Soal-soal Try Out UKDI 2009

13
1. Seorang wanita hamil 7 bln mengeluh timbul bruntus-bruntus (vesikel kecil) dikemaluan sejak 1 hari. Sebelumnya belum pernah mengalami. Terdapat vesikel, krusta, erosi pada lab. Minor, mayor dan dinding vagina. Terapi? a. Acicovlik topikal b. Acicovlik iv 3x10 mg/kgbb 5-7 hari c. Acicovlik oral 5x200 mg/kgbb 7-10 hari d. Kotrimoxazol 160 mg Trimetropin + 800 mg Sulfametoksazol 2x/7hr 2. Seorang laki-laki datang ke PKM dengan keluhan gelisah. Suka mondar mandir dan bicara ngelantur. Pemeriksaan dokter tak ada kelainan. Halusinasi + a. CPZ b. Diazepam c. Lorazepam d. Amitriptilin 3. Laki-laki datang ke PKM, mengeluh patah tulang ke dua tungkai bawah, jatuh dari atap. KU : tenang seperti tidur, suara mendengkur. Pemeriksaan Fraktur tungkai terbuka dengan aliran darah yg deras, terdapat luka dibelakang kepala, pipi dan pelipis. Nadi cepat dan lemah, akral dingin. Terapi ? a. Gips di kedua sendi b. Gips di atas patah tulang c. Gips dibawah patah tulang d. Gips dengan beban tekan e. Reposisi 4. Ibu 37 thn G 3 P 2 A 0 datang ke PKM ANC, H. 34-35 mgg. Riwayat SC 2x. apa rencana persalinan? a. Pervaginam dgn observasi ketat b. Pervaginam peringan kala II c. Induksi persalinan Mgg 39-40 d. SC di mgg 37-38 e. SC di mgg 40-41 5. Ibu 30 thn G 2 P 1 Ao di RSUD inpartu kala I. janin hidup tunggal intra uteri kepala H. III , pas observasi inersia uteri, pemeriksaan dalam Eff 90%, pembukaan 6-7 cm, KK (+), PP kepala H III , UUK kiri depan melintang. Apa tindakan yang tepat:

description

tes

Transcript of Soal-soal Try Out UKDI 2009

Page 1: Soal-soal Try Out UKDI 2009

1. Seorang wanita hamil 7 bln mengeluh timbul bruntus-bruntus (vesikel kecil) dikemaluan sejak 1 hari. Sebelumnya belum pernah mengalami. Terdapat vesikel, krusta, erosi pada lab. Minor, mayor dan dinding vagina. Terapi?a. Acicovlik topikalb. Acicovlik iv 3x10 mg/kgbb 5-7 haric. Acicovlik oral 5x200 mg/kgbb 7-10 harid. Kotrimoxazol 160 mg Trimetropin + 800 mg Sulfametoksazol 2x/7hr

2. Seorang laki-laki datang ke PKM dengan keluhan gelisah. Suka mondar mandir dan bicara ngelantur. Pemeriksaan dokter tak ada kelainan. Halusinasi +

a. CPZb. Diazepamc. Lorazepamd. Amitriptilin

3. Laki-laki datang ke PKM, mengeluh patah tulang ke dua tungkai bawah, jatuh dari atap. KU : tenang seperti tidur, suara mendengkur. Pemeriksaan Fraktur tungkai terbuka dengan aliran darah yg deras, terdapat luka dibelakang kepala, pipi dan pelipis. Nadi cepat dan lemah, akral dingin. Terapi ?

a. Gips di kedua sendib. Gips di atas patah tulangc. Gips dibawah patah tulangd. Gips dengan beban tekane. Reposisi

4. Ibu 37 thn G3P2A0 datang ke PKM ANC, H. 34-35 mgg. Riwayat SC 2x. apa rencana persalinan?

a. Pervaginam dgn observasi ketatb. Pervaginam peringan kala IIc. Induksi persalinan Mgg 39-40d. SC di mgg 37-38e. SC di mgg 40-41

5. Ibu 30 thn G2P1Ao di RSUD inpartu kala I. janin hidup tunggal intra uteri kepala H.III, pas observasi inersia uteri, pemeriksaan dalam Eff 90%, pembukaan 6-7 cm, KK (+), PP kepala H III, UUK kiri depan melintang. Apa tindakan yang tepat:

a. Amniotomib. Oksitosin dripc. Ekstraksi vacuumd. Ekstraksi Forsepe. SC

6. Perempuan 24 thn dengan demam tinggi 8 hari, BAB terakhir 4 hr yll, hamil 5 bln. S= 39,1 N= 96x/m lidah kotor tepi hiperemis, splenomegali. Antibiotik?

a. Amoxcilinb. Ciprofloxazinc. Ampisillind. Kloramphenicole. Metronidazol

7. Perempuan 30 thn diare hilang timbul 2 bln. Diare tinja cair tanpa darah pasien immuno. Tinja ada Ookisin protozoa. Diagnosis?

Page 2: Soal-soal Try Out UKDI 2009

a. Koksidiousb. Giardiasisc. Isopriasisd. Kriptospirosise. Toxoplasma

8. Anak laki-laki 8 thn ke RS bengkak pada kelopak mata 3 hari. Bengkak tungkai, tanpa bengkak pada perut. Nyeri kepala, mata berkunang. 4 mgg sebelum bengkak ada borok bernanah berbekas. Baru pertama kali sakit seperti ini. Pemeriksaan urin yang mendukung diagnosis?

a. Eritrosit 12-14 lap. Pandang besarb. Leukosit 10-12 lap. Pandang besarc. Protein +2d. Albumin +1e. Rasio protein & creatini 1,5

9. Perempuan 50 thn bruntus (vesikel) wajah 3 hari. Pemeriksaan vesikel gerombol, eritem, unilateral. Komplikasi?

a. Glomerol akutb. Pneumonic. Osteomielitisd. Hemiparesise. Neuralgia post hepatic

10. Anak perempuan 6 bln di bawa ke PKM, diare 2 bln tak sembuh, feses tampak lender & darah. Diare dimulai saat dapat MPASI + formula. Pemeriksaan feses PH asam & benedict (+). Penyebab ?

a. Rotavirusb. Shigellac. Salmonellad. Intoleransi Laktosae. Keganasan

11. Perempuan 25 thn nyeri geraham I, berdenyut ngilu bila ada rangsangan, selain minum obat, saran ?

a. menyikat gigi sehabis makanb. …..

12. Cardiac arrest 72 thna. Pijat 30, napas 2x

13. 15 thn rujuk karena DBD, 1 mgg pulang dan kontrol dokter keluargaa. Kolateralb. Intervalc. Silangd. Terpecahe. Tetap

14. 35 thn nyeri perut kanan bawah menjalar ke pinggang. …….Kemaluan. Muntah, BAK tidak ada kelainan. Panas (-), Setelah dipasang infuse tindakan ?

a. Spasmodik + USG sal kemihb. Analgesik + Antibiotik

Page 3: Soal-soal Try Out UKDI 2009

c. Analgesik + BNOd. Analgesik + USG saluran kemihe. Spasmodik + Antibiotik

15. Pasien wanita 45 thn dengan keluhan utama rasa kebas/baal pada ke dua tangan dan kaki, pemeriksaan lab. Trigliserida 300, kolesterol 450. obat apa yang tepat digunakan ?

a. Cholestyraminb. Simvastatinc. Fenofibrated. Colesevelame. Colestipol

16. Pasien pria 60 thn datang dengan keluhan nyeri pinggang belakang bagian bawah menjalar sampai tungkai kanan, terasa apabila setelah mengangkat koper yang berat, memburuk apabila batuk, mengejan. Topik lesi yang biasa terjadi pada?

a. L1-2

b. L2-3

c. L3-4

d. L4-5

e. L5-S1

17. Pasien pria 65 thn. Tidak bisa buang air kecil selama 8 jam, pada pemeriksaan colok dubur ditemukan prostate derajat III. Diagnosis?

a. Prostatitis granulomab. Hyperplasy prostate malignac. Benigna prostate hiperplasid. Batu prostatee. Prostatitis kronika kongestiva

18. Pria 65 thn dengan riwayat DM 10 thn, rajin kontrol tetapi gula darah tetap tidak terkontrol merasa susah tidur, merasa ingin mati saja dan putus asa. Gangguan emosional apa yang tepat?

a. Elasib. Stresc. Depresid. Ansietas

19. Wanita 65 thn, buruh tani mengeluh ada borok di dahi kiri, pada pemeriksaan ditemukan ulkus di frontal kiri ½ cm, bergaung dengan nekrosis ditengah. Tindakannya yaitu ?

a. Nekrotomi & debridementb. Biopsi insisic. Biopsi Eksterpasid. Eksisi ulkuse. Eksisi luas

20. perempuan BTA (+), anaknya uji tuberkulinnya (-), Ro. Ada corakan konsolidasi. Penanganannya ?

a. Profilaksis primerb. Profilaksis sekunderc. Obat TB 3 bulan

Page 4: Soal-soal Try Out UKDI 2009

21. Laki-laki KLL tidak bisa membuka mulut, nyeria. Fraktur corpus mandibulab. Fraktur …….. mandibulac. Fraktur maxilla mandibula

22. Perempuan melahirkan UK 35 mgg partus spontan BB=2000gr, Lk= 33 cm. diagnosis ?

a. Neonatus cukup bulan BBLRb. Neonatus kurang bulanc. Neonatus kurang bulan, BBLSRd. Neonatus kurang bulan, BBLRe. Neonatus cukup bulan

23. Laki-laki batuk, sesak (+) wheezing (-), Pemeriksaan apa yang penting dilakukan ?

a. Rontgen thoraxb. MRIc. CT Scan parud. Spirometrie. …

24. Jika gambaran Rontgen parunya normal pemeriksaan apa yang sebaiknya dilakukan ?

a. …25. tidak sadar, rangsang nyeri mata membuka, mengerang untuk lutut ada gerakan

sedikit melipat. GCS ?26. 60 thn DM, kaki kanan harus diamputasi pasien menolak. Dokter melakukan

amputasi, kaidah bioetik ?a. Non malianceb. Beneficien

27. Laki-laki 23 thn bibir tertarik kekiri, kelopak mata tidak menutup mendadaka. Bell palsy

28. Laki-laki 8 thn gatal-gatal dibadan, genitalia sejak 1 bln terakhir pada malam hari, teman-teman pasien menderita keluhan yang sama. Papul, pustule, eritema pada lipat paha.

a. Prurigob. Skabiesc. Pedikulosis korporisd. Gigitan seranggae. Dermatitis alergi

29. Soal yang anak SD diare sekolah dekat bak sampah…30. Perempuan hamil 4 bln opini kedua diagnosis tumor rahim

a. Prinsip double31. Penderita epilepsy pemberian penitoin dengan rifampisin apa efeknya?32. Bedah fam33. Angina pectoris34. Perempuan 56 thn guru, riwayat menggunakan pil KB, ada Luka di kaki kirinya,

basah ada ulkus, gemuk..a. Ulkus diabetikum

Page 5: Soal-soal Try Out UKDI 2009

b. Ulkus ec. Sumbatan arteric. Ulkus venorumd. Ulkus ec. Lupuse. Ulkus ec. Sumbatan vena dalam

35. Perempuan 25 thn, panas tinggi 5 hari bengkak pada kelopak, mual ditemukan 20 petechie pada diameter 2,5 cm. Apa usulan pemeriksaan anda?

a. Sediaan apus darah tepib. Sediaan apus darah tebalc. Serologi widald. Serologi Denguee. Px ASTO

36. Bayi 11 bulan panas 2 hari, muntah-muntah, diare pemeriksaan urin dan feses diambil, dehidrasi 5-10%, apa yang anda lakukan?

a. Baru diobati jika hasil lab. Sudah adab. Beri cairan intravena untuk hidrasi dan antibiotic intravenac. Berikan ceftriaxon im dan hidrasid. Berikan ….e. …….

37. Laki-laki 25 thn, tangan diamputasi karena kejatuhan bahan bangunan, analgetik iv sudah diberikan KU baik, sudah ditorniquet bekas/ tempat lengan amputasi. VS dbn. Termasuk dalam klasifikasi apakah pasien ini :

a. Hitamb. Merahc. Kuningd. Hijaue. Tidak terklasifikasi

38. Perempuan 25 thn diperkosa 5 hari yg ll, sekarang datang ke tempat praktek saudara untuk minta diperiksa. Apa yang saudara lakukan. Pasien belum melaporkan kepada polisi

a. Memeriksa pasien seperti pasien biasab. Tidak memeriksa pasien dan tidak melaporkan kepada polisic. Tidak memeriksa pasien Karena belum lapor polisi, pasien diminta lapor

polisid. Tidak memeriksa pasien karena bukan kompetensi dan merujuk ke ahli

forensice. Memeriksa pasien dan membuat laporan kejadian.

39. Nenek 50 thn lupa obat : ( sama kayak dr.Agus jelasin kemaren yang lupa minum obat prednisone )

40. Pasien wanita terjatuh dari motor, terjadi trauma pada dagu, (terbentur aspal) dan saat pemeriksaan mulut sulit dibuka. Kemungkinan terjadi fraktur pada ?

a. Fraktur temporomandibulab. Fraktur angulus mandibulac. Fraktur simpisis mandibulad. Fraktur ramus mandibula

41. Anak 8 thn dgn gigi insisivus belum tumbuh ortu ingin mengetahui perkembangan gigi. Sebaiknya pemeriksaan roentgen ?

Page 6: Soal-soal Try Out UKDI 2009

a. Rontgen water Sawb. Rontgen Panoramia

42. Pasien lupa meminum prednisone. Berkata akan meminum bila ingat. Saran dokter ?meminum prednisone 1x pada pagi hari bila lupa obat jangan diminum

43. Anak 13 thn datang ke poli mengeluh mata gatal, berair, terasa seperti pasir, keluhan ini dirasa berulang, pemeriksaan fisik mata merah merata, visus normal, terdapat coble stone apparcence di konjungtiva tarsal sup. Apa diagnosis ?

a. Konjungtivitis fliktenb. Konjungtivitis vernalc. Konjungtivitis folikularisd. Keratitis jamure. Keratitis herpes

44. Anak 3 thn datang dgn keluhan pucat disertai letih, lemah, lesu, mudah lelah 1 bln tidak mau makan. Tidak mau susu ket di sapih. Pemeriksaan fisik tampak pucat, CM, mukosa mulut telapak tangan telapak kaki pucat, konj. Anemis, ikterik (-), tak ada pembesaran hepar. GB, hepar, lien. Lab Hb: 6, Al: 10rb, At: 200rb, MCV 76, MCH: 30, RDW: 15%, apa diagnosisnya ?

a. Anemia aplastikb. Anemia hemolitik (thalasemia)c. Anemia def. besi d. Anemia def. Asam folate. Anemia karena perdarahan

45. Anak laki-laki lahir dari ibu sehat, cukup bulan BB: 3200, PB: 50, AS: 7-9, 1 jam kemudian distress pernapasan, memburuk, sianosis, pemeriksaan fisik retraksi, suara napas paru kiri menurun, suara jantung paling jelas di IC 3-4 garis sternal kanan, tak ada bising, bentuk abd skapoid, hepar teraba 1-1 cm menurun arcus costa. Apa diagnosisnya ?

a. Transposision of great arteriesb. Dextrocardiac. Hernia diafragmatikad. Agenesis paru sinistrae. Pneumothorax paru sinistra

46. Anak lahir cukup bulan, BB: 2250, PB: 46, AS: 6-8. pemeriksaan fisik mikrosefali, katarak, K2B, Hepatosplenomegali, anemia, trombositopeni. Infeksi pada ibu apa yang bisa sebabkan ini ?

a. Citomegalovirusb. Toxoplasmosisc. Virus rubellad. Virus herpese. Treponema pallidum

47. Anak laki-laki 5 bln, pulang mendapat imunisasi suntikan 2x dan tetes mulut 1x, sekarang belum mendapat imunisasi lagi. Vaksin yang diberikan saat ini ?

a. HB3, DPT2, Polio 3b. HB3, DPT1, Polio 1c. HB2, DPT2, Polio 2

Page 7: Soal-soal Try Out UKDI 2009

d. HB2, DPT1, Polio 1e. HB2, DPT1, Polio 2

48. Perempuan 30 thn, P3Ao saat ini mempunyai anak 3 bln yang masih asi eksklusif. Pada pemeriksaan fisik konjungtiva anemis, lab HB: 8, Kontrasepsi yang diberikan ?

a. IUD CUT 380b. Kombinasi estrogen & progestinc. Kombinasi estrogen & progestin rendahd. Hanya progestin sajae. Susuk (implant)

49. 30 thn datang ke UGD, 5 jam yg ll tertabrak motor, GCS : dirangsang nyeri mata terbuka, mengerang, lutut sedikit melipat

a. E2 V2 M2b. E2 V2 M3c. E2 V3 M2d. E3 V2 M3e. E3 V3 M3

50. Vertigo tes yang dilakukan ?a. Kalorb. Baranyc. Hall piked. Timpano metere. Pungsi tuba

51. Seorang anak perempuan 8 thn, melakukan tindakan transfuse berulang. Pada pemeriksaan memiliki kelainan darah yang diwariskan sejak 4 thn. Sifat penurunan ?

a. Autosom dominantb. Autosom resesifc. Autosom terangkut x dominantd. Autosom terangkut x resesife. Autosom melalui mitokondria

52. Seorang anak laki umur 5 thn datang dengan keluhan demam ringan dan batuk selama 1 bln, t: 38,4 pemeriksaan lain dbn, pemeriksaan sputum (+). Foto didapatkan komplek ghon. Diagnosis ?

a. TBC primerb. TBC sekunderc. TBC progresifd. TBC progresif fibrokaseosae. TBC milier

53. Perempuan 32 thn G1P0A0 UK 32 mgg didapatkan TD 160/100 Riwayat HT (-). Pada pemeriksaan fisik didapatkan janin tunggal, keadaan baik. Keluhan nyeri ulu hati (-). Sakit kepala (-) penglihatan kabur (-), TD 160/100. lab HB: 10gr/dl, AL: 10, At : 80 rb. LDH: 65 si, Apusan darah tepi : anemia hemolitik

a. Anemia hemolitik ec eklampsiab. Superimposed eklampsiac. Sindrom HELLP

Page 8: Soal-soal Try Out UKDI 2009

d. Impending eklampsiae. PEB

54. Seorang anak laki-laki datang ke UGD datang dengan keluhan kejang-kejang dimulai pada anggota tubuh sebelah kanan kemudian seluruh tubuh, tidak sadar selama 2 menit. Pada pemeriksaan fisik kesadaran CM, T: 38,7, TD : 120/80, N : 88, RR : 24. tidak ditemukan paresis pada anggota gerak. Reflek Babinsky (-)

a. Encephalitis b. Strokec. Epilepsid. Meningitise. Gangguan metabolisme

55. Seorang perempuan 30 thn datang dengan keluhan melihat objek selalu ganda, kelopak mata kerasa berat. Keluhan dirasakan pada siang hari setelah aktivitas pada pemeriksaan fisik : kesadaran CM, ptosis pada mata kanan dan kiri, kedua bola mata tidak dapat digerakkan kearah nasal. Diagnosis ?

a. Neurophatyb. Mystenia gravisc. GBSd. Paralisis hipokalemie. Krisis Kolinergik

56. Laki-laki 30 thn terdapat bercak keputihan didada, bekerja sbg nelayan, terdapat juga 3 lesi dengan pembesaran nervus….magnus. BTA (-), diagnosis ?

a. Makula hipopigmentasi post inflamasib. Morbus Hansenc. Pitiriasis albad. Pitiriasis versikolore. Vitiligo

57. Laki-laki 32 thn terdapat gelembung-gelembung berisi cairan jernih dikedua tungkai, nyeri tidak sengaja tersiram bahan kimia. Pemeriksaan: edem & bula. Diagnosis ?

a. Dermatitis kontak iritanb. Dermatitis kontak alergic. Dermatitis numularisd. ….

58. Anak 13 thn benjolan di ujung alis, kistik, mobile. Diagnosis ?a. Lipomab. Kista dermoidc. Kista ateromad. …..

59. Anak 5 thn…...a. Burger disease

60. Anak terdapat benjolan di lutut keluar nanah & ditelinga juga keluar discharge. Riwayat jatuh disangkal. Diagnosis ?

a. Osteosarcomab. Osteomielitis

Page 9: Soal-soal Try Out UKDI 2009

c. Osteoporosisd. Rakhitise. Osteomalacia

61. Pasien penglihatan kabur 6 bln, penglihatan memburuk, sering makan manis-manis…..organ apa yang terganggu ?

a. Konjungtivab. Retinac. Kornead. ….

62. Pasien luka terbuka di femur dan dahi kemudian pingsan lalu henti napas. Untuk menilai keberhasilan resusitasi yaitu ?

a. Arteri femoralisb. Arteri carotisc. Arteri radialisd. …

63. Pasien dengan hematuria, protein +3. mekanisme kelainan organ tersebut adalah ?a. Infeksi glomerulusb. Infeksi tubulusc. Infeksi pelvikalicd. ….

64. Hematuria untuk membedakannya dengan sindroma nefrotik, pemeriksaan ?a. Edema anasarkab. Hipoproteinc. Hiperlipidd. ….

65. Minum aspirin 1 mgg yg ll, terdapat nyeri episodic, enzim yang melibatkan efek samping itu adalah ?

a. Adenilsiklaseb. Amilasec. Siklooksigenase, COXd. Lipooksigenasee. …..

66. Dihidung terdapat massa, pemeriksaan ?a. CT Scanb. Rhinoskopi anteriorc. Laringoskopi direct & indirectd. ….

67. Amenorre, perut sakit, TD : 80/60, N : 120, pemeriksaan didapat ?a. Massa solid dicavum douglasb. Massa semisolid dicavum pelvisc. ….

Page 10: Soal-soal Try Out UKDI 2009