sitem ekonmi

download sitem ekonmi

of 21

  • date post

    01-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    140
  • download

    3

Embed Size (px)

Transcript of sitem ekonmi

I. Latar Belakang

Sistem ekonomi dapat diartikan suatu sistem yang terdiri dari kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia atau serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada dua bentuk utama perekonomian terencana, yaitu komunisme dan sosialisme. Sebagai wujud pemikiran Karl Marx, komunisme adalah sistem yang mengharuskan pemerintah memiliki dan menggunakan seluruh faktor produksi. Namun, lanjutnya, kepemilikan pemerintah atas faktor-faktor produksi tersebut hanyalah sementara; Ketika perekonomian masyarakat dianggap telah matang, pemerintah harus memberikan hak atas faktor-faktor produksi itu kepada para buruh. Dalam perekonomian secara global sampai sekarang tidak terlepas dari adanya krisis semenjak krisis keuangan global tahun 2008 silam. Meskipun fase krisis ekonomi global sudah mulai terlewati, tetapi pasti tantangan di masa yang akan datang belum diketahui, hanya saja para ekonom selalu memprediksi lebih dulu apa yan terjadi nanti. Hal ini dikarenakan untuk mempersiapkan kebijakan yang harus dikeluarkan agar dapat merencanakan sesuatu yang lebih baik untuk negara tercinta ini. Di sebuah negara, pasti memiliki tingkatan penjagaan nilai tukar uang. Sebuah negara harus memiliki kepercayaan yang cukup tinggi untuk dapat menjaga nilai tukarnya. Kalau kepercayaan mereka baik, akan membaiklah kondisi keuangan di negara tersebut. Kalau kepercayaan mereka hilang, jatuhlah kondisi keuangan di negara itu. Kalau kepercayaan para pemegang uang makin hilang, akhirnya kondisi keuangan dunia akan berantakan. Sementara itu, kepercayaan para pemilik uang telah membuat masalah lain di beberapa negara-negara di Asia Pasifik. Di negara-negara Asia Pasifik sebenarnya memiliki kekayaan yang melimpah, salah stunya ialah Sumber Daya Alam, SDA tersebut sebenaranya dapat menjadi investasi yang menunjang ekonomi di sebuah negara untuk menghadapi perekonomian global. Tetapi, ada beberapa negara yang belum mengoptimalkan kekayaan-kekayaan yang dimiliki. Untuk itu, paper ini akan membahas salah satu negara di Asia Pasifik. Negara ini memiliki kekayaan, etapi pemerintah belum bisa mengoptimalkan apa yang ada. Negara tersebut adalah Republik Lebanon.

Republik Lebanon adalah sebuah negara di Timur Tengah, sepanjang Laut Tengah, dan berbatasan dengan Suriah di utara dan timur, dan Israel di selatan. Bendera Lebanon menampilkan sebuah pohon aras berwarna hijau dengan latar belakang putih, diapit oleh dua garis merah horisontal di atas dan bawahnya. Karena keanekaragamannya yang sektarian, Lebanon menganut sebuah sistem politik khusus, yang dikenal sebagai konfesionalisme, yang dimaksudkan untuk membagi-bagi kekuasaan semerata mungkin di antara aliran-aliran agama yang berbeda-beda Sebelum Perang Saudara Lebanon (1975-1990), negara ini menikmati ketenangan dan kemakmuran yang relatif, didorong oleh sektor pariwisata, pertanian, dan perbankan dalam ekonominya. Lebanon dianggap sebagai ibukota perbankan di dunia Arab dan umumnya dianggap sebagai Swiss di Timur Tengah Karena kekuatan finansialnya, Lebanon juga menarik banyak sekali wisatawan, hingga ibukotanya, Beirut, dirujuk oleh banyak orang sebagai Parisnya Timur Tengah.

II. PEMBAHASAN 2.1 Kondisi Umum Di lingkungan rumpun bangsa Arab yang menghuni wilayah Timur Tengah, Republik Lebanon atau resminya disebut Al-Jumhurriyah Al Lubnaniyah,nyaris luput dari perhatian. a. Lebanon pada umumnya Lebanon / Lubnan (Arab) dapat dikatakan negara multi culture di kawasan Timur Tengah. Hampir sebagian besar peduduknya merupakan perpaduan keturunan Arab dan Eropa (khususnya Perancis). Bentuk pemerintahan adalah Republic of Lebanon (Inggris), Al Jumhuriyh Al Lubnaniyah (Arab), Republique Libanaise (Perancis), Republik Lebanon (Indonesia). Ibukotanya adalah Beirut. b. Letak Geografis dan Iklim Tahunan Secara umum berbentuk pegunungan terletak di wilayah Timur Dekat (Near East), di tepi Timur Laut Mediterania / Laut Tengah. Sebelah Utara dan Timur berbatasan dengan negara Syria, sebelah Barat menghadap ke Laut Tengah (Mediterranean Sea) dan Siprus, dan sebelah Selatan dengan Israel. Luas Wilayah 10.452 km persegi dengan panjang pesisir pantainya sekitar 212 km dan terbagi atas 6 wilayah / propinsi yang sebagian besarnya merupakan daerah perkotaan yaitu : Beirut Mount Lebanon North Lebanon South Lebanon Sidon South Lebanon Nabatieh Bekaa.

Iklim musim panas (bisa mencapai 39 derajat C), musim gugur, musim dingin (hingga minus dan di beberapa daerah pegunungan turun salju) dan musim semi.

c. Apa yang boleh dibawa / perlu diklaim pada saat kedatangan di Negara Libanon Secara umum tidak ada larangan (seperti makanan/bumbu-bumbu/buah-buahan dsb.) d. Fasilitas umum Jaringan Komunikasi : Jaringan komunikasi ada 2 yaitu MTC Touch dan Alfa. Dibandingkan negara2 lain biaya komunikasi sangat mahal baik local terlebih untuk internasional. Bila melalui Fixed Phone (telephone rumah) biaya pulsa per menit 1000 L.L (1 US $ = 1500 L.L), Cellular hampir 1 dollar / menit. Sedangkan bila memakai Pre paid Card 900 L.L / menit (namun untuk jam 22.00-7.00 pagi biayanya 700 L.L / menit. Penggunaan SMS khususnya ke Indonesia masih terbatas pada jaringan2/nomor2 tertentu. Telephone umum mudah ditemui, untuk local phone menggunakan koin 500 L.L, sedangkan untuk International menggunakan kartu khusus dengan biaya pulsa per menit sekitar 1.100 L.L. Biaya yang lebih murah adalah melalui Wartel yaitu sekitar 500 L.L/menit. Taman / Lapangan Olah Raga, meski tidak besar / luas, hampir di semua lokasi perumahan terdapat sarana tersebut. Hanya saja sebagian besar dikenai biaya. Biaya sewa lapangan, seperti Tennis Lapangan 10.000 L.L per jam. Taman Bermain 5.000 L.L /orang /kunjungan. Rumah Sakit, umumnya Rumah Sakit yang ada hampir sebagian besar ber standar Internasional. Rumah Sakit besar yang ada selain milik pemerintah, juga merupakan afiliasi dari negara-negara besar seperti Amerika, Perancis dsb. e. Transportasi Umum : -Bus/minibus (jauh dekat = 750 L.L) -Taxi (sewa borongan/tanpa menaikkan orang lain > 5.000 L.L tergantung jarak) -Taxi-Service (menaikkan penumpang lain di jalan yang satu arah 1.500 L.L) 2.2 Kondisi Sosial Budaya Selama ini, Lebanon telah menjadi persimpangan utama peradaban. Karena itu tidak mengherankan bila negara kecil ini mempunyai budaya yang luar biasa kaya dan

hidup. Campuran kelompok etnis dan agama yang sangat luas di Lebanon ikut menyumbangkan tradisi makanan, musik dan sastra, serta festival. Beirut khususnya merupakan panggung seni yang sangat hidup dengan berbagai pertunjukan, pameran, pameran mode, dan konser yang diadakan sepanjang tahun di berbagai galeri, museum, teater dan tempat-tempat terbuka. Masyarakatnya modern, terdidik, sangat mirip dengan banyak masyarakat Eropa lainnya di Mediterania. Meskipun sangat mirip dengan Eropa, bangsa Lebanon sangat bangga akan warisan mereka dan telah menjadikan negeri itu dan khususnya Beirut pusat kebudayaan dunia Arab. Lebanon adalah negara anggota Organisation Internationale de la Francophonie (negara berbahasa Perancis). Karena itulah kebanyakan orang Lebanon berdwibahasa, mampu berbahasa Arab dan Perancis. Namun demikian, bahasa Inggris kini sangat populer khususnya di antara mahasiswa. Di negara ini agama Kristen bergaul akrab dengan Islam, dan Lebanon juga merupakan pintu masuk Arab ke Eropa serta jembatan Eropa ke dunia Arab. Lebih jelasnya akan diterangkan sbb: a. Kondisi Masyarakat 1. Masyarakat Lebanon pada umumnya secara sosiologis dikategorikan sebagai masyarakat dengan sistem sektarian, terutama berdasar pada keagamaan. Begitu sektariannya, sehingga segala ruang lingkup kehidupan masyarakat Lebanon tak bisa lepas dari sekteisme, baik pada tataran sosial terlebih dalam urusan politik (confessionalism politic). Warga Lebanon berjumlah kurang lebih 4 juta jiwa, ditambah dengan warga asing lainnya, (imigran/pekerja/pengungsi) kurang lebih 1,5 juta jiwa, seperti warga Syria, Palestina, Armenia, Kurdistan, Mesir, Srilanka, Filipina, Sudan dan dan negara negara Eropa Timur, Afrika dan negara Arab lainnya. Dari kurang lebih 3.1 juta jiwa ( sensus 1999 ), terdapat 17 aliran agama dengan berbagai sekte dan alirannya, yaitu : 5 Muslim (Syiah, Sunni, Druze, Ismaili dan Alawi); 11 Kristen (4 Ortodoks-Armenia, Yunani, Syria, Nestoria-Assyiria; 6 Katolik-Armenia, Syria, Kaldea, Yunani, Romawi, Maronit dan 1 Protestan) dan Yahudi. Pembagian berdasarkan etnis hanya terdiri dari masyarakat Arab, Armenia dan Kurdi. Agama dan politik bagi kehidupan masyarakat Lebanon tidak dapat dipisahkan. Perang saudara yang pernah berkecamuk selama 15 tahun di Lebanon sesungguhnya tidak terlepas dari masalah pertentangan antara etnis pemeluk agama.

Di samping pembagian politik dan kekuasaan, di tingkat grassroot pun, masyarakat secara otomatis membagi wilayah / distriknya berdasarkan agama dan sektenya masing-masing, terlebih setelah perang saudara. Namun, kendati secara sosiologis bertipologi sektarian dengan segala akibatnya, masyarakat Lebanon ternyata cukup terbuka dalam pergaulan, hal ini tak lain sebagai imbas dari posisi Lebanon yang secara geografis terletak di wilayah persimpangan kebudayaan Eropa dan Asia / Arab dengan silih bergantinya para pendatang sepanjang sejarah, sehingga menjadikan masyarakat Lebanon cukup terbuka, berpendidikan dan lebih moderat dibandingkan dengan masyarakat Arab sekitarnya. Masyarakat Lebanon menghargai kebebasan individu, tetapi ikatan kekeluargaan masih berperan penting. Masyarakat Lebanon dikenal pula dengan pola hidup modern, terbuka, dinamis dan konsumtif. Banyak masyarakat Lebanon berjuang untuk memperoleh pengaruh dan kekayaan sebagai simbol keberhasilan. Pola pergaulan masyarakat Lebanon lebih terbuka dibanding Negara Timur Tengah lainnya. Laki-laki dan perempuan berbaur secara leluasa serta perbandingan mereka berimbang dalam hal tingkat pendidikan. Masyarakat Lebanon yang pluralistik meru