Smart Polimer

download Smart Polimer

of 16

Embed Size (px)

Transcript of Smart Polimer

Mata Kuliah Pilihan

POLIMER

SMART POLYMER (polimer pintar)Dadang Irmanto 2B Wahyu Junaaedi 2B

Smart PolymerPolimer yang mampu beradaptasi atau memberikan respon kecil terhadap berubahnya kondisi lingkungan, sudah cukup untuk menyebut polimer tersebut sebagai polimer cerdas (smart polymer)

Klasifikasi Smart PolimerKondisi lingkungan pada polimer biasanya meliputi : pH, temperatur, medan listrik, medan magnet, cahaya, pelarut, agen biokimia (enzim), tekanan, dan sebagainya. Klasifikasi smart polimer berdasarkan kondisi lingkungan: Polimer yang mampu merespon perubahan pH disebut polimer cerdas peka pH atau lazim dinamakan polimer peka pH. Polimer yang mampu merespon perubahan temperatur, dinamakan polimer peka temperatur, temperatur, dan seterusnya.

Bentuk ResponRespon yang diberikan polimer cerdas terhadap berubahnya kondisi lingkungan dapat berupa : 1. dengan menjadi mengkerut, 2. mengembung, melarut, 3. mengendap, 4. membentuk misel ataupun membentuk transisi antara sol dan gel (sol-gel) (solbergantung pada bentuk fisik ikatannya, bentuk fisik ini dapat dilihat secara makroskopis.

Aplikasi- Baju olahragawan pada Olimpiade Beijing 2008 yang memanfaatkan polimer peka temperatur untuk mengatur suhu tubuh atlet, - Sistem drug delivery digunakan polimer yang mempunyai kemampuan dalam hal peka pH ataupun temperatur, sebagai rompi anti peluru, bahan peledak, alat pelindung diri (tameng), implantasi payudara, penghantar listrik, sel tenaga surya, dll. dll.

Contoh Smart PolymerNama Polimer Cerdas Polyacrylic acid (PAA) Polmethacrylic acid (PMAA) Poly(ethylene imine) Poly(LPoly(L-lysine) Poly(NPoly(N-isopropylacrylamide) (PNIPAAM) Poly(N,NPoly(N,N-diethylacrylamide) (PDEAAM) Poly(ethylene oxide) (PEO) Poly(ethylene glycol) (PEG) Poly(Vinyl alcohol) (PVA) Diblock copolymer (PEO-PPO) (PEOPoly(D,LPoly(D,L-lactide) Poly(amino acid) Klasifikasi Peka pH Peka pH Peka pH Peka pH Peka Temperatur Peka Temperatur Peka Temperatur Peka Cahaya Peka Cahaya Peka Cahaya Peka Phase Peka Phase

Polymer Tahan Temperature

Starlite (merek dagang)Starlite adalah komposit plastik tahan terhadap sinar laser dan mampu menahan sengatan suhu sampai 10. 10.000oC, padahal tidak ada logam yang mampu bertahan pada suhu ini. Starlite telah diakui NATO ini. untuk digunakan landasan pesawat induk. Sedangkan induk. NASA akan memanfaatkan sebagai pelapis pesawat ulangulang-alik atau tangki roket pendorongnya. NASA juga pendorongnya. melakukan uji coba simulasi penggunaan Starlite dapat digunakan sebagai pelapis dinding bangunan reactor PLTN yang dapat menyebabkan semburan panas ribuan derajat. derajat.

StarliteKomposit Starlite terbuat dari 21 jenis polimer, sejumlah ko-polimer keramik dan kobahan aditif. Komposit biasanya merupakan aditif. campuran dua macam polimer, yaitu matriks dan serat. Bahan matriks biasanya serat. dari jenis polyester, polyurethane atau epoxy. epoxy. Sedang seratnya berupa serat karbon, atau Kevlar. Didalam pembuatan Kevlar. starlite dipergunakan kopolimer yang mampu mendorong polimer plastik itu membentuk sejumlah besar gugus radikal, kemudian gugus radikal itu yang membuat ikatan menjadi lebih kukuh dan tahan suhu tinggi. tinggi.

Polymer Tahan Temperature

Poly(ethylene oxide) (PEO)

Poly(ethylene oxide) (PEO)BM= 20000 g/mol Nama dagang carbowax. carbowax. Bentuk PEO tegantung dari berat jenisnya, PEO yg dijual dpasaran mempunyai berat jenis berkisar 300 10000000 g/mol. larut dalam air , g/mol. metanol , benzena , diklorometana dan tidak larut dalam dietil eter dan heksana

Polyacrylic acid (PAA) Polymer Tahan pH

Polyacrylic acid (PAA)PPA tidak berbahaya, monomer dari poli (asam akrilat) adalah asam akrilik, dalam akrilik, larutan pH netral banyak rantai dari PAA yang kehilangan proton dan memperoleh muatan negatif sehingga polymer ini disebut polyelectrolyte . PAA kering berupa padatan putih, dan dapat menyerap banyak air sehingga dapat digunakan dalam produk popok bayi

Pada pH rendah hidrogel AA akan mengkerut (Unswell/Shrinking) dan Unswell/Shrinking) apabila pH bertambah naik (tinggi), AA akan menggembung (swelling). (swelling).

Cara Kerja Cara kerja dari drug delivery dari polimer cerdas ini adalah dengan memanfaatkan variasi pH yang terdapat pada gastrointestinal tract (GIT) atau lambung perut yang mempunyai variasi pH antara 2 (pada perut) dan 10 (pada usus besar). besar). Dalam lingkungan asam, drug delivery (polimer cerdas) menahan obat yang dikandungnya untuk tidak terdegradasi dengan cara mengkerut, dan ketika telah tiba pada lokasi spesifiknya yang bermedium basa

, polimer cerdas akan mengembung sekaligus melepas obat yang dikandungnya ke target. Variasi pH ini, target. juga terdapat pada lokasi spesifik lainnya seperti pada jaringan (termasuk pada jaringan tumor) atau pada sub-sub sel. subsel. Polimer peka temperatur dengan T kritis juga ideal untuk digunakan sebagai drug delivery pada daerah fisiologis ini. ini.

TERIMA KASIH