She Plan Segwwl 2013_(Rev 5 Feb 2014)

74
PETUNJUK PENGISIAN 1 Pilih worksheet 'checklist' untuk mulai pembuatan SHE plan outli 2 3 4 5 menggunakan excel 2003 silahkan hubungi perwakilan CSMS untuk me dengan format excel 2003. anda. worksheet " content". Anda tidak dapat kembali ke sheet "checkli perubahan setelah anda melakukan pengisian di worksheet content. mengulangi dari langkah pertama lagi. pernyataan-pernyatan yang dirasa kurang sesuai dan lengkapi info yang di highlight kuning worksheet ini. Outline kontrak anda. 'SHE PLAN Outline' ini akan diikutsertakan bid sebagai persyaratan K3L. melengkapi 'content' dan melengkapi lampiran (mengisi tabel prog prosedur terkait dan form laporan). SHE PLAN harus sudah jadi da sebelum pekerjaan dimulai

description

sebuah contoh pembuatan SHE Plant

Transcript of She Plan Segwwl 2013_(Rev 5 Feb 2014)

Petunjuk pengisianPETUNJUK PENGISIAN1Aktifkan Macro dengan mengikuti instruksi dibawah (excel 2007), jika anda menggunakan excel 2003 silahkan hubungi perwakilan CSMS untuk mendapatkan file dengan format excel 2003.Pilih worksheet 'checklist' untuk mulai pembuatan SHE plan outlines.2Beri tanda 'check' pada setiap item yang akan diaplikasikan pada kontrak jasa anda.Hati-hati! Pastikan anda menyelesaikan worksheet "checklist" sebelum beralih ke worksheet " content". Anda tidak dapat kembali ke sheet "checklist" dan melakukan perubahan setelah anda melakukan pengisian di worksheet content. Anda harus mengulangi dari langkah pertama lagi.3Pilih worksheet 'content'. Baca setiap klausa pada sheet tersebut, modifikasilah pernyataan-pernyatan yang dirasa kurang sesuai dan lengkapi informasi pada cell yang di highlight kuning4Pilih worksheet 'audit', silakan melakukan perubahan sekiranya diperlukan pada worksheet ini.5Setelah selesai, print worksheet "content" dan "daftar lampiran" sebagai SHE PLAN Outline kontrak anda. 'SHE PLAN Outline' ini akan diikutsertakan dalam dokumen bid sebagai persyaratan K3L.Kontraktor pemenang akan membuat SHE PLAN berdasarkan SHE PLAN outline dengan melengkapi 'content' dan melengkapi lampiran (mengisi tabel program, print prosedur terkait dan form laporan). SHE PLAN harus sudah jadi dan disetujui SE sebelum pekerjaan dimulai

checklistCHECKLIST SHE PLAN ..Halaman CoverHalaman Persetujuan & PendahuluanInformasi UmumBudaya PerusahaanKebijakan K3LTarget & Objektif K3LStruktur OrganisasiPersyaratan & Kompetensi Personel K3LPersyaratan kompetensi pekerjaPersyaratan PersonelPeraturan umumKartu identitas SEGWWL (SEGWWL ID BATCH)Kontrol aksesSertifikat fit for dutyUntuk pekerja kurang dari 1 bulanUntuk Pekerja 1 s/d 6 bulanUntuk Pekerja lebih dari 6 bulanUntuk penjamah makananInduksi K3LInduksi mandiriObservasi K3LAlat Pelindung DiriSepatu KeselamatanHelm keselamatanKaca mata keselamatanPelindung pendengaranPelindung tanganPelindung pernafasanPakaian keselamatanPencegahan jatuh dari ketinggianAPD spesialPersyaratan Aktivtas / PekerjaanHIRAWork Permit SystemPermit to WorkLogout TagoutConfined SpaceHot work permitFire ImpairmentWorking at HeightExcavation permitRadioraphy permitBahaya H2SPersyaratan pekerjaan di ketinggianPersyaratan kegiatan pengangkatanInspeksiPersyaratan Transportasi, kendaraan & alat beratPersyaratan KendaraanPersyaratan Alat Berat & alat angkatPeraturan lalulintas SEGWWLPersyaratan Peralatan dan PerlengkapanPersyaratan Peralatan dan PermesinanPersyaratan KelistrikanPersyaratan ScaffoldingPersyaratan silinder GasPersyaratan LingkunganManajemen limbahManajemen B3Komunikasi K3LKunjungan ManajemenPertemuan K3LPertemuan pra-pekerjaanPapan pengumuman K3LLaporan K3LRambu-rambu K3LRambu-rambu lalulintasHadiah dan Promosi Budaya K3LTanggap DaruratProsedur evakuasi & Tanggap DaruratNomer Kontak tanggap daruratPelaporan KecelakaanAudit SHE Plan

ContentCONTRACTOR SAFETY HEALTH ENVIRONMENT MANAGEMENT SYSTEMCONTRACTOR'S SHE REQUIREMENTSSHE PLANPT. GEARINDO PRAKARSA3200000062Provision of Welding Blanket ServicesSTAR ENERGY GEOTHERMAL WAYANG WINDU LIMITEDPENDAHULUANDokumen SHE Outline atau persyaratan K3L ini adalah dokumen yang didalamnya tercantum persyaratan-persyaratan K3L yang harus dipenuhi dan implementasikan selama pengerjaan kontrak.

Dokumen ini dapat digunakan sebagai acuan pembuatan perencanaan pengelolaan K3L atau SHE plan yang akan diimplementasikan selama kontrak berjalan.

.............................................................................dengan periode waktu

yang akan dilaksanakan diSHE plan dalam dokumen ini akan berlaku pada kontrak PROVISION OF WELDING BLANKET SERVICES IN WAYANG WINDU nomer 3200000062 dengan periode waktu 1 Maret 2013 - 28 Pebruari 2015.PENGESAHANDibuat olehDisetujui OlehLukman IndrawanWahyu MulyanaConstruction SuperintendentFacilities ManagerDikonsultasikanDibuat dan DisetujuiWalda HaritantoNindyo SukardjoSEGWWL SuperintendentPT. Gearindo PrakarsaINFORMASI UMUMNama Kontrak:Provision of Welding Blanket ServicesNomer Kontrak:3200000062Deskripsi Kegiatan:Welding Maintenance ServicesArea Kerja:Star Energy Geothermal Wayang Windu LtdWaktu Kerja:1 Maret 2013 - 28 Pebruari 2015Nama Kontraktor:PT. Gearindo PrakarsaManajer Proyek Kontraktor:Dimas Sugeng RachmadiNomor Telepon:0811 1833 106Manajer Lapangan Kontraktor:Irwan PandapotanNomor Telepon:0888 8338 374Penanggung Jawab K3L Kontraktor:Imanuel Alex BaransanoNomor Telepon:0813 3450 4433Pemilik Proyek (Star energy):Lukman IndrawanDepartemen:FacilitiesNomor Telepon:022 - 3000 2300STAR ENERGY'S CORPORATE CULTUREBRIGHT STAR

Balance value for stakeholderRespect peopleInnovative & entrepreneurialGo the extra mileHonesty & integrityTeach your self daily

Safety, Health & environment Team workAwareness of costRelationship are importantKontraktor akan memasukan kebijakan K3L miliknya yang sudah ditanda tangani oleh pejabat tertinggi di perusahaan kontraktorKEBIJAKAN K3LKontraktor berkewajiban untuk menginformasikan dan memastikan bahwa seluruh pekerjanya baik pekerja kontraktor maupun pekerja subkontraktor mengetahui dan mengerti maksud dari kebijakan K3L Star Energy dan nilai-nilai budaya Star Energy (BRIGHT STAR).TARGET & OBJEKTIF K3LObjektifTargetProgramZero Accidents (LTI & MTC)Tidak ada Lost Time Incident (LTI) sampai akhir kontrak- Pengawasan terhadap implementasi K3 di area kerja dan mengkomunikasikan catatan ketidaksesuaian dan hazard yang ada pada saat safety/toolbox meeting.

- Implementasi prosedur kerja dengan benar oleh karyawan.

- Training kompetensi personil sesuai dengan resiko dan jenis pekerjaan.

- Peningkatan awareness karyawan dengan melalui SHE Observation, toolbox, reward achievement.

- Pengendalian bahaya secara visual di lokasi kerja (safety sign).

- Penyediaan dan penggunaan Alat Pelindung Diri.Tidak ada Medical Treatment Cases (MTC) sampai akhir kontrakFirst Aid Case (FAC) maksimal 2 sampai akhir kontrakTidak ada Vehicle Incident yang berarti (kerusakan kendaraan 5% atau lebih) sampai akhir kontrak- Pemeriksaan kondisi kendaraan secara rutin.

- Peningkatan awareness karyawan / driver mengenai safety driving.Zero Occupational Health/IllnessSick leave kurang dari atau max 2% sampai akhir kontrak- Pengawasan terhadap konsistensi penggunaan Alat Pelindung Diri yang baik dan benar.

- Melakukan increasing knowledge (refreshment training) terkait dengan bahaya-bahaya dari fume, kebisingan, dll.

- Rutin Medical Check Up pada karyawan.Zero Pollution to environmentOil & fuel tidak mengotori / mencemari lokasi kerja- Pengawasan dan kontrol untuk menghindari pemakaian oil & fuel yang tidak perlu dan menghindari tumpahan.

- Maintenance rutin equipment untuk menghindari pemborosan penggunaan fuel.

- Penyediaan tempat penampungan bila terjadi tumpahan dan rutin housekeeping.Sampah bekas kawat las tidak ada yang tertinggal di lokasi kerja-Pengawasan dan kontrol agar penggunaan kawat las bisa se-efektif dan se-efisien mungkin.

- Penyediaan tempat penampungan / kontainer khusus dan housekeeping setelah aktivitas pekerjaan selesai.SHE promotionsPenghargaan Rp 2,500,000 kepada karyawan pertahunPemberian hadiah kepada karyawan yang memenuhi kriteria The Best Safety Performance.Permit to Work systemTidak ada pekerjaan tanpa PTWPembuatan PTW sebelum memulai pekerjaan.Kendaraan operasional harus memiliki WW Access Permit- Pemeriksaan kondisi kendaraan secara rutin (usia kendaraan operasional maksimum 5 tahun pembuatan).

- Uji emisi dan uji kelayakan kendaraan dari dealer resmi.Hazard Identification & Risk AssessmentTidak ada pekerjaan khusus yang beresiko tinggi tanpa HIRA- Mengidentifikasi bahaya yang terkait dari langkah pekerjaan, menilai resiko dan memberikan tindakan pencegahan keamanan yang diperlukan.

- Sosialisasi HIRA ke semua karyawan sebelum memulai pekerjaan.SHE ObservationSHE Observation Card minimal 5 dalam satu trip / pekerjaan- Sosialisasi kepada pekerja dalam hal pembuatan/pengisian SHE Observation Card.

- Menindaklanjuti hasil SHE Observation dan mengkomunikasikan ke pekerja.* Detail Objektif, Target & Program K3L dapat dilihat pada Lampiran 1STRUKTUR ORGANISASIStruktur Organisasi PT Gearindo Prakarsa untuk Project PROVISION OF WELDING BLANKET SERVICES IN WAYANG WINDU ada pada Lampiran 2. Peran dan tanggung jawab K3L masing masing jabatan ada pada Lampiran 3.Struktur Organisasi PT Gearindo Prakarsa secara umum ada pada Lampiran 4.PERSYARATAN KOMPETENSI & PERSONNEL K3LPersonnel K3L yang akan bekerja pada kontrak ini paling tidak memiliki kompetensi sebagai berikut :Pendidikan FormalD3 minimumPelatihan dan SertifikasiK3L (Disnaker)Pengalaman Kerja5 TahunPERSYARATAN KOMPETENSI PEKERJAPekerja yang bekerja dalam kontrak ini adalah pekerja yang memiliki kompetensi sesuai bidang pekerjaanya. Berikut adalah daftar pekerjaan dan kompetensi yang harus dimiliki oleh pekerjanya:Jabatan / PekerjaanPersyaratanContractor CoordinatorWelding InspectorWelding EngineerCertified B4T, 5 years experienceDrafterTechnical drawing, 3 years experience in piping and mechanical construction projectWelding SupervisorCertified B4T, 5 years experienceWelder6G Certified by EBTKE, 5 years experienceFitter5 years experience and familiar with code standardHelperLocal, familiar in scaffold erectionHeat Treatment Technician5 Years experience in heat treatment servicesHydrostatic Pneumatic Testing Technician5 Years experience in static equipment hydrostatic testing servicesRiggerCertified in rigging (Disnaker), 5 years experienceScaffold ErectorCertified in scaffol erector (Disnaker), 5 years experiencePERSYARATAN PERSONELPERATURAN UMUM- Merokok hanya dapat dilakukan di area boleh merokok di fasilitas Star Energy Geothermal Wayang Windu Limited (SEGWWL). Bila tempat kerja kontraktor jauh dari fasilitas bebas merokok SEGWWL, kontraktor akan membuat area boleh merokok didekat tempat kerjanya.- Dilarang membawa, mengkonsumsi dan berada dalam pengaruh obat-obat terlarang dan alkohol selama berada di area SEGWWL- Dilarang membawa segala jenis senjata yang tidak berkaitan dengan pekerjaan- Setiap pekerja dilarang untuk bercanda secara berlebihan yang beresiko menimbulkan bahaya- Kontraktor akan menjaga kebersihan dan kerapihan dari area kerjanya didalam area SEGWWLKARTU IDENTITAS SEGWWL (SEGWWL ID BADGE)Detail pelaksanaan dan aturan mengenai SEGWWL ID BADGE sesuai dengan prosedur "SPE.WR.101 SHE Clearances"Semua pekerja harus mengenakan kartu identitas SEGWWL selama mereka bekerja di area SEGWWL. Pekerja yang tidak mengenakan kartu identitas SEGWWL tidak diperbolehkan bekerja di area SEGWWL.Kartu identitas SEGWWL bisa didapatkan dengan menyerahkan identitas diri, bukti lulus induksi K3L dan sertifikat fit for dutyKONTROL AKSESKontraktor akan melakukan kontrol akses terhadap seluruh pekerja yang masuk ke area yang menjadi tanggung jawabnya. Hal ini untuk menjaga keamanan area dari orang-orang yang tidak berkepentingan dan mendata seluruh orang diarea sebagai kesiapan jika terjadi keadaan daruratSERTIFIKAT FIT FOR DUTYDetail pelaksanaan dan aturan mengenai fit for duty sesuai dengan prosedur "OHE.IH.104 Fit for Duty Evaluation"Sertifikat Fit for work adalah surat pernyataan yang dikeluarkan oleh dokter SEGWWL yang menyatakan pekerja bersangkutan dalam kondisi yang fit untuk melakukan pekerjaanya.Setiap pekerja yang bekerja di area SEGWWL harus berada dalam kondisi kesehatan yang fit, pekerja yang berada dalam kondisi kesehatan tidak fit tidak diperbolehkan untuk melakukan pekerjaanyaSertifikat fit for workdidapatkan dengan menyerahkan bukti pemeriksaan kesehatan kepada dokter SEGWWL. Pemeriksaan kesehatan diulang tiap tahun, kecuali penjamah makanan diulang tiap 6 bulan sekali. Bukti pemeriksaan kesehatan yang diperlukan adalah sebagai berikut :- Untuk pekerja dengan durasi kerja kurang dari sebulanPemeriksaan tanda vital (pemeriksaan darah, denyut nadi, respirasi dan suhu tubuh)note: surat pemeriksaan oleh dokter di puskesmas dapat diterima- Untuk pekerja dengan durasi kerja lebih dari 1 bulan dan kurang dari 6 bulanPemeriksaan medical check up (MCU) minimum (standar) : sejarah kesehatan dan anamnesis, pemeriksaan fisik secara umum, chest X-ray, electrocardiography (ECG), urine routine, stool routine, hematology routine (Hb, WBC, RB), dan drug test.- Untuk pekerja dengan durasi kerja lebih dari 6 bulan atau beresiko tinggiPersyaratan pemeriksaan medical check up untuk pekerja dengan durasi kerja lebih dari 6 bulan sesuai dengan prosedur "OHE.IH.104e MCU Standard Form for Non Food Handler"- Untuk pekerja penjamah makanan (food handler)Persyaratan pemeriksaan medical check up untuk pekerja penjamah makanan sesuai dengan prosedur "OHE.IH.104d MCU Standard for Food Handler"INDUKSI K3LDetail pelaksanaan dan aturan mengenai induksi K3L sesuai dengan prosedur "SPE.WR.101 SHE Clearances"Setiap pekerja harus mengikuti dan lulus induksi K3L sebelum mereka mulai bekerja. Pekerja yang belum mengikuti atau belum lulus induksi K3L tidak diperbolehkan bekerja di area SEGWWL.Pada proyek dengan jumlah pekerja sub-kontraktor sangat banyak, induksi untuk pekerja subkontraktor dapat dilakukan oleh staf SHE kontraktor dengan disaksikan representatif dari pihak SEGWWL.OBSERVASI K3LObservasi K3L adalah kegiatan mengobservasi sekitar, baik lingkungan, peralatan maupun rekan kerja terhadap kondisi dan tindakan tidak aman.Detail pelaksanaan dan aturan mengenai observasi K3L dilakukan sesuai aturan SEGWWL, yaitu sesuai prosedur "SPE.PI.102 SHE Observation"Bila kontraktor memiliki prosedur observasi K3L yang memenuhi persyaratan minimum dan dapat diterima oleh Star Energy, prosedur tersebut dapat diterapkan sebagai acuan kegiatan observasi K3LKontraktor akan menyediakan sumber daya yang dibutuhkan seperti form observasi K3L dan pelatihan observasi K3L.Hasil observasi K3L harus di tindak lanjuti, disimpan, dianalisa, dilaporkan (project owner & SEGWWL Lost control dept) serta dikomunikasikan ke para pekerja.ALAT PELINDUNG DIRISetiap pekerja harus mengenakan alat pelindung diri sesuai dengan resiko bahaya yang memapanya. Bekerja tanpa mengenakan alat pelindung diri tidak diperbolehkan.Kontraktor bertanggung jawab menyediakan APD yang diperlukan pekerjanya, termasuk persediaan untuk penggantian jika APD rusak atau hilangKontraktor akan menggunakan Alat Pelindung Diri dengan spesifikasi sesuai standar SEGWWL. Alat pelindung diri dengan spesifikasi berbeda dari spesifikasi standar SEGWWL dapat digunakan bila spesifikasinya melampaui dan telah disetujui oleh pihak SEGWWLAlat pelindung diri yang digunakan pada proyek harus memiliki spesifikasi yang sesuai dengan atau lebih baik dari spesifikasi dibawah ini:Sepatu Keselamatan (ANSI Z41.4)Dilengkapi besi diujung sepatu, Tahan benturan rating class50; tinggi min. 6"; pekerjaan kimia harus tahan bahan tsbdengan tinggi 10"; pekerjaan listrik harus antistatic; utkkonstruksi dilengkapi besi di tengah sol; Sepatu keselamatan harus dikenakan saat bekerja di SEGWWL.Helm Keselamatan (AS/NZS1801) Warna selain putih, bahan non konduktor . Topi keselamatan harus dikenakan saat bekerja di area SEGWWL. Mengecat atau memodifikasi helmet dapat mengurangikekuatan bahkan bisa merusak (DILARANG) Helm harus terpasang dengan baik dan pas. Tali pengikat.Kaca mata Keselamatan(AS/NZS 1337) Anti embun, anti gores, dilengkapi pelindung UV Pelindung mata (kacamata keselamatan) harus dikenakan saatbekerja di area SEGWWL. Pengecualian berlaku untuk daerah tidakrawan kecelakaan, misa dalam bangunan/gedung, kendaraan. Pelindung wajah harus dikenakan untuk kegiatan tertentuseperti menggerinda, mengelas, handling bahan kimia dll.Pelindung Pendengaran(AS/NZS 1270) Earplug NRR 30 dB; ear muff NRR 25 dB Pelindung pendengaran harus digunakan di area dengantingkat kebisingan tinggi (misal: GRS, turbine), atau ketikamenggunakan alat yang menghasilkan kebisingan tinggi.Pelindung tangan(AS/NZS 2161) Melindungi tangan dari bahaya bahan dan area kerja sepertikimia, tegangan listrik, pipa panas, benda tajam dll. Bekerja dengan bahan kimia harus tahan terhadap bahantersebut, untuk pekerjaan listrik harus diatas tegangan listrikbekerja, kerja di pipa panas, harus tahan > 200C, untukbekerja dengan benda tajam memakai pelindung tangandengan spesifikasi cut resistance.Pelindung Pernafasan (NIOSH 42CFR)Pelindung pernapasan harus dipergunakan untuk melindungipernapasan terhadap partikel udara: debu, asap metal, asap.Pakaian keselamatan Semua pekerja harus berpakaian rapi & layak, sesuai dengankebutuhan dan tidak membahayakan keselamatan mereka. Lengan panjang utk kerja dekat pipa panas, tidak menempeldi kulit jika terbakar, ada bahan pantul untuk kerja malamPencegah jatuh dari ketinggian(ANSI A10.14 & ANSI Z359.1) Sabuk pengaman harus dikenakan jika bekerja di ketinggianlebih dari 1.5 m di atas permukaan kerja. Sabuk pengaman harus dikenakan pas ukuran badan (tidakkendur) dan dalam kondisi laik pakai (misal: tidak sobek) Setiap tingkatan tangga yang memiliki empat anak tanggaharus dilengkapi dengan jeruji/pegangan pada sisi terbukanya. Lantai terbuka, tempat berjalan, podium/platform, ataulandasan yang berada di atas atau setingkat dengan peralatanyang berbahaya harus dijaga oleh pagar standar yangdilengkapi dengan toe board. Pekerjaan dekat lokasi penggalian harus dilindungi denganjeruji, pagar atau barikade, bila galian tertutup oleh tanamanatau penghalang visual lainnya.APD Spesial APD khusus mengacu pada: SNI, AS/NZS, ANSI, NFPA dll. Pekerjaan listrik harus sesuai standar NFPA 70E, dengan ratingPPE harus ebih tinggi dari tegangan listrik area kerja.PERSYARATAN AKTIVITAS / PEKERJAANHIRA (Hazard Identification & Risk Analysis)HIRA atau identifikasi bahaya dan analisa resiko, harus dilakukan pada setiap pekerjaan yang dilakukan di area SEGWWL. HIRA harus diserahkan sebagai salah satu syarat pembuatan permit to work.Form yang digunakan dalam membuat HIRA adalah form milik SEGWWL, pengisian form HIRA dilakukan sebagaimana tertera dalam prosedur "SPE.HI Hazard Identification Risk Assessments"Kontraktor dapat menggunakan form HIRA lain bila form tersebut memenuhi syarat minimum dan disetujui oleh Star Energy, bila demikian form tersebut dan prosedur pengisiannya harus dicantumkan di SHE PlanHIRA dari suatu pekerjaan harus dikomunikasikan kepada para pekerjanyaWork Permit System- Permit to Work (PTW)Prosedur PTW atau permit to work harus dijalankan pada semua pekerjaan yang dilakukan di area SEGWWL. HIRA dari pekerjaan yang bersangkutan harus diserahkan sebagai syarat pembuatan PTW.Pelaksanaan prosedur ini dilakukan sebagaimana tertera dalam prosedur "SPE.WP.101 PTW procedure".- LockOut TagOut Permit (LOTO)Prosedur LOTO harus dijalankan pada pekerjaan yang berkaitan dengan energi dan memerlukan isolasi energi, dimana pekerja beresiko terpapar bahaya dari energi yang tak terduga atau dari pelepasan energi yang tersimpan dari peralatan atau prosesPelaksanaan prosedur ini dilakukan sebagaimana tertera dalam prosedur "SPE.WP.102 LOTO procedure".- Confined Space Entry PermitProsedur confined space entry harus dijalankan pada pekerjaan yang berkaitan dengan kegiatan masuk ke ruang terbatas, yaitu ruangan dengan jalan masuk yang cukup untuk dimasuki tubuh manusia namun memiliki akses masuk dan keluar yang terbatas dan tidak didesain untuk dilakukan pekerjaan secara terus menerus di area tersebutPelaksanaan prosedur ini dilakukan sebagaimana tertera dalam prosedur "SPE.WP.103 Confined Space entry permit".- Hot Work PermitProsedur Hot Work Permit atau kerja panas harus dijalankan pada semua pekerjaan yang memiliki resiko mengakibatkan timbulnya api.Pelaksanaan prosedur ini dilakukan sebagaimana tertera dalam prosedur "SPE.WP.104 hot work permit".- Fire Impairment PermitProsedur Fire Impairment Permit harus dijalankan pada semua pekerjaan yang mengakibatkan sistem pengaman kebakaran tidak berfungsiPelaksanaan prosedur ini dilakukan sebagaimana tertera dalam prosedur "SPE.WP.105 Fire impairment".- Working at HeightProsedur Working at Height atau bekerja di ketinggian harus dijalankan pada semua pekerjaan beresiko mengakibatkan pekerja jatuh dari ketinggian. Yang dimaksud pekerjaan di ketinggian adalah pekerjaan yang dilakukan pada ketinggian 2 meter atau lebih diatas permukaan lantai.Pelaksanaan prosedur ini dilakukan sebagaimana tertera dalam prosedur "SPE.WP.107 working at height".- Excavation PermitProsedur Excavation permit atau izin penggalian harus dijalankan pada semua pekerjaan penggalian, trenching, sloping atau benchingPelaksanaan prosedur ini dilakukan sebagaimana tertera dalam prosedur "SPE.WP.106 Excavation Permit".- Radiography permitProsedur radiography permit harus dijalankan pada semua pekerjaan yang menggunakan bahan radio aktif atau mengeluarkan radiasiOperator dari kegiatan radiography harus memiliki kompetensi yang diperlukanPelaksanaan prosedur ini dilakukan sebagaimana tertera dalam prosedur "SPE.WP.108 Radioghapy Permit".BAHAYA H2SSetiap pekerjaan yang dilakukan di area dengan resiko H2S harus mengikuti prosedur "SPE.WR.105 Hydrogen Sulphide".Setiap kelompok kerja yang bekerja di area beresiko H2S, harus dilengkapi oleh paling tidak satu unit alat detektor H2S yang terkalibrasi (alat disediakan oleh kontraktor)Dilarang bekerja sendirian di area beresiko H2S.Kontraktor akan membuat prosedur gawat darurat H2S dan mengkomunikasikanya ke pekerja yang beresikoPERSYARATAN PEKERJAAN DI KETINGGIANdalam melakukan pekerjaan diketinggian akan mengacu dan sesuai dengan prosedur "SPE.WR.108 Fall Prevention"PERSYARATAN KEGIATAN PENGANGKATANKegiatan pengangkatan beban berat di area SEGWWL harus dilakukan sesuai dengan prosedur "SPE.WR.110 Lifting Operations"Crane & alat angkat harus diperiksa oleh inspektur pihak ketiga yang memenuhi syarat dan disertifikasi oleh Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi (EBTKE) sebelum penggunaan awal dan tiap 3 tahun.Operator dari alat angkat harus berkompeten, dibuktikan dengan sertifikat kompetensi yang masih valid dari EBTKEStiker/badge dan/atau tag harus dipasang untuk menunjukan sertifikasi yang berlaku saat ini.Crane, boom truck dan alat angkat lainnya yang digunakan di area SEGWWL harus sesuai dengan standar SEGWWLINSPEKSIInspeksi akan dilakukan oleh kontraktor di seluruh area & peralatan yang menjadi tanggung jawab kontraktor, dari hasil temuan inspeksi akan dibuat rencana perbaikan dan ditindak lanjutiKontraktor akan membuat form inspeksi untuk semua area dan peralatan yang menjadi tanggung jawabnya. Form tersebut harus disetujui pihak SEGWWL.Inspeksi K3L akan dilakukan dengan jadwal setiap hari sebelum pekerjaan.PERSYARATAN TRANSPORTASI, KENDARAAN DAN ALAT BERAT- Persyaratan kendaraanSetiap kendaraan yang beroprasi di area SEGWWL harus dilengkapi dengan stiker "vehicle permit". Kendaraan yang tidak dilengkapi stiker "vehicle permit" yang valid tidak diperbolehkan beroprasi di area SEGWWL. Usia kendaraan operasional maksimum 5 tahun pembuatan.berikut adalah persyaratan yang menjadi tanggung jawab kontraktor:Jenis kendaraanPersyaratanKendaraan transportasi/light vehicle operasional- STNK- KIR (bila dilengkapi bak)- laporan hasil inspeksi oleh mekanik external yang berkompeten- Surat Izin Mengemudi dari pengendaranya (sesuai jenis kendaraanya)- hasil uji emisi- spesifikasi kendaraan harus sesuai prosedur "SPE.WR.113 WW General Vehicle Regulation"Kendaraan transportasi/light vehicle operasional visitor- STNK- KIR (bila dilengkapi bak)- Surat Izin Mengemudi dari pengendaranya (sesuai jenis kendaraanya)- Simple inspeksi oleh bagian keamanan SEGWWLdetail persyaratan kendaraan mengacu pada prosedur "SPE.WR.113 WW General Vehicle Regulation" dan "SPE.WR.117 WW Vehicle Entry Permit"- Persyaratan alat berat dan alat angkatSetiap alat berat dan alat angkat yang beroprasi di area SEGWWL harus dilengkapi dengan stiker "vehicle permit". Kendaraan yang tidak dilengkapi stiker "vehicle permit" yang valid tidak diperbolehkan beroprasi di area SEGWWL.berikut adalah persyaratan yang menjadi tanggung jawab kontraktor:Jenis kendaraanPersyaratanAlat Berat- laporan hasil inspeksi oleh mekanik external yang kompeten- sertifikat operator yang dikeluarkan oleh dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE)Alat Angkat- laporan hasil inspeksi oleh mekanik external yang kompeten- sertifikat operator yang dikeluarkan oleh EBTKE- sertifikat layak operasi dari alat angkat yang dikeluarkan oleh EBTKEDetail persyaratan alat berat & alat angkat mengacu pada prosedur "SPE.WR.117 WW Vehicle Entry Permit", sedangkan detail persyaratan dan spesifikasi alat angkat mengacu harus sesuai dengan "SPE.WR.110 Lifting Operations"- Peraturan lalu lintas SEGWWLSetiap kendaraan yang beroprasi di area SEGWWL harus mengikuti peraturan lalulintas sebagaimana tertera pada prosedur "SPE.WR.111 WW Traffic Regulations"PERSYARATAN PERALATAN DAN PERLENGKAPANPERSYARATAN PERALATAN DAN PERMESINANSemua peralatan dan permesinan yang digunakan di area SEGWWL harus sesuai dengan prosedur "SPE.WR.106 Tools and Machinery"Hanya boleh menggunakan alat/perkakas standar dan layak serta sesuai peruntukannya. Tiap pekerja harus memeriksa peralatannya sebelum digunakan, hanya modifikasi yangsesuai peraturan yang dibolehkan dan dapat ijin dari WW.Perbaikan mesin/peralatan hanya bisa dilakukan bila peralatan tersebut sudah dimatikan/di-isolasi dari sistim/proses, dan potensi terlepasnya sumber energi tak terduga sudah bisadikontrol.Alat/mesin yang rusak harus dikeluarkan dan diperbaiki diluar area operasi WW, dilakukan perbaikan resmi oleh orang yang kompeten/badan yang resmi.Alat pelindung/penutup untuk ban/sabuk, kopling, rantai dsb. harus terpasang sebelum peralatan akan dioperasikan. Alat pelindung tidak boleh dilepas selama peralatan beroperasi.PERSYARATAN KELISTRIKANSemua pekerjaan yang berkaitan dengan kelistrikan dan peralatanya di area SEGWWL harus sesuai dengan prosedur "SPE.WR.107 Electrical Safety Rules"Hanya pekerja kompeten dan ditugaskan, yang diijinkan bekerja pada sistem kelistrikan & peralatan yg berhubungan.Seluruh peralatan portable listrik harus memiliki isolasi ganda atau dilindungi dengan RCD (atau isolating transformer).Kabel ekstensi/perpanjangan harus dalam kondisi bagus, tiga kabel, ada grounded dan tanpa sambungan / perbaikan, tidak digantung menggunakan kabel/paku.PERSYARATAN SCAFFOLDINGSemua pekerjaan yang berkaitan dengan pengguanaan scaffolding harus sesuai dengan prosedur "SPE.WR.109 Scaffolding"Material dan instalasi scaffolding harus sesuai dengan OSHA 1926Scaffolding hanya boleh didirikan oleh pekerja yang berkompeten dengan sertifikat sesuai persyaratan pemerintahPERSYARATAN SILINDER GASPenyimpanan dan penggunaan tabung bertekanan di area SEGWWL harus sesuai dengan prosedur "SPE.WR.116 Gas Cylinder Handling"Setiap tabung bertekanan yang berada di area SEGWWL harus memiliki sertifikat uji tekanan yang masih berlakuPERSYARATAN LINGKUNGAN- Manajemen LimbahManajemen limbah dan sampah di area SEGWWL harus sesuai dengan prosedur "EPE.WM Waste Management"Pembuangan limbah dipisahkan menjadi 3 jenis (organik, anorganik & Bahan Berbahaya dan Beracun), kontraktor menyediakan fasilitas 3 jenis tempat sampah di setiap area dimana dibutuhkan tempat sampahPembuangan limbah B3 (Bahan Beracun Berbahaya) harus sesuai dengan peraturan pemerintah nomor. 19 tahun 1999 jo nomer 99.Limbah metal harus ditempatkan pada tempat sampah khusus yang layak- Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)Semua penanganan, penyimpanan dan penggunaan material B3 harus sesuai dengan prosedur "EPE.HS Hazardous Substance Management" dan "EPE.HS.102 Hazardous Substance Storage & Handling"Material B3 yang dilarang oleh pemerintah, tidak diperbolehkan untuk digunakan di area SEGWWL. Daftar material B3 yang dilarang dapat dilihat di prosedur "EPE.HS.103 Forbidden Hazardous Substance"Setiap material B3 yang digunakan harus dilengkapi MSDS (Material Safety Data Sheet), MSDS harus dikomunikasikan kepada pekerja terkaitKontraktor akan menyediakan Alat Pelindung Diri sebagai mana tertera dalam MSDS, untuk digunakan pekerja dalam menangani material B3 terkaitSemua material B3 harus berada dalam kemasan dan diberi identifikasi sesuai dengan prosedur "EPE.HS.101 Hazardous Substance Identification Systems"KOMUNIKASI K3LKUNJUNGAN MANAJEMENPimpinan perusahaan kontraktor akan melakukan kunjungan K3L ke area kerja di SEGWWL, dimana pada kunjungan ini pimpinan perusahaan kontraktor akan melaksanakan agenda-agenda guna menunjukkan komitmen manajemen kontraktor terhadap K3LKunjungan akan dilakukan dengan jadwal sebagai berikut:Kunjungan akan dilakukan setiap 6 (enam) bulan sekali.PERTEMUAN K3LGuna memonitor dan melakukan perbaikan berkesinambungan terhadap performa K3L proyek, PT. Gearindo Prakarsa akan berpartisipasi dalam pertemuan K3L dengan jadwal 1 (satu) bulan sekali yang dibuat oleh maintenance SEGWWL.Pada pertemuan tersebut akan dibahas masalah-masalah K3L yang timbul, sehingga dapat ditentukan langkah perbaikan yang diperlukan. Status penyelesaian dari perbaikan-perbaikan tersebut harus dimonitor pada pertemuan-pertemuan selanjutnyaPERTEMUAN PRA-PEKERJAANPertemuan pra-pekerjaan akan dilakukan di setiap awal shift pada semua group kerja, pada pertemuan ini akan dibahas hal-hal sebagai berikut :- Kebijakan K3L- HIRA dari pekerjaan yang akan dilakukan- Hasil observasi K3L- Isu-isu K3L lainyaPAPAN PENGUMUMAN K3LSebuah papan pengumuman akan ditempatkan di area yang mudah dibaca oleh seluruh pekerja, pada papan ini akan ditempatkan informasi-informasi K3L sebagai berikut :- Kebijakan K3L- Prosedur tanggap darurat- statistik performa K3L- Laporan kecelakaan- dllLAPORAN K3LSetiap bulan kontraktor akan membuat laporan K3L dan mengirimkanya ke Lost Control Department SEGWWL. Laporan akan menggunakan format sesuai standar SEGWWLLaporan akan diserahkan paling lambat setiap tanggal 5 bulan selanjutnyaRAMBU-RAMBU K3LKontraktor akan menyediakan dan menempatkan rambu-rambu K3L yang diperlukan sesuai dengan resiko yang terdapat pada area kerja.RAMBU-RAMBU LALU-LINTASKontraktor akan menyediakan dan menempatkan rambu-rambu lalu-lintas yang diperlukan di sepanjang jalan diarea SEGWWL yang dilalui oleh kendaraan dan alat berat milik kontraktorHADIAH & PROMOSI BUDAYA K3LSelama pekerjaan berlangsung, pihak kontraktor akan melakukan evaluasi K3L terhadap pekerjanya (baik pekerja kontraktor ataupun pekerja sub-kontraktor), kontraktor akan memberikan hadiah kepada pekerja yang terbukti memiliki kinerja K3L yang baik.Hadiah akan diberikan dengan detail sebagai berikut :Jumlah total nilai hadiah selama kontrakRp 5,000,000.00Jumlah nilai hadiah per sekali pemberianRp 2,500,000.00Frekuensi pemberian hadiah1 tahun sekaliJumlah penerima hadiah per sekali pemberian1 OrangTANGGAP DARURATPROSEDUR EVAKUASI & KEADAAN DARURATKontraktor akan membuat prosedur evakuasi dan keadaan darurat untuk keadaan-keadaan darurat yang beresiko terjadi di area proyek dengan persetujuan SEGWWLProsedur evakuasi ini harus dikomunikasikan keseluruh pekerja yang bekerja di area tersebutProsedur-prosedur evakuasi dan keadaan darurat tersebut akan di uji coba / drill dengan jadwal mengikuti drill dari SEGWWL.EVAKUASI MEDISSemua pekerja kontraktor yang cidera karena kecelakaan harus dievakuasi ke klinik SEGWWL, kecuali jika dokter / paramedis SEGWWL menyatakan lainKontraktor akan memasukan nama-nama rumah sakit dan nomer kontaknya, rumah sakit ini akan menjadi tujuan bila pekerja kontraktor atau sub-kontraktor mengalami cidera akibat kerjaPELAPORAN KECELAKAANDetail pelaksanaan pelaporan kecelakaan sesuai dengan prosedur "SPE.IR Incident Reporting & Investigation"Setiap kecelakaan yang terjadi pada proyek kontrak ini harus segera dilaporkan ke control roomJika terjadi kecelakaan, kegiatan pekerjaan harus segera dihentikan dan baru dapat dilanjutkan setelah diperbolehkan oleh supervisor Star EnergyAUDIT SHE PLANUntuk memastikan implementasi dari SHE plan ini pada pelaksanaan kontrak, user (pemilik proyek) SEGWWL berkewajiban melakukan audit menggunakan form audit SHE plan.Satu kali setiap enam bulan yaitu dengan kesepakatan tanggal antara SHE Officer SE dengan Koordinator Lapangan / SHE Officer GP saat project berlangsung dengan batasan dan kondisi di lapangan.

Objektif & TargetOBJEKTIF, TARGET & PROGRAM K3LSTAR ENERGY GEOTHERMALNoObjektifTargetProgramDetil ProgramPICTime Frame1Zero Accidents (LTI & MTC)1.1

1.2

1.3Tidak ada Lost Time Incident (LTI) sampai akhir kontrak

Tidak ada Medical Treatment Cases (MTC) sampai akhir kontrak

First Aid Case (FAC) maksimal 2 sampai akhir kontraka.Pengawasan terhadap implementasi K3 di area kerja dan mengkomunikasikan catatan ketidaksesuaian dan hazard yang ada pada saat safety/toolbox meetingSpv. & HSEContinueb.Implementasi prosedur kerja dengan benar oleh karyawanSpv. & HSEContinuec.Training kompetensi personil sesuai dengan resiko dan jenis pekerjaanHRDContinued.Peningkatan awareness karyawan dengan melalui SHE Observation, toolbox, reward achievementSpv. & HSEContinuee.Pengendalian bahaya secara visual di lokasi kerja (safety sign)Spv. & HSEContinuef.Penyediaan dan penggunaan Alat Pelindung DiriSpv. & HSEContinue1.4Vehicle incident ( kerusakan kendaraan) kurang dari 20 % dari nilai equipmenta.Pemeriksaan kondisi kendaraan secara rutinMaintenanceMonthly dan sebelum mobilisasib.Peningkatan awareness karyawan/driver mengenai safety drivingHRD & HSEContinue2Zero Occupational Health/Illness2.1Sick leave kurang dari 15 % dari jumlah hari kerja pertahuna.Pengawasan terhadap konsistensi penggunaan Alat Pelindung Diri yang baik dan benar.Spv. & HSEContinueb.Melakukan increasing knowledge (refreshment training) terkait dengan bahaya-bahaya dari fume, kebisingan, dllSpv. & HSEContinuec.Rutin Medical Check Up pada karyawan.HRD & HSESetahun sekali3Zero Pollution to Environment3.1Oil & fuel tidak mengotori / mencemari lokasi kerjaa.Pengawasan dan kontrol untuk menghindari pemakaian oil & fuel yang tidak perlu dan menghindari tumpahan.Spv. & TeamContinueb.Maintenance rutin equipment untuk menghindari pemborosan penggunaan fuel.MaintenanceMonthly dan sebelum mobilisasic.Penyediaan tempat penampungan bila terjadi tumpahan dan rutin housekeepingSpv. & TeamContinue3.2Sampah sisa pengelasan yang tertinggal kurang dari 10 % per box ( berat 1 box 5 kg) selama pekerjaan pengelasan berlangsung.aPenyediaan tempat sampah khusus sisa kawat lasSpv. & TeamContinue4SHE promotions4.1Penghargaan Rp. 2.500.000 kepada karyawan per tahuna.Pemberian hadiah kepada karyawan yang memenuhi kriteria The Best Safety PerformanceSpv. & ManagementSetahun sekali5Permit to Work system5.1Tidak ada pekerjaan tanpa PTWa.Pembuatan PTW sebelum memulai pekerjaanSpv.Sebelum pekerjaan5.2Kendaraan operasional harus memiliki WW Access Permita.Pemeriksaan kondisi kendaraan secara rutin (usia kendaraan operasional maksimum 5 tahun pembuatan)MaintenanceMonthly dan sebelum mobilisasib.Uji emisi dan uji kelayakan kendaraan dari dealer resmiMaintenance & pihak ketiga6 bulan sekali6Hazard Identification & Risk Assessment6.1Melaksanakan pengenalan dan sosialisasi tentang HIRA tidak kurang dari 75 % ( 18 kali) selama setahuna.Mengidentifikasi bahaya yang terkait dari langkah pekerjaan, menilai resiko dan memberikan tindakan pencegahan keamanan yang diperlukanSpv. & HSESebelum pekerjaanb.Sosialisasi HIRA ke semua karyawan sebelum memulai pekerjaanSpv.Sebelum pekerjaan7SHE Observation7.1SHE Observation card minimal 1 / orng/minggua.Sosialisasi kepada pekerja dalam hal pembuatan/pengisian SHE Observation CardSpv, All Team & HSESelama pekerjaanb.Menindaklanjuti hasil SHE Observation dan mengkomunikasikan ke pekerjaSpv. & HSESelama pekerjaan

&RGP-SEGWWL-HSE-Program

tabel programNoProgram K3L201320142015Keterangan3456789101112123456789101112121Medical Check Up dan Fit for work certificatexxSekali setiap tahun2Induksi K3LxxSekali setiap tahunInduksi K3L mandirixxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxSetiap akhir bulan3Pre Job Safety MeetingxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxSebelum pelaksanaan pekerjaan di lapangan4Training refreshmentxxxx5Inspeksi- Welding MachinexxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxSebelum mobilisasi dan di lokasi kerja- Tabung BertekananxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxSebelum mobilisasi dan di lokasi kerja- Mesin GerindaxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxSebelum mobilisasi dan di lokasi kerja- APARxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxSebelum mobilisasi dan di lokasi kerja- PPExxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxSebelum mobilisasi dan di lokasi kerja- KendaraanxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxMonthly dan sebelum mobilisasi6Maintenance kendaraanxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxMonthly dan sebelum mobilisasiMaintenance alat berat & alat angkatxxxx7Kunjungan manajemenxxxx8Papan pengumumanxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxSetiap pelaksanaan pekerjaan di lapangan9Laporan K3Lxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx10Rambu-rambu K3LxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxSetiap pelaksanaan pekerjaan di lapangan9Rambu-rambu lalulintasxxGearindo11Hadiah K3LxxGearindo12Audit SHExxxxGearindo & SEGWWLx= sudah terlaksanakomen saya :Tolong di buatkan legent , untuk mana yg menjadi pelanning dan mana yg sudah terlaksanaProgram Training belum adaPre Job safety meetingInseksi Kendaraan ..

HIRAHAZARD IDENTIFICATION - RISK ASSESSMENTDescription of Risk Assessment:Assessment Date:HIRA Number/Rev:Assessment TeamAssessment Lead:KBPO Approval:HAZARD IDENTIFICATIONRISK ASSESSMENTNO.ACTIVITYTOOL, EQUIPMENT & MATERIAL USEDHAZARD orASPECTPOTENTIAL IMPACT or CONSEQUENCESNatureInitial RiskLegal & Other RequirementsDETERMINE CONTROLResidual RiskProc / Guideline REF No.BEST PRATICESELHRRYNLegal ReferenceControlRemarkSELHRR1Preparation at PT Gearindo WorkshopCraneMaterial Sliding or dropped offPersonal Injury, Property and environmental damageAII1NA,PInspection Checklist, certified lifting gear, competence (certified) crane operatorDIII32Mobilization Material & Personnel to siteTruck & Light VehicleTraffic AccidentPersonal Injury, Property and environmental damageAII1NA,PInspection Checklist, traffic sign, valid driving lisence,DIII3Material Sliding or dropped off from the TruckPersonal Injury, Property and environmental damageCIII1NA,PInspection ChecklistDIII43Prejob finallized inspectionSlip, Trip and fallPersonal InjuryCI3NA. Pgood house keepingDIII44Preparation at SiteWelding Machine and toolsdropped when movementPersonal Injury and Property damageBII1NAInspection Checklist, certified lifting gear, competence (certified) crane operatorDIII4Electricity currentPersonal InjuryAII1YA, PInspection Checklist, Certified personilDIII3Slip, Trip and fallPersonal InjuryCI3NA. Pgood house keepingDIII4Ergonomic HazardPersonal InjuryBII3NASafety brefing in subject ergonomicCIII4Hit, struck by, lifting, fallingPersonal Injury and Property damageBII3YA, PCertified crane operator, lifting gear, safety brefing, PPE requirementCIII45Cleaning Vessel Surfacewags, hand toolsHit, struck by, lifting, falling, caught byPersonal Injury and Property damageBII3YA, PSafety brefing, PPE requirementCIII4Steam, brine and H2S exposurePersonal Injury, FatalityAII1NA,PLOTO system, check vessel condition, install H2S detector, SCBA, calibrated H2S detector, windshockCIII4Fume inhalationPersonal InjuryBII2YA, Pcertified welder, inspection checklist, gas measurement, SCBA, MaskerCIII4In-adequate O2Personal Injury, FatalityAII1NA, PConfined Space Entry Permit, gas detector, well trainned, good ventillation (O2 blower)CIII3Skin and eyes contact to depositPersonal InjuryBIII3NPChemical properties of steam and brine, Special PPECIII4Slip, Trip and fallPersonal InjuryCI3NA. Pgood house keepingDIII46Vessel repair, welding workWelding Machine, grinding, cutting and hand toolsSteam, brine and H2S exposurePersonal Injury, FatalityAII1NA,PLOTO system, check vessel condition, install H2S detector, SCBA, calibrated H2S detector, windshockCIII4Grinding disc split outPersonal Injury and Property damageBII2YA, Pcertified welder, equipment specification, PPE RequirementCIII4Electricity currentPersonal Injury, FatalityAII1YA, PInspection Checklist, Certified personilDIII3Hot surfacePersonal InjuryCII3NPPipe Insullation, PPE RequirementCIII4Fume inhalationPersonal InjuryBII2YA, Pcertified welder, inspection checklist, gas measurement, SCBA, MaskerCIII4In-adequate O2Personal Injury, FatalityAII1NA, PConfined Space Entry Permit, gas detector, well trainned, good ventillation (O2 blower)CIII3FirePersonal Injury and Property damageBIII3YA, PCertified Welder, Hot work permit, inspection checklist, FIREXCIII4Exessive noisePersonal InjuryCII3NPProper PPECIII4ExplosivePersonal Injury, fatality and Property damageBIII3YA, Pcertified welder, inspection checklist, gas measurementCIII4Ergonomic HazardPersonal InjuryBII3NASafety brefing in subject ergonomicCIII47Pipe repair, welding workWelding Machine, grinding, cutting and hand toolsSteam, brine and H2S exposurePersonal Injury, FatalityAII1NA,PLOTO system, check vessel condition, install H2S detector, SCBA, calibrated H2S detector, windshockCIII4Grinding disc split outPersonal Injury and Property damageBII2YA, Pcertified welder, equipment specification, PPE RequirementCIII4Electricity currentPersonal Injury, FatalityAII1YA, PInspection Checklist, Certified personilDIII3Hot surfacePersonal InjuryCII3NPPipe Insullation, PPE RequirementCIII4Fume inhalationPersonal InjuryBII2YA, Pgas measurement, SCBA, MaskerCIII4In-adequate O2Personal Injury, FatalityAII1NA, PConfined Space Entry Permit, gas detector, well trainned, good ventillation (O2 blower)CIII3FirePersonal Injury and Property damageBIII3YA, PCertified Welder, Hot work permit, inspection checklist, FIREXCIII4Exessive noisePersonal InjuryCII3NPProper PPECIII4ExplosivePersonal Injury, fatality and Property damageBIII3YA, Pcertified welder, inspection checklist, gas measurementCIII4Ergonomic HazardPersonal InjuryBII3NASafety brefing in subject ergonomicCIII48Cleaning dirty collectorDirty collector, Hand toolsHit, struck by, lifting, falling, caught byPersonal Injury and Property damageBII3YA, PSafety brefing, PPE requirementCIII4Steam, brine and H2S exposurePersonal Injury, FatalityAII1NA,PLOTO system, check vessel condition, install H2S detector, SCBA, calibrated H2S detector, windshockCIII4Fume inhalationPersonal InjuryBII2YA, Pgas measurement, SCBA, MaskerCIII4In-adequate O2Personal Injury, FatalityAII1NA, PConfined Space Entry Permit, gas detector, well trainned, good ventillation (O2 blower)CIII3Skin and eyes contact to depositPersonal InjuryBIII3NPChemical properties of steam and brine, Special PPECIII4Slip, Trip and fallPersonal InjuryCI3NA. Pgood house keepingDIII4Respiratory systemPersonal Injury, FatalityAII1NPPortable H2S detector, SCBA, calibrated H2S detector, windshock, manpower well training, BlowerCIII4Ergonomic HazardPersonal InjuryBII3NASafety brefing in subject ergonomicCIII49Clean drain potDrain Pot, Hand toolsHit, struck by, lifting, falling, caught byPersonal Injury and Property damageBII3YA, PSafety brefing, PPE requirementCIII4Steam, brine and H2S exposurePersonal Injury, FatalityAII1NA,PLOTO system, check vessel condition, install H2S detector, SCBA, calibrated H2S detector, windshockCIII4Fume inhalationPersonal InjuryBII2YA, Pgas measurement, SCBA, MaskerCIII4Hot surfacePersonal InjuryCII3NPPPE RequirementCIII4Exessive noisePersonal InjuryCII3NPProper PPECIII4Ergonomic HazardPersonal InjuryBII3NASafety brefing in subject ergonomicCIII410Fix leak at flange connectionGasket, Crane, hand toolsHit, struck by, lifting, falling, caught byPersonal Injury and Property damageBII3YA, PSafety brefing, PPE requirementCIII4Caught betweenPersonal Injury and Property damageBII3NA, PPre-use inspection, safety brefing, PPE RequirementCIII4Falling objectPersonal Injury and Property damageBII3YA, PCertified crane Operator, lifting gear, safety brefingCIII4Ergonomic HazardPersonal InjuryBII3NASafety brefing in subject ergonomicCIII4H2S exposurePersonal Injury, fatalityAII1NA, PPortable H2S detector, SCBA, calibrated H2S detector, windshockCIII4Hot surfacePersonal InjuryCII3NPPPE RequirementCIII4Fume inhalationPersonal InjuryBII2YA, Pgas measurement, SCBA, MaskerCIII4Comment:

&L&"Century Gothic,Regular"&8WWMS Form: SPE.HI.101&CPages &P&R&"Century Gothic,Regular"&8Print Date: &DSucahyA: Environmental concern: RC : Relative Cost ER : Environmental Risk RI : Regulatory Implication ID : Impact Dispersion CC : Community ConcernS - Safety hazardH - (Occupational) Health hazardE - Environmental ImpactO - Disruption to Process/OperationalP - Threat to an Asset/Property Damage incl. VehicularSE - Threat to Security/TheftER - External Relation/Company ImageSeverityA - Major >$200,000B - Serious $25,000 - $200,000C - Medium $500 - $25,000D - Minor 1/yII - Probable: 1/yIII - Possible: 1/5yIV - Unlikely: 1/10yRisk Ranking = Severity x Likelihood1. unacceptable2. undesireable3. accep w/ control4. acceptSucahyA:El : EliminationS : SubtitutionE : Engineering A : AdminstrationP : PPESeverityA - Major ==>Fatality/death; Number of people impacted : 10,000 House holds; Plant / Facility / Property damage >$500,000

B - Serious ==> LWC; Number of people impacted : 1,000 House holds; Plant / Facility / Property damage $25,000 - $500,000

C - Medium ==> MTC or RWC; Number people impacted : 100 House holds; Plant / Facility/ Property damage $500 - $25,000

D - Minor ==> FAC; People impacted : 10 House holds; Plant / Facility / Property damage 1/yII - Probable: 1/yIII - Possible: 1/5yIV - Unlikely: >10yRisk Ranking = Severity x Likelihood1. unacceptable2. undesireable3. accep w/ control4. acceptoverall summary hiradcrecommendation for hazard control during job executions.

daftar lampiranLAMPIRANPROSEDURSPE.WR.101 SHE ClearancesOHE.IH.104 Fit for Duty EvaluationOHE.IH.104e MCU Standard Form for Non Food HandlerOHE.IH.104d MCU Standard for Food HandlerSPE.PI.102 SHE ObservationSPE.HI Hazard Identification Risk AssessmentsSPE.HI.101a HIRA Form & SPE.HI.101b WW Severity ClassificationSPE.WP.101 PTW procedureSPE.WP.102 LOTO procedureSPE.WP.103 Confined Space entry permitSPE.WP.104 hot work permitSPE.WP.105 Fire impairmentSPE.WP.107 working at heightSPE.WP.106 Excavation PermitSPE.WP.108 Radioghapy PermitSPE.WR.105 Hydrogen SulphideSPE.WR.108 Fall PreventionSPE.WR.113 WW General Vehicle RegulationSPE.WR.117 WW Vehicle Entry PermitSPE.WR.110 Lifting OperationsSPE.WR.111 WW Traffic RegulationsSPE.WR.106 Tools and MachinerySPE.WR.107 Electrical Safety RulesSPE.WR.109 ScaffoldingSPE.WR.116 Gas Cylinder HandlingEPE.WM Waste ManagementEPE.HS Hazardous Substance ManagementEPE.HS.102 Hazardous Substance Storage & HandlingEPE.HS.103 Forbidden Hazardous SubstanceEPE.HS.101 Hazardous Substance Identification SystemsSPE.IR Incident Reporting & Investigation & SPE.IR.101da Incident Report Form-English

form laporanMONTHLY PROJECT SHE REPORTPT. Gearindo PrakarsaNo Contract & periodesMonth / YearProject NameProject LocationProject ManajerSE Contract SupervisorProject She RepresentativeSE SHE RepresentativeSHE Incident StatisticTotalCostYTDYTD CostOperational Safety IssueTotalYTD1Injury / Ilnesses1Safety Meetinga. Minor - FACa. Tool Box meetingb. Moderate - MTC - RWCb. Weekly SHE Meetingsc. Serious - LWCc. Attend Monthly contr migd. Major - Fatality2Risk Management2Environmental Lossa. SHE Observation Card3Property Damageb. New JSA / HIRA4Process Loss/Disturbc. Permit to Work Issued5External Relation3Inspection & Audit6Theft / Crimea. Facility Inspection7Vehicularb. Vehicle/HDE Inspection8Near Missc. PPE InspectionHours RecordMan hoursYTDd. Lifting Eq InspectionMan Hours (hrs)e. Fire Extinguish InspectionDays without LTI (days)g. Vehicle CO2 EmissionIncident Frequency Rate=recordable injury*200k / manhourf. Welding Eq InspectionIncident Severity Rate=(Fatal+LWC+RWC)*200k / manhourh. HDE InspectionLast date & time of LTI4Emergency DrillLight vehicle travel (km)a. Fire Emergency & FightingNumber of WorkersworkersLead>SupervisorTotalb. H2S Emergency & RescLocal - Pangalenganc. Environmental SpillNon Locald. Medical EvacuationExpatriatesOccupational HealthTotalYTDEnvironmental ProtectionTotalYTDFit for duty / MCU (person)Domestic Waste (Kg)Clinic VisitHazardous Waste / B3 (Kg)No of work related illnessNew MSDSIH monitoring programActivities Summary & NotesNoDescription of Task List12345Outstanding Task List & Areas for ImprovementNoDescription of Task List12345Dibuat olehDisetujui OlehImanuel Alex BaransanoDimas Sugeng RachmadiSHE Reps.Project Manager

auditSHE PLAN AUDITConformanceObservationKlausajawabbobothasil pengalianKeteranganNonconformanceAction planKebijakan & Organisasi001Kebijakan K3L0010Apakah Kebijakan K3L dan BRIGHT STAR ditempatkan di area strategis010Apakah Kebijakan K3L dan BRIGHT STAR dikomunikasikan010Apakah kebijakan K3L dan BRIGHT STAR dimengerti pekerja010Target & Objektif0010Apakah target & objektif SHE plan tercapai010Persyaratan personel K3L0010Apakah jumlah personel K3L sesuai dengan yang disyaratkan010Apakah kompetensi personel K3L sesuai dengan yang disyaratkan010Persyaratan kompetensi pekerja0010Apakah pekerja memiliki kompetensi sesuai dengan yang disyaratkan010Persyaratan personel0010Akses masuk0010Apakah pekerja yang bekerja di area SEGWWL mengenakan ID Batch010Apakah prosedur kontrol akses berjalan dengan baik010Apakah pekerja berada dalam keadaan fit dan memiliki sertifikat fit for work010Apakah pekerja telah mengikuti dan lulus induksi K3L010SHE Observasi0010Apakah presedur SHE Observasi dijalankan010Apakah hasil laporan SHE Observasi ditindak lanjuti010Apakah laporan SHE Observasi dikomunikasikan ke pekerja010APD0010Apakah kontraktor menyediakan APD dan melakukan pelatihan penggunaanya010Apakah semua pekerja menggunakan APD dengan benar sesuai resiko yang memaparnya010Apakah spesifikasi APD sesuai yang disyaratkan010Persyaratan pekerjaan/aktivitas0010HIRA0010Apakah pekerjaan yang dilakukan sudah memiliki HIRA010Apakah HIRA dikomunikasikan ke seluruh pekerja010Work Permit System0010Apakah pekerjaan sudah memiliki "permit to work"010Apakah pekerjaan yang membutuhkan isolasi energy telah memiliki "Logout Tagout permit"010Apakah pekerjaan di ruang terbatas telah memiliki "confined space permit"010Apakah pekerjaan beresiko api telah memiliki "hot work permit"010Apakah pekerjaan yang me non-aktifkan sistem pemadam kebakaran telah memiliki "fire impairment permit"010Apakah pekerjaan di ketinggian telah memiliki "working at height permit"010Apakah pekerjaan penggalian telah memiliki "excavation permit"010Apakah pekerjaan yang mengeluarkan atau menggunakan radiasi telah memiliki "radiography permit"010Bahaya H2S0010Apakah kontraktor memiliki prosedur gawat darurat H2S010Apakah kontraktor memiliki alat detektor H2S yang cukup010Apakah grup pekerja yang bekerja di area beresiko H2S dilengkapi detektor H2S010Persyaratan pekerjaan di ketinggian0010apakah alat kerja untuk ketinggian sesuai standard dan kondisi yang layak010apakah rambu-rambu bekerja di ketinggian terpasang dan mencukupi010apakah APD untuk bekerja di ketinggian mencukupi, sesuai standard dan dipakai dengan benar oleh pekerja010Persyaratan kegiatan pengangkatan0010Apakah alat angkat memiliki sertifikasi EBTKE yang valid010Apakah operator memiliki sertifikat yang valid010Inspeksi0010Apakah form inspeksi untuk tiap area sudah dibuat010Apakah kegiatan inspeksi dilakukan sesuai jadwal010Apakah hasil temuan inspeksi ditindak lanjuti010Persyaratan transportasi dan alat berat0010Persyaratan kendaraan0010apakah kendaraan kontraktor di area SEGWWL telah memiliki "vehicle permit"010Apakah kendaraan kontraktor di area SEGWWL memiliki spesifikasi sesuai persyaratan SEGWWL010Apakah pengemudi kendaraan kontraktor telah memiliki surat izin mengemudi sesuai kendaraanya010Persyaratan alat berat dan alat angkat0010Apakah alat berat kontraktor di area SEGWWL telah memilki "vehicle permit"010Apakah alat angkat kontraktor telah memiliki "vehicle permit"010Apakah alat angkat kontraktor telah memiliki sertifikat layak operasi dari instansi terkait (EBTKE)010Apakah operator alat angkat/berat telah memiliki sertifikat dari instansi terkait (EBTKE)010Persyaratan peralatan dan perlengkapan0010Persyaratan peralatan dan permesinan0010Apakah peralatan telah standar/layak/tidak dimodifikasi tanpa persetujuan SEGWWL010Apakah penggunaan alat sesuai peruntukanya010Apakah alat/mesin telah dilengkapi pengaman010Persyaratan kelistrikan0010Apakah peralatan listrik telah diisolasi ganda/RCD/isolating transformer010Apakah kabel listrik telah sesuai standar (sambungan, tidak 3 kabel/grounded,dll)010Persyaratan scaffolding0010Apakah scaffolding sesuai persyaratan SEGWWL010Apakah pendirian scaffolding oleh pekerja telah memiliki sertifikat scaffolder010Persyaratan silinder gas0010Apakah silinder gas telah dilengkapi sertifikat uji tekanan yang valid010Apakah silinder gas yang disimpan dengan cara aman (lantai kering/tidak terkena matahari langsung/cukup ventilasi/dilengkapi simbol)010Persyaratan lingkungan0010Manajemen limbah0010Apakah telah disediakan tempat sampah disetiap area dibutuhkan sesuai kebutuhanya (organik,anorganik,b3,metal)010Apakah pembuangan limbah B3 sudah sesuai aturan yang berlaku010manajemen material B30010Apakah MSDS untuk setiap material B3 telah tersedia dan dikomunikasikan ke pekerja terkait010Apakah material B3 berada dalam kemasan layak dan diberi label sesuai aturan SEGWWL010Apakah APD untuk penanganan material B3 disediakan dan digunakan010Komunikasi K3L0010Kunjungan manajemen0010Apakah kunjungan manajemen dilakukan sesuai jadwal010Apakah pada kunjunganya manajemen melaksanakan agenda-agenda untuk meningkatkan performa K3L kontraktor010Pertemuan K3L0010Apakah pertemuan K3L dilakukan sesuai jadwal010Apakah pada pertemuan ini dibahas masalah K3L, rencana perbaikan dan evaluasi perbaikan hingga masalah terpecahkan010Pertemuan pra-pekerjaan0010Apakah pertemuan pra pekerjaan dilakukan sesuai jadwal di semua area010Apakah pada pertemuan ini dibahas aspek-aspek K3L010Papan pengumuman K3L0010Apakah papan pengumuman K3L dipasang diarea strategis010Apakah informasi pada papan K3L di update dan diganti sesuai jadwal010Laporan K3L0010Apakah laporan K3L dikirimkan sesuai jadwal010Apakah isi laporan K3L telah memenuhi kebutuhan SEGWWL010Rambu-rambu K3L/Safety sign0010Apakah rambu-rambu K3L telah dipasang diarea kerja sesuai jenis resikonya010Rambu-Rambu lalulintas0010Apakah rambu-rambu lalulintas dipasang diruas-ruas jalan yang diperlukan010Apakah rambu yang hilang diganti secepatnya010Hadiah & Promosi Budaya K3L0010Apakah program Hadiah K3L dijalankan010Tanggap darurat0010Prosedur evakuasi dan keadaan darurat0010Apakah prosedur evakuasi dan keadaan darurat untuk keadaan darurat yang mungkin terjadi telah dibuat010Apakah drill keadaan darurat dilakukan sesuai jadwal010Evakuasi medis0010Apakah nomor kontak darurat update dan dapat dihubungi010Pelaporan kecelakaan0010Apakah semua pekerja sudah mengerti cara pelaporan dan tindakan jika terjadi kecelakaan010Nilai total0poorNama AuditorNama KontraktorTanggal AuditAudit KeAuditee (Kontraktor)AuditorAuditor