Sinusitis Fixed

download Sinusitis Fixed

of 17

  • date post

    17-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    19
  • download

    6

Embed Size (px)

description

sinusitis

Transcript of Sinusitis Fixed

Slide 1

FITOTERAPIOLEH:KELOMPOK 4EFEKTIFITAS BUAH NANAS (Ananas comosus (L) Merr.) UNTUK PENGOBATAN SINUSITISAnanas comosus (L) Merr.

PendahuluanBanyak tanaman obat yang telah diteliti dan digunakan sebagai antiradang. Salah satu tanaman obat yang sering digunakan masyarakat untuk mengobati penyakit adalah buah nanas. Nanas dapat mengurangi sinus karena mengandung bromelain, enzim yang dapat membantu meringankan gejala sinus. Bromolain mengandung sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi inflamasi (radang) dan bengkak dibagian hidung. Hal ini didasarkan pada artikel yang dipublikasikan dalam Celular and Molecular Life Sciences edisi Agustus 2001.

SINUSITIS ?Sinusitis ?? merupakan peradangan yang terjadi pada mukosa sinus paranasal. Biasanya sinus berisi udara, tetapi ketika sinus tersumbat dan berisi cairan, maka kuman (bakteri, virus, dan jamur) dapat berkembang dan menyebabkan infeksi.

sinus merupakan rongga yang berada dibagian pipi, dekat mata, dan dahi.

Rongga Sinus

Untuk membantu resonansi suaraMembantu keseimbangan kepalaMeredam perubahan tekanan udaraMembantu memproduksi lendir untuk membersihkan rongga hidung

RADANG

Membuat lendir tertahan dirongga sinus. Sehingga penderita akan sulit bernafas melalui hidung. Bagian wajah dan mata terasa bengkak . Sekret hidung kental berwarna hijau kekuningan atau jernih yang ketika menumpuk didalam hidung atau mengalir ke tenggorokan

Terapi FarmakologiLangkah pertama yang penting dalam mengobati sinusitis yaitu mengatasi pemicu potensial atau faktor kontribusinya. Untuk mengurangi hambatan akibat sinusitis, dokter mungkin meresepkan semprotan hidung (beberapa mungkin berisi semprotan steroid), tetes hidung, atau obat dekongestan oral. Jika sinusitis kronis parah, steroid oral mungkin diresepkan untuk mengurangi peradangan, hanya jika obat lain tidak berhasil. Antibiotik akan diresepkan untuk infeksi bakteri yang ditemukan pada sinus (antibiotik tidak efektif melawan infeksi virus).

Terapi pokok meliputi pemberian antibiotika dengan lama terapi 10-14 hari. Untuk gejala yang menetap setelah 10-14 hari maka antibiotika dapat diperpanjang hingga 10-14 hari lagi. Pada kasus yang kompleks diperlukan tindakan operasi.

Buah NanasTanaman nanas berbentuk semak dan hidupnya bersifat tahunan (perennial). Nanas berasal dari Amerika Selatan, tepatnya di Brasil. Tanaman ini telah dibudidayakan penduduk pribumi disana sejak lama. Kemudian pada abad ke-16 orang Spanyol membawa nanas ini ke Filipina dan Semenanjung Malaysia, masuk ke Indonesia pada abad ke-15, (1599).

Deskripsi TanamanTanaman nanas terdiri dari akar, batang, daun, batang, bunga, buah dan tunas-tunas. Akar nanas dapat dibedakan menjadi akar tanah dan akar samping, dengan sistem perakaran yang terbatas Akar-akar melekat pada pangkal batang dan termasuk berakar serabut (monocotyledonae). Kedalaman perakaran pada media tumbuh yang baik tidak lebih dari 50 cm, sedangkan di tanah biasa jarang mencapai kedalaman 30 cm .

Kingdom : Plantae Divisi: Spermatophyta Kelas: Angiospermae Ordo: Farinosae Famili: BromiliaceaeGenus : AnanasSpecies: Ananas comosus (L) Merr.

Sulawesi: tuis mangandow, na'asi, nanasi, tuis, tuis ne walanda, busa, pinang (Ut.Alf.), nanati (Gorontalo), lalato (Buol), nanasi (Toraja), pandang (Makasar, Bugis), ).Jawa: danas, ganas (Sunda), nanas (Jawa); lanas, nanas (Madura)

Klasifikasi TanamanNama Daerah

Kandungan kimiaNanas adalah buah tropis dengan daging buah berwarna kuning memiliki kandungan air 90% dan kaya akan kalium, kalsium, Iodium, sulfur, dan khlor. Selain itu juga kaya asam, biotin, vitamin B12m Vit E serta enzim bromelin. Mengkonsumsi sari buah nanas akan meningkatkan protein dalam tubuh. nanas juga dapat digunakan untuk menguranngi dehidrasi. (Badan POM, 2004).Kandungan dalam buah nanas yang berguna sebagai antiradang adalah enzim bromelin. Hasil penelitian ilmiah menunjukkan kandungan senyawa fenolik pada nanas antara lain Myricetin, Quercitin, Tyramine, dan Ferulic Acid mampu meredam reaksi berantai radikal bebas dalam tubuh (Pratama, 2011).

Penggunaan Tradisional

Penggunaan buah nanas secara tradisional dapat dilakukan dengan menyediakan 2 buah nanas masak, lalu kulitnya dikupas dan cuci sampai bersih, setelah itu dipotong seperlunya kemudian diparut atau dibuat jus. Perasan airnya diminum 3 kali sehari, masing-masing 1/3 bagian ( Permana , 2013).

Efek Farmakologis dan Khasiat KlinisNanas dapat mengurangi sinus karena mengandung bromelain, enzim yang dapat membantu meringankan gejala sinus. Bromolain mengandung sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi inflamasi (radang) dan bengkak dibagian hidung. Hal ini didasarkan pada artikel yang dipublikasikan dalam Celular and Molecular Life Sciences edisi Agustus 2001.

Dosis

Bromelain kompleks enzim proteolitik dari nanas , telah banyak digunakan dalam sinusitis sebagai anti - inflamasi dan mucolytic. Bromelain sediaan oral biasanya 500 -1.000 mg / hari , dengan sampai 2.000 mg / hari yang umum digunakan

Data Ilmiah

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk melihat kemampuan Buah nanas untuk mengatasi sinusitis. Penelitian tersebut ada yang berupa uji praklinis sampai dengan uji klinis fase III. Hasil penelitian berupa data ilmiah yang bisa dijadikan sebagai rujukan dan penguat kebiasaan masyarakat dalam penggunaan buah nanas sebagai anti radang .

Penelitian I : Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan relevansi medis / klinis komponen-komponen bromelaine pada pengatasan sinusitis.Dalam studi ini , dilakukan pada anak-anak di bawah usia 11 tahun dan didiagnosis dengan sinusitis akut yang terdaftar dalam studi kelompok (bromelaine monoterapi) dan kelompok kontrol (terapi standar, terapi standar ditambah bromelaine).

Penelitian II : Penelitian ini dirangkum dalam sebuah artikel berjudul Bromelain: biochemistry, pharmacology and medical use, Bromelain adalah, ekstrak air mentah dari batang dan buah yang belum matang nanas (Ananas comosusMerr.,terutama var. Cayenne dari keluarga Bromeliaceae), merupakan campuran yang luar biasa kompleks yang berbeda tiol-endopeptidases dan komponen belum sepenuhnya ditandai lain seperti fosfatase, glucosidases, peroksidase, selulase, glikoprotein dan karbohidrat, antara lain [1, 2]. Selain itu, bromelain berisi beberapa inhibitor proteinase [3, 4]. Stem-bromelain (EC. 3.4.22.32) dibedakan dari buah-bromelain (EC. 3.4.22.33), sebelumnya disebut bromelin .

Penelitian III : Bromelain , kompleks enzim proteolitik dari nanas , telah banyak digunakan dalam sinusitis sebagai anti - inflamasi dan mucolytic . Sebuah studi klinis Jerman tahun 2005 menemukan anak-anak dengan sinusitis akut menunjukkan gejala pemulihan yang signifikan secara statistik lebih cepat ( p = 0,005 ) dibandingkan dengan pengobatan standar , membenarkan temuan klinis dari tahun 1960-an . Satu 1967 studi melaporkan 85 persen pasien sinusitis menerima bromelain diperoleh resolusi lengkap peradangan pada mukosa hidung ( p < 0,05 ) dibandingkan dengan 40 persen pada plasebo group. Bromelain tampaknya sekresi hidung tipis dan telah terbukti menjadi agen mukolitik efektif pada penyakit saluran pernapasan lainnya. Hal ini selain untuk aktivitas proteolitik bromelain pada tempat-tempat inflamasi , yang diduga untuk mempromosikan penghambatan pro - inflamasi prostaglandin biosintesis dan inisiasi akumulasi prostaglandin E1 (yang menghambat pelepasan polymorphonuclear leukosit enzim lisosomal ) . Bromelain sediaan oral biasanya 500 -1.000 mg / hari , dengan sampai 2.000 mg / hari yang umum digunakan

KesimpulanSinusitis adalah peradangan, atau pembengkakan, dari jaringan yang melapisi sinus. Nanas dapat mengurangi sinus karena mengandung bromelain, enzim yang dapat membantu meringankan gejala sinus. Bromolain mengandung sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi inflamasi (radang) dan bengkak dibagian hidung.

Terima kasihhh...