SO

download SO

of 20

  • date post

    24-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    22
  • download

    0

Embed Size (px)

description

czcczxczczxc

Transcript of SO

OPTIMASI WAKTU DAN SUHU PADA SINTESIS BENZOANILIDA DARI ANILIN DAN BENZOIL KLORIDA DENGAN PENAMBAHAN BASA PIRIDIN

OPTIMASI WAKTU DAN SUHU PADA SINTESIS BENZOANILIDA DARI ANILIN DAN BENZOIL KLORIDA DENGAN PENAMBAHANBASA PIRIDIN

Disusun oleh:Ike Kumalasari A108114052Irene Fitria R W 108114054Yohanes Stevan Arianto108114055Juliana108114064Oei Maria Dewiyani Sandjaja108114065Fransiskus Asisi Dian K108114067Robert Dwijantara P108114069Latar BelakangManfaatTurunan Asam Karboksilat(Fessenden dan Fessenden, 1986).

Kebasaan dan NukleofilisitasKebasaan ukuran kemampuan pereaksi untuk menerima sebuah proton dalam suatu reaksi asam basaNukleofilisitas ukuran kemampuan suatu pereaksi untuk menyebabkan terjadinya suatu reaksi subsitusi

Reaksi-reaksi Klorida AsamKlorida asam senyawa golongan halida asam yang reaktif.Dalam mekanisme reaksi antara klorida asam dan suatu nukleofil, melalui dua tahap reaksi yaitu: (1) adisi nukleofil pada gugus karbonil(2) eliminasi ion kloridaHasil suatu substitusi nukleofilik asil, yang berarti substitusi nukleofilik pada suatu karbon asil.

Substitusi Nukleofilik Asil (SNA)Reaksi substitusi nukleofilik asil terjadi melalui dua tahap reaksi, yaitu: Pembentukan senyawa tetrahedral. Ini dipengaruhi oleh adanya gugus penarik electron, stabilisasi muatan negatif yang terjadi, dan terhalangi oleh kehadiran gugus besar. Lepasnya gugus pergi yang dipengaruhi factor kebasaan gugus pergi.

HipotesisBerdasarkan sifat nukleofil yang lemah dari Piridin dan dilihat dari atom nitrogen piridin yang tidak mengikat atom nitrogen, penambahan basa piridin dalam sintesis benzoilanilida diharapkan akan menghasilkan rendemen benzoilanilida yang besar.

Analisis Diskoneksi

Mekanisme Reaksi

Mekanisme Reaksi sintesis benzoianilida dengan penambahan piridinMekanisme reaksi pengikatan HCl oleh PiridinMekanisme reaksi samping yang terjadi bila menggunakan NaOH

Jenis PenelitianPenelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimental murni, dengan rancangan penelitian menggunakan metode desain faktorial. Variabel Penelitian dan Definisi OperasionalAlat & BahanPenentuan Level Rendah Level Tinggi Waktu dan SuhuWaktuSuhu115RuangA30RuangB1560oCAB3060oCSintesis Benzoilanilida dengan Waktu Rendah dan Suhu Rendah (1)Analisis Senyawa Hasil SintesisPemeriksaan organoleptisIdentifikasi Senyawa Hasil Sintesis dengan Pereaksi KimiawiPemeriksaan kelarutanPemeriksaan titik lebur senyawa hasil sintesisRekristalisasi senyawa hasil sintesisPengujian dengan kromatografi lapis tipis

Analisis HasilPendekatan secara teoritis, yaitu dengan membandingkan data yang diperoleh dari pengujian dengan syarat data toritis yang meliputi data organoleptis, pemeriksaan kemurnian, Iidentifikasi struktur senyawa hasil sintesis berdasarkan hasil pemeriksaan dengan pereaksi kimiawi, dan perhitungan rendemen.Pendekatan secara statistik, yaitu dengan menganalisis data dengan menggunakan factorial desain untuk mendapatkan waktu dan suhu yang optimum dalam sintesis benzoilanilida.

Thank you!