Sharing Koneksi Internet.doc

of 18/18
BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Internet sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian masyarakat. Untuk berinternet harus menggunakan jaringan internet yang ada. Jika kita ingin terhubung ke internet harus terhubung dengan jaringan kabel (Speedy, first media) ataupun wireles (GSM, CDMA) yang menjangkau rumah kita. Untuk terhubung dengan jaringan tersebut kita harus mengeluarkan biaya untuk berlangganan ataupun menggunakan prabayar. Untuk terhubung dengan internet ke komputer atau laptop kita, dibutuhkan juga sebuah alat yang disebut modem. Jika kita mempunyai lebih satu komputer atau laptop, maka dibutuhkan pula modem dan koneksi ke jaringan lebih dari satu. Untuk menghemat biaya maka sebenarnya kita dapat menggunakan satu modem dan satu koneksi internet untuk beberapa buah PC atau Laptop. Caranya ialah dengan menggunakan jaringan WIFI (Wireles For Internet) yang kita bangun sendiri untuk di rumah. Untuk Laptop-laptop keluaran terakhir biasanya sudah dilengkapi dengan perangkat Wireles router. Jika belum maka anda harus menambah perangkat Wireles router tersebut.
  • date post

    01-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    125
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Sharing Koneksi Modem

Transcript of Sharing Koneksi Internet.doc

BAB IPENDAHULUANA. Latar BelakangInternet sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian masyarakat. Untuk berinternet harus menggunakan jaringan internet yang ada. Jika kita ingin terhubung ke internet harus terhubung dengan jaringan kabel (Speedy, first media) ataupun wireles (GSM, CDMA) yang menjangkau rumah kita.Untuk terhubung dengan jaringan tersebut kita harus mengeluarkan biaya untuk berlangganan ataupun menggunakan prabayar. Untuk terhubung dengan internet ke komputer atau laptop kita, dibutuhkan juga sebuah alat yang disebut modem. Jika kita mempunyai lebih satu komputer atau laptop, maka dibutuhkan pula modem dan koneksi ke jaringan lebih dari satu.Untuk menghemat biaya maka sebenarnya kita dapat menggunakan satu modem dan satu koneksi internet untuk beberapa buah PC atau Laptop. Caranya ialah dengan menggunakan jaringan WIFI (Wireles For Internet) yang kita bangun sendiri untuk di rumah.Untuk Laptop-laptop keluaran terakhir biasanya sudah dilengkapi dengan perangkat Wireles router. Jika belum maka anda harus menambah perangkat Wireles router tersebut.

BAB IIISIA. Membuat Laptop Menjadi WifiMembuat Laptop menjadi Wifi hotspot berarti membagi atau sharing koneksi internet dari laptop keperangkat laptop, notebook, atau gadget smartphone. Dengan istilah lain jika Laptop kita menjadi Hotspot maka perangkat lain bisa numpang koneksi internet kita dan pastinya lebih hemat biaya.Keuntungan dari Sharing Internet disamping lebih hemat biaya, kita tidak perlu berebut Laptop dirumah yang memiliki modem. Pasti anda pernah berebut laptop atau computer dirumah maupun dikos teman sendiri. Misalnya anda memang punya 2 Laptop tapi hanya memiliki satu buah Modem saja, jadi 1 Laptop yang sudah terpasang Modem saja dipakai oleh dua orang atau saling bergantian pinjam Modem, tentu sangat tidak nyaman kan ? Pada Makalah ini saya akan memberikan tutorial Share cara membagi koneksi internet antar 2 atau lebih Komputer/Laptop. Jadi cukup 1 buah Modem bisa digunakan oleh lebih dari 1 orang pengguna, bisa 2, 3 terserah. Tapi sesuai dengan Logikanya semakin banyak yang menggunakan jaringan kita, pasti koneksi kita akan semakin lambat.Baiklah sebelum kita bahas, kita buat istilah Server Client terlebih dahulu. Server adalah Komputer/Laptop yang terpasang Modem, sedangkan Client adalah Komputer/Laptop yang terhubung dengan Server. Tutorial ini tidak menngunakan software tambahan jadi kita tidak perlu repot repot mendownload software atau minta sama teman, kita hanya menggunakan tools tools yang memang sudah di siapkan di Windows 7.B. Langkah Kerja Sharing Internet menggunakan WifiPertama kita Sharing Modemnya terlebih dahulu.1. Hidupkan modem anda lalu sambungkan ke jaringan2. Klik Start pada pojok bawah paling kiri, lalu klik Control Panel.

3. Pada Halaman Control Panel klik kemudian pilih dan klik Network and Sharing Center.

4. Pada conection terdapat nama modem/jaringan yang kita gunakan. Klik nama modem/jaringan tersebut.

5. Kemudian akan mucul seperti gambar dibawah ini, pilih dan klik Properties.

6. Setelah muncul halaman Properties klik tab Sharing.

7. Akan muncul gambar seperti dibawah ini.

8. Pada Select a private network connection klik tanda panah ke bawah lalu pilih Wireless Network Connection.

9. Klik kotak pada Allow network connection through the computers internet connection, akan muncul konfirmasi, klik saja OK.

10. Hasilnya seperti gambar dibawah ini, klik OK, akan muncul pertanyaan, klik saja OK.

11. Setelah selesai, gambar pada step 5 diklik close. Selanjutnya kita buat Ad-Hoc

Membuat Ad-Hoc1. Klik Start pada pojok bawah paling kiri, lalu klik Control Panel.

2. Pada Halaman Control Panel klik kemudian pilih dan klik Network and Sharing Center.

3. Pada halaman Network and Sharing Center pilih dan klik Manage Wireless Networks

4. Pada Halaman Manage Wireless Network pilih dan klik Add.

5. Berikutnya pada layar akan muncul gambar tampilan seperti dibawah, pilih dan click Create an ad hoc network.

6. Pada layar akan muncul setup for a wireless network, pilih dan klik "Next".7. Berikutnya pada layar akan muncul gambar seperti ini.

8. Isi Network Name dengan nama apa saja sesuai keinginan anda. Dalam kasus ini saya memberinya Nama UllAh_Jie_Connection.9. Klik Arah panah bawah Security Type, jika ingin memberi password pilih Wep kemudian isi Security key dengan kode apa saja. Kode ini nanti menjadi password untuk connect ke jaringan wifi yang kita buat. Namun jika tidak ingin member password, klik arah panah security type kemudian pilih No authentication (Open).10. Misalnya seperti gambar dibawah Ini.

11. Lalu klik next, maka jaringan wifi network anda selesai dengan nama yang anda berikan tadi.Langkah selanjutnya adalah menghubungkan masing masing Laptop (Client) ke jaringan Wifi anda.1. Pada bagian pojok kanan klik ikon seperti pada gambar dibawah.

2. Pilih nama jaringan Wifi yang telah anda buat, kemudian klik Connect.

3. Masukkan password yang anda buat tadi pada computer server.

4. Lakukan step 1 hingga 3 pada semua laptop hingga status jaringan WIFI pada computer client berubah menjadi connected. Berarti jaringan WIFI anda sudah berhasil tersharing dicomputer client.

5. Uji coba pada computer client dengan membuka suatu alamat website.

BAB IIIPENUTUPKesimpulan Dengan cara sharing internet menggunakan wifi kita bisa lebih menghemat biaya, karena dengan 1 buah Modem bisa digunakan oleh banyak pengguna. Jadi kita tidak perlu membeli banyak modem, cukup 1 modem untuk semua.