SKL BEDAH pptx

download SKL BEDAH pptx

of 35

Embed Size (px)

Transcript of SKL BEDAH pptx

1. STANDAR ISI 8. STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN 2. STANDAR PROSES

7.

STANDAR PEMBIAYAAN

3.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

6.

STANDAR PENGELOLAAN 5. STANDAR SARANA DAN PRASARANA

4.

STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Standar Kompetensi Lulusan

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 23 TAHUN 2006

PENGERTIAN

Kompetensiadalah kemampuan bersikap, berpikir, dan bertindak secara konsisten sebagai perwujudan dari pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dimiliki peserta didik.

Standar Kompetensiadalah ukuran kompetensi minimal yang harus dicapai peserta didik setelah mengikuti suatu proses pembelajaran pada satuan pendidikan tertentu.

Standar Kompetensi Lulusanadalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

SKL digunakan sebagai pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan. SKL pada jenjang pendidikan dasar bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Ruang Lingkup SKL

1. 2.

SKL Satuan Pendidikan SKL Kelompok Mata Pelajaran a. Agama dan Akhlak Mulia b. Kewarganegaraan dan Kepribadian c. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi d. Estetika e. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SKL Mata Pelajaran

3.

1.

Menjalankan agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak. Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri. Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya. Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya. Menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif.

2. 3.

4.

5.

6. 7. 8. 9. 10.

Menunjukkan kemampuan berfikir logis, kritis, dan kreatif, dengan bimbingan guru/pendidik. Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya. Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan. Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara dan tanah air Indonesia. Menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal.

11.

12. 13. 14.

Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang. Berkomunikasi secara jelas dan santun. Bekerja sama dalam kelompok, tolong menolong dan menjaga diri sendiri delam lingkungan keluarga dan teman sebaya. Menunjukkan kemampuan mengamati gejala alam dan sosial di lingkungan sekitar. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis. Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung

15. 16. 17.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARANMatematika SD/MI

a. Memahami konsep bilangan bulat dan pecahan, operasi hitung dan sifat-sifatnya, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari b. Memahami bangun datar dan bangun ruang sederhana, unsur-unsur dan sifat-sifatnya, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari c. Memahami konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas, volume, sudut, waktu, kecepatan, debit, serta mengaplikasikannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari

d. Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari e. Memahami konsep pengumpulan data, penyajian data dengan tabel, gambar dan grafik (diagram), mengurutkan data, rentangan data, rerata hitung, modus, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari f. Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan g. Memiliki kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif

Berapa anda menetapkan standar nilai kelulusan untuk matematika ?

Strategi apa yang akan diambil ?

Memahami indikator dan terampil menerjemahkan indikator ke dalam soal

V2

4

I

7

18

IISTANDAR KOMPETENSI N MATA PELAJARAN LULUSAN MATA MATEMATIKA PELAJARAN MATEMATIKA

2

6

IV1

III11

5

1

1. Memahami konsep dan operasi hitung bilangan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari - haria. Menentukan hasil operasi hitung bilangan bulat, dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari

d. Menyelesaikan masalah yang menggunakan kelipatan persekutuan terkecil ( KPK ) e. Menyelesaikan masalah yang menggunakan faktor persekutuan terbesar (FPB) f. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dan skala

b. Menentukan hasil opersi hitung bilangan pecahan dan menggunakan dalam kehidupan sehari-hari

c. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan prosen

g. Mmenentukan hasil operasi hitung dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan akar pangkat dua dan pangkat dua

2. Memahami konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas, dan volume, waktu serta penggunaannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.Menentukan hasil operasi hitung yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang, berat, luas, volume dalam pemecahan masalah sehari-hari.

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu.

3. Memahami konsep, sifat dan unsur-unsur bangun geometri dapat menghitung besar besaran yang terkait dengan bangun geometri (2D/3D), memahami konsep transformasi bangun datar, serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan sifat dan unsur bangun geometri dua dimensi atau tiga dimensi serta menentukan hasil transformasi bangun datar. Menentukan luas dan keliling serta pemecahan masalah yang berkaitan dengan luas dan keliling bangun datar.

Menentukan bentuk jaring - jaring bangun ruang.

Menentukan volume bangun ruang.

Menentukan luas permukaan dari bangun ruang.

Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah.

Menentukan letak titik pada bidang koordinat yang berhubungan dengan sifat bangun datar.

Memahami konsep pengumpulan data, penyajian data dengan tabel dan grafik, mengurutkan data, menghitung rata-rata serta menerapkan dalam pemecahan masalah kehidupan seharihari.

Membaca dan menafsirkan unsur dalam diagram batang dan diagram lingkaran.

Menghitung nilai rata-rata dan modus yang berkaitan dengan pemecahan masalah

1. a. Menentukan hasil operasi hitung bilangan bulat, dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari1. Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah.

2. Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan cacah.

3. Menentukan hasil operasi hitung campuran pada bilangan bulat. 4. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat. 5. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan cacah.

1. b. Menentukan hasil opersi hitung bilangan pecahan dan menggunakan dalam kehidupan sehari-hari6. Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan pecahan biasa dan campuran. 7. Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan pecahan desimal. 8. Menentukan hasil perkalian atau pembagian pecahan biasa dan campuran. 9. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan pecahan (biasa, campuran, dan desimal).

1.c. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan persen10. Menyelesaikan soal cerita yang di dalamnya menggunakan persen.

1.d. Menyelesaikan masalah yang menggunakan kelipatan persekutuan terkecil ( KPK )11. Menentukan nilai KPK dari tiga bilangan dua angka. 12. Menyelesaikan soal cerita yang di dalamnya menggunakan KPK.

1.e.

Menyelesaikan masalah yang menggunakan faktor persekutuan terbesar (FPB)

13. Menentukan nilai FPB dari tiga bilangan dua angka. 14. Menyelesaikan soal cerita yang di dalamnya menggunakan FPB.

1. f.

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dan skala15. Menyelesaikan soal cerita yang menggunakan perbandingan.

16. Menyelesaikan soal cerita yang menggunakan perhitungan skala

1. g. Menentukan hasil operasi hitung dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan akar pangkat dua dan pangkat dua

17. Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua dan akar pangkat dua.

18. Diketahui sebuah persegi, siswa dapat menghitung panjang sisinya.

19. Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan atau pengurangan satuan waktu yang berbeda. 20. Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan atau pengurangan pada dua atau lebih satuan panjang yang berbeda. 21. Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan atau pengurangan pada dua atau lebih satuan berat yang berbeda. 22. Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan operasi hitung dari beberapa satuan luas yang berbeda.

2.a. Menentukan hasiloperasi hitung yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang, berat, luas, volume dalam pemecahan masalah sehari-hari.

23. Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan operasi hitung dari beberapa satuan volume yang berbeda.

2.a. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu.

24. Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu.

25. Menentukan nama suatu bangun datar berdasarkan sifat-sifat bangun yang diketahui.. 26. Menentukan banyaknya rusuk dari suatu gambar bangun ruang yang disajikan. 27. Menentukan hasil pencerminan dari gambar suatu bangun datar yang disajikan. 28. Menentukan hasil bayangan dari rotasi bangun datar dengan pusat putaran ditentukan. 29. Menentukan sumbu simetri lipat dari gambar bangun datar yang disajikan.

3a. Menentukan sifat dan unsur bangun geometri dua dimensi atau tiga dimensi serta menentukan hasil transformasi bangun datar.

30. Menentukan keliling dari gambar gabungan dua bangun datar yang disajikan. 31. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan keliling bangun datar.32. Menentukan luas dari

3.b. Menentukan luas dan keliling serta pemecahan masalah yang berkaitan dengan luas dan keliling bangun datar.

gambar gabungan dua bangun datar yang disajikan beserta ukurannya.

33. Menentukan bentuk jarring-jaring kubus atau balok.

3.c. Menentukan bentuk jaring - jaring bangun ruang.

34. Menentukan volume dari gabungan dua bangun ruang sisi datar (balok dan kubus) yang disajikan beserta ukurannya.

3.d. Menentukan volume bangun ruang.

35. Menentukan luas permukaan bangun ruang sisi datar (kubus atau balok) dari gambar yang diberikan.

3.e.

Menentukan luas permukaan dari bangun ruang.

4. Menentukan letak titik pada bidang koordinat yang berhubungan dengan sifat bangun datar.

36. Menentukan letak salah satu titik koordinat dari suatu bangun datar yang terletak pada diagram kartesius.

5.a. Membaca dan menafsirkan unsur dalam diagram batang dan diagram lingkaran.

37. Menentukan salah satu unsur yang belum diketahui dari gambar diagram batang yang disajikan.

38. Menentukan salah satu unsur yang belum diketahui dari gambar diagram lingkaran yang disajikan.

5.b. Menghitung nilai ratarata dan modus yang berkaitan dengan pemecahan masalah

39. Menentukan nilai ratarata dari sekumpulan data yang disediakan.

40. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan modus dari sekumpulan data yang disediakan.