Soal Amplop "a" Lomba Cepat Tepat Biologi BFUB 2015

3
AMPLOP A (FINAL) 1. Secara struktural, setiap materi genetik pada New Castle Disease Virus (NCDV) dilindungi oleh selubung yang disusun dari subunit rantai polipeptida. Selubung tersebut juga berperan dalan pelekatan virion pada sel inang. Selubung yang dimaksud dikenal dengan sebutan.... ( Kapsid/kapsul/envelope) 2. Pada reproduksi seksual fungi Zygomycota, akan dibentuk zigospora yang haploid. Sebab Zigospora merupakan hasil peleburan gametangium hifa positif dan hifa negative.(D) 3. SOAL SPESIMEN ! (Antipathes dichotoma) Perhatikan spesimen berikut ini ! Specimen ini merupakan anggota dari filum . . .(Coelenterata) 4. Jaringan ini memiliki nama lain jaringan ikat serabut putih, karena terbuat dari serabut kolagen yang berwarna putih. Jaringan ini terdapat pada selaput urat, selaput pembungkus otot, fasia, ligamen dan tendon. Jaringan ini adalah… ( Jaringan ikat padat) 5. SOAL KETERAMPILAN PROSES! Perhatikan Tabel berikut! NO Persarian/ penyerbukan Faktor Perantara Ciri-ciri Tumbuhan 1. Anemogami Angin Bunga tidak bermahkota 2. Entomogami Burung Mahkota bunga mencolok 3. Hidrogami Air Tumbuhan hidup di air 4. Antropogami Angin Bunga mengandung madu 5. Kiropterogami Serangga Mempunyai kelenjar madu

Transcript of Soal Amplop "a" Lomba Cepat Tepat Biologi BFUB 2015

Page 1: Soal Amplop "a" Lomba Cepat Tepat Biologi BFUB 2015

AMPLOP A (FINAL)1. Secara struktural, setiap materi genetik pada New Castle Disease Virus (NCDV)

dilindungi oleh selubung yang disusun dari subunit rantai polipeptida. Selubung tersebut juga berperan dalan pelekatan virion pada sel inang. Selubung yang dimaksud dikenal dengan sebutan.... ( Kapsid/kapsul/envelope)

2. Pada reproduksi seksual fungi Zygomycota, akan dibentuk zigospora yang haploid.Sebab

Zigospora merupakan hasil peleburan gametangium hifa positif dan hifa negative.(D)3. SOAL SPESIMEN ! (Antipathes dichotoma)

Perhatikan spesimen berikut ini !

Specimen ini merupakan anggota dari filum . . .(Coelenterata)4. Jaringan ini memiliki nama lain jaringan ikat serabut putih, karena terbuat dari serabut

kolagen yang berwarna putih. Jaringan ini terdapat pada selaput urat, selaput pembungkus otot, fasia, ligamen dan tendon. Jaringan ini adalah… ( Jaringan ikat padat)

5. SOAL KETERAMPILAN PROSES!Perhatikan Tabel berikut!

Berdasarkan faktor perantara, penyerbukan dan ciri-ciri tumbuhannya, pernyataan yang benar adalah….(No. 1 dan 3)

6. Look at the graph on the screen !

NO Persarian/penyerbukan

Faktor Perantara

Ciri-ciri Tumbuhan

1. Anemogami Angin Bunga tidak bermahkota2. Entomogami Burung Mahkota bunga mencolok3. Hidrogami Air Tumbuhan hidup di air4. Antropogami Angin Bunga mengandung

madu5. Kiropterogami Serangga Mempunyai kelenjar

madu

Page 2: Soal Amplop "a" Lomba Cepat Tepat Biologi BFUB 2015

Which figure best represents an age structure diagram for a population undergoing very rapidpopulation growth ? (C)

7. Daerah ini memiliki curah hujan 75-100cm / tahun, memiliki empat musim, dan jenis hewan yang hidup umumnya rusa, beruang, dan rubah merah. Daerah yang dimaksud merupakan komunitas dari bioma.... (hutan gugur)

8. SOAL GAMBAR!

9. Plasmid digunakan sebagai vektor atau pembawa fragmen DNA dalam bentuk DNA Rekombinan

SEBABPlasmid adalah untaian DNA berbentuk lingkaran yang terdapat pada sel bakteri di luar DNA kromosom (B)

10. Soal Video :

11.SOAL B.INGGRIS!You cut a live twig from a tree and examine the cut surface of the twig with a magnifying glass. You locate the vascular tissue and observe a growing droplet of fluid exuding from the cut surface. Where is this fluid most likely to be from ? (phloem)

12.SOAL MENJODOHKANMake a match from the parts of eye with its function!

Parts of the eye Functions1. cornea a. Prevent eyeball from collapsing2. vitreous humour b. Allows light to enter the eye3. suspensory ligament c. Refracts light rays entering the eye4. pupil d. Attaches the lens to the ciliary

body(1-c, 2-a, 3-d, 4-b)

Page 3: Soal Amplop "a" Lomba Cepat Tepat Biologi BFUB 2015

SOAL CADANGAN1. “Menunda senesensi daun” dan “Meningkatkan laju senesensi daun”. Pasangan hormon

manakah yang mempunyai pengaruh fisiologis berlawanan seperti di atas? (Sitokinin & Etilen)

2. Penggunaan bioinsektisida alami yang ramah lingkungan semakin diminati sebagai akibat dampak negative penggunaan insektisida sintetik. Bakteri yang sering digunakan sebagai bioinsektisida yaitu?(Bacillus thuringensis)