SELEKTA - ftp.unpad.ac.id naik setingkat ke ... tentang Pedoman Harga Pem-belian Gabah dan Beras di

SELEKTA - ftp.unpad.ac.id naik setingkat ke ... tentang Pedoman Harga Pem-belian Gabah dan Beras di
download SELEKTA - ftp.unpad.ac.id naik setingkat ke ... tentang Pedoman Harga Pem-belian Gabah dan Beras di

of 1

  • date post

    07-Apr-2019
  • Category

    Documents

  • view

    215
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of SELEKTA - ftp.unpad.ac.id naik setingkat ke ... tentang Pedoman Harga Pem-belian Gabah dan Beras di

ABSENNYA kapten Nemanja Vi dic dan Rio Ferdinand mem-buat lini belakang Manchester United (MU) keropos. Imbas-nya ti ga kali gawang Edwin van der Saar dijebol Liverpool saat kedua tim kembali ber temu dalam lanjutan Liga Pri mer di Stadion Anfi eld tadi malam.

Di sisi lain, Anda boleh perca-ya boleh tidak. Jika Phil Dowd yang memimpin pertandingan, Liverpool lebih banyak berun-tung. Setiap diwasiti Dowd se-jak musim 2006/2007, the Reds sudah sembilan kali menang dan kalah empat kali dari 18 per tandingan. Dari sembilan ke menangan itu, delapan di an taranya terjadi di Anfield, ter masuk saat menang 3-1 a tas MU.

Hasil itu juga mematahkan dominasi MU dalam tiga perte-muan terakhir yang selalu di-menangi Setan Merah. Selain itu, duel tadi malam adalah laga ke-20 antara Kenny Dal-glish dan Alex Ferguson seba-gai pelatih. Ferguson unggul dengan 7 kemenangan berban-ding 5. Kemenangan terakhir Dalglish di Liga Primer terjadi pada September 1990 di Anfi eld

dengan skor 4-0.Dalam duel itu, Dirk Kuyt

menjadi pahlawan Liverpool de ngan mencetak hattrick. Gol perdana Kuyt tercipta berkat kerja keras Luis Suarez pa da menit 34. Mendapat bola di sisi kanan pertahanan the Red Devils, Suarez melewati tiga pemain bertahan MU.

Ia kemudian menendang bola

melewati Van der Saar. Bola sudah mengarah ke gawang, tetapi kemudian disontek Kuyt. Kuyt kembali mencetak gol ke-duanya memanfaatkan assist Nani yang tidak akurat mem-buang bola.

Umpan silangnya justru di-sundul Nani ke belakang te-pat di posisi Kuyt. Gol keti ga pemain asal Belanda itu me-

manfaatkan bola mantul ha-sil tendangan bebas Suarez, se dangkan gol balasan MU dilesakkan Javier Chicharito Hernandez menit 90.

Dengan kemenangan itu, Liverpool naik setingkat ke po sisi enam dengan 42 angka meng geser Bolton, sedangkan MU tetap di puncak dengan raihan 60 poin. (NG/R-1)

SEBUAH lelang saham Twitter belum lama ini di pasar kedua menunjukkan kepada investor bahwa nilai perusahaan ter-sebut (Twitter) adalah US$7,7 miliar. Nilai itu dua kali lebih besar jika dibandingkan de-ngan penilaian layanan internet microblogging pada Desember tahun lalu.

Investor berani membeli se-tiap saham Twitter dengan US$34,5 dalam sebuah lelang yang digelar Sharespost, perusahaan sekuritas swasta yang mengumumkan berita tersebut pada Jumat (4/3).

Karena itu, berdasarkan perkiraan 223,7 juta saham Twitter dalam daftar yang dikeluarkan Sharespost di situs mereka, nilai total saham akan menca-pai sekitar US$7,7 miliar.

Penilaian itu meningkat setelah para investor berlomba-lomba membeli saham perusahaan yang diprediksi akan menjadi Google berikutnya. Karena itu, tidak mengherankan jika lelang saham Twitter, menurut Sharepost, telah kelebihan pendaftar. (Rtr/OL-11)

ASNI HARISMI

PERUM Bulog akan mendapat tambahan dana Rp1 triliun guna memperkuat cadang-an beras pemerintah, sekaligus memperbanyak serapan beras dalam negeri.

Cadangan beras pemerin-tah (CBP) minimal yang harus tersedia di gudang Bulog pada tahun ini adalah 1,5 juta-2 juta ton. Adapun target serapan be-ras dalam negeri 3,5 juta ton.

Menurut Direktur Utama Perum Bulog Sutarto Alimoeso, tambahan dana tersebut telah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Keuangan (Ke-men keu). Namun, dia belum mendapatkan kepastian kapan dana itu cair.

Demikian pula soal kualitas beras yang boleh diserap de-ngan anggaran tersebut, Su-tarto belum dapat memastikan. Dana Rp1 triliun itu untuk mem perkuat CBP. Tetapi un-tuk kualitas beras yang boleh di serap Bulog dari anggaran ini, terserah pemerintah yang me mutuskan, imbuh Sutarto.

Hal itu terkait dengan keluar-nya Peraturan Menteri Pertani-an (Permentan) No 05/2011 tentang Pedoman Harga Pem-belian Gabah dan Beras di Luar Kualitas. Permentan memung-kinkan Bulog membeli gabah di atas kualitas yang ditentukan dengan harga lebih tinggi da-

ripada harga pembelian peme-rintah (HPP).

Saat ini, HPP diatur dengan Inpres No 7/2009 tentang Ke bijakan Perberasan, yang me matok harga pembelian be ras Rp5.060/kg, gabah ke-ring panen (GKP) di petani Rp2.640/kg, dan GKP di peng-gilingan Rp2.685/kg.

Tetapi, Sutarto berkeras, de-ngan keluarnya permentan, ti dak berarti Bulog bisa menye-rap beras di atas kualitas me-dium. Kalau Bulog harus membeli di atas kualitas, harus ada inpresnya. Permentan itu hanya daftar harga dan ti dak ada ketentuan pencairan uang-nya bagi Bulog.

Dengan demikian, perlu ke-pastian apakah tambahan ang-garan Bulog Rp1 triliun terkait dengan keluarnya permentan.

Sebelumnya, anggaran public service obligation Bulog di 2011 adalah Rp15,3 triliun.

TerlambatDalam menanggapi tambahan

dana bagi Bulog, pengamat per-tanian Khudori mengatakan hal tersebut terlambat dilakukan. Seharusnya pencairan dana dilakukan sebelum panen raya, akhir Februari lalu.

Lebih bagus jika bisa dilaku-kan Januari. Kalau terlambat begini, berasnya sudah diserap spekulan terlebih dahulu, ujar Khudori.

Karena itu, Khudori mene-gaskan, DPR dan pemerintah harusnya bisa mengubah meka-nisme pencairan dana agar bisa dilakukan lebih cepat.

Khudori juga mengkritisi Inpres No 7/2009 yang masih menggunakan HPP Rp5.060/kg. Menurutnya, harga itu su-dah tidak sesuai. Di lapangan, walaupun sudah panen raya, harga beras bergerak di atas HPP. Ini harus disesuaikan de-ngan keadaan sekarang.

Permentan No 5/2011, menu-rut dia, tidak cukup memberi-kan kepastian kepada Bulog. Permentan belum jelas meng-atur soal siapa yang menang-gung kerugian Bulog dalam penyerapan beras. Seharus-nya diterbitkan inpres baru. (*/X-10)

asni@mediaindonesia.com

Bulog Dapat DanaTambahan Rp1 TLebih penting mengubah mekanisme pencairan dana agar bisa dilakukan lebih cepat.

Dana Rp1 triliun itu untuk

memperkuat CBP. Tetapi untuk kualitas beras, terserah pemerintah.Sutarto AlimoesoDirut Bulog

MACET di jalur Puncak, Bogor, sudah biasa, terutama pada setiap akhir pekan atau hari libur nasional. Namun, kemacetan pada Sabtu hingga Minggu (5-6/3) kemarin, sungguh luar biasa. Ribuan kendaraan tidak bergerak dari dua arah, selama sekitar 13 jam.

Akibatnya, banyak warga yang akan berlibur ke Puncak terpaksa menginap di mobil atau gagal total. Begitu juga para pencari nafkah di jalur tersebut, misalnya sopir angkutan umum, rugi.

Penyebab utama kemacetan adalah banyaknya mobil yang mengarah ke Puncak pada dua hari libur itu. Berdasarkan catatan petugas Tol Ciawi, kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak dari pukul 06.00 WIB (5/3) sampai 06.00 (6/3) sebanyak 27.197 buah. Normalnya pada Sabtu-Minggu, jumlah kendaraan dari Jakarta ke Puncak sekitar 22 ribu, kata

supervisor gerbang Tol Ciawi Dedi Suparna, kemarin.

Selain volume kendaraan, kemacetan di Puncak terjadi akibat penutupan jalur karena rombongan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang berkunjung ke Istana Cipanas dan Taman Safari Indonesia.

Berdasarkan kesaksian Rahmat, warga di Cipanas, jalur ditutup bukan hanya untuk iring-iringan Presiden, melainkan juga ketika pejabat lain dan pengawalnya lewat.

Dia berharap kalau Presiden berkunjung ke Puncak sebaiknya menggunakan helikopter karena begitu rentannya kemacetan di daerah wisata tersebut.

Anggi, warga Bintaro, Tangerang Selatan, pun menyatakan kekesalannya karena acara wisata bersama keluarganya berantakan. Macetnya begini. Liburan jadi gagal, keluh Anggi. Padahal, menurutnya, ia berangkat dari rumahnya pukul 07.00. Namun, hingga

pukul 13.00, dia masih berada di pintu Tol Gadog.

Ungkapan penuh kekesalan juga disampaikan sejumlah sopir angkutan umum. Misalnya Sandi, sopir angkutan jurusan Cisarua-Sukasari, mengatakan seharian hanya bisa menarik satu rit. Saya keluar rumah pukul 05.00, tapi sampai siang ini hanya bisa narik satu rit. Penghasilan baru dapat Rp60.000, gak bisa buat setor.

Menurutnya jika normal, dalam 8 jam ia narik tiga rit.

Selain faktor tersebut, kemacetan juga akibat tidak teraturnya mekanisme buka tutup jalur. Seharusnya penutupan arus dari Gadog ke Cisarua dimulai pukul 09.00-12.00 dan dilanjutkan satu arah pukul 14.30-18.30 dari Cisarua ke Gadog. Namun, kemarin, penutupan jalur dari Cisarua hingga Gadog pada pukul 07.00-10.00, kemudian pada 12.00-14.00, dan pukul 15.00-20.00. (Dede Susianti/X-5)

PHIL COLLINS resmi memutuskan mundur dari dunia musik yang telah digelutinya selama hampir 40 tahun. Satu-satunya alasan atas keputusannya itu ialah masalah kesehatan.

Pria kelahiran Inggris, 60 tahun silam ini menderita gangguan pendengaran, dislokasi tulang punggung, dan keru-sakan saraf tangan akibat bermain drum dalam jangka waktu yang sangat lama.

Ini saat tepat untuk mengakhiri se galanya. Saya pikir tidak akan ada orang yang akan merindukan saya, ungkap Collins dalam wawancara dengan majalah FHM. Sejak berce-rai dengan istri ketiganya, Orianne Cevey, pada 2007, Collins tinggal sendirian di Swiss.

Penyanyi sekaligus pencipta lagu ini juga merasa pa-ra penggemarnya tidak lagi senang dengan karya-

kar yanya. Saya menonton MTV Music Award dan berpikir bahwa saya sudah tidak bisa lagi berada di bisnis ini, tu turnya. Saya akan berlibur atau ber-sepeda ke tempat misterius dan tidak akan kembali lagi, tambahnya.

Ia mengaku saat ini ia tengah fokus mengurus dua anak lelakinya, Nicholas

dan Matthew, buah pernikahan dengan

Orianne Cevey. Saya tidak ta-kut dengan ke-nyataan kelak saya tidak bisa bermain drum

lagi. Saya lebih khawatir penya-

kit ini mem-

buat saya tidak bisa menafkahi anak-anak saya, tukasnya.

Collins merengkuh popularitas di du nia musik selama hampir 40 tahun sebagai penyanyi dan penabuh drum di grup band rock, Genesis. Ia pun meraup sukses sebagai salah satu penyanyi solo b