Satelit Ikonos

Click here to load reader

  • date post

    21-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    22
  • download

    2

Embed Size (px)

description

Karakteristik singkat dari Satelite Ikonos

Transcript of Satelit Ikonos

SATELIT

SATELITIKONOSKelompok 8 : Alfa Husnul E. Burhanudin Azhari M. Randi Pratama Lia Hikmayati Sekilas Tentang IkonosSatelit IKONOS adalah satelit resolusi tinggi yang dioperasikan oleh GeoEye, berada dibawah Lockheed Martin Corporation sebagai Commercial Remote Sensing System (CRSS) satelit.Ikonos berasal dari bahasa Yunani yang artinya citra/gambar PELUNCURAN PERTAMASeptember 1999 di Vandenberg Air Force Base, California, USA ( Gagal )

PELUNCURANKEDUA24 September 1999 di Space Launch Complex 6 (SLC-6) , Vandenberg Air Force Base,California,USA ( awalnya direncanakan akan diluncurkan tahun 2000 )(Berhasil)

KepemilikanSatelit Ikonos : GeoEye Inc. dan Lockheed Martin Corporation

Satelit Ikonos :Space Imaging Agency (USA),DuluSekarangKarakteristik Satelit IkonosMempunyai resolusi spektral 4 band (R, G, B, dan NIR) serta dalam moda pankromatik dengan resolusi spasial 1 meter dan mempunyai resolusi spektral 1 band (band pankromatik).

Resolusi SpasialIkonos adalah satelit dengan resolusi spasial tinggi yang mampu merekam data multispektral 4 kanal pada resolusi 4 m (citra berwarna) dan sebuah kanal pankromatik dengan resolusi 1 m (hitam-putih). Ini berarti Ikonos merupakan satelit komersial pertama yang dapat membuat image beresolusi tinggi.Dengan kedetilan/resolusi yg cukup tinggi ini membuat satelit ini akan menyaingi pembuatan foto udara. Ikonos merupakan satelit komersil yang berosolusi tinggi( 1 meter untuk pankromatik ,dan 4 meter untuk multispektral )dengan ketelitian 225 kali ketelitian citra landsat 7 Data ikonos terekam dalam 11 bit,kualitas jauh lebih detail dari pada citra yang perekamnya 8 bit.resolusi ikonos sebanding dengan resolusi udara. Resolusi Spasial Pada Citra Satelit IKONOS (Band Width Spatial Resolution )

Pankromatik 0,45 0,90 m 1 meter Band 1 0,45 0,53 m (biru) 4 meter Band 2 0,52 0,61 m (hijau) 4 meter Band 3 0,64 0,72 m (merah) 4 meter Band 4 0,77 0,88 m (infra merah) 4 meter PETAK AREA UKURAN LEBAR DAN LUAS Petak : 11 km x 11 km (single scene) ORBIT Orbit : 98.1 derajat, sun synchronous Kecepatan pada Orbit : 7.5 km/detik Kecepatan diatas bumi :6.8 km/detik Kecepatan mengelilingi Bumi : 14.7 kali tiap 24 jam Ketinggian : 681 kilometer Masa Operasi : 7 tahun lebih RESOLUSI Resolusi pada Nadir : 0,82 meter (panchromatic) 3,2 meter (multispectral ) Resolusi 26 Off-Nadir : 1,0 meter (panchromatic) 4,0 meter (multispectral) Cakupan Citra : 11,3 kilometer pada nadir 13,8 kilometer pada 26 off-nadir Waktu Melintas Ekuator : Nominal 10:30 AM waktu matahari Waktu Lintas Ulang : Sekitar 3 hari pada 40 garis lintang Saluran Citra : Panchromatic, blue, green, red, near IR Dynamic Range : 11-bit per pixel

Spesifikasi :Satelit IkonosProduk Citra

Ini adalah citra dari lokasi pembangunan venue Olimpiade London. Diambil tahun 2010

Kelebihan & KekuranganKelebihan :Citra ikonos memiliki resolusi yang tinggi. Bahkan sampai dengan 60 cm (pankromatik) dan 4 m (Multispektral) sehingga dapat melihat dengan lebih detail.Merupakan satelit komersial, yang datanya diperjualbelikan , anda bisa memesannya lewat online shop Kekurangan :1. Ada kecenderungan Ikonos ini sering melebar pada saat dicek dengan lapangan. mungkin faktor kalibrasi dan koreksi untuk alat perlu diketahui. 2. Harganya yang lumayan mahal (sekitar $ 132/km2/ Rp. 1.716.000 ). Harga citra ikonos dikatakan mahal karena citra dengan harga sekitar itu, maka user langsung memperoleh gambar citra yang up to date ataupun citra yang sesuai dengan keinginan pembeli / usernya. 3. Akuisisi yang sedikit sulit untuk daerah berawan. Biasanya daerah yang tertutup awan akan menghasilkan gambar citra yang kurang baik,. 4. Sulit mendapatkan akurasi spasial yang baik, terutama misalnya dalam usaha perhitungan kuantitatif (misalnya dalma penghitungan luasan dan volume) 5. Membutuhkan pemrosesan yang agak sedikit 'rumit' karena karakter pengambilan data yang seringkali tidak nadir (tegak lurus).

Terimakasih