skpl Restorant

download skpl Restorant

of 35

  • date post

    25-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    58
  • download

    16

Embed Size (px)

description

this is about skpl resto in ankuntansi

Transcript of skpl Restorant

TUGAS UJIAN AKHIR SMESTERANALISA DAN DESAIN SISTEM INFORMASI

I KADEK YUDA SETIADI(1204405032)

FAKULTAS TEKNIKUNIVERSITAS UDAYANA2015

BAGIAN IPENDAHULUAN

Persaingan yang semakin ketat dalam dunia usaha telah mendorong pengelola suatu usaha untuk segera merumuskan strategi baru dan menciptakan keunggulan kompetitif sebagai daya saing untuk menghadapi para pesaing. Restoran x merupakan suatu usaha yang bergerak di bidang penjualan makanan dan minuman, haruslah pandai mengatur strategi penjualan untuk meningkatkan hasil penjualan. Dimana restoran ini berfungsi sebagai penyedia makanan dan minuman, harusnya mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap pelanggan. Pelayanan yang sekarang berjalan masih dilakukan dengan cara manual, hal tersebut dapat dilihat dari proses transaksi penjualan dan dalam laporan. Dimana dengan proses yang manual sering terjadi kesalahan pencatatan, arsip yang sulit dicari, dan lain sebagainya. Untuk meningkatkan pelayanan, dibutuhkan penggunaan teknologi informasi khususnya Sistem Informasi Penjualan pada restoran.

1.1 Tujuan PenulisanDokumen ini bertujuan untuk membuat sistem yang dapat mengelola proses dimulai dari saat tamu datang, pemesanan makanan, pengolahan pesanan makanan di dapur hingga pencetakan tagihan dan pembayaran tagihan. Membuat sistem monitor restoran sehingga pengguna dapat memantau kondisi restoran secara langsung (realtime). Pengguna dapat melakukan pengendalian terhadap persediaan bahan mentah. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan keamanan informasi/data, dapat melakukan pengolahan data untuk menghasilkan laporan dengan baik. Untuk mengetahui analisis perencanaan sistem informasi dalam menunjang pengambilan keputusan biaya proses dan mengetahui pelaksanaan sistem informasi akuntansi yang diterapkan dalam pengambilan keputusan biaya pengeluaran proses dan pendapatan yang didapat dari proses.

1.2 Lingkup Masalah Sistem informasi manajemen Akuntansi restaurant dikembangkan dengan tujuan untuk:1. Menangani pemasukan dan pengeluaran perusahaan.2. Menangani pengelolaan keuangan.3. Menangani pembuatan laporan keuntungan dan kerugian perusahaan.

1.3 Definisi, Istilah dan Singkatan (Akronim)Daftar definisi akronim dan singkatan :Keyword/PhraseDefinisi

DFDData Flow Diagram merupakan teknis grafis yang menggambarkan aliran informasi dan transformasi yang diaplikasikan saat data bergerak dari input menjadi output

ERDEntity Relationship Diagram merupakan teknis grafis/diagram yang menggambarkan objek dan hubungan antar objek.

SIAPerangkat lunak Sistem Informasi Akuntansi berbasis desktop untuk monitoring atau memantau proses keuangan dari restoran x, agar dalam pengerjaannya menjadi terarah dan terpadu sehingga dapat mempercepat pengerjaannya.

1.4 ReferensiReferensi yang digunakan pada perangkat lunak tersebut adalah :1. Analisis Perancangan Sistem Informasi di SMP Al Falah Dago Bandung.2. DPPL Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta.3. Laporan Tugas Besar Analisi Perancangan Sistem Informasi Departemen Teknik Industri Fakultas Teknik Telkom University.

BAGIAN IIDESKRIPSI UMUM SISTEM

2.1 Deskripsi Umum SistemSistem informasi akuntansi (SIA) adalah suatu aplikasi yang mengumpulkan, menggolongkan, mengolah, menganalisa dan komunikasikan informasi keuangan yang relevan untuk pengambilan keputusan. SIA adalah perangkat lunak Sistem Informasi Akuntansi berbasis desktop untuk monitoring atau memantau proses keuangan dari restoran x, agar dalam pengerjaannya menjadi terarah dan terpadu sehingga dapat mempercepat pengerjaannya. Aplikasi ini dapat dijalankan dari berbagai komputer yang menggunakan sistem operasi minimal windows xp. System ini juga memerlukan apache sebagai web servernya dan mysql sebagai DBMS nya. Apache dan mysql dibutuhkan agar aplikasi ini dapat berjalan walaupun tak terkoneksi dengan internet (offline). Aplikasi ini dibuat dengan Microsoft Visual Studio 2013. Aplikasi ini hanya dapat diakses oleh user yang terdaftar dalam database, tiap user memiliki hak akses yang berbeda tergantung dari jabatan yang didudukinya. Didalam aplikasi user dapat menginputkan data, mengolah data, menghapus data, dan membuat laporan.

2.2 Fungsi ProdukFungsi Software HRD Restauran berdasarkan user adalah sebagai berikut:A. Pegawai AkuntansiA.1Login (SKPL-SIA.A-001) Login dengan username dan password untuk mengetahui pegawai dan jabatan dari pegawai yang masuk ke aplikasi sehingga aplikasi dapat membatasi fungsi yang disediakan.A.2Memonitoring pengeluaran dan pemasukan (SKPL-SIA.A-002) Mengetahui pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan dan pemasukan yang diperoleh.

A.3 Pembuatan laporan laba rugi (SKPL-SIA.A-003) Membuat laporan tentang keuntungan dan kerugian yang diperoleh perusahaan.A.4 Input uang asuransi restoran (SKPL-SIA.A-004) Menyisihkan keuntungan yang diperoleh perusaan untuk asuransi perusahaan.A.5Input kas restoran (SKPL-SIA.A-005) Mengimput uang perusahaan. Digunakan untuk membiayai operasional perusahaan seperti air, listrik dan kerusakan kerusakan pada peralatan perusahaan.A.6Mengurus uang pajak restoran (SKPL-SIA-006) Input pembayaran pajak perusahaan.

B.HRDB.1Login (SKPL-SIA.B-001) Login dengan username dan password untuk mengetahui pegawai dan jabatan dari pegawai yang masuk ke aplikasi sehingga aplikasi dapat membatasi fungsi yang disediakan.B.2Pembuatan slip gaji pegawai (SKPL-SIA.B-007) Membuat slip gaji yang nantinya akan diserahkan kepada akuntansi.

C. InventoryC.1.1Login (SKPL-SIA.C-001) Login dengan username dan password untuk mengetahui pegawai dan jabatan dari pegawai yang masuk ke aplikasi sehingga aplikasi dapat membatasi fungsi yang disediakan.C.1.2Pembuatan laporan permintaan anggaran (SKPL-SIA.C-008) Bagian inventory dapan membuat laporan permintaan anggaran yang nantinya akan diserahkan oleh akuntansi. Laporan permintaan anggaran berisikan permintaan anggaran operasional restoran seperti bahan makanan.2.3 Karakteristik PenggunaPengguna aplikasi ini adalah pegawai akuntansi restoran x untuk memudahkan dalam memonitoring keuangan dan pembuatan laporan keuangan. Administrator adalah orang yang berperan dalam mengelola aplikasi ini.:Kategori PenggunaTugasHak Akses ke aplikasi

Administrator1.Monitoring pengeluaran dan pemasukan2.Pembuatan laporan laba-rugi(SKPL-SIA.A-001)(SKPL-SIA.A-002)(SKPL-SIA.A-003)(SKPL-SIA.A-004)(SKPL-SIA.A-005)(SKPL-SIA.A-006)

HRD1.Pembuatan slip gaji pegawai(SKPL-SIA.B-001)(SKPL-SIA.B-007)

Inventory1. Pembuatan laporan permintaan anggaran(SKPL-SIA.C-001)(SKPL-SIA.C-008)

2.4 BatasanBatasan-batasan yang digunakan pada pengembangan perangkat lunak ini adalah:1. Untuk pembuatan laporan dalam bentuk hardcopy harus terkoneksi ke perangkat printer.2. Menggunakannya harus menggunakan computer yang sudah menggunakan MySql sebagai DBMS dan Apache sebagai Web Server.

2.4 Lingkungan OperasiPerangkat lunak pada sisi server yang dibutuhkan adalah:A. Sistem operasi: Microsoft Windows XP/Vista/7/8.0/8.1B. Web Server: ApacheC. DBMS: MySql

Perangkat lunak pada sisi client yang dibutuhkan adalah:A. Sitem operasi: Microsoft Windows XP/Vista/7/8.0/8.1B. Web Server: ApacheC. DBMS: MySql

BAGIAN IIIDESKRIPSI FUNGSIONALITAS

3.1 SOP3.1.1 SOP Input pendapatan dan Pembuatan Laporan Pendapatan

Pihak yang terlibat dalam proses input pendapatan dan pembuatan laporan pendapatan:1. Akuntansi2. Manajer

Gambaran pada proses input pendapatan dan pembuatan laporan pendapatan:1. Memulai aplikasi.2. User akan melihat data transaksi penjualan terlebih dahulu sebelum membuat data pendapatan.3. Apabila user memilih untuk menginputkan data transaksi yang telah dilihat sebelumnya, maka user akan diarahkan ke jendela input data pendapatan. Jika tidak user dapat menutup aplikasi.4. Jika user memilih untuk membuat laporan maka aplikasi akan membuka jendela pembuatan laporan, lalu laporan akan diberikan kepada manajer. Jika user tidak ingin membuat laporan maka user dapat menutup aplikasi.5. Selesai.

3.1.2 SOP Input pengeluaran dan pembuatan laporan pengeluaran

Pihak yang terlibat dalam proses input pengeluaran dan pembuatan laporan pengeluaran1. Akuntansi2. HRD3. Inventory4. Manajer

Gambaran pada proses input pengeluaran dan pembuatan laporan pengeluaran:1. Memulai aplikasi.2. User menerima slip gaji pegawai dan laporan permintaan anggaran.3. User melihat data pengeluaran dari database.4. Jika user memilih untuk membuat laporan maka user akan diarahkan ke jendela pembuatan laporan, lalu akan diserahkan ke manajer. Jika tidak maka user dapat menutup aplikasi.5. Selesai. 3.1.3 SOP Pembuatan Laporan Permintaan Anggaran

Pihak yang terlibat dalam proses pembuatan laporan permintaan anggaran:1. Akuntansi2. HRDGambaran pada proses pembuatan laporan permintaan anggaran:1. Memulai aplikasi.2. User membuat laporan permintaan anggaran.3. Laporan diserahkan pada akuntansi.4. Jika laporan permintaan anggaran ditolak maka proses akan diulang kembali hingga laporan diterima oleh pihak akuntansi.5. Selesai.

3.1.4 SOP Pembuatan Slip Gaji Pegawai

Pihak yang terlibat dalam proses pembuatan slip gaji pegawai:1. HRD2. AkuntansiGambaran pada proses pembuatan slip gaji pegawai:1. Memulai aplikasi.2. User membuat slip gaji pegawai.3. Slip gaji diserahkan ke bagian akuntansi.4. Selesai.

3.1.5 SOP Input kas, Pembayaran Pajak dan Asuransi

Pihak yang terlibat dalam proses pembuatan slip gaji pegawai:1. Akuntansi2. Pihak Pajak3. Pihak Asuransi Gambaran pada proses pembuatan slip gaji pegawai:1. Memulai aplikasi.2. User dapat memilih proses yang akan dijalankan.3. Setelah melalui proses yang dipilih maka user akan mendapat output sesuai dengan proses yang dipilih.4. Selesai.

3.2 Context Diagram

Penjelasan context diagramBagian inventory da