Sejarah (Peminatan) X Peradaban kuno Amerika (Maya, Inca, Aztec)

download Sejarah (Peminatan) X Peradaban kuno Amerika (Maya, Inca, Aztec)

of 27

  • date post

    18-Jan-2017
  • Category

    Education

  • view

    3.966
  • download

    87

Embed Size (px)

Transcript of Sejarah (Peminatan) X Peradaban kuno Amerika (Maya, Inca, Aztec)

SEJARAH PERADABAN KUNO AMERIKA

SEJARAH PERADABAN KUNO AMERIKABenua Amerika, sebelum kedatangan bangsa barat, telah dihuni oleh suku-suku Indian yang diperkirakan berasal dari Asia. Bangsa indian yang berkembang di Amerika terdiri dari diantaranya; Suku Aztec, Maya dan Inca.Trie Nakita Tina M. Erlangga Inga - Dliya X IPS 1

1

PETA PERSEBARAN SUKU AZTEC, MAYA DAN INCA

2

PERADABAN MAYAAwal didirikan pada masa Pra-Klasik (2000 SM sampai 250 M).Menurut kronologi Mesoamerika, banyak kota-kota Maya mencapai pembangunan negara tertinggi mereka selama periode klasik (250 M 900 M)Berlanjut sepanjang Post-Classic Periode sampai kedatangan orang Spanyol di Yucatan.SUKU MAYA

Suku maya terletak di Meksiko Selatan dan Amerika Tengah. Wilayah kerajaan Maya meliputi Semenanjung Yukatan (Meksiko), Honduras, dan Guatemala. Pusat peradabannya di Semenanjung Yukatan. Berbatasan dengan Samudera Pasifik di Sebelah barat, dan Laut Karibia di Sebelah timur.LetakGeografis:

Peradaban mereka berpusat pada kehidupan Agraris.Mata Pencaharian:Bertani: - Merupakan Mata pencaharian utama. - telah mengenal sistem Irigasi dan terasering. Mereka membangun kebun Chinampa di pulau-pulau buatan yang subur atau di danau-danau yang dangkal di Lembah Meksiko. Tanaman pokoknya adalahjagung.MATA PENCAHARIAN

Chinampa

Menangkap ikan sepanjang pantaiMemelihara hewan, seperti Kalkun dan AnjingMemintal kapas untuk tekstilBerdagang

- Suku Maya memuja banyak dewa/Pholithisme (Dewa Laut, Dewa Matahari, Dewa Hujan, Dewa Musim Semi)- Mengenal upacara pemujaan yang mengorbankan nyawa manusia. Mereka percaya matahari harus makan jantung dan darah manusia untuk menentukan kelangsungan hidup dunia.

KEPERCAYAAN

SOSIAL & BUDAYA Pada zaman batu, suku ini sudah mengenal sistem pertanian, Seni membuat bangunan, sampai tradisi kecantikan.Produk Budaya:Tulisan: menggunakan gambar & simbol, yang disebut glyph terdapat 850 characters. Media tulisannya adalah kulit pohon/ kulit rusa.EpgrafiKalender: 1 tahun 18 bulan, 1 bulan 20 hari dan 1 bulan yang berjumlah 5 hariMengembangkan ilmu Matematika (videsimal) dan AstronomiDrama tradisional (Rabinal achi)Senjata yang disebut Atlati, yakni semacam busur & Panahnya

ARSITEKTUR`Era SM: mulai membuat pusat upacara keagamaanPada tahun 600 M mulai berkembang sistem kotaPada periode Klasik, telah terdapat 40 kota dengan populasi antara 5000-50.000 jiwaKota-kota terpenting, antara lain; Tikal, Uaxactun, Copn, Bonampak, Dos Pilas, Calakmul, Palenque, dan Rio Bec.Bangunannya terbuat dari batu (biasanya batu kapur)

Tikal

Situs tertua didunia yang berbentuk piramid bersisi terjal.Temple of the Mask merupakan salah satu cand iyang ada dikompleks candi Tikal

10

PERADABAN INCA- Kerajaan Inca bermula dari sebuah suku kecil Yang tinggal di daerah Cuzco, Peru sejak kira-kira tahun 1200.- Selama 100 tahun berikutnya, Inca menaklukkan bangsa demi bangsa sampai kerajaan mereka membentang hampir seluruh panjang barat Amerika Selatan.- Sekitar 100 tahun setelah mereka telah tumbuh menjadi sebuah kekaisaran yang membentang panjang dari Amerika Selatan, Spanyol menaklukkan peradaban Inca.SUKU INCA

Suku Inca bermukim di Pegunungan Andes (Peru) pada abad ke-10 hingga ke-16. pusat pemerintahannya ada di Cuzco, yang berada di ketinggian 3362 meter dari permukaan laut. Menurut legenda, kota Cuzco ditemukan oleh Manco Capac, pemimpin mereka yang pertama LetakGeografis:

MATA PENCAHARIANBerpusat pada kehidupan Agraris atau Pertanian. Tanaman; Kacang-kacangan, Jagung, merica, tomat, dan kentang.Mereka sudah mengenal terasering untuk menahan Banjir.Pejabat pemerintah memegang kendali untuk menentukan pekerjaan apa yang akan di kerjakan seseorang.

SISTEM KEPERCAYAANDalam bidang religi, bangsa Inca mempercayai dewa matahari.Tidak diketahui dengan pasti apakah bangsa Inca juga melakukan upacara pengorbanan manusia seperti bangsa Aztec ataupun Maya.Disamping memuja dewa matahari, bangsa Inca juga melakukan pemujaan terhadap roh para leluhurnya.

SOSIAL & BUDAYAMasyarakat Inca terdiri dari Ayllus yaitu kumpulan sekelompok suku/clan yang hidup dan bekerja bersama-sama. Setiap Allus dipimpin oleh seorang Curaca/kepala. Setiap keluarga hidup di rumah yang terbuat dari batu & beratapkan Jerami.

Mereka membangun Benteng yang juga berfungsi sebagai tempat pemantauan setiap orang yang keluar masuk kota. Teknik bangunannya sudah memakai batu-batu persegi juga batu poligonal. Monumen lainnya yang terkenal ialah Gerbang Matahari di Tinhuanaco (500-1000M). jembatan gantung melintas sungai dan jurang sebagai bagian dari jaringan jalan yang diperkeras yang panjangnya kurang lebih 12000km.

ARSITEKTUR

PERADABAN AZTECBerdiri sekitar tahun 1298 M dan mencapai puncak kejayaannya pada tahun 1450 M.Suku Aztec adalah orang-orang Mesoamerika pra-Colombus di Meksiko Tengah pada abad ke-14.Mereka menyebut diri mereka MeksikaSuku Aztec berkeliling Meksiko selama sekitar 200 tahun sebelum mereka menetap di Lembah Meksiko. Aztec duduk di tanah rawa di sekitar Danau Texcoco.Setelah mereka menetap, suku Aztec mulai menaklukkan suku-suku lain, seluruh Lembah Meksiko berada di bawah kendali mereka.Mengalami kehancuran setelah datangnya bangsa Spanyol, dengan raja terakhirnya Monte Zuma II.

SUKU AZTEC

17

Suku Aztec terletak di Meksiko tengah. Pusat peradaban Aztec adalah Lembah Meksiko, baskom-oval besar sekitar 7500 meter di atas permukaan. Kekaisaran Aztec termasuk banyak kota-kota terutama di Lembah Meksiko. Kota terbesar di Kekaisaran itu adalah modal, Tenochtitlan.LetakGeografis:

18

MATA PENCAHARIANSebagian besar mata pencaharian bangsaAztec adalah:Berdagang: hasil Pertanian, Perhiasan, Ayam, rusa, Anjing, dsb.- Bertani: Alpukat, Kacang merah dan Jagung.Membuat kerajinan dari emas dan perak untuk perhiasanIbukota Aztec berkembang pesat sebagai pusat dagang.Mereka membangun sampan untuk menangkap ikan dan berburu.Mereka mengisi rawa-rawa dengan kombinasi alang-alang dan batu dan kotoran untuk menciptakan lebih banyak lahan pertanian.

19

SISTEM KEPERCAYAANBangsa Aztec adalah bangsa yang gemar berperang. Bagi mereka perang merupakan bagian dari budaya sendiri dan bagian dari sistem kepercayaan.Mereka menyembah banyak dewa atau Polethisme.

20

Mereka meyakini bahwa pengorbanan manusia merupakan tugas suci dan wajib dilakukan agar dewa matahari tetap memberikan kemakmuran bagi manusia. Upacara dilakukan di atas Altar dipuncak piramid dengan cara mengambil jantung korban untuk pendeta.

21

SOSIAL & BUDAYAProduk Budaya:Bangsa Aztec hampir saja menjadi bangsa penemu sepakbola. Namun putusan tersebut tidak jadi diberikan FIFA, Karena bangsa Aztec menggunakan kepala musuh (yang sudah dipenggal) sebagai bola mereka.Senjata yang disebut Macuahuitl, Bentuknya seperti pedang bergerigi.Patung dewa-dewaReliefTopeng batu pirus, dsb.Suku Aztec mewajibkan setiap anak laki-laki maupun perempuan dan budak untuk bersekolah. Ada sekolah yang berbeda untuk tujuan yang berbeda, tapi semua orang harus sekolah.

22

ARSITEKTURBangsa Aztec memiliki seni arsitektur yang amat tinggi, namun sederhana. Mereka lebih mementingkan fungsi daripada keindahan lahiriah. Beberapa bangunan Suku Aztec adalahPiramid: yang berfungsi sebagai tempat peribadatan dan upacara keagamaan dan kurban bagi dewa matahari.Rumah-rumah bangsa Aztec

23

BEBERAPA PENINGALAN SUKU AZTEC

Xochipilli

Tlazolteotl

24

Rumah Tradisional Suku Aztec

25

DAFTAR PUSTAKAhttp://www.google.co.idhttp://mohat.blogdetik.com/2010/05/23/sejarah-peradaban-bangsa-aztec-inca-dan-maya/http://dwiluky.wordpress.com/2011/05/07/sejarah-bangsa-aztec/http://husna2012.blogspot.com/2013/01/peradaban-suku-maya.htmlhttp://asikpuisi.blogspot.com/2012/03/makalah-perkembangan-bangsa-aztec_07.htmlhttp://www.anneahira.com/peradabansukumaya.htmhttp://library.thinkquest.org/10098/mayan.htmhttp://www.slideshare.net/ThompsonFreeport/mayaaztecandincahttp://www.britannica.comhttp://tulisdunia.blogspot.com/2009/10/kebudayaan-suku-inca.htmlhttp://aztecs.mrdonn.org

PUSTAKA GAMBARAztec Sacrifice:www.d.umn.eduAztec battle: clio.missouristate.eduAztec Home:www.mexicolore.co.uk www.westmifflinmoritz.comNew aztec: forums.taleworlds.comAztec God 1: shadedbower.wordpress.comAztec God 2: cookjmex.blogspot.comAztec God 3:www.metmuseum.orgAztec Pyramid: cakecentral.comAztec Art:www.petertsaiphotography.comMaya Sacrifice:www.latinamericanstudies.orgMaya Calendar: fineartamerica.com