Sk_juknis Pw Nas 2010

31
PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010 Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010 1 | Page LAMPIRAN SURAT KEPUTUSAN KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA NOMOR : 156 TAHUN 2010 PETUNJUK PELAKSANAAN PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL TAHUN 2010 BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Gerakan Pramuka adalah gerakan pendidikan yang bertujuan untuk mendidik pemuda Indonesia menjadi tenaga penggerak kader pembangunan di segala bidang, bermental tinggi, menjadi insan yang mempunyai moral dan budi pekerti yang luhur serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menggunakan prinsip dasar metodik Kepramukaan. Gerakan Pramuka memberi kesempatan kepada para Pramuka Penegak dan Pandega untuk membina diri menjadi kader pimpinan, baik di lingkungan Gerakan Pramuka maupun di luar lingkungan Gerakan Pramuka. Salah satu usaha untuk melaksanakan hal tersebut adalah dengan mengadakan suatu kegiatan yang berorientasi pada Karya bakti Pramuka bagi masyarakat. Kondisi Bangsa Indonesia yang sedang membangun tentu akan memerlukan perhatian semua pihak. Gerakan Pramuka membaca, ditengah kondisi seperti saat ini, sudah selayaknya kita memberikan kontribusi dalam porsi tersendiri demi membangun masyarakat. Gerakan Pramuka sebagai learning organization harus berdiri di depan agar menjadi contoh positif bagi seluruh elemen bangsa agar lebih sensitif dalam menyikapi persoalan masyarakat. Perkemahan Wirakarya (PW) Nasional VII Tahun 2010 adalah salah satu jawaban terhadap persoalan bangsa. PW Nasional adalah sebuah kegiatan Bakti Pramuka yang berbentuk perkemahan dengan sasaran pembangunan masyarakat di tempat pelaksanaan kegiatan tersebut. Beberapa kali pelaksanaan PW sebelumnya mendapat sambutan yang baik dari masyarakat, meski jauh dari kesempurnaan namun setidaknya Gerakan Pramuka telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mewujudkan cita-cita Tri Satya dan Dasa Darma untuk ikut membangun masyarakat. Pelaksanan PW Nasional VII Tahun 2010 yang dilaksananakan di Aceh telah menjadi isu positif yang berkembang dikalangan Pandu Se-Nusantara. Aceh yang telah bertahun-tahun dilanda konflik dan baru saja menerima cobaan Bencana Alam dahsyat Gempa bumi dan tsunami pada akhir Desember 2004 menjadi daerah yang pantas bagi kita untuk membuktikan diri pada masyarakat bahwa “Pramuka bukan organisasi yang sia-sia.” Oleh karena itu, maka sudah selayaknya kita mempersiapkan diri untuk melakukan yang terbaik dengan seluruh tenaga dan kemampuan yang kita punya dalam rangka membangun masyrakat, khususnya masyarakat Aceh melalui sebuah karya nyata Gerakan Pramuka yang dikemas dalam bentuk Perkemahan Wirakarya Nasional VII Tahun 2010. B. DASAR PENYELENGARAAN 1. Anggaran Dasar Gerakan Pramuka. 2. Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka. 3. Keputusan MUNAS Gerakan Pramuka No. 15/MUNAS/2008 tentang penyelenggaraan Perkemahan Wirakarya Nasional tahun 2010.

Transcript of Sk_juknis Pw Nas 2010

Page 1: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

1 | P a g e

LAMPIRAN SURAT KEPUTUSAN

KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA

NOMOR : 156 TAHUN 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN

PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL

TAHUN 2010

BAB I

PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG

Gerakan Pramuka adalah gerakan pendidikan yang bertujuan untuk mendidik pemuda Indonesia menjadi tenaga penggerak kader pembangunan di segala bidang, bermental tinggi, menjadi insan yang mempunyai moral dan budi pekerti yang luhur serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menggunakan prinsip dasar metodik Kepramukaan. Gerakan Pramuka memberi kesempatan kepada para Pramuka Penegak dan Pandega untuk membina diri menjadi kader pimpinan, baik di lingkungan Gerakan Pramuka maupun di luar lingkungan Gerakan Pramuka. Salah satu usaha untuk melaksanakan hal tersebut adalah dengan mengadakan suatu kegiatan yang berorientasi pada Karya bakti Pramuka bagi masyarakat. Kondisi Bangsa Indonesia yang sedang membangun tentu akan memerlukan perhatian semua pihak. Gerakan Pramuka membaca, ditengah kondisi seperti saat ini, sudah selayaknya kita memberikan kontribusi dalam porsi tersendiri demi membangun masyarakat. Gerakan Pramuka sebagai learning organization harus berdiri di depan agar menjadi contoh positif bagi seluruh elemen bangsa agar lebih sensitif dalam menyikapi persoalan masyarakat. Perkemahan Wirakarya (PW) Nasional VII Tahun 2010 adalah salah satu jawaban terhadap persoalan bangsa. PW Nasional adalah sebuah kegiatan Bakti Pramuka yang berbentuk perkemahan dengan sasaran pembangunan masyarakat di tempat pelaksanaan kegiatan tersebut. Beberapa kali pelaksanaan PW sebelumnya mendapat sambutan yang baik dari masyarakat, meski jauh dari kesempurnaan namun setidaknya Gerakan Pramuka telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mewujudkan cita-cita Tri Satya dan Dasa Darma untuk ikut membangun masyarakat. Pelaksanan PW Nasional VII Tahun 2010 yang dilaksananakan di Aceh telah menjadi isu positif yang berkembang dikalangan Pandu Se-Nusantara. Aceh yang telah bertahun-tahun dilanda konflik dan baru saja menerima cobaan Bencana Alam dahsyat Gempa bumi dan tsunami pada akhir Desember 2004 menjadi daerah yang pantas bagi kita untuk membuktikan diri pada masyarakat bahwa “Pramuka bukan organisasi yang sia-sia.” Oleh karena itu, maka sudah selayaknya kita mempersiapkan diri untuk melakukan yang terbaik dengan seluruh tenaga dan kemampuan yang kita punya dalam rangka membangun masyrakat, khususnya masyarakat Aceh melalui sebuah karya nyata Gerakan Pramuka yang dikemas dalam bentuk Perkemahan Wirakarya Nasional VII Tahun 2010.

B. DASAR PENYELENGARAAN

1. Anggaran Dasar Gerakan Pramuka. 2. Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka. 3. Keputusan MUNAS Gerakan Pramuka No. 15/MUNAS/2008 tentang penyelenggaraan

Perkemahan Wirakarya Nasional tahun 2010.

Page 2: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

2 | P a g e

4. Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 022 tahun 1978 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Perkemahan Wirakarya.

5. Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 080 tahun 1988 tentang Pola Pembinaan dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega.

6. Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 214 tahun 2007 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega.

7. Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 133 tahun 2009, tentang Perkemahan Wirakarya Tingkat Nasional Tahun 2010

8. Renstra Gerakan Pramuka 2009 – 2014 9. Progja Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Tahun 2010

C. MAKSUD

Penyelenggaraan Perkemahan Wirakarya Nasional VII Tahun 2010 dimaksudkan sebagai wadah pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam mengaktualisasikan dan mengekspresikan potensi-potensi individu maupun kelompok dalam meningkatkan kualitas menuju kemandirian serta mendedikasikan Bakti Nyata Pramuka T/D bagi Masyarakat.

D. TUJUAN UMUM

Tujuan umum Perkemahan Wirakarya Nasional VII Tahun 2010 adalah untuk membentuk

karakter anggota Pramuka yang mempunyai jiwa kepemimpinan dan memiliki rasa tanggung

jawab yang besar, meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kecakapan serta

meningkatkan mental dan fisik yang lebih mantap utnuk bekal bargaul dan mengintegrasikan

diri dalam masyarakat.

E. TUJUAN KHUSUS Tujuan khusus Perkemahan Wirakarya Nasional VII Tahun 2010 adalah: 1. Tersedianya Air Bersih di sekitar wilayah bakti 2. Tersedianya Sanitasi yang baik pada Dayah Tradisional 3. Tercapainya program Aceh Green Promotion

F. RUANG LINGKUP

Sistematika Petunjuk Pelaksanaan meliputi : 1. Pendahuluan 2. Penyelenggaraan 3. Organisasi Penyelenggaraan 4. Geografis Wilayah Bakti 5. Kegiatan 6. Perkemahan 7. Administrasi 8. Logistik 9. Humas dan Komunikasi 10. Pengawasan, Penelitian dan Evaluasi 11. Penutup

Page 3: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

3 | P a g e

BAB II PENYELENGGARAAN

A. NAMA KEGIATAN

Perkemahan Wirakarya Nasional ke-VII Tahun 2010, selanjutnya disebut “PW Nasional 2010”

B. WAKTU PELAKSANAAN Kegiatan PW Nasional 2010 dilaksanakan selama 8 (Delapan) hari pada tanggal 22 s.d 29 November 2010.

C. TEMPAT

Bumi Perkemahan Cakra Donya, Seulawah Scout Camp, Provinsi Aceh D. TEMA

“ Bersatu membangun bangsa yang bermartabat” E. SLOGAN

“ Ikhlas bakti, Membangun Negeri” F. MOTTO

“ Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan “

G. PESERTA 1. Peserta

Peserta PW Nasional 2010 terdiri atas : a. Untuk Provinsi Aceh

Setiap Kwarcab berhak mengirimkan 2 umpi Putra dan 2 umpi Putri yang masing — masing sangga beranggotakan 10 orang Pramuka Penegak dan Pandega.

b. Untuk Wilayah Sumatera Setiap Kwarcab berhak mengirimkan 1 umpi Putra dan 1 umpi Putri yang masing - masing sangga beranggotakan 10 orang Pramuka Penegak dan Pandega.

c. Untuk Wilayah Pulau Jawa Setiap Kwartir Daerah berhak mengirimkan 6 umpi Putra dan 6 umpi Putri yang masing - masing sangga beranggotakan 10 orang Pramuka Penegak dan Pandega.

d. Untuk Provinsi di luar Pulau Jawa dan Sumatera Setiap Kwartir Daerah berhak mengirimkan 4 umpi Putra dan 4 umpi Putri yang masing - masing sangga beranggotakan 10 orang Pramuka Penegak dan Pandega.

e. Untuk Peserta Negara-negara ASEAN Quota peserta yang diberikan adalah 100 orang Pramuka Penegak dan Pandega.

f. Untuk Peserta Negara-negara dari Timur Tengah Quota peserta yang diberikan adalah 50 orang Pramuka Penegak dan Pandega. Estimasi Jumlah Peserta Perkemahan Wirakarya Nasional 2010 adalah sejumlah 5710.

2. Persyaratan Peserta a. Umum

1) Aktif digugus depan. 2) Memiliki syarat kecakapan umum minimal Pramuka Penegak Bantara 3) Berusia 16-25 tahun. 4) Mempunyai semangat dan berdisiplin tinggi. 5) Sehat jasmani dan rohani

Page 4: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

4 | P a g e

6) Sanggup mematuhi aturan dalam Perkemahan wirakarya Nasional VII Tahun 2010.

b. Administrasi 1) Membawa KTA 2) Membawa surat mandat dari Kwartir Cabang dan atau Kwartir Daerah. 3) Membawa surat keterangan sehat dari dokter. 4) Untuk Peserta dari Indonesia membayar biaya kegiatan sebesar Rp 300.000,-/orang 5) Untuk Peserta dari Luar Negeri (ASEAN dan Timur Tengah) membayar biaya kegiatan

sebesar $ 150,-/orang

c. Perlengkapan Pribadi 1) Membawa perlengkapan kegiatan lapangan (kantong tidur,matras,pakaian tahan

dingin, pakaian olah raga, pakain lapangan,jas hujan dll) 2) Membawa obat-obatan pribadi yang diperlukan 3) Membawa kompor lapangan 4) Perkemahan

a) Membawa perlengkapan perkemahan b) Membawa perlengkapan memasak c) Membawa perlengkapan kegiatan lapangan (kantong tidur,matras,pakaian tahan

dingin, pakaian olah raga, pakain lapangan,jas hujan dll) d) Membawa obat-obatan pribadi yang diperlukan. e) Membawa perlengkapan kesenian daerah yang akan ditampilkan. f) Membawa bendera merah putih (pa dan pi) g) Membawa bendera Kwarcab/Kwartir Daerah (pa dan pi) h) Membawa alat tulis (notebook dan pulpen) i) Membawa pakaian adat untuk kegiatan karnaval. j) Membawa peralatan bakti (kuas minimal 5, sarung tangan untuk masing-masing

Peserta dll.)

H. PIMPINAN KONTINGEN 1. Komposisi dan Jumlah

Masing-masing kontingen mengirimkan 2 (dua) orang Pimpinan Kontingen. a. Setiap Kwartir Daerah terdiri dari 1 orang pinkonda Putra dan 1 orang Pinkonda

Putri b. ASEAN terdiri dari 10 negara dengan masing - masing 1 orang Pimpinan Kontingen

putra/ putri c. Timur Tengah terdiri dari 5 negara dengan masing - masing 1 orang Pimpinan

Kontingen putra/putri

Estimasi Jumlah Pimpinan Kontingen pada PW Nasional 2010 adalah 81 orang.

2. Persyaratan a. Anggota DKD b. Membawa surat keterangan sehat dari dokter c. menyerahkan surat mandat dari Kwartir Daerah d. menyerahkan pas photo berseragam Pramuka ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar, satu

ditempel pada biodata Pinkonda. e. Untuk Pinkon dari Indonesia membayar biaya kegiatan sebesar Rp 350.000,-/orang f. Untuk Pinkon dari Luar Negeri (ASEAN dan Timur Tengah) membayar biaya kegiatan

sebesar $ 150,-/orang g. Membawa perlengkapan perkemahan h. Membawa perlengkapan pribadi lainnya.

Page 5: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

5 | P a g e

I. PEMBINA PENDAMPING 1. Komposisi dan jumlah Pembina Pendampimg terdiri dari

a. 1 orang Pembina Pendamping Umpi Putra b. 1 orang Pembina Pendamping Umpi Putri

2. Persyaratan a. Andalan Daerah atau andalan cabang b. membawa surat keterangan sehat c. Menyerahkan mandat Dari Kwartir Daerah atau Kwarcab.

1) Untuk Pinkon dari Indonesia membayar biaya kegiatan sebesar Rp 350.000,- /orang

2) Untuk Pinkon dari Luar Negeri (ASEAN dan Timur Tengah) membayar biaya kegiatan sebesar $ 150,-/orang

d. Membawa perlengkapan pribadi lainnya yang diperlukan. Estimasi Jumlah Pembina Pendamping pada PW Nasional 2010 Tahun 2010 adalah 556 orang.

J. PETUGAS PENDUKUNG KONTINGEN

Petugas pendukung Kontingen terdiri dari: a. Petugas Pameran Masing-masing Kontingen Daerah mengirimkan 2 (dua) orang. Dengan jumlah keseluruhan adalah 66 orang

b. Staff Kontingen 1) Kontingen Aceh mengirimkan 1 (satu) orang Staff Kontingen per Kwartir Cabang. 2) Kontingen Regional Sumatera mengirimkan 1 (satu) orang Staff Kontingen per Kwartir

Cabang. 3) Kontingen Regional Jawa mengirimkan 2 (dua) orang Staff Kontingen per Kwartir Daerah. 4) Kontingen diluar Regional Sumatera dan Regional jawa mengirimkan 2 (dua) orang Staff

Kontingen per Kwartir Daerah. 5) Kontingen ASEAN mengirimkan 5 (lima) Orang Staff Kontingen.

Estimasi Jumlah staf kontingen pada PW Nasional 2010 adalah 212 orang.

K. PETUGAS FESTIVAL KULINER 1. Komposisi dan jumlah Masing-masing kontingen Daerah mengirimkan 2 (dua) orang Peserta Festival Kuliner. 2. Persyaratan

a. Berasal dari Pramuka atau non Pramuka b. Membawa surat keterangan sehat dari dokter c. menyerahkan surat mandat dari Kwartir Daerah d. menyerahkan pas photo berseragam Pramuka ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar, satu

ditempel pada biodata Peserta. e. Untuk Peserta dari Indonesia membayar biaya kegiatan sebesar Rp 350.000,-/orang f. Untuk Peserta dari Luar Negeri (ASEAN dan Timur Tengah) membayar biaya kegiatan

sebesar $ 150,-/orang g. Membawa bahan mentah Masakan khas daerahnya.

Estimasi Jumlah Petugas Festival Kuliner pada PW Nasional 2010 adalah 66 orang.

L. RENCANA ANGGARAN Anggaran PW Nasional 2010 diperoleh dari: 1. Kwartir Nasional Gerakan Pramuka 2. Kwartir Daerah Aceh 3. Iuran Peserta

Page 6: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

6 | P a g e

4. Sponsor dan usaha lain yang tidak melanggar AD/ART

M. TAHAPAN-TAHAPAN PENYELENGGARAAN 1. Tahap Persiapan

a. Pembentukan Kelompok Kerja b. Survey awal pengalokasian sumber daya di daerah pelaksanaan c. Rapat Konsultasi dengan Andalan Kwartir Daerah d. Launching “Seuramoe PeWe Nasional 2010” e. Pembuatan dan Pengesahan Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) f. Pembentukan Panitia dan Sangga Kerja g. Pembentukan Tim Usaha Dana dan Pembuatan Rencana Anggaran h. Pembuatan Logo dan Maskot i. Audensi dengan Pemerintah j. Pencarian Sponsor Kegiatan k. Persiapan Sarana Pendukung l. Perekrutan dan Pelatihan Sangga Kerja m. Promosi Kegiatan n. Pengesahan dan Penyebaran Petunjuk Teknis (Juknis) o. Technical Meeting

2. Tahap Pelaksanaan

a. Pendaftaran Peserta b. Perkemahan c. Deville (Pembukaan) d. Kegiatan Hari Pertama e. Kegiatan Hari Kedua f. Kegiatan Hari Ketiga g. Kegiatan Hari Keempat h. Kegiatan Hari Kelima i. Kegiatan Hari Keenam j. Upacara Adat Bhineka Tunggal Ika k. Upacara Penutupan

3. Tahap Evaluasi

a. Pertemuan Evaluasi b. Penilaian Kegiatan c. Pembuatan Laporan d. Pembubaran Panitia

Page 7: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

7 | P a g e

BAB III ORGANISASI PENYELENGGARAAN

A. STRUKTUR ORGANISASI Struktur Organisasi Penyelenggara dan Pelaksana PW Nasional 2010 adalah sebagai berikut:

1. Panitia Penyelenggara a. Memberikan dukungan bantuan moril maupun materil kepada sangga kerja atas

penyelenggaraan PW Nasional 2010. b. Keanggotaan, tugas, wewenang dan tanggung jawab Panitia Penyelenggara disesuaikan

dengan tugas dan fungsi lembaga, badan dan instansi yang diwakilinya, serta dengan kebutuhan pelaksanaan PW Nasional 2010.

2. Panitia Pelaksana Panitia Pelaksana kegiatan PW Nasional 2010 adalah Panitia Pelaksana yang kemudian disebut Sangga Kerja PW Nasional 2010 terdiri dari anggota Pramuka Penegak dan Pandega yang memiliki kemampuan untuk mengelola kegiatan sesuai dengan bidang yang dibutuhkan, dan bertugas yang melaksanakan secara langsung proses pelaksanaan kegiatan baik secara konsepsional maupun operasional. a. Sangga kerja dibentuk untuk melaksanakan kegiatan PW Nasional 2010. b. Personil Sangga Kerja terdiri dari anggota Dewan Kerja Nasional, Dewan Kerja Daerah

Aceh, Perwakilan Dewan Kerja Daerah se-Indonesia, Dewan Kerja Cabang se-Aceh, serta Pramuka Penegak dan Pandega Aceh.

c. Jumlah dan komposisi sangga kerja disesuaikan dengan kebutuhan. d. Sangga kerja disahkan dengan surat keputusan Kwartir Nasional.

3. Panitia Pendukung

a. Panitia pendukung dibentuk untuk mendukung pelaksanaan kegiatan PW Nasional 2010. b. Panitia pendukung dibentuk ditingkat lokal/setempat, utnuk membantu berjalannya

pelaksanaan kegiatan PW Nasional 2010. c. Panitia pendukung dibentuk dan disahkan dengan Surat Keputusan Kwartir Daerah Aceh.

B. URAIAN TUGAS, WEWENANG DAN TANGGUNG JAWAB

1. Panitia Penyelengara a. Bertanggung jawab atas segenap kebijakan yang berkaitan dengan penyelenggaraan

kegiatan PW Nasional 2010. b. Memberikan saran, pendapat, arahan dan petunjuk kepada Panitia pendukung tingkat

Daerah serta kepada sangga kerja baik diminta maupun tidak diminta. c. Mengupayakan dukungan dan bantuan moril serta materil atas terselenggaranya PW

Nasional 2010. d. Mengadakan pengawasan atas jalannya seluruh kegiatan sejak tahap persiapan,

pelaksanaan sampai dengan penyelesaian kegiatan PW Nasional 2010. e. Melakukan koordinasi dengan seluruh instansi terkait di tingkat pusat dan daerah serta

mengupayakan dukungan, bantuan moril, materil serta finasial atas terselenggaranya PW Nasional 2010.

f. Bersama-sama dengan pimpinan sangga kerja pelaksana menentukan teknis pelaksanaan kegiatan terutama kegiatan yang memerlukan koordinasi dengan pihak-pihak luar yang terkait.

Page 8: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

8 | P a g e

2. Panitia Pelaksana (Sangga Kerja) a. Mengatur dan melaksanakan tugas kepanitian kegiatan perkemahan sesuai dengan

Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis dari kegiatan PW Nasional 2010. b. Melaksanakan tugas kepanitiaan dari tahap persiapan kegiatan meliputi perencanaan,

penyusunan konsep kegiatan, penyusunan petunjuk teknis kegiatan, persiapan administrasi dan pelaksanaan kegiatan.

c. Melakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan PW Nasional 2010 pada seluruh unsur pelaksana dalam sangga kerja.

d. Mempertanggungjawabkan segala sesuatu yang berkenaan dengan pelaksanaan kegiatan PW Nasional 2010 kepada Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

3. Panitia Pendukung a. Bertanggung jawab atas segenap kebijakan yang berkaitan dengan penyelenggaraan

kegiatan PW Nasional 2010 di tingkat daerah. b. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait. c. Memberikan saran, pendapat, arahan dan perintah kepada sangga kerja baik diminta

maupun tidak diminta. d. Bersama-sama dengan pimpinan sangga kerja pelaksana menentukan teknis

pelaksanaan kegiatan terutama kegiatan yang memerlukan koordinasi dengan pihak-pihak luar yang terkait.

Page 9: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

9 | P a g e

BAB IV GEOGRAFIS WILAYAH BAKTI

A. GAMBARAN UMUM LOKASI BAKTI Lokasi Perkemahan (Main Camp) PW Nasional 2010 di bumi perkemahan Seulawah Scout Camp

(SSC). Terletak di taman hutan raya pocut merah intan kabupaten Pidie Propinsi Aceh, dengan

jarak 80 km dari kota Banda Aceh sebagai Ibukota Propinsi Aceh. Lokasi kegiatan bakti

(Subcamp) tersebar di 3 kabupaten di wilayah Aceh, kabupaten yang menjadi sasaran bakti

terdiri atas :

1. Kabupaten Pidie

2. Kabupaten Banda Aceh

3. Kabupaten Aceh Besar

B. SASARAN LOKASI KEGIATAN

1. Kabupaten Pidie

Kabupaten Pidie dengan ibukota Sigli adalah salah satu kabupaten di Aceh, Indonesia.

Masyarakat Pidie suka merantau dan berdagang, sehingga sering dijuluki "Tionghoa hitam"

dan mereka bersama orang asal Bireuen mendominasi pasar-pasar di berbagai wilayah Aceh.

Selain itu, wilayah ini juga terkenal sebagai daerah asal tokoh-tokoh terkenal Aceh, seperti

Tgk. Daud Beureueh, Mr. Teuku Mohammad Hasan, Prof. Ibrahim Hasan, DR.Hasballah M

Saad, dan pengusaha Ibrahim Risyad (Richard),

a. Luas wilayah 4.160,55 km².

b. Jumlah penduduk 742.019 Jiwa,

c. Kecamatan 22

d. Desa/kelurahan 946

e. Kepadatan 136 jiwa/km²

Jarak Lokasi Subcamp Dari Bumi Perkemahan bekisar 20 Km.

Dayah yang menjadi sasaran bakti : Pidie

NO NAMA DAYAH LOKASI NAMA

PIMPINAN

JUMLAH

MURID KETERANGAN

1. Khairuddaraini Pasar Paloh, Padang

Tiji, Kab.Pidie Tgk. Tarmizi

M.Sabi 155 orang

2. Al - Fikriyah

Jl. Padang Tiji Delima

Kabupate Pidie Tgk. H. Jailani

H.Ismail 112 orang

3. Al - Hidayah Padang Tiji,

Kabupaten Pidie Tgk. M.Nur Jafar 67 orang

Page 10: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

10 | P a g e

2. Kota Banda Aceh

Kota Banda Aceh adalah salah satu kota sekaligus ibu kota Aceh, Indonesia. Dahulu kota ini

bernama Kutaraja, kemudian sejak 28 Desember 1962 namanya diganti menjadi Banda Aceh.

Sebagai pusat pemerintahan, Banda Aceh menjadi pusat segala kegiatan ekonomi, politik,

sosial, dan budaya. a. Luas wilayah 61,36 km² b. Jumlah penduduk 219.659 Jiwa, c. Kecamatan 9 d. Desa/kelurahan 87 e. Kepadatan 2.507 jiwa/km² Jarak Lokasi Subcamp Dari Bumi Perkemahan bekisar 80 Km. Dayah yang menjadi sasaran bakti : Banda Aceh

NO NAMA DAYAH LOKASI NAMA

PIMPINAN

JUMLAH

MURID KETERANGAN

1. Madinatul Fata

Gampong Lampeu’ot,

Kec. Banda Raya,

Banda Aceh

Tgk. Atasykuri 150 orang

2.

Pusat Rehabilitasi

Anak korban Konflik

Markaz Al-Islah Al-

Aziziyah

Gampong Batoh,

Luengbata

Kota Banda Aceh

Tgk. Bulqaini

Tanjongan 130 orang

Page 11: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

11 | P a g e

3. Kabupaten Aceh Besar

Kabupaten Aceh Besar adalah salah satu kabupaten di Aceh, Indonesia. Sebelum dimekarkan

di akhir tahun 1970-an, ibukota Aceh Besar adalah kota Banda Aceh, kemudian kota Banda

Aceh berpisah menjadi kotamadya sehingga ibukota Aceh Besar pindah ke daerah Jantho di

pegunungan seulawah. Kabupaten Aceh Besar juga merupakan tempat kelahiran pahlawan

perjuangan nasional Cut Nyak Dhien yang berasal dari Lampadang. a. Luas wilayah 2.686 km² b. Jumlah penduduk 310.811 Jiwa, c. Kecamatan 23 d. Desa/kelurahan 592 e. Kepadatan 116 jiwa/km² Jarak Lokasi Subcamp Dari Bumi Perkemahan bekisar 26 Km. Dayah yang menjadi sasaran bakti : Aceh Besar

NO NAMA DAYAH LOKASI NAMA

PIMPINAN

JUMLAH

MURID KETERANGAN

1. Nurul Huda

Gampong Ajee Cut,

Kec. Ingin Jaya, Aceh

Besar

Tgk. Darmansyah

M.Daud 120 orang

Sebagian Yatim

piatu

2. Ruhul Falah

Desa Leupung Cut

Kec. Kuta Malaka,

Aceh Besar

Tgk. H. Ibrahim

Hasyim (Ayah

Samahani)

135 orang

Page 12: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

12 | P a g e

BAB V KEGIATAN

A. UMUM

1. Latar Belakang

Kegiatan yang dilaksanakan pada PW Nasional 2010 pada dasarnya merupakan alat bagi Gerakan Pramuka agar para Pramuka Penegak dan Pandega dapat meningkatkan sekaligus menyumbangkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dalam ikut serta membangun masyarakat sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. PW Nasional 2010 juga dimaksudkan sebagai wadah pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam mengaktualisasikan dan mengekspresikan potensi-potensi individu maupun kelompok dalam meningkatkan kualitas menuju kemandirian serta mendedikasikan Bakti Nyata Pramuka T/D bagi Masyarakat. Kegiatan-kegiatan ini dilaksanakan dalam suasana riang gembira penuh rasa persaudaraan, persahabatan dan kekeluargaan, baik sesama Peserta maupun dengan masyarakat setempat sehingga terciptalah kehidupan yang majemuk dan saling membangun.

2. Acara Kegiatan Agar tercapainya sasaran kegiatan PW Nasional 2010, maka pelaksanaan kegiatannya disusun sebagai berikut : a. Acara Kegiatan di Tingkat Kabupaten diikuti oleh seluruh warga perkemahan secara

bersama-sama dan di selenggarakan oleh pimpinan perkemahan. b. Acara di tingkat Kecamatan, Gampong, dan Duson, diikuti oleh seluruh Peserta sesuai

dengan wilayah kependudukannya masing-masing, dilaksananakan secara terpisah antara Putra dan Putri.

c. Acara kegiatan Rotasi diikuti oleh seluruh Peserta sesuai dengan Jadwal yang telah di tetapkan.

d. Acara Kegiatan yang terbuka untuk umum baik yang bersifat bakti, penyuluhan, maupun seni budaya.

3. Tujuan kegiatan :

Kegiatan PW Nasional 2010, mengarah pada tujuan Gerakan Pramuka melalui : a. Pembinaan Mental dan spiritual b. Aksi kepedulian terhadap masyarakat c. Persaudaraan dan kekerabatan d. Peningkatan Ketrampilan e. Promosi akan kepentingan Lingkungan hidup

4. Sifat Kegiatan

a. Edukatif b. Produktif c. Inovatif d. Kreatif e. Rekreatif

5. Metode Kegiatan

a. Diskusi b. Demonstrasi

Page 13: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

13 | P a g e

c. Simulasi d. Partisipatif e. Penugasan

6. Strategi Kegiatan

a. Aktifitas di dalam Perkemahan ( Main Camp Activities ) = 40% b. Aktifitas di luar Perkemahan ( Sub Camp Activities ) = 60%

B. JENIS KEGIATAN

Jenis-jenis kegiatan pada PW Nasional 2010 merupakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan semangat dan Jiwa gotong royong baik antar sesama anggota Gerakan Pramuka maupun dengan Masyarakat Umum. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan PW Nasional 2010, para Peserta mendapat wawasan baru, pengetahuan dan pengalaman baru, dapat meningkatkan rasa cinta terhadap alam, serta dapat ikut membangun masyarakat sesuai Tri Satya dan Dasa Darma. Jenis-jenis Kegiatan dalam PW Nasional 2010, antara lain : 1. General & Brotherhood Activities / Kegiatan Umum & Persaudaraan

a. Upacara b. Apel c. Ibadah Keagamaan d. Olahraga e. Corve f. Upacara Api Unggun g. Malam Kesenian h. Malam Spritual

2. Kegiatan Bakti Utama

a. Bakti Fisik 1) Water

a) Well Rehab b) Drilling c) Pumping

2) Sanitation a. Pembangunan Sarana MCK b. Pembangunan Drainase c. Pembangunan Jalan Akses ke Dayah

b. Bakti Non Fisik 1) Hygiene Sagination Promotion (HSP) 2) Water Quality Test

3. Kegiatan Bakti Penunjang

a. Bakti Fisik 1) Penanaman Apotik Hidup 2) Duson Bersih, Duson Sehat 3) Peremajaan Meunasah

b. Bakti Non Fisik

1) Aceh Green Promotion 2) Sosialisasi Anti Narkoba

Page 14: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

14 | P a g e

4. Kegiatan Pengetahuan dan Ketrampilan a. Workshop Tarian Saman b. Pembuatan Sulam Kasab c. Pembuatan Timphan d. Pembuatan Kekarah

5. Kegiatan Giat Wisata

a. Wisata Sabang b. Wisata Tsunami

6. Kegiatan Pendukung

a. Kegiatan Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkonda) b. Kegiatan Pembina pendamping (Bindamping)

C. PELAKSANAAN KEGIATAN

Pada dasarnya, kegiatan yang diadakan pada PW Nasional 2010, diselenggarakan dengan pola pergerakan yang didasarkan pada jumlah Peserta, jumlah kegiatan dan waktu pelaksanaan kegiatan. Pola pergerakan yang digunakan akan diterangkan dalam bentuk Rumus Pergerakan Peserta yang akan dijabarkan dalam Petunjuk Teknis (Juknis).

1. Mekanisme Mengikuti Kegiatan

Peserta PW Nasional 2010 akan mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Panitia Pelaksana dengan sistem NOMOR URUT ID yang telah disusun dan terpola dengan baik yang berdasar dengan Rotasi Kegiatan. Adapun Mekanismenya sebagai Berikut : a. Ketua Umpi bermusyawarah dengan anggotanya mengenai kegiatan yang akan

dilaksanakan berdasar nomor urut ID. b. Ketua Umpi mendaftarkan diri dengan mengisi Formulir Kegiatan kepada pengurus

Duson. c. Pengurus Duson memberikan rekomendasi kepada Pengurus Duson mengenai Formulir

kegiatan Peserta. d. Pengurus Gampong mengelompokkan Peserta berdasarkan kegiatan yang diterima

Peserta berdasarkan Nomor Urut ID. e. Pengurus Kecamatan menerima dan menyerahkan Peserta kepada Bidang Kegiatan,

untuk selanjutnya diberangkatkan sesuai kegiatan masing-masing Peserta. f. Peserta menuju lokasi kegiatan berdasarkan nomor urut ID, dan dipandu oleh Panitia

Bidang Kegiatan. g. Setelah selesai mengikuti kegiatan Peserta akan mendapatkan stempel kegiatan

langsung di lokasi kegiatan ataupun di tingkat pemerintahan. h. Peserta kembali ke Camp dan melaporkannya kepada Ketua Umpi masing-masing.

Page 15: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

15 | P a g e

2. Alur Mengikuti Kegiatan

2. Setiap Umpi

Mendaftarkan Formulir

Kegiatan ke pengurus

Duson

3. Pengurus Duson

memberikan rekomendasi

kepada pengurus Duson

mengenai kegiatan

1. Musyawarah Ketua

Umpi dengan Anggota

mengenai kegiatan yang

akan dilaksanakan

6. Peserta menuju lokasi

dan mengikuti kegiatan

5. Kecamatan menerima

dan menyerahkan kepada

bidang kegiatan sesuai

dengan kelompok kegiatan

4. Pengurus Mukim

mengelompokkan kegiatan

Peserta berdasarkan

Nomor Urut ID

8. Peserta kembali ke

Camp masing-masing dan

melaporkannya kepada

Ketua Umpi

7. Peserta mendapatkan

stempel kegiatan dari

Panitia

Page 16: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

16 | P a g e

D. Gambaran Umum Pelaksanaan Kegiatan

NO Hari, Tanggal Pagi Siang Malam

1 Minggu,

21 November 2010

1. Kedatangan Peserta 2. Pendaftaran Ulang

1. Pembukaan Malam Kesenian (Ceremony) 2. Welcome Party

2 Senin,

22 November 2010

1. Adat Ambalan BTI 2. Upacara Pembukaan

1. Tarian 2. Massal, 3. Karnaval, 4. Giat Persaudaraan

Malam Kesenian Nasional

3 Selasa,

23 November 2010

Giat Bakti Main Camp Giat Bakti Subcamp

Giat Pengetahuan dan Ketrampilan Giat Wisata

Kegiatan Penunjang

1. Anjangsana 2. Malam Kesenian Kekerabatan dan Persaudaraan

4 Rabu,

24 November 2010

Malam Kesenian Nasional

5 Kamis,

25 November 2010

1. Pengajian Yasin Bersama 2. Apresiasi Film

6 Jum’at,

26 November 2010

Malam Kesenian Nasional

7 Sabtu,

27 November 2010

Malam Kesenian Kekerabatan dan

Persaudaraan

8 Minggu,

28 November 2010

1. Api Unggun 2. Malam Bhineka Tunggal Ika

9 Senin,

29 November 2010

1. Adat Ambalan Bhinneka Tunggal Ika

2. Upacara Penutupan Sampai Berjumpa kembali

E. TANDA IKUT GOTONG ROYONG ( TIGOR ) 1. Tigor adalah tanda jasa yang diberikan oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka

kepada Peserta yang ikut bakti dalam PW Nasional 2010. 2. Bentuk pemakaian dan tata cara memperoleh Tigor di atur dalam Petunjuk Teknis ( Juknis ). 3. Tigor diberikan kepada Peserta yang telah mengikuti sekurang-kurangnya 80% kegiatan.

Page 17: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

17 | P a g e

BAB VI PERKEMAHAN

A. KEHIDUPAN PERKEMAHAN

Tatanan pemerintahan sebagai landasan kehidupan Peserta PW Nasional 2010 diperlukan untuk menciptakan kehidupan yang harmonis selama pelaksanaan Perkemahan Wirakarya Nasional 2010. Tata kehidupan perkemahan dituangkan dalam satu sistem pemerintahan seperti layaknya kehidupan masyarakat di Aceh. Warga PW Nasional 2010 diibaratkan penduduk sebagai kabupaten yang seluruh pola kehidupanya disesuaikan dengan aspirasi warganya. dikelola oleh bupati perkemahan dibantu oleh para aparat pemerintahan mulai tingkat kecamatan hingga ke tingkat Jurong serta berkoordinasi dengan Panitia pelaksana.

B. AREAL PERKEMAHAN

1. Warga PW Nasional 2010 menempati areal perkemahan putra dan areal perkemahan putri. 2. Untuk menunjang aktivitas dalam pelaksanaan tugas-tugasnya selama kegiatan berlangsung,

Pinkonda bertempat tinggal di wilayah adat kabupaten. 3. Pinkonda dituntut aktif dalam mengisi anjungan kontingen daerahnya yang juga berfungsi

pusat informasi dan tempat pameran bagi kontingen daerahnya. C. PEMUKIMAN PESERTA

Pemukiman Peserta terdiri dari Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan, RW, dan RT. Dalam PW Nasional 2010, tingkat Pemerintahan mulai dari Kelurahan hingga RT di istilahkan dalam Bahasa

Aceh yaitu kelurahan disebut Gampong, RW disebut Duson dan RT disebut Jurong. Sementara Kabupaten dan Kecamatan tetap menggunakan istilah yang sama. 1. Kabupaten

a. Kabupaten dipimpin oleh seorang Bupati Perkemahan b. Warga perkemahan bermukim dalam satu wilayah kabupaten yang dinamakan Kabupaten

”BHINEKA TUNGGAL IKA” c. Kabupaten dibagi menjadi dua wilayah kecamatan yaitu kecamatan putra ”SULTAN

ISKANDAR MUDA” dan kecamatan putri ”SRI RATU SAFIATUDDIN”

2. Kecamatan a. Kecamatan dipimpin oleh seorang camat dibantu oleh seorang sekretaris camat dan

beberapa orang staf kecamatan. b. Masing-masing kecamatan membawahi 3 (tiga) Gampong.

3. Gampong (Kelurahan)

a. Gampong dipimpin oleh seorang Geuchik (Lurah) dibantu oleh seorang Apet (Sekretaris Gampong) dan beberapa staf.

b. Kecamatan Sultan Iskandar Muda dibagi menjadi 3 (tiga) Gampong, yaitu: 1) Gampong I : Teuku Umar 2) Gampong II : Tgk. Chik Ditiro 3) Gampong III : Panglima Polem

c. Kecamatan Laksamana Keumalayati di bagi menjadi 3 (tiga) Duson, Yaitu: 1) Gampong I : Laksamana Malahayati 2) Gampong II : Cut Nyak Dhien 3) Gampong III : Cut Meutia

d. Masing-masing gampong terdiri dari 4 (empat) duson (RW).

Page 18: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

18 | P a g e

4. Duson ( RW ) a. Duson dipimpin oleh seorang kepala duson dan dibantu oleh seorang staff duson

(apet) b. Masing-masing duson membawahi 5 (lima) jurong (RT)

5. Jurong ( RT ) a. Jurong dipimpin oleh seorang Ulee Jurong yang dipilih diantara masing-masing

pemimpin umpi dalam satu jurong b. Masing-masing jurong membawahi 5-6 umpi

6. Umpi a. Umpi dipimpin oleh seorang Ketua Umpi b. Umpi adalah satua terkecil peserta PW Nasional 2010 yang terdiri dari 10 orang

Pramuka Penegak dan Pandega, terpisah putra dan putri. D. TATA TERTIB PERKEMAHAN

1. Tata Adat a. Umum

PW Nasional 2010 adalah suatu Perkemahan yang bersifat bakti yang norma – norma pelaksanaannya dikembangkan atas dasar kode kehormatan Pramuka Penegak dan Pandega. Berdasarkan latar belakang budaya yang berbeda, maka dibuatlah norma – norma yang akan menjiwai tata aturan kehidupan keseharian dan aturan lain yang

diperlukan dalam penyelenggaraan PW Nasional 2010. Aturan ini wajib dijunjung tinggi oleh segenap warga perkemahan.

b. Dewan Adat

a) Dewan Adat Tinggi merupakan lembaga adat yang berkedudukan di tingkat Kecamatan, yang dipimpin oleh Pimpinan Kontingen Daerah yang dipilih dalam pertemuan Dewan Adat Tinggi yang difasilitasi oleh Camat yang bersangkutan.

b) Dewan Adat Agung merupakan lembaga adat yang berkedudukan di tingkat Kabupaten, dipimpin Pemangku Adat Agung yang dijabat oleh Ketua Dewan Kerja Nasional, beranggotakan Pemangku Adat Tinggi tingkat kecamatan.

c) Pemangku Adat adalah pelaksana pengawas ketentuan Adat perkemahan, terdiri atas anggota DKD dan seluruh Pimpinan Kontingen.

d) Dalam melaksanakan tugas pengawasan pelaksanaan ketentuan adat perkemahan, pemangku adat membentuk dan membagi tugas melalui musyawarah Dewan Adat.

2. Perangkat dan Pelaksanaan Adat Perkemahan

a. Umum

1) PW Nasional 2010 adalah Perkemahan Bakti bagi Pramuka Penegak dan Pandega

se-Indonesia untuk mengaktualisasikan segala bentuk keterampilan dan kemampuan yang dimiliki anggota Pramuka Penegak dan Pandega bagi masyarakat umum, yang norma – norma pelaksanaannya dikembangkan atas dasar ketentuan moral dan janji Pramuka.

2) Berdasarkan latar belakang budaya yang berbeda, maka dibuatlah norma – norma yang akan menjiwai tata aturan kehidupan keseharian dan aturan lain yang

diperlukan dalam penyelenggaraan PW Nasional 2010. Aturan ini bersifat mengikat

dan wajib dijunjung tinggi serta ditaati oleh segenap warga perkemahan. Aturan ini dalam bentuk tertulis dan tidak tertulis.

Page 19: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

19 | P a g e

3) Dari fungsi diatas maka ketentuan tersebut akan diundangkan sebagai tata tertib perkemahan yang keberadaannya ditangani oleh Dewan Adat yang bersifat kolegial yang para anggotanya disebut Pemangku Adat.

b. Perangkat dan Pelaksanaan Adat Perkemahan 1) Dewan Adat

a) Dewan Adat adalah tempat berkumpulnya Pemangku Adat selaku penyelenggara dan pengawas pelaksanaan ketentuan adat perkemahan.

b) Dewan Adat bertanggung jawab atas kelancaran dan ketertiban pelaksanaan PW Nasional 2010 secara umum serta menyelesaikan masalah kehormatan perorangan/kontingen Peserta yang tidak dapat diselesaikan oleh Seksi Keamanan.

c) Dewan Adat memiliki tugas dan wewenang memutuskan sanksi dari berbagai jenis pelanggaran yang dilakukan oleh warga perkemahan selama mengikuti PW Nasional 2010.

d) Dalam melaksanakan tugasnya Dewan Adat dibantu oleh unsur petugas keamanan dan unsur aparat pemerintahan.

2) Pemangku Adat adalah personal pelaksana pengawas ketentuan/tata tertib perkemahan, terdiri atas anggota Dewan Kerja Nasional, Pimpinan Kontingen Daerah, dan pimpinan Sangga Kerja PW Nasional 2010.

3) Dewan kehormatan terdiri dari pimpinan Panitia penyelenggara, penanggung jawab, pimpinan Sangga Kerja, Pimpinan Kontingen Daerah PW Nasional 2010.

4) Penyelesaian suatu masalah diselesaikan dalam sidang Dewan Adat Tinggi di tingkat Camat yang dilaksanakan secara terbatas dan hanya dihadiri oleh Pemangku Adat Tinggi dan warga perkemahan yang tersangkut.

5) Dewan Adat Agung ditingkat Kabupaten dipimpin oleh Dewan Kerja Nasional, melaksanakan sidangnya bila permasalahan yang timbul menyangkut hajat hidup warga perkemahan secara umum atau menyelesaikan permasalahan pelik yang tidak dapat diselesaikan oleh Dewan Adat Tinggi.

6) Permasalahan Adat Perkemahan pada PW Nasional 2010 dikelompokan menjadi 3 (tiga) jenis permasalahan, yaitu : a) Permasalahan warga perkemahan (Peserta dengan Peserta, Peserta dengan aparat

perkemahan/Sangga Kerja); b) Permasalahan penduduk dengan aparat perkemahan/Sangga Kerja; c) Permasalahan Peserta/Sangga Kerja dengan penduduk.

7) Penyelesaian permasalahan/perkara adat perkemahan dilakukan secara bertahap, yaitu: penyelesaian di tingkat Duson, apabila tidak dapat diselesaikan di tingkat Duson maka dibawa ke tingkat Gampong, kemudian pada tingkat Gampong, selanjutnya sampai pada tingkat kecamatan dan kabupaten.

c. Sanksi Adat

1) Sanksi terhadap pelanggaran ketentuan adat perkemahan dijatuhkan melalui sidang Dewan Adat yang dihadiri oleh pemangku adat ditingkatnya dan dapat dinyatakan terbuka atau tertutup oleh pimpinan sidang adat.

2) Sanksi yang dijatuhkan harus memperhatikan aspek pendidikan dan kebudayaan. 3) Bentuk sanksi dapat berupa peringatan, pembatalan pemberian tanda ikut serta

kegiatan dan pengusiran dari arena PW Nasional 2010. 4) Pimpinan Sidang Dewan Adat berkewajiban meminta saran pertimbangan dari Dewan

Kehormatan Adat sebelum menyatakan sanksinya.

Page 20: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

20 | P a g e

BAB VII ADMINISTRASI

A. UMUM

Peyelenggaraan administrasi dan keuangan secara umum meliputi perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pelaporan administrasi. Kegiatan administrasi ini berkaitan dengan pendaftaran, penyelesaian administrasi dari Peserta , pinkonda, penyelenggara dan Panitia pelaksana, penyediaan kebutuhan administrasi dan keuangan bagi semua unsur yang terlibat.

B. SISTEM PELAYANAN ADMINISTRASI

1. Pelayanan administrasi ditujukan untuk mendukung pelaksanaan PW Nasional 2010

dibidang administrasi yang meliputi: a. Peserta b. Panitia penyelenggara, Panitia pelaksana, dan Panitia Pendukung Kontingen. Kodefikasi administrasi ini disusun berdasarkan pengelompokan unsur yang terlibat alam kegiatan PW Nasional 2010 yang meliputi: a. Kode A untuk Peserta. b. Kode B untuk Panitia penyelenggara dan Panitia pelaksana. c. Kode C untuk Pemohonan. d. Kode D untuk Kwartir Daerah. e. Kode E untuk Berita f. Kode F untuk Pemerintahan g. Kode G untuk Laporan h. Kode H untuk Perijinan i. Kode I untuk Logistik j. Kode J untuk Konsumsi

Kodefikasi Formulir administrasi selengkapnya adalah sebagai berikut:

A. Keuangan

1 Permohonan uang C.03/PWN/2010

2 Berita acara serah terima uang / Kwitansi E.08/PWN/2010

3 Laporan penggunaan uang G.01/PWN/2010

B. Administrasi dan Humas

1 Biodata Peserta A.01/PWN/2010

2 Biodata Peserta Festival Kuliner A.02/PWN/2012

3 Rekap nama peserta A.03/PWN/2010

4 Biodata sangker B.01/PWN/2010

5 Biodata petugas B.03/PWN/2010

6 Biodata Panitia pendukung B.02/PWN/2010

7 Rekap Sangker B.04/PWN/2010

8 Rekap petugas B.06/PWN/2010

9 Rekap Panitia pendukung B.05/PWN/2010

10 Daftar Hadir sangker B.07/PWN/2010

11 Daftar hadir Panitia pendukung B.08/PWN/2010

12 Daftar Hadir petugas B.09/PWN/2010

13 Laporan penggunaan perlengkapan B.10/PWN/2010

14 Daftar surat keluar B.11/PWN/2010

Page 21: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

21 | P a g e

15 Permohonan perlengkapan kesekretariatan C.01/PWN/2010

16 Permohonan penggandaan C.04/PWN/2010

17 Rekapitulasi perolehan TIGOR C.05/PWN/2010

18 Ceklist Permohonan TIGOR loket 1 (serah) C.05/PWN/2010

19 Ceklist Permohonan TIGOR loket 2 (terima) C.06/PWN/2010

20 Kesediaan Kwartir Daerah D.01/PWN/2010

21 Pendaftaran Kwartir Daerah D.02/PWN/2011

22 Biodata Pinkonda D.03/PWN/2010

23 Biodata Bindamping D.04/PWN/2010

24 Biodata Staf Kontingen D.05/PWN/2011

25 Biodata Petugas Pameran D.06/PWN/2011

26 Pentas Kontingen Daerah D.08/PWN/2010

27 Rekap Pinkonda dan Bindamping D.09/PWN/2010

28 Rencana kedatangan dan pulang D.10/PWN/2011

29 Berita serah terima perlengkapan kesekretariatan E.02/PWN/2010

30 Berita acara pengeluaran perlengkapan kesekretariatan E.04/PWN/2010

31 Daftar surat masuk G.04/PWN/2010

C. Pemerintahan

1 Berita kehilangan E.06/PWN/2010

2 Berita informasi telepon E.07/PWN/2010

3 Ijin masuk perkemahan H.01/PWN/2010

4 Ijin keluar perkemahan H.02/PWN/2010

5 Ijin mendirikan tenda dan No. Kavling H.03/PWN/2010

6 Sensus warga Duson F.01/PWN/2010

7 Sensus warga Gampong E.01/PWN/2010

8 Sensus warga Mukim F.03/PWN/2010

9 Berita acara pelanggaran F.02/PWN/2010

D. Kegiatan

1 Pendaftaran seni budaya G.03/PWN/2000

2 Kupon kegiatan G.02/PWN/2000

3 Laporan kegiatan harian G.03/PWN/2010

4 Kartu kegiatan G.04/PWN/2010

E. Logistik

1 Kupon makan peserta J.01/PWN/2010

2 Kupon makan Bindamping J.02/PWN/2010

3 Kupon makan Pinkonda J.03/PWN/2010

4 Kupon makan sangker J.04/PWN/2010

Page 22: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

22 | P a g e

C. MEKANISME PENDAFTARAN 1. Tahap I Pendaftaran Awal (online atau pengiriman CD)

a. Pendaftaran Peserta harus dilakukan via email dengan men-download seluruh form melalui link www.pwnasional2010.org dan diserahkan sebelum tanggal 1 September 2010 dan dikirimkan ke alamat email [email protected] .

b. Pengiriman melalui pos hanya diterima dalam bentuk CD (softcopy), kepada : KWARTIR DAERAH GERAKAN PRAMUKA ACEH, Cq. PANITIA PELAKSAN PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010 Jln. Nyak Adam Kamil 1 Neusu Jaya, Banda Aceh 23243 Telepon : (0651) 31485 Faksimile : (0651) 31487 Email : [email protected] Website : http://www.pwnasional2010.org atau www.pramukaaceh.org

Dengan tembusan kepada :

KETUA KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA Jl. Medan Merdeka Timur No. 6 Jakarta 10110 Telepon : 021-350 7645 pesawat 2014 Faksimile : 021-350 7647

Form yang harus dikirimkan pada Tahap I

1. A.01 : Biodata Peserta 2. A.03 : Biodata Peserta Festival Kuliner 3. D.01 : Kesediaan Kwartir Daerah mengikuti Perkemahan Wirakarya 2010 4. D.02 : Pendaftaran Kwartir Daerah 5. D.03 : Biodata pinkonda 6. D.04 : Biodata pembina pendamping 7. D.05 : Staf Kontingen 8. D.05 : Biodata petugas pameran 9. D.08 : Pentas kontingen Daerah. 10. Lengkap dengan softcopy foto ukuran 3x4 cm (disatukan dan di compress dalam format rar, zip, 7z)

2. Tahap II Pendaftaran Ulang

a. Pendaftaran ulang dilaksanakan melalui Panitia Bidang Administrasi di Loket pendaftaran ulang yang telah ditentukan.

b. Pendaftaran dlakukan langsung oleh Pinkonda dan difasilitasi oleh Liason Officer. c. Pembagian loket Pendaftaran Ulang

a) Loket 1, merupakan loket pembayaran Camp Fee Seluruh unsur kontingen b) Loket 2, merupakan loket pengambilan nomor kavling c) Loket 3, merupakan loket pengambilan KTP dan KIT Peserta

d. Semua Loket tedapat 4 loket kecil didalamnya untuk pembagian pandaftaran ulang kontingen dan mepercepat proses pendaftaran ulang

Loket A Loket B Loket C Loket D

Papua DKI Jakarta Sulawesi Barat Aceh

Irian Barat Jawa Tengah Sulawesi Selatan Asean

Riau DI Yogyakarta Sulawesi Tenggara Timur Tengah

Jambi Jawa Timur Maluku -

Sumatra Selatan Kalimantan Timur Maluku Utara -

Page 23: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

23 | P a g e

Bengkulu Kalimantan Barat Bali -

Lampung Kalimantan Tengah

NTT -

Kepulauan bangka Belitung

Kalimantan Selatan

NTB -

Kepulauan Riau Sulawesi Utara Sumatra Barat -

Banten Sulawesi Tengah Sumatra Utara -

Jawa Barat Gorontalo - -

3. Keterlambatan penyerahan administrasi tersebut di atas akan mengakibatkan:

a. Terganggunya kelancaran pengolahan data kontingen Daerah b. Kodefikasi Peserta tidak dapat ditentukan

D. ADMINISTRASI PENDAFTARAN

1. Panitia Pelaksana PW Nasional 2010 hanya akan menerima pendaftaran melalui Kontingen

Daerah dengan menggunakan form-form yang telah ditentukan 2. Hak-hak peserta berupa perlengkapan dan lain-lain diserahkan melalui Pimpinan Kontingen

Page 24: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

24 | P a g e

BAB VIII LOGISTIK

A. PERLENGKAPAN

Untuk mendukung pelaksanaan PW Nasional 2010 diupayakan menyediakan kebutuhan-kebutuhan yang berhubungan dengan logistik, antara lain : 1. Fasilitas Tempat dan Ruangan

a. Areal perkemahan yang dapat menampung 5.556 orang.

b. Gedung Sekretariat Panitia pelaksana dan pusat informasi kegiatan. c. Lapangan utama dan tribun upacara d. Panggung utama e. Gedung Sekretariat aparat pemerintahan. 2 unit (kecamatan Putra dan kecamatan Putri) f. Sekretariat kegiatan g. Lapangan parkir h. Dapur umum dan ruang makan. i. Posko-posko layanan. j. Stasiun radio komunikasi. k. Studio radio (FM) l. Wartel, warnet, kantor pos. m. Rumah sakit mini. n. MCK sejumlah 40 unit o. Pasar, kedai dan anjungan pameran. p. Gudang (tenda perlengkapan) q. Water treatment r. Bendungan (intake) s. Gardu Listrik lengkap dengan jaringan di lingkungan perkemahan

2. Fasilitas Pelayanan a. Kesehatan dan sanitasi lingkungan b. Listrik dan air bersih c. Pos dan telekomunikasi d. Transportasi e. Perbekalan dan peralatan kegiatan f. Konsumsi g. Keamanan dan ketertiban

3. Metode Pengadaan a. Peminjaman b. Penyewaan c. Pembelian d. Kerjasama/Kemitraan berdasarkan Tim Usaha Dana.

B. Konsumsi

1. Peserta a. Bagi para Peserta disediakan natura, kecuali Peserta dari luar negeri disediakan konsumsi

siap santap dengan menu yang disediakan Panitia. b. Peserta yang mengikuti kegiatan di luar perkemahan, baik yang menginap maupun tidak

menginap, disediakan makan siap saji di subcamp kegiatan masing-masing, dengan pembagian piket dapur umum yang akan diatur kemudian.

Page 25: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

25 | P a g e

2. Pinkonda, Bindamping, petugas pameran dan kesehatan serta Panitia disediakan makanan siap santap dengan menu yang disusun oleh Panitia Pelaksana.

C. Angkutan 1. Angkutan antar jemput

a. Panitia PW Nasional 2010menyediakan kendaraan antar jemput dari Bandara Internasional SULTAN ISKANDAR MUDA ke Bumi Perkemahan Seulawah Scout Camp.

b. Informasi tentang angkutan akan diberikan ke masing–masing daerah. c. Disediakan tempat transit angkutan darat di Kwartir Daerah Sumatera Utara dan Kwartir

Cabang Bireun bagi kontingen datang melalui lintas darat Sumatera.

2. Angkutan kegiatan Peserta. a. Transportasi kegiatan di luar Bumi Perkemahan (Buper) menggunakan kendaraan yang

disediakan oleh Panitia. b. Transportasi kegiatan dalam Buper dengan bersepeda atau jalan kaki.

D. Pasar, Pameran, Expo dan Pustaka

1. Stand Pameran Kwartir Daerah dan Satuan Karya Pramuka (SAKA) a. Peserta

1) Setiap Kwartir Daerah yang mengikuti kegiatan PW Nasional 2010 dan Satuan Karya Pramuka (SAKA) diwajibkan untuk mengisi stand pameran Kwartir Daerah.

2) Setiap stand terdiri dari 2 orang yang akan mengisi form biodata Peserta pameran yang akan di berikan oleh Panitia.

b. Waktu : tanggal 22 s.d 29 november 2010 c. Tempat

1) Zona A perkemahan seulawah scout camp, 2) Fasilitas yang disediakan Panitia antara lain; stand berukuran 3x3m untuk setiap Kwartir

Daerah, 2 buah meja untuk pajangan, 2 buah kursi untuk Peserta pameran dan Terminal kuningan listrik tanpa kabel extender

d. Gambaran Umum 1) Stand pameran Kwartir Daerah merupakan arena promosi daerah dan promosi

kegiatan-kegiatan Kepramukaan untuk setiap Kwartir Daerah. 2) Stand pameran Saka merupakan arena promosi Saka dan promosi kegiatan-kegiatan

Kesakaan untuk setiap Saka. 3) Stand Kwartir Daerah diperbolehkan melakukan transaksi jual beli yang berupa hasil-

hasil kerajinan dan souvenir khas daerah masing-masing. 4) Stand Saka diperbolehkan melakukan transaksi jual beli yang berupa hasil-hasil karya

Saka atau hasil-hasil karya yang berhubungan dengan Saka. 5) Bagi Peserta stand Kwartir Daerah dan Saka tidak diperkenankan untuk menjual barang

yang berhuhubungan dengan cinderamata/assesoris yang berlogo atau bermaskot PW Nasional 2010.

6) setiap Peserta akan mendapatkan stand sesuai dengan nomor yang telah ditentukan oleh Panitia . Adapun penomoran stand untuk setiap Kwartir Daerah adalah:

Stand nomor 001 untuk Kwartir Nasional

Stand nomor 002 untuk Kwartir Daerah Aceh

Stand nomor 003 untuk Kwartir Daerah Papua

Stand nomor 004 untuk Kwartir Daerah Bali

Stand nomor 005 untuk Kwartir Daerah Irian Barat

Stand nomor 006 untuk Kwartir Daerah Riau

Stand nomor 007 untuk Kwartir Daerah Jambi

Page 26: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

26 | P a g e

Stand nomor 008 untuk Kwartir Daerah Sumatera Selatan

Stand nomor 009 untuk Kwartir Daerah Bengkulu

Stand nomor 010 untuk Kwartir Daerah Lampung

Stand nomor 011 untuk Kwartir Daerah Bangka Belitung

Stand nomor 012 untuk Kwartir Daerah Kepulauan Riau

Stand nomor 013 untuk Kwartir Daerah Banten

Stand nomor 014 untuk Kwartir Daerah Jawa Barat

Stand nomor 015 untuk Kwartir Daerah DKI Jakarta

Stand nomor 016 untuk Kwartir Daerah Jawa Tengah

Stand nomor 017 untuk Kwartir Daerah DI Jogyakarta

Stand nomor 018 untuk Kwartir Daerah Jawa Timur

Stand nomor 019 untuk Kwartir Daerah Kalimantan timur

Stand nomor 020 untuk Kwartir Daerah Kalimantan barat

Stand nomor 021 untuk Kwartir Daerah Sumatera Utara

Stand nomor 022 untuk Kwartir Daerah Sumatera Barat

Stand nomor 023 untuk Kwartir Daerah Sulawesi Selatan

Stand nomor 024 untuk Kwartir Daerah Sulawesi Tenggara

Stand nomor 025 untuk Kwartir Daerah Maluku

Stand nomor 026 untuk Kwartir Daerah NTT

Stand nomor 027 untuk Kwartir Daerah Gorontalo

Stand nomor 028 untuk Kwartir Daerah Kalimantan Tengah

Stand nomor 029 untuk Kwartir Daerah Kalimantan Selatan

Stand nomor 030 untuk Kwartir Daerah NTB

Stand nomor 031 untuk Kwartir Daerah Sulawesi Tengah

Stand nomor 032 untuk Kwartir Daerah Sulawesi Utara

Stand nomor 033 untuk Kwartir Daerah Sulawesi Barat

Stand nomor 034 untuk Kwartir Daerah Maluku Utara

Stand nomor 035 untuk Saka Taruna Bumi

Stand nomor 036 untuk Saka Bahari

Stand nomor 037 untuk Saka Bakti Husada

Stand nomor 038 untuk Saka Bhayangkara

Stand nomor 039 untuk Saka Wanabakti

Stand nomor 040 untuk Saka Dirgantara

Stand nomor 041 untuk Saka Kencana

Stand nomor 042 untuk Saka Wirakartika 7) Non fee

2. Aceh Expo 2010

a. Peserta 1) Aceh expo akan diikuti oleh UKM-UKM, Dinas-dinas, Badan Usaha dan pihak-pihak

sponsorship 2) Setiap stand terdiri dari 2 orang Petugas

b. Waktu : tanggal 22 s.d 29 november 2010 c. Tempat

1) Zona A perkemahan seulawah scout camp 2) Fasilitas tempat berukuran 3x3m untuk setiap stand, 2 buah meja untuk pajangan, 2

buah kursi untuk Peserta pameran dan colokan listrik tanpa kabel extender

Page 27: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

27 | P a g e

d. Gambaran Umum 1) Aceh expo disediakan oleh Panitia untuk arena promosi daerah Aceh baik berupa

kerajinan, komoditi unggulan, Agribusiness, kegiatan kelembagaan pemerintah Aceh dan hasil-hasil sumber daya alam.

2) Setiap Peserta Aceh expo harus mendaftar ulang dan mengisi biodata keikutsertaan yang disediakan oleh Panitia.

3) Bagi pesarta Aceh expo tidak diperkenankan untuk menjual barang-barang yang berhuhubungan dengan cinderamata/assesoris yang berlogo atau bermaskot PW nasional 2010.

4) Untuk setiap assesoris /cenderamata berlogo dan bermaskot resmi akan disediakan tempat penjualan khusus oleh Panitia, atau akan diberikan izin untuk penggunaannya.

5) Non fee.

3. PASAR RAKYAT a. Peserta

1) Pasar rakyat akan diisi oleh badan usaha, pihak-pihak swasta dan perorangan yang berminat.

2) Setiap stand diisi oleh maksimal 2 orang petugas. b. Waktu : tanggal 22 s.d 29 november 2010 c. Tempat

1) Zona A perkemahan Seulawah Scout Camp. 2) Fasilitas tempat berukuran 3x3m untuk setiap stand dan terminal tembaga listrik tanpa

kabel extender. d. Gambaran Umum

1) Pasar rakyat akan diperuntukkan sebagai tempat sentral jual beli di arena bumi perkemahan.

2) Setiap Peserta Pasar Rakyat harus mendaftar ulang dan mengisi biodata keikutsertaan yang disediakan oleh Panitia.

3) Adapun jenis barang yang diperjual belikan di pasar rakyat adalah barang kebutuhan sehari-hari, aneka jajanan makanan dan minuman dan juga barang-barang selain makanan dan minuman.

4) Setiap Peserta Pasar Rakyat akan mendaftar dan mengisi biodata keikutsertaan yang disediakan oleh Panitia.

5) Bagi badan usaha dari luar Aceh yang ingin menjual cinderamata/ assesoris yang berlogo/bermaskot PW Nasional ke-VII Tahun 2010 akan dikenakan Royalty fee sebesar Rp. 1.000.000,-

6) Setiap Peserta pasar rakyat dikenakan fee tempat sebesar Rp. 1.000.000,-

4. PUSTAKA a. Waktu : tanggal 22 s.d 29 november 2010 b. Tempat

1) Zona A perkemahan Seulawah Scout Camp. 2) Fasilitas berupa tempat berukuran 6x5m.

c. Gambaran Umum Panitia akan menyediakan perpustakaan di bumi perkemahan sebagai sarana penambah wawasan dan sarana refreshing Peserta PW Nasional 2010.

Page 28: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

28 | P a g e

BAB IX HUMAS DAN KOMUNIKASI

1. HUMAS

Segala bentuk informasi yang disampaikan kepada beneficeries akan disampaikan dalam : 1. Publikasi

Memberikan publikasi berupa informasi kepada massa tentang pelaksanaan PW Nasional 2010 di Aceh. a. Alat publikasi Segala informasi sederhana mengenai tempat, waktu dan pesan pelaksanaan kegiatan

yang akan didapat oleh Peserta dan masyarakat, dalam bentuk sarana publikasi cetak, dimana publikasi informasi ini akan diberikan secara berkala mulai dari pra, saat dan pasca kegiatan dan disebarkan di lokasi-lokasi yang telah di tentukan 1) Spanduk 2) Baliho 3) Leaflet/ Brosur 4) Stiker 5) Poster 6) Umbul-umbul/ Bendera

b. Publikasi media

Memberikan publikasi berupa informasi kepada massa tentang pelaksanaan PW Nasional 2010 di Indonesia secara umum dan di Aceh secara khusus. 1) Televisi (Acara pembukaan akan disiarkan langsung secara nasional oleh TVRI) 2) Radio 3) Website 4) Media cetak

c. Jurnal “Sidom PW”

Merupakan buletin harian yang di keluarkan dinas infokom Panitia PW Nasional 2010 untuk memberikan informasi yang cukup mengenai pelaksanaan kegiatan PW, buletin ini bisa didapat dari jam 08.00 – 15.00 di posko information center maupun di Gampong – Gampong

2. Kampanye Memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya Water Sanitation dan Untuk meningkatkan citra serta issue PW yang merupakan issue Pramuka menjadi issue masyarakat maka dikemas publikasi ini dalam bentuk kampanye yang diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk lebih mengenal akan kegiatan PW Nasional 2010 dalam bentuk: a. Sharing hearing

Menyampaikan informasi serta mengajak para pengambil kebijakan untuk ikut serta mendukung kampanye pilot project PW Nasional ke-VII Tahun 2010, yaitu Water dan Sanitation dalam lingkungan birokrasinya.

b. Jumpa pers Menjelaskan kepada para jurnalis dan pekerja media tentang kegiatan PW Nasional 2010di Aceh.

c. Road show Road Show merupakan kegiatan kampanye melalui dengan mekanisme tatap muka dengan para audiens. Maka, road show akan dilakukan di pusat kabupaten/kota se-Aceh.

Page 29: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

29 | P a g e

d. Aksi simpatik Aksi simpati ini merupakan kegiatan untuk mengkampanyekan kegiatan PW Nasional 2010 ke masyarakat dengan cara turun langsung ke jalan-jalan untuk membagikan leaflet dan brosur kepada para pengguna jalan.

3. Seuramoe PW a. Buletin

Buletin untuk meningkatkan publikasi tentang pw dan gerakan Pramuka. Bulletin dikeluarkan perbulan pra kegiatan untuk menunjang kampanye PW Nasional 2010 di cabang – cabang.

b. Pusat informasi Sebagai pusat informasi seramoe PW Nasional 2010 akan dibekali dengan sarana internet untuk mengelola website PW Nasional 2010 dan tersedianya nomor kontak (hot line) yang dapat di hubungi selama 24 jam.

c. Pengelolaan website resmi kegiatan di alamat: www.pwnasional2010.org d. Papan pantau progres

Mempublikasi setiap progres yang telah di capai oleh Panitia PW Nasional 2010.

B. KOMUNIKASI Untuk kelancaran penyampaian informasi maka dibutuhkan sebuah jaringan sistem komunikasi yang baik maka oleh karena itu dibagi perencanaan dalam : 1. Komunikasi internal

Untuk menunjang komunikasi di tubuh Panitia dalam pelaksanaan kegiatan PW Nasional 2010 ini, komunikasi internal akan dibangun meliputi:

a. Rapat – rapat Koordinasi 1) Panitia dengan Peserta 2) Panitia dengan Official Kontingen 3) Panitia dengan tim kesehatan dan keamanan 4) Panitia dengan Panitia 5) Panitia dengan DKD se-indonesia dan DKC se-Aceh

b. Dukungan komunikasi 1) Pengeras suara 2) Handy talky + Repiter +Mobile Station 3) Cell phone + voucher 4) Jaringan internet

c. Forum – forum pertemuan 2. Komunikasi eksternal

Untuk memastikan tidak adanya kesimpangsiuran informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat atau media yang konsen terhadap kegiatan PW Nasional 2010 maka diperlukannya Komunikasi external yang dibangun berupa: a. Information center b. Pers perkemahan c. Hot spot area d. Media Center e. Stasiun Radio Si dom

Page 30: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

30 | P a g e

BAB X PENGAWASAN, PENELITIAN DAN EVALUASI

A. UMUM

Untuk kelancaran tugas dan kegiatan yang dilaksanakan, maka Panitia pelaksana membentuk tim pengawasan, penelitian dan evaluasi yang disingkat dengan WASLITEV yang termasuk dalam Panitia penyelenggara dijadikan sebagai salah satu lembaga yang bersifat independen dan bertanggung jawab kepada ketua umum Panitia penyelenggara PW Nasional 2010. Keanggotaan tim Waslitev terdiri atas para andalan Nasional, andalan Daerah, anggota DKN, Anggota DKD dan Pramuka Pandega yang ditunjuk untuk menjadi Tim Waslitev. Tim Waslitev PW Nasional 2010 bertugas melakukan pengawasan penelitian dan evaluasi mengenai hal-hal: 1. Kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan PW Nasional 2010. 2. Kekurangan, hambatan, kesulitan dan tantangan dalam pelaksaannya, untuk kepentingan

pengembangan dan perbaikan pada kegiatan kegiatan mendatang. 3. Disiplin dan aktivitas, baik Peserta maupun Panitia pelaksana.

B. LAIN-LAIN

Ketentuan lain-lain mengenai Tim Pengawasan Penelitian dan Evaluasi ditetapkan kemudian dalam Juknis Waslitev.

Page 31: Sk_juknis Pw Nas 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL 2010

Seulawah Scout Camp, 22-29 November 2010

31 | P a g e

BAB XI PENUTUP

Demikianlah Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) PW Nasional 2010 ini dibuat sebagai pedoman umum dalam menentukan kebijakan-kebijakan selanjutnya. Semoga dapat bermanfaat dan memenuhi sasaran yang diharapkan. Keberhasilan kegiatan tersebut adalah tanggung jawab kita bersama yang menginginkan kemajuan generasi muda, khususnya anggota Gerakan Pramuka. Amin Ya Rabbal ‘Alamin.

Jakarta , Juli 2010 Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Ketua,

Prof. DR. dr. H. Azrul Azwar, MPH