Setelah Menpora,3 Menteri Terancam

download Setelah Menpora,3 Menteri Terancam

of 68

  • date post

    19-Feb-2016
  • Category

    Documents

  • view

    272
  • download

    0

Embed Size (px)

description

April mendatang menjadi bulan penentuan bagi menteri untuk bisa bertahan atau tidak di kabinet Indonesia bersatu II.Bila kinerjanya buruk karena sibuk berpolitik,bukan tak mungkin mereka akan dicopot.

Transcript of Setelah Menpora,3 Menteri Terancam

  • 7-13 JANUARI 2013 MAJALA

    HUKUM : SETELAH MENUNGGU LIMA TAHUN

    GLEN GLENARDI : BERAWAL DARI SALAH SAMBUNG

    SISIPAN

    19 TAHUN II

    RP 20.000

    CANTIK ITU INVESTASI

    1 Cover 19.indd 1 05/01/2013 18:29:14iklan iklan.indd 4 9/29/2012 7:57:32 PM iklan iklan.indd 5 12/1/2012 8:24:59 PM

  • iklan iklan.indd 4 9/29/2012 7:57:32 PM

  • 4 inilahREVIEW 19 Tahun II | 7-13 Desember 2012

    Mailbox

    Cover: apenk

    inilahREViEW

    pEndiRi: Muchlis hasyiM

    pEmimpin UmUm/pEmimpin REdaksi:

    andi suruji

    Wakil pEmimpin REdaksi: BaMBang aji setiady

    REdaktUR EksEkUtif: tri juli sukaryana,

    latihono sujantyo

    REdaktUR sEnioR: Budi kusuMah

    REdaktUR: derek Manangka,

    sigas, setiyadi, iwan purwantono,

    kukuh BhiMo nugroho,

    REpoRtER: MahBuB junaidi, Vinsensius segu

    REdaktUR foto: dahlan reBo pahing

    fotogRafER: wirasatria, asep rochyadi

    REdaktUR dEsain: erBhayu prananta

    dEsain & layoUt: yayan taryana,

    raMawijaya, ade Moh sofyan

    RisEt: Mahario, tri handika, aditya B

    sEkREtaRis REdaksi: dwiyacita listosari

    Unit Usahapjs pEmimpin pERUsahaan: fahMi alaMsyah

    gEnERal managER: sjarifuddin

    managER kEUangan: fahMi alaMsyah

    managER iklan: alVin alVerdian

    accoUnt ExEcUtiVE: selVi (aVi), aida iryani

    siRkUlasi: herry chatiB

    tata Usaha: nonon priMayani putri,

    pEnasEhat hUkUm: lucas sh & partners

    alamat REdaksi dan Usaha: jl. sungai saMBas

    Vi/12, keBayoran Baru-jakarta selatan 12130,

    tel 021 72787313, 72787316, fax. 021 7210976

    pEnERbit: pt Media Berita indonesia

    distRibUsi: three Mandiri (3M)

    http://www.inilah.com/ireviewinilah group : n portal news: www.inilah.coMn portal news : www.inilahjabar.coM n surat kabar : inilah koran

    n portal news : www.jakartapress.coM

    majalah ekonomi dan bisnis

    7-13 Januari 2013 MaJaLa

    hukum : Setelah menunggu lima tahun

    glen glenardi : Berawal dari Salah SamBung

    sisipan

    19 Tahun ii

    rP 20.000

    CanTik iTu invesTasi

    Indonesia Kekurangan Dokterakhir pekan lalu ada sebuah berita menarik yang dilangsir sebuah portal berita. Dalam sebuah acara, Wakil presiden Boediono mengatakan, indonesia kekurangan 12.000 dokter spesialis mata. Baru-baru ini ketua perhimpunan Dokter Spesialis penyakit Dalam mengungkapkan, indonesia kekurangan 20.000 dokter spesialis penyakit dalam.

    Menurut kartono Mohamad, Man-tan ketua pB iDi retorika semacam ini bukan hal baru. Sejak 30 tahun yang lalu, setiap organisasi perhimpunan dokter spesialis mengadakan kongres. Dalam kongres itu diungkapkan betapa jumlah dokter spesialis dalam bidang mereka masih sangat kurang. namun, sehabis kongres tak tampak rencana atau usul mereka secara konkret me-nyelesaikan soal itu.

    Lulusan dokter baru , menurut saya, tidak bisa diharapkan. Dari jumlah fakultas kedokteran negeri dan swasta yang sekarang mencapai 74 fakul-tas. Secara keseluruhan setiap tahun dihasilkan lebih dari 2.000 dokter baru. namun, pertambahan penduduk yang perlu dilayani juga besar dan kesadaran mencari pertolongan medis modern juga meningkat. Maka, kebutuhan akan dokter juga semakin terasa akut.

    Melihat fakta itu bisa dibayangkan bagaimana kualitas kesehatan pendu-duk negeri ini. Boleh jadi berita yang mengabarkan banyak warga miskin ketika sakit terlantar di rumah sakit ter-jadi bukan hanya lantaran karena me-reka miskin. namun juga karena tidak ada tenaga dokter yang menanganinya.

    Begitulah gambaran pelayanan ke-sehatan di negara yang pertumbuhan ekonominya kedua terbesar di dunia.

    Bila melihat anggaran kesehatan dalam apBn 2013 lebih parah menye-dihkan lagi. DaLaM UU nomor 6 Tahun 2009 Tentang kesehatan, apBn harus mengalokasikan anggaran kesehatan 5% di luar gaji pegawai. namun, ang-garan kesehatan yang diajukan untuk apBn 2013 hanya 31,2 triliun (2,07%) dari rencana total apBn 2013 senilai 1.507 triliun. Melihat anggaran kese-hatn yang jauh dari kata ideal jangan berharap kulitas SDM indonesia dapat bersaing dengan SDM dari negara-ne-gara lain.

    harTono MULyanaDepok, Jawa Barat

    Benarkah Ada Rumah Murah Seharga Rp 25 juta?BarU-baru ini kementerian peru-mahan rakyat menyatakan program rumah murah rp 25 juta yang digagas beberapa tahun lalu masih berjalan terus. Tahun ini, pembangunan rumah murah untuk masyarakat berpengha-silan rendah tersebut ditargetkan akan mencapai 15.000 unit. kabar itu seperti diketahui disampaikan langsung oleh Menteri perumahan rakyat Djan Faridz.

    Menurutnya saat ini pembangunan rumah murah sedang berjalan di nusa Tenggara Timur (nTT). pembangunan rumah murah tersebut telah dilaku-kan sejak tahun lalu dan diteruskan di tahun ini hingga mencapai 10 ribu unit. namun Djan tidak menyebutkan pasti berapa rumah murah yang sudah diba-ngun tahun lalu. kemudian tahun ini akan direncanakan juga pembangunan rumah murah di kawasan Waduk Jati-gede sebanyak 800 unit.

    Saya ragu pemerintah dapat mem-bangun rumah seharga rp 25 juta. Bila dibandingkan dengan harga tanah dan material, harga jual rumah semurah itu mustahil bisa terwujud. Jika pun itu berhasil lalu siapa yang akan menem-pati rumah murah yang dibangun di nTT itu? program rumah murah ini benar-benar meragukan.

    rUM aernahaTikemayoran, Jakarta pusat

    Sampai Kapan TDL Naik Terus TahUn ini pemerintah telah menetapkan penaikan tarif dasar listrik (TDL) sebesar 15%. Sebenarnya kebijakan ini bukan baru. Dalam sejarahnya tarif setrum di negeri memang selalu naik dan jarang atau bah-kan tidak pernah turun.

    Menurut saya ini terjadi karena teknologi pembangkit listrik di negeri sudah keting-galan zaman. Masih saja menggunakan sumber pembangkit yang berharga mahal seperti minyak ataupun batu bara. padahal negara lain banyak yang sudah meninggal-kan pembangkit listrik batu bara maupun minyak. Mereka sudah menggunakan gas ataupun nuklir.

    Bila indonesia masih saja membangkit-kan listirk dengan sumber energi yang mahal maka sampai kapan pun, kenaikan listrik akan terus terjadi. Dan itu artinya daya saing produk indonesia akan selalu kalah dengan negara lain. Menut saya sudah saatnya in-donesia memikirkan untuk membangkitkan listrik dengan tenaga nuklir atau gas.

    raTih hanDayanipamulang, Tanggerang Selatan

    SuRATMINgguINI

  • CONT

    ENTR

    EVIE

    W

    16 | nasional GamanG Pemerintah UrUs BBm Pemerintah tak akan menaikkan harga BBM bersubsidi. Padahal anggaran subsidi Rp 193,8 triliun hampir pasti tidak mencukupi.

    22 | Bisnis sepekan lAntara Mimpi dan Kenyataan lLahan Menciut, Impor Melambung lAkhirnya, RNI Pesta Besar

    24 | Bisnis menGerem LajU imPor PonseL Pemerintah berusaha mengerem impor produk ponsel dan komputer. Namun, belum tentu investor bersedia buka pabrik di sini.

    LaporanUtama 4 | mailBox8 | editorial Omong Doang

    44 | internasional Masih Ada Hantu Fiskal 52 | Hukum Setelah Menunggu Lima Tahun

    56 | keuangan dan perbankan Agar Investor Tak Was-was60 | pasar Modal Ini Belum Jadi Sinyal Positif66 | kolom Jangan Berisik Ah!

    38 | Figur tayLor swift TeRDeRMAWAN DAN TeRMAHAL 2012 Usianya baru menginjak 23 tahun pada 13 Desember lalu. Namun dalam urusan berderma di sepanjang 2012, tak ada selebriti yang mampu menandinginya. Taylor Swift, penyanyi dan penulis lagu country asal Paman Sam ini, dengan kekayaan mencapai US$ 165 juta (Rp 1,6 triliun), ternyata rajin mendonasikan uangnya untuk kegiatan amal.

    seteLah menPora, 3 menteri terancamApril mendatang menjadi bulan penentuan bagi menteri untuk bisa bertahan atau tidak di Kabinet Indonesia Bersatu II. Bila kinerjanya buruk karena sibuk berpolitik, bukan tak mungkin mereka akan dicopot.

    50 | proFil GLen GLenardi BeRAWAL DARI SALAH SAMBUNg Sebuah kebetulan telah mengantarkan glen menjadi seorang bankir. Sebelum pensiun, ia ingin membawa Bukopin masuk kelompok 10 bank terkaya di tanah air.

    31 | sisipan cantik itU investasi Tampil cantik adalah kebutuhan di Korsel. Jadilah booming bisnis wajah artifisial marak di negeri ginseng.

    40 | proFesi kUrator, Profesi menGGiUrkan Banyaknya orang yang terjun ke profesi kurator lantaran fee yang diterima sangat menggiurkan. Tak heran, kalau saat ini jumlah kurator di Indonesia ada sekitar 500.

  • 6 inilahREVIEW 19 Tahun II | 7-13 Desember 2012

    V VV V

    V VV V

    Politikus PKS: Sikap Hatta Rajasa Luar Biasa MENKO Perekonomian Hatta Rajasa yang patuhterhadap hukum terkait kasus yang menimpa putranya, Rasyid Amrullah Rajasa (22), dinilai sebagai keteladanan seorang pejabat yang kini susah ditemui.

    Kemauannya untuk patuh mengikuti proses yang berlaku haruslah saya apresiasi, ini memberikan keteladanan buat kita semua, ujar politikus PKS Aboebakar Alhabsy dalam keterangan resminya, Rabu (2/1/2013). n

    Istana tak Terima SBY Disebut Tiru JokowijuRu bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tak terima disebut meniru cara Gubernur DKI jakarta joko Widodo (jokowi) dalam mengunjungi rakyatnya dan memantau langsung kinerja aparatur pemerintahan.

    Oh tidak, pertama presiden tidak mengejar publisitas karena tidak sedang bersaing dengan siapapun di 2014, justru dia sedang menjauhi itu, ujar Staf Khusus Presiden bidang Politik Daniel Sparingga, di Desa Tanjung Pasir, Banten, jumat (4/1/2012). n

    Shio Monyet, Harus Menahan DiriDAlAM memprediksi nasib orang bershio monyet, pendapat para pakar terbelah. Ada yang memasukkan ke dalam kelompok tidak beruntung alias ciong. Ada juga yang menempatkannya di posisi tengah.

    Namun para pakar tersebut sepakat, orang-orang yang lahir di tahun 1944, 1956, 1968, dan seterusnya, mesti