SISTEMINFORMASIGEOGRAFISPEMETAANLAHANPERTANIANDI...

of 22 /22
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN LAHAN PERTANIAN DI KABUPATEN LUMAJANG BERBASIS WEB Silvia Kusuma Dewi Teknik Informatika, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Tujuan Perancangan system informasi geografis berbasis web ini adalah untuk mengetahuin pemetaan lahan pertanian di Kabupaten Lumajang. System informasi geografis berbasis web ini adalah media yang memiliki untur pemetaan, text, gambar. Media ini tidak lepas dari aspek desain dan teknologi didalam proses pembuatannya. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan pengumpulan data, wawancara, dan observasi serta menganalisa kebutuhan perangkat lunak, menggunakan database phpmyadmin, merancang antar muka menggunakan Notepad++, melakukan pengujian program sebagai tahap akhir dalam pembuatan system informasi geografis berbasis web. Hasil perancangan berupa system informasi geografis pemetaan lahan pertanian bebasis web yang diharapkan mampu menjadi sebuah media yang dapat dipromosikan. Web system informasi geografis yang menyajikan letak kecamatan, kelurahan, pemilik lahan dengan tampilan peta yang dilengkapi fitur. Kata Kunci : Sistem Informasi, Pemetaan Lahan Pertanian, Web Kabupaten Lumajang, Web Sistem Informasi Geografis

Embed Size (px)

Transcript of SISTEMINFORMASIGEOGRAFISPEMETAANLAHANPERTANIANDI...

  • SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN LAHAN PERTANIAN DIKABUPATEN LUMAJANG BERBASIS WEB

    Silvia Kusuma Dewi

    Teknik Informatika, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

    Tujuan Perancangan system informasi geografis berbasis web ini adalah untuk

    mengetahuin pemetaan lahan pertanian di Kabupaten Lumajang. System informasi geografis

    berbasis web ini adalah media yang memiliki untur pemetaan, text, gambar. Media ini tidak

    lepas dari aspek desain dan teknologi didalam proses pembuatannya. Metode penelitian yang

    dilakukan adalah dengan pengumpulan data, wawancara, dan observasi serta menganalisa

    kebutuhan perangkat lunak, menggunakan database phpmyadmin, merancang antar muka

    menggunakan Notepad++, melakukan pengujian program sebagai tahap akhir dalam

    pembuatan system informasi geografis berbasis web. Hasil perancangan berupa system

    informasi geografis pemetaan lahan pertanian bebasis web yang diharapkan mampu menjadi

    sebuah media yang dapat dipromosikan. Web system informasi geografis yang menyajikan

    letak kecamatan, kelurahan, pemilik lahan dengan tampilan peta yang dilengkapi fitur.

    Kata Kunci :

    Sistem Informasi, Pemetaan Lahan Pertanian, Web Kabupaten Lumajang, Web Sistem

    Informasi Geografis

  • I. PENDAHULUANSeiring dengan

    berkembangnya teknologi jamansekarang, dibutuhkan sebuahaplikasi untuk memudahkanmanusia dalam mendapatkaninformasi tertentu. Berbagai teknik,metode, dan pendekatan –pendekatan baru dilakukan untukmenyempurnakan danmengembangkan teknologi dalamupaya untuk mendapatkaninformasi geografis yang tepat,cepat, dan akurat.

    Sistem Informasi Geografis(SIG) ini menjadi salah satu saranauntuk penyampaian informasi.Terutama untuk informasi –informasi yang berhubungandengan data spasial. Di mana telahbanyak SIG saat ini yang telahdikembangkan oleh pemerintah –pemerintah di banyak daerah diIndonesia, misalnya untukpemetaan hasil produksi pertaniandi wilayah Lumajang, yakni berupavisual mapping pemetaan.Mayoritas masyarakat KabupatenLumajang adalah bermatapencaharian sebagai petani. Hal inidikarenakan karena jenis tanah didaerah ini sangat subur dan cocokuntuk pertanian. Sistem InformasiGeografis (SIG) Pemetaan LahanPertanian di Wilayah Lumajang iniberfungsi untuk menampilkan datapenyebaran hasil produksipertanian, data geologi wilayahLumajang, data curah hujan, datatinggi permukaan dari laut.Sehingga dengan adanya SIG inimasyarakat mampu mendapatkaninformasi pemetaan lahan pertaniandi wilayah Lumajang.

    II. TINJAUAN PUSTAKA2.1 Sistem Informasi Geografis

    2.1.1 Pengertian Sistem Informasi

    Geografis

    Istilah geography digunakankarena SIG dibagun berdasarkan padageografi atau spasial. Objek inimengarah pada spesifikasi lkasi dalamsuatu space. Geographic InformationSystem (SIG) merupakan systemcomputer yang berbasis pada systeminformasi yang digunakan untukmemberikan bentuk digital dan analisisterhadap permukaan geografis bumi

    Geografi adalah informasimengenal permukaan bumi dan semuaobjek yang berada diatasnya,sedangkan system informasi geografis(SIG) atau dalam bahasa inggrisdisebut Geographic InformationSystem (GIS) adalah system informasikhusus yang mengelola data yangmemiliki informasi spasial (bereferensikeruangan). Sytem informasi geografisadalah bentuk system informasi yangmenyajikan informasi dalam bentukgrafis dengan menggunakan petasebagai antar muka. SISG tersusun ataskonsep beberapa lapisan (layer) danrelasi (Prahasta,2002).

    2.1.2 Manfaat Sistem InformasiGeografis

    Fungsi SIG adalahmeningkatkan kemampuanmenganalisis informasi spasial secaraterpadu untuk perencanaan danpengambilan keputusan. SIG dapatmemberikan informasi kepadapengambilan keputusan untuk analisisdan penerapan database keruangan(Prahasta, 2002). SIG mampumemberikan kemudahan-kemudahanyang diinginkan. Dengan SIG kitaakan dimudahkan dalam melihatfenomena kebumian dengan perspektifyang lebih baik. SIG mampu

  • mengakomodasi penyimpanan,pemrosesan, dan penayangan dataspasial digital bahkan integrasi datayang beragam, mulai dari citra satelit,foto udara, peta bahkan data statistik.SIG juga mengakomodasi dinamikadata, pemutakhiran data yang akanmenjadi lebih mudah.

    2.1.3 Cara Kerja Sistem InformasiGeografis

    SIG dapat menyajikam realworld (dunia nyata) pada monitorsebagaimana lembaran peta dapatmerepresentasikan dunia nyata ditaskertas. Tetapi, SIG memiliki kekuatanlebih dan fleksibilitas dari padalembaran pada kertas. Peta merupakanrepresentasi grafis dari dunia nyata,obyek-obyek yang dipresentasikandiatas peta disebut unsur peta atau mapfeatures (contohnya adalah sungai,taman, kebun, jalan dan lain-lain).Karena peta mengorganisasikan unsur-unsur berdasarkan lokasi-lokasinya.SIG menyimpan semua informasideskriptif unsur-unsurnya sebagaiatribut-atribut didalam basis data.Kemudian, SIG membentuk danmenyimpanya didalam table-tabel(relasional) dengan demikian, atribut-atribut ini dapat diakses melalui lokasi-lokasi unsur-unsur peta dan sebaliknya,unsur-unsur peta juga dapat diaksesmelalui atribut-atributnya. (PrahastaEddy 2005).

    2.1.4 Kemampuan Sistem InformasiGeografis

    System informasi geografismempunyai kemampuan untukmenghubungkan berbagai data padasuatu titik tertentu di bumi,menggabungkannya, menganalisis danakhirnya memetakan hasilnya(Prahasta Eddy, 2009);

    1. Memasukkan dan mengumpulkandata geografis (spasial dan atribut)

    2. Mengintegrasikan data geografis3. Memeriksa, meng-update (meng-edit) data geografis

    4. Menyimpan atau memanggilkembali data geografis

    5. Mempresentasikan ataumenampilkan data geografis

    6. Mengelola, memanipulasi danmenganalisis data geografis

    7. Menghasilkan output datageografis dalam bentuk petatematik (view dan layout), table,grafik (chart) lapotan, dan lainnyabaik dalam bentuk hardcopymaupun softcopy.

    2.2 Peta

    Peta merupakan gambaran wilayahgeografis, bagian permukaan bumi yangdisajikan dalam berbagai cara yangberbeda, mulai dari peta konveksionalyang tercetak hingga peta digital yangtampil dilayar komputer. Peta dapatdigambarkan dengan berbgai gaya,masing-masing menunjukkan permukaanyang berbeda untuk subyek yang samauntuk menvisualisasikan dunia denganmudah, informatif dan fungsional.

    2.2.1 Fungsi PetaPeta mempunyai beberapa

    fungsi di berbagai bidang, antara lainuntuk:

    menunjukkan posisi ataulokasi relatif (letak suatutempat dalam hubungannyadengan tempat lain) dipermukaan bumi. Denganmembaca peta kita dapatmengetahui lokasi relatifsuatu wilayah yang kitalihat.

    memperlihatkan ataumenggambarkan bentuk-bentuk permukaan bumi

  • (misalnya bentuk benua,atau gunung) sehinggadimensi dapat terlihatdalam peta,

    1. Bentuk-bentuk benuayang ada di dunia dapatkita amati pada peta

    2. Bentuk-bentukpermukaan bumi dapatdi amati dari simbolwarna yang terlihatberbeda-beda

    Menyajikan data tentangpotensi suatu daerah,misalnya :

    1. Peta potensi rawanbanjir

    2. Peta potensi kekeringan3. Peta Potensi Air4. Peta Potensi Ikan5. Peta Pertanian

    Memperlihatkan ukuran,karena melalui peta dapatdiukur luas daerah danjarak-jarak di ataspermukaan bumi. Jaraksebenarnya 2 lokasi dapatdihitung denganmembandingkan skalapetanya.

    2.2.2 Tujuan Pembuatan Peta1. Membantu suatu pekerjaan,

    misalnya untuk konstruksijalan, navigasi, atauperencanaan,

    2. Analisis data spasial,misalnya perhitunganvolume,

    3. Menyimpan Informasi,4. Membantu dalam

    pembuatan suatu desain,missal desain jalan, dan

    5. Komunikasi informasiruang

    2.2.3 Unsur – Unsur PetaPeta merupakan alat bantu

    dalam menyampaikan suatu informasikeruangan. Berdasarkan fungsitersebut maka sebuah peta hendaknyadilengkapi dengan berbagai macamkomponen/unsur kelengkapan yangbertujuan untuk mempermudahpengguna dalammembaca/menggunakan peta.Beberapa komponen kelengkapan petayang secara umum banyak ditemukanpada peta misalnya adalah:

    JudulMencerminkan isi sekaligus tipe peta.

    Penulisan judul biasanya di bagianatas tengah, atas kanan, ataubawah. Walaupun demikian,sedapat mungkin diletakkan dikanan atas.

    LegendaLegenda adalah keterangan dari

    simbol-simbol yang merupakankunci untuk memahami peta.

    Orientasi/tanda arahPada umumnya, arah utara ditunjukkan

    oleh tanda panah ke arah atas peta.Letaknya di tempat yang sesuaijika ada garis lintang dan bujur,koordinat dapat sebagai petunjukarah.

    SkalaSkala adalah perbandingan jarak pada

    peta dengan jarak sesungguhnyadi lapangan. Skala ditulis dibawah judul peta, di luar garis tepi,atau di bawah legenda. Skaladibagi menjadi 3, yaitu:

    1. Skala angka. Misalnya 1 :2.500.000. artinya setiap 1 cm

    https://id.wikipedia.org/wiki/Skala_(statistik)

  • jarak dalam peta sama dengan25 km satuan jarak sebenarnya.

    2. Skala garis. Skala ini dibuat dalambentuk garis horizontal yangmemiliki panjang tertentu dan tiapruas berukuran 1 cm atau lebihuntuk mewakili jarak tertentuyang diinginkan oleh pembuatpeta.

    3. Skala verbal, yakni skala yangditulis dengan kata-kata.

    SimbolSimbol peta adalah tanda atau gambar

    yang mewakili ketampakan yangada di permukaan bumi yangterdapat pada peta ketampakannya,jenis-jenis simbol peta antara lain:

    1. Simbol titik, digunakan untukmenyajikan tempat atau dataposisional

    2. Simbol garis, digunakan untukmenyajikan data yangberhubungan dengan jarak

    3. Simbol area, digunakan untukmewakili suatu area tertentudengan simbol yang mencakuparea tertentu

    4. Simbol aliran, digunakan untukmenyatakan alur atau gerak.

    5. Simbol batang, digunakan untukmenyatakan suatuharga/dibandingkan denganharga/nilai lainnya.

    6. Simbol lingkaran, digunakanuntuk menyatakan kuantitas(jumlah) dalam bentuk persentase.

    7. Simbol bola, digunakan untukmenyatakan volume, makin besarsimbol bola menunjukkan volumesemakin besar dan sebaliknyamakin kecil simbol bola berartivolume semakin kecil.

    2.2.4 Jenis PetaPeta Umum, yakni peta yang

    menggambarkan ketampakan bumi,

    baik fenomena alam atau budaya. Petaumum dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

    1. Peta topografi, yaitu peta yangmenggambarkan permukaanbumi lengkap dengan reliefnya.Penggambaran relief permukaanbumi ke dalam peta digambardalam bentuk garis kontur. Gariskontur adalah garis pada petayang menghubungkan tempat-tempat yang mempunyaiketinggian yang sama.

    2. Peta korografi, yaitu peta yangmenggambarkan seluruh atausebagian permukaan bumi yangbersifat umum, dan biasanyaberskala sedang. Contoh petakorografi adalah atlas.

    3. Peta dunia atau geografi, yaitupeta umum yang berskala sangatkecil dengan cakupan wilayahyang sangat luas.

    Peta khusus (peta tematik),yaitu peta yangmenggambarkan informasidengan tema tertentu/khusus.Misalnya, peta politik,peta geologi, peta penggunaanlahan, peta persebaran objekwisata, peta kepadatanpenduduk, dan sebagainya.

    2.2.5 Peta Berdasarkan Bentuk /Simetrisnya1. Peta datar atau peta dua

    dimensi, atau peta biasa,atau peta planimetri yaitupeta yang berbentuk datardan pembuatannya padabidang datar seperti kain.Peta ini digambarkanmenggunakan perbedaanwarna atau simbol danlainnya.

    2. Peta timbul atau peta tigadimensi atau petastereometri, yaitu peta yang

    https://id.wikipedia.org/wiki/Atlashttps://id.wikipedia.org/wiki/Politikhttps://id.wikipedia.org/wiki/Geologi

  • dibuat hampir sama danbahkan sama dengankeadaan sebenarnya dimuka bumi. Pembuatanpeta timbul denganmenggunakan bayangan 3dimensi sehingga bentuk–bentuk muka bumi tampakseperti aslinya.

    3. Peta digital, merupakanpeta hasil pengolahan datadigital yang tersimpandalam komputer. Peta inidapat disimpan dalamdisket atau CD-ROM.Contoh: citra satelit, fotoudara.

    4. Peta garis, yaitu peta yangmenyajikan data alam danketampakan buatanmanusia dalam bentuk titik,garis, dan luasan.

    5. Peta foto, yaitu peta yangdihasilkan dari mozaik fotoudara yang dilengkapidengan garis kontur, nama,dan legenda.

    2.3 Google Map

    Google Map adalah sebuah jasapeta globe virtual gratis dan onlinedisediakan oleh google dapat ditemukan dihttp://maps.google.com (Wikipedia.org).Ia menawarkan peta yang dapat diseret dangambar satelit untuk seluruh dunia danbaru-baru ini, Bulan dan juga menawarkanperencanaan rute dan pencari letak bisnis,di U.S., Kanada, Jepang, Hong Kong, Cina,UK, Irlandia (hanya pusat kota) danbeberapa bagian Eropa. Google Mapsmasih berada dalam tahap peta.

    Melalui fitur Google Maps, penggunaaninternet dapat browsing informasi grafisberikut :

    1. Satellite MapPengguna dapat menikmati gambarsatelit planet bumi. Pengguna juga

    dapat menikmati foto satelit lebihdetail lengkap dengan carazooming pada bagian peta yangdiinginkan

    2. Hasil Pencarian IntegrasiMencari lokasi, bisnis, peta buatanpengguna dan real estate.

    3. Draggable MapsPeta digital mapping yangdraggable (bias digeser) denganbantuan mouse.

    4. Terrain Maps (Peta Topograpi)Terrain Maps menyediakaninformasi fitur peta fisik atau petatopograpi yang biasa disediakanbuku peta Atlas.

    5. Earth MapEarth Map menyediakan informasipeta bumi dimana akan tampakbumi secara utuh dan bila di-zoomakan terlihat awan yangmenyelimuti bumi beserta pulau dalautan yang tampak nyata dariketinggian.

    6. My LocationDengan fitur ini pengguna dapatmengetahui letak dimana lokasidari pengguna tersebut.

    2.4 Internet

    International Networking (Internet)adalah kumpulan atau jaringan dari suatujaringan computer secara global yangsaling berhubungan satu dengan yanglainnya yang ada diseluruh dunia. Dalamhal ini computer yang dahulunya standalone dapat berhubungan langsung denganhost-host atau computer-komuter yanglainnya. (Hartono, 2001).

    2.5 World Wide WebWorld Wide Web, biasa lebih terkenal

    disingkat sebagai WWW adalah suaturuang informasi yang dipakai olehpengenal global yang disebutPengidentifikasi Sumber Seragam untuk

    https://id.wikipedia.org/wiki/Komputerhttp://maps.google.com

  • mengenal pasti sumber daya berguna.WWW sering dianggap sama denganInternet secara keseluruhan, walaupunsebenarnya ia hanyalah bagian daripadaInternet.

    WWW merupakan kumpulan peladenweb dari seluruh dunia yang mempunyaikegunaan untuk menyediakan data daninformasi untuk dapat digunakan bersama.WWW adalah bagian yang paling menarikdari Internet. Melalui web, para penggunadapat mengakses informasi-informasi yangtidak hanya berupa teks tetapi bisa jugaberupa gambar, suara, video dan animasi.

    Kegunaan ini tergolong masih barudibandingkan surat elektronik, sebenarnyaWWW merupakan kumpulan dokumenyang tersimpan di peladen web, dan yangpeladennya tersebar di lima benuatermasuk Indonesia yang terhubungmenjadi satu melalui jaringan Internet.Dokumen-dokumen informasi ini disimpanatau dibuat dengan format HTML(Hypertext Markup Language).

    Suatu halaman dokumen informasidapat terdiri atas teks yang saling terkaitdengan teks lainnya atau bahkan dengandokumen lain. Keterkaitan halaman lewatteks ini disebut pranala. Dokumeninfomasi ini tidak hanya terdiri dari tekstetapi dapat juga berupa gambar,mengandung suara bahkan klip video.Kaitan antar-dokumen yang seperti itubiasa disebut hipermedia.

    Jadi dapat disimpulkan bahwa WWWadalah sekelompok dokumen multimediayang saling bertautan denganmenggunakan tautan hiperteks. Denganmengeklik pranala (hipertaut), maka parapengguna bisa berpindah dari satudokumen ke dokumen lainnya.

    2.6 MySQLSQL (Structured Query Language)

    merupakan sebuah bahasa relational yangberisi pernyataan yang digunakan untuk

    memasukkan, mengubah, menghapus,memilih dan melindungi data (Prihatna,2005). SQL bukan database aplikasi, tetapilebih berarti dengan suatu bahasa yangdigunakan untuk mengajukan pertanyaanke dalam database berupa pengguna SQL.

    Databse system yang memilikikonsep sama dengan SQL, adalah Postgresdan MySQL, dimana database tersebutbias didapatkan gratis atau dengan hargayang murah. MySQL adalah servermultithreaded, sehingga sangatmemungkinkan daemon untuk menghandlepermintaan layanan secara stimultan.Model koneksi dengan protocol TCP-IPmembuat akses ke server database lebihcepat jika dibandingkan denganmenggunakan mapping drive.

    2.7 DFDDFD (Data Flow Diagram)

    merupakan diagram yang menggunakannotasi-notasi untuk menggambarkan arusdata system secara logika. DFDmenggambarkan komponen-komponensebuah system. Keuntungan menggunakanDFD adalah memudahkan pemakai yangkurang menguasai computer untukmengerti system yang akan dikembangkan.Tahapan penulisan DFD untuk membuatdesain system dilakukan dengan: (Hartono,J., 1999)

    Tabel 2.1 DFD (data FlowDiagram)

    No. Gambar Keterangan

    1. Eksternal Entity(kesatuan luar)atau Boundary(batas system)

    2. Data Flow (arusdata)

    3. Proses

  • 4. Data Store

    2.8 ERDERD adalah model data untuk

    menggambarkan hubungn antara satuentitas dengan entitas lain yangmempunyai relasi (hubungan) denganbatasan-batasan. Hubungan antara entitasakan menyangkut dua komponen yangmenyatakan jalinan ikatan yang terjadi,yaitu derajat hubungan dan partisipasihubungan. Adapun beberapa symboldalam ERD dapat dilihat pada table 2.2

    Tabel 2.2 Notasi dalam ERDNo. Gambar Keterangan

    1. Entitas ataubentuk persegipanjangmerupakansesuatu obyekdata yang ada didalam system,nyata maupunabstrak dimanadata tersimpanatau dimanaterdapat data

    2. Relationshipmerupakanhubungan ilmiahyang terjadi atarentitas.Umumnya diberinama dengankata kerja dasar.

    3. Atribut ataubentuk elipsadalah sesuatuyangmenjelaskan apasebenernya yangdimaksud entitasatau relationshipdan mewakiliatribut dari

    masing-masingentitas.

    4. Garismerupakanpenghubungantar entitas

    2.9 Web BrowserWeb Browser adalah suatu

    perangkat lunak yang digunakan untukmenampilkan halaman-halaman websiteyang berada di internet. Adapun beberapaistilah yang sering muncul pada saat kitamenggunakan web browser adalah sebagaiberikut:http://atikindah.tripod.com/web_browser.html

    Website Halaman-halaman websaling terhubung dalamsuatu website.

    Homepage Halaman awal ketikasuatu situsdimunculkan, biasanyasebagai penghubung kewebsite-website yanglain

    URL Alamat unik padasuatu halaman web,yang digunakan webserver untkmengirimkan halamanweb tersebut kecomputer yangmengaksesnya

    WWW Kumpulan daridocument-dokumentelektronik yangkemudian disebut web,tiap dokumen tersebutdinamakan web page

    Portal Web yangmenyediakan berbagaijenis layanan missalpencarian olahraga,

    E

    R

    a

    http://atikindah.tripod.com/web_browser.htmlhttp://atikindah.tripod.com/web_browser.html

  • hiburan, dsd

    2.10 Web ServerWeb server adalah software yang

    menjadi tulang belakang dari world wideweb (www). Web serves menunggupermintaan dari client yang menggunakanbrowser seperti Netscape Navigator,Internet Explorer, Mozilla, dan programbrowser lainnya. (Febrian, Jack, 2004).Jika ada permintaan dari browser, makaweb server akan memproses permintaanitu kemudian memberikan hasilprosesnyaberupa data yang diinginkankembali ke browser. Data ini mempunyaiformat yang standar, disebut denganformat SGML (Standar General MarkupLanguage). Data yang berupa format inikemudian akan ditampilkan oleh browsersesuai dengan kemampuan browsertersebut.

    2.11 HTMLHypertext Markup Language

    adalah salah satu format yang digunakanuntuk menulis halaman web, HTML iniberjalan di web browser yang memilikifungsi untuk melakukan pemrogramanaplikasi di atas web. HTML merupakanpengembangan dari standar pemformatandocumen teks, yaitu standar GeneralizedMerkup Language. HTML sebenernyaadalah dokumen ASCII atau teks biasa,yang dirancang untuk tidak tergantungpada suatu system operasi tertentu (Kadir,2002).

    2.12 HTTPHTTP adalah protocol yang

    menentukan aturan yang perlu diikuti olehweb browser dalam meminta ataumengambil suatu dokumen dan oleh webserver dalam menyediakan dokumen yangdiminta oleh web browser. Protokol ini didesain untuk mentransfer berkas yangberisi hypertext seperti berkas yang berisiHTML yang digunakan di World Wide

    Web. Server dari WWW biasannyadikenal dengan HTTPD (Febrian, 2004)

    2.13 XAMPPXAMPP adalah perangkat lunak

    bebas, yang mendukung banyak systemoperasi, merupakan komplikasi daribeberapa program. Fungsinya adalahsebagai server yang berdiri sendiri(localhost), yang terdisi atas programApache HTTP Server, MySQL database,dan penerjemah bahasa yang dituis denganbahasa pemrograman PHP dan Perl. NamaXAMP merupakan singkatan darn X(empat system operasi apapun), Apache,MySQL, PHP, dan Perl. Program inintersedia dalam GNU General PublicLicense dan bebas, merupakan web serveryang mudah digunakan yang dapatmelayani tampilan halaman web yangdinamis. Untuk mendapatkannya dapatmendownload langsung dari web resminya.

    XAMPP adalah singkatan yang setiaphuruf adalah :

    X : Program ini dapat dijalankan dibanyak sistem operasi, sepertiWindows, Linux, Mac OS, danSolaris.

    A : Apache, server aplikasi Web. Apachetugas utama adalah untukmenghasilkan halaman web yangbenar kepada pengguna terhadap kodePHP yang sudah dituliskan olehpembuat halaman web. jika perlukode PHP juga berdasarkan yangtertulis, dapat database diakses dulu(misalnya MySQL) untuk mendukunghalaman web yang dihasilkan.

    M : MySQL, server aplikasi database.Pertumbuhannya disebut SQLsingkatan dari Structured QueryLanguage. SQL merupakan bahasaterstruktur yang difungsikan untukmengolah database. MySQL dapatdigunakan untuk membuat danmengelola database dan isinya. Bisa

  • juga memanfaatkan MySQL gunauntuk menambahkan, mengubah, danmenghapus data dalam database.

    P : PHP, bahasa pemrograman web.Bahasa pemrograman PHP adalahbahasa pemrograman untuk membuatweb yang server-side scripting. PHPdigunakan untuk membuat halamanweb dinamis. Sistem manajemendatabase yang sering digunakandengan PHP adalah MySQL. namunPHP juga mendukung Pengelolaansistem database Oracle, MicrosoftAccess, Interbase, d-base,PostgreSQL, dan sebagainya.

    P : Perl, bahasa pemrograman untuksemua tujuan, pertama kalidikembangkan oleh Larry Wall, mesinUnix. Perl dirilis pertama kali tanggal18 Desember 1987 yang ditandaidengan keluarnya Perl 1. Pada versi-versi selanjutnya, Perl juga tersediauntuk berbagai sistem operasi Unix(SunOS, Linux, BSD, HP-UX), jugatersedia untuk sistem operasi sepertiDOS, Windows, PowerPC, BeOS,VMS, EBCDIC, dan PocketPC.

    2.14 PHP2.14.1 Pengertian PHP

    PHP (Perl HypertextPrepocessor) adalah merupakanbahasaa berbentuk skrip yangditempatkan dalam server dan diproses di server (Prihatna, 2005).Selain itu juga PHP merupakan salahsatu dari sekian banyak bahasapemrograman HTML (HypertextMarkup Language). Dibuat olehRasmus Lerdorf diawali denganmembuatnya sebagai personal projectdan disempurnakan oleh group six ofdevelopers dan lahir kembali dengannama PHP.

    2.14.2 Fungsi PHP

    Untuk membuat halaman web,sebenarnya PHP bukanlah bahasapemrograman yang wajib digunakan.Kita bisa saja membuat website hanyamenggunakan HTML saja. Web yangdihasilkan dengan HTML (dan CSS)ini dikenal dengan website statis,dimana konten dan halaman webbersifat tetap.

    Sebagai perbandingan, websitedinamis yang bisa dibuatmenggunakan PHP adalah situs webyang bisa menyesuaikan tampilankonten tergantung situasi. Websitedinamis juga bisa menyimpan data kedalam database, membuat halamanyang berubah-ubah sesuai inputdari user, memproses form, dll.

    Untuk pembuatan web,kode PHP biasanya di sisipkankedalam dokumen HTML. Karena fiturinilah PHP disebut jugasebagai Scripting Language ataubahasa pemrograman script.

    Sebagai contoh penggunaanPHP, misalkan kita ingin membuat listdari nomor 1 sampai nomor 10.Dengan menggunakan HTML murni,kita bisa membuatnya secara manualseperti kode berikut ini:

    Contoh list denganHTML

    Daftar Absensi Mahasiswa

    Nama Mahasiswa ke-1

    Nama Mahasiswa ke-2

  • Nama Mahasiswa ke-3

    Nama Mahasiswa ke-4

    Nama Mahasiswa ke-5

    Nama Mahasiswa ke-6

    Nama Mahasiswa ke-7

    Nama Mahasiswa ke-8

    Nama Mahasiswa ke-9

    Nama Mahasiswa ke-10

    Halaman HTML tersebut dapatdibuat dengan mudah dengan cara men-copy-paste tag sebanyak 10 kali danmengubah sedikit angka-angka no urut dibelakangnya. Namun jika yang kitainginkan adalah menambahkan listtersebut menjadi 100 atau 1000 list,cara copy-pastetersebut menjadi tidakefektif.

    Jika menggunakan PHP, kita tinggalmembuat perulangan for sebanyak 1000kali dengan perintah yang lebih singkatseperti berikut ini:

    Contoh list denganPHP

    Daftar AbsensiMahasiswa

  • Java Scripts adalah namaimplementasi Netscape CommunocationsCorporation untuk ECMAScript standar,suatu bahasa skrip yang didasarkan padakonsep pemrograman berbasis prototype(www.wikipedia.org). Bahasa ini terkenalkarena penggunaannya di situs web padasisi client dan juga digunakan untukmenyediakan akses skrip untuk objek yangdi benamkan (embedded) di aplikasi lain.Walaupun memiliki nama serupa, namunJavaScript hanya sedikit sekaliberhubungan dengan bahasa pemrogramanJava. Secara semantic, JavaScript memilikilebih banyak kesamaan/kemiripan denganbahasa pemrograman Self.

    2.16 NOTEPAD++Notepad++ adalah sebuah aplikasi

    penyunting teks dan penyunting kodesumber yang berjalan di system operasiwindows. Notepad++ menggunakankomonen Scintilla untuk dapatmenampilkan dan menyuntingan teks danberkas kode sumber berbagai bahasapemrograman. Notepad++ mendukungbanyak bahasa pemrograman. Dukungandalam hal ini adalah dimengerti danditerjemahkan menjadi teks olehNotepad++. Misalnya pada C++, fungsi-fungsinya akan dimasukkan kedalamdaftar fungsi dan kata-katanya akanberubah warna sesuai dengn makna katatersebut di C++. Beberapa bahasapemrograman yang didukung olehNotepad++ sejak versi 5.93 adalah:ActionScript, Ada, ASP, Assembler, autolt,Batch, C, C++, C#, Caml, Cmake,COBOL, CSS, D, Diff, Flash ActionScript,Fortran, Gui4CLI, Haskell, HTML, BerkasINI, InnoSetup, Java, JavaScript, JSP,KiXtart, LISP, Lua, Makefile, Matlab,MS-DOS, NSIS, Objectie-C, Pascal, Perl,PHP, Postscript, PowerShell, Propertiesfile, Python, R. Resource file, Ruby, Shell,Scheme, Smalltalk, SQL, TCL, TeX,Visual Basic, VHDL, Verilog, YAML,Notepad++ didistribusikan sebagaiperangkat lunak bebas. Proyek ini telahdua kali memenangkan penghargaan

    SourceForge Community Choice Awardfor Best Developer Tool.

    III. METODE PENELITIAN3.1 Analisis Sistem

    Dari hasil penelitian yangdilakukan di Dinas Pertanian KabupatenLumajang dan hasil observasi diperolehdata-data yang dibutuhkan untuk membuatSIG. Data yang diperoleh berupa data yangakurat dan update.

    3.2 Analisis Kebutuhan

    Analisan kebutuhan digunakanuntuk mengidentifikasi terhadapkebutuhan system baru. Kebutuhan systemmeliputi analisa kebutuhan masyarakat,kebutuhan Dinas Pertanian, dan analisiskebutuhan Sistem Informasi GeografisPemetaan Lahan Pertanian Di KabupatenLumajang. Sistem akan menampilkaninformasi kepada masyarakat denganmemproses data yang telah tersimpandalam basisdata.

    3.2.1 Kebutuhan PengunjungKebutuhan pengunjung

    meliputi apa saja yang dibutuhkanoleh pengunjung pada systeminformasi geografis lahan pertanianberbasis web ini berupa :1.Tampilan tentang peta LahanPertanian Di KabupatenLumajang

    2.Tampilan luas lahan, namapemilik dan fasilitas pendukung

    3.2.2 Kebutuhan Dinas PertanianKebutuhan admin pada

    system ini meliputi apa yangdibutuhkan oleh Dinas Pertanianmeliputi : Mengelola data DinasPertanian

    3.3 Spesifikasi Sistem

    http://www.wikipedia.org

  • Spesifikasi kebutuhan dalampembuatan system informasi geografispemetaan lahan pertanian di KabupatenLumajang

    a) Pengunjung bisa membantumendapatkan informasi objekpemetaan lahan pertanian berupa petatopografi, peta kecamatan, namapemilik lahan, luas lahan, jenistumbuhan

    b) Dinas Pertanian dapat mengambil datageografis dari Google Maps,mengambil informasi manual tentanglahan pertanian, dapat mengelola datadinas pertanian

    Tampilan SIG Pertanian menggunakangambaran peta dimana setiap titik lokasipertanian dapat menampilkan informasitersebut. Untuk pengembangan systemlebih lanjut maka di perlukan perangkatlunak sebagai pendukungnya. PemanfaatanSIG untuk informasi pariwisata berbasisweb ini memerlukan peta yang diambildari Google Maps, perangkat lunak untukpembuatan data base MySQL, untukpembuatan tampilan dan editor webmenggunakan Notepad++.

    3.4 Perancangan Sistem

    Tujuan utama dari perancangansystem adalah memberikan gambaranperancangan system yang dibangun ataudikembangkan, serta untuk memahami alurinformasi dan proses dalam system.Berikut telah ditentukan tahapan-tahapanatau langkah-langkah yang akan dilakukandalam perancangan system :

    1. Pembuatan Konteks Diagram2. Pembuatan Diagram Berjenjang3. Pembuatan Data Flow Diagram (DFD)4. Pembuatan Entity RelationshipDiagram (ERD)

    5. Pembuatan Mapping Data6. Pembuatan Struktur Database7. Pembuatan Desain Input / Output

    3.4.1 Perancangan KonteksDiagram

    Diagram Konteks adalahtingkatan tertinggi dalam diagramaliran data dan hanya membuat satuproses, menunjukkan system secarakeseluruhan. Proses tersebut diberinomor 0 (nol). Semua entitas eksternalyang ditunjukan pada diagram konteksberikut aliran data utama menuju dandari system.

    Diagram Konteks dibuatuntuk menggambarkan sumber sertatujuan data yang akan diproses.Perancangan diagram konteks untukaplikasi Sistem Informasi GeografisPemetaan Lahan Pertanian DiKabupaten Lumajang

    3.5 Perancangan Halaman Website3.5.1 Langkah – Langkah

    Perancangan Web

    Untuk membangun sebuahwebsite, diperlukan suatu langkah-langkah persiapan yang secara umumdibagi dalam lima tahap, yakni(Rickyanto, Isac.2001):

    1. Merumuskan tujuan membuatwebsite

    Berdasarkan isi maupuntujuan, suatu website biasanyadapat digolongkan menjadi sepertiberikut ini:a. Website marketing, berfungsi

    sebagai media presentasi danpemasaran.

    b. Website customer service,berfungsi sebagai media untukmelayani konsumen.

    c. Website e-Commerce, berfungsisebagai media transaksi on-line.

    d. Website informasi/berita,berfungsi sebagai mediainformasi berita

    2. Menentukan isi website

  • Faktor yang paling pentingdalam suatu website adalah isi dariwebsite itu sendiri. Hal tersebutberkaitan dengan manfaat yangakan diperoleh pengunjung darisebuah website.

    3. Menentukan target pengunjungMeskipun suatu website

    mempunyai sifat terbuka dalam artisebuah website bebas dikunjungioleh semua orang, namun alangkahbaiknya apabila dalam pembuatanwebsite perlu dilakukan gambarantarget yang akan dituju oleh sebuahwebsite. Alasan ini lebihdidasarkan pada penggunaanhardware dan aplikasi browseryang berbeda dengan setiappengunjung.

    4. Menentukan struktur websiteStruktur website diperlukan

    untuk memberikan kemudahandalam mengelola suatu website.Tentunya struktur tersebut harusdisesuaikan dengan isi dari website.Dengan memiliki struktur yangterorganisasi dengan baik, suatuwebsite akan memberikankemudahan dalam navigasi, editingdan pemeliharaan website tersebut.

    5. Desain websiteFaktor keindahan desain

    tampilan dari suatu websitemerupakan salah satu faktor yangpaling penting dalam menetukankeberhasilan suatu website, selainfaktor kecepatan loading. Suatusitus yang baik memiliki suatukesatuan desain bisa dikatakanmemiliki kesamaan tema dalamhalaman-halaman webnya. Hal inipenting dalam segi estetikamaupun segi navigasi. Kesamaandesain yang biasanyadipertahankan antara lain kesamaanjenis font yang digunakan, warna,tombol navigasi (menu), letak

    menu dan sebagainya. Karena itusangatlah penting bagi seorang webdesigner untuk mengetahui aturan-aturan yang berlaku dalammendesain suatu website. Hal inidiperlukan agar desain dari websiteyang akan dibangun tidak terkesansekedarnya.

    Adapun hal-hal yangpenting untuk diketahui seorangweb designer adalah sebagaiberikut:

    a. Prinsip-prinsip dasar desain

    Untuk membangun suatuwebsite yang baik, seorang webdesigner sebaiknya memperhatikanprinsip-prinsip yang ada, terlepas iamempunyai bakat seni atau tidak.Adapun prinsip-prinsip yang harusdiperhatikan antara lain (komputek,2001):

    1. Unik

    Yang dimaksud denganunik dalam mendesain suatuwebsite adalah kesadaran seorangdesigner untuk tidak meniru ataumenggunakan karya orang lain.

    2. Komposisi

    Untuk memperindahtampilan halaman web, seorangweb designer harus betul-betulmemahami komposisi, baik bentukmaupun warna yang akandigunakan dalam website yangdibuatnya.

    3. Simple

    Banyak dari seorang webdesigner yang memegang prinsip-prinsip “ Keep it Simple”. Hal iniditujukan agar tampilan websiteterlihat rapi, bersih dan informatif.

    4. Semiotik

  • Arti semiotik adalah ilmuyang mempelajari tentang tanda-tanda. Dalam hal ini diharapkanpengunjung dapat dengan denganmudah dan cepat mengerti ketikamelihat tanda dan gambar yang adadalam suatu website.

    5. Ergonomis

    Ergonomis dalammendesain website adalahkepunyaan yang akan didapatkanpengunjung dalam membaca dankecepatan yang akan diperolehpengunjung dalam mencariinformasi. Hal-hal yang perludiperhatiakan oleh seorang webdesigner untuk mencapai prinsipini adalah :

    a) Pemilihan ukuran fonts yangtepat sehingga mudah dibaca.

    b) Menempatkan link sedemikianrupa sehingga mudah dancepat untuk diakses dan yanglebih penting lagi adalah suatuwebsite terlihat lebihinformatif.

    6. Fokus

    Fokus adalah hierarkiprioritas dari pesan yang akandisampaikan. Dengan adanyafokus tersebut, diharapkanpengunjung dapat memahami danmenentukan pesan mana yang lebihdahulu harus dibaca atau dilihat.

    7. Konsistensi

    Konsistensi adalahpemilihan bentuk atau style yangdigunakan pada elemen-elemenperancangan web dan digunakanpada semua halaman websiteWebsite yang konsiten akanmemberikan identitas tersendiridan mampu memperlihatkan visiserta misi dari website tersebut

    3.5.2 Elemen-elemen desain

    Desain grafis khususnya dalamhalaman-halaman web terdiri daribeberapa elemen sebagai berikut(Ariesto Hadi Sutopo,2002):

    1. Teks adalah bagian yang palingutama untuk menampilkaninformasi

    2. Grafik atau Image merupakanelemen yang dapat membantumenjelaskan informasi.Dengan penggunaan grafikmaupun image orang lebihmudah memahami suatu pesan.

    3. Animasi merupakan saranauntuk menampilkan informasidengan baik, disampinganimasi merupakan daya tarikyang mudah diingatpengunjung.

    4. Video dapat merupakan hasilsuatu rekaman dengan kameravideo maupun hasil pengolahandengan komputer.

    5. Suara melengkapi desain web,memberikan efek khusus padasuatu tampilan animasi sertamemberikan kenyaman bagipengunjung yangmendengarkannya

    6. Interaktive link dapatmenggunakan button yangberupa teks, simbol, grafik,maupun image, yang berfungsiuntuk memudahkanpengunjung dalam menyelusurisuatu website.

    3.5.3 Konsep desain

    Pada intinya konsep mendesaintampilan website sangat berkaitandengan desain gra-fis , dan padadasarnya mengikut prinsip desaingrafis secara umum. Oleh karena itualangkah baiknya jika dalammendesain halaman tampilan website

  • juga memperhatikan prinsip desain.Prinsip-prinsip desain tersebut adalah:

    1. KomunikatifPrinsip komunikatif berhubungandengan corporate identity, isi pesanserta audiens.

    2. EstetisFungsi dari estetis ini adalahmemberikan suatu keindahan,sehingga lebih menarik minatpengunjung untuk lebih menggaliinformasi yang ditawarkan darisuatu website.

    3. EkonomisDesain web harus memperhatiakanfaktor ekonomis dalam arti ukuranfile yang digunakan. Hal tersebutberkaitan erat dengan kecepatanakses yang ditawarkan suatuwebsite.

    Untuk mendapatkan desainyang komunikatif, estetis danekonomis hendaknya seorang webdesigner perlu memperhatikanpedoman-pedoman yang ada untukmembuat tata letak suatu tampilan,yaitu dalam mengatur elemen-elemenlayout. Pedoman yang dimaksudadalah:

    1. Kesatuan2. Balance3. Kontras4. Kontinyuitas

    3.5.4 Pembuatan Layout

    Bermacam-macam langkahyang digunakan untuk membuat layoutdari suatu website. Berikut inimerupakan proses yang secara umumbanyak dilakukan dalam pembuatanlayout.

    a. Membuat sketsa desain

    Seorang desainer bisa sajamenuangkan ide dalam pembuatan

    interface dengan terlebih dahulumembuat sketsa di atas kertas.

    b. Membuat layout desain

    Banyak software yang dapatdigunakan membuat layout. Salahsatu diantaranya adalahMacromedia, proses ini dikerjakansetelah pembuatan sketsa desain.

    c. Membagi gambar menjadipotongan-potongan kecil

    Proses ini diperlukan untukmeng-optimize waktu download.

    IV. PENGUJIAN SISTEM4.1 Uji Coba

    Berdasarkan hasil dari analisis dan

    desain system yang telah dikerjakan pada

    bab sebelumnya, maka tahap selanjutnya

    yaitu uji coba dan pembahasannya. Tahap

    uji coba merupakan suatu tahap dimana

    system siap dioperasikan pada keadaan

    yang sebenarnya, dari sini akan diketahui

    apakah system dibuat benar-benar dapat

    menhasilkan tujuan yang diinginkan.

    4.2 Spesifikasi Perangkat Keras

    Perangkat keras yang digunakan

    untuk menjalankan Sistem Informasi

    Geografis Pemetaan Lahan Pertanian

    Lumajang Di Kabupaten Lumajang

    Berbasis Web minimal menggunakan

    spesifikasi sebagai berikut :

    1. Intel Core i3

    2. Memory 2 GB

  • 3. System type 32-bit Operating

    System

    4.3 Spesifikasi Perangkat Lunak

    Untuk mendukung aplikasi ini

    selain dibutuhkan perangkat keras,

    dibutuhkan juga perangkat lunak yang

    digunakan untuk pendukung menjalankan

    aplikasi diantaranya adalah:

    1. Sitem Operasi Microsoft Windows

    8

    2. Xampp Versi 3.2.2

    3. Database phpmyadmin

    4. Google Chrome

    4.4 Uji Coba Antar Muka

    Uji coba Program ini dilakukan

    untuk mengetahui hasil program aplikasi

    yang sudah di buat. Untuk mulai

    menjalankan program terlebih dahulu

    mengaktifkan XAMPP sebagai web server,

    kemudian menjalankan dengan double klik

    Google Chrome, bisa juga opera atau

    Mozilla Firefox dari jendela desktop atau

    start menu.

    4.4.1 Uji Coba Halaman Utama

    (Home)

    Gambar 4.1 Halaman Menu Utama

    (Home)

    4.4.2 Uji Coba Halaman Profil

    Kabupaten Lumajang

    Gambar 4.2 Halaman Profil

    Kabupaten Lumajang

    4.4.3 Uji Coba Halaman Potensi

    Pertanian Kabupaten Lumajang

  • Gambar 4.3 Halaman Potensi

    Pertanian Kabupaten Lumajang

    4.4.4 Uji Coba Halaman Peta

    Lumajang

    Gambar 4.4 Halaman Peta Lumajang

    4.4.5 Uji Coba Halaman Peta

    Lumajang (Kecamatan)

    Gambar 4.5 Halaman Peta Lumajang

    (Kecamatan)

    4.4.6 Uji Coba Halaman Peta

    Lumajang (Keelurahan)

    Gambar 4.6 Halaman Peta Lumajang

    (Kelurahan)

    4.4.7 Uji Coba Halaman Peta

    Lumajang (Pemilik Lahan)

  • Gambar 4.7 Halaman Peta Lumajang

    (Pemilik Lahan)

    4.4.8 Uji Coba Halaman Login

    Admin

    Gambar 4.5 Halaman Login Admin

    4.4.9 Uji Coba Halaman Admin

    Menu Utama

    Gambar 4.9 Halaman Admin Menu

    Utama

    4.4.10Uji Coba Halaman Admin

    Menu Kecamatan

    Gambar 4.10 Halaman Admin Menu

    Kecamatan

    4.4.11Uji Coba Halaman Admin

    Menu Kelurahan

    Gambar 4.11 Halaman Admin Menu

    Kelurahan

  • 4.4.12Uji Coba Halaman Admin

    Menu Lahan

    Gambar 4.12 Halaman Admin Menu

    Lahan

    4.4.13 Uji Coba Halaman Admin

    Detail Lahan

    Gambar 4.13 Halaman Admin Detail

    Lahan

    4.4.14Uji Coba Halaman Admin

    Gagal Login

    Gambar 4.14 Halaman Admin GagalLogin

    V. KESIMPULAN DAN

    SARAN

    Dalam bab terakhir ini akan

    diambil kesimpulan dan sarana dari

    penelitian yang telah dilakukan, dimana

    Sistem Informasi Geografis Pemetaan

    Lahan Pertanian Di Kabupaten Lumajang

    Berbasis Webini telah selesai dibuat, diuji

    coba.

    5.1 Kesimpulan

    Dari penelitian dan uji coba yang

    telah dilakukan, maka dapat diambil

    kesimpulan sebagai berikut:

    1. Rancangan aplikasi pemetaan

    lahan pertanian ini berhasil

    diuji coba pada system operasi

    Windows 8 dengan

    menggunakan server local

    XAMPP dan Database

    phpmyadmin

    2. Aplikasi ini belum berbasis

    online dan dapat diakses bila

    jaringan internet stabil

    5.2 Saran

    1. Diharapkan dapat

    mengembangkan Aplikasi

    Sistem Informasi Geografis

    Pemetaan Lahan Pertanian Di

  • Kabupaten Lumajang Berbasis

    Web tersebut menjadi lebih

    cepat dan efisien

    2. Menambahkan data pertanian

    lebih lengkap dan memperbaiki

    yang masih belum bisa

    ditampilkan pada peta lokasi.

    DAFRTAR PUSTAKA

    1. Abdul Kadir, Pemrograman Web

    mencakup HTML, CSS, Java Script,

    dan PHP

    2. Arief, M. Rudyanto, 2011.

    Pemrogaman Web Dinamis

    menggunakan PHP & MySQL,

    Yogyakarta : Penerbit Andi.

    3. Betha Sidik, Ir, Pemrograman Web

    dengan PHP, INFORMATIKA

    Bandung, 2002

    4. David, Sugianto, Langkah Langkah

    Membangun Website dengan PHP,

    Datokan Lintas Buana, Jakata,

    2003

    5. Narulita, Ida, Arif Rahmat, dan

    Rizka Maria. 2008. “Aplikasi

    Sistem Informasi Geografis untuk

    Menentukan Daerah Prioritas

    Rehabilitasi di Cekungan

    Bandung”. Jurnal Riset Geologi

    dan Pertambangan Jilid.18,

    Nomer.1, Hal 23-35.

    6. Sutarman, 2007. Membangun

    Aplikasi Web dengan PHP &

    MySQL Yogyakarta : Graha Ilmu.

    7. Yousman, Yeyep. 2004. Sistem

    Informasi Geografis dengan

    MapInfo Profesional. Andi

    Yogyakarta. ISBN/ISSN, 979-731-

    417-0