Sejarah Polimer

Click here to load reader

  • date post

    20-Jul-2015
  • Category

    Education

  • view

    118
  • download

    16

Embed Size (px)

Transcript of Sejarah Polimer

Slide 1

Kelompok :Arya Anugrah4. Feby HariDedi Setiawan5. Rifky CahyadiDolly Junior6. Riska AdityaSEJARAH TERBENTUKNYA POLIMERSejarah AwalPerkembangan polimer dimulaipada tahun 1811 ketika HenriBraconnot memperkenalkansenyawa turunan Selulosa. Yangkemudian, disusul denganPerkembangan polimer alamRubber/Karet yang merupakanpolimer semi sintesis terpopulerpertama.

Lanjutan...Pada tahun 1833, Jons Jacob Berzelius memperkenalkan istilah polimer untuk pertama kalinya Yang di kembangkan dari penelitian Senyawa Selulosa dan Rubber/Karet. Kata polimer berasal dari bahasa Yunani, Poly yang artinya banyak dan Meros yang berarti bagian.

Berkembangnya PolimerBerkembangnya industri polimer ini diawali ketika Charles Goodyear dari Amerika Serikat berhasil menemukan vulkanisasi karet pada tahun 1839. Setelah itu berbagai modifikasi polimer pun mulai berkembang Seperti, pada tahun 1870 terjadi Modifikasi selulosa dengan asam nitrat

Lanjutan...Pada tahun 1907 telah di temukanDamar Fenolik. Di tahun itu jugaseorang ilmuan bernama LeoBaekeland telah Menciptakanpolimer sintetis yang disebut denganBakelit melalui Reaksi phenoldengan formaldehid. Bakelit inikemudian diperkenalkan Pada tahun1909.

Polimer Semakin BerkembangPada tahun 1920-an, ada usulan bahwa polimer bisa disintesis dari monomer penyusunnya. Giulio natta (Italia) dan Karl Ziegler (German) memberikan kontribusi begitu penting dibidang tersebut dimana mereka mengembangkan katalis Ziegler-Natta.

Karl ZieglerGiulio NattaLanjutan...Kontribusi besar juga diberikan oleh Paul Flory. Beliau meneliti tentang kinetika polimerisasi tahap pertumbuhan, polimerisasi adisi, transfer rantai, teori larutan Flory -Huggins dan Kaidah Florry. Hingga pada tahun 1922, Hermann Staudinger mengusulkan bahwa polimer terdiri dari rantai panjang ataom-atom yang terikat bersama-sama melalui ikatan kovalen.

Lanjutan...Polimer semakin berkembang Pada tahun1930 Ditemukan Polifenol etena atauPolistirena lalu Pada tahun 1933 DitemukanPolietena Atau Polietilena di laboratoriumICI Di Winnington, Chesire. Dan AkhirnyaPolimer terus berkembang.