soal ppkn kelas 7

download soal ppkn kelas 7

of 15

  • date post

    07-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    144
  • download

    5

Embed Size (px)

Transcript of soal ppkn kelas 7

A. SOAL BAB VDaerah tempat tinggalku,Negara Kesatuan Republik Indonesia

Subtema A1. Apa yang dimaksud dengan peristiwa Rengas Dengklok ?2. Dimana kesepakatan golongan muda untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia ?

3. Apa tujuan peristiwa Rengas Dengklok ?4. Apa suasana peristiwa Rengas Dengklok ?

5. Pada tenggal berapa rombongan dari Rengas Dengklok tiba di Jakarta ?6. Di kediaman mana Ir.Soekarno menyususn teks proklamasi ?

7. Apa saja perubahan redaksi atas teks proklamasi ?8. Siapa yang mengetik teks proklamasi ?

9. Pada jam keberapa teks prroklamasi dibacakan ?10. Di mana proklamasi dibacakan ?

11. Siapa yang mendampingi Ir.Soekarno dalam pembacaan teks proklamasi ?

12. Siapa yang mengibarkan sang saka merah putih ?13. Apa lagu yang dinyanyikan ketika pengibaran bendera ?

14. Siapa negara yang pertama kali mengakui indonesia telah merdeka ?15. Kapan bendera sang saka merah putih pertama kali dikibarkan?Subtema B16. Pada tenggal berapa proklamasi dibacakan?

17. Apa bunyi teks proklamasi alenia pertama

18. Hal apakah yang mengandung teks proklamasi alenia pertama?

19. Apa bunyi proklamasi alenis kedua?

20. Hal apakah yang mengandung teks proklamasi alenia kedua?

21. Apa makna proklamasi bagi bangsa Indonesia?

22. Pasal berapa yang menguat Indonesia adalah negara kesatuan?

23. Apa tujuan bangsa indonesia?

24. Kapan indonesia merdeka?

25. Pada keadaan apakah teks proklamasi disusun? Subtema C

26. Apa bentuk negara yang dipilih pendiri negara?27. Pada tahun berapa indonesia pernah mengganti bentuk negara kesatuan menjadi negara serikat?28. Apa yang disebut otonomi daerah ?29. Apa ya ng dimuat dalam UU no.32 th.2004?30. Apa makna yang terkandung dalam sikap entosentrisme?

Jawaban!

1. peristiwa Rengas Dengklok adalah peristiwa penculikan Ir.Soekarno dan Drs.Moh.Hatta oleh pemuda untuk segera memproklamasikan kemerdekaan

2. Di Jl. Pegesangan Timur,Jakarta

3. Untuk mendesak Ir.Soekarno agar segera memproklamasikan kemerdekaan

4. Suasananya tegang

5. Pada tgl. 16 Agustus 1945

6. Dikediaman Laksamana Muda Maeda

7. Perubahaannya adalah:

a. Kata tempoh diganti dengan tempo;

b. Wakil bangsa Indonesia diganti dengan atas bangsa Indonesia;dan

c. Cara menuliskan tanggal Djakarta,17-08-05 diganti menjadi Djakarta,hari 17,boelan 08, tahoen 05

8. Sayuti Melik

9. Pukul 10.00 WIB

10. Di Jl.Pagesangan Timur,No.56, Jakarta

11. Drs.Moh.Hatta

12. Suhud dan Latief Hendradiningrat

13. Indonesia Raya

14. Mesir

15. 17 Agustus 1945

16. Pada tanggal 17 Agustus 1945

17. Kami bangsa inndonesia menyatakan dengan ini kemerdekaan indonesia

18. Bahwa kemerrdekaan indonesia telah dinyatakan dan diumumkan kepada dunia

19. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain lain diselanggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkat nya

20. Agar pemindahan kekuasaan pemerintahan harus dilaksanakan dengan cara heti hati

21. Berakhirnya hukum kolonis

22. Pasal 1 ayat (01) UUD Negara Republik Indonesia th.1945

23. Melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia; memajukan kesejahteraan umum; Mencerdaskan kehidupan bangsa; serta ikut melksanakan ketertiban dunia

24. 17 Agustus 1945

25. Keadaan mendesak

26. Negara kesatuan Republik Indonesia

27. Th.1949 s/d th.1950

28. Hak yang diberikan kepada daerah otonom untukn mengatur daerahnya sendiri

29. Hubungan pemerintahan pusat dan daerah

30. Sikap yg menganggap budaya daerahnya sbg budaya yg tertinggiTABEL 5.1NOKETERANGANHAL YANG DIKETAHUI

1Imam BonjolNama asli Tuanku Imam Bonjol adalah Muhammad Shahab, beliau lahir pada tahun 1772. Beliau pemipin perang Padri yang berlangsung selama 18 tahun (1803-1821). Bulan Oktober 1837, Tuanku Imam Bobjol diundang ke Palupuh untuk berunding. Tiba ditempat itu langsung ditangkap dan di buang ke Cianjur, Jawa Barat. Pada tanggal 8 November 1864 Imam Bonjol meninggal di Minahasa.

2PattimuraPattimura(atau Thomas Matulessy) (lahir diHaria,pulau Saparua,Maluku,8 Juni1783meninggal diAmbon,Maluku,16 Desember

HYPERLINK "http://id.wikipedia.org/wiki/1817" \o "1817" 1817pada umur 34 tahun), juga dikenal dengan namaKapitan Pattimuraadalah pahlawanMalukudan merupakanPahlawan nasional Indonesia.

3Pangeran DiponegoroPangeranDiponegoro(lahir diYogyakarta,11 November1785meninggal diMakassar,Sulawesi Selatan,8 Januari1855pada umur 69 tahun) adalah salah seorangpahlawan nasionalRepublik Indonesia. Pangeran Diponegoro terkenal karena memimpinPerang Diponegoro/Perang Jawa(1825-1830) melawan pemerintahHindia Belanda. Perang tersebut tercatat sebagai perang dengan korban paling besar dalam sejarah Indonesia.

4Sumpah PemudaSumpah Pemudaadalah satu tonggak utama dalam sejarahpergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negaraIndonesia.

5BPUPKIBadan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia(Dokuritsu Junbii Chsakai?)adalah sebuah badan yang dibentuk oleh pemerintah pendudukan balatentaraJepangpada tanggal 1 Maret 1945 bertepatan dengan hari ulang tahunKaisarHirohito. Badan ini dibentuk sebagai upaya mendapatkan dukungan dari bangsaIndonesiadengan menjanjikan bahwaJepangakan membantu proses kemerdekaanIndonesia. BPUPKI beranggotakan 62 orang yang diketuai olehDr. Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T.) Radjiman Wedyodiningratdengan wakil ketuaIchibangase Yosio(orangJepang) danRaden Pandji Soeroso.

6PPKIPanitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia(Dokuritsu Junbi Iinkai?)atauPPKIadalah panitia yang bertugas untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Sebelumnya sudah dibentukBPUPKI, kemudian dibubarkan oleh Jepang dan dibentuk PPKI pada tanggal7 Agustus1945yang diketuai olehIr. Soekarno. Badan ini dibentuk sebelumMPRada.

TABEL 5.2NOGAMBAR PAHLAWAN NASIONALURAIAN

1Cut Nyak Dhienlahir diLampadang, Kerajaan Aceh, 1848, seorang Pahlawan Nasional Indonesia dari Aceh yang berjuang melawan Belanda pada masa Perang Aceh, Cut Nyak Dhien dilahirkan dari keluarga bangsawan yang taat beragama di Aceh Besar, wilayah VI Mukim pada tahun 1848. Ayahnya bernamaTeuku Nanta Setia, seorang uleebalang VI Mukim, yang juga merupakan keturunan Machmoed Sati, perantau dari Sumatera Barat. Machmoed Sati mungkin datang ke Aceh pada abad ke 18 ketika kesultanan Aceh diperintah oleh Sultan Jamalul Badrul Munir. Oleh sebab itu, Ayah dari Cut Nyak Dhien merupakan keturunan Minangkabau. Ibu Cut Nyak Dhien adalah putri uleebalang Lampagar.

2Pangeran Antasari(lahir di Kayu Tangi,Kesultanan Banjar,1797 atau1809 meninggal di Bayan Begok,Hindia-Belanda,11 Oktober1862pada umur 53 tahun) adalah seorangPahlawan Nasional Indonesia.

3Dr.(HC) Ir.H.Soekarno (ER,EYD:Sukarno,nama lahir:Koesno Sosrodihardjo) (lahir diSurabaya,Jawa Timur,6 Juni

HYPERLINK "http://id.wikipedia.org/wiki/1901" \o "1901" 1901meninggal diJakarta,21 Juni1970pada umur 69 tahun)[5]adalahPresidenIndonesiapertama yang menjabat pada periode19451966.[7] HYPERLINK "http://id.wikipedia.org/wiki/Soekarno" \l "cite_note-kasenda-6"

Ia memainkan peranan penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda.Ia adalahProklamator KemerdekaanIndonesia (bersama denganMohammad Hatta) yang terjadi pada tanggal17 Agustus1945. Soekarno adalah yang pertama kali mencetuskan konsep mengenaiPancasilasebagai dasar negaraIndonesiadan ia sendiri yang menamainya.[7]

4I Gusti Ngurah RaiBerikut adalah sepenggalan kisa mengenai biografi pahlawan IndonesiaBiografi I Gusti Ngurah RaiUntuk mengenang jasa beliau sebagai pahlaan pembela bangsa berikut cerita Biodata I Gusti Ngurah Rai. Kolonel TNI Anumerta I Gusti Ngurah Rai (lahir di Desa Carangsari, Petang, Kabupaten Badung, Bali, Hindia Belanda, 30 Januari 1917 meninggal di Marga, Tabanan, Bali, Indonesia, 20 November 1946 pada umur 29 tahun) adalah seorang pahlawan Indonesia dari Kabupaten Badung, Bali.

5Ki Hajar Dewantara Lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889.Terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia berasal dari lingkungan keluarga kraton Yogyakarta. Raden Mas Soewardi Soeryaningrat, saat genap berusia 40 tahun menurut hitungan Tahun Caka, berganti nama menjadi Ki Hadjar Dewantara. Semenjak saat itu, ia tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan di depan namanya. Hal ini dimaksudkan supaya ia dapat bebas dekat dengan rakyat, baik secara fisik maupun hatinya.

TABEL 5.3

NOASPEKURAIAN

1Luas dan Letak WilayahKabupaten Demakadalah salah satukabupatendiprovinsiJawa Tengah. Ibukotanya adalahDemak. Kabupaten ini berbatasan denganLaut Jawadi barat,Kabupaten Jeparadi utara,Kabupaten Kudusdi timur,Kabupaten Grobogandi tenggara, sertaKota SemarangdanKabupaten Semarangdi sebelah barat.

2Jumlah PendudukKabupaten Demak memiliki luas 897,43 km dan berpenduduk 1.055.579 jiwa (2010)

3Kekayaan Alam

4Pendapatan

5Perolehan pajak

6Kesejahteraan Sosial

TABEL 5.4

NOISIURAIAN

1Arti ototomi daerah dan daerah otonomOtonomi daerahadalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.Daerah swantantraataudaerah otonomadalah daerah di dalam suatu negara yang memiliki kekuasaanotonom, atau kebebasan dari pemerintah di luar daerah tersebut. Biasanya suatu daerah diberi sistem ini karena keadaan geografinya yang unik atau penduduknya merupakan minoritas negara tersebut, sehingga diperlukan hukum-hukum yang khusus, yang hanya cocok diterapkan untuk daerah tersebut.