Smart Home System

of 10 /10
Smart Home System Smart Home adalah sebuah sistem berbantuan komputer yang akan memberikan segala kenyamanan, keselamatan, keamanan dan penghematan energi, yang berlangsung secara otomatis dan terprogram melalui komputer, pada suatu gedung atau rumah tinggal. Sistem ini menggendalikan hampir semua perlengkapan dan peralatan rumah, mulai dari pengaturan tata lampu hingga ke berbagai alat-alat rumah tangga, yang perintahnya dapat dilakukan dengan menggunakan suara, sinar merah infra, atau melalui kendali jarak jauh (remote). Sistem ini mengelola rumah dengan cara yang cerdas dan terintegrasi . Dengan adanya sistem ini, memilih musik, film, mengubah pencahayaan , pengaturan suhu kamar , membuka pintu depan , mengendalikan penyiram tanaman , memeriksa kamera pintu depan untuk melihat apakah ada orang di sana, pengaturan dan pemantauan alarm kebakaran dan sistem alarm keamanan . Semua ini dapat dilakukan dengan satu pengontrol

Embed Size (px)

description

Document

Transcript of Smart Home System

Smart Home System

Smart Home adalah sebuah sistem berbantuan komputer yang akan memberikan segala kenyamanan, keselamatan, keamanan dan penghematan energi, yang berlangsung secara otomatis dan terprogram melalui komputer, pada suatu gedung atau rumah tinggal.Sistem ini menggendalikan hampir semua perlengkapan dan peralatan rumah, mulai dari pengaturan tata lampu hingga ke berbagai alat-alat rumah tangga, yang perintahnya dapat dilakukan dengan menggunakan suara, sinar merah infra, atau melalui kendali jarak jauh (remote). Sistem ini mengelola rumah dengan cara yang cerdas dan terintegrasi . Dengan adanya sistem ini, memilih musik, film, mengubah pencahayaan , pengaturan suhu kamar , membuka pintu depan , mengendalikan penyiram tanaman , memeriksa kamera pintu depan untuk melihat apakah ada orang di sana, pengaturan dan pemantauan alarm kebakaran dan sistem alarm keamanan . Semua ini dapat dilakukan dengan satu pengontrol pusat ; yang dapad dikendalikan dengan Handphone, tab/Ipad , remote control, computer atau TV .

sistem ini juga diprogram untuk bereaksi dan berpikir dalam beberapa cara cerdas untuk membuat gaya hidup menjadi menyenangkan . Misalnya dengan tirai yang otomatis terangkat , dan musik favorit yang diputar secara otomatis . Atau pada saat asap terdeteksi , rumah akan menyiarkan instruksi evakuasi , menyalakan lampu darurat yang mengarahkan keluar , dan secara otomatis menginformasikan ke Unit firefigther lokal .

1. Pengendalian LampuKita bisa mengendalikan semua lampu atau segala alat-alat elektronik di dalam dan di luar rumah kita hanya menggunakan satu pengontrol pusat yang biasanya dipasang di pintu masuk utama. Dengan begitu keadaan nyala atau mati lampu dan alat-alat elektronik yang tergabung dapat dilihat.

Kita bisa mematikan lampu atau alat elektronik yang berada di lantai atas ataupun di dalam ruangan yang lain seperti di dapur atau di garasi, ketika kita berada di pintu utama sebelum kita keluar dari rumah atau akan masuk ke dalam rumah.Lampu bisa dinyalakan dan dimatikan secara otomatis sesuai waktu yang ditentukan, ketika ingin meninggalkan rumah sebelum bekerja, jalan-jalan ataupun berlibur.Dengan menggunakan alat deteksi gerakan, lampu di kamar mandi, garasi atau gudang akan dinyalakan secara otomatis ketika ada yang masuk, dan akan padam secara otomatis ketika meninggalkan ruang itu. Jadi akan menyala bila ada gerakan dan akan padam jika tidak ada gerak 2. Tirai OtomatisHanya dengan satu tombol, tirai jendela di dalam ruangan Anda bisa ditutup secara otomatis dan lampu dalam ruangan tersebut akan nyala secara otomatis untuk memastikan cahaya yang cukup.Remote

Skemanya adalah : Remote memncarkan sinyal cahaya infrared yang nantinya diterjemahkan oleh penrima / modul infrared. proses selanjutnya pada rangkaian katoda yang akan mengubah menjadi sinyal analog menjadi sinyal digital digital yang akan di teruskan ke mikrokontroler. Mikrokontroler mendapat inputan dari modul infrared yang akan di terjemahkan dan menjalan progran yang telah diisikan yang akan di teruskan ke driver motor. Driver motor mendapat printah dari mikrokontroler yang akan mengatus brapa banyak putaran yang harus dilakukan.Sensor Cahaya dan AnginDengan sistem ini juga, tirai jendela bisa berfungsi secara otomatis ketika cahaya matahari atau angin yang berlebihan atau berkurang akan menentukan terbuka atau tertutupnya tirai. Semua ini hanya memerlukan sistem deteksi cahaya dan angin.

3. AC

Memastikan ruangan dalam keadaan suhu yang nyaman ketika baru pulang dari kerja, jalan-jalan, liburan atau belanja dari mall. AC di dalam rumah bisa dinyalakan dan dimatikan menggunakan alat kontrol seperti Hp atau PDA sebelum sampai ke rumah. Begitu juga alat penerang seperti lampu-lampu yang didalam rumah Anda.Selain itu juga bisa memastikan suhu dalam ruangan berada di temperatur yang sesuai dengan kemauan dengan adanya sistem kontrol temperatur yang didesain khusus untuk smart home.

4. Sistem Audio & Video

Dengan hanya satu tombol, sistem audio video Anda akan dinyalakan dan cahaya di dalam ruangan juga turut berubah. Tirai jendela Anda ditutup secara otomatis, lampu dalam ruangan akan menjadi lebih suram cocok dengan keperluan untuk menyaksikan film atau pertunjukan TV kesayangan.5. Security System and Fire Alarm SystemPada sistem ini diterapkan layanan monitoring rendah biaya bulanan . Dengan layanan ini , tim pemantau akan memanggil polisi lokal / pemadam kebakaran / ambulans untuk mengirimkan ke situs Anda jika ada pemicu dari sistem alarm Anda, misalnya , detektor asap mendeteksi suatu peristiwa yang tidak biasa .

Sistem KeamananKetika rumah ditinggalkan tanpa diamankan, sistem keamanan smart home akan secara otomatis mengaktifkan alarm dan mengaktifkan kamera keamanan untuk merekam keadaan di rumah.Ketika rumah Anda dimasuki maling, sistem alarm akan diaktifkan, sirine akan berbunyi secara otomatis, Anda dan pasukan keamanan (Polisi/Satpam) akan dihubungi secara otomatis. Kamera keamanan juga akan merekam semua gerakan di rumah.keselamatan Jika detektor asap mendeteksi suatu peristiwa yang tidak biasa , sistem rumah pintar akan mengumumkan instruksi evakuasi di setiap zona multi audio- kamar , menyalakan lampu darurat yang mengarahkan ke jalan keluar, membuka semua pintu keluar otomatis , mematikan perapian untuk mengurangi penyebaran asap dan api , dan secara otomatis menginformasikan petugas pemadam kebakaran setempat. Dalam kasus lain , sistem kami bahkan dapat dirancang untuk mengirim email atau SMS kepada Anda ketika anak-anak Anda telah tiba dari sekolah .

Selain itu juga dapat merancang sebuah sistem untuk mengirimkan SMS atau email ketika mendeteksi kebocoran air, sehingga menghemat rumah Anda dari peralatan yang rusak atau kebocoran pipa.6. Kamera Keamanan (CCTV)

Ketika tidak berada di rumah, bisa melihat keadaan di dalam atau di luar rumah hanya dengan mengunakan alat kontrol seperti computer, Handphone atau PDA yang dikoneksi ke sistem smart home Anda, gambaran dari kamera keamanan akan ditampilkan di Hp atau PDA Anda dimanapun Anda berada.

7. Kunci pintu digital, kunci pintu sidik jari, dan kunci pintu dengan sistem hotel

Dengan teknologi keyless entryi, pemilik rumah tidak perlu kunci fisik lagi. Cukup menggesek kartu, atau kode digit pribadi , atau bahkan Anda sidik jari untuk membuka pintu.

fitur: Diaktifkan dengan Fingerprint, PIN, dan kunci darurat mekanik Mengadopsi teknologi sidik jari INTEL, "hidup tubuh teknologi pengenalan sidik jari", yang merupakan teknologi sidik jari yang paling canggih untuk saat ini. Pembaca sidik jari terkenal yang cepat dan stabil. Maksimum 60 sidik jari dalam catatan Kunci mekanik standby dalam keadaan darurat Baterai: membuka lebih dari 35.000 kali dan terakhir lebih dari 12 bulan (di bawah kondisi pengujian lab) Tersedia dalam matt berlapis krom, krom dipoles berlapis, dan PVD emas

8. Penyiram Tanaman Otomatis

Kemudahan melalui penyiraman tanaman secara otomatis dapat diperoleh, melalui sprinkler sistem, air memancur keluar melalui katup yang dapat dikontrol secara elektonik, dengan gerakan memutar sehingga semua tanaman dan rumput ikut disiram.