. b. Kendaraan bermotor yang sedang diparkir di halaman rumah. c. Kendaraan bermotor yang sedang dicoba di sirkuit balap. 5

32. Setiap pemilik kendaraan bermotor harus mempunyai Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) sebagai tanda kepemilikan untuk kepentingan pemilik, maka : a. Buku Pemilik Kendaraan Bermotor senantiasa harus dibawa apabila berada di jalan umum. b. Buku Pemilik Kendaraan Bermotor senantiasa harus disimpan baik-baik di rumah. c. Buku Pemilik Kendaraan Bermotor selalu harus disimpan dalam kendaraan. 33. Surat-surat yang harus dapat diperlihatkan oleh setiap pengemudi kendaraan di jalan apabila diperiksa oleh yang berwajib adalah : a. KTP, SIM, dan Surat Uji kendaraan. b. SIM atas nama pengemudi STNK atau STCK dan atau STUK kendaraan yang dikemudikan. c. SIM sementara, STNK kendaraan tersebut atau STCK. 34. Pada waktu Anda mengemudikan mobil beban umum dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 2000 Kg, yang diisi penuh barang/muatan maka Anda harus dapat menunjukkan kepada yang berwajib, surat-surat yang diperlukan yaitu: a. Surat muatan dan daftar muatan. b. Surat muatan saja. c. Surat muatan, surat izin trayek, dan daftar muatan. 35. Mobil beban yang bukan umum yang jumlah beratnya masih dalam taraf diperbolehkan kurang dari 2000 Kg. Untuk pengangkutan barang di dalam kota, memerlukan : a. Surat muatan dan daftar muatan. b. Surat muatan, daftar muatan trayek. c. Tidak memerlukan surat-surat tersebut. 36. Seorang pengemudi bis umum harus dilengkapi dengan surat-surat yang diperlukan yaitu : a. SIM, STNK, STUK, dan izin usaha. b. SIM, STNK, STUK, dan izin trayek. c. SIM, STNK, STUK, dan Kartu Pengawasan. 37. Apabila kendaraan dipindah secara tetap ke daerah Registrasi kendaraan lain, maka yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan tersebut adalah : a. Tetap menggunakan STNK-nya yang masih berlaku. b. Minta STNK dan nomor di tempat baru. c. Minta pelat nomor baru saja. 38. Apa yang harus Anda lakukan bila membeli kendaraan yang telah terdaftar dan memperoleh STNK? a. Lapor kepada DLLAJR. b. Lapor kepada Polisi Lalu lintas yang mengeluarkan STNK untuk balik nama. c. Lapor kepada Pos Polisi yang terdekat.

6

39. Apa yang Anda perhatikan terlebih dahulu apabila hendak berpindah lajur? a. Harus berpindah lajur secepat-cepatnya. b. Niat untuk berpindah lajur harus dinyatakan secara jelas dengan menggunakan isyarat penunjuk arah kecuali kalau jalan dalam keadaan sepi. c. Anda harus waspadai lalu lintas yang berjalan di belakang Anda. 40. Anda hendak berpindah ke lajur lain pada jalan satu jurusan/arah. Apa yang harus Anda pertamatama perhatikan ? a. Perhatikan lalu lintas di depan Anda. b. Perhatikan lalu lintas di belakang Anda. c. Perhatikan lalu lintas di samping Anda. 41. Anda akan berpindah lajur pada jalan satu jurusan/arah dan untuk itu menggunakan isyarat penunjuk arah. Apa yang Anda lakukan terlebih dahulu sebagai pengemudi yang berhati-hati? a. Memperhatikan lalu lintas dari depan Anda. b. Memperhatikan lalu lintas yang mengikuti dari belakang. c. Memperhatikan lalu lintas dari samping Anda. 42. Anda sedang mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan/jalan tol. Untuk berapa lama Anda diperbolehkan berada di lajur paling kanan? a. Saat-saat yang dibutuhkan untuk melewati kendaraan-kendaraan lain. b. Tidak ada larangan untuk berjalan di lajur paling kanan. c. Sepanjang Anda masih mengikuti kendaraan lain yang berada di lajur kanan yang belum menyelesaikan gerakan mendahului. 43. Apa yang dilarang di jalan bebas hambatan/jalan tol ? a. Parkir dan mundur. b. Memutar kembali. c. Parkir, mundur, dan memutar kembali. 44. Bilamana Anda diperbolehkan melewati kendaraan lain dari sebelah kiri, apabila kendaraan dii depan Anda belum memberi jalan untuk dilewati ? a. Sama sekali tidak diperbolehkan. b. Diperbolehkan, asalkan jalur jalan di sebelah kiri bebas. c. Tidak diperbolehkan kecuali terhadap sepeda motor. 45. Apa yang harus dilakukan oleh pengemudi-pengemudi dalam keadaan lalu lintas macet di jalan bebas hambatan/jalan tol, untuk memberi ruang gerak bagi polisi, ambulans atau kendaraan darurat lain ? a. Hanya kendaraan yang berada di lajur kiri bergerak ke sebelah kiri sekali. b. Hanya kendaraan yang berada di lajur kanan bergerak ke sebelah kanan sekali. c. Kedua jawaban tersebut di atas, sehingga ada ruang gerak di tengah.

7

46. Apa yang tidak diperbolehkan di jalan bebas hambatan/jalan tol ? a. Memutar kembali kendaraannya. b. Jalan mundur. c. Memutar kembali, berhenti tanpa terpaksa atau berjalan mundur. 47. Anda hendak keluar dari pekarangan rumah dengan mobil Anda dan harus melintasi jalan pinggir/trotoir di mana pejalan kaki sedang lewat. Siapa yang harus menunggu ? a. Kendaraan Anda. b. Pejalan kaki. c. Tidak ada yang menunggu asalkan kendaraan dan pejalan kaki berhati-hati. 48. Dengan maksud apa penggunaan klakson diizinkan di dalam daerah perumahan kota ? a. Sebagai isyarat peringatan. b. Sebagai isyarat lewat pada waktu akan mendahului. c. Sebagai isyarat lewat terhadap kendaraan yang berhenti. 49. Anda mengemudikan kendaraan bermotor dengan maksud semata-mata untuk belajar : a. Sama sekali dilarang berada di jalan umum. b. Boleh belajar di jalan umum asal jalan dalam keadaan sepi. c. Boleh berjalan di jalan umum asal memasang tanda belajar dan diawasi oleh seorang yang membawa SIM yang sah atas namanya dan berlaku untu kendaraan bersangkutan.

II. Peraturan Lalu Lintas tentang Kecepatan dan Jarak Kendaraan50. Sistem penggunaan jalan di negara kita adalah lalu lintas kiri, sehingga tidak diperbolehkan berjalan di sebelah kanan jalur lalu lintas, kecuali : a. Apabila dalam keadaan tergesa-gesa. b. Bagi kendaraan pemadam kebakaran. c. Apabila perlu karena keadaan jalan atau untuk mendahului kendaraan lain atau benda. 51. Anda mengemudikan kendaraan di jalan dua arah, apa yang Anda lakukan pada waktu didahuluii kendaraan lain ? a. Menambah kecepatan sedikit. b. Berjalan sejauh mungkin kesebelah kiri jalan. c. Tidak menambah kecepatan dan menyingkir sejauh mungkin ke sebelah kiri jalan. 52. Apabila Anda ingin berpindah lajur jalan dengan aman, maka Anda harus : a. Memberikan isyarat secara jelas dan tepat waktunya dengan menggunakan penunjuk arah. b. Yakin bahwa tidak membahayakan pemakai jalan lain. c. Kedua jawaban di atas adalah benar.

8

53. Anda mengemudikan kendaraan di lajur kanan jalan bebas hambatan (tol) dan sedang mendekati kendaraan-kendaraan di lajur sebelah kiri yang berusaha mendahului kendaraan di depannya. Apa yang Anda lakukan ? a. Menambah kecepatan karena sudah berada di lajur kanan, berhak berjalan lebih dahulu. b. Membunyikan klakson berulang kali untuk lewat terlebih dahulu. c. Mengurangi kecepatan dan memberikan kesempatan kepada kendaraan itu menyelesaikan usahanya untuk mendahului. 54. Sebelum pindah dari lajur yang satu ke lajur yang lain Anda harus : a. Memberikan isyarat penunjuk arah pada waktunya dan yakin bahwa berpindah lajur itu betulbetul aman. b. Membunyikan klakson untuk memperingatkan pengemudi lain dan pindah ke lajur lain. c. Tidak perlu memberikan isyarat, karena jalan sedang kosong. 55. Suatu jalan satu arah yang berjajur dua maka lajur yang kanan dimaksudkan : a. Untuk mendahului kendaraan lain. b. Untuk mendahului dan persiapan untuk membelok ke kanan. c. Hanya untuk kendaraan bermotor saja. 56. Apa kegunaan bahu jalan? a. Untuk pejalan kaki. b. Untuk berhenti dan parkir. c. Untuk kendaraan tidak bermotor. 57. Anda berada pada jalan satu arah dengan dua lajur dan bermaksud melewati kendaraan lain dari sebelah kiri. Hal ini hanya diperbolehkan apabila : a. Kendaraan yang ada di depan Anda berada di lajur kanan untuk membelok ke kanan, sehingga lajur kiri bebas. b. Telah membunyikan klakson dan kendaraan yang ada di depan Anda tidak mau memberikan jalan. c. Anda yakin dapat mendahuluinya. 58. Anda terpaksa harus jalan mundur ke luar dari jalan pekarangan untuk memasuki jalan umum, dimana pemandangan Anda terhalang. Apa yang Anda lakukan untuk mengurangi bahaya bagi pemakai jalan lain ? a. Supaya ada orang membantu Anda dengan memberi isyarat apabila jalan umum sudah aman. b. Tidak perlu ada yang membantu, karena Anda sudah jalan mundur dengan perlahan sekali. c. Perlu ada yang membantu untuk memberhentikan dahulu pejalan kaki. 59. Pada waktu berjalan beriring-iringan, pengemudi diwajibkan : a. Berada cukup dekat dari kendaraan yang berada di depannya karena rem mobil Anda baik sekali. b. Mengatur jarak yang cukup dibelakang kendaraan lain, sedemikian rupa sehingga sewaktuwaktu dapat dicegah suatu tabrakan apabila kecepatan kendaraan itu mendadak berkurang. c. Berada sejauh mungkin dari kendaraan yang di depannya sehingga tidak akan terjadi tabrakan. 9

60. Faktor apa yang menentukan jarak yang harus Anda pelihara antara kendaraan Anda dan kendaraan di depan Anda ? a. Kondisi cuaca. b. Jarak berhenti apabila direm. c. Kecepatan kendaraan dan jarak berhenti apabila di rem. 61. Peraturan umum menentukan, bahwa kecepatan tertinggi yang diperbolehkan untuk bis dan mobil beban antar kota dengan jumlah berat yang diperbolehkan 2000 Kg katas, adalah : a. 70 (tujuh puluh) km per jam. b. 90 (sembilan puluh) km per jam. c. 100 (seratus) km per jam. 62. Pengemudi sepeda motor dilarang : a. Pada saat mendahului kendaraan lain menambah kecepatan. b. Menambah kecepatan sewaktu didahului. c. Mengurangi kecepatan sewaktu didahului. 63. Bila tidak ada ketentuan lain yang mengatur batas kecepatan maka kecepatan paling tinggi yagn diperbolehkan untuk berjalan di luar kota bagi kendaraan yang bukan mobil bis atau beban adalah : a. 80 km/jam. b. Disesuaikan dengan kondisi kendaraan dan keadaan jalan. c. 60 km/jam. 64. Pada umumnya apabila tidak ditentukan lain, kecepatan maksimum yang berlaku di dalam daerah perumahan/ kota adalah : a. 40 km/jam. b. 60 km/jam. c. 50 km/jam. 65. Kecepatan maksimum bagi mobil bis umum di luar kota, apabila tidak ditentukan lain adalah : a. 70 km/jam. b. 80 km/jam. c. Antara 80 km sampai 90 km/jam. 66. Kecepatan maksimum bagi mobil beban dengan jumlah berat 3 ton di luar kota apabila tidak ditentukan lain adalah : a. 70 km/jam. b. 80 km/jam. c. 90 km/jam. 67. Kecepatan yang aman untuk semua kendaraan bermotor di jalan tol, adalah : a. 80 km/jam. b. 100 km/jam. c. Mematuhi petunjuk rambu-rambu yang ada. 10

68. Jarak aman paling dekat di belakang kendaraan yang berjalan di depan Anda tergantung dari faktorfaktor apa ? a. Jenis kendaraan yang dikemudikan. b. Keadaan dan kecepatan lalu lintas. c. Ketrampilan Anda sebagai pengemudi. 69. Mengapa Anda mengambil jarak antara lebih jauh di belakang kendaraan lain, di atas jalan yang basah daripada di jalan yang kering ? a. Karena pemandangan dapat terganggu oleh cipratan air dari kendaraan di depan Anda. b. Karena jarak pengereman menjadi lebih panjang di atas jalan yang basah. c. Karena jarak berhenti apabila di rem lebih panjang di atas jalan yang basah. 70. Bagaimana mengatur kecepatan Anda waktu mendahului kendaraan lain ? a. Kecepatan kendaraan Anda harus ditambah dan cukup untuk mendahului. b. Batas kecepatan maksimum yang telah ditentukan tidak boleh dilampaui, kecuali bila terpaksa untuk detik-detik waktu mendahului. c. Kedua jawaban di atas adalah benar. 71. Bilamana Anda diperbolehkan melewati kendaraan yang berada di lajur kanan pada lalu lintas searah : a. Jika sebuah bis menggunakan lajur kanan. b. Jika kondisi permukaan jalan disebelah kiri lebih baik daripada sebelah kanan. c. Apabila ada kesempatan yang aman untuk itu. 72. Menjaga kecepatan mobil yang baik pada waktu pada waktu berlalu lintas adalah dengan cara : a. Tetap pada batas kecepatan maksimum yang ditentukan. b. Tidak melebihi batas kecepatan yang ditentukan dan disesuaikan dengan kondisi jalan, lalu lintas dan keadaan cuaca.

III. Mendahului dan Didahului73. Apabila Anda mempunyai niat untuk mendahului kendaraan lain maka sikap Anda : a. Harus berani mengambil risiko setiap kali menyusul. b. Harus yakin bisa menyusul atau tidak yang berarti tidak ragu-ragu. c. Kalaupun ragu-ragu tapi percaya pada ketrampilan mengemudi. 74. Kegiatan apa saja yang Anda lakukan apabila mendapatkan kesempatan dengan aman untuk mendahului kendaraan lain yang sedang bergerak di siang hari. a. Memberi isyarat klakson, mengelak ke kanan sebanyak-banyaknya, kemudian menambah kecepatan. b. Memberi isyarat klakson yang dimengerti oleh kendaraan yang akan dilalui, memberi isyarat dengan petunjuk arah dan atau tangan mengelak kekanan secukupnya, kemudian menambah

11

kecepatan dan menyusul untuk selanjutnya kembali ke lajur kiri, setelah dapat melihat kendaraan yang disusul kedalam kaca pengintai dibagian dalam mobil. c. Memberi isyarat klakson, memberi isyarat petunjuk arah kanan, menambah kecepatan setinggi-tingginya, kemudian kembali ke lajur kiri. 75. Pada umumnya tindakan yang paling baik apabila hendak memberi kesempatan untuk didahuluii kendaraan lain adalah: a. Tetap dengan kecepatan yang sama dan mengelak ke kiri. b. Tidak menambah kecepatan dan mengelak/meminggir sebanyak mungkin. c. Mengurangi kecepatan, mengelak ke kiri sebanyak mungkin untuk memberikan kesempatan didahului/disusul. 76. Mengapa Anda harus bersikap lebih berhati-hati sekali, apabila hendak mendahului pejalan kaki, sepeda atau becak. a. Karena pemakai-pemakai jalan tersebut menurut peraturan harus didahulukan. b. Karena Anda menganggap mereka tidak tahu peraturan lalu lintas dan apabila bertabrakan dengan Anda, akibatnya akan parah/fatal. c. Karena pejalan kaki, sepeda atau becak merupakan pemakai jalan yang harus dilindungi. 77. Sebagai pengemudi sepeda motor, maka : a. Diperbolehkan mendahului kendaraan lain dari kiri maupun kanan. b. Hanya boleh mendahului dari sebelah kanan apabila tidak ada rintangan, lalu lintas lain, dan dapat dilakukan dengan aman. c. Untuk mencapai tujuan lebih cepat, diperbolehkan zig-zag diantara mobil, asalkan tidak terjadii kecelakaan. 78. Bagaimana reaksi Anda apabila secara mendadak mendahului sepeda motor lain dengan kecepatan tinggi. a. Merasa kaget dan tersinggung dan karenanya mengejar orang tersebut. b. Tenang-tenang saja dan membiarkan orang menyusul berlalu. c. Ikut berjalan cepat untuk menunjukkan keberanian dan ketrampilan Anda. 79. Pada umumnya Anda boleh mendahului kendaraan lain di jalan umum apabila : a. Ada kecepatan penting dan sangat mendesak. b. Telah memberi isyarat petunjuk arah kanan atau klakson atau lampu pada malam hari terlebih dahulu. c. Bebas dari rintangan dan kendaraan yang datang dari arah depan, keadaan jalan memungkinkan dan yakin dapat mendahului tanpa melanggar peraturan. 80. Dilarang mendahului kendaraan lain yang sedang berjalan, walaupun tidak ada rambu-rambu yang melarangnya pada : a. Jalan yang menurun. b. Jalan yang berlobang-lobang. c. Jalan tikungan. 12

81. Kapan tidak diperbolehkan mendahului kendaraan lain di jalan lurus ? a. Jika situasi lalu lintas dua arah ramai. b. Jika kendaraan lain sedang mendahului. c. Kedua jawaban tersebut adalah benar. 82. Pengemudi kendaraan bermotor ketika akan melewati suatu persimpangan tanpa lajur yang tidak dijaga Polisi lalu lintas seharusnya : a. Tidak boleh mendahului kendaraan lain. b. Tidak boleh mendahului kendaraan bermotor lain. c. Tidak boleh mendahului becak, sepeda, dan dokar. 83. Dari sebelah mana seharusnya Anda melewati kendaraan yang hendak membelok ke kanan dan telah melakukan gerakan untuk ke kanan. a. Tetap disebelah kanan. b. Dari sebelah kiri apabila keadaan jalan memungkinkan dan aman. c. Menunggu sampai kendaraan tersebut membelok. 84. Apa yang Anda lakukan sebelum berpapasan dengan lalu lintas yang datang dari depan ? a. Waspadai terhadap lalu lintas yang datang dari depan dan yang mengikuti dari belakang serta mengelak ke kiri. b. Tetap pada lajur yang telah ditempuh. c. Menggunakan isyarat petunjuk arah sebelah kanan. 85. Apa yang harus dilakukan seorang pengemudi mobil penumpang apabila ia hendak menyelesaikan gerakan mendahului ? a. Kembali ke kiri jalan secepat mungkin tanpa merintangi kendaraan yang baru saja didahului dengan menggunakan alat penunjuk arah. b. Tidak perlu cepat-cepat kembali ke kiri bila keadaan sepi. c. Tidak perlu menggunakan isyarat penunjuk arah bila yakin aman. 86. Dari jawaban di bawah di bawah ini menurut uraian, siapa yang terutama wajib diberi prioritas (didahulukan) ? a. Kereta api/trem, pemadam kebakaran, ambulans, kendaraan yang memberikan pertolongan waktu kecelakaan lalu lintas, mobil jenazah, barisan ABRI, pawai, barisan anak-anak sekolah yang berjalan/bersepeda teratur. b. Di persimpangan jalan tanpa tanda-tanda atau rambu-rambu lalu lintas apabila tiba bersama atau kira-kira bersamaan, lalu lintas dari kiri. c. Di persimpangan jalan yang terpasang rambu wajib mendahulukan. 87. Bagaimana urut-urutan prioritas kendaraan yang melewati persimpangan : a. 1, 2, 3. b. 2, 3, 1. c. 3,2, 1.

13

88. Kendaraan yang terakhir meninggalkan persimpangan adalah : a. Kendaraan 1. b. Kendaraan 2. c. Kendaraan 3.

89. Pada suatu perempatan, kendaraan mana menurut urutan prioritas berjalan terlebih dahulu ? a. 1, 2, 3, 4. b. 2, 1, 3, 4. c. 4, 1, 3, 2. 90. Pada waktu lampu pengatur lalu lintas berganti menjadi hijau, seorang penyebrang jalan masih berada di atas zebra cross, maka yang mendapat kesempatan berjalan terlebih dahulu adalah : a. Pejalan kaki yang masih berada di atas zebra cross. b. Pengemudi kendaraan yang berada paling depan. c. Pengemudi kendaraan yang berada pada lajur paling kanan. 91. Berapa jenis kendaraan yang selalu harus didahulukan, adalah : a. Kendaraan yang berjalan lebih cepat. b. Kereta api, pemadam kebakaran, ambulans. c. Kendaraan yang berat dan ukurannya lebih besar. 92. Pada perempatan jalan, tiga kendaraan bermotor hampir bersamaan tiba dari 3 jurusan yang berlainan, maka kendaraan yang harus didahulukan, ialah : a. Kendaraan bermotor yang datang dari jalan sebelah kiri daripada kendaraan lain. b. Kendaraan bermotor yang datang dari jalan sebelah kanan daripada kendaraan lainnya. c. Kendaraan bermotor yang mengambil jalan lurus. 93. Anda tiba di persimpangan di mana Anda ragu tentang siapa yang berhak berjalan terlebih dahulu, apa yang Anda lakukan ? a. Terus berjalan secepat mungkin. b. Berhenti dahulu dan apabila aman, lanjutkan perjalanan. c. Menunggu dan jika perlu memberi isyarat tangan kepada pengemudi lainnya tentang siapa yang berjalan terlebih dahulu. 94. Apabila Anda mendengar bunyi/suara sirine yang kemungkinan dari pemadam kebakaran, polisii atau konvoi kendaraan maka Anda diharuskan : a. Menepi dan jalan lurus. b. Menghentikan kendaraan seketika itu juga. c. Menepi dan berhenti sampai konvoi itu lewat dan aman. 95. Kendaraan mana yang harus menunggu ? a. Kendaraan 1. b. Kendaraan 2. c. Kendaraan 3. 14

96. Kendaraan mana yang boleh berjalan terus tanpa berhenti ? a. Kendaraan 1, 2, 3. b. Kendaraan 2, 3. c. Kendaraan 1, 3. 97. Dari dua kendaraan yang membelok ke kanan, mana yang bertindak benar? a. Kendaraan 1. b. Kendaraan 2. c. Kendaraan 1 dan 3. 98. Siapa yang harus menunggu ? a. Nomor 1. b. Nomor 2. c. Kedua-duanya. 99. Siapa yang mendapat prioritas jalan ? a. Nomor 1. b. Nomor 2. c. Nomor 3.

100. Siapa yang mendapat prioritas jalan ? a. Nomor 1. b. Nomor 2. c. Kedua-duanya dapat prioritas. 101. Apa yang harus dilakukan pengemudi kendaraan 1 ? a. Dapat berjalan terus. b. Ia memberi prioritas jalan kepada No.2 dan dapat jalan lebih dahulu terhadap No. 3. c. Harus mendahulukan no.3. 102. Siapa yang harus menunggu ? a. Nomor 2. b. Nomor 1. c. Dapat berjalan bersamaan asal pelan-pelan. 103. Siapa yang boleh jalan lebih dahulu ? a. Nomor 1. b. Nomor 2. c. Kendaraan mana saja asal hati-hati.

15

104. Apa yang harus dilakukan oleh kendaraan 1 ? a. Ia secara pelan-pelan dapat membelok. b. Ia akan membelok ke kanan, jadi ia harus mendahulukan kendaraan 2 dan harus menunggu. c. Ia dapat langsung membelok asal diperkirakan aman. 105. Siapa yang harus menunggu ? a. Nomor 1. b. Nomor 2. c. Kedua-duanya. 106. Apa yang harus dilakukan oleh pengemudi kendaraan nomor 2 ? a. Ia harus mendahulukan no. 1. b. Ia harus memperhatikan prioritas jalan dari kendaraan 3 dan mendapat prioritas atas kendaraan 1. c. Ia dapat jalan terus setelah mendahulukan kendaraan 1. 107. Siapa yang harus menunggu paling lama ? a. Kendaraan 1. b. Kendaraan 2. c. Kendaraan 3.

108. Apa yang dilakukan oleh pengemudi kendaraan No.2. a. Ia menunggu di tengah jalan sampai kendaraan no.3 sudah berlaku. b. Ia dapat terus belok kanan. c. Ia dapat membelok setelah kendaraan no.1 lewat. 109. Apa yang harus dilakukan oleh pengemudi kendaraan no. 1 ? a. Ia dapat langsung membelok. b. Ia harus memperhatikan prioritas kendaraan 3 dan harus mendahulukan kendaraan 2. c. Ia dapat membelok setelah kendaraan 3 lewat. 110. Siapa yang mendapat prioritas jalan ? a. Kendaraan 1. b. Kendaraan 2. c. Kedua-duanya. 111. Siapa yang harus menunggu ? a. Kendaraan 2 dan kendaraan 3. b. Kendaran 3. c. Tidak ada asal jalan pelan-pelan.

16

112. Apa yang harus dilakukan pengemudi kendaraan 1 ? a. Ia akan membelok ke kanan, jadi ia mendahulukan kendaraan 2 dan ia mendapat prioritas jalan atas kendaraan 3. b. Ia dapat membelok setelah kendaraan 3 lewat. c. Ia dapat membelok setelah semua kendaraan lewat. 113. Siapa yang mendapat prioritas jalan ? a. Kendaraan 1 dan 3. b. Kendaraan 2. c. Semua kendaraan. 114. Siapa yang harus menunggu ? a. Kendaraan 2 terhadap kendaraan 3. b. Kendaraan 3 terhadap kendaraan 2. c. Kendaraan 1 terhadap kendaraan 2. 115. Bagaimana urutan berjalannya kendaraan ? a. 1 - 2 - 3. b. 3 -2 - 1. c. 2 - 3 -1. 116. Bagaimana urutan berjalannya kendaraan ? a. 3 1 2. b. 1 2 3. c. 1 3 2. 117. Bagaimana urutan berjalannya kendaraan ? a. 2 3 1. b. 3 2 1. c. 3 1 2. 118. Bagaimana urutan berjalannya kendaraan ? a. 2 1 3. b. 3 1 2. c. 1 3 2. 119. Siapa yang mendapat prioritas jalan ? a. No. 1. b. No. 2. c. Bisa berjalana bersama-sama. 120. Bagaimana urutan berjalannya kendaraan ? a. 2 1 3. b. 3 1 2. c. 2 3 1. 17

121. Bagaimana urutan berjalannya kendaraan ? a. 3 2 1. b. 2 1 3. c. 1 2 3. 122. Bagaimana urutan berjalannya kendaraan? a. 3 1 2. b. 3 2 1. c. 2 3 1. 123. Anda sedang berada paling depan dalam iringan-iringan kendaraan dan melihat bahwa sebuah truk mendatangi Anda untuk membelok memasuki halaman pabrik. Di belakang truk sudah sudah menunggu sebarisan kendaraan lain. Apa yang Anda perbuat ? a. Anda tetap jalan terus karena berhak jalan dahulu. b. Anda berhenti dahulu untuk memberi jalan kepada truk yang membelok sekalipun Anda sadar mendapat prioritas jalan. c. Anda terpaksa berhenti dahulu karena truk tersebut memaksa Anda untuk memberi jalan dahulu. 124. Kendaraan mana harus menunggu dan memberi kesempatan menyeberang dahulu kepada pejalan kaki ? a. Kendaraan 1, 2. b. Kendaraan 1, 2, 3. c. Kendaraan 1. 125. Kendaraan mana yang harus menunggu paling lama ? a. Kendaraan 2. b. Kendaraan 3. c. Kendaraan 1. 126. Dalam keadaan/posisi kendaraan seperti pada gambar, apa yang dilakukan oleh kendaraan nomor 2? a. Berhenti dahulu dan memberi jalan dahulu kepada no. 1. b. Jalan terus, karena berhak jalan dahulu. c. Memberi isyarat kepada no. 1 agar berhenti dahulu. 127. Dalam situasi seperti pada gambar ini, kendaraan mana yang dibenarkan jalan terlebih dahulu ? a. Kendaraan 3. b. Kendaraan 1, 2. c. Kendaraan 1, 3. 128. Apa yang seharusnya dilakukan oleh kendaraan no. 1 pada posisi gambar ini ? a. Jalan terus, karena berjalan lurus ke depan. b. Menunggu sampai kendaraan no. 2 membelok ke kanan. c. Jalan terus bersamaan dengan kendaraan nomor 3. 18

129. Mengapa kendaraan no. 1 harus memberi jalan dahulu kepada kendaraan no. 2? a. Karena akan membelok ke kanan. b. Karena sepeda motor mengalah terhadap mobil sedan. c. Karena kendaraan nomor 2 datang dari sebelah kirinya. 130. Kendaraan mana yang seharusnya menunggu paling lama ? a. Kendaraan 3. b. Kendaraan 2. c. Kendaraan 1. 131. Kendaraan mana yang seharusnya menunggu paling lama ? a. Kendaraan 3. b. Kendaraan 2. c. Kendaraan 1. 132. Apa yang seharusnya dilakukan oleh penyeberang jalan nomor 4? a. Menyeberang jalan dengan mengacungkan tangan ke atas. b. Menangguhkan penyeberangan sampai jalan aman. c. Menyeberang jalan karena mendapat prioritas.

V. Merubah Arah (Membelok)133. Siapa yang harus memberikan isyarat penunjuk arah ? a. Kendaraan 1. b. Kendaraan 2. c. Kendaraan 1 dan 2.

134. Siapa yang harus memberikan isyarat penunjuk arah ? a. Kendaraan 2, 3. b. Kendaraan 1, 2. c. Kendaraan 1, 2 dan 3. 135. Garis mana seharusnya ditempuh oleh pengemudi untuk membelok ke kanan ? a. Garis 1. b. Garis 2. c. Boleh garis 1 atau garis 2.

19

136. Siapa yang harus memberikan isyarat penunjuk arah ? a. Kendaraan 2 dan 3. b. Kendaraan 1 dan 3. c. Kendaraan 1, 2, dan 3.

137. Dalam hal-hal apa Anda diwajibkan menggunakan pesawat penunjuk arah ? a. Dalam keadaan darurat/mogok. b. Sebelum mengadakan perubahan arah. c. Untuk menunjukkan ada kendaraan datang car depan. 138. Dalam hal-hal apa Anda diwajibkan menggunakan pesawat penunjuk arah ? a. Untuk melarang pengemudi lain mendahului. b. Sebelum membuat gerakan mundur. c. Apabila memasuki jalan umum dari halaman rumah. 139. Dalam hal-hal apa Anda diwajibkan menggunakan pesawat penunjuk arah ? a. Apabila menyebrangi persimpangan jalan. b. Apabila melewati kendaraan yang sedang berhenti. c. Sebelum kembali ke kiri jalan setelah mendahului 140. Dalam hal-hal apa Anda diwajibkan menggunakan pesawat penunjuk arah ? a. Apabila hendak beralih ke lajur lain di jalan yang terbagi atas beberapa lajur. b. Apabila sedang berpapasan. c. Apabila hendak mudur. 141. Garis manakah yang harus diikuti ? a. Garis 1. b. Garis 2. c. Garis 3. 141. Isyarat penunjuk arah dipergunakan pada waktu : a. Saat yang tepat sebelum membelok/merubah arah kendaraan. b. Kendaraan sedang merubah arah. c. Sebelum kendaraan berjalan mundur. 142. Kendaraan yang harus memberikan isyarat akan berubah arah di pertemuan jalan ini, adalah : a. Kendaraan 1, 2. b. Kendaraan 2, 3. c. Kendaraan 1, 3. 143. Anda ingin membelok ke kanan, kapankah Anda harus memperhatikan lalu lintas Anda ? a. 5 meter sebelum memasuki persimpangan atau pertemuan jalan. b. Sebelum berpindah jalur dan sebelum membelok. c. Hanya sebelum berpindah ke jalur kanan. 20

144. Anda hendak membelok ke kiri memasuki jalan yang dibagikan oleh alur/tanggul pemisah mana yang harus Anda pergunakan? a. Garis 1. b. Garis 2. c. Garis 3.

VI. Berhenti dan Parkir145. Parkir kendaraan di sembarang tempat tidak diperbolehkan oleh undang-undang karena dapat mengganggu kelancaran lalu lintas Anda tentu paham tentang arti dari parkir kendaraan, yaitu : a. Kendaraan dalam keadaan berhenti selain dari untuk menurunkan atau menaikkan orang dengan segera ataupun untuk memuat atau membongkar barang dengan segera. b. Kendaraan dalam keadaan berhenti dengan maksud untuk menurunkan atau menaikkan orang dengan segera atau menaikkan orang dengan segera atau untuk memuat atau membongkar barang dengan segera. c. Berhenti di pinggir jalan untuk menurunkan dan menaikkan orang kemudian berangkat lagi. 146. Pengemudi kendaraan dilarang berhenti : a. Pada belokan, persimpangan, jembatan. b. Tanpa terpaksa pada belokan, persimpangan, jembatan, pada jalan-jalan yagn ada rambu larangan parkir. c. Tanpa terpaksa, berhenti pada jalan belokan persimpangan jembatan, jalan-jalan yang ada rambu larang berhenti. 147. Sampai sekarang masih terlihat pengemudi-pengemudi bis yng lupa akan tugasnya sebagai pengemudi yang patuh pada peraturan lalu lintas sambil memberikan jasanya kepada masyarakat. Sebaliknya mereka berlomba menyambar setiap orang di sembarang tempat yang berdiri di pinggir jalan untuk diangkut atau diturunkan, seharusnya : a. Bis-bis hanya boleh berhenti pada tempat-tempat yang telah disediakan untuk melayani penumpang yang memerlukan angkutan. b. Bis-bis hanya boleh berhenti dan melayani penumpang pada jalan yang cukup luas. c. Bis-bis boleh berhenti dan melayani penumpang pada tempat-tempat yang tidak mengganggu lalu lintas. 148. Menurut peraturan Undang-undang, sepeda motor dapat diparkir : a. Di tempat/jalan mana saja karena bentuknya kecil. b. Di atas trotoar atau jalan untuk pejalan kaki. c. Di luar jalur lalu lintas yang bukan pejalan kaki.

21

149. Dilarang parkir kendaraan : a. Dibelokkan atau persimpangan jalan milik perkebunan yang tidak ada tanda larangan berhenti. b. Pada jalan yang naik atau turun. c. Dibelokkan, persimpangan jalan, jembatan, dan tempat lain yang ada rambu larangan parkir. 150. Beberapa tempat di mana Anda tidak diizinkan berhenti meskipun tidak ada rambu larangan berhenti, adalah : a. Di atas jalur penyeberangan pejalan kaki (zebra cross). b. Di bawah jembatan penyebrangan. c. Di luar jalur kendaraan dan pejalan kaki. 151. Di mana Anda tidak diizinkan berhenti meskipun tidak ada rambu larangan berhenti. a. Di atas garis tengah pembagi jalur lalu lintas. b. Pada jalan masuk/keluar jalan bebas hambatan. c. Di depan gedung sekolah. 152. Kapankah tidak diizinkan parkir disebelah kiri jalur kendaraan ? a. Jika kendaraan dapat diparkir di luar jalur kendaraan yang bukan jalur pejalan kaki. b. Jika kendaraan yang diparkir mengalami kerusakan berat dan menunggu mobil derek. c. Jika tidak menghalangi arus lalu lintas lain. 153. Di mana parkir kendaraan pada jalur lalu lintas diizinkan ? a. b. c. Pada gang yang berhadapan dengan jalur keluar masuk pekarangan. Di depan garis berhenti lampu pengatur lalu lintas. Pada umumnya di tempat-tempat yang sudah disediakan atau di tepi jalan yang tidak yang tidak mengganggu lalu lintas lain.

154. Siapa yang dianggap memarkir kendaraannya atau menunggu pemumpang/muatan? a. Setiap orang yang memberhentikan dan meninggalkan kendaraannya atau menunggu penumpang/muatan. b. Setiap orang yang berhenti dan bertanya kepada seseorang tentang letak jalan. c. Setiap orang yang berhenti untuk membeli rokok, tanpa meninggalkan kendaraannya. 155. Apakah diizinkan untuk berhenti pada pintu masuk terminal bis ? a. Boleh, tapi hanya untuk menaikkan pemumpang. b. Tidak diperbolehkan. c. Boleh, tapi tidak diizinkan untuk parkir. 156. Apa yang Anda lakukan apabila hendak bertolak dari pinggir jalan ? a. Perhatikan lalu lintas dibelakang Anda dan gunakan pesawat petunjuk arah. b. Secepat-cepatnya bergerak memasuki arus lalu lintas. c. Menggunakan klakson.

22

157. Seorang pengemudi hendak meninggalkan halaman rumah dan membelok ke kiri memasuki jalan umum. Pada saat yang sama, seorang pengendara sepeda mendekati dari sebelah kanan. Siapa yang harus menunggu ? a. Pengemudi kendaraan bermotor. b. Pengendara sepeda. c. Boleh jalan bersama-sama. 158. Posisi berhenti kendaraan yang paling benar : a. Kendaraan 1, 2. b. Kendaraan 2, 3. c. Kendaraan 1, 3. 159. Kendaraan mana yang salah di parkir ? a. Kendaraan 1. b. Kendaraan 2. c. Kendaraan 1 dan 2. 160. Kendaraan mana menunggu di tempat yang salah ? a. Kendaraan 1. b. Kendaraan 2. c. Kedua-duanya.

VII. Kewajiban Setelah Terjadi Kesalahan161. Bolehkah Anda mengubah tempat bekas-bekas kecelakaan lalu lintas yang Anda alami di jalan umum? a. b. c. Tidak boleh karena akan mempersulit pemeriksaan oleh petugas Polisi. Boleh saja jalan tempat kejadian itu sempit/lalu lintas terganggu, tapi harus menandai bekasbekas itu dengan kapur tulis atau sejenisnya dengan disaksikan oleh masyarakat. Boleh, jika jalan di tempat kejadian itu luas dan lalu lintas tidak terganggu dan perlu menandai bekas itu karena menjadi tugas Polisi. 162. Tindakan apakah yang Anda lakukan, bila menabrak pejalan kaki yang menyebrang jalan, sehingga luka berat ? a. Membiarkan korban di tempat kejadian, lalu melaporkan diri ke pos polisi terdekat. b. c. Dengan dasar kemanusiaan harus berusaha menolong korban dan memanggil ambulans, kemudian melaporkan ke pos polisi terdekat. Menolong dan membawa korban ke rumah sakit.

23

163. Apakah yang Anda lakukan jika mengalami kecelakaan dan terdapat korban luka ? a. b. c. Mengubah kedudukan kendaraan sebelum polisi tiba tanpa memberi tanda karena akan mengganggu kelancaran lalu lintas bila tidak dipindahkan. Tidak boleh mengubah tempat kendaraan yang terlibat, sebelum polisi yang mengurusnya tiba dan bila ada korban usahakan pertolongan pertama, atau memanggil ambulans. Tidak boleh mengubah tempat kendaraan dan membiarkan korban karena tidak mengerti cara menolongnya sampai polisi yang menangani kejadian itu tiba di tempat kejadian. 164. Waktu berhenti karena terhadang lampu merah pengatur lalu lintas, Anda ditabrak dari belakang oleh kendaraan lain sehingga timbul kerusakan pada masing-masing kendaraan. Apa yang Anda lakukan? a. Dengan tenang langsung menemui pengemudi kendaraan tersebut meminta untuk bersamasama ke Polisi guna melaporkan kejadian itu sambil mencatat identitas kendaraannya. b. Turun dan langsung menemui pengemudi kendaraan tersebut minta ganti kerugian di tempat kejadian itu juga dengan sikap marah dan paksa. c. Tidak perlu turun dan cukup catat identitas kendaraan yagn menabrak itu dan melaporkan pada polisi. 165. Apabila terjadi tabrakan yang mengakibatkan kendaraan Anda mengalami rusak berat, sementara Anda sadar bahwa kesalahan berada pada pihak Anda. Apa yang harus Anda lakukan ? a. b. c. Minta ganti rugi kepada pengemudi yang menabrak dan tidak perlu harus ke polisi. Tidak minta ganti kerugian dan tidak perlu ke pos polisi. Bersedia menghadap polisi yang menangani kecelakaan lalu lintas.

166. Apabila Anda mengendarai kendaraan di jalan umum. Akibat jalan lincin, Anda selip dan masuk parit. Namun Anda tidak mengalami luka sedikitpun, maupunkerusakan pada kendaraan. Apakah yang Anda lakukan atas kejadian tersebut ? a. Tidak melaporkan ke polisi, karena kesalahan ada pada Anda sendiri. b. c. Tidak perlu ditangani oleh polisi karena Anda menganggap kejadian itu tidak sebagai kecelakaan lalu lintas, tetapi hanya sebagai musibah saja. Melaporkan ke polisi dan menyerahkan sepenuhnya kejadian itu pada polisi sesuai dengan undang-undang yang ada walaupun kejadian itu tidak mengakibatkan kerugian pada orang lain. 167. Anda mengemudikan kendaraan pada malam hari di jalan yang sepi lalu lintasnya. Kemudian tanpa ada orang yang melihat, Anda menabrak pejalan kaki dan korban mengalami luka berat. Apakah Anda harus menolong korban? a. Tidak perlu menolong korban dan melanjutkan perjalanandemi keselamatan sendiri. b. Menolong korban dan tidak perlu melapor pada polisi. c. Menolong korban dan bila perlu usahakan mobil ambulans, kemudian melaporkan kejadian pada pos polisi terdekat.

24

168. Apabila Anda menabrak mobil yang berjalan di depan Anda. Mobil tersebut direm mendadak lantaran mencegah tabrakan dengan seseorang yang sedang menyeberang di pertengahan zebra cross, maka: a. Anda bersalah. b. Anda tidak bersalah. c. Anda berdua sama-sama melakukan kesalahan. 169. Pada waktu Anda berpindah ke lajur kanan, secara tiba-tiba sebuah mobil pada lajur tersebut menabrak mobil Anda, maka : a. Berarti pengemudi yang menabrak kendaraan Anda dapat dipersalahkan karena Anda sebelumnya telah memberi isyarat penunjuk arah. b. c. Anda dapat dipersalahkan karena tidak memberikan kesempatan berjalan dahulu, walaupun Anda memberikan isyarat penunjuk arah. Anda dapat dipersalahkan jika tidak memberikan isyarat penunjuk arah.

170. Perbuatan pertama yang Anda lakukan bagi pengemudi apabila mengalami tabrakan adalah: a. b. Segera menghentikan kendaraan Anda dan mendatangi pengemudi kendaraan lawan tabrakan, untuk meminta pertanggungajawaban ganti kerugian yang Anda derita. Segera menghentikan kendaraan Anda biarpun di tengah jalan karena yang penting adalah menunjukkan bekas-bekas rem kepada petugas polisi, bahwa Anda pada lajur jalan yang benar sesuai peraturan. c. Segera menghentikan kendaraan dan melaporkan kejadian kecelakaan tersebut kepada pos polisi terdekat. 171. Kendaraan yang Anda kemudikan bertabrakan dengan sedan bernomor polisi CD yang ditumpangii duta besar salah satu duta besar negara sahabat. Apa yang Anda perbuat apabila tidak terdapat korban manusia dan hanya terjadi kerusakan kendaraan yang tidak berarti. a. Karena penumpangnya adalah seorang asing, maka saya segera mencatat nama, jabatan, negara asal termasuk juga maksud dan tujuan perjalanannya. b. Saya segera minta kepada pengemudinya dan duta besar tersebut untuk bertanggung jawab atas kerusakan dan kerugian yang saya alami. c. Saya menemui pengemudinya dan minta untuk bersama-sama melaporkan kejadiaan kepada pos polisi setelah mempersilahkan duta besar diantar dahulu ke tujuannya. 172. Pada waktu diantar oleh sopir pribadi Anda menuju suatu tempat, tiba-tiba di tengah perjalanan sopir Anda tidak sanggup mengemudi karena sakit. Tindakan Anda adalah : a. Menggantikan sopir dan membawa ke rumah sakit walaupun Anda belum punya SIM tapi Anda sudah mahir membawa mobil. b. Menunggu petugas datang untuk menolong sopir Anda. c. Minta bantuan kendaraan lain untuk membawa sopir ke rumah sakit.

25

173. Apabila Anda mengalami musibah karena tiba-tiba menabrak pagar pemisah jalur sehingga mobil Anda dan pagar rusak, maka tindakan Anda adalah : a. Turun melihat kerusakan mobil terus pulang untuk memperbaiki. b. c. Menggerutu, dalam hati karena mobil rusak dan mencari mobil derek. Turun melihat kerusakan pagar dan mobil, kemudian melapor ke pos polisi yang terdekat.

174. Seorang pengemudi dibenarkan untuk meninggalkan tempat kejadian kecelakaan yang dialaminya, apabila : a. Teramcam jiwanya dan menyembunyikan diri agar tidak diketahui orang. b. c. Terancam bahaya penganiayaan oleh masyarakat yang marah/emosi tetapi harus segera melaporkan kejadian tersebut kepada pos polisi. Tidak diketahui oleh yang berwajib.

175. Karena jalan licin sehabis hujan, kendaraan yang Anda kemudikan selip dan menabrak tiang listrik. Kebetulan ada petugas Polantas yang menyaksikan, maka Anda : a. Tidak bersedia diurus petugas kecelakaan disebabkan jalan yang licin. b. Tidak mau diurus petugas karena merasa tidak merugikan orang lain. c. Bersedia diselesaikan petugas karena Anda menyebabkan tiang listrik rusak berat. 176. Kendaraan di depan Anda tiba-tiba mengerem karena melihat lampu merah, maka Anda terpaksa ikut mengerem yang menyebabkan mobil Anda ditabrak dari belakang sehingga mobil Anda juga menabrak mobil di depan yang telah berhenti. Akibatnya, ketiga-tiganya mengalami kerusakan. Apa yang Anda perbuat? a. Minta ganti rugi kepada pengemudi di depan Anda karena mengerem mendadak. b. Minta ganti kepada pengemudi di belakang Anda karena ia yang menabrak lebih dahulu. c. Menyerahkan persoalannya kepada petugas yang berwenang untuk ditangani.

VIII. Penggunaan Lampu-Lampu Kendaraan177. Kendaraan yang sedang berpapasan di malam hari memberikan tanda dengan lampu DIM, yaitu mengubah sinar lampu jarak jauh ke sinar jarak dekat, maka tindakan Anda adalah : a. Tidak usah menghindari tabrakan, Anda mematikan lampu dan setelah kendaraan dari depan lewat, barulah memasang lampu kembali. b. Untuk menghindari tabrakan, Anda mematikan lampu dan setelah kendaraan dari depan lewat, barulah memasang lampu kembali. c. Ikut memberikan tanda lampu DIM, yaitu mangubah sinar lampu jarak jauh ke sinar jarak pendek. 178. Pernyataan mana yang dianggap benar : a. Lampu parkir digunakan untuk kendaraan yang diparkir pada malam hari di jalan yang gelap. b. Mendahului pada malam hari harus dengan isyarat klakson. c. Berjalan dengan menggunakan lampu parkir pada malam hari tidak membahayakan lalu lintas. 26

179. Kapan Anda harus menggunakan lampu dengan sinar DIM ? a. Di malam hari apabila jalan sudah cukup diterangi lampu penerangan jalan. b. Apabila kendaran lain berjalan dalam jarak yang relatif dekat di depan Anda. c. Apabila menurut Anda sinar lampu jarak dekat sudah cukup menerangi perjalanan Anda. 180. Anda sedang mengemudikan mobil pada malam hari dengan menggunakan lampu-lampu jarak jauh (DIM). Kendaraan-kendaraan dari depan yang berpapasan dengan Anda mengedipkan berulang kali sinar lampu besar jarak jauh dengan sinar jarak jauh (DIM). Apa yang menyebabkan mereka berbuat demikian ? a. Sinar lampu-lampu DIM Anda di stel terlalu tinggi ddan menyilaukan pengemudi-pengemudi lain. b. Kendaraan-kendaraan lain yang berpapasan itu mungkin sedang mencoba lampu-lampunya. c. Anda tidak merasa menjadi penyebabnya. 181. Bilamana dapat digunakan lampu kabut yang dipasang di depan kendaraan Anda ? a. Apabila pemandangan terbatas sekali sehingga kurang dari 50 meter karena kabut. b. Dalam cuaca hujan deras. c. Pada malam hari di daerah pegunungan. 182. Bilamana Anda terpaksa menggunakan lampu dengan sinar jarak dekat (DIM) pada siang hari ? a. Apabila pemandangan benar-benar terganggu sekali oleh kabut atau hujan yang lebat sekali. b. Apabila Anda minta jalan dahulu karena tergesa-gesa menuju ke tempat tugas penting. c. Apabila sedang beriring-iringan dengan rombongan kendaraan turis. 183. Bilamana lampu kabut dapat digunakan pada siang hari ? a. Apabila pemandangan terbatas sekali disebabkan oleh kabut atau hujan lebat. b. Apabila mendekati daerah pegunungan yang sering berkabut. c. Apabila hujan. 184. Mengapa penggunaan lampu dengan sinar jarak dekat (DIM) diperlukan pada siang hari, apabila pemandangan benar-benar teratasi oleh sebab kabut atau hujan. a. Agar kendaraan lampu-lampu besar dengan sinar jarak dekat (DIM). b. Agar dapat melihat jalan dan kendaraan terlihat jauh sebelumnya oleh pemakai jalan lain. c. Agar dapat melihat jalan karena ada kabut. 185. Anda sedang dalam perjalanan di jalan yang tidak dilengkapi lampu-lampu penerangan di malam hari, kendaraan lain sedang berjalan dalam jarak dekat di depan Anda. Lampu-lampu apa yang Anda gunakan ? a. Lampu-lampu besar dengan sinar jarak dekat (DIM). b. Karena tidak ada lampu penerangan jalan, maka digunakan lampu-lampu besar jarak jauh. c. Cukup lampu-lampu kecil karena jalan sudah diterangi oleh mobil di depan kita.

27

IX. Ukuran dan Muatan Kendaraan186. Apabila kendaraan Anda mengangkut muatan yang panjangnya melebihi sisi belakang kendaraan, maka : a. Yang melebihi 3 meter, harus ada kain merah yang jelas kelihatan, berukuran panjang dan lebar 0,40 meter. b. Yang melebihi 2 meter, harus ada kain merah yang jelas kelihatan berukuran 0,40 meter. c. Yang melebihi 2 meter sampai 3 meter, harus mengunakan kain/bendera berukuran 0,40 meter di ujung mutan tidak boleh terseret di jalan, sedang pada malam hari antara matahari terbenam dan terbit menggunakan lentera yang memancarkan dengan jelas cahaya merah.

187. Ukuran maksimum tinggi dan lebar kendaraan yang ditentukan oleh undang-undang lalu lintas, yaitu: a. Ukuran tinggi termasuk muatan tidak lebih dari 3, 50 meter dan lebar tidak lebih dari 2, 50 meter. b. Ukuran tinggi termasuk muatan kurang dari 3.50 meter sedangkan lebar sampai 3 meter. c. Ukuran tinggi termasuk muatan 3.50 meter sedangkan lebar 2,25 meter. 188. Bagaimana Anda dapat mengetahui jumlah berat yang diizinkan dari sebuah mobil beban atau mobil bis. a. Dari catatan pada STNK dan BPKB. b. Dari catatan pada buku uji kendaraan bermotor. c. Dari surat tanda nomor kendaraan bermotor atau surat tanda coba kendaraan. 189. Daya angkut maksimum ruang muatan mobil beban ditentukan menurut : a. Buku uji kendaraan dan tanda di kiri/ kanan kendaraan sesuai buku tersebut, yang dikeluarkan oleh DLLAJR. b. Keinginan orang yang barangnya akan diangkut. c. Perkiraan yang menguntungkan bagi pengemudi.

190. Jika muatan dari mobil beban menjulur ke belakang lebih dari 2 meter melewati ujung belakang kendaraan maka pada ujung muatan itu : a. Antara matahari terbenam dan matahari terbit memasang lampu murah yang memancarkan cahaya ke segala penjuru sedangkan antara matahari terbit dan matahari terbenam tidak perlu memasang sesuatu di ujung belakang muatan. b. Antara matahari terbenam dan matahari terbit memasang lampu merah yang memancarkan cahaya ke segala penjuru, sedangkan antara matahari terbit dan matahari terbenam, memasang kain merah yang jelas kelihatan, yang berukuran panjang dan lebar paling sedikit 0,40 meter. c. Antara matahari terbenam dan matahari terbit memasang lampu kuning yang memancarkan cahaya kesegala penjuru, sedangkan antara matahari terbit dan matahari terbenam memasang kain merah, yang jelas kelihatan yang berukuran panjang dan lenar paling sedikit 0,40 meter. 28

191. Sebagai seorang pengemudi mobil beban, maka ia harus tahu bahwa batas tertinggi dan terlebar kendaraan termasuk muatan, adalah : a. 305cm dan 215cm. b. 350cm dan 250cm. c. 350cm dan 225cm. 192. Berapakah panjang maksimum yang boleh menonjol kebelakang, melewati sisi belakang kendaraan tanpa diperlukan tanda atau isyarat ? a. 2 meter. b. 6 meter. c. 9 meter. 193. Berapakah lebar maksimum yang diizinkan untuk sebuah kendaraan termasuk muatannya : a. 1,5 meter. b. c. 2,5 meter. 3,5 meter.

194. Berapakah tinggi maksimum yang diizinkan untuk sebuah kendaraan termasuk muatannya : a. 3,5 meter. b. c. 4,8 meter. 4,5 meter.

195. Apa yang harus Anda perhatikan bila Anda akan mengangkut muatan pada kendaraan bermotor : a. Berat dan ukuran tinggi dan lebar maksimal yang diizinkan tidak boleh dilampaui. b. c. Muatan harus diikat baik dan tidak seorang pun boleh duduk di atas muatan tersebut. Kedua jawaban di atas adalah benar.

196. Mengapa kendaraan Anda tidak boleh mengangkut muatan yang melebihi daya angkut ? a. Dapat merusak body kendaraan dan permukaan jalan. b. c. Akan menambah jarak pengereman di jalan menurun. Akan memengaruhi teknik mengemudi dan membawa dua akibat tersebut di atas.

X. Kelengkapan Kendaraan197. Mobil beban dan mobil bis wajib diperlengkapi dengan alat-alat pelengkap : a. Dongkrak, engkol, kunci roda, kunci Inggris, tang kombinasi, obeng, ban cadangan, pompa tangan atau kaki. b. c. Alat-alat tersebut di atas, ditambah : pompa gemuk, kunci busi, satu stel kunci-kunci yang sesuai dengan baut-baut dan mur kendaraan. Kedua jawaban tersebut di atas ditambah : untuk mobil beban pembalut cepat no. 2, 3, 4 dalam bungkusan yang tahan air, dan untuk mobil bis ditambah kotak yang berisi obat-obatan dan alat pembalut.

29

198. Adakah keharusan Undang-undang untuk menggunakan alat penunjuk arah bagi sepeda motor? a. Diharuskan. b. c. Tidak diharuskan tetapi diusahakan supaya ada. Tidak diharuskan.

199. Kaca pengintai atau kaca spion pada sepeda motor, merupakan keharusan untuk : a. Sewaktu-waktu melihat keadaan jalan sebelah belakang kanan atau kiri pengemudinya. b. c. Digunakan sebagai kaca hias. Senantiasa dapat melihat wajah pengemudi-pengemudi yang berada di belakang.

200. Untuk mengurangi kebisingan suara dan penyebaran asap sepeda motor yang mengganggu pemakai jalan lain atau bahkan orang-orang yang berada di dalam rumah, maka : a. Sepeda motor harus mempunyai pesawat/alat penutup suara yang sempurna yang menyalurkan gas buangan mesin ke arah belakang. b. c. Harus berjalan pelan-pelan supaya mengurangi suara sepeda motor. Merubah saluran gas buangan termasuk suara mesin knalpot ke arah atas.

201. Isi kotak obat dari mobil bis terdiri dari : a. Kapas yang bebas dari lemak 5 x 25 gram, perlu balsem 30 gram, dan 40 gram yodium lentur kasa yang steril. b. c. Pembalut 10 cm 5 buah, pembalut segitiga 1 buah dan obat merah 50 gram, gunting, sabun, peniti, plester dengan 1 dos kasa. Kedua jawaban di atas adalah benar.

202. Mobil beban dan bis dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 2000 kg, harus dilengkapi antara lain dengan : a. 2 (dua) busi, 1 (satu) stel sekering dan 1 (satu) sekering dan 1 (satu) meter pita isolasi, 1 (satu) tali kipas. b. c. 1 (satu) tali kipas, 1 (satu) sekering dan 2 (dua) lampu kuning yang dapat berkedip-kedip (lampu hazard). 2 (dua) lampu hazard, 1 (satu) kotak berisi 5 (lima) klep dan 1 (satu) meter isolasi.

203. Knalpot kendaraan Anda mengeluarkan banyak asap. Apa yang Anda lakukan ? a. Periksa saluran knalpot dan perbaiki apabila ada yang bocor. b. c. Knalpot ditambah dengan saluran/pipa yang mengarah ke atas. Tidak menjadikan masalah asal tidak mengeluarkan gaduh.

30

XI. Pengangkutan Penumpang dan Barang-Barang204. Menurut Anda, bagaimana dapat diketahui atau menghitung jumlah orang dewasa yang dapat diangkut dalam mobil penumpang/sedan bukan untuk umum. a. Sesuai banyaknya tempat duduk yang lebarnya 1 meter. b. c. Menurut perkiraan Anda yang wajar. Menurut ukuran tempat duduk yang lebarnya 35 cm untuk 1 (satu) orang.

205. Bagaimana Anda menempatkan muatan barang yang menggantikan muatan penumpang orang/orang, dalam kabin mobil sedan. a. Menempatkan barang di atas tempat duduk. b. Menempatkan barang dalam mobil asalkan tidak mengganggu pengemudi. c. Menempatkan dengan rapi dalam kabin, dengan tidak mengganggu atau menghalangi pekerjaan pengemudi dengan ketentuan setiap penumpang dapat diganti dengan barang seberat 50 kg. 206. Bagaimana Anda dapat membedakan antara mobil penumpang dan mobil bis? a. Mobil penumpang dilengkapi dengan tempat duduk lebih dari 9 orang tidak termasuk pengemudi. b. c. Mobil penumpang dilengkapi dengan tempat duduk untuk paling banyak 9 orang termasuk pengemudi, sedangkan mobil bis untuk lebih dari itu. Mobil bis dilengkapi dengan tempat duduk 8 orang tidak termasuk pengemudi dan lebih.

207. Setiap penumpang orang dewasa dalam mobil penumpang/sedan dapat diganti dengan : a. 2 (dua) anak yang berusia tidak lebih dari 10 tahun asalkan jumlah pemumpang termasuk anakanak tidak melebihi maksimum pemumpang yang diizinkan ditambah setengah dari maksimum itu. b. c. Anak-anak di bawah umur 10 tahun, asalkan dipangku oleh orang dewasa tidak dihitung. Setiap penumpang dewasa dapat diganti dengan 2 orang anak di bawah umur 4 tahun.

208. Dalam ruangan muatan mobil beban, hanya dapat dimuat beberapa orang, yaitu : a. 6 (enam) orang tidak termasuk pengemudi serta pembantu pengemudi. b. c. 4 (empat) orang yang bekerja pada perusahaan pemilik mobil beban tersebut dan sejumlah orang menurut Buku Pemeriksaan (KP). Sama sekali tidak boleh membawa orang kecuali dengan izin.

209. Sebagai pengemudi mobil beban Anda diminta mengangkut rombongan penumpang, biasanya pada waktu-waktu seperti pertandingan sepak bola dan lain-lain, maka Anda menyanggupi, karena : a. Anda tidak melanggar peraturan asalkan penumpang di ruang muatan berdiri dengan rapi. b. c. Anda telah mencapai izin sementara dari LLAJR untuk mengangkut orang. Anda tidak ingin mengecewakan pimpinan rombongan yang ingin diangkut.

31

210. Bolehkah Anda mengangkut lebih dari 1 (satu) orang di atas sepeda motor beroda dua ? a. Boleh, asal yang dibawa anak-anak dan istri sendiri. b. c. Tidak boleh. Boleh, selama kondisi sepeda motor lengkap dan baik.

211. Dalam hal mengangkut orang atau barang, maka kendaraan bermotor umum harus memperhatikan larangan sebagai berikut: a. Dilarang mengangkut penumpang yang nyata kelihatan mabuk atau karena sakit atau penyakit atau disebabkan hal lain yang dapat mengganggu atau membahayakan penumpang lain. b. c. Dilarang mengangkut senjata api, mesiu atau petasan yang tidak terbungkus atau disimpan sedemikian rupa sehingga membahayakan bagi penumpang/pegawai kendaraan. Dilarang mengangkut cairan atau gas beracun dan bahan peledak atau hewan yang sakit atau berbahaya juga pengangkutan barang atau orang seperti tersebut di atas. 212. Tarif dan jumlah penumpang, untuk mobil penumpang umum ditentukan berdasarkan : a. Perkiraan dan ketentuan pengemudi sendiri. b. c. Kebijaksanaan/ketentuan tarif oleh pemerintah dan ketentuan penumpang menurut Surat Ijin Kendaraan/Tanda pengesyahan uji dan LLAJR. Tawar menawar dengan penumpang tentang pembayaran dan jumlah penumpang menurut keinginan pengemudi atau penumpang sendiri. 213. Tarif dan jumlah penumpang, untuk mobil penumpang umum ditentukan berdasarkan : a. Perkiraan dan ketentuan pengemudi sendiri. b. c. Kebijaksanaan/ketentuan tarif oleh pemerintah dan ketentuan penumpang menurut Surat Uji Kendaraan/Tanda pengesayahan uji dan LLAJR. Tawar-menawar dengan penumpang tentang pembayaran dan jumlah penumpang menurut keinginan pengemudi atau penumpang sendiri. 214. Larangan untuk kendaraan umum pengangkut penumpang antara lain adalah : a. Mengangkut bahan-bahan peledak. b. c. Mengangkut orang sakit yang diduga dapat membahayakan penumpang lainnya. Kedua larangan tersebut di atas adalah benar.

XII. Isyarat-Isyarat oleh Petugas Polri dan Lampu Lalu Lintas215. Menghadapi lampu kuning yang berkedip-kedip berarti : a. Harus berhenti dulu untuk menghindarkan diri dari kecelakaan. b. c. Diminta perhatian, boleh berjalan terus dengan hati-hati. Segera mempercepat jalannya kendaraan sebelum lampu merah menyala.

216. Apabila menghadapi lampu kuning berkedip-kedip, maka tindakan yang benar adalah : a. Berjalan terus, kendaraan lain yang harus hati-hati. b. c. Setidak-tidaknya berhenti dan beri jalan. Mendekati dengan hati-hati, mengurangi kecepatan jika perlu berhenti dan berjalan. 32

217. Seorang anggota polisi mengatur lalu lintas di persimpangan sedangkan lampu pengatur lalu lintas masih bekerja. Siapakah yang harus Anda patuhi pada saat itu ? a. Lampu lalu lintas dan tanda pengaturan oleh polisi. b. c. Hanya lampu pengatur lalu lintas. Hanya isyarat Polisi.

218. Kendaraan mana yang boleh membelok ? a. Kendaraan 1. b. c. Tidak satu pun dari ke dua kendaraan itu. Kendaraan 2.

219. Kendaraan mana yang boleh melintasi persimpangan ? a. Kendaraan 1. b. c. Kendaraan 2. Tidak satu pun dari kedua kendaraan itu.

220. Apa yang harus dilakukan oleh kendaraan A. a. Harus mendahulukan kendaraan B. b. c. Harus berhenti. Dapat berjalan setelah kendaraan C lewat.

221. Kendaraan mana yang harus berhenti? a. Kendaraan A. b. c. Kendaraan B. Kendaraan C.

222. Apa yang harus dilakukan oleh kendaraan A? a. Mendapat prioritas jalan terlebih dahulu daripada kendaraan C. b. c. Harus berhenti. Harus mendahulukan kendaraan B.

223. Kendaraan mana saja yang siap dapat berjalan ? a. Kendaraan A dan B. b. c. Kendaraan C dan D. Semua kendaraan berhenti.

224. Kendaraan mana yang dapat berjalan lebih dulu ? a. Kendaraan A dan B. b. c. Kendaraan A. Kendaraan C.

225. Kendaraan mana yang harus berhenti ? a. Kendaraan A. b. c. Kendaraan B dan D. Kendaraan C.

33

226. Apa yang harus dilakukan oleh kendaraan tersebut ? a. Kendaraan A dan B menambah kecepatan. b. c. Kendaraan D dan C mengurangi kecepatan. Kendaraan A menambah kecepatan.

227. Apa yang harus dilakukan oleh kendaraan-kendaraan tersebut ? a. Kendaraan C harus berhenti. b. c. Kendaraan B harus mengurangi kecepatan. Kendaraan A harus berhenti.

228. Apa yang harus dilakukan oleh kendaraan-kendaraan tersebut ? a. Kendaraan A berjalan sambil menambah kecepatan. b. c. Kendaraan B jalan. Kendaraan C harus jalan.

229. Apa maksud pengaturan oleh polisi tersebut ? a. Kendaraan A harus jalan. b. c. Kendaraan B harus berhenti. Kendaraan C harus menambah kecepatan.

230. Kepada kendaraan mana isyarat pengaturan lalu lintas dengan tangan tersebut ditujukan dan apa maksudnya? a. Kepada kendaraan A untuk mengurangi kecepatan. b. c. Kepada kendaraan B untuk menambah kecepatan. Kepada kendaraan C untuk mengurangi kecepatan.

231. Apa maksud pengaturan tersebut : a. Kendaraan A dan C dipersilahkan berjalan. b. c. Kendaraan B dan D dipersilahkan berjalan. Semua kendaraan dapat berjalan dengan hati-hati.

232. Pengatur lalu lintas memberi isyarat agar : a. Kendaraan A dan B berhenti. b. c. Kendaraan C dan D menunggu isyarat. Kedua tersebut di atas.

233. Isyarat pengatur lalu lintas berarti ? a. Kendaraan A dan B berhenti. b. c. Kendaraan C jalan. Keduanya tersebut di atas.

234. Isyarat pengaturan lalu lintas berarti ? a. Kendaraan C harus berhenti. b. c. Kendaraan A, B dan D boleh jalan. Keduanya tersebut di atas.

34

235. Isyarat pengatur lalu lintas berarti ? a. Kendaraan B dan C boleh jalan terus. b. c. Kendaraan A harus berhenti. Kendaraan A, B dan C harus berhenti.

236. Isyarat pengatur lalu lintas berarti ? a. Kendaraan B harus berhenti. b. c. Kendaraan C boleh jalan dan kendaraan A boleh jalan kalau membelok ke kiri. Keduanya tersebut di atas.

237. Isyarat pengatur lalu lintas berarti ? a. Kendaraan A harus berhenti. b. c. Kendaraan C boleh jalan, demikian juga B asal akan membelok ke kiri. Keduanya tersebut di atas.

238. Karena lalai, Anda berada pada lajur nomor 3 sedang maksud Anda adalah untuk membelok ke kiri. Apa yang Anda perbuat ? a. Dengan berjalan hati-hati tetap membelok ke kiri. b. c. Tidak jadi membelok ke kiri dan sebaiknya berjalan lurus ke depan dan tidak ke kanan. Menunggu di lajur nomor 3 sampai tidak ada kendaraan dibelakang Anda, baru Anda membelok ke kiri. 239. Kendaraan mana yang harus menunggu ? a. Kedua kendaraan. b. c. Kendaraan 1. Kendaraan 2.

240. Kendaraan mana yang boleh membelok ? a. Kendaraan 1, 2, 3. b. c. Kendaraan 2, 3. Kendaraan 1.

241. Anda berjalan dengan kecepatan 40 km per jam mendekati persimpangan yang diatur oleh lampu lalu lintas. Ketika itu lampu berubah dari warna hijau ke kuning. Apa yang Anda lakukan ? a. Berhenti. b. c. Jalan terus. Bersiap-siap berhenti karena belum melewati garis berhenti.

242. Lampu lalu lintas menunjukkan warna merah dengan tanda panah warna hijau menunjuk ke kiri. Apa artinya itu ? a. Mereka yang ingin membelok ke kiri boleh berjalan terus. b. c. Untuk jalan ke kiri Anda menunggu hingga kedua-dua lampu menunjukkan warna hijau. Semua yang ingin berjalan lurus dan berbelok ke kanan harus menunggu yang belok kiri jalan 35 terus.

243. Lampu lalu lintas menyala kuning berkedip-kedip. Apa yang harus dilakukan oleh pengemudi sedan itu ? a. Dia harus berhenti di garis berhenti. b. c. Dia harus berhenti jika lampu berubah. Dia berjalan terus tetapi hati-hati dan jika perlu berhenti di garis berhenti untuk mengamati lalu lintas yang memotong sampai keadaan aman.

XIII. Rambu-RambuA. Beri Petunjuk 244. Apa yang harus Anda lakukan bila menghadapi rambu ini ? a. Berhenti jika Anda berjalan ke kiri. b. c. 245. Apa arti rambu ini ? a. b. c. Anda harus memberikan isyarat dengan petunjuk arah bahwa Anda sedang membelok ke kiri. Berjalan terus ke arah kiri yang diwajibkan. Wajib berjalan di sebelah kiri dari rambu ini. Satu-satunya arah yang boleh ditempuh ialah ke kiri. Dilarang berjalan lurus ke depan.

246. Apa yang dinyatakan rambu ini? a. Akan memasuki jalan raya lintas cepat. b. c. Awal jalan bebas hambatan. Awal bagian jalan satu jurusan.

247. Apakah arti rambu ini ? a. Menunjukkan tempat hiburan. b. c. Menunjukkan tempat stasiun bis. Menunjukkan akhir daerah kota.

248. Apa yang dinyatakan rambu ini ? a. Tiang listrik tegangan tinggi. b. c. Ada bengkel reparasi untuk umum. Ada pabrik kabel.

249. Apa yang dinyatakan rambu ini ? a. Tersedia telepon umum ditempat itu. b. c. Ada pemancar radio amatir. Ada bengkel mobil.

36

B. Memberikan Peringatan tentang Suatu Bahaya.250. Apa arti rambu ini ? a. b. c. 251. Apa arti rambu ini? a. b. c. 252. Apa arti rambu ini ? a. b. c. Tidak diizinkan untuk membelok ke kanan. Tikungan tajam ke kanan. Tempat membelok ke kanan. Tikungan ganda di depan. Tikungan tajam di depan, pertama ke kanan. Perubahan rute ke kanan. Kondisi jalan licin. Jalan dengan tanjakan berbelok-belok. Jalan dengan banyak tikungan di depan.

253. Apa yang harus Anda lakukan bila melihat rambu ini ? a. Anda harus berhati-hati, kurangi kecepatan bila perlu, karena menghadapi banyak tikungan sejauh 3 km berikutnya. b. c. Kurangi kecepatan karena jalan licin. Anda harus mengamati lalu lintas yang datang dari depan sejauh 3 km.

254. Apa yang menjadi perhatian dan kewaspadaan Anda bila melihat rambu ini ? a. Jarak pengereman lebih besar pada jalan menurun dari pada di jalan besar. b. Kemungkinan timbul kerusakan rem kalau akan terus menerus digunakan dan kurangi kecepatan dengan menggunakan perseneling rendah, karena menghadapi jalan menurun. c. 255. Apa arti rambu ini ? a. b. c. 256. Apa arti rambu ini ? a. b. c. Kemungkinan banyak tikungan selain jalan menurun. Jalan pegunungan yang sangat sempit. Menghadapi tanjakan. Banyak kendaraan berhenti ditanjakan. Penyempitan di bagian kanan jalan. Perbaikan jalan. Jalan satu jurusan.

257. Apa artinya rambu ini ? a. Jalan yang terbagi dalam jalur. b. c. Jalan tanpa bahu jalan yang baik. Jembatan sempit.

37

258. Apa akibat yang mungkin terjadi bila tidak memperhatikan rambu ini ? a. Kendaraan mungkin patah sumbu atas pegas. b. c. Kendaraan mungkin slip dan membahayakan lalu lintas yang datang dari depan. Muatan mungkin rusak.

259. Bahaya apa yang dinyatakan rambu ini waktu musim hujan ? a. Jalan mungkin tertutup. b. c. Bahaya tergelincir karena jalan licin. Bahaya selip karena jalan berbelok-belok.

260. Menyatakan apa rambu ini? a. Menghadapi perlintasan jalan kereta api dengan pintu 80 meter perjalanan lagi. b. c. 261. Apa arti rambu ini ? a. b. c. 262. Apa arti rambu ini ? a. b. c. Menghadapi daerah peternakan. Jalan yang berpagar kiri dan kanan. Perlintasan jalan kereta api berpintu. Stasiun kereta api di depan. Perlintasan jalan kereta api tanpa pintu. Tanda yang menyatakan banyak bahaya. Lalu lintas dua arah. Jalanan sempit, sering terjadi serempetan.

263. Apa yang harus Anda ketahui bila melihat rambu ini ? a. Bersiap-siap melewati perlintasan kereta api. b. c. Saya berhak berjalan lebih dahulu. Saya dapat prioritas untuk berjalan lebih dulu tetapi saya harus memperhatikan lalu lintas yang memotong. 264. Apakah arti rambu ini ? a. Lalu lintas dari kiri mempunyai hak berjalan lebih dahulu. b. c. Jangan membelok ke kiri. Anda berhak berjalan lebih dulu tetapi harus memperhatikan lalu lintas dari jalan samping kiri. 265. Apa yang harus Anda lakukan bila melihat pejalan kaki menunggu untuk menyeberang di tempat rambu ini ? a. Jangan berhenti, Anda berhak melintas lebih dulu. b. c. Dekati tempat penyeberangan, pejalan kaki dengan kecepatan sedemikian rupa, sehingga bila perlu segera dapat dihentikan. Lewati penyeberangan di depan Anda yang sudah menunggu secepat mungkin. 38

266. Apa yang harus Anda hindari apabila melewati rambu ini ? a. Mengerem dengan kuat dan mendadak. b. c. Menambah kecepatan. Melakukan gerakan-gerakan mengemudi yang mendadak atau mengerem dengan kuat dan mendadak. 267. Anda melewati rambu ini di luar daerah perumahan kota. Berapa jauh setelah rambu ini, Anda siap menghadapi bahaya dan harus berhati-hati ? a. Mulai rambu ini sampi keadaan/kondisi lalu lintas aman. b. c. Mulai rambu ini sampai 100 meter. Mulai rambu ini sampai 20 meter.

268. Apa yang Anda lakukan apabila melihat rambu ini ? a. Mengurangi kecepatan, bila perlu siap-siap untuk mengerem karena menghadapi persimpangan. b. c. Memberi jalan dahulu kepada kendaraan yang datang dari kiri. Ada persimpangan tanpa rambu lalu lintas.

269. Apa yang Anda waspadai apabila melihat rambu ini ? a. Petugas-petugas yang sedang memperbaiki jalan. b. c. Ada alat-alat dan bahan material untuk perbaikan jalan. Kedua rintangan tersebut di atas.

270. Rambu ini berarti peringatan akan bahaya angin dari samping. Apa yang dianjurkan apabila melihat rambu ini ? a. Kurangi kecepatan. b. c. Bersiap-siap mengahadapi angin samping dan penyesuaian kecepatan. Hindari gerakan mendahului kendaraan lain yang sedang berjalan cepat.

C. Mengatur prioritas di persimpangan271. Apa arti rambu ini : a. b. c. Tanda keharusan berhenti. Tanda boleh jalan asal pelan-pelan. Tanda untuk berhenti jika diberhentikan.

272. Apa yang Anda lakukan ketika melihat rambu ini ? a. Berhenti jauh sebelum melewati rambu ini. b. c. Berhenti setelah rambu ini. Berhenti dahulu sebelum melewati ramu ini dan amati lalu lintas dipersimpangan sampai keadaan aman.

39

273. Rambu disamping menyatakan ? a. Tanda larangan untuk kendaraan tertentu. b. c. Tanda keharusan memberikan kesempatan berlalu lebih dahulu pada lalu lintas di persimpangan. Jalan banyak menurun.

274. Apa yang Anda lakukan ketika menghadapi rambu ini ? a. Berhenti di titik dari mana dapat melihat lalu lintas di depan. b. c. Jalan terus dengan kecepatannya yang dikurangi. Kurangi kecepatannya, bila perlu berhenti dan memberikan kesempatan berlalu dahulu pada lalu lintas dipersimpangan. 275. Apa arti rambu ini ? a. b. c. Tanda yang menyatakan dua arah. Berhenti dan tunggu. Mendapat kesempatan berlalu lebih dahulu atas lalu lintas dari muka.

276. Apa yang Anda lakukan bila melihat rambu ini ? a. Jalan pelan-pelan dan berhenti, lalu lintas dari muka harus diberi kesempatan berlalu lebih dahulu. b. c. Jalan terus karena berhak jalan dahulu. Jalan terus akan tetapi berhati-hati, sekalipun Anda mendapat prioritas jalan.

277. Rambu mana yang berarti memberikan kesempatan kepada Anda untuk berjalan lebih dahulu ? a. Rambu 1. b. c. Rambu 2. Rambu 3.

278. Rambu mana yang menunjukkan bahwa Anda mendapatkan prioritas (dapat jalan dahulu) atas lalu lintas dari depan. a. Nomor 1. b. c. Nomor 2. Nomor 1 dan 2.

279. Rambu mana yang menjukkan lalu lintas satu arah ? a. Nomor 1. b. c. Nomor 1 dan 2. Nomor 2.

280. Rambu-rambu mana yang berarti mendapat prioritas untuk berjalan lebih dahulu ? a. Rambu 1. b. c. Rambu 2. Rambu 3.

40

281. Apa yang Anda lakukan, bila melihat rambu ini ? a. Berhenti di depan rambu ini, bila palang pintu kereta api tertutup. b. c. Berhenti pada rambu ini sebelum melewati rel kereta api. Mengurangi kecepatan, hati-hati dan waspada karena mendekati perlintasan jalan kereta api dengan satu jalur rel. 282. Apa arti rambu ini ? a. b. c. Persimpangan jalan di depan. Perlintasan jalan kereta api di depan dengan dua atau lebih jalur rel. Perlintasan kereta api di depan.

D. Larangan dan Perintah283. Apa arti rambu ini ? a. b. c.

Dilarang masuk kecuali sepeda. Semua kendaraan dilarang masuk. Semua pemakai jalan dilarang masuk.

284. Rambu disampingan menyatakan : a. Kendaraan bermotor beroda empat atau lebih dilarang masuk. b. c. Semua jenis kendaraan bermotor dilarang bermotor dilarang masuk. Hanya kendaraan bermotor dan sepeda motor dan sepeda motor dilarang masuk. 285. Jawaban di bawah ini mana yang benar kalau meghadapi rambu ini. a. Sepeda motor diperolehkan memasuki jalan ini. b. c. Bis-bis mini diperbolehkan berada di jalan ini. Truk-truk diperbolehkan berada di jalan ini.

286. Gambar disamping menyatakan : a. Dilarang masuk untuk semua kendaraan dengan berat lebih dari 3,5 ton. b. c. 287. Apa arti rambu ini? a. b. c. Semua jenis kendaraan dilarang masuk. Hanya mobil beban dilarang masuk. Kendaraan bermotor dengan kereta gandengan dilarang masuk. Tanda bahwa di depan ada pool bis kota Mobil bis dan truk dilarang masuk.

288. Jenis kendaraan yang tidak diizinkan memasuki jalan dengan rambu ini adalah : a. Bis yang berat. b. c. Bis dan truk. Semua jenis bis.

41

289. Apa arti rambu lalu lintas ini ? a. Jarak antara dua kendaraan bermotor yang beriringan ke jurusan yang sama tidak boleh kurang dari 15 meter. b. c. Jarak antara dua kendaraan yang beriringan ke jurusan yang sama tidak boleh lebih dari 15 meter. Jarak antara dua kendaraan yang sedang diparkir tidak lebih dari 15 meter.

290. Apa arti rambu lalu lintas ini ? a. Truk yang melebihi dari 10 meter tidak diizinkan di jalan ini. b. c. Kendaraan bermotor yang lebih dari 10 meter panjangnya termasuk muatan tidak diizinkan memasuki jalan ini. Truk yang panjangnya 10 meter tidak diizinkan di jalan ini.

291. Apa yang dinyatakan oleh rambu lalu lintas ini ? a. Kendaraan yang lebarnya termasuk muatannya lebih dari 2 meter dilarang masuk. b. c. Kendaraan dilarang masuk karena menyempit sampai lebar 2 meter. Kendaraan yang panjangnya termasuk termasuk muatannya melebihi 2 meter dilarang masuk. 292. Rambu lalu lintas disamping menyatakan : a. Kendaraan yang seluruh tingginya termasuk muatannya melebihi 3,5 meter dilarang masuk di jalan ini. b. c. Kendaraan yang seluruh beratnya termasuk muatannya melebihi 3,5 ton dilarang masuk. Tinggi jalan tersebut 3,5 meter.

293. Kendaraan yang tidak diizinkan melewati rambu ini, adalah : a. Kendaraan yang jumlah beratnya 5 ton. b. c. 294. Apa arti rambu ini ? a. b. c. Truk kosong dengan jumlah berat yang diperbolehkan termasuk muatannya lebih dari 5 ton. Bis kosong dengan jumlah berat yang diizinkan 3,5 ton. Batas kecepatan maksimum 40 Km per jam. Batas kecepatan minimum 40 Km. Akhir batas kecepatan 40 Km per jam.

295. Apa yang harus Anda lakukan jika melihat rambu ini ? a. Kecuali jalan sepi Anda tidak diperkenankan melebihi kecepatan maksimum yang diizinkan 60 b. c. km per jam. Anda tidak diperbolehkan berjalan lebih lambat dari 60 km per jam. Anda tidak diperbolehkan melebihi kecepatan maksimum yang diizinkan 60 km per jam.

42

296. Apa arti rambu ini ? a. b. c.

Batas kecepatan maksimum 40 km per jam. Batas kecepatan minimum berakhir di sini. Akhir dari batas kecepatan maksimum 40 Km per jam.

297. Perbuatan apa yang dilarang oleh rambu ini ? a. Parkir kendaraan. b. c. 298. Apa arti rambu ini ? a. b. c. Kendaraan berhenti di tempat ini. Memutar kembali kendaraan bermotor. Dilarang berhenti. Dilarang parkir. Dilarang parkir bagi kendaraan bermotor.

299. Perbuatan apa yang dilarang oleh rambu ini ? a. Berhenti untuk menurunkan pemumpang. b. c. 300.Apa arti rambu ini ? a. b. c. 301. Apa arti rambu ini ? a. b. c. 302. Apa arti rambu ini ? a. b. c. Berhenti dan menunggu atau meninggalkan kendaraannya. Menaikkan atau menurukan pemumpang atau barang dengan segera. Berbelok ke kiri. Jalan lurus ke depan. Dilarang belok kiri. Dilarang belok ke kanan. Dilarang belok ke kiri. Dilarang berjalan lurus ke depan. Dilarang belok ke kanan dan berputar. Dilarang berputar. Dilarang mendahului.

303. Arah mana yang dilarang ? a. Arah 1. b. c. 304. Apa arti rambu ini ? a. b. c. Arah 2. Arah 3. Dilarang mendahului semua kendaraan di depan. Dilarang mendahului kendaraan seelah kiri. Dilarang mendahului kendaraan bermotor lain yang sedang bergerak.

43

305. Jenis kendaraan yang dapat didahului pengemudi apabila melewati rambu ini, adalah : a. Sepeda motor tanpa kereta samping. b. c. 306. Apa arti rambu ini ? a. b. c. 307. Apa arti rambu ini ? a. b. c. 308. Apa arti rambu ini ? a. b. c. Bajaj, sedan. Kendaraan-kendaraan yang ditarik hewan, sepeda. Dilarang berputar. Dimulai dari rambu ini diizinkan untuk mendahului kendaraan bermotor lainnya. Dilarang mendahului kendaraan tidak bermotor. Dilarang membunyikan isyarat suara. Dilarang mendahului kendaraan tidak bermotor. Dilarang mendahului kendaraan tidak bermotor. Kecepatan maksimum yang diwajibkan. Kecepatan minimum yang diwajibkan. Diperbolehkan lebih lambat dari 30 km per jam.

E. Marka Garis Jalan310. Apa arti garis tengah berwarna putih yang terputus-putus di atas jalan dua arah ini ? a. Kendaraan boleh melintas atau jalan di atas garis ini setiap saat. b. c. Kendaraan boleh melintas atau jalan di atas garis ini, tetapi hanya jika keadaan lalu lintas sepi. Kendaraan tidak boleh melintasi atau jalan di atas garis tersebut, kecuali jika untuk mendahului kendaraan lain atau keadaan memaksa. 311. Apa arti garis tengah berwarna putih tidak terputus di atas jalan dua arah ini ? a. Bagaimanapun dilarang berhenti. b. c. Parkir hanya diizinkan jika jarak antara kendaraan yang diparkir dan garis tengah yang utuh itu paling sedikit 2,5 meter. Kendaraan tidak boleh melintasi atau jalan di atas garis tengah tersebut.

312. Anda sedang melalui lajur A dan ingin mendahului, apa yang harus Anda perhatikan ? a. Jangan melintasi atau berjalan di atas garis tengah yang utuh tersebut. b. c. Mendahului hanya diperbolehkan bila kedua garis tersebut berakhir. Anda boleh jalan melintasi dua garis itu jika hal ini tidak membahayakan lalu lintas lainnya.

44

313. Gambar di samping menyatakan : a. Kendaraan di lajur A tidak boleh berpindah ke lajur B. b. c. Dilarang berhenti di jalan yang ada di garis-garis tersebut. Kendaraan di lajur A bila ingin mendahului boleh melewati garis tersebut.

314. Apa arti tanda garis-garis panah di jalan ini ? a. Arah diwajibkan. b. c. Pra seleksi jurusan yang akan ditempuh. Kedua jawaban benar.

315. Apa yang harus Anda lakukan bila mendekati alur penyeberangan pejalan kaki (zebra cross) ? a. Memperlambat jalannya kendaraan dan apabila ada pejalan kaki menyeberang, berhenti b. c. dahulu dan memeri kesempatan berjalan. Mempercepat jalannya kendaraan. Membunyikan klakson agar orang tidak jadi menyeberang.

XIV. Teknik Mengemudi317. Lantang pandang/daya penglihatan mata manusia sampai kesamping kiri dan kanan pada umumnya dapat mencapai masing-masing minimum 70 oleh karena itu sebaiknya seorang pengemudi: a. Selalu menatap ke depan. b. c. Tidak menatap pada satu titik di depan saja tetapi melihat juga sekitarnya secara luas dan merata. Selain menatap ke depan saja, melihat ke kiri kanan dan sekitarnya disesuaikan dengan keadaan lalu lintas. 318. Bila kecepatan bertambah maka jarak berhenti sesudah pengereman adalah : a. Bertambah jauh. b. c. Tidak akan bertambah asalkan pesawat rem dalam keadaan baik. Tergantung dari ketrampilan pengemudi.

319. Kalau kita berjalan lurus yang bekerja pada kendaraan hanyalah gaya dorong lanjutan/momen tetapi apabila berbelok akan bekerja pula : a. Jarak geser ke samping. b. c. Gaya bentur pada penumpang. Gaya (centrifugal) yang arahnya menaruh titik pusat belokan/putaran.

320. Semua benda mempunyai titik berat dan pada titik berat itu bekerja gaya gravitasi (daya tarik bumi) sehingga kalau sebuah kendaraan memuat barang terlalu tinggi, maka titik beratnya akan : a. Bergeser ke seluruh roda depan. b. c. Bergeser ke dasar bak kendaraan. Bergeser ke atas muatan yang dapat menyebabkan kendaraan mudah terbalik.

45

321. Kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi pada jalan yang terendam air dapat mengakibatkan kurang berfungsinya kemudi dan sistim rem, sehingga kendaraan mudah slip dan tergelincir. Hal ini disebabkan oleh : a. Roda cepat semi karena baut-baut basah. b. c. Genangan air antara ban dan permukaan jalan dan sepatu rem pada roda, yang menjadi basah. Rem makan sebelah karena basah.

322. Ban yang berputar di atas jalan akan menimbulkan panas yang bertimbun di dalam ban, sehingga suhu menjadi naik dan menimbulkan perubahan yang berbentuk gelombang/lengkungan pada ban dan sedikit demi sedikit ban menjadi rusak (sobek) untuk menghindarinya maka : a. Menambah tekanan udara dalam ban. b. c. Mengurangi tekanan udara dalam ban. Menjaga tekanan udara dalam ban sesuai ukuran yang ditentukan bagi kendaraan yang bersangkutan. 323. Posisi duduk badan pengemudi waktu mengendarai moil adalah penting untuk menghindari kelelahan, yang baik adalah : a. Mengambil sikap duduk setegak mungkin. b. c. Mengambil sikap duduk condong ke depan. Mengambil sikap duduk alamiah.

324. Kestabilan gerakan kendaraan terutama diatur oleh cara mengendalikan alat kemudi, yaitu : a. Kemudi dipegang erat-erat tetapi tidak kaku dan hindari gerakan merubah arah dengan mendadak. b. c. Kemudi dipegang dengan sebelah tangan untuk dapat menggerakkan kemudi dengan bebas dan cepat. Kemudi dipegang kuat-kuat.

325. Cara pemakaian rem yang baik pada umumnya adalah : a. Dilakukan dengan cepat dan trampil agar segera dapat berhenti. b. c. Menginjak pedal rem dengan kuat-kuat. Menginjak pedal rem dengan halus beberapa kali sebelum berhenti betul agar mobil yang ada di belakang mengerti bahwa kita sedang mengerem. 326. Mengurangi kecepatan tinggi dengan menggantikan perseneling tinggi ke rendah (engine brake) menghadapi jalan menurun curam. a. Tidak perlu karena pemborosan. b. c. Perlu sekali. Hanya kalau perlu saja.

327. Pada jalan yang terus menerus menurun, pemakaian rem yang terlalu lama mengakibatkan. a. Ban cepat panas. b. c. Kendaraan mudah slip. Pelat rem akan panas yang dapat menyebabkan rem tidak tidak bekerja dengan sempurna.

46

328. Pengereman mendadak di jalan yang licin terutama pada kecepatan tinggi akan mengakibatkan : a. Kemungkinan besar slip. b. c. Tidak berakibat apa-apa kalau kondisi rem baik. Titik berhenti menjadi lebih jauh.

329. Untuk menyelamatkan mobil yang sedang dalam keadaan slip pengemudi harus : a. Memakai rem dengan cepat. b. c. Mengemudikan terus ke arah depan. Melepas gas dan memutar alat kemudi ke arah slip itu.

330. Kendaraan mengalami slip waktu direm : bagaimana reaksi Anda pertama-tama ? a. Lepaskanlah pedal rem dan gas segera putar kemudi ke arah slip. b. c. Tekanlah pedal rem lebih keras sampai kendaraan berhenti. Banting kemudi segera ke kiri jalan.

XV. Perilaku dan Keselamatan Umum dalam Berlalu Lintas331. Para pengemudi diharuskan meneliti segala persyaratan yang dituntut untuk mengendarai kendaraan di jalan umum dengan selamat. Hal ini dapat dicapai dengan : a. Memahami seluruh peraturan perundang-undangan lalu lintas. b. c. Melatih kecakapan mengendarai mobil, memiliki sopan santun dan disiplin lalu lintas dan menghargai orang lain. Memenuhi kedaua jawaban di atas.

332. Tak seorangpun bisa menjamin keselamatan siapa saja yang setiap saat dapat menjadi korban kecelakaan lalu lintas termasuk Anda sendiri, anak Anda ataupun saudara Anda. Untuk mengemudi harus : a. Menghargai jiwa orang lain dan mempunyai tenggang rasa terhadap sesama manusia. b. c. Menjaga keselamatan diri sendiri sebaik-baiknya. Tidak menghiraukan kecelakaan lalu lintas yang penting keselamatan diri sendiri.

333. Jalan raya adalah sarana umum yang disediakan untuk digunakan orang banyak, yang sering menimbulkan kejadian yang menyedihkan atau masalah-masalah lain. Itu sebabnya setiap pengemudi harus : a. Mengutamakan kepentingan tugas yang dibebankan oleh majikan atau kepentingan keluarganya sendiri. b. c. Mempunyai tenggang rasa terhadap sesama manusia, berdisiplin, berkelakuan sopan dan taat pada peraturan perundang-undangan lalu lintas dan ketentuan lain. Patuh hanya pada peraturan perundang-undangan lalu lintas.

47

334. Bila kita dalam keadaan emosi, tegang, gelisah dan tergesa-gesa, maka kondisi tersebut dapat menyebabkan kecelakaan. Untuk menghindarinya maka : a. Tidak perlu menggunakan niat untuk mengemudikan kendaraan sampai kita merasa tenang kembali. b. c. Menggunakan niat kita untuk mengemudikan kendaraan sampai kita merasa tenang kembali. Minum obat penenang.

335. Bila merasa lelah atau ngantuk, sewaktu mengendarai kendaraan seorang pengemudi harus : a. Minum-minuman yang menyegarkan untuk menghilangkan ngantuk dan lelah. b. c. Beristirahat dahulu. Memacu kendaraan untuk merangsang konsentrasi mengemudi.

336. Keadaan jalan yang mempengaruhi sikap mengemudi adalah : a. Situasi malam hari, atau siang hari, cuaca dingin, panas hujan, kabut, senja, kebisingan suara. b. c. Keamanan lalu lintas, berbagai jenis pemakai jalan dan cara menggunakan jalan. Kedua kondisi tersebut di atas adalah benar.

337. Gejala alam yang tidak dapat kita tentang dan selalu mempengaruhi kendaraan dan pengemudi, adalah : a. Gaya gesekan, momen, gravitasi dan gaya sentrifugal. b. c. Hujan lebat, banjir, angin topan dan kabut. Kedua gejala alam tersebut di atas adalah benar.

338. Kendaraan yang sering menyebabkan hambatan yang sebenarnya tidak perlu terjadi adalah : a. Dikemudikan dengan kecepatan yang terlalu rendah. b. c. Kendaraan yang mogok karena ban kempes. Kendaraan yang mengalami kecelakaan lalu lintas.

339. Situasi lalu lintas manjadi berbahaya dan kritis apabila antara lain : a. Mengambil tikun