Sahabat Pena Edisi 443 Tahun 2014

36
1 Edisi 443 | 2013

description

sahabat para pecinta persahabatan dan pengetahuan

Transcript of Sahabat Pena Edisi 443 Tahun 2014

  • 1Edisi 443 | 2013

  • 2 Edisi 443 | 2013

  • Hai Sobat, apa kabar semua?

    Halo Sobat, wah tak terasa ya kita sudah berada di penghujung tahun 2013 dan dalam beberapa hari lagi akan menyambut awal tahun 2014. Menjelang tahun baru, semua orang telah mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangannya. Ada yang merencanakan untuk berlibur ke suatu tempat bersama keluarga, membeli baju baru beserta aksesorisnya, saling bertukar hadiah, mengadakan sebuah pesta kecil, berkumpul bersama teman, hingga jalan-jalan ke luar negeri. wah, asik ya Sob?

    Namun sebetulnya inti dari datangnya tahun baru bukan hanya seperti itu. tapi sejauh mana kita dapat melakukan evaluasi diri di tahun yang telah kita lewati untuk perbaikan di tahun berikutnya. Tak ada salahnya Sobat merenungkan kembali apa yang telah dilalui selama tahun 2013, seluruh kejadian yang menimpa diri kita mulai dari awal hingga akhir tahun, baik itu berupa hal-hal kecil ataupun hal-hal besar yang memberikan dampak yang besar bagi diri kita ataupun orang lain. Hari demi hari, bulan demi bulan yang sudah kita lalui, baik itu susah maupun senang, sedih maupun gembira, naik maupun turun, hal yang enak maupun hal yang tidak mengenakan, semua itu telah bercampur baur, seiring waktu berjalan. Dengan merenungkan kembali semua itu, diharapkan Sobat dapat mengevaluasi hal apa saja yang selama ini belum tercapai dan yang akan dijadikan prioritas di tahun berikutnya.

    Pergantian tahun merupakan momen penting bagi kita untuk introspeksi (muhasabah), melihat kembali apa yang telah kita kerjakan pada masa yang lalu untuk berbuat lebih baik di masa yang akan datang. Karena itulah penting bagi kita untuk selalu mengabadikan momen terbaik, entah melalui catatan harian/diary, foto, ataupun kamera video. Hal ini juga akan memudahkan Sobat dalam membuat rencana ke depan, entah jangka pendek ataupun jangka panjang. Di akhir tahun 2013 ini, tentunya bagi kita yang telah mempunyai rencana, ada baiknya kita melakukan evaluasi terhadap realisasi pencapaiannya.

    Jangan lupa juga Sob, sebagai manusia tentunya kita hanya bisa merencanakan segala sesuatu yang kita inginkan, setelah itu kita harus berusaha keras dan berdoa untk mencapai apa yang telah kita rencanakan tadi. Tak ada salahnya akhir tahun ini Sobat luangkan waktu dan berbagi cerita dengan keluarga di rumah tentang peristiwa yang telah dilalui di tahun 2013 atau rencana yang akan dicapai di tahun 2014 nanti. Semoga apa yang telah Sobat rencanakan dapat terwujud bersama orang-orang yang Sobat sayangi.

    Selamat Tahun Baru Sob!

    Salam Persahabatan

    Daftar Isi

    Editorial

    Dewan Penyunting/Tata Usaha:Gd. Wahana Bhakti Pos Lt. 7AJl. Banda No. 30 Bandung 40115Telp. (022) 4213640, Fax. (022) 4224542www.facebook.com/majalahsahabatpena

    Penerbit :

    Redaksi menerima sumbangan tulisan dan foto untuk majalah Sahabat Pena.Tulisan dan gambar/foto yang dimuat akan diberi imbalan sepantasnya yang dikirim melalui weselpos.

    Redaksi berhak mengubah atau menambah dengan tidak mengurangi isi naskah tersebut.

    ISSN 0216 - 3373STT : No. 025/SK/DitjenPPGI/STT/176

    SIT : No. 44-6/KAMDA/JB/74

    CTK. 1.83/MMM-MR/2013 3Edisi 443 | 2013

    SAHABAT PENAEdisi 443 | 2013

    Sampul :Citra ScholastikaFoto :Manajemen

    04 PErtEmuan Princess Jangan Pergi Lagi

    06 IPtEk 10 teknologi yang Digunakan Pak Pos

    08 maILbox aGEnPoS di Pesantren Perlu buat kamu

    10 trIbun Sebastian Vettel Sang Legenda baru Formula 1

    12 InFo Sahabat Creative Writing di Subang

    14 Sahabat kIta Citra Scholastika Sibuk karena Everybody Knew

    16 aLbum Sahabat

    22 ProFESI menjadi Penyanyi terkenal

    24 WISata bertemu Laskar Pelangi di Pameran buku terbesar Dunia

    27 PuISI

    28 aISItI memilih Smartphone yang tepat

    30 buDaYa ada Patung batak dan Jejak Da Vinci Code

    32 CErPEn Pulang

    34 ZoDIak

  • PERTEMUAN

    CTK. 1.83/MMM-MR/20134 Edisi 443 | 2013

    Jangan Pergi LagiMenjamurnya budaya K-Pop yang kian berkembang saat ini, menimbulkan banyak hal baru. Tak hanya menyangkut gaya hidup, unsur-unsur yang berbau Korea pun turut meramaikan belantika musik tanah air. Hal ini terbukti dengan maraknya grup musik boyband dan girlband yang memang mengadopsi unsur-unsur Korea tadi, mulai dari penampilan pakaian, performa dance, hingga beberapa judul dan lirik lagunya. Nah, salah satu grup musik yang hadir ini adalah girlband Princess.

  • CTK. 1.83/MMM-MR/2013 5Edisi 443 | 2013

    Princess girlband asal Indonesia yang dibentuk pada tahun 2011 ini, awalnya beranggotakan 5 (lima) orang, yaitu Ana Octarina, Elma Agustin, Hirania Soraya, Danita Vinarosa dan Rachel Octavia. Gadis-gadis cantik ini adalah asuhannya musisi ganteng dan sangat terkenal yaitu Kevin Aprilio di bawah naungan Aprilio Kingdom.

    Dalam kurun waktu satu bulan, dengan sangat cepat Kevin merekrut orang-orang hebat seperti Gege (koreografer

    Smash), Uchi (pelatih vokal Ryan dMasiv) dan ibunya sendiri, Memes untuk membentuk kematangan Princess secara vokal, dance, dan kepribadian. Di bulan itu juga tercetuslah single pertama mereka, Jangan

    Pergi yang diciptakan oleh Kevin sendiri.

    Namun beberapa minggu kemudian, Hirania mengumumkan bahwa ia harus meninggalkan Princess dikarenakan tidak dapat meninggalkan kuliah. Kepergian Hira sangat disayangkan baik oleh keempat anggota Princess maupun pihak label sebab Hira dianggap memiliki karakter yang unik dari segi suara maupun penampilan. Akhirnya Kevin membuat keputusan untuk mengajak Alika Islamadina bergabung ke dalam Princess. Namun seperti halnya Hirania, Alika pun tidak bertahan lama di Princess karena alasan studi, sehingga posisinya digantikan oleh pendatang baru bernama Patricia Devina.

    Dari awal terbentuknya, Girlband Princess telah menghasilkan beberapa hits yang sudah tidak asing lagi bagi penggemarnya, seperti lagu yang berjudul Jangan Pergi (2011), Kekasihku (2012), Saranghae (2012), Taubat Sebelum Terlambat (2013), dan Mantu Mantu Morotin Mertua (2013) yang merupakan OST. Sinetron Mantu-Mantu Morotin Mertua 2.

    Pada bulan Mei 2013, Rachel Octavia secara resmi mengundurkan diri dari Princess dengan alasan akan meneruskan studi S2. Hal ini tentunya membuat Kevin sedikit kewalahan mencari sosok pengganti Rachel dalam tubuh Princess. Memang tak mudah untuk mencari pengganti Rachel, namun yang terpenting baginya nanti, personel baru itu haruslah bisa menyesuaikan diri dengan keempat personel Princess lainnya, seperti kepribadiannya, chemistry, olah vokal, koreo, dan hal lainya, sehingga membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

    Sebagai pentolan Aprilio Kingdom, Kevin sendiri mengatakan sudah menemukan calon pengganti Rachel. Sudah dapat satu sih tapi belum bisa gue umumkan namanya. Lagi gue godok lah, yang jelas karakternya beda dan nggak mungkin sama. Tapi ya Insyaallah bagus ungkapnya. Penasaran kan Sob? kita doakan saja ya, siapapun nanti yang terpilih menjadi bagian dari Princess, semoga bisa membawa nama girlband ini menjadi lebih baik, dan jangan pergi lagi ke depannya.***

    ELMATgl. Lahir : 19 Agustus 1991Hobby : Traveling, kulinerAngka favorit : 7Warna favorit : UnguTokoh Idola :Marcell Candrawinata dan Chris Evan

    ANATgl. Lahir: 24 Oktober 1990Hobby: Berenang, nonton film, dengerin music, jalan-jalanAngka favorit: 24Warna favorit: Coklat, cream, putih, hitamTokoh Idola: Taylor Swift dan After School

    DANITATgl. Lahir: 14 November 1992Hobby: Nonton Kpop, fashionAngka favorit: 33Warna favorit: MerahTokoh Idola: DBSK

    PATRICIA

    Tgl. Lahir: 9 February 1996Hobby: Crafting, eating, drawing, traveling, playing pianoAngka favorit: 2, 16Warna favorit: Ungu, biruTokoh Idola: Siwon

  • Sobat, tahukah kamu bahwa Pak Pos dalam melayani orang-orang dalam berkirim surat barang maupun uang sangat mengandalkan berbagai perangkat teknologi. Bahkan, maju mundurnya bisnis pos sangat bergantung pada keberhasilannya mengadopsi teknologi.

    IPTEK

    CTK. 1.83/MMM-MR/20136 Edisi 443 | 2013

    Prangko. Yup, kertas mungil dan bergerigi ini bagi pos sangat vital kehadirannya. Prangko menjadi alat bukti paling praktis (cukup ditempel di sudut amplop) bahwa sebuah surat sudah dibayar ongkos kirimnya. Yang selanjutnya Pak Pos akan mengirimnya sesuai alamat tujuannya. Prangko menjadi tonggak sejarah beralihnya bisnis pos yang kuno menjadi modern. Kini prangko sedang dipertanyakan kelangsungan hidupnya. Apakah masih perlu atau dihapus saja, seiring dengan menguatnya teknologi barcode.

    1

    Masih ingat bagaimana dulu orang-orang mengirim kartu lebaran? Hari-hari menjelang Idul Fitri, kartu lebaran menggunung di Kantorpos. Dan begitu teknologi handphone beserta SMS hadir di Indonesia, maka dalam tempo singkat kartu lebaran tak lagi digunakan. Akibatnya? Ketika Idul Fitri tiba, Pak Pos hanya sedikit saja mengirim kartu lebaran.

    Nah, tulisan berikut ini memperlihatkan 10 jenis teknologi yang sangat menentukan jalannya bisnis pos.

  • Barcode dan Pembaca Barcode. Teknologi yang satu ini memang baru digunakan oleh Pos pada akhir abad ke-20. Seiring dengan digunakannya jaringan komputer yang terhubung secara online dengan komputer lainnya, maka menempelkan barcode pada kiriman pos sangat memudahkan pekerjaan pos. Betapa tidak, barcode yang terpasang merupakan wakil dari seluruh informasi tentang kiriman tersebut, siapa yang mengirim, jam berapa, dengan jenis layanan apa, siapa dan dimana penerimanya. Bahkan

    kiriman tersebut bisa di track & trace keberadaannya di manapun kapan pun oleh sang pengirim cukup melalui telepon genggam atau tablet mereka.

    Pasangan dari penggunaan barcode adalah mesin pembacanya. Pernah lihat Pak Pos zaman sekarang? Coba deh perhatikan, di sejumlah kota Pak Pos sudah dilengkapi dengan peralatan kecil tapi luar biasa canggih namanya

    mesin pembaca OCR (Optical Character Recognition). Yup, dengan mesin kecil nan canggih itu, maka surat yang telah diantar dan ditandatangani resinya oleh sang penerima dapat dengan cepat dikirimkan informasinya ke pusat data saat itu juga. Jadi, siapa penerima, jam berapa diterima, plus tandatangan atau bila perlu wajah orang yang menerima bisa langsung diketahui oleh pengirimnya. Hebat kan? Namun untuk Indonesia, sobat masih menunggu beberapa waktu, karena baru beberapa daerah saja yang sudah menerapkannya.

    3

    2

    CTK. 1.83/MMM-MR/2013 7Edisi 443 | 2013

    4

    5

    6

    Bis Surat. Pada masa lalu, keberadaan bis surat mutlak di Kantorpos. Ya, surat yang sudah dibubuhi prangko lalu diposkan ke dalam kotak yang lazim disebut bis surat. Lalu secara berkala petugas pos membuka kotak tersebut dan mengeluarkan isinya untuk kemudian diproses pengirimannya. Untuk memudahkan masyarakat, bis surat lalu dipasang di tepi-tepi jalan strategis. Dan agar aman dari pencurian atau tangan-tangan usil bis surat dibuat dari baja atau besi yang kokoh dan tak mudah dibiongkar. Kini bis surat di jalan-jalan sudah mulai jarang digunakan seiring dengan surutnya kebiasaan orang mengirim surat lewat pos. Tapi jangan salah, di luar negeri teknologi bis surat terus berkembang pesat, termasuk bis surat yang dapat membaca barcode dan terhubung dengan jaringan internet.

    Alat timbangan. Untuk urusan berkirim surat atau paket, keberadaan timbangan di Kantorpos tak bisa ditawar-tawar. Ya, dari timbangan ini Pak Pos bisa tahu berapa berat surat atau paket yang hendak dikirim. Lalu setelah diketahui dan dihubungkan dengan jarak lokasi tujuan serta ketentuan tarif yang ada, maka dapatlah diketahui berapa ongkos kirimnya. Jadi, tak bisa dibayangkan kalau Kantorpos kehilangan alat timbangannya.

    Komputer & Internet. Inilah jantung teknologi pos masa kini. Semuanya serba terkomputerisasi. Dan semuanya harus bisa dikoneksikan secara real time alias online. Karenanya, penggunaan komputer berikut software serta koneksi internet membuat Pos bisa melayani berbagai kiriman secara tepat, akurat, dan seketika.

    Termasuk dalam hal ini, dengan bantuan komputer dan internet Pos bisa mengirimkan wesel (uang) dalam

    hitungan detik ke mana pun di seluruh pelosok negeri.

    Kode Pos. Teknologi yang satu ini bukan sesuatu yang berbentuk mesin atau barang yang wah, tapi susunan angka-angka yang mewakili posisi suatu wilayah. Tapi percayalah, kode pos sangat vital bagi Pak Pos. Ya, kode pos yang dicantumkan pada bagian akhir alamat tujuan akan sangat membantu Pak Pos menentukan jalan dan mengantarkan kiriman tersebut secara tepat dan akurat. Apalagi di Indonesia, banyak nama jalan dan nama daerah yang sama, tanpa kode pos yang tepat wah kiriman kita bisa nyasar kemana-mana. Hayo, berapa kode pos alamat rumahmu?

  • CTK. 1.83/MMM-MR/20138 Edisi 443 | 2013

    Mesin Sortir. Kantorpos dengan jumlah kiriman surat yang sangat banyak (bisa mencapai ratusan ribu surat setiap harinya) memilah dan memilih (sortir) surat-surat untuk dikirim secara tepat dan akurat bisa membutuhkan waktu lama. Nah, untuk itu diperlukan mesin sortir yang mampu mengerjakannya dengan kecepatan sangat tinggi. Namun untuk bisa disortir, biasanya surat harus menggunakan amplop yang standar, nggak bisa sembarangan, penulisan alamat harus menggunakan huruf yang mudah dikenali oleh mesin, dan yang utama jelas menggunakan kode pos. Pos Indonesia dulu pernah memiliki mesin sortir ini, yang dipasang di Jakarta dan Surabaya. Namun seiring dengan menurunnya jumlah surat yang dikirim, maka mesin tersebut sudah tak dipergunakan lagi.

    Post Office Box (PO Box). Dulu kalau ada perusahaan yang mau memasang iklan lowongan kerja di suratkabar biasanya datang dulu ke Kantorpos. Untuk apa? Ya, memesan kotak pos (PO Box). Nomor PO Box yang diperoleh dari Kantorpos itulah

    yang kemudian dicantumkan pada iklan lowongan kerja. Mengapa demikian? Dengan

    berbagai alasan, terutama menimbang jumlah kiriman yang bakal membludak, perusahaan itu

    lebih efesien jika menggunakan PO Box, karena surat-surat lamaran yang jumlahnya bisa berkarung-karung tak perlu diantar ke alamat kantornya, tapi cukup disimpan di kotak pos yang tersedia. Lalu sesuai dengan waktu yang diinginkan, ia dapat membuka dan mengambil surat-surat dimaksud untuk dibawa ke kantornya. Masih ada nggak ya perusahaan yang menggunakan PO Box di kota kalian?

    Kendaraan Pengangkutan. Baik paket, surat, atau dokumen, bahkan barang yang dipercayakan pengirimannya kepada Pak Pos memerlukan alat pengangkutan. Kendaraan pengangkutan menjadi teknologi vital bagi Pos dalam menjalankan bisnisnya. Kendaraan yang digunakan Pos untuk mengangkut kiriman itu mulai dari angkutan darat, laut dan udara.

    Kendaraan Pengantaran. Nah yang ini adalah teknologi yang paling mudah diasosiasikan dengan Pak Pos. Yup, kendaraan yang digunakan Pak pos untuk mengantar surat ke rumah-rumah alamat tujuan, bisa kereta kuda, sepeda, dan sepeda motor.

    Tentu saja, masing-masing punya keunggulan dan kelebihan. Beberapa waktu lalu, mengantar kiriman pos dengan sepeda terkesan jadul dan lambat. Dan sepeda motor jadi pilihan berikutnya. Sekarang, di seluruh dunia muncul dukungan agar pengantaran surat, utamanya di dalam kota, kembali menggunakan sepeda. Selain ramah lingkungan, dan mengefesienkan biaya perusahaan, juga membuat Pak Pos lebih sehat. Pak Pos memakai sepeda itu keren. Apalagi kalau sepedanya seperti yang dipakai Joseph Gordon Levitt ketika memerankan Lewii si pengantar surat yang hebat dalam film Premium Rush (2012). Bukan hanya bikin sehat, tapi lebih pede alias percaya diri.***.

    7

    8

    9

    10

  • 9Edisi 443 | 2013CTK. 1.83/MMM-MR/2013

    Yup, Agenpos merupakan kepanjangan tangan dari Kantorpos yang ada di daerah sobat. Dan seperti Kantorpos lazimnya, Agenpos juga bisa melayani pengiriman surat/dokumen, uang, maupun barang. Bedanya, jika Kantorpos dikelola langsung oleh PT Pos Indonesia (Persero) sementara Agenpos dipercayakan oleh Pos Indonesia kepada pihak lain, khusus dalam hal ini pengurus pesantren atau koperasi pesantren.

    Agenpos sudah mulai diperkenalkan di pesantren-pesantren yang berada dalam naungan Nahdlatul Ulama (NU). Saat ini sudah tercatat, ada 8 Agenpos yang sudah beroperasi dari 50 pesantren yang sudah mendaftar, diantaranya Pesantren PBNU di Jakarta atau PPMTM dan Assalafie di Cirebon.

    Sobat, meskipun kalian sudah biasa berkomunikasi dengan keluarga dengan menggunakan ponsel atau smartphone, tapi tetap saja kalian membutuhkan layanan pos untuk berkirim surat atau dokumen. Sebut saja untuk mengirim fotokopi ijazah, lamaran kerja, maupun dokumen-dokumen lainnya. Nah kalau sudah seperti ini, sobat bisa datang ke Agenpos. Mereka akan dengan senang hati melayani

    pengiriman surat atau dokumen kalian. Tentu saja ada beberapa pilihan layanan yang bisa kalian gunakan, Surat Kilat Khusus dan Post Express yang bisa mengirim surat dengan sangat cepat, atau EMS untuk pengiriman ke luar negeri. Kalian juga bisa memonitor perjalanan kiriman surat itu via internet lho.

    Nah, bagi yang suka mengirim aneka cenderamata atau pernak-pernik kepada keluarga atau sohib kalian, sobat juga bisa datang ke Agenpos. Mintalah layanan paket pos yang tak kalah cepatnya dengan layanan pengiriman dokumen. Kemana pun barang-barang sobat ingin diantar, Pak Pos akan siap melayaninya. Oh ya, sobat juga bisa memesan buku-buku yang sobat perlukan melalui Agenpos di pesantren kalian.

    Ini nih yang selalu ditunggu-tunggu Sobat. Kiriman uang dari orang tua atau kerabat lainnya. Minta lah kepada orang tua kalian untuk mengirimkannya menggunakan Weselpos Instan. Kenapa? Karena dengan Weselpos Instan kiriman uang bisa sobat terima hanya dalam hitung detik. Benar... hitungan detik. Untuk mencairkannya sobat juga tak perlu punya rekening atau buku tabungan. Cukup tunjukan nomor PIN dan kartu identitas kepada petugas di Kantorpos, cair deh kiriman uang itu.

    Jadi, manfaatkan Agenpos yang sudah di bangun di pesantren kalian. Dan jika di pesantren kalian belum dibangun Agenpos, boleh juga tuh minta kepada Pengurus Pesantren untuk menghubungi Kantorpos terdekat. Agenpos memudahkan kalian berkomunikasi dan berbagi kebahagiaan.***

    Bagi sobat yang sedang menuntut ilmu di pesantren tentu tak ingin putus komunikasi dengan keluarga, kerabat, atau sahabat-sahabat di kampung halaman. Apalagi kalau sudah tanggal tua, wah perbekalan sudah sangat menipis, dan sobat perlu pasokan dana atau berbagai kebutuhan lainnya dari orang tua kalian. Sekarang hal seperti itu tak perlu dicemaskan lagi. Di sejumlah pesantren kini sudah dibangun Agenpos. Apa itu?

    AGENPOSdi PESANTRENPERLU BUAT KAMU

    MAILBOX

  • TRIBUN

    Image: www.sebastianvettel.de - www.redbull.com

    CTK. 1.83/MMM-MR/201310 Edisi 443 | 2013

    SEBASTIAN

    Formula 1 sebagai ajang balapan mobil tersohor di dunia selalu mempunyai cerita yang menarik dari para pelakunya. Berlangsung secara modern untuk pertama kalinya tahun

    1950, kompetisi yang diasuh oleh badan yang bernama Fdration Internasionale de I Automobile (FIA) ini telah melahirkan banyak legenda yang menorehkan tinta emas

    prestasi di sepanjang sirkuit lintasan.

    Uniknya, selalu ada pembalap yang mendominasi selama beberapa tahun jalannya Formula 1 dengan gelar juara di akhir musim. Mulai dari zaman Juan Fangio, Niki Lauda, Alain Prost, Michael Schumacher dan yang teranyar adalah Sebastian Vettel.

    Inilah dia legenda baru Formula 1 Sebastian Vettel. Usianya padahal baru menginjak 26 tahun tapi telah dinobatkan sebagai salah satu legenda Formula 1. Mengapa? Tidak lain adalah karena prestasinya yang telah menjadi Juara Dunia Formula 1 secara 4 kali berturut-turut sejak Musim 2010 hingga 2013 ini. Selain Jurara dunia, Vettel juga berhasil memecahkan berbagai rekor dunia. Yang terpenting diantaranya adalah Pembalap Termuda F1 tahun 2006 dan Juara Dunia Termuda F1 tahun 2010. Ia Begitu hebatnya mengemudikan mobil pabrikan Red Bull Racing di ajang balapan jet darat membuat para pesaingnya merasa putus asa. Bahkan Lewis Hamilton, salah seorang pesaing

    terberatnya, merasa bosan bersaing dengan Vettel karena begitu sulitnya mengejar raihan poin miliknya. Luar biasa!

    Sebastian Vettel adalah pria berkebangsaan Jerman yang lahir 26 tahun lalu, tepatnya 3 Juli 1987 di kota Heppenheim, Jerman. Vettel merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Lahir dari seorang ayah yang sangat

    menggilai dunia balapan dan seorang ibu rumah tangga biasa yang sempat cemas akan hobby sang ayah yang menular ke anaknya. Masa kecilnya dihabiskan dengan bermain Gokart Bambini 60cc kesayangan nya yang Ia dapatkan dari Sang Ayah sebagai hadiah Natal pada saat masih berumur 3 tahun. Beranjak remaja, hadiah natal itu menjadi sangat berbekas di hati Vettel. Ia mulai mengikuti Turnamen Gokart di daerah tempat nya tinggal. Selain mulai mengikuti Turnamen Gokart, Vettel remaja juga sangat hobby bermain game komputer yang berhubungan dengan

    dunia balapan.

    Vettel memulai karir di ajang Gokart Junior Monaco Kart Cup tahun 2001 pada umur 14 tahun dan langsung menjadi

    Juara. Pada tahun 2003 ia mulai mencoba ajang balapan roda terbuka yaitu Formula BMW Jerman.

    Sebuah kompetisi yang mempunyai tujuan

  • CTK. 1.83/MMM-MR/2013 11Edisi 443 | 2013

    untuk mencari bakat yang nantinya akan diproyeksikan menuju tim BMW Williams yang berlaga di Formula 1. Luar biasa, Vettel memenangi ajang tersebut pada tahun 2004 dengan meraih 18 kemenangan dari 20 lomba. Pada tahun 2005, ia membalap untuk ASL Mucke Motorsport di F3 Euroseries dan finis di posisi 5 klasemen akhir dengan raihan 64 poin. Atas prestasinya di musim debutnya tersebut, Vettel mendapat gelar Rookie Of The Year.

    Setelah 2 tahun membalap di F3 Euroseries, akhirnya kesempatan menjajal ajang balapan jet darat nomor satu dunia pun datang. Melihat potensi Vettel selama di F3 Euroseries, tim BMW, yang baru saja berpisah dari Williams dan berganti nama menjadi BMW Sauber, mengambil langkah berani untuk mengontrak Vettel dalam timnya. Vettel menjadi pembalap cadangan di BMW-Sauber menggantikan Posisi Robert Kubica yang naik pangkat menjadi pembalap utama setelah mundurnya Jacques Villeneuve. Penampilan pertamanya di ajang F1 terjadi pada 2007 di Grand Prix Indianapolis, Amerika Serikat. Saat itu Vettel mengantikan posisi Robert Kubica yang mengalami kecelakaan di race sebelumnya. Dalam penampilan pertamanya ini Vettel berhasil finis di urutan delapan. Hasil yang sangat lumayan bagi pembalap debutan. Sejak saat itulah posisi pembalap utama BMW-Sauber jatuh ke tangannya menyusul cedera Robert Kubica yang berkepanjangan.

    Vettel menikmati bulan madu bersama BMW-Sauber di F1 selama 1 tahun sebelum akhirnya Ia memutuskan untuk hijrah ke tim Scuderia Toro Rosso. Tim yang menggunakan mesin pabrikan Ferrari ini secara mengejutkan

    memecat pembalap utamanya, Scott Speed dan menggantikannya dengan Sebastian Vettel. Sayang performanya selama 2 musim di Toro Rosso dinilai biasa saja. Pada akhir kontraknya bersama Scuderia Toro Rosso pada 2008, nama Sebastian Vettel tetap masuk kategori pembalap yang patut diperhitungkan. Sempat bernegosiasi dengan Ferrari, namun akhirnya Vettel tetap bertahan selama satu tahun sampai akhirnya pada 2009 memutuskan hijrah ke tim yang merupakan kakak dari Toro Rosso, Red Bull Racing.

    Bersama Red Bull Racing lah Vettel merasakan puncak karirnya. Pada tahun pertamanya bersama tim asal Austria ini, Vettel bersaing sengit dengan pembalap tim Brawn GP asal Inggris, Jenson Button, untuk merebutkan Titel Juara Formula 1. Sayangnya, pada beberapa race terakhir, Vettel lengah dan harus puas menjadi Runner-up dan merelakan gelar juara jatuh ke tangan Jenson Button.

    Kegagalan menjadi juara dunia tahun 2009 melecut kembali motivasi Vettel. Sejak tahun 2010, Vettel memulai dominasinya di Formula 1. Melanjutkan kontrak bersama Red Bull Racing, Vettel mengamankan gelar Juara Dunia pada tahun tersebut dan menjadi Juara Dunia Formula 1 termuda sepanjang sejarah pada usia 23 tahun. Bersaing dengan rival terberatnya, Fernando Alonso dalam perebutan gelar, Sebastian Vettel akhirnya mengamankan gelar pertamanya pada race terakhir yang digelar di Abu Dhabi, UEA, dimana Alonso hanya finis di posisi ke 7. Sejak saat itulah nama Vettel selalu dijagokan

    sebagai kandidat juara dunia pada musim selanjutnya.

    Dominasi Vettel terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya. Pada musim 2011, 2012, dan yang terbaru 2013, Vettel selau menjadi Juara Dunia. Tercatat, musim ini adalah musim keempat secara beruntun Vettel menjadi Juara Dunia Formula 1. Atas prestasinya tersebut, Vettel banyak disejajarkan dengan Legenda Formula 1 yang juga satu Negara dengannya yaitu Michael Schumacher. Gaya membalapnya yang dinilai mirip, meski lebih sedikit agresif dari Schummi, menjadikan Ia mendapat Julukan Baby Schummi dari awak media.

    Disejajarkan dengan seorang legenda Juara Dunia 7 kali merupakan sebuah

    kehormatan bagi Sebastian Vettel. Terlebih ia tidak sungkan berujar apabila Michael Schumacher adalah idolanya semasa kecil. Namun, karir Vettel sungguh masih panjang. Mengingat umurnya yang masih berusia 26 tahun, Ia masih bisa membalap

    sampai 10 tahun

    mendatang atau lebih. Bukan tidak mungkin untuk melebihi prestasi dari Schumacher.

    So, mari kita sambut, Legenda baru Formula 1, Sebastian Vettel!***

  • Bulan September lalu

    tepatnya tanggal 24 sampai dengan 27 September 2013,

    Pos Indonesia bersama tim Majalah Sahabat Pena kembali menggelar acara Pelatihan Creative Writing yang ke -23

    kalinya. Pelatihan kali ini di selenggarakan di Kota Subang, Jawa Barat dengan tuan rumah

    SMAN 1 Subang. Tercatat sebanyak 59 orang peserta pelatihan yang mengikuti

    pelatihan ini. Mereka terdiri dari 12 sekolah lanjutan atas, baik SMA

    maupun SMK se-Kabupaten Subang.

    Hari Pertama

    Bambang Dwi Purwanto

    INFO SAHABAT

    CTK. 1.83/MMM-MR/201312 Edisi 443 | 2013

    KE -23 DI KOTA SUBANG JAWA BARAT

    Pelatihan diisi dengan pembukaan secara resmi oleh Vice President Komunikasi Korporat PT. Pos Indonesia (Persero), Bapak Bambang Dwi Purwanto. Dilanjutkan dengan pengenalan tentang PT. Pos Indonesia (Persero) dan Majalah Sahabat Pena oleh Ibu Tita Puspitasari. Kemudian masuk pada materi inti pelatihan menulis, dimulai dengan sesi pengantar menulis kreatif yang dibawakan oleh Bapak Drs. Mahpudi, MT, Redaktur Pelaksana Majalah Sahabat Pena.

    Kemudian dilanjut sesi berikut yaitu pelatihan menulis cerpen yang dipandu oleh Bapak Irfan Hidayatullah, dosen Sastra Indonesia dari UNPAD Bandung.

    Bertempat di aula SMAN 1 Subang, pelatihan yang berlangsung selama 3 hari ini sangat meriah. Semua siswa dari 12 sekolah berbeda itu, sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Meski pelatihan dimulai pukul 08.00 WIB dan selesai pada pukul 16.30 WIB, namun semua peserta terlihat semangat dan selalu aktif mengikuti materi dari sesi ke sesi. Meski mereka berasal dari sekolah yang berbeda dan tidak saling mengenal sebelumnya, namun dalam acara pelatihan selama 3 hari ini, mereka berbaur menjadi satu, akrab dan penuh persahabatan.

  • Hari Kedua

    Hari Terakhir

    Seusai acara kunjungan para peserta pelatihan diwajibkan untk membuat tulisan hasil observasinya ke Kantorpos tersebut. Kemudian setelah sesi kunjungan ke Kantorpos, mereka kembali ke kelas untuk melanjutkan materi penulisan berikutnya yaitu penulisan Script atau Scenario, yang dipandu oleh Bapak Dian Sukmawan, seorang penulis naskah program acara TV di beberapa TV swasta. Hari kedua ditutup dengan sesi menulis artikel yang dibawakan oleh Bapak Erwan Juhara, seorang sastrawan yang juga pengajar sastra di beberapa sekolah dan perguruan tinggi di kota Bandung.

    CTK. 1.83/MMM-MR/2013 13Edisi 443 | 2013

    Pelatihan diisi dengan sesi pengenalan filateli oleh Bapak Mahpudi dan penulisan puisi oleh Bapak Teddy Tardiana, seorang penyair, penulis lagu-lagu Islami dan vokalis grup nasyid Snada. Dengan berakhirnya sesi menulis puisi, maka selesai sudah pelatihan Creative Writing yang sudah diselenggarakan selama 3 hari di Kota Subang ini. Secara resmi pelatihan ditutup oleh Kepala Kantorpos Subang, Bapak R. Ilham

    Peserta diajak mengunjungi Kantorpos Subang yang terletak di jalan Ahmad Yani No. 36 Subang. Di Kantorpos ini, para peserta menyaksikan seluruh proses kerja mulai dari front office hingga back office. Seluruh rangkaian proses dari mulai loket pos hingga bagian antaran surat atau paket tak luput dari pantauan para peserta. Banyak siswa yang baru memahami proses kerja yang terjadi di Kantorpos, tidak sedikit dari mereka yang terkagum-kagum dengan kecepatan kerja para pegawai Pos juga dengan teknologi modern yang diterapkan di Kantorpos.

    Permono E., ditandai dengan penyerahan sertifikat secara simbolik kepada 2 orang perwakilan peserta.

    Para peserta nampak puas dengan semua materi yang disampaikan selama 3 hari dalam pelatihan ini, dan mereka berharap agar pelatihan seperti ini terus berlanjut karena sangat bermanfaat untuk melatih keterampilan para remaja dalam hal menulis. ***

    Teddy Tardiana

    R. Ilham Permono E.

  • SAHABAT KITA

    CTK. 1.83/MMM-MR/201314 Edisi 443 | 2013

    Citra Scholastika

  • CTK. 1.83/MMM-MR/2013 15Edisi 443 | 2013

    Kegemarannya dalam bidang olah suara mulai diasahnya sejak ia aktif mengikuti lomba menyanyi anak-anak di Gereja pada usianya yang ke-empat. Selain itu, sejumlah lomba lain juga pernah diikuti oleh gadis bernama lengkap Skolastika Citra Kirana Wulan ini, diantaranya lomba menyanyi keroncong yang diadakan di Sumatera Selatan pada 2005 dengan meraih predikat juara kedua, lalu pada 2008 meraih gelar juara pertama lomba jazz se-Yogyakarta yang diadakan oleh musisi jazz di daerah itu.

    Keikutsertaannya pada acara Indonesian Idol pada tahun 2010 lalu menjadi penentu karirnya di dunia musik. Karakter vokal dan kesukaannya memenggal lirik dalam bernyanyi, dinilai banyak kalangan bahwa ia cocok di jenis musik jazz. Padahal itu tidak dibikin-bikin, saya menyanyi saja tanpa mengetahui jazz itu seperti apa, ujar Citra.

    Keseriusannya mengambil jalur jazz bukan berarti Citra kembali belajar musik di kelas. Bahkan sejak awal kemahirannya bernyanyi, bungsu dari tiga bersaudara ini lebih banyak belajar secara otodidak tanpa mengikuti les music atau kursus vokal.

    Pemenang II Indonesian Idol ini lebih banyak memperhatikan orang menyanyi di televisi atau saat pertunjukan. Karena itu, ia menganggap tempat sekolah bernyanyinya adalah panggung-panggung dimana ia tampil. Akhirnya memang jam terbang yang lebih banyak menentukan, tutur perempuan yang hobi menonton film ini.

    Seusai Indonesian Idol, jam terbangnya dalam bernyanyi semakin bertambah. Dia mulai sering diundang untuk mengisi sejumlah acara. Dalam seminggu siswa kelas III Sekolah Menengah Atas Kak Seto Homeschooling ini bisa manggung di empat tempat berbeda. Tapi momen yang semakin membuatnya sibuk manggung adalah setelah single perdananya, Everybody Knew yang dirilis pada awal 2011. Lagu karya Agustiawan yang terkesan centil, lucu, tapi enak didengar itu benar-benar telah melambungkan namanya.

    Bagi pecinta musik tanah air tentu sudah tidak asing lagi dengan sosok penyanyi muda berbakat yang memiliki ciri suara khas, Citra Scholastika. Gadis berusia 20 tahun ini suka menyanyikan jenis musik apa pun, mulai dari pop, dangdut, sampai keroncong.

    Kini hampir setiap hari Citra manggung dan benar-benar membuatnya merasa capek dengan jadwal yang kian padat. Tapi ini adalah momen langka yang harus disyukuri dan bukan saatnya mengeluh. Saya harus memberikan yang terbaik buat klien dan pendengar, tutur dara kelahiran 5 Juni 1993 ini.

    Hingga saat ini telah banyak hits yang dipopulerkan oleh gadis berkulit hitam manis ini, diantaranya single Everybody Knew (2011), Pasti Bisa (2011), Galau Galau Galau (2012), Sampaikan (2012), Berlian (2013), Seruan Kebaikan (2013) dan Sadis (2013).***

    SIBUK karena Everybody Knew

  • Sobat, Pelatihan Creative Writing untuk daerah Bogor, telah dilaksanakan di SMA Insan Kamil Bogor pada 23 - 25 Juli 2013.

    Berikut ini biodata peserta pelatihan dari SMA Insan Kamil yang juga merupakan kelompok Pembaca Sahabat Pena Bogor.

    Nama : Salman Adzan Al KamilTTL : Bandung, 3 Oktober Alamat : Tambakang 11 A, RT 05/07,

    Burangrang, Lengkong, Bandung

    SHobi : Membaca, main gitar, mendengarkan lagu

    Cita-cita : Musisi

    Kesan : Seru, mengasyikan. Pesan : Semoga semakin seru lagi. Juga bisa merambah ke

    pelosok sekalipun.

    Nama : Haris WahyudiTTL : Jakarta, 26 November 1997 Alamat : Jl. Rembio, Manna, BengkuluHobi : BulutangkisCita-cita : Jadi anak soleh dan berbakti

    pada orangtua

    Kesan : Ternyata menulis puisi, cerpen, dan tulisan lainnya tidak sesulit yang saya kira, setelah saya ikut acara ini ternyata menulis itu sangat menyenangkan.

    Nama : SalmaTTL : Bogor, 9 Juni 1997Alamat : Kebun Raya Residence Jl.

    Tanjung I Blok M28 Bogor Barat, Kab Bogor

    Hobi : Membaca, menulis, menggambar, nonton & main komputer

    Cita-cita : Guru dan pedagang

    Kesan : Seru, banyak hadiah, bikin ngantuk gara-gara banyak penjelasan.

    Pesan : Lebih banyak praktek dan hadiahnya. Kalau bisa penjelasan pakai nonton aja, Tanya jawabnya dikurangi.

    ALBUM SAHABAT

    CTK. 1.83/MMM-MR/201316 Edisi 443 | 2013

    KELOMPOK PEMBACA

  • CTK. 1.83/MMM-MR/2013 17Edisi 443 | 2013

    Nama : Nurul AiniTTL : Solok, 30 November 1997Alamat : Jl. KP. GN. Menyan Kec.

    Pamijahan, Kab. BogorHobi : Membaca dan menulisCita-cita : Dokter

    Nama : Meydisyah FarisTTL : Bogor, 11 September 1996Alamat : Jl. Kiayi Haji Sholeh Iskandar,

    RT 04/09, Kedung Badak, Bogor

    Hobi : Editing VideoCita-cita : Bidan, sutradara, penulis

    naskah

    Nama : Shifa AYu ArtdiniTTL : Bogor, 8 Maret 1996Alamat : Kp. Cipadung RT 02/07, Desa

    Sukaresmi, Kec. Tamansari, Bogor

    Hobi : Membaca novel dan komik, main games, membuat cerita

    Cita-cita : Dokter hewan

    Nama : Radea Fauzi HidayatTTL : Jakarta, 4 Juni 1997Alamat : Jl. Tubagus Ismail RT 06/01

    Kel. Jatinegara, Hobi : Pencaksilat Merpati Putih,

    baca novel, nonton TVCita-cita : Peternak sapi

    Nama : Maratus ShalihahTTL : Cilegon, 13 Agustus 1997Alamat : Mahad Al-ihya BogorHobi : Membaca, menontonCita-cita : Pebisnis

    Nama : Virlin Febyanti SofiaTTL : Bogor, 15 Februari 1996Alamat : Perumahan Curug Permai

    Blok A10 No. 9 RT 01/10, Semplak , Bogor

    Hobi : Menulis, Berenang, nonton dan membaca

    Cita-cita : Penulis

    Nama : Siti Apriliani SupinahTTL : Bogor, 18 April 1996Alamat : Kp. Cilubang RT 03/02

    Sukadamai, Dramaga, Bogor Hobi : Memasak, Badminton, Baca

    komikCita-cita : Guru, Perawat

    Nama : Dian RahamatikaTTL : Bogor, 9 Agustus 1996Alamat : Jl. Pintu Ledeng Gg. Damai 1,

    RT 05/07 , Ciomas, BogorHobi : Melukis, menulis Cita-cita : Pelukis dan penulis

    Nama : Hani DIka RianiTTL : Bogor, 2 Desember 1996Alamat : Tm. Pagelaran Blok B10 No.

    18, Ciomas, Bogor. Hobi : Jalan-jalan, menyanyi,

    menggambar, menulis, main game dan berenang

    Cita-cita : Programmer, wiraswasta, pakar IT

    Nama : Anna FauziaTTL : Bogor, 2 Januari 1997Alamat : Jl. Betet No. 2 RT 02/06 Kebon

    Kopi Desa Pengasinan, Kec. Gunung Sindur, Kab. Bogor

    Hobi : Membaca NovelCita-cita : Mentreri Negara

    Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

    Nama : Shabrina TifaniTTL : Balikpapan, 11 November

    1996Alamat : Jl. Mustika Kencana II Blok

    G2/23 Sektor XII BSD, Tangerang

    Hobi : Main basket, Menulis ceritaCita-cita : Business woman

    Nama : Saefa Nur AuliaTTL : Bogor, 29 September 1996Alamat : Jl. Rd. Dipangkara, Gg.

    Gardu, RT 02/02, No. 93, Komp. Cibinong, Kab. Bogor

    Hobi : Menulis Novel, membaca puisi, menyanyi, mendengarkan musik.

    Cita-cita : Novelis, guru biologi.

    Nama : Sari Sartika PutriTTL : Bogor, 1 September 1996Alamat : Perum Bukit Asri Blok C/21

    No. 7, RT 03/13, Ciomas, Bogor

    Hobi : membaca, mendengarkan musik

    Cita-cita : Psikolog

    Kesan : menyenangkan tapi kadang-kadang gugupPesan : Semoga kegiatan pelatihan Creative Writing

    ini, menjadi motivasi setiap pelajar untuk bisa mengekspresikan pemikiran dan perasaannya dengan creative writing.

    Kesan : Selama mengikuti pelatihan ini terasa seru, bisa nambah pengetahuan cara menulis yang baik dari orang-orang yang lebih ahli.

    Pesan : Semoga apa yang kita dapatkan dari pelatihan ini bisa terus teringat dan tersimpan di dalam memori kita.

    Nama : Grashyfa Vansca YugiTTL : Bogor, 5 Juni 1997Alamat : Perumahan Bogor Raya

    Permai (Bogor Cauntry) Blok FK1 No 23, Bogor

    Hobi : Menulis, menyanyi, masak, melukis,

    Cita-cita : Koki hotel, desainer butik, penulis best seller

    Kesan : Lucu dan bikin ngakak mulu selama pelatihan ini. Pokoknya Ajib GTD!

    Pesan : Terus semangat buat sahabat Pena dan Pos Indonesia, Terus exis dech! Jangan kapok dating kesini, jangan kapok sama anak Insan Kamil

    Kesan : Sangat menyukai acara ini dan sangat berterimaka-sih atas ilmu yang telah diberikan.

    Pesan : Semoga dapat mengunjungi Insan Kamil Kembali. Terimakasih.

    Kesan : Ini adalah pelatihan pertama saya, selama pelatihan saya senang dan mendapat banyak ilmu baru.

    Pesan : Berjaya terus untuk Kantorpos Indonesia

    Kesan : Acara ini sangat asyik dan saya menjadi mengerti tentang pembuatan karya tulis.

    Pesan : Kuotanya pelatihan dan jumlah pesertanya mohon ditambah, karena banyak yang berminat dengan pelatihan ini.

    Kesan : Asik banget dah pelatihannya

    Nama : Windhy DamayantiTTL : Bogor, 28 Oktober 1995Alamat : Vila Ciomas Indah, Jl.

    Cendrawasih IV blok K8/23, Bogor

    Hobi : Membaca, menulis, dan nonton film

    Cita-cita : penulis dan wanita karir

    Kesan : Seru, guru dan kakak pelatihnya juga asyik, dan menambah banyak ilmu pengetahuan.

    Pesan : Semoga di tahun-tahun berikutnya diadakan pela-tihan menulis kreatif agar dapat mencetak generasi muda untuk tertarik dalam menulis dan membaca.

    Kesan : Semoga di tahu berikutnya ada lagi pelatihan menulis kreatif, agar sebagai generasi muda bisa menunjukkan bakatnya.

    Kesan : Asyik banget banyak ilmu yang didapat dan sangat bermanfaat tentunya

    Kesan : AsikPesan : Semoga bermanfaat

    Kesan : Seru Banget! Dapat ilmu dan suasana baru.Pesan : Semoga pelatihan ini bermanfaat.

    Kesan : Pelatihannya sangat seru dan saya mendapatkan banyak ilmu.

    Pesan : Awali segala sesuatu dengan niat. Segala sesuatu tidak akan sempurna jika tidak disertai denan berusaha dan berdoa.

    Kesan : Seru Kocak banget. Nambah ilmu banyak.Pesan : Bagus kalau dikembangkan di banyak sekolah lagi.

    Kesan : Pelatihan Creative Writing itu terasa bermanfaat banget. Membuat aku termotivasi untuk mewujudkan cita-cita menjadi seorang penulis.

    Pesan : Semoga tahun-tahun berikutnya bisa mengadakan pelatihan di Insan Kamil lagi ya!

  • Nama : Nisrina SalfadilaTTL : Surabaya, 15 Desember 1997Alamat : Jl. Setia I No. 32 Jatiwaringin,

    Bandar Gede, BekasiHobi : MembacaCita-cita : Insinyur, penulis

    Nama : Endra WiradhikaTTL : Jayapura, 19 Agustus 1996Alamat : Jl. Skip, RT 05/01 Lawang

    Gintung, Bogor Selatang, Bogor.

    Hobi : Game online, sepakbola, membaca manga

    Cita-cita : Peneliti fosil, paleontology, Ahli Kimia, ilmuwan.

    Nama : Siti Rahmah SalsabilaTTL : Bogor, 21 Oktober 1996Alamat : Jl. KH Abdul Hamid KM 15,

    KP Sindang baru RT02/04, Pamijahan, Bogor.

    Hobi : Bac Novel dan nyanyi.Cita-cita : Dokter

    Nama : Gayatri Belina JourdyTTL : Bogor, 24 April 1996Alamat : Jl. Setiawangi, Kec.

    Tanjungsari, Bogor Timur, Bogor.

    Hobi : Membaca, menulisCita-cita : Menjadi penulis

    Kesan : Sangat berkesan! Karena jarang-jarang ada pelati-han seperti ini. Informasi yang didapat juga sangat berbeda, unik dan menyegarkan.

    Pesan : sering-sering saja mengadakan pelatihan seperti ini!

    Kesan : Banyak hal yang bermanfaat bagi murid karena kami bisa mempelajari pembuatan puisi, artikel, cerpen, scenario, dan mendapat pengetahuan tentang Pos.

    Kesan : menyenangkan, menarik, lebih menambah wawasan kekreatifan dalam menulis.

    Pesan : Keyakinan itu mahal, untuk itu jangan pernah terpengaruh apa yang dikatakan orang lain.

    Kesan : Sangat menyenangkan dan menambah wawasan baru bagi diri saya.

    Pesan : Semoga pelatihan ini dapat bermanfaat dan semua peserta menjadi calon penulis terbaik.

    CTK. 1.83/MMM-MR/201318 Edisi 443 | 2013

    Nama : Febry RakhmansyahTTL : Batam, 17 Februari 1997Alamat : Jl. Sudirman, Perum GMP, RT

    05/03, BatamHobi : OlahragaCita-cita : Pengusaha

    Nama : Muhammad Aziz IrfanuddinTTL : Bogor, 8 Juli 1996Alamat : Gg. Purnama No. 21 RT

    06/01, Sukamantri, Kec. Tamansari, Kab. Bogor

    Hobi : Browsing, posting blog, debat

    Cita-cita : Duta besar

    Nama : Laras Cica MarselaTTL : Bogor, 24 agustus 1996Alamat : Jl. Anggrek Lebak No. 25, RT

    03/03, Bogor Hobi : Membaca dan menulisCita-cita : Insinyur

    Nama : Wilda OktavianiTTL : Sukabumi, 8 Oktober 1996Alamat : Perum Kebun Raya Bogor

    Blok C1 No. 4 Jl. Akasia Kel. Ranggamekar, Kec. Bogor Selatan, Bogor.

    Hobi : Menulis dan bisnisCita-cita : Enterpreneur

    Nama : Deani Nurul MubarikaTTL : Bogor, 10 Oktober 1995Alamat : Perum Muara Asri, Jl. Dewi

    Sri V No. 20A, Cikaret, Bogor 16119

    Hobi : Nonton drama/film, mendengarkan music.

    Cita-cita : Dokter spesialis kandungan

    Nama : Rizky AmaliaTTL : Jambi, 1 september 1996Alamat : Jl. Saudara Kec. Telanaipura,

    JambiHobi : Mendengarkan musikCita-cita : Kejaksaan

    Nama : Afwa RifkiyahTTL : Jakarta, 28 Desember 1996Alamat : Jl. Persada Raya No. 40A,

    RT 12/15, Menteng Dalam, Jakarta Selatan

    Hobi : Menulis dan membacaCita-cita : manajemen, desain grafis

    Nama : Fikri Istira Sefini FatimaTTL : Bogor, 16 Maret 1996Alamat : Ciomas Permai blok E XI No.

    2, BogorHobi :MembacaCita-cita : Sarjana yang ulama,

    programmer

    Nama : Siri SuqthiTTL : Bogor, 29 September 1996Alamat : Gg. Saleh RT 03/05 Ciomas,

    BogorHobi : Sepakbola, berenangCita-cita : Guru dan peternak

    Nama : Dinna YulianiTTL : Bogor, 3 Juli 1996Alamat : Jl. Jabaru IV RT 04/05, Pasir

    Kuda, Bogor Barat, Bogor Hobi : fotografi, browsing, apapaun

    tentang teknologiCita-cita : cracker, programmer, pegawai

    google

    Nama : Farist M. SuhadaTTL : Rangkas Bitung, 26 Oktober

    1997Alamat : Dramaga Regency Blok H No.

    12, Chideung Udik, BogorHobi : Bermain basket dan gameCita-cita : Arsitek yang ulama

    Nama : Syifa FadlinaTTL : Bogor, 11 November 1996Alamat : BSI, JL Sirojul Huda No. 1,

    Bogor Timur, Bogor Hobi : MenulisCita-cita : Ahli Gizi

    Nama : Bagus SantosoTTL : Cilacap, 4 Juni 1996Alamat : Genteng Wetan RT 02/03,

    CilacapHobi : Bermain sepak bolaCita-cita : menjadi Pengusaha

    Nama : Pandu Marazhargi SetiawanTTL : Makassar, 31 Maret 1998Alamat : Jl. Jabaru, Villa Mas Blok A-1Hobi : Main gameCita-cita : Menjadi orang sukses

    Kesan : Sangat menarik dan asyik mengikuti pelatihan ini.Pesan : Semoga Pos Indonesia makin maju!

    Kesan : Awalnya acara disangka bakalan garing tetapi selanjutnya Seru!

    Kesan : Seru dan menyenangkan bisa belajar menulis kreatif bersama teman-teman dan Pos Indonesia.

    Pesan : Tetap berinovasi untuk layanan yang lebih inovatif.

    Kesan : Ilmunya sangat bermanfaat dan bisa mendobrak perubahan lebih baik dalam menulis

    Kesan : Seneng banget bisa ikut pelatihan ini, pematerinya hebat-hebat dan seru. Pokoknya gak ngebosenin dech. Terus banyak banget ilmu menulis yang aku dapet.

    Pesan : Sukses terus buat PT Pos Indonesia.

    Kesan : Seru, lucu, membuat kita mengerti tentang materi yang diberikan.

    Pesan : Lebih baik dari ini, lebih wow!

    Kesan : Seru banget, unforgettable, manfaat, banyak ilmu-nya. Asli gak nyesel ikutan acara ini.

    Kesan : Saya belajar menulis cerpen, puisi, artikel, dan naskah yang menarik untuk dibaca.

    Kesan : Senang karena mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan baru

    Pesan : Semoga acara ini terus berlangsung dan semakin berkembang. Jangan lupa waktunya ditambah dong.

    Kesan : Bermanfaat sekali, saking serunya gak bisa berkomentar lagi.

    Pesan : Semoga selalu membagi iolmu di seluruh Indonesia.

    Pesan : Maju terus, jangan mudah menyerah dan sukses selalu!

    Kesan : Aku bisa belajar lebih dari pelatihan ini.Pesan : Semoga pelatihan Creative Writing bisa kesini lagi.

    Kesan : Seru Banget gak akan dilupain...Pesan : Adain pelatihan menulis naskah lagi dong, aku mulai

    tertarik soalnya.

  • Nama : Mutiara TrisaktiputriTTL : Bogor, 12 April 1998Alamat : Komplek IPB I, Jl. Nusa Indah

    No 220 Sindang Barang, Loji, Bogor

    Hobi : Membaca novel, berpetualang, main game

    Cita-cita : Dokter

    Nama : Zahraotun NimahTTL : Jakarta, 13 Mei 1998Alamat : Mahad Al Ihya, BogorHobi : Menulis, menyanyi, baca,

    fotografiCita-cita : Penulis, Fotografer

    Nama : Avie Al-HasanahTTL : Bandung, 12 Januari 1998Alamat : Kampung / Desa Cipinang,

    RT 03/12, Kec. Cimaung, Banjaran, Bandung

    Hobi : BasketCita-cita : Pengusaha sukses

    Nama : Muhammad Fajar Rizki AuliaTTL : Bogor, 29 Maret 1996Alamat : Taman pagelaran, Jl. Johar

    Blok C1 No. 14, Ciomas, Bogor.

    Hobi : Menggambar, menulisCita-cita : Dosen, pengusaha membaca

    manga

    Nama : Mega Rizki RahmaniaTTL : Tangerang, 19 November 1996Alamat : Padjadjaran Regency Blok

    Q/6 Baranang Siang, BogorHobi : Mengarang, berenang,

    modelingCita-cita : Dokter, arsitek, penulis, pebisnis

    Nama : Fathimah Zahra SalsabiilaTTL : Denpasar, 29 Juni 1998Alamat : Kebun Raya Residence, Blok

    B No. 19, Pasirkuda, Bogor Barat, Bogor

    Hobi : Menggambar, menulis, memasak

    Cita-cita : Arsitek, desainer, koki yang aktif menulis

    Nama : Jelita Tiara FebryaniTTL : Bogor, 22 Februari 1997Alamat : Mukim Al Ihya Insan Kamil

    BogorHobi : menyanyi, beres-beres.Cita-cita : Kedubes

    Nama : Siti Maria ulfahTTL : 2 November 1996Alamat : Jl. Raya CiapusNo.26, RT

    2/9, Kp. Warung Loa, Desa Tamansari, Bogor Utara

    Hobi : Menggambar, menulis, membaca, menyanyi

    Cita-cita : Guru, desainer, penulis

    Nama : Irqi Abdul MuqsitTTL : Bogor, 13 desember 1995Alamat : Perum Duta Kencana, Jl.

    Kencana bening No. 17, Curug Mekar, Bogor Barat, Bogor.

    Hobi : Main game (computer)Cita-cita : programmer

    Nama : Achmad HadiTTL : Bekasi, 25 April 1997Alamat : Jl. Sadewa 8 No. C438, Jaka

    setia, Bekasi Selatan.Hobi : BermainCita-cita : Pengusaha

    Nama : Aisyah Lisana ChoiryTTL : Bogor, 7 Desember 1996Alamat : Jl. Sirnasari III No. 9 Sindang

    Barang, Bogor.Hobi : Menulis, mengarang ceritaCita-cita : Jurnalis

    Nama : Sarita KusumawardhaniTTL : Jakarta, 11 Januari 1997Alamat : Perumahan Indraprasta I, Jl.

    Abiyasa Raya No. 7 , BogorHobi : Menggambar, menulis diari,

    browsing, mendengarkan musikCita-cita : desain grafis yang professional

    dan kreatif

    Nama : Mutia MutmainahTTL : Palembang, 20 Februari 1998Alamat : Mahad Al-Ihya BogorHobi : Membaca, menggambarCita-cita : Dokter yang ulama

    Nama : Iqbal Merdeka M.TTL : Bogor, 17 Agustus 1996Alamat : Jl. Cibeureum No. 4 RT 07/05,

    Mulyaharja, Bogor Selatan, Bogor.

    Hobi : Main game, mincing, sepak bola

    Cita-cita : Ilmuwan, sejarawan, pemikir

    Nama : Muhammad RifaiTTL : Bogor, 24 Oktober 1996Alamat : Jl. Kalimurni No. 76, Kencana,

    Tanah Sereal, Bogor.Hobi : BebasCita-cita : Dokter

    Nama : Farras Ghaly RamadhanTTL : Ciamis, 3 Februari 1997Alamat : Kel. Tegal Lonceng, Jl.

    Lonceng Indah No. 5A, Margajaya, Bogor Barat

    Hobi : Touring, futsal, bersepedaCita-cita : Pilot, peternak ikan,

    pengusaha bus

    Pesan : Harapan saya agar putera-puteri Indonesia suka membaca dan menulis dengan acara ini

    Kesan : Seru banget dech pokoknya!

    Kesan : Seru banget !!! Bisa tau semuanya tentang tulis menulis, menambah pengetahuan, banyak lagi deh.

    Kesan : Acara ini baik untuk pengembangan diri dalam menulis kreatif, Insya Allah kami akan menjadi lebih baik lagi.

    Kesan : Jadilah diri sendiri, karena menjadi diri sendiri lebih istimewa

    Pesan : Menulislahkarena dengan menulis kamu bisa mendapat segalanya.

    Kesan : Seru banget, sangat berkesan.Pesan : Waktunya diperpanjang dooong.

    Kesan : bisa lebih banyak mengetahui sesuatu, asyik, seru. Pokoknya TOP deh.

    Pesan : Jempol buat Pos Indonesia, Creative Writing.

    Kesan : sangat menyenangkan dan menambah banyak ilmu.Pesan : Saya berharap acara pelatihan ini bisa diselenggara-

    kan setiap tahun di Insan kamil.

    Kesan : Pelatihan Creative Writing ini sangat bermanfaat!Pesan : Semoga Pos Indonesia semakin Berjaya!

    Pesan : Jangan menyerah, Jangan putus asa.Pesan : menyenangkan, menambah ilmu dan wawasan.

    Kesan : So pasti asik dan menarik! Seru lah ya, menambah wawasan juga.

    Pesan : Semoga acara ini semakin sukses dan kreatif! Terimaka-sih ya tim pelaksana.

    Kesan : Pelatihannya seru banget, Pokoknya TOP deh! (y)

    Pesan : Semoga kegiatan pelatihan Creative Writing ini dapat digunakan ilmunya pada saatnya nanti.

    Kesan : Keren, sangat mendidik untuk pelajar.

    Kesan : Senang, karena bisa termotivasi untuk terus rajin belajar. Pesan : Semoga acara ini diselenggarakan setiap tahunnya

    lancar dan makin sukses.

    CTK. 1.83/MMM-MR/2013 19Edisi 443 | 2013

    Nama : Rifah NaaimahTTL : Bogor, 23 Juni 2013Alamat : Majlis Al Ihya, Jl. Rd Aria

    Surialaga, Batu Tapak, Bogor Barat, Bogor 16119

    Hobi : MembacaCita-cita : Dokter

    Kesan : Menulis. Karena menulis adalah segalanya.

  • Nama : Regi DarmawanTTL : Bogor, 7 Oktober 1996Alamat : Kp. Hegarmanah RT 04/01

    No. 42, Ds. Padasuka, Ciomas, Bogor

    Hobi : Olahraga, belajar untuk sesuatu yang baru

    Cita-cita : Eksekutif muda, Menteri Keuangan

    Nama : Andika Julian Perdana PutraTTL : Bogor, 1 Juli 1996Alamat : Jl. Sindang Barang Sekolahan

    No. 7, Bogor Hobi : Olahraga, makan, nonton

    film, gameCita-cita : Atlit, Fotografer, Ahli

    komputer

    Kesan : Seru belajarnya, mantaplah pokoknyaPesan : Semoga melahirkan generasi-generasi penulis yang baik.

    Kesan : Senang sekali mendapatkan banyak ilmu dari event ini.

    Pesan : Datang lagi ya!

    Nama : Shabrina FebriyaniTTL : Jakarta, 5 Februari 1996Alamat : Jl. Walet blok GG No. 2,

    Taman Pagelaran, Ciomas, Bogor.

    Hobi : Bermain gitar, membacaCita-cita : Peneliti, motivator

    Nama : Nisri Ina ZahrahTTL : Binjai, 25 Agustus 1997Alamat : Jl. Cipinang Gading, Perum

    Kedaton Grande, Kel. Rangga Mekar, Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor.

    Hobi : MenyanyiCita-cita : Ahli Gizi

    Nama : Khaesar Muhammad Faudiasyah

    TTL : Bogor, 19 Agustus 1997Alamat : Kotabatu RT 1/14 No. 28,

    Ciomas, Bogor Sekolah : SMA Insan Kamil BogorHobi : Maen games, futsalCita-cita : Pengusaha

    Nama : Muhamad Waridi Taris H.TTL : Bogor, 14 Juli 1996Alamat : Jl. PAM Ciburial RT 01/06, KP.

    Sirnasari, Ciomas, BogorHobi : Membaca, bermain futsalCita-cita : Sarjana yang ulama

    Nama : M. Rivaldi H.TTL : Jakarta, 20 Februari 1998Alamat : Jl. Serdang Cempaka V No.

    30 RT 06/009 Cempaka Baru, Kamayoran, Jakarta Pusat.

    Hobi : backpacker, hiking, penulis.Cita-cita : Ulama yang sarjana

    Nama : Novriza Firdaus AtmajayaTTL : Temanggung, 2 November

    1997Alamat : Perum Nuansa Hijau blok C2

    No. 2, Ciomas, BogorHobi : Futsal, mendengarkan musikCita-cita : CEO salah satu perusahaan

    minyak terbesar

    Nama : M. Fathan MabinnaTTL : Bekasi, 23 September 1997Alamat : Kp. Cikedokan, Ds.

    Sukadanau, Kec. Cikarang Barat, Bekasi.

    Hobi : BerenangCita-cita : Dokter

    Nama : Rangga Prasetya ArdinataTTL : Ponorogo, 20 Februari 1997Alamat : Kel. Sukaresmi RT 04/04, Kec.

    Tanah Sereal, Kota Bogor. Hobi : Travelling, berenang, basketCita-cita : Direktur perminyakan

    Nama : Muhamad IfanTTL : Bogor, 27 Maret 1996Alamat : Bojong Baru no 205, Bogor

    Barat, Bogor.Hobi : Menulis, berhitung, olahragaCita-cita : Manager, akuntan, psikolog,

    sejarawan, presiden

    Nama : Asri Utami PutriTTL : Jakarta, 9 Agustus 1996Alamat : Ds. Cibenteng Proyek No. 45,

    Ciampea, Bogor.Hobi : Baca majalah, berteater/

    monologCita-cita : Dokter

    Kesan : Menyenangkan menambah semangat untuk menulis.Pesan : Berusahalah untuk lebih baik lagi dalam

    menjalankan tugas.

    Kesan : Sangat seru dan menyenangkanPesan : Semoga bisa mendapatkan ilmu yang lebih

    Kesan : Asik, banyak menambah pengetahuan. Pesan : Mudah-mudahan bisa menghasilkan banyak penulis.

    Kesan : Seru, asyik, jempol deh buat Creative Writing.Pesan : Sering-sering yah ke SMA Insan Kamil.

    Kesan : mengikuti pelatihan ini membuat saya lebih menge-tahui tentang seluk beluk menulis dan membangkit-kan hasrat saya untuk menulis.

    Kesan : Pelatihan ini sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan menulis.

    Kesan : Dalam pelatihan Creative ini kita bisa menumpahkan kemampuan kita yang seudah lama terpendam.

    Kesan : Berbahagia karena bisa lebih dalam mengenal karya tulis dan jasa pos serta dapat menjadi motivasi diri untuk belajar menulis.

    Kesan : Seru banget apalagi pada sesi puisi dan penulisan skrip film, keren banget!!!

    Pesan : Kurang lama!

    Kesan : Mudah-mudahan acara ini bisa bermanfaat bagi yang mengikuti

    Nama : Farhan Dany Setyo UtomoTTL : Cilacap, 8 Juni 1996Alamat : Jl. BTN Puskopad blok B No. 8,

    Desa Benteng, Ciampea, Bogor.Hobi : Berenang,badminton,

    membaca, bersepedaCita-cita : Menjadi pengusaha, ilmuwan

    kimia

    Nama : Arya Wira TanuTTL : Bogor, 22 april 1996Alamat : Kp. Pertanian Bogor No. 99,

    Merdeka Ujung, Bogor.Hobi : Sepak BolaCita-cita : Sarjana yang ulama, penulis

    dan orang yang sukses

    Kesan : Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini bisa membuat karya tulisa lebih baik lagi, sesuai dengan arahan dari instruktur.

    Kesan : Saya bisa mengetahui bagaimana cara menulis dan menjadi seorang penulis hebat seperti Imam Al Ghazaly.

    Nama : Febri RamadhanTTL : Bogor, 9 Februari 1996Alamat : Villa Ciomas Indah blok M7

    No. 7, BogorHobi : Menulis, bermain basket,

    berenangCita-cita : Ilmuwan sholeh yang ulama

    Kesan : Mengikuti pelatihan bersama Creative Writing adalah sebuah penghormatan bagi saya. Sungguh asik dan menyenangkan.

    Pesan : Mudah-mudahan apa yang kita peroleh bermanfaat.

    CTK. 1.83/MMM-MR/201320 Edisi 443 | 2013

    Nama : Mia RatnasariTTL : Bogor, 30 Juni 1996Alamat : Jl. Abdullah No. 50, Parakan

    Mulya RT 03/07, Ciomas Bogor

    Hobi : MembacaCita-cita : Dokter atau perawat

    Nama : Fira Nurul JannatiTTL : Padang Kandang, 8

    November 1997Alamat : Jl. Pancasan Baru No. 119, RT

    01/12, Bogor Hobi : Menulis, mendengarkan

    musikCita-cita : Astronomi

    Kesan : Pelatihan sangatlah menyenangkan, seru, menam-bah pengetahuan.

    Kesan : Seru, jadi menambah wawasan, banyak pengalaman baru.

  • Nama : Ulfatunnisa NuriansyahTTL : Bogor, 12 Juli 1996Alamat : Jl. Panaragan Pojok RT 02/07

    No. 10, BogorHobi : Berenang, membaca,

    bermain, dan melakukan hal menyenangkan

    Cita-cita : Desainer, sarjana yang ulama, bermanfaat dunia akhirat.

    Nama : Radja Ahmad Eriansyah GaniTTL : Surabaya, 25 Oktober 1997Alamat : Jl. Rambutan V No. 588,

    Pondok Candra, SurabayaHobi : Gambar, mengarang,

    mengorak-arikCita-cita : Perancang dan penemu

    Nama : Rahma Nur SalamahTTL : Karawang, 6 Oktober 1997Alamat : Ponpes Al-Munawar, Ds.

    Mekarjaya, RT 01/01, Purwasari, Karawang

    Hobi : Menyanyi dan membacaCita-cita : Pengusaha sukses

    Nama : Riska AprilianiTTL : Bogor 11 April 1998Alamat : Kp. Cemplang Utara RT

    004/013 Kel. CIlendek Barat, Kec. Kota Bogor Barat, Bogor

    Hobi : Membaca buku dan menulisCita-cita : Dokter, penulis

    Kesan : Bermakna banget, kita bisa dapetin banyak ilmu, pengalaman-pengalaman baru, pokoknya happy banget.

    Pesan : pengennya ikut terus pelatihan dak mau berhanti!

    Pesan : Jadilah orang yang bisa berguna bagi orang banyak

    Kesan : Alhamdulillah pelatihannya seru, menambah pengetahuan dan tentunya pengalaman. Gurunya asyik jadi termotivasi untuk lebih banyak menulis.

    Pesan : Semoga pelatihan ini bisa terus dilaksanakan dan waktunya bisa lebih lama.

    Kesan : Senang bisa ikutan pelatihan Cretaive Writing, jadi bisa punya banyak wawasan tentang menulis kreatif dan bisa ketemu sama para penulis hebat Indonesia seperti Kang Teddy Snada.

    Pesan : Menulis kreatif, Yes Sukses!!!

    Nama : Difa Hammam PratamaTTL : Bandung, 6 November 1997Alamat : Perum Graha Asri, RT 03/06

    Jl. Cimandiri, CikarangHobi : Membaca, olahragaCita-cita : Peneliti, pebisnis

    Nama : Rizky Aulia RahmanTTL : Bogor, 21 November 1997Alamat : Cluster Bukit Nirwana I No.

    135 BNR, BogorHobi : Travelling, adventureCita-cita : Arsitek

    Nama : Muhammad Dzaky H. TTL : Jakarta, 6 Agustus 1997 Alamat : Ciomas Permai Blok C4 No.

    16, Ciomas, Bogor.Hobi : BadmintonCita-cita : Pengusaha

    Nama : Muhammad SanuTTL : Bogor, 17 April 1997Alamat : Taman Pagelaran, blok CC 08

    No. 6, Ciomas, BogorHobi : Menggambar, menynayi,

    menulisCita-cita : Animator

    Nama : Faishal FakhriTTL : Banjar, 24 Agustus 1996Alamat : Perum Ciomas Permai Blok A,

    Ciomas, Bogor.Hobi : Menulis, bermain sepakbolaCita-cita : Pilot

    Kesan : Membahagiakan orang tua dan giat beribadah hingga mendapatkan ridho Allah.

    Kesan : Seru !Pesan : Event ini sangat menarik dan menyenangkan.

    Creative Writing ini juga akan sangat membantu saya di masa depan. Saya juga menjadi tahu banyak hal.

    Kesan : Saya mendapatkan pengalaman, ilmu yang luar biasa.

    Pesan : Terimakasih karena sudah mengadakan acara ini, semoga acara ini terus berlanjut dan bertumbuh.

    Kesan : Saya bertambah wawasan tentang menulis karya sastra.

    Kesan : Ingin menjadi penulis yang terbaik.

    Nama : Muhammad Himawan Noer Adiyasa

    TTL : Bogor, 24 Juni 1997Alamat : Kota Batu, Tenglebun No. 11

    RT 03/15, Kec. Ciomas, Kab. Bogor.

    Hobi : KomputerCita-cita : Ahli IT

    Kesan : Seru, Memotivasi, sangat menyenangkan.

    Nama : Rifah SaniyahTTL : Bogor, 8 November 1996Alamat : Gardutugu No. 28 RT 01/01

    Kec. Marga Jaya, Bogor Barat, Bogor.

    Hobi : Nonton FIlmCita-cita : Insinyur/ sarjana yang

    ulama

    Kesan : Seru Banget !!! Menarik dan ngasih banyak ilmu banget. Makasih banyak. Awalnya aku gak suka baca atau nulis sekarang mau coba buat suka baca dan nulis.

    Pesan : Terimakasih banyak banget Creative writing. Sukses terus!!

    CTK. 1.83/MMM-MR/2013 21Edisi 443 | 2013

    Nama : Asmin NadiyahTTL : Bogor, 28 Januari 1997Alamat : Jl. Sawo No. 24 RT 02/06

    Kec. Tamansari Ciapus, Kab. Bogor

    Hobi : Membaca komik, jalan-jalanCita-cita : Dokter Spesialis penyakit

    dalam / psikolog

    Nama : Monika Aldi WidyaTTL : Bogor, 17 Maret 1998Alamat : Komp. Sariinten No. 20

    RT 02/09 Ciomas Rahayu, Ciomas, Bogor

    Hobi : Menulis, membaca, olahraga, mendengarkan music, berpetualang

    Cita-cita : Dokter Anesthesi (Anesthesiolog)

    Kesan : Seru, asik, menyenangkan walaupun melelahkan. Pembimbingnya juga keren & seru deh pokoknya.

    Pesan : Semoga Kantorpos semakin jaya & acara ini akan selalu ada setiap tahunnya agar bisa menciptakan generasi-generasi kreatif Indonesia yang bermutu. Semangat!

    Kesan : Kegiatan Pelatihan Creative Writing sangatlah bagus dan membuat peserta yang mengikuti ini mendapatkan wawasan untuk menulis dan membuat yang hanya sekedar hobi menajdi karir di masa depan. Semoga pelatihan ini ada di setiap tahunnya..

    Nama : Muhammad Elpram Elmawan

    TTL : Bogor, 16 Mei 1998Alamat : Jalan Pasir Jaya no. 33

    BogorHobi : BermainCita-cita :

    Kesan : Membuat saya termotivasi menulisPesan : Semakin baik ! Nanti kesini lagi ya!

  • PROFESI

    22 Edisi 443 | 2013

    MENJADIPENYANYI

    TENAROleh : Teddy Tardiana

    Sering kita dibuat terpukau oleh suara indah seorang penyanyi, saat dia menyanyikan sebuah lagu cinta yang membuai, lengkap dengan wajah yang cantik dan ganteng. Sempurna dipandang mata, menyedot rasa kagum kita dan langsung menjadikan penyanyi itu idola kita untuk beberapa tahun kedepan bahkan selamanya.

    Posternya kerap kita pasang di kamar, wajahnya menghiasi screen gadget. Baik HP, blackberry kita maupun layar komputer atau laptop pribadi kita. Bila bertemu atau menonton konsernya kita akan berteriak histeris. Tidak hanya kita yang terpukau oleh penyanyi itu, beribu bahkan berjuta orang entah siapa menjadi pengagumnya. Idola segala idola dan tanpa kita sadar juga, kita jadi bagian dari orang yang menyokong kehidupannya sebagai seorang penyanyi. Memberi ketenaran, kemapanan finansial dan pembelanya bila dia dikecam oleh para pembenci.

    Ya, maukah kita berada di posisi seseorang yang di elu-elukan berjuta orang karena keindahan suara kita, kepiawaian dalam menghibur di

    atas panggung dan kesempurnaan penampilan kita? Berjuta orang juga akan menganggukkan kepala, tanda ingin

    menjadi seorang penyanyi tenar nan gemerlap di tanah air atau mungkin sampai ke mancanegara. Tapi tahukah bagaimana payahnya meraih

    semua itu? Mungkin bukan hanya air mata atau keringat yang perlu kita siapkan untuk menjadi

    penyanyi tenar. Bahkan uang dan pengorbanan yang lebih besar lagi mesti kita keluarkan untuk menjadi orang terkenal sebagai penyanyi penghibur yang malang melintang di televisi, radio dan semua media yang ada. Bahkan orang tuanya pun akan seribu persen mendorong dan menyokong keinginan anaknya untuk jadi seorang penyanyi tenar.

    Mungkin sering kita lihat ajang-ajang pencarian bakat menyanyi yang diselenggarakan di televisi

    maupun festival-festival di tingkat daerah maupun nasional. Antriannya sangat teramat panjang. Mimpi menjadi seorang penyanyi tenar sudah merasuki otak setiap orang dan remaja yang ambisius bahkan berjuang mati-matian untuk meraihnya. AFI di Indosiar, Indonesia Idol dan X-Factor di RCTI bahkan KDI ajang audisi penyanyi dangdut di MNC TV menjadi ajang paling diburu oleh insan yang mendambakan menjadi penyanyi tenar. Tapi apakah hanya ajang-ajang itu jalan satu-satunya untuk menjadi seorang penyanyi tenar di Indonesia. Tidak hanya itu, berjuta jalan menjadi penyanyi tenar di Indonesia, tapi hanya ada satu yang mesti kita punya. Semangat tinggi dan pantang putus asa.

    Seringkali orang hanya bermimpi menjadi penyanyi tenar tanpa bekal apapun untuk meraihnya. Ini mustahil akan dicapai. Apa saja bekal untuk menjadi seorang penyanyi yang baik? Ada beberapa hal yang mesti kita lakukan.

    Pertama: Sadarilah, apakah kita bisa menyanyi? Karena hanya ada dua hal yang patut kita sadari sebagai seseorang yang mengaku bisa menyanyi. Bisa bernyanyi dengan baik dalam arti suara kita bisa membidik nada dengan benar. Tidak sumbang atau istilahnya fals, bila gitar berbunyi do, re atau mi, suara kita bisa menirukan nadanya dengan persis. Maka itu bisa dikatakan, kita bisa bernyanyi. Lalu adalagi, suara yang kita keluarkan dari tenggorokan, kita diharuskan bisa mengikuti ketukan atau beat sebuah lagu. Hanya dua hal itu yang menandakan kita bisa bernyanyi atau tidak. Bila kedua hal itu tidak bisa

    kita lakukan. Lupakan untuk menjadi seorang penyanyi.

  • CTK. 1.83/MMM-MR/2013 23Edisi 443 | 2013

    Kedua: Latihan vokal dengan benar. Artinya bernyanyi diiringi alat musik yang diarahkan oleh seorang pelatih vokal dan selalu berlatih mendengarkan bunyi nada yang keluar dari alat musik. Hal ini membuat kita menjadi peka dan sensitif terhadap bunyi nada. Latihan vokal ini banyak sekali materinya atau bahan-bahan

    latihannya. Kita harus mengikuti guru vokal yang tepat yang mengerti

    potensi warna vokal kita dan selera jenis musik kita. Bila kita suka dangdut dan

    tidak suka musik jazz, carilah pelatih dangdut. Jangan cari pelatih lagu rap.

    Ketiga: Ambil kesempatan untuk tampil di hadapan publik, sekolah atau kursus vokal tanpa tampil di hadapan publik akan sia-sia saja. Tampil di hadapan publik akan melatih kita untuk berani, tidak demam panggung dan

    pandai menguasai penonton. Rasa takut dan malu harus dibuang jauh-jauh. Tidak ada istilah malu

    atu grogi bila kita sering tampil di hadapan umum. Jalan untuk menjadi penyanyi tenar selalu melalui tahap ini. Bila tidak ada

    kesempatan menyanyi di panggung, carilah ajang festival. Gunanya

    sama, agar mengasah kemampuan kita dan

    membandingkan dengan kemampuan peserta lain.

    Keempat: Bergabunglah dengan para musisi atau penyanyi yang sealiran dengan seleramu. Temukan segera jenis musik yang benar-benar kamu pilih sebagai

    kariermu. Hal ini harus ditentukan sendiri. Jujur

    terhadap dirimu, musik apa yang kamu akan pilih. Lingkungan musisi yang sealiran akan

    cepat membentuk arah kariermu. Rajin-rajinlah untuk berlatih dan tampil dimana saja.

    Kelima: Mencobalah untuk mencari lagu yang cocok dengan suaramu, jadilah produser untuk diri sendiri. Mencari lagu yang cocok lalu berdiskusi dengan musisi yang kalian kenal untuk dibuatkan musiknya. Keluarkan uang tabunganmu untuk membuat satu buah single (satu lagu terbaik) carilah studio rekaman yang murah tapi nyaman dan bagus. Untuk membuat rekaman suaramu, mintakan guru vokal atau musisi yang kamu percaya untuk mengarahkan vokal. Di kota-kota besar selalu ada studio rekaman yang nyaman dan harganya terjangkau.

    Keenam: Bawalah contoh vokalmu berupa single tersebut ke beberapa stasiun radio yang mempunyai ajang menyiarkan penyanyi pemula. Siapa tahu single-mu disiarkan di radio tersebut. Biasanya dari sini namamu akan mulai dikenal. Carilah alamat dan kontak label distributor seperti Nagaswara, Musica, Sony, Trinity dan lain-lain, kirimkan single-mu ke distributor tersebut. Jangan putus asa bila tidak ditanggapi dengan secepatnya.

    Sekarang ini, tidak selalu harus seseorang masuk ke acara TV untuk terkenal menjadi seorang penyanyi. Komunitas indi label bisa menjadi batu loncatan agar kamu dikenal banyak orang. Sebetulnya yang paling utama akhirnya adalah kualitas dan kuantitas karyamu, keterkenalan hanya efek atau ekses dari konsistensimu berkarya dalam bernyanyi. Selamat berjuang

  • BertemuLASKAR PELANGI

    di Pameran BukuTERBESAR DUNIA

    Akhirnya momen itu tiba. Sebagai penggemar buku, saya seperti mendapat durian runtuh ketika diberi kesempatan melihat langsung Frankfurter Buchmesse alias Frankfurt Book Fair (FBF). Itu lho pameran buku tertua sekaligus terbesar di dunia. Coba saja sobat bayangkan, Pameran ini sudah digelar rutin sejak beberapa tahun setelah Johannes Gutenberg menciptakan mesin cetak tahun 1452.

    WISATA

    FBF juga terbesar di dunia. Bayangkan saja, ada lebih dari 7000 peserta yang berasal lebih dari 100 negara menggelar buku-buku mereka di arena pameran. Belum lagi pengunjung yang datang bisa mencapai 286.000 orang. Wooow..... disini sobat bisa bertemu penulis, penerbit, perancang buku, penerjemah, ilustrator, sampai pembuat komik dari berbagai belahan bumi.

    Setelah segala urusan visa didapat dari kedutaan Jerman di Jakarta, pada Senin (7/10) saya bersama sejumlah kawan menempuh penerbangan sejauh lebih dari 11.400 kilometer ke kota Frankfurt am Main dengan transit di Doha-Qatar. Pesawat Qatar Airways yang saya tumpangi mendarat di Bandara Frankfurt sore hari (8/10) waktu setempat. Udara dingin segera menyapa. Tablet Ipad saya memberitahu suhu udara saat itu mencapai 8o C. Untung saya membawa jaket tebal plus sweater dan kaus tangan lengkap dengan syal maupun topi. Maklum terbiasa di Indonesia dengan udara yang panas.

    Di Tengah Puluhan Ribu Buku

    Saya mengagumi jalanan kota Frankfurt yang bersih dan bebas hambatan (Autobahn). Nggak ada macet dan nggak ada yang semrawut. Meski kendaraan di sana berlari kencang, mereka ternyata sangat tertib lagi disiplin. Segera berhenti jika lampu lalu lintas menyala merah, dan mengutamakan penyeberang jalan. Jarang sekali saya melihat polisi di jalanan. Hebatnya, meski udara dingin ternyata banyak penduduk setempat kesana kemari dengan bersepeda. Termasuk gadis-gadis muda lengkap

    dengan pakaian seragam kantornya. Coba di Jakarta atau Bandung ada yang seperti itu.

    Nah, lokasi FBF terletak di pusat kota, tepatnya di jalan Ludwig Erhad Anlage. Cirinya ada gedung pencakar langit bentuknya seperti pensil namanya Messeturm. Untuk bisa masuk ke komplek pameran, pengunjung terlebih dahulu membeli tiket baik langsung atau secara

    CTK. 1.83/MMM-MR/201324 Edisi 443 | 2013

  • Indonesia (IKAPI) dan Kementerian Pendidikan Nasional RI. Kali ini, Stand Indonesia mengambil tema wayang. Tak heran bila di bagian tengah stand dipajang berbagai wayang kulit yang membuat pengunjung tertarik untuk masuk melihatnya. Ada ratusan buku dari berbagai penerbit Indonesia yang dipajang di pameran ini.

    Bertemu Penulis Laskar Pelangi

    Oh ya, pameran buku di sini berbeda dengan yang di Indonesia. Tak ada

    penjualan fisik buku secara eceran di stand. Yang dilakukan mereka adalah menjual dan membeli hak cipta (copyright). Contohnya penerbit dari Indonesia menawarkan kepada penerbit dari negara lain untuk menerbitkan bukunya di negara mereka demikian sebaliknya.

    Tentu saja, bukan hanya deretan ribuan buku yang bikin sobat terpana dan kelelahan mengunjungi setiap stand, tapi ada ratusan diskusi dan peluncuran buku dari banyak penulis ternama. Hehehe...saya sangat beruntung bisa bertemu Andrea Hirata, penulis Laskar Pelangi. Yup, Bung Andrea sengaja datang dari tanah air untuk mendiskusikan buku-buku barunya, tak lupa ada pemutaran film Laskar Pelangi di stand Indonesia. Seru deh.

    online. Untuk kunjungan satu hari harganya 34 dan kalau lebih dari dua hari cukup bayar 68. Asyiknya, tiket itu bisa digunakan pula untuk naik kereta dalam kota (S-Bahn) atau kereta bawah tanah (U-Bahn) tanpa harus bayar lagi. Hihi, hal pertama yang harus saya pelajari adalah menghafal dan memahami rute-rute kereta-kereta itu. Jika tidak paham saya bisa tersesat deh.

    Ya ampun, arena pameran itu ternyata bukan satu bangunan, tapi ada sejumlah bangunan (Hall) dengan masing-masing seluas lapangan bola. Dalam setiap hall dipenuhi ratusan stand yang diisi oleh para penerbit dari seluruh dunia. Termasuk stand Indonesia yang berlokasi di Hal 4, yang ditangani oleh Ikatan penerbit

    CTK. 1.83/MMM-MR/2013 25Edisi 443 | 2013

  • CTK. 1.83/MMM-MR/201326 Edisi 443 | 2013

    Selama tiga hari saya habiskan waktu untuk berkeliling pameran. Waduh, kaki ini sampai pegel-pegel. Tapi tak apa, menyaksikan buku-buku baru dari berbagai negeri membuat saya lupa dengan kepenatan ini. Apalagi di luar udara begitu dingin, bahkan hujan terus turun. Wuiiih, jaket rangkap tiga tak cukup mengusir hawa dingin itu. Beruntung di lantai bagian atas yang tak terpakai ada mushola yang dijaga oleh seorang pria berkebangsaan Turki, Amir namanya. Sambil menjaga mushola Amir berjualan kebab serta nasi briyani. Hehe, itu satu-satunya makanan halal yang bisa saya temui di lokasi pameran.

    Tahun ini Brazil menjadi tamu kehormatan (Guset of Honur) dari FBF, tak heran bila di banyak sudut lokasi ada berbagai aktivitas dan simbol negeri sepakbola. Termasuk ada pertandingan bola di halaman tengan antara para penulis, tapi nggak berlangsung lama. Ya itu tadi, udara yang tak bersahabat membuat mereka bergegas masuk ke ruang pameran, kedinginan. Kali ini, Brazil membawa seratus penulisnya ke arena pameran, sayangnya Paulo Coulho, penulis novel kesohor tak bisa hadir. Oh ya, ada kabar baik panitia FBF telah menetapkan Indonesia sebagai Guset of Honur tahun 2015. Kira-kira apa yang mau ditampilkan Indonesia nanti ya?

    Singgah di Landmark Frankfurt

    Saya tak mau menyia-nyiakan kesempatan mengunjungi kota ini. Ketika cuaca agak cerah, dari arena FBF saya menumpang S-Bahn menuju salah satu objek wisata paling terkenal sekaligus menjadi landmark kota Frankfurt; Romer. Kawasan ini terkenal dengan komplek bangunan yang unik peninggalan abad ke-15. Tak banyak sih, hanya ada sembilan bangunan, tapi arsitekturnya memang unik. Bangunan- bangunan

    yang sudah dimiliki

    Pemerintah kota itu mengelilingi sebuah halaman dengan sebuah patung dewi keadilan tepat berdiri. Banyak turis berfoto di sini. Hujan sore baru saja reda ketika saya sampai di Romer, saya berkesempatan menyaksikan sepasang pengantin baru keluar dari gereja disambut meriah beberapa kerabatnya.

    Tak jauh dari Romer terdapat Museum Frankfurt. Sayang saya tak sempat mengunjungi karena sedang ada renovasi. Museum ini letaknya tak jauh dari tepi sungai Main, sungai yang membelah kota Frankfurt. Sungai cukup lebar dan bersih dengan air yang jernih. Sejumlah kapal mengangkut wisatawan tampak menyusuri sungai yang tenang. Oh ternyata itu adalah restoran terapung...wah asyik juga ya bisa menikmati keindahan kota sambil bersantap di atas kapal ini.

    Saya tak bisa berlama-lama di Romer, karena perjalanan berikutnya sudah menunggu. Sebelum

    kembali ke hotel, saya sempatkan berfoto dan membeli cinderamata. Ya...syal

    kesebelasan Jerman serta kaos dan gantungan kunci serta kartu pos menjadi pilihan utama. Tapi yang paling memikat adalah patung miniatur dewi keadilan yang terdapat di halaman tengah Romer. Saya beli satu sebagai kenang-kenangan.

    Sungguh jika cukup waktu, saya ingin menjelajahi kota ini lebih jauh lagi,

    seperti mengunjungi rumah peninggalan sastrawan besar Jerman Wolfgang Goethe, pergi

    ke Universitas Frankfurt yang terkenal itu. Mungkin pada kesempatan berikutnya, atau sekadar duduk di tepi sungai Main menyaksikan angsa-angsa bercengkerama di antara kapal-kapal wisata yang lalu lalang. (MhP)

    Saat bertemu Andrea Hirata

    Romer

  • CTK. 1.83/MMM-MR/2013 27Edisi 443 | 2013

    P U I S I

    SesalOleh : Osha

    Yang biasa telah hilangYang Hilang tak tentu kembali

    Namun yang ku tahu pastiDia bawa anganku pergi

    Dia hidup dalam senyumanDia indah dalam kepalsuan

    Dia,Hanya buatku berkhayalHanya buatku tak sadar

    Terbangun aku tersesatTerbangun aku menyesalSemua yang tlah terjadiHilang ditelan memori

    Teman Bayangan

    Oleh : OshaDisana kamu sendiri

    Ku lihatmu menatap langitTerduduk, termenung

    Tak lama darinyaCahaya langit mulai runtuh

    Meredup menjadi debuMembuat sepi menjadi sepi

    Sendiri semakin sendiri

    Sekali-kali ku coba datangKu lukis awan dan bulanSenyuman dan gurauanTuk buktikan ketulusan

    Tapi bumi berbicaraSeindah-indahnya lukisan

    Tak pernah ada arti bagimu

    Jadi ku pergi sajaBerpura-pura hilang

    Hilang di hadapanmuTapi ada di belakangmu

    Rindukanmu Ibu

    Oleh : Lusi Yulia Dewi(SMA Negeri 1 Pagaden)

    Saat belaianmu sudah tak terasaSaat cinta kasihmu sudah

    menjadi kenanganKu terhanyut dalam perasaan

    yang sungguh merinduKutercandu oleh sebuah cinta

    darimu

    Hanya tangisanlah yang bisa tenangkanku

    Bayangmu sudah membuatku sungguh gila

    Hanya senyum dari sehelai fotolah

    Yang sedikit cairkan rinduku atau buatku semakin menjadi

    Andai waktu bisa diputarAndaikan kamu tetap disini

    Dan cairkan seluruh rindukuDan aku merindu, Rindukanmu

    ibuku

  • AISIT I

    CTK. 1.83/MMM-MR/201328 Edisi 443 | 2013

    Banyak orang merasa bingung ketika memilih Smartphone. Apa platform terbaik, Android ataukah iPhone? Bagaimana Sobat dapat menemukan pilihan terbaik pada ponsel yang Sobat inginkan ketika tidak setiap operator telepon seluler bekerja dengan model tersebut? Bagaimana Sobat bisa menghindari biaya berlebihan? Fitur mana yang saja yang wajib dipunyai dan fitur mana pula boleh dilewatkan? Atau bahkan pertanyaannya adalah apakah Sobat memang sangat membutuhkan Smartphone atau ponsel biasa saja sudah cukup memenuhi?

    Nah untuk mempersempit pilihan Sobat dalam menemukan ponsel yang tepat, Sobat juga harus mempertimbangkan operator dan paket yang akan Sobat ambil, sehingga Sobat berakhir dengan Smartphone yang tepat dan mungkin akan ada beberapa uang yang tersisa di saku Sobat.

    Pastikan Apakah Sobat Benar-benar Membutuhkan Smartphone?

    Sepertinya pernyataan ini sekilas terlihat cukup konyol, tetapi sarat utama Sobat memiliki Smartphone adalah Sobat harus benar-benar membutuhkannya. Harga

    Smartphone seharusnya membuat hidup kita menjadi jauh lebih mudah. Dengan Smartphone yang tepat, Sobat dapat mengelola e-mail dan janji dengan mudah, mendapatkan petunjuk dan arahan dengan cepat dan tepat, berbagi informasi dengan teman-teman, mendengarkan musik dan menonton film. Jadi mengapa mencari Smartphone yang tepat begitu membingungkan?

    MEMILIHSMARTPHONE YANG TEPAT

    Smartphone yang mahal ditambah dengan biaya paket yang tidak murah harus menjadi pertimbangan. Buat apa membayar mahal tetapi manfaat yang Sobat peroleh tidak sebanding ?

    Bagaimana Sobat tahu bahwa Sobat memang membutuhkan Smartphone? Lihatlah bagaimana Sobat menggunakan ponsel Sobat

  • CTK. 1.83/MMM-MR/2013 29Edisi 443 | 2013

    saat ini. Jika Sobat tidak ingin kehilangan tweet terbaru, update dari teman, dan perkembangan berita, maka Smartphone mungkin layak untuk Sobat. Atau jika pekerjaan Sobat mengharuskan Sobat untuk terhubung sepanjang waktu. Sobat harus segera memberikan tanggapan langsung ke e-mail dan pertanyaan yang masuk, Smartphone sangat masuk akal untuk dimiliki. Sobat mungkin sudah memiliki MP3 player dan GPS. Tetapi memiliki semua fitur dalam satu perangkat praktis dapat membuat hidup lebih mudah dan teratur.

    Pilih Operator yang Tepat

    Operator seluler dengan jaringan terbaik memungkinkan Sobat untuk menikmati pengalaman terbaik menggunakan Smartphone. Lebih baik untuk memeriksa semua operator dan berbagai paket layanan yang mereka tawarkan. Membandingkan paket internet dari operator yang berbeda memungkinkan Sobat untuk mendapatkan pengalaman internet terbaik dengan penghematan biaya terbaik pada waktu yang sama. Memilih operator yang memiliki cakupan nasional yang luas memungkinkan Sobat untuk menikmati pengalaman Smartphone mulus di seluruh negeri.

    Memilih Platform Mobile OS yang Tepat

    Memilih Operating System (OS) Smartphone yang tepat akan memberikan pengaruh yang sangat besar. OS akan menentukan jumlah dan kualitas aplikasi yang dapat Sobat gunakan. Android adalah OS mobile yang sangat populer dengan jumlah aplikasi yang sangat besar. Tapi ada juga Apple iOS yang juga merupakan OS yang sangat populer. Kualitas dari aplikasi di platform yang iOS agak lebih baik dibandingkan dengan Android.OS lain yang cukup popular adalah Windows Phone 8.

    Menentukan Anggaran Belanja

    Ada dua anggaran yang harus Sobat tentukan ketika Sobat memutuskan untuk membeli smartphone, yaitu harga ponselnya dan harga biaya paket operator yang akan Sobat pakai. Cobalah survey promosi bundel paket

    yang ditawarkan oleh perusahaan operator telepon seluler. Biasanya mereka cenderung menawarkan banyak promosi dan diskon, sehingga telepon yang Sobat inginkan mungkin lebih murah dari harga pasaran. Dalam beberapa kasus, jika Sobat mendaftar untuk paket tertentu, Sobat mendapatkan ponselnya secara gratis. Sebelum menetapkan hati Sobat pada ponsel tertentu, pastikan harganya sesuai dengan anggaran Sobat.

    Kenali Spesifikasi Smartphone dan Baterainya

    Pengguna Smartphone biasanya hanya peduli dengan fitur yang akan dia dapatkan tanpa meneliti terlebih dahulu spesifikasi smartphone-nya. Harus diingat bahwa spesifikasi sangat menentukan kehandalan fitur yang akan Sobat peroleh dari smartphone. Jadi telitilah secara detil spesifikasi smartphone seperti kecepatan prosesor, RAM, kamera, dll. Eit, jangan kelihatannya sepele tetapi Sobat tidak boleh melupakan masalah baterai. Pilihlah smartphone yang memiliki baterai dengan ketahanan yang memadai. Jangan sampai Sobat direpotkan karena harus sering menge-charge baterai ponsel. Jika Sobat menghabiskan banyak waktu di luar rumah, maka Smartphone harus dilengkapi dengan baterai cadangan yang baik.

    Nah Sobat menjamurnya Smartphone di pasaran saat ini kadang malah membuat sulit menentukan Smartphone mana yang terbaik. Semua berpulang kembali kepada Sobat, karena Sobat pasti memiliki kebutuhan dan anggaran sendiri-sendiri. Mudah-mudahan dengan tips-tips ini ini Sobat akan lebih terarah dan mudah dalam menentukan pilihan.***

  • Pernah nonton film Da Vinci Code? Wah, bagi yang suka sejarah dan misteri ilmiah perlu tuh nonton film besutan sutradara top Ron Howard tahun 2006 yang dibintangi oleh Tom Hanks, Tatou dan Ian McKellen. Ceritanya sendiri diangkat dari novel dengan judul sama buah karya Dan Brown yang berkisah tentang seorang profesor simbolisme yang diminta memecahkan kode yang ditinggalkan oleh seseorang yang terbunuh di dalam Museum Louvre.

    BUDAYA

    CTK. 1.83/MMM-MR/201330 Edisi 443 | 2013

    ada PATUNG BATAK dan Jejak

    DA VINCI CODE

    Kali ini kita nggak bahas jalan cerita film yang seru abis, tapi lokasi film yang keren dan menjadi impian siapa pun untuk mengunjunginya. Apalagi kalau bukan: Museum Louvre di Paris, Prancis.

    Senyum Monalisa dalamPiramida Kaca

    Yup. Museum Louvre menjadi sangat terkenal karena koleksi-koleksinya, dari lukisan zaman pertengahan, patung dari Yunani, sampai mumi dari Mesir. Tentu saja yang paling terkenal adalah lukisan Monalisa karya Leonardo Da Vinci. Puluhan ribu orang setiap harinya rela mengantri untuk bisa melihat dari dekat senyum Monalisa yang penuh misteri itu. Dan banyak orang yang terinspirasi untuk

    menciptakan karya kreatif, termasuk Dan Brown yang memulai kisah Da Vinci Code dari kode-kode yang konon dibuat Leonardo da Vinci pada lukisan tersebut.Museum Louvre merupakan salah satu museum terbesar di dunia dengan menempati lahan seluas 60.600 m2 yang dipenuhi dengan tidak kurang dari 35.000 benda koleksi. Museum didirikan dengan memanfaatkan bangunan Istana Louvre milik Raja Louis XIV yang pindah ke Istana Versailles pada tahun 1692. Bangunan ini kemudian ditempati oleh Acadmie des Inscriptions et Belles Lettres dan Acadmie Royale de Peinture et de Sculpture, yang menjadikannya tempat memajang karya-karya seni lukis, patung, maupun aktivitas para seniman Prancis. Dan pada tahun

    Museum Louvre

    1793 untuk pertama kalinya museum dibuka dengan menggelar pameran lukisan. Sejak itu, dari waktu ke waktu museum aktif mengumpulkan dan memamerkan aneka koleksi dari berbagai penjuru dunia.

    Hal menarik, Bangunan Museum Louvre yang bergaya arsitek klasik itu kemudian mendapat pasangan karya arsitektur modern. Pada tahun 1988 Pemerintah Prancis menyetujui untuk membangun Piramida yang terbuat dari kaca tepat di tengah halamannya. Piramida kaca ini buah kreasi I.M.Pei yang mampu menyita perhatian publik, karena unik dan kontroversial dihadapkan dengan bangunan kuno museum.

  • CTK. 1.83/MMM-MR/2013 31Edisi 443 | 2013

    Seperti Lorong Waktu

    Mengunjungi museum Louvre seperti memasuki lorong waktu, yang mengantarkan kita dari satu zaman ke zaman yang lain, berkenalan dengan satu peradaban ke peradaban yang lain. Namun, jika sobat pergi ke sana baiknya jangan terburu-buru. Tempatnya yang sangat luas dan koleksinya yang luar biasa banyak hanya bisa dinikmati setidaknya dengan menghabiskan waktu sehari penuh.

    Pada bagian awal ada ruang Oriental Antiquitas yang menghadirkan benda-benda kuno dari wilayah sungai Efrat-Tigris yang dikenal sebagai asal mula peradaban kuno. Di sini sobat akan menyaksikan bukti-bukti peradaban Sumeria dan Babilonia, salah satunya Kitab Hukum Hammurabi. Kitab yang terbuat dari batu bertulis yang berisi undang-undang paling kuno yang dibuat oleh penguasa bernama Hammurabi pada abad ke-19 Sebelum Masehi.

    Bagian kedua adalah peninggalan Mesir Kuno. Sobat dapat menyaksikan dari dekat mumi, sarcofagus (peti mati

    batu), tulisan Hieroglif, patung-patung penguasa mesir, hingga alat tulis yang digunakan untuk membuat Hieroglif. Prancis memang punya hubungan dekat dengan Mesir, bahkan sebuah Obelisk (monumen batu bertuliskan Hieroglif) diangkut dari Mesir dan dipasang di salah satu pusat kota Paris.

    Bagian ketiga menampilkan benda-benda koleksi dari zaman Yunani dan Romawi Kuno. Dua peradaban ini banyak menghasilkan patung-patung dewa dewi yang mereka puja. Tak heran jika sobat dapat menyaksikan sebagian patung tersebut di sini. Lewat karya-karya tersebut kita jadi paham betapa pada masa itu bangsa-bangsa Yunani dan Romawi telah mengusai teknologi dan seni yang tinggi.

    Seni Islam dan Patung Batak

    Bagian keempat, bagian yang tak kalah menariknya dari museum ini adalah ditampilkannya seni hasil

    dari peradaban Islam. Berbeda dengan budaya Yunani dan Romawi yang menonjolkan patung-patung dan lukisan figur, maka pada bagian Seni Islam justru menampilkan seni dekoratif pada aneka benda seperti perangkat rumah tangga hingga karpet. Dapat dimaklumi karena dalam Islam tidak diperbolehkan menggambar figur manusia, apalagi membuat patungnya. Sebagai gantinya, peradaban Islam banyak mengeksplorasi seni hias dengan motif-motif natural (tumbuh-tumbuhan dan hewan).

    Berikutnya bagian kelima, berasal dari jaman pertengahan yang banyak

    menghadirkan lukisan dan patung dari seniman-seniman besar. Pada umumnya lukisan tersebut mengangkat tema-tema yang ada dalam kitab injil seperti perjamuan terakhir hingga penyaliban Jesus. Namun demikian ada pula lukisan-lukisan alam dan figur bangsawan pada zaman itu. Di sini sobat akan menemukan karya-karya seniman hebat dunia seperti Leonardo Da Vinci sampai Rembrandt.

    Bagian keenam, terdapat aneka benda-benda seni (objects dart) yang pada masanya menjadi kelengkapan hidup bangsa-bangsa, utamanya di Eropa seperti cermin, meja, dudukan lampu, hingga piring. Tentu saja semuanya penuh dengan elemen estetik yang menggambarkan keagungan dan kreativitas para senimannya.

    Bagian ketujuh, menampilkan karya-karya seni grafis yang dikerjakan para seniman abad pertengahan dengan memanfaatkan teknologi cetak (grafika), terutama cetak saring, gravir, dan sejenisnya.

    Museum Louvre juga memberi ruang bagi benda-benda koleksi dari negeri-negeri Afrika, Amerika, Asia dan Oseania. Kebanyakan yang ditampilkan adalah aneka patung-patung khas. Nah, pada bagian inilah sobat bisa menyaksikan patung kayu dari Tanah Batak dan Asmat. Sungguh suatu yang membanggakan.(MhP)

    Patu

    ng B

    atak

    Tob

    a

    Kode Hammurabi

  • CERPEN

    CTK. 1.83/MMM-MR/201332 Edisi 443 | 2013

    Nenek memutarkan kepala hingga membuat sudut 45 derajat dan menjawab salam yang kuucapkan. Kenapa baru pulang? Ada latihan upacara dulu. Jadinya telat.

    Setelah menaruh sepatu di rak aku pergi ke kamar mencopot semua perangkat sekolah yang masih melekat di badan. Tadinya aku ingin tanyakan apa saja yang sudah dilakukan Nenek seharian ini, tapi urung ketika kulihat Nenek kembali fokus pada tontonannya. Lagipula kulitku terasa lengket oleh keringat jadi aku buru-buru menyambar handuk dan segera mandi.

    Perempuan berusia hampir mencapai 80 tahun itu masih terlihat bugar bila dikatakan renta. Giginya masih berjajar rapi dan kuat untuk menggigit es batu. Tubuhnya masih tegak tidak memerlukan tongkat untuk berjalan menahan badan atau tulang punggung yang membungkuk karena osteoporosis. Hanya uban yang menggantikan rambut dan kulit keriput yang takmampu disembunyikan lagi.

    Aku keluar dari kamar mandi dengan piyama dan handuk yang membungkus rambut basah. Tanganku menjinjing

    tas plastik berisi body lotion, bedak, parfum, dan pelembab wajah. Aku duduk di dekat Nenek.

    Satu malam lagi Nenek tidur disini ya? ujar Nenek meminta persetujuan. Setiap malam juga tak akan jadi masalah. jawabku santai. Justru masalah kalau setiap hari tinggal di rumah orang. Ini kan rumah anaknya Nenek. Ayah dan Ibu tidak mungkin mempermasalahkan. Tapi Nenek punya rumah sendiri jadi tidak mau merepotkan. Untuk alasan kasih sayang mereka tidak akan merasa direpotkan. Kau masih kecil tahu apa tentang kasih sayang?

    Dan Nenek sudah tua jadi sebaiknya menerima apa yang sudah seharusnya aku, ayah, dan ibu berikan.

    Memang, seharusnya aku tak menekankan perkataanku karena itu pasti menyinggung Nenek. Aku merasa bersalah ketika beberapa saat Nenek terdiam tanpa berkedip. Lalu Nenek menarik nafas panja