Save our tembawang

download Save our tembawang

of 18

  • date post

    02-Apr-2016
  • Category

    Documents

  • view

    216
  • download

    2

Embed Size (px)

description

Save Our Tembawang Explaining for our campaign

Transcript of Save our tembawang

  • #SaveOurTembawang

    Copyright (c) Tembawang.com 2014

  • #SaveOurTembawang

    Mempertahankan warisan sistem pengelolaan hutan yang terbukti adil, lestari, dan mensejahterakan masyarakat

  • About Our CampaignTembawang adalah sistem pengelolaan hutan secara kompleks, namun saat ini keberadaan tembawang terancam oleh banyak hal.

    kampanye Save Our Tembawang adalah sebuah media untuk meningkatkan kembali kesadaran betapa pentingnya menjaga dan melestarikan tembawang, dalam kampanye ini akan kami sampaikan manfaat dan bagaima-na cara kelola tembawang sehingga tidak hanya bermanfaat secara ekologi tetapi juga berkontribusi maksimal terhadap kesejahter-aan masyarakat

    Untuk menjadi bagian dari perlindungan dan pelestarian tembawang ini, silahkan like Fanspage FB Kami http://www.facebook.com/tembawang? dan tweet dengan hastag #Save-OurTembawang

  • Thanks For.....

    Ucapan terima kasih tak terhingga kepada seluruh pendukung kampanye ini yang telah menyukai Fanspage facebook kami http://www.facebook.com/tembawang dan telah mentweet dengan hastag twitter #SaveOurTembawang dengan dukungan luar biasa dari anda, berarti kita telah menyelamatkan kehidupan seluruh mahkluk dunia.

  • Tembawang merupakan warisan sistem kearifan mas-yarakat (khususnya suku dayak) dalam pengelolaan sumber daya hutan yang terbukti adil, lestari, dan memiliki nilai yang tinggi bagi kehidupan masyarakat dalam satu keluarga, komunitas, kampung, dan binua (masyarakat luas).

    Istilah tembawang (untuk mempermudah) penyebutan bagi sistem tersebut, karena sesungguhnya setiap sub suku dayak (bahkan komunitasnya) memiliki penyebu-tan dengan istilah lain. Seperti, masyarakat dayak kanayatn menyebut timawakng, uud danum menyebut rundang kemurlan atau karloka kermurlan, melahoi menyebut kelokok, orang iban menyebut temawai, be-berapa suku bangsa dayak Kabupaten Sanggau menye-but tembawang Mawa dan Mbawa, Kabupaten Beng-kayang mennyebutnya dengan istilah timau. Orang krio menyebut Pengampong dan Tamawakng, dan di Kabu-paten Melawi mengenal tembawang dengan istilah Kla-ka dan Gupung, orang Kayaan di Kapuas Hulu menyebut Lepuun. Di Kalimantan timur orang benuaq menyebut Lembo atau Simpukng, orang tunjung menyebut Mu-nan, orang Loksado Kalsel menyebut Dalung Buah.

  • Tembawang merupakan kawasan yang banyak ditumbuhi oleh berbagai jenis pohon buah-bua-han, berbagai jenis kayu kalimantan, rotan, bambu dan tumbuhan asli kalimantan maupun tanaman (pendatang) lainnya. Tanaman tersebut sengaja ditanam maupun secara alami tumbuh, sehingga komposisi tanaman bervariasi mem-bentuk ekosistim unik, dan menjadi tempat hidup satwa liar.

  • Proses Terbentuknya Tembawang

    Rimba

    Ladang Pemukiman

    Keluarga Keluarga besar Kampokng Binua

    Tembawang

    Aturan Adat

    Sumber : Sampan Kalimantan

    Pembentukan tembawang berawal dari pembukaan hutan bebas untuk perladan-gan beserta pondokan yang dikerjakan secara bersama. Proses tersebut kemudian membentuk sistem tenurial yang terbagi mejadi hak kelola individu/keluarga, keluarga besar, komintas, dan publik. Pola penguasaaan Tembawang secara penuh diatur dan tun-duk pada hukum adat dalam satu wilayah komunitasnya.

  • Tanaman di areal tembawang paling tidak berisi Tengkawang, durian, langsat, mentawa, patingan, nang-ka, pinang, kelapa, duku, pekawai, kemantan/kalimantan, rambai, kapul, kalik, sibo, cempedak, trembrenang, bunyo, manggis, satar, keranji, bawang, jantak, kemayo,tempasi, mentawai, asam pauh, rambutan, jambu, asam atau koli, tengkalak, rambutan, nyolik, keladi, keribakng, sawi hutan, terong asam, ketimun, meranti, ulin, bambu, rotan, dan lain sebagainya. Selain itu terdapat kuburan, tempat ritual, dan lain sebagainya.

    Ada apa di dalam tembawang?

  • Hasil dari Tembawang digunakan sebagai sumber bahan makanan; sumber pendapatan keluarga; Sumber bibit; Tempat upacara adat dan bahan untuk ritual adat; Sumber bahan bangunan, tali temali, obat-obatan; bahan baku perkakas kerja dan rumah tangga; menjaga sikus hidrologi, dan; tempat hidup binatang, serta; kemam-puan dalam menyerap karbon CO2.

  • Sayur-Mayur yang mudah didapat di areal tembawang

  • Buah-buahan

  • Bahan Baku Kerajinan Tangan

  • Situs budaya dan tempat keramat

  • Sumber Bacaan : Sampan Kalimantan