Soal CPNS Bahasa 2

download Soal CPNS Bahasa 2

of 26

  • date post

    08-Aug-2015
  • Category

    Documents

  • view

    86
  • download

    9

Embed Size (px)

description

Soal CPNS Bahasa 2

Transcript of Soal CPNS Bahasa 2

1

Bonus Kumpulan Soal B. Indonesia - 2004 Dari www.sukseskerja.com / www.sukses-tpa.com1. Pilihlah kalimat yang terbaik a. Petugas siapa harus ditemuinya sedang berada di luar negeri. b. Petugas yang kepada siapa harus ditemuinya sedang berada diluar negeri. c. Petugas yang harus ditemuinya sedang berada diluar negeri. d. Kepada petugas yang akan ditemuinya berada di luar negeri. 2. Pilihlah kalimat yang terbaik a. Mereka terpaksa diperhatikan dari pekerjaan berhubung tidak disiplin. b. Mereka terpaksa diperhentikan dari pekerjaan disebabkan karena tidak disiplin. c. Mereka terpaksa diperhentikan dari pekerjaan karena tidak displin. d. Mereka terpaksa diberhentikan dari pekerjaan sehubungan karena tidak disiplin. 3. Pilihlah kalimat yang terbaik a. Bagi parta peserta yang mengajukan naskah,diharapkan agar ringkasan naaskah telah dikirim sebelum tanggal 1 Desember 1990. b. Para peserta yang akan mengajukian naskah, diharapkan agar ringkasan naskah telah dikirim sebelum tanggal 1 Desember 1990. c. Untuk para peserta yang akan mengajukan naskah, diharapkan agar ringkasan naskah telah dikirim sebelum tanggal 1 Desember 1990. d. Para peserta yang akan mengajukan naskah, diharapkan agar supaya ringkasan naskah telah dikirim sebelum tanggal 1 Desember 1990. 4. Pilihlah kalimat yang terbaik a. Dengan meningkatnmya permintaan kredit para bamk negara, memerlukan pengerahan dana melalui tabuingan. b. Dengan meningkatnya permintaan kredit pada bank negara, diperlukan pengerahan dana melalui tabungan. c. Dengan meningkatnya peremintaan kredit dari pada bank negara, diperlukannya pengerahan dana melalui tabungan. d. Meningkatnya kredit pada bank negara, memrlukan pengerahan dana melalui tabungan.

sukseskerja.com sukses-tpa.com sukses-cpns.com

Tes CPNS Bhs Indonesia

2

5. Pilihlah kalimat yang terbaik a. Memberikan pendapatnya mengenai krisis moneter dewasa ini, ia mengemukakan tidak hanya terjhadi di Indonesia tetapi meliputi seluruh dunia. b. Memberikan pendapatnya mengenai krisis moneter dewasa ini , ia mengemukakan bahwa krisis tidak hanya terjadi di Indionesia tetapi meliputi seluruh dunia. c. Dengan memberikan pendapatnya mengenai krisis moneter dewasa ini, ia mengemukakannya bahwa hal itu tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi meliputi seluruh dunia. d. Dalam memberikan pendapatnya mengenai krisis moneter dewasa ini, ia mengemukakan bahwa krisis tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi seluruh dunia. 6. Pilihlah kalimat yang terbaik a. Salah satu yang dikemukakannya, harga barang-barang semakin meningkat. b. Salah satu yang dikemukakannya, bahwa harga barang-barang semakin meningkat. c. Salah satu pernyataan yang dikemukakannya, adalah harga barang-barang semakin meningkat. d. Salah satu pernyataan yang dikemukakannya, bahwa harga barang-barang semakin meningkat 7. Pilihlah kalimat yang terbaik a. Dalam laporan itu menunjukkan bahwa itu salah. b. Berdasarkan laporan itu menunjukkan bahwa data itu salah. c. Laporan itu menunjukkan bahwa data itu salah. d. Berdasarka kepada laporan itu menjelaskan bahwa laporan itu salah. 8. Pilihlah kalimat yang terbaik a.Pelaksanaan dari kegiatan itu melibatkan tenaga manusia dan memerlukan pengawasan yang ketat. b.Pelaksanaan pada kegiatan itu melibatkan tenaga manusia dan memerlukan pengawasan yang ketat. c.Pelaksanaan dari pada kegiatan itu melibatkan tenaga manusia dan memerlukan pengawasan yang ketat. d.Pelaksanaan kegiatan itu melibatkan tenaga manusia dan memerlukan pengawasan yang ketat.

sukseskerja.com sukses-tpa.com sukses-cpns.com

Tes CPNS Bhs Indonesia

3

9. Pilihlah kalimat yang terbaik a.Laporan yang disampaikan, baik secara lisan serta tertulis hendaknya kopmunikatif. b.Laporan yang disampaikan, baik secara lisan maupun tertulis komunikatif. c.Laporan yang disampaikan, baik secara lisan maupun tertulis, hendaknya komunikatif. d.Laporan yang disampaikan, baik secara lisan ataupun tertulis hendaknya komunikatif. 10. Pilihlah kalimat yang terbaik a. Faktor-faktor penentu itu, seperti misalnya siapa pembicara,kepada siapa bicara, topik pembicara, dan lain-lain menyebabkan timbulnya berbagai ragam bahasa. b. Faktor-faktor penentu itu, seperti siapa pembicara,kepada siapa berbicara, topik pembicaraan, dan lain-lain menyebabkan timbulnya berbagai ragam bahasa c. Faktor-faktor penentu itu, misalnya siapa pembicara,kepada siapa berbicara, topik pembicaraan, dan lain-lain menyebabkan timbulnya berbagai ragam bahasa d. Faktor-faktor penentu itu, seperti siapa pembicara,kepada siapa berbicara, dan topik pembicara, menyebabkan timbulnya berbagai ragam bahasa 11. Penulisan kata yang benar adalah a. Merabah b. Merubah c. Mengubah d. Mengobah 12. Butir ketiga Sumpah Pemuda tanggal 28 bOktober 1928 .. a. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbahasa satu bahasa Indonesia. b. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbahasa yang satu bahasa Indonesia. c. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia. d. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia. 13. Deretan kata yang baku adalah a. tamat, taxi, teknik, moral, dan ideal b. tammat, taxi, teknik, moril, dan idiil c. tamat, taxi, teknik, moral, dan ideal d. tammat, teksi, teknik, moril,dan ideal

sukseskerja.com sukses-tpa.com sukses-cpns.com

Tes CPNS Bhs Indonesia

4

14. Deretan kata yang baku adalah a. Rabu,Kemis, Jumat, Februari, dan Agustus. b. Rebo,Kamis, Jumat, Pebruari, dan Agustus c. Rabu,Kamis, Jumat, Februari, dan Agustus d. Rabu,Kamis, Jumat, Februari, dan Agustus 15. Landasan hukum bahwa bahasa Indonesia sebagai bahasa negara tercantum dalam a. Undang-Undan Dasar 1945, Bab XIV, pasal 36 b. Undang-Undan Dasar 1945, Bab XV , pasal 36 c. Undang-Undan Dasar 1945, Bab IV, pasal 33 d. Undang-Undan Dasar 1945, Bab XIV, pasal 32 16. Penulisan singkatan berikut yang benar sesuai pilihan katanya adalah a. A.n. R.R Fatmaawati, P.T. Citra Pesona b. Prof. Dr. Doddy T.A., Sudharmono, S.H. c. Yth, s/d d. Dkk, tgl, dsb 17. Pernulisan singkatan berikut yang benar sesuai pilihan katanya adalah a. Petermuan antara Cina dan Taiwan diadakan di Singapura. b. Pertemuan antara Cina dan Taiwan diadakan diSingapura c. Pertemuan antara Cina melawan Taiwan diadakan di Singapura d. Pertemuan antara Cina -Taiwan diadakan di Singapura 18. (1) Disini pun perlu rencanakan pengerahan bagi tugas dan bagi fungsi sehingga posisi bahasa Indonesia tidak terdesak. (2) Selama bahasa asing itu menjadi sarana yang dapat meningkatkan martabat insani, mencerdaskan rakyat, dan membawa kemajuan material dan spiritual, pengajaran bahasa itu untuk sementara harus dianjurkan. (3) Pembinaan bahasa Indonesia di dalam hubungan dengan bahasa asing ini berarti bahasa nasional kita dapat pula menimba kekayaan dari sumber tersebut. Urutan kalimat yang benar adalah a.(3), (1), (2) b.(3), (2), (1) c.(1), (3), (2)

sukseskerja.com sukses-tpa.com sukses-cpns.com

Tes CPNS Bhs Indonesia

5

d.(2), (3), (1) 19. (1) Rasio pelunasan utang pemerintah dan swasta terhadap ekspor diupayakan terus menurun sekitar 32% pada akhir Repelita VI. (2) Bahkan sebagai persentase dari produk domestik bruto, stok utang Indonesia diharapkan menurun sekitar 57% pada akhir Repelita V menjadi sekitar 46% pada akhir Pelita VI. (3) Peningkatan kemandirian dalam perekonomian akan terlihat pada posisi utang yang diusahakan senantiasa berada didalam batas-batas aman. Urutan kalimat yang benar adalah a.(1), (2), (3) b (2), (3), (1) c.(1), (3), (2) d.(3), (2), (1) 20. (1) Oleh karena itu, kita tidak boleh sekali-kali lengah dan membiarkan stabilitas itu terganggu baik stabilitas politik maupun ekonomi. (2) Pengalaman kita dan pengalaman bangsa lain mengajarkan bahwa pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan hanya dapat berjalan apabila didukung oleh stabilitas (3) Kita harus berdaya upaya untuk memelihara dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang tinggi, pemeratan yang makin meluas, dan stabilitas yang mantap secara saling memperkuat, serasi, selaras dan seimbang. Urutan kalimat yang benar adalah a.(1), (2), (3) b. (3), (2), (1) c. (2), (3), (1) d. (2), (1), (3) 21. (1) Jalan mana yang dapat mencapai tujuan? (2) Politik bahasa nasional perlu mengatur dan menyediakan pengarahan bagi pengembang, pengajaran bahasa Indonesia di segala jenis dan tingkat lembaga pendidikan (3) Didalam hubungan ini , pertanyaan yang timbul adalah apa upaya yang hendak dicapai dengan pengajaran bahasa Indonesia di lembaga-lembaga pendidikan.

sukseskerja.com sukses-tpa.com sukses-cpns.com

Tes CPNS Bhs Indonesia

6

Urutan kalimat yang benar adalah a.(1), (2), (3) b.(1), (3), (2) c.(2), (3), (1) d.(2), (1), (3) 22. (1) Secara eksplisit di dalam GBHN 1993 kualitas sumber daya manusia perlu ditingkatkan untuk perwujudan tujuan pembangunan jangka panjang kedua yang diprioritaskan pada bidang ekonomi sebagai penggerak utama pembangunan. (2) Didalam usaha pembangunan bidang ekonomi yang tidak terlepas dari pembangunan bidang lain yang saling terkait (3) Pendidikan nasional kita berfungsi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia untuk mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur, berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 (4) Tercapainya pembangunan dalam bidang kebudayaan nasional, tercermin dalam meningkatnya pendapatan, harkat dan martabat manusia Indonesia, jati diri yang kuat, dan kepribadian bangsa Urutan kalimat yang benar adalah a. (1), (2), (3), (4) b. (2), (3), (1), (4) c. (3), (1), (2), (4) d. (4), (3), (2), (1) 23. (1) Dengan demikian pelaksanaan demokrasi Pancasila telah makin jelas memperlihatkan wujudnya dan mekanisme kepemimpinan nasional lima tahunan telah berjalan makin mantap, teratur, dinamis dan konstitusional (2) Ini berarti bahwa salah satu bidang kehidupan bangsa dan negara mudah terancam. (3) Bahasa merupakan tiang pancang kebudaya