Siklus oksigen

download Siklus oksigen

If you can't read please download the document

  • date post

    10-Jul-2015
  • Category

    Education

  • view

    2.514
  • download

    7

Embed Size (px)

Transcript of Siklus oksigen

SIKLUS OKSIGEN

SIKLUS OKSIGEN

(Oxygen Cycle)Created By :

Adelina Yulifianti(01)Faza Neilisa(11)Lukluk Ilmaknun (17)Mila Santika(20)10/27/2014Oksigen atau zat asam adalah unsur kimia dalam sistem tabel periodik yang mempunyai lambang O dan nomor atom 8. Ia merupakan unsur golongan kalkogen dan dapat dengan mudah bereaksi dengan hampir semua unsur lainnya (utamanya menjadi oksida)Oksigen merupakan unsur paling melimpah ketiga di alam semesta berdasarkan massa dan unsur paling melimpah di kerak Bumi. Gas oksigen diatomik mengisi 20,9% volume atmosfer bumiOXYGEN

10/27/201410/27/2014Siklus Oksigen penting untuk kesehatan kita dan lingkungan kita. siklus oksigen adalah proses pertukaran oksigen di bumi ini yang berlangsung secara terus menerus tidak ada habisnya. Kita membutuhkan oksigen untuk respirasi. Oksigen pada nafas kita merupakan oxidises gula dalam makanan untuk menghasilkan energi. Selama proses ini karbon dioksida dilepaskan dalam atmosfer. Oksigen diperlukan untuk dekomposisi limbah organik. Air dapat melarutkan oksigen dan inilah oksigen terlarut perairan yang mendukung kehidupan.DID

YOU

KNOW

10/27/2014

Siklus ini menggambarkan pertukaran dari oksigen antara bentuk gas O2 yang terdapat dengan jumlah besar dalam atmosfer, dan oksigen yang terikat secara kimia dalam CO2, H2O dan bahan-bahan organik. Siklus ini berkaitan sangat erat dengan siklus unsur lainnya, terutama dengan siklus karbon. Unsur oksigen menjadi yang terikat secara kimia melalui berbagai proses yang menghasilkan energi, terutama pada perubahan dan proses metabolit dalam organisme. Oksigen dilepaskan dari reaksi fotosintesis.

10/27/2014

Suatu aspek yang sangat penting dari siklus distratosfer yaitu proses pembentukan ozon, O3. Ozon membentuk lapisan tipis di stratosfer yang berfungsi sebagai filter dari radiasi ultaviolet, dengan demikian dapat menjaga kehidupan dibumi dari kerusakan/kehancuran yang disebabkan radiasi ini. Siklus oksigen disempurnakan atau diakhiri ketika unsur oksigen masuk kembali ke atmosfer dalam bentuk gas. Hanya satu cara yang signifikan dimana hal tersebut terjadi yaitu melalui fotosintesis yang dilakukan tumbuhan.

10/27/201410/27/2014Pemeran Penting Dalam Siklus Oksigen

10/27/2014TanamanTanaman menandai awal dari siklus oksigen. Tanaman dapat menggunakan energi sinar matahari untuk mengubah karbon dioksida dan air menjadi karbohidrat dan oksigen dalam proses yang disebut fotosintesis. Tanaman sendiri dapat menghasilkan 10 kali lebih banyak oksigen di siang hari dikarenakan mereka melakukan proses fotosintesis di siang hari menggunakan bantuan sinar matahari. Jika tanaman terus dibabat oleh manusia tentu siklus oksigen akan terganggu.

10/27/2014AirOksigen dalam air dikenal sebagai oksigen terlarut. Di dalam air juga terdapat siklus oksigen. Pada sebuah ekosistem yang sehat, tingkatan transfer oksigen ke dalam air dan penyerapan oksigen oleh organisme di dalam air berbanding lurus (stabil).

10/27/2014OrganismeTerakhir adalah organisme yang ada selain di air. Mereka menggunakan oksigen dalam berbagai bentuk. Peran mereka dalam siklus dimulai dengan karbon dioksida di atmosfer. Tanaman mengambil karbon dioksida dan menggabungkan dengan air untuk membuat gula dan oksigen. Hewan dan manusia menghisap oksigen dan melepaskan karbon dioksida kembali. Lalu siklus oksigen dimulai kembali.10/27/2014Mempertahankan Siklus Oksigen Dengan peningkatan tingkat polusi atmosfer dan penggundulan hutan skala besar, para ahli khawatir mengganggu keseimbangan di atmosfer - mungkin ada saatnya ketika jumlah karbon di oksida ini sangat besar dan hanya ada beberapa tanaman dan pohon untuk rahasia menjadi Oksigen. Krisis ini tidak akan mengetahui batas-batas internasional. Ini adalah keharusan bahwa kita menanam lebih banyak pohon dan mengurangi polusi kendaraan dan industri.

AYO TANAM JANGAN DI TEBANG

SOLUSI TERKINIMASALAH POLUSI10/27/2014

SEMOGA BERMANFAAT