Soal Kuis i Bi Ftp 2014

2
SOAL KUIS I BI FTP 2014 1. Bagi kandikat pejabat mahasiswa baik untuk jabatan eksekutif atau legislatif tidak pernah diperhitungkan perolehan nilai bahasa Indonesia baik dari ijazah maupun KHS. Jika demikian halnya, mahasiswa tidak perlu memiliki kompetensi dalam berbahasa Indonesia, karena hal itu ternyata tidak berpengaruh untuk meraih jabatan bergengsi seperti presiden mahasiswa, ketua dewan mahasiswa, atau ketua senat mahasiswa Anda setuju atau menolak tawaran solusi tersebut, berikan alasannya! saya tidak setuju dengan solusi tersebut, karena bahasa memegang perana penting dalam mengembangkan potensi mahasiswa dalam berbagai bidang karena bahasa tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, namun juga sebagai sarana yang tepat untuk mengungkapkan perasaan, gagasan, opini saat melakukan musyawarah atau sebagainya. selain itu juga kompetensi dalam berbahasa Indonesia sangatlah penting dalam pemilihan kandidat penjabat mahasiswa agar penjabat mahasiswa tersebut mempunyai skill berkomunikasi secara efektif dan efesien sesuai dengan etika saat berbicara di depan umum. 2. Jelaskan dan berikan contoh masing-masing fungsi bahasa Indonesia alat pengembang Iptek, Budaya, dan Seni. a) IPTEK Bahasa merupakan alat komunikasi antara yang satu dengan yang lainnya. Dengan bahasa semua hal itu dapat dimengerti maksud dan tujuannya. selain itu bahasa dapat digunakan sesuatu hal, gagasan , ide kepada orang lain dengan IPTEK yang semakin berkembang.

description

bahasa indonesia kuis

Transcript of Soal Kuis i Bi Ftp 2014

SOAL KUIS I BI FTP 20141. Bagi kandikat pejabat mahasiswa baik untuk jabatan eksekutif atau legislatif tidak pernah diperhitungkan perolehan nilai bahasa Indonesia baik dari ijazah maupun KHS. Jika demikian halnya, mahasiswa tidak perlu memiliki kompetensi dalam berbahasa Indonesia, karena hal itu ternyata tidak berpengaruh untuk meraih jabatan bergengsi seperti presiden mahasiswa, ketua dewan mahasiswa, atau ketua senat mahasiswa

Anda setuju atau menolak tawaran solusi tersebut, berikan alasannya!

saya tidak setuju dengan solusi tersebut, karena bahasa memegang perana penting dalam mengembangkan potensi mahasiswa dalam berbagai bidang karena bahasa tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, namun juga sebagai sarana yang tepat untuk mengungkapkan perasaan, gagasan, opini saat melakukan musyawarah atau sebagainya. selain itu juga kompetensi dalam berbahasa Indonesia sangatlah penting dalam pemilihan kandidat penjabat mahasiswa agar penjabat mahasiswa tersebut mempunyai skill berkomunikasi secara efektif dan efesien sesuai dengan etika saat berbicara di depan umum.2. Jelaskan dan berikan contoh masing-masing fungsi bahasa Indonesia alat pengembang Iptek, Budaya, dan Seni.a) IPTEKBahasa merupakan alat komunikasi antara yang satu dengan yang lainnya. Dengan bahasa semua hal itu dapat dimengerti maksud dan tujuannya. selain itu bahasa dapat digunakan sesuatu hal, gagasan , ide kepada orang lain dengan IPTEK yang semakin berkembang.

salah satu contoh yaitu penyampaian informasi melalui media elektronik, tanpa bahasa hal tersebut tidak akan berkembang.

b) Budayac) Seni

Bahasa dapat digunakan sebagai mengungkapkan perasaan melalui media seni, seperti Syair, prosa, puisi, dll. Terkadang bahasa yang digunakan yang memiliki makna denotasi atau makna yang tersirat. Dalam hal ini, diperlukan pemahaman yang mendalam agar bisa megetahui makna yang diinginkan 3. Bahasa dapat digunakan sebagai alat pengembangan kepribadian. Kemukakanpendapat Anda tentang pernyataan tersebut.4. Buatkan contoh kalimat yang santun seandainya Anda merasa tidak

puas dengan jawaban penyaji dalam suatu diskusi.Menurut saya, penjelasan yang kalian utarakan kurang saya mengerti. Mohon diperjelas agar saya bisa mengerti seluruhnya. Terima Kasih5. Jelaskan proses penyerapan kata-kata berikut ini.

a) Microphon menjadi mikrofon

b) Science menjadi sains

c) Bias menjadi biasd) Internet menjadi internet